kecilkan semua  

Teks -- Yeremia 23:1-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Janji tentang Tunas Daud yang adil
23:1 "Celakalah para gembala yang membiarkan kambing domba gembalaan-Ku hilang dan terserak!" -- demikianlah firman TUHAN. 23:2 Sebab itu beginilah firman TUHAN, Allah Israel, terhadap para gembala yang menggembalakan bangsaku: "Kamu telah membiarkan kambing domba-Ku terserak dan tercerai-berai, dan kamu tidak menjaganya. Maka ketahuilah, Aku akan membalaskan kepadamu perbuatan-perbuatanmu yang jahat, demikianlah firman TUHAN. 23:3 Dan Aku sendiri akan mengumpulkan sisa-sisa kambing domba-Ku dari segala negeri ke mana Aku menceraiberaikan mereka, dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang mereka: mereka akan berkembang biak dan bertambah banyak. 23:4 Aku akan mengangkat atas mereka gembala-gembala yang akan menggembalakan mereka, sehingga mereka tidak takut lagi, tidak terkejut dan tidak hilang seekorpun, demikianlah firman TUHAN. 23:5 Sesungguhnya, waktunya akan datang, demikianlah firman TUHAN, bahwa Aku akan menumbuhkan Tunas adil bagi Daud. Ia akan memerintah sebagai raja yang bijaksana dan akan melakukan keadilan dan kebenaran di negeri. 23:6 Dalam zamannya Yehuda akan dibebaskan, dan Israel akan hidup dengan tenteram; dan inilah namanya yang diberikan orang kepadanya: TUHAN -- keadilan kita. 23:7 Sebab itu, demikianlah firman TUHAN, sesungguhnya, waktunya akan datang, bahwa orang tidak lagi mengatakan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun orang Israel keluar dari tanah Mesir!, 23:8 melainkan: Demi TUHAN yang hidup yang menuntun dan membawa pulang keturunan kaum Israel keluar dari tanah utara dan dari segala negeri ke mana Ia telah menceraiberaikan mereka!, maka mereka akan tinggal di tanahnya sendiri."
Menentang nabi-nabi palsu
23:9 Mengenai nabi-nabi. Hatiku hancur dalam dadaku, segala tulangku goyah. Keadaanku seperti orang mabuk, seperti laki-laki yang terlalu banyak minum anggur, oleh karena TUHAN dan oleh karena firman-Nya yang kudus. 23:10 Negeri telah penuh dengan orang-orang berzinah; sungguh, oleh karena kutuk ini gersanglah negeri dan layulah padang-padang rumput di gurun; apa yang dikejar mereka adalah kejahatan, dan kekuatan mereka adalah ketidakadilan. 23:11 "Sungguh, baik nabi maupun imam berlaku fasik; di rumah-Kupun juga Aku mendapati kejahatan mereka, demikianlah firman TUHAN. 23:12 Sebab itu jalan mereka akan seperti jalan-jalan yang licin bagi mereka; di dalam gelap mereka akan terserandung dan akan jatuh di sana; sebab Aku akan mendatangkan malapetaka atas mereka dalam tahun waktu mereka dihukum, demikianlah firman TUHAN. 23:13 Di kalangan para nabi Samaria Aku melihat ada yang kurang pantas: mereka bernubuat demi Baal dan menyesatkan umat-Ku Israel. 23:14 Tetapi di kalangan para nabi Yerusalem Aku melihat ada yang mengerikan: mereka berzinah dan berkelakuan tidak jujur; mereka menguatkan hati orang-orang yang berbuat jahat, sehingga tidak ada seorangpun yang bertobat dari kejahatannya; semuanya mereka telah menjadi seperti Sodom bagi-Ku dan penduduknya seperti Gomora." 23:15 Sebab itu beginilah firman TUHAN semesta alam mengenai para nabi itu: "Sesungguhnya, Aku akan memberi mereka makan ipuh dan minum racun, sebab dari para nabi Yerusalem telah meluas kefasikan ke seluruh negeri." 23:16 Beginilah firman TUHAN semesta alam: "Janganlah dengarkan perkataan para nabi yang bernubuat kepada kamu! Mereka hanya memberi harapan yang sia-sia kepadamu, dan hanya mengungkapkan penglihatan rekaan hatinya sendiri, bukan apa yang datang dari mulut TUHAN; 23:17 mereka selalu berkata kepada orang-orang yang menista firman TUHAN: Kamu akan selamat! dan kepada setiap orang yang mengikuti kedegilan hatinya mereka berkata: Malapetaka tidak akan menimpa kamu!" 23:18 Sebab siapakah yang hadir dalam dewan musyawarah TUHAN, sehingga ia memperhatikan dan mendengar firman-Nya? Siapakah yang memperhatikan firman-Nya dan mendengarnya? 23:19 Lihatlah, angin badai TUHAN, yakni kehangatan murka, telah keluar menyambar, -- angin puting beliung -- dan turun menimpa kepala orang-orang fasik. 23:20 Murka TUHAN tidak akan surut, sampai Ia telah melaksanakan dan mewujudkan apa yang dirancang-Nya dalam hati-Nya; pada hari-hari yang terakhir kamu akan benar-benar mengerti hal itu. 23:21 "Aku tidak mengutus para nabi itu, namun mereka giat; Aku tidak berfirman kepada mereka, namun mereka bernubuat. 23:22 Sekiranya mereka hadir dalam dewan musyawarah-Ku, niscayalah mereka akan mengabarkan firman-Ku kepada umat-Ku, membawa mereka kembali dari tingkah langkahnya yang jahat dan dari perbuatan-perbuatannya yang jahat. 23:23 Masakan Aku ini hanya Allah yang dari dekat, demikianlah firman TUHAN, dan bukan Allah yang dari jauh juga? 23:24 Sekiranya ada seseorang menyembunyikan diri dalam tempat persembunyian, masakan Aku tidak melihat dia? demikianlah firman TUHAN. Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman TUHAN. 23:25 Aku telah mendengar apa yang dikatakan oleh para nabi, yang bernubuat palsu demi nama-Ku dengan mengatakan: Aku telah bermimpi, aku telah bermimpi! 23:26 Sampai bilamana hal itu ada dalam hati para nabi yang bernubuat palsu dan yang menubuatkan tipu rekaan hatinya sendiri, 23:27 yang merancang membuat umat-Ku melupakan nama-Ku dengan mimpi-mimpinya yang mereka ceritakan seorang kepada seorang, sama seperti nenek moyang mereka melupakan nama-Ku oleh karena Baal? 23:28 Nabi yang beroleh mimpi, biarlah menceritakan mimpinya itu, dan nabi yang beroleh firman-Ku, biarlah menceritakan firman-Ku itu dengan benar! Apakah sangkut-paut jerami dengan gandum? demikianlah firman TUHAN. 23:29 Bukankah firman-Ku seperti api, demikianlah firman TUHAN dan seperti palu yang menghancurkan bukit batu? 23:30 Sebab itu, sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang mencuri firman-Ku masing-masing dari temannya. 23:31 Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan para nabi, demikianlah firman TUHAN, yang memakai lidahnya sewenang-wenang untuk mengutarakan firman ilahi. 23:32 Sesungguhnya, Aku akan menjadi lawan mereka yang menubuatkan mimpi-mimpi dusta, demikianlah firman TUHAN, dan yang menceritakannya serta menyesatkan umat-Ku dengan dustanya dan dengan bualnya. Aku ini tidak pernah mengutus mereka dan tidak pernah memerintahkan mereka. Mereka sama sekali tiada berguna untuk bangsa ini, demikianlah firman TUHAN. 23:33 Apabila bangsa ini -- baik nabi ataupun imam -- bertanya kepadamu: Apakah Sabda yang dibebankan oleh TUHAN?, maka jawablah mereka: Kamulah beban itu! Sebab itu kamu akan Kubuang dari hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN. 23:34 Adapun nabi atau imam atau rakyat yang masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, kepada orang itu dan kepada keluarganya akan Kulakukan pembalasan. 23:35 Beginilah harus kamu katakan, masing-masing kepada temannya dan masing-masing kepada saudaranya: Apakah jawab TUHAN? atau: Apakah firman TUHAN? 23:36 Tetapi Sabda yang dibebankan oleh TUHAN janganlah kamu sebut-sebutkan lagi, sebab yang menjadi beban bagi setiap orang ialah perkataannya sendiri, oleh karena kamu telah memutarbalikkan perkataan-perkataan Allah yang hidup, TUHAN semesta alam, Allah kita. 23:37 Beginilah engkau harus berkata kepada nabi: Apakah jawab TUHAN kepadamu? atau: Apakah firman TUHAN? 23:38 Tetapi jika kamu masih berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, maka beginilah firman TUHAN: Oleh karena kamu masih memakai ungkapan Sabda yang dibebankan oleh TUHAN itu, sekalipun Aku mengutus orang kepadamu mengatakan: Janganlah kamu berbicara tentang Sabda yang dibebankan oleh TUHAN, 23:39 maka sesungguhnya, Aku akan menangkap kamu dan membuang kamu dari hadapan-Ku, kamu serta kota yang telah Kuberikan kepadamu dan kepada nenek moyangmu itu. 23:40 Aku akan menimpakan kepadamu aib yang kekal dan noda yang kekal yang tidak akan terlupakan."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Gomora an ancient city known for its sin whose ruins are said to be visible from the Masada,a town destroyed with Sodom by burning sulphur
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sodom an ancient town somewhere in the region of the Dead Sea that God destroyed with burning sulphur,a town 25 km south of Gomorrah and Masada
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Palsu | Nabi Palsu | Mimpi | Nubuat | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Allah | Kristus, Allah | Nubuat Tentang Kristus | Setia, Kesetiaan (Percaya) | Setia, Kesetiaan Allah | Sodom | Baal | Adil, Keadilan | Nabi | Sia-Sia, Kesia-Sian | Sifat Atau Keadaan Kemanusiaan Kristus | Tritunggal | Turut, Menurut Kehendak Sendiri | Tipu Daya | Tahun | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yer 23:1 - CELAKALAH PARA GEMBALA. Nas : Yer 23:1 Dalam pasal ini Yeremia menubuatkan celaka dan hukuman atas para pemimpin rohani Yehuda (para imam dan nabi palsu) yang demi kepenti...

Nas : Yer 23:1

Dalam pasal ini Yeremia menubuatkan celaka dan hukuman atas para pemimpin rohani Yehuda (para imam dan nabi palsu) yang demi kepentingan pribadi telah memperkaya diri tanpa memperhatikan sama sekali keadaan bangsa itu (bd. pasal Yeh 34:1-31). Mereka akan dibinasakan dan bangsa itu akan dibuang. Lalu apa yang akan dilakukan Allah? Ia sendiri akan "mengumpulkan sisa-sisa ... dan Aku akan membawa mereka kembali ke padang mereka" (ayat Yer 23:3) serta mengangkat gembala-gembala yang menggembalakan mereka dengan sepantasnya; Gembala utamanya ialah "Tunas adil" (ayat Yer 23:5), yaitu Mesias.

