: A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z
Ardites | Ardon | Areah | Areli | Arelites | Areopagite | Areopagus | Aretas | Argob | Aridai | Aridata
Daftar Isi
BROWNING: AREOPAGUS
ENSIKLOPEDIA: AREOPAGUS

Areopagite

Dalam versi-versi Alkitab:

anggota Majelis Bukit Mars: FAYH
Areopagoes: KL1870
Areopagos: ENDE
Areopagus: BIS SBDR TB TL WBTCDR
Ariopagoes: KL1863
Ariopagus: BABA
manterij dimadjlis mejdan: LDKDR

AREOPAGUS [browning]

Sebuah bukit di *Atena, tempat dewan kota mengadakan rapat; Paulus berpidato di sana (Kis. 17:22) di hadapan orang-orang *bukan Yahudi yang berkumpul, menggunakan tulisan yang telah dilihatnya tentang *mezbah yang dipersembahkan kepada Allah yang tak dikenal (17:23).

AREOPAGUS [ensiklopedia]

(Yunani Areios pagos, 'bukit Ares', dewa perang Yunani).

1. Suatu bukit kecil di sebelah barat laut Akropolis di Atena (Kis 17:22).

2. Sidang Areopagus, disebut demikian karena bukit Ares merupakan tempat pertemuannya yg asli. Pada zaman PB kecuali untuk memeriksa perkara pembunuhan, Sidang itu mengadakan pertemuannya di Serambi Raja (stoa basileios) di pasar Atena, dan mungkin di sini Paulus di sidang (Kis 17:19), bukan di atas bukit Areopagus. Sidang Areopagus merupakan lembaga paling tua di Atena, berasal dari zaman legenda, dan kendati kuasa-kuasanya telah dibatasi Sidang itu masih besar wibawanya, khususnya dalam perkara moral dan agama. Karena itu adalah wajar bahwa seorang 'pemberita ajaran dewa-dewa asing' (Kis 17:18) akan dibawa di hadapannya.

Pidato Paulus pada saat itu (Kis 17:22-31) berpokok pada pengetahuan yg benar tentang Allah. Dengan mengambil sebagai titik tolaknya sebuah tulisan di atas mezbah 'Kepada Allah yg tidak dikenal'. Ia berkata bahwa ia datang untuk memberitakan kepada mereka Allah -- yg menurut pengakuan mereka sendiri -- mereka tidak mengenal-Nya. Allah yg benar adalah Pencipta dan Tuhan atas langit dan bumi, Ia tidak diam dalam kuil-kuil buatan manusia, Ia tidak tergantung pada korban yg dibawa ciptaan-Nya, tapi Ia memberikan kepada mereka hidup dan segala sesuatu yg mereka perlukan. Pencipta segala sesuatu adalah juga Pencipta manusia, dan dengan demikian pidato dilanjutkan dengan membicarakan hubungan manusia dengan Allah. Manusia sama dan satu seutuhnya; daerah-daerah tempat tinggalnya serta musim-musim setiap tahun telah ditentukan untuk kepentingannya. Tujuan Allah ialah agar manusia mencari Dia dan diharapkan menemukan Dia, lebih-lebih karena manusia adalah ciptaan-Nya. Sementara susunan kata dan kutipan-kutipan dalam ceramah ini bersifat Yunani, namun tekanan yg diberikannya adalah sepenuhnya alkitabiah. Pada akhir ceramahnya Paulus menghimbau pendengarnya untuk bertobat dan tunduk pada pengetahuan akan Allah, yg bukan saja Pencipta alam semesta tapi juga Hakim segala makhluk. Jaminan tentang penghakiman yg akan datang itu ialah kebangkitan dari antara orang mati oleh Orang yg diberi kuasa untuk memikul hukuman itu. Ketika Sidang Areopagus mendengar kebangkitan orang mati, mereka membebaskan Paulus sebagai orang yg tidak layak untuk diperhatikan secara serius.

KEPUSTAKAAN. N. B Stonehouse, Paul before the Areopagus, 1957; M Dibelius, Studies in theActs of theApostles,1956, hlm 26-83; B Gartner, The Areopagus Speech and Natural Revelation, 1955; H Conzelman, 'The Address of Paul on the Areopagus', dalam Keck Martyn, Studies in Luke-Acts, 1966, hlm 217-230; T. D Barnes, dalam JTS ns 20, 1969, hlm 407 -- 419; C. J Hemer, NTS 20, 1973-1974, hlm 341-349. FFB/NY WBS




TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.09 detik
dipersembahkan oleh YLSA