kecilkan semua  

Teks -- Yesaya 21:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Ucapan ilahi terhadap Babel
21:1 Ucapan ilahi terhadap "padang gurun di tepi laut". Seperti puting beliung mendesing lewat di Tanah Negeb, demikianlah datangnya dari padang gurun, dari negeri yang dahsyat. 21:2 Suatu penglihatan yang kejam telah diberitakan kepadaku: "Penggarong menggarong, perusak merusak! Majulah, hai Elam, kepunglah, hai Madai! Aku hentikan semua keluh yang ditimbulkannya." 21:3 Sebab itu pinggangku amat sakit, sakit mulas menimpa aku seperti sakit mulas perempuan yang melahirkan; aku terbungkuk-bungkuk, tidak mendengar lagi, aku terkejut, tidak melihat lagi. 21:4 Hatiku gelisah, kekejutan meliputi aku, malam hari yang selalu kurindukan itu sekarang menggentarkan aku. 21:5 Orang sibuk menyajikan hidangan, mengatur tempat-tempat duduk, makan, minum... Tiba-tiba kedengaran: "Hai para panglima! Siaplah tempur, minyakilah perisai!" 21:6 Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: "Pergilah, tempatkanlah seorang peninjau, apa yang dilihatnya haruslah diberitahukannya. 21:7 Apabila dilihatnya pasukan, pasang-pasangan orang berkuda, pasukan keledai, pasukan unta, maka haruslah diperhatikannya sungguh-sungguh, dengan penuh perhatian." 21:8 Kemudian berserulah orang yang melihat itu: "Di tempat peninjauan, ya tuanku, aku berdiri senantiasa sehari suntuk, dan di tempat pengawalanku aku terpancang setiap malam." 21:9 Lihat, itu sudah datang sepasukan orang, pasang-pasangan orang berkuda! Lalu berserulah ia, katanya: "Sudah jatuh, sudah jatuh Babel, dan segala patung berhalanya telah diremukkan dan bertaburan di tanah." 21:10 Hai bangsaku yang telah dipijak-pijak dan diinjak-injak! Apa yang kudengar dari TUHAN semesta alam, Allah Israel, telah kuberitahukan kepadamu.
Ucapan ilahi terhadap Duma
21:11 Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: "Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pengawal, masih lama malam ini?" 21:12 Pengawal itu berkata: "Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi!"
Ucapan ilahi terhadap Arabia
21:13 Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan! 21:14 Hai penduduk tanah Tema, keluarlah, bawalah air kepada orang yang haus, pergilah, sambutlah orang pelarian dengan roti! 21:15 Sebab mereka melarikan diri terhadap pedang, ya terhadap pedang yang terhunus, terhadap busur yang dilentur, dan terhadap kehebatan peperangan. 21:16 Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: "Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemuliaan Kedar akan habis. 21:17 Dan dari pemanah-pemanah yang gagah perkasa dari bani Kedar, akan tinggal sejumlah kecil saja, sebab TUHAN, Allah Israel, telah mengatakannya."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Arab the entire region of the Arabian Peninsula, the Sinai Peninsula, the land of Edom, and all the land between the Jordan Valley and the Euphrates River (ZD).,a region of desert plains
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Duma son of Ishmael son of Abraham and Hagar,a town in the hill country of Judah,the country of Edom SW of the Dead Sea
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kedar son of Ishmael son of Abraham and Hagar,a people descended from Ishmael's son Kedar
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Madai a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · padang gurun di tepi laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Rodos an island off the southwest coast of Asia Minor in the Mediterranean Sea,an island on the south coast of Turkey, 170 km NE of Crete
 · Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · teluk Mesir the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Tema son of Ishmael son of Abraham and Hagar,a land (and its people)
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation


Topik/Tema Kamus: Yesaya | Babel | Menara | Penjaga | Orang Ismael | Nyanyian | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Urap, Pengurapan | Unta | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Senjata Untuk Berperang | Perisai | Orang Edom | Kota | Angin Puting Beliung Dan Taufan | Senjata | Elam, Orang | Gurun (Padang) | Hutan | Malam | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yes 13:1--24:17 - UCAPAN ILAHI. Nas : Yes 13:1-23:18 Pasal-pasal ini mencatat berbagai hukuman yang dikenakan kepada berbagai bangsa asing dan pada Yerusalem yang murtad. Yesaya m...

Nas : Yes 13:1-23:18

Pasal-pasal ini mencatat berbagai hukuman yang dikenakan kepada berbagai bangsa asing dan pada Yerusalem yang murtad. Yesaya mulai dengan Babel (Yes 13:1-14:23) dan Asyur (Yes 14:24-27) dan melanjutkan dengan nubuat terhadap negeri-negeri yang lebih kecil. Pasal-pasal ini mengajarkan bahwa semua bangsa dan orang bertanggung jawab kepada Allah; orang yang menentang Dia dan rencana keselamatan ilahi-Nya akan dihukum dan dibinasakan, dan orang yang percaya kepada-Nya akan menang pada akhirnya.

Full Life: Yes 21:1-10 - PADANG GURUN DI TEPI LAUT. Nas : Yes 21:1-10 Allah memberikan penglihatan kedua kepada Yesaya mengenai keruntuhan dan kebinasaan Babel yang terletak di bagian utara Teluk Per...

Nas : Yes 21:1-10

Allah memberikan penglihatan kedua kepada Yesaya mengenai keruntuhan dan kebinasaan Babel yang terletak di bagian utara Teluk Persia (lih. catatan-catatan dalam pasal 13; Yes 13:1-22;

lihat cat. --> Yes 13:1 dst.).

[atau ref. Yes 13:1]

Full Life: Yes 21:2 - ELAM. Nas : Yes 21:2 Elam terletak di sebelah timur Sungai Tigris dan Babel, di sebelah utara berbatasan dengan Media dan Asyur sedangkan di bagian selat...

Nas : Yes 21:2

Elam terletak di sebelah timur Sungai Tigris dan Babel, di sebelah utara berbatasan dengan Media dan Asyur sedangkan di bagian selatan dengan Teluk Persia. Orang Elam bersatu dengan pasukan Medo-Persia ketika Babel dikalahkan pada tahun 539 SM. Kota Elam yang bernama Susan menjadi ibu kota penting dari kerajaan Persia.

Full Life: Yes 21:9 - SUDAH JATUH BABEL. Nas : Yes 21:9 Babel, musuh umat Allah, akan jatuh dan ketergantungannya akan dewa-dewa palsu hancur sudah; tahap pertama terjadi pada tahun 689 SM...

Nas : Yes 21:9

Babel, musuh umat Allah, akan jatuh dan ketergantungannya akan dewa-dewa palsu hancur sudah; tahap pertama terjadi pada tahun 689 SM ketika Sanherib menghancurkan berhala-berhala mereka (kecuali Bel dan Nebo, lih. pasal Yes 46:1-13). Rasul Yohanes mendengarkan kata-kata yang sama dalam penglihatan-penglihatannya (Wahy 14:8; 18:1-2), yang menubuatkan bahwa Babel akhir zaman, lambang dari segala sesuatu yang menentang Kristus dan umat-Nya di dunia ini, akan dibinasakan. Pada waktu itu Kristus akan menyempurnakan penebusan umat-Nya. Orang percaya harus mendoakan kejatuhan dan kebinasaan Babel akhir zaman

(lihat cat. --> Wahy 17:1;

lihat cat. --> Wahy 17:2;

lihat cat. --> Wahy 17:3;

lihat cat. --> Wahy 17:4;

lihat cat. --> Wahy 17:5;

lihat cat. --> Wahy 18:2;

lihat cat. --> Wahy 18:4;

lihat cat. --> Wahy 18:7;

lihat cat. --> Wahy 18:9;

lihat cat. --> Wahy 18:20;

lihat cat. --> Wahy 18:21).

[atau ref. Wahy 17:1-5; 18:2-21]

Full Life: Yes 21:11 - DUMA. Nas : Yes 21:11 Duma adalah nama lain untuk Edom, negeri keturunan Esau. Edom terletak persis di bagian selatan Yehuda dan Laut Mati (juga lih. Yes...

Nas : Yes 21:11

Duma adalah nama lain untuk Edom, negeri keturunan Esau. Edom terletak persis di bagian selatan Yehuda dan Laut Mati (juga lih. Yes 34:5-15).

Full Life: Yes 21:13 - ARABIA. Nas : Yes 21:13 Arabia terletak di antara Edom dan Babel. Negeri ini akan mengalami peperangan dan kekalahan oleh para penyerbu, yang digenapi keti...

Nas : Yes 21:13

Arabia terletak di antara Edom dan Babel. Negeri ini akan mengalami peperangan dan kekalahan oleh para penyerbu, yang digenapi ketika pasukan Asyur menyerbu negeri itu pada tahun 732 dan 725 SM (bd. Yer 25:17,24); Sanherib juga mengalahkan Arabia pada tahun 688 SM dan menjadikan dirinya "raja Arabia".

BIS: Yes 21:8 - penjaga itu Menurut sebuah terjemahan kuno penjaga itu; menurut naskah Ibrani: singa.

Menurut sebuah terjemahan kuno penjaga itu; menurut naskah Ibrani: singa.

Jerusalem: Yes 13:1--23:18 - -- Bagian kitab Yesaya ini memuat nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa lain. Semua nubuat yang bersangkutan dikumpulkan di sini sama seperti dalam kitab Y...

Bagian kitab Yesaya ini memuat nubuat-nubuat melawan bangsa-bangsa lain. Semua nubuat yang bersangkutan dikumpulkan di sini sama seperti dalam kitab Yer 46:1-51:27 dan kitab Yeh 25:1-32:32. Ke dalam kumpulan itu dimasukkan juga nubuat-nubuat yang tidak berasal dari nabi Yesaya, tetapi dari zaman kemudian dari itu; khususnya nubuat-nubuat melawan Babel, bab 13-14, berasal dari zaman kemudian.

Jerusalem: Yes 21:1-10 - -- Ayat-ayat ini, sama seperti bab 13-14, memuat nubuat melawan Babel yang akan dihancurkan, Yes 21:2. Mungkin nubuat ini aselinya mengenai Asyur, tetapi...

Ayat-ayat ini, sama seperti bab 13-14, memuat nubuat melawan Babel yang akan dihancurkan, Yes 21:2. Mungkin nubuat ini aselinya mengenai Asyur, tetapi kemudian sambil disadur dialihkan kepada Babel, Kalau demikian maka dinubuatkan kemusnahan kota Niniwe pada th 612. Ibu kota Asyur itu direbut oleh orang Babel yang bergabung dengan orang Madai. Maka nubuat aseli mungkin berasal dari nabi Yesaya.

Jerusalem: Yes 21:1 - padang gurun di tepi laut Ini mungkin menterjemahkan ungkapan dalam bahasa Asyur: mat tamti, artinya: negeri laut. Begitu disebut bagian selatan negeri Babel.

Ini mungkin menterjemahkan ungkapan dalam bahasa Asyur: mat tamti, artinya: negeri laut. Begitu disebut bagian selatan negeri Babel.

Jerusalem: Yes 21:2 - Madai Elam ialah daerah di sebelah timur Mesopotamia. Daerah itu tempat asal orang Madai (Media) dan orang Persia. Kedua bangsa itu menghancurkan negeri Bab...

Elam ialah daerah di sebelah timur Mesopotamia. Daerah itu tempat asal orang Madai (Media) dan orang Persia. Kedua bangsa itu menghancurkan negeri Babel pada abad VI seb Mas.

Jerusalem: Yes 21:5 - makan, minum Ada sebuah tradisi yang disampaikan oleh kitab Daniel (bab 5) dan sejarahwan Yunani Herodotus, bahwa kota Babel direbut oleh orang Persia waktu para p...

Ada sebuah tradisi yang disampaikan oleh kitab Daniel (bab 5) dan sejarahwan Yunani Herodotus, bahwa kota Babel direbut oleh orang Persia waktu para pemimpin negara di malam hari berpesta pora.

Jerusalem: Yes 21:7 - pasukan Yang dimaksud bukannya tentara penyerbu, tetapi bentara cepat yang datang, lalu kafilah-kafilah yang membawa kabar mengenai kehancuran Babel.

Yang dimaksud bukannya tentara penyerbu, tetapi bentara cepat yang datang, lalu kafilah-kafilah yang membawa kabar mengenai kehancuran Babel.

Jerusalem: Yes 21:8 - orang yang melihat itu Begitulah menurut naskah dari Qumran (1 QIsa). Dalam naskah Ibrani lain tertulis: singa.

Begitulah menurut naskah dari Qumran (1 QIsa). Dalam naskah Ibrani lain tertulis: singa.

Jerusalem: Yes 21:10 - dan diinjak-injak Harafiah: anak tempat pengiriman. Yang dimaksud ialah kaum buangan Israel di Babel. Tidak lama lagi mereka akan dibebaskan.

Harafiah: anak tempat pengiriman. Yang dimaksud ialah kaum buangan Israel di Babel. Tidak lama lagi mereka akan dibebaskan.

Jerusalem: Yes 21:11-12 - -- Nubuat kecil mengenai Edom-Seir ini kiranya tidak berasal dari nabi Yesaya. Pertanyaan yang diajukan, Yes 21:11, tidak dijawab dengan jelas. Akhir nub...

Nubuat kecil mengenai Edom-Seir ini kiranya tidak berasal dari nabi Yesaya. Pertanyaan yang diajukan, Yes 21:11, tidak dijawab dengan jelas. Akhir nubuat mungkin mengajak orang untuk bertobat. Disebutkannya Duma menyebabkan kesulitan. Sebab Duma ialah sebuah waha yang terletak di bagian utara tanah Arab, di luar wilayah bangsa Edom. Nama Duma disebut di antara anak-anak Ismael, Kej 25:14 Hanya kata duma berarti juga: berdiam diri. Mungkin kata itu mau menyinggung kaburnya seluruh nubuat ini. Bdk judul semua nubuat yang tercantum dalam bab ini, Yes 21:1,13

Jerusalem: Yes 21:13 - terhadap Arabia Harafiah: di gurun (Ibraninya: arab). Judul nubuat ini, Yes 21:13-17, diambil dari Yes 21:13. Yang dimaksud memang suku-suku Arab yang menjadi sasaran...

Harafiah: di gurun (Ibraninya: arab). Judul nubuat ini, Yes 21:13-17, diambil dari Yes 21:13. Yang dimaksud memang suku-suku Arab yang menjadi sasaran dan korban suatu penyerbuan yang hanya dapat datang dari sebelah utara. Para penduduk Tema (dewasa ini disebut Teima), Kej 25:15; Yer 25:23, diajak untuk menerima kaum pelarian dari Dedan (dewasa ini disebut -waha- El Ela), Kej 10:7; Yer 49:8; Yeh 25:13; 27:20. Kedar ialah nama yang lebih luas yang merangkum daerah yang sama, Kej 25:13; Yer 49:28; Yeh 27:21. Waktu pada th 715 menyerbu daerah seberang sungai Yordan raja Sargon juga memasuki bagian barat laut tanah Arab. Negeri Yehuda merasa diri terancam juga.

Ende: Yes 13:1--23:18 - -- Dalam pasal2 ini terkumpullah pelbagai nubuat jang menubuatkan hukuman jang akan ditimpakan Allah kepada musuh umatNja. Hanja pasal 23 (aj.15-25)(Yes ...

Dalam pasal2 ini terkumpullah pelbagai nubuat jang menubuatkan hukuman jang akan ditimpakan Allah kepada musuh umatNja. Hanja pasal 23 (aj.15-25)(Yes 23:15-18) mengenai orang tertentu sadja. Hukuman dan kebinasaan musuh termasuk kedalam keselamatan umat Allah. Keselamatan itu kan masih dibajangkan sebagai pemulihan kekuasaan politik dan kemerdekaan nasional. Bangsa2 itu dihukum oleh karena dengan memerangi umat Allah, memerangi Jahwe sendiri. Maka mereka diperangi oleh Jahwe pula.

Ende: Yes 21:1-10 - -- Nubuat ini ada banjak kesulitannja. Sebagaimana sekarang ada nubuat ini memang mengenai Babel (Yes 2:9) jang direbut th. 539. Pelbagai ahli menghubung...

Nubuat ini ada banjak kesulitannja. Sebagaimana sekarang ada nubuat ini memang mengenai Babel (Yes 2:9) jang direbut th. 539. Pelbagai ahli menghubungkannja dengan perebutan Babel lain (710 oleh Sargon, radja Asjur, 689 oleh Sanherib, Asjur, dan sekali lagi th. 648), ataupun berkata nubuat ini bukan nubuat Jesaja, melainkan karja nabi lain sadja jang hidup dimasa pembuangan. Ataupun orang berkata teks Jesaja jang aseli kemudian disadur dan dikenakan pada runtuhannja Babel th. 539. Kiranja ini telah dibawakan Jesaja waktu Merodak-Baladan (bdk. pas. 39)(Yes 39) dari Babel berusaha menarik Juda kedalam persekutuan lawan Asjur. Kalau demikian, maka dinubuatkanlah perebutan Babel oleh Asjur (Sargon II th. 710; Sanherib th. 689), dengan mana pemberontak Babel ditindas. Nubuat ini dibagikan atas dua bagian, jakni Yes 21:1-5 dan Yes 21:6-10. Bagian pertama menggambarkan perebutan sebuah kota, hal mana menjedihkan nabi: bagian kedua mentjeritakan berita, bahwa Babel telah direbut.

Ende: Yes 21:1 - padang gurun laut sebutan jang agak gandjil. Kota Babel penuh dengan air dan pastilah Babel jang dimaksudkan. Kota itu akan mendjadi padang gurun (sunji-sepi) setelah d...

sebutan jang agak gandjil. Kota Babel penuh dengan air dan pastilah Babel jang dimaksudkan. Kota itu akan mendjadi padang gurun (sunji-sepi) setelah ditumpas.

Ende: Yes 21:1-5 - -- Kota jang kiranja dimaksudkan ialah Jerusjalem jang akan direbut oleh Asjur.

Kota jang kiranja dimaksudkan ialah Jerusjalem jang akan direbut oleh Asjur.

Ende: Yes 21:2 - naiklah....dst. Siapa jang berbitjara? Si nabi atau Allah atau panglima tentara? Kurang djelas. "'Elam, Media". Kiranja bukan negeri 'Elam (bangsa2 itu bermusuhan den...

Siapa jang berbitjara? Si nabi atau Allah atau panglima tentara? Kurang djelas.

"'Elam, Media". Kiranja bukan negeri 'Elam (bangsa2 itu bermusuhan dengan Asjur) melainkan pasukan2 tentara Asjur jang berasal dari 'Elam dan Media.

Ende: Yes 21:2 - segenap rintihan Kiranja Allah berbitjara. Ia berdjandji menghentikan rintihan umatNja. Baris ini kiranja ditambahkan waktu pembuangan, ketika teks ini diterapkan pada...

Kiranja Allah berbitjara. Ia berdjandji menghentikan rintihan umatNja. Baris ini kiranja ditambahkan waktu pembuangan, ketika teks ini diterapkan pada Babel.

Ende: Yes 21:3-5 - -- Si nabi berbitjara. Ia bingung dan sedih, karena nasib jang menimpa Jerusjalem.

Si nabi berbitjara. Ia bingung dan sedih, karena nasib jang menimpa Jerusjalem.

Ende: Yes 21:5 - -- Tengah djamuan (ibarat hidup sentosa dan aman?) para pemimpin dikerahkan untuk menghadap serangan musuh. Mungkin ajat inipun ditambahkan ketika nubuat...

Tengah djamuan (ibarat hidup sentosa dan aman?) para pemimpin dikerahkan untuk menghadap serangan musuh. Mungkin ajat inipun ditambahkan ketika nubuat aseli disadur.

Ende: Yes 21:6 - -- Si nabi disuruh Allah untuk menunggu berita tertentu, jang mewartakan keruntuhan Babel. Seluruh bagian ini (Yes 21:6-10) mendjadi peringatan kepada pa...

Si nabi disuruh Allah untuk menunggu berita tertentu, jang mewartakan keruntuhan Babel. Seluruh bagian ini (Yes 21:6-10) mendjadi peringatan kepada para pemimpin Juda, agar djangan pertjaja pada Babel untuk melawan Asjur. Si nabi menubuatkan keruntuhannja.

Ende: Yes 21:7 - sekelompok....dst Bukan suatu tentara, melainkan sekelompok jang ketjil jang datang memberitahukan runtuhnja Babel.

Bukan suatu tentara, melainkan sekelompok jang ketjil jang datang memberitahukan runtuhnja Babel.

Ende: Yes 21:8 - -- Ajat ini agak sukar diartikan. Siapa si pelihat? Si nabi, si penindjau? Mungkin ajat inipun kemudian ditambahkan. Maka kata ini merupakan doa nabi (pe...

Ajat ini agak sukar diartikan. Siapa si pelihat? Si nabi, si penindjau? Mungkin ajat inipun kemudian ditambahkan. Maka kata ini merupakan doa nabi (pelihat), jang sudah lama menunggu berachirnja pembuangan.

Ende: Yes 21:9 - -- Ajat ini kiranja harus diganding dengan aj. 7(Yes 21:7).

Ajat ini kiranja harus diganding dengan aj. 7(Yes 21:7).

Ende: Yes 21:10 - -- Si nabi berbitjara. Apa jang dikatakannja perihal Babel adalah wahju dari Jahwe sebagai penghiburan umatNja.

Si nabi berbitjara. Apa jang dikatakannja perihal Babel adalah wahju dari Jahwe sebagai penghiburan umatNja.

Ende: Yes 21:11 - Duma ialah Edom, sebagaimana terdapat dalam terdjemahan Junani. "kepadaku", jakni kepada nabi. Orang Edom dibajangkan se-akan2 bertanja kepada nabi berapa ...

ialah Edom, sebagaimana terdapat dalam terdjemahan Junani.

"kepadaku", jakni kepada nabi. Orang Edom dibajangkan se-akan2 bertanja kepada nabi berapa lamanja mereka masih takluk kepada musuhnja (Asjur). Orang2 Edom th. 711 bersekutu dengan Felesjet Asjur, tapi dihantjurkan radja Sargon.

Ende: Yes 21:12 - -- Si nabi mendjawab, bahwa belum djuga sampai waktu pembebasan. Iapun belum tahu.

Si nabi mendjawab, bahwa belum djuga sampai waktu pembebasan. Iapun belum tahu.

Ende: Yes 21:14 - -- Orang2 (suku2) Tema (di Arabia Selatan) diadjak menerima dengan baik orang Dedan (suku badui jang mendiami semenandjung Arabia) jang lari terhadap mus...

Orang2 (suku2) Tema (di Arabia Selatan) diadjak menerima dengan baik orang Dedan (suku badui jang mendiami semenandjung Arabia) jang lari terhadap musuh (Sargon th.715).

Ende: Yes 21:16 - -- Kedar adalah suku disebelah utara Arabia. "seturut tahun orang berkuli" lih. tjatatan Yes 16:14.

Kedar adalah suku disebelah utara Arabia.

"seturut tahun orang berkuli" lih. tjatatan Yes 16:14.

Endetn: Yes 21:8 - pelihat diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "singanja".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "singanja".

Endetn: Yes 21:9 - terpatah diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dipatahkannja".

diperbaiki menurut naskah Qumran dan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "dipatahkannja".

Endetn: Yes 21:14 - sambutlah diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "disambut mereka".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "disambut mereka".

Ref. Silang FULL: Yes 21:1 - Ucapan ilahi // padang gurun // puting beliung // Tanah Negeb · Ucapan ilahi: Yes 13:1; Yes 13:1 · padang gurun: Yes 13:21; Yer 50:12; 51:43 · puting beliung: Ayub 1:19; Ayub 1:19 · Ta...

· Ucapan ilahi: Yes 13:1; [Lihat FULL. Yes 13:1]

· padang gurun: Yes 13:21; Yer 50:12; 51:43

· puting beliung: Ayub 1:19; [Lihat FULL. Ayub 1:19]

· Tanah Negeb: Dan 11:40; Za 9:14

Ref. Silang FULL: Yes 21:2 - yang kejam // Penggarong menggarong // hai Elam // hai Madai · yang kejam: Mazm 60:5 · Penggarong menggarong: Yes 24:16; 33:1 · hai Elam: Kej 10:22; Kej 10:22; Yes 22:6 · hai Madai: Y...

· yang kejam: Mazm 60:5

· Penggarong menggarong: Yes 24:16; 33:1

· hai Elam: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]; Yes 22:6

· hai Madai: Yes 13:3; [Lihat FULL. Yes 13:3]; Yer 25:25; 51:28

Ref. Silang FULL: Yes 21:3 - amat sakit // yang melahirkan // aku terkejut · amat sakit: Ayub 14:22; Ayub 14:22 · yang melahirkan: Kej 3:16; Kej 3:16; Mazm 48:7; Yes 26:17; 37:3; Yer 30:6; 48:41; 49:22; Yoh 16:2...

· amat sakit: Ayub 14:22; [Lihat FULL. Ayub 14:22]

· yang melahirkan: Kej 3:16; [Lihat FULL. Kej 3:16]; Mazm 48:7; Yes 26:17; 37:3; Yer 30:6; 48:41; 49:22; Yoh 16:21

· aku terkejut: Dan 7:28; 8:27; 10:16

Ref. Silang FULL: Yes 21:4 - Hatiku // kekejutan meliputi // sekarang menggentarkan · Hatiku: Yes 7:4; 35:4 · kekejutan meliputi: Yes 13:8; Yes 13:8; Dan 5:9 · sekarang menggentarkan: Mazm 55:6; Mazm 55:6

· Hatiku: Yes 7:4; 35:4

· kekejutan meliputi: Yes 13:8; [Lihat FULL. Yes 13:8]; Dan 5:9

· sekarang menggentarkan: Mazm 55:6; [Lihat FULL. Mazm 55:6]

Ref. Silang FULL: Yes 21:5 - makan, minum // minyakilah perisai · makan, minum: Yes 5:12; 22:2,13; 23:7; 24:8; 32:13; Yer 25:16,27; 51:39,57; Dan 5:2 · minyakilah perisai: 2Sam 1:21; 1Raj 10:16-17; Ye...

Ref. Silang FULL: Yes 21:6 - seorang peninjau · seorang peninjau: 2Raj 9:17; 2Raj 9:17

· seorang peninjau: 2Raj 9:17; [Lihat FULL. 2Raj 9:17]

Ref. Silang FULL: Yes 21:7 - dilihatnya pasukan // pasukan unta · dilihatnya pasukan: Yes 21:9 · pasukan unta: Hak 6:5; Hak 6:5

· dilihatnya pasukan: Yes 21:9

· pasukan unta: Hak 6:5; [Lihat FULL. Hak 6:5]

Ref. Silang FULL: Yes 21:8 - yang melihat · yang melihat: Mi 7:7; Hab 2:1

· yang melihat: Mi 7:7; Hab 2:1

Ref. Silang FULL: Yes 21:9 - sepasukan orang // Sudah jatuh // jatuh Babel // patung berhalanya // dan bertaburan · sepasukan orang: Yes 21:7 · Sudah jatuh: Yes 47:11; Yer 51:8; Dan 5:30 · jatuh Babel: Yes 13:1; Yes 13:1; Yes 47:1,5; Wahy 14:...

· sepasukan orang: Yes 21:7

· Sudah jatuh: Yes 47:11; Yer 51:8; Dan 5:30

· jatuh Babel: Yes 13:1; [Lihat FULL. Yes 13:1]; Yes 47:1,5; Wahy 14:8; [Lihat FULL. Wahy 14:8]

· patung berhalanya: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]; Yes 46:1; Yer 50:2; 51:44

· dan bertaburan: Yes 2:18; [Lihat FULL. Yes 2:18]

Ref. Silang FULL: Yes 21:10 - dan diinjak-injak · dan diinjak-injak: Yes 27:12; 28:27,28; 41:15; Yer 51:33; Mi 4:13; Hab 3:12; Mat 3:12

Ref. Silang FULL: Yes 21:11 - terhadap Duma // dari Seir · terhadap Duma: Kej 25:14; Kej 25:14; Yes 34:11; Yes 34:11 · dari Seir: Kej 32:3

· terhadap Duma: Kej 25:14; [Lihat FULL. Kej 25:14]; Yes 34:11; [Lihat FULL. Yes 34:11]

· dari Seir: Kej 32:3

Ref. Silang FULL: Yes 21:13 - Ucapan ilahi // terhadap Arabia // orang Dedan · Ucapan ilahi: Yes 13:1 · terhadap Arabia: 2Taw 9:14; 2Taw 9:14 · orang Dedan: Kej 10:7; Kej 10:7; Kej 25:3; Kej 25:3

· Ucapan ilahi: Yes 13:1

· terhadap Arabia: 2Taw 9:14; [Lihat FULL. 2Taw 9:14]

· orang Dedan: Kej 10:7; [Lihat FULL. Kej 10:7]; Kej 25:3; [Lihat FULL. Kej 25:3]

Ref. Silang FULL: Yes 21:14 - tanah Tema · tanah Tema: Kej 25:15; Kej 25:15

· tanah Tema: Kej 25:15; [Lihat FULL. Kej 25:15]

Ref. Silang FULL: Yes 21:15 - mereka melarikan // terhadap pedang · mereka melarikan: Yes 13:14; Yes 13:14 · terhadap pedang: Yes 31:8

· mereka melarikan: Yes 13:14; [Lihat FULL. Yes 13:14]

· terhadap pedang: Yes 31:8

Ref. Silang FULL: Yes 21:16 - masa kerja // segala kemuliaan // Kedar · masa kerja: Im 25:50; Im 25:50 · segala kemuliaan: Yes 17:3; Yes 17:3 · Kedar: Kej 25:13; Kej 25:13

· masa kerja: Im 25:50; [Lihat FULL. Im 25:50]

· segala kemuliaan: Yes 17:3; [Lihat FULL. Yes 17:3]

· Kedar: Kej 25:13; [Lihat FULL. Kej 25:13]

Ref. Silang FULL: Yes 21:17 - sejumlah kecil // telah mengatakannya · sejumlah kecil: Ul 4:27; Ul 4:27; Yes 10:19; Yes 10:19 · telah mengatakannya: Yes 1:20; Yes 1:20; Yes 16:14

· sejumlah kecil: Ul 4:27; [Lihat FULL. Ul 4:27]; Yes 10:19; [Lihat FULL. Yes 10:19]

· telah mengatakannya: Yes 1:20; [Lihat FULL. Yes 1:20]; Yes 16:14

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yes 21:1-10 - Kehancuran Babel Dalam pasal ini kita dapati sebuah nubuat mengenai datangnya saat-saat yang menyedihkan dan beban-beban berat, I. Ke atas Kerajaan ...

Matthew Henry: Yes 21:11-12 - Pengawal Ditanyai Pengawal Ditanyai (21:11-12) Nubuat mengenai Duma ini sangat singkat, tidak terlalu jelas dan sukar untuk dimengerti. Sebagian orang menduga Duma a...

Matthew Henry: Yes 21:13-17 - Kehancuran Arabia Kehancuran Arabia (21:13-17) Arabia adalah sebuah negeri yang luas, terletak di wilayah ke arah timur dan selatan tanah Kanaan. Banyak dari wilayah...

SH: Yes 21:1-10 - Kejatuhan Babel. (Senin, 12 Oktober 1998) Kejatuhan Babel. Pepatah mengatakan: "Sepandai-pandainya tupai melompat akhirnya jatuh juga". Bangsa Babel yang kuat dan berjaya itu akhirnya jatuh k...

SH: Yes 21:1-17 - Carilah Tuhan! (Selasa, 7 September 2004) Carilah Tuhan! Apabila kita memperhatikan berbagai peristiwa yang terjadi di sekitar kita, misalnya krisis bangsa Indonesia yang belum tunt...

SH: Yes 21:1-10 - Hanya Allah dan Allah saja (Jumat, 19 Oktober 2012) Hanya Allah dan Allah saja Ucapan Ilahi ini ditujukan kepada negeri Babel (Mesopotamia), dan berisi nubuatan kejatuhan bangsa ini. Ucapan ini dapat d...

SH: Yes 21:1-10 - Kemahakuasaan Allah (Senin, 2 November 2020) Kemahakuasaan Allah Doktrin kemahakuasaan Allah memang menimbulkan banyak pertanyaan. Misalnya, jika Allah Mahakuasa, mengapa masih ada penderitaan, ...

SH: Yes 21:11-17 - Peringatan Tuhan. (Selasa, 13 Oktober 1998) Peringatan Tuhan. Duma adalah sebuah kota di Edom (ayat 11-12). Kota itu dipilih sebagai isyarat, sebab dalam bahasa Ibrani dumah berarti 'diam'. Per...

SH: Yes 21:11-12 - Carilah Tuhan dan bergantung kepada-Nya (Sabtu, 20 Oktober 2012) Carilah Tuhan dan bergantung kepada-Nya Duma adalah nama lain untuk Edom, negeri keturunan Esau. Wilayah Edom terletak persis di bagian selatan Yehud...

SH: Yes 21:11-12 - Selalu Ada Kesempatan Bertobat (Selasa, 3 November 2020) Selalu Ada Kesempatan Bertobat Allah itu adil, Dia dengan tegas akan menghukum orang yang melakukan segala bentuk dosa. Allah tidak pernah kompromi d...

SH: Yes 21:13-17 - Firman-Nya meruntuhkan kesombongan (Senin, 22 Oktober 2012) Firman-Nya meruntuhkan kesombongan Yang dimaksud dengan Arabia adalah negeri yang tidak jauh dari Edom, yang terkenal dengan tiga kota besarnya, yait...

SH: Yes 21:13-17 - Kepada Siapa Engkau Bergantung? (Rabu, 4 November 2020) Kepada Siapa Engkau Bergantung? Perjuangan seseorang untuk hidup bukan hanya sekadar makan dan minum. Tetapi seseorang juga berjuang mencari kenyaman...

Utley: Yes 21:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 21:1-101 Ucapan ilahi terhadap "padang gurun di tepi laut". Seperti puting beliung mendesing lewat di Tanah Negeb, demikian...

Utley: Yes 21:11-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 21:11-1211 Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: "Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pen...

Utley: Yes 21:13-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 21:13-1513 Ucapan ilahi terhadap Arabia. Di belukar di Arabia kamu akan bermalam, hai kafilah-kafilah orang Dedan! 14 Hai p...

Utley: Yes 21:16-17 - --NASKAH NASB (UPDATED): Yes 21:16-1716 Sebab beginilah firman Tuhan kepadaku: "Dalam setahun lagi, menurut masa kerja prajurit upahan, maka segala kemu...

TFTWMS: Yes 21:1-10 - Babel: Padang Gurun Di Tepi Laut Yesaya 21:1-10 Nubuatan di dalam 21:1-10 berkaitan dengan Babel (lihat ayat 9). Ketika Salmaneser V meninggal pada 721 S. M., Merodakh-Baladan mempr...

TFTWMS: Yes 21:11-12 - Sabda Allah Tentang Edom SABDA ALLAH TENTANG EDOM (Yesaya 21:11, 12) Bangsa Edom adalah keturunan Esau, saudara Yakub. (Lihat Kejadian 25:30; 32:3.) Mereka menetap di wilayah...

TFTWMS: Yes 21:13-17 - Sabda Allah Tentang Arabia SABDA ALLAH TENTANG ARABIA (Yesaya 21:13-17) Arabia adalah sebuah semenanjung yang terletak di barat daya Asia yang dikelilingi oleh Laut Tengah, Lau...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yesaya Tema : Hukuman dan Keselamatan Tanggal Penulisan: + 700-680 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah bagi pel...

Full Life: Yesaya (Garis Besar) Garis Besar I. Berbagai Nubuat Mengenai Hukuman dan Teguran (Yes 1:1-35:10) A. Latar Belakang Nubuat Yesaya ...

Matthew Henry: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Nabi adalah sebuah gelar yang kedengarannya sangat hebat bagi orang-orang yang memahaminya, walaupun di mata dunia, banyak orang yang dimuliakan...

Jerusalem: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PARA NABI PENGANTAR Dalam Alkitab Ibrani kitab-kitab Yesaya, Yeremia, Yehezkiel dan kedua belas nabi lainnya merupakan suatu kelompok yang disebut &qu...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Ende: Yesaya (Pendahuluan Kitab) JESAJA Pendahuluan Dalam terdjemahan ini kitab Jesaja djelas dibagi atas tiga bagian besar, jakni pasal 13-9, 40-55, 56-66. Bahkan bagian2 itu dipisah...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) SANGAT MEREMEHKAN ALLAH(Yesaya 6:11, 22) Salah satu "hal yang menjengkelkan" saya adalah persoalan yang saya lihat di mana banyak orang san...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PELAJARAN TENTANG LAHIR DARI KEPEDIHAN (Yesaya 21:1-10) Sabda Allah tentang Babel datang bersama tekanan besar kepada Yesaya. Wahyunya itu membawa se...

TFTWMS: Yesaya (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Beberapa informasi ini dari Homer Hailey, A Commentary on Isaiah (Grand Rapids, Mich.: Baker Book House, 1985; reprint, Louisville...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) "TINJAUAN PENUH YESAYA 1-39" RINGKASAN ATAS PASAL 1-39 Tuhan mengungkapkan kepada Yesaya pelbagai akibat mengerikan atas keputusan Ahas yang memint...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) RANGKUMAN PASAL 1-35(Yes 1-35) Pasal 35 menutup bagian pertama nubuatan Yesaya dengan harapan yang penuh percaya diri kepada Tuhan. Allah telah menu...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) SABDA ALLAH TENTANG BANGSA-BANGSA SUATU TINJAUAN (PASAL 13-23) Sepuluh sabda Allah diberikan di dalam sebelas pasal berikutnya sebagai nubuatan mela...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) PERKATAAN PENGAWAL(Yesaya 21:11, 12) Sebuah sabda Allah tentang Edom diberikan di dalam ayat-ayat ini. Sabda Allah itu bersifat kiasan, misterius, da...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) EDOM , ATAU DUMAH(Yesaya 21:11, 12) Yesaya melakukan sesuatu yang tidak lazim di dalam 21:11, yang mungkin atau mungkin tidak terlihat, tergantung pa...

TFTWMS: Yesaya (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Edward J. Young, The Book of Isaiah, vol. 2, The New International Commentary on the Old Testament (Grand Rapids, Mich.: Wm. B. Ee...

TFTWMS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) DIBELUKAR ARABIA(Yesaya 21:13-17) Satu ramalan yang tidak biasa dibuat tentang Arabia. Yesaya menyajikan gambaran tentang suku yang suka berdagang, D...

BIS: Yesaya (Pendahuluan Kitab) YESAYA PENGANTAR Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhn

YESAYA

PENGANTAR

Buku ini disebut menurut nama seorang nabi besar yang hidup di Yerusalem dalam bagian kedua abad kedelapan sebelum Masehi. Seluruhnya dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. 1. Pasal 1-39 (Yes 1:1-39:8) berasal dari zaman ketika Yehuda, kerajaan selatan, diancam oleh Asyur, negara tetangga yang sangat kuat. Yesaya menyadari bahwa yang sesungguhnya mengancam kehidupan Yehuda bukanlah kekuatan Asyur, tetapi dosa bangsa Yehuda sendiri, karena bangsa itu tidak taat dan kurang percaya kepada Allah. Baik dengan kata-kata, maupun dengan perbuatan, Nabi Yesaya mendorong rakyat serta para pemimpin mereka untuk hidup menurut kehendak Allah dan berlaku adil. Ia mengingatkan bahwa umat Allah akan celaka dan binasa kalau tidak mau mendengarkan TUHAN. Yesaya juga meramalkan perdamaian dunia dan kedatangan seorang keturunan Daud yang akan menjadi raja yang diidam- idamkan.
  2. 2. Pasal 40-55 (Yes 40:1-55:13) berasal dari masa pembuangan orang-orang Yehuda di Babel. Mereka dalam keadaan hancur tanpa harapan. Yesaya memberitakan bahwa tak lama lagi Allah membebaskan umat-Nya dan membawa mereka pulang ke Yerusalem, untuk memulai suatu hidup baru. Tema penting bagian ini ialah bahwa Allah itu TUHAN yang menguasai sejarah, dan bahwa Ia merencanakan untuk mengutus umat-Nya ke segala bangsa yang akan diberkati melalui Israel. Ayat-ayat tentang "Hamba TUHAN" merupakan salah satu bagian yang paling terkenal dari Perjanjian Lama.
  3. 3. Pasal 56-66 (Yes 56:1-66:24) sebagian besar ditujukan kepada bangsa yang sudah kembali di Yerusalem. Mereka perlu diyakinkan lagi bahwa Allah akan memenuhi janji-janji-Nya kepada bangsa itu. Perhatian khusus diberikan kepada cara hidup yang benar dan keadilan; juga kepada cara merayakan hari Sabat, mempersembahkan kurban dan doa. Ayat-ayat penting ialah Yes 61:1-2 yang dipakai Yesus untuk menyatakan panggilan-Nya ketika Ia memulai tugas- Nya di dunia.

Isi

  1.  Peringatan dan janji
    Yes 1:1-12:6
  2.  Hukuman untuk bangsa-bangsa
    Yes 13:1-23:18
  3.  Pengadilan Allah terhadap dunia
    Yes 24:1-27:13
  4.  Peringatan lebih lanjut dan janji
    Yes 28:1-35:10
  5.  Raja Hizkia dari Yehuda dan orang-orang Asyur
    Yes 36:1-39:8
  6.  Pesan penuh janji dan harapan
    Yes 40:1-55:13
  7.  Peringatan dan janji
    Yes 56:1-66:24

Ajaran: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kris

Tujuan

Supaya dengan mengenal Kitab Yesaya, anggota jemaat mengerti dan percaya bahwa anugerah Allah hanya dapat diperoleh di dalam Tuhan Yesus Kristus, yang menjelma menjadi "hamba" yang menderita dan mati sebagai korban dosa manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yesaya.

Isi Kitab: Kitab Yesaya terbagi atas 66 pasal. Isi Kitab ini dibagi ke dalam dua bagian utama. Bagian pertama adalah nubuatan tentang hukuman yang akan jatuh atas bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain. Bagian kedua adalah penghiburan tentang anugerah Allah yang ada di dalam Yesus Kristus, di mana kelahiran, penderitaan dan kemenangan Yesus dinubuatkan dengan jelas.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yesaya

  1. Pasal 1-35 (Yes 1:1-35:10).

    Israel, Umat Allah yang tidak setia

    Pasal-pasal ini menjelaskan tentang beberapa hal penting berikut ini.

    1. Dosa bangsa ini (Yes 1:1-31; 3:1-26; 5:1-30).
    2. Keadaan masa depanny (Yes 2:1-22; 4:1-6; 9:1-21; 11:1-16; 12:1-6; 25:1-35:10).
    3. Panggilan nabi Yesaya (Yes 6:1-13).
    4. Raja-raja bangsa ini yang tidak percaya (Yes 7:1-25).
    5. Hukuman Allah atas bangsa-bangsa yang memusuhi-Nya.
      1. (1) Babel (pasal Yes 13:1-22; 14:1-32; 21:1-17).
      2. (2) Asyur (Yes 14:24-27).
      3. (3) Filistin (Yes 14:28-32).
      4. (4) Moab (pasal 15-16; Yes 15:1-16:14).
      5. (5) Damsyik (pasal 17; Yes 17:1-14).
      6. (6) Etiopia (pasal 18; Yes 18:1-7).
      7. (7) Mesir (pasal 19-20; Yes 19:1-20:6).
      8. (8) Arabia (Yes 21:13-17).
      9. (9) Tirus (pasal 23; Yes 23:1-18). (10) Edom (Yes 34:5-15). (11) Bangsa-bangsa di dunia (pasal 24-25; Yes 24:1-25:12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 1:1-9. Sebagai gambaran dosa bangsa ini.
    2. Bacalah pasal Yes 1:10-20.
    3. Bacalah pasal Yes 2:1-5. Sebagai gambaran masa depan umat Allah.
  2. Pasal 36-39 (Yes 36:1-39:8).

    Hizkia, hamba Allah yang penakut

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 37:1-7. Ia sangat takut kepada raja Asyur.
    2. Bacalah pasal Yes 38:1-3. Ia sangat takut kepada kematian.
    3. Bacalah pasal Yes 39:1-8. Hizkia sangat takut kepada Babel, sehingga i memperlihatkan semua apa yang ada dalam kerajaannya.
  3. Pasal 40-66 (Yes 40:1-66:24).

    Nubuatan tentang Yesus Kristus, hamba Allah yang setia

    Dalam pasal-pasal ini, ada 3 bagian besar, yaitu:

    1. Pemberitaan tentang kemuliaan Allah dalam memberika penyelamatan dan penghiburan kepada bangsa Israe (pasal 40-48; Yes 40:1-48:22).
    2. Pemberitaan tentang kedatangan seorang penyelamat bangs Israel dan penyelamat bangsa lain. Dan juga pemberitaa tentang penderitaan yang akan dialami oleh penyelama (pasal 49-53; Yes 49:1-53:12).
    3. Pemberitaan keselamatan dan keadaan masa depan dala pemerintahan raja (Penyelamat) yang keka (pasal 54-66; Yes 54:1-66:24).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Yes 40:1-11. Apakah yang terjadi dengan bangsa Israel?
    2. Perhatikanlah pasal 52 (Yes 52:1-15). Apakah yang terjadi dengan Penyelamat?
    3. Bacalah pasal Yes 66:22-24. Apakah yang terjadi pada masa depan?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yesaya mengajarkan tentang kekudusan Allah, karena Allah juga menuntut hidup yang kudus dari umat-Nya.

  2. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa kelahiran dan penderitaan dari Tuhan Yesus sudah menjadi rencana Allah.

  3. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Yesus Kristus adalah perwujudan daripada Allah yang perkasa, Penasehat yang Ajaib, Bapa yang kekal, dan Raja Damai.

  4. Kitab Yesaya mengajarkan bahwa dunia akan mengalami masa penghukuman atau kehancuran.

  5. Kitab Yesaya menegaskan bahwa Kristus Yesus merupakan korban dari dosa- dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yesaya?
  2. Apakah isi Kitab Yesaya?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Kitab Yesaya?

Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) Keselamatan dan penghakiman PESANNYA"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman s

Keselamatan dan penghakiman

PESANNYA
"Yesaya" berarti "Tuhan adalah keselamatan" dan dia adalah nabi keselamatan. Namun, keselamatan dan penghakiman selalu bersama-sama dalam Alkitab; jika Anda tidak mau diselamatkan, maka Anda akan dihakimi. Oleh karena itu, Yesaya menggabungkan kedua tema ini: penghakiman (Yes 1:1-35:10) dan keselamatan (Yes 40:1-66:24). Kedua tema utama ini dipadukan dengan adanya bagian bersejarah tentang Raja Hizkia (Yes 36:1-39:8).

WAKTU
Yesaya menerima visinya pada masa pemerintahan empat orang raja yaitu Uzia, Yotam, Ahas dan Hizkia (Yes 1:1). Raja Uzia wafat pada tahun 740 sebelum Masehi (lihat Yes 6:1), dan Hizkia pada tahun 687 sebelum Masehi, dengan demikian visi-visi Yesaya mencakup kurun waktu setengah abad.

NUBUATAN
Yesaya adalah seorang nabi, bukan semata-mata seorang pengkhotbah dan Kitab Yesaya merupakan buku nubuatan, bukan hanya buku sejarah. Yesaya tidak hanya mampu menganalisis keadaan, tetapi juga mempunyai banyak visi. Nubuatan mengatakan bahwa ada Allah yang mengetahui hari depan dan yang mengungkapkan sebagian rencana-Nya kepada para nabi.

LATAR BELAKANG
Waktu Yesaya mulai bekerja, Israel sedang berada di ambang kehancuran. Dalam tahun 722 sebelum Masehi kerajaan utara dengan kesepuluh sukunya dikalahkan oleh bangsa Asyur (2Ra 17). Tetapi kerajaan selatan, Yehuda, sedang menuju nasib yang sama. Secara sosial, politis mereka sudah rusak, demikian juga iman percaya mereka. Kerajaan utama telah dihukum dan musnah. Tetapi, Yehuda berbeda. Negeri itu harus dihakimi, tetapi oleh karena adanya perjanjian abadi dengan Allah, maka Yehuda juga akan diselamatkan. Pada suatu saat, dari Yehuda akan datang seorang Hamba Tuhan, Sang Juruselamat yang akan menyelamatkan bukan hanya Yehuda, tetapi seluruh dunia.

CARA PENULISAN DAN KESATUAN
Menurut pasal Yes 1:1, penulisnya ialah Yesaya. Namun demikian, seringkali orang beranggapan bahwa ketiga bagian kitab Yesaya (Yes 1:1-35:10; Yes 36:1-39:8; Yes 40:1-46:13) ditulis oleh penulis yang berbeda-beda. Alasan ini didasarkan pada bentuk penulisan yang jelas berbeda antara pasal Yes 1:1-35:10 dengan bagian lain, juga munculnya nama-nama Bel dan Nebo, dewa-dewa Babel dan bahkan nama Koresy, penakluk dari kerajaan Babel dan nubuatan Yesaya mengenai kembalinya bangsa Yehuda dari pembuangan jauh sebelum pembuangan itu sendiri terjadi. Tetapi kitab itu sendiri menekankan mengenai kemampuan Allah untuk mengungkapkan hari depan (misalnya Yes 41:21-27; 42:8,9; 44:6-8; 48:3). Tidak ada bukti tertulis bahwa terdapat dua atau lebih kitab Yesaya dan tidak ada bukti tentang penulis-penulis lainnya. Perjanjian Baru mengutip dari berbagai bagian dari kitab ini dan mengacunya ke Yesaya.

Pesan

1. Kesucian
o Allah adalah "Allah Israel yang mahakudus". Yes 1:4; 5:19: 5:24; 10:20; 12:6; 17:7; 29:19
o Yesaya dipanggil oleh Allah yang kudus. Yes 6:3
o Allah memanggil Yesaya dari "Tempat yang mahakudus" dalam Rumah-Nya Yes 6:1-4
o Walaupun Yehuda akan dibinasakan, sisanya yang kudus akan diselamatkaan Yes 6:13
o Gunung Sion, tempat Yerusalem akan didirikan, harus menjadi gunung yang kudus. Yes 11:9; 27:13
o Menjadi suci berarti menjadi lain, "memisahkan diri"; ini adalah terjemahan kata "kudus" dari bahasa Ibrani dalam ayat ini. Yes 23:18
o "Jalan" yang ditempuh oleh umat Allah adalah jalan kekudusan. Dahulu salah satu panggilan untuk Kekristenan adalah "Jalan" (Kis 9:2; 19:9,23; 22:4; 24:22). Yes 35:8

2. Kebenaran
o Keadilan dan kebenaran berjalan bersama-sama. Orang yang "benar secara rohani" akan menjadi orang yang "adil dalam masyarakat" Yes 1:21
o Iman dan kebenaran juga berjalan berdampingan; iman kepada Allah membawa kita untuk bersikap benar terhadap Allah, yang akhirnya akan membuat kita menjadi adil, bijaksana terhadap orang lain. Yes 1:26
o Alkitab mengajarkan bahwa pada akhirnya kebenaran itu akan membawa kebaikan. Yes 3:10; 26:2
o Kebenaran merupakan ciri penghakiman Allah: Allah tidak terpengaruh oleh kekayaan atau kedudukan manusia. Yes 11:3,4
o Kebenaran tidak dapat "dipelajari" oleh orang yang melakukan kesalahan. Lingkungan yang baik dari seseorang tidak akan menjadikan orang itu baik. Yes 26:10
o Pemerintahan Mesias akan merupakan pemerintahan yang adil. Yes 32:1

3. Penghakiman
Menurut Yesaya ada dua macam penghakiman:
o Penghakiman manusia. Kita harus berlaku adil, terbuka, jujur dalam segala hal yang menyangkut penghakiman. Yes 1:17,21,26; 5:20-23; 10:1-4; 33:12-16
o Penghakiman Allah. Kita tidak dapat menghindari hal ini. Dengan cara inilah Allah membereskan hal-hal yang dipandang tidak adil dalam kehidupan. Yes 1:24-28; 2:6-21; 3:13-15; 5:18-30; 11:1-5; 28:16-29; 33:2-6

4. Hari kedatangan Tuhan
Hari kedatangan Tuhan erat hubungannya dengan penghakiman. Tetapi, Hari itu juga merupakan hari pada waktu segalanya dibereskan: damai memerintah. Kedua aspek dari Hari Kedatangan Tuhan inilah yang selalu menjadi tema Yesaya. Yes 2:6-22; 13:9-22; 22:5-14; 24:1-23; 2:1-5; 4:2-6; 11:1-16; 12:1-6; 14:1-8; 25:1-9

Penerapan

Penghakiman dan kasih Allah Bagian pertama nubuat Yesaya menyangkut penghakiman dan hal ini merupakan tema yang sering berulang dalam Alkitab. Dalam Kejadian 4 ada kisah mengenai penghakiman atas Kain, banjir dalam Kejadian 7, Sodom dan Gomora dalam Kejadian 19. Ada penghakiman atas Mesir dalam Keluaran 12 dan penghakiman atas bangsa Israel dalam Keluaran 32. Dalam Perjanjian Baru kita membaca kisah Ananias dan Safira dan mengenai raja Herodes dalam Kis 12. Elimas si tukang sihir mendapat ganjaran dalam Kis 13. Dan tentu saja ada gambaran mengenai penghakiman dalam Wahyu 20. Yesus bercerita mengenai kisah seorang kaya yang disiksa dalam neraka (Lukas 16). Namun demikian, banyak orang, bahkan orang Kristen, yang sukar menerima ide mengenai penghakiman ini. Yesaya mengemukakan dengan jelas mengenai dua aspek penghakiman yaitu: sekarang dan yang akan datang, sementara dan kekal. Pasal Yes 2 memfokuskan mengenai penghakiman akhir dan peringatan mengenai Hari itu, yaitu Hari Kedatangan Tuhan. Sebagian besar dari kita mempunyai suatu pengertian mengenai keadilan. Kita sering mengeluh, "Itu tidak adil". Penghakimanlah yang membuatnya adil. Nyatanya banyak terdapat hal yang tidak adil dewasa ini. Jika hidup ini memang berarti, maka hal itu baru dapat dirasakan setelah hidup itu berakhir. Kristus mati untuk membebaskan kita dari penghakiman semacam itu. Jika ada orang yang dihakimi maka hal ini disebabkan karena mereka menolak jalan keluar yang diberikan Allah. Tetapi umat Kristen harus tahu bahwa ada penghakiman selama hidup di dunia sekarang ini. Yesaya 3 memperingatkan Yehuda mengenai penghakiman yang akan terjadi masa itu, mengenai pengasingan dan pembuangan. Orang Kristen harus sadar akan kenyataan penghakiman selama di dunia ini (Ibrani 12:1- 29).

Tema-tema Kunci

1. Allah (pasal 6)
Pasal Yes 6 mencatat mengenai penglihatan yang diberikan kepada Yesaya untuk menunjukkan dengan jelas kepadanya siapakah Allah dan apa yang dikerjakan-Nya.
o Penglihatan (Yes 6:1-4): Apa ciri-ciri Allah seperti yang digambarkan di sini?
o Jawaban (Yes 6:5-7): Apa arti dari "mezbah pembakaran" dan dari mana asalnya (Keluaran 30:1-10)?
o Panggilan (Yes 6:8): "Siapakah yang akan Kuutus?" Allah mengutus dan mengundang para sukarelawan. Apa syarat pertama untuk menjadi misionaris? (Lihat juga Yohanes 20:21-23)?
o Kenyataan (Yes 6:9-13): Seorang utusan tidak dijamin mendapat sukses besar, tetapi ia dijamin untuk sukses dalam beberapa hal (lihat juga Yesaya 55:11). Referensi untuk ayat Yes 6:9 diambil dari Perjanjian Baru: Matius 13:1-17; Yohanes 12:23-43; Kisah 28:23-28; Roma 11:1-8.

2. Menafsirkan nubuatan (pasal 7)
Nubuatan biasanya diberikan kepada orang-orang tertentu pada suatu saat yang tertentu pula. Dalam menafsirkan suatu nubuatan kita harus mengajukan dua pertanyaan:
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi mereka?
- Apa arti kata-kata dalam nubuatan itu bagi kita?
Biasanya nubuatan mengacu kepada kejadian-kejadian pada saat nabi itu hidup dan masa yang akan datang. Demikian juga halnya dengan Yesaya 7:14. Baca dengan cermat Yes 7:1-25; 2Ra 15:27-16:9; 2Ta 28:1-21. Penggenapan pertama dari nubuatan itu terjadi ketika seorang wanita muda melahirkan seorang bayi dan pada saat bayi itu masih belum dapat memilih makanannya sendiri, tentara Israel dan Siria yang sedang mengepung Yehuda mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas. Penggenapan kedua terjadi pada waktu seorang perawan melahirkan bayi Kristus. Baca Matius 1:18-23.

3. Kebun anggur (pasal 5)
Umat Allah, bangsa Yahudi, membanggakan diri mereka sebagai pokok anggur Allah. Dalam masa Perjanjian Baru sebuah pokok anggur yang besar terbuat dari emas menghiasi tembok luar Rumah Allah. Pelajarilah pasal Yes 5. Apa yang dikerjakan oleh pemilik kebun anggur dalam kebun anggurnya? Oleh karena kisah ini merupakan perumpamaan, apa penafsiran Anda untuk semua yang dilakukannya? Seandainya kita adalah "kebun anggur" Allah, apa yang akan dilakukan-Nya atas kita? Mengapa pemilik kebun anggur itu melakukan segalanya seorang diri? Apa yang diharapkan Allah dari umat-Nya dewasa ini? Baca Matius 21:33-46; 20:1-16. Apa yang ditambahkan oleh pasal-pasal ini terhadap pengertian kita mengenai apa yang dilukiskan Yesaya?

YESAYA (2)

Keselamatan dan Hamba

Bagian Kitab Yesaya ini bertema keselamatan. Utusan Tuhan membawa penghiburan kepada umat-Nya. Penghakiman (Yes 1:1-39:8) tidak dapat dihilangkan dari setiap tulisan yang berhubungan dengan penyelamatan, tetapi pasal-pasal ini, Yes 40:1-66:24, membicarakan mengenai Allah yang siap untuk menyelamatkan, berapa pun harganya.

UNTUK SIAPA BERITA INI DITULIS? Pesan Yesaya terutama ditulis untuk bangsa Yehuda yang berada dalam pengasingan di Babel. Pengasingan ini merupakan konsekuensi dari Yesaya bagian pertama, "Penghakiman". Tetapi, sekarang Yesaya mendapat kata baru yaitu "keselamatan". Bangsa Yehuda di Babel tidak boleh putus asa: Allah akan menghampiri mereka dan mereka akan diselamatkan. Tentu saja pasal-pasal ini juga ditulis untuk kita juga. Babel merupakan suatu kota yang nyata, tetapi seringkali kata itu dipakai sebagai gambaran mengenai kerajaan Setan. Bangsa Yahudi berada dalam belenggu dosa, demikian juga halnya dengan kita; mereka perlu diselamatkan, begitu pula kita. Pesan ini ditulis buat mereka, juga untuk kita.

HAMBA TUHAN Empat pasal Yesaya disebut Nyanyian Hamba Tuhan: Yes 42:1-4; 49:1-6; 50:4-9; 52:13-53:12. Kata "hamba" dan panggilan "Hamba Tuhan" muncul dalam pasal Yes 41:8-53:12, dan pada kenyataannya kata "hamba" sangat sering ditemukan dalam seluruh kitab Yesaya. Hamba Allah digambarkaan dalam tiga cara: 1. Semua keturunan Abraham 2. Hanya keturunan Abraham yang setia 3. Seseorang yang tak bernama yang dalam Perjanjian Baru disebut Yesus

Perhatikan dengan saksama ayat-ayat Yes 49:1-6; 52:13-53:12. Kedua "nyanyian" ini merupakan gambaran seorang hamba yang bukan mewakili Israel, melainkan merupakan seorang oknum.

KERENDAHAN HATI ALLAH Pasal Yes 63:1-65:25 merupakan kesaksian yang luar biasa mengenai kerendahan hati Allah. Dalam pasal Yes 63 Yesaya menengok fakta sejarah untuk melihat apa yang telah dilakukan Allah bagi umat-Nya di masa lampau. Dalam pasal Yes 64 Yesaya memohon kepada Allah untuk menunjukkan bahwa Dia masih mempunyai kuasa yang sama. Bahkan Yesaya seakan-akan mempertanyakan keadilan Allah: "Ya Tuhan, janganlah murka amat sangat; janganlah mengingat-ingat dosa untuk seterusnya" (Yes 64:9). Pasal Yes 65:1-5 merupakan jawaban Allah. Dia memberi petunjuk kepada mereka yang tidak menanyakan-Nya; berkenan ditemukan oleh orang yang tidak mencari Dia; Dia menjawab mereka yang tidak memanggil nama- Nya; Dia menawarkan anugerah kepada orang-orang yang sungguh-sungguh telah berdosa.

Pesan

1. Penghibur ditawarkan kepada umat Allah
o Allah berbicara kepada Yesaya: suatu tugas baru diberikan: "Hiburkanlah umatku" Yes 40:1,2
o Dua suara yang berseru-seru: mereka mempersiapkan jalan, Yes 40:3,6
o Yesaya berkata. Suaranya hanya suara pengkhotbah yang putus asa. Tetapi "firman Allah tetap selama-lamanya". Yes 40:6-8
o Ada suara lain yang berseru-seru dan meminta supaya berita kelepasan itu diberitakan sekarang. Dia melihat Allah datang! Yes 40:9-11

2. Iman berarti iman kepada satu Allah saja
o Umat Allah dan apa yang dilakukan Allah. Tetapi ini tidak cukup untuk memberi kelepasan. Umat Allah harus memilih, Allah yang satu itu ataukah ilah-ilah yang lain. Yes 44:1-23
o Israel bangsa yang terpilih. Harus menjadi bangsa "yang lurus" ("Jeshurun" berarti "Yang lurus") Yes 44:1-5
o Allah Israel: Raja, Penyelamat, Allah yang Mahakuasa, Yang Pertama, Yang Terakhir, Satu-satunya, Batu Karang. Yes 44:6-8
o Pilihan lain: ilah-ilah yang tidak dapat memberi anugerah apa-apa, bahkan kepada pencipta mereka sendiri! Yes 44:9-20
o Saat pengambilan keputusan: "Kembalilah kepadaku". Masa lalu dapat diampuni, disapu bagaikan awan. Yes 44:21-23

3. Iman adalah iman pada kebesaran perbuatan Allah
o Hamba yang menderita. Allah yang diungkapkan kepada kita dalam Alkitab tidak bisa semata-mata mengampuni dosa. Dosa harus dilunasi, oleh si pendosa atau oleh Sang Penebus. Gereja Kristen selalu mengartikan ini sebagai Kristus. Yes 52:13-53:12
o Penderitaan dan kemuliaan. Pasal ini dimulai dengan kemuliaan; pada suatu hari Hamba Tuhan akan sangat ditinggikan (Filipi 2:1-11). Tetapi penderitaan dialami terlebih dahulu. Seperti terjadi pada Hamba Tuhan, maka demikian pula halnya dengan para hamba Tuhan sekarang ini. Yes 52:13-15
o Penderitaan. Masa kecil Hamba Tuhan tidaklah mudah (sebagai tunas dari tanah kering), hidup dan kematian-Nya pun tidak mudah. Tetapi, semua itu terjadi demi kita: kelemahan kita, kesusahan kita, pemberontakan kita, kejahatan kita. Yes 53:1-9
o Penjelasan. Penderitaan Hamba Tuhan ini bukan suatu yang kebetulan, bukan merupakan kegagalan keadilan: "Tuhan berkehendak meremukkan dia" Yes 53:10-11
o Kemuliaan. Kemudian Allah Bapa memanggil kembali Hamba-Nya yang "membagi-bagikan barang rampasan" dan kita kembali kepada akhir dari Nyanyian Hamba Tuhan: "Ia akan ditinggikan, disanjung dan dimuliakan". Yes 52:13, 53:12

Penerapan

Sifat Allah
Yesaya merupakan kitab misionaris. Allah telah memilih suatu bangsa untuk menjadi saksi-Nya. Tetapi kesaksian tentang Allah harus datang dari mereka yang mempunyai hubungan yang benar dengan Allah, hidup sesuai dengan kehendak Allah. "Kebenaran" merupakan kata yang sering dipakai oleh Yesaya untuk menggambarkan apa yang Allah kehendaki dari para saksi-Nya. Allah menuntut kesalehan dari umat-Nya. Allah itu "kudus", istimewa oleh karena itu umat-Nya pun harus istimewa. Masalah kita ialah bahwa kita tidak layak. Kita tidak melakukan apa yang benar. Keadaan ini diikuti oleh dua kemungkinan. Jika kita tidak dapat menghasilkan suatu kebenaran yang dituntut oleh Allah, dan jika Allah tidak melakukan apa-apa untuk membuat kita benar, maka hukuman tidak dapat dihindari. Dan ini merupakan berita buruk, sebab menurut Allah "perbuatan kita yang saleh" adalah seperti "kain kotor" (Yesaya 64:6). Sifat Allah juga terlihat jelas dengan adanya pemberitaan bahwa Allah mau membereskan masalah kita. Hamba Tuhan datang dan Dia menderita oleh karena pemberontakan kita, kejahatan kita (Yes 53:5). Kemudian Yesaya memberi gambaran jelas tentang Allah yang kudus, yang menuntut hal yang tidak mungkin yaitu kesalehan kita, dan kemudian Dia sendiri membuka jalan keselamatan bagi kita. Dan semua ini semata-mata karena anugerah Allah. Ada satu hal lagi yang perlu disebutkan, yaitu bahwa Allah itu tidak ada bandingan-Nya: "Dengan siapa engkau dapat membandingkan Aku? (Yes 40:18-25; 44:7; 46:5,9). Firman yang maha penting dewasa ini adalah Firman Allah sendiri: "Aku, Akulah Tuhan dan tidak ada Juruselamat selain daripada-Ku" (Yes 43:11).

Tema-tema Kunci

1. Hamba Tuhan
Bacalah dengan saksama pasal Yes 40-66 dan catatlah setiap kata yang mengacu pada "hambaku". Kemudian bagilah acuan ini ke dalam tiga kelompok: yang mengacu kepada "Yakub" atau "Israel"; bagian yang mengenai kesetiaan Yakub atau Israel, dan bagian yang mengacu kepada suatu oknum. Arti dari pengajaran Yesaya mengenai hamba digambarkan sebagai suatu segitiga dengan Israel berada di bagian paling bawah, sisa bangsa yang masih setia di tengah dan Mesias di puncak. Bagaimana hal ini dapat diaplikasikan dengan gereja? Pelajarilah "Hamba" yang terdapat dalam Perjanjian Baru seperti dalam Yohanes 13:1-20; Markus 10:32-45 dan Matius 10:24-42.

2. Keunikan Allah
Dari pasal Yes 40:1-49:26 kita menemukan hal-hal yang menunjukkan keunikan Allah. Dia bersifat unik:
o sebagai pencipta alam semesta;
o sebagai pemberi hidup kepada manusia;
o sebagai perencana hari depan;
o Allah dari perjanjian dan panggilan;
o satu-satunya Juruselamat dan Penebus.
Cocokkan pasal-pasal yang sesuai dengan pokok-pokok di atas.

3. Kebodohan pemujaan berhala
Ada tiga pasal yang membicarakan tema ini:
o Yes 40:18-24, berhala yang tidak dapat bergerak. Terbelenggu atau tertindih, tidak mempunyai ciri utama kehidupan, yaitu gerak.
o Yes 44:9-20, berhala yang tidak dapat memberikan berkat. Mereka bahkan tidak dapat memberkati para pandai besi dan tukang kayu yang menciptakan mereka!
o Yes 46:1-7, berhala yang menjadi beban. Pada waktu suatu kerajaan jatuh, maka dewa-dewa mereka diangkut ke pembuangan bersama-sama dengan rakyat mereka. Beban yang harus mereka pikul! Catatlah komentar Allah sendiri: tetapi Aku selalu menggendong kamu.
Bukan hanya ketiga pasal di atas yang membicarakan mengenai penyembahan kepada berhala. Carilah pasal-pasal lain. Apa yang diajarkan oleh Yesaya mengenai berhala? Apa hubungannya dengan agama-agama lain? Lihat Kis 19:21-41 dan Efesus 2:11-16.

4. Kedaulatan Allah Kita mudah melupakan bahwa Allah adalah Tuhan dari raja kafir Koresy sebagaimana juga Dia adalah Allah gereja. Perhatikan berbagai hal yang berhubungan dengan Koresy (Yes 44:28; 45:1; 41:25; 46:11) dan lihatlah penggenapan dari nubuatan dalam 2Ko 3:6 dan Ezra 1. Tetapi mengapa harus repot-repot mencari kehendak Allah dalam hidup saya? Lihat Roma 12:1,2.

Garis Besar Intisari: Yesaya (Pendahuluan Kitab) [1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30 Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang Yes

[1] PENGHAKIMAN Yes 1:1-5:30

Yes 1:1-31Penghukuman; Yehuda bangsa pemberontak
Yes 2:1-22Hari Kedatangan Tuhan: penghakiman yang akan datang
Yes 3:1-26Yerusalem dan Yehuda: penghakiman pada saat itu
Yes 4:1-6Hari penghakiman: cabangnya
Yes 5:1-30Yehuda: Kebun anggur yang tidak berguna karena tidak berbuah

[2] VISI DAN PENGUTUSAN Yes 6:1-13

[3] IMMANUEL Yes 7:1-12:6

Yes 7:1-25Tanda-tanda Immanuel
Yes 8:1-22Tanda-tanda anak Yesaya sendiri
Yes 9:1-7Tanda Raja Damai
Yes 9:8-10:19Penghakiman: Israel dan Asyur
Yes 10:20-34Sisanya akan selamat
Yes 11:1-16Tunas, cabang dan panji-panji
Yes 12:1-6Nyanyian keselamatan

[4] MUSUH-MUSUH NEGERI Yes 13:1-24:23

Yes 13:1-14:23Melawan Babel I
Yes 14:24-27Melawan Asyur
Yes 14:28-32Melawan Filistin
Yes 15:1-16:14Melawan Moab
Yes 17:1-14Melawan Damsyik
Yes 18:1-7Melawan Etiopia
Yes 19:1-20:6Melawan Mesir
Yes 21:1-10Melawan Babel II
Yes 21:11-12Melawan Edom
Yes 21:13-17Melawan Arabia
Yes 22:1-25Melawan Yerusalem
Yes 23:1-18Melawan Tirus
Yes 24:1-23Sebuah nubuatan

[5] NYANYIAN KESELAMATAN Yes 25:1-27:13

[6] MUSUH ANAK-ANAK ALLAH Yes 28:1-31:9

Yes 28:1-29Nubuatan terhadap kerajaan utara
Yes 29:1-24Nubuatan terhadap kerajaan selatan
Yes 30:1-33Nubuatan terhadap bangsa yang keras kepala
Yes 31:1-9Nubuatan terhadap para oportunistis politik

[7] RAJA YANG MEMBAWA KEADILAN Yes 32:1-33:10

Yes 33:11-24 Raja yang ditinggikan
Yes 32:1-8 Raja dan kerajaannya
Yes 32:9-20Penghakiman, keadilan dan kebenaran
Yes 34:1-17Penghakiman dan bangsa bangsa
Yes 35:1-10Kerajaan damai

[8] SUMBANGAN BERSEJARAH Yes 36:1-39:8

Yes 36:1-22Ancaman Sanherib
Yes 37:1-20Reaksi Raja Hizkia
Yes 37:21-38Sanherib dikalahkan
Yes 38:9-20Nyanyian syukur raja Hizkia
Yes 39:1-8Utusan dari Babel

[1] PENGANTAR Yes 40:1-11

[2] ALLAH YANG TIDAK ADA BANDINGANNYA Yes 40:12-48:22

Yes 40:12-31Allah: dan kebodohan pemujaan patung I
Yes 41:1-24Allah: penolong bangsa Israel
Yes 41:25-29Allah: Tuhan hal-hal yang akan datang
Yes 42:1-9Hamba Tuhan!
Yes 42:10-17Nyanyian pujian bagi Allah
Yes 42:18-25Hamba yang buta dan bisu
Yes 43:1-13Allah: penyelamat Israel
Yes 43:14-28Hamba yang tidak berterima kasih
Yes 44:1-5Allah: Tuhan dan pemberi kehidupan
Yes 44:6-23Allah: dan kebodohan pemujaan patung II
Yes 44:24-45:7Koresy, hamba yang tidak mengenal Tuhan
Yes 45:8-13Allah: penjunan yang ahli
Yes 45:14-25Allah: Tuhan yang besar
Yes 46:1-13Allah: dan kebodohan pemujaan patung III
Yes 47:1-15Ratapan bagi Babel
Yes 48:1-22Israel yang tegar hati, Allah yang penyabar

[3] PENDERITAAN DAN KESELAMATAN Yes 49:1-55:13

Yes 49:1-6Hamba Tuhan II
Yes 49:7-26Keselamatan: Israel dipulihkan
Yes 50:1-3Israel: dipisahkan tetapi tidak pernah diceraikan
Yes 50:4-11Hamba Tuhan III
Yes 51:1-16Keselamatan dan kebenaran
Yes 51:17-23Keselamatan dan murka Allah
Yes 52:1-12Keselamatan dan pengampunan
Yes 52:13-53:12Hamba Tuhan IV
Yes 54:1-17Keselamatan: sekilas kemuliaan
Yes 55:1-13Keselamatan: undangan bagi yang dahaga

[4] MENGGUGAH SUARA HATI Yes 56:1-59:21

Yes 56:1-8Mengapa memisahkan orang asing?
Yes 56:9-57:13Mengapa tidak mengecualikan bangsa Israel?
Yes 57:14-21Panggilan untuk pertobatan
Yes 58:1-14Panggilan untuk berpuasa dengan benar
Yes 59:1-21Dosa, keselamatan dan Roh Allah

[5] KESELAMATAN SUDAH DATANG! Yes 60:1-63:6

Yes 60:1-22Nubuatan Yerusalem baru
Yes 61:1-11Nubuatan mengenai kemenangan
Yes 62:1-12Nubuatan mengenai Juruselamat
Yes 63:1-6Keselamatan dan penghakiman

[6] KERENDAHAN HATI ALLAH Yes 63:7-65:16

Yes 63:7-10Mengenang kembali: siapakah Allah?
Yes 63:11-64:12Gugatan: di manakah Dia sekarang?
Yes 65:1-16Jawaban: Aku selalu berada di sini

[7] SURGA DAN DUNIA YANG BARU Yes 65:17-66:24

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #13: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab dalam format PDF. [SEMUA]
dibuat dalam 1.70 detik
dipersembahkan oleh YLSA