kecilkan semua  

Teks -- Yehezkiel 44:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pintu gerbang timur yang tertutup
44:1 Kemudian ia membawa aku kembali ke pintu gerbang luar dari tempat kudus, yang menghadap ke timur; gerbang ini tertutup. 44:2 Lalu TUHAN berfirman kepadaku: "Pintu gerbang ini harus tetap tertutup, jangan dibuka dan jangan seorangpun masuk dari situ, sebab TUHAN, Allah Israel, sudah masuk melaluinya; karena itu gerbang itu harus tetap tertutup. 44:3 Hanya raja itu, oleh karena ia raja boleh duduk di sana makan santapan di hadapan TUHAN. Raja itu akan masuk melalui balai gerbang dan akan keluar dari situ."
Petunjuk-petunjuk mengenai kebaktian dan imam-imam
44:4 Lalu dibawanya aku melalui pintu gerbang utara ke depan Bait Suci; aku melihat, sungguh, rumah TUHAN penuh kemuliaan TUHAN, maka aku sujud menyembah. 44:5 TUHAN berfirman kepadaku: "Hai anak manusia, perhatikanlah baik-baik, lihatlah dengan teliti dan dengarlah dengan sungguh-sungguh segala sesuatu yang hendak Kufirmankan kepadamu mengenai peraturan-peraturan rumah TUHAN dan tentang segala hukumnya dan perhatikanlah baik-baik siapa yang diperbolehkan masuk ke dalamnya: dan siapa yang harus ditolak dari tempat kudus. 44:6 Katakanlah kepada kaum pemberontak, yaitu kaum Israel: Beginilah firman Tuhan ALLAH: Cukuplah perbuatan-perbuatanmu yang keji itu, hai kaum Israel, 44:7 yang membiarkan orang-orang asing, yaitu orang-orang yang tidak bersunat hatinya maupun dagingnya masuk dalam tempat kudus-Ku dan dengan kehadirannya mereka menajiskannya waktu kamu mempersembahkan santapan-Ku, yaitu lemak dan darah. Dengan berbuat begitu kamu lebih mengingkari perjanjian-Ku dari pada dengan segala perbuatanmu yang keji yang sudah-sudah. 44:8 Kamu tidak memelihara barang-barang-Ku yang kudus dan kamu mengangkat mereka untuk memelihara kewajibanmu terhadap Aku di dalam tempat kudus-Ku. 44:9 Oleh sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Tidak seorangpun dari orang-orang asing yang hatinya dan dagingnya tidak bersunat, boleh masuk dalam tempat kudus-Ku, ya setiap orang asing yang ada di tengah-tengah orang Israel. 44:10 Tetapi orang-orang Lewi yang menjauh dari pada-Ku waktu Israel sesat dari pada-Ku dengan mengikuti berhala-berhala mereka, akan menanggung hukumannya. 44:11 Di dalam tempat kudus-Ku merekalah yang mendapat tugas penjagaan di pintu-pintu gerbang Bait Suci dan tugas pelayanan di dalam Bait Suci; merekalah yang menyembelih korban bakaran dan korban sembelihan bagi bangsa itu dan bertugas bagi bangsa itu untuk melayaninya. 44:12 Oleh karena mereka telah melayani bangsa itu di hadapan berhala-berhala mereka, dan mereka bagi kaum Israel telah menjadi batu sandungan, yang menjatuhkannya ke dalam kesalahan, oleh karena itu Aku bersumpah mengenai mereka, demikianlah firman Tuhan ALLAH, bahwa mereka akan menanggung hukumannya sendiri. 44:13 Mereka tidak akan mendekati Aku untuk melaksanakan tugas imam di hadapan-Ku ataupun mendekati segala barang-Ku yang kudus atau persembahan-persembahan maha kudus; mereka akan menanggung nodanya yang timbul karena perbuatan-perbuatan mereka yang keji. 44:14 Aku menetapkan mereka untuk bertugas di Bait Suci dan melakukan segala pelayanan yang berhubungan dengan itu dan melakukan segala sesuatu yang perlu di situ. 44:15 Tetapi mengenai imam-imam orang Lewi dari bani Zadok yang menjalankan tugas-tugas di tempat kudus-Ku waktu orang Israel sesat dari pada-Ku, merekalah yang akan mendekat kepada-Ku untuk menyelenggarakan kebaktian dan bertugas di hadapan-Ku untuk mempersembahkan kepada-Ku lemak dan darah, demikianlah firman Tuhan ALLAH. 44:16 Merekalah yang akan masuk ke dalam tempat kudus-Ku dan yang akan mendekati meja-Ku untuk menyelenggarakan kebaktian dan mereka akan menjalankan tugasnya terhadap Aku. 44:17 Maka kalau mereka hendak masuk dari pintu-pintu gerbang pelataran dalam, mereka harus mengenakan pakaian lenan; mereka tidak boleh memakai pakaian bulu domba waktu mereka bertugas di pintu-pintu gerbang pelataran dalam atau waktu menyelenggarakan kebaktian dalam Bait Suci. 44:18 Mereka harus memakai destar lenan dan memakai celana lenan, tetapi jangan memakai ikat pinggang yang menimbulkan keringat. 44:19 Dan waktu mereka keluar ke pelataran luar menjumpai umat TUHAN itu, mereka harus menanggalkan pakaian mereka yang mereka pakai dalam menyelenggarakan kebaktian dan menyimpannya dalam bilik-bilik kudus, kemudian mengenakan pakaian yang lain, supaya umat itu jangan menjadi kudus disebabkan kena kepada pakaian imam-imam itu. 44:20 Rambut mereka tidak boleh dicukur atau dibiarkan tumbuh panjang, melainkan harus dipotong pendek. 44:21 Imam-imam tidak boleh minum anggur, kalau mereka hendak masuk dalam pelataran dalam. 44:22 Janda atau seorang perempuan yang telah diceraikan oleh suaminya jangan mereka ambil menjadi isteri, tetapi hanya seorang perawan dari keturunan kaum Israel, atau seorang janda imam boleh mereka ambil. 44:23 Mereka harus mengajar umat-Ku tentang perbedaan antara yang kudus dengan yang tidak kudus dan memberitahukan kepada mereka perbedaan antara yang najis dengan yang tahir. 44:24 Di dalam sesuatu perkara mereka harus bertindak sebagai hakim dan mereka harus menghakiminya menurut peraturan-peraturan-Ku; mereka harus berpegang pada hukum-hukum-Ku dan ketetapan-ketetapan-Ku pada hari-hari raya-Ku dan menguduskan hari-hari Sabat-Ku. 44:25 Mereka tidak boleh melihat orang mati oleh karena dengan demikian mereka menjadi najis. Hanya dengan mayat bapaknya atau ibunya, anaknya lelaki atau perempuan, kakak adiknya lelaki, kakak adiknya perempuan yang belum kawin, mereka boleh menajiskan dirinya. 44:26 Sesudah pentahirannya ia harus menghitung tujuh hari, 44:27 dan pada hari ia masuk lagi ke tempat kudus, ke pelataran dalam, untuk menyelenggarakan kebaktian di tempat kudus, ia harus mempersembahkan korban penghapus dosanya, demikianlah firman Tuhan ALLAH. 44:28 Mereka tidak mendapat bagian milik pusaka, sebab Akulah milik pusakanya, dan janganlah berikan kepada mereka tanah milik di Israel, sebab Akulah milik mereka. 44:29 Persembahan, korban penghapus dosa dan korban penebus salah, merekalah yang harus memakannya dan segala yang dikhususkan di tanah Israel adalah bagian mereka. 44:30 Dan yang terbaik dari buah sulung apapun dan segala persembahan khusus dari apapun, dari segala persembahan khususmu adalah bagian imam-imam; juga yang terbaik dari tepung jelaimu harus kamu berikan kepada imam supaya rumah-rumahmu mendapat berkat. 44:31 Segala burung atau binatang yang sudah mati atau yang menjadi sisa mangsa binatang buas janganlah dimakan oleh imam-imam."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Lewi member of the tribe of Levi
 · orang-orang dari bani Lewi members of the tribe of Levi
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Lewi members of the tribe of Levi
 · Orang-orang suku Lewi members of the tribe of Levi
 · para orang Lewi members of the tribe of Levi
 · salah seorang Lewi members of the tribe of Levi
 · semua orang Lewi members of the tribe of Levi
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Lewi member of the tribe of Levi
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · suku Lewi member of the tribe of Levi
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Zadok a son of Azor; the father of Akim; an ancestor of Jesus,son of Ahitub II; high priest Zadok I in David's time,father of Jerusha, who was the mother of King Jotham,the chief priest Zadok II; son of Meraioth II,a man who was one of David's military elite from Aaron's clan,son of Baana; one of those who helped rebuild the wall,son of Immer; one of those who helped rebuild the wall,an Israelite chief who signed the covenant to keep God's law,a Levite who served as Nehemiah's scribe


Topik/Tema Kamus: Yehezkiel | Bilangan, Kitab | Jemaah Israel | Korban | Imam | Korban Bakaran | Sidang, Persidangan Pengadilan | Sunat | Syak | Tahbis, Pentahbisan | Sembah, Penyembahan Berhala | Sekutu, Persekutuan Dan Pergaulan | Tahir Dan Najis | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Korban Tebusan Salah | Orang Mati | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yeh 40:1--44:26 - PENGLIHATAN-PENGLIHATAN ILAHI. Nas : Yeh 40:1-43:27 Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tu...

Nas : Yeh 40:1-43:27

Penglihatan tentang Bait Suci dialami Yehezkiel pada tahun 573 SM, dua puluh lima tahun setelah pembuangan dirinya dimulai. Tujuannya ialah memberi semangat kepada bangsa itu bahwa kemuliaan Allah akan dipulihkan sama sekali pada masa yang akan datang, sehingga menghasilkan pengurapan dan berkat yang akan bertahan selama-lamanya.

Full Life: Yeh 44:3 - RAJA. Nas : Yeh 44:3 Hanya sang raja boleh masuk dari gerbang timur. Tugasnya rupanya ialah memimpin umat dalam ibadah (Yeh 45:17). Identitas raja itu ti...

Nas : Yeh 44:3

Hanya sang raja boleh masuk dari gerbang timur. Tugasnya rupanya ialah memimpin umat dalam ibadah (Yeh 45:17). Identitas raja itu tidak diketahui, tetapi dia bukanlah Mesias karena ia mempersembahkan korban penghapus dosa karena dirinya (Yeh 45:22) dan mempunyai anak-anak secara biologis (Yeh 46:16).

Full Life: Yeh 44:15 - DARI BANI ZADOK. Nas : Yeh 44:15 Zadok tetap setia kepada Allah ketika orang Lewi yang lain telah meninggalkan jalan Allah (pasal 1Raj 1:1-53). Karena kesetiaannya ...

Nas : Yeh 44:15

Zadok tetap setia kepada Allah ketika orang Lewi yang lain telah meninggalkan jalan Allah (pasal 1Raj 1:1-53). Karena kesetiaannya ini, Zadok dan keturunannya memperoleh hak istimewa untuk melayani Tuhan di Bait Suci di masa depan. Kehormatan ini menunjukkan bahwa tingkat kesetiaan kepada Allah selama kehidupan kita di dunia akan menentukan tempat kita di dalam kerajaan kekal Allah

(lihat art. PENGADILAN ORANG PERCAYA).

Full Life: Yeh 44:17-31 - MASUK DARI PINTU-PINTU GERBANG. Nas : Yeh 44:17-31 Pengaturan untuk para imam ini menunjukkan bahwa Allah harus disembah dengan sikap penghormatan yang kudus.

Nas : Yeh 44:17-31

Pengaturan untuk para imam ini menunjukkan bahwa Allah harus disembah dengan sikap penghormatan yang kudus.

BIS: Yeh 44:19 - mencelakakan umat mencelakakan umat: Menurut kepercayaan dahulu, orang-orang biasa akan celaka kalau menyentuh sesuatu yang telah dikhususkan untuk Tuhan.

mencelakakan umat: Menurut kepercayaan dahulu, orang-orang biasa akan celaka kalau menyentuh sesuatu yang telah dikhususkan untuk Tuhan.

Jerusalem: Yeh 44:3 - raja Bdk Yeh 7:27+. Lihat Yeh 46:1-2

Bdk Yeh 7:27+. Lihat Yeh 46:1-2

Jerusalem: Yeh 44:3 - makan santapan yang dimaksud kiranya perjamuan korban (selamatan) yang menyusul korban keselamatan, bdk Ima 7:15; Ula 12:7,18.

yang dimaksud kiranya perjamuan korban (selamatan) yang menyusul korban keselamatan, bdk Ima 7:15; Ula 12:7,18.

Jerusalem: Yeh 44:5 - perhatikanlah baik-baik siapa yang diperbolehkan Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani memang kurang jelas.

Terjemahan ini tidak pasti. Naskah Ibrani memang kurang jelas.

Jerusalem: Yeh 44:6-31 - -- Bagian ini mengenai para petugas bait Allah dan merupakan sebuah sisipan. Tetapi sisipan itu mungkin sekali berasal dari masa pembuangan juga. Bagian ...

Bagian ini mengenai para petugas bait Allah dan merupakan sebuah sisipan. Tetapi sisipan itu mungkin sekali berasal dari masa pembuangan juga. Bagian ini meresmikan perbedaan yang pada kenyataannya sudah ada sejak pembaharuan agama yang dilancarkan raja Yosia berdasarkan kitab hukum Ulangan, yaitu perbedaan antara orang-orang Lewi yang dahulu bertugas pada tempat-tempat kudus di daerah, dengan para imam keturunan Zadok yang menjabat di Yerusalem. Orang-orang Lewi tsb dijadikan petugas rendahan. Kedudukan rendah orang Lewi itu kiranya menjelaskan mengapa mereka kurang berhasrat kembali dari pembuangan, Ezr 2:40; 8:18-19.

Jerusalem: Yeh 44:7 - yang tidak bersunat hatinya maupun dagingnya Bdk Yer 4:4+; Kej 17:10+

Jerusalem: Yeh 44:7 - kamu lebih mengingkari Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno, sedangkan dalam naskah Ibrani tertulis: mereka lebih mengingkari.

Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno, sedangkan dalam naskah Ibrani tertulis: mereka lebih mengingkari.

Jerusalem: Yeh 44:8 - -- Ayat ini menyinggung kenyataan bahwa sebelum masa pembuangan orang-orang yang tidak berbangsa Israel tetapi l.k. disamakan telah dijadikan petugas-pet...

Ayat ini menyinggung kenyataan bahwa sebelum masa pembuangan orang-orang yang tidak berbangsa Israel tetapi l.k. disamakan telah dijadikan petugas-petugas (rendahan) pada bait Allah, bdk Yos 9:27; Ula 29:10-11.

Jerusalem: Yeh 44:9 - -- Pada masa Yesus masih terpasang pada bait Allah papan-papan yang ditulisi larangan ini dalam bahasa Yunani. Ada dua papan semacam itu yang ditemukan k...

Pada masa Yesus masih terpasang pada bait Allah papan-papan yang ditulisi larangan ini dalam bahasa Yunani. Ada dua papan semacam itu yang ditemukan kembali. Di atasnya tertulis: Janganlah seorang asing melewati pagar tembok masuk pelataran sekeliling Bait Suci. Barangkali siapa kedapatan melanggar hanya boleh mempersalahkan dirinya olah karena kematian yang menjadi hukumnya. Bdk Kis 21:28-29.

Jerusalem: Yeh 44:10 - orang-orang Lewi Orang-orang Lewi dahulu sering bertugas pada bukit-bukit pengorbanan. Ketika bukit-bukit pengorbanan itu dilenyapkan oleh raja Yosia, maka orang-orang...

Orang-orang Lewi dahulu sering bertugas pada bukit-bukit pengorbanan. Ketika bukit-bukit pengorbanan itu dilenyapkan oleh raja Yosia, maka orang-orang Lewi itu tidak lagi mempunyai kedudukan dalam masyarakat. Dalam nafkahnya mereka bergantung pada kemurahan hati orang lain, Ula 12:12,18 dll, atau mereka mendapat suatu tugas pada bait Allah di Yerusalem, Ula 18:6-8 Nabi Yehezkiel meresmikan yang terakhir: Orang-orang Lewi mendapat suatu tugas rendahan pada bait Allah mengganti orang-orang asing yang dahulu diberi tugas itu tetapi sekarang dilarang bertugas.

Jerusalem: Yeh 44:13 - barangKu yang kudus Bdk Ima 2:3+.

Bdk Ima 2:3+.

Jerusalem: Yeh 44:15 - orang Lewi dari bani Zadok Imam-imam orang Lewi ialah pada imam yang dahulu menjabat di Yerusalem dalam bait Allah. Mereka tetap akan menjabat juga. Mereka menganggap dirinya ke...

Imam-imam orang Lewi ialah pada imam yang dahulu menjabat di Yerusalem dalam bait Allah. Mereka tetap akan menjabat juga. Mereka menganggap dirinya keturunan Zadok, yaitu imam yang diangkat raja Salomo setelah Abyatar dipecat, 1Ra 2:27-35.

Jerusalem: Yeh 44:18 - keringat Keringat agaknya dianggap sesuatu yang menajiskan. Tetapi mungkin kata Ibrani yang biasanya berarti: keringat, di sini mempunyai arti lain yang tidak ...

Keringat agaknya dianggap sesuatu yang menajiskan. Tetapi mungkin kata Ibrani yang biasanya berarti: keringat, di sini mempunyai arti lain yang tidak diketahui.

Jerusalem: Yeh 44:19 - ke pelataran luar Dalam naskah Ibrani bagian kalimat ini ditulis dua kali

Dalam naskah Ibrani bagian kalimat ini ditulis dua kali

Jerusalem: Yeh 44:19 - supaya umat itu jangan menjadi kudus Orang yang tidak kudus (awan) tidak boleh menjamah barang kudus, kalau-kalau mereka dijadikan "kudus" juga; bdk Ima 17:1+.

Orang yang tidak kudus (awan) tidak boleh menjamah barang kudus, kalau-kalau mereka dijadikan "kudus" juga; bdk Ima 17:1+.

Jerusalem: Yeh 44:20 - -- Rambut lebat dan tidak terurus adalah tanda kaul kenaziran, Bil 6:5, atau tanda perkabungan, bdk Yeh 24:17,23.

Rambut lebat dan tidak terurus adalah tanda kaul kenaziran, Bil 6:5, atau tanda perkabungan, bdk Yeh 24:17,23.

Jerusalem: Yeh 44:28 - Mereka tidak mendapat Begitu terbaca dalam terjemahan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: itu (yakni korban penghapusan dosa) menjadi bagian milik pusaka.

Begitu terbaca dalam terjemahan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: itu (yakni korban penghapusan dosa) menjadi bagian milik pusaka.

Jerusