kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 5:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Hukuman TUHAN tidak dapat dielakkan
5:1 Lintasilah jalan-jalan Yerusalem, lihatlah baik-baik dan camkanlah! Periksalah di tanah-tanah lapangnya, apakah kamu dapat menemui seseorang, apakah ada yang melakukan keadilan dan yang mencari kebenaran, maka Aku mau mengampuni kota itu. 5:2 Sekalipun mereka berkata: "Demi TUHAN yang hidup," namun mereka bersumpah palsu. 5:3 Ya TUHAN, tidakkah mata-Mu terarah kepada kebenaran? Engkau memukul mereka, tetapi mereka tidak kesakitan; Engkau meremukkan mereka, tetapi mereka tidak mau menerima hajaran. Mereka mengeraskan kepalanya lebih dari pada batu, dan mereka tidak mau bertobat. 5:4 Lalu aku berpikir: "Itu hanya orang-orang kecil; mereka adalah orang-orang bodoh, sebab mereka tidak mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka. 5:5 Baiklah aku pergi kepada orang-orang besar, dan berbicara kepada mereka, sebab merekalah yang mengetahui jalan TUHAN, hukum Allah mereka." Tetapi merekapun semuanya telah mematahkan kuk, telah memutuskan tali-tali pengikat. 5:6 Sebab itu singa dari hutan akan memukul mati mereka, dan serigala dari padang yang kersang akan merusakkan mereka. Macan tutul akan mengintai di pinggir kota-kota mereka, setiap orang yang ke luar akan diterkam. Sebab pelanggaran mereka amat banyak, dan kesesatannya besar sekali. 5:7 Bagaimana, kalau begitu, dapatkah Aku mengampuni engkau? Anak-anakmu telah meninggalkan Aku, dan bersumpah demi yang bukan allah. Setelah Aku mengenyangkan mereka, mereka berzinah dan bertemu ke rumah persundalan. 5:8 Mereka adalah kuda-kuda jantan yang gemuk dan gasang, masing-masing meringkik menginginkan isteri sesamanya. 5:9 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini? 5:10 Naiklah ke kebun anggurnya yang bertangga-tangga, rusakkanlah, tetapi jangan membuatnya habis lenyap. Buanglah carang-carang pokok anggurnya, sebab semuanya itu bukan kepunyaan TUHAN! 5:11 Sebab kaum Israel dan kaum Yehuda telah sungguh-sungguh berlaku tidak setia terhadap Aku, demikianlah firman TUHAN. 5:12 Mereka memungkiri TUHAN dan berkata: "Dia tidak berbuat apa-apa! Malapetaka tidak akan menimpa kita, perang dan kelaparan tidak akan kita alami. 5:13 Para nabi akan menjadi angin, firman TUHAN tidak ada pada mereka." 5:14 Sebab itu beginilah firman TUHAN, Allah semesta alam: "Oleh karena mereka berkata seperti itu, maka beginilah akan terjadi kepada mereka: Sesungguhnya Aku akan membuat perkataan-perkataan-Ku menjadi api di dalam mulutmu, dan bangsa ini menjadi kayu bakar, maka api akan memakan habis mereka. 5:15 Sesungguhnya, Aku akan mendatangkan suatu bangsa dari jauh menyerang kamu, hai kaum Israel, demikianlah firman TUHAN, suatu bangsa yang kokoh kuat, suatu bangsa dari dahulu kala, suatu bangsa yang tidak engkau kenal bahasanya, dan yang tidak engkau mengerti apa yang dikatakannya. 5:16 Tabung panahnya seperti kubur yang ternganga, mereka semuanya adalah pahlawan-pahlawan. 5:17 Mereka akan memakan habis hasil tuaianmu dan makananmu, akan memakan habis anak-anakmu lelaki dan perempuan, akan memakan habis kambing dombamu dan lembu sapimu, akan memakan habis pohon anggurmu dan pohon aramu, akan menghancurkan dengan pedang kota-kotamu yang berkubu, yang kauandalkan." 5:18 "Tetapi pada waktu itupun juga, demikianlah firman TUHAN, Aku tidak akan membuat kamu habis lenyap. 5:19 Dan apabila kamu nanti bertanya-tanya: Untuk apakah TUHAN, Allah kita, melakukan segala hal ini atas kita?, maka engkau akan menjawab mereka: Seperti kamu meninggalkan Aku dan memperhambakan diri kepada allah asing di negerimu, demikianlah kamu akan memperhambakan diri kepada orang-orang asing di suatu negeri yang bukan negerimu." 5:20 Beritahukanlah ini di antara kaum keturunan Yakub, kabarkanlah itu di Yehuda dengan mengatakan: 5:21 "Dengarkanlah ini, hai bangsa yang tolol dan yang tidak mempunyai pikiran, yang mempunyai mata, tetapi tidak melihat, yang mempunyai telinga, tetapi tidak mendengar! 5:22 Masakan kamu tidak takut kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN, kamu tidak gemetar terhadap Aku? Bukankah Aku yang membuat pantai pasir sebagai perbatasan bagi laut, sebagai perhinggaan tetap yang tidak dapat dilampauinya? Biarpun ia bergelora, ia tidak sanggup, biarpun gelombang-gelombangnya ribut, mereka tidak dapat melampauinya! 5:23 Tetapi bangsa ini mempunyai hati yang selalu melawan dan memberontak; mereka telah menyimpang dan menghilang. 5:24 Mereka tidak berkata dalam hatinya: Baiklah kita takut akan TUHAN, Allah kita, yang memberi hujan pada waktunya, hujan pada awal musim maupun hujan pada akhir musim, dan yang menjamin bagi kita minggu-minggu yang tetap untuk panen. 5:25 Kesalahanmu menghalangi semuanya ini, dan dosamu menghambat yang baik dari padamu. 5:26 Sesungguhnya, di antara umat-Ku terdapat orang-orang fasik yang memasang jaringnya; seperti penangkap burung mereka memasang perangkapnya, mereka menangkap manusia. 5:27 Seperti sangkar menjadi penuh dengan burung-burung, demikianlah rumah mereka menjadi penuh dengan tipu; itulah sebabnya mereka menjadi orang besar dan kaya, 5:28 orang gemuk dan gendut. Di samping itu mereka membiarkan berlalu kejahatan-kejahatan, tidak mengindahkan hukum, tidak memenangkan perkara anak yatim, dan tidak membela hak orang miskin. 5:29 Masakan Aku tidak menghukum mereka karena semuanya ini?, demikianlah firman TUHAN. Masakan Aku tidak membalas dendam-Ku kepada bangsa yang seperti ini?" 5:30 Kedahsyatan dan kengerian terjadi di negeri ini: 5:31 Para nabi bernubuat palsu dan para imam mengajar dengan sewenang-wenang, dan umat-Ku menyukai yang demikian! Tetapi apakah yang akan kamu perbuat, apabila datang kesudahannya?
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Skit, Orang | Dosa Suatu Bangsa | Hukum, Hukuman | Tidak Berterima Kasih Kepada Allah | Yerusalem | Anak Piatu | Tentara | Hujan | Singa | Sembah, Penyembahan Berhala | Tinggal, Meninggalkan Allah | Babel | Sumpah | Nabi Palsu | Tipu Daya | Sifat Hati Yang Tidak Dibarui | Senja | Serigala | Tani, Pertanian | Turut, Menurut Kehendak Sendiri | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 5:1-9 - YANG MENCARI KEBENARAN. Nas : Yer 5:1-9 Keburukan Yehuda telah mencapai tingkatan sedemikian hingga sedikit orang saja dijumpai yang masih mengasihi kebenaran dan keadilan...

