Daftar Isi
GAMBAR: Kain
BIOTOKOH PL: KAIN
BROWNING: KAIN
ENSIKLOPEDIA: KAIN

Cain

Dalam versi-versi Alkitab:

Kabil: BABA KL1863
kabil: SBDR
Kain: BIS ENDE FAYH KL1870 TB TL WBTCDR
KHajin: LDKDR

Gambar

Kain: selebihnya..
Topik: Cain and Abel; Cain in Nod; Portraits of Cain

KAIN [biotokoh pl]

Arti nama:KEMAHIRAN
AyahAdam - Kejadian 4:1
IbuHawa - Kejadian 4:1
IstriTak disebut namanya - Kejadian 4:17
Anak laki-lakiHenokh - Kejadian 4:17
Saudara laki-lakiHabil dan Set - Kejadian 4:2, 25, 5:4
Disebut pertamaKejadian 4:1
Namanya disebut19 kali
Kitab yang menyebut4 buku : Kejadian, Ibrani, I Yohanes, Yudas
PekerjaanPetani, pembangun kota - Kejadian 4:3, 17
Tempat kelahiranDi luar taman Eden - Kejadian 3:23, 4:1
Terakhir disebutYudas 1:11
Fakta pentingIA ADALAH ANAK PERTAMA YANG DILAHIRKAN KE DUNIA INI (KEJADIAN 4:10) IA PEMBUNUH PERTAMA, DAN IA MEMBUNUH ADIKNYA (KEJADIAN 4:8).

KAIN [browning]

Anak tertua *Adam dan *Hawa. Kain mempersembahkan hasil bumi (ia adalah seorang petani) kepada Tuhan, namun persembahan itu ditolak; sedangkan adiknya, *Habel, mempersembahkan daging, dan diterima (Kej. 4). Bagaimana putusan itu diisyaratkan, atau apa alasannya, tidak diuraikan. Mungkin dalam pikiran penulis ada pilihan terhadap hidup nomadik daripada hidup menetap. Dalam pembunuhan yang dilakukan Kain terhadap Habel berikutnya, beberapa penafsir melihat suatu petunjuk agama purba bahwa *korban manusia dapat meningkatkan kesuburan tanah. Ibr. 11:4 mengemukakan bahwa Habel dikenan karena kebaikannya lebih tinggi dan karena *imannya.

KAIN [ensiklopedia]

(Ibrani qayin).

1. Anak sulung Adam dan Hawa (Kej 4:1). Pada waktu kelahirannya Hawa berkata, 'Aku telah mendapat (qaniti) seorang anak laki-laki dengan pertolongan Tuhan'. Karena ucapan ini agaknya tidak asli disebut dalam bh Ibrani, maka tidak dapat ditentukan nilai permainan kata ini, dan tidak ada yg dapat disimpulkan dari etimologi nama ini. Kain adalah petani (Kej 4:2), berbeda dari Habel yg adalah gembala. Dalam 1 Yoh 3:12 Kain disebut 'berasal dari si jahat' (ek tou ponerou). Karena ia tidak benar di hadapan Allah (Ibr 11:4) maka korban persembahannya (minkha) ditolak Allah (Kej 4:3-7); selanjutnya ia membunuh adiknya (Kej 4:8).

Allah menghukumnya dengan mengusirnya dari Firdaus untuk menjadi seorang pengembara, barangkali seorang nomad, di tanah Nod (Kej 4:9-16). Guna melindunginya, supaya ia tidak dibunuh orang, Allah memberikan kepadanya tanda ('ot, 'ciri', 'tanda', bnd Kej 9:12, 13) bagi (le)-nya Sifat tanda itu tidak dikenal.

Kain ialah bapak Henokh. Cerita yg sejajar dengan cerita pertentangan antara Kain dan Habel, telah ditemukan di kepustakaan Sumer, memuat percekcokan antara kerabat tani dan peternak. Tapi di antara kepustakaan-kepustakaan yg dikenal itu tidak terdapat cerita, bahwa petaninya membunuh peternaknya. Perselisihan semacam itu barang hanya memantulkan keadaan sejarah di Mesopotamia dari sejak zaman-zaman prasejarah (*PENGEMBARA, ORANG).

KEPUSTAKAAN. S. N Kramer, 'Sumerian Literature and the Bible', di Analecta Biblica 12, 1959, hlm 192; History Begins at Sumer, 1958, hlm 164-166, 185-192; Sumerian Mythology, 1944, hlm 49-51, 53-54, 101-103; CJ Gadd, Teachers and Students in the Oldest Schools, 1956, hlm 39 dst; S. H Hooke, 'Cain and Abel', di The Siege Perilous, hlm 66 dst.

2. Nama sebuah kota, ditulis dengan kata sandang (haqqayin), di bagian selatan daerah yg diberikan kepada Yehuda (Yos 15:57), dan barangkali diidentikkan dengan kota modern Khirbet Yaqin di sebelah tenggara Hebron. Lih A Alt, Palastina jahrhbuch 22, 1926, hlm 76, 77. TCM/HH




TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA