kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 25:1-38 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yehuda akan dibuang ke Babel tujuh puluh tahun lamanya
25:1 Firman yang datang kepada Yeremia tentang segenap kaum Yehuda dalam tahun keempat pemerintahan Yoyakim bin Yosia, raja Yehuda, yaitu dalam tahun pertama pemerintahan Nebukadnezar, raja Babel. 25:2 Firman itu telah disampaikan oleh nabi Yeremia kepada segenap kaum Yehuda dan kepada segenap penduduk Yerusalem, katanya: 25:3 "Sejak dari tahun yang ketiga belas pemerintahan Yosia bin Amon, raja Yehuda, sampai hari ini, jadi sudah dua puluh tiga tahun lamanya, firman TUHAN datang kepadaku dan terus-menerus aku mengucapkannya kepadamu, tetapi kamu tidak mau mendengarkannya. 25:4 Juga TUHAN terus-menerus mengutus kepadamu semua hamba-Nya, yakni nabi-nabi, tetapi kamu tidak mau mendengarkan dan memperhatikannya. 25:5 Kata mereka: Bertobatlah masing-masing kamu dari tingkah langkahmu yang jahat dan dari perbuatan-perbuatanmu yang jahat; maka kamu akan tetap diam di tanah yang diberikan TUHAN kepadamu dan kepada nenek moyangmu, dari selama-lamanya sampai selama-lamanya. 25:6 Juga janganlah kamu mengikuti allah lain untuk beribadah dan sujud menyembah kepadanya; janganlah kamu menimbulkan sakit hati-Ku dengan buatan tanganmu, supaya jangan Aku mendatangkan malapetaka kepadamu. 25:7 Tetapi kamu tidak mendengarkan Aku, demikianlah firman TUHAN, sehingga kamu menimbulkan sakit hati-Ku dengan buatan tanganmu untuk kemalanganmu sendiri. 25:8 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam: Oleh karena kamu tidak mendengarkan perkataan-perkataan-Ku, 25:9 sesungguhnya, Aku akan mengerahkan semua kaum dari utara -- demikianlah firman TUHAN -- menyuruh memanggil Nebukadnezar, raja Babel, hamba-Ku itu; Aku akan mendatangkan mereka melawan negeri ini, melawan penduduknya dan melawan bangsa-bangsa sekeliling ini, yang akan Kutumpas dan Kubuat menjadi kengerian, menjadi sasaran suitan dan menjadi ketandusan untuk selama-lamanya. 25:10 Aku akan melenyapkan dari antara mereka suara kegirangan dan suara sukacita, suara pengantin laki-laki dan pengantin perempuan, bunyi batu kilangan dan cahaya pelita. 25:11 Maka seluruh negeri ini akan menjadi reruntuhan dan ketandusan, dan bangsa-bangsa ini akan menjadi hamba kepada raja Babel tujuh puluh tahun lamanya. 25:12 Kemudian sesudah genap ketujuh puluh tahun itu, demikianlah firman TUHAN, maka Aku akan melakukan pembalasan kepada raja Babel dan kepada bangsa itu oleh karena kesalahan mereka, juga kepada negeri orang-orang Kasdim, dengan membuatnya menjadi tempat-tempat yang tandus untuk selama-lamanya. 25:13 Aku akan menimpakan kepada negeri ini segala apa yang Kufirmankan tentang dia, yaitu segala apa yang tertulis dalam kitab ini seperti yang telah dinubuatkan Yeremia tentang segala bangsa itu. 25:14 Sebab merekapun juga akan menjadi hamba kepada banyak bangsa-bangsa dan raja-raja yang besar, dan Aku akan mengganjar mereka setimpal dengan pekerjaan mereka dan setimpal dengan perbuatan tangan mereka."
Piala amarah TUHAN atas bangsa-bangsa
25:15 Beginilah firman TUHAN, Allah Israel, kepadaku: "Ambillah dari tangan-Ku piala berisi anggur kehangatan amarah ini dan minumkanlah isinya kepada segala bangsa yang kepadanya Aku mengutus engkau, 25:16 supaya mereka minum, menjadi terhuyung-huyung dan bingung karena pedang yang hendak Kukirimkan ke antaranya. 25:17 Maka aku mengambil piala itu dari tangan TUHAN, lalu meminumkan isinya kepada segala bangsa yang kepadanya TUHAN mengutus aku, 25:18 yakni kepada Yerusalem dan kota-kota Yehuda, beserta raja-rajanya dan pemuka-pemukanya, untuk membuat semuanya itu menjadi reruntuhan, ketandusan dan sasaran suitan dan kutuk seperti halnya pada hari ini; 25:19 kepada Firaun, raja Mesir, beserta pegawai-pegawainya, dan pemuka-pemukanya, dan segenap rakyatnya, 25:20 juga kepada semua orang campuran dari berbagai-bagai bangsa; kepada semua raja negeri Us; kepada semua raja negeri Filistin, yakni Askelon, Gaza, Ekron dan orang-orang yang masih tinggal hidup di Asdod; 25:21 kepada Edom, Moab dan bani Amon; 25:22 kepada semua raja Tirus, semua raja Sidon dan kepada raja-raja tanah pesisir di seberang laut; 25:23 kepada Dedan, Tema, Bus dan kepada orang-orang yang berpotong tepi rambutnya berkeliling; 25:24 kepada semua raja Arab yang tinggal di padang gurun; 25:25 kepada semua raja Zimri, kepada semua raja Elam dan kepada semua raja Madai; 25:26 kepada semua raja dari utara, yang dekat dan yang jauh, satu demi satu, dan kepada semua kerajaan dunia yang ada di atas muka bumi; juga raja Sesakh akan meminumnya sesudah mereka. 25:27 Kemudian haruslah kaukatakan kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam, Allah Israel: Minumlah sampai mabuk dan muntah-muntah! Rebahlah dan jangan bangun lagi, oleh karena pedang yang hendak Kukirimkan ke antara kamu! 25:28 Tetapi apabila mereka enggan menerima piala itu dari tanganmu untuk meminum isinya, maka haruslah kaukatakan kepada mereka: Beginilah firman TUHAN semesta alam: Kamu wajib meminumnya! 25:29 Sebab sesungguhnya di kota yang nama-Ku telah diserukan di atasnya Aku akan mulai mendatangkan malapetaka; masakan kamu ini akan bebas dari hukuman? kamu tidak akan bebas dari hukuman, sebab Aku ini mengerahkan pedang ke atas segenap penduduk bumi, demikianlah firman TUHAN semesta alam. 25:30 Dan engkau ini, nubuatkanlah segala firman ini kepada mereka. Katakanlah kepada mereka: TUHAN akan menengking dari tempat tinggi dan memperdengarkan suara-Nya dari tempat pernaungan-Nya yang kudus; Ia akan mengaum hebat terhadap tempat penggembalaan-Nya, suatu pekik, seperti yang dipekikkan pengirik-pengirik buah anggur, terhadap segenap penduduk bumi. 25:31 Deru perang akan sampai ke ujung bumi, sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap bangsa-bangsa; Ia akan berperkara dengan segala makhluk: Orang-orang fasik akan diserahkan-Nya kepada pedang, demikianlah firman TUHAN. 25:32 Beginilah firman TUHAN semesta alam: Sesungguhnya, malapetaka akan menjalar dari bangsa ke bangsa, suatu badai besar akan berkecamuk dari ujung-ujung bumi. 25:33 Maka pada hari itu akan bergelimpangan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN dari ujung bumi sampai ke ujung bumi. Mereka tidak akan diratapi, tidak akan dikumpulkan dan tidak akan dikuburkan; mereka akan menjadi pupuk di ladang. 25:34 Mengeluh dan berteriaklah, hai para gembala! Berguling-gulinglah dalam debu, hai pemimpin-pemimpin kawanan kambing domba! Sebab sudah genap waktunya kamu akan disembelih, dan kamu akan rebah seperti domba jantan pilihan. 25:35 Maka bagi para gembala tidak akan ada lagi kelepasan, dan bagi para pemimpin kawanan kambing domba tidak akan ada lagi keluputan. 25:36 Dengar! para gembala berteriak, para pemimpin kawanan kambing domba mengeluh! Sebab TUHAN telah merusakkan padang gembalaan mereka, 25:37 dan sunyi sepilah padang rumput yang sentosa, oleh karena murka TUHAN yang menyala-nyala itu. 25:38 Seperti singa Ia meninggalkan semak belukar persembunyian-Nya, sebab negeri mereka sudah menjadi ketandusan, oleh karena pedang yang dahsyat, oleh karena murka-Nya yang menyala-nyala."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Amon a son of Manasseh; the father of Josiah and an ancestor of Jesus,governor of the Town of Samaria under King Ahab,son and successor of King Manasseh,a man who, with his sons, were servants of Solomon
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Arab the entire region of the Arabian Peninsula, the Sinai Peninsula, the land of Edom, and all the land between the Jordan Valley and the Euphrates River (ZD).,a region of desert plains
 · Asdod a town of the Philistines on the Mediterranian coast straight west of Jerusalem
 · Askelon a town of the Philistines between Ashdod and Gaza (OS)
 · Babel members of the nation of Babylon
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amon the tribe/nation of people descended from Ben-Ammi, Lot's son,Territory of the tribe/nation of Ammon
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Bus a descendant of Buz (and probably of Nahor)
 · Dedan an island off the southwest coast of Asia Minor in the Mediterranean Sea,an island on the south coast of Turkey, 170 km NE of Crete
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Ekron a town in the western foothills of Judah,residents of the town of Ekron
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Firaun the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who ruled Egypt in Abraham's time,the title of the king who ruled Egypt in Joseph's time,the title of the king who ruled Egypt when Moses was born,the title of the king who refused to let Israel leave Egypt,the title of the king of Egypt whose daughter Solomon married,the title of the king who ruled Egypt in the time of Isaiah,the title Egypt's ruler just before Moses' time
 · Gaza a city A Philistine town 5 km east of the Mediterranean and 60 west of Hebron,a town on the western coast of the territory of Judah,a town and the region it controled
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut sampai ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · lautan the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Madai a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Moab resident(s) of the country of Moab