Nas : Yer 5:1-9

Keburukan Yehuda telah mencapai tingkatan sedemikian hingga sedikit orang saja dijumpai yang masih mengasihi kebenaran dan keadilan Allah. Bangsa itu bersalah; karena itu, Allah memutuskan untuk mendatangkan hukuman atas umat-Nya yang tidak setia.

Full Life: Yer 5:10 - BUKAN KEPUNYAAN TUHAN. Nas : Yer 5:10 Bangsa itu mengaku mereka milik Tuhan (bd. Yer 3:4), tetapi Allah menyatakan bahwa mereka bukan umat-Nya. Demikian pula, setiap oran...

Nas : Yer 5:10

Bangsa itu mengaku mereka milik Tuhan (bd. Yer 3:4), tetapi Allah menyatakan bahwa mereka bukan umat-Nya. Demikian pula, setiap orang yang mengaku orang percaya yang lahir-baru, namun dikuasai oleh dosa-dosa yang disebut dalam pasal ini (mis. berdusta, tidak jujur, berzina), bukan milik Tuhan; seperti halnya banyak orang di Yehuda, orang semacam itu telah tertipu sehingga percaya bahwa ketidaksetiaan mereka kepada Allah tidak akan mendatangkan hukuman-Nya kelak.

Full Life: Yer 5:12 - MALAPETAKA TIDAK AKAN MENIMPA KITA. Nas : Yer 5:12 Kita selalu dicobai untuk percaya bahwa Allah akan mengabaikan dosa-dosa kita sehingga tidak akan mengirim hukuman sebagaimana diing...

Nas : Yer 5:12

Kita selalu dicobai untuk percaya bahwa Allah akan mengabaikan dosa-dosa kita sehingga tidak akan mengirim hukuman sebagaimana diingatkan firman-Nya. Banyak umat Allah cenderung menerima janji-janji-Nya namun meragukan peringatan-peringatan-Nya.

Full Life: Yer 5:22 - MASAKAN KAMU TIDAK TAKUT KEPADA-KU? Nas : Yer 5:22 Umat itu tidak menghormati dan menaati Allah karena mereka tidak takut akan Dia dan tidak gemetar terhadap kenyataan kehadiran-Nya ...

Nas : Yer 5:22

Umat itu tidak menghormati dan menaati Allah karena mereka tidak takut akan Dia dan tidak gemetar terhadap kenyataan kehadiran-Nya

(lihat art. TAKUT AKAN TUHAN).

Full Life: Yer 5:31 - PARA NABI BERNUBUAT PALSU. Nas : Yer 5:31 Mereka yang dipercayai untuk memelihara kesejahteraan rohani bangsa itu bersalah karena berkhianat terhadap Allah. 1) Para nabi...

Nas : Yer 5:31

Mereka yang dipercayai untuk memelihara kesejahteraan rohani bangsa itu bersalah karena berkhianat terhadap Allah.

