Program Bacaan 

Bacaan Alkitab 11 Oktober

<<
>>
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   

Zakaria 11:1--14:21

Konteks
11:1 Bukalah pintu-pintumu, hai Libanon, x  supaya api y  dapat memakan pohon-pohon arasmu. 11:2 Merataplah, hai pohon sanobar, sebab sudah rebah pohon aras dan sudah dirusakkan pohon-pohon yang hebat! Merataplah, hai pohon-pohon tarbantin z  Basan, sebab telah rata a  hutan b  yang lebat itu! 11:3 Dengar, para gembala meratap! Sebab kemegahan mereka sudah dirusakkan. Dengar, singa-singa c  mengaum! Sebab sudah dirusakkan d  kebanggaan sungai Yordan.
Dua macam gembala
11:4 Beginilah firman TUHAN Allahku kepadaku: "Gembalakanlah domba-domba 1  sembelihan 2  e  itu! 11:5 Orang-orang yang membelinya menyembelihnya dengan tidak merasa bersalah dan orang-orang yang menjualnya berkata: Terpujilah TUHAN! Aku telah menjadi kaya! Dan orang-orang yang menggembalakannya tidak mengasihaninya. f  11:6 Sebab Aku tidak lagi akan mengasihani penduduk bumi, demikianlah firman TUHAN, melainkan sesungguhnya, Aku akan menyerahkan manusia masing-masing ke dalam tangan gembalanya g  dan ke dalam tangan rajanya; mereka ini akan menghancurkan bumi dan Aku tidak akan melepaskan seorangpun dari tangan h  mereka." 11:7 Maka aku menggembalakan domba-domba sembelihan i  itu untuk pedagang-pedagang domba. Aku mengambil dua tongkat 3 : yang satu kusebutkan "Kemurahan" dan yang lain kusebutkan "Ikatan"; lalu aku menggembalakan domba-domba itu. 11:8 Dalam satu bulan aku melenyapkan ketiga gembala itu. Kemudian aku tidak dapat menahan hati lagi terhadap domba-domba itu, dan merekapun merasa muak j  terhadap aku. 11:9 Lalu aku berkata: "Aku tidak mau lagi menggembalakan kamu 4 ; yang hendak mati, biarlah mati; yang hendak lenyap, biarlah lenyap, k  dan yang masih tinggal itu, biarlah masing-masing memakan l  daging temannya!" 11:10 Aku mengambil tongkatku "Kemurahan m ", lalu mematahkannya untuk membatalkan n  perjanjian 5  yang telah kuikat dengan segala bangsa. 11:11 Jadi dibatalkanlah perjanjian pada hari itu, maka tahulah pedagang-pedagang domba yang sedang mengamat-amati aku, bahwa itu adalah firman TUHAN. 11:12 Lalu aku berkata kepada mereka: "Jika itu kamu anggap baik, berikanlah upahku, dan jika tidak, biarkanlah!" Maka mereka membayar upahku dengan menimbang tiga puluh uang perak 6 . o  11:13 Tetapi berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Serahkanlah itu kepada penuang logam!" --nilai tinggi yang ditaksir mereka bagiku. Lalu aku mengambil ketiga puluh uang perak p  itu dan menyerahkannya kepada penuang q  logam di rumah TUHAN. 11:14 Kemudian aku mematahkan tongkat yang kedua, yaitu "Ikatan", untuk meniadakan persaudaraan 7  antara Yehuda dan Israel. 11:15 Sesudah itu berfirmanlah TUHAN kepadaku: "Ambillah sekali lagi perkakas seorang gembala yang pandir 8 ! 11:16 Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan di negeri ini seorang gembala yang tidak mengindahkan yang lenyap, yang tidak mencari yang hilang, yang tidak menyembuhkan yang luka, yang tidak memelihara yang sehat, melainkan memakan daging dari yang gemuk dan mencabut kuku mereka. 11:17 Celakalah gembala-Ku r  yang pandir, yang meninggalkan domba-domba! Biarlah pedang menimpa lengannya s  dan menimpa mata kanannya! Biarlah lengannya kering sekering-keringnya, dan mata kanannya menjadi pudar t  sepudar-pudarnya!"
