kecilkan semua  

Teks -- Zakharia 2:1-13 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Penglihatan ketiga: seorang yang memegang tali ukuran
2:1 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur. 2:2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engkau ini pergi?" Maka ia menjawab aku: "Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebarnya dan panjangnya." 2:3 Dan sementara malaikat yang berbicara dengan aku itu maju ke depan, majulah seorang malaikat lain mendekatinya, 2:4 yang diberi perintah: "Berlarilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya. 2:5 Dan Aku sendiri, demikianlah firman TUHAN, akan menjadi tembok berapi baginya di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya."
Orang-orang buangan dipanggil pulang
2:6 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan kamu, demikianlah firman TUHAN. 2:7 Ayo, luputkanlah dirimu ke Sion, hai, penduduk Babel! 2:8 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam, yang dalam kemuliaan-Nya telah mengutus aku, mengenai bangsa-bangsa yang telah menjarah kamu -- sebab siapa yang menjamah kamu, berarti menjamah biji mata-Nya --: 2:9 "Sesungguhnya Aku akan menggerakkan tangan-Ku terhadap mereka, dan mereka akan menjadi jarahan bagi orang-orang yang tadinya takluk kepada mereka. Maka kamu akan mengetahui bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku. 2:10 Bersorak-sorailah dan bersukarialah, hai puteri Sion, sebab sesungguhnya Aku datang dan diam di tengah-tengahmu, demikianlah firman TUHAN; 2:11 dan banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada TUHAN pada waktu itu dan akan menjadi umat-Ku dan Aku akan diam di tengah-tengahmu." Maka engkau akan mengetahui, bahwa TUHAN semesta alam yang mengutus aku kepadamu. 2:12 Dan TUHAN akan mengambil Yehuda sebagai milik-Nya di tanah yang kudus, dan Ia akan memilih Yerusalem pula. 2:13 Berdiam dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya yang kudus.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Za 2:1 - SEORANG YANG MEMEGANG TALI PENGUKUR. Nas : Za 2:1 Yerusalem masih dalam keadaan yang memprihatinkan pada akhir pembuangan di Babel. Jumlah orang yang kembali relatif sedikit. Allah mem...

Nas : Za 2:1

Yerusalem masih dalam keadaan yang memprihatinkan pada akhir pembuangan di Babel. Jumlah orang yang kembali relatif sedikit. Allah memberikan semangat kepada mereka dengan mengatakan bahwa Ia belum selesai dengan Yerusalem; kota itu akan dijadikan tempat paling mulia di bumi. Penglihatan ketiga ini memandang ke depan kepada kerajaan seribu tahun, ketika kota ini tidak akan bertembok lagi dan penuh sesak dengan orang banyak

(lihat cat. --> Za 2:5 berikut).

[atau ref. Za 2:5]

Full Life: Za 2:5 - AKU SENDIRI ... AKAN MENJADI TEMBOK ... KEMULIAAN. Nas : Za 2:5 Dalam kerajaan seribu tahun, Yerusalem tidak akan memerlukan tembok karena Tuhan sendiri akan menjadi tembok berapi di sekitarnya (bd....

Nas : Za 2:5

Dalam kerajaan seribu tahun, Yerusalem tidak akan memerlukan tembok karena Tuhan sendiri akan menjadi tembok berapi di sekitarnya (bd. Yes 4:5). Bahkan yang lebih penting, kemuliaan Allah di tengah-tengah umat-Nya akan menjadikan seluruh kota itu suatu bait suci yang dipenuhi kehadiran-Nya (bd. Yeh 43:1-7). Bahkan kini, kehadiran dan kemuliaan Allah di antara umat-Nya adalah sesuatu yang seharusnya didambakan dan dicari gereja melebihi segala sesuatu lain

(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).

Full Life: Za 2:6 - LARILAH DARI TANAH UTARA. Nas : Za 2:6 Pengarahan Zakharia di sini dapat ditafsirkan pada berapa tingkat yang berbeda. 1) Pembangunan kembali Bait Suci menjadi tanda ba...

Nas : Za 2:6

Pengarahan Zakharia di sini dapat ditafsirkan pada berapa tingkat yang berbeda.

  1. 1) Pembangunan kembali Bait Suci menjadi tanda bagi lebih banyak orang Yahudi buangan untuk kembali dari Babel (ayat Za 2:7).
  2. 2) Para nabi PL juga melihat adanya rombongan Yahudi yang kelak kembali pada akhir zaman yang akan memuncak dalam kerajaan seribu tahun (ayat Za 2:7-9).
  3. 3) Kita dapat menerapkan kata-kata ini pada zaman kita sendiri sebagai imbauan untuk meninggalkan penyembahan berhala, kebejatan, kefasikan, perbuatan ilmu gaib, dan cara-cara berdosa dari sistem dunia dewasa ini.