Topik/Tema Kamus: Anggur | Orang Amon | Orang Edom | Orang Sidon | Babel | Air Anggur | Yoyakhin | Orang Ismael | Nabi | Tirus | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Badai | Terang | Askelon | Tentara | Kawin, Perkawinan | Sembah, Penyembahan Berhala | Orang Filistin | Giling, Penggilingan (Kilangan) | Arab | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 25:1 - TAHUN PERTAMA PEMERINTAHAN NEBUKADNEZAR. Nas : Yer 25:1 Tahun ini ialah 605 SM, tanggal yang penting karena masa pemerintahan Nebukadnezar menandai dimulainya empat kerajaan berturut-turut...

Nas : Yer 25:1

Tahun ini ialah 605 SM, tanggal yang penting karena masa pemerintahan Nebukadnezar menandai dimulainya empat kerajaan berturut-turut yang akan menguasai dunia (lih. Dan 2:7).

Full Life: Yer 25:3 - DUA PULUH TIGA TAHUN. Nas : Yer 25:3 Yeremia telah berkhotbah dengan sungguh-sungguh selama 23 tahun, tetapi umat itu tidak mendengarkannya; ia telah menasihati mereka u...

Nas : Yer 25:3

Yeremia telah berkhotbah dengan sungguh-sungguh selama 23 tahun, tetapi umat itu tidak mendengarkannya; ia telah menasihati mereka untuk meninggalkan penyembahan berhala dan cara hidup berdosa mereka, tetapi mereka tetap membandel. Allah bahkan telah mengutus nabi-nabi lain untuk memperingatkan Yehuda (ayat Yer 25:4), di antaranya Uria, Zefanya, dan Habakuk. Pengalaman Yeremia menggarisbawahi kebenaran bahwa bagaimanapun setianya kita dalam bersaksi tentang Injil Kristus yang menyelamatkan, ada orang yang akan menolak untuk mendengar dan menaati firman Allah sehingga terus menuju kebinasaan mereka sendiri. Lagi pula, pada hari-hari terakhir ini, mereka di dalam gereja yang tetap setia kepada Allah dan firman-Nya akan bersedih ketika melihat banyak orang meninggalkan iman alkitabiah dan standar-standar kebenaran Allah

(lihat cat. --> 1Tim 4:1).

[atau ref. 1Tim 4:1]

Full Life: Yer 25:11 - TUJUH PULUH TAHUN. Nas : Yer 25:11 Yehuda akan tinggal dalam pembuangan sekitar tujuh puluh tahun. Masa itu dimulai pada tahun ke-4 pemerintahan Raja Yoyakin (605 SM)...

Nas : Yer 25:11

Yehuda akan tinggal dalam pembuangan sekitar tujuh puluh tahun. Masa itu dimulai pada tahun ke-4 pemerintahan Raja Yoyakin (605 SM), ketika rombongan pertama orang buangan dibawa pergi dan terus berlanjut hingga kembalinya rombongan pertama pada tahun 538 SM setelah keputusan raja Koresy

(lihat cat. --> Ezr 1:1;

lihat cat. --> Ezr 2:1;

[atau ref. Ezr 1:1; 2:1]

bd. 2Taw 36:21-23; Dan 9:2).

Full Life: Yer 25:12 - MELAKUKAN PEMBALASAN KEPADA RAJA BABEL Nas : Yer 25:12 (versi Inggris NIV -- menghukum Raja Babel). Yeremia bernubuat bahwa Allah akan membalas Babel atas semua perbuatan mereka yang kej...

Nas : Yer 25:12

(versi Inggris NIV -- menghukum Raja Babel). Yeremia bernubuat bahwa Allah akan membalas Babel atas semua perbuatan mereka yang kejam dan penuh dosa. Babel dikalahkan oleh pasukan Media dan Persia di bawah Koresy pada tahun 539 SM (bd. Dan 5:30-31).

Full Life: Yer 25:15 - ANGGUR KEHANGATAN AMARAH. Nas : Yer 25:15 Anggur yang memabukkan sering kali dipakai dalam Alkitab untuk melambangkan murka Allah (lih. Yer 49:12; 51:7; Ayub 21:20; Mazm 60:...

Nas : Yer 25:15

Anggur yang memabukkan sering kali dipakai dalam Alkitab untuk melambangkan murka Allah (lih. Yer 49:12; 51:7; Ayub 21:20; Mazm 60:5; Yes 51:17,22; Yeh 23:31; Wahy 14:8,10; 16:19; 18:6).

BIS: Yer 25:34 - Kamu ... pecah Kamu ... pecah: Menurut sebuah terjemahan kuno: Kamu akan rebah seperti domba jantan pilihan yang disembelih.

Kamu ... pecah: Menurut sebuah terjemahan kuno: Kamu akan rebah seperti domba jantan pilihan yang disembelih.

Jerusalem: Yer 25:1-13 - -- Bagian ini meringkaskan seluruh karya Yeremia sejak ia dipanggil menjadi nabi dan sekaligus bagian ini menubuatkan bahaya yang mengancam dari pihak Ba...

Bagian ini meringkaskan seluruh karya Yeremia sejak ia dipanggil menjadi nabi dan sekaligus bagian ini menubuatkan bahaya yang mengancam dari pihak Babel (orang Kasdim). Bahaya itu membuat segala ancaman yang diucapkan Yeremia dahulu menjadi kena lagi. Mungkin bagian ini menyarikan, bdk Yer 25:13, isi kitab gulungan yang didiktekan Yeremia kepada Barukh pada th 605, bdk Yer 36:2, dan yang kemudian sekali lagi ditulis dengan ditambahkan bahan baru, Yer 36:32; lihat Pengantar. Dalam bagian ini naskah Ibrani dan terjemahan Yunani sangat berbeda satu sama lain. Beberapa bagian dan ayat agaknya tidak termasuk naskah aseli.

Jerusalem: Yer 25:1 - dalam tahun keempat.... Ialah th 605 seb Mas, dua puluh tiga tahun setelah Yeremia dipanggil.

Ialah th 605 seb Mas, dua puluh tiga tahun setelah Yeremia dipanggil.

Jerusalem: Yer 25:9 - hambaKu itu Menurut pandangan keagamaan terhadap sejarah sebagaimana yang dianut para nabi, bangsa-bangsa lainpun melaksanakan rencana dan kehendak Tuhan, bdk Yer...

Menurut pandangan keagamaan terhadap sejarah sebagaimana yang dianut para nabi, bangsa-bangsa lainpun melaksanakan rencana dan kehendak Tuhan, bdk Yer 42:9; Yes 10:5+.

Jerusalem: Yer 25:11 - tujuh puluh tahun Ini suatu angka bulat mengenai lamanya pembuangan. Angka itu terulang dalam Yer 29:10 dan dengan cara lain (tiga angkatan) hal yang sama terungkap dal...

Ini suatu angka bulat mengenai lamanya pembuangan. Angka itu terulang dalam Yer 29:10 dan dengan cara lain (tiga angkatan) hal yang sama terungkap dalam Yer 27:7; 2Ta 36:21 mengutip nubuat Yeremia ini, yang juga menjadi titik pangkal Dari 9 (bdk juga Yes 23:15).

Jerusalem: Yer 25:13 - seperti yang telah dinubuatkan Mungkin sekali dengan kalimat ini mulailah bagian lain dari kitab Yeremia, sehingga Yer 25:13-14 perlu dihubungkan dengan Yer 25:15 dst. Yer 25:13 nam...

Mungkin sekali dengan kalimat ini mulailah bagian lain dari kitab Yeremia, sehingga Yer 25:13-14 perlu dihubungkan dengan Yer 25:15 dst. Yer 25:13 nampaknya semacam judul untuk bagian berikut (Yer 13:1-38:28): Apa yang telah dinubuatkan Yeremia tentang segala bangsa. Adapun Yer 13:1-38:28 ini merupakan semacam kata pembukaan bagi kumpulan nubuat-nubuat tentang bangsa-bangsa lain (bab 46-51). Nubuat-nubuat yang tertua dari kumpulan itu agaknya sudah tercantum dalam kitab gulungan yang ditulis pada th 605 itu. Dalam terjemahan Yunani nubuat-nubuat tentang bangsa-bangsa lain itu memang ditempatkan sesudah bab 25 ini.

Jerusalem: Yer 25:14 - akan menjadi hamba Dalam naskah Ibrani tertulis: telah menjadi hamba.

Dalam naskah Ibrani tertulis: telah menjadi hamba.

Jerusalem: Yer 25:15 - piala berisi anggur kehangatan amarah Bdk Yes 51:17+.

Bdk Yes 51:17+.

Jerusalem: Yer 25:18-26 - -- Daftar bangsa-bangsa yang diancam ini mencakup empat kelompok yang urutannya sesuai dengan urutan nubuat-nubuat dalam bab Yer 46:1-51:64, yaitu: 1. Me...

Daftar bangsa-bangsa yang diancam ini mencakup empat kelompok yang urutannya sesuai dengan urutan nubuat-nubuat dalam bab Yer 46:1-51:64, yaitu: 1. Mesir; 2. di sebelah barat orang Filistin; 3. di sebelah timur; Edom, Moab dan Amon; 4. di sebelah tenggara: Dedan, Tema dan Bus. Baru kemudian disisipkan nama-nama lain sesuai dengan ditambahnya nubuat-nubuat tentang bangsa-bangsa dalam kumpulan nubuat-nubuat yang tercantum dalam bab 46-51, yaitu: Fenisia (Tirus, Sidon, tanah pesisir), bdk Yer 47:4; Elam (Madai), bdk Yer 49:34; Babel (Sesakh), bdk Yer 50:1-51:64.

Jerusalem: Yer 25:20 - kepada semua raja negeri Us Negeri Negeri Us terletak antara bagian barat laut tanah Arabia dan negeri Edom, bdk Kej 36:28; Ayu 1:1

Negeri Us terletak antara bagian barat laut tanah Arabia dan negeri Edom, bdk Kej 36:28; Ayu 1:1

Jerusalem: Yer 25:22 - tanah pesisir di seberang laut Harafiah: pulau di seberang laut, Yang dimaksud ialah pulau Siprus, tetapi ungkapan itu kiranya mencakup semua tempat (di pantai Laut Tengah) di mana ...

Harafiah: pulau di seberang laut, Yang dimaksud ialah pulau Siprus, tetapi ungkapan itu kiranya mencakup semua tempat (di pantai Laut Tengah) di mana orang Fenesia menetap.

Jerusalem: Yer 25:23 - Dedan Ialah sebuah suku di bagian utara tanah Arabia di perbatasan negeri Edom, bdk Yer 49:8; Yes 21:13

Ialah sebuah suku di bagian utara tanah Arabia di perbatasan negeri Edom, bdk Yer 49:8; Yes 21:13

Jerusalem: Yer 25:23 - Tema Ialah sebuah kaum yang berkerabat dengan suku Dedan, Yes 21:14

Ialah sebuah kaum yang berkerabat dengan suku Dedan, Yes 21:14

Jerusalem: Yer 25:23 - Bus Ialah sebuah suku di bagian tenggara semenanjung Arab berdekatan dengan negeri Us, Kej 22:21

Ialah sebuah suku di bagian tenggara semenanjung Arab berdekatan dengan negeri Us, Kej 22:21

Jerusalem: Yer 25:23 - orang-orang yang berpotong tepi rambutnya berkeliling Yang dimaksud ialah orang Arab yang lain.

Yang dimaksud ialah orang Arab yang lain.

Jerusalem: Yer 25:25 - Zimri Mungkin dimaksud Zimki. Ini nama samaran yang secara tertulis dipakai untuk sembunyi-sembunyi menyebut Elam. Tetapi baru pada zaman sesudah Yeremia tu...

Mungkin dimaksud Zimki. Ini nama samaran yang secara tertulis dipakai untuk sembunyi-sembunyi menyebut Elam. Tetapi baru pada zaman sesudah Yeremia tulisan rahasia itu dipakai. Kalau demikian maka bagian ayat ini ternyata sebuah sisipan. Mungkin pula bahwa kata Zimri perlu diperbaiki menjadi Gimri yang kiranya sama dengan Gomer, seorang anak Yafet, Kej 10:2-3.

Jerusalem: Yer 25:26 - Sesakh Ini agaknya tulisan rahasia yang menyembunyikan nama Babel.

Ini agaknya tulisan rahasia yang menyembunyikan nama Babel.

Jerusalem: Yer 25:30-31 - -- Ayat-ayat ini mengenai penghakiman di akhir zaman dan agak serupa dengan Yes 66. Agaknya bagian ini berasal dari zaman sesudah masa pembuangan.

Ayat-ayat ini mengenai penghakiman di akhir zaman dan agak serupa dengan Yes 66. Agaknya bagian ini berasal dari zaman sesudah masa pembuangan.

Jerusalem: Yer 25:38 - Seperti singa Ia meninggalkan Dalam naskah Ibrani kurang jelas siap yang dimaksudkan, Tuhan sendiri yang dapat dibandingkan dengan seekor singa, bdk Yes 31:4, atau musuh (Nebukadne...

Dalam naskah Ibrani kurang jelas siap yang dimaksudkan, Tuhan sendiri yang dapat dibandingkan dengan seekor singa, bdk Yes 31:4, atau musuh (Nebukadnezar) yang siap untuk merusakkan negeri, Yer 2:15. Mungkin pula naskah Ibrani diterjemahkan sbb: Seperti singa orang meninggalkan...

Ende: Yer 25:1-13 - -- Bagian ini dalam terdjemahan Junani sangat berbeda dengan teks Hibrani. Agaknja teks Hibrani itu sedikit banjak diolah dan ditambahi.

Bagian ini dalam terdjemahan Junani sangat berbeda dengan teks Hibrani. Agaknja teks Hibrani itu sedikit banjak diolah dan ditambahi.

Ende: Yer 25:1 - -- Tahun keempat Jojakim ialah 605, djadi duapuluh tiga tahun sesudah panggilan Jeremia (627/626).

Tahun keempat Jojakim ialah 605, djadi duapuluh tiga tahun sesudah panggilan Jeremia (627/626).

Ende: Yer 25:3-5 - -- Mulai dengan "tetapi kamu tidak mendengarkan" kedua ajat ini merupakan tambahan.

Mulai dengan "tetapi kamu tidak mendengarkan" kedua ajat ini merupakan tambahan.

Ende: Yer 25:6 - -- Ajat inipun bertjorak tambahan seperti bagian terachir ajat 7(Yer 25:7) pula.

Ajat inipun bertjorak tambahan seperti bagian terachir ajat 7(Yer 25:7) pula.

Ende: Yer 25:9 - ....itulah firman Jahwe....hambaKu "dan segala bangsa disekitarnja" merupakan tambahan.

"dan segala bangsa disekitarnja" merupakan tambahan.

Ende: Yer 25:12 - -- Ajat inipun bertjorak tambahan.

Ajat inipun bertjorak tambahan.

Ende: Yer 25:13 - kitab ini Kitab mana dimaksudkan kurang terang. Menurut beberapa ahli naskah jang ditulis Baruch th. 605-604 (Yer 36:2,32). Bagian ini (Yer 25:1-13) dianggap se...

Kitab mana dimaksudkan kurang terang. Menurut beberapa ahli naskah jang ditulis Baruch th. 605-604 (Yer 36:2,32). Bagian ini (Yer 25:1-13) dianggap sebagai sebangsa pendahuluan untuk kitab tadi. Ahli2 lain menganggap Yer 23:13b sebagai suatu tambahan dari penjusun firman2 Jahwe ini.

Ende: Yer 25:13-24 - -- Bagian ini merupakan pendahuluan untuk nubuat2 lawan kaum kafir, jang dalam naskah Hibrani terdapat dalam fasal Yer 46:1-51:64. Tapi dalam terdjemahan...

Bagian ini merupakan pendahuluan untuk nubuat2 lawan kaum kafir, jang dalam naskah Hibrani terdapat dalam fasal Yer 46:1-51:64. Tapi dalam terdjemahan Junani nubuat2 itu digabung dengan Yer 25:1-13. Dan Yer 25:13-28 dalam terdjemahan itu terdapat dibelakang Yer 32:44 (Yer 48:44).

Ende: Yer 25:15 - Piala anggur adalah ibarat (jang lazim pada para nabi jang tampil sesudah Jeremia) untuk Murka Jahwe dan hukuman dari fihak Allah.

adalah ibarat (jang lazim pada para nabi jang tampil sesudah Jeremia) untuk Murka Jahwe dan hukuman dari fihak Allah.

Ende: Yer 25:18 - -- Ajat ini merupakan tambahan.

Ajat ini merupakan tambahan.

Ende: Yer 25:22 - pulau2 diseberang laut Terdjemahan ini tidak pasti. Boleh djuga: pantai sepandjang laut". Jang pertama ialah pulau2 dilaut Tengah atau pantai Laut Tengah (Junani dst.); jang...

Terdjemahan ini tidak pasti. Boleh djuga: pantai sepandjang laut". Jang pertama ialah pulau2 dilaut Tengah atau pantai Laut Tengah (Junani dst.); jang kedua ialah Tyrus dan Sidon.

Ende: Yer 25:26 - Sjesjak adalah nama samaran untuk Babel.

adalah nama samaran untuk Babel.

Ende: Yer 25:30-31 - -- Ajat ini boleh dianggap sebagai tambahan.

Ajat ini boleh dianggap sebagai tambahan.

Ende: Yer 25:30 - ketinggian "kediamanNja jang sutji", ialah Surga.

"kediamanNja jang sutji", ialah Surga.

Ende: Yer 25:32 - udjung bumi ialah utara(lih. Yer 6:22). Ajat ini menerangkan penglihatan piala tadi.

ialah utara(lih. Yer 6:22). Ajat ini menerangkan penglihatan piala tadi.

Ende: Yer 25:33 - -- Ajat ini adalah suatu tambahan.

Ajat ini adalah suatu tambahan.

Ende: Yer 25:34 - gembala2, pemuka kawanan ialah radja2 dan pemimpin2 bangsa2 jang diserbu itu.

ialah radja2 dan pemimpin2 bangsa2 jang diserbu itu.

Ende: Yer 25:38 - -- Kurang terang siapa "singa" itu, entah Jahwe, entah radja Nebukadnezar.

Kurang terang siapa "singa" itu, entah Jahwe, entah radja Nebukadnezar.

Endetn: Yer 25:11 - di-tengah2 bangsa2 mereka diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dan bangsa2 itu".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "dan bangsa2 itu".

