kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 6:1-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Malapetaka yang akan menimpa Yerusalem dan Yehuda
6:1 Larilah mengungsi, hai orang-orang Benyamin, dari tengah-tengah Yerusalem! Tiuplah sangkakala di Tekoa, dan naikkanlah asap sebagai tanda di atas Bet-Kerem! Sebab malapetaka telah mengintai dari utara, yakni suatu kehancuran besar. 6:2 Adakah puteri Sion sama seperti padang yang paling disukai, 6:3 sehingga gembala-gembala mendatanginya beserta kawanan ternak mereka? Mereka telah memasang kemah-kemahnya sekelilingnya, masing-masing memakan habis apa yang didapatnya. 6:4 "Persiapkanlah perang melawan dia; ayo, marilah kita maju menyerang pada tengah hari!" "Celakalah kita, sebab matahari sudah lingsir, bayang-bayang senja hari sudah memanjang!" 6:5 "Ayo, marilah kita maju menyerang pada waktu malam dan merusakkan puri-purinya!" 6:6 Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: "Tebanglah pohon-pohonnya dan timbunlah tanah menjadi tembok terhadap Yerusalem! Itulah kota yang harus dihukum! Hanya penindasan saja di dalamnya! 6:7 Seperti mata air meluapkan airnya, demikianlah kota itu meluapkan kejahatannya. Kekerasan dan aniaya terdengar di dalamnya, luka dan pukulan selalu ada Kulihat. 6:8 Terimalah penghajaran, hai Yerusalem, supaya Aku jangan menarik diri dari padamu, supaya Aku jangan membuat engkau sunyi sepi, menjadi negeri yang tidak berpenduduk!" 6:9 Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Petiklah habis-habisan sisa-sisa orang Israel seperti pokok anggur dipetik habis-habisan. Kembalilah seperti pemetik buah anggur dengan tanganmu mencari-cari buah pada ranting-rantingnya." 6:10 Kepada siapakah aku harus berbicara dan bersaksi, supaya mereka mau memperhatikan? Sungguh, telinga mereka tidak bersunat, mereka tidak dapat mendengar! Sungguh, firman TUHAN menjadi cemoohan bagi mereka, mereka tidak menyukainya! 6:11 Tetapi aku penuh dengan kehangatan murka TUHAN, aku telah payah menahannya, harus menumpahkannya kepada bayi di jalan, dan kepada kumpulan teruna bersama-sama. Sesungguhnya, baik laki-laki maupun perempuan akan ditangkap, baik orang yang tua maupun orang yang sudah lanjut usianya. 6:12 Rumah-rumah mereka akan beralih kepada orang lain, bersama ladang-ladang dan isteri-isteri mereka. -- "Sesungguhnya, Aku mengacungkan tangan-Ku melawan penduduk negeri ini, demikianlah firman TUHAN. 6:13 Sesungguhnya, dari yang kecil sampai yang besar di antara mereka, semuanya mengejar untung, baik nabi maupun imam semuanya melakukan tipu. 6:14 Mereka mengobati luka umat-Ku dengan memandangnya ringan, katanya: Damai sejahtera! Damai sejahtera!, tetapi tidak ada damai sejahtera. 6:15 Seharusnya mereka merasa malu, sebab mereka melakukan kejijikan; tetapi mereka sama sekali tidak merasa malu dan tidak kenal noda mereka. Sebab itu mereka akan rebah di antara orang-orang yang rebah; mereka akan tersandung jatuh pada waktu Aku menghukum mereka, firman TUHAN." 6:16 Beginilah firman TUHAN: "Ambillah tempatmu di jalan-jalan dan lihatlah, tanyakanlah jalan-jalan yang dahulu kala, di manakah jalan yang baik, tempuhlah itu, dengan demikian jiwamu mendapat ketenangan. Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau menempuhnya! 6:17 Juga aku mengangkat atas mereka penjaga-penjaga, firman-Ku: Perhatikanlah bunyi sangkakala! Tetapi mereka berkata: Kami tidak mau memperhatikannya! 6:18 Sebab itu dengarlah, hai bangsa-bangsa, dan ketahuilah, hai jemaat, apa yang akan terjadi atas mereka! 6:19 Dengarlah, hai bumi! Sungguh, ke atas bangsa ini Aku akan mendatangkan malapetaka, akibat dari rancangan-rancangan mereka, sebab mereka tidak memperhatikan perkataan-perkataan-Ku dan menolak pengajaran-Ku. 6:20 Apakah gunanya bagi-Ku kamu bawa kemenyan dari Syeba dan tebu yang baik dari negeri yang jauh? Aku tidak berkenan kepada korban-korban bakaranmu dan korban-korban sembelihanmu tidak menyenangkan hati-Ku. 6:21 Sebab itu beginilah firman TUHAN: Sungguh, Aku akan menaruh batu sandungan di depan bangsa ini, supaya mereka jatuh tersandung oleh karenanya; bapa-bapa serta dengan anak-anak, tetangga dan temannya, semuanya akan binasa." 6:22 Beginilah firman TUHAN: "Sesungguhnya, suatu bangsa akan datang dari tanah utara, suatu suku bangsa yang besar akan bergerak maju dari ujung bumi. 6:23 Mereka memakai panah dan tombak; mereka bengis, tidak kenal belas kasihan. Suara mereka gemuruh seperti laut, mereka mengendarai kuda, berlengkap seperti orang maju berperang, menyerang engkau, hai puteri Sion!" 6:24 Kami telah mendengar kabarnya, tangan kami sudah menjadi lemah lesu; kesesakan telah menyergap kami, kami kesakitan seperti perempuan yang melahirkan. 6:25 "Janganlah keluar ke padang, dan janganlah berjalan di jalan, sebab pedang musuh mengamuk -- kegentaran datang dari segala jurusan!" 6:26 Hai puteri bangsaku, kenakanlah kain kabung, dan berguling-gulinglah dalam debu! Berkabunglah seperti menangisi seorang anak tunggal, merataplah dengan pahit pedih! Sebab sekonyong-konyong akan datang si pembinasa menyerangmu.
Yeremia menjadi penguji umat
6:27 Aku telah mengangkat engkau di antara umat-Ku sebagai penguji, engkau harus tahu bagaimana menyelidikinya, dan harus menguji tingkah langkah mereka. 6:28 Semua mereka adalah pendurhaka belaka, berjalan kian kemari sebagai pemfitnah; sekaliannya mereka berlaku busuk! 6:29 Puputan sudah mengembus, tetapi yang keluar dari api hanya timah hitam, tembaga dan besi. Sia-sia orang melebur terus-menerus, tetapi orang-orang yang jahat tidak terpisahkan. 6:30 Sebutkanlah mereka perak yang ditolak, sebab TUHAN telah menolak mereka!
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · orang-orang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · Seba son of Raamah son of Cush son of Ham son of Noah,son of Joktan of Shem,son of Jokshan son of Abraham and Keturah,a town that belonged to the tribe of Simeon,son of Bichri (Benjamin) who led a revolt against David,a country in southern Arabia whose queen visited Solomon (OS),son of Abihail; a founding father of one of the clans of Gad
 · seorang Benyamin member(s) of the tribe of Benjamin
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Syeba name of a well
 · Tekoa resident(s) of the town of Tekoa
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Skit, Orang | Dosa Suatu Bangsa | Panggil, Panggilan Allah | Korban Bakaran | Tidak Adil, Ketidakadilan | Sunat | Orang Fasik Disamakan Dengan .. | Perempuan | Perak | Orang Yahudi | Pohon | Pancar, Pancaran Air Dan Mata Air | Serakah, Keserakahan | Tentara | Turut, Menurut Kehendak Sendiri | Telinga | Sukacita, Bersukacita Di Dalam Allah | Senja | Nabi Palsu | Sejahtera (Secara Rohani) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 6:1-30 - LARILAH ... DARI ... YERUSALEM! Nas : Yer 6:1-30 Pasal ini melukiskan kebinasaan besar yang segera akan dialami Yerusalem dan penduduknya yang tidak mau bertobat; sabda ini digena...

Nas : Yer 6:1-30

Pasal ini melukiskan kebinasaan besar yang segera akan dialami Yerusalem dan penduduknya yang tidak mau bertobat; sabda ini digenapi pada masa hidup Yeremia. Yeremia telah memperingatkan baik Yehuda maupun Yerusalem dan memanggil mereka untuk bertobat. Bila saja umat itu berbalik kepada Allah dan memperbaharui perjanjian dengan-Nya, mereka akan berkesempatan untuk luput dari malapetaka. Seruan tetap Yeremia ditampik dengan penuh ejekan; karena itu hukuman makin dekat.

Full Life: Yer 6:3 - GEMBALA-GEMBALA ... BESERTA KAWANAN TERNAK MEREKA. Nas : Yer 6:3 Para panglima pasukan Babel disamakan dengan gembala dan pasukan mereka dengan kawanan ternak yang akan menghancurkan tanah itu.

Nas : Yer 6:3

Para panglima pasukan Babel disamakan dengan gembala dan pasukan mereka dengan kawanan ternak yang akan menghancurkan tanah itu.

Full Life: Yer 6:14 - TIDAK ADA DAMAI SEJAHTERA. Nas : Yer 6:14 Para nabi palsu sedang memberitakan keamanan palsu; daripada memperingatkan bangsa itu tentang hukuman yang akan datang dan perlunya...

Nas : Yer 6:14

Para nabi palsu sedang memberitakan keamanan palsu; daripada memperingatkan bangsa itu tentang hukuman yang akan datang dan perlunya pertobatan, mereka mengatakan bahwa tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Full Life: Yer 6:16 - TANYAKANLAH JALAN-JALAN YANG DAHULU KALA. Nas : Yer 6:16 Umat Allah telah menyimpang dari jalan kebenaran ke penyembahan berhala dan kefasikan, dan Ia memanggil mereka kembali kepada jalan-...

Nas : Yer 6:16

Umat Allah telah menyimpang dari jalan kebenaran ke penyembahan berhala dan kefasikan, dan Ia memanggil mereka kembali kepada jalan-jalan yang sebelumnya dari perjanjian dan hukum Musa. Demikian pula, gereja harus senantiasa mawas diri untuk melihat apakah telah meninggalkan jalan kuasa Roh dan kebenaran yang diberitakan dalam PB. Berkat Allah yang penuh akan dinikmati hanya oleh mereka yang meminta, mencari, dan mengetuk memohon yang terbaik dari Allah (bd. Luk 11:5-13) dan yang berkomitmen untuk hidup sesuai dengan pola yang diberikan dalam PB

(lihat cat. --> Kis 7:44).

[atau ref. Kis 7:44]

Jerusalem: Yer 6:1 - orang-orang Benyamin Orang Benyamin yang mendiami bagian utara negeri Yehuda kiranya dianggap sudah melarikan diri ke kota Yerusalem

Orang Benyamin yang mendiami bagian utara negeri Yehuda kiranya dianggap sudah melarikan diri ke kota Yerusalem

Jerusalem: Yer 6:1 - Tiuplah sangkakala Bdk Yoe 2:1+

Bdk Yoe 2:1+

Jerusalem: Yer 6:1 - Tekoa Kota asal nabi Amos ini terletak 8 km di sebelah selatan Betlehem

Kota asal nabi Amos ini terletak 8 km di sebelah selatan Betlehem

Jerusalem: Yer 6:1 - Bet-Kerem Di mana letaknya kota Bet-Kerem, Neh 3:14, tidak diketahui. Mungkin sama dengan Ramat Rahel yang terletak 4 km di sebelah selatan Yerusalem.

Di mana letaknya kota Bet-Kerem, Neh 3:14, tidak diketahui. Mungkin sama dengan Ramat Rahel yang terletak 4 km di sebelah selatan Yerusalem.

Jerusalem: Yer 6:4 - Persiapkanlah perang Harafiah: kuduskanlah perang. Dahulu perang memang dianggap suatu kewajiban suci dan semacam ibadat, bdk Yer 22:7 (harafiah: Aku akan menguduskan pemu...

Harafiah: kuduskanlah perang. Dahulu perang memang dianggap suatu kewajiban suci dan semacam ibadat, bdk Yer 22:7 (harafiah: Aku akan menguduskan pemusnah-pemusnah). Tetapi kendati istilah yang masih dipakai, yang dimaksud di sini bukannya "perang suci" di mana Tuhan dianggap berjuang bersama dengan umatNya, bdk Ula 1:30; 20:4; Yes 31:4, atau setidak-tidaknya melawan musuh-musuh umat, Yes 13:3. Tetapi dalam pandangan nabi Yeremia perang tidak lagi mempunyai ciri kudus dan bukannya semacam ibadat. Sebab Tuhan telah meninggalkan perkemahan Israel dan memutuskan menghukum umatNya, bdk Yer 21:5; 34:22.

Jerusalem: Yer 6:6 - kota yang harus dihukum Harafiah: kota kunjungan. "Kunjungan Allah" dapat berupa pembebasan dan penyelamatan, Yer 15:15; Kej 3:16+; Luk 1:68, dan dapat juga menjadi hukuman, ...

Harafiah: kota kunjungan. "Kunjungan Allah" dapat berupa pembebasan dan penyelamatan, Yer 15:15; Kej 3:16+; Luk 1:68, dan dapat juga menjadi hukuman, Yer 6:15; 8:12; 9:24; bdk Yer 10:3, dll Wis 3:7+.

Jerusalem: Yer 6:9 - sisa-sisa orang Israel Ungkapan ini di sini (dan dalam Yer 8:3) tidak mempunyai arti khususnya, yaitu umat yang setia yang akan selamat, bdk Yer 4:3+. artinya khusus itu tam...

Ungkapan ini di sini (dan dalam Yer 8:3) tidak mempunyai arti khususnya, yaitu umat yang setia yang akan selamat, bdk Yer 4:3+. artinya khusus itu tampil dalam Yer 23:3; 31:7

Jerusalem: Yer 6:9 - pokok anggur Bdk Yer 2:21+.

Bdk Yer 2:21+.

Jerusalem: Yer 6:10 - telinga mereka tidak bersunat Bdk Yer 4:4+. Yeremia yang diajak untuk mengumpulkan sisa-sisa orang Israel", Yer 6:9, menegaskan, Yer 6:10-11, bahwa tidak ada lagi orang yang tersed...

Bdk Yer 4:4+. Yeremia yang diajak untuk mengumpulkan sisa-sisa orang Israel", Yer 6:9, menegaskan, Yer 6:10-11, bahwa tidak ada lagi orang yang tersedia mendengarkan. Lalu Tuhan menjawab, Yer 6:11 dst.

Jerusalem: Yer 6:14 - Mereka mengobati.... Dikutiplah janji-janji yang disampaikan nabi-nabi gadungan bdk Yer 4:10. Nabi Yeremia berbentrokan dengan nabi-nabi palsu itu oleh karena ia menubuatk...

Dikutiplah janji-janji yang disampaikan nabi-nabi gadungan bdk Yer 4:10. Nabi Yeremia berbentrokan dengan nabi-nabi palsu itu oleh karena ia menubuatkan kemalangan. Nabi-nabi palsu itu menubuatkan "damai sejahtera". Kata Ibrani "syalom" tidak hanya berarti: tidak ada bahaya dan perang lahiriah (di masa Yeremia arti ini memang paling terasa), tetapi kata itu mengungkapkan keadaan baik, bahagia dan sejahtera sebagaimana diidam-idamkan, baik bagi umat secara menyeluruh maupun bagi masing-masing orang. Kebahagiaan itu bertumpu pada hubungan-hubungan baik dengan Allah dan dengan sesama manusia. Cita-cita itu akan terwujud di zaman Mesias, bdk Yes 11:6+.

Jerusalem: Yer 6:16 - jalan-jalan yang dahulu kala Ungkapan itu berarti: cara hidup dan kelakuan nenek moyang yang berdosa. Ayu 22:15, atau (seperti di sini dan dalam Yer 18:15; Maz 139:14) cara hidup ...

Ungkapan itu berarti: cara hidup dan kelakuan nenek moyang yang berdosa. Ayu 22:15, atau (seperti di sini dan dalam Yer 18:15; Maz 139:14) cara hidup dan kelakuan nenek moyang yang setia.

Jerusalem: Yer 6:20 - Syeba Bdk 1Ra 10:1+

Bdk 1Ra 10:1+

Jerusalem: Yer 6:20 - Aku tidak berkenan.... Bdk Ams 5:21+.

Bdk Ams 5:21+.

Jerusalem: Yer 6:24 - seperti perempuan yang melahirkan Bdk Yes 13:8+; Yer 4:31.

Jerusalem: Yer 6:27 - sebagai penguji Dalam naskah Ibrani masih ditambah: suatu kota berkubu. Ini sebuah sisipan yang diambil dari Yer 1:18.

Dalam naskah Ibrani masih ditambah: suatu kota berkubu. Ini sebuah sisipan yang diambil dari Yer 1:18.

Jerusalem: Yer 6:29 - -- Perbandingan yang dipakai dalam ayat ini diambil dari prosa pembersihan bijih logam, khususnya bijih perak. Timah hitam dan peraknya tersendiri-sendir...

Perbandingan yang dipakai dalam ayat ini diambil dari prosa pembersihan bijih logam, khususnya bijih perak. Timah hitam dan peraknya tersendiri-sendiri harus dipisahkan. Tetapi meskipun ditaruh dalam "tanur pembesutan" umat Israel tidak dapat dibersihkan lagi dari orang fasik.

Ende: Yer 4:5--6:30 - -- Bagian itu merupakan suatu kesatuan. Hanja Yer 6:18-25 bersifat tambahan jang tidak pada tempatnja. Jeremia menggambarkan penjerbuan Juda oleh musuh d...

Bagian itu merupakan suatu kesatuan. Hanja Yer 6:18-25 bersifat tambahan jang tidak pada tempatnja. Jeremia menggambarkan penjerbuan Juda oleh musuh dari sebelah utara (Yer 4:5-6:1) dengan tidak menjebut nama musuh itu. Penjerbuan itu menghukum kedjahatan Juda jang bermatjam-ragam (Yer 4:18; 5:1-17; 5:26-31). Dalam bagian terachir (Yer 6:1-30) sekali lagi penjerbuan dilukiskan dengan sebab-musababnja.

Ende: Yer 6:4 - -- Peradjurit2 musuh saling mengadjak. Sudah petang hari, tapi mereka tidak dapat menunggu dan meneruskan penjerangan dimalam hari djuga (Yer 6:5).

Peradjurit2 musuh saling mengadjak. Sudah petang hari, tapi mereka tidak dapat menunggu dan meneruskan penjerangan dimalam hari djuga (Yer 6:5).

Ende: Yer 6:9 - -- Bahasa kiasan. Jahwe memberi Jeremia perintah untuk menjelidiki Jerusjalem dengan baik sekali; sebagaimana sitani memeriksa pokok anggur untuk memetik...

Bahasa kiasan. Jahwe memberi Jeremia perintah untuk menjelidiki Jerusjalem dengan baik sekali; sebagaimana sitani memeriksa pokok anggur untuk memetik, buah terachir, demikianpun Jeremia harus memeriksa Jerusjalem kalau2 ada jang baik didalamnja.

Ende: Yer 6:10 - -- Nabi berbitjara dan memberi djawaban atas perintah Jahwe (Yer 6:9).

Nabi berbitjara dan memberi djawaban atas perintah Jahwe (Yer 6:9).

Ende: Yer 6:11 - tjurahkanlah Jahwe berbitjara kepada Jeremia.

Jahwe berbitjara kepada Jeremia.

Ende: Yer 6:16 - -- Jahwe menundjuk djalan jang baik (atau: sediakala: kelakuan Juda dahulu). Juda dapat memilih. Tetapi semua pertjuma belaka.

Jahwe menundjuk djalan jang baik (atau: sediakala: kelakuan Juda dahulu). Juda dapat memilih. Tetapi semua pertjuma belaka.

Ende: Yer 6:17 - pengawas ialah para nabi jang memberi peringatan (dengarlah tanduk)seperti seorang pengawal.

ialah para nabi jang memberi peringatan (dengarlah tanduk)seperti seorang pengawal.

Ende: Yer 6:20 - -- Ibadah lahiriah belaka tidak berguna.

Ibadah lahiriah belaka tidak berguna.

Ende: Yer 6:24-25 - -- Orang Jerusjalem jang dikepung berbitjara.

Orang Jerusjalem jang dikepung berbitjara.

Ende: Yer 6:26 - -- Nabi sendiri berbitjara. Ketakutan sungguh2 mempunjai alasan (Yer 6:24-25). Tidak ada harapan lagi.

Nabi sendiri berbitjara. Ketakutan sungguh2 mempunjai alasan (Yer 6:24-25). Tidak ada harapan lagi.

Ende: Yer 6:27 - -- Allah berbitjara kepada Jeremia.

Allah berbitjara kepada Jeremia.

Ende: Yer 6:29 - -- Ajat ini sukar untuk diartikan,. Dalam terdjemahan kami artinja: Jerusjalem diperiksa, tapi pendjahat tidak dapat disendirikan.

Ajat ini sukar untuk diartikan,. Dalam terdjemahan kami artinja: Jerusjalem diperiksa, tapi pendjahat tidak dapat disendirikan.

Endetn: Yer 6:7 - sumur diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani menulis kata ini setjara gandjil.

diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani menulis kata ini setjara gandjil.

Endetn: Yer 6:7 - membualkan diperbaiki sedikit.

diperbaiki sedikit.

Endetn: Yer 6:9 - Pungutlah diperbaiki sedikit sesuai dengan "rabalah". Tertulis: "orang akan memungut".

diperbaiki sedikit sesuai dengan "rabalah". Tertulis: "orang akan memungut".

Endetn: Yer 6:11 - Aku diperbaiki. Naskah Hibrani pakai kata petundjuk pokok penderita.

diperbaiki. Naskah Hibrani pakai kata petundjuk pokok penderita.

Endetn: Yer 6:16 - dari sediakala diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Dan lihatlah".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Dan lihatlah".

Endetn: Yer 6:20 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Syriah dan Junani: "jang baik".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Syriah dan Junani: "jang baik".

Endetn: Yer 6:23 - setiap orang diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "seperti seorang prija".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "seperti seorang prija".

Endetn: Yer 6:25 - keluar "berdjalan", diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "ia" (perempuan).

"berdjalan", diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "ia" (perempuan).

Endetn: Yer 6:27 - -- Ditinggalkan: "suatu benteng".

Ditinggalkan: "suatu benteng".

Endetn: Yer 6:28 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "jang paling durhaka".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "jang paling durhaka".

Endetn: Yer 6:28 - -- Ditinggalkan: "perunggu dan besi".

Ditinggalkan: "perunggu dan besi".

Endetn: Yer 6:29 - Embusan "supaja dimakan habis oleh api". Naskah Hibrani pakai kata jang tak dapat diartikan (embusan ter-engah2) lalu: "dari timah hitam mereka". Diperbaiki m...

"supaja dimakan habis oleh api". Naskah Hibrani pakai kata jang tak dapat diartikan (embusan ter-engah2) lalu: "dari timah hitam mereka". Diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere) dan terdjemahan Junani dan Latin (Vgl.).

Ref. Silang FULL: Yer 6:1 - Tiuplah sangkakala // di Tekoa // atas Bet-Kerem // dari utara · Tiuplah sangkakala: Bil 10:7; Bil 10:7; Yer 4:21; Yer 4:21 · di Tekoa: 2Taw 11:6; Am 1:1 · atas Bet-Kerem: Neh 3:14 · da...

· Tiuplah sangkakala: Bil 10:7; [Lihat FULL. Bil 10:7]; Yer 4:21; [Lihat FULL. Yer 4:21]

· di Tekoa: 2Taw 11:6; Am 1:1

· atas Bet-Kerem: Neh 3:14

· dari utara: Yer 4:6; [Lihat FULL. Yer 4:6]

Ref. Silang FULL: Yer 6:2 - puteri Sion // paling disukai · puteri Sion: Mazm 9:15; Mazm 9:15 · paling disukai: Rat 4:5

· puteri Sion: Mazm 9:15; [Lihat FULL. Mazm 9:15]

· paling disukai: Rat 4:5

Ref. Silang FULL: Yer 6:3 - sehingga gembala-gembala // kemah-kemahnya sekelilingnya · sehingga gembala-gembala: Yer 12:10 · kemah-kemahnya sekelilingnya: 2Raj 25:4; 2Raj 25:4; Luk 19:43

· sehingga gembala-gembala: Yer 12:10

· kemah-kemahnya sekelilingnya: 2Raj 25:4; [Lihat FULL. 2Raj 25:4]; Luk 19:43

Ref. Silang FULL: Yer 6:4 - tengah hari · tengah hari: Yer 15:8; 22:7

· tengah hari: Yer 15:8; 22:7

Ref. Silang FULL: Yer 6:6 - Tebanglah pohon-pohonnya // menjadi tembok // Hanya penindasan · Tebanglah pohon-pohonnya: Ul 20:19-20 · menjadi tembok: 2Sam 20:15; 2Sam 20:15; Yer 32:24; 52:4; Yeh 26:8 · Hanya penindasan: U...

· Tebanglah pohon-pohonnya: Ul 20:19-20

· menjadi tembok: 2Sam 20:15; [Lihat FULL. 2Sam 20:15]; Yer 32:24; 52:4; Yeh 26:8

· Hanya penindasan: Ul 28:33; [Lihat FULL. Ul 28:33]; Yer 25:38; Zef 3:1

Ref. Silang FULL: Yer 6:7 - Kekerasan // dan aniaya · Kekerasan: Mazm 55:10; Mazm 55:10; Yes 58:4; Yes 58:4 · dan aniaya: Yer 20:8

· Kekerasan: Mazm 55:10; [Lihat FULL. Mazm 55:10]; Yes 58:4; [Lihat FULL. Yes 58:4]

· dan aniaya: Yer 20:8

Ref. Silang FULL: Yer 6:8 - menarik diri · menarik diri: Yeh 23:18

· menarik diri: Yeh 23:18

Ref. Silang FULL: Yer 6:9 - habis-habisan sisa-sisa · habis-habisan sisa-sisa: Kej 45:7; Kej 45:7

· habis-habisan sisa-sisa: Kej 45:7; [Lihat FULL. Kej 45:7]

Ref. Silang FULL: Yer 6:10 - mau memperhatikan // tidak bersunat // dapat mendengar // Sungguh, firman · mau memperhatikan: Yer 7:13,24; 35:15 · tidak bersunat: Yer 4:4; Kis 7:51 · dapat mendengar: Yes 42:20; Yes 42:20 · Sung...

· mau memperhatikan: Yer 7:13,24; 35:15

· tidak bersunat: Yer 4:4; Kis 7:51

· dapat mendengar: Yes 42:20; [Lihat FULL. Yes 42:20]

· Sungguh, firman: Yer 15:10,15; 20:8

Ref. Silang FULL: Yer 6:11 - kehangatan murka // payah menahannya // kumpulan teruna // lanjut usianya · kehangatan murka: Yer 7:20; 15:17 · payah menahannya: Ayub 32:20; Yer 20:9 · kumpulan teruna: 2Taw 36:17; 2Taw 36:17; Yes 40:30...

· kehangatan murka: Yer 7:20; 15:17

· payah menahannya: Ayub 32:20; Yer 20:9

· kumpulan teruna: 2Taw 36:17; [Lihat FULL. 2Taw 36:17]; Yes 40:30; [Lihat FULL. Yes 40:30]

· lanjut usianya: Rat 2:21

Ref. Silang FULL: Yer 6:12 - orang lain // dan isteri-isteri // mengacungkan tangan-Ku · orang lain: Ul 28:30; Ul 28:30; Mi 2:4 · dan isteri-isteri: 1Raj 11:4; Yer 8:10; 29:23; 38:22; 43:6; 44:9,15 · mengacungkan tan...

· orang lain: Ul 28:30; [Lihat FULL. Ul 28:30]; Mi 2:4

· dan isteri-isteri: 1Raj 11:4; Yer 8:10; 29:23; 38:22; 43:6; 44:9,15

· mengacungkan tangan-Ku: Yes 5:25; Yer 21:5; 32:21; Yeh 6:14; 35:3; Zef 1:4

Ref. Silang FULL: Yer 6:13 - antara mereka, semuanya // mengejar untung // melakukan tipu · antara mereka, semuanya: Yer 2:29; Yer 2:29 · mengejar untung: Yes 56:11; Yes 56:11 · melakukan tipu: Rat 4:13

· antara mereka, semuanya: Yer 2:29; [Lihat FULL. Yer 2:29]

· mengejar untung: Yes 56:11; [Lihat FULL. Yes 56:11]

· melakukan tipu: Rat 4:13

Ref. Silang FULL: Yer 6:14 - damai sejahtera · damai sejahtera: Yes 30:10; Yes 30:10; Yer 4:10; Yer 4:10

· damai sejahtera: Yes 30:10; [Lihat FULL. Yes 30:10]; Yer 4:10; [Lihat FULL. Yer 4:10]

Ref. Silang FULL: Yer 6:15 - - // Aku menghukum · -: Yer 3:3; 8:10-12; Mi 3:7; Za 13:4 · Aku menghukum: 2Taw 25:16; Yer 27:15

· -: Yer 3:3; 8:10-12; Mi 3:7; Za 13:4

· Aku menghukum: 2Taw 25:16; Yer 27:15

Ref. Silang FULL: Yer 6:16 - di jalan-jalan // manakah jalan // mendapat ketenangan · di jalan-jalan: Yer 18:15 · manakah jalan: 1Raj 8:36; 1Raj 8:36; Mazm 119:3; Mazm 119:3 · mendapat ketenangan: Yos 1:13; Yos 1:...

· di jalan-jalan: Yer 18:15

· manakah jalan: 1Raj 8:36; [Lihat FULL. 1Raj 8:36]; Mazm 119:3; [Lihat FULL. Mazm 119:3]

· mendapat ketenangan: Yos 1:13; [Lihat FULL. Yos 1:13]; Yes 11:10; [Lihat FULL. Yes 11:10]; Mat 11:29

Ref. Silang FULL: Yer 6:17 - mereka penjaga-penjaga // bunyi sangkakala // mau memperhatikannya · mereka penjaga-penjaga: Yes 52:8; Yes 52:8 · bunyi sangkakala: Kel 20:18; Kel 20:18 · mau memperhatikannya: Yer 11:7-8; Yeh 33:...

· mereka penjaga-penjaga: Yes 52:8; [Lihat FULL. Yes 52:8]

· bunyi sangkakala: Kel 20:18; [Lihat FULL. Kel 20:18]

· mau memperhatikannya: Yer 11:7-8; Yeh 33:4; Za 1:4

Ref. Silang FULL: Yer 6:19 - hai bumi // mendatangkan malapetaka // dari rancangan-rancangan // memperhatikan perkataan-perkataan-Ku // menolak pengajaran-Ku · hai bumi: Ul 4:26; Ul 4:26; Yer 22:29; Mi 1:2 · mendatangkan malapetaka: Yos 23:15; Yos 23:15; Yer 11:11; 19:3 · dari rancangan...

· hai bumi: Ul 4:26; [Lihat FULL. Ul 4:26]; Yer 22:29; Mi 1:2

· mendatangkan malapetaka: Yos 23:15; [Lihat FULL. Yos 23:15]; Yer 11:11; 19:3

· dari rancangan-rancangan: Ams 1:31

· memperhatikan perkataan-perkataan-Ku: Yer 29:19

· menolak pengajaran-Ku: Yer 8:9; Yeh 20:13; Am 2:4

Ref. Silang FULL: Yer 6:20 - dari Syeba // dan tebu // tidak berkenan // korban-korban sembelihanmu // menyenangkan hati-Ku · dari Syeba: Kej 10:7; Kej 10:7 · dan tebu: Kel 30:23; Kel 30:23 · tidak berkenan: Am 5:22; Mal 1:9 · korban-korban sembe...

· dari Syeba: Kej 10:7; [Lihat FULL. Kej 10:7]

· dan tebu: Kel 30:23; [Lihat FULL. Kel 30:23]

· tidak berkenan: Am 5:22; Mal 1:9

· korban-korban sembelihanmu: Mazm 50:8-10; Yer 7:21; Mi 6:7-8

· menyenangkan hati-Ku: Yes 1:11; [Lihat FULL. Yes 1:11]; Yer 14:12; Hos 8:13; 9:4

Ref. Silang FULL: Yer 6:21 - batu sandungan · batu sandungan: Im 26:37; Im 26:37; Yes 8:14; Yes 8:14

· batu sandungan: Im 26:37; [Lihat FULL. Im 26:37]; Yes 8:14; [Lihat FULL. Yes 8:14]

Ref. Silang FULL: Yer 6:22 - tanah utara // ujung bumi · tanah utara: Yer 4:6; Yer 4:6 · ujung bumi: Ul 28:49; Ul 28:49

· tanah utara: Yer 4:6; [Lihat FULL. Yer 4:6]

· ujung bumi: Ul 28:49; [Lihat FULL. Ul 28:49]

Ref. Silang FULL: Yer 6:23 - belas kasihan // seperti laut // mengendarai kuda // puteri Sion · belas kasihan: Yes 13:18; Yes 13:18 · seperti laut: Mazm 18:5; Mazm 18:5; Mazm 93:3; Mazm 93:3 · mengendarai kuda: Yer 4:29; ...

· belas kasihan: Yes 13:18; [Lihat FULL. Yes 13:18]

· seperti laut: Mazm 18:5; [Lihat FULL. Mazm 18:5]; Mazm 93:3; [Lihat FULL. Mazm 93:3]

· mengendarai kuda: Yer 4:29; [Lihat FULL. Yer 4:29]

· puteri Sion: Yes 10:32; [Lihat FULL. Yes 10:32]

Ref. Silang FULL: Yer 6:24 - lemah lesu // kesesakan // yang melahirkan · lemah lesu: Yes 13:7 · kesesakan: Yer 4:19; Yer 4:19 · yang melahirkan: Yer 4:31; Yer 4:31; Yer 50:41-43

· lemah lesu: Yes 13:7

· kesesakan: Yer 4:19; [Lihat FULL. Yer 4:19]

· yang melahirkan: Yer 4:31; [Lihat FULL. Yer 4:31]; Yer 50:41-43

Ref. Silang FULL: Yer 6:25 - segala jurusan · segala jurusan: Ayub 15:21; Ayub 15:21; Mazm 31:14; Mazm 31:14; Yer 49:29

· segala jurusan: Ayub 15:21; [Lihat FULL. Ayub 15:21]; Mazm 31:14; [Lihat FULL. Mazm 31:14]; Yer 49:29

Ref. Silang FULL: Yer 6:26 - kain kabung // dalam debu // seperti menangisi // anak tunggal // si pembinasa · kain kabung: Yer 4:8; Yer 4:8 · dalam debu: Ayub 2:8; Ayub 2:8; Yer 25:34; Yeh 27:30; Yun 3:6 · seperti menangisi: Yer 9:1; 18:...

· kain kabung: Yer 4:8; [Lihat FULL. Yer 4:8]

· dalam debu: Ayub 2:8; [Lihat FULL. Ayub 2:8]; Yer 25:34; Yeh 27:30; Yun 3:6

· seperti menangisi: Yer 9:1; 18:22; 20:16; 25:36

· anak tunggal: Kej 21:16; [Lihat FULL. Kej 21:16]

· si pembinasa: Kel 12:23; [Lihat FULL. Kel 12:23]; Yer 4:7; [Lihat FULL. Yer 4:7]

Ref. Silang FULL: Yer 6:27 - sebagai penguji · sebagai penguji: Yer 9:7; Za 13:9

· sebagai penguji: Yer 9:7; Za 13:9

Ref. Silang FULL: Yer 6:28 - adalah pendurhaka // sebagai pemfitnah · adalah pendurhaka: Yer 5:23 · sebagai pemfitnah: Im 19:16; Im 19:16

· adalah pendurhaka: Yer 5:23

· sebagai pemfitnah: Im 19:16; [Lihat FULL. Im 19:16]

Ref. Silang FULL: Yer 6:29 - dan besi // orang melebur · dan besi: Yeh 22:18 · orang melebur: Mal 3:3

· dan besi: Yeh 22:18

· orang melebur: Mal 3:3

Ref. Silang FULL: Yer 6:30 - mereka perak // menolak mereka · mereka perak: Ams 17:3; Yeh 22:18 · menolak mereka: Mazm 53:6; 119:119; Yer 7:29; Rat 5:22; Hos 9:17

· mereka perak: Ams 17:3; Yeh 22:18

· menolak mereka: Mazm 53:6; 119:119; Yer 7:29; Rat 5:22; Hos 9:17

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 6:1-8 - Penghakiman Diancamkan terhadap Israel; Kebinasaan Israel Sebagaimana dalam pasal sebelumnya, di sini kita temukan, I. Suatu nubuat mengenai penyerbuan ke tanah Yehuda dan pengepungan Yerusalem...

Matthew Henry: Yer 6:9-17 - Kebobrokan yang Mendunia pada Zaman Itu Kebobrokan yang Mendunia pada Zaman Itu (6:9-17) Pokok-pokok pembicaraan dari perikop ini sama betul dengan pokok-pokok dalam perikop sebelum ini...

Matthew Henry: Yer 6:18-30 - Keadilan Penghakiman Ilahi; Hukuman Dinubuatkan Keadilan Penghakiman Ilahi; Hukuman Dinubuatkan (6:18-30) Di sini, I. Allah berseru kepada semua negeri tetangga, bahkan kepada seluruh...

SH: Yer 6:1-21 - Gereja dan penyakit sosial masyarakat (Selasa, 5 September 2000) Gereja dan penyakit sosial masyarakat Hans Kung - seorang teolog Roma Katolik pernah mengatakan: 'Jika Gereja tidak taat kepada Kepala Gereja da...

SH: Yer 6:1-15 - Urgensi pertobatan (Senin, 23 Oktober 2006) Urgensi pertobatan Beberapa tahun yang lalu, seorang tokoh nasional bangsa Indonesia pernah mengumandangkan seruan tobat nasional. Seruan itu la...

SH: Yer 6:1-21 - Mewujud dalam perilaku sosial (Senin, 1 September 2014) Mewujud dalam perilaku sosial Kita memahami ibadah sebagai tindakan untuk menyatakan bakti kepada Allah. Namun bila Allah ternyata tidak berkenan ata...

SH: Yer 6:1-21 - Rambu-rambu Kehidupan (Sabtu, 29 Januari 2022) Rambu-rambu Kehidupan Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali. Nasihat itu sering kali digunakan bilamana kita mengalami sesuatu yang pada aw...

SH: Yer 6:16-30 - Kegentaran dari segala arah (Selasa, 24 Oktober 2006) Kegentaran dari segala arah Allah mendakwa Israel karena mereka tidak setia pada Perjanjian Sinai. Dengan mendesak Israel untuk mengingat masa l...

SH: Yer 6:22-30 - Kristen sebagai penyangga bangsa (Rabu, 6 September 2000) Kristen sebagai penyangga bangsa Gambaran tentang penyerang ganas dari utara dipaparkan lagi secara lebih jelas dan dramatis oleh Allah (22-23)....

SH: Yer 6:22-30 - Bila tidak ada yang murni (Selasa, 2 September 2014) Bila tidak ada yang murni Upaya pemurnian logam, misalnya emas, dilakukan untuk memisahkan logam dari unsur-unsur yang dapat dikatakan sebagai ampas ...

SH: Yer 6:22-30 - Penguji Tungku Perapian (Minggu, 30 Januari 2022) Penguji Tungku Perapian Alkitab diawali dengan pernyataan mengenai keberadaan Allah, sebagai Pencipta dari awal semua keberadaan yang ada (lih. Kej. ...

Topik Teologia: Yer 6:6 - -- Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18-22 Yes 32:9-14 Yes 4...

Topik Teologia: Yer 6:10 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Keras Kepala Yes 1:4 Yes 26:10 Yes 57:17 Yes 63:10...

Topik Teologia: Yer 6:15 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Karakter Para Pendosa Para Pendosa Menghanguskan Yer 6:15 Amo 6:1,4-6 Efe 4:19 1Ti 4:...

Topik Teologia: Yer 6:16 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Berkeras Hati Terhadap Allah Kel 32:9-10 Kel 33:3,5 Ula 9:6,13 Ula ...

Topik Teologia: Yer 6:28 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Memberontak kepada Allah Bil 14:9 Bil 20:24 Ula 1:26-27,43 Ula 9:7,23-24 Ula 3...

Topik Teologia: Yer 6:29 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Metafora untuk Para Pendosa Para Pendosa seperti Tembaga dan Besi Yer 6:28-29

Topik Teologia: Yer 6:30 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah dan Kebebasan Manusia Penolakan oleh...

TFTWMS: Yer 6:1-5 - Kedatangan Musuh KEDATANGAN MUSUH (Yeremia 6:1-5) Kekuatan yang datang dari utara, Babel, memiliki kekuatan dan tekad. Seruan ini meminta rekan Yeremia, suku Benyamin...

TFTWMS: Yer 6:6-17 - Jalan Jahat Yehuda JALAN JAHAT YEHUDA (Yeremia 6:6-17) Allah bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan berusaha untuk memperingatkan Yerusalem dan Yehuda (ay. 6-8)....

TFTWMS: Yer 6:16 - Cara Yehuda Menyelamatkan Diri CARA YEHUDA MENYELAMATKAN DIRI (Yeremia 6:16) Perkataan 'beginilah firman Tuhan' adalah nas yang kaya makna. Seperti berlian dalam sebuah b...

TFTWMS: Yer 6:18-26 - Keadilan Penghukuman Yehuda KEADILAN PENGHUKUMAN YEHUDA (Yeremia 6:18-26) Allah ingin bangsa-bangsa, jemaat, dan dunia memahami masalah ganda ini: (1) Upacara keagamaan mereka b...

TFTWMS: Yer 6:27-30 - Ringkasan Kehancuran Yehuda RINGKASAN KEHANCURAN YEHUDA (Yeremia 6:27-30) Allah mengarahkan Yeremia untuk membuat penerapan moral sebagai pernyataan tentang keadaan Yehuda yang ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Yeremia 6 KONDISI DAN AKIBAT YANG YEHUDA HADAPI Mengenai pemberontakan besar-besaran terhadap Allah di negeri itu seperti yang disajikan pada akhir ...

TFTWMS: Yeremia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat 4:27; 5:10, 18. 2 C. J. Ball, 'The Prophecies of Jeremiah,' The Expositor's Bible, ed. W. Robertson Nicoll ...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.93 detik
dipersembahkan oleh YLSA