Full Life: Za 2:8 - MENJAMAH BIJI MATA-NYA. Nas : Za 2:8 Sion (ayat Za 2:7) melambangkan sisa orang Israel yang saleh; mereka inilah biji mata Allah, yang berharga dan penting bagi Dia ...

Nas : Za 2:8

Sion (ayat Za 2:7) melambangkan sisa orang Israel yang saleh; mereka inilah biji mata Allah, yang berharga dan penting bagi Dia

(lihat cat. --> Mazm 17:8).

[atau ref. Mazm 17:8]

Orang percaya masa kini sama pentingnya dan dikasihi Allah seperti umat-Nya pada zaman PL; kita ini berada di bawah pemeliharaan dan pengawasan-Nya.

Full Life: Za 2:10-12 - MENGGABUNGKAN DIRI KEPADA TUHAN PADA WAKTU ITU. Nas : Za 2:10-12 "Pada waktu itu" mengacu kepada waktu ketika Yesus Kristus akan memerintah di bumi. Ketika itu, Sion, sisa Israel yang saleh, bers...

Nas : Za 2:10-12

"Pada waktu itu" mengacu kepada waktu ketika Yesus Kristus akan memerintah di bumi. Ketika itu, Sion, sisa Israel yang saleh, bersama dengan orang bukan Yahudi, akan menjadi umat Allah semuanya. Mereka akan menikmati berkat kehadiran Allah di antara mereka bersama berkat pilihan Allah akan Yerusalem sebagai kota kudus-Nya.

BIS: Za 2:8 - -- Naskah Ibrani mempunyai dua kata tambahan yang tak jelas artinya.

Naskah Ibrani mempunyai dua kata tambahan yang tak jelas artinya.

Jerusalem: Za 2:2 - mengukurnya Kota Yerusalem diukur berhubung pembangunannya nanti, sebagaimana halnya dalam Yeh 41:13. Orang yang mengukur itu adalah seorang malaikat.

Kota Yerusalem diukur berhubung pembangunannya nanti, sebagaimana halnya dalam Yeh 41:13. Orang yang mengukur itu adalah seorang malaikat.

Jerusalem: Za 2:4 - orang muda Ialah malaikat pengukur itu, Zak 2:1.

Ialah malaikat pengukur itu, Zak 2:1.

Jerusalem: Za 2:7 - ke Sion Dalam naskah Ibrani tertulis: hai Sion. Sion di sini berarti: orang buangan di Babel, sebagaimana halnya dalam Yes 51:16.

Dalam naskah Ibrani tertulis: hai Sion. Sion di sini berarti: orang buangan di Babel, sebagaimana halnya dalam Yes 51:16.

Jerusalem: Za 2:8 - biji mataNya Aselinya kiranya tertulis: biji mataku, bdk Mat 1:12+.

Aselinya kiranya tertulis: biji mataku, bdk Mat 1:12+.

Jerusalem: Za 2:9 - -- Yerusalem yang dibangun kembali di zaman keselamatan kelak, dibela oleh Tuhan sendiri; Tuhan sudah kembali ke bait Allah, Yeh 43:1 dst.

Yerusalem yang dibangun kembali di zaman keselamatan kelak, dibela oleh Tuhan sendiri; Tuhan sudah kembali ke bait Allah, Yeh 43:1 dst.

Jerusalem: Za 2:11 - Aku akan diam Dalam terjemahan Yunani terbaca: mereka (bangsa-bangsa) akan diam. Di masa mendatang perjanjian diperluas sehingga merangkum semua bangsa. Yerusalem m...

Dalam terjemahan Yunani terbaca: mereka (bangsa-bangsa) akan diam. Di masa mendatang perjanjian diperluas sehingga merangkum semua bangsa. Yerusalem menjadi ibu kota keagamaan sementara dunia, bdk Yes 45:14+.

Jerusalem: Za 2:12 - tanah yang kudus Untuk pertama kalinya dalam Alkitab muncul istilah: Tanah Suci, bdk 2Ma 1:7.

Untuk pertama kalinya dalam Alkitab muncul istilah: Tanah Suci, bdk 2Ma 1:7.

Ende: Za 2:1 - -- Tali pengukur itu mengibaratkan pembangunan Jerusjalem (orang mulai mengukur dan membagi tanah untuk kota).

Tali pengukur itu mengibaratkan pembangunan Jerusjalem (orang mulai mengukur dan membagi tanah untuk kota).

Ende: Za 2:4 - -- Si pemuda ialah nabi sendiri. Jerusjalem jang baru itu tidak boleh diberi bertembok, sebab Allah sadja merupakan perlindungannja jang tjukup, dan djug...

Si pemuda ialah nabi sendiri.

Jerusjalem jang baru itu tidak boleh diberi bertembok, sebab Allah sadja merupakan perlindungannja jang tjukup, dan djuga oleh karena harus memuat teramat banjak penduduk.

Ende: Za 2:7 - Sion ialah kaum buangan dan kaum perantau, jang masih tinggal di Babel dan dinegeri lain2. Mereka harus lari, oleh karena Babel akan dipunah. Babel merupak...

ialah kaum buangan dan kaum perantau, jang masih tinggal di Babel dan dinegeri lain2. Mereka harus lari, oleh karena Babel akan dipunah. Babel merupakan ibarat semua musuh. (Sesungguhnja Babel sendiri sudah binasa pada masa ini).

Ende: Za 2:8 - dibelakang kemuliaan....dst. Kurang djelas artinja. Mungkin suatu tjatatan seorang penafsir, jang kemudian masuk kedalam teksnja.

Kurang djelas artinja. Mungkin suatu tjatatan seorang penafsir, jang kemudian masuk kedalam teksnja.

Ende: Za 2:9 - budak2nja sendiri ialah orang2 Jahudi.

ialah orang2 Jahudi.

Ende: Za 2:9 - maka...dst. Setelah nubuat itu terpenuhi, maka orang2 Juda (engkau) akan tahu, bahwa Zakarja seorang nabi sedjati.

Setelah nubuat itu terpenuhi, maka orang2 Juda (engkau) akan tahu, bahwa Zakarja seorang nabi sedjati.

Ende: Za 2:11 - -- Pada hari itu (jaitu pada achir djaman, masa al-Masih), bangsa2 kafir djuga bertobat dan ikut ambil bagian dalam keselamatan Israil. Se-penuh2nja mere...

Pada hari itu (jaitu pada achir djaman, masa al-Masih), bangsa2 kafir djuga bertobat dan ikut ambil bagian dalam keselamatan Israil. Se-penuh2nja mereka akan setara dengan umat Jahwe.

Ende: Za 2:13 - -- Jahwe dibajangkan sedang berangkat dari surga untuk menetap di-tengah2 umatNja.

Jahwe dibajangkan sedang berangkat dari surga untuk menetap di-tengah2 umatNja.

Endetn: Za 2:11 - -- Ditinggalkan: "puteri".

Ditinggalkan: "puteri".

Ref. Silang FULL: Za 2:2 - dan panjangnya · dan panjangnya: Yeh 40:3; Yeh 40:3; Za 1:16; Za 1:16; Wahy 21:15

· dan panjangnya: Yeh 40:3; [Lihat FULL. Yeh 40:3]; Za 1:16; [Lihat FULL. Za 1:16]; Wahy 21:15

Ref. Silang FULL: Za 2:4 - padang terbuka // karena banyaknya // di dalamnya · padang terbuka: Yeh 38:11; Yeh 38:11 · karena banyaknya: Yes 49:20; Yes 49:20; Yer 30:19; Yer 30:19; Yer 33:22; Yer 33:22 · d...

· padang terbuka: Yeh 38:11; [Lihat FULL. Yeh 38:11]

· karena banyaknya: Yes 49:20; [Lihat FULL. Yes 49:20]; Yer 30:19; [Lihat FULL. Yer 30:19]; Yer 33:22; [Lihat FULL. Yer 33:22]

· di dalamnya: Za 14:11

Ref. Silang FULL: Za 2:5 - menjadi tembok // berapi // menjadi kemuliaan // di dalamnya // di dalamnya · menjadi tembok: Yes 26:1; Yes 26:1; Yeh 42:20 · berapi: Yes 10:17; Yes 10:17 · menjadi kemuliaan: Mazm 85:10; Mazm 85:10; Yes 1...

· menjadi tembok: Yes 26:1; [Lihat FULL. Yes 26:1]; Yeh 42:20

· berapi: Yes 10:17; [Lihat FULL. Yes 10:17]

· menjadi kemuliaan: Mazm 85:10; [Lihat FULL. Mazm 85:10]; Yes 11:10; [Lihat FULL. Yes 11:10]; Yes 24:23; [Lihat FULL. Yes 24:23]; Wahy 21:23

· di dalamnya: Mazm 125:2; [Lihat FULL. Mazm 125:2]

· di dalamnya: Mazm 46:6; [Lihat FULL. Mazm 46:6]; Yeh 38:14; [Lihat FULL. Yeh 38:14]

Ref. Silang FULL: Za 2:6 - mata angin // telah menyerakkan // firman Tuhan · mata angin: Yeh 17:21; Yeh 37:9; Yeh 37:9 · telah menyerakkan: Mazm 44:12; Mazm 44:12 · firman Tuhan: Mat 24:31; Mr 13:27

· mata angin: Yeh 17:21; Yeh 37:9; [Lihat FULL. Yeh 37:9]

· telah menyerakkan: Mazm 44:12; [Lihat FULL. Mazm 44:12]

· firman Tuhan: Mat 24:31; Mr 13:27

Ref. Silang FULL: Za 2:7 - Ayo, luputkanlah // penduduk Babel · Ayo, luputkanlah: Yes 42:7; Yes 42:7 · penduduk Babel: Yes 48:20; Yes 48:20; Yer 3:18

· Ayo, luputkanlah: Yes 42:7; [Lihat FULL. Yes 42:7]

· penduduk Babel: Yes 48:20; [Lihat FULL. Yes 48:20]; Yer 3:18

Ref. Silang FULL: Za 2:8 - biji mata-Nya · biji mata-Nya: Ul 32:10; Ul 32:10

· biji mata-Nya: Ul 32:10; [Lihat FULL. Ul 32:10]

Ref. Silang FULL: Za 2:9 - dan mereka // mengutus aku · dan mereka: Yes 14:2; Yes 14:2; Yer 12:14; Yer 12:14; Hab 2:8; Hab 2:8 · mengutus aku: Yes 48:16; Yes 48:16; Za 4:9; 6:15

· dan mereka: Yes 14:2; [Lihat FULL. Yes 14:2]; Yer 12:14; [Lihat FULL. Yer 12:14]; Hab 2:8; [Lihat FULL. Hab 2:8]

· mengutus aku: Yes 48:16; [Lihat FULL. Yes 48:16]; Za 4:9; 6:15

Ref. Silang FULL: Za 2:10 - Bersorak-sorailah // puteri Sion // Aku datang // di tengah-tengahmu // firman Tuhan · Bersorak-sorailah: Zef 3:14; Zef 3:14 · puteri Sion: Yes 23:12; Yes 23:12; Zef 3:14; Zef 3:14 · Aku datang: Za 9:9 · di ...

· Bersorak-sorailah: Zef 3:14; [Lihat FULL. Zef 3:14]

· puteri Sion: Yes 23:12; [Lihat FULL. Yes 23:12]; Zef 3:14; [Lihat FULL. Zef 3:14]

· Aku datang: Za 9:9

· di tengah-tengahmu: Kel 25:8; [Lihat FULL. Kel 25:8]; Im 26:12; Bil 23:21; [Lihat FULL. Bil 23:21]; Za 8:3

· firman Tuhan: Wahy 21:3; [Lihat FULL. Wahy 21:3]

Ref. Silang FULL: Za 2:11 - menjadi umat-Ku // aku kepadamu · menjadi umat-Ku: Yer 24:7; Yer 24:7; Mi 4:2; Mi 4:2; Za 8:8,20-22 · aku kepadamu: Za 4:9; 6:15

· menjadi umat-Ku: Yer 24:7; [Lihat FULL. Yer 24:7]; Mi 4:2; [Lihat FULL. Mi 4:2]; Za 8:8,20-22

· aku kepadamu: Za 4:9; 6:15

Ref. Silang FULL: Za 2:12 - mengambil Yehuda // sebagai milik-Nya // akan memilih · mengambil Yehuda: Yer 40:5 · sebagai milik-Nya: Kel 34:9; Kel 34:9; Mazm 33:12; Yer 10:16 · akan memilih: Ul 12:5; Ul 12:5; Yes...

· mengambil Yehuda: Yer 40:5

· sebagai milik-Nya: Kel 34:9; [Lihat FULL. Kel 34:9]; Mazm 33:12; Yer 10:16

· akan memilih: Ul 12:5; [Lihat FULL. Ul 12:5]; Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]

Ref. Silang FULL: Za 2:13 - Berdiam // tempat kediaman-Nya · Berdiam: Kel 14:14; Kel 14:14; Yes 41:1; Yes 41:1 · tempat kediaman-Nya: Ul 26:15; Ul 26:15

· Berdiam: Kel 14:14; [Lihat FULL. Kel 14:14]; Yes 41:1; [Lihat FULL. Yes 41:1]

· tempat kediaman-Nya: Ul 26:15; [Lihat FULL. Ul 26:15]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Za 2:1-5 - Tembok perlindungan (Selasa, 1 Desember 2009) Tembok perlindungan Tembok yang mengelilingi sebuah kota pada masa lampau diperlukan untuk melindungi kota tersebut dari serangan musuh. Oleh ka...

SH: Za 2:1-5 - Tuhanlah Bentengmu (Sabtu, 20 Oktober 2018) Tuhanlah Bentengmu Orang Yehuda sedang bergumul tentang rencana membangun kembali Bait Alah dan tembok Yerusalem. Pada saat itulah Nabi Zakharia mend...

