: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Dalmanutha | Dalmatia | Dalphon | Dalpon | Damai | DAMAI SEJAHTERA | Damar | Damaris | Damascus | Damsyik | Dan
Daftar Isi
ENSIKLOPEDIA: DAMAI SEJAHTERA

DAMAI SEJAHTERA

DAMAI SEJAHTERA [ensiklopedia]

Pengertian dasar dari kata Ibrani syalom adalah sehat walafiat, utuh, keadaan baik. Kata Yunani eirene pertama-tama berarti negatif dalam tulisan klasik. Tapi melalui LXX (yg memakai kata itu untuk menerjemahkan syalom), maka kata itu dalam PB mempunyai makna syalom, dan hampir selalu mempunyai anti rohani. Bahwa kata itu mempunyai anti yg sangat luas, nampak dari banyaknya terjemahannya:

selamat: Kej 43:27; Kel 4:13; Mrk 5:34; Luk 7:50

persahabatan: Yos 9:15

jangan kuatir: Hak 19:20

damai: 1 Raj 5:12; Ibr 12:14

kesejahteraan: Mzm 122:7; Yer 28:7

kemujuran: Mzm 73:3

tenteram: Mzm 4:8

keselamatan: Mzm 85:10

damai sejahtera: Yes 48:18; 57:19; Luk 1:79; 2:14; 10:5; Yoh 14:27; 20:19; Kis 10:36.

Karena dunia sudah kacau akibat dosa manusia, dan karena kesejahteraan datang hanya sebagai karunia Allah, maka pengharapan akan datangnya Mesias membawa zaman kedamaian atau kesejahteraan (Yes 2:2-4; 11:1-9; Hag 2:7-9), dan merupakan kedatangan Raja Damai (Yes 9:5 dab; bnd Yer 33:15 dab; Yeh 34:23 dab; Mi 5:5; Za 9:9 dab). PB menunjukkan penggenapan dari pengharapan ini. Dalam Kristus damai sejahtera sudah datang (Luk 1:79; 2:14, 29 dab). Dia-lah yg mengaruniakannya (Mrk 5:34; Luk 7:50; Yoh 20:19, 21, 26), dan murid-murid-Nya menjadi pembawanya (Luk 10:5 dab; Kis 10:36).

Kebutuhan paling utama dan yg pertama dari manusia berdosa ialah harus ada damai sejahtera dengan Allah. Artinya, permusuhan yg ditimbulkan oleh dosa dijauhkan dulu melalui kematian Kristus (Rm 5:1; Kol 1:20). Barulah. kemudian menyusul kesejahteraan batin (Flp 4:7), yg tidak akan dapat dirongrong oleh kemelut dunia (Yoh 14:27; 16:33). Damai sejahtera antara manusia dengan manusia adalah sebagian dari tujuan kematian Kristus (Ef 2) dan tujuan dari pekerjaan Rob Kudus (Gal 5:22); tapi manusia harus aktif untuk mengembangkannya (Ef 4:3; Ibr 12:14), tidak melulu hanya dalam arti menjauhkan perselisihan atau pertentangan, tapi juga dalam arti keselarasan dan peranan yg sungguh dari tubuh Kristus (Rm 14:19; 1 Kor 14:33).

KEPUSTAKAAN W Foerster dan G von Rad mengenai 'eirene' dlm TDNT 2, hlm 400-420; D Gillett, Them 1, 1976, hlm 80 dst; H Beck, C Brown, NIDNTT 2, hlm 776-783. FF/MHS




TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.06 detik
dipersembahkan oleh YLSA