kecilkan semua  

Teks -- Zakharia 1:1-21 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Seruan untuk bertobat
1:1 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya: 1:2 "Sangat murka TUHAN atas nenek moyangmu. 1:3 Sebab itu katakanlah kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kembalilah kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN semesta alam, maka Akupun akan kembali kepadamu, firman TUHAN semesta alam. 1:4 Janganlah kamu seperti nenek moyangmu yang kepadanya para nabi yang dahulu telah menyerukan, demikian: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Berbaliklah dari tingkah lakumu yang buruk dan dari perbuatanmu yang jahat! Tetapi mereka tidak mau mendengarkan dan tidak mau menghiraukan Aku, demikianlah firman TUHAN. 1:5 Nenek moyangmu, di mana mereka? Dan para nabi, apakah mereka hidup untuk selama-lamanya? 1:6 Tetapi segala firman dan ketetapan-Ku yang telah Kuperintahkan kepada hamba-hamba-Ku, para nabi, bukankah itu telah sampai kepada nenek moyangmu? Maka bertobatlah mereka serta berkata: Sebagaimana TUHAN semesta alam bermaksud mengambil tindakan terhadap kita sesuai dengan tingkah laku kita dan perbuatan kita, demikianlah Ia mengambil tindakan terhadap kita!"
Penglihatan pertama: para penunggang kuda
1:7 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas -- itulah bulan Syebat -- pada tahun yang kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin Ido, bunyinya: 1:8 "Tadi malam aku mendapat suatu penglihatan: tampak seorang yang menunggang kuda merah! Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon murad yang di dalam jurang; dan di belakangnya ada kuda-kuda yang merah, yang merah jambu dan yang putih. 1:9 Maka aku bertanya: Apakah arti semuanya ini, ya tuanku? Lalu malaikat yang berbicara dengan aku itu menjawab: Aku ini akan memperlihatkan kepadamu apa arti semuanya ini! 1:10 Orang yang berdiri di antara pohon-pohon murad itu mulai berbicara, katanya: Inilah mereka semua yang diutus TUHAN untuk menjelajahi bumi! 1:11 Berbicaralah mereka kepada Malaikat TUHAN yang berdiri di antara pohon-pohon murad itu, katanya: Kami telah menjelajahi bumi, dan sesungguhnya seluruh bumi itu tenang dan aman. 1:12 Berbicaralah Malaikat TUHAN itu, katanya: Ya TUHAN semesta alam, berapa lama lagi Engkau tidak menyayangi Yerusalem dan kota-kota Yehuda yang telah tujuh puluh tahun lamanya Kaumurkai itu? 1:13 Lalu kepada malaikat, yang berbicara dengan aku itu, TUHAN menjawab dengan kata-kata yang ramah dan yang menghiburkan. 1:14 Berkatalah kepadaku malaikat yang berbicara dengan aku itu: Serukanlah ini: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sangat besar usaha-Ku untuk Yerusalem dan Sion, 1:15 tetapi sangat besar murka-Ku terhadap bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman, yang, sementara Aku murka sedikit, telah membantu menimbulkan kejahatan. 1:16 Sebab itu, beginilah firman TUHAN, Aku kembali lagi kepada Yerusalem dengan kasih sayang. Rumah-Ku akan didirikan pula di sana, demikianlah firman TUHAN semesta alam, dan tali pengukur akan direntangkan lagi di atas Yerusalem. 1:17 Serukanlah ini selanjutnya: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kota-kota-Ku akan berlimpah-limpah pula dengan kebajikan, dan TUHAN akan menghiburkan Sion dan akan memilih Yerusalem pula."
Penglihatan kedua: empat tanduk dan empat orang tukang besi
1:18 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk. 1:19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara dengan aku itu: "Apakah arti semuanya ini?" Maka ia menjawab aku: "Inilah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, Israel dan Yerusalem." 1:20 Kemudian TUHAN memperlihatkan kepadaku empat tukang besi. 1:21 Lalu aku bertanya: "Orang-orang ini datang untuk melakukan apa?" Maka ia menjawab: "Inipun adalah tanduk-tanduk yang telah menyerakkan Yehuda, sehingga tidak seorangpun berani mengangkat kepalanya. Dan semuanya ini datang untuk mengejutkan mereka, yakni untuk menghempaskan tanduk bangsa-bangsa yang telah mengangkat tanduk terhadap tanah Yehuda hendak menyerakkannya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Berekhya son of Meshullam; a descendant of Jehoiachin, king of Judah,son of Shimea (Levi); father of Asaph, David's song leader,son of Asa; a Levite who led his clan back from exile,a Levite porter for the ark in David's time,son of Meshillemoth, a man of Ephraim in the time of Pekah 741 BC (YC),son of Meshezabel; father of Meshullam a wall repairman,son of Iddo; father of Zechariah the prophet
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Ido father of Ahinadab, Solomon's deputy for food from Mahanaim,son of Joah of Gershom son of Levi,son of Zechariah; chief over Manasseh in Gilead under David,a prophet who wrote about the times of Solomon,grandfather of the prophet Zechariah; father of Berekiah,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a leader of the Jews in Casiphia of Babylon
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Syebat 11th month of the Jewish calendar
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yido father of Ahinadab, Solomon's deputy for food from Mahanaim,son of Joah of Gershom son of Levi,son of Zechariah; chief over Manasseh in Gilead under David,a prophet who wrote about the times of Solomon,grandfather of the prophet Zechariah; father of Berekiah,priest leader of some who returned from exile with Zerubbabel,a leader of the Jews in Casiphia of Babylon
 · Zakharia the father of John the baptist,a son of Berekiah, a righteous man who was killed by the Jewish authorities,son and successor of King Jeroboam,father of Abi, the mother of King Hezekiah,a leader of the tribe of Reuben,son of Meshelemiah; a door keeper for the tent of meeting,son of Jeiel and Maacah of Gibeon,a Levite gate keeper and harpist in David's time,a priest and trumpeter in David's time,son of Isshiah (Uzziel Kohath Levi),son of Hosah; a pre-exile Levite gatekeeper,a man of Manasseh in Gilead in Saul and David's time,a prince whom Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Benaiah (Asaph Levi),son of King Jehoshaphat,son of Jehoiada the priest; a prophet,a man who influenced King Uzziah for good,a Levite (Asaph) who helped Hezekiah cleanse the temple,a Levite (Kohath) who helped King Josiah restore the temple,a chief officer of the house of God in Josiah's time,son of Berechiah; a priest; writer of the book of Zechariah,leader among the Parosh clansmen who returned from exile,son of Bebai; leader among Bebai clansmen returned from exile,a lay man of the Elam Clan who put away his heathen wife,a man who stood with Ezra when he read the law to the assembly,son of Amariah of Judah,a descendant of Shelah,son of Pashhur; a priest whose descendants returned from exile,son of Jonathan (Asaph Levi),son of Jeberechiah; a witness to Isaiah's prophesy


Topik/Tema Kamus: Zakharia | Malaikat | Kuda | Orang Yahudi | Pohon | Lihat, Penglihatan | Nabi | Hibur, Penghiburan Di Dalam Kesusahan | Bulan, Untuk Mengukur Waktu | Yido | Bulan | Darius | Syebat | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Za 1:1 - BULAN YANG KE DELAPAN ... NABI ZAKHARIA. Nas : Za 1:1 Pada bulan Nopember tahun 520 SM, sekitar sebulan sesudah nubuat kedua Hagai (lih. Hag 2:2), Allah mengangkat Zakharia, yang berusia l...

Nas : Za 1:1

Pada bulan Nopember tahun 520 SM, sekitar sebulan sesudah nubuat kedua Hagai (lih. Hag 2:2), Allah mengangkat Zakharia, yang berusia lebih muda, untuk membantu Hagai mendorong umat itu membangun kembali Bait Suci. Enam pasal pertama berisi serangkaian delapan penglihatan yang diberikan pada waktu malam selama dua tahun pertama pembangunan kembali. Semua penglihatan ini memberikan semangat kepada umat itu untuk melihat apa yang mereka lakukan dari segi rencana Allah untuk mendatangkan pemulihan yang lebih besar, pemulihan rohani, di masa depan. Kedua kedatangan Kristus yang pertama dan kedua kali tercakup dalam nubuat-nubuat ini.

Full Life: Za 1:3 - KEMBALILAH KEPADA-KU ... AKUPUN AKAN KEMBALI KEPADA-MU. Nas : Za 1:3 Pesan Allah melalui Zakharia diawali dengan imbauan agar umat itu kembali kepada Allah, yaitu bertobat. Allah sedang menanti mereka me...

Nas : Za 1:3

Pesan Allah melalui Zakharia diawali dengan imbauan agar umat itu kembali kepada Allah, yaitu bertobat. Allah sedang menanti mereka menaati Dia, dan sebaliknya Ia akan memberkati dan melindungi mereka.

Full Life: Za 1:4 - JANGANLAH KAMU SEPERTI NENEK MOYANGMU. Nas : Za 1:4 Allah memperingatkan mereka bagaimana Dia telah menyampaikan imbauan yang sama kepada nenek moyang mereka melalui para nabi sebelum in...

Nas : Za 1:4

Allah memperingatkan mereka bagaimana Dia telah menyampaikan imbauan yang sama kepada nenek moyang mereka melalui para nabi sebelum ini, tetapi mereka tidak bertobat.

  1. 1) Karena mereka tidak berbalik dari jalan-jalan mereka yang jahat, nenek moyang itu kehilangan kesempatan mereka dan menderita sebagai akibatnya; peringatan-peringatan dalam pasal Ul 28:1-68 tergenapi.
  2. 2) Demikian pula, jikalau kita hidup untuk menikmati kesenangan berdosa dari sistem dunia masa kini, kita juga akan kehilangan rencana Allah bagi hidup kita dan selamanya tidak menerima berkat dan kebaikan terbesar yang dimaksudkan-Nya untuk kita.

Full Life: Za 1:8-11 - AKU MENDAPAT SUATU PENGLIHATAN. Nas : Za 1:8-11 Dalam bulan Februari 519 SM, Allah memberikan penglihatan kepada Zakharia tentang seorang penunggang kuda merah di antara pohon-poh...

Nas : Za 1:8-11

Dalam bulan Februari 519 SM, Allah memberikan penglihatan kepada Zakharia tentang seorang penunggang kuda merah di antara pohon-pohon murad dengan beberapa kuda lain di belakangnya. Beberapa orang percaya bahwa laki-laki itu merupakan perwujudan Kristus selaku malaikat Tuhan (bd. ayat Za 1:12;

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

Seorang malaikat penafsir menjelaskan bahwa kuda-kuda itu telah menjelajah seluruh bumi dan menemukannya dalam keadaan tenang dan aman (ayat Za 1:11), namun umat Allah di Yehuda masih tertindas dan tidak aman. Tuhan akan mengubah situasi dunia dengan memulihkan dan memberkati Yerusalem dan kota-kota Yehuda.

Full Life: Za 1:9 - MALAIKAT YANG BERBICARA DENGAN AKU. Nas : Za 1:9 Malaikat penafsir melanjutkan penjelasannya kepada Zakharia (ayat Za 1:3-4,19; 2:3; 4:1,4-5; 5:5,10; 6:4-5). Akan tetapi, malaikat ini...

Nas : Za 1:9

Malaikat penafsir melanjutkan penjelasannya kepada Zakharia (ayat Za 1:3-4,19; 2:3; 4:1,4-5; 5:5,10; 6:4-5). Akan tetapi, malaikat ini bukan yang sama dengan malaikat Tuhan

(lihat cat. --> Za 1:8 sebelumnya).

[atau ref. Za 1:8]

Full Life: Za 1:12 - BERBICARALAH MALAIKAT TUHAN ITU. Nas : Za 1:12 Penunggang kuda merah itu kini diperkenalkan sebagai malaikat Tuhan yang memohon syafaat demi Israel dan Yerusalem agar segera mengak...

Nas : Za 1:12

Penunggang kuda merah itu kini diperkenalkan sebagai malaikat Tuhan yang memohon syafaat demi Israel dan Yerusalem agar segera mengakhiri 70 tahun hukuman Allah atas Yerusalem dan Bait Suci, yang dibinasakan pada tahun 586 SM. Pembangunan kembali Bait Suci itu selesai pada tahun 516 SM, 70 tahun kemudian. Malaikat Tuhan itu mungkin Kristus

(lihat cat. --> Za 1:8-11;

[atau ref. Za 1:8-11]

bd. Kel 23:20-21; Yes 63:9), yang hingga kini masih membela kita (1Yoh 2:1).

Full Life: Za 1:14 - SANGAT BESAR USAHA-KU UNTUK YERUSALEM. Nas : Za 1:14 Kasih Allah berada di balik pemilihan-Nya atas Yerusalem dan bangsa Israel. Akan tetapi, kasih itu tidak dimaksudkan untuk bangsa Isr...

Nas : Za 1:14

Kasih Allah berada di balik pemilihan-Nya atas Yerusalem dan bangsa Israel. Akan tetapi, kasih itu tidak dimaksudkan untuk bangsa Israel saja; kasih itu dimaksudkan untuk menjangkau semua orang. Allah ingin memberkati semua keluarga di bumi melalui Abram dan keturunannya

(lihat cat. --> Kej 12:3).

[atau ref. Kej 12:3]

Full Life: Za 1:15 - BANGSA-BANGSA ... MEMBANTU MENIMBULKAN KEJAHATAN. Nas : Za 1:15 Allah memakai bangsa-bangsa kafir untuk menghukum Yerusalem (Yes 10:5-6; Hab 1:6). Akan tetapi, dalam keserakahan untuk memperoleh ke...

Nas : Za 1:15

Allah memakai bangsa-bangsa kafir untuk menghukum Yerusalem (Yes 10:5-6; Hab 1:6). Akan tetapi, dalam keserakahan untuk memperoleh kekayaan dan kuasa, bangsa-bangsa ini bertindak keterlaluan. Kini mereka sendiri akan dihukum Allah karena keangkuhan mereka.