Endetn: Yer 25:11 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "kepada radja Babel".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani: "kepada radja Babel".

Endetn: Yer 25:14 - akan diperbaiki. Tertulis: "telah".

diperbaiki. Tertulis: "telah".

Endetn: Yer 25:15 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan Latin (kuno): "sebab".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan Latin (kuno): "sebab".

Endetn: Yer 25:15 - -- Ditinggalkan: "amarah".

Ditinggalkan: "amarah".

Endetn: Yer 25:24 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "dan segala radja para pendatang".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "dan segala radja para pendatang".

Endetn: Yer 25:34 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan satu kata naskah Hibrani jang tidak dapat diartikan (kamu bertjerai-berai?).

Ditinggalkan menurut terdjemahan Junani dan satu kata naskah Hibrani jang tidak dapat diartikan (kamu bertjerai-berai?).

Endetn: Yer 25:34 - bandot diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bedjana2"

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bedjana2"

Endetn: Yer 25:38 - -- Ditinggalkan: "sebab".

Ditinggalkan: "sebab".

Endetn: Yer 25:38 - pedang diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Junani dan Latin (kuno). Tertulis: "pidjar (murka)".

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani, terdjemahan Junani dan Latin (kuno). Tertulis: "pidjar (murka)".

Ref. Silang FULL: Yer 25:1 - pemerintahan Yoyakim // pemerintahan Nebukadnezar · pemerintahan Yoyakim: 2Raj 24:2; 2Raj 24:2 · pemerintahan Nebukadnezar: 2Raj 24:1; 2Raj 24:1

· pemerintahan Yoyakim: 2Raj 24:2; [Lihat FULL. 2Raj 24:2]

· pemerintahan Nebukadnezar: 2Raj 24:1; [Lihat FULL. 2Raj 24:1]

Ref. Silang FULL: Yer 25:2 - kaum Yehuda · kaum Yehuda: Yer 18:11

· kaum Yehuda: Yer 18:11

Ref. Silang FULL: Yer 25:3 - pemerintahan Yosia // dan terus-menerus // mau mendengarkannya · pemerintahan Yosia: 1Taw 3:14; 1Taw 3:14 · dan terus-menerus: Yer 11:7; 26:5 · mau mendengarkannya: Yes 65:12; Yes 65:12; Yer 7...

· pemerintahan Yosia: 1Taw 3:14; [Lihat FULL. 1Taw 3:14]

· dan terus-menerus: Yer 11:7; 26:5

· mau mendengarkannya: Yes 65:12; [Lihat FULL. Yes 65:12]; Yer 7:26; [Lihat FULL. Yer 7:26]

Ref. Silang FULL: Yer 25:4 - yakni nabi-nabi // dan memperhatikannya · yakni nabi-nabi: Yer 6:17; Yer 7:25; Yer 7:25; Yer 29:19 · dan memperhatikannya: Yer 7:26; Yer 7:26; Yer 34:14; 44:5

· yakni nabi-nabi: Yer 6:17; Yer 7:25; [Lihat FULL. Yer 7:25]; Yer 29:19

· dan memperhatikannya: Yer 7:26; [Lihat FULL. Yer 7:26]; Yer 34:14; 44:5

Ref. Silang FULL: Yer 25:5 - mereka: Bertobatlah // di tanah · mereka: Bertobatlah: Hak 6:8; Hak 6:8; 2Taw 7:14; 2Taw 7:14; 2Taw 30:9; 2Taw 30:9; Yer 23:22; Yer 23:22 · di tanah: Kej 12:7; Kej 12...

· mereka: Bertobatlah: Hak 6:8; [Lihat FULL. Hak 6:8]; 2Taw 7:14; [Lihat FULL. 2Taw 7:14]; 2Taw 30:9; [Lihat FULL. 2Taw 30:9]; Yer 23:22; [Lihat FULL. Yer 23:22]

· di tanah: Kej 12:7; [Lihat FULL. Kej 12:7]; Ul 4:40; [Lihat FULL. Ul 4:40]

Ref. Silang FULL: Yer 25:6 - allah lain · allah lain: Kel 20:3; Kel 20:3; Ul 8:19; Ul 8:19

· allah lain: Kel 20:3; [Lihat FULL. Kel 20:3]; Ul 8:19; [Lihat FULL. Ul 8:19]

Ref. Silang FULL: Yer 25:7 - sakit hati-Ku // buatan tanganmu // untuk kemalanganmu · sakit hati-Ku: Yer 30:14; 32:35; 44:5 · buatan tanganmu: Ul 32:21 · untuk kemalanganmu: 2Raj 17:20; 21:15

· sakit hati-Ku: Yer 30:14; 32:35; 44:5

· buatan tanganmu: Ul 32:21

· untuk kemalanganmu: 2Raj 17:20; 21:15

Ref. Silang FULL: Yer 25:9 - akan mengerahkan // dari utara // memanggil Nebukadnezar // Babel, hamba-Ku // akan Kutumpas // sasaran suitan // menjadi ketandusan · akan mengerahkan: Yes 13:3-5 · dari utara: Yes 14:31; Yes 14:31 · memanggil Nebukadnezar: 2Taw 36:6; 2Taw 36:6 · Babel, ...

· akan mengerahkan: Yes 13:3-5

· dari utara: Yes 14:31; [Lihat FULL. Yes 14:31]

· memanggil Nebukadnezar: 2Taw 36:6; [Lihat FULL. 2Taw 36:6]

· Babel, hamba-Ku: Yes 41:2; [Lihat FULL. Yes 41:2]; Yer 27:6

· akan Kutumpas: Bil 21:2; [Lihat FULL. Bil 21:2]

· sasaran suitan: 2Taw 29:8; [Lihat FULL. 2Taw 29:8]

· menjadi ketandusan: Yer 19:8; [Lihat FULL. Yer 19:8]; Yer 20:4; [Lihat FULL. Yer 20:4]; Yeh 12:20

Ref. Silang FULL: Yer 25:10 - mereka suara // pengantin laki-laki // batu kilangan // cahaya pelita · mereka suara: Yes 24:8; Yes 24:8; Yeh 26:13 · pengantin laki-laki: Yer 7:34; 33:11 · batu kilangan: Pengkh 12:3-4 · caha...

· mereka suara: Yes 24:8; [Lihat FULL. Yes 24:8]; Yeh 26:13

· pengantin laki-laki: Yer 7:34; 33:11

· batu kilangan: Pengkh 12:3-4

· cahaya pelita: Ayub 18:5; [Lihat FULL. Ayub 18:5]; Rat 5:15; Wahy 18:22-23

Ref. Silang FULL: Yer 25:11 - dan ketandusan // menjadi hamba // puluh tahun · dan ketandusan: Im 26:31,32; Im 26:31; Im 26:32; Yer 4:26-27; 12:11-12 · menjadi hamba: Yer 28:14 · puluh tahun: 2Taw 36:21; 2T...

