kecilkan semua  

Teks -- Mazmur 9:1-20 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Allah, Pelindung orang-orang saleh
9:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut lagu: Mut-Laben. Mazmur Daud. (#9-#2) Aku mau bersyukur kepada TUHAN dengan segenap hatiku, aku mau menceritakan segala perbuatan-Mu yang ajaib; 9:2 (#9-#3) aku mau bersukacita dan bersukaria karena Engkau, bermazmur bagi nama-Mu, ya Mahatinggi, 9:3 (#9-#4) sebab musuhku mundur, tersandung jatuh dan binasa di hadapan-Mu. 9:4 (#9-#5) Sebab Engkau membela perkaraku dan hakku, sebagai Hakim yang adil Engkau duduk di atas takhta. 9:5 (#9-#6) Engkau telah menghardik bangsa-bangsa, telah membinasakan orang-orang fasik; nama mereka telah Kauhapuskan untuk seterusnya dan selama-lamanya; 9:6 (#9-#7) musuh telah habis binasa, menjadi timbunan puing senantiasa: kota-kota telah Kauruntuhkan; lenyaplah ingatan kepadanya. 9:7 (#9-#8) Tetapi TUHAN bersemayam untuk selama-lamanya, takhta-Nya didirikan-Nya untuk menjalankan penghakiman. 9:8 (#9-#9) Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan dan mengadili bangsa-bangsa dengan kebenaran. 9:9 (#9-#10) Demikianlah TUHAN adalah tempat perlindungan bagi orang yang terinjak, tempat perlindungan pada waktu kesesakan. 9:10 (#9-#11) Orang yang mengenal nama-Mu percaya kepada-Mu, sebab tidak Kautinggalkan orang yang mencari Engkau, ya TUHAN. 9:11 (#9-#12) Bermazmurlah bagi TUHAN, yang bersemayam di Sion, beritakanlah perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa, 9:12 (#9-#13) sebab Dia, yang membalas penumpahan darah, ingat kepada orang yang tertindas; teriak mereka tidaklah dilupakan-Nya. 9:13 (#9-#14) Kasihanilah aku, ya TUHAN; lihatlah sengsaraku, disebabkan oleh orang-orang yang membenci aku, ya Engkau, yang mengangkat aku dari pintu gerbang maut, 9:14 (#9-#15) supaya aku menceritakan segala perbuatan-Mu yang terpuji dan bersorak-sorak di pintu gerbang puteri Sion karena keselamatan yang dari pada-Mu. 9:15 (#9-#16) Bangsa-bangsa terbenam dalam pelubang yang dibuatnya, kakinya tertangkap dalam jaring yang dipasangnya sendiri. 9:16 (#9-#17) TUHAN telah memperkenalkan diri-Nya, Ia menjalankan penghakiman; orang fasik terjerat dalam perbuatan tangannya sendiri. Higayon. Sela 9:17 (#9-#18) Orang-orang fasik akan kembali ke dunia orang mati, ya, segala bangsa yang melupakan Allah. 9:18 (#9-#19) Sebab bukan untuk seterusnya orang miskin dilupakan, bukan untuk selamanya hilang harapan orang sengsara. 9:19 (#9-#20) Bangkitlah, TUHAN, janganlah manusia merajalela; biarlah bangsa-bangsa dihakimi di hadapan-Mu! 9:20 (#9-#21) Biarlah mereka menjadi takut, ya TUHAN, sehingga bangsa-bangsa itu mengakui, bahwa mereka manusia saja. Sela
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · dunia maut the place of the dead
 · dunia orang mati the place of the dead
 · Sela a musical notation for crescendo or emphasis by action (IBD)
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem


Topik/Tema Kamus: Daud | Mazmur | Orang Bukan Yahudi | Higayon | Puji-Pujian | Orang Miskin | Neraka | Pelihara, Pemeliharaan | Rendah, Kerendahan Hati | Tangan | Sifat Hati Yang Dibaharui | Selamat, Keselamatan | Mati, Kematian Kekal | Percaya Kepercayaan | Kaki | Bunuh Pembunuhan | Mati, Dunia Orang-orang | Berburu | Mut-Laben | Cari, Mencari Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mzm 9:1-2 - AKU MAU BERSYUKUR KEPADA TUHAN. Nas : Mazm 9:2-3 Inti setiap hubungan orang percaya dengan Allah ialah tuntutan untuk memuji Dia (lihat art. PUJIAN).

Nas : Mazm 9:2-3

Inti setiap hubungan orang percaya dengan Allah ialah tuntutan untuk memuji Dia

(lihat art. PUJIAN).

Full Life: Mzm 9:5 - MEMBINASAKAN ORANG-ORANG FASIK. Nas : Mazm 9:6 Daud berbicara seakan-akan peristiwa yang tercatat di sini telah terjadi -- suatu gaya penulisan nubuat dalam mazmur. Ia begitu yaki...

Nas : Mazm 9:6

Daud berbicara seakan-akan peristiwa yang tercatat di sini telah terjadi -- suatu gaya penulisan nubuat dalam mazmur. Ia begitu yakin bahwa semua peristiwa ini akan terjadi sehingga ia berbicara seakan-akan semua itu sudah digenapi (lih. ayat Mazm 9:16-17).

Full Life: Mzm 9:8 - MENGHAKIMI DUNIA DENGAN KEADILAN. Nas : Mazm 9:9 Pemazmur berterima kasih dan memuji Tuhan karena pada suatu hari Dia akan membebaskan sepenuhnya mereka yang mencari Dia (ayat Mazm ...

Nas : Mazm 9:9

Pemazmur berterima kasih dan memuji Tuhan karena pada suatu hari Dia akan membebaskan sepenuhnya mereka yang mencari Dia (ayat Mazm 9:9-15) dan mendatangkan hukuman atas musuh-musuh-Nya (ayat Mazm 9:4-9,16-21).

  1. 1) Supaya mencegah kehilangan semangat dan keputusasaan ketika melihat sukses kejahatan dalam dunia, umat Allah harus dengan teguh percaya dan mengaku bahwa Tuhan satu hari akan membenarkan mereka, kendatipun kesengsaraan, yang bertekun terhadap semua yang hendak membinasakan iman mereka dalam Allah (ayat Mazm 9:8-12; lih. pasal Wahy 19:1-21:27).
  2. 2) Orang percaya PB dapat menerapkan ayat-ayat ini kepada musuh-musuh Tuhan dan gereja-Nya. Sepanjang zaman PB terjadilah suatu pertentangan di antara kekuatan-kekuatan jahat melawan kekuatan-kekuatan kebenaran. Orang percaya yang setia akan ditentang oleh Iblis, dunia, dan orang percaya palsu di dalam gereja

    (lihat cat. --> 2Tim 3:12).

    [atau ref. 2Tim 3:12]

Full Life: Mzm 9:18 - BUKAN UNTUK SETERUSNYA ORANG MISKIN DILUPAKAN. Nas : Mazm 9:19 Golongan miskin dan tertindas di antara umat Allah menjadi sasaran perhatian khusus Allah (ayat Mazm 9:10-11,13). Mereka memiliki j...

Nas : Mazm 9:19

Golongan miskin dan tertindas di antara umat Allah menjadi sasaran perhatian khusus Allah (ayat Mazm 9:10-11,13). Mereka memiliki janji bahwa Allah tidak akan meninggalkan mereka (ayat Mazm 9:11), bahwa Dia akan mengingatkan doa-doa mereka (ayat Mazm 9:13), dan bahwa harapan mereka akhirnya akan dinyatakan (ayat Mazm 9:19).

Jerusalem: Mzm 9:1--10:18 - Allah, Pelindung orang-orang saleh Mula-mula Maz 9 dan Maz 10 hanya satu nyanyian saja (dan begitu tetap halnya dalam terjemahan Yunani dan Latin dan beberapa naskah Ibrani). Kesatuan a...

Mula-mula Maz 9 dan Maz 10 hanya satu nyanyian saja (dan begitu tetap halnya dalam terjemahan Yunani dan Latin dan beberapa naskah Ibrani). Kesatuan aseli itu terasa juga dalam kenyataan bahwa Maz 9:1-10:18 tersusun menurut abjad Ibrani, bdk Ams 31:10+, sehingga tiap-tiap ayat mulai dengan huruf abjad yang berikut. Hanya huruf Daled, He, Mem, Samekh dan Tsade tidak ada, hal mana memperlihatkan berapa rusaknya naskah Ibrani. Jalan pikiran dalam mazmur itu tidak berturut-turut tetapi pikiran yang berbeda-beda dideretkan saja. Pencipta mazmur ini adalah juru bicara "orang yang rendah hati", "kaum miskin", bdk Zef 2:3+, yaitu umat Allah yang tertindas dan dianiaya. Dalam sebuah kidung, Maz 9, digambarkan dan dalam sebuah doa, Maz 10 diminta penghakiman Allah yang kiranya menimpa kaum fasik, para penindas umat Allah, baik kaum kafir maupun orang sebangsa. Memang Allah, Raja dunia semesta, Maz 9:8-9; 10:16, tidak membiarkan satupun kejahatan lolos dari hukuman dan membela orang tertindas, kaum miskin.

Jerusalem: Mzm 9:1 - Mut-Laben Arti ungkapan itu tidak diketahui, bdk Maz 46:1; 48:14; 1Ta 15:20. Secara harafiah diterjemahkan: mati bagi anak (laki-laki)

Arti ungkapan itu tidak diketahui, bdk Maz 46:1; 48:14; 1Ta 15:20. Secara harafiah diterjemahkan: mati bagi anak (laki-laki)

Jerusalem: Mzm 9:4 - Hakim yang adil Penghakiman ilahi oleh pemazmur dianggap sudah terjadi. Hasil penghakiman itu akan menjadi nyata kelak pada "Hari Tuhan". Ini sebuah pikiran yang kera...

Penghakiman ilahi oleh pemazmur dianggap sudah terjadi. Hasil penghakiman itu akan menjadi nyata kelak pada "Hari Tuhan". Ini sebuah pikiran yang kerap kali tampil dalam kitab Mazmur.

Jerusalem: Mzm 9:5 - bangsa-bangsa Ialah bangsa-bangsa bukan Yahudi, kaum kafir, yang menindas umat Allah. Yang dimaksudkan kiranya penjajah Persia serta penerusnya dan kaki tangan mere...

Ialah bangsa-bangsa bukan Yahudi, kaum kafir, yang menindas umat Allah. Yang dimaksudkan kiranya penjajah Persia serta penerusnya dan kaki tangan mereka pada umat Allah sendiri yang meniru orang asing itu.

Jerusalem: Mzm 9:6 - kota-kota Mungkin pemazmur penyinggung kota Sodom dan Gomora yang dahulu dihancurkan Allah, Kej 19 dan yang menjadi lambang penghakiman dan penghukuman ilahi.

Mungkin pemazmur penyinggung kota Sodom dan Gomora yang dahulu dihancurkan Allah, Kej 19 dan yang menjadi lambang penghakiman dan penghukuman ilahi.

Jerusalem: Mzm 9:8 - -- Bdk Maz 96:13,98:9.

Jerusalem: Mzm 9:9 - -- Bdk Maz 37:39; Yes 25:4

Jerusalem: Mzm 9:10 - yang mengenal namaMu Ialah orang-orang benar (umat Allah yang setia), hamba Tuhan yang setiawan. Mereka mengetahui siapa sesungguhnya Allah (namaNya), bdk Maz 36:11; 87:4;...

Ialah orang-orang benar (umat Allah yang setia), hamba Tuhan yang setiawan. Mereka mengetahui siapa sesungguhnya Allah (namaNya), bdk Maz 36:11; 87:4; 5:12+ Maz 8:2+.

Jerusalem: Mzm 9:12 - yang membalas Tuhan dianggap sebagai "penuntut darah" bagi umat yang tertindas. Menurut adat suku-suku dahulu "penuntut darah" wajib membalas pembunuhan atas salah ...

Tuhan dianggap sebagai "penuntut darah" bagi umat yang tertindas. Menurut adat suku-suku dahulu "penuntut darah" wajib membalas pembunuhan atas salah seorang anggota keluarga dan suku. Maka orang-orang tertindas nampaknya kaum sekeluarga Tuhan Allah yang tidak hanya membela umat secara menyeluruh, tetapi juga masing-masing anggotanya.

Jerusalem: Mzm 9:14 - di pintu gerbang puteri Sion Ialah pintu gerbang kota Yerusalem. Pintu gerbang kota adalah tempat rakyat berkumpul. Yerusalem adalah kota Raja Israel, yaitu Allah. Dengan kota itu...

Ialah pintu gerbang kota Yerusalem. Pintu gerbang kota adalah tempat rakyat berkumpul. Yerusalem adalah kota Raja Israel, yaitu Allah. Dengan kota itu diperlawankan dunia orang mati (syeol, maut, Maz 14) yang gelap dan sepi. Syeol itu dibayangkan sebagai semacam kota penjara dengan pintu gerbang (ialah liang kubur) dan palang pintunya, bdk Yes 38:10; Ayu 38:17; Yun 2:6; Maz 107:18; Wis 16:13. Begitupun dunia orang mati dibayangkan orang Mesir dan Babel; bdk Maz 6:6+.

Jerusalem: Mzm 9:16 - telah memperkenalkan diriNya yaitu melalui penghakiman yang menghukum para penindas, bdk Maz 76:2

yaitu melalui penghakiman yang menghukum para penindas, bdk Maz 76:2

Jerusalem: Mzm 9:16 - tangannya sendiri Ini sesuai dengan hukum pembalasan, bdk Maz 7:17+

Ini sesuai dengan hukum pembalasan, bdk Maz 7:17+

Jerusalem: Mzm 9:16 - Higayon Catatan di pinggir mazmur ini rupanya petunjuk mengenai caranya nyanyian itu mesti dilagukan. Tetapi maksudnya tidak diketahui, bdk Maz 3:3.

Catatan di pinggir mazmur ini rupanya petunjuk mengenai caranya nyanyian itu mesti dilagukan. Tetapi maksudnya tidak diketahui, bdk Maz 3:3.

Jerusalem: Mzm 9:17 - yang melupakan Allah Diandaikan bahwa bangsa-bangsa lain dapat mengenal, artinya mengakui dan mentaati Tuhan. Tetapi dengan tegar hati mereka "melupakan Allah", artinya ti...

Diandaikan bahwa bangsa-bangsa lain dapat mengenal, artinya mengakui dan mentaati Tuhan. Tetapi dengan tegar hati mereka "melupakan Allah", artinya tidak menghiraukanNya.

Jerusalem: Mzm 9:20 - manusia saja Ialah rapuh, fana, tidak berdaya di hadapan Tuhan.

Ialah rapuh, fana, tidak berdaya di hadapan Tuhan.

Ende: Mzm 9:1--10:18 - -- Mazmur 9 (Maz 9) dan Maz 10 adalah satu lagu sadja, sebagaimana dianggap djuga oleh terdjemahan Junani dan Latin serta beberapa naskah Hibrani. Tambah...

Mazmur 9 (Maz 9) dan Maz 10 adalah satu lagu sadja, sebagaimana dianggap djuga oleh terdjemahan Junani dan Latin serta beberapa naskah Hibrani. Tambahan pula mazmur ini (Maz 9:1-10:18) tersusun menurut abdjad Hibrani, hingga tiap2 ajat mulai dengan huruf abdjad jang berikut (tiada huruf Daled, He, Mem, Nun, Samek dan Sade). Pikiran dalam lagu ini tiada ber-turut2. Pengarang merupakan seorang wakil untuk "kaum hina-dina", ialah orang2 bersahadja, tertindas, miskin, tetapi mursjid, saleh dan setia kepada Allah, pun jang menaruh seluruh kepertjajaannja pada Jahwe. Mazmur ini adalah lagu pudjian (Maz 9) dan doa permohonan (Maz 10).

"Mut Labben", makna perkataan ini tiada diketahui.

Ende: Mzm 9:2 - keadjaibanMu adalah perbuatan2 Allah jang sudah menolong umatNja dan kaum bertakwa.

adalah perbuatan2 Allah jang sudah menolong umatNja dan kaum bertakwa.

Ende: Mzm 9:2 - namaMu ialah Allah sendiri.

ialah Allah sendiri.

Ende: Mzm 9:5-8 - -- Maknanja: Allah telah melaksanakan pengadilan untuk menghukum kaum pendjahat, kaum kafir, jang menindas umatNja (Maz 9:6-7). Pengadilan bersedjarah it...

Maknanja: Allah telah melaksanakan pengadilan untuk menghukum kaum pendjahat, kaum kafir, jang menindas umatNja (Maz 9:6-7). Pengadilan bersedjarah itu, salah satu peristiwa, adalah pendahuluan dan djaminan untuk pengadilan terachir (Maz 9:8-9). Dan semuanja itu mendjadi alasan kepertjajaan kaum hina-dina jang tertindas.

Ende: Mzm 9:12 - penuntut darah Jahwe dianggap sebagai pembalasan darah untuk kaum hina-dina menurut hukum "pembalasan darah", sebagaimana dahulukala berlaku. Kaum tertindas itu term...

Jahwe dianggap sebagai pembalasan darah untuk kaum hina-dina menurut hukum "pembalasan darah", sebagaimana dahulukala berlaku. Kaum tertindas itu termasuk kedalam keluarga Jahwe, hingga Ia wadjib bertindak.

Ende: Mzm 9:14 - gerbang2 Puteri Sion ialah Jerusjalem, tempat kegembiraan dan kesukaan, bertentangan dengan "pintu2 Maut", tempat kesedihan.

ialah Jerusjalem, tempat kegembiraan dan kesukaan, bertentangan dengan "pintu2 Maut", tempat kesedihan.

Ende: Mzm 9:16 - Jahwe menampakkan diriNja jaitu dalam hukuman jang didjatuhkanNja pada kaum pendjahat (16) menurut hukum pembalasan.

jaitu dalam hukuman jang didjatuhkanNja pada kaum pendjahat (16) menurut hukum pembalasan.

Ende: Mzm 9:20 - -- Rupanja ada suatu bangsa kafir menindas umat Israil, waktu mazmur ini dikarang.

Rupanja ada suatu bangsa kafir menindas umat Israil, waktu mazmur ini dikarang.

Endetn: Mzm 9:2 - Dikau ditambahkan menurut maknanja dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

ditambahkan menurut maknanja dan terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

Ref. Silang FULL: Mzm 9:1 - segenap hatiku // segala perbuatan-Mu · segenap hatiku: Mazm 86:12; 111:1; 119:2,10,145; 138:1 · segala perbuatan-Mu: Ul 4:34; Ul 4:34

· segenap hatiku: Mazm 86:12; 111:1; 119:2,10,145; 138:1

· segala perbuatan-Mu: Ul 4:34; [Lihat FULL. Ul 4:34]

Ref. Silang FULL: Mzm 9:2 - dan bersukaria // Engkau, bermazmur // bagi nama-Mu · dan bersukaria: Ayub 22:19; Ayub 22:19; Mazm 14:7; 31:8; 70:5; 97:8; 126:3; Ams 23:15; Yes 25:9; Yer 30:19; Yoel 2:21; Zef 3:14; Mat 5:12; Ma...

· dan bersukaria: Ayub 22:19; [Lihat FULL. Ayub 22:19]; Mazm 14:7; 31:8; 70:5; 97:8; 126:3; Ams 23:15; Yes 25:9; Yer 30:19; Yoel 2:21; Zef 3:14; Mat 5:12; [Lihat FULL. Mat 5:12]; Wahy 19:7

· Engkau, bermazmur: 2Taw 31:2; [Lihat FULL. 2Taw 31:2]

· bagi nama-Mu: Mazm 92:2

Ref. Silang FULL: Mzm 9:4 - membela perkaraku // dan hakku // yang adil // atas takhta · membela perkaraku: 1Raj 8:45; 1Raj 8:45 · dan hakku: Ayub 16:21; Ayub 16:21 · yang adil: Mazm 7:12; 67:5; 98:9; 1Pet 2:23 &midd...