Full Life: Za 1:18-19 - TANDUK-TANDUK YANG TELAH MENYERAKKAN YEHUDA, ISRAEL DAN YERUSALEM. Nas : Za 1:18-19 Tanduk-tanduk binatang ini melambangkan Asyur, Mesir, Babel, dan Media-Persia.

Nas : Za 1:18-19

Tanduk-tanduk binatang ini melambangkan Asyur, Mesir, Babel, dan Media-Persia.

Full Life: Za 1:20-21 - EMPAT TUKANG BESI. Nas : Za 1:20-21 Tukang besi ini mungkin adalah empat kerajaan yang membawa hukuman Allah atas tanduk-tanduk tadi (ayat Za 1:18). Semua penindas um...

Nas : Za 1:20-21

Tukang besi ini mungkin adalah empat kerajaan yang membawa hukuman Allah atas tanduk-tanduk tadi (ayat Za 1:18). Semua penindas umat Allah akhirnya harus dihukum juga (bd. Mazm 2:5,9).

Jerusalem: Za 1:1 - Dalam bulan yang kedelapan... Ialah bulan Oktober/Nopember th 520 seb Mas, dua bulan setelah nabi Hagai membawakan nubuatnya yang pertama

Ialah bulan Oktober/Nopember th 520 seb Mas, dua bulan setelah nabi Hagai membawakan nubuatnya yang pertama

Jerusalem: Za 1:1 - bin Berekhya Ini sebuah sisipan yang berasal dari Yes 8:2. Menurut Ezr 5:1; 6:14; Neh 12:16 Zakharia adalah anak Ido.

Ini sebuah sisipan yang berasal dari Yes 8:2. Menurut Ezr 5:1; 6:14; Neh 12:16 Zakharia adalah anak Ido.

Jerusalem: Za 1:5 - -- Manusia memang mati, termasuk para nabi. Tetapi firman Allah, Zak 1:6, yang diperorangkan seperti dalam Maz 147:15; Yes 55:11; Wis 18:14-15, tetapi ti...

Manusia memang mati, termasuk para nabi. Tetapi firman Allah, Zak 1:6, yang diperorangkan seperti dalam Maz 147:15; Yes 55:11; Wis 18:14-15, tetapi tinggal. Bdk Yes 40:7-8.

Jerusalem: Za 1:7 - Pada hari.... Ialah pertengahan bulan Pebruari th 519 seb Mas.

Ialah pertengahan bulan Pebruari th 519 seb Mas.

Jerusalem: Za 1:8 - suatu penglihatan Penglihatan berikut, Zak 1:8-17 dengan berlatar belakang kepercayaan akan keesaan Allah memanfaatkan berbagai unsur dari mitologi kuno. Pohon-pohon Mu...

Penglihatan berikut, Zak 1:8-17 dengan berlatar belakang kepercayaan akan keesaan Allah memanfaatkan berbagai unsur dari mitologi kuno. Pohon-pohon Murad itu nampaknya berakar dalam samudera raya. Orang yang berdiri di antara pohon-pohon itu ialah Malaikat Tuhan, Zak 1:11+. Kuda-kuda itu melambangkan malaikat-malaikat penilik bumi. Rupanya ada empat kelompok malaikat, bdk Zak 6:2 dst. Dalam terjemahan Yunani memang ada empat kelompok kuda-kuda, sebab ditambah kuda-kuda hitam. Ini berhubungan dengan keempat mata angin atau keempat penjuru bumi. Menurut Zak 1:10 kuda-kuda itu ada penunggangnya.

Jerusalem: Za 1:11 - Malaikat TUHAN Malaikat itu bukan Tuhan sendiri, seperti dalam nas-nas Alkitab yang tua, Kej 16:7+, yaitu Tuhan yang menampakkan diri, tetapi di sini Malaikat Tuhan ...

Malaikat itu bukan Tuhan sendiri, seperti dalam nas-nas Alkitab yang tua, Kej 16:7+, yaitu Tuhan yang menampakkan diri, tetapi di sini Malaikat Tuhan itu ternyata sebuah makhluk tersendiri. Manusia dan malaikat-malaikat dianggap hanya dapat menghadap Allah melalui Malaikat Tuhan itu

Jerusalem: Za 1:11 - seluruh bumi itu tenang Pada bulan Pebr th 519 seb Mas bumi memang tenang dan tenteram, diperintah oleh raja Darius. Keadaan itu menggelisahkan umat Israel yang menunggu kego...

Pada bulan Pebr th 519 seb Mas bumi memang tenang dan tenteram, diperintah oleh raja Darius. Keadaan itu menggelisahkan umat Israel yang menunggu kegoncangan bumi, Hag 2:7+ sebagai pertanda zaman baru.

Jerusalem: Za 1:15 - bangsa-bangsa yang merasa dirinya aman Yang dimaksud terutama bangsa-bangsa tetangga Israel.

Yang dimaksud terutama bangsa-bangsa tetangga Israel.

Jerusalem: Za 1:18 - empat tanduk Tanduk, lambang kekuatan Maz 75:5+, mengibaratkan bangsa-bangsa yang menjadi musuh Israel. Jumlah empat melambangkan keseluruhan semua bangsa itu.

Tanduk, lambang kekuatan Maz 75:5+, mengibaratkan bangsa-bangsa yang menjadi musuh Israel. Jumlah empat melambangkan keseluruhan semua bangsa itu.

Jerusalem: Za 1:19 - Israel Kata ini rupanya sebuah sisipan, bdk Zak 1:21.

Kata ini rupanya sebuah sisipan, bdk Zak 1:21.

Jerusalem: Za 1:20 - empat tukang besi Tukang-tukang itu melambangkan malaikat-malaikat yang kuat-kuat.

Tukang-tukang itu melambangkan malaikat-malaikat yang kuat-kuat.

Ende: Za 1:1 - -- Oktober-Nopember 520 seb.Mas. Djadi Zakarja tampil kemuka dua bulan sesudah Hagai. Ajat 2 dipindahkan ke 6a

Oktober-Nopember 520 seb.Mas. Djadi Zakarja tampil kemuka dua bulan sesudah Hagai.

Ajat 2 dipindahkan ke 6a

Ende: Za 1:6 - -- Sabda Jahwe (ketetapanNja) ialah antjaman jang diutjap para nabi dan jang terlaksana pula atas nenek-mojang kaum buangan. Sabda itu diperorangkan dan ...

Sabda Jahwe (ketetapanNja) ialah antjaman jang diutjap para nabi dan jang terlaksana pula atas nenek-mojang kaum buangan. Sabda itu diperorangkan dan dengan dajanja sendiri berlangsung terus, meskipun nabi2 itu sudah lenjap. Makanja anak2 nenek-mojang akan ditimpa djuga oleh antjaman2 itu, bila kelakuannja sama juga.

Ende: Za 1:6 - -- Nenek-mojang, setelah dihukum menurut sabda Jahwe, terpaksa lalu mengakui, bahwa antjamanNja tidaklah sia2 dan hampa.