Full Life: Yer 23:5-6 - TUNAS ADIL. Nas : Yer 23:5-6 Tunas (yaitu keturunan raja) Daud dipotong ketika Allah membinasakan kerajaan Daud pada tahun 586 SM. 1) Tetapi, Allah berjan...

Nas : Yer 23:5-6

Tunas (yaitu keturunan raja) Daud dipotong ketika Allah membinasakan kerajaan Daud pada tahun 586 SM.

  1. 1) Tetapi, Allah berjanji untuk membangkitkan seorang raja dari keturunan Daud yang akan menjadi Tunas adil; raja ini akhirnya dan sepenuhnya akan melakukan apa yang benar dan adil (bd. Za 3:8). Nubuat ini menunjuk kepada Mesias, Yesus Kristus.
  2. 2) Pelaksanaan hukuman sepenuhnya akan terjadi setelah kedatangan-Nya yang kedua dan sebelum pemerintahan-Nya seribu tahun di dunia.
  3. 3) Ia akan disebut "Tuhan keadilan kita" (ayat Yer 23:6). Kaum sisa yang percaya akan "berada dalam Dia bukan dengan kebenaran (mereka) sendiri karena menaati hukum Taurat, melainkan dengan kebenaran karena kepercayaan kepada Kristus, yaitu kebenaran yang Allah anugerahkan berdasarkan kepercayaan" (Fili 3:9).

Full Life: Yer 23:9-40 - MENGENAI NABI-NABI. Nas : Yer 23:9-40 Yeremia mencela dosa-dosa para nabi palsu yang mencemooh berita malapetakanya (Yer 6:13-14; 14:14-16; 29:8-9) dan hanya mengumumk...

Nas : Yer 23:9-40

Yeremia mencela dosa-dosa para nabi palsu yang mencemooh berita malapetakanya (Yer 6:13-14; 14:14-16; 29:8-9) dan hanya mengumumkan damai sejahtera dan kemakmuran

(lihat cat. --> Yer 6:14).

[atau ref. Yer 6:14]

Yeremia meletakkan tanggung jawab keadaan moral Yehuda yang menyedihkan itu atas para nabi fasik ini.

Full Life: Yer 23:14 - DI KALANGAN PARA NABI ... ADA YANG MENGERIKAN. Nas : Yer 23:14 Allah menyebut perzinaan rohani para nabi palsu itu sesuatu yang mengerikan. Mereka seharusnya menjadi wakil-wakil kebenaran, tetap...

Nas : Yer 23:14

Allah menyebut perzinaan rohani para nabi palsu itu sesuatu yang mengerikan. Mereka seharusnya menjadi wakil-wakil kebenaran, tetapi mereka malah hidup seperti penduduk Sodom dan Gomora. Teladan "para pemimpin rohani" ini sangat membantu meningkatnya kebejatan dan kekerasan hati bangsa itu untuk tidak bertobat. Ketika seorang hamba Allah berzina, hal itu secara khusus dibenci oleh Allah. Dosa semacam itu bukan saja menunjukkan ketidaksetiaan kepada Allah, tetapi juga penghinaan kepada-Nya dan firman-Nya

(lihat cat. --> 2Sam 12:9;

lihat cat. --> 2Sam 12:10;

lihat cat. --> 2Sam 12:11-12;

lihat cat. --> 2Sam 12:12),

[atau ref. 2Sam 12:9-12]

dan menjadikan pemimpin itu tidak layak melayani Tuhan dan jemaat-Nya

(lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL PENILIK JEMAAT).

Full Life: Yer 23:17 - KAMU AKAN SELAMAT! Nas : Yer 23:17 Para nabi palsu memberikan harapan dan keamanan palsu kepada umat Allah (lihat cat. --> Yer 23:9-40). [atau ref...

Nas : Yer 23:17

Para nabi palsu memberikan harapan dan keamanan palsu kepada umat Allah

(lihat cat. --> Yer 23:9-40).

[atau ref. Yer 23:9-40]

  1. 1) Orang yang menandaskan bahwa orang yang tunasusila dan yang tidak taat di antara umat Allah tidak akan dihukum karena kejahatan mereka dan tidak perlu takut akan murka dan hukuman Allah membuktikan bahwa mereka itu pembawa berita palsu.
  2. 2) Para nabi dengan berita palsu ini bukan hanya ada pada zaman PL tetapi juga pada zaman PB. Rasul Paulus memperingatkan jemaat di Efesus untuk tidak tertipu oleh guru-guru semacam itu (Ef 5:4-6;

    lihat cat. --> 1Kor 6:9;

    lihat cat. --> Gal 5:21).

    [atau ref. 1Kor 6:9; Gal 5:21]

Full Life: Yer 23:31-32 - AKU AKAN MENJADI LAWAN MEREKA. Nas : Yer 23:31-32 Firman Allah kepada Yeremia memperingatkan kita betapa bahayanya menyatakan, "Inilah firman Tuhan," jikalau kita tidak yakin aka...

Nas : Yer 23:31-32

Firman Allah kepada Yeremia memperingatkan kita betapa bahayanya menyatakan, "Inilah firman Tuhan," jikalau kita tidak yakin akan hal itu; jabatan nabi harus dijalankan dengan kesungguhan hati yang sepenuhnya (bd. ayat Yer 23:33-40).

BIS: Yer 23:33 - beban beban: Dalam bahasa Ibrani kata "beban" sama dengan kata "pesan".

beban: Dalam bahasa Ibrani kata "beban" sama dengan kata "pesan".

BIS: Yer 23:39 - memungut memungut: Dalam bahasa Ibrani, kata kerja "memungut" mempunyai akar kata yang sama dengan kata "pesan" dan "beban".

memungut: Dalam bahasa Ibrani, kata kerja "memungut" mempunyai akar kata yang sama dengan kata "pesan" dan "beban".

Jerusalem: Yer 23:1 - para gembala Bdk Yeh 34:1+.

Bdk Yeh 34:1+.

Jerusalem: Yer 23:3 - sisa-sisa kambing dombaKu Bdk Yes 4:3+.

Bdk Yes 4:3+.

Jerusalem: Yer 23:5 - Tunas adil kata "tunas" kemudian menjadi nama diri untuk menyebut Mesias, bdk Zak 3:8; 6:12.

kata "tunas" kemudian menjadi nama diri untuk menyebut Mesias, bdk Zak 3:8; 6:12.

Jerusalem: Yer 23:6 - Yehuda.... dan Israel Bdk Yer 3:18+

Bdk Yer 3:18+

Jerusalem: Yer 23:6 - TUHAN-keadilan kita Nama itu merupakan lambang, bdk Yes 1:26+, dan diberikan kepada Mesias yang diperlawankan dengan raja Zedekia yang namanya berarti; TUHAN (YHWH) keadi...

Nama itu merupakan lambang, bdk Yes 1:26+, dan diberikan kepada Mesias yang diperlawankan dengan raja Zedekia yang namanya berarti; TUHAN (YHWH) keadilanku.

Jerusalem: Yer 23:9 - Mengenai nabi-nabi Ini (seperti halnya dengan Yer 21:11) merupakan judul sebuah kumpulan tersendiri, Yer 23:9-40, yang terdiri atas berbagai unsur. Bagian pertama, Yer 2...

Ini (seperti halnya dengan Yer 21:11) merupakan judul sebuah kumpulan tersendiri, Yer 23:9-40, yang terdiri atas berbagai unsur. Bagian pertama, Yer 23:9-12, mungkin berasal dari masa raja Yosia, sebab rupanya Yeremia baru saja mengerti kecurangan nabi-nabi gadungan itu. Bagian-bagian berikut sesuai baik dengan keadaan di masa pemerintahan raja Yoyakhin maupun dengan keadaan pada masa Zedekia. Tentang bentrokan dengan nabi-nabi gadungan semacam itu bdk Pengantar

Jerusalem: Yer 23:9 - Hatiku... Yang berbicara di sini ialah nabi Yeremia, tetapi dalam Yer 23:10-14 Tuhan sendiri yang berkata.

Yang berbicara di sini ialah nabi Yeremia, tetapi dalam Yer 23:10-14 Tuhan sendiri yang berkata.

Jerusalem: Yer 23:18 - -- Ayat ini mungkin sebuah sisipan yang bermaksud menerangkan Yer 23:22, tetapi dengan kurang tepat diselipkan di sini ke dalam naskah aseli.

Ayat ini mungkin sebuah sisipan yang bermaksud menerangkan Yer 23:22, tetapi dengan kurang tepat diselipkan di sini ke dalam naskah aseli.

Jerusalem: Yer 23:22 - -- Mengenai caranya orang dapat membedakan nabi sejati dengan nabi gadungan lihat Pengantar; bdk Yer 28:9+.

Mengenai caranya orang dapat membedakan nabi sejati dengan nabi gadungan lihat Pengantar; bdk Yer 28:9+.

Jerusalem: Yer 23:25 - bermimpi Mimpi memang dapat menjadi penyataan Tuhan, bdk Bil 12:6, tetapi sangat perlu orang menyelidiki isi dan asal-usul mimpi itu, bdk Sir 34:1+.

Mimpi memang dapat menjadi penyataan Tuhan, bdk Bil 12:6, tetapi sangat perlu orang menyelidiki isi dan asal-usul mimpi itu, bdk Sir 34:1+.

Jerusalem: Yer 23:33 - Kamulah beban itu Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis (salah): Apa beban itu? Yeremia menolak istilah yang sudah lazim: beban (Ibraninya: massa)...

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis (salah): Apa beban itu? Yeremia menolak istilah yang sudah lazim: beban (Ibraninya: massa) atau: tanggungan untuk menyebut firman (kenabian) Allah, seolah-olah menjadi beban bagi manusia. Nabi-nabi lain tidak segan memakai istilah itu, Yes 13:1; 14:28; 19:1; Zak 9:1; 12:1; Mal 1:1 (diterjemahkan dengan "ucapan ilahi).

Jerusalem: Yer 23:39 - menangkap Kata Ibrani (nasa - dalam kebanyakan naskah tertulis salah: nasya, artinya: merupakan atau menggadaikan) menyinggung kata massa (beban) yang diturunka...

Kata Ibrani (nasa - dalam kebanyakan naskah tertulis salah: nasya, artinya: merupakan atau menggadaikan) menyinggung kata massa (beban) yang diturunkan dari kata dasar itu.

Ende: Yer 23:3 - -- Ajat ini bertjorak tambahan, jang diselipkan waktu pembuangan.

Ajat ini bertjorak tambahan, jang diselipkan waktu pembuangan.

Ende: Yer 23:7-8 - -- Ajat2 inipun merupakan suatu tambahan.

Ajat2 inipun merupakan suatu tambahan.

Ende: Yer 23:9-40 - -- Disini dikumpulkan beberapa antjaman Jeremia lawan nabi2 palsu jang besar pengaruhnja dan jang menentang Jeremia.

Disini dikumpulkan beberapa antjaman Jeremia lawan nabi2 palsu jang besar pengaruhnja dan jang menentang Jeremia.

Ende: Yer 23:9 - -- Suatu pendahuluan. Jeremia kebingungan karena segala kedurdjanaan, sebagaimana itu diwahjukan kepadanja oleh Allah (sabda Jahwe).

Suatu pendahuluan. Jeremia kebingungan karena segala kedurdjanaan, sebagaimana itu diwahjukan kepadanja oleh Allah (sabda Jahwe).

Ende: Yer 23:10 - -- Bagian kedua ajat ini adalah tambahan sehingga 10a diteruskan 10c (mereka = orang sundal). Allah berbitjara.

Bagian kedua ajat ini adalah tambahan sehingga 10a diteruskan 10c (mereka = orang sundal). Allah berbitjara.

Ende: Yer 23:11 - kedurdjanaannja jakni matjam2 adat salah dalam ibadah.

jakni matjam2 adat salah dalam ibadah.

Ende: Yer 23:17 - -- Suatu alat untuk mengenali nabi2 palsu: Mereka mendjadikan jang baik untuk orang jang melanggar perintah Jahwe (menghina sabdaNja: berdjalan menurut k...

Suatu alat untuk mengenali nabi2 palsu: Mereka mendjadikan jang baik untuk orang jang melanggar perintah Jahwe (menghina sabdaNja: berdjalan menurut ketegaran hati). Hal itu tidak dapat datang dari Jahwe sendiri (lih. Yer 23:22).

Ende: Yer 23:18 - -- Ajat ini boleh dianggap sebagai tambahan. Maknanja: Tidak ada seorangpun djua jang dapat mengenali kehendak Allah, selain bila itu diberitahu oleh Jah...

Ajat ini boleh dianggap sebagai tambahan. Maknanja: Tidak ada seorangpun djua jang dapat mengenali kehendak Allah, selain bila itu diberitahu oleh Jahwe sendiri. Nabi2 palsu tidak diberitahu (Yer 23:22).

Ende: Yer 23:19 - Sesungguhnja jakni sama sekali lain daripada jang dikatakan nabi2 palsu (Yer 23:17). Taurat dst. adalah bahasa kiasan jang artinja: hukuman dari Jahwe.

jakni sama sekali lain daripada jang dikatakan nabi2 palsu (Yer 23:17). Taurat dst. adalah bahasa kiasan jang artinja: hukuman dari Jahwe.

Ende: Yer 23:23 - -- Allah tahu segala sesuatu dan karena itu Ia tahu akan penipuan nabi2 palsu itu (Yer 23:25-28).

Allah tahu segala sesuatu dan karena itu Ia tahu akan penipuan nabi2 palsu itu (Yer 23:25-28).

Ende: Yer 23:28 - -- Kehampaan nubuat (djerami) nabi2 palsu dipertentangkan dengan kekuatan sabda Jahwe jang sedjati.

Kehampaan nubuat (djerami) nabi2 palsu dipertentangkan dengan kekuatan sabda Jahwe jang sedjati.

Ende: Yer 23:33-39 - -- Kata Hibrani jang dipakai disini berarti baik: pesan, amanat Jahwe jang memberitahukan tjelaka, maupun beban jang dipikul orang. Agaknja istilah itu d...

Kata Hibrani jang dipakai disini berarti baik: pesan, amanat Jahwe jang memberitahukan tjelaka, maupun beban jang dipikul orang. Agaknja istilah itu disalahgunakan untuk mengedjek, sehingga harus dilarang. Orang Juda sendiri merupakan suatu beban bagi Jahwe, sehingga dilepaskan sadja.

Endetn: Yer 23:10 - mereka diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "kutuk".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "kutuk".

Endetn: Yer 23:17 - jang menghinakan sabda diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "jang menghinakan Daku, sabda (Jahwe)".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "jang menghinakan Daku, sabda (Jahwe)".

Endetn: Yer 23:17 - dan kepada diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (kuno dan Vlg.). Tertulis: "dan setiap....".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (kuno dan Vlg.). Tertulis: "dan setiap....".

Endetn: Yer 23:18 - (sabda)Nja diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "(-)Ku".

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Tertulis: "(-)Ku".

Endetn: Yer 23:26 - menubuatkan diperbaiki. Tertulis: "nabi2".

diperbaiki. Tertulis: "nabi2".

Endetn: Yer 23:29 - bernjala diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: demikianlah (adanja)".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: demikianlah (adanja)".

Endetn: Yer 23:32 - (dengan nabi) ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Endetn: Yer 23:33 - kamulah jang ditanggung diperbaiki menurut terdjemahan Junani, Latin (kuno dan Vlg.). Tertulis: "apa tanggungan itu".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani, Latin (kuno dan Vlg.). Tertulis: "apa tanggungan itu".

Endetn: Yer 23:36 - pakai diperbaiki menurut terdjemahan Junani: Tertulis: "ingat".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani: Tertulis: "ingat".

Endetn: Yer 23:39 - mengangkat diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "melupakan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "melupakan".

Ref. Silang FULL: Yer 23:1 - para gembala // domba gembalaan-Ku // dan terserak · para gembala: Yer 10:21; 12:10; 25:36; Yeh 34:1-10; Za 10:2; 11:15-17 · domba gembalaan-Ku: Mazm 100:3; Yer 13:17; Yer 13:17; Yeh 34:3...

· para gembala: Yer 10:21; 12:10; 25:36; Yeh 34:1-10; Za 10:2; 11:15-17

· domba gembalaan-Ku: Mazm 100:3; Yer 13:17; [Lihat FULL. Yer 13:17]; Yeh 34:31

· dan terserak: Yes 56:11; [Lihat FULL. Yes 56:11]

Ref. Silang FULL: Yer 23:2 - para gembala // kambing domba-Ku // yang jahat · para gembala: Yoh 10:8 · kambing domba-Ku: Yer 10:21; Yer 10:21; Yer 13:20 · yang jahat: Yer 21:12; Yeh 34:8-10

· para gembala: Yoh 10:8

· kambing domba-Ku: Yer 10:21; [Lihat FULL. Yer 10:21]; Yer 13:20

· yang jahat: Yer 21:12; Yeh 34:8-10

Ref. Silang FULL: Yer 23:3 - mengumpulkan sisa-sisa // ke padang · mengumpulkan sisa-sisa: Yes 11:10-12; Yer 32:37; Yeh 34:11-16 · ke padang: 1Raj 8:48; 1Raj 8:48

· mengumpulkan sisa-sisa: Yes 11:10-12; Yer 32:37; Yeh 34:11-16

· ke padang: 1Raj 8:48; [Lihat FULL. 1Raj 8:48]

Ref. Silang FULL: Yer 23:4 - mereka gembala-gembala // tidak takut // tidak hilang · mereka gembala-gembala: Kej 48:15; Kej 48:15; Yes 31:4; Yes 31:4; Yer 31:10 · tidak takut: Yer 30:10; 46:27-28 · tidak hilang: ...

· mereka gembala-gembala: Kej 48:15; [Lihat FULL. Kej 48:15]; Yes 31:4; [Lihat FULL. Yes 31:4]; Yer 31:10

· tidak takut: Yer 30:10; 46:27-28

· tidak hilang: Yoh 6:39; [Lihat FULL. Yoh 6:39]

Ref. Silang FULL: Yer 23:5 - menumbuhkan Tunas // akan memerintah // sebagai raja // dan kebenaran · menumbuhkan Tunas: 2Raj 19:26; 2Raj 19:26; Yes 4:2; Yes 4:2; Yeh 17:22 · akan memerintah: Yes 9:6; Mat 1:1; Mat 1:1 · sebagai r...

· menumbuhkan Tunas: 2Raj 19:26; [Lihat FULL. 2Raj 19:26]; Yes 4:2; [Lihat FULL. Yes 4:2]; Yeh 17:22

· akan memerintah: Yes 9:6; Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

· sebagai raja: Mat 2:2; [Lihat FULL. Mat 2:2]

· dan kebenaran: Kej 18:19; [Lihat FULL. Kej 18:19]

Ref. Silang FULL: Yer 23:6 - dengan tenteram // inilah namanya // keadilan kita · dengan tenteram: Im 25:18; Im 25:18; Ul 32:8; Ul 32:8; Hos 2:17 · inilah namanya: Kel 23:21; Yer 33:16; Mat 1:21-23 · keadilan ...

· dengan tenteram: Im 25:18; [Lihat FULL. Im 25:18]; Ul 32:8; [Lihat FULL. Ul 32:8]; Hos 2:17

· inilah namanya: Kel 23:21; Yer 33:16; Mat 1:21-23

· keadilan kita: Ezr 9:15; [Lihat FULL. Ezr 9:15]; Yes 42:6; [Lihat FULL. Yes 42:6]; Rom 3:21-22; 1Kor 1:30; [Lihat FULL. 1Kor 1:30]

Ref. Silang FULL: Yer 23:7 - akan datang // tanah Mesir! · akan datang: Yer 30:3 · tanah Mesir!: Ul 15:15; Ul 15:15

· akan datang: Yer 30:3

· tanah Mesir!: Ul 15:15; [Lihat FULL. Ul 15:15]

Ref. Silang FULL: Yer 23:8 - tanahnya sendiri · tanahnya sendiri: Yes 14:1; Yes 14:1; Yes 43:5-6; Yes 43:5; Yes 43:6; Yer 30:10; Yeh 20:42; 34:13; Am 9:14-15

· tanahnya sendiri: Yes 14:1; [Lihat FULL. Yes 14:1]; Yes 43:5-6; [Lihat FULL. Yes 43:5]; [Lihat FULL. Yes 43:6]; Yer 30:10; Yeh 20:42; 34:13; Am 9:14-15

Ref. Silang FULL: Yer 23:9 - Mengenai nabi-nabi. Hatiku // tulangku goyah // karena firman-Nya · Mengenai nabi-nabi. Hatiku: Yer 4:19; Yer 4:19 · tulangku goyah: Ayub 4:14; Ayub 4:14 · karena firman-Nya: Yer 20:8-9

· Mengenai nabi-nabi. Hatiku: Yer 4:19; [Lihat FULL. Yer 4:19]

· tulangku goyah: Ayub 4:14; [Lihat FULL. Ayub 4:14]

· karena firman-Nya: Yer 20:8-9

Ref. Silang FULL: Yer 23:10 - orang-orang berzinah // karena kutuk // dan layulah // padang-padang rumput · orang-orang berzinah: Yer 9:2; Yer 9:2 · karena kutuk: Ul 28:23-24 · dan layulah: Yer 4:26; Yer 4:26; Yer 12:11; Yer 12:11 &m...