· membela perkaraku: 1Raj 8:45; [Lihat FULL. 1Raj 8:45]

· dan hakku: Ayub 16:21; [Lihat FULL. Ayub 16:21]

· yang adil: Mazm 7:12; 67:5; 98:9; 1Pet 2:23

· atas takhta: Mazm 11:4; 47:9; Yes 6:1

Ref. Silang FULL: Mzm 9:5 - menghardik bangsa-bangsa // orang-orang fasik; nama · menghardik bangsa-bangsa: Kej 20:7; Kej 37:10; Kej 37:10; 1Taw 16:21; 1Taw 16:21; Mazm 59:6; 105:14; Yes 26:14; 66:15 · orang-orang ...

· menghardik bangsa-bangsa: Kej 20:7; Kej 37:10; [Lihat FULL. Kej 37:10]; 1Taw 16:21; [Lihat FULL. 1Taw 16:21]; Mazm 59:6; 105:14; Yes 26:14; 66:15

· orang-orang fasik; nama: Ayub 18:17; [Lihat FULL. Ayub 18:17]

Ref. Silang FULL: Mzm 9:6 - senantiasa: kota-kota // ingatan kepadanya · senantiasa: kota-kota: Ul 29:28; Ul 29:28; Yer 2:3; 46:1-51:58; Zef 2:8-10 · ingatan kepadanya: Mazm 34:17; 109:15; Pengkh 9:5; Yes 14...

· senantiasa: kota-kota: Ul 29:28; [Lihat FULL. Ul 29:28]; Yer 2:3; 46:1-51:58; Zef 2:8-10

· ingatan kepadanya: Mazm 34:17; 109:15; Pengkh 9:5; Yes 14:22; 26:14

Ref. Silang FULL: Mzm 9:7 - untuk selama-lamanya // takhta-Nya · untuk selama-lamanya: 1Taw 16:31; 1Taw 16:31; Wahy 19:6 · takhta-Nya: Mazm 11:4; 47:8; 93:2; Yes 6:1; 66:1

· untuk selama-lamanya: 1Taw 16:31; [Lihat FULL. 1Taw 16:31]; Wahy 19:6

· takhta-Nya: Mazm 11:4; 47:8; 93:2; Yes 6:1; 66:1

Ref. Silang FULL: Mzm 9:8 - dengan keadilan // dengan kebenaran · dengan keadilan: Mazm 9:5; Mazm 9:5; Mazm 7:12 · dengan kebenaran: Mazm 11:7; 45:7; 72:2

· dengan keadilan: Mazm 9:5; [Lihat FULL. Mazm 9:5]; Mazm 7:12

· dengan kebenaran: Mazm 11:7; 45:7; 72:2

Ref. Silang FULL: Mzm 9:9 - tempat perlindungan // yang terinjak // waktu kesesakan · tempat perlindungan: Ul 33:27; Ul 33:27; 2Sam 22:3; 2Sam 22:3 · yang terinjak: Mazm 10:18; 74:21 · waktu kesesakan: Mazm 32:7; ...

· tempat perlindungan: Ul 33:27; [Lihat FULL. Ul 33:27]; 2Sam 22:3; [Lihat FULL. 2Sam 22:3]

· yang terinjak: Mazm 10:18; 74:21

· waktu kesesakan: Mazm 32:7; 121:7

Ref. Silang FULL: Mzm 9:10 - mengenal nama-Mu // tidak Kautinggalkan // yang mencari · mengenal nama-Mu: Mazm 91:14 · tidak Kautinggalkan: Kej 28:15; Kej 28:15; Ul 4:31; Ul 4:31; Mazm 22:2; 37:25; 71:11; Yes 49:14; Yer 15...

· mengenal nama-Mu: Mazm 91:14

· tidak Kautinggalkan: Kej 28:15; [Lihat FULL. Kej 28:15]; Ul 4:31; [Lihat FULL. Ul 4:31]; Mazm 22:2; 37:25; 71:11; Yes 49:14; Yer 15:18; Ibr 13:5

· yang mencari: Mazm 70:5

Ref. Silang FULL: Mzm 9:11 - Bermazmurlah // di Sion // beritakanlah perbuatan-Nya // antara bangsa-bangsa · Bermazmurlah: Mazm 7:18 · di Sion: Mazm 2:6; Mazm 2:6 · beritakanlah perbuatan-Nya: Mazm 105:1 · antara bangsa-bangsa: M...

· Bermazmurlah: Mazm 7:18

· di Sion: Mazm 2:6; [Lihat FULL. Mazm 2:6]

· beritakanlah perbuatan-Nya: Mazm 105:1

· antara bangsa-bangsa: Mazm 18:50; 44:12; 57:10; 106:27; Yes 24:13; Yeh 20:23; 1Tim 3:16

Ref. Silang FULL: Mzm 9:12 - penumpahan darah // yang tertindas · penumpahan darah: 2Sam 4:11; 2Sam 4:11 · yang tertindas: Mazm 9:19; Mazm 10:17; 22:25; 72:4; Yes 49:13

· penumpahan darah: 2Sam 4:11; [Lihat FULL. 2Sam 4:11]

· yang tertindas: Mazm 9:19; Mazm 10:17; 22:25; 72:4; Yes 49:13

Ref. Silang FULL: Mzm 9:13 - Kasihanilah // membenci aku // gerbang maut · Kasihanilah: Mazm 6:3; 41:5; 51:3; 86:3,16; 119:132 · membenci aku: Bil 10:9; Mazm 3:8; 18:4 · gerbang maut: Ayub 17:16; Ayub 1...

· Kasihanilah: Mazm 6:3; 41:5; 51:3; 86:3,16; 119:132

· membenci aku: Bil 10:9; Mazm 3:8; 18:4

· gerbang maut: Ayub 17:16; [Lihat FULL. Ayub 17:16]; Mat 16:18

Ref. Silang FULL: Mzm 9:14 - yang terpuji // puteri Sion // karena keselamatan · yang terpuji: Mazm 51:17; 1Pet 2:9 · puteri Sion: 2Raj 19:21; Yes 1:8; 10:32; 37:22; 62:11; Yer 4:31; 6:2; Rat 1:6; Mi 1:13; Zef 3:14;...

Ref. Silang FULL: Mzm 9:15 - yang dibuatnya // yang dipasangnya · yang dibuatnya: Ayub 4:8; Ayub 4:8; Mazm 35:7 · yang dipasangnya: Mazm 35:8; 57:7

· yang dibuatnya: Ayub 4:8; [Lihat FULL. Ayub 4:8]; Mazm 35:7

· yang dipasangnya: Mazm 35:8; 57:7

Ref. Silang FULL: Mzm 9:16 - perbuatan tangannya · perbuatan tangannya: Ams 5:22

· perbuatan tangannya: Ams 5:22

Ref. Silang FULL: Mzm 9:17 - orang mati // melupakan Allah · orang mati: Bil 16:30; Bil 16:30; Ams 5:5 · melupakan Allah: Ayub 8:13; Ayub 8:13

· orang mati: Bil 16:30; [Lihat FULL. Bil 16:30]; Ams 5:5

· melupakan Allah: Ayub 8:13; [Lihat FULL. Ayub 8:13]

Ref. Silang FULL: Mzm 9:18 - hilang harapan // orang sengsara · hilang harapan: Mazm 25:3; 39:8; 71:5; Ams 23:18; Yer 14:8 · orang sengsara: Mazm 9:13; Mazm 74:19

· hilang harapan: Mazm 25:3; 39:8; 71:5; Ams 23:18; Yer 14:8

· orang sengsara: Mazm 9:13; Mazm 74:19

Ref. Silang FULL: Mzm 9:19 - Bangkitlah // manusia merajalela // bangsa-bangsa dihakimi · Bangkitlah: Mazm 3:8 · manusia merajalela: 2Taw 14:11 · bangsa-bangsa dihakimi: Mazm 110:6; Yes 2:4; Yoel 3:12

· Bangkitlah: Mazm 3:8

· manusia merajalela: 2Taw 14:11

· bangsa-bangsa dihakimi: Mazm 110:6; Yes 2:4; Yoel 3:12

Ref. Silang FULL: Mzm 9:20 - menjadi takut // mereka manusia · menjadi takut: Kej 35:5; Kej 35:5; Mazm 31:14; Yes 13:8; Luk 21:26 · mereka manusia: Mazm 62:10; Yes 31:3; Yeh 28:2

· menjadi takut: Kej 35:5; [Lihat FULL. Kej 35:5]; Mazm 31:14; Yes 13:8; Luk 21:26

· mereka manusia: Mazm 62:10; Yes 31:3; Yeh 28:2

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mzm 1:1--41:1 - -- JILID I. Mazmur 1-41. Kitab pertama di dalam pembagian kitab ini menjadi lima tampaknya pernah merupakan kumpulan mazmur Daud tersendiri. Nama untuk ...

JILID I. Mazmur 1-41.

Kitab pertama di dalam pembagian kitab ini menjadi lima tampaknya pernah merupakan kumpulan mazmur Daud tersendiri. Nama untuk Tuhan, dalam bahasa Ibrani Yahweh dipakai 272 kali" sedangkan Elohim hanya dipakai 15 kali saja. Setiap mazmur beragam isinya' namun ajaran moralnya sederhana dan langsung. Di sepanjang bagian ini tampak jelas suatu iman yang - positif kepada keadilan Allah. Mazmur 1 merupakan pengantar kepada seluruh Kitab Mazmur, sedangkan Mazmur 2 merupakan pengantar untuk kumpulan Kitab I. Kenyataan bahwa sejumlah naskah mencantumkan Mazmur 3 sebagai mazmur pertama menjadikan sifat pengantar dari Mazmur 1 dan 2 makin jelas. Selanjutnya, ada kemungkinan bahwa Mazmur 1 dan 2 pada mulanya merupakan satu mazmur saja, yaitu mazmur yang diawali dan diakhiri dengan "Berbahagialah." Semua mazmur kecuali 1, 2, 10 dan 33 terkait dengan Daud di dalam catatan judulnya.

Wycliffe: Mzm 9:1-20 - -- Mazmur 9. Pujian Karena Musnahnya Musuh. Jelas bahwa mazmur ini semula merupakan satu bagian dengan Mazmur 10 sebagaimana tampak di dalam sejumlah na...

Mazmur 9. Pujian Karena Musnahnya Musuh.

Jelas bahwa mazmur ini semula merupakan satu bagian dengan Mazmur 10 sebagaimana tampak di dalam sejumlah naskah Ibrani, LXX dan Vulgata dan di dalam terjemahan ke dalam bahasa Latin lainnya hasil karya Yerome. Kedua mazmur ini membentuk sebuah akrostik yang memakai huruf-huruf dari abjad Ibrani. Keberadaan istilah selah di akhir pasal 9 dan ketiadaan judul untuk pasal 10 memperkuat dugaan ini. Mazmur 9 sifatnya sangat nasional sedangkan Mazmur 10 sangat pribadi.

Wycliffe: Mzm 9:1-3 - Aku mau bersyukur ... menceritakan ... bersukacita dan bersukaria ... bermazmur 1-4. Alasan untuk Mengucap Syukur. Aku mau bersyukur ... menceritakan ... bersukacita dan bersukaria ... bermazmur. Semua istilah ini mengutarakan ras...

1-4. Alasan untuk Mengucap Syukur. Aku mau bersyukur ... menceritakan ... bersukacita dan bersukaria ... bermazmur. Semua istilah ini mengutarakan rasa terima kasih yang mendalam karena musuh-musuh pemazmur telah diberi hukuman oleh Allah. Sambil duduk di takhta-Nya, Allah telah menghukum mereka sehingga akibatnya tidak diragukan lagi.

Wycliffe: Mzm 9:4-8 - Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan 5-9. Penglihatan tentang Penghakiman Terakhir. Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan. Ini merupakan sebuah gambaran eskatologis tentang penghak...

5-9. Penglihatan tentang Penghakiman Terakhir. Dialah yang menghakimi dunia dengan keadilan. Ini merupakan sebuah gambaran eskatologis tentang penghakiman terakhir. Mowinckel menganggap mazmur ini yang dipakai pada saat Perayaan Pondok Daun di dalam sebuah upacara penobatan yang simbolis.

Wycliffe: Mzm 9:9-12 - Bermazmurlah bagi Tuhan 10-13. Imbauan untuk Memuji Tuhan. Bermazmurlah bagi Tuhan. Karena Allah akan memberkati orang-orang yang mengandalkan Dia, pemazmur mengundang mereka...

10-13. Imbauan untuk Memuji Tuhan. Bermazmurlah bagi Tuhan. Karena Allah akan memberkati orang-orang yang mengandalkan Dia, pemazmur mengundang mereka yang akan bergabung bersamanya dalam puji-pujian yang tulus. Lanjutan yang wajar dari memuji nama Allah adalah memberitakan perbuatan-perbuatan-Nya.

Wycliffe: Mzm 9:13-14 - Kasihanilah aku, ya Tuhan 14,15. Memohon Kemurahan Hati Allah. Kasihanilah aku, ya Tuhan. Di tengah-tengah permohonan bangsanya, pemazmur menyisipkan suatu pesan pribadi. Ratap...

14,15. Memohon Kemurahan Hati Allah. Kasihanilah aku, ya Tuhan. Di tengah-tengah permohonan bangsanya, pemazmur menyisipkan suatu pesan pribadi. Ratapan ini aneh karena diutarakan di tengah-tengah ungkapan syukur, namun bisa wajar-wajar saja bagi orang yang mengutarakan rasa terima kasih yang begitu tulus.

Wycliffe: Mzm 9:15-20 - Tuhan telah memperkenalkan diri-Nya, Ia menjalankan penghakiman 16-21. Kepastian Penghakiman. Tuhan telah memperkenalkan diri-Nya, Ia menjalankan penghakiman. Gagasan yang sudah dikemukakan sebelumnya tentang pengh...

16-21. Kepastian Penghakiman. Tuhan telah memperkenalkan diri-Nya, Ia menjalankan penghakiman. Gagasan yang sudah dikemukakan sebelumnya tentang penghakiman dunia kelak kini dilanjutkan lagi pada saat pemazmur menyatakan bahwa kemusnahan pasti akan menimpa orang fasik. Pemazmur menambahkan permohonan agar bangsa-bangsa bisa disadarkan bahwa mereka hanya manusia saja!

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Mzm 9:1-20 - Keadilan Tuhan (Rabu, 9 Januari 2008) Keadilan Tuhan Dilihat dari strukturnya yang berupa puisi akrostik (setiap bait dimulai dengan abjad Ibrani secara berurutan), Mazmur 9 dan 10 ...

SH: Mzm 9:1--10:18 - Menyaksikan keadilan Allah. (Senin, 17 Februari 2003) Menyaksikan keadilan Allah. Dalam diri orang benar, setiap kali menyaksikan keadaan dirinya dan sekelilingnya, sering kali muncul tanda tany...

SH: Mzm 9:1-20 - Keyakinan harus terus ada sebab masalah selalu ada. (Minggu, 7 Januari 2001) Keyakinan harus terus ada sebab masalah selalu ada. Daud seakan-akan ingin menyaingi apa yang telah Allah perbuat baginya dengan cara mengungkapkan u...

Topik Teologia: Mzm 9:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuji Allah untuk Pelepasan-Nya Terhadap Musuh Kej 14:20 Kel 18:10 Hak 16:2...

Topik Teologia: Mzm 9:2 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahatinggi (Ibr.: Elyon) Bil 24:16...

Topik Teologia: Mzm 9:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuji Allah untuk Pelepasan-Nya Terhadap Musuh Kej 14:20 Kel 18:10 Hak 16:2...

Topik Teologia: Mzm 9:4 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah pada Umumnya Allah ...

Topik Teologia: Mzm 9:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Pentingnya Nama Keluarga Israe...

Topik Teologia: Mzm 9:7 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah pada Umumnya Allah ...

Topik Teologia: Mzm 9:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama d...

Topik Teologia: Mzm 9:10 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Objek dari Iman yang Menyelamatkan Allah adalah Objek dari Iman yang Menyelamatkan ...

Topik Teologia: Mzm 9:11 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah

Topik Teologia: Mzm 9:12 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Mzm 9:13 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah

Topik Teologia: Mzm 9:16 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Keberadaan Allah Keberadaan Allah Didukung oleh Karya-Nya Kej 1:1 1Ra 18:24-39 Ma...

Topik Teologia: Mzm 9:17 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18-22 Yes 32:9-14 Yes 4...

Topik Teologia: Mzm 9:18 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Mzm 9:20 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Unsur-unsur Doa Permohonan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daud dan orang lain Tema : Doa dan Pujian Tanggal Penulisan: Sebagian besar abad ke-10 hingga ke-5 SM. Latar Belakang...

Full Life: Mazmur (Garis Besar) Garis Besar I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41 (Mazm 1:1-41:13) II. Kitab 2 !!:...

Jerusalem: Mazmur (Pendahuluan Kitab) KITAB MAZMUR PENGANTAR Sama seperti bangsa tetangganya - Mesir, Mesopotamia, Kanaan - demikian juga bangsa Israel sejak awal mula menciptakan sajak-sa...

Ende: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PEMBUKAAN Dengan menerbitkan "Kitab Mazmur" ini, kami mendjadikan suatu pertjobaan terdjemahan Perdjandjian Lama dalam bahasa Indonesia. Kiranj...

Wycliffe: Mazmur (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MAZMUR Sifat. Di antara kitab-kitab kuno, tidak ada kitab yang demikian menarik hati manusia seperti Kitab Mazmur ini. Di dalam Alkitab t...

Wycliffe: Mazmur (Garis Besar) GARIS BESAR MAZMUR Susunan yang ada sekarang dari Kitab Mazmur jelas menunjukkan garis besarnya sendiri: Jilid I. Mazmur 1-41. Jilid II. Maz...

BIS: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PENGANTAR Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam wa

MAZMUR

PENGANTAR

Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam waktu yang lama sekali. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa ini dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu akhirnya dimasukkan ke dalam Alkitab.

Sanjak-sanjak keagamaan ini bermacam ragam: ada nyanyian pujian dan ada nyanyian untuk menyembah Allah; ada doa mohon pertolongan, perlindungan dan penyelamatan; doa mohon ampun; nyanyian syukur atas berkat Allah, permohonan supaya musuh dihukum. Doa-doa ini ada yang bersifat pribadi, ada pula yang bersifat nasional. Beberapa di antaranya menggambarkan perasaan seseorang yang paling dalam, sedangkan lainnya menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah.

Mazmur-mazmur dipakai oleh Yesus, dikutip oleh penulis-penulis Perjanjian Baru, dan menjadi buku ibadat yang sangat dihargai oleh Gereja Kristen sejak semula.

Isi

Ke-150 Mazmur dibagi dalam lima kelompok atau buku, sebagai berikut:
  1.  Buku Pertama:
    Mazmur 1:1-41:13
  2.  Buku Kedua !!:
    Mazmur 42:1-72:19
  3.  Buku Ketiga :
    Mazmur 73:1-89:52
  4.  Buku Keempat:
    Mazmur 90:1-106:48
  5.  Buku Kelima :
    Mazmur 107:1-150:6

Ajaran: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/pender

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/penderitaan dan pentingnya mengakui dosa.

Pendahuluan

Penulis : Kitab Mazmur ditulis oleh banyak orang, di antaranya adalah Raja Daud, Musa, Asaf, Anak-anak Korah, Heman, dan lain-lain. Tetapi Raja Daud merupakan penulis terbanyak.

Isi Kitab: Kitab Mazmur terdiri dari 150 pasal. Isi kitab Mazmur mengungkapkan tanggapan orang-orang beriman kepada Tuhannya, baik dalam bentuk doa atau nyanyian.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mazmur

Pembagian isi Kitab Mazmur

  1. Mazmur pujian terhadap Allah. Contoh: Mazm 8:1-9; 29:1-11; 33:1-22; 68:1-35\ /TB Mazm 100:1-5; 103:1-105:45; 117:1-2\ Mazm 145:1-150:6.
  2. Mazmur pengucapan terimakasih kepada Alla Contoh: Mazm 9:1-20; 18:1-50; 32:1-11; 66:1-20\ /TB Mazm 76:1-12; 116:1-19\\.
  3. Mazmur Pemujaan atas keagungan Allah sebagai raja. Contoh: Mazm 2:1-12; 20:1-9; 21:1-13; 45:1-17; 47:1-9\ /TB Mazm 72:1-20; 93:1-5; 96:1-13; 97:1-12; 98:1-9\ Mazm 99:1-9; 110:1-7; 132:1-18.
  4. Mazmur Permohonan, Ratapan, dan Keluhan. Contoh: Mazm 3:1-8; 6:1-10; 13:1-6; 22:1-31; 25:1-22\ /TB Mazm 31:1-24; 35:1-28; 38:1-22; 39:1-13; 42:1-11\ Mazm 43:1-5; 44:1-26; 51:1-19; 63:1-11; 74:1-23\ /TB Mazm 79:1-13; 80:1-19; 83:1-18; 85:1-13; 86:1-17\ Mazm 102:1-28; 130:1-8; 140:1-143:12.
  5. Mazmur tentang Ziarah. Contoh: Mazm 84:1-12; 120:1-134:3.
  6. Mazmur tentang Sejarah Bangsa Israel. Contoh: Mazm 78:1-72; 95:1-11; 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8.
  7. Mazmur tentang keagungan Firman Allah. Contoh: Mazm 119:1-176.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana anak-anak Allah hidup dan berjalan mengikuti Allah.