Nenek-mojang, setelah dihukum menurut sabda Jahwe, terpaksa lalu mengakui, bahwa antjamanNja tidaklah sia2 dan hampa.

Ende: Za 1:7-17 - -- Penglihatan pertama ini memuat kabar2 gembira dan pelipur bagi penduduk Jerusjalem. Bangsa2 musuh jang telah menindas Israil dengan keterlaluan, akan ...

Penglihatan pertama ini memuat kabar2 gembira dan pelipur bagi penduduk Jerusjalem. Bangsa2 musuh jang telah menindas Israil dengan keterlaluan, akan dibinasakan pada waktunja, tetapi baitullah di Jerusjalem akan diselesaikan bersama dengan Jerusjalem. Lalu mulailah masa kesedjahteraan.

Ende: Za 1:7 - -- Pebruari 519. Soalnja ialah: Disini nabi baru dipanggil untuk tugasnja, padahal Zak 1:3-6 ditanggalkan sebelumnja (Zak 1:1). Soalnja dapat dipetjahkan...

Pebruari 519. Soalnja ialah: Disini nabi baru dipanggil untuk tugasnja, padahal Zak 1:3-6 ditanggalkan sebelumnja (Zak 1:1). Soalnja dapat dipetjahkan dengan mengirakan, bahwa Zak 1:3-6 merupakan buah hasil pikiran nabi sendiri sebelum dipanggil. Lalu ia mengerti, bahwa pikirannja dahulu diilhamkan oleh Tuhan.

Ende: Za 1:8 - -- Orang berkuda itu adalah malaekat2 Jahwe. Apa artinja, bahwa ia dilihat di-tengah2 pohon2 Murta jang berakar dalam tubir, kurang terang. Mungkin dalam...

Orang berkuda itu adalah malaekat2 Jahwe. Apa artinja, bahwa ia dilihat di-tengah2 pohon2 Murta jang berakar dalam tubir, kurang terang. Mungkin dalam tubir berarti gunung2 berakar, menurut anggapan orang2 Jahudi dahulu dipinggir keping bumi.

Djadi malaekat itu dilihat di-tengah2 pohon2 besar dan adjaib pada pinggir bumi, tempat masuk surga!

Orang2 berkuda dibelakangnja ialah malaekat2 lain, jang bertugas untuk menjelidiki bumi.

Ende: Za 1:11 - -- Bumi berdiam diri (dengan tenteram) dan sentosa ialah bangsa2 musuh Israil telah membinasakan umat Jahwe.

Bumi berdiam diri (dengan tenteram) dan sentosa ialah bangsa2 musuh Israil telah membinasakan umat Jahwe.

Ende: Za 1:12 - -- Malaekat itu mengutjap pikiran nabi (dan seluruh rakjat) sendiri.

Malaekat itu mengutjap pikiran nabi (dan seluruh rakjat) sendiri.

Ende: Za 1:14-15 - -- Allah tjemburu demi Jerusjalem dan karenanja pasti akan membalas dendam pada bangsa2 kafir, jang melampaui batas dalam pelaksanaan hukuman Jahwe atas ...

Allah tjemburu demi Jerusjalem dan karenanja pasti akan membalas dendam pada bangsa2 kafir, jang melampaui batas dalam pelaksanaan hukuman Jahwe atas Jerusjalem.

Ende: Za 1:18 - -- Angka empat disini menundjuk keseluruhan. Empat tanduk itu melambangkan semua musuh Israil.

Angka empat disini menundjuk keseluruhan. Empat tanduk itu melambangkan semua musuh Israil.

Endetn: Za 1:3 - (serukanlah... dst.), ditambahkan menurut kiraan.

ditambahkan menurut kiraan.

Ref. Silang FULL: Za 1:1 - zaman Darius // nabi Zakharia // bin Berekhya // bin Ido · zaman Darius: Ezr 4:24; Ezr 4:24; Ezr 6:15; Ezr 6:15 · nabi Zakharia: Ezr 5:1; Ezr 5:1 · bin Berekhya: Mat 23:35; Luk 11:51 &...

· zaman Darius: Ezr 4:24; [Lihat FULL. Ezr 4:24]; Ezr 6:15; [Lihat FULL. Ezr 6:15]

· nabi Zakharia: Ezr 5:1; [Lihat FULL. Ezr 5:1]

· bin Berekhya: Mat 23:35; Luk 11:51

· bin Ido: Za 1:7; Neh 12:4; [Lihat FULL. Neh 12:4]

Ref. Silang FULL: Za 1:2 - Sangat murka · Sangat murka: 2Taw 36:16; 2Taw 36:16

· Sangat murka: 2Taw 36:16; [Lihat FULL. 2Taw 36:16]

Ref. Silang FULL: Za 1:3 - alam: Kembalilah // kembali kepadamu · alam: Kembalilah: Ayub 22:23; Ayub 22:23 · kembali kepadamu: Mal 3:7; Yak 4:8

· alam: Kembalilah: Ayub 22:23; [Lihat FULL. Ayub 22:23]

· kembali kepadamu: Mal 3:7; Yak 4:8

Ref. Silang FULL: Za 1:4 - nenek moyangmu // para nabi // tingkah lakumu // menghiraukan Aku // firman Tuhan · nenek moyangmu: 2Taw 36:15; 2Taw 36:15 · para nabi: Za 7:7 · tingkah lakumu: 2Raj 7:13; 2Raj 7:13; 2Taw 7:14; 2Taw 7:14; Mazm 1...

· nenek moyangmu: 2Taw 36:15; [Lihat FULL. 2Taw 36:15]

· para nabi: Za 7:7

· tingkah lakumu: 2Raj 7:13; [Lihat FULL. 2Raj 7:13]; 2Taw 7:14; [Lihat FULL. 2Taw 7:14]; Mazm 106:6; Yer 23:22; [Lihat FULL. Yer 23:22]

· menghiraukan Aku: 2Taw 24:19; [Lihat FULL. 2Taw 24:19]; Mazm 78:8; Yer 6:17; [Lihat FULL. Yer 6:17]; Yer 17:23

· firman Tuhan: Yeh 20:18; [Lihat FULL. Yeh 20:18]; Yeh 33:4; [Lihat FULL. Yeh 33:4]

Ref. Silang FULL: Za 1:6 - segala firman // nenek moyangmu // kita sesuai // mengambil tindakan · segala firman: Yes 44:26; Yes 44:26 · nenek moyangmu: Ul 28:2; Ul 28:2; Dan 9:12; Dan 9:12; Hos 5:9; Hos 5:9 · kita sesuai: Yer...

· segala firman: Yes 44:26; [Lihat FULL. Yes 44:26]

· nenek moyangmu: Ul 28:2; [Lihat FULL. Ul 28:2]; Dan 9:12; [Lihat FULL. Dan 9:12]; Hos 5:9; [Lihat FULL. Hos 5:9]

· kita sesuai: Yer 12:14-17; Rat 2:17

· mengambil tindakan: Yer 23:20; 39:16; Yer 44:17; [Lihat FULL. Yer 44:17]

Ref. Silang FULL: Za 1:7 - bin Ido · bin Ido: Za 1:1; Za 1:1

· bin Ido: Za 1:1; [Lihat FULL. Za 1:1]

Ref. Silang FULL: Za 1:8 - kuda merah // ada kuda-kuda · kuda merah: Wahy 6:4 · ada kuda-kuda: Za 6:2-7

· kuda merah: Wahy 6:4

· ada kuda-kuda: Za 6:2-7

Ref. Silang FULL: Za 1:9 - Lalu malaikat // apa arti · Lalu malaikat: Za 4:1,4-5; 5:5 · apa arti: Dan 7:16; Dan 7:16

· Lalu malaikat: Za 4:1,4-5; 5:5

· apa arti: Dan 7:16; [Lihat FULL. Dan 7:16]

Ref. Silang FULL: Za 1:10 - menjelajahi bumi · menjelajahi bumi: Za 6:5-8

· menjelajahi bumi: Za 6:5-8

Ref. Silang FULL: Za 1:11 - Malaikat Tuhan // dan aman · Malaikat Tuhan: Kej 16:7 · dan aman: Yes 14:7; Yes 14:7

· Malaikat Tuhan: Kej 16:7

· dan aman: Yes 14:7; [Lihat FULL. Yes 14:7]

Ref. Silang FULL: Za 1:12 - berapa lama // tidak menyayangi // kota-kota Yehuda // tujuh puluh · berapa lama: Mazm 6:4; Mazm 6:4 · tidak menyayangi: Mazm 40:12 · kota-kota Yehuda: Yer 40:5; Yer 40:5 · tujuh puluh: 2Ta...

· berapa lama: Mazm 6:4; [Lihat FULL. Mazm 6:4]

· tidak menyayangi: Mazm 40:12

· kota-kota Yehuda: Yer 40:5; [Lihat FULL. Yer 40:5]

· tujuh puluh: 2Taw 36:21; [Lihat FULL. 2Taw 36:21]; Dan 9:2; [Lihat FULL. Dan 9:2]

Ref. Silang FULL: Za 1:13 - dengan aku // Tuhan menjawab // dengan kata-kata · dengan aku: Za 4:1 · Tuhan menjawab: Yes 35:4; Yes 35:4 · dengan kata-kata: Ayub 15:11; Ayub 15:11

· dengan aku: Za 4:1

· Tuhan menjawab: Yes 35:4; [Lihat FULL. Yes 35:4]

· dengan kata-kata: Ayub 15:11; [Lihat FULL. Ayub 15:11]

Ref. Silang FULL: Za 1:14 - besar usaha-Ku · besar usaha-Ku: Yes 26:11; Yes 26:11; Yoel 2:18; Yoel 2:18

· besar usaha-Ku: Yes 26:11; [Lihat FULL. Yes 26:11]; Yoel 2:18; [Lihat FULL. Yoel 2:18]

Ref. Silang FULL: Za 1:15 - dirinya aman // Aku murka // menimbulkan kejahatan · dirinya aman: Yer 48:11 · Aku murka: 2Taw 28:9; 2Taw 28:9 · menimbulkan kejahatan: Mazm 69:27; Mazm 69:27; Mazm 123:3-4; Am 1:...

· dirinya aman: Yer 48:11

· Aku murka: 2Taw 28:9; [Lihat FULL. 2Taw 28:9]

· menimbulkan kejahatan: Mazm 69:27; [Lihat FULL. Mazm 69:27]; Mazm 123:3-4; Am 1:11; [Lihat FULL. Am 1:11]

Ref. Silang FULL: Za 1:16 - kembali lagi // tali pengukur · kembali lagi: Za 8:3 · tali pengukur: Ayub 38:5; Ayub 38:5; Za 2:1-2

· kembali lagi: Za 8:3

· tali pengukur: Ayub 38:5; [Lihat FULL. Ayub 38:5]; Za 2:1-2

Ref. Silang FULL: Za 1:17 - semesta alam // akan menghiburkan // akan memilih // Yerusalem · semesta alam: Ezr 1:1; Ezr 1:1 · akan menghiburkan: Yes 40:1; Yes 40:1 · akan memilih: Yes 14:1; Yes 14:1 · Yerusalem: E...

· semesta alam: Ezr 1:1; [Lihat FULL. Ezr 1:1]

· akan menghiburkan: Yes 40:1; [Lihat FULL. Yes 40:1]

· akan memilih: Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]

· Yerusalem: Ezr 9:9; [Lihat FULL. Ezr 9:9]; Mazm 51:20; [Lihat FULL. Mazm 51:20]; Yes 54:8-10; Yes 61:4; [Lihat FULL. Yes 61:4]

Ref. Silang FULL: Za 1:18 - empat tanduk · empat tanduk: Am 6:13

· empat tanduk: Am 6:13

Ref. Silang FULL: Za 1:21 - mengangkat tanduk // hendak menyerakkannya · mengangkat tanduk: 1Raj 22:11; 1Raj 22:11; Mazm 75:5 · hendak menyerakkannya: Mazm 75:11; Mazm 75:11; Yes 54:16-17; Yes 54:16; Yes 54:...

· mengangkat tanduk: 1Raj 22:11; [Lihat FULL. 1Raj 22:11]; Mazm 75:5

· hendak menyerakkannya: Mazm 75:11; [Lihat FULL. Mazm 75:11]; Yes 54:16-17; [Lihat FULL. Yes 54:16]; [Lihat FULL. Yes 54:17]; Za 12:9

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Za 1:1-6 - Kembali kepada Tuhan (Jumat, 27 November 2009) Kembali kepada Tuhan Apa sebenarnya masalah mendasar manusia berdosa? Bukan semata-mata kelemahan moral atau ketidak-tahuan hukum, melainkan ket...

SH: Za 1:1-6 - Masa Lalu Sungguh Berharga (Rabu, 17 Oktober 2018) Masa Lalu Sungguh Berharga Jika mengacu pada bulan ke-8 dan tahun ke-2 pemerintahan Raja Darius, maka itu diperkirakan 520 SM. Saat itulah Zakharia m...

SH: Za 1:7-17 - Sampai Tuhan membela umat-Nya (Minggu, 29 November 2009) Sampai Tuhan membela umat-Nya Berapa lama lagi, Tuhan? Seruan seperti ini sering kita temukan di mazmur (ayat 13:2; 79:5; 80:5; dst.). Ini adala...

SH: Za 1:7-17 - Berlimpah Kebajikan (Kamis, 18 Oktober 2018) Berlimpah Kebajikan Nabi Zakharia mendapat penglihatan pertama, yaitu seorang yang menunggangi kuda merah. Dia sedang berdiri di antara pohon-pohon m...

SH: Za 1:18-21 - Tuhan lebih berkuasa (Senin, 30 November 2009) Tuhan lebih berkuasa Pertanyaan di penglihatan pertama, "berapa lama ya Tuhan?" menggema terus di hati umat Tuhan, yang melihat kenyataan mereka...

SH: Za 1:18-21 - Kuasa Manusia Tidak Kekal (Jumat, 19 Oktober 2018) Kuasa Manusia Tidak Kekal Penglihatan ketiga Nabi Zakharia adalah empat tanduk (18). Malaikat menjelaskan bahwa empat tanduk itulah yang menyerakkan ...

Utley: Za 1:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 1:1-61 Dalam bulan yang kedelapan pada tahun kedua zaman Darius datanglah firman TUHAN kepada nabi Zakharia bin Berekhya bin...

Utley: Za 1:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 1:7-117 Pada hari yang kedua puluh empat dari bulan yang kesebelas — itulah bulan Syebat — pada tahun yang kedua zaman D...

Utley: Za 1:12-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 1:12-1712 Berbicaralah Malaikat TUHAN itu, katanya: Ya TUHAN semesta alam, berapa lama lagi Engkau tida. menyayangi Yerusale...

Utley: Za 1:18-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Za 1:18-2118 Aku melayangkan mataku dan melihat: tampak empat tanduk. 19 Lalu aku bertanya kepada malaikat yang berbicara denga...

Topik Teologia: Za 1:5 - -- Keselamatan Pertobatan Peringatan untuk Pertobatan Peringatan Bagi yang Tidak Menyesal 2Ra 17:13-14,20 Maz 7:13-14 Ma...

Topik Teologia: Za 1:8 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Visi (Penglihatan) Kej 15:1-2 Bil 12:6 1Sa 3:1 Yes 30:9-10 Rat 2:9 Yeh 1:1 Yeh 1...

Topik Teologia: Za 1:9 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Za 1:10 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Za 1:13 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Za 1:16 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Za 1:17 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Tempat Penyembahan Pemenuhan Al...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Zakharia Tema : Penyelesaian Terakhir Bait Suci dan Janji-Janji Mesias Tanggal Penulisan: 520-470 SM Latar Belakang ...

Full Life: Zakharia (Garis Besar) Garis Besar I. Bagian Satu: Firman Nubuat Dalam Konteks Membangun Kembali Bait Suci (520-518 SM) (Za 1:1-8:23) ...

Jerusalem: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA Kitab Zakharia terdiri dari dua bagian yang jelas berbeda: Za 1-8 dan 9-14. Sesudah pendahuluan yang bertanggalkan bulan Oktober-Nopember thn...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Zakharia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Zakharia (Pendahuluan Kitab) ZAKHARIA PENGANTAR Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda: (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang

ZAKHARIA

PENGANTAR

Buku Zakharia terdiri dari dua bagian yang berbeda:

  1. (1) Pasal 1-8 (Za 1:1-8:23) berisi ramalan-ramalan Nabi Zakharia yang diucapkannya antara tahun 520 dan tahun 518 Sebelum Masehi. Ramalan-ramalan itu kebanyakan dinyatakan dalam bentuk penglihatan-penglihatan, dan membicarakan perbaikan Yerusalem, pembangunan kembali Rumah TUHAN, serta penyucian umat Allah. Zakharia meramalkan juga masa kedatangan Raja yang dijanjikan Allah kepada umat-Nya.
  2. (2) Pasal 9-17 (Za 9:1-14:17) merupakan kumpulan pesan-pesan yang diucapkan pada masa-masa yang lebih kemudian. Di sini dibicarakan Juruselamat yang akan datang ke dunia, dan penghakiman terakhir.

Isi

  1.  Pesan-pesan yang berisi peringatan dan pengharapan
    Za 1:1-8:23
  2.  Penghakiman terhadap negeri-negeri tetangga Israel
    Za 9:1-8
  3.  Kemakmuran dan kesejahteraan di masa mendatang
    Za 9:9-14:21

Ajaran: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan keraj

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Zakharia, orang-orang Kristen mengerti bahwa kedatangan Kristus telah dinubuatkan terlebih dahulu, dan kerajaan yang kekal juga telah diberitakan di masa lalu. Dengan demikian mereka semakin mengetahui bahwa segala apa yang dikatakan Firman Allah adalah benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Zakharia.

Isi Kitab: Kitab Zakharia, terbagi atas 14 pasal. Kitab ini menunjuk kepada kedatangan Kristus yang pertama dan yang kedua kali.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Zakharia

  1. Pasal 1 (Za 1:1-6). Panggilan Allah kepada bangsa Israel untuk bertobat
  2. Pasal 1-6 (Za 1:7-6:15). Nabi Zakharia memperoleh penglihatan-penglihatan

Pendalaman

a. Bacalah pasal Za 1:7-17. Penglihatan pertama: nabi Zakharia adalah penunggang kuda, yang memberitakan tentang keamanan di bumi.

b. Bacalah pasal Za 1:18-21. Penglihatan yang kedua adalah empat tanduk dan empat tukang besi, yang mempunyai arti bahwa kerajaan yang menindas bangsa Israel mengalami kehancuran.

c. Bacalah pasal Za 2:1-13. Penglihatan ketiga adalah orang yang memegang tali ukuran dan mengukur kota Yerusalem, yang mengartikan bahwa Allah akan memanggil pulang umat-Nya.

d. Bacalah pasal Za 3:1-10. Penglihatan yang keempat adalah penglihatan tentang Yosua yang menjadi imam besar yang menggambarkan Yesus Kristus sebagai Imam penghapus dosa manusia.

e. Bacalah pasal Za 4:1-14. Penglihatan yang kelima adalah mengenai kandil emas yang menggambarkan Roh dan Firman Tuhan yang memberikan keberhasilan kepada Zerubabel.

f. Bacalah pasal Za 5:1-4. Penglihatan yang keenam adalah mengenai gulungan kitab yang terbang yang mengartikan hukuman bagi semua orang yang menolak hukum Allah.

g. Bacalah pasal Za 5:5-11. Penglihatan ketujuh adalah mengenai perempuan dalam gantang yang menggambarkan bahwa tanah Yehuda akan dibersihkan dari segala kejahatan.

h. Bacalah pasal Za 6:1-8. Penglihatan kedelapan adalah mengenai empat kereta yang menggambarkan Allah yang menguasai seluruh dunia.

  1. Pasal 7-8 (Za 7:1-8:23).

    Allah mengajarkan tentang ibadah puasa yang benar kepada bangsa Israel, dan janji keselamatan bagi bangsa-bangsa

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Za 9:1-8. Nubuatan tentang hukuman yang dijatuhkan kepada bangsa-bangsa.
    2. Bacalah pasal Za 9:9-10. Nubuatan tentang kedatangan Raja yang kekal (Yesus Kristus).
    3. Bacalah pasal Za 9:11-11:3. Nubuatan tentang pembebasan dan pemulihan kembali bangsa Israel.
    4. Bacalah pasal Za 11:4-17. Nubuatan tentang penolakan bangsa Israel terhada Gembala yang baik (Yesus Kristus).
    5. Bacalah pasal Za 12:1-14. Nubuatan tentang pembebasan dan pembaharuan Yerusalem.
    6. Bacalah pasal Za 13:1-9. Nubuatan tentang pembersihan yang dilakukan Alla terhadap kota Yerusalem.
    7. Bacalah pasal Za 14:1-21. Nubuatan tentang kedatangan Tuhan sebagai Raja di Yerusalem.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Zakharia mengajarkan bahwa segala sejarah dunia sudah berada dalam pengetahuan Allah dan kuasa-Nya.

  2. Nubuatan akan kedatangan Yesus yang pertama telah terjadi, mengajarkan bahwa nubuatan yang memberitakan kedatangan Yesus kedua kali pasti akan digenapi.

  3. Nubuatan-nubuatan yang sudah digenapi membuktikan bahwa Allah tidak pernah berdusta/berbohong dalam perkataan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Zakharia?
  2. Apakah pokok isi pemberitaan Kitab Zakharia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setela mempelajari Kitab Zakharia?

Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) Nabi dan imam PENULISNYAZakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani

Nabi dan imam

PENULISNYA
Zakharia adalah cucu Ido (Zak 1:1) yang mungkin saja adalah imam yang disebut dalam Nehemia 12:4 sebagai orang telah menemani Zerubabel dan Yesua dari Babilonia ke Yerusalem. Jika Ido seorang imam, maka Zakharia adalah seorang imam dan nabi. Hal ini menjelaskan keprihatinan Zakharia untuk segera membangun kembali Rumah Tuhan (Ezra 6:14).

SITUASI SAAT ITU
Bangsa Yahudi dibawa kepembuangan di Babel dalam tahun 587/6 SM, tetapi kerajaan Babel tiba-tiba dikalahkan oleh Koresy, "Mesias Allah" (Yes 45:1). Ia segera mengumumkan bahwa orang-orang buangan boleh kembali ke Yerusalem, dan mulai dari tahun 538 SM daan seterusnya terjadi arus kembalinya bangsa Yahudi ke tanah air mereka. Tetapi pekerjaan membangun kembali Rumah Tuhan berjalan lambat sekali. Dalam tahun kedua pemerintahan Darius, Zakharia yang pada waktu itu masih muda mulai memberi semangat kepada mereka untuk mendorong menyelesaikan pekerjaan itu.

CIRI-CIRI NUBUATAN ZAKHARIA
Nubuatan Zakharia dapat dibagi dalam dua bagian (pasal Zak 1-8 dan Zak 9-14). Bagian pertama terdiri dari tujuh penglihatan yang luar biasa, ditambah dengan suatu pemandangan di sidang pengadilan tempat Imam Besar Yosua dituduh oleh Setan. Bagian kedua terutama membahas dua tema, yaitu penghakiman dan penyelamatan: penghakiman untuk orang yang tidak percaya, tetapi penyelamatan bagi umat Allah. Nubuatan ini ditutup dengan pemandangan mengenai hari Tuhan dan seruan nyata untuk hidup dalam kesucian. Perbedaan gaya penulisan kedua bagian nubuatan ini menurut pengamatan beberapa ahli disebabkan oleh karena bagian pertama ditulis pada waktu Zakharia berusia dua puluhan sedangkan bagian keduaa ditulis bertahun- tahun kemudia. Dan ciri yang luar biasa dari bagian kedua Zakharia adalah bahwa akibat dari suatu kejadian digambarkan sebelum kejadian itu terjadi. Sebagai contoh, dalam pasal 9, ayat Zak 9:1-8 menggambarkan penghakiman terhadap musuh- musuh bangsa Israel, tetapi kedatangan raja yang akan menghakimi mereka muncul dalam ayat Zak 9:9-13. Dalam pasal Zak 14 pembangunan kembali Yerusalem digambarkan sebelum tulah yang ditimpakan kepada bangsa-bangsa yang memerangi Yerusalem, tulah yang memaksa mereka untuk menghentikan serangan mereka. Perlu disebutkan juga mengenai "perumpamaan tentang para gembala" (pasal Zak 10,Zak 11) yang mengandung hal-hal yang sesuai atau yang berlawanan dengan tema Perjanjian Baru tentang Gembala Yang Baik. Di sini, para domba yang jemu terhadap Gembala Yang Baik membayarnya dengan tiga puluh keping perak (Zak 11:12,13; lihat Yoh 10; Mat 26:14-16; 27:3-10).

Pesan

Pesan Zakharia dibagi dalam dua bagian. Bagian pertama berkenaan dengan pemulihan Yerusalem, khususnya pembangunan kembali Rumah Tuhan.

1. Bagian pertama
o Penglihatan pertama: seorang laki-laki menunggang kuda merah. Dunia dalam keadaan damai, tetapi mengingat penindasan atas orang Yahudi, seharusnya tidaklah demikian. Reaksi Allah: penghakiman sudah dekat. Zak 1:7-17
o Penglihatan kedua: keempat tanduk: Tanduk merupakan lambang kerajaan-kerajaan, mungkin keempat kekaisaran pada masa Daniel, lebih mungkin lagi kerajaan dari keempat sudut bumi. Mereka segera akan dimusnahkan oleh keempat tukang besi Allah. Zak 1:18-21
o Penglihatan ketiga: Seorang laki-laki dengan pengukur tali, mencoba untuk mengukur Yerusalem. Tidak mungkin!
o Yerusalem segera akan menjadi penuh sesak dan tak mungkin dibangun tembok di sekelilingnya. Berkat Tuhan terlalu besat untuk ditampung! Zak 2:1-13
o Selingan: Yoshua sebagai imam besar. Penglihatan ini menerangkan bagaimana bangsa Yahudi yang jelas berdosa dapat sedemikian diberkati. Allah mengampuni; dalam kemurahanNya Allah memberi pakaian baru kepada bangsa Israel. Zak 3:1-10
o Penglihatan: Kandil emas dan dua pohon zaitun. Ini adalah lambang akhir zaman; pasal ini dengan jelas dikutip dalam Wahyu 1:12 (kaki dian) dan Zak 11:1,4 (tali pengukur dan pohon zaitun). Penglihatan ini menunjuk kepada Roh Kudus, hanya Dia yang dapat memberikan kuasa kepada Gereja. Zak 4:1-14
o Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang. Secara simbolis dosa bangsa Yehuda di bawa pergi ke tanah Sinear di Babel. Zak 5:5-11
o Penglihatan ketujuh: empat kereta kuda. Gunung-gunung tempat keluarnya kereta-kereta itu melambangkan kebesaran Allah dan hukum Allah, seperti di Sinai. Kereta kuda, lambang kekacauan, bergerak di seluruh dunia, mendorong umat Allah untuk mencari perlindungan di kota damai, Yerusalem, tempat merka bersama-sama membangun Rumah Tuhan. Zak 6:1-15

2. Bagian kedua
o Dimulai dengan penghakiman. Zak 9:1-17
o Memperkenalkan seorang Gembala-Penyelamat. Zak 10:1-11:17
o Petunjuk pertobatan. Zak 12:1-13:9
o Menggambarkan hari Tuhan. Zak 14:1-21

Penerapan

1. Nubutan dan peran Yerusalem
Dalam kitab yang singkat ini Yerusalem disebut sebanyak empat puluh kali. Kitab ini terutama menyangkut pengllihatan-penglihatan wahyu tentang akhir zaman. Sukar untuk membaca kitab ini dan kitab lainnya dalam seluruh Alkitab tanpa menyadari bahwa bangsa Yahudi secara umum dan Yerusalem secara khusus masih memegang peranan penting dalam rencana-rencana Allah.

2. Setan
Pasal Zak 3 merupakan suatu gambaran yang dramatis tentang setan yang sedang bekerja. Namanya (Setan dalam bahasa Ibrani dan Diabolos dalam bahasa Yunani) berarti penuduh. Di sini kita melihat bahwa setan menuduh Yoshua, Imam Besar, yang terlihat secara simbolis mengenakan pakaian kotor. Mengapa hakim (Malaikat Tuhan) tidak menghukum dia (Roma 8:31-39)? Kenyataannya, setanlah yang dijatuhi hukuman ketika Yoshua secara simbolis diberi pakaian yang bersih (lihat 1Yohanes 2:1,2).

3. Menafsirkan penglihatan-penglihatan
Ketujuh penglihatan itu sukar untuk ditafsirkan. Beberapa ahli telah mencari arti dari tiap detail penglihatan itu. Tetapi, perhatikan penafsiran yang sangat terbatas yang diberikan oleh para malaikat. Dalam penglihatan yangpertama, kita diberitahukan siapa para penunggang kuda itu; dan semak pohon bunga mungkin saja menggambarkan Israel. Tetapi, bagaimana tentang warna-warna kuda? Mengapa kitab gulungan berukuran panjang dua puluh hasta dan lebar sepuluh hasta (Zak 5:2), atau tutup gantang terbuat dari timah (Zak 5:7)? seperti halnya juga dengan perumpamaan- perumpamaan dalam Perjanjian Baru kita harus mencari artinya yang utama tanpa mempermasalahkan hal-hal detail.

Tema-tema Kunci

1. Tiga orang penting
Nubutan ini memfokuskan perhatian pada tiga orang, yaitu Zakharia sendiri, Yoshua, Imam Agung, dan Zerubabel yang menjadi Gubernur Yehuda (Hagai 1:1). Zakharia adalah gembala dari pasal Zak 11 dan dengan demikian menjadi model, atau gambar Kristus. Seperi Kristus, ia menderita cemooh dari setiap domba yang dicobanya untuk digembalakan dan seperti Yesus ia pun di jual seharga seorang budak (Matius 26:15; Keluaran 21:32). Yosua adalah seorang Imam Besar yang juga seorang model Kristus dan diberi julukan Sang Tunas (Zak 6:12). (Juga lihat Yes 11:1; Yer 23:5; dan Yer 33:15). Zerubabel ("Benih dan Babel") adalah keturunan raja Yoyakim, dan ia ada dalam rombongan pertama yang kembali dari Pembuangan dalam tahun 537 SM. Ia seorang yang dapat diandalkan; dialah yang memulai pembangunan kembali Bait Suci dan menyelesaikannya. Tujuan utamanya ialah "Materai kerajaan" (Hagai 2:20-23), suatu indikasi bahwa sebagai Gubernur ia memerintah atas nama Allah. Pelajarilah referensi yang menyangkut ketiga orang penting ini: Ezra 2:1,2; 3:1-9; 4:1-3; 5:1-2; Hagai 1:1; 2:1-5,20-23; Zak 3:1-10; 4:6-10; 6:9- 15; 11:4- 17; Mat 1:12. Lihat bagaimana satu sama lain saling berkaitan.

2. Memperbandingkan tema alkitabiah
Orang Kristen tidak bisa terlalu bebas dalam menafsirkan suatu bagian Alkitab menurut apa yang dianggapnya paling baik. Sering kali kebebasaan kita terbatas, sebab bagian Alkitab yang sedang kita telaah dikomentari atau diperjelas atau ditafsirkan di bagian lain dalam Alkitab. Zakharia 4 adalah contoh yang baik mengenai hal ini. Kandil emas dengan jelas ditulis dalam Wah 1:12 dan kedua pohon zaitun dalam Wah 11. Perhatikan bagaimana Why. menambahkan detail terhadap nubuatan terdahulu, dan bagaimana Wah 11:4, seperti Zakharia, menyatukan kandil emas dan kedua pohon zaitun. Setiap pasal saling mendukung dalam penafsirannya, tetapi tidak saling bertolak belakang. Yes 7:14 juga ditafsirkan serupa oleh Mat 1:22,23. Carilah dalam Alkitab contoh-contoh lainnya (Keluaran; Yunus; Imam Besar; Yesaya 53).

Garis Besar Intisari: Zakharia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23 Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di a

[1] KITAB TENTANG KETUJUH PENGLIHATAN Zak 1:1-8:23

Zak 1:1-6Pengantar: seruan untuk bertobat
Zak 1:7-17Penglihatan pertama: seorang laki-laki di atas seekor kuda merah
Zak 1:18-21Penglihatan kedua: empat tanduk
Zak 2:1-13Penglihatan ketiga: seorang laki-laki dengan tali pengukur
Zak 3:1-10Selingan: imam besar Yosua dituduh dan dibebaskan dari tuduhan
Zak 4:1-14Penglihatan keempat: kandil emas yang berhiaskan dua pohon zaitun
Zak 5:1-4Penglihatan kelima: gulungan kitab yang terbang
Zak 5:5-11Penglihatan keenam: seorang perempuan dalam gantang
Zak 6:1-15Penglihatan ketujuh: empat kereta
Zak 7:1-14Tambahan: seruan untuk bertobat diulangi lagi dua tahun kemudian
Zak 8:1-23Hari depan Yerusalem yang gemilang

[2] KITAB NUBUATAN: I NUBUATAN TENTANG PENGHAKIMAN Zak 9:1-17

Zak 9:1-8Hukuman atas bangsa-bangsa
Zak 9:9-13Seorang Penyelamat untuk Sion
Zak 9:14-17Kedatangan Tuhan

[3] KITAB NUBUATAN: II PARA GEMBALA Zak 10:1-11:17

Zak 10:1-5Seorang gembala bagi Yehuda
Zak 10:6-12Domba-domba dikumpulkan
Zak 1:1-9Domba yang memilih kehancuran
Zak 11:10-17Menentukan harga seorang gembala

[4] KITAB NUBUATAN: III NUBUATAN TENTANG PENYELAMATAN Zak 12:1-13:9

Zak 12:1-9Yerusalem diselamatkan
Zak 12:10-14Jalan keselamatan: pertobatan
Zak 13:1-6Akibat penyelamatan: Yerusalem dibersihkan
Zak 13:7-9Cara penyelamatan: penderitaan sang gembala

[5] KITAB NUBUATAN: IV HARI TUHAN Zak 14:1-21

Zak 14:1-7Hari Tuhan: kegelapan
Zak 14:8-11Hari Tuhan: Tuhan adalah air kehidupan
Zak 14:12-19Hari Tuhan: penghakiman
Zak 14:20-21Hari Tuhan: kesucian
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #06: Pada Tampilan Alkitab, Tampilan Daftar Ayat dan Bacaan Ayat Harian, seret panel kuning untuk menyesuaikan layar Anda. [SEMUA]
dibuat dalam 1.71 detik
dipersembahkan oleh YLSA