  1. 1) Para nabi telah menolak firman Allah dan menubuatkan hanya hal-hal baik yang akan terjadi. Mereka kurang menyampaikan tuntutan moral kepada umat itu, dan umat itu senang dengan keadaan tersebut.
  2. 2) Para imam memerintah umat itu sesuai dengan gagasan mereka sendiri dan bukan sesuai dengan firman Allah. Jadi, para nabi dan imam itu menghibur bangsa itu dengan keamanan palsu. Yeremia menyatakan bahwa tidak ada keamanan sungguh di hadapan Allah terlepas dari pertobatan sejati dan komitmen untuk menaati firman-Nya.

Jerusalem: Yer 5:1-31 - -- Kesalahan pokok umat Israel ialah memuja berhala dan sekaligus Tugas. Di samping itu Yeremia menyebut di sini semacam ateisme praktis, bdk Maz 14:1-3,...

Kesalahan pokok umat Israel ialah memuja berhala dan sekaligus Tugas. Di samping itu Yeremia menyebut di sini semacam ateisme praktis, bdk Maz 14:1-3, dan ketegaran hati. Yer 3,12-13; kemesuman, Yer 5:7-8, dan ketidakadilan sosial, Yer 5:26-29. Nabi terutama mempersalahkan para pemimpin, Yer 5:4-5, dan para imam serta nabi, Yer 5:31.

Jerusalem: Yer 5:1 - Aku mau mengampuni kota ini Bdk Kej 18:16-33; Yeh 14:12+.

Jerusalem: Yer 5:3 - tidak mau menerima hajaran Bdk Ams 4:6+.

Bdk Ams 4:6+.

Jerusalem: Yer 5:7 - yang bukan allah Sementara bersumpah demi allah (dewa) yang tidak ada mereka berkata: TUHAN tidak ada, Yer 5:12, artinya tidak berbuat apa-apa.

Sementara bersumpah demi allah (dewa) yang tidak ada mereka berkata: TUHAN tidak ada, Yer 5:12, artinya tidak berbuat apa-apa.

Jerusalem: Yer 5:10 - pokok anggurnya Bdk Yer 2:21+.

Bdk Yer 2:21+.

Jerusalem: Yer 5:11 - kaum Israel Ungkapan itu di sini mungkin berarti: kerajaan Yehuda, bdk bab 2, sedangkan ungkapan "dan kaum Yehuda" barangkali sebuah sisipan. Adapun ungkapan "kau...

Ungkapan itu di sini mungkin berarti: kerajaan Yehuda, bdk bab 2, sedangkan ungkapan "dan kaum Yehuda" barangkali sebuah sisipan. Adapun ungkapan "kaum (harafiah:rumah) Israel" mempunyai beberapa makna. Aselinya ungkapan itu menunjuk kedua belas suku Israel sebagai umat perjanjian, Yos 24; kemudian ungkapan itu mendapat makna keduniaan dan dipakai untuk menyebut kerajaan utara (Samaria), 2Sa 5:5. Namun demikian nada keagamaan yang aseli tidak terlupa. Nabi Yesaya berkata mengenai "kedua kaum Israel", Yer 8:14. Setelah kerajaan utara hilang pada th 721 ungkapan "kaum Israel" dipakai untuk menyebut kerajaan Yehuda, bdk Yes 5:7; Mik 3:1; Yeh 4:3; 5:4.

Jerusalem: Yer 5:12 - Dia tidak berbuat apa-apa Harafiah: Bukanlah Dia. Orang fasik tidak menyangkal adanya Allah tetapi menyangka Allah tidak berbuat apa-apa, bdk Maz 14:1+. Naskah Ibrani juga dapa...

Harafiah: Bukanlah Dia. Orang fasik tidak menyangkal adanya Allah tetapi menyangka Allah tidak berbuat apa-apa, bdk Maz 14:1+. Naskah Ibrani juga dapat diartikan sbb: Bukan begitu; atau: Kami tidak mau mempedulikan Dia.

Jerusalem: Yer 5:17 - yang kauandalkan Nubuat ini diteruskan dalam Yer 5:26.

Nubuat ini diteruskan dalam Yer 5:26.

Jerusalem: Yer 5:18 - membuat kamu habis lenyap Bdk Yes 5:3+.

Bdk Yes 5:3+.

Jerusalem: Yer 5:20-25 - -- Nubuat ini mungkin disampaikan di waktu paceklik akibat musim kemarau yang berlangsung terlalu lama, bdk Yer 5:24-25.

Nubuat ini mungkin disampaikan di waktu paceklik akibat musim kemarau yang berlangsung terlalu lama, bdk Yer 5:24-25.

Jerusalem: Yer 5:21 - yang tidak mempunyai pikiran Harafiah: yang tidak mempunyai hati: bdk Hos 7:11; Kej 8:21+

Harafiah: yang tidak mempunyai hati: bdk Hos 7:11; Kej 8:21+

Jerusalem: Yer 5:21 - yang mempunyai mata, tetapi tidak melihat.... Bdk Mat 13:13+.

Bdk Mat 13:13+.

Jerusalem: Yer 5:22 - Bukankah Aku... Bdk Ayu 38:8-11.

Jerusalem: Yer 5:26 - yang memasang.... perangkapnya Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Yer 5:31 - mengajar dengan sewenang-wenang Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya. Terjemahan lain: mengejar keuntungan.

Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya. Terjemahan lain: mengejar keuntungan.

Ende: Yer 4:5--6:30 - -- Bagian itu merupakan suatu kesatuan. Hanja Yer 6:18-25 bersifat tambahan jang tidak pada tempatnja. Jeremia menggambarkan penjerbuan Juda oleh musuh d...

Bagian itu merupakan suatu kesatuan. Hanja Yer 6:18-25 bersifat tambahan jang tidak pada tempatnja. Jeremia menggambarkan penjerbuan Juda oleh musuh dari sebelah utara (Yer 4:5-6:1) dengan tidak menjebut nama musuh itu. Penjerbuan itu menghukum kedjahatan Juda jang bermatjam-ragam (Yer 4:18; 5:1-17; 5:26-31). Dalam bagian terachir (Yer 6:1-30) sekali lagi penjerbuan dilukiskan dengan sebab-musababnja.

Ende: Yer 5:1 - -- Allah memberikan perintah kepada Jeremia untuk memeriksa keadaan.

Allah memberikan perintah kepada Jeremia untuk memeriksa keadaan.

Ende: Yer 5:6 - -- Binatang2 buas mengibaratkan musuh jang ganas.

Binatang2 buas mengibaratkan musuh jang ganas.

Ende: Yer 5:7 - -- Allah berbitjara kepada Jerusjalem.

Allah berbitjara kepada Jerusjalem.

Ende: Yer 5:8 - -- Terdjemahan ini tidak pasti.

Terdjemahan ini tidak pasti.

Ende: Yer 5:10 - -- Juda dibandingkan dengan kebun anggur dan pokok anggur.

Juda dibandingkan dengan kebun anggur dan pokok anggur.

Ende: Yer 5:11 - -- Israil, ialah Juda, Israil sedjati, bukan keradjaan utara.

Israil, ialah Juda, Israil sedjati, bukan keradjaan utara.

Ende: Yer 5:14 - kamu ialah seluruh rakjat.

ialah seluruh rakjat.

Ende: Yer 5:14 - mulutmu ialah mulut Jeremia.

ialah mulut Jeremia.

Ende: Yer 5:25 - -- Dosa Juda menahan hudjan. rupa2nja nubuat ini (20-25) mengenai suatu kekeringan.

Dosa Juda menahan hudjan. rupa2nja nubuat ini (20-25) mengenai suatu kekeringan.

Ende: Yer 5:31 - Si Pendusta ialah dewa Ba'al, atas nama siapa nabi2 itu bernubuat setjara bohong sadja.

ialah dewa Ba'al, atas nama siapa nabi2 itu bernubuat setjara bohong sadja.

Endetn: Yer 5:1 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Latin (Vgl.): "apakah ada".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Latin (Vgl.): "apakah ada".

Endetn: Yer 5:2 - Sesungguhnja diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Syriah. Tertulis: "dari sebab itu".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Syriah. Tertulis: "dari sebab itu".

Endetn: Yer 5:7 - tinggal disekeliling diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan dua naskah Hibrani. Tertulis: "menoreh diri".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan dua naskah Hibrani. Tertulis: "menoreh diri".

Endetn: Yer 5:10 - -- Ditinggalkan menurut Yer 4:7: "djangan (membuat)".

Ditinggalkan menurut Yer 4:7: "djangan (membuat)".

Endetn: Yer 5:11 - -- Ditinggalkan: "dan keluarga Juda".

Ditinggalkan: "dan keluarga Juda".

Endetn: Yer 5:13 - -- bagian terachir ajat ini dipindahkan (dibelakang Yer 5:14a).

bagian terachir ajat ini dipindahkan (dibelakang Yer 5:14a).

Endetn: Yer 5:17 - -- Ditinggalkan: "dengan pedang".

Ditinggalkan: "dengan pedang".

Endetn: Yer 5:19 - mereka diperbaiki. Tertulis: "kamu".

diperbaiki. Tertulis: "kamu".

Endetn: Yer 5:22 - (diliwati)nja "ia", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

"ia", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Yer 5:24 - -- Satu huruf naskah Hibrani (dan) ditinggalkan menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere) dan terdjemahan2 kuno.

Satu huruf naskah Hibrani (dan) ditinggalkan menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere) dan terdjemahan2 kuno.

Endetn: Yer 5:26 - jang menjirat djaring "seperti pemikat", diperbaiki. Naskah Hibrani hampir tidak dapat diartikan (orang mengintjar, sebagaimana membungkuklah pemikat?).

"seperti pemikat", diperbaiki. Naskah Hibrani hampir tidak dapat diartikan (orang mengintjar, sebagaimana membungkuklah pemikat?).

Endetn: Yer 5:28 - melimpahkan diperbaiki sedikit. Tertulis "melimpah (meliwati)".

diperbaiki sedikit. Tertulis "melimpah (meliwati)".

Endetn: Yer 5:31 - mengadjar diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "memerintah".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "memerintah".

Ref. Silang FULL: Yer 5:1 - Lintasilah // dan camkanlah // menemui seseorang // melakukan keadilan // mau mengampuni · Lintasilah: 2Taw 16:9; Yeh 22:30 · dan camkanlah: Mazm 45:11 · menemui seseorang: Kej 18:32; Yer 2:29; Yer 2:29 · melaku...

· Lintasilah: 2Taw 16:9; Yeh 22:30

· dan camkanlah: Mazm 45:11

· menemui seseorang: Kej 18:32; Yer 2:29; [Lihat FULL. Yer 2:29]

· melakukan keadilan: Yer 5:31; Yer 14:14; Yeh 13:6

· mau mengampuni: Kej 18:24; [Lihat FULL. Kej 18:24]

Ref. Silang FULL: Yer 5:2 - yang hidup // bersumpah palsu · yang hidup: Yer 4:2; Yer 4:2 · bersumpah palsu: Im 19:12; Im 19:12

· yang hidup: Yer 4:2; [Lihat FULL. Yer 4:2]

· bersumpah palsu: Im 19:12; [Lihat FULL. Im 19:12]

Ref. Silang FULL: Yer 5:3 - tidakkah mata-Mu // Engkau memukul // menerima hajaran // pada batu // mau bertobat · tidakkah mata-Mu: 2Taw 16:9 · Engkau memukul: Yes 9:12; Yes 9:12 · menerima hajaran: Im 26:23; Im 26:23 · pada batu: Yer...

· tidakkah mata-Mu: 2Taw 16:9

· Engkau memukul: Yes 9:12; [Lihat FULL. Yes 9:12]

· menerima hajaran: Im 26:23; [Lihat FULL. Im 26:23]

· pada batu: Yer 7:26; 19:15; Yeh 3:8-9; 36:26; Za 7:12

· mau bertobat: 2Taw 28:22; [Lihat FULL. 2Taw 28:22]; Yes 1:5; [Lihat FULL. Yes 1:5]; Yeh 2:4-5; Am 4:6; Za 7:11

Ref. Silang FULL: Yer 5:4 - orang-orang bodoh // tidak mengetahui · orang-orang bodoh: Yer 5:21; Yer 5:21; Yer 4:22; Yer 4:22 · tidak mengetahui: Ams 10:21; Ams 10:21; Yes 1:3; Yes 1:3

· orang-orang bodoh: Yer 5:21; [Lihat FULL. Yer 5:21]; Yer 4:22; [Lihat FULL. Yer 4:22]

· tidak mengetahui: Ams 10:21; [Lihat FULL. Ams 10:21]; Yes 1:3; [Lihat FULL. Yes 1:3]

Ref. Silang FULL: Yer 5:5 - orang-orang besar // tali-tali pengikat · orang-orang besar: Mi 3:1,9 · tali-tali pengikat: Yer 2:20; Yer 2:20

· orang-orang besar: Mi 3:1,9

· tali-tali pengikat: Yer 2:20; [Lihat FULL. Yer 2:20]

Ref. Silang FULL: Yer 5:6 - dari hutan // akan merusakkan // Macan tutul // besar sekali · dari hutan: Mazm 17:12; Mazm 17:12 · akan merusakkan: Im 26:22; Im 26:22 · Macan tutul: Hos 13:7 · besar sekali: Yer 14:...

· dari hutan: Mazm 17:12; [Lihat FULL. Mazm 17:12]

· akan merusakkan: Im 26:22; [Lihat FULL. Im 26:22]

· Macan tutul: Hos 13:7

· besar sekali: Yer 14:7; 30:14

Ref. Silang FULL: Yer 5:7 - dan bersumpah // bukan allah // mereka berzinah // rumah persundalan · dan bersumpah: Yos 23:7; Yos 23:7 · bukan allah: Ul 32:21; Yer 2:11; 16:20; Gal 4:8 · mereka berzinah: Bil 25:1; Bil 25:1 &midd...

· dan bersumpah: Yos 23:7; [Lihat FULL. Yos 23:7]

· bukan allah: Ul 32:21; Yer 2:11; 16:20; Gal 4:8

· mereka berzinah: Bil 25:1; [Lihat FULL. Bil 25:1]

· rumah persundalan: Yer 13:27

Ref. Silang FULL: Yer 5:8 - menginginkan isteri · menginginkan isteri: Yer 29:23; Yeh 22:11; 33:26

· menginginkan isteri: Yer 29:23; Yeh 22:11; 33:26

Ref. Silang FULL: Yer 5:9 - semuanya ini? // membalas dendam-Ku · semuanya ini?: Yer 5:29; Yer 9:9 · membalas dendam-Ku: Yes 57:6; Yes 57:6

· semuanya ini?: Yer 5:29; Yer 9:9

· membalas dendam-Ku: Yes 57:6; [Lihat FULL. Yes 57:6]

Ref. Silang FULL: Yer 5:10 - habis lenyap · habis lenyap: Yer 4:27; Yer 4:27; Am 9:8

· habis lenyap: Yer 4:27; [Lihat FULL. Yer 4:27]; Am 9:8

Ref. Silang FULL: Yer 5:11 - tidak setia · tidak setia: 1Raj 19:10; 1Raj 19:10; Mazm 73:27; Mazm 73:27; Yes 24:16; Yes 24:16

· tidak setia: 1Raj 19:10; [Lihat FULL. 1Raj 19:10]; Mazm 73:27; [Lihat FULL. Mazm 73:27]; Yes 24:16; [Lihat FULL. Yes 24:16]

Ref. Silang FULL: Yer 5:12 - Mereka memungkiri // menimpa kita // dan kelaparan · Mereka memungkiri: Yes 28:15 · menimpa kita: Yer 23:17 · dan kelaparan: Yer 14:13; 27:8

· Mereka memungkiri: Yes 28:15

· menimpa kita: Yer 23:17

· dan kelaparan: Yer 14:13; 27:8

Ref. Silang FULL: Yer 5:13 - Para nabi // menjadi angin · Para nabi: Yer 14:15 · menjadi angin: 2Taw 36:16; 2Taw 36:16; Ayub 6:26; Ayub 6:26