  2. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana Allah memberkati setiap orang yang mau berpegang/hidup sesuai dengan Firman Allah.

  3. Kitab Mazmur mengungkapkan keagungan Allah sebagai pencipta alam semesta dan sekaligus sebagai pemeliharaannya.

  4. Kitab Mazmur mengajarkan kebesaran dan kemuliaan sifat-sifat Allah.

  5. Kitab Mazmur mengajarkan tentang Allah yang tidak mau bergaul dengan orang-orang yang hidup di dalam perbuatan dosa.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mazmur yang terbanyak?
  2. Apakah isi Kitab Mazmur di dalam pembagiannya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dalam mempelajari Kita Mazmur?

Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Pujian dan ucapan syukur BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKANMazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang d

Pujian dan ucapan syukur

BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKAN
Mazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang dalam sejarah umat Israel, paling tidak sejak zaman Daud sampai sesudah pembuangan ke Babel. Kita boleh juga menamakannya sebagai 'kumpulan dari kumpulan-kumpulan', sebab seratus lima puluh mazmur itu dibagi dalam lima buku: Maz 1:1-41:13; Maz 42:1-72:20; Maz 73:1-89:52; Maz 90:1-106:48; Maz 107:1-150:6. Walaupun para ahli Alkitab melihat adanya beberapa perbedaan dalam kelompok-kelompok Mazmur ini, tetapi itu jelas bukan mengenai isi pokoknya. Lain dengan buku nyanyian kita, Mazmur berisi doa dan ucapan syukur, permohonan dan puji-pujian yang tidak beraturan urutannya. Beberapa Mazmur ditulis lebih dari satu kali, Sebagai contoh, Mazmur 14 = Mazmur 53; Mazmur 60:5-12 = Mazmur 108:6-13; Mazmur 14 = Mazmur 40:13-17. Kita menemukan beberapa Mazmur yang diulang dalam kitab- kitab lain dalam Perjanjian Lama, dan kita juga menemukan Mazmur yang tidak berada dalam kumpulan utama. Dalam penelitian ini kita akan mengelompokkan mazmur-mazmur berdasarkan pokok yang berbeda, dan melihat apa saja yang dapat kita pelajari darinya dewasa ini.

PUISI IBRANI
Sebagian besar puisi masa kini bersanjak, tetapi tidak demikian halnya dengan puisi Israel kuno. Para penyair cenderung untuk membandingkan suatu ungkapan dengan ungkapan yang lain, kadang-kadang hal yang sama diulang dengan cara yang berbeda, kadangkala dengan kebalikannya. Sebagai contoh, lihatlah Mazmur 146:3: "Janganlah percaya kepada para bangsawan,
kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan."
Atau Mazmur 11:5:
"Tuhan menguji orang benar dan orang fasik,
dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."
Kadang pemikiran itu dilanjutkan dalam ayat berikutnya.
Puisi semacam ini tidak terlalu banyak kehilangan arti pada waktu diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan ini berarti bahwa kita tetap dapat menikmatinya pada masa kini. Beberapa pemazmur mulai menulis setiap baris atau sejumlah baris dengan huruf yang sama. Mazmur 119 memakai hampir seluruh alfabet Ibrani dengan cara ini.

MAZMUR DAN PENYEMBAHAN
Sejumlah besar mazmur pada mulanya merupakan doa-doa atau puji-pujian pribadi, tetapi banyak yang kemudian ditulis untuk penyembahan umum. Ada yang ditujukan untuk pemimpin biduan atau untuk para penyanyi Rumah Tuhan seperti 'bani korah'. Mazmur-mazmur itu dipakai untuk upacara penyembahan di Rumah Tuhan, terutama pada waktu diadakan upacara-upacara besar. Seperti halnya buku nyanyian kita yang berisi beraneka macam pujian yang ditulis oleh penggubah yang berbeda-beda, pada tempat dan situasi yang berbeda pula, Mazmur berisi penyembahan bangsa Israel sepanjang zaman.

Pesan

1. Allah harus disembah
o Oleh karena siapa Dia: Allah adalah Raja yang besar dan berkuasa, yang wilayah kekuasaan-Nya menjangkau seluruh dunia. Ia dapat bertindak menurut kehendak-Nya dan apapun tidak dapat menghalang-halangi rencana-Nya. Dibandingkan dengan Dia, ilah-ilah lain bukan apa-apa. Maz 24:7-10; 29:1-11; 47:8,9; 93:1-4; 99:1,2; 113:1-6; 135:5,6; 145:10-13.
Dia kudus dan benar dalam menangani umat-Nya, laki-laki dan perempuan. Oleh karenanya, Dia menghakimi semua orang dan tidak seorang pun terluput dari penghakiman-Nya.Maz 33:4,5; 75:7; 76:7-9; 96:10-13; 97:6; 99:3-5; 105:7
Dia penuh kasih dan memperhatikan semua orang. Dia terutama membela yang lemah dan tak berdaya, dan sudah tentu, umat kepunyaan-Nya, Israel. Sementara itu, Dia baik kepada semua orang, dan umat-Nya laki-laki dan perempuan dapat selalu bergantung pada kasih-Nya. Maz 33:18, 19,22; 68:5,6; 100:5; 108:4; 113:7-9; 117:1,2; 136:1-26; 145:8,9; 146:5-9
o Oleh karena apa yang telah dijadikan-Nya: Allah telah menciptakan dunia dengan segala isinya. Dia melakukan dengan penuh kuasa, tetapi dengan santai. Keberadaan segala sesuatu adalah karena Dia. Maz 24:1,2;33:6-9; 65:5-8; 95:1-5; 135:5-7; 136:4-9; 147:4,5
Dia tidak hanya menciptakan segala sesuatu, tetapi Dia juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Dia menjaga kelangsungan dunia dengan kuasa-Nya. Maz 65:9-13; 67:6,7; 104:1-35; 111:5; 146:5-7; 147:8,9
Sudah tentu termasuk di sini, manusia sendiri, kecil tak berdaya, namun menjadi mahkota dari segala ciptaan Allah. Maz 8:3-9; 95:6,7; 100:3
o Oleh karena apa yang telah dilakukan-Nya: Dia membuat Israel menjadi bangsa kepunyaan-Nya dengan membebaskan mereka dari Mesir dan memimpin mereka melalui padang belantara menuju tanah Perjanjian Kanaan. Dia mengusir musuh-musih yang mengejar mereka. Maz 68:7-18; 81:1-10; 99:6-8; 105:1-45; 114:1-8; 135:8-12; 136:10-25
Dia terus memberikan kepada umat-Nya kemenangan melawan musuh yang mengancam mereka. Maz 33:10-19; 46:6-11; 76:1-12

2. Puji-pujian membawa kita:
o Untuk percaya: Jika Allah sungguh besar dan penuh kasih, dan jika dia telah menolong umat-Nya di masa lampau, maka Dia dapat dan mau menyelamatkan mereka dari kesesakan pada saat ini; apapun bentuknya. Maz 24:3-5; 29:11; 33:18-22; 46:1-11; 97:10-12; 108:7-13; 115:9-15
o Untuk berdoa: Inilah cara umat Allah untuk secara alamiah menyatakan kepercayaan mereka kepada-Nya. Mereka membawa segala kebutuhan mereka ke dalam doa. Maz 67:1,2; 68:28; 106:4,5; 108:6,12,13; 122:6-9
o Untuk bertanggung jawab: Memuji Allah dengan kata-kata saja tidaklah cukup; kita harus memuji Dia dengan kehidupan yang dipakai untuk pelayanan-Nya. Kita harus memenuhi janji-janji yang kita buat terhadap-Nya. Maz 65:1,2; 76:11; 81:8-10; 95:7-11

Penerapan

1. Allah sungguh luar biasa
Kita tidak dapat mengukur kekuasaan dan kekuatan-Nya. Dunia dengan segala seluk-beluknya, termasuk segala masalah yang dihadapi umat manusia dan bangsa-bangsa, semuanya berada di bawah kekuasaan-Nya. Segala sesuatu yang kita miliki dan apapun kedudukan kita, semua itu datang dari-Nya. Oleh karena itu:
o Kita merasa betapa kecil dan tidak berarti kita bila memikirkan siapa Dia.
o Kita patut memuji, menyembah dan bersyukur kepada-Nya baik dengan bibir maupun dengan kehidupan kita.

2. Allah penuh perhatian
Dia mengasihi ciptaan-Nya dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Dengan kuasa-Nya yang besar Dia memilih suatu bangsa bagi diri-Nya, membebaskan mereka dan memberi mereka warisan. Oleh karena itu:
o Kita tahu bahwa kita dapat mengandalkan Dia untuk memenuhi segala kebutuhan kita.
o Kita dapat berharap pada-Nya untuk bertindak atas nama umat kepunyaan-Nya.

3. Allah itu baik
Kendati kebesaran-Nya luar biasa, Dia secara sukarela memberi dengan berlimpah. Dia ingin supaya kita mendapat yang terbaik dan Dia bertanggung jawab atas kesejahteraan kita. Oleh karena itu:
o Kita menyembah Dia dengan penuh sukacita dan kegembiraan dan tidak semata-mata sebagai suatu kewajiban.
o Kita mendapatkan kepuasan yang mendalam pada saat kita menaikkan pujian dan kemulian yang patut diterima-Nya.

Tema-tema Kunci

1. Penyembahan
Berulangkali kita diundang untuk ikut ambil bagian dalam menyembah Dia, yaitu dengan menaikkan pujian dan pujaan yang layak diterima-Nya. Apa yang dapat kita simak dari contoh-contoh ayat berikut mengenai penyembahan yang benar? Maz 24:3,4; 29:1,2; 33:1-3; 47:1,6,7; 75:1,9; 95:1,2,6; 96:1-3; 98:1,4-6; 99:5,9; 100:4; 105:4; 147:1; 150:1-6.

2. Umat Allah
Merekalah yang melakukan penyembahan. Allah memilih mereka untuk menjadi umat kepunyaan-Nya, dan berjanji untuk melindungi mereka. Oleh karena salib, setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sekarang dapat menikmati anugerah ini. Lihat Maz 33:12; 47:4; 48:14; 105:7-15; 135:4. Di sana-sini kita dapat secara sekilas melihat bangsa-bangsa yang menyembah Allah. Maz 68:29,31-33; 113:1-4; 117:1; 148:7-12.

3. Sion dan Rumah Tuhan
Yerusalem dan Rumah Allah merupakan pusat penyembahan orang Israel, dan umat Allah akan berziarah ke sana untuk memuliakan-Nya. Maz 24:3; 46:4,5; 46:4,5; 48:1-3,8,9,11-14; 87:1-7; 122:1-9;147:12-14. Oleh karena Roh Kristus ada di mana-mana, penyembahan kita tidak terikat pada suatu tempat atau bangunan tertentu, tetapi kita dapat merasakan sukacita pada saat kita bersekutu untuk menyembah Allah. Tidaklah mengherankan bahwa dalam Perjanjian Baru, Sion, kota Suci, menjadi gambaran tentang surga. Lihat Ibrani 12:22-24; Wahyu 21:1-22:5

MAZMUR (2)

Pada saat mengalami kesusahan

TAKDIR KITA SEBAGAI MANUSIA
Para pemazmur tidak terluput dari penderitaan manusiawi dalam segala bentuknya. Baik itu mengenai raja yang mencoba untuk memerintah negerinya, menghadapi musuh-musuh atau persekongkolan, ataupun yang dialami oleh masing-masing pemazmur, segala kesusahan dan doa-doa mereka dicatat untuk kita. Ada kalanya mereka berbicara atas nama seluruh bangsa; pada kesempatan lain mereka menumpahkan segala keluh-kesah mereka kepada Dia, satu-satunya yang tampak mau mendengarkan. Walaupun kadang penderitaan mereka itu semata-mata disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, tetapi pada saat-saat lain penderitaan itu tampaknya tidak adil. Allah telah berjanji untuk meberkati dan memberi kemakmuran kepada mereka yang mengasihi dan menaati-Nya. Lalu, mengapa justru sebaliknya yang terjadi, yaitu mereka harus menderita sedangkan yang jahat hidup dalam kemakmuran? Masalah lain timbul pada saat mereka jatuh sakit atau pada waktu hidup mereka dalam keadaan bahaya. Perjanjian Lama jarang sekali berbicara mengenai kehidupan sesudah mati, saat Allah meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran di dunia ini. Kehidupan di alam baka-tempat orang mati-jauh dari kehidupan nyata dan tidak menarik. Oleh karena itu, anugerah dan hukuman harus berlaku di dunia ini dan saat ini juga. Dapat Anda bayangkan bagaimana perasaan mereka ketika hal itu tidak terjadi demikian.

JERITAN PEMBALASAN?
Walaupun demikian, para pemazmur yakin bahwa karena Allah itu adil, Dia akan menghukum orang yang berdosa dan membenarkan umat-Nya. Di sinilah kita menghadapi masalah tentang apa yang sering mereka doakan bagi musuh-musuh mereka. Tidak ada kasih dan pengampunan. Ada yang begitu buruk bagi mereka yang menentang orang yang benar; yang hampir tidak mencerminkan kekristenan. Kita juga sukar untuk menerima apa yang kelihatannya sebagai pembenaran diri pada waktu mereka menyampaikan permohonan mereka kepada Allah. Bagaimana kita mengerti hal ini dilihat dari sudut pandang Kristen? Pertama-tama, kita perlu mencatat bahwa mereka tidak membual mengenai kebenaran mereka seperti orang-orang Farisi dalam kitab injil. Sepanjang yang mereka ketahui, mereka selalu setia kepada Allah, dan mereka tidak mengerti mengapa mereka harus menderita. Perlu diingat bahwa para pemazmur tidak mempunyai gambaran mengenai penghakiman Allah yang akan datang. Pembalasan Allah yang mereka ketahui adalah pada waktu mereka masih hidup, ketika terjadi kekejaman dan kehausan darah. Yang kedua, kita harus ingat bahwa dengan melawan umat Allah, berarti musuh-musuh itu menentang Allah. Dalam perjanjian Baru kita diajar untuk mengasihi musuh-musuh kita, tetapi kita juga diyakinkan bahwa Allah akan menghakimi orang-orang berdosa. Fakta bahwa dosa patut mendapat hukuman tidak pernah diabaikan.

ORANG TIDAK BERDOSA MENDERITA
Masalah mengenai penderitaan yang tidak seharusnya diterima, dan memohon pembenaran dari Allah, membawa kita kepada kasus Yesus Kristus yang luar biasa. Tidak salah lagi bahwa banyak dari mazmur ini, yang ditulis pada saat-saat kesusahan, selalu diingat pada waktu kisah-Nya diceritakan.

Pesan

1. Segala macam kesusahan Sedemikian jauh masalah yang sering dibawa oleh pemazmur kepada Allah ialah tantangan dari musuh-musuh mereka. Ini kadang-kadang berarti musuh bangsa Israel; raja-raja dan bangsa-bangsa lain yang mengancam umat Allah. Seringkali mereka adalah musuh pribadi, yang karena ambisi, iri hati dan kebencian, ingin membinasakan pemazmur. Maz 12:1-4; 14:1-4; 17:10-12; 22:12-16; 55:9-14; 64:1-6; 74:3-8; 79:1-4; 83:1-8; 94:4-7; 109:1-5; 137:7; 140:1-5. Pada beberapa peristiwa para penulis Mazmur tahu bahwa penderitaan mereka disebabkan oleh dosa yang harus mereka akui terlebih dahulu jika mereka berharap untuk mendapat berkat Allah. Maz 25:6,7,11; 38:4,18; 51:1- 19; 69:5; 130:3,4. Salah satu alasan mengapa mazmur-mazmur khusus ini telah menjadi semacam pertolongan bagi banyak hal adalah karena mereka tidak sembunyi-sembunyi dalam memaparkan kesedihan, kesakitan dan kesengsaraan pribadi. Maz 25:16-18; 38:1-22; 42:1-11; 69:1-3; 109:22-25.

2. Kesusahan menjadi doa
o Untuk keadilan, terutama supaya Allah terlihat berada di pihak orang baik, dan bahwa Dia akan membenarkan umat kepunyaan-Nya. Maz 7:3-9; 17:1-5; 35:11-17, 22-26; 94:1-3; 140:12,13
o Untuk kemenangan, supaya musuh tahu bahwa Allah membela umat-Nya. Maz 3:7,8; 35:1-3; 60:1-5.
o Untuk pimpinan, sehingga pemazmur dapat mengetahui kehendak Allah dalam saat-saat yang sulit. Maz 5:8; 25:4,5; 86:11; 143:8,10.
o Untuk kesembuhan, terutama sehubungan dengan pendeknya hidup kita di dunia ini. Maz 6:1-7; 31:9-13.
o Untuk perlindungan, supaya Allah dapat membuktikan bahwa Dia adalah pelindung pemazmur. Maz 11:1; 31:1-5; 61:1-4; 142:5.
o Untuk pengampunan, sehingga tidak ada yang menghalangi hubungan antara Allah dan hamba-Nya. Maz 25:11,18; 51:1,2,7,9,10; 79:8,9.
o Untuk pemulihan bangsa, supaya orang melihat dan tahu bahwa Tuhan mempunyai suatu perjanjian istimewa dengan umat-Nya, Israel. Maz 14:7; 25:22; 51:18,19; 79:1-13; 80:1-19; 85:1-13

3. Allah akan menjawab
o Dia adalah Allah yang mengasihi dan membela umat kepunyaan-Nya; yang meberi kekuatan kepada yang lemah dan yang menolong orang yang tak berdaya. Maz 17:7-9; 51:1; 62:5-8; 85:7-13; 109:21,26; 143:1.
o Dia telah melakukannya di masa lampau; kita boleh yakin bahwa Dia akan melakukan lagi. Maz 22:3-5; 77:13-20.
o Karena mereka sungguh percaya, doa-doa yang dimulai dengan cerita sedih seringkali berakhir dengan pujian kepada dia yang mereka ketahui akan bertindak untuk dan menyelamatkan mereka. Maz 7:17; 13:5,6; 28:6,7; 56:10-13; 69:30-36;109:30,31.

Penerapan

1. Kesusahan dialami oleh semua orang Umat Allah tidak terluput dari berbagai macam kesusahan. Bergantung kepada Allah bukan suatu jaminan untuk kehidupan yang mudah. Kenyataannya, dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini, orang yang tidak berdosa sering menderita dan orang yang tidak bertuhan berada di puncak.

2. Ceritakanlah semuanya kepada Allah Kita dapat bersikap jujur dan terbuka terhadap Allah apabila kita membagi kesakitan, kekecewaan dan kesedihan kita dengan Dia. Dia mendengar dan mengerti, bahkan pada waktu orang lain tidak.

3. Allah telah berjanji Allah telah berjanji untuk menolong umat kepunyaan-Nya. Dia mengasihi dan setia kepada perjanjian-Nya yang istimewa dengan umat-Nya.

4. Doa akan dijawab Walaupun kelihatannya Allah tidak menjawab doa-doa kita, Dia adil dan pada suatu ketika Dia akan menghakimi orang yang jahat dan menunjukkan bahwa mereka yang percaya kepada-Nya akan dibenarkan.

5. Kesempatan yang Allah berikan Saat-saat sukar menjadi saat-saat untuk bergantung dan membuktikan kasih Allah secara baru dan lebih mendalam. Apabila segalanya berjalan lancar, kita cenderung untuk bergantung kepada kemampuan kita sendiri.