Pembebasan dan pembaharuan Yerusalem
12:1 Ucapan ilahi. u  Firman TUHAN tentang Israel: Demikianlah firman TUHAN yang membentangkan langit v  dan yang meletakkan dasar bumi w  dan yang menciptakan roh dalam diri manusia: x  12:2 "Sesungguhnya Aku membuat Yerusalem menjadi pasu y  yang menyebabkan segala bangsa di sekeliling menjadi pening; z  juga Yehuda a  akan mengalami kesusahan ketika Yerusalem dikepung. 12:3 Maka pada waktu itu Aku akan membuat Yerusalem menjadi batu b  untuk diangkat bagi segala bangsa. Siapa yang mengangkatnya pastilah mendapat luka c  parah. Segala bangsa d  di bumi akan berkumpul melawannya 9 . 12:4 Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN, Aku akan membuat segala kuda menjadi bingung, penunggangnya menjadi gila. Atas kaum Yehuda, Aku akan membuka mata-Ku, tetapi segala kuda bangsa e  akan Kubuat menjadi buta. 12:5 Sesudah itu kaum-kaum di Yehuda akan berkata dalam hatinya: Penduduk Yerusalem mempunyai kekuatan f  oleh karena TUHAN semesta alam, Allah mereka. 12:6 Pada waktu itu Aku akan membuat kaum-kaum di Yehuda seperti anglo berapi g  di tengah-tengah timbunan kayu dan seperti suluh berapi di tengah-tengah timbunan bulir gandum; api keduanya akan menjilat h  ke kanan dan ke kiri segala bangsa di sekeliling, tetapi Yerusalem selanjutnya akan tetap tinggal i  di tempatnya yang dahulu. 12:7 TUHAN akan pertama-tama memberi kemenangan kepada kemah-kemah Yehuda, supaya keluarga Daud dan penduduk Yerusalem jangan terlalu bermegah-megah terhadap Yehuda. j  12:8 Pada waktu itu TUHAN akan melindungi k  penduduk Yerusalem, dan orang yang tersandung l  di antara mereka pada waktu itu akan menjadi seperti Daud, dan keluarga Daud akan menjadi seperti Allah, m  seperti Malaikat TUHAN, yang mengepalai n  mereka. 12:9 Maka pada waktu itu Aku berikhtiar untuk memunahkan segala bangsa o  yang menyerang Yerusalem. p "
Ratapan atas dia yang tertikam
12:10 "Aku akan mencurahkan roh q  pengasihan 10  dan roh permohonan r  atas keluarga Daud dan atas penduduk Yerusalem, dan mereka akan memandang kepada dia yang telah mereka tikam, s  dan akan meratapi dia 11  seperti orang meratapi anak tunggal, t  dan akan menangisi dia dengan pedih seperti orang menangisi anak sulung. u  12:11 Pada waktu itu ratapan v  di Yerusalem akan sama besarnya dengan ratapan atas Hadad-Rimon di lembah Megido. w  12:12 Negeri itu akan meratap, x  setiap kaum keluarga tersendiri; kaum keluarga keturunan Daud tersendiri dan isteri mereka tersendiri; kaum keluarga keturunan Natan tersendiri dan isteri mereka tersendiri; 12:13 kaum keluarga keturunan Lewi tersendiri dan isteri mereka tersendiri; kaum keluarga Simei tersendiri dan isteri mereka tersendiri; 12:14 juga segala kaum keluarga yang masih tinggal, setiap kaum keluarga tersendiri dan isteri y  mereka tersendiri."
Penyingkiran berhala dan nabi palsu