· Para nabi: Yer 14:15

· menjadi angin: 2Taw 36:16; [Lihat FULL. 2Taw 36:16]; Ayub 6:26; [Lihat FULL. Ayub 6:26]

Ref. Silang FULL: Yer 5:14 - menjadi api // dalam mulutmu // akan memakan · menjadi api: Mazm 39:4; Mazm 39:4; Yer 23:29 · dalam mulutmu: Hos 6:5 · akan memakan: Yes 1:31; Yes 1:31

· menjadi api: Mazm 39:4; [Lihat FULL. Mazm 39:4]; Yer 23:29

· dalam mulutmu: Hos 6:5

· akan memakan: Yes 1:31; [Lihat FULL. Yes 1:31]

Ref. Silang FULL: Yer 5:15 - suatu bangsa // kenal bahasanya · suatu bangsa: Ul 28:49; Ul 28:49; 2Raj 24:2; 2Raj 24:2 · kenal bahasanya: Kej 11:7; Kej 11:7; Yes 28:11; Yes 28:11

· suatu bangsa: Ul 28:49; [Lihat FULL. Ul 28:49]; 2Raj 24:2; [Lihat FULL. 2Raj 24:2]

· kenal bahasanya: Kej 11:7; [Lihat FULL. Kej 11:7]; Yes 28:11; [Lihat FULL. Yes 28:11]

Ref. Silang FULL: Yer 5:16 - Tabung panahnya · Tabung panahnya: Ayub 39:26; Ayub 39:26

· Tabung panahnya: Ayub 39:26; [Lihat FULL. Ayub 39:26]

Ref. Silang FULL: Yer 5:17 - memakan habis // memakan habis // memakan habis // memakan habis // memakan habis // pohon aramu // dengan pedang // kota-kotamu // yang kauandalkan · memakan habis: Yes 1:7; Yes 1:7; Yer 8:16; 30:16 · memakan habis: Im 26:16 · memakan habis: Yer 50:7,17 · memakan habis:...

· memakan habis: Yes 1:7; [Lihat FULL. Yes 1:7]; Yer 8:16; 30:16

· memakan habis: Im 26:16

· memakan habis: Yer 50:7,17

· memakan habis: Ul 28:32

· memakan habis: Ul 28:31

· pohon aramu: Bil 16:14; [Lihat FULL. Bil 16:14]; Yer 8:13; Hos 2:11

· dengan pedang: Im 26:25; [Lihat FULL. Im 26:25]

· kota-kotamu: Yos 10:20; [Lihat FULL. Yos 10:20]

· yang kauandalkan: Ul 28:33

Ref. Silang FULL: Yer 5:18 - habis lenyap · habis lenyap: Yer 4:27; Yer 4:27

· habis lenyap: Yer 4:27; [Lihat FULL. Yer 4:27]

Ref. Silang FULL: Yer 5:19 - nanti bertanya-tanya // kepada allah // orang-orang asing · nanti bertanya-tanya: Ul 4:28; Ul 4:28; 1Raj 9:9; 1Raj 9:9 · kepada allah: Yer 2:8; Yer 2:8; Yer 15:14; 16:13; 17:4 · orang-or...

· nanti bertanya-tanya: Ul 4:28; [Lihat FULL. Ul 4:28]; 1Raj 9:9; [Lihat FULL. 1Raj 9:9]

· kepada allah: Yer 2:8; [Lihat FULL. Yer 2:8]; Yer 15:14; 16:13; 17:4

· orang-orang asing: Ul 28:48

Ref. Silang FULL: Yer 5:20 - keturunan Yakub, kabarkanlah · keturunan Yakub, kabarkanlah: Yer 4:5; Yer 4:5

· keturunan Yakub, kabarkanlah: Yer 4:5; [Lihat FULL. Yer 4:5]

Ref. Silang FULL: Yer 5:21 - hai bangsa // mempunyai mata // tidak mendengar · hai bangsa: Yer 5:4; Ul 32:6; Ul 32:6; Yer 4:22; Yer 4:22; Hab 2:18 · mempunyai mata: Yes 6:10; Yeh 12:2 · tidak mendengar: Ul ...

· hai bangsa: Yer 5:4; Ul 32:6; [Lihat FULL. Ul 32:6]; Yer 4:22; [Lihat FULL. Yer 4:22]; Hab 2:18

· mempunyai mata: Yes 6:10; Yeh 12:2

· tidak mendengar: Ul 29:4; [Lihat FULL. Ul 29:4]; Yes 42:20; [Lihat FULL. Yes 42:20]; Mat 13:15; [Lihat FULL. Mat 13:15]; Mr 8:18

Ref. Silang FULL: Yer 5:22 - tidak takut // tidak gemetar // bagi laut // gelombang-gelombangnya ribut · tidak takut: Ul 28:58; Ul 28:58 · tidak gemetar: Ayub 4:14; Ayub 4:14; Yes 64:2; Yes 64:2 · bagi laut: Kej 1:9; Kej 1:9 ·...

· tidak takut: Ul 28:58; [Lihat FULL. Ul 28:58]

· tidak gemetar: Ayub 4:14; [Lihat FULL. Ayub 4:14]; Yes 64:2; [Lihat FULL. Yes 64:2]

· bagi laut: Kej 1:9; [Lihat FULL. Kej 1:9]

· gelombang-gelombangnya ribut: Mazm 46:4; [Lihat FULL. Mazm 46:4]

Ref. Silang FULL: Yer 5:23 - dan memberontak // telah menyimpang · dan memberontak: Ul 21:18; Ul 21:18 · telah menyimpang: Mazm 14:3

· dan memberontak: Ul 21:18; [Lihat FULL. Ul 21:18]

· telah menyimpang: Mazm 14:3

Ref. Silang FULL: Yer 5:24 - kita takut // pada waktunya, hujan // untuk panen · kita takut: Ul 6:24 · pada waktunya, hujan: Im 26:4; Im 26:4; 2Sam 1:21; 2Sam 1:21; Yak 5:7 · untuk panen: Kej 8:22; Kej 8:22; ...

· kita takut: Ul 6:24

· pada waktunya, hujan: Im 26:4; [Lihat FULL. Im 26:4]; 2Sam 1:21; [Lihat FULL. 2Sam 1:21]; Yak 5:7

· untuk panen: Kej 8:22; [Lihat FULL. Kej 8:22]; Kis 14:17

Ref. Silang FULL: Yer 5:25 - yang baik · yang baik: Mazm 84:12

· yang baik: Mazm 84:12

Ref. Silang FULL: Yer 5:26 - orang-orang fasik // memasang jaringnya // memasang perangkapnya · orang-orang fasik: Mat 7:15; Mat 7:15 · memasang jaringnya: Mazm 10:8; Mazm 10:8 · memasang perangkapnya: Pengkh 9:12; Yer 9:8;...

· orang-orang fasik: Mat 7:15; [Lihat FULL. Mat 7:15]

· memasang jaringnya: Mazm 10:8; [Lihat FULL. Mazm 10:8]

· memasang perangkapnya: Pengkh 9:12; Yer 9:8; Hos 5:1; Mi 7:2

Ref. Silang FULL: Yer 5:27 - dengan tipu // dan kaya · dengan tipu: Yer 8:5; 9:6 · dan kaya: Yer 12:1

· dengan tipu: Yer 8:5; 9:6

· dan kaya: Yer 12:1

Ref. Silang FULL: Yer 5:28 - orang gemuk // anak yatim // orang miskin · orang gemuk: Ul 32:15; Ul 32:15 · anak yatim: Za 7:10 · orang miskin: Kel 22:21-24; Mazm 82:3; Mazm 82:3; Yes 1:23; Yes 1:23; Y...

· orang gemuk: Ul 32:15; [Lihat FULL. Ul 32:15]

· anak yatim: Za 7:10

· orang miskin: Kel 22:21-24; Mazm 82:3; [Lihat FULL. Mazm 82:3]; Yes 1:23; [Lihat FULL. Yes 1:23]; Yer 7:6; Yeh 16:49; Am 5:12

Ref. Silang FULL: Yer 5:29 - membalas dendam-Ku · membalas dendam-Ku: Yes 57:6; Yes 57:6

· membalas dendam-Ku: Yes 57:6; [Lihat FULL. Yes 57:6]

Ref. Silang FULL: Yer 5:30 - Kedahsyatan · Kedahsyatan: Yer 5:30-31; Yer 18:13; 23:14; Hos 6:10

Ref. Silang FULL: Yer 5:31 - bernubuat palsu // para imam // datang kesudahannya · bernubuat palsu: Yer 5:1; Yer 5:1; Mi 2:11 · para imam: Rat 4:13 · datang kesudahannya: Hos 9:5

· bernubuat palsu: Yer 5:1; [Lihat FULL. Yer 5:1]; Mi 2:11

· para imam: Rat 4:13

· datang kesudahannya: Hos 9:5

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 5:1-9 - Kebejatan di mana-mana Teguran atas dosa dan ancaman hukuman bercampur baur dalam bab ini, dan diperhadapkan satu sama lain. Hukuman diancamkan, supaya teguran atas do...

Matthew Henry: Yer 5:10-19 - Hukuman Ilahi Diancamkan; Hukuman Ilahi Dibenarkan Hukuman Ilahi Diancamkan; Hukuman Ilahi Dibenarkan (5:10-19) Kita dapat mengamati dalam ayat-ayat ini, seperti sebelumnya, I. Dosa bangs...

Matthew Henry: Yer 5:20-24 - Perdebatan dengan Israel Perdebatan dengan Israel (5:20-24) Sang nabi, setelah menegur mereka karena dosa dan mengancam mereka dengan penghukuman Allah, di sini diutus la...

Matthew Henry: Yer 5:25-31 - Perbantahan dengan Israel Perbantahan dengan Israel (5:25-31) Di sini: I. Sang nabi menunjukkan malapetaka yang terjadi akibat dosa mereka. Kesalahanmu menghalang...

SH: Yer 5:1-17 - Allah masih menyelidiki (Minggu, 3 September 2000) Allah masih menyelidiki Allah memerintahkan Yeremia memeriksa seluruh rakyat Yehuda apakah ada orang-orang yang melakukan keadilan dan kebenaran...

SH: Yer 5:1-9 - Hamba dosa dan akibatnya (Sabtu, 21 Oktober 2006) Hamba dosa dan akibatnya Alkitab berkata, "... semua orang telah berbuat dosa ..." (Rm. 3:23). Dosa merusak aspek kemampuan seseorang untuk hidu...

SH: Yer 5:1-9 - Masih adakah orang benar? (Kamis, 28 Agustus 2014) Masih adakah orang benar? Nas hari ini mengingatkan kita pada dialog antara Abraham dan Tuhan menjelang kehancuran Sodom dan Gomora (Kej. 18:16-33). ...

SH: Yer 5:1-9 - Tidak Tahu Berterima Kasih (Rabu, 26 Januari 2022) Tidak Tahu Berterima Kasih Allah Israel adalah Allah Yang Maha Pengampun. Kenyataan ini kita dapati sejak peristiwa kejatuhan manusia (lih. Kej. 3). ...

SH: Yer 5:10-19 - Memperilah yang asing, diperhamba yang asing (Jumat, 29 Agustus 2014) Memperilah yang asing, diperhamba yang asing Belum berhenti juga dengan amarah yang meluap terhadap ketidaksetiaan umat Tuhan, Yeremia kembali melont...

SH: Yer 5:10-19 - Meremehkan Kuasa Allah (Kamis, 27 Januari 2022) Meremehkan Kuasa Allah Allah menciptakan umat manusia supaya mereka memuliakan-Nya (lih. Yes. 43:7). Akan tetapi, keberadaan dosa mengakibatkan manus...

SH: Yer 5:18-31 - Punya tapi tak berguna (Senin, 4 September 2000) Punya tapi tak berguna Itulah ungkapan yang tepat untuk menggambarkan keadaan bangsa Yehuda. Sebagai ciptaan Allah yang tertinggi, manusia dilen...

SH: Yer 5:20-31 - Buta dan tuli hati! (Minggu, 22 Oktober 2006) Buta dan tuli hati! Bagaimana rasanya menasihati orang yang keras kepala, tidak mau mendengar pandangan orang lain, dan terus-menerus merasa dir...

SH: Yer 5:20-31 - Impian palsu akan berkat melimpah (Sabtu, 30 Agustus 2014) Impian palsu akan berkat melimpah Rentetan ungkapan kemarahan Ilahi masih diteruskan dalam bagian ini. Ketidakpekaan dan ketidakpedulian umat Tuhan d...

SH: Yer 5:20-31 - Penjebak Sesama (Jumat, 28 Januari 2022) Penjebak Sesama Ketika kita masih kecil, kita pernah mendengar peringatan jangan bermain api. Peringatan diberikan karena dua maksud. Pertama, mengin...

Topik Teologia: Yer 5:3 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Berkeras Hati Terhadap Allah Kel 32:9-10 Kel 33:3,5 Ula 9:6,13 Ula ...

Topik Teologia: Yer 5:4 - -- Dosa Menyangkal Allah dan Kuasa-Nya Kel 5:2 Ayu 21:14-15 Ayu 22:12-14,17 Ayu 34:9 Maz 10:4,11,13 Maz 14:1,4 Maz 73:11 Maz 79:6 ...

Topik Teologia: Yer 5:5 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpercayaan Menyangkal Allah dan Kuasa-Nya Kel 5:2 Ayu 21:14-15 Ayu 22:1...

Topik Teologia: Yer 5:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku atas Urutan Alamiah Pemeliharaan Allah dan Kehidupan Ciptaan-Nya...

Topik Teologia: Yer 5:14 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah TUHAN Allah Semesta Alam (Ibr.: Yahweh Elohim Sab...

Topik Teologia: Yer 5:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Urutan Ciptaan dari Dunia Alamiah Daratan dan Lautan ...

Topik Teologia: Yer 5:23 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah

Topik Teologia: Yer 5:24 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Keberadaan Manusia ...

Topik Teologia: Yer 5:27 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Yer 5:28 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18...

Topik Teologia: Yer 5:29 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Kehancuran Nasional Kel 32:9-10 Ula 9:8,13-14,22 2Ta 30:8 Neh 9:36-37 Maz 9:18 Yes 28:18...

TFTWMS: Yer 5:1-6 - Allah Beragumentasi Dengan Pemberontak ALLAH BERAGUMENTASI DENGAN PEMBERONTAK (Yeremia 5:1-6) Kesabaran dan keadilan Allah adalah nyata sekali di dalam rencana yang Yeremia usulkan. Orang ...

TFTWMS: Yer 5:7-18 - Pemberontakan Mereka Dijelaskan PEMBERONTAKAN MEREKA DIJELASKAN (Yeremia 5:7-18) Allah bertanya, 'Mengapa Aku harus mengampuni engkau?' (ay. 7-9) dan dijawab dengan member...

TFTWMS: Yer 5:19-31 - Alasan Bagi Pemberontakan ALASAN BAGI PEMBERONTAKAN (Yeremia 5:19-31) Dalam ayat 19 sampai dengan 31, kita melihat pelbagai alasan bagi kondisi Yehuda itu. Pertama, meninggalk...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Yeremia 5 BERARGUMENTASI DENGAN PEMBERONTAK Allah melanjutkan argumentasi-Nya dengan Yehuda dalam pasal 5. Pertama, Ia berargumentasi dengan pembero...

TFTWMS: Yeremia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 James E. Smith, Jeremiah and Lamentations, Bible Study Textbook Series (Joplin, Mo.: College Press, 1972), 195. 2 Ibr .: baqash-...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #26: Perkuat kehidupan spiritual harian Anda dengan Bacaan Alkitab Harian. [SEMUA]
dibuat dalam 1.14 detik
dipersembahkan oleh YLSA