6. Memuji Allah pada waktu berada dalam kesusahan Dengan mengetahui siapa Allah, mereka yang percaya kepada-Nya dapat memuji Dia bahkan pada saat segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Walaupun kita dapat berubah, tetapi Dia tak pernah berubah.

Tema-tema Kunci

1. Doa yang tidak dijawab Satu masalah yang sering timbul dalam mazmur-mazmur ini ialah kenyataannya bahwa Allah tampaknya tidak selalu mendengar atau menjawab doa-doa kita. Pada saat-saat seperti ini mungkin kita tergoda untuk meragukan kuasa atau kasih-Nya. Carilah ayat-ayat berikut dan lihatlah apa yang dilakukan oleh para pemazmur: Maz 10:1-18; 13:1-6; 22:1-5; 42:1-11; 73:1-20; 77:1-20.

2. Hidup ini singkat Pada waktu mengalami kesusahan, terutama pada waktu kehidupan mereka terancam, para pemazmur mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini tidaklah lama. walaupun kita sudah diberi petunjuk lebih jelas daripada mereka bahwa hidup kita di dunia ini bukanlah segalanya, kita diingatkan untuk mempergunakan kesempatan yang ada selagi kita masih bisa. Lihat Maz 39:4-6,12,13; 88:3-12; 90:3-12; 102:3-11, 23-28.

3. Penghiburan di dalam Allah Dalam dunia yang selalu berubah ini, dengan teman-teman yang selalu berganti dan keadaan yang menakutkan, mazmur-mazmur ini berulangkali mengingatkan kita bahwa Allah selalu sama. Kita dapat berlari dan berlindung pada-Nya pada waktu kita merasa terancam atau kesepian atau putus asa. Lihat Maz 17:15; 38:9; 39:7; 73:21-28; 94:18,19.

MAZMUR (3)

Tentang kesaksian, hidup tak bercela dan raja

KEHIDUPAN YANG BAIK
Dalam mazmur kita berulang kali diingatkan tentang hak istimewa menjadi milik Allah dan hidup untuk Dia. Kadangkala peringatan itu dalam bentuk kesaksian, yaitu ketika pemazmur menyaksikan kebaikan Allah dan ingin membagikannya kepada orang lain. Dalam mazmur lain kita diajar tentang bagaimana menjalani kehidupan yang menyenangkan dan memuliakan Allah. Di sini pemazmur memakai kebijaksanaan praktis yang telah dihimpunnya untuk mengajar orang lain tentang jalan-jalan Allah.

JUDUL MAZMUR
Banyak mazmur berjudul seperti "Mazmur Daud", atau "untuk pemimpin biduan". Hal ini dapat memberikan kepada kita petunjuk tentang kapan dan mengapa mazmur-mazmur itu ditulis. Lebih dari tujuh puluh mazmur dianggap berasal dari Daud; beberapa di antaranya berhubungan dengan kejadian yang dialaminya. Ini mungkin berarti bahwa Daud menulis semua itu, walaupun kata-kata itu mungkin berarti "untuk Daud" atau bahkan "untuk raja"; karena raja berasal dari keluarga Daud. Selebihnya mungkin merupakan bagian dari berbagai kumpulan mazmur yang dinyanyikan oleh paduan suara Bait Allah.

RAJA DAN BANGSA
Pembagian kita tentang mazmur mengenai raja agak kurang tepat, karena sebagian besar mazmur lainnya juga berasal dari raja. Sebenarnya, karena raja mewakili bangsanya, ia sering berbicara untuk seluruh rakyatnya dan bukan hanya untuk dirinya sendiri. Allah membuat suatu perjanjian istimewa dengan Daud dan keturunannya (lihat 2Sa 7:1-29). Mereka memerintah rakyat atas nama-Nya. Mereka diperintahkan untuk mengasihi dan berlaku adil, sementara itu Allah sendiri berjanji akan mendampingi mereka dalam pergumulan mereka dan memberkati pemerintahan mereka.

RAJA YANG AKAN DATANG
Seluruh raja Israel, termasuk Daud, gagal untuk hidup sesuai dengan standar yang diminta. Beberapa raja lebih baik daripada yang lain; beberapa dengan terang-terangan meninggalkan Allah dan menyembah ilah-ilah lain. Ini merupakan salah satu sebab mengapa Allah pada akhirnya menghukum seluruh bangsa dengan mengusir mereka dari negeri mereka sendiri. Walau demikian, melalui hal itu pengharapan mulai timbul; bahwa pada suatu hari seorang Raja yang dicita-citakan akan datang. Oleh karena raja-raja diurapi dengan "minyak", Raja yang akan datang ini dikenal sebagai "yang diurapi" (dalam bahasa Ibrani, "Mesias"; dan dalam bahasa Yunani, "Kristus"). Pada masa Perjanjian Baru, ketika negeri Israel diduduki oleh bangsa Romawi, rakyat sangat merindukan kedatangan-Nya. Oleh karena itulah mereka menyambut Yesus sebagai "Anak Daud" (Mat 21:9). Jelas bahwa Yesus menjadi Raja dengan cara yang berbeda dengan apa yang mereka harapkan. Setelah kebangkitan-Nya, para pengikut Yesus mulai melihat bahwa banyak dari mazmur mengenai raja ditujukan kepada Dia, dan bahwa khususnya pada waktu kedatangan-Nya kembali, Dia akan menggenapi semua gambaran yang ideal sebagai Raja Allah.

Pesan

1. Kehidupan yang baik
Orang benar yang sejati menjalani kehidupan yang baik, sebab ia tahu bahwa Allah baik, dan bahwa Allah menghendaki tingkah laku seperti itu Maz 15:2-5; 19:14; 101:2-6. Ia sungguh-sungguh bertekad untuk patuh pada perintah Allah. Takut kepada Tuhan, perasaan bahwa kehidupannya tidak terlepas dari pandangan Allah mengendalikan segala tindak-tanduknya Maz 1:2; 19:1-11; 37:31; 112:1; 119:1-176; 128:1. Ia juga tahu bahwa Allah akan menghakimi segala tindakan orang, laki-laki maupun perempuan Maz 1:5; 50:6; 82:1,8. Hidup tanpa cela berarti bertekad untuk menghindar dari segala yang jahat. Juga berarti tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak taat kepada perintah Allah. Sebaliknya, orang yang saleh mencari sahabat di antara mereka yang menempatkan Allah di atas segalanya Maz 1:1; 26:4,5; 37:8,27; 10:3-8.

2. Kesaksian
Fakta bahwa Allah itu baik dan setia dirasakan sebagai pengalaman pribadi oleh orang yang percaya kepada-Nya. Manakala mereka datang kepada-Nya pada waktu mengalami kesesakan, Dia mendengar dan menjawab doa-doa mereka. Ini membangkitkan pujian dan rasa syukur Maz 30:1,4; 34:1-3; 40:1-2; 103:1-3; 107:1-43; 118:1-4. Ketika Allah menjawab doa seperti ini, hal itu mendorong kita untuk menceritakan kepada orang lain apa yang telah dilakukan-Nya, sehingga mereka juga dapat membuktikan kasih-Nya Maz 9:1,11; 40:9-10; 66:16-19; 107:2-3. Lebih dari itu, hal ini membuat pemazmur memperbarui ketaatannya dan berharap bahwa Allah akan menjawab doa-doa mereka yang lain. Kesaksian menjadi permohonan. Maz 40:6-8; 116:12-19; 27:7-12; 40:11-17; 126:4- 5.

3. Raja
Hal yang istimewa mengenai raja Israel ialah bahwa sebagai keturunan Daud, Allah sendiri yang mengangkatnya untuk memangku jabatan tersebut. Baik rakyat maupun raja percaya kepada janji Allah bahwa keluarga Daud akan memerintah untuk selamanya. Oleh sebab itu, raja dianggap sebagai anak angkat Allah Maz 2:1-11; 18:50; 72:17; 89:1-4,19-37; 132:1-5,10-12,17,18. Penting sekali bahwa raja tidak boleh menyalahgunakan wewenangnya. Tugasnya ialah untuk memerintah umat Allah dengan adil dan bijaksana, di samping memimpin mereka untuk berperang melawan musuh-musuh mereka. Maz 18:20-26; 45:7; 72:1-4,7,12-14; 89:14,30-32. Raja yang harus memenuhi kewajiban-kewajiban ini tidak perlu takut. Allah berjanji untuk berperang atas namanya, memberikan masa pemerintahan yang panjang, dan memberkati segala yang dilakukannya. Allah membuat raja yang setia menjadi besar sebaliknya kebesaran dan kemasyhuran raja membawa kemuliaan bagi Allah. Maz 2:4-9; 18:1-50; 21:1-13; 110:1,2,5-7.

Penerapan

1. Raja pilihan Allah memerintah
Gambaran ideal mengenai seorang raja dalam mazmur-mazmur ini, yang tidak pernah digenapi dalam sejarah umat Israel, mengarahkan kita kepada Yesus Kristus. Oleh karena Dia adalah Putra Allah, yang telah bangkit dari kematian dan duduk di sebelah kanan Allah, Dia memenuhi syarat sebagai Raja yang akan memerintah untuk selamanya dan yang kerajaan-Nya meliputi seluruh dunia. Dia sudah bertakhta di surga, tetapi pada suatu hari Dia akan kembali dengan kemuliaan untuk membangun pemerintahan yang benar di atas bumi ini. Pada hari itu semua gambaran tentang kemuliaan Raja akan menjadi nyata dan benar.

2. Allah menghendaki ketaatan
Jika anak Allah berkuasa, maka kita harus taat kepada pemerintahan-Nya di sini dan sekarang ini. Ini berarti kita harus menanggapi firman Allah dengan sungguh-sungguh dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat juga berarti bahwa kita harus mengurangi beberapa kegiatan yang sedang kita lakukan. Jelaslah ini berarti menyelaraskan hidup kita dengan kehendak Allah bagi kita. Namun demikian, oleh karena kita tahu tentang kebaikan Allah kepada mereka yang menghormati Dia, maka ketaatan bukan menjadi kewajiban yang berat tetapi malah merupakan suatu kegembiraan dan sukacita.

3. Allah adalah perlindungan kita Bila kita menaati Allah, kita juga akan mengalami kuasa-Nya di dalam hidup kita. Kita akan belajar untuk berlindung kepada-Nya pada masa-masa sulit dan bahaya. Kita akan mengalami bahwa Dia dapat menjawab doa-doa kita dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita. Kebenaran ini patut diceritakan agar orang lain dapat mengenal Allah dalam hal yang sama pula. Usul yang diberikan secara pribadi adalah kesaksian yang paling berpengaruh.

Tema-tema Kunci

1. Berkat Allah
Banyak yang dapat kita baca dalam mazmur mengenai apa yang dapat Allah lakukan bagi orang percaya kepada-Nya. Dia memberikan kepada mereka perlindungan, kemenangan, pembenaran, pimpinan, sukacita, kehidupan, kekuatan, dan pengampunan. Lihatlah bagaimana tema-tema di atas terkandung dalam kumpulan ayat-ayat berikut: Maz 1:3; 9:3,4,9,10; 16:7,8; 18:16-18,29-36,50; 27:11; 32:1-5; 34:4-10,15-22; 37:3-6,23-26; 46:1-11; 52:8,9; 66:5-12; 91:1-16; 103:1-5,8-18; 112:1-10; 118:5-7; 128:1-6; 144:1,2.

2. Pemerintahan raja bersifat universal
Raja pilihan Allah akan memerintah atas seluruh ciptaan-Nya (Maz 2:8-11; 72:8-11,17; 89:27). Hal ini akan menjadi kenyataan pada saat Kristus datang kembali, tetapi apa hubungannya dengan pemberitaan kabar baik ke seluruh dunia sekarang ini?

3. Janji dan penggenapan
Pada waktu para penulis Perjanjian Baru ingin menggambarkan kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus, mereka sering memakai Kitab Mazmur. Hal ini mungkin karena Yesus sendiri sudah mengarahkannya ke situ. Lihat Mazmur 2 dalam Kis 4:25,26; 13:33; Ibr 1:5; 5:5; Wah 2:26,27; 19:15. Maz 18:49 dalam Rom 15:9. Maz 45:6,7 dalam Ibr 1:8,9. Maz 89 dalam Kis 2:30; Wah 1:5. Maz 110 dalam Mar 12:36; 14:62; 16:19; Kis 2:34,35; 1Ko 15:25; Efe 1:20-22; Kol 3:1; Ibr 1:3,13; 5:6; 8:1; 10:12,13; 12:2. Maz 132 dalam Kis 2:30.

Garis Besar Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) [1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR Maz 8Apakah manusia itu? Maz 24 Raja kemuliaan Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya! Maz 33Alla

[1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR

Maz 8Apakah manusia itu?
Maz 24 Raja kemuliaan
Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya!
Maz 33Allah di atas segalanya
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 47Nyanyikanlah pujian bagi Allah kita
Maz 48Allah dan kota-Nya
Maz 65Ucapan syukur atas panen
Maz 67Allah kita telah memberkati kita
Maz 68Kemurahan dan kemuliaan
Maz 75Allah berkuasa
Maz 76Allah yang ditakuti
Maz 81Belajar dari apa yang telah dilakukan Allah
Maz 87Sion, kota Allah kita
Maz 93Tuhan di tempat yang tinggi itu berkuasa
Maz 95Marilah kita menyembah dan bersujud
Maz 96Hakim segera datang!
Maz 97Allah mengasihi milik kepunyaan-Nya
Maz 98Bersorak-sorailah dengan penuh kegembiraan kepada Tuhan
Maz 99Tuhan memerintah
Maz 100Tuhan itu baik
Maz 104Allah yang menciptakan semua
Maz 105Allah membebaskan umat-Nya
Maz 108(Maz 57; Maz 60) Dialah yang memberi kemenangan
Maz 111Pekerjaan Allah luar biasa
Maz 113Siapakah yang menyamai Tuhan Allah kita?
Maz 114Ketika laut berhenti mengalir
Maz 115Allah kita melakukan apa yang dikehendaki-Nya
Maz 117Pujilah Dia, hai setiap orang
Maz 122Kota suci
Maz 133Ketika semua orang diikat dalam kasih persaudaraan
Maz 134Datang, pujilah Tuhan
Maz 135Tuhan kita di atas segala ilah-ilah lain
Maz 136Kasih-Nya bertahan sepanjang masa
Maz 145Setia kepada semua yang dijanjikan-Nya
Maz 146Berbahagialah mempunyai Allah seperti Dia!
Maz 147Ia menyembuhkan hati yang luka
Maz 148Nama-Nya saja ditinggikan
Maz 149Allah berkenan pada umat-Nya
Maz 150Biarlah segala sesuatu memuji Tuhan!

[1] MAZMUR PADA SAAT MENDERITA KESUSAHAN

Maz 3Allahlah yang aku perlukan
Maz 4Percayalah kepada-Nya
Maz 5Pimpin aku, ya Tuhan
Maz 6Aku letih lesu
Maz 7Allah itu adil
Maz 10Mengapa si jahat hidup makmur?
Maz 11Allah tahu apa yang terjadi
Maz 12Allah berjanji untuk menolong
Maz 13Aku percaya akan kasih-Mu
Maz 14(Maz 53) semua orang seakan-akan tidak bertuhan
Maz 17Tuhan, tunjukanlah bahwa aku berada di pihak yang benar
Maz 22Mengapa Allah meninggalkanku?
Maz 25Tuhan itu baik dan benar
Maz 28Allah telah mendengar doa-doaku
Maz 31Waktuku berada di tangan-Mu
Maz 35Bertindaklah terhadap musuh-musuhku, ya Tuhan
Maz 38Tuhan, aku sakit dan berdosa
Maz 39Aku tidak selamanya berada di sini
Maz 42Mengapa jiwaku tertekan?
Maz 43Aku akan memuji Allah kembali!
Maz 44Mengapa Engkau tidak mendengar kami, ya Tuhan?
Maz 51Kasihanilah aku!
Maz 54Allah adalah penolongku
Maz 55Sahabatku berbalik melawan aku
Maz 56Aku percaya kepada Allah
Maz 57Dalam naungan sayap-Nya
Maz 58Manusia jahat; Allah adil
Maz 59Allah adalah kekuatanku
Maz 60Tuhan, kami membutuhkan pertolongan-Mu
Maz 61Batu karang yang lebih tinggi
Maz 62Jiwaku menemukan ketenangan
Maz 64Allah akan mengadili yang jahat
Maz 69Selamatkanlah aku -- aku hampir tenggelam!
Maz 71Allah akan menyertai aku sampai pada akhirnya
Maz 73Mengapa orang tak berdosa menderita?
Maz 74Mengapa Engkau meninggalkan kami?
Maz 77Telah lupakah Allah?
Maz 79Keluh kesah narapidana
Maz 80Pulihkan bangsa-Mu, ya Tuhan
Maz 83Musuh-musuh kami adalah musuh-musuhmu
Maz 85Segarkan kami kembali
Maz 86Ajar kami jalan-Mu
Maz 88Selamatkanlah kami dari kematian
Maz 90Hanya tujuh puluh tahun
Maz 94Allah Yang Maha Tahu
Maz 102Aku berubah; Dia tak pernah berubah
Maz 109Menangani pemfitnah
Maz 120Aku mendambakan damai
Maz 123Kami bergantung pada-Mu, ya Tuhan
Maz 129Kita telah cukup menderita
Maz 130Keluar dari kesesakan
Maz 137Bagaimana kami dapat bernyanyi?
Maz 140Engkau adalah Allahku
Maz 141Pimpinlah aku di jalan yang benar
Maz 142Bebaskan aku dari penjara
Maz 143Kasih yang tak kunjung padam setiap pagi

[1] MENGENAI KEHIDUPAN YANG BAIK

Maz 1Hamba Allah
Maz 15Menuju kebahagiaan
Maz 19Hukum Allah dan kehidupanku
Maz 26Adil
Maz 36Takut dan kasih pada Allah
Maz 37Bergantung pada Allah dan melakukan yang baik
Maz 49Hanya satu kehidupan
Maz 50Kehidupan yang benar; penyembahan yang benar
Maz 52Orang jahat tak berumur panjang
Maz 82Hakim yang adil
Maz 101Membela yang benar
Maz 112Allah memberi kemakmuran kepada umat kepunyaan-Nya
Maz 119Hukum Allah adalah segala-galanya
Maz 125Aman dalam pemeliharaan Allah
Maz 127Allah harus membangun
Maz 128Rumah tangga yang saleh

[2] TENTANG KESAKSIAN

Maz 9Tuhan memerintah selamanya
Maz 16Hanya Allah yang kuperlukan
Maz 23Aku tidak akan kekurangan apa pun
Maz 27Cahaya dan keselamatanku
Maz 30Dia menyelamatkanku dari kematian
Maz 32Sukacita pengampunan
Maz 34Rasakan dan buktikan
Maz 40(Maz 70) Aku ingin kehendak-Mu, Tuhan
Maz 41Engkau mengalahkan musuh-musuhku
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 63Kasih-Mu lebih besar dari hidup
Maz 66Allah selalu menjaga kita
Maz 78Kebaikan Allah; kejahatan kita
Maz 84Rajaku dan Allahku
Maz 91Aku tidak perlu takut
Maz 92Sungguh baik bersyukur kepada Allah
Maz 103Kasih-Nya seperti kasih bapak kepada anaknya
Maz 106Menguji kesabaran Allah
Maz 107Pembebasan, penyembuhan dan keselamatan
Maz 116Allah mendengar doaku
Maz 118Apa yang dilakukan Allah luar biasa
Maz 121Pertolonganku datang dari Tuhan
Maz 124Andaikan Allah tidak menolongku...
Maz 126Menabur dalam air mata; menuai dalam sukacita
Maz 131Tenang dalam pemeliharaan Allah
Maz 138Nama-Mu dan firman-Mu
Maz 139Engkau mengenal aku secara utuh
Maz 144Batu karangku dan tempat perlindunganku

[3] TENTANG RAJA

Maz 2Hari pentahbisan
Maz 18Tuhan beserta Daud
Maz 20Allah memberi kemenangan
Maz 21 Raja bergantung kepada Allah
Maz 45Keelokan raja
Maz 72Kedaulatan yang benar
Maz 89Allah memilih Daud
Maz 110Imam Agung
Maz 132Janji Allah yang teguh
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.53 detik
dipersembahkan oleh YLSA