SH: Za 2:6-13 - Biji mata Allah (Rabu, 2 Desember 2009) Biji mata Allah Bagaimana Tuhan menyatakan kasih-Nya kepada umat-Nya sekali lagi? Saat murka, Ia telah mencerai-beraikan mereka ke empat penjuru...

SH: Za 2:6-13 - Tuhan yang Memanggil (Minggu, 21 Oktober 2018) Tuhan yang Memanggil Tujuh puluh tahun lamanya orang Yehuda di pembuangan Babel karena ketidaksetiaan kepada Tuhan. Dia membiarkan mereka hidup di ne...

Utley: Za 2:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 2:1-51 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak seorang yang memegang tali pengukur. 2 Lalu aku bertanya: "Ke manakah engk...

Utley: Za 2:6-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 2:6-126 Ayo, ayo, larilah dari Tanah Utara, demikianlah firman TUHAN; sebab ke arah keempat mata angin Aku telah menyerakkan...

Utley: Za 2:13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 2:1313 Berdiam dirilah, hai segala makhluk, di hadapan TUHAN, sebab Ia telah bangkit dari tempat kediaman-Nya yang kudus. ...

Topik Teologia: Za 2:3 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Za 2:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Zakharia Tema : Penyelesaian Terakhir Bait Suci dan Janji-Janji Mesias Tanggal Penulisan: 520-470 SM Latar Belakang ...

Full Life: Zakharia (Garis Besar) Garis Besar I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembali Bait Suci (520-518 SM) (Za 1:1-8:23) ...

Jerusalem: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA Kitab Zakharia terdiri dari dua bagian yang jelas berbeda: Za 1-8 dan 9-14. Sesudah pendahuluan yang bertanggalkan bulan Oktober-Nopember thn...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA PENGANTAR Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda: (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang

ZAKHARIA

PENGANTAR

Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda:

  1. (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang diucapkannya antara tahun 520 dan tahun 518 Sebelum Masehi. Ramalan-ramalan itu kebanyakan dinyatakan dalam bentuk penglihatan-penglihatan, dan membicarakan perbaikan Yerusalem, pembangunan kembali Rumah TUHAN, serta penyucian umat Allah. Zakharia meramalkan juga masa kedatangan Raja yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya.
  2. (2) Pasal 9-17 (Za 9:1-14:17) merupakan kumpulan pesan-pesan yang diucapkan pada masa-masa yang lebih kemudian. Di sini dibicarakan Juruselamat yang akan datang ke dunia, dan penghakiman terakhir.

Isi

  1.  Pesan-pesan yang berisi peringatan dan pengharapan
    Za 1:1-8:23
  2.  Penghakiman terhadap negeri-negeri tetangga Israel
    Za 9:1-8
  3.  Kemakmuran dan kesejahteraan di masa mendatang
    Za 9:9-14:21

Ajaran: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan keraj

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan kerajaan yang kekal juga telah diberitakan di masa lalu. Dengan demikian mereka semakin mengetahui bahwa segala apa yang dikatakan Firman Allah adalah benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zakharia.

Isi Kitab: Kitab Zakharia, terbagi atas 14 pasal. Kitab ini menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama dan yang kedua kali.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zakharia

  1. Pasal 1 (Za 1:1-6). Panggilan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat
  2. Pasal 1-6 (Za 1:7-6:15). Nabi Zakharia memperoleh penglihatan-penglihatan

Pendalaman

a. Bacalah pasal Za 1:7-17. Penglihatan pertama: nabi Zakharia adalah penunggang kuda, yang memberitakan tentang keamanan di bumi.

b. Bacalah pasal Za 1:18-21. Penglihatan yang kedua adalah empat tanduk dan empat tukang besi, yang mempunyai arti bahwa kerajaan yang menindas bangsa Israel mengalami kehancuran.

c. Bacalah pasal Za 2:1-13. Penglihatan ketiga adalah orang yang memegang tali ukuran dan mengukur kota Yerusalem, yang mengartikan bahwa Allah akan memanggil pulang umat-Nya.

d. Bacalah pasal Za 3:1-10. Penglihatan yang keempat adalah penglihatan tentang Yosua yang menjadi imam besar yang menggambarkan Yesus Kristus sebagai Imam penghapus dosa manusia.

e. Bacalah pasal Za 4:1-14. Penglihatan yang kelima adalah mengenai kandil emas yang menggambarkan Roh dan Firman Tuhan yang memberikan keberhasilan kepada Zerubabel.

f. Bacalah pasal Za 5:1-4. Penglihatan yang keenam adalah mengenai gulungan kitab yang terbang yang mengartikan hukuman bagi semua orang yang menolak hukum Allah.

g. Bacalah pasal Za 5:5-11. Penglihatan ketujuh adalah mengenai perempuan dalam gantang yang menggambarkan bahwa tanah Yehuda akan dibersihkan dari segala kejahatan.

h. Bacalah pasal Za 6:1-8. Penglihatan kedelapan adalah mengenai empat kereta yang menggambarkan Allah yang menguasai seluruh dunia.

  1. Pasal 7-8 (Za 7:1-8:23).

    Allah mengajarkan tentang ibadah puasa yang benar kepada bangsa Israel, dan janji keselamatan bagi bangsa-bangsa

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Za 9:1-8. Nubuatan tentang hukuman yang dijatuhkan kepada bangsa-bangsa.
    2. Bacalah pasal Za 9:9-10. Nubuatan tentang kedatangan Raja yang kekal (Yesus Kristus).
    3. Bacalah pasal Za 9:11-11:3. Nubuatan tentang pembebasan dan pemulihan kembali bangsa Israel.
    4. Bacalah pasal Za 11:4-17. Nubuatan tentang penolakan bangsa Israel terhada Gembala yang baik (Yesus Kristus).
    5. Bacalah pasal Za 12:1-14. Nubuatan tentang pembebasan dan pembaharuan Yerusalem.
    6. Bacalah pasal Za 13:1-9. Nubuatan tentang pembersihan yang dilakukan Alla terhadap kota Yerusalem.
    7. Bacalah pasal Za 14:1-21. Nubuatan tentang kedatangan Tuhan sebagai Raja di Yerusalem.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Zakharia mengajarkan bahwa segala sejarah dunia sudah berada dalam pengetahuan Allah dan kuasa-Nya.

  2. Nubuatan akan kedatangan Yesus yang pertama telah terjadi, mengajarkan bahwa nubuatan yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali pasti akan digenapi.

  3. Nubuatan-nubuatan yang sudah digenapi membuktikan bahwa Allah tidak pernah berdusta/berbohong dalam perkataan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zakharia?
  2. Apakah pokok isi pemberitaan Kitab Zakharia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Zakharia?

Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Nabi dan imam PENULISNYAZakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani

Nabi dan imam

PENULISNYA
Zakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani Zerubabel dan Yesua dari Babilonia ke Yerusalem. Jika Ido seorang imam, maka Zakharia adalah seorang imam dan nabi. Hal ini menjelaskan keprihatinan Zakharia untuk segera membangun kembali Rumah Tuhan (Ezra 6:14).

SITUASI SAAT ITU
Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yes 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM daan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali Rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu.

CIRI-CIRI NUBUATAN ZAKHARIA
Nubuatan Zakharia dapat dibagi dalam dua bagian (pasal Zak 1-8 dan Zak 9-14). Bagian pertama terdiri dari tujuh penglihatan yang luar biasa, ditambah dengan suatu pemandangan di sidang pengadilan tempat Imam Besar Yosua dituduh oleh Setan. Bagian kedua terutama membahas dua tema, yaitu penghakiman dan penyelamatan: penghakiman untuk orang yang tidak percaya, tetapi penyelamatan bagi umat Allah. Nubuatan ini ditutup dengan pemandangan mengenai hari Tuhan dan seruan nyata untuk hidup dalam kesucian. Perbedaan gaya penulisan kedua bagian nubuatan ini menurut pengamatan beberapa ahli disebabkan oleh karena bagian pertama ditulis pada waktu Zakharia berusia dua puluhan sedangkan bagian keduaa ditulis bertahun- tahun kemudia. Dan ciri yang luar biasa dari bagian kedua Zakharia adalah bahwa akibat dari suatu kejadian digambarkan sebelum kejadian itu terjadi. Sebagai contoh, dalam pasal 9, ayat Zak 9:1-8 menggambarkan penghakiman terhadap musuh- musuh bangsa Israel, tetapi kedatangan raja yang akan menghakimi mereka muncul dalam ayat Zak 9:9-13. Dalam pasal Zak 14 pembangunan kembali Yerusalem digambarkan sebelum tulah yang ditimpakan kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem, tulah yang memaksa mereka untuk menghentikan serangan mereka. Perlu disebutkan juga mengenai "perumpamaan tentang para gembala" (pasal Zak 10,Zak 11) yang mengandung hal-hal yang sesuai atau yang berlawanan dengan tema Perjanjian Baru tentang Gembala Yang Baik. Di sini, para domba yang jemu terhadap Gembala Yang Baik membayarnya dengan tiga puluh keping perak (Zak 11:12,13; lihat Yoh 10; Mat 26:14-16; 27:3-10).

Pesan

Pesan Zakharia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemulihan Yerusalem, khususnya pembangunan kembali Rumah Tuhan.

1. Bagian pertama
o Penglihatan pertama: seorang laki-laki menunggang kuda merah. Dunia dalam keadaan damai, tetapi mengingat penindasan atas orang Yahudi, seharusnya tidaklah demikian. Reaksi Allah: penghakiman sudah dekat. Zak 1:7-17
o Penglihatan kedua: keempat tanduk: Tanduk merupakan lambang kerajaan-kerajaan, mungkin keempat kekaisaran pada masa Daniel, lebih mungkin lagi kerajaan dari keempat sudut bumi. Mereka segera akan dimusnahkan oleh keempat tukang besi Allah. Zak 1:18-21
o Penglihatan ketiga: Seorang laki-laki dengan pengukur tali, mencoba untuk mengukur Yerusalem. Tidak mungkin!
o Yerusalem segera akan menjadi penuh sesak dan tak mungkin dibangun tembok di sekelilingnya. Berkat Tuhan terlalu besat untuk ditampung! Zak 2:1-13
o Selingan: Yoshua sebagai imam besar. Penglihatan ini menerangkan bagaimana bangsa Yahudi yang jelas berdosa dapat sedemikian diberkati. Allah mengampuni; dalam kemurahanNya Allah memberi pakaian baru kepada bangsa Israel. Zak 3:1-10
o Penglihatan: Kandil emas dan dua pohon zaitun. Ini adalah lambang akhir zaman; pasal ini dengan jelas dikutip dalam Wahyu 1:12 (kaki dian) dan Zak 11:1,4 (tali pengukur dan pohon zaitun). Penglihatan ini menunjuk kepada Roh Kudus, hanya Dia yang dapat memberikan kuasa kepada Gereja. Zak 4:1-14
o Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang. Secara simbolis dosa bangsa Yehuda di bawa pergi ke tanah Sinear di Babel. Zak 5:5-11
o Penglihatan ketujuh: empat kereta kuda. Gunung-gunung tempat keluarnya kereta-kereta itu melambangkan kebesaran Allah dan hukum Allah, seperti di Sinai. Kereta kuda, lambang kekacauan, bergerak di seluruh dunia, mendorong umat Allah untuk mencari perlindungan di kota damai, Yerusalem, tempat merka bersama-sama membangun Rumah Tuhan. Zak 6:1-15

2. Bagian kedua
o Dimulai dengan penghakiman. Zak 9:1-17
o Memperkenalkan seorang Gembala-Penyelamat. Zak 10:1-11:17
o Petunjuk pertobatan. Zak 12:1-13:9
o Menggambarkan hari Tuhan. Zak 14:1-21

Penerapan

1. Nubutan dan peran Yerusalem
Dalam kitab yang singkat ini Yerusalem disebut sebanyak empat puluh kali. Kitab ini terutama menyangkut pengllihatan-penglihatan wahyu tentang akhir zaman. Sukar untuk membaca kitab ini dan kitab lainnya dalam seluruh Alkitab tanpa menyadari bahwa bangsa Yahudi secara umum dan Yerusalem secara khusus masih memegang peranan penting dalam rencana-rencana Allah.

2. Setan
Pasal Zak 3 merupakan suatu gambaran yang dramatis tentang setan yang sedang bekerja. Namanya (Setan dalam bahasa Ibrani dan Diabolos dalam bahasa Yunani) berarti penuduh. Di sini kita melihat bahwa setan menuduh Yoshua, Imam Besar, yang terlihat secara simbolis mengenakan pakaian kotor. Mengapa hakim (Malaikat Tuhan) tidak menghukum dia (Roma 8:31-39)? Kenyataannya, setanlah yang dijatuhi hukuman ketika Yoshua secara simbolis diberi pakaian yang bersih (lihat 1Yohanes 2:1,2).

3. Menafsirkan penglihatan-penglihatan
Ketujuh penglihatan itu sukar untuk ditafsirkan. Beberapa ahli telah mencari arti dari tiap detail penglihatan itu. Tetapi, perhatikan penafsiran yang sangat terbatas yang diberikan oleh para malaikat. Dalam penglihatan yangpertama, kita diberitahukan siapa para penunggang kuda itu; dan semak pohon bunga mungkin saja menggambarkan Israel. Tetapi, bagaimana tentang warna-warna kuda? Mengapa kitab gulungan berukuran panjang dua puluh hasta dan lebar sepuluh hasta (Zak 5:2), atau tutup gantang terbuat dari timah (Zak 5:7)? seperti halnya juga dengan perumpamaan- perumpamaan dalam Perjanjian Baru kita harus mencari artinya yang utama tanpa mempermasalahkan hal-hal detail.

Tema-tema Kunci

1. Tiga orang penting
Nubutan ini memfokuskan perhatian pada tiga orang, yaitu Zakharia sendiri, Yoshua, Imam Agung, dan Zerubabel yang menjadi Gubernur Yehuda (Hagai 1:1). Zakharia adalah gembala dari pasal Zak 11 dan dengan demikian menjadi model, atau gambar Kristus. Seperi Kristus, ia menderita cemooh dari setiap domba yang dicobanya untuk digembalakan dan seperti Yesus ia pun di jual seharga seorang budak (Matius 26:15; Keluaran 21:32). Yosua adalah seorang Imam Besar yang juga seorang model Kristus dan diberi julukan Sang Tunas (Zak 6:12). (Juga lihat Yes 11:1; Yer 23:5; dan Yer 33:15). Zerubabel ("Benih dan Babel") adalah keturunan raja Yoyakim, dan ia ada dalam rombongan pertama yang kembali dari Pembuangan dalam tahun 537 SM. Ia seorang yang dapat diandalkan; dialah yang memulai pembangunan kembali Bait Suci dan menyelesaikannya. Tujuan utamanya ialah "Materai kerajaan" (Hagai 2:20-23), suatu indikasi bahwa sebagai Gubernur ia memerintah atas nama Allah. Pelajarilah referensi yang menyangkut ketiga orang penting ini: Ezra 2:1,2; 3:1-9; 4:1-3; 5:1-2; Hagai 1:1; 2:1-5,20-23; Zak 3:1-10; 4:6-10; 6:9- 15; 11:4- 17; Mat 1:12. Lihat bagaimana satu sama lain saling berkaitan.

2. Memperbandingkan tema alkitabiah
Orang Kristen tidak bisa terlalu bebas dalam menafsirkan suatu bagian Alkitab menurut apa yang dianggapnya paling baik. Sering kali kebebasaan kita terbatas, sebab bagian Alkitab yang sedang kita telaah dikomentari atau diperjelas atau ditafsirkan di bagian lain dalam Alkitab. Zakharia 4 adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Kandil emas dengan jelas ditulis dalam Wah 1:12 dan kedua pohon zaitun dalam Wah 11. Perhatikan bagaimana Why. menambahkan detail terhadap nubuatan terdahulu, dan bagaimana Wah 11:4, seperti Zakharia, menyatukan kandil emas dan kedua pohon zaitun. Setiap pasal saling mendukung dalam penafsirannya, tetapi tidak saling bertolak belakang. Yes 7:14 juga ditafsirkan serupa oleh Mat 1:22,23. Carilah dalam Alkitab contoh-contoh lainnya (Keluaran; Yunus; Imam Besar; Yesaya 53).

Garis Besar Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23 Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di a

[1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23

Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat
Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di atas seekor kuda merah
Zak 1:18-21Penglihatan kedua: empat tanduk
Zak 2:1-13Penglihatan ketiga: seorang laki-laki dengan tali pengukur
Zak 3:1-10Selingan: imam besar Yosua dituduh dan dibebaskan dari tuduhan
Zak 4:1-14Penglihatan keempat: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
Zak 5:1-4Penglihatan kelima: gulungan kitab yang terbang
Zak 5:5-11Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang
Zak 6:1-15Penglihatan ketujuh: empat kereta
Zak 7:1-14Tambahan: seruan untuk bertobat diulangi lagi dua tahun kemudian
Zak 8:1-23Hari depan Yerusalem yang gemilang

[2] KITAB NUBUATAN: I NUBUATAN TENTANG PENGHAKIMAN Zak 9:1-17

Zak 9:1-8Hukuman atas bangsa-bangsa
Zak 9:9-13Seorang Penyelamat untuk Sion
Zak 9:14-17Kedatangan Tuhan

[3] KITAB NUBUATAN: II PARA GEMBALA Zak 10:1-11:17

Zak 10:1-5Seorang gembala bagi Yehuda
Zak 10:6-12Domba-domba dikumpulkan
Zak 1:1-9Domba yang memilih kehancuran
Zak 11:10-17Menentukan harga seorang gembala

[4] KITAB NUBUATAN: III NUBUATAN TENTANG PENYELAMATAN Zak 12:1-13:9

Zak 12:1-9Yerusalem diselamatkan
Zak 12:10-14Jalan keselamatan: pertobatan
Zak 13:1-6Akibat penyelamatan: Yerusalem dibersihkan
Zak 13:7-9Cara penyelamatan: penderitaan sang gembala

[5] KITAB NUBUATAN: IV HARI TUHAN Zak 14:1-21

Zak 14:1-7Hari Tuhan: kegelapan
Zak 14:8-11Hari Tuhan: Tuhan adalah air kehidupan
Zak 14:12-19Hari Tuhan: penghakiman
Zak 14:20-21Hari Tuhan: kesucian
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 1.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA