kecilkan semua  

Teks -- Mazmur 77:1-20 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Perbuatan Allah di masa lampau
77:1 Untuk pemimpin biduan. Menurut: Yedutun. Mazmur Asaf. (#77-#2) Aku mau berseru-seru dengan nyaring kepada Allah, dengan nyaring kepada Allah, supaya Ia mendengarkan aku. 77:2 (#77-#3) Pada hari kesusahanku aku mencari Tuhan; malam-malam tanganku terulur dan tidak menjadi lesu, jiwaku enggan dihiburkan. 77:3 (#77-#4) Apabila aku mengingat Allah, maka aku mengerang, apabila aku merenung, makin lemah lesulah semangatku. Sela 77:4 (#77-#5) Engkau membuat mataku tetap terbuka; aku gelisah, sehingga tidak dapat berkata-kata. 77:5 (#77-#6) Aku memikir-mikir hari-hari zaman purbakala, tahun-tahun zaman dahulu aku ingat. 77:6 (#77-#7) Aku sebut-sebut pada waktu malam dalam hatiku, aku merenung, dan rohku mencari-cari: 77:7 (#77-#8) "Untuk selamanyakah Tuhan menolak dan tidak kembali bermurah hati lagi? 77:8 (#77-#9) Sudah lenyapkah untuk seterusnya kasih setia-Nya, telah berakhirkah janji itu berlaku turun-temurun? 77:9 (#77-#10) Sudah lupakah Allah menaruh kasihan, atau ditutup-Nyakah rahmat-Nya karena murka-Nya?" Sela 77:10 (#77-#11) Maka kataku: "Inilah yang menikam hatiku, bahwa tangan kanan Yang Mahatinggi berubah." 77:11 (#77-#12) Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan TUHAN, ya, aku hendak mengingat keajaiban-keajaiban-Mu dari zaman purbakala. 77:12 (#77-#13) Aku hendak menyebut-nyebut segala pekerjaan-Mu, dan merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu. 77:13 (#77-#14) Ya Allah, jalan-Mu adalah kudus! Allah manakah yang begitu besar seperti Allah kami? 77:14 (#77-#15) Engkaulah Allah yang melakukan keajaiban; Engkau telah menyatakan kuasa-Mu di antara bangsa-bangsa. 77:15 (#77-#16) Dengan lengan-Mu Engkau telah menebus umat-Mu, bani Yakub dan bani Yusuf. Sela 77:16 (#77-#17) Air telah melihat Engkau, ya Allah, air telah melihat Engkau, lalu menjadi gentar, bahkan samudera raya gemetar. 77:17 (#77-#18) Awan-awan mencurahkan air, awan-gemawan bergemuruh, bahkan anak-anak panah-Mu beterbangan. 77:18 (#77-#19) Deru guntur-Mu menggelinding, kilat-kilat menerangi dunia, bumi gemetar dan bergoncang. 77:19 (#77-#20) Melalui laut jalan-Mu dan lorong-Mu melalui muka air yang luas, tetapi jejak-Mu tidak kelihatan. 77:20 (#77-#21) Engkau telah menuntun umat-Mu seperti kawanan domba dengan perantaraan Musa dan Harun.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Sela a musical notation for crescendo or emphasis by action (IBD)
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yedutun a Levite whose descendants returned from exile
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah


Topik/Tema Kamus: Asaf | Hujan | Janji Allah | Awan | Kenan, Perkenan Allah | Anak Panah | Uji, Menguji Diri | Utusan Injil | Sifat Hati Yang Dibaharui | Pemeliharaan Allah Terhadap | Rajin Dalam Hal Rohani | Laut | Gembala | Yusuf | Musa | Yedutun | Cari, Mencari Allah | Badai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mzm 77:1-20 - AKU MAU BERSERU-SERU ... KEPADA ALLAH. Nas : Mazm 77:2-21 Mazmur ini melukiskan seorang dalam kesulitan besar yang berseru kepada Allah, tetapi tidak dapat menemukan bukti bahwa Dia memb...

Nas : Mazm 77:2-21

Mazmur ini melukiskan seorang dalam kesulitan besar yang berseru kepada Allah, tetapi tidak dapat menemukan bukti bahwa Dia memberikan tanggapan (ayat Mazm 77:8-10). Orang percaya yang setia kadang-kadang mendapati dirinya dalam situasi yang sama. Apabila demikian, mereka harus bertindak seperti pemazmur: tetap berseru kepada Allah siang dan malam (ayat Mazm 77:2-3) sambil mengingat perbuatan-perbuatan kasih-Nya pada masa lalu. Dalam kelimpahan penyataan Allah dalam diri Anak-Nya, kita diyakinkan bahwa "Ia, yang tidak menyayangkan Anak-Nya sendiri, tetapi yang menyerahkan-Nya bagi kita semua, bagaimanakah mungkin Ia tidak mengaruniakan segala sesuatu kepada kita bersama-sama dengan Dia" (Rom 8:32).

BIS: Mzm 77:10 - Lalu ... lagi Lalu ... lagi: Kemungkinan besar itu artinya.

Lalu ... lagi: Kemungkinan besar itu artinya.

Jerusalem: Mzm 77:1-20 - Perbuatan Allah di masa lampau Mazmur ini diciptakan waktu keadaan umat Israel susah sekali, yaitu di masa yang menyusul kembalinya umat dari pembuangan. Hati pemazmur sangat tertek...

Mazmur ini diciptakan waktu keadaan umat Israel susah sekali, yaitu di masa yang menyusul kembalinya umat dari pembuangan. Hati pemazmur sangat tertekan dan ia hampir hilang kepercayaannya kepada Tuhan sebagai pelindung dan penolong umatNya, Maz 77:2-11. Tetapi pemazmur mendapat hati dengan memikirkan masa yang lampau, khususnya apa yang dikerjakan Tuhan waktu mengantar umat Israel ke luar negeri Mesir, Maz 77:11-20. Pengalaman di masa yang silam itu menjamin masa depan juga.

Jerusalem: Mzm 77:1 - Yedutun Bdk Maz 39:1+

Bdk Maz 39:1+

Jerusalem: Mzm 77:1 - Asaf Bdk Maz 50:1+.

Bdk Maz 50:1+.

Jerusalem: Mzm 77:2 - mencari Tuhan Artinya: menghadap Tuhan dalam sembahyang, bdk Maz 27:8+

Artinya: menghadap Tuhan dalam sembahyang, bdk Maz 27:8+

Jerusalem: Mzm 77:2 - jiwaku Bdk Maz 6:4+.

Bdk Maz 6:4+.

Jerusalem: Mzm 77:4 - tetap terbuka Tuhan mencegah pemazmur dari tidur dengan membiarkan saja masalah timbul yang menekan hati pendoa, yakni kemalangan umat sekarang.

Tuhan mencegah pemazmur dari tidur dengan membiarkan saja masalah timbul yang menekan hati pendoa, yakni kemalangan umat sekarang.

Jerusalem: Mzm 77:5 - Aku memikir-mikir.... Ingatan akan masa kebahagiaan dahulu hanya menghebatkan kegelisahan dan tekanan batin.

Ingatan akan masa kebahagiaan dahulu hanya menghebatkan kegelisahan dan tekanan batin.

Jerusalem: Mzm 77:6 - mencari-cari Naskah Ibrani diperbaiki. Artinya: mencari-cari pemecahan masalah dalam sejarah dahulu. Memang di zaman sesudah pembuangan umat Israel banyak memikirk...

Naskah Ibrani diperbaiki. Artinya: mencari-cari pemecahan masalah dalam sejarah dahulu. Memang di zaman sesudah pembuangan umat Israel banyak memikirkan sejarahnya dahulu untuk menemukan dasar bagi pengharapannya, bdk Ula 32:6 dst; Maz 119:52.

Jerusalem: Mzm 77:7 - Untuk selamanyakah.... Maz 77:8-11 merumuskan masalah pemazmur. Tangan kanan Yang Mahatinggi, bdk Maz 7:17+, ialah tindakan yang menyatakan kuasaNya, nampaknya "berubah", Ma...

Maz 77:8-11 merumuskan masalah pemazmur. Tangan kanan Yang Mahatinggi, bdk Maz 7:17+, ialah tindakan yang menyatakan kuasaNya, nampaknya "berubah", Maz 77:11, yaitu: Allah rupanya merubah sikap terhadap umatNya, tidak lagi menyatakan kuasaNya.

Jerusalem: Mzm 77:8 - kasih setiaNya Bdk Maz 5:8+

Bdk Maz 5:8+

Jerusalem: Mzm 77:8 - janji itu Harafiah: firman. Ialah firman kenabian yang berisikan janji. Firman itu nampaknya tidak ada lagi, bdk Maz 74:9, dan yang lama belum juga terlaksana.

Harafiah: firman. Ialah firman kenabian yang berisikan janji. Firman itu nampaknya tidak ada lagi, bdk Maz 74:9, dan yang lama belum juga terlaksana.

Jerusalem: Mzm 77:13 - kudus Jalan Tuhan, ialah rencana dan kelakuanNya, adalah kudus, tidak tersentuh, tidak dapat dimengerti, ajaib dan rahasia, sesuai dengan kekudusan Allah, a...

Jalan Tuhan, ialah rencana dan kelakuanNya, adalah kudus, tidak tersentuh, tidak dapat dimengerti, ajaib dan rahasia, sesuai dengan kekudusan Allah, artinya: transendensiNya.

Jerusalem: Mzm 77:15 - menebus Mengenai Allah sebagai "penebus" bdk Maz 19:14+

Mengenai Allah sebagai "penebus" bdk Maz 19:14+

Jerusalem: Mzm 77:15 - bani Yakub, bani Yusuf Ialah mereka yang datang ke negeri Mesir dan yang lahir di situ, bdk Maz 81:5-6; Kej 46:26-27; 48:5; lih Kel 15:13-14; Neh 1:10.

Ialah mereka yang datang ke negeri Mesir dan yang lahir di situ, bdk Maz 81:5-6; Kej 46:26-27; 48:5; lih Kel 15:13-14; Neh 1:10.

Jerusalem: Mzm 77:16 - Air telah melihat.... Maz 77:17-18 menggambarkan penyebrangan Laut Teberau sebagai topan dan gemuruh yang hebat. Allah pencipta memang menguasai laut, Nah 1:4; Hab 3:10; Ma...

Maz 77:17-18 menggambarkan penyebrangan Laut Teberau sebagai topan dan gemuruh yang hebat. Allah pencipta memang menguasai laut, Nah 1:4; Hab 3:10; Maz 74:13+; Maz 89:10; 93:4; 104:7; 106:9; 114:3; Ayu 7:12+; Ayu 38:10.

Jerusalem: Mzm 77:17 - anak-anak panahMu Ialah halilintar, bdk Maz 18:15; 64:8; 144:6; Hab 3:11.

Ialah halilintar, bdk Maz 18:15; 64:8; 144:6; Hab 3:11.

Jerusalem: Mzm 77:18 - Deru gunturMu Ini menyinggung penampakan Allah di gunung Sinai, Kel 19:18; Maz 97:4.

Ini menyinggung penampakan Allah di gunung Sinai, Kel 19:18; Maz 97:4.

Jerusalem: Mzm 77:19 - tidak kelihatan Seperti tidak ada bekasnya bila orang melintasi air, sehingga juga tidak diketahui orang, demikianpun halnya dengan pertolongan Tuhan yang ajaib; tida...

Seperti tidak ada bekasnya bila orang melintasi air, sehingga juga tidak diketahui orang, demikianpun halnya dengan pertolongan Tuhan yang ajaib; tidak ada bekasnya, tidak kelihatan. Kehadiran Allah tetap tersembunyi, meskipun menyatakan diri dalam pertolonganNya.

Ende: Mzm 77:1-20 - -- Keadaaan disekitar pengarang lagu ini sangat menjedihkan, hingga ia hampir putus asa dan kehilangan kepertjajaannja pada Jahwe jang sedemikian keras t...

Keadaaan disekitar pengarang lagu ini sangat menjedihkan, hingga ia hampir putus asa dan kehilangan kepertjajaannja pada Jahwe jang sedemikian keras terhadap umatNja (Maz 77:2-11). Tetapi ia lalu ingat akan peristiwa pengungsian Israil dari Mesir, waktu Allah menolong setjara adjaib. hal ini mendjadi dasar kepertjajaan tiada tergontjang (Maz 77:11-20).

Ende: Mzm 77:2 - mentjari Tuhan...dst. disini berarti: bersembahjang.

disini berarti: bersembahjang.

Ende: Mzm 77:5 - -- Kenangan akan waktu dahulu jang berbahagia menghebatkan derita si pengarang, bilamana ia melihat kemalangan sekarang.

Kenangan akan waktu dahulu jang berbahagia menghebatkan derita si pengarang, bilamana ia melihat kemalangan sekarang.

Ende: Mzm 77:10 - Deritaanku...dst. Maknanja: Allah (tangankananNja) terus-menerus memalu umatNja.

Maknanja: Allah (tangankananNja) terus-menerus memalu umatNja.

Ende: Mzm 77:13 - djalan sutjilah Mengingat sedjarah pengarang harus setudju, bahwa penjelenggaraan dan perbuatan2 Allah adalah "sutji", tidak boleh disentuh, adjaib sekali, oleh karen...

Mengingat sedjarah pengarang harus setudju, bahwa penjelenggaraan dan perbuatan2 Allah adalah "sutji", tidak boleh disentuh, adjaib sekali, oleh karena sesuai dengan kekudusan Tuhan.

Ende: Mzm 77:16-18 - -- Pengungsian dari Mesir digambarkan sebagai taufan dan gemuruh jang hebat.

Pengungsian dari Mesir digambarkan sebagai taufan dan gemuruh jang hebat.

Ende: Mzm 77:19 - -- Maknanja: Pertolongan adjaib Allah tiada kelihatan, melainkan rahasia dan tersembunji.

Maknanja: Pertolongan adjaib Allah tiada kelihatan, melainkan rahasia dan tersembunji.

Endetn: Mzm 77:1 - -- Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

Endetn: Mzm 77:1 - me-renung2 Demikian terdjemahan Junani, Syriah, Latin (Vlg.). Tertulis: "petikanku".

Demikian terdjemahan Junani, Syriah, Latin (Vlg.). Tertulis: "petikanku".

Ref. Silang FULL: Mzm 77:1 - kepada Allah · kepada Allah: 1Raj 8:52; 1Raj 8:52

· kepada Allah: 1Raj 8:52; [Lihat FULL. 1Raj 8:52]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:2 - hari kesusahanku // malam-malam // tanganku terulur // enggan dihiburkan · hari kesusahanku: Kej 32:7; Kej 32:7; 2Sam 22:7; 2Sam 22:7; Mazm 118:5; Mazm 118:5 · malam-malam: Mazm 6:7; 22:3; 88:2 · tangan...

· hari kesusahanku: Kej 32:7; [Lihat FULL. Kej 32:7]; 2Sam 22:7; [Lihat FULL. 2Sam 22:7]; Mazm 118:5; [Lihat FULL. Mazm 118:5]

· malam-malam: Mazm 6:7; 22:3; 88:2

· tanganku terulur: Kel 9:29; [Lihat FULL. Kel 9:29]; Ayub 11:13; [Lihat FULL. Ayub 11:13]

· enggan dihiburkan: Kej 37:35; [Lihat FULL. Kej 37:35]; Mat 2:18

Ref. Silang FULL: Mzm 77:3 - aku mengingat // aku mengerang // lemah lesulah · aku mengingat: Mazm 78:35 · aku mengerang: Kel 2:23; Mazm 6:7; Mazm 6:7; Yer 45:3 · lemah lesulah: Mazm 6:3; Mazm 6:3

· aku mengingat: Mazm 78:35

· aku mengerang: Kel 2:23; Mazm 6:7; [Lihat FULL. Mazm 6:7]; Yer 45:3

· lemah lesulah: Mazm 6:3; [Lihat FULL. Mazm 6:3]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:4 - dapat berkata-kata · dapat berkata-kata: Mazm 39:3; Mazm 39:3

· dapat berkata-kata: Mazm 39:3; [Lihat FULL. Mazm 39:3]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:5 - zaman purbakala · zaman purbakala: Ul 32:7; Mazm 44:2; 143:5; Pengkh 7:10

· zaman purbakala: Ul 32:7; Mazm 44:2; 143:5; Pengkh 7:10

Ref. Silang FULL: Mzm 77:7 - Untuk selamanyakah // bermurah hati · Untuk selamanyakah: 1Taw 28:9; 1Taw 28:9 · bermurah hati: Mazm 85:2; 102:14; 106:4

· Untuk selamanyakah: 1Taw 28:9; [Lihat FULL. 1Taw 28:9]

· bermurah hati: Mazm 85:2; 102:14; 106:4

Ref. Silang FULL: Mzm 77:8 - kasih setia-Nya // berakhirkah janji · kasih setia-Nya: Mazm 6:5; Mazm 6:5; Mazm 90:14 · berakhirkah janji: 2Pet 3:9

· kasih setia-Nya: Mazm 6:5; [Lihat FULL. Mazm 6:5]; Mazm 90:14

· berakhirkah janji: 2Pet 3:9

Ref. Silang FULL: Mzm 77:9 - menaruh kasihan // ditutup-Nyakah rahmat-Nya · menaruh kasihan: Mazm 25:6; 40:12; 51:3 · ditutup-Nyakah rahmat-Nya: Yes 49:15

· menaruh kasihan: Mazm 25:6; 40:12; 51:3

· ditutup-Nyakah rahmat-Nya: Yes 49:15

Ref. Silang FULL: Mzm 77:10 - tangan kanan · tangan kanan: Kel 15:6; Kel 15:6

· tangan kanan: Kel 15:6; [Lihat FULL. Kel 15:6]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:11 - mengingat keajaiban-keajaiban-Mu · mengingat keajaiban-keajaiban-Mu: Neh 9:17; Neh 9:17

· mengingat keajaiban-keajaiban-Mu: Neh 9:17; [Lihat FULL. Neh 9:17]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:12 - hendak menyebut-nyebut // merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu · hendak menyebut-nyebut: Kej 24:63; Kej 24:63 · merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu: Mazm 143:5

· hendak menyebut-nyebut: Kej 24:63; [Lihat FULL. Kej 24:63]

· merenungkan perbuatan-perbuatan-Mu: Mazm 143:5

Ref. Silang FULL: Mzm 77:13 - seperti Allah · seperti Allah: Kel 15:11; Kel 15:11; Mazm 71:19; Mazm 71:19; Mazm 86:8

· seperti Allah: Kel 15:11; [Lihat FULL. Kel 15:11]; Mazm 71:19; [Lihat FULL. Mazm 71:19]; Mazm 86:8

Ref. Silang FULL: Mzm 77:14 - melakukan keajaiban · melakukan keajaiban: Kel 3:20; Kel 3:20; Kel 34:11; Kel 34:11

· melakukan keajaiban: Kel 3:20; [Lihat FULL. Kel 3:20]; Kel 34:11; [Lihat FULL. Kel 34:11]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:15 - menebus umat-Mu · menebus umat-Mu: Kel 6:5; Kel 6:5

· menebus umat-Mu: Kel 6:5; [Lihat FULL. Kel 6:5]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:16 - Air // menjadi gentar · Air: Kel 14:21,28; Yes 50:2; Hab 3:8 · menjadi gentar: Mazm 114:4; Hab 3:10

· Air: Kel 14:21,28; Yes 50:2; Hab 3:8

· menjadi gentar: Mazm 114:4; Hab 3:10

Ref. Silang FULL: Mzm 77:17 - mencurahkan air // awan-gemawan bergemuruh // anak-anak panah-Mu · mencurahkan air: Hak 5:4; Hak 5:4 · awan-gemawan bergemuruh: Kel 9:23; Kel 9:23; Mazm 29:3; Mazm 29:3 · anak-anak panah-Mu: Ul ...

· mencurahkan air: Hak 5:4; [Lihat FULL. Hak 5:4]

· awan-gemawan bergemuruh: Kel 9:23; [Lihat FULL. Kel 9:23]; Mazm 29:3; [Lihat FULL. Mazm 29:3]

· anak-anak panah-Mu: Ul 32:23; [Lihat FULL. Ul 32:23]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:18 - guntur-Mu menggelinding // kilat-kilat // dan bergoncang · guntur-Mu menggelinding: Mazm 55:9; Mazm 55:9 · kilat-kilat: 2Sam 22:13; 2Sam 22:13 · dan bergoncang: Hak 5:4; Hak 5:4

· guntur-Mu menggelinding: Mazm 55:9; [Lihat FULL. Mazm 55:9]

· kilat-kilat: 2Sam 22:13; [Lihat FULL. 2Sam 22:13]

· dan bergoncang: Hak 5:4; [Lihat FULL. Hak 5:4]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:19 - Melalui laut // jalan-Mu · Melalui laut: Ayub 9:8; Ayub 9:8 · jalan-Mu: Kel 14:22; Kel 14:22

· Melalui laut: Ayub 9:8; [Lihat FULL. Ayub 9:8]

· jalan-Mu: Kel 14:22; [Lihat FULL. Kel 14:22]

Ref. Silang FULL: Mzm 77:20 - menuntun umat-Mu // kawanan domba // dan Harun · menuntun umat-Mu: Kel 13:21; Kel 13:21 · kawanan domba: Mazm 78:52; Yes 63:11 · dan Harun: Kel 4:16; Kel 4:16; Bil 33:1; Bil 33...

· menuntun umat-Mu: Kel 13:21; [Lihat FULL. Kel 13:21]

· kawanan domba: Mazm 78:52; Yes 63:11

· dan Harun: Kel 4:16; [Lihat FULL. Kel 4:16]; Bil 33:1; [Lihat FULL. Bil 33:1]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mzm 73:1--89:1 - -- JILID III. MAZMUR 73-89. Bagian pokok yang ketiga dari Kitab Mazmur, yang jauh lebih pendek daripada dua jilid sebelumnya, hanya mencakup tujuh belas...

JILID III. MAZMUR 73-89.

Bagian pokok yang ketiga dari Kitab Mazmur, yang jauh lebih pendek daripada dua jilid sebelumnya, hanya mencakup tujuh belas mazmur. Sebelas yang pertama dikaitkan dengan nama Asaf, yang adalah salah satu dari para kepala pemain musik di bawah pimpinan Daud. Dua kepala pemain musik lain adalah Heman dan Etan, masing-masing dikaitkan dengan sebuah mazmur dalam jilid ini. Satu mazmur menyebut Daud, sementara empat mazmur. sisanya dikaitkan dengan bani Korah. Lagi-lagi, tidak ada perlunya menyatakan bahwa pengarang mazmur-mazmur tersebut ialah orang yang namanya disebut dalam judul-judul ini. Sebagaimana bani Korah merupakan imamat Lewi, demikian pula bani Asaf meneruskan jabatan memimpin musik.

Wycliffe: Mzm 77:1-20 - -- Mazmur 77. Mengingat Berbagai Perbuatan Besar Allah Dalam mazmur ini ratapan dan puji-pujian bercampur-baur. Ayat-ayat pembuka (2-10) merupakan ratap...

Mazmur 77. Mengingat Berbagai Perbuatan Besar Allah

Dalam mazmur ini ratapan dan puji-pujian bercampur-baur. Ayat-ayat pembuka (2-10) merupakan ratapan satu individu, yang mungkin mewakili bangsa yang sedang menderita. Ayat-ayat yang kemudian (11-21) merupakan kata-kata pujian yang melengkapi bagian pembukaan. Ayat 17-20 mengungkapkan suasana yang lain dan memperlihatkan gaya serta irama yang berbeda dengan bagian selebihnya dari mazmur ini.

Wycliffe: Mzm 77:1-3 - Aku mau berseru-seru dengan nyaring kepada Allah ... makin lemah lesulah semangatku 2-4. Kebingungan Rohnya. Aku mau berseru-seru dengan nyaring kepada Allah ... makin lemah lesulah semangatku. Kepedihan dan kecemasan yang dalam dari ...

2-4. Kebingungan Rohnya. Aku mau berseru-seru dengan nyaring kepada Allah ... makin lemah lesulah semangatku. Kepedihan dan kecemasan yang dalam dari pemazmur tergambar nyata pada klausa-klausa tersebut. Tangannya terulur mencari Allah, namun tidak menemukan penghiburan. Perenungan-perenungannya hanya menambah lesu semangatnya.

Wycliffe: Mzm 77:4-9 - Dan rohku mencari-cari 5-10. Mencari Jawaban. Dan rohku mencari-cari. Dia diliputi kekhawatiran dan kegelisahan sehingga tidak dapat tidur. Dia menghitung hari-hari yang tel...

5-10. Mencari Jawaban. Dan rohku mencari-cari. Dia diliputi kekhawatiran dan kegelisahan sehingga tidak dapat tidur. Dia menghitung hari-hari yang telah lalu, bukan menghitung domba. Akhirnya, dia mengajukan enam pertanyaan yang membingungkan dan menyusahkan dirinya. Dia tidak bisa mengerti mengapa Allah yang berbelas kasihan serta penuh kasih sayang tetap diam dan tidak bertindak.

Wycliffe: Mzm 77:10-15 - Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan 11-16. Jawabannya dalam Sejarah. Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan. Dengan mengingat perbuatan-perbuatan ajaib Allah pada masa lalu harap...

11-16. Jawabannya dalam Sejarah. Aku hendak mengingat perbuatan-perbuatan Tuhan. Dengan mengingat perbuatan-perbuatan ajaib Allah pada masa lalu harapan pemazmur bangkit. Allah membuktikan bahwa Dialah yang melakukan perbuatan-perbuatan mulia; dia telah mempertunjukkan kekuatan-Nya dan telah menebus bani Israel. Di sini tersirat permohonan agar Allah melakukan hal itu lagi sekarang.

Wycliffe: Mzm 77:16-19 - Air telah melihat Engkau ... lalu menjadi gentar 17-20. Keyakinannya pada Kuasa Allah. Air telah melihat Engkau ... lalu menjadi gentar. Ayat-ayat ini, yang berfungsi sebagai nyanyian dalam nyanyian,...

17-20. Keyakinannya pada Kuasa Allah. Air telah melihat Engkau ... lalu menjadi gentar. Ayat-ayat ini, yang berfungsi sebagai nyanyian dalam nyanyian, mempunyai suasana dan bentuk sangat berbeda dengan syair yang selebihnya. Kendati nada yang menonjol dari bagian ini ialah kuasa Allah atas alam secara umum, kedudukan bagian ini, antara ayat 16 dan 21, mengaitkannya dengan kelepasan di Laut Teberau (Laut Merah).

Wycliffe: Mzm 77:20 - Engkau telah menuntun umat-Mu 21. Keyakinannya akan Pimpinan Allah. Engkau telah menuntun umat-Mu. Ayat ini menyuarakan kembali gagasan dari ayat 16, dengan implikasi yang kuat bah...

21. Keyakinannya akan Pimpinan Allah. Engkau telah menuntun umat-Mu. Ayat ini menyuarakan kembali gagasan dari ayat 16, dengan implikasi yang kuat bahwa Allah dapat melakukannya lagi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mzm 77:1-10 - Kesedihan yang Melanda; Permohonan-permohonan yang Penuh Kesedihan Mazmur ini, sesuai dengan cara yang dipakai dalam banyak mazmur lainnya, dimulai dengan keluhan-keluhan yang penuh dukacita, tetapi diakhiri dengan ...

Matthew Henry: Mzm 77:11-20 - Pengakuan-pengakuan akan Kebesaran Ilahi, akan Keajaiban-keajaiban yang Diperbuat Allah bagi Is Pengakuan-pengakuan akan Kebesaran Ilahi, akan Keajaiban-keajaiban yang Diperbuat Allah bagi Israel (77:12-21) Di sini sang pemazmur sedang pulih da...

SH: Mzm 77:1-20 - Memantapkan akar iman (Minggu, 24 April 2005) Memantapkan akar iman Ada seorang janda miskin yang telah lama menderita kanker. Selama sakit, ia selalu berseru kepada Tuhan. Berbagai upaya ...

SH: Mzm 77:1-20 - Jejak tak terlihat yang menuntun kawanan domba melintasi laut. (Kamis, 25 Oktober 2001) Jejak tak terlihat yang menuntun kawanan domba melintasi laut. Adakalanya datangnya berbagai krisis dan kesulitan membenturkan iman kita dengan berba...

SH: Mzm 77:1-20 - Pasang surut iman. (Rabu, 12 Agustus 1998) Pasang surut iman. Hari-hari kehidupan orang beriman tidak selalu cerah. Mendung dan badai, suka dan duka silih berganti. Seiring keadaan hari-hari ke...

Topik Teologia: Mzm 77:1 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Permohonan untuk Pelepasan dari Kesulitan Maz 4:2 Maz 25:17 Maz 40:2-4 M...

Topik Teologia: Mzm 77:2 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Mzm 77:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Roh Manusia (Nafas, Hati, Pikiran, Kebencian, Kekuatan) R...

Topik Teologia: Mzm 77:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Orang Percaya Harus Mengingat Perbuatan-perbuatan Allah Ula 7:18 Ula 9:4,7 Ula 2...

Topik Teologia: Mzm 77:6 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengetahui Allah dan Mengingat-Nya Mengingat Allah Orang Percaya Harus Mengingat Pe...

Topik Teologia: Mzm 77:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Dikenal Melalui Berbagai Cara Allah Dikenal Melalui Karya-...

Topik Teologia: Mzm 77:11 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Dapat Dikenal Allah Dikenal Melalui Berbagai Cara Allah Dikenal Melalui Karya-...

Topik Teologia: Mzm 77:13 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

Topik Teologia: Mzm 77:14 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

Topik Teologia: Mzm 77:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Aktif dalam Sejarah Bangsa Israel Kej 12:1-3 Kej 17:3-4,7 Kej 22:17-18 Kel 19:4-6...

Topik Teologia: Mzm 77:20 - -- Pengudusan Nama dan Kiasan untuk Umat yang Dikuduskan Gambaran dan Kiasan untuk Orang-orang Benar (Umat Allah) Orang Benar adalah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daud dan orang lain Tema : Doa dan Pujian Tanggal Penulisan: Sebagian besar abad ke-10 hingga ke-5 SM. Latar Belakang...

Full Life: Mazmur (Garis Besar) Garis Besar I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41 (Mazm 1:1-41:13) II. Kitab 2 !!:...

Matthew Henry: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang terbuka salah satu bagian yang paling disukai dan juga paling unggul dari semua bagian Perjanjian Lama. Bahkan, karena beg...

Jerusalem: Mazmur (Pendahuluan Kitab) KITAB MAZMUR PENGANTAR Sama seperti bangsa tetangganya - Mesir, Mesopotamia, Kanaan - demikian juga bangsa Israel sejak awal mula menciptakan sajak-sa...

Ende: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PEMBUKAAN Dengan menerbitkan "Kitab Mazmur" ini, kami mendjadikan suatu pertjobaan terdjemahan Perdjandjian Lama dalam bahasa Indonesia. Kiranj...

Wycliffe: Mazmur (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MAZMUR Sifat. Di antara kitab-kitab kuno, tidak ada kitab yang demikian menarik hati manusia seperti Kitab Mazmur ini. Di dalam Alkitab t...

Wycliffe: Mazmur (Garis Besar) GARIS BESAR MAZMUR Susunan yang ada sekarang dari Kitab Mazmur jelas menunjukkan garis besarnya sendiri: Jilid I. Mazmur 1-41. Jilid II. Maz...

BIS: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PENGANTAR Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam wa

MAZMUR

PENGANTAR

Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam waktu yang lama sekali. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa ini dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu akhirnya dimasukkan ke dalam Alkitab.

Sanjak-sanjak keagamaan ini bermacam ragam: ada nyanyian pujian dan ada nyanyian untuk menyembah Allah; ada doa mohon pertolongan, perlindungan dan penyelamatan; doa mohon ampun; nyanyian syukur atas berkat Allah, permohonan supaya musuh dihukum. Doa-doa ini ada yang bersifat pribadi, ada pula yang bersifat nasional. Beberapa di antaranya menggambarkan perasaan seseorang yang paling dalam, sedangkan lainnya menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah.

Mazmur-mazmur dipakai oleh Yesus, dikutip oleh penulis-penulis Perjanjian Baru, dan menjadi buku ibadat yang sangat dihargai oleh Gereja Kristen sejak semula.

Isi

Ke-150 Mazmur dibagi dalam lima kelompok atau buku, sebagai berikut:
  1.  Buku Pertama:
    Mazmur 1:1-41:13
  2.  Buku Kedua !!:
    Mazmur 42:1-72:19
  3.  Buku Ketiga :
    Mazmur 73:1-89:52
  4.  Buku Keempat:
    Mazmur 90:1-106:48
  5.  Buku Kelima :
    Mazmur 107:1-150:6

Ajaran: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/pender

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/penderitaan dan pentingnya mengakui dosa.

Pendahuluan

Penulis : Kitab Mazmur ditulis oleh banyak orang, di antaranya adalah Raja Daud, Musa, Asaf, Anak-anak Korah, Heman, dan lain-lain. Tetapi Raja Daud merupakan penulis terbanyak.

Isi Kitab: Kitab Mazmur terdiri dari 150 pasal. Isi kitab Mazmur mengungkapkan tanggapan orang-orang beriman kepada Tuhannya, baik dalam bentuk doa atau nyanyian.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mazmur

Pembagian isi Kitab Mazmur

  1. Mazmur pujian terhadap Allah. Contoh: Mazm 8:1-9; 29:1-11; 33:1-22; 68:1-35\ /TB Mazm 100:1-5; 103:1-105:45; 117:1-2\ Mazm 145:1-150:6.
  2. Mazmur pengucapan terimakasih kepada Alla Contoh: Mazm 9:1-20; 18:1-50; 32:1-11; 66:1-20\ /TB Mazm 76:1-12; 116:1-19\\.
  3. Mazmur Pemujaan atas keagungan Allah sebagai raja. Contoh: Mazm 2:1-12; 20:1-9; 21:1-13; 45:1-17; 47:1-9\ /TB Mazm 72:1-20; 93:1-5; 96:1-13; 97:1-12; 98:1-9\ Mazm 99:1-9; 110:1-7; 132:1-18.
  4. Mazmur Permohonan, Ratapan, dan Keluhan. Contoh: Mazm 3:1-8; 6:1-10; 13:1-6; 22:1-31; 25:1-22\ /TB Mazm 31:1-24; 35:1-28; 38:1-22; 39:1-13; 42:1-11\ Mazm 43:1-5; 44:1-26; 51:1-19; 63:1-11; 74:1-23\ /TB Mazm 79:1-13; 80:1-19; 83:1-18; 85:1-13; 86:1-17\ Mazm 102:1-28; 130:1-8; 140:1-143:12.
  5. Mazmur tentang Ziarah. Contoh: Mazm 84:1-12; 120:1-134:3.
  6. Mazmur tentang Sejarah Bangsa Israel. Contoh: Mazm 78:1-72; 95:1-11; 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8.
  7. Mazmur tentang keagungan Firman Allah. Contoh: Mazm 119:1-176.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana anak-anak Allah hidup dan berjalan mengikuti Allah.

  2. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana Allah memberkati setiap orang yang mau berpegang/hidup sesuai dengan Firman Allah.

  3. Kitab Mazmur mengungkapkan keagungan Allah sebagai pencipta alam semesta dan sekaligus sebagai pemeliharaannya.

  4. Kitab Mazmur mengajarkan kebesaran dan kemuliaan sifat-sifat Allah.

  5. Kitab Mazmur mengajarkan tentang Allah yang tidak mau bergaul dengan orang-orang yang hidup di dalam perbuatan dosa.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mazmur yang terbanyak?
  2. Apakah isi Kitab Mazmur di dalam pembagiannya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dalam mempelajari Kita Mazmur?

Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Pujian dan ucapan syukur BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKANMazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang d

Pujian dan ucapan syukur

BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKAN
Mazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang dalam sejarah umat Israel, paling tidak sejak zaman Daud sampai sesudah pembuangan ke Babel. Kita boleh juga menamakannya sebagai 'kumpulan dari kumpulan-kumpulan', sebab seratus lima puluh mazmur itu dibagi dalam lima buku: Maz 1:1-41:13; Maz 42:1-72:20; Maz 73:1-89:52; Maz 90:1-106:48; Maz 107:1-150:6. Walaupun para ahli Alkitab melihat adanya beberapa perbedaan dalam kelompok-kelompok Mazmur ini, tetapi itu jelas bukan mengenai isi pokoknya. Lain dengan buku nyanyian kita, Mazmur berisi doa dan ucapan syukur, permohonan dan puji-pujian yang tidak beraturan urutannya. Beberapa Mazmur ditulis lebih dari satu kali, Sebagai contoh, Mazmur 14 = Mazmur 53; Mazmur 60:5-12 = Mazmur 108:6-13; Mazmur 14 = Mazmur 40:13-17. Kita menemukan beberapa Mazmur yang diulang dalam kitab- kitab lain dalam Perjanjian Lama, dan kita juga menemukan Mazmur yang tidak berada dalam kumpulan utama. Dalam penelitian ini kita akan mengelompokkan mazmur-mazmur berdasarkan pokok yang berbeda, dan melihat apa saja yang dapat kita pelajari darinya dewasa ini.

PUISI IBRANI
Sebagian besar puisi masa kini bersanjak, tetapi tidak demikian halnya dengan puisi Israel kuno. Para penyair cenderung untuk membandingkan suatu ungkapan dengan ungkapan yang lain, kadang-kadang hal yang sama diulang dengan cara yang berbeda, kadangkala dengan kebalikannya. Sebagai contoh, lihatlah Mazmur 146:3: "Janganlah percaya kepada para bangsawan,
kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan."
Atau Mazmur 11:5:
"Tuhan menguji orang benar dan orang fasik,
dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."
Kadang pemikiran itu dilanjutkan dalam ayat berikutnya.
Puisi semacam ini tidak terlalu banyak kehilangan arti pada waktu diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan ini berarti bahwa kita tetap dapat menikmatinya pada masa kini. Beberapa pemazmur mulai menulis setiap baris atau sejumlah baris dengan huruf yang sama. Mazmur 119 memakai hampir seluruh alfabet Ibrani dengan cara ini.

MAZMUR DAN PENYEMBAHAN
Sejumlah besar mazmur pada mulanya merupakan doa-doa atau puji-pujian pribadi, tetapi banyak yang kemudian ditulis untuk penyembahan umum. Ada yang ditujukan untuk pemimpin biduan atau untuk para penyanyi Rumah Tuhan seperti 'bani korah'. Mazmur-mazmur itu dipakai untuk upacara penyembahan di Rumah Tuhan, terutama pada waktu diadakan upacara-upacara besar. Seperti halnya buku nyanyian kita yang berisi beraneka macam pujian yang ditulis oleh penggubah yang berbeda-beda, pada tempat dan situasi yang berbeda pula, Mazmur berisi penyembahan bangsa Israel sepanjang zaman.

Pesan

1. Allah harus disembah
o Oleh karena siapa Dia: Allah adalah Raja yang besar dan berkuasa, yang wilayah kekuasaan-Nya menjangkau seluruh dunia. Ia dapat bertindak menurut kehendak-Nya dan apapun tidak dapat menghalang-halangi rencana-Nya. Dibandingkan dengan Dia, ilah-ilah lain bukan apa-apa. Maz 24:7-10; 29:1-11; 47:8,9; 93:1-4; 99:1,2; 113:1-6; 135:5,6; 145:10-13.
Dia kudus dan benar dalam menangani umat-Nya, laki-laki dan perempuan. Oleh karenanya, Dia menghakimi semua orang dan tidak seorang pun terluput dari penghakiman-Nya.Maz 33:4,5; 75:7; 76:7-9; 96:10-13; 97:6; 99:3-5; 105:7
Dia penuh kasih dan memperhatikan semua orang. Dia terutama membela yang lemah dan tak berdaya, dan sudah tentu, umat kepunyaan-Nya, Israel. Sementara itu, Dia baik kepada semua orang, dan umat-Nya laki-laki dan perempuan dapat selalu bergantung pada kasih-Nya. Maz 33:18, 19,22; 68:5,6; 100:5; 108:4; 113:7-9; 117:1,2; 136:1-26; 145:8,9; 146:5-9
o Oleh karena apa yang telah dijadikan-Nya: Allah telah menciptakan dunia dengan segala isinya. Dia melakukan dengan penuh kuasa, tetapi dengan santai. Keberadaan segala sesuatu adalah karena Dia. Maz 24:1,2;33:6-9; 65:5-8; 95:1-5; 135:5-7; 136:4-9; 147:4,5
Dia tidak hanya menciptakan segala sesuatu, tetapi Dia juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Dia menjaga kelangsungan dunia dengan kuasa-Nya. Maz 65:9-13; 67:6,7; 104:1-35; 111:5; 146:5-7; 147:8,9
Sudah tentu termasuk di sini, manusia sendiri, kecil tak berdaya, namun menjadi mahkota dari segala ciptaan Allah. Maz 8:3-9; 95:6,7; 100:3
o Oleh karena apa yang telah dilakukan-Nya: Dia membuat Israel menjadi bangsa kepunyaan-Nya dengan membebaskan mereka dari Mesir dan memimpin mereka melalui padang belantara menuju tanah Perjanjian Kanaan. Dia mengusir musuh-musih yang mengejar mereka. Maz 68:7-18; 81:1-10; 99:6-8; 105:1-45; 114:1-8; 135:8-12; 136:10-25
Dia terus memberikan kepada umat-Nya kemenangan melawan musuh yang mengancam mereka. Maz 33:10-19; 46:6-11; 76:1-12

2. Puji-pujian membawa kita:
o Untuk percaya: Jika Allah sungguh besar dan penuh kasih, dan jika dia telah menolong umat-Nya di masa lampau, maka Dia dapat dan mau menyelamatkan mereka dari kesesakan pada saat ini; apapun bentuknya. Maz 24:3-5; 29:11; 33:18-22; 46:1-11; 97:10-12; 108:7-13; 115:9-15
o Untuk berdoa: Inilah cara umat Allah untuk secara alamiah menyatakan kepercayaan mereka kepada-Nya. Mereka membawa segala kebutuhan mereka ke dalam doa. Maz 67:1,2; 68:28; 106:4,5; 108:6,12,13; 122:6-9
o Untuk bertanggung jawab: Memuji Allah dengan kata-kata saja tidaklah cukup; kita harus memuji Dia dengan kehidupan yang dipakai untuk pelayanan-Nya. Kita harus memenuhi janji-janji yang kita buat terhadap-Nya. Maz 65:1,2; 76:11; 81:8-10; 95:7-11

Penerapan

1. Allah sungguh luar biasa
Kita tidak dapat mengukur kekuasaan dan kekuatan-Nya. Dunia dengan segala seluk-beluknya, termasuk segala masalah yang dihadapi umat manusia dan bangsa-bangsa, semuanya berada di bawah kekuasaan-Nya. Segala sesuatu yang kita miliki dan apapun kedudukan kita, semua itu datang dari-Nya. Oleh karena itu:
o Kita merasa betapa kecil dan tidak berarti kita bila memikirkan siapa Dia.
o Kita patut memuji, menyembah dan bersyukur kepada-Nya baik dengan bibir maupun dengan kehidupan kita.

2. Allah penuh perhatian
Dia mengasihi ciptaan-Nya dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Dengan kuasa-Nya yang besar Dia memilih suatu bangsa bagi diri-Nya, membebaskan mereka dan memberi mereka warisan. Oleh karena itu:
o Kita tahu bahwa kita dapat mengandalkan Dia untuk memenuhi segala kebutuhan kita.
o Kita dapat berharap pada-Nya untuk bertindak atas nama umat kepunyaan-Nya.

3. Allah itu baik
Kendati kebesaran-Nya luar biasa, Dia secara sukarela memberi dengan berlimpah. Dia ingin supaya kita mendapat yang terbaik dan Dia bertanggung jawab atas kesejahteraan kita. Oleh karena itu:
o Kita menyembah Dia dengan penuh sukacita dan kegembiraan dan tidak semata-mata sebagai suatu kewajiban.
o Kita mendapatkan kepuasan yang mendalam pada saat kita menaikkan pujian dan kemulian yang patut diterima-Nya.

Tema-tema Kunci

1. Penyembahan
Berulangkali kita diundang untuk ikut ambil bagian dalam menyembah Dia, yaitu dengan menaikkan pujian dan pujaan yang layak diterima-Nya. Apa yang dapat kita simak dari contoh-contoh ayat berikut mengenai penyembahan yang benar? Maz 24:3,4; 29:1,2; 33:1-3; 47:1,6,7; 75:1,9; 95:1,2,6; 96:1-3; 98:1,4-6; 99:5,9; 100:4; 105:4; 147:1; 150:1-6.

2. Umat Allah
Merekalah yang melakukan penyembahan. Allah memilih mereka untuk menjadi umat kepunyaan-Nya, dan berjanji untuk melindungi mereka. Oleh karena salib, setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sekarang dapat menikmati anugerah ini. Lihat Maz 33:12; 47:4; 48:14; 105:7-15; 135:4. Di sana-sini kita dapat secara sekilas melihat bangsa-bangsa yang menyembah Allah. Maz 68:29,31-33; 113:1-4; 117:1; 148:7-12.

3. Sion dan Rumah Tuhan
Yerusalem dan Rumah Allah merupakan pusat penyembahan orang Israel, dan umat Allah akan berziarah ke sana untuk memuliakan-Nya. Maz 24:3; 46:4,5; 46:4,5; 48:1-3,8,9,11-14; 87:1-7; 122:1-9;147:12-14. Oleh karena Roh Kristus ada di mana-mana, penyembahan kita tidak terikat pada suatu tempat atau bangunan tertentu, tetapi kita dapat merasakan sukacita pada saat kita bersekutu untuk menyembah Allah. Tidaklah mengherankan bahwa dalam Perjanjian Baru, Sion, kota Suci, menjadi gambaran tentang surga. Lihat Ibrani 12:22-24; Wahyu 21:1-22:5

MAZMUR (2)

Pada saat mengalami kesusahan

TAKDIR KITA SEBAGAI MANUSIA
Para pemazmur tidak terluput dari penderitaan manusiawi dalam segala bentuknya. Baik itu mengenai raja yang mencoba untuk memerintah negerinya, menghadapi musuh-musuh atau persekongkolan, ataupun yang dialami oleh masing-masing pemazmur, segala kesusahan dan doa-doa mereka dicatat untuk kita. Ada kalanya mereka berbicara atas nama seluruh bangsa; pada kesempatan lain mereka menumpahkan segala keluh-kesah mereka kepada Dia, satu-satunya yang tampak mau mendengarkan. Walaupun kadang penderitaan mereka itu semata-mata disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, tetapi pada saat-saat lain penderitaan itu tampaknya tidak adil. Allah telah berjanji untuk meberkati dan memberi kemakmuran kepada mereka yang mengasihi dan menaati-Nya. Lalu, mengapa justru sebaliknya yang terjadi, yaitu mereka harus menderita sedangkan yang jahat hidup dalam kemakmuran? Masalah lain timbul pada saat mereka jatuh sakit atau pada waktu hidup mereka dalam keadaan bahaya. Perjanjian Lama jarang sekali berbicara mengenai kehidupan sesudah mati, saat Allah meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran di dunia ini. Kehidupan di alam baka-tempat orang mati-jauh dari kehidupan nyata dan tidak menarik. Oleh karena itu, anugerah dan hukuman harus berlaku di dunia ini dan saat ini juga. Dapat Anda bayangkan bagaimana perasaan mereka ketika hal itu tidak terjadi demikian.

JERITAN PEMBALASAN?
Walaupun demikian, para pemazmur yakin bahwa karena Allah itu adil, Dia akan menghukum orang yang berdosa dan membenarkan umat-Nya. Di sinilah kita menghadapi masalah tentang apa yang sering mereka doakan bagi musuh-musuh mereka. Tidak ada kasih dan pengampunan. Ada yang begitu buruk bagi mereka yang menentang orang yang benar; yang hampir tidak mencerminkan kekristenan. Kita juga sukar untuk menerima apa yang kelihatannya sebagai pembenaran diri pada waktu mereka menyampaikan permohonan mereka kepada Allah. Bagaimana kita mengerti hal ini dilihat dari sudut pandang Kristen? Pertama-tama, kita perlu mencatat bahwa mereka tidak membual mengenai kebenaran mereka seperti orang-orang Farisi dalam kitab injil. Sepanjang yang mereka ketahui, mereka selalu setia kepada Allah, dan mereka tidak mengerti mengapa mereka harus menderita. Perlu diingat bahwa para pemazmur tidak mempunyai gambaran mengenai penghakiman Allah yang akan datang. Pembalasan Allah yang mereka ketahui adalah pada waktu mereka masih hidup, ketika terjadi kekejaman dan kehausan darah. Yang kedua, kita harus ingat bahwa dengan melawan umat Allah, berarti musuh-musuh itu menentang Allah. Dalam perjanjian Baru kita diajar untuk mengasihi musuh-musuh kita, tetapi kita juga diyakinkan bahwa Allah akan menghakimi orang-orang berdosa. Fakta bahwa dosa patut mendapat hukuman tidak pernah diabaikan.

ORANG TIDAK BERDOSA MENDERITA
Masalah mengenai penderitaan yang tidak seharusnya diterima, dan memohon pembenaran dari Allah, membawa kita kepada kasus Yesus Kristus yang luar biasa. Tidak salah lagi bahwa banyak dari mazmur ini, yang ditulis pada saat-saat kesusahan, selalu diingat pada waktu kisah-Nya diceritakan.

Pesan

1. Segala macam kesusahan Sedemikian jauh masalah yang sering dibawa oleh pemazmur kepada Allah ialah tantangan dari musuh-musuh mereka. Ini kadang-kadang berarti musuh bangsa Israel; raja-raja dan bangsa-bangsa lain yang mengancam umat Allah. Seringkali mereka adalah musuh pribadi, yang karena ambisi, iri hati dan kebencian, ingin membinasakan pemazmur. Maz 12:1-4; 14:1-4; 17:10-12; 22:12-16; 55:9-14; 64:1-6; 74:3-8; 79:1-4; 83:1-8; 94:4-7; 109:1-5; 137:7; 140:1-5. Pada beberapa peristiwa para penulis Mazmur tahu bahwa penderitaan mereka disebabkan oleh dosa yang harus mereka akui terlebih dahulu jika mereka berharap untuk mendapat berkat Allah. Maz 25:6,7,11; 38:4,18; 51:1- 19; 69:5; 130:3,4. Salah satu alasan mengapa mazmur-mazmur khusus ini telah menjadi semacam pertolongan bagi banyak hal adalah karena mereka tidak sembunyi-sembunyi dalam memaparkan kesedihan, kesakitan dan kesengsaraan pribadi. Maz 25:16-18; 38:1-22; 42:1-11; 69:1-3; 109:22-25.

2. Kesusahan menjadi doa
o Untuk keadilan, terutama supaya Allah terlihat berada di pihak orang baik, dan bahwa Dia akan membenarkan umat kepunyaan-Nya. Maz 7:3-9; 17:1-5; 35:11-17, 22-26; 94:1-3; 140:12,13
o Untuk kemenangan, supaya musuh tahu bahwa Allah membela umat-Nya. Maz 3:7,8; 35:1-3; 60:1-5.
o Untuk pimpinan, sehingga pemazmur dapat mengetahui kehendak Allah dalam saat-saat yang sulit. Maz 5:8; 25:4,5; 86:11; 143:8,10.
o Untuk kesembuhan, terutama sehubungan dengan pendeknya hidup kita di dunia ini. Maz 6:1-7; 31:9-13.
o Untuk perlindungan, supaya Allah dapat membuktikan bahwa Dia adalah pelindung pemazmur. Maz 11:1; 31:1-5; 61:1-4; 142:5.
o Untuk pengampunan, sehingga tidak ada yang menghalangi hubungan antara Allah dan hamba-Nya. Maz 25:11,18; 51:1,2,7,9,10; 79:8,9.
o Untuk pemulihan bangsa, supaya orang melihat dan tahu bahwa Tuhan mempunyai suatu perjanjian istimewa dengan umat-Nya, Israel. Maz 14:7; 25:22; 51:18,19; 79:1-13; 80:1-19; 85:1-13

3. Allah akan menjawab
o Dia adalah Allah yang mengasihi dan membela umat kepunyaan-Nya; yang meberi kekuatan kepada yang lemah dan yang menolong orang yang tak berdaya. Maz 17:7-9; 51:1; 62:5-8; 85:7-13; 109:21,26; 143:1.
o Dia telah melakukannya di masa lampau; kita boleh yakin bahwa Dia akan melakukan lagi. Maz 22:3-5; 77:13-20.
o Karena mereka sungguh percaya, doa-doa yang dimulai dengan cerita sedih seringkali berakhir dengan pujian kepada dia yang mereka ketahui akan bertindak untuk dan menyelamatkan mereka. Maz 7:17; 13:5,6; 28:6,7; 56:10-13; 69:30-36;109:30,31.

Penerapan

1. Kesusahan dialami oleh semua orang Umat Allah tidak terluput dari berbagai macam kesusahan. Bergantung kepada Allah bukan suatu jaminan untuk kehidupan yang mudah. Kenyataannya, dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini, orang yang tidak berdosa sering menderita dan orang yang tidak bertuhan berada di puncak.

2. Ceritakanlah semuanya kepada Allah Kita dapat bersikap jujur dan terbuka terhadap Allah apabila kita membagi kesakitan, kekecewaan dan kesedihan kita dengan Dia. Dia mendengar dan mengerti, bahkan pada waktu orang lain tidak.

3. Allah telah berjanji Allah telah berjanji untuk menolong umat kepunyaan-Nya. Dia mengasihi dan setia kepada perjanjian-Nya yang istimewa dengan umat-Nya.

4. Doa akan dijawab Walaupun kelihatannya Allah tidak menjawab doa-doa kita, Dia adil dan pada suatu ketika Dia akan menghakimi orang yang jahat dan menunjukkan bahwa mereka yang percaya kepada-Nya akan dibenarkan.

5. Kesempatan yang Allah berikan Saat-saat sukar menjadi saat-saat untuk bergantung dan membuktikan kasih Allah secara baru dan lebih mendalam. Apabila segalanya berjalan lancar, kita cenderung untuk bergantung kepada kemampuan kita sendiri.

6. Memuji Allah pada waktu berada dalam kesusahan Dengan mengetahui siapa Allah, mereka yang percaya kepada-Nya dapat memuji Dia bahkan pada saat segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Walaupun kita dapat berubah, tetapi Dia tak pernah berubah.

Tema-tema Kunci

1. Doa yang tidak dijawab Satu masalah yang sering timbul dalam mazmur-mazmur ini ialah kenyataannya bahwa Allah tampaknya tidak selalu mendengar atau menjawab doa-doa kita. Pada saat-saat seperti ini mungkin kita tergoda untuk meragukan kuasa atau kasih-Nya. Carilah ayat-ayat berikut dan lihatlah apa yang dilakukan oleh para pemazmur: Maz 10:1-18; 13:1-6; 22:1-5; 42:1-11; 73:1-20; 77:1-20.

2. Hidup ini singkat Pada waktu mengalami kesusahan, terutama pada waktu kehidupan mereka terancam, para pemazmur mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini tidaklah lama. walaupun kita sudah diberi petunjuk lebih jelas daripada mereka bahwa hidup kita di dunia ini bukanlah segalanya, kita diingatkan untuk mempergunakan kesempatan yang ada selagi kita masih bisa. Lihat Maz 39:4-6,12,13; 88:3-12; 90:3-12; 102:3-11, 23-28.

3. Penghiburan di dalam Allah Dalam dunia yang selalu berubah ini, dengan teman-teman yang selalu berganti dan keadaan yang menakutkan, mazmur-mazmur ini berulangkali mengingatkan kita bahwa Allah selalu sama. Kita dapat berlari dan berlindung pada-Nya pada waktu kita merasa terancam atau kesepian atau putus asa. Lihat Maz 17:15; 38:9; 39:7; 73:21-28; 94:18,19.

MAZMUR (3)

Tentang kesaksian, hidup tak bercela dan raja

KEHIDUPAN YANG BAIK
Dalam mazmur kita berulang kali diingatkan tentang hak istimewa menjadi milik Allah dan hidup untuk Dia. Kadangkala peringatan itu dalam bentuk kesaksian, yaitu ketika pemazmur menyaksikan kebaikan Allah dan ingin membagikannya kepada orang lain. Dalam mazmur lain kita diajar tentang bagaimana menjalani kehidupan yang menyenangkan dan memuliakan Allah. Di sini pemazmur memakai kebijaksanaan praktis yang telah dihimpunnya untuk mengajar orang lain tentang jalan-jalan Allah.

JUDUL MAZMUR
Banyak mazmur berjudul seperti "Mazmur Daud", atau "untuk pemimpin biduan". Hal ini dapat memberikan kepada kita petunjuk tentang kapan dan mengapa mazmur-mazmur itu ditulis. Lebih dari tujuh puluh mazmur dianggap berasal dari Daud; beberapa di antaranya berhubungan dengan kejadian yang dialaminya. Ini mungkin berarti bahwa Daud menulis semua itu, walaupun kata-kata itu mungkin berarti "untuk Daud" atau bahkan "untuk raja"; karena raja berasal dari keluarga Daud. Selebihnya mungkin merupakan bagian dari berbagai kumpulan mazmur yang dinyanyikan oleh paduan suara Bait Allah.

RAJA DAN BANGSA
Pembagian kita tentang mazmur mengenai raja agak kurang tepat, karena sebagian besar mazmur lainnya juga berasal dari raja. Sebenarnya, karena raja mewakili bangsanya, ia sering berbicara untuk seluruh rakyatnya dan bukan hanya untuk dirinya sendiri. Allah membuat suatu perjanjian istimewa dengan Daud dan keturunannya (lihat 2Sa 7:1-29). Mereka memerintah rakyat atas nama-Nya. Mereka diperintahkan untuk mengasihi dan berlaku adil, sementara itu Allah sendiri berjanji akan mendampingi mereka dalam pergumulan mereka dan memberkati pemerintahan mereka.

RAJA YANG AKAN DATANG
Seluruh raja Israel, termasuk Daud, gagal untuk hidup sesuai dengan standar yang diminta. Beberapa raja lebih baik daripada yang lain; beberapa dengan terang-terangan meninggalkan Allah dan menyembah ilah-ilah lain. Ini merupakan salah satu sebab mengapa Allah pada akhirnya menghukum seluruh bangsa dengan mengusir mereka dari negeri mereka sendiri. Walau demikian, melalui hal itu pengharapan mulai timbul; bahwa pada suatu hari seorang Raja yang dicita-citakan akan datang. Oleh karena raja-raja diurapi dengan "minyak", Raja yang akan datang ini dikenal sebagai "yang diurapi" (dalam bahasa Ibrani, "Mesias"; dan dalam bahasa Yunani, "Kristus"). Pada masa Perjanjian Baru, ketika negeri Israel diduduki oleh bangsa Romawi, rakyat sangat merindukan kedatangan-Nya. Oleh karena itulah mereka menyambut Yesus sebagai "Anak Daud" (Mat 21:9). Jelas bahwa Yesus menjadi Raja dengan cara yang berbeda dengan apa yang mereka harapkan. Setelah kebangkitan-Nya, para pengikut Yesus mulai melihat bahwa banyak dari mazmur mengenai raja ditujukan kepada Dia, dan bahwa khususnya pada waktu kedatangan-Nya kembali, Dia akan menggenapi semua gambaran yang ideal sebagai Raja Allah.

Pesan

1. Kehidupan yang baik
Orang benar yang sejati menjalani kehidupan yang baik, sebab ia tahu bahwa Allah baik, dan bahwa Allah menghendaki tingkah laku seperti itu Maz 15:2-5; 19:14; 101:2-6. Ia sungguh-sungguh bertekad untuk patuh pada perintah Allah. Takut kepada Tuhan, perasaan bahwa kehidupannya tidak terlepas dari pandangan Allah mengendalikan segala tindak-tanduknya Maz 1:2; 19:1-11; 37:31; 112:1; 119:1-176; 128:1. Ia juga tahu bahwa Allah akan menghakimi segala tindakan orang, laki-laki maupun perempuan Maz 1:5; 50:6; 82:1,8. Hidup tanpa cela berarti bertekad untuk menghindar dari segala yang jahat. Juga berarti tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak taat kepada perintah Allah. Sebaliknya, orang yang saleh mencari sahabat di antara mereka yang menempatkan Allah di atas segalanya Maz 1:1; 26:4,5; 37:8,27; 10:3-8.

2. Kesaksian
Fakta bahwa Allah itu baik dan setia dirasakan sebagai pengalaman pribadi oleh orang yang percaya kepada-Nya. Manakala mereka datang kepada-Nya pada waktu mengalami kesesakan, Dia mendengar dan menjawab doa-doa mereka. Ini membangkitkan pujian dan rasa syukur Maz 30:1,4; 34:1-3; 40:1-2; 103:1-3; 107:1-43; 118:1-4. Ketika Allah menjawab doa seperti ini, hal itu mendorong kita untuk menceritakan kepada orang lain apa yang telah dilakukan-Nya, sehingga mereka juga dapat membuktikan kasih-Nya Maz 9:1,11; 40:9-10; 66:16-19; 107:2-3. Lebih dari itu, hal ini membuat pemazmur memperbarui ketaatannya dan berharap bahwa Allah akan menjawab doa-doa mereka yang lain. Kesaksian menjadi permohonan. Maz 40:6-8; 116:12-19; 27:7-12; 40:11-17; 126:4- 5.

3. Raja
Hal yang istimewa mengenai raja Israel ialah bahwa sebagai keturunan Daud, Allah sendiri yang mengangkatnya untuk memangku jabatan tersebut. Baik rakyat maupun raja percaya kepada janji Allah bahwa keluarga Daud akan memerintah untuk selamanya. Oleh sebab itu, raja dianggap sebagai anak angkat Allah Maz 2:1-11; 18:50; 72:17; 89:1-4,19-37; 132:1-5,10-12,17,18. Penting sekali bahwa raja tidak boleh menyalahgunakan wewenangnya. Tugasnya ialah untuk memerintah umat Allah dengan adil dan bijaksana, di samping memimpin mereka untuk berperang melawan musuh-musuh mereka. Maz 18:20-26; 45:7; 72:1-4,7,12-14; 89:14,30-32. Raja yang harus memenuhi kewajiban-kewajiban ini tidak perlu takut. Allah berjanji untuk berperang atas namanya, memberikan masa pemerintahan yang panjang, dan memberkati segala yang dilakukannya. Allah membuat raja yang setia menjadi besar sebaliknya kebesaran dan kemasyhuran raja membawa kemuliaan bagi Allah. Maz 2:4-9; 18:1-50; 21:1-13; 110:1,2,5-7.

Penerapan

1. Raja pilihan Allah memerintah
Gambaran ideal mengenai seorang raja dalam mazmur-mazmur ini, yang tidak pernah digenapi dalam sejarah umat Israel, mengarahkan kita kepada Yesus Kristus. Oleh karena Dia adalah Putra Allah, yang telah bangkit dari kematian dan duduk di sebelah kanan Allah, Dia memenuhi syarat sebagai Raja yang akan memerintah untuk selamanya dan yang kerajaan-Nya meliputi seluruh dunia. Dia sudah bertakhta di surga, tetapi pada suatu hari Dia akan kembali dengan kemuliaan untuk membangun pemerintahan yang benar di atas bumi ini. Pada hari itu semua gambaran tentang kemuliaan Raja akan menjadi nyata dan benar.

2. Allah menghendaki ketaatan
Jika anak Allah berkuasa, maka kita harus taat kepada pemerintahan-Nya di sini dan sekarang ini. Ini berarti kita harus menanggapi firman Allah dengan sungguh-sungguh dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat juga berarti bahwa kita harus mengurangi beberapa kegiatan yang sedang kita lakukan. Jelaslah ini berarti menyelaraskan hidup kita dengan kehendak Allah bagi kita. Namun demikian, oleh karena kita tahu tentang kebaikan Allah kepada mereka yang menghormati Dia, maka ketaatan bukan menjadi kewajiban yang berat tetapi malah merupakan suatu kegembiraan dan sukacita.

3. Allah adalah perlindungan kita Bila kita menaati Allah, kita juga akan mengalami kuasa-Nya di dalam hidup kita. Kita akan belajar untuk berlindung kepada-Nya pada masa-masa sulit dan bahaya. Kita akan mengalami bahwa Dia dapat menjawab doa-doa kita dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita. Kebenaran ini patut diceritakan agar orang lain dapat mengenal Allah dalam hal yang sama pula. Usul yang diberikan secara pribadi adalah kesaksian yang paling berpengaruh.

Tema-tema Kunci

1. Berkat Allah
Banyak yang dapat kita baca dalam mazmur mengenai apa yang dapat Allah lakukan bagi orang percaya kepada-Nya. Dia memberikan kepada mereka perlindungan, kemenangan, pembenaran, pimpinan, sukacita, kehidupan, kekuatan, dan pengampunan. Lihatlah bagaimana tema-tema di atas terkandung dalam kumpulan ayat-ayat berikut: Maz 1:3; 9:3,4,9,10; 16:7,8; 18:16-18,29-36,50; 27:11; 32:1-5; 34:4-10,15-22; 37:3-6,23-26; 46:1-11; 52:8,9; 66:5-12; 91:1-16; 103:1-5,8-18; 112:1-10; 118:5-7; 128:1-6; 144:1,2.

2. Pemerintahan raja bersifat universal
Raja pilihan Allah akan memerintah atas seluruh ciptaan-Nya (Maz 2:8-11; 72:8-11,17; 89:27). Hal ini akan menjadi kenyataan pada saat Kristus datang kembali, tetapi apa hubungannya dengan pemberitaan kabar baik ke seluruh dunia sekarang ini?

3. Janji dan penggenapan
Pada waktu para penulis Perjanjian Baru ingin menggambarkan kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus, mereka sering memakai Kitab Mazmur. Hal ini mungkin karena Yesus sendiri sudah mengarahkannya ke situ. Lihat Mazmur 2 dalam Kis 4:25,26; 13:33; Ibr 1:5; 5:5; Wah 2:26,27; 19:15. Maz 18:49 dalam Rom 15:9. Maz 45:6,7 dalam Ibr 1:8,9. Maz 89 dalam Kis 2:30; Wah 1:5. Maz 110 dalam Mar 12:36; 14:62; 16:19; Kis 2:34,35; 1Ko 15:25; Efe 1:20-22; Kol 3:1; Ibr 1:3,13; 5:6; 8:1; 10:12,13; 12:2. Maz 132 dalam Kis 2:30.

Garis Besar Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) [1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR Maz 8Apakah manusia itu? Maz 24 Raja kemuliaan Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya! Maz 33Alla

[1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR

Maz 8Apakah manusia itu?
Maz 24 Raja kemuliaan
Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya!
Maz 33Allah di atas segalanya
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 47Nyanyikanlah pujian bagi Allah kita
Maz 48Allah dan kota-Nya
Maz 65Ucapan syukur atas panen
Maz 67Allah kita telah memberkati kita
Maz 68Kemurahan dan kemuliaan
Maz 75Allah berkuasa
Maz 76Allah yang ditakuti
Maz 81Belajar dari apa yang telah dilakukan Allah
Maz 87Sion, kota Allah kita
Maz 93Tuhan di tempat yang tinggi itu berkuasa
Maz 95Marilah kita menyembah dan bersujud
Maz 96Hakim segera datang!
Maz 97Allah mengasihi milik kepunyaan-Nya
Maz 98Bersorak-sorailah dengan penuh kegembiraan kepada Tuhan
Maz 99Tuhan memerintah
Maz 100Tuhan itu baik
Maz 104Allah yang menciptakan semua
Maz 105Allah membebaskan umat-Nya
Maz 108(Maz 57; Maz 60) Dialah yang memberi kemenangan
Maz 111Pekerjaan Allah luar biasa
Maz 113Siapakah yang menyamai Tuhan Allah kita?
Maz 114Ketika laut berhenti mengalir
Maz 115Allah kita melakukan apa yang dikehendaki-Nya
Maz 117Pujilah Dia, hai setiap orang
Maz 122Kota suci
Maz 133Ketika semua orang diikat dalam kasih persaudaraan
Maz 134Datang, pujilah Tuhan
Maz 135Tuhan kita di atas segala ilah-ilah lain
Maz 136Kasih-Nya bertahan sepanjang masa
Maz 145Setia kepada semua yang dijanjikan-Nya
Maz 146Berbahagialah mempunyai Allah seperti Dia!
Maz 147Ia menyembuhkan hati yang luka
Maz 148Nama-Nya saja ditinggikan
Maz 149Allah berkenan pada umat-Nya
Maz 150Biarlah segala sesuatu memuji Tuhan!

[1] MAZMUR PADA SAAT MENDERITA KESUSAHAN

Maz 3Allahlah yang aku perlukan
Maz 4Percayalah kepada-Nya
Maz 5Pimpin aku, ya Tuhan
Maz 6Aku letih lesu
Maz 7Allah itu adil
Maz 10Mengapa si jahat hidup makmur?
Maz 11Allah tahu apa yang terjadi
Maz 12Allah berjanji untuk menolong
Maz 13Aku percaya akan kasih-Mu
Maz 14(Maz 53) semua orang seakan-akan tidak bertuhan
Maz 17Tuhan, tunjukanlah bahwa aku berada di pihak yang benar
Maz 22Mengapa Allah meninggalkanku?
Maz 25Tuhan itu baik dan benar
Maz 28Allah telah mendengar doa-doaku
Maz 31Waktuku berada di tangan-Mu
Maz 35Bertindaklah terhadap musuh-musuhku, ya Tuhan
Maz 38Tuhan, aku sakit dan berdosa
Maz 39Aku tidak selamanya berada di sini
Maz 42Mengapa jiwaku tertekan?
Maz 43Aku akan memuji Allah kembali!
Maz 44Mengapa Engkau tidak mendengar kami, ya Tuhan?
Maz 51Kasihanilah aku!
Maz 54Allah adalah penolongku
Maz 55Sahabatku berbalik melawan aku
Maz 56Aku percaya kepada Allah
Maz 57Dalam naungan sayap-Nya
Maz 58Manusia jahat; Allah adil
Maz 59Allah adalah kekuatanku
Maz 60Tuhan, kami membutuhkan pertolongan-Mu
Maz 61Batu karang yang lebih tinggi
Maz 62Jiwaku menemukan ketenangan
Maz 64Allah akan mengadili yang jahat
Maz 69Selamatkanlah aku -- aku hampir tenggelam!
Maz 71Allah akan menyertai aku sampai pada akhirnya
Maz 73Mengapa orang tak berdosa menderita?
Maz 74Mengapa Engkau meninggalkan kami?
Maz 77Telah lupakah Allah?
Maz 79Keluh kesah narapidana
Maz 80Pulihkan bangsa-Mu, ya Tuhan
Maz 83Musuh-musuh kami adalah musuh-musuhmu
Maz 85Segarkan kami kembali
Maz 86Ajar kami jalan-Mu
Maz 88Selamatkanlah kami dari kematian
Maz 90Hanya tujuh puluh tahun
Maz 94Allah Yang Maha Tahu
Maz 102Aku berubah; Dia tak pernah berubah
Maz 109Menangani pemfitnah
Maz 120Aku mendambakan damai
Maz 123Kami bergantung pada-Mu, ya Tuhan
Maz 129Kita telah cukup menderita
Maz 130Keluar dari kesesakan
Maz 137Bagaimana kami dapat bernyanyi?
Maz 140Engkau adalah Allahku
Maz 141Pimpinlah aku di jalan yang benar
Maz 142Bebaskan aku dari penjara
Maz 143Kasih yang tak kunjung padam setiap pagi

[1] MENGENAI KEHIDUPAN YANG BAIK

Maz 1Hamba Allah
Maz 15Menuju kebahagiaan
Maz 19Hukum Allah dan kehidupanku
Maz 26Adil
Maz 36Takut dan kasih pada Allah
Maz 37Bergantung pada Allah dan melakukan yang baik
Maz 49Hanya satu kehidupan
Maz 50Kehidupan yang benar; penyembahan yang benar
Maz 52Orang jahat tak berumur panjang
Maz 82Hakim yang adil
Maz 101Membela yang benar
Maz 112Allah memberi kemakmuran kepada umat kepunyaan-Nya
Maz 119Hukum Allah adalah segala-galanya
Maz 125Aman dalam pemeliharaan Allah
Maz 127Allah harus membangun
Maz 128Rumah tangga yang saleh

[2] TENTANG KESAKSIAN

Maz 9Tuhan memerintah selamanya
Maz 16Hanya Allah yang kuperlukan
Maz 23Aku tidak akan kekurangan apa pun
Maz 27Cahaya dan keselamatanku
Maz 30Dia menyelamatkanku dari kematian
Maz 32Sukacita pengampunan
Maz 34Rasakan dan buktikan
Maz 40(Maz 70) Aku ingin kehendak-Mu, Tuhan
Maz 41Engkau mengalahkan musuh-musuhku
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 63Kasih-Mu lebih besar dari hidup
Maz 66Allah selalu menjaga kita
Maz 78Kebaikan Allah; kejahatan kita
Maz 84Rajaku dan Allahku
Maz 91Aku tidak perlu takut
Maz 92Sungguh baik bersyukur kepada Allah
Maz 103Kasih-Nya seperti kasih bapak kepada anaknya
Maz 106Menguji kesabaran Allah
Maz 107Pembebasan, penyembuhan dan keselamatan
Maz 116Allah mendengar doaku
Maz 118Apa yang dilakukan Allah luar biasa
Maz 121Pertolonganku datang dari Tuhan
Maz 124Andaikan Allah tidak menolongku...
Maz 126Menabur dalam air mata; menuai dalam sukacita
Maz 131Tenang dalam pemeliharaan Allah
Maz 138Nama-Mu dan firman-Mu
Maz 139Engkau mengenal aku secara utuh
Maz 144Batu karangku dan tempat perlindunganku

[3] TENTANG RAJA

Maz 2Hari pentahbisan
Maz 18Tuhan beserta Daud
Maz 20Allah memberi kemenangan
Maz 21 Raja bergantung kepada Allah
Maz 45Keelokan raja
Maz 72Kedaulatan yang benar
Maz 89Allah memilih Daud
Maz 110Imam Agung
Maz 132Janji Allah yang teguh
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 0.51 detik
dipersembahkan oleh YLSA