: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
El-Elohe-Israel | Ela | Elad | Elada | Elah | Elam | Elamite | Elamites | Elasa | Elasah | Elasar

Elam

Dalam versi-versi Alkitab:

Elam: BIS FAYH TB TL
Kej 10:22.
Peta Google: Elam (32° 11´, 48° 15´);
OpenBible: (Flickr/Panoramio) Elam

Yunani

Strongs #1639: elamithv Elamites

1) an Elamite, i.e. an inhabitant of the province of Elymais, a
region stretching southwards to the Persian Gulf, but boundaries of
which are variously given

1639 Elamites el-am-ee'-tace

of Hebrew origin (5867); an Elamite or Persian: KJV -- Elamite.
see HEBREW for 05867

Ibrani

Strongs #05867: Mlye `Eylam or Mlwe `Owlam (\\#Ezr 10:2; Jer 49:36\\)

Elam = "eternity"

n pr m
1) a Korhite Levite in the time of David
2) a chief man of the tribe of Benjamin
3) ancestor of a family of exiles who returned with Zerubbabel
4) a chief of the people who signed the covenant with Nehemiah
5) another ancestor of another family of exiles who returned with
Zerubbabel
6) a priest who assisted at the dedication of the wall of Jerusalem
in the time of Nehemiah
7) another head of a family of returning exiles

n pr loc
8) a province east of Babylon and northeast of the lower Tigris

5867 `Eylam ay-lawm'

or mOwlam (Ezra 10:2; Jeremiah 49:36) {o-lawm'}; probably from 5956; hidden, i.e. distant; Elam, a son of Shem and his descendants, with their country; also of six Israelites: KJV -- Elam.
see HEBREW for 05956

Strongs #05962: ymle `Almiy (Aramaic)

Elamites = see Elam "their heaps"

1) a native of Elam

5962 `Almiy al-mee'

(Aramaic) patrial from a name corresponding to 5867 contracted; an Elamite or inhabitant of Elam: KJV -- Elamite.

[Barclay]

Strongs #1639:

ou [maskulin] orang Elam

Elam, Orang [haag]

Elam, Orang Elam.

Tetangga sebelah timur Babilon, pada sebelah utara dan timur-laut teluk Persia. Ibu-kotanya adalah susa. Mereka termasuk bangsa-bangsa yang mirip bangsa Asia. Kitab Kej 10:22; 1Taw 1:17 menggolongkan mereka pada bangsa Semit karena alasan-alasan geografis. Puncak kejayaannya dialami pada zaman pertengahan kemajuan Timur-tengah. Misalnya saja: waktu Sutruk Nahunte (kira-kira tahun 1185-1155) menguasai Babilon dan mengangkut lempengan batu hingga berisikan Hukum Hammurapi ke Susa sebagai hadiah kemenangan. Di kemudian hari negara ~OE (: sekitar tahun 590) dikuasai bangsa Media dan Iran. Setelah itu mereka digabungkan pada kerajaan besar Persia oleh Koresy. Bahasa mereka memiliki ciri khas tersendiri. Tidak dapat dipelajari (--> Tulisan paku II) dan masih tetap dipakai sampai pada zaman PB (Kis 2:9). Di luar cerita Kej 14:19, tentang raja Kedorlaomer yang tidak dapat dibuktikan sejarahnya, bangsa ~E terutama muncul pada tulisan para Nabi di Pl. Mereka termasuk bangsa-bangsa asing (Yes 11:11), menjadi musuh Babilon (Yes 21:2), tetapi menjadi prajurit bayaran dalam pasukan Asyur (Yes 22:6). Dalam hubungan itu ada ancaman pada Yer 49:34-38). menurut Ezr 4:9 juga ada orang-orang ~E, yang dipindahkan ke Samaria. Gamb. 4.

ELAM [browning]

Suatu daerah di sebelah timur dataran rendah *Tigris. Dalam PL Elam disebut pertama kali dalam Kej. 14, yang rajanya adalah salah satu tokoh dari suatu koalisi. Namun, selanjutnya nama Elam sering kali muncul dalam sejarah abad ke-8 dan ke-7 sM, ketika Susa, ibu kotanya, dihancurkan oleh *Asyur (646 sM, Yeh. 32:24) dan kemudian diduduki oleh orang-orang *Persia (Yer. 49:34 dst.). Orang Elam telah berupaya sekuat tenaga mencegah pembangunan kembali Bait Allah (Ezr. 4:9). Beberapa orang Yahudi Elam berada di Palestina untuk merayakan *Pentakosta (Kis. 2:9).

ELAM, ORANG [ensiklopedia]

Nama purba untuk dataran Khuzistan, yg diairi oleh S Kerkh, yg menjadi satu dengan S Tigris tidak jauh dari utara Teluk Persia. Peradaban di daerah ini adalah setua kebudayaan di Mesopotamia Hilir dan erat sekali hubungannya. Segera sesudah penemuan seni tulis di Babel, di Elam muncul aksara setempat berbentuk gambar. Acuan terhadap Elam sebagai anak Sem (Kej 10:22) memberi gambaran yg baik tentang hadirnya keturunan Sem generasi terdahulu di daerah ini, dan memang ada bukti arkeologi dari zaman Sargon I (kr 2350 sM) dan para penerusnya tentang pengaruh mereka terhadap budaya setempat. Patung-patung pada dinding-dinding batu menunjukkan lukisan-lukisan khas Akad dan memakai tulisan ukir Akad, kendati itu diukir untuk para penguasa Elam.

Daerah pegunungan di sebelah utara dan timur terkenal sebagai daerah Ansyan, dan dari zaman purba merupakan bagian Elam. Penduduk desa Sumer dan Sem memandang kedua pegunungan itu sebagai sarang roh-roh jahat, dan syair-syair pahlawan purba melukiskan ancaman negeri yg ditimbulkan oleh roh-roh jahat itu atas orang-orang yg melintasi pegunungan itu untuk mencari kekayaan mineral demi kebesaran di alam baka (lih S. N Kramer, History Begins at Sumer, 1958, hlm 57 dst dan 230 dst).

Penguasaan Elam atas jalan perdagangan ke dataran tinggi Iran dan ke arah tenggara, menjadikan Elam sasaran serangan yg terus-menerus dari dataran Mesopotamia. Sebaliknya dataran Mesopotamia memberi kekayaan besar kepada setiap penakluk. Suatu dinasti Elam yg perkasa bangkit kr thn 2000 sM dan menguasai beberapa kota Babel, sambil memusnahkan kekuasaan para penguasa Sumer di Ur, dan menjarah kota itu (lih ANET, hlm 455 dst; 4870 dst). Kedorlaomer sangat mungkin harus digolongkan kepada masa kejayaan Elam ini (Kej 14:1). Hammurabi, raja Babel, mengusir orang Elam ke luar kr thn 1760 sM, tapi dinasti 'Amori' -- Hammurabi dari dinasti ini -- kalah terhadap serangan-serangan orang Het dan orang Elam kr thn 1625 SM.

Serbuan-serbuan orang Kas yg datang dari pegunungan Zagros Tengah (*BABEL) mendesak orang Elam kembali ke Susan, sampai kekuatan orang Elam bangkit kembali, yg memungkinkan mereka menaklukkan Babel dan menguasainya beberapa abad (kr thn 1300 -- 1120 sM). Sebagai tanda kemenangan pada saat ini, dibawalah ke Susan tiang hukum Hammurabi yg terbuat dari batu dan termasyhur itu. Sejarah Elam gelap dari kr thn 1000 sM sampai serbuan-serbuan Sargon, raja Asyur (kr thn 721-705 sM). Sanherib dan Asyurbanipal menundukkan orang Elam dan membuang beberapa dari mereka ke Samaria, dan sebaliknya memasukkan orang Israel ke Elam (Ezr 4:9; Yes 11:11).

Sesudah Asyur runtuh, negeri Elam digabungkan oleh bangsa Indo-Eropa masuk wilayah mereka, yg lambat laun menjadi berkuasa di Iran sesudah serbuan-serbuan mereka kr thn 1000 SM. Teispes (kr 675 -- 640 sM), leluhur Koresy, memakai gelar 'Raja Ansyan', dan Susan akhirnya menjadi satu dari tiga kota utama Kerajaan Media Persia.

Elam dihimbau oleh Yesaya supaya meremukkan Babel (Yes 21:2) dan hal ini dilaksanakan (bnd Dan 8:2). Tapi sebaliknya Elam akan diremukkan juga, bahkan pasukan pemanahnya yg termashyur itu dikalahkan (Yer 25:24; 49:34-39; bnd Yes 22:6; Yeh 32:24). Di antara orang banyak waktu Pentakosta (Kis 2:9) beberapa orang datang dari negeri jauh seperti Elam. Diduga mereka adalah anggota-anggota persekutuan Yahudi berbahasa Aram, yg tetap tinggal di pembuangan. Lih juga *ARKEOLOGI; *MEDIA, *PERSIA, ORANG PERSIA; *SUSAN.

KEPUSTAKAAN. R Ghirshman, Iran, 1954; CAH2, 1963, I, bg 23, II, bg 29. ARM/MHS

[+] Bhs. Inggris



TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 0.05 detik
dipersembahkan oleh YLSA