· orang-orang berzinah: Yer 9:2; [Lihat FULL. Yer 9:2]

· karena kutuk: Ul 28:23-24

· dan layulah: Yer 4:26; [Lihat FULL. Yer 4:26]; Yer 12:11; [Lihat FULL. Yer 12:11]

· padang-padang rumput: Mazm 107:34; Yer 9:10; [Lihat FULL. Yer 9:10]

Ref. Silang FULL: Yer 23:11 - berlaku fasik // di rumah-Kupun · berlaku fasik: Yer 6:13; Yer 8:10; Yer 8:10; Zef 3:4 · di rumah-Kupun: 2Raj 21:4; 2Raj 21:4; Yer 7:10; Yer 7:10

· berlaku fasik: Yer 6:13; Yer 8:10; [Lihat FULL. Yer 8:10]; Zef 3:4

· di rumah-Kupun: 2Raj 21:4; [Lihat FULL. 2Raj 21:4]; Yer 7:10; [Lihat FULL. Yer 7:10]

Ref. Silang FULL: Yer 23:12 - yang licin // mereka dihukum · yang licin: Ul 32:35; Ul 32:35; Ayub 3:23; Ayub 3:23; Yer 13:16 · mereka dihukum: Yer 11:23

· yang licin: Ul 32:35; [Lihat FULL. Ul 32:35]; Ayub 3:23; [Lihat FULL. Ayub 3:23]; Yer 13:16

· mereka dihukum: Yer 11:23

Ref. Silang FULL: Yer 23:13 - demi Baal // dan menyesatkan · demi Baal: 1Raj 18:22; 1Raj 18:22 · dan menyesatkan: Yer 23:32; Yes 3:12; Yes 3:12; Yeh 13:10

· demi Baal: 1Raj 18:22; [Lihat FULL. 1Raj 18:22]

· dan menyesatkan: Yer 23:32; Yes 3:12; [Lihat FULL. Yes 3:12]; Yeh 13:10

Ref. Silang FULL: Yer 23:14 - yang mengerikan // tidak jujur // berbuat jahat // dari kejahatannya // seperti Sodom // seperti Gomora · yang mengerikan: Yer 5:30; Yer 5:30; Hos 6:10 · tidak jujur: Yer 29:23 · berbuat jahat: Yer 23:22 · dari kejahatannya: Y...

· yang mengerikan: Yer 5:30; [Lihat FULL. Yer 5:30]; Hos 6:10

· tidak jujur: Yer 29:23

· berbuat jahat: Yer 23:22

· dari kejahatannya: Yes 5:18; [Lihat FULL. Yes 5:18]

· seperti Sodom: Kej 18:20; [Lihat FULL. Kej 18:20]; Mat 11:24

· seperti Gomora: Yer 20:16; Am 4:11

Ref. Silang FULL: Yer 23:15 - minum racun // meluas kefasikan · minum racun: Yer 8:14; Yer 8:14; Yer 9:15 · meluas kefasikan: Yer 8:10; Yer 8:10

· minum racun: Yer 8:14; [Lihat FULL. Yer 8:14]; Yer 9:15

· meluas kefasikan: Yer 8:10; [Lihat FULL. Yer 8:10]

Ref. Silang FULL: Yer 23:16 - Janganlah dengarkan // mengungkapkan penglihatan // dari mulut · Janganlah dengarkan: Yer 27:9-10,14; Mat 7:15; Mat 7:15 · mengungkapkan penglihatan: Yer 14:14; Yer 14:14; Yeh 13:3 · dari mulu...

· Janganlah dengarkan: Yer 27:9-10,14; Mat 7:15; [Lihat FULL. Mat 7:15]

· mengungkapkan penglihatan: Yer 14:14; [Lihat FULL. Yer 14:14]; Yeh 13:3

· dari mulut: Yer 9:20

Ref. Silang FULL: Yer 23:17 - selalu berkata // akan selamat // kedegilan hatinya // mereka berkata: Malapetaka · selalu berkata: Yer 23:31 · akan selamat: 1Raj 22:8; 1Raj 22:8; Yer 4:10; Yer 4:10 · kedegilan hatinya: Yer 13:10; Yer 13:10 &m...

· selalu berkata: Yer 23:31

· akan selamat: 1Raj 22:8; [Lihat FULL. 1Raj 22:8]; Yer 4:10; [Lihat FULL. Yer 4:10]

· kedegilan hatinya: Yer 13:10; [Lihat FULL. Yer 13:10]

· mereka berkata: Malapetaka: Yer 5:12; Am 9:10; Mi 3:11

Ref. Silang FULL: Yer 23:18 - dewan musyawarah · dewan musyawarah: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19; Rom 11:34; Rom 11:34

· dewan musyawarah: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]; Rom 11:34; [Lihat FULL. Rom 11:34]

Ref. Silang FULL: Yer 23:19 - angin badai // puting beliung · angin badai: Yes 30:30; Yer 25:32; 30:23 · puting beliung: Za 7:14

· angin badai: Yes 30:30; Yer 25:32; 30:23

· puting beliung: Za 7:14

Ref. Silang FULL: Yer 23:20 - Murka // akan surut · Murka: 2Raj 23:26; 2Raj 23:26 · akan surut: Yer 4:28; Yer 4:28

· Murka: 2Raj 23:26; [Lihat FULL. 2Raj 23:26]

· akan surut: Yer 4:28; [Lihat FULL. Yer 4:28]

Ref. Silang FULL: Yer 23:21 - tidak mengutus · tidak mengutus: Yer 14:14; Yer 14:14; Yer 27:15

· tidak mengutus: Yer 14:14; [Lihat FULL. Yer 14:14]; Yer 27:15

Ref. Silang FULL: Yer 23:22 - dewan musyawarah-Ku // akan mengabarkan // mereka kembali // dari perbuatan-perbuatannya · dewan musyawarah-Ku: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19 · akan mengabarkan: Ul 33:10; Ul 33:10 · mereka kembali: 2Raj 17:13; 2Raj 17:13; Ye...

· dewan musyawarah-Ku: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]

· akan mengabarkan: Ul 33:10; [Lihat FULL. Ul 33:10]

· mereka kembali: 2Raj 17:13; [Lihat FULL. 2Raj 17:13]; Yer 25:5; Za 1:4

· dari perbuatan-perbuatannya: Yer 23:14; Am 3:7

Ref. Silang FULL: Yer 23:23 - dari dekat · dari dekat: Mazm 139:1-10

· dari dekat: Mazm 139:1-10

Ref. Silang FULL: Yer 23:24 - seseorang menyembunyikan // dan bumi · seseorang menyembunyikan: Kej 3:8; Kej 3:8; Ayub 11:20; Ayub 11:20; Ayub 22:12-14; Pengkh 12:14; Pengkh 12:14; Yes 28:15; Yes 28:15; 1Kor 4:...

· seseorang menyembunyikan: Kej 3:8; [Lihat FULL. Kej 3:8]; Ayub 11:20; [Lihat FULL. Ayub 11:20]; Ayub 22:12-14; Pengkh 12:14; [Lihat FULL. Pengkh 12:14]; Yes 28:15; [Lihat FULL. Yes 28:15]; 1Kor 4:5

· dan bumi: 1Raj 8:27; [Lihat FULL. 1Raj 8:27]

Ref. Silang FULL: Yer 23:25 - bernubuat palsu // telah bermimpi · bernubuat palsu: Yer 23:16; Yer 14:14; 27:10 · telah bermimpi: Yer 23:28,32; Ul 13:1; Ul 13:1; Yer 27:9; 29:8

· bernubuat palsu: Yer 23:16; Yer 14:14; 27:10

· telah bermimpi: Yer 23:28,32; Ul 13:1; [Lihat FULL. Ul 13:1]; Yer 27:9; 29:8

Ref. Silang FULL: Yer 23:26 - tipu rekaan // hatinya · tipu rekaan: Yes 30:10; Yes 30:10; 1Tim 4:1-2 · hatinya: Yer 14:14; Yeh 13:2

· tipu rekaan: Yes 30:10; [Lihat FULL. Yes 30:10]; 1Tim 4:1-2

· hatinya: Yer 14:14; Yeh 13:2

Ref. Silang FULL: Yer 23:27 - umat-Ku melupakan // mereka melupakan // karena Baal · umat-Ku melupakan: Ul 13:1-3; Yer 29:8 · mereka melupakan: Hak 3:7; Hak 3:7; Hak 8:33-34; Hak 8:33; Hak 8:34 · karena Baal: ...

· umat-Ku melupakan: Ul 13:1-3; Yer 29:8

· mereka melupakan: Hak 3:7; [Lihat FULL. Hak 3:7]; Hak 8:33-34; [Lihat FULL. Hak 8:33]; [Lihat FULL. Hak 8:34]

· karena Baal: Yer 2:23; [Lihat FULL. Yer 2:23]

Ref. Silang FULL: Yer 23:28 - beroleh mimpi // menceritakan firman-Ku · beroleh mimpi: Yer 23:25; Yer 23:25 · menceritakan firman-Ku: 1Sam 3:17; 1Sam 3:17

· beroleh mimpi: Yer 23:25; [Lihat FULL. Yer 23:25]

· menceritakan firman-Ku: 1Sam 3:17; [Lihat FULL. 1Sam 3:17]

Ref. Silang FULL: Yer 23:29 - seperti api // seperti palu · seperti api: Mazm 39:4; Mazm 39:4; Yer 5:14; 1Kor 3:13; 1Kor 3:13 · seperti palu: Ibr 4:12

· seperti api: Mazm 39:4; [Lihat FULL. Mazm 39:4]; Yer 5:14; 1Kor 3:13; [Lihat FULL. 1Kor 3:13]

· seperti palu: Ibr 4:12

Ref. Silang FULL: Yer 23:30 - menjadi lawan // para nabi · menjadi lawan: Mazm 34:17; Mazm 34:17 · para nabi: Yer 23:2; Ul 18:20; Yer 14:15; Yer 21:13; Yer 21:13

· menjadi lawan: Mazm 34:17; [Lihat FULL. Mazm 34:17]

· para nabi: Yer 23:2; Ul 18:20; Yer 14:15; Yer 21:13; [Lihat FULL. Yer 21:13]

Ref. Silang FULL: Yer 23:31 - untuk mengutarakan · untuk mengutarakan: Yer 23:17

· untuk mengutarakan: Yer 23:17

Ref. Silang FULL: Yer 23:32 - menubuatkan mimpi-mimpi // serta menyesatkan // dengan dustanya // pernah mengutus // tiada berguna · menubuatkan mimpi-mimpi: Yer 23:25; Yer 23:25 · serta menyesatkan: Yer 23:13; Yer 23:13; Yer 50:6; Yer 50:6 · dengan dustanya: ...

· menubuatkan mimpi-mimpi: Yer 23:25; [Lihat FULL. Yer 23:25]

· serta menyesatkan: Yer 23:13; [Lihat FULL. Yer 23:13]; Yer 50:6; [Lihat FULL. Yer 50:6]

· dengan dustanya: Ayub 13:4; [Lihat FULL. Ayub 13:4]; Yeh 13:3; 22:28

· pernah mengutus: Yer 14:14; [Lihat FULL. Yer 14:14]

· tiada berguna: Yer 7:8; Rat 2:14

Ref. Silang FULL: Yer 23:33 - Apakah Sabda // akan Kubuang · Apakah Sabda: Mal 1:1 · akan Kubuang: 2Raj 21:14; 2Raj 21:14

· Apakah Sabda: Mal 1:1

· akan Kubuang: 2Raj 21:14; [Lihat FULL. 2Raj 21:14]

Ref. Silang FULL: Yer 23:34 - tentang Sabda // Kulakukan pembalasan · tentang Sabda: Rat 2:14 · Kulakukan pembalasan: Za 13:3

· tentang Sabda: Rat 2:14

· Kulakukan pembalasan: Za 13:3

Ref. Silang FULL: Yer 23:35 - Apakah jawab · Apakah jawab: Yer 33:3; 42:4

· Apakah jawab: Yer 33:3; 42:4

Ref. Silang FULL: Yer 23:36 - telah memutarbalikkan // yang hidup · telah memutarbalikkan: Gal 1:7-8; 2Pet 3:16 · yang hidup: Yos 3:10; Yos 3:10

· telah memutarbalikkan: Gal 1:7-8; 2Pet 3:16

· yang hidup: Yos 3:10; [Lihat FULL. Yos 3:10]

Ref. Silang FULL: Yer 23:39 - dan membuang · dan membuang: Yer 7:15; Yer 7:15

· dan membuang: Yer 7:15; [Lihat FULL. Yer 7:15]

Ref. Silang FULL: Yer 23:40 - dan noda · dan noda: Yer 20:11; Yer 20:11; Yeh 5:14-15

· dan noda: Yer 20:11; [Lihat FULL. Yer 20:11]; Yeh 5:14-15

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yer 23:1-8 - Nubuat-nubuat Injil Dalam pasal ini Nabi Yeremia, dalam nama Allah, menyatakan teguran-teguran dan ancaman-ancamannya, I. Kepada para pemimpin atau gembal...

Matthew Henry: Yer 23:9-32 - Kesalahan Nabi-nabi Palsu Kesalahan Nabi-nabi Palsu (23:9-32) Di sini ada pelajaran yang panjang untuk nabi-nabi palsu. Sama seperti tidak ada yang lebih pahit hati dan me...

Matthew Henry: Yer 23:33-40 - Kecemaran Orang Banyak; Berbagai Teguran dan Ancaman Kecemaran Orang Banyak; Berbagai Teguran dan Ancaman (23:33-40) Kecemaran bangsa itu, beserta kecemaran para imam dan nabi, di sini dicela dalam ...

SH: Yer 23:1-8 - Tanggung jawab (Jumat, 6 Oktober 2000) Tanggung jawab Walaupun semua bencana dan malapetaka didatangkan Tuhan sebagai hukuman atas umat-Nya yang berdosa, para gembala Yehuda yaitu ...

SH: Yer 23:1-40 - Allah melawan nabi palsu (Rabu, 15 November 2006) Allah melawan nabi palsu Menegur kesalahan orang lain tidak mudah, apalagi kalau orang itu rekan kita sendiri dan bahkan seorang rohaniwan. Yere...

SH: Yer 23:1-8 - Tunas adil (Senin, 6 Oktober 2014) Tunas adil Dalam perjanjian Tuhan dengan Daud ditegaskan bahwa fungsi raja ialah gembala. Daud merupakan gambaran raja yang berjiwa gembala, yang mem...

SH: Yer 23:1-8 - Hiduplah dalam Pengharapan (Senin, 28 Februari 2022) Hiduplah dalam Pengharapan Jika dalam beberapa perikop sebelumnya teguran Tuhan ditujukan kepada raja-raja Yehuda, dalam bacaan kali ini teguran itu ...

SH: Yer 23:9-24 - Kristen dan pemimpin rohani (Sabtu, 7 Oktober 2000) Kristen dan pemimpin rohani Kualitas spiritual, moral, dan kemampuan seorang pemimpin menentukan kesejahteraan rakyatnya baik dalam negara, dala...

SH: Yer 23:9-40 - Baca Gali Alkitab 6 (Selasa, 7 Oktober 2014) Baca Gali Alkitab 6 Apa saja yang Anda baca? 1. Kepada siapakah ditujukan dakwaan dalam ayat 1-2a? Siapakah yang dimaksud? 2. Siapakah yang dimaksu...

SH: Yer 23:9-20 - Menentang nabi palsu (Selasa, 7 Oktober 2014) Menentang nabi palsu Di negeri kita yang tercinta, hampir semua lini kehidupan sudah terkontaminasi oleh korupsi dan manipulasi. Bukan hanya pada kep...

SH: Yer 23:9-20 - Shalom yang Semu (Selasa, 1 Maret 2022) Shalom yang Semu Kata shalom (damai/ selamat) adalah kata yang disukai dan digunakan kebanyakan orang Kristen. Tidak mengherankan bahwa kebanyakan um...

SH: Yer 23:21-40 - Lagi, menentang nabi palsu (Rabu, 8 Oktober 2014) Lagi, menentang nabi palsu Nabi palsu berkata-kata dari dirinya sendiri, bukan dari Tuhan. Namun mengatasnamakan Tuhan untuk menyenangkan pendengarny...

SH: Yer 23:21-40 - Hukuman Berat bagi Pewarta Palsu (Rabu, 2 Maret 2022) Hukuman Berat bagi Pewarta Palsu Dari zaman Alkitab sampai sekarang banyak orang berani menyampaikan berita palsu yang bertentangan dengan kehendak A...

SH: Yer 23:25-40 - Pengkhotbah dan firman-Nya (Minggu, 8 Oktober 2000) Pengkhotbah dan firman-Nya Setiap kebaktian Minggu di gereja-gereja Protestan dimulai dengan seorang penatua atau majelis gereja memberikan Alki...

Topik Teologia: Yer 23:1 - -- Gereja Kiasan dan Nama untuk Umat Allah, Gereja Kiasan dan Nama dalam Perjanjian Lama Domba Gembalaan Tuhan Maz 79:13 Maz 100:3 Ye...

Topik Teologia: Yer 23:3 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Yer 23:4 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Natur yang Terkait dari Umat Manusia Israel sebagai Kesatuan yang Terkait Individu Merepresentasikan Isr...

Topik Teologia: Yer 23:5 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Nubuat-nubuat tentang Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Keselamatan Kesel...

Topik Teologia: Yer 23:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan Keadilan Kita Yer 23:6 ...

Topik Teologia: Yer 23:14 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Yer 23:23 - -- Allah yang Berpribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 Maz 33:13-15 Maz 104:29-30 Maz 1...

Topik Teologia: Yer 23:29 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus

Topik Teologia: Yer 23:36 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Allah yang Hidup, Tuhan Semesta Alam Yer 23:36...

TFTWMS: Yer 23:1-4 - Janji Allah Untuk Menangani Gembala Yang Jahat JANJI ALLAH UNTUK MENANGANI GEMBALA YANG JAHAT (Yeremia 23:1-4) Ketika bangsa mana saja jatuh, penyebab utamanya adalah kepemimpinan yang buruk. Umat...

TFTWMS: Yer 23:5-8 - Janji Allah Tentang Mesias Dan Kepulangan Yang Gemilang JANJI ALLAH TENTANG MESIAS DAN KEPULANGAN YANG GEMILANG (Yeremia 23:5-8) Janji besar di dalam ayat 5 dimulai dengan kata-kata 'Sesungguhnya, wak...

TFTWMS: Yer 23:9-40 - Hukuman Allah Untuk Nabi-nabi Palsu HUKUMAN ALLAH UNTUK NABI-NABI PALSU (Yeremia 23:9-40) Ancaman Mereka (ay. 9-15) Orang mungkin melontarkan pertanyaan 'Jika Allah akan membiarkan...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yeremia Tema : Hukuman Allah Tidak Terelakkan bagi Yehuda yang Tidak Bertobat. Tanggal Penulisan: + ...

Full Life: Yeremia (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yeremia (Yer 1:1-19) II. Firman Nubuat Yeremia Kepada Yehuda (Yer 2:1-33:...

Matthew Henry: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama, seperti surat-surat kerasulan dalam Perjanjian Baru, ditempatkan lebih menurut panjang pendeknya daripada m...

Jerusalem: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA Nabi Yeremia lahir di sekitar thn. 650 seb. Mas., lebih kurang seabad lebih sedikit sesudah nabi Yesaya. Yeremia berasal dari sebuah keluarga ...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) JEREMIAH PENDAHULUAN Didjaman terachir dari sedjarah umat Allah sebelum api penjutjian jang berupa pembuangannja ke Babel dalam th.587, karunia kenabi...

Ende: Yeremia (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Yeremia 23 Yang Asli & Yang Palsu Berkaitan erat dengan pasal sebelumnya, pasal 23 secara unik menggabungkan pelbagai nubuatan tentang kejatuhan...

TFTWMS: Yeremia (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ibr.: 'abad-"… menjadi sesat < mengembara < binasa, dihancurkan < digunakan tentang negeri dan rumah yang men...

BIS: Yeremia (Pendahuluan Kitab) YEREMIA PENGANTAR Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja

YEREMIA

PENGANTAR

Nabi Yeremia hidup antara bagian terakhir abad ketujuh dan bagian pertama abad keenam Sebelum Masehi. Lama sekali Yeremia bekerja sebagai nabi, dan selama waktu itu ia selalu memperingatkan umat Allah tentang bencana yang akan menimpa mereka karena mereka berdosa dan menyembah berhala. Nubuatan itu menjadi kenyataan pada masa Yeremia masih hidup: Nebukadnezar raja Babel merebut dan menghancurkan Yerusalem serta Rumah TUHAN yang ada di situ; raja Yehuda bersama rakyatnya diangkut ke Babel. Yeremia juga menubuatkan bahwa orang-orang itu akan kembali dari pembuangan dan keadaan bangsa Israel pulih kembali.

Buku Yeremia dapat dibagi dalam beberapa bagian seperti yang berikut ini:

  1. (1) Pesan dari TUHAN kepada bangsa Yehuda dan penguasa-penguasanya pada masa pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia.
  2. (2) Petikan-petikan dari buku catatan Barukh sekretaris Yeremia, termasuk berbagai nubuatan dan peristiwa penting dalam kehidupan Yeremia.
  3. (3) Pesan dari TUHAN tentang berbagai bangsa asing.
  4. (4) Catatan pelengkap mengenai kisah jatuhnya Yerusalem dan pembuangan ke Babel.