13:1 "Pada waktu itu akan terbuka suatu sumber z  bagi keluarga Daud 12  dan bagi penduduk Yerusalem untuk membasuh a  dosa dan kecemaran. 13:2 Maka pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan melenyapkan nama-nama berhala b  dari negeri itu, sehingga orang tidak menyebutnya lagi. c  Juga para nabi d  dan roh najis akan Kusingkirkan dari negeri itu. 13:3 Dan apabila seseorang masih tampil sebagai nabi, maka ayahnya dan ibunya, yang telah memperanakkan dia, akan berkata kepadanya: Janganlah engkau hidup lagi, sebab yang kaukatakan demi nama TUHAN itu adalah dusta! e  Lalu ayahnya dan ibunya, yang telah memperanakkan dia, akan menikam dia f  pada waktu ia bernubuat. 13:4 Pada waktu itu para nabi masing-masing akan mendapat malu 13  g  oleh karena penglihatannya sebagai nabi, dan tidak ada lagi dari mereka yang mengenakan jubah h  berbulu i  untuk berbohong; j  13:5 tetapi masing-masing akan berkata: Aku ini bukan seorang nabi, melainkan seorang pengusaha tanah, sebab tanah adalah harta kepunyaanku sejak kecil. k  13:6 Dan apabila ada orang bertanya kepadanya: Bekas luka apakah yang ada pada badanmu 14  ini?, lalu ia akan menjawab: Itulah luka yang kudapat di rumah sahabat-sahabatku!"
Pedang menimpa -- Umat baru
13:7 "Hai pedang, l  bangkitlah terhadap gembala-Ku, m  terhadap orang yang paling karib kepada-Ku!", demikianlah firman TUHAN semesta alam. "Bunuhlah gembala 15 , sehingga domba-domba tercerai-berai! n  Aku akan mengenakan tangan-Ku terhadap yang lemah. 13:8 Maka di seluruh negeri, demikianlah firman TUHAN, dua pertiga dari padanya akan dilenyapkan, mati binasa, tetapi sepertiga dari padanya akan tinggal hidup. o  13:9 Aku akan menaruh yang sepertiga itu dalam api p  dan akan memurnikan mereka seperti orang memurnikan perak. q  Aku akan menguji mereka, seperti orang menguji emas. r  Mereka akan memanggil s  nama-Ku, t  dan Aku akan menjawab u  mereka. Aku akan berkata: Mereka adalah umat-Ku, v  dan mereka akan menjawab: TUHAN adalah Allahku! w "
Kemenangan terakhir: TUHAN menjadi Raja di Yerusalem
14:1 Sesungguhnya, akan datang hari yang ditetapkan TUHAN 17 , x  maka jarahan y  yang dirampas dari padamu akan dibagi-bagi di tengah-tengahmu. 14:2 Aku akan mengumpulkan segala bangsa z  untuk memerangi a  Yerusalem 18 ; kota itu akan direbut, rumah-rumah akan dirampoki dan perempuan-perempuan akan ditiduri. b  Setengah dari penduduk kota itu harus pergi ke dalam pembuangan, tetapi selebihnya dari bangsa itu tidak akan dilenyapkan dari kota c  itu. 14:3 Kemudian TUHAN akan maju 19  berperang d  melawan bangsa-bangsa itu seperti Ia berperang pada hari pertempuran. e  14:4 Pada waktu itu kaki-Nya akan berjejak di bukit Zaitun 20  f  yang terletak di depan Yerusalem di sebelah timur. Bukit Zaitun itu akan terbelah g  dua dari timur ke barat, sehingga terjadi suatu lembah yang sangat besar; setengah dari bukit itu akan bergeser ke utara dan setengah lagi ke selatan. 14:5 Maka tertutuplah lembah gunung-gunung-Ku, sebab lembah gunung itu akan menyentuh sisinya; dan kamu akan melarikan diri seperti kamu pernah melarikan diri oleh karena gempa bumi h  pada zaman Uzia, raja Yehuda. Lalu TUHAN, Allahku, akan datang, i  dan semua orang kudus bersama-sama Dia. j  14:6 Maka pada waktu itu tidak akan ada lagi udara dingin atau keadaan beku, k  14:7 tetapi akan ada satu hari l --hari itu diketahui oleh TUHAN--dengan tidak ada pergantian siang dan malam, m  dan malampun menjadi siang. n  14:8 Pada waktu itu akan mengalir o  air p  kehidupan dari Yerusalem 21 ; setengahnya mengalir ke laut timur, q  dan setengah lagi mengalir ke laut barat; hal itu akan terus berlangsung dalam musim panas dan dalam musim dingin. r  14:9 Maka TUHAN akan menjadi Raja s  atas seluruh bumi 22 ; t  pada waktu itu TUHAN adalah satu-satunya dan nama-Nya u  satu-satunya. 14:10 Seluruh negeri ini akan berubah menjadi seperti Araba-Yordan 23 , dari Geba v  sampai ke Rimon w  di sebelah selatan Yerusalem. Tetapi kota itu akan menjulang tinggi x  dan tetap tinggal di tempatnya, y  dari pintu gerbang Benyamin z  sampai ke tempat pintu gerbang yang dahulu, yakni sampai ke pintu gerbang Sudut, a  dan dari menara Hananeel b  sampai ke tempat pemerasan anggur raja. 14:11 Orang akan menetap c  di dalamnya, sebab penumpasan tidak akan ada lagi, dan Yerusalem akan tetap aman. d  14:12 Inilah tulah yang akan ditimpakan e  TUHAN 24  kepada segala bangsa yang memerangi Yerusalem: daging mereka akan menjadi busuk, sementara mereka masih berdiri, mata mereka akan menjadi busuk dalam lekuknya dan lidah mereka akan menjadi busuk dalam mulut f  mereka. 14:13 Maka pada waktu itu akan terjadi kegemparan g  besar dari pada TUHAN di antara mereka, sehingga masing-masing memegang tangan temannya dan mengangkat tangannya melawan tangan temannya. h  14:14 Juga Yehuda i  akan berperang melawan Yerusalem itu; dan dikumpulkanlah j  harta benda segala bangsa di sekeliling, yaitu emas, perak dan pakaian dalam jumlah yang sangat besar. 14:15 Tulah k  seperti itu juga akan menimpa kuda, bagal, unta, keledai dan segala hewan yang ada dalam perkemahan-perkemahan itu. 14:16 Maka semua orang yang tinggal l  dari segala bangsa yang telah menyerang Yerusalem, akan datang tahun demi tahun untuk sujud menyembah m  kepada Raja 25 , n  TUHAN semesta alam, dan untuk merayakan hari raya Pondok Daun. o  14:17 Tetapi bila mereka dari kaum-kaum di bumi tidak datang ke Yerusalem untuk sujud menyembah p  kepada Raja, TUHAN semesta alam, maka kepada mereka tidak akan turun hujan 26 . q  14:18 Dan jika kaum Mesir tidak datang dan tidak masuk menghadap, maka kepada mereka akan turun tulah r  yang ditimpakan TUHAN kepada bangsa-bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun. s  14:19 Itulah hukuman dosa Mesir dan hukuman dosa segala bangsa yang tidak datang untuk merayakan hari raya Pondok Daun. t  14:20 Pada waktu itu akan tertulis pada kerencingan-kerencingan kuda: "Kudus bagi TUHAN 27 ! u " dan kuali-kuali v  di rumah TUHAN akan seperti bokor-bokor w  penyiraman di depan mezbah. 14:21 Maka segala kuali di Yerusalem dan di Yehuda akan menjadi kudus x  bagi TUHAN semesta alam; semua orang yang mempersembahkan korban akan datang mengambilnya dan memasak di dalamnya. Dan tidak akan ada lagi pedagang y  di rumah z  TUHAN 28  semesta alam a  pada waktu itu. b 
Seret untuk mengatur ukuranSeret untuk mengatur ukuran

[11:4]  1 Full Life : GEMBALAKANLAH DOMBA-DOMBA.

Nas : Za 11:4-17

Zakharia diarahkan untuk melambangkan Gembala yang diutus Allah untuk Israel, yaitu Mesias (ayat Za 11:4-14). Kemudian ia disuruh memerankan gembala Israel yang jahat (ayat Za 11:15-17) yang mungkin melambangkan antikristus akhir zaman.

[11:4]  2 Full Life : DOMBA-DOMBA SEMBELIHAN.

Nas : Za 11:4

Domba-domba itu adalah Israel, ditandai untuk dihukum karena mereka akan menolak Mesias; penyembelihan itu akan dilaksanakan orang Romawi pada tahun 70 M.

[11:7]  3 Full Life : DUA TONGKAT.

Nas : Za 11:7

Zakharia, yang melambangkan Mesias, memakai dua tongkat untuk menggembalakan kawanan dombanya. Kedua tongkat itu melambangkan perkenan Allah kepada Israel dan rencana-Nya untuk mempersatukan Israel dan Yehuda sebagai satu bangsa. Berkat-berkat ini akan menjadi kenyataan apabila umat itu bersedia mengikuti Mesias.

[11:9]  4 Full Life : AKU TIDAK MAU LAGI MENGGEMBALAKAN KAMU.

Nas : Za 11:9

Karena domba-domba itu membenci Gembala-Mesias, dia akan berpaling dari peranan-Nya sebagai Gembala dan menyerahkan mereka kepada kehancuran mereka.

[11:10]  5 Full Life : MEMBATALKAN PERJANJIAN.

Nas : Za 11:10

Allah telah mengikat perjanjian untuk menahan bangsa-bangsa menyerbu Israel. Zakharia dengan jelas melukiskan Allah sedang mengangkat perlindungan itu sehingga Israel dibinasakan dan diserakkan; ini terjadi pada tahun 70 M ketika pasukan Roma membinasakan Yerusalem.

[11:12]  6 Full Life : TIGA PULUH UANG PERAK.

Nas : Za 11:12

Zakharia, yang masih melambangkan Mesias, meminta para pemimpin membayarnya sesuai dengan anggapan mereka mengenai harga pelayanannya. Mereka menghina dia dengan memberikan harga seorang budak (Kel 21:32). Tiga puluh uang perak juga adalah uang yang dibayarkan kepada Yudas untuk mengkhianati Yesus (Mat 27:3-10).

[11:14]  7 Full Life : MENIADAKAN PERSAUDARAAN.

Nas : Za 11:14

Sebagian dari hukuman Allah ialah kehancuran persatuan Israel; bangsa perjanjian itu akan pecah belah menjadi kelompok-kelompok yang saling bermusuhan.

[11:15]  8 Full Life : GEMBALA YANG PANDIR.

Nas : Za 11:15-16

Zakharia kini ditugaskan untuk mengambil sekali lagi perkakas seorang gembala dan melakonkan gembala fasik yang memakai perkakas itu untuk menyakiti domba-domba dan bukan menolong mereka

(lihat cat. --> Za 11:4-17).

[atau ref. Za 11:4-17]

Penggenapan terakhir gembala yang pandir akan terjadi di dalam diri antikristus (bd. Yeh 34:2-4; Dan 11:36-39; Yoh 5:43; 2Tes 2:3-10; Wahy 13:1-8).

[12:3]  9 Full Life : SEGALA BANGSA ... BERKUMPUL MELAWANNYA.

Nas : Za 12:3-9

Pada akhir zaman, banyak bangsa akan berkumpul menentang Yerusalem dan Israel. Allah akan turun tangan dan membinasakan musuh-musuh mereka, dan negara-negara adikuasa akan dikalahkan di pertempuran Harmagedon Wahy 19:19;

lihat cat. --> Wahy 16:16).

[atau ref. Wahy 16:16]

[12:10]  10 Full Life : ROH PENGASIHAN.

Nas : Za 12:10-14

Ayat-ayat ini berbicara tentang pertobatan orang Yahudi secara perseorangan yang, karena terancam bahaya dikalahkan musuh mereka, mulai mempercayai Yesus sebagai Mesias sejati.

[12:10]  11 Full Life : MEREKA ... AKAN MERATAPI DIA.

Nas : Za 12:10

Di tengah-tengah bahaya pada hari pertempuran tersebut, umat itu akan berseru meminta pertolongan dari Allah. Allah akan mencurahkan Roh Kudus-Nya untuk memberikan kasih karunia-Nya dan menjawab doa mereka.

  1. 1) Umat yang bertobat itu kemudian akan sadar bahwa mereka bersalah karena menyebabkan pedang Roma menikam lambung Yesus sang Mesias (bd. Mazm 22:17; Yes 53:5; Yoh 19:34) dan untuk kematian-Nya.
  2. 2) Ratapan mereka akan pedih sekali. Setiap keluarga akan meratap sendiri, suami dan istri akan meratap sendiri-sendiri. Jadi, setiap orang harus bertobat secara pribadi dari dosa-dosanya dan penolakannya terhadap Yesus Kristus (bd. Rom 3:23; 6:23; Kis 16:31; 1Pet 2:24).

[13:1]  12 Full Life : AKAN TERBUKA SUATU SUMBER BAGI KELUARGA DAUD.

Nas : Za 13:1-6

Sumber ini menggambarkan penyucian dari dosa yang disebabkan oleh kematian Kristus di salib. Umat Yahudi akan disucikan dari dosa dengan cara yang sama dengan semua orang yang percaya kepada Kristus (bd. 1Yoh 1:7,9).

[13:4]  13 Full Life : PARA NABI MASING-MASING AKAN MENDAPAT MALU.

Nas : Za 13:4

Pada hari-hari itu Allah akan menyingkapkan semua nabi palsu, yang akan menjadi begitu takut dan malu sehingga masing-masing akan mengatakan, "Aku bukan nabi. Aku ini petani." Sebelum tibanya waktu itu kita harus sadar bahwa akan ada banyak nabi palsu di dalam gereja-gereja; mengingat hal itu Allah menyuruh kita menguji roh-roh

(lihat cat. --> 1Yoh 4:1;

[atau ref. 1Yoh 4:1]

lihat art. GURU-GURU PALSU).

[13:6]  14 Full Life : BEKAS LUKA ... PADA BADANMU.

Nas : Za 13:6

Luka-luka ini kemungkinan besar adalah akibat perbuatannya sendiri dalam hubungan dengan penyembahan berhala (ayat Za 13:2-5).

[13:7]  15 Full Life : PEDANG ... BUNUHLAH GEMBALA.

Nas : Za 13:7

Di dalam pandangan nubuat ini tentang masa depan ini, gembala adalah Mesias.

  1. 1) Allah menyebut si gembala "orang yang paling karib kepada-Ku" (yaitu, orang sederajat, teman sejawat) dan karena itu Mesias yang ilahi.
  2. 2) Gembala-Mesias akan dipukul, yaitu disalibkan. Murid-murid-Nya akan terserak bagaikan domba (lih. Mat 26:31,56; Mr 14:27). Nubuat ini juga mungkin melambangkan perserakan bangsa Yahudi pada tahun 70 M.

[13:8]  16 Full Life : AKU AKAN MENARUH YANG SEPERTIGA ITU DALAM API.

Nas : Za 13:8-9

Ayat-ayat ini mungkin mengacu kepada masa kesengsaraan pada akhir zaman

(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Orang Yahudi yang tidak percaya (2/3 bagian) akan dibunuh (ayat Za 13:8); hanya sepertiga yang tetap hidup. Mereka inilah yang akan "memandang kepada dia yang telah mereka tikam" (Za 12:10-14); jadi, hanya sebagian sisa orang Israel akan diselamatkan (pasal Wahy 11:1-18:24).

[14:1]  17 Full Life : AKAN DATANG HARI ... TUHAN.

Nas : Za 14:1

"Hari Tuhan" adalah hari penghukuman dan pemulihan. Di sini hari itu menunjuk kepada saat ketika Kristus akan datang kembali untuk menghakimi bangsa-bangsa dan mendirikan pemerintahan-Nya di bumi.

[14:2]  18 Full Life : MENGUMPULKAN SEGALA BANGSA UNTUK MEMERANGI YERUSALEM.

Nas : Za 14:2

Bangsa-bangsa seakan-akan memperoleh kemenangan militer, tetapi pada akhirnya mereka akan dibinasakan

(lihat cat. --> Za 12:3-9).

[atau ref. Za 12:3-9]

[14:3]  19 Full Life : KEMUDIAN TUHAN AKAN MAJU.

Nas : Za 14:3

Tuhan akan campur tangan di dalam pertempuran itu dan mengalahkan bangsa-bangsa.

[14:4]  20 Full Life : KAKI-NYA AKAN BERJEJAK DI BUKIT ZAITUN.

Nas : Za 14:4

Nubuat ini akan digenapi oleh Yesus Kristus pada kedatangan-Nya yang terakhir ketika Dia kembali ke tempat yang ditinggalkan-Nya (Luk 24:50-51; Kis 1:9-12). Topografi wilayah itu akan berubah secara dramatis ketika bukit itu akan terbelah dua, setengahnya bergeser ke utara, setengahnya lagi ke selatan, sehingga terjadi sebuah lembah di antaranya.

[14:8]  21 Full Life : AKAN MENGALIR AIR KEHIDUPAN DARI YERUSALEM.

Nas : Za 14:8

Air kehidupan (berbeda dengan air yang menggenang), akan mengalir dari Yerusalem (bd. Mazm 46:5; Yeh 47:1-12; Yoel 3:18). Aliran ini tidak mengering di musim panas, seperti halnya sebagian besar sungai di Palestina, tetapi akan terus mengalir ke Laut Tengah dan Laut Mati. Ayat ini membayangkan berkat-berkat Allah yang mengalir dari Yerusalem di kerajaan seribu tahun (Wahy 22:1).

[14:9]  22 Full Life : TUHAN AKAN MENJADI RAJA ATAS SELURUH BUMI.

Nas : Za 14:9

Ketika Kristus mendirikan kerajaan-Nya, Dia akan disembah oleh semua bangsa di bumi (bd. Za 4:14; 6:5; Mi 4:13; Wahy 17:14; 19:16).

[14:10]  23 Full Life : MENJADI SEPERTI ARABA-YORDAN.

Nas : Za 14:10

Akibat kedatangan Tuhan, negeri sekitar Yerusalem akan diratakan, sekalipun Yerusalem sendiri akan menjadi dataran tinggi, yang sedikit tinggi di atas wilayah sekitarnya sehingga menonjol.

[14:12]  24 Full Life : YANG AKAN DITIMPAKAN TUHAN.

Nas : Za 14:12-15

Ayat-ayat ini lebih merinci hukuman atas bangsa-bangsa

(lihat cat. --> Za 14:3).

[atau ref. Za 14:3]

[14:16]  25 Full Life : ORANG YANG TINGGAL ... MENYEMBAH KEPADA RAJA.

Nas : Za 14:16

Setelah kedatangan Kristus dan kebinasaan antikristus bersama pasukannya (bd. pasal Wahy 19:1-21), semua orang yang selamat dari bangsa-bangsa akan datang setiap tahun ke Yerusalem pada hari Raya Pondok Daun untuk menyembah Raja Mesias, Tuhan Yesus. Mereka yang selamat ini sangat mungkin adalah penduduk sipil yang tetap tinggal di negeri mereka dan menerima Kristus sebagai Tuhan.

[14:17]  26 Full Life : TIDAK AKAN TURUN HUJAN.

Nas : Za 14:17

Ketiadaan hujan sama sekali akan menjadi hukuman atas bangsa-bangsa yang tidak pergi menyembah Tuhan dan merayakan hari Raya Pondok Daun.

[14:20]  27 Full Life : KUDUS BAGI TUHAN.

Nas : Za 14:20

Tidak ada lagi pemisahan di antara yang suci dengan yang biasa. Segala sesuatu dan semua orang akan kudus adanya, ditahbiskan dan diabdikan kepada ibadah dan pelayanan Tuhan.

[14:21]  28 Full Life : TIDAK AKAN ADA LAGI PEDAGANG DI RUMAH TUHAN

Nas : Za 14:21

(versi Inggris NIV -- tidak akan ada lagi orang Kanaan). Istilah "orang Kanaan" itu sama artinya dengan kebejatan dan kejahatan. Allah akan menegakkan kekudusan dan kebenaran sebagai ciri khas yang utama dan yang meliputi segala sesuatu dalam kerajaan-Nya.



TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 0.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA