kecilkan semua  

Teks -- Mazmur 104:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Kebesaran TUHAN dalam segala ciptaan-Nya
104:1 Pujilah TUHAN, hai jiwaku! TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak, 104:2 yang berselimutkan terang seperti kain, yang membentangkan langit seperti tenda, 104:3 yang mendirikan kamar-kamar loteng-Mu di air, yang menjadikan awan-awan sebagai kendaraan-Mu, yang bergerak di atas sayap angin, 104:4 yang membuat angin sebagai suruhan-suruhan-Mu, dan api yang menyala sebagai pelayan-pelayan-Mu, 104:5 yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya. 104:6 Dengan samudera raya Engkau telah menyelubunginya; air telah naik melampaui gunung-gunung. 104:7 Terhadap hardik-Mu air itu melarikan diri, lari kebingungan terhadap suara guntur-Mu, 104:8 naik gunung, turun lembah ke tempat yang Kautetapkan bagi mereka. 104:9 Batas Kautentukan, takkan mereka lewati, takkan kembali mereka menyelubungi bumi. 104:10 Engkau yang melepas mata-mata air ke dalam lembah-lembah, mengalir di antara gunung-gunung, 104:11 memberi minum segala binatang di padang, memuaskan haus keledai-keledai hutan; 104:12 di dekatnya diam burung-burung di udara, bersiul dari antara daun-daunan. 104:13 Engkau yang memberi minum gunung-gunung dari kamar-kamar loteng-Mu, bumi kenyang dari buah pekerjaan-Mu. 104:14 Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan makanan dari dalam tanah 104:15 dan anggur yang menyukakan hati manusia, yang membuat muka berseri karena minyak, dan makanan yang menyegarkan hati manusia. 104:16 Kenyang pohon-pohon TUHAN, pohon-pohon aras di Libanon yang ditanam-Nya, 104:17 di mana burung-burung bersarang, burung ranggung yang rumahnya di pohon-pohon sanobar; 104:18 gunung-gunung tinggi adalah bagi kambing-kambing hutan, bukit-bukit batu adalah tempat perlindungan bagi pelanduk. 104:19 Engkau yang telah membuat bulan menjadi penentu waktu, matahari yang tahu akan saat terbenamnya. 104:20 Apabila Engkau mendatangkan gelap, maka haripun malamlah; ketika itulah bergerak segala binatang hutan. 104:21 Singa-singa muda mengaum-aum akan mangsa, dan menuntut makanannya dari Allah. 104:22 Apabila matahari terbit, berkumpullah semuanya dan berbaring di tempat perteduhannya; 104:23 manusiapun keluarlah ke pekerjaannya, dan ke usahanya sampai petang. 104:24 Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu. 104:25 Lihatlah laut itu, besar dan luas wilayahnya, di situ bergerak, tidak terbilang banyaknya, binatang-binatang yang kecil dan besar. 104:26 Di situ kapal-kapal berlayar dan Lewiatan yang telah Kaubentuk untuk bermain dengannya. 104:27 Semuanya menantikan Engkau, supaya diberikan makanan pada waktunya. 104:28 Apabila Engkau memberikannya, mereka memungutnya; apabila Engkau membuka tangan-Mu, mereka kenyang oleh kebaikan. 104:29 Apabila Engkau menyembunyikan wajah-Mu, mereka terkejut; apabila Engkau mengambil roh mereka, mereka mati binasa dan kembali menjadi debu. 104:30 Apabila Engkau mengirim roh-Mu, mereka tercipta, dan Engkau membaharui muka bumi. 104:31 Biarlah kemuliaan TUHAN tetap untuk selama-lamanya, biarlah TUHAN bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya! 104:32 Dia yang memandang bumi sehingga bergentar, yang menyentuh gunung-gunung sehingga berasap. 104:33 Aku hendak menyanyi bagi TUHAN selama aku hidup, aku hendak bermazmur bagi Allahku selagi aku ada. 104:34 Biarlah renunganku manis kedengaran kepada-Nya! Aku hendak bersukacita karena TUHAN. 104:35 Biarlah habis orang-orang berdosa dari bumi, dan biarlah orang-orang fasik tidak ada lagi! Pujilah TUHAN, hai jiwaku! Haleluya!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · buaya a twisting aquatic monster, possibly the crocodile of the Nile, and used symbolically of Assyria and Babylonia (by the twisting Euphrates River IBD).
 · Lewiatan a twisting aquatic monster, possibly the crocodile of the Nile, and used symbolically of Assyria and Babylonia (by the twisting Euphrates River IBD).
 · Libanon a mountain range and the adjoining regions (IBD)
 · Siryon a high mountain


Topik/Tema Kamus: Pemeliharaan Allah Terhadap | Gunung, Pegunungan | Dasar | Puji-Pujian | Malam | Pancar, Pancaran Air Dan Mata Air | Singa | Pohon | Burung | Awan | Hari | Nanti, Menantikan Tuhan | Laut | Lembah | Minyak | Keledai Liar | Kapal | Mulia, Kemulian Allah | Cipta, Ciptaan | Sungai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mzm 104:1-35 - ALLAHKU, ENGKAU SANGAT BESAR. Nas : Mazm 104:1-35 Mazmur ini adalah nyanyian mengenai Allah yang menciptakan segala sesuatu dan pemeliharaan atas hasil pekerjaan-Nya. Mazmur ini...

Nas : Mazm 104:1-35

Mazmur ini adalah nyanyian mengenai Allah yang menciptakan segala sesuatu dan pemeliharaan atas hasil pekerjaan-Nya. Mazmur ini menekankan keterlibatan Allah dengan segala hal yang telah diciptakan-Nya karena Ia tinggal di dunia serta menopangnya

(lihat art. PEMELIHARAAN ALLAH).

Apa yang terus dilakukan oleh Allah di alam semesta ini mencerminkan kemuliaan-Nya. Namun ciptaan Allah tercemar karena dosa dan kejahatan; jadi mazmur ini diakhiri dengan doa agar Allah menyingkirkan semua hal yang jahat dan semua orang berdosa (Rom 8:19-23; Kej 1:1-2:25;

lihat cat. --> Kej 1:1 dst.).

[atau ref. Kej 1:1]

Full Life: Mzm 104:15 - ANGGUR YANG MENYUKAKAN HATI. Nas : Mazm 104:15 Istilah "anggur" (Ibr. _yayin_) di sini mengacu kepada sari yang langsung diambil dari "tumbuh-tumbuhan" (ayat Mazm 104:14), buka...

Nas : Mazm 104:15

Istilah "anggur" (Ibr. _yayin_) di sini mengacu kepada sari yang langsung diambil dari "tumbuh-tumbuhan" (ayat Mazm 104:14), bukan yang telah diragikan oleh manusia secara sengaja ataupun tidak. Sari buah anggur alami sangat nikmat untuk diminum, bergizi sebagai makanan, dan disetujui sepenuhnya oleh Allah (bd. Am 9:14;

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA).

BIS: Mzm 104:3 - air di langit air di langit: Menunjuk kepada air di atas kubah langit. Lihat Kej 1:6-7.

air di langit: Menunjuk kepada air di atas kubah langit. Lihat Kej 1:6-7.

BIS: Mzm 104:26 - dan Lewiatan ... bermain-main dan Lewiatan ... bermain-main atau: dan Lewiatan ada di sana, naga laut yang Kauciptakan untuk menyenangkan diri-Mu.

dan Lewiatan ... bermain-main atau: dan Lewiatan ada di sana, naga laut yang Kauciptakan untuk menyenangkan diri-Mu.

BIS: Mzm 104:30 - Kauberi napas Kauberi napas atau: Kauutus roh-Mu.

Kauberi napas atau: Kauutus roh-Mu.

Jerusalem: Mzm 104:1-35 - Kebesaran TUHAN dalam segala ciptaanNya Ini kidung yang berdekatan dengan Maz 103 memuji Allah sebagai Pencipta dan Pengurus alam semesta. Ia memang mahabesar dan patut dipuji, Maz 104:1-2, ...

Ini kidung yang berdekatan dengan Maz 103 memuji Allah sebagai Pencipta dan Pengurus alam semesta. Ia memang mahabesar dan patut dipuji, Maz 104:1-2, sebab Ia menjadikan alam dan segala makhluk patuh kepadaNya, Maz 104:2-9,24-26. Allah mengurus semua ciptaanNya dengan kebaikan, Maz 104:10-23. Karya Allah itu adalah mulia, Maz 104:24, dan semua makhluk tetap bergantung pada Dia yang memberi dan mengambil hidup, Maz 104:27-30. Maka Allah yang Mahabesar patut dipuji orang benar dan ditakuti orang berdosa, Maz 104:31-35.

Jerusalem: Mzm 104:1 - jiwaku Bdk Maz 6:4+.

Bdk Maz 6:4+.

Jerusalem: Mzm 104:2 - yang membentangkan Penggambaran karya penciptaan dalam Maz 104:2-9 berlatar belakang pandangan dahulu mengenai susunan jagat, bdk Kej 1:1 dst. Mula-mula hanya ada barang...

Penggambaran karya penciptaan dalam Maz 104:2-9 berlatar belakang pandangan dahulu mengenai susunan jagat, bdk Kej 1:1 dst. Mula-mula hanya ada barang cair yang menutupi segala sesuatunya, Maz 104:6. Air itu oleh Penciptaan dibagi menjadi dua: air di atas langit dan air di bawah langit, yang dipikirkan sebagai semacam kubah dari logam. Air di bawah langit dikumpulkan menjadi laut, Maz 104:7-9. Bumi dipikirkan berupa keping yang bertumpukan pada tiang-tiang, Maz 104:5, dan dikelilingi laut, bdk Maz 46:3+. Di atas kubah langit ada gudang-gudang bagi air hujan, salju dsb, Maz 104:3,4,13.

Jerusalem: Mzm 104:3 - awan sebagai kendaraanMu Awan, angin, air, api, halilintar, semuanya melayani Pencipta, Bdk Maz 18:11+.

Awan, angin, air, api, halilintar, semuanya melayani Pencipta, Bdk Maz 18:11+.

Jerusalem: Mzm 104:7 - hardikMu Samudera purba dipikirkan sebagai semacam naga raksasa yang melawan Pencipta, bdk Maz 74:13+; Maz 84:10+.

Samudera purba dipikirkan sebagai semacam naga raksasa yang melawan Pencipta, bdk Maz 74:13+; Maz 84:10+.

Jerusalem: Mzm 104:9 - takkan kembali Bdk Kej 9:11-15.

Jerusalem: Mzm 104:13 - buah pekerjaanMu Oleh karena ungkapan Ibrani terasa janggal, maka banyak ahli mengusulkan memperbaiki naskah Ibrani menjadi: buah langitMu, yaitu hujan.

Oleh karena ungkapan Ibrani terasa janggal, maka banyak ahli mengusulkan memperbaiki naskah Ibrani menjadi: buah langitMu, yaitu hujan.

Jerusalem: Mzm 104:14 - untuk diusahakan Terjemahan lain: untuk penggunaan.

Terjemahan lain: untuk penggunaan.

Jerusalem: Mzm 104:16 - pohon-pohon TUHAN Bdk Maz 89:11+

Bdk Maz 89:11+

Jerusalem: Mzm 104:16 - aras di Libanon Bdk Maz 92:13; 29:5+.

Jerusalem: Mzm 104:21 - menuntut Aum singa diartikan sebagai doa yang dipanjatkan kepada TUhan.

Aum singa diartikan sebagai doa yang dipanjatkan kepada TUhan.

Jerusalem: Mzm 104:26 - kapal-kapal Allah juga mengurus macam-macam usaha dan kejuruan manusia. Sementara ahli berpendapat bahwa yang dimaksud bukannya kapal, tetapi binatang-binatang ra...

Allah juga mengurus macam-macam usaha dan kejuruan manusia. Sementara ahli berpendapat bahwa yang dimaksud bukannya kapal, tetapi binatang-binatang raksasa di laut

Jerusalem: Mzm 104:26 - Lewiatan Ialah raksasa purba yang melambangkan samudera purba bdk Maz 104:7+. Tetapi di sini pemazmur agaknya berpikir kepada ikan-ikan besar (ikan paus, hiu d...

Ialah raksasa purba yang melambangkan samudera purba bdk Maz 104:7+. Tetapi di sini pemazmur agaknya berpikir kepada ikan-ikan besar (ikan paus, hiu dsb), bdk Ayu 3:8+; Ayu 40:20+

Jerusalem: Mzm 104:26 - dengannya INi juga dapat diterjemahkan: di dalamnya, yaitu dalam laut Allah menguasai bahkan raksasa yang dahsyat.

INi juga dapat diterjemahkan: di dalamnya, yaitu dalam laut Allah menguasai bahkan raksasa yang dahsyat.

Jerusalem: Mzm 104:29 - menyembunyikan wajahMu Bdk Maz 10:1+; Maz 13:2+; Maz 4:7+.

Jerusalem: Mzm 104:30 - rohMu Ialah daya hidup, milik khusus Allah, Ayu 34:14, yang menjadi asal-usul segala hayat

Ialah daya hidup, milik khusus Allah, Ayu 34:14, yang menjadi asal-usul segala hayat

Jerusalem: Mzm 104:30 - membaharui muka bumi Pemazmur berpikir kepada musim semi waktu berkat hujan yang turun tanah di Palestina menghijau kembali dengan banyak bunga, setelah kering sama sekali...

Pemazmur berpikir kepada musim semi waktu berkat hujan yang turun tanah di Palestina menghijau kembali dengan banyak bunga, setelah kering sama sekali selama musim kemarau.

Jerusalem: Mzm 104:31 - kemuliaan Ialah kekuasaan Tuhan yang menyatakan diri dalam ciptaanNya, bdk Maz 26:8+.

Ialah kekuasaan Tuhan yang menyatakan diri dalam ciptaanNya, bdk Maz 26:8+.

Jerusalem: Mzm 104:32 - berasap Yang dimaksud ialah gunung-gunung api.

Yang dimaksud ialah gunung-gunung api.

Jerusalem: Mzm 104:35 - orang-orang berdosa Bdk Maz 5:11+. Satu-satunya hal buruk di alam ciptaan Allah yang baik, Kej 1:31, ialah dosa yang membangkitkan murka Allah

Bdk Maz 5:11+. Satu-satunya hal buruk di alam ciptaan Allah yang baik, Kej 1:31, ialah dosa yang membangkitkan murka Allah

Jerusalem: Mzm 104:35 - Haleluya Lih Maz 105:1+.

Lih Maz 105:1+.

Ende: Mzm 104:1-35 - -- Mazmur ini menjerupai Maz 103. Allah dipermuliakannja sebagai Pentjipta dan Pengurus semesta alam. Ia adalah besar dan pantas dipudji (Maz 104:1-2), o...

Mazmur ini menjerupai Maz 103. Allah dipermuliakannja sebagai Pentjipta dan Pengurus semesta alam. Ia adalah besar dan pantas dipudji (Maz 104:1-2), oleh sebab Ia mendjadikan alam dengan kuasaNja, hingga machluk2 patuh kepadaNja (Maz 104:2-9,25-26).Akan tetapi Allah djuga memelihara machluk2Nja dengan kebaikan (Maz 104:10-23). Karja Allah itu betul besar sekali (Maz 104:24). Machluk2 tetap tergantung pada PentjiptaNja, jang memberi dan mengambil hidupnja (Maz 104:27-30). Allah jang kuasa dan baik ini patut dipudji oleh si djudjur dan ditakuti oleh si pendosa (Maz 104:31-35).

Ende: Mzm 104:2-9 - -- Pelukisan pentjiptaan ini berdasarkan anggapan Jahudi tentang susunan alam. Pada awal-mula semuanja adalah air, jang meliputi segalanja (Maz 104:6). A...

Pelukisan pentjiptaan ini berdasarkan anggapan Jahudi tentang susunan alam. Pada awal-mula semuanja adalah air, jang meliputi segalanja (Maz 104:6). Air itu dibagi oleh Tuhan atas dua bagian: air diatas langit - jang merupakan sematjam kubah dari-logam dan air dibawah langit, jang dikumpulkan mendjadi lautan (Maz 104:7-9). Diatas langit terdapat gudang2 untuk air-hudjan, saldju, saldju dsb. (Maz 104:3,4,13). Bumi bersandar pada tiang2 (Maz 104:5).

Ende: Mzm 104:2 - Ia Kata kerdja Hibrani disini dan dalam ajat2 jang berikut dapat djuga diterdjemahkan: Engkau jang....

Kata kerdja Hibrani disini dan dalam ajat2 jang berikut dapat djuga diterdjemahkan: Engkau jang....

Ende: Mzm 104:4 - api bernjala ialah halilintar.

ialah halilintar.

Ende: Mzm 104:15 - -- dan Maz 104:15c mungkin adalah tambahan.

dan Maz 104:15c mungkin adalah tambahan.

Ende: Mzm 104:21 - -- Raung2an binatang2 diartikan sebagai suatu doa kepada Allah.

Raung2an binatang2 diartikan sebagai suatu doa kepada Allah.

Ende: Mzm 104:26 - Leviatan adalah suatu binatang dahsjat, naga, (seperti Rahab), jang menurut anggapan kaum kafir dahulu menentangi Pentjipta Alam. Tetapi disini adalah machluk ...

adalah suatu binatang dahsjat, naga, (seperti Rahab), jang menurut anggapan kaum kafir dahulu menentangi Pentjipta Alam. Tetapi disini adalah machluk Allah, jang sama sekali dikuasai olehNja.

Ende: Mzm 104:26 - dengannja Kata Hibrani dapat diterdjemahkan djuga: didalamnja,jakni dalam laut, tempat Leviatan itu bermain.

Kata Hibrani dapat diterdjemahkan djuga: didalamnja,jakni dalam laut, tempat Leviatan itu bermain.

Ende: Mzm 104:30 - ruhMu jaitu ruh Allah sebagai asa kehidupan pada machluk2.

jaitu ruh Allah sebagai asa kehidupan pada machluk2.

Ende: Mzm 104:32 - berasaplah mereka Pengarang ingat akan gunung2 api.

Pengarang ingat akan gunung2 api.

Endetn: Mzm 104:6 - meliputinja Tertulis: "Kauliputinja" (bentuk laki2 jang tiada mungkin).

Tertulis: "Kauliputinja" (bentuk laki2 jang tiada mungkin).

Ref. Silang FULL: Mzm 104:1 - hai jiwaku // dan semarak · hai jiwaku: Mazm 103:22; Mazm 103:22 · dan semarak: Ayub 40:5; Ayub 40:5

· hai jiwaku: Mazm 103:22; [Lihat FULL. Mazm 103:22]

· dan semarak: Ayub 40:5; [Lihat FULL. Ayub 40:5]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:2 - yang berselimutkan // terang // yang membentangkan // langit // seperti tenda · yang berselimutkan: Yes 49:18; Yer 43:12 · terang: Mazm 18:13; 1Tim 6:16 · yang membentangkan: Ayub 9:8; Yer 51:15 · lan...

· yang berselimutkan: Yes 49:18; Yer 43:12

· terang: Mazm 18:13; 1Tim 6:16

· yang membentangkan: Ayub 9:8; Yer 51:15

· langit: Ayub 37:18; Yes 40:22; 42:5; 44:24; Za 12:1

· seperti tenda: Mazm 19:5; [Lihat FULL. Mazm 19:5]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:3 - kamar-kamar loteng-Mu // di air // menjadikan awan-awan // sebagai kendaraan-Mu // sayap angin · kamar-kamar loteng-Mu: Am 9:6 · di air: Mazm 24:2; Mazm 24:2 · menjadikan awan-awan: Ul 33:26; Ul 33:26; Yes 19:1; Nah 1:3 &mid...

· kamar-kamar loteng-Mu: Am 9:6

· di air: Mazm 24:2; [Lihat FULL. Mazm 24:2]

· menjadikan awan-awan: Ul 33:26; [Lihat FULL. Ul 33:26]; Yes 19:1; Nah 1:3

· sebagai kendaraan-Mu: 2Raj 2:11; [Lihat FULL. 2Raj 2:11]

· sayap angin: Mazm 18:11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:4 - sebagai suruhan-suruhan-Mu // yang menyala · sebagai suruhan-suruhan-Mu: Mazm 148:8; Ibr 1:7%& · yang menyala: Kej 3:24; Kej 3:24; 2Raj 2:11

· sebagai suruhan-suruhan-Mu: Mazm 148:8; Ibr 1:7%&

· yang menyala: Kej 3:24; [Lihat FULL. Kej 3:24]; 2Raj 2:11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:5 - mendasarkan bumi // atas tumpuannya · mendasarkan bumi: Kel 31:17; Ayub 26:7; Mazm 24:1-2; 102:26; 121:2 · atas tumpuannya: 1Sam 2:8; 1Sam 2:8

· mendasarkan bumi: Kel 31:17; Ayub 26:7; Mazm 24:1-2; 102:26; 121:2

· atas tumpuannya: 1Sam 2:8; [Lihat FULL. 1Sam 2:8]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:6 - Dengan samudera // telah menyelubunginya // telah naik · Dengan samudera: Kej 1:2; Kej 1:2 · telah menyelubunginya: Kej 7:19 · telah naik: 2Pet 3:6

· Dengan samudera: Kej 1:2; [Lihat FULL. Kej 1:2]

· telah menyelubunginya: Kej 7:19

· telah naik: 2Pet 3:6

Ref. Silang FULL: Mzm 104:7 - Terhadap hardik-Mu // suara guntur-Mu · Terhadap hardik-Mu: Mazm 18:16; Mazm 18:16 · suara guntur-Mu: Kel 9:23; Kel 9:23; Mazm 29:3

· Terhadap hardik-Mu: Mazm 18:16; [Lihat FULL. Mazm 18:16]

· suara guntur-Mu: Kel 9:23; [Lihat FULL. Kel 9:23]; Mazm 29:3

Ref. Silang FULL: Mzm 104:8 - yang Kautetapkan · yang Kautetapkan: Mazm 33:7

· yang Kautetapkan: Mazm 33:7

Ref. Silang FULL: Mzm 104:9 - Batas · Batas: Kej 1:9; Kej 1:9; Mazm 16:6; Mazm 16:6

· Batas: Kej 1:9; [Lihat FULL. Kej 1:9]; Mazm 16:6; [Lihat FULL. Mazm 16:6]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:10 - mata-mata air · mata-mata air: Mazm 107:33; Yes 41:18

· mata-mata air: Mazm 107:33; Yes 41:18

Ref. Silang FULL: Mzm 104:11 - memberi minum // haus keledai-keledai · memberi minum: Mazm 104:13 · haus keledai-keledai: Kej 16:12; Kej 16:12; Yes 32:14; Yer 14:6

· memberi minum: Mazm 104:13

· haus keledai-keledai: Kej 16:12; [Lihat FULL. Kej 16:12]; Yes 32:14; Yer 14:6

Ref. Silang FULL: Mzm 104:12 - di udara // antara daun-daunan · di udara: Mazm 104:17; Mat 8:20 · antara daun-daunan: Mat 13:32

· di udara: Mazm 104:17; Mat 8:20

· antara daun-daunan: Mat 13:32

Ref. Silang FULL: Mzm 104:13 - minum gunung-gunung // dari kamar-kamar // buah pekerjaan-Mu · minum gunung-gunung: Mazm 135:7; 147:8; Yer 10:13; Za 10:1 · dari kamar-kamar: Im 26:4; Im 26:4 · buah pekerjaan-Mu: Am 9:6

· minum gunung-gunung: Mazm 135:7; 147:8; Yer 10:13; Za 10:1

· dari kamar-kamar: Im 26:4; [Lihat FULL. Im 26:4]

· buah pekerjaan-Mu: Am 9:6

Ref. Silang FULL: Mzm 104:14 - yang menumbuhkan // mengeluarkan makanan · yang menumbuhkan: Ayub 38:27; Ayub 38:27; Mazm 147:8 · mengeluarkan makanan: Kej 1:30; Kej 1:30; Ayub 28:5; Ayub 28:5

· yang menumbuhkan: Ayub 38:27; [Lihat FULL. Ayub 38:27]; Mazm 147:8

· mengeluarkan makanan: Kej 1:30; [Lihat FULL. Kej 1:30]; Ayub 28:5; [Lihat FULL. Ayub 28:5]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:15 - dan anggur // karena minyak // yang menyegarkan · dan anggur: Kej 14:18; Kej 14:18; Hak 9:13; Hak 9:13 · karena minyak: Mazm 23:5; 92:11; Luk 7:46 · yang menyegarkan: Ul 8:3; Ul...

· dan anggur: Kej 14:18; [Lihat FULL. Kej 14:18]; Hak 9:13; [Lihat FULL. Hak 9:13]

· karena minyak: Mazm 23:5; 92:11; Luk 7:46

· yang menyegarkan: Ul 8:3; [Lihat FULL. Ul 8:3]; Mat 6:11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:16 - pohon-pohon Tuhan // di Libanon · pohon-pohon Tuhan: Kej 1:11 · di Libanon: Mazm 72:16; Mazm 72:16

· pohon-pohon Tuhan: Kej 1:11

· di Libanon: Mazm 72:16; [Lihat FULL. Mazm 72:16]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:17 - mana burung-burung · mana burung-burung: Mazm 104:12

· mana burung-burung: Mazm 104:12

Ref. Silang FULL: Mzm 104:18 - bagi kambing-kambing // bagi pelanduk · bagi kambing-kambing: Ul 14:5; Ul 14:5 · bagi pelanduk: Ams 30:26

· bagi kambing-kambing: Ul 14:5; [Lihat FULL. Ul 14:5]

· bagi pelanduk: Ams 30:26

Ref. Silang FULL: Mzm 104:19 - penentu waktu // matahari · penentu waktu: Kej 1:14; Kej 1:14 · matahari: Mazm 19:7

· penentu waktu: Kej 1:14; [Lihat FULL. Kej 1:14]

· matahari: Mazm 19:7

Ref. Silang FULL: Mzm 104:20 - mendatangkan gelap // haripun malamlah // binatang hutan · mendatangkan gelap: Yes 45:7; Am 5:8 · haripun malamlah: Mazm 74:16 · binatang hutan: Mazm 50:10; Mazm 50:10

· mendatangkan gelap: Yes 45:7; Am 5:8

· haripun malamlah: Mazm 74:16

· binatang hutan: Mazm 50:10; [Lihat FULL. Mazm 50:10]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:21 - akan mangsa // dari Allah · akan mangsa: Am 3:4 · dari Allah: Mazm 145:15; Yoel 1:20; Mat 6:26; Mat 6:26

· akan mangsa: Am 3:4

· dari Allah: Mazm 145:15; Yoel 1:20; Mat 6:26; [Lihat FULL. Mat 6:26]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:22 - di tempat · di tempat: Ayub 37:8; Ayub 37:8

· di tempat: Ayub 37:8; [Lihat FULL. Ayub 37:8]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:23 - ke pekerjaannya // sampai petang · ke pekerjaannya: Kej 3:19; Kej 3:19 · sampai petang: Hak 19:16

· ke pekerjaannya: Kej 3:19; [Lihat FULL. Kej 3:19]

· sampai petang: Hak 19:16

Ref. Silang FULL: Mzm 104:24 - banyak perbuatan-Mu // sekaliannya Kaujadikan // dengan ciptaan-Mu · banyak perbuatan-Mu: Mazm 40:6 · sekaliannya Kaujadikan: Kej 1:31; Kej 1:31 · dengan ciptaan-Mu: Mazm 24:1; 50:10-11

· banyak perbuatan-Mu: Mazm 40:6

· sekaliannya Kaujadikan: Kej 1:31; [Lihat FULL. Kej 1:31]

· dengan ciptaan-Mu: Mazm 24:1; 50:10-11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:25 - Lihatlah laut // dan besar · Lihatlah laut: Mazm 69:35 · dan besar: Yeh 47:10

· Lihatlah laut: Mazm 69:35

· dan besar: Yeh 47:10

Ref. Silang FULL: Mzm 104:26 - situ kapal-kapal // dan Lewiatan // untuk bermain // dengannya · situ kapal-kapal: Mazm 107:23; Yeh 27:9; Yun 1:3 · dan Lewiatan: Ayub 3:8; Ayub 3:8; Ayub 40:20 · untuk bermain: Ayub 40:15 &m...

· situ kapal-kapal: Mazm 107:23; Yeh 27:9; Yun 1:3

· dan Lewiatan: Ayub 3:8; [Lihat FULL. Ayub 3:8]; Ayub 40:20

· untuk bermain: Ayub 40:15

· dengannya: Kej 1:21; [Lihat FULL. Kej 1:21]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:27 - diberikan makanan · diberikan makanan: Ayub 36:31; Mazm 145:15; 147:9

· diberikan makanan: Ayub 36:31; Mazm 145:15; 147:9

Ref. Silang FULL: Mzm 104:28 - mereka kenyang · mereka kenyang: Mazm 103:5; 145:16; Yes 58:11

· mereka kenyang: Mazm 103:5; 145:16; Yes 58:11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:29 - menyembunyikan wajah-Mu // menjadi debu · menyembunyikan wajah-Mu: Ul 31:17; Ul 31:17 · menjadi debu: Ayub 7:21; Ayub 7:21

· menyembunyikan wajah-Mu: Ul 31:17; [Lihat FULL. Ul 31:17]

· menjadi debu: Ayub 7:21; [Lihat FULL. Ayub 7:21]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:30 - mengirim roh-Mu · mengirim roh-Mu: Kej 1:2; Kej 1:2

· mengirim roh-Mu: Kej 1:2; [Lihat FULL. Kej 1:2]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:31 - kemuliaan Tuhan // karena perbuatan-perbuatan-Nya · kemuliaan Tuhan: Kel 40:35; Mazm 8:2; Rom 11:36; Rom 11:36 · karena perbuatan-perbuatan-Nya: Kej 1:4; Kej 1:4

· kemuliaan Tuhan: Kel 40:35; Mazm 8:2; Rom 11:36; [Lihat FULL. Rom 11:36]

· karena perbuatan-perbuatan-Nya: Kej 1:4; [Lihat FULL. Kej 1:4]

Ref. Silang FULL: Mzm 104:32 - sehingga bergentar // menyentuh gunung-gunung // sehingga berasap · sehingga bergentar: Mazm 97:4; Mazm 97:4 · menyentuh gunung-gunung: Kel 19:18; Kel 19:18 · sehingga berasap: Mazm 144:5

· sehingga bergentar: Mazm 97:4; [Lihat FULL. Mazm 97:4]

· menyentuh gunung-gunung: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]

· sehingga berasap: Mazm 144:5

Ref. Silang FULL: Mzm 104:33 - hendak menyanyi · hendak menyanyi: Kel 15:1; Kel 15:1; Mazm 108:2

· hendak menyanyi: Kel 15:1; [Lihat FULL. Kel 15:1]; Mazm 108:2

Ref. Silang FULL: Mzm 104:34 - hendak bersukacita · hendak bersukacita: Mazm 2:11; Mazm 2:11; Mazm 9:3; 32:11

· hendak bersukacita: Mazm 2:11; [Lihat FULL. Mazm 2:11]; Mazm 9:3; 32:11

Ref. Silang FULL: Mzm 104:35 - Biarlah habis // ada lagi // Haleluya · Biarlah habis: Mazm 37:38 · ada lagi: Ayub 7:10; Ayub 7:10 · Haleluya: Mazm 28:6; 105:45; 106:48

· Biarlah habis: Mazm 37:38

· ada lagi: Ayub 7:10; [Lihat FULL. Ayub 7:10]

· Haleluya: Mazm 28:6; 105:45; 106:48

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mzm 104:1-9 - Keagungan Ilahi Sangatlah mungkin bahwa mazmur ini ditulis oleh satu tangan yang sama, dan pada waktu yang sama dengan mazmur sebelumnya. Sebab begitu mazmur sebelu...

Matthew Henry: Mzm 104:10-18 - Keagungan Ilahi Keagungan Ilahi (104:10-18) Setelah memberikan kemuliaan kepada Allah sebagai pelindung yang berkuasa atas bumi ini, dalam menyelamatkannya dari banj...

Matthew Henry: Mzm 104:19-30 - Keagungan Ilahi Keagungan Ilahi (104:19-30) Di sini kita diajar untuk memuji dan membesarkan Allah, I. Atas peredaran dan pergantian siang malam yang terus-meneru...

Matthew Henry: Mzm 104:31-35 - Keagungan Ilahi Keagungan Ilahi (104:31-35) Si pemazmur menutup renungan ini dengan menyampaikan, I. Pujian kepada Allah, yang terutama dimaksudkan di dalam mazmu...

SH: Mzm 104:1-18 - Kebesaran Allah (Sabtu, 27 Maret 1999) Kebesaran Allah Ketika kita menyaksikan keagungan karya ciptaan Allah, sungguh nyata kebesaran Allah, Sang Pencipta. Kali ini pemazmur memp...

SH: Mzm 104:1-18 - Menikmati alam, memuji Allah (Jumat, 19 April 2002) Menikmati alam, memuji Allah Bersama Mazmur 103, mazmur ini memuji Allah karena perbuatan- perbuatan-Nya. Mazmur 103 mengagungkan kasih dan kemu...

SH: Mzm 104:1-18 - Allah penguasa alam semesta (Selasa, 18 Oktober 2005) Allah penguasa alam semesta Sama seperti otoritas seorang raja yang memberi perintah bawahannya untuk mengelola harta miliknya, maka Allah menya...

SH: Mzm 104:1-35 - Semesta bernyanyi (Jumat, 14 Mei 2010) Semesta bernyanyi Mazmur ini bukanlah tentang Anda dan saya. Mazmur ini tidak berbicara tentang manusia, tetapi tentang Allah dan alam ciptaan- Nya. ...

SH: Mzm 104:1-9 - Kebesaran Tuhan (Minggu, 21 April 2013) Kebesaran Tuhan Mazmur 104, seperti Mazmur 103 mulai dengan ajakan pemazmur kepada jiwanya sendiri untuk memuji Tuhan. Alasan memuji Tuhan diarahkan ...

SH: Mzm 104:1-9 - Pujilah Tuhan karena Dia Besar (Minggu, 7 Mei 2017) Pujilah Tuhan karena Dia Besar Alam merupakan ciptaan Tuhan yang sangat indah. Melalui alam, Tuhan memberikan pengajaran kepada kita mengenai siapaka...

SH: Mzm 104:1-9 - Penyembahan dan Allah yang Transenden (Kamis, 10 September 2020) Penyembahan dan Allah yang Transenden Di tengah zaman yang menjunjung tinggi kesetaraan, banyak orang anti dengan relasi yang sifatnya hierarkis dan ...

SH: Mzm 104:10-18 - Pencipta dan pemelihara (Minggu, 28 April 2013) Pencipta dan pemelihara Adalah kenyataan bahwa di Indonesia ini banyak sarana umum yang berusia pendek.Salah satu penyebabnya, yang biasa ditudingkan...

SH: Mzm 104:10-18 - Pujilah Tuhan karena Ia Baik (Minggu, 14 Mei 2017) Pujilah Tuhan karena Ia Baik Pada umumnya kita mengukur kebaikan Tuhan dengan tolok-ukur dikabulkannya permohonan kita. Tahukah Anda bahwa kebaikan T...

SH: Mzm 104:10-18 - Merawat Alam Adalah Tugas Kita (Jumat, 11 September 2020) Merawat Alam Adalah Tugas Kita Ekoteologi (teologi lingkungan) muncul sebagai kritik terhadap perilaku manusia yang merusak alam tanpa menjaga keseim...

SH: Mzm 104:19-35 - Allah mengatur segala sesuatu (Minggu, 28 Maret 1999) Allah mengatur segala sesuatu Seluruh ciptaan, telah diatur Allah sedemikian rupa hingga masing-masingnya berada pada jalur dan waktu yang telah...

SH: Mzm 104:19-35 - Allah, sang penopang dan pemelihara semesta (Sabtu, 20 April 2002) Allah, sang penopang dan pemelihara semesta Dalam semua agama purba, terdapat kecenderungan untuk menyembah benda-benda alam yang dianggap menen...

SH: Mzm 104:19-35 - Tuhan pemberi hidup (Rabu, 19 Oktober 2005) Tuhan pemberi hidup Tidak satu pun benda ciptaan Tuhan yang tidak memiliki fungsi. Baik benda mati maupun makhluk hidup masing-masing ada gunany...

SH: Mzm 104:19-35 - Merespons karya Allah dengan tepat (Minggu, 5 Mei 2013) Merespons karya Allah dengan tepat Ada tiga dimensi alam ciptaan, yang menggambarkan keagungan Allah, Sang Khalik.Pertama, dimensi ruang yang menjadi...

SH: Mzm 104:19-30 - Allah yang Berotoritas (Minggu, 21 Mei 2017) Allah yang Berotoritas Pemazmur memahami Tuhan adalah Pencipta yang membuat benda-benda penerang di langit. Benda penerang tersebut tidak hanya berfu...

SH: Mzm 104:19-35 - Kedahsyatan Allah yang Mengerikan (Sabtu, 12 September 2020) Kedahsyatan Allah yang Mengerikan Makin canggih teknologi gawai dan aplikasi media sosial yang ada di dalamnya membuat jarak kejahatan dengan kita ma...

SH: Mzm 104:31-35 - Haleluya, Pujilah Tuhan Pencipta (Minggu, 28 Mei 2017) Haleluya, Pujilah Tuhan Pencipta Keindahan alam semesta membuat kita terkagum-kagum. Karena alam raya diciptakan Tuhan dengan sangat teliti, rinci, t...

Utley: Mzm 104:1-4 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:1-41 Pujilah TUHAN, hai jiwaku! TUHAN, Allahku, Engkau sangat besar! Engkau yang berpakaian keagungan dan semarak, 2 ...

Utley: Mzm 104:5-9 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:5-95 yang telah mendasarkan bumi di atas tumpuannya, sehingga takkan goyang untuk seterusnya dan selamanya. 6 Dengan ...

Utley: Mzm 104:10-13 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:10-1310 Engkau yang melepas mata-mata air ke dalam lembah-lembah, mengalir di antara gunung-gunung, 11 memberi minum ...

Utley: Mzm 104:14-17 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:14-1714 Engkau yang menumbuhkan rumput bagi hewan dan tumbuh-tumbuhan untuk diusahakan manusia, yang mengeluarkan mak...

Utley: Mzm 104:18-23 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:18-2318 gunung-gunung tinggi adalah bagi kambing-kambing hutan, bukit-bukit batu adalah tempat perlindungan bagi pela...

Utley: Mzm 104:24-26 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:24-2624 Betapa banyak perbuatan-Mu, ya TUHAN, sekaliannya Kaujadikan dengan kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-...

Utley: Mzm 104:27-30 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:27-3027 Semuanya menantikan Engkau, supaya diberikan makanan pada waktunya. 28 Apabila Engkau memberikannya, mereka m...

Utley: Mzm 104:31-35 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Mazm 104:31-3531 Biarlah kemuliaan TUHAN tetap untuk selama-lamanya, biarlah TUHAN bersukacita karena perbuatan-perbuatan-Nya!...

Topik Teologia: Mzm 104:1 - -- Allah yang Berpribadi Keagungan Allah Ula 3:24 Ula 10:17 Ula 32:3-4 2Sa 7:22 1Ra 8:42 1Ta 16:25 1Ta 29:10-13 Neh 1:5 Neh 8:7 Ayu 33...

Topik Teologia: Mzm 104:2 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:3 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:4 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:5 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:6 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:10 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:11 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:14 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:15 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:16 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:17 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:18 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:19 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:20 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:21 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:24 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:25 - -- Allah yang Berpribadi Keberadaan Allah Didukung oleh Alam Semesta Ayu 12:7-9 Maz 8:2 Maz 19:2-7 Maz 50:6 Maz 69:35 Maz 93:1-4 M...

Topik Teologia: Mzm 104:26 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:27 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:28 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:29 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pujian Pencipta 2Ra 19:15 1Ta 16:25-26 2Ta 2:12...

Topik Teologia: Mzm 104:30 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Roh Kudus Roh yang Memberi Hidup Maz 104:30 Yes 32:15 Yes 44:3-4 Yeh 37:1...

Topik Teologia: Mzm 104:31 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Pemeliharaan Allah Kehidupan...

Topik Teologia: Mzm 104:32 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Alam Semesta Kej 1:1 Neh 9:6 Ayu ...

Topik Teologia: Mzm 104:33 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: Mzm 104:34 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: Mzm 104:35 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Ibr.: Yah) Kel 15:2 Maz 68:...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daud dan orang lain Tema : Doa dan Pujian Tanggal Penulisan: Sebagian besar abad ke-10 hingga ke-5 SM. Latar Belakang...

Full Life: Mazmur (Garis Besar) Garis Besar I. Kitab 1 !!: Mazmur 1-41 (Mazm 1:1-41:13) II. Kitab 2 !!:...

Matthew Henry: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang terbuka salah satu bagian yang paling disukai dan juga paling unggul dari semua bagian Perjanjian Lama. Bahkan, karena beg...

Jerusalem: Mazmur (Pendahuluan Kitab) KITAB MAZMUR PENGANTAR Sama seperti bangsa tetangganya - Mesir, Mesopotamia, Kanaan - demikian juga bangsa Israel sejak awal mula menciptakan sajak-sa...

Ende: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PEMBUKAAN Dengan menerbitkan "Kitab Mazmur" ini, kami mendjadikan suatu pertjobaan terdjemahan Perdjandjian Lama dalam bahasa Indonesia. Kiranj...

BIS: Mazmur (Pendahuluan Kitab) MAZMUR PENGANTAR Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam wa

MAZMUR

PENGANTAR

Buku Mazmur adalah bagian dari Alkitab yang merupakan buku nyanyian dan buku doa. Buku ini dikarang oleh berbagai pujangga dalam waktu yang lama sekali. Nyanyian-nyanyian dan doa-doa ini dikumpulkan oleh orang Israel dan dipakai dalam ibadat mereka, lalu akhirnya dimasukkan ke dalam Alkitab.

Sanjak-sanjak keagamaan ini bermacam ragam: ada nyanyian pujian dan ada nyanyian untuk menyembah Allah; ada doa mohon pertolongan, perlindungan dan penyelamatan; doa mohon ampun; nyanyian syukur atas berkat Allah, permohonan supaya musuh dihukum. Doa-doa ini ada yang bersifat pribadi, ada pula yang bersifat nasional. Beberapa di antaranya menggambarkan perasaan seseorang yang paling dalam, sedangkan lainnya menyatakan kebutuhan dan perasaan seluruh umat Allah.

Mazmur-mazmur dipakai oleh Yesus, dikutip oleh penulis-penulis Perjanjian Baru, dan menjadi buku ibadat yang sangat dihargai oleh Gereja Kristen sejak semula.

Isi

Ke-150 Mazmur dibagi dalam lima kelompok atau buku, sebagai berikut:
  1.  Buku Pertama:
    Mazmur 1:1-41:13
  2.  Buku Kedua !!:
    Mazmur 42:1-72:19
  3.  Buku Ketiga :
    Mazmur 73:1-89:52
  4.  Buku Keempat:
    Mazmur 90:1-106:48
  5.  Buku Kelima :
    Mazmur 107:1-150:6

Ajaran: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/pender

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Mazmur, anggota jemaat mengerti bagaimana hidup dengan penuh pengucapan syukur menghadapi pencobaan/penderitaan dan pentingnya mengakui dosa.

Pendahuluan

Penulis : Kitab Mazmur ditulis oleh banyak orang, di antaranya adalah Raja Daud, Musa, Asaf, Anak-anak Korah, Heman, dan lain-lain. Tetapi Raja Daud merupakan penulis terbanyak.

Isi Kitab: Kitab Mazmur terdiri dari 150 pasal. Isi kitab Mazmur mengungkapkan tanggapan orang-orang beriman kepada Tuhannya, baik dalam bentuk doa atau nyanyian.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mazmur

Pembagian isi Kitab Mazmur

  1. Mazmur pujian terhadap Allah. Contoh: Mazm 8:1-9; 29:1-11; 33:1-22; 68:1-35\ /TB Mazm 100:1-5; 103:1-105:45; 117:1-2\ Mazm 145:1-150:6.
  2. Mazmur pengucapan terimakasih kepada Alla Contoh: Mazm 9:1-20; 18:1-50; 32:1-11; 66:1-20\ /TB Mazm 76:1-12; 116:1-19\\.
  3. Mazmur Pemujaan atas keagungan Allah sebagai raja. Contoh: Mazm 2:1-12; 20:1-9; 21:1-13; 45:1-17; 47:1-9\ /TB Mazm 72:1-20; 93:1-5; 96:1-13; 97:1-12; 98:1-9\ Mazm 99:1-9; 110:1-7; 132:1-18.
  4. Mazmur Permohonan, Ratapan, dan Keluhan. Contoh: Mazm 3:1-8; 6:1-10; 13:1-6; 22:1-31; 25:1-22\ /TB Mazm 31:1-24; 35:1-28; 38:1-22; 39:1-13; 42:1-11\ Mazm 43:1-5; 44:1-26; 51:1-19; 63:1-11; 74:1-23\ /TB Mazm 79:1-13; 80:1-19; 83:1-18; 85:1-13; 86:1-17\ Mazm 102:1-28; 130:1-8; 140:1-143:12.
  5. Mazmur tentang Ziarah. Contoh: Mazm 84:1-12; 120:1-134:3.
  6. Mazmur tentang Sejarah Bangsa Israel. Contoh: Mazm 78:1-72; 95:1-11; 105:1-45; 106:1-48; 114:1-8.
  7. Mazmur tentang keagungan Firman Allah. Contoh: Mazm 119:1-176.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana anak-anak Allah hidup dan berjalan mengikuti Allah.

  2. Kitab Mazmur mengajarkan bagaimana Allah memberkati setiap orang yang mau berpegang/hidup sesuai dengan Firman Allah.

  3. Kitab Mazmur mengungkapkan keagungan Allah sebagai pencipta alam semesta dan sekaligus sebagai pemeliharaannya.

  4. Kitab Mazmur mengajarkan kebesaran dan kemuliaan sifat-sifat Allah.

  5. Kitab Mazmur mengajarkan tentang Allah yang tidak mau bergaul dengan orang-orang yang hidup di dalam perbuatan dosa.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mazmur yang terbanyak?
  2. Apakah isi Kitab Mazmur di dalam pembagiannya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dalam mempelajari Kita Mazmur?

Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) Pujian dan ucapan syukur BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKANMazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang d

Pujian dan ucapan syukur

BAGAIMANA MAZMUR DIKUMPULKAN
Mazmur merupakan kumpulan puji-pujian dan doa yang dikumpulkan selama kurun waktu yang panjang dalam sejarah umat Israel, paling tidak sejak zaman Daud sampai sesudah pembuangan ke Babel. Kita boleh juga menamakannya sebagai 'kumpulan dari kumpulan-kumpulan', sebab seratus lima puluh mazmur itu dibagi dalam lima buku: Maz 1:1-41:13; Maz 42:1-72:20; Maz 73:1-89:52; Maz 90:1-106:48; Maz 107:1-150:6. Walaupun para ahli Alkitab melihat adanya beberapa perbedaan dalam kelompok-kelompok Mazmur ini, tetapi itu jelas bukan mengenai isi pokoknya. Lain dengan buku nyanyian kita, Mazmur berisi doa dan ucapan syukur, permohonan dan puji-pujian yang tidak beraturan urutannya. Beberapa Mazmur ditulis lebih dari satu kali, Sebagai contoh, Mazmur 14 = Mazmur 53; Mazmur 60:5-12 = Mazmur 108:6-13; Mazmur 14 = Mazmur 40:13-17. Kita menemukan beberapa Mazmur yang diulang dalam kitab- kitab lain dalam Perjanjian Lama, dan kita juga menemukan Mazmur yang tidak berada dalam kumpulan utama. Dalam penelitian ini kita akan mengelompokkan mazmur-mazmur berdasarkan pokok yang berbeda, dan melihat apa saja yang dapat kita pelajari darinya dewasa ini.

PUISI IBRANI
Sebagian besar puisi masa kini bersanjak, tetapi tidak demikian halnya dengan puisi Israel kuno. Para penyair cenderung untuk membandingkan suatu ungkapan dengan ungkapan yang lain, kadang-kadang hal yang sama diulang dengan cara yang berbeda, kadangkala dengan kebalikannya. Sebagai contoh, lihatlah Mazmur 146:3: "Janganlah percaya kepada para bangsawan,
kepada anak manusia yang tidak dapat memberikan keselamatan."
Atau Mazmur 11:5:
"Tuhan menguji orang benar dan orang fasik,
dan Ia membenci orang yang mencintai kekerasan."
Kadang pemikiran itu dilanjutkan dalam ayat berikutnya.
Puisi semacam ini tidak terlalu banyak kehilangan arti pada waktu diterjemahkan ke dalam bahasa lain dan ini berarti bahwa kita tetap dapat menikmatinya pada masa kini. Beberapa pemazmur mulai menulis setiap baris atau sejumlah baris dengan huruf yang sama. Mazmur 119 memakai hampir seluruh alfabet Ibrani dengan cara ini.

MAZMUR DAN PENYEMBAHAN
Sejumlah besar mazmur pada mulanya merupakan doa-doa atau puji-pujian pribadi, tetapi banyak yang kemudian ditulis untuk penyembahan umum. Ada yang ditujukan untuk pemimpin biduan atau untuk para penyanyi Rumah Tuhan seperti 'bani korah'. Mazmur-mazmur itu dipakai untuk upacara penyembahan di Rumah Tuhan, terutama pada waktu diadakan upacara-upacara besar. Seperti halnya buku nyanyian kita yang berisi beraneka macam pujian yang ditulis oleh penggubah yang berbeda-beda, pada tempat dan situasi yang berbeda pula, Mazmur berisi penyembahan bangsa Israel sepanjang zaman.

Pesan

1. Allah harus disembah
o Oleh karena siapa Dia: Allah adalah Raja yang besar dan berkuasa, yang wilayah kekuasaan-Nya menjangkau seluruh dunia. Ia dapat bertindak menurut kehendak-Nya dan apapun tidak dapat menghalang-halangi rencana-Nya. Dibandingkan dengan Dia, ilah-ilah lain bukan apa-apa. Maz 24:7-10; 29:1-11; 47:8,9; 93:1-4; 99:1,2; 113:1-6; 135:5,6; 145:10-13.
Dia kudus dan benar dalam menangani umat-Nya, laki-laki dan perempuan. Oleh karenanya, Dia menghakimi semua orang dan tidak seorang pun terluput dari penghakiman-Nya.Maz 33:4,5; 75:7; 76:7-9; 96:10-13; 97:6; 99:3-5; 105:7
Dia penuh kasih dan memperhatikan semua orang. Dia terutama membela yang lemah dan tak berdaya, dan sudah tentu, umat kepunyaan-Nya, Israel. Sementara itu, Dia baik kepada semua orang, dan umat-Nya laki-laki dan perempuan dapat selalu bergantung pada kasih-Nya. Maz 33:18, 19,22; 68:5,6; 100:5; 108:4; 113:7-9; 117:1,2; 136:1-26; 145:8,9; 146:5-9
o Oleh karena apa yang telah dijadikan-Nya: Allah telah menciptakan dunia dengan segala isinya. Dia melakukan dengan penuh kuasa, tetapi dengan santai. Keberadaan segala sesuatu adalah karena Dia. Maz 24:1,2;33:6-9; 65:5-8; 95:1-5; 135:5-7; 136:4-9; 147:4,5
Dia tidak hanya menciptakan segala sesuatu, tetapi Dia juga memenuhi segala kebutuhan mereka. Dia menjaga kelangsungan dunia dengan kuasa-Nya. Maz 65:9-13; 67:6,7; 104:1-35; 111:5; 146:5-7; 147:8,9
Sudah tentu termasuk di sini, manusia sendiri, kecil tak berdaya, namun menjadi mahkota dari segala ciptaan Allah. Maz 8:3-9; 95:6,7; 100:3
o Oleh karena apa yang telah dilakukan-Nya: Dia membuat Israel menjadi bangsa kepunyaan-Nya dengan membebaskan mereka dari Mesir dan memimpin mereka melalui padang belantara menuju tanah Perjanjian Kanaan. Dia mengusir musuh-musih yang mengejar mereka. Maz 68:7-18; 81:1-10; 99:6-8; 105:1-45; 114:1-8; 135:8-12; 136:10-25
Dia terus memberikan kepada umat-Nya kemenangan melawan musuh yang mengancam mereka. Maz 33:10-19; 46:6-11; 76:1-12

2. Puji-pujian membawa kita:
o Untuk percaya: Jika Allah sungguh besar dan penuh kasih, dan jika dia telah menolong umat-Nya di masa lampau, maka Dia dapat dan mau menyelamatkan mereka dari kesesakan pada saat ini; apapun bentuknya. Maz 24:3-5; 29:11; 33:18-22; 46:1-11; 97:10-12; 108:7-13; 115:9-15
o Untuk berdoa: Inilah cara umat Allah untuk secara alamiah menyatakan kepercayaan mereka kepada-Nya. Mereka membawa segala kebutuhan mereka ke dalam doa. Maz 67:1,2; 68:28; 106:4,5; 108:6,12,13; 122:6-9
o Untuk bertanggung jawab: Memuji Allah dengan kata-kata saja tidaklah cukup; kita harus memuji Dia dengan kehidupan yang dipakai untuk pelayanan-Nya. Kita harus memenuhi janji-janji yang kita buat terhadap-Nya. Maz 65:1,2; 76:11; 81:8-10; 95:7-11

Penerapan

1. Allah sungguh luar biasa
Kita tidak dapat mengukur kekuasaan dan kekuatan-Nya. Dunia dengan segala seluk-beluknya, termasuk segala masalah yang dihadapi umat manusia dan bangsa-bangsa, semuanya berada di bawah kekuasaan-Nya. Segala sesuatu yang kita miliki dan apapun kedudukan kita, semua itu datang dari-Nya. Oleh karena itu:
o Kita merasa betapa kecil dan tidak berarti kita bila memikirkan siapa Dia.
o Kita patut memuji, menyembah dan bersyukur kepada-Nya baik dengan bibir maupun dengan kehidupan kita.

2. Allah penuh perhatian
Dia mengasihi ciptaan-Nya dan memenuhi segala kebutuhan mereka. Dengan kuasa-Nya yang besar Dia memilih suatu bangsa bagi diri-Nya, membebaskan mereka dan memberi mereka warisan. Oleh karena itu:
o Kita tahu bahwa kita dapat mengandalkan Dia untuk memenuhi segala kebutuhan kita.
o Kita dapat berharap pada-Nya untuk bertindak atas nama umat kepunyaan-Nya.

3. Allah itu baik
Kendati kebesaran-Nya luar biasa, Dia secara sukarela memberi dengan berlimpah. Dia ingin supaya kita mendapat yang terbaik dan Dia bertanggung jawab atas kesejahteraan kita. Oleh karena itu:
o Kita menyembah Dia dengan penuh sukacita dan kegembiraan dan tidak semata-mata sebagai suatu kewajiban.
o Kita mendapatkan kepuasan yang mendalam pada saat kita menaikkan pujian dan kemulian yang patut diterima-Nya.

Tema-tema Kunci

1. Penyembahan
Berulangkali kita diundang untuk ikut ambil bagian dalam menyembah Dia, yaitu dengan menaikkan pujian dan pujaan yang layak diterima-Nya. Apa yang dapat kita simak dari contoh-contoh ayat berikut mengenai penyembahan yang benar? Maz 24:3,4; 29:1,2; 33:1-3; 47:1,6,7; 75:1,9; 95:1,2,6; 96:1-3; 98:1,4-6; 99:5,9; 100:4; 105:4; 147:1; 150:1-6.

2. Umat Allah
Merekalah yang melakukan penyembahan. Allah memilih mereka untuk menjadi umat kepunyaan-Nya, dan berjanji untuk melindungi mereka. Oleh karena salib, setiap orang yang percaya kepada Yesus Kristus sekarang dapat menikmati anugerah ini. Lihat Maz 33:12; 47:4; 48:14; 105:7-15; 135:4. Di sana-sini kita dapat secara sekilas melihat bangsa-bangsa yang menyembah Allah. Maz 68:29,31-33; 113:1-4; 117:1; 148:7-12.

3. Sion dan Rumah Tuhan
Yerusalem dan Rumah Allah merupakan pusat penyembahan orang Israel, dan umat Allah akan berziarah ke sana untuk memuliakan-Nya. Maz 24:3; 46:4,5; 46:4,5; 48:1-3,8,9,11-14; 87:1-7; 122:1-9;147:12-14. Oleh karena Roh Kristus ada di mana-mana, penyembahan kita tidak terikat pada suatu tempat atau bangunan tertentu, tetapi kita dapat merasakan sukacita pada saat kita bersekutu untuk menyembah Allah. Tidaklah mengherankan bahwa dalam Perjanjian Baru, Sion, kota Suci, menjadi gambaran tentang surga. Lihat Ibrani 12:22-24; Wahyu 21:1-22:5

MAZMUR (2)

Pada saat mengalami kesusahan

TAKDIR KITA SEBAGAI MANUSIA
Para pemazmur tidak terluput dari penderitaan manusiawi dalam segala bentuknya. Baik itu mengenai raja yang mencoba untuk memerintah negerinya, menghadapi musuh-musuh atau persekongkolan, ataupun yang dialami oleh masing-masing pemazmur, segala kesusahan dan doa-doa mereka dicatat untuk kita. Ada kalanya mereka berbicara atas nama seluruh bangsa; pada kesempatan lain mereka menumpahkan segala keluh-kesah mereka kepada Dia, satu-satunya yang tampak mau mendengarkan. Walaupun kadang penderitaan mereka itu semata-mata disebabkan oleh dosa-dosa mereka sendiri, tetapi pada saat-saat lain penderitaan itu tampaknya tidak adil. Allah telah berjanji untuk meberkati dan memberi kemakmuran kepada mereka yang mengasihi dan menaati-Nya. Lalu, mengapa justru sebaliknya yang terjadi, yaitu mereka harus menderita sedangkan yang jahat hidup dalam kemakmuran? Masalah lain timbul pada saat mereka jatuh sakit atau pada waktu hidup mereka dalam keadaan bahaya. Perjanjian Lama jarang sekali berbicara mengenai kehidupan sesudah mati, saat Allah meluruskan hal-hal yang tidak sesuai dengan kebenaran di dunia ini. Kehidupan di alam baka-tempat orang mati-jauh dari kehidupan nyata dan tidak menarik. Oleh karena itu, anugerah dan hukuman harus berlaku di dunia ini dan saat ini juga. Dapat Anda bayangkan bagaimana perasaan mereka ketika hal itu tidak terjadi demikian.

JERITAN PEMBALASAN?
Walaupun demikian, para pemazmur yakin bahwa karena Allah itu adil, Dia akan menghukum orang yang berdosa dan membenarkan umat-Nya. Di sinilah kita menghadapi masalah tentang apa yang sering mereka doakan bagi musuh-musuh mereka. Tidak ada kasih dan pengampunan. Ada yang begitu buruk bagi mereka yang menentang orang yang benar; yang hampir tidak mencerminkan kekristenan. Kita juga sukar untuk menerima apa yang kelihatannya sebagai pembenaran diri pada waktu mereka menyampaikan permohonan mereka kepada Allah. Bagaimana kita mengerti hal ini dilihat dari sudut pandang Kristen? Pertama-tama, kita perlu mencatat bahwa mereka tidak membual mengenai kebenaran mereka seperti orang-orang Farisi dalam kitab injil. Sepanjang yang mereka ketahui, mereka selalu setia kepada Allah, dan mereka tidak mengerti mengapa mereka harus menderita. Perlu diingat bahwa para pemazmur tidak mempunyai gambaran mengenai penghakiman Allah yang akan datang. Pembalasan Allah yang mereka ketahui adalah pada waktu mereka masih hidup, ketika terjadi kekejaman dan kehausan darah. Yang kedua, kita harus ingat bahwa dengan melawan umat Allah, berarti musuh-musuh itu menentang Allah. Dalam perjanjian Baru kita diajar untuk mengasihi musuh-musuh kita, tetapi kita juga diyakinkan bahwa Allah akan menghakimi orang-orang berdosa. Fakta bahwa dosa patut mendapat hukuman tidak pernah diabaikan.

ORANG TIDAK BERDOSA MENDERITA
Masalah mengenai penderitaan yang tidak seharusnya diterima, dan memohon pembenaran dari Allah, membawa kita kepada kasus Yesus Kristus yang luar biasa. Tidak salah lagi bahwa banyak dari mazmur ini, yang ditulis pada saat-saat kesusahan, selalu diingat pada waktu kisah-Nya diceritakan.

Pesan

1. Segala macam kesusahan Sedemikian jauh masalah yang sering dibawa oleh pemazmur kepada Allah ialah tantangan dari musuh-musuh mereka. Ini kadang-kadang berarti musuh bangsa Israel; raja-raja dan bangsa-bangsa lain yang mengancam umat Allah. Seringkali mereka adalah musuh pribadi, yang karena ambisi, iri hati dan kebencian, ingin membinasakan pemazmur. Maz 12:1-4; 14:1-4; 17:10-12; 22:12-16; 55:9-14; 64:1-6; 74:3-8; 79:1-4; 83:1-8; 94:4-7; 109:1-5; 137:7; 140:1-5. Pada beberapa peristiwa para penulis Mazmur tahu bahwa penderitaan mereka disebabkan oleh dosa yang harus mereka akui terlebih dahulu jika mereka berharap untuk mendapat berkat Allah. Maz 25:6,7,11; 38:4,18; 51:1- 19; 69:5; 130:3,4. Salah satu alasan mengapa mazmur-mazmur khusus ini telah menjadi semacam pertolongan bagi banyak hal adalah karena mereka tidak sembunyi-sembunyi dalam memaparkan kesedihan, kesakitan dan kesengsaraan pribadi. Maz 25:16-18; 38:1-22; 42:1-11; 69:1-3; 109:22-25.

2. Kesusahan menjadi doa
o Untuk keadilan, terutama supaya Allah terlihat berada di pihak orang baik, dan bahwa Dia akan membenarkan umat kepunyaan-Nya. Maz 7:3-9; 17:1-5; 35:11-17, 22-26; 94:1-3; 140:12,13
o Untuk kemenangan, supaya musuh tahu bahwa Allah membela umat-Nya. Maz 3:7,8; 35:1-3; 60:1-5.
o Untuk pimpinan, sehingga pemazmur dapat mengetahui kehendak Allah dalam saat-saat yang sulit. Maz 5:8; 25:4,5; 86:11; 143:8,10.
o Untuk kesembuhan, terutama sehubungan dengan pendeknya hidup kita di dunia ini. Maz 6:1-7; 31:9-13.
o Untuk perlindungan, supaya Allah dapat membuktikan bahwa Dia adalah pelindung pemazmur. Maz 11:1; 31:1-5; 61:1-4; 142:5.
o Untuk pengampunan, sehingga tidak ada yang menghalangi hubungan antara Allah dan hamba-Nya. Maz 25:11,18; 51:1,2,7,9,10; 79:8,9.
o Untuk pemulihan bangsa, supaya orang melihat dan tahu bahwa Tuhan mempunyai suatu perjanjian istimewa dengan umat-Nya, Israel. Maz 14:7; 25:22; 51:18,19; 79:1-13; 80:1-19; 85:1-13

3. Allah akan menjawab
o Dia adalah Allah yang mengasihi dan membela umat kepunyaan-Nya; yang meberi kekuatan kepada yang lemah dan yang menolong orang yang tak berdaya. Maz 17:7-9; 51:1; 62:5-8; 85:7-13; 109:21,26; 143:1.
o Dia telah melakukannya di masa lampau; kita boleh yakin bahwa Dia akan melakukan lagi. Maz 22:3-5; 77:13-20.
o Karena mereka sungguh percaya, doa-doa yang dimulai dengan cerita sedih seringkali berakhir dengan pujian kepada dia yang mereka ketahui akan bertindak untuk dan menyelamatkan mereka. Maz 7:17; 13:5,6; 28:6,7; 56:10-13; 69:30-36;109:30,31.

Penerapan

1. Kesusahan dialami oleh semua orang Umat Allah tidak terluput dari berbagai macam kesusahan. Bergantung kepada Allah bukan suatu jaminan untuk kehidupan yang mudah. Kenyataannya, dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini, orang yang tidak berdosa sering menderita dan orang yang tidak bertuhan berada di puncak.

2. Ceritakanlah semuanya kepada Allah Kita dapat bersikap jujur dan terbuka terhadap Allah apabila kita membagi kesakitan, kekecewaan dan kesedihan kita dengan Dia. Dia mendengar dan mengerti, bahkan pada waktu orang lain tidak.

3. Allah telah berjanji Allah telah berjanji untuk menolong umat kepunyaan-Nya. Dia mengasihi dan setia kepada perjanjian-Nya yang istimewa dengan umat-Nya.

4. Doa akan dijawab Walaupun kelihatannya Allah tidak menjawab doa-doa kita, Dia adil dan pada suatu ketika Dia akan menghakimi orang yang jahat dan menunjukkan bahwa mereka yang percaya kepada-Nya akan dibenarkan.

5. Kesempatan yang Allah berikan Saat-saat sukar menjadi saat-saat untuk bergantung dan membuktikan kasih Allah secara baru dan lebih mendalam. Apabila segalanya berjalan lancar, kita cenderung untuk bergantung kepada kemampuan kita sendiri.

6. Memuji Allah pada waktu berada dalam kesusahan Dengan mengetahui siapa Allah, mereka yang percaya kepada-Nya dapat memuji Dia bahkan pada saat segala sesuatu tidak berjalan sesuai dengan rencana. Walaupun kita dapat berubah, tetapi Dia tak pernah berubah.

Tema-tema Kunci

1. Doa yang tidak dijawab Satu masalah yang sering timbul dalam mazmur-mazmur ini ialah kenyataannya bahwa Allah tampaknya tidak selalu mendengar atau menjawab doa-doa kita. Pada saat-saat seperti ini mungkin kita tergoda untuk meragukan kuasa atau kasih-Nya. Carilah ayat-ayat berikut dan lihatlah apa yang dilakukan oleh para pemazmur: Maz 10:1-18; 13:1-6; 22:1-5; 42:1-11; 73:1-20; 77:1-20.

2. Hidup ini singkat Pada waktu mengalami kesusahan, terutama pada waktu kehidupan mereka terancam, para pemazmur mengingatkan kita bahwa hidup di dunia ini tidaklah lama. walaupun kita sudah diberi petunjuk lebih jelas daripada mereka bahwa hidup kita di dunia ini bukanlah segalanya, kita diingatkan untuk mempergunakan kesempatan yang ada selagi kita masih bisa. Lihat Maz 39:4-6,12,13; 88:3-12; 90:3-12; 102:3-11, 23-28.

3. Penghiburan di dalam Allah Dalam dunia yang selalu berubah ini, dengan teman-teman yang selalu berganti dan keadaan yang menakutkan, mazmur-mazmur ini berulangkali mengingatkan kita bahwa Allah selalu sama. Kita dapat berlari dan berlindung pada-Nya pada waktu kita merasa terancam atau kesepian atau putus asa. Lihat Maz 17:15; 38:9; 39:7; 73:21-28; 94:18,19.

MAZMUR (3)

Tentang kesaksian, hidup tak bercela dan raja

KEHIDUPAN YANG BAIK
Dalam mazmur kita berulang kali diingatkan tentang hak istimewa menjadi milik Allah dan hidup untuk Dia. Kadangkala peringatan itu dalam bentuk kesaksian, yaitu ketika pemazmur menyaksikan kebaikan Allah dan ingin membagikannya kepada orang lain. Dalam mazmur lain kita diajar tentang bagaimana menjalani kehidupan yang menyenangkan dan memuliakan Allah. Di sini pemazmur memakai kebijaksanaan praktis yang telah dihimpunnya untuk mengajar orang lain tentang jalan-jalan Allah.

JUDUL MAZMUR
Banyak mazmur berjudul seperti "Mazmur Daud", atau "untuk pemimpin biduan". Hal ini dapat memberikan kepada kita petunjuk tentang kapan dan mengapa mazmur-mazmur itu ditulis. Lebih dari tujuh puluh mazmur dianggap berasal dari Daud; beberapa di antaranya berhubungan dengan kejadian yang dialaminya. Ini mungkin berarti bahwa Daud menulis semua itu, walaupun kata-kata itu mungkin berarti "untuk Daud" atau bahkan "untuk raja"; karena raja berasal dari keluarga Daud. Selebihnya mungkin merupakan bagian dari berbagai kumpulan mazmur yang dinyanyikan oleh paduan suara Bait Allah.

RAJA DAN BANGSA
Pembagian kita tentang mazmur mengenai raja agak kurang tepat, karena sebagian besar mazmur lainnya juga berasal dari raja. Sebenarnya, karena raja mewakili bangsanya, ia sering berbicara untuk seluruh rakyatnya dan bukan hanya untuk dirinya sendiri. Allah membuat suatu perjanjian istimewa dengan Daud dan keturunannya (lihat 2Sa 7:1-29). Mereka memerintah rakyat atas nama-Nya. Mereka diperintahkan untuk mengasihi dan berlaku adil, sementara itu Allah sendiri berjanji akan mendampingi mereka dalam pergumulan mereka dan memberkati pemerintahan mereka.

RAJA YANG AKAN DATANG
Seluruh raja Israel, termasuk Daud, gagal untuk hidup sesuai dengan standar yang diminta. Beberapa raja lebih baik daripada yang lain; beberapa dengan terang-terangan meninggalkan Allah dan menyembah ilah-ilah lain. Ini merupakan salah satu sebab mengapa Allah pada akhirnya menghukum seluruh bangsa dengan mengusir mereka dari negeri mereka sendiri. Walau demikian, melalui hal itu pengharapan mulai timbul; bahwa pada suatu hari seorang Raja yang dicita-citakan akan datang. Oleh karena raja-raja diurapi dengan "minyak", Raja yang akan datang ini dikenal sebagai "yang diurapi" (dalam bahasa Ibrani, "Mesias"; dan dalam bahasa Yunani, "Kristus"). Pada masa Perjanjian Baru, ketika negeri Israel diduduki oleh bangsa Romawi, rakyat sangat merindukan kedatangan-Nya. Oleh karena itulah mereka menyambut Yesus sebagai "Anak Daud" (Mat 21:9). Jelas bahwa Yesus menjadi Raja dengan cara yang berbeda dengan apa yang mereka harapkan. Setelah kebangkitan-Nya, para pengikut Yesus mulai melihat bahwa banyak dari mazmur mengenai raja ditujukan kepada Dia, dan bahwa khususnya pada waktu kedatangan-Nya kembali, Dia akan menggenapi semua gambaran yang ideal sebagai Raja Allah.

Pesan

1. Kehidupan yang baik
Orang benar yang sejati menjalani kehidupan yang baik, sebab ia tahu bahwa Allah baik, dan bahwa Allah menghendaki tingkah laku seperti itu Maz 15:2-5; 19:14; 101:2-6. Ia sungguh-sungguh bertekad untuk patuh pada perintah Allah. Takut kepada Tuhan, perasaan bahwa kehidupannya tidak terlepas dari pandangan Allah mengendalikan segala tindak-tanduknya Maz 1:2; 19:1-11; 37:31; 112:1; 119:1-176; 128:1. Ia juga tahu bahwa Allah akan menghakimi segala tindakan orang, laki-laki maupun perempuan Maz 1:5; 50:6; 82:1,8. Hidup tanpa cela berarti bertekad untuk menghindar dari segala yang jahat. Juga berarti tidak bergaul dengan orang-orang yang tidak taat kepada perintah Allah. Sebaliknya, orang yang saleh mencari sahabat di antara mereka yang menempatkan Allah di atas segalanya Maz 1:1; 26:4,5; 37:8,27; 10:3-8.

2. Kesaksian
Fakta bahwa Allah itu baik dan setia dirasakan sebagai pengalaman pribadi oleh orang yang percaya kepada-Nya. Manakala mereka datang kepada-Nya pada waktu mengalami kesesakan, Dia mendengar dan menjawab doa-doa mereka. Ini membangkitkan pujian dan rasa syukur Maz 30:1,4; 34:1-3; 40:1-2; 103:1-3; 107:1-43; 118:1-4. Ketika Allah menjawab doa seperti ini, hal itu mendorong kita untuk menceritakan kepada orang lain apa yang telah dilakukan-Nya, sehingga mereka juga dapat membuktikan kasih-Nya Maz 9:1,11; 40:9-10; 66:16-19; 107:2-3. Lebih dari itu, hal ini membuat pemazmur memperbarui ketaatannya dan berharap bahwa Allah akan menjawab doa-doa mereka yang lain. Kesaksian menjadi permohonan. Maz 40:6-8; 116:12-19; 27:7-12; 40:11-17; 126:4- 5.

3. Raja
Hal yang istimewa mengenai raja Israel ialah bahwa sebagai keturunan Daud, Allah sendiri yang mengangkatnya untuk memangku jabatan tersebut. Baik rakyat maupun raja percaya kepada janji Allah bahwa keluarga Daud akan memerintah untuk selamanya. Oleh sebab itu, raja dianggap sebagai anak angkat Allah Maz 2:1-11; 18:50; 72:17; 89:1-4,19-37; 132:1-5,10-12,17,18. Penting sekali bahwa raja tidak boleh menyalahgunakan wewenangnya. Tugasnya ialah untuk memerintah umat Allah dengan adil dan bijaksana, di samping memimpin mereka untuk berperang melawan musuh-musuh mereka. Maz 18:20-26; 45:7; 72:1-4,7,12-14; 89:14,30-32. Raja yang harus memenuhi kewajiban-kewajiban ini tidak perlu takut. Allah berjanji untuk berperang atas namanya, memberikan masa pemerintahan yang panjang, dan memberkati segala yang dilakukannya. Allah membuat raja yang setia menjadi besar sebaliknya kebesaran dan kemasyhuran raja membawa kemuliaan bagi Allah. Maz 2:4-9; 18:1-50; 21:1-13; 110:1,2,5-7.

Penerapan

1. Raja pilihan Allah memerintah
Gambaran ideal mengenai seorang raja dalam mazmur-mazmur ini, yang tidak pernah digenapi dalam sejarah umat Israel, mengarahkan kita kepada Yesus Kristus. Oleh karena Dia adalah Putra Allah, yang telah bangkit dari kematian dan duduk di sebelah kanan Allah, Dia memenuhi syarat sebagai Raja yang akan memerintah untuk selamanya dan yang kerajaan-Nya meliputi seluruh dunia. Dia sudah bertakhta di surga, tetapi pada suatu hari Dia akan kembali dengan kemuliaan untuk membangun pemerintahan yang benar di atas bumi ini. Pada hari itu semua gambaran tentang kemuliaan Raja akan menjadi nyata dan benar.

2. Allah menghendaki ketaatan
Jika anak Allah berkuasa, maka kita harus taat kepada pemerintahan-Nya di sini dan sekarang ini. Ini berarti kita harus menanggapi firman Allah dengan sungguh-sungguh dan melakukannya dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal ini dapat juga berarti bahwa kita harus mengurangi beberapa kegiatan yang sedang kita lakukan. Jelaslah ini berarti menyelaraskan hidup kita dengan kehendak Allah bagi kita. Namun demikian, oleh karena kita tahu tentang kebaikan Allah kepada mereka yang menghormati Dia, maka ketaatan bukan menjadi kewajiban yang berat tetapi malah merupakan suatu kegembiraan dan sukacita.

3. Allah adalah perlindungan kita Bila kita menaati Allah, kita juga akan mengalami kuasa-Nya di dalam hidup kita. Kita akan belajar untuk berlindung kepada-Nya pada masa-masa sulit dan bahaya. Kita akan mengalami bahwa Dia dapat menjawab doa-doa kita dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan kita. Kebenaran ini patut diceritakan agar orang lain dapat mengenal Allah dalam hal yang sama pula. Usul yang diberikan secara pribadi adalah kesaksian yang paling berpengaruh.

Tema-tema Kunci

1. Berkat Allah
Banyak yang dapat kita baca dalam mazmur mengenai apa yang dapat Allah lakukan bagi orang percaya kepada-Nya. Dia memberikan kepada mereka perlindungan, kemenangan, pembenaran, pimpinan, sukacita, kehidupan, kekuatan, dan pengampunan. Lihatlah bagaimana tema-tema di atas terkandung dalam kumpulan ayat-ayat berikut: Maz 1:3; 9:3,4,9,10; 16:7,8; 18:16-18,29-36,50; 27:11; 32:1-5; 34:4-10,15-22; 37:3-6,23-26; 46:1-11; 52:8,9; 66:5-12; 91:1-16; 103:1-5,8-18; 112:1-10; 118:5-7; 128:1-6; 144:1,2.

2. Pemerintahan raja bersifat universal
Raja pilihan Allah akan memerintah atas seluruh ciptaan-Nya (Maz 2:8-11; 72:8-11,17; 89:27). Hal ini akan menjadi kenyataan pada saat Kristus datang kembali, tetapi apa hubungannya dengan pemberitaan kabar baik ke seluruh dunia sekarang ini?

3. Janji dan penggenapan
Pada waktu para penulis Perjanjian Baru ingin menggambarkan kemuliaan Tuhan kita Yesus Kristus, mereka sering memakai Kitab Mazmur. Hal ini mungkin karena Yesus sendiri sudah mengarahkannya ke situ. Lihat Mazmur 2 dalam Kis 4:25,26; 13:33; Ibr 1:5; 5:5; Wah 2:26,27; 19:15. Maz 18:49 dalam Rom 15:9. Maz 45:6,7 dalam Ibr 1:8,9. Maz 89 dalam Kis 2:30; Wah 1:5. Maz 110 dalam Mar 12:36; 14:62; 16:19; Kis 2:34,35; 1Ko 15:25; Efe 1:20-22; Kol 3:1; Ibr 1:3,13; 5:6; 8:1; 10:12,13; 12:2. Maz 132 dalam Kis 2:30.

Garis Besar Intisari: Mazmur (Pendahuluan Kitab) [1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR Maz 8Apakah manusia itu? Maz 24 Raja kemuliaan Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya! Maz 33Alla

[1] MAZMUR PUJI-PUJIAN DAN UPACARA SYUKUR

Maz 8Apakah manusia itu?
Maz 24 Raja kemuliaan
Maz 29Beri kepada Allah hak-Nya!
Maz 33Allah di atas segalanya
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 47Nyanyikanlah pujian bagi Allah kita
Maz 48Allah dan kota-Nya
Maz 65Ucapan syukur atas panen
Maz 67Allah kita telah memberkati kita
Maz 68Kemurahan dan kemuliaan
Maz 75Allah berkuasa
Maz 76Allah yang ditakuti
Maz 81Belajar dari apa yang telah dilakukan Allah
Maz 87Sion, kota Allah kita
Maz 93Tuhan di tempat yang tinggi itu berkuasa
Maz 95Marilah kita menyembah dan bersujud
Maz 96Hakim segera datang!
Maz 97Allah mengasihi milik kepunyaan-Nya
Maz 98Bersorak-sorailah dengan penuh kegembiraan kepada Tuhan
Maz 99Tuhan memerintah
Maz 100Tuhan itu baik
Maz 104Allah yang menciptakan semua
Maz 105Allah membebaskan umat-Nya
Maz 108(Maz 57; Maz 60) Dialah yang memberi kemenangan
Maz 111Pekerjaan Allah luar biasa
Maz 113Siapakah yang menyamai Tuhan Allah kita?
Maz 114Ketika laut berhenti mengalir
Maz 115Allah kita melakukan apa yang dikehendaki-Nya
Maz 117Pujilah Dia, hai setiap orang
Maz 122Kota suci
Maz 133Ketika semua orang diikat dalam kasih persaudaraan
Maz 134Datang, pujilah Tuhan
Maz 135Tuhan kita di atas segala ilah-ilah lain
Maz 136Kasih-Nya bertahan sepanjang masa
Maz 145Setia kepada semua yang dijanjikan-Nya
Maz 146Berbahagialah mempunyai Allah seperti Dia!
Maz 147Ia menyembuhkan hati yang luka
Maz 148Nama-Nya saja ditinggikan
Maz 149Allah berkenan pada umat-Nya
Maz 150Biarlah segala sesuatu memuji Tuhan!

[1] MAZMUR PADA SAAT MENDERITA KESUSAHAN

Maz 3Allahlah yang aku perlukan
Maz 4Percayalah kepada-Nya
Maz 5Pimpin aku, ya Tuhan
Maz 6Aku letih lesu
Maz 7Allah itu adil
Maz 10Mengapa si jahat hidup makmur?
Maz 11Allah tahu apa yang terjadi
Maz 12Allah berjanji untuk menolong
Maz 13Aku percaya akan kasih-Mu
Maz 14(Maz 53) semua orang seakan-akan tidak bertuhan
Maz 17Tuhan, tunjukanlah bahwa aku berada di pihak yang benar
Maz 22Mengapa Allah meninggalkanku?
Maz 25Tuhan itu baik dan benar
Maz 28Allah telah mendengar doa-doaku
Maz 31Waktuku berada di tangan-Mu
Maz 35Bertindaklah terhadap musuh-musuhku, ya Tuhan
Maz 38Tuhan, aku sakit dan berdosa
Maz 39Aku tidak selamanya berada di sini
Maz 42Mengapa jiwaku tertekan?
Maz 43Aku akan memuji Allah kembali!
Maz 44Mengapa Engkau tidak mendengar kami, ya Tuhan?
Maz 51Kasihanilah aku!
Maz 54Allah adalah penolongku
Maz 55Sahabatku berbalik melawan aku
Maz 56Aku percaya kepada Allah
Maz 57Dalam naungan sayap-Nya
Maz 58Manusia jahat; Allah adil
Maz 59Allah adalah kekuatanku
Maz 60Tuhan, kami membutuhkan pertolongan-Mu
Maz 61Batu karang yang lebih tinggi
Maz 62Jiwaku menemukan ketenangan
Maz 64Allah akan mengadili yang jahat
Maz 69Selamatkanlah aku -- aku hampir tenggelam!
Maz 71Allah akan menyertai aku sampai pada akhirnya
Maz 73Mengapa orang tak berdosa menderita?
Maz 74Mengapa Engkau meninggalkan kami?
Maz 77Telah lupakah Allah?
Maz 79Keluh kesah narapidana
Maz 80Pulihkan bangsa-Mu, ya Tuhan
Maz 83Musuh-musuh kami adalah musuh-musuhmu
Maz 85Segarkan kami kembali
Maz 86Ajar kami jalan-Mu
Maz 88Selamatkanlah kami dari kematian
Maz 90Hanya tujuh puluh tahun
Maz 94Allah Yang Maha Tahu
Maz 102Aku berubah; Dia tak pernah berubah
Maz 109Menangani pemfitnah
Maz 120Aku mendambakan damai
Maz 123Kami bergantung pada-Mu, ya Tuhan
Maz 129Kita telah cukup menderita
Maz 130Keluar dari kesesakan
Maz 137Bagaimana kami dapat bernyanyi?
Maz 140Engkau adalah Allahku
Maz 141Pimpinlah aku di jalan yang benar
Maz 142Bebaskan aku dari penjara
Maz 143Kasih yang tak kunjung padam setiap pagi

[1] MENGENAI KEHIDUPAN YANG BAIK

Maz 1Hamba Allah
Maz 15Menuju kebahagiaan
Maz 19Hukum Allah dan kehidupanku
Maz 26Adil
Maz 36Takut dan kasih pada Allah
Maz 37Bergantung pada Allah dan melakukan yang baik
Maz 49Hanya satu kehidupan
Maz 50Kehidupan yang benar; penyembahan yang benar
Maz 52Orang jahat tak berumur panjang
Maz 82Hakim yang adil
Maz 101Membela yang benar
Maz 112Allah memberi kemakmuran kepada umat kepunyaan-Nya
Maz 119Hukum Allah adalah segala-galanya
Maz 125Aman dalam pemeliharaan Allah
Maz 127Allah harus membangun
Maz 128Rumah tangga yang saleh

[2] TENTANG KESAKSIAN

Maz 9Tuhan memerintah selamanya
Maz 16Hanya Allah yang kuperlukan
Maz 23Aku tidak akan kekurangan apa pun
Maz 27Cahaya dan keselamatanku
Maz 30Dia menyelamatkanku dari kematian
Maz 32Sukacita pengampunan
Maz 34Rasakan dan buktikan
Maz 40(Maz 70) Aku ingin kehendak-Mu, Tuhan
Maz 41Engkau mengalahkan musuh-musuhku
Maz 46Tempat perlindungan dan kekuatan kita
Maz 63Kasih-Mu lebih besar dari hidup
Maz 66Allah selalu menjaga kita
Maz 78Kebaikan Allah; kejahatan kita
Maz 84Rajaku dan Allahku
Maz 91Aku tidak perlu takut
Maz 92Sungguh baik bersyukur kepada Allah
Maz 103Kasih-Nya seperti kasih bapak kepada anaknya
Maz 106Menguji kesabaran Allah
Maz 107Pembebasan, penyembuhan dan keselamatan
Maz 116Allah mendengar doaku
Maz 118Apa yang dilakukan Allah luar biasa
Maz 121Pertolonganku datang dari Tuhan
Maz 124Andaikan Allah tidak menolongku...
Maz 126Menabur dalam air mata; menuai dalam sukacita
Maz 131Tenang dalam pemeliharaan Allah
Maz 138Nama-Mu dan firman-Mu
Maz 139Engkau mengenal aku secara utuh
Maz 144Batu karangku dan tempat perlindunganku

[3] TENTANG RAJA

Maz 2Hari pentahbisan
Maz 18Tuhan beserta Daud
Maz 20Allah memberi kemenangan
Maz 21 Raja bergantung kepada Allah
Maz 45Keelokan raja
Maz 72Kedaulatan yang benar
Maz 89Allah memilih Daud
Maz 110Imam Agung
Maz 132Janji Allah yang teguh
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #01: Selamat Datang di Antarmuka dan Sistem Belajar Alkitab SABDA™!! [SEMUA]
dibuat dalam 1.84 detik
dipersembahkan oleh YLSA