Nabi Yeremia adalah seorang yang berperasaan halus. Ia sangat cinta kepada bangsanya, dan sama sekali tidak suka menubuatkan hukuman ke atas mereka. Di dalam beberapa bagian dari bukunya ia berbicara dengan penuh perasaan tentang penderitaannya karena ia dipanggil oleh Allah untuk menjadi nabi. Perkataan TUHAN adalah seperti api di dalam hatinya; mau tidak mau ia harus menyampaikannya kepada bangsanya.

Yang paling indah dalam buku ini ialah kata-kata TUHAN yang menunjuk kepada suatu masa yang akan datang. Pada masa itu akan ada suatu ikatan janji yang baru dengan Allah. Umat TUHAN akan mentaati janji itu tanpa ada guru yang mengingatkan mereka. Sebab janji itu akan tertulis di dalam hati mereka (Yer 31:31-34).

Isi

  1.  Panggilan Yeremia
    Yer 1:1-19
  2.  Nubuat-nubuat selama pemerintahan Yosia, Yoyakim, Yoyakhin, dan Zedekia
    Yer 2:1-25:38
  3.  Kejadian-kejadian dalam kehidupan Yeremia
    Yer 26:1-45:5
  4.  Nubuat-nubuat terhadap bangsa-bangsa
    Yer 46:1-51:64
  5.  Jatuhnya Yerusalem
    Yer 52:1-34

Ajaran: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia ad

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Yeremia, anggota Jemaat mengerti bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak-anaknya, tetapi juga Ia adalah Allah Yang Maha Pengampun terhadap anak-anak-Nya yang mau bertobat dari dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yeremia.

Isi Kitab: Kitab Yeremia terbagi atas 52 pasal, yang berisi hal sejarah pemberitaan penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel karena ketidaktaatannya dan pemberitaan tentang kelahiran Raja, tunas dari Daud serta keadaan dalam pemerintahannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yeremia

  1. Pasal 1 (Yer 1:1-19).

    Yeremia dipanggil menjadi hamba Allah

    Pendalaman

    Perhatikan pasal 1; Yer 1:1-19 dan apakah yang terjadi dengan Yeremia?

  2. Pasal 2-25 (Yer 2:1-25:38).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan Yehuda

    1. Allah mencela kejahatan bangsa Yehuda. (Pasal 2-10; Yer 2:1-10:25).
    2. Penganiayaan terhadap Yeremia di Anatot. (Pasal 11; Yer 11:1-23).
    3. Yeremia memberitakan kejahatan dan dosa bangsa Yehud (Pasal 13-20; Yer 13:1-20:18).
    4. Pemberitaan tentang pembuangan bangsa Yehuda ke Babe selama 71 tahun (Pasal 25; Yer 25:1-38).

    Pendalaman

    Mengapakah bangsa Israel dihukum Allah dan ke manakah mereka akan dibuang? (perhatikan pasal 25; Yer 25:1-38).

  3. Pasal 26-45 (Yer 26:1-45:5).

    Penjelasan tentang pelayanan Yeremia

    1. Yeremia memberitakan kehancuran Bait Suci dan penganiayaan ole Hananya terhadap dirinya (pasal 26-29; Yer 26:1-29:32).
    2. Yeremia memberitahukan janji Allah tentang pemulihan keadaan bangs Israel, serta diperbaharuinya janji Allah kepada bangsa Israel (pasa 30- 34; Yer 30:1-34:22).
    3. Yeremia dimasukkan ke dalam sumur karena pemberitaannya (pasal 37-39 Yer 37:1-39:18).
    4. Yeremia terpaksa ikut mengungsi ke Mesir (pasal 40-45; Yer 40:1-45:5).

    Pendalaman

    (1). Perhatikan pasal Yer 31:31-34. Apakah yang dikatakan tentang Perjanjian Baru? (2). Mengapakah Yeremia dimasukkan ke dalam sumur? (pasal Yer 37:1-6) (3). Dan apa yang terjadi selanjutnya? (pasal Yer 43:1-7).

  4. Pasal 46-51 (Yer 46:1-51:64).

    Pemberitaan tentang masa depan bangsa-bangsa lain.

    1. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa-bangsa Mesir, Filistin Moab, Amon, Edom, Damsyik (pasal 46-49; Yer 46:1-49:39).
    2. Pemberitaan keadaan masa depan bangsa Babe (pasal 50-51; Yer 50:1-51:64).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yer 46:27-28. Apakah yang terjadi atas bangsa-bangsa Mesir, Filistin, Moab, Amon, Edom, Damsyik, Babel, dan juga atas bangsa Israel?

  5. Pasal 52 (Yer 52:1-34).

    Pemberitaan tentang kehancuran kota suci di Yerusalem.

    Pendalaman Apakah sebabnya kota Yerusalem dihancurkan? (bacalah pasal Yer 52:1-3).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa di dalam melayani dan menjadi hamba Allah kita tidak terlepas dari penderitaan dan aniaya.

  2. Panggilan Yeremia mengajarkan bahwa Allah mau memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya dengan sepenuh waktu.

  3. Kitab Yeremia mengajarkan bahwa Allah sangat membenci ketidaktaatan anak- anak-Nya, tetapi Ia mengampuni anak-anak-Nya yang mau bertobat dari kesalahannya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Yeremia?
  2. Apakah isi Kitab Yeremia?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Yeremia?

Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) Kesia-siaan formalitas MASALAH NUBUATANKitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

Kesia-siaan formalitas

MASALAH NUBUATAN
Kitab Yeremia sulit dibaca secara berurutan karena panjang dan tidak mempunyai pola kronologis yang teratur.

PENJELASAN
Pertama, tidak ada alasan mengapa suatu buku harus dibuat dalam urutan kronologis yang teratur. Kitab ini tidak dimaksudkan sebagai buku sejarah, walaupun berisi fakta-fakta sejarah. Yeremia merupakan kitab nubuatan, bukan semata-mata buku sejarah. Kedua, dalam pasal Yer 36 diterangkan bahwa telah terjadi penulisan kembali dari kitab aslinya. Raja Yoyakim membaca naskah aslinya, tetapi kemudian dibakarnya. Secara umum dapat dikatakan bahwa pasal Yer 1:1-20:18 kebanyakan ditulis pada masa pemerintahan Yosia dan sisanya dari masa pemerintahan Yoyakim, yaitu Yoyakim dan Zedekia. Selain itu, bagian pertama terutama berisi nubuatan ditambah dengan sedikit biografi dan sejarah, tetapi bagian kedua merupakan biografi dan sejarah ditambah sedikit nubuatan.

KEHIDUPAN DAN ZAMAN YEREMIA
Yeremia menjadi nabi selama lebih dari empat puluh tahun: dari tahun ketiga belas Raja Yosia, yaitu tahun 627 SM sampai penghancuran kota Yerusalem dan permulaan masa pengasingan dalam tahun 587/6 SM. Yeremia dibesarkan pada masa pemerintahan Raja Manasye yang membelot dari Tuhan, dan melihat sedikit perbaikan pada zaman reformasi Yosia, tetapi tidak terjadi pertobatan secara nasional. Pada permulaan masa ini Asyur dan Mesir merupakan dua kekuatan besar. Bangsa Asyur dikalahkan oleh Babel pada tahun 612 SM dan demikian halnya dengan Mesir yang dihancurkan di Karkemis pada tahun 605 SM. Sejak saat itu Yeremia terus menerus mendorong Yehuda untuk menyerah kepada Babel, untuk menerima segala konsekuensi dari dosa-dosa mereka yaitu Pembuangan. Dia tahu bahwa masa Pembuangan akan berakhir dengan pengampunan dan pemulihan Allah secara dramatis.

PESIMIS ATAU OPTIMIS?
Yeremia sering disebut "Nabi Kehancuran". Tetapi dia juga "Nabi yang Pengharapannya tak pernah goyah". Hukuman atas dosa tidak dapat dihindari, tetapi di atas semua itu Yeremia melihat bahwa Allah selalu menunggu untuk mengampuni. Yeremia membeberkan tiga dosa yang utama:
o penyembahan berhala. Yer 7:30-8:3; 19:1-15;
o amoralitas. Yer 5:1-9
o nubuatan palsu: Yer 7:3-11; 14:11-16; 23:9-40
Ajaran Yeremia yang utama ialah bahwa tidaklah cukup hanya mengetahui dosa-dosa kita atau bahkan menyesalinya saja. Pertobatanlah yang dituntut oleh Allah.

Pesan

Yer 7:1-29
Ayat-ayat ini mengandung ringkasan dari pesan Yeremia yang ditulis dengan jelas. Di sini kita melihat lima tahapan; melalui Yeremia, Allah:
o menuntut dan menggambarkan pertobatan yang sejati
o menyadarkan umat akan perasaan aman mereka yang tidak benar
o merinci dosa-dosa mereka
o menerangkan tentang isi Hukum yang benar
o memperingatkan tentang penghukuman yang tak dapat dihindari

1. Tempat semua itu terjadi
Yeremia seorang pengkhotbah, bukan penulis. Dia harus berbicara di muka umum. Yang dimaksud dengan pintu gerbang Rumah Tuhan mungkin pintu yang terletak antara halaman dalam dan luar tempat jemaat yang berbakti di dalam dan para pedagang yang berada di luar dapat mendengar. Yer 7:1,2a

2. Yeremia mulai dengan himbauan
"Perbaikilah cara hidup dan tingkah lakumu." Pertobatan bukanlah semata-mata mengatakan "saya menyesal", tetapi perubahan sikap dan perbuatan. Perhatikan bagaimana orang Yehuda merasakan perasaan aman yang bodoh: "Ini adalah Rumah Tuhan", oleh karena kita memiliki Rumah Tuhan maka kita pun memiliki Allah. Kehadiran Allah secara nyata dibuktikan oleh sikap dan perbuatan kita, bukan dengan memiliki simbol-simbol keagamaan berupa salib atau Alkitab dan gereja. Yer 7:2-8

3. Aman terhadap dosa
Inilah pendapat mereka: kita mempunyai Rumah Tuhan, oleh karena itu kita boleh bertindak semau kita. Pencurian, pembunuhan, perzinahan, kebohongan, bahkan penyembahan berhala... setelah itu kita pergi ke gereja untuk sedikit beribadat. Yer 7:9-11

4. Silo
Pada waktu bangsa Israel memasuki Kanaan, didirikanlah Tenda Pertemuan di Silo, dan Silo tetap merupakan pusat penyembahan sampai pada zaman Hakim-hakim. Tetapi Mazmur 78:56-64 menggambarkan bahwa Silo dihancurkan ketika mereka memberontak, dan bangsa Yahudi seharusnya sekarang menyadari bahwa bangunan Rumah Tuhan sekalipun tidak dapat menyelamatkan mereka. Yer 7:12-15

5. Dosa keluarga
Seluruh anggota keluarga bergabung dalam penyembahan kepada Istar, dewi perang dan cinta. Perhatikan bukan saja hal-hal yang baik yang menarik, tetapi juga hal-hal yang buruk. Yer 7:16-20; 2Ti 1:4,5

6. Ketaatan, bukti iman
Inti dari kesalehan bukanlah pengorbanan tetapi kerendahan hati, ketaatan dan cara hidup yang suci. Yer 7:21-29

Penerapan

1. Sindrom kesuksesan
Banyak orang Kristen yang beranggapan salah dengan berharap bahwa jika mereka menjalani hidup yang baik, maka mereka akan hidup dalam kelimpahan, terpandang dalam masyarakat dan dihormati. Hal ini memang seringkali terjadi. Kitab Yeremia mengingatkan bahwa hal ini tidak selamanya demikian. Orang yang selalu dapat diandalkan karena berbicara benar boleh jadi akan menjadi bahan tertawaan.

2. Penampilan agama
Pada suatu ketika seorang Hindu menyampaikan pendapatnya di hadapan seorang misionaris Kristen, "Saya tidak akan pernah mengampuni Saudara, karena Saudara mengatakan bahwa kekristenan itu suatu agama". Kekristenan bukanlah hanya suatu agama dengan peraturan-peraturan yang harus dipatuhi, berpuasa dan perayaan-perayaan serta doa-doa yang dipanjatkan. Kekristenan merupakan suatu jalan kehidupan. Kekristenan adalah kehidupan, kehidupan yang utuh. Di sinilah kegagalan yang menyedihkan yang dialami oleh bangsa Yahudi pada zaman Yeremia. Mereka semuanya "beragama". Mereka semua percaya kepada tuhan... segala macam tuhan. Pasal Yer 7 memperingatkan tentang hal-hal lahiriah dalam penampilan agama. Surat Yakobus yang pendek banyak mengulas hal ini.

3. Dosa yang tak terampuni
Apakah kita dapat melakukan sesuatu semau kita? Mungkinkah menantang Allah terus menerus? Tidak bertobat sampai akhirnya terlambat? Pasal Yer 16 menunjukkan bahwa hal itu mungkin, kita dapat menantang Allah sedemikian rupa sampai Dia meninggalkan kita. Di bawah ini adalah sebagian dari firman Tuhan yang paling serius dari keseluruhan isi Alkitab: "Aku telah menarik damai sejahtera pemberian-Ku daripada bangsa ini" (Yer 16:5). Perhatikan juga keterbatasan pengampunan yang ada dalam Perjanjian Baru (Mat 12:22-37).

Tema-tema Kunci

1. Dosa
Orang mempunyai pengertian yang salah tentang dosa. Dosa merupakan suatu istilah keagamaan yang diartikan sebagai pengabaian kewajiban keagamaan. Oleh karena itu, Allah hanya berurusan dengan apa yang terjadi pada suatu hari dalam seminggu, dan apa yang terjadi pada enam hari lainnya bukan urusan-Nya! Bacalah dengan saksama semua pasal dan catatlah semua hal yang dianggap oleh Yeremia sebagai dosa manusia. Apa yang menjadi pertanda yang umum? Lihat Yohanes 16:5-11. Apa definisi dosa?
Mengapa kita boleh berharap bahwa percaya kepada Yesus akan mengubah tingkah laku manusia?

2. Penyembahan berhala: dosa dan lambang-lambang
Suatu hal yang aneh bahwa kita selalu ingin melihat sesuatu pada waktu beribadah. Oleh karena itu, agama-agama dunia biasanya memberikan sesuatu, misalnya patung-patung Budha raksasa yang tersebar di seluruh Asia. Tetapi, perhatikanlah bagaimana lambang-lambang alkitabiah pada akhirnya berubah menjadi ilah-ilah. Pelajari kisah tentang ular tembaga (Bil 21:4-9; 2Ra 18:1-4). Pelajari sejarah Tabut Perjanjian (Kel 25:10-22; 1Sa 4:11). Perhatikan juga larangan Allah terhadap segala bentuk patung dewa untuk disembah (Kel 20:4-6,22,23). Bagaimana semua ini berhubungan dengan kekristenan? Apakah ada bahaya dalam penggunaan salib waktu beribadah?

3. Khotbah dengan menggunakan ilustrasi
Yeremia banyak menggunakan ilustrasi dalam khotbahnya untuk memastikan bahwa orang akan mengingat apa yang telah dikatakannya. Dia berbicara mengenai perkawinan, perceraian dan pelacuran. Dia berbicara mengenai tenda dan pokok anggur. Dia menggambarkan perang, kereta dan kelahiran, burung-burung di sangkar, unta di gurun. Kumpulkanlah semua ilustrasi itu. Bandingkan mereka dengan jenis ilustrasi yang dipakai oleh Tuhan kita. Mengapa mereka sedemikian mirip? Jenis ilustrasi bahasa yang bagaimana yang kita harapkan digunakan oleh Yeremia modern?

4. Penjunan (pasal 18)
Telusuri tema ini dalam seluruh Alkitab. (Lihat khususnya Maz 2:1-9; Yes 45:9,10; 64:8,9; Rom 9:19-29.) Apa hubungan utama antara penjunan dan tanah liat? Mengapa?

YEREMIA (2)

Arti keberhasilan

KEBERHASILAN YEREMIA
Bagian kedua dari kitab nubuatan ini sebagian besar merupakan riwayat hidup. Kita melihat apa yang terjadi pada utusan Allah yang setia itu. Dia berhasil karena melakukan apa yang Allah perintahkan, tidak lebih dan tidak kurang; sebab apa yang dinubuatkannya menjadi kenyataan; sebab Allah terus memakainya sebagai utusan-Nya yang istimewa dan sebab Yeremia menyukakan hati Allah. Tetapi dilihat dari sudut manusiawi dia tidak terlalu berhasil. Yeremia ditentang oleh nabi-nabi lainnya, diserahkan oleh penguasa kepada orang banyak, diancam dan dipenjarakan.

PENULISNYA
Nama Yeremia mungkin berarti "Allah meninggikan". Nama itu boleh jadi merupakan harapan orang-tuanya atas Israel, tetapi arti itu lebih mendekati apa yang diharapkan oleh mereka untuknya. Yeremia menerima panggilan pada waktu masih muda, dan ia menjadi juru bicara Allah selama empat puluh tahun. Dia tetap dipakai sampai pada akhir hidupnya. Dan, dia tetap dipakai bahkan sesudah kematiannya. Namanya sering dikutip dalam Perjanjian Baru. Yeremia dibesarkan pada waktu pemerintahan raja Manasye yang jahat, oleh karenanya ia menyambut baik reformasi yang dilakukan oleh raja Yosia. Tetapi lambat laun ia menyadari bahwa perubahan yang terjadi hanya hal- hal yang di luar saja. Perubahan itu tidak menyentuh kehidupan rakyat, hati maupun motivasi mereka. Dengan demikian, tugas Yeremia menjadi nyata sebagai orang yang harus memberitakan hukuman yang tidak dapat dihindari -- namun janji keselamatan, tetapi penghakiman harus diterima terlebih dahulu.

RAJA-RAJA
Raja ketiga dari kelima raja yang memerintah pada masa hidupnya dan yang dikhotbahinya dapat dikatakan lebih menonjol daripada yang lain. Dalam pasal Yer 36 Yoyakim diberi kesempatan untuk mempelajari nubuatan Yeremia secara mendalam. Kata-kata nubuatan ditulis dan dibacakan untuknya. Tetapi perhatikanlah komentar ini: "Raja... tidak menunjukkan rasa takut..." (Yer 24). Reaksi Yoyakim adalah menghancurkan gulungan yang berisi perkataan-perkataan Yeremia. Percobaan untuk menolak kebenaran dan menghindarkan diri dari maksud pesan Yeremia itu mengalami kegagalan. Sebenarnya ia bahkan tidak mendapat kepuasan dari perusakan kitab tersebut. Dia malah membuka jalan untuk penulisan kitab yang lebih panjang dengan tema yang sama. Firman Tuhan tidak akan lenyap apabila diabaikan atau diserang (Yes 40:8).

Pesan

Yeremia menunjukkan kepada kita apa artinya menjadi utusan Allah.

1. Panggilan terhadap Yeremia
Yeremia sama seperti Yesaya (Yes 6) merasa tidak mampu untuk memikul tugas yang dibebankan kepadanya, ia juga mengalami jamahan Allah. Yer 1:1-10

2. Pelajaran dari buli-buli tanah liat
Yeremia menggunakan alat bantu visual. Buli-buli yang pecah merupakan lambang penghakiman. Reaksi terhadap kejadian itu seharusnya pertobatan. Hal itu tidak pernah terjadi. Sebaliknya iman Yeremia sendiri diserang. Dia dipenjarakan, dan berseru (Yer 20:7-18) "Mengapa?" Harapannya ditelanjangi, kecuali harapannya terhadap Allah. Yer 19:1-20:18

3. Insiden tentang kuk
Bukan saja tidak mendapat tanggapan dari rakyat, Yeremia malahan diperhadapkan dengan para "nabi" lain. Dapat diterka bahwa di antara tuduhan-tuduhan mereka terdapat "kecongkakan". Para pengkhotbah dewasa ini dapat mengalami perlakuan yang sama. Yer 27:1-28:17

4. Yeremia dan orang-orang Rekhab
Selalu ada penghiburan: orang-orang Rekhab dengan kesetiaan mereka yang sederhana terhadap nenek moyang mereka merupakan pengecualian yang mendorong semangat. Jangan terlalu menekankan hal-hal yang suram (lihat Elia, 1Ra 19:1-18). Yer 35:1-19

5. Insiden kitab gulungan
Yeremia tidak mendapat dukungan dari rakyat, nabi, imam atau raja. Berita mengenai pembakaran kitab ini boleh jadi membuatnya patah semangat, tetapi Yeremia tetap berjuang. Yer 36:1-32

6. Dari penjara bawah tanah sampai tangki air
Apa yang dipikirkannya waktu penderitaan yang di hadapinya dan bukannya kelepasannya? Dan pertolongan datang dari sumber yang tidak diduga-dua, seorang Etiopia. Yer 37:1-38:13

7. Tidak ada akhir yang bahagia
Seperti Yeremia, beberapa utusan Allah hanya melihat cahaya terang pada akhir terowongan... Yer 41:1-44:30

Penerapan

1. Kapan bersikap pesimis
Kitab Yeremia menyajikan suatu pengajaran yang sangat penting bagi para pengkhotbah: tidak mungkin mengkhotbahkan berita kesukaan tanpa mengkhotbahkan juga berita yang buruk. Yeremia tahu seluk beluk kasih Allah, perjanjian dengan Allah, kuasa Allah untuk menyelamatkan dan keinginan Allah untuk menyelamatkan. Tetapi misi-Nya tidak hanya memberitakan penyelamatan, melainkan juga penghakiman. Orang yang berkhotbah mengenai keselamatan boleh jadi mendapati bahwa dirinya disenangi, tetapi berkhotbah mengenai penghakiman... mengandung kemungkinan dipukuli dan dilempari batu serta dipenjarakan. Dapat menawarkan keselamatan bagi manusia merupakan hal yang indah. Tetapi hukuman dan penghakiman merupakan sisi lain dari koin yang sama yang merupakan bagian yang sama pentingnya dengan berita tentang penyelamatan Allah. Anugerah murahan adalah surga tanpa neraka, keselamatan tanpa pertobatan, kasih tanpa keadilan, kerasulan tanpa disiplin.

2. Perasaan iba Yeremia
Tetapi terdapat banyak pengkhotbah yang menyenangi neraka. Merka senang sekali berkhotbah tentang neraka. Yeremia bukanlah manusia seperti itu. Dia tentunya akan merasa senang untuk berpikir bahwa nubuatan Nabi Hananya tentang kedamaian akan digenapi: "Amin! Moga-moga Tuhan berbuat demikian!" (Yer 28:6). Tetapi dia harus terus meyakinkan mereka bahwa hal ini bukan kehendak Allah. Pengkhotbah tidak boleh selalu memikirkan tentang neraka. Allah sendiri pun tidak demikian! Neraka harus dikhotbahkan... tetapi harus selalu didorong oleh rasa belas kasihan seperti yang dimiliki Yeremia, dan bukan karena perasaan culas.

3. Kerendahan hati pengkhotbah
Dari permulaan ("Aku ini masih muda", Yer 1:6) sampai pada akhirnya Yeremia tahu menempatkan dirinya. Semuanya selalu dikatakannya: "Beginilah firman Tuhan" (Yer 51:1, dan seterusnya).

Tema-tema Kunci

1. Pesan yang terkandung dalam sejarah
Meskipun kitab Yeremia tidak disusun secara kronologis, kitab ini tidak dapat dimengerti dengan baik jika tidak dalam konteks sejarah yang bersangkutan. Bagaimanapun juga Yeremia aktif bekerja selama empat puluh tahun, yaitu selama masa pemerintahan lima orang raja dan mungkin juga pada masa yang paling penuh kekerasan dalam sejarah bangsa Israel. Telusuri kembali latar belakang sejarahnya melalui 2Ra 21:1-25:30 (masa pemerintahan raja Manasye, pada waktu Yeremia masih kecil) dan 2Ta 33:1-36:23. Perhatikan adanya penunjukkan tentang waktu dalam nubuatan-nubuatan Yeremia (Yer 1:2,3; 3:6; 21:1; 24:1; 26:1; 27:1; 28:1; 29:2; 32:1; 34:1,8; 35:1; 36:1; 37:1; 38:14; 39:1; 41:1; 45:1; 49:34). Cobalah untuk menghubungkan sejarah dengan nubuatan Yeremia.

2. Nubuatan juga teologi
Perhatikan bahwa dalam "Buku Penghakiman Kedua" (pasal Yer 46-51), yang di dalamnya tertulis mengenai penghakiman terhadap sepuluh kelompok orang, tempat yang paling sering dipakai adalah Babel (Yer 50:1-46; 51:1-64). Babel mempunyai arti teologi penting dalam Alkitab, yang dimulai dengan pemberontakan terhadap Allah di Babel (nama lain untuk Babilonia dalam Wahyu 18. Perhatikan juga dua nyanyian ejekan dalam Yesaya yang masing-masing menjadi bagian penting dalam nubuatan Yesaya (pasal Yer 13 dan Yer 47). Bandingkanlah kedua pasal itu. Bandingkan sejarah kerajaan Babel dengan jatuhnya Yerusalem. Arti penting apa yang dapat kita berikan pada kedua kota ini sebagai simbol teologi?

3. Kembali dari pembuangan ke Israel
Baik Yesaya maupun Yeremia banyak bercerita tentang pembuangan umat Allah dan kembalinya mereka ke Israel. Tetapi tidak semua nubuatan digenapi dengan kepulangan mereka dari pembuangan di bawah pimpinan Ezra dan Nehemia. Perhatikan ketujuh pernyataan yang dibuat mengenai kembalinya mereka (Yer 32:37-41). Berapa bagian dari nubuatan itu yang digenapi oleh orang-orang buangan yang kembali dari Babel? Berapa banyak yang sudah digenapi dengan kembalinya bangsa Israel pada zaman ini? Berapa banyak lagi yang masih harus dipenuhi? (Lihat juga Yesaya 43:1-21; 49:1-26; 52:1-12; 60:1-22).

Garis Besar Intisari: Yeremia (Pendahuluan Kitab) [1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38 [2] PENGANTAR Yer 1:1-19 Panggilan dan penugasan Yeremia [3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30 Yer 2:1-

[1] KITAB PENGHAKIMAN Yer 1:1-25:38

[2] PENGANTAR Yer 1:1-19

Panggilan dan penugasan Yeremia

[3] PENGANTAR PENGHAKIMAN Yer 2:1-6:30

Yer 2:1-3:5Dakwaan
Yer 3:6-4:4Himbauan untuk bertobat
Yer 4:5-31Peringatan: penghakiman dari Babel
Yer 5:1-31Tidak diketemukan orang yang saleh
Yer 6:1-30Peringatan kembali: penghakiman dari Babel

[4] KHOTBAH PENUNTUTAN Yer 7:1-10:25

Yer 7:1-29Hal-hal di luar agama
Yer 7:30-8:3Penghakiman atas penyembahan berhala I
Yer 8:4-22Ketegaran hati pendosa
Yer 9:1-26Pasal penuh air mata
Yer 10:1-16Penghakiman atas penyembahan berhala II
Yer 10:17-22Peringatan akan ancaman penghancuran
Yer 10:23-25Doa hamba Tuhan I

[5] HUKUMAN YANG AKAN DITERIMA Yer 11:1-13:27

Yer 11:1-17Perjanjian dan kutukan
Yer 11:18-23Rencana jahat terhadap hamba Allah I
Yer 12:1-17Keluhan: Mengapa orang jahat hidup makmur?
Yer 13:1-14Ikat pinggang yang terkubur dan guci anggur yang rusak
Yer 13:15-27Ancaman pembuangan

[6] BAYANGAN KEHANCURAN Yer 14:1-20:18

Yer 14:1-15:21Kekeringan, kelaparan dan perang
Yer 16:1-21Ketika Allah meninggalkan umat-Nya
Yer 17:1-11Nasib orang duniawi
Yer 17:12-18Doa hamba Allah II
Yer 17:19-27Pentingnya Hari Sabat
Yer 18:1-12Di rumah tukang periuk
Yer 18:13-17Tuduhan tukang periuk
Yer 18:18-23Rencana jahat terhadap hamba II
Yer 19:1-15Tanda dari periuk tanah liat
Yer 20:1-6Yeremia bertengkar dengan Imam Pasyur
Yer 20:7-18Keluhan hamba Allah

[7] KEHIDUPAN DAN KEMATIAN Yer 21:1-24:10

Yer 21:1-14Kapan hidup berarti mati dan mati berarti hidup
Yer 22:1-30Hukuman bagi raja-raja
Yer 23:1-8"Cabang yang Benar": tawaran pengampunan
Yer 23:9-40Nabi-nabi palsu
Yer 24:1-10Dua keranjang buah ara

[8] KESIMPULAN Yer 25:1-38

Yer 25:1-14Tujuh puluh tahun masa pembuangan
Yer 25:15-38Murka Allah

[1] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG PERTAMA Yer 26:1-29:32

Yer 26:1-15Ancaman kematian
Yer 26:16-24Pertahanan dan pembebasan
Yer 27:1-22Tanda kuk kayu
Yer 28:1-11Kuk kayu patah
Yer 28:12-17Kuk besi: "Coba patahkan!"
Yer 29:1-32Yeremia menulis sepucuk surat

[2] KITAB PENGHIBURAN Yer 30:1-33:26

Yer 30:1-24Belas kasihan setelah penghakiman
Yer 31:1-20Kembalinya hari-hari bahagia
Yer 31:21-40Hari-hari baru mengundang cara hidup yang baru
Yer 32:1-25Yeremia membeli ladang
Yer 32:26-44Pentingnya transaksi itu
Yer 33:1-26Janji kesehatan dan kesembuhan

[3] KITAB RIWAYAT HIDUP YANG KEDUA Yer 34:1-44:30

Yer 34:1-7 Raja Zedekia diberi peringatan
Yer 34:8-22Perbudakan: janji yang tidak ditepati
Yer 35:1-19Orang-orang Rekhab: minuman tak beralkohol dan tempat tidur yang keras
Yer 36:1-32Bakarlah kitab itu!
Yer 37:1-21Yeremia dipenjarakan
Yer 38:1-6Yeremia dimasukkan ke dalam perigi
Yer 38:7-13Kebaikan hati seorang penolong yang berani
Yer 38:14-28Zedekia mengajukan beberapa pertanyaan
Yer 39:1-18Jatuhnya kota Yerusalem
Yer 40:1-6Yeremia dibebaskan
Yer 40:7-41:3Gubernur dibunuh
Yer 41:4-15Sebuah kisah penganiayaan dan pembunuhan massal
Yer 41:16-42:22Mengungsi ke Mesir? "Tidak!" kata Yeremia
Yer 43:1-13Mengungsi ke Mesir? "Ya" kata Yohanan
Yer 44:1-30Mengungsi ke Mesir? "Kasihan!" kata Allah

[4] KITAB PENGHAKIMAN YANG KEDUA Yer 45:1-51:64

Yer 45:1-5Pengantar: pesan untuk Baruk
Yer 46:1-28Pesan untuk Mesir
Yer 47:1-7Pesan untuk orang Filistin
Yer 48:1-47Pesan untuk orang Filistin
Yer 49:1-6Pesan untuk Amon
Yer 49:7-22Pesan untuk Edom
Yer 49:23-27Pesan untuk Damsyik
Yer 49:28-33Pesan untuk Kedar dan Hazor
Yer 49:34-39Pesan untuk Elam
Yer 50:1-51:64Penutup: pesan untuk Babel

[5] TAMBAHAN FAKTA SEJARAH Yer 52:1-34

Yer 52:1-30Yerusalem ditaklukkan, rakyatnya dibuang ke pengasingan
Yer 52:31-34Tanda-tanda harapan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #21: Untuk mempelajari Sejarah/Latar Belakang kitab/pasal Alkitab, gunakan Boks Temuan pada Tampilan Alkitab. [SEMUA]
dibuat dalam 1.56 detik
dipersembahkan oleh YLSA