· dan ketandusan: Im 26:31,32; [Lihat FULL. Im 26:31]; [Lihat FULL. Im 26:32]; Yer 4:26-27; 12:11-12

· menjadi hamba: Yer 28:14

· puluh tahun: 2Taw 36:21; [Lihat FULL. 2Taw 36:21]

Ref. Silang FULL: Yer 25:12 - puluh tahun // raja Babel // yang tandus · puluh tahun: Yer 27:7; 29:10 · raja Babel: Kej 10:10; Kej 10:10; Mazm 137:8; Mazm 137:8 · yang tandus: Yes 13:19-22; Yes 13:19 ...

· puluh tahun: Yer 27:7; 29:10

· raja Babel: Kej 10:10; [Lihat FULL. Kej 10:10]; Mazm 137:8; [Lihat FULL. Mazm 137:8]

· yang tandus: Yes 13:19-22; [Lihat FULL. Yes 13:19] s/d 22; Yes 14:22-23

Ref. Silang FULL: Yer 25:13 - yang tertulis · yang tertulis: Yes 30:8; Yes 30:8

· yang tertulis: Yes 30:8; [Lihat FULL. Yes 30:8]

Ref. Silang FULL: Yer 25:14 - menjadi hamba // banyak bangsa-bangsa // akan mengganjar · menjadi hamba: Yes 14:6; Yer 27:7 · banyak bangsa-bangsa: Yer 50:9; 51:27-28 · akan mengganjar: Ul 32:41; Ul 32:41; Ayub 21:19;...

· menjadi hamba: Yes 14:6; Yer 27:7

· banyak bangsa-bangsa: Yer 50:9; 51:27-28

· akan mengganjar: Ul 32:41; [Lihat FULL. Ul 32:41]; Ayub 21:19; [Lihat FULL. Ayub 21:19]; Yer 51:6; [Lihat FULL. Yer 51:6]

Ref. Silang FULL: Yer 25:15 - tangan-Ku piala // Aku mengutus · tangan-Ku piala: Yes 51:17; Yes 51:17; Yer 49:12; Rat 4:21; Yeh 23:31; Wahy 14:10 · Aku mengutus: Yer 1:5

· tangan-Ku piala: Yes 51:17; [Lihat FULL. Yes 51:17]; Yer 49:12; Rat 4:21; Yeh 23:31; Wahy 14:10

· Aku mengutus: Yer 1:5

Ref. Silang FULL: Yer 25:16 - mereka minum // menjadi terhuyung-huyung // dan bingung // karena pedang · mereka minum: Yer 25:26 · menjadi terhuyung-huyung: Mazm 60:5; Mazm 60:5 · dan bingung: Yer 51:7; Yer 51:7 · karena peda...

· mereka minum: Yer 25:26

· menjadi terhuyung-huyung: Mazm 60:5; [Lihat FULL. Mazm 60:5]

· dan bingung: Yer 51:7; [Lihat FULL. Yer 51:7]

· karena pedang: Yer 25:27-29

Ref. Silang FULL: Yer 25:17 - Tuhan mengutus · Tuhan mengutus: Yer 1:10; 27:3

· Tuhan mengutus: Yer 1:10; 27:3

Ref. Silang FULL: Yer 25:18 - kepada Yerusalem // menjadi reruntuhan // sasaran suitan // dan kutuk // hari ini · kepada Yerusalem: Yer 13:13; Yer 13:13 · menjadi reruntuhan: Ayub 12:19; Ayub 12:19 · sasaran suitan: 2Taw 29:8; 2Taw 29:8 &mid...

· kepada Yerusalem: Yer 13:13; [Lihat FULL. Yer 13:13]

· menjadi reruntuhan: Ayub 12:19; [Lihat FULL. Ayub 12:19]

· sasaran suitan: 2Taw 29:8; [Lihat FULL. 2Taw 29:8]

· dan kutuk: Yer 24:9; [Lihat FULL. Yer 24:9]

· hari ini: Kej 19:13; [Lihat FULL. Kej 19:13]; Yer 44:22

Ref. Silang FULL: Yer 25:19 - Firaun, raja // Mesir · Firaun, raja: 2Raj 18:21; 2Raj 18:21 · Mesir: Yes 19:1; 20:3; Yer 44:30; Yeh 29:2

· Firaun, raja: 2Raj 18:21; [Lihat FULL. 2Raj 18:21]

· Mesir: Yes 19:1; 20:3; Yer 44:30; Yeh 29:2

Ref. Silang FULL: Yer 25:20 - negeri Us // negeri Filistin // yakni Askelon // Gaza · negeri Us: Kej 10:23; Kej 10:23 · negeri Filistin: Yos 13:3; Yos 13:3; 2Taw 26:6; 2Taw 26:6; 2Taw 28:18; 2Taw 28:18; Zef 2:4-7 &midd...

· negeri Us: Kej 10:23; [Lihat FULL. Kej 10:23]

· negeri Filistin: Yos 13:3; [Lihat FULL. Yos 13:3]; 2Taw 26:6; [Lihat FULL. 2Taw 26:6]; 2Taw 28:18; [Lihat FULL. 2Taw 28:18]; Zef 2:4-7

· yakni Askelon: Yer 47:5; Am 1:7-8

· Gaza: Kej 10:19; [Lihat FULL. Kej 10:19]

Ref. Silang FULL: Yer 25:21 - kepada Edom // Moab // bani Amon · kepada Edom: Kej 25:30; Kej 25:30 · Moab: Kej 19:37; Kej 19:37; Ul 23:6; Ul 23:6 · bani Amon: Kej 19:38; Kej 19:38; Yer 27:3; 4...

· kepada Edom: Kej 25:30; [Lihat FULL. Kej 25:30]

· Moab: Kej 19:37; [Lihat FULL. Kej 19:37]; Ul 23:6; [Lihat FULL. Ul 23:6]

· bani Amon: Kej 19:38; [Lihat FULL. Kej 19:38]; Yer 27:3; 49:1

Ref. Silang FULL: Yer 25:22 - raja Tirus // raja Sidon // tanah pesisir · raja Tirus: Yos 19:29; Yos 19:29 · raja Sidon: Kej 10:15; Kej 10:15 · tanah pesisir: Yes 11:11; 48:20; 66:20; Yer 31:10; Yeh 27...

· raja Tirus: Yos 19:29; [Lihat FULL. Yos 19:29]

· raja Sidon: Kej 10:15; [Lihat FULL. Kej 10:15]

· tanah pesisir: Yes 11:11; 48:20; 66:20; Yer 31:10; Yeh 27:15; 39:6; Dan 11:18

Ref. Silang FULL: Yer 25:23 - kepada Dedan // Tema // Bus // rambutnya berkeliling · kepada Dedan: Kej 25:3; Kej 25:3 · Tema: Kej 25:15; Kej 25:15 · Bus: Kej 22:21; Kej 22:21 · rambutnya berkeliling: Yer 9...

· kepada Dedan: Kej 25:3; [Lihat FULL. Kej 25:3]

· Tema: Kej 25:15; [Lihat FULL. Kej 25:15]

· Bus: Kej 22:21; [Lihat FULL. Kej 22:21]

· rambutnya berkeliling: Yer 9:26; 49:32

Ref. Silang FULL: Yer 25:24 - raja Arab // padang gurun · raja Arab: 2Taw 9:14; 2Taw 9:14 · padang gurun: Yer 25:20

· raja Arab: 2Taw 9:14; [Lihat FULL. 2Taw 9:14]

· padang gurun: Yer 25:20

Ref. Silang FULL: Yer 25:25 - raja Zimri // raja Elam // raja Madai · raja Zimri: Kej 25:2 · raja Elam: Kej 10:22; Kej 10:22 · raja Madai: Yes 21:2; Yes 21:2

· raja Zimri: Kej 25:2

· raja Elam: Kej 10:22; [Lihat FULL. Kej 10:22]

· raja Madai: Yes 21:2; [Lihat FULL. Yes 21:2]

Ref. Silang FULL: Yer 25:26 - dari utara // semua kerajaan // raja Sesakh · dari utara: Yer 25:9; Yer 50:3,9; 51:11,48 · semua kerajaan: Yes 23:17 · raja Sesakh: Yer 51:41

· dari utara: Yer 25:9; Yer 50:3,9; 51:11,48

· semua kerajaan: Yes 23:17

· raja Sesakh: Yer 51:41

Ref. Silang FULL: Yer 25:27 - sampai mabuk // karena pedang · sampai mabuk: Yer 25:16,28; Yes 29:9; Yes 29:9; Yes 49:26; Yes 49:26; Yer 51:57; Yeh 23:32-34; Nah 3:18; Hab 2:16 · karena pedang: Y...

· sampai mabuk: Yer 25:16,28; Yes 29:9; [Lihat FULL. Yes 29:9]; Yes 49:26; [Lihat FULL. Yes 49:26]; Yer 51:57; Yeh 23:32-34; Nah 3:18; Hab 2:16

· karena pedang: Yer 12:12; [Lihat FULL. Yer 12:12]; Yeh 14:17; 21:4

Ref. Silang FULL: Yer 25:28 - untuk meminum · untuk meminum: Yes 51:23; Yes 51:23

· untuk meminum: Yes 51:23; [Lihat FULL. Yes 51:23]

Ref. Silang FULL: Yer 25:29 - yang nama-Ku // mendatangkan malapetaka // dari hukuman // mengerahkan pedang // atas segenap // penduduk bumi · yang nama-Ku: Ul 28:10; Ul 28:10; Yes 37:17; Yes 37:17 · mendatangkan malapetaka: 2Sam 5:7; 2Sam 5:7; Yes 10:12; Yer 13:12-14; 39:1 &m...

· yang nama-Ku: Ul 28:10; [Lihat FULL. Ul 28:10]; Yes 37:17; [Lihat FULL. Yes 37:17]

· mendatangkan malapetaka: 2Sam 5:7; [Lihat FULL. 2Sam 5:7]; Yes 10:12; Yer 13:12-14; 39:1

· dari hukuman: Ams 11:31; [Lihat FULL. Ams 11:31]

· mengerahkan pedang: Yer 25:27

· atas segenap: Yer 25:30-31; Yes 34:2

· penduduk bumi: Yes 24:1; [Lihat FULL. Yes 24:1]

Ref. Silang FULL: Yer 25:30 - akan menengking // memperdengarkan suara-Nya // tempat pernaungan-Nya // dipekikkan pengirik-pengirik · akan menengking: Yes 16:10; Yes 42:13; Yes 42:13 · memperdengarkan suara-Nya: Mazm 46:7; Mazm 46:7 · tempat pernaungan-Nya: M...

· akan menengking: Yes 16:10; Yes 42:13; [Lihat FULL. Yes 42:13]

· memperdengarkan suara-Nya: Mazm 46:7; [Lihat FULL. Mazm 46:7]

· tempat pernaungan-Nya: Mazm 68:6; [Lihat FULL. Mazm 68:6]

· dipekikkan pengirik-pengirik: Yes 63:3; Yoel 3:13; Wahy 14:19-20

Ref. Silang FULL: Yer 25:31 - Deru // mempunyai pengaduan // akan berperkara // dengan segala // kepada pedang · Deru: Yer 23:19 · mempunyai pengaduan: Yer 2:9; Yer 2:9 · akan berperkara: 1Sam 12:7; 1Sam 12:7; Yer 2:35; Yer 2:35; Yeh 36:5; ...

· Deru: Yer 23:19

· mempunyai pengaduan: Yer 2:9; [Lihat FULL. Yer 2:9]

· akan berperkara: 1Sam 12:7; [Lihat FULL. 1Sam 12:7]; Yer 2:35; [Lihat FULL. Yer 2:35]; Yeh 36:5; [Lihat FULL. Yeh 36:5]

· dengan segala: Yer 25:29; [Lihat FULL. Yer 25:29]

· kepada pedang: Yer 15:9; [Lihat FULL. Yer 15:9]

Ref. Silang FULL: Yer 25:32 - Sesungguhnya, malapetaka // ke bangsa // suatu badai // ujung-ujung bumi · Sesungguhnya, malapetaka: Yes 30:25; Yes 30:25 · ke bangsa: Yes 34:2 · suatu badai: Yer 23:19; Yer 23:19 · ujung-ujung b...

· Sesungguhnya, malapetaka: Yes 30:25; [Lihat FULL. Yes 30:25]

· ke bangsa: Yes 34:2

· suatu badai: Yer 23:19; [Lihat FULL. Yer 23:19]

· ujung-ujung bumi: Ul 28:49; [Lihat FULL. Ul 28:49]

Ref. Silang FULL: Yer 25:33 - mati terbunuh // akan dikumpulkan // akan dikuburkan · mati terbunuh: Yes 66:16; Yeh 39:17-20 · akan dikumpulkan: Yer 8:2; Yer 8:2 · akan dikuburkan: Mazm 79:3; Mazm 79:3

· mati terbunuh: Yes 66:16; Yeh 39:17-20

· akan dikumpulkan: Yer 8:2; [Lihat FULL. Yer 8:2]

· akan dikuburkan: Mazm 79:3; [Lihat FULL. Mazm 79:3]

Ref. Silang FULL: Yer 25:34 - para gembala // Berguling-gulinglah // akan disembelih // domba jantan · para gembala: Yer 2:8; Yer 2:8; Za 10:3 · Berguling-gulinglah: Yer 6:26; Yer 6:26 · akan disembelih: Mazm 44:23; Mazm 44:23; Ye...

· para gembala: Yer 2:8; [Lihat FULL. Yer 2:8]; Za 10:3

· Berguling-gulinglah: Yer 6:26; [Lihat FULL. Yer 6:26]

· akan disembelih: Mazm 44:23; [Lihat FULL. Mazm 44:23]; Yes 34:6; [Lihat FULL. Yes 34:6]; Yer 50:27; 51:40; Za 11:4,7

· domba jantan: Yer 22:28; [Lihat FULL. Yer 22:28]

Ref. Silang FULL: Yer 25:35 - lagi keluputan · lagi keluputan: Ayub 11:20; Ayub 11:20

· lagi keluputan: Ayub 11:20; [Lihat FULL. Ayub 11:20]

Ref. Silang FULL: Yer 25:36 - para gembala // berteriak · para gembala: Yer 23:1; Yer 23:1; Za 11:3 · berteriak: Yer 6:26; Yer 6:26

· para gembala: Yer 23:1; [Lihat FULL. Yer 23:1]; Za 11:3

· berteriak: Yer 6:26; [Lihat FULL. Yer 6:26]

Ref. Silang FULL: Yer 25:38 - Seperti singa // menjadi ketandusan // yang dahsyat // karena murka-Nya · Seperti singa: Ayub 10:16; Ayub 10:16; Yer 4:7; Yer 4:7 · menjadi ketandusan: Yer 44:22 · yang dahsyat: Yer 46:16; 50:16 &middo...

· Seperti singa: Ayub 10:16; [Lihat FULL. Ayub 10:16]; Yer 4:7; [Lihat FULL. Yer 4:7]

· menjadi ketandusan: Yer 44:22

· yang dahsyat: Yer 46:16; 50:16

· karena murka-Nya: Kel 15:7; [Lihat FULL. Kel 15:7]; Yer 4:26; [Lihat FULL. Yer 4:26]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 25:1-7 - Keluhan-keluhan Allah terhadap Umat-Nya Nubuat dalam pasal ini terjadi beberapa waktu sebelum nubuat dalam pasal-pasal sebelumnya, sebab nubuat dalam pasal-pasal sebelumnya itu tidak d...

Matthew Henry: Yer 25:8-14 - Kehancuran Dinubuatkan Kehancuran Dinubuatkan (25:8-14) Inilah hukuman yang didasarkan atas dakwaan sebelumnya: “Oleh karena kamu tidak mendengarkan perkataan-perkata...

Matthew Henry: Yer 25:15-29 - Piala Murka; Kehancuran yang Menyeluruh Piala Murka; Kehancuran yang Menyeluruh (25:15-29) Melalui perumpamaan sebuah piala, yang harus diminum secara bergilir oleh semua orang dalam sa...

Matthew Henry: Yer 25:30-38 - Kehancuran yang Menyeluruh; Pemberitaan yang Setia oleh Yeremia Kehancuran yang Menyeluruh; Pemberitaan yang Setia oleh Yeremia (25:30-38) Kita mendapati, dalam ayat-ayat ini, gambaran lebih jauh tentang kehan...

SH: Yer 25:1-14 - Terbatas dan tidak terbatas (Selasa, 10 Oktober 2000) Terbatas dan tidak terbatas Selama 23 tahun Yeremia memberitakan kepada bangsa Yehuda firman yang sama yaitu bertobatlah maka kamu akan tetap ti...

SH: Yer 25:1-14 - Tujuh puluh tahun penghukuman (Jumat, 17 November 2006) Tujuh puluh tahun penghukuman Hukuman yang Tuhan jatuhkan pasti mengerikan dan dahsyat. Hal ini sesuai dengan hakikat Allah yang kudus yang tida...

SH: Yer 25:1-14 - Panjang sabar yang ada ‘batas’nya (Jumat, 10 Oktober 2014) Panjang sabar yang ada ‘batas’nya Ketika Yunus berkhotbah, “40 hari lagi, Niniwe akan ditunggangbalikkan”, sebenar...

SH: Yer 25:1-14 - Kengerian Murka Allah (Jumat, 4 Maret 2022) Kengerian Murka Allah Allah kita adalah Allah yang panjang sabar. Tetapi, bukan berarti kesabaran Allah dapat diremehkan. Hati-hati ketika kesabaran ...

SH: Yer 25:15-29 - Allah pengendali sejarah bangsa (Rabu, 11 Oktober 2000) Allah pengendali sejarah bangsa Firman Tuhan tentang piala amarah Tuhan atas bangsa-bangsa datang kepada Yeremia pada tahun keempat pemerintahan...

SH: Yer 25:15-38 - Hukuman adil bagi semua bangsa (Sabtu, 18 November 2006) Hukuman adil bagi semua bangsa Ada orang berkata, Tuhan adil dalam menghukum dosa terbukti dari bencana yang melanda dunia ini tanpa pandang bul...

SH: Yer 25:15-38 - Murka-Nya untuk bangsa-bangsa (Sabtu, 11 Oktober 2014) Murka-Nya untuk bangsa-bangsa Allah kita adil. Semua yang berdosa pasti dihukum-Nya. Bukan hanya umat-Nya sendiri, melainkan semua umat manusia. Dal...

SH: Yer 25:15-38 - Allah yang Menuntut Tanggung Jawab (Sabtu, 5 Maret 2022) Allah yang Menuntut Tanggung Jawab Dalam dunia kuno, setiap bangsa menyembah ilah yang berbeda. Karena itu, bangsa-bangsa lain tidak berpikir mereka ...

SH: Yer 25:30-38 - Ilustrasi yang tepat (Kamis, 12 Oktober 2000) Ilustrasi yang tepat Yeremia diutus kepada bangsa-bangsa untuk memaparkan hukuman Allah yang akan menimpa mereka dengan menggunakan gambaran-gam...

Topik Teologia: Yer 25:4 - -- Keselamatan Umat Allah dan Panggilan-Nya 2Ta 36:15 Yer 25:4 Mat 22:2-10 Rom 10:14-15 2Ko 5:20 1Te 1:4-5 Peringatan Bagi...

Topik Teologia: Yer 25:5 - -- Keselamatan Pertobatan

Topik Teologia: Yer 25:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan, Allah Israel Yos 24:23 R...

Topik Teologia: Yer 25:28 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Penyediaan Hukuman Allah atas Israel ...

Topik Teologia: Yer 25:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Aum Yer 25:30 Amo 1:2

TFTWMS: Yer 25:1-3 - Karya Kenabian Yeremia KARYA KENABIAN YEREMIA (Yeremia 25:1-3) Berita itu adalah untuk "segenap kaum Yehuda" (ayat 1) dan mengacu kepada tahun-tahun ketika Yeremi...

TFTWMS: Yer 25:4-11 - Penghakiman Allah Atas Yehuda PENGHAKIMAN ALLAH ATAS YEHUDA (Yeremia 25:4-11) Sementara Allah memperkenalkan rencana-Nya bagi bangsa-bangsa itu di dalam bagian ini (ay. 9, 11), Ia...

TFTWMS: Yer 25:12-14 - Penghakiman Berikutnya Atas Babel PENGHAKIMAN BERIKUTNYA ATAS BABEL (Yeremia 25:12-14) Dalam ketidakpercayaan, beberapa orang Ibrani itu pasti sudah bertanya, "Mengapakah Allah m...

TFTWMS: Yer 25:15-29 - Penghakiman Allah Atas Bangsa-bangsa PENGHAKIMAN ALLAH ATAS BANGSA-BANGSA (Yeremia 25:15-29a) Perintah Allah kepada Yeremia untuk mengambil "dari tangan-Ku piala berisi anggur kehan...

TFTWMS: Yer 25:29 - Penghakiman Allah Atas Semua Orang PENGHAKIMAN ALLAH ATAS SEMUA ORANG (Yeremia 25:29b-38) Tuhan menyatakan, "Aku ini mengerahkan pedang ke atas segenap penduduk bumi" (ay. 29...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Yeremia 25 Jadwal Tragedi Sebagaimana pasal 20 menandai titik balik dalam kehidupan pribadi Yeremia, pasal 25 menandai titik balik dalam karir kenab...

TFTWMS: Yeremia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Menurut Yeremia 25:11 dan 29:10 (lihat Daniel 9:2), Penawanan Babel akan berlangsung selama tujuh puluh tahun. Ada dua cara untuk ...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 1.52 detik
dipersembahkan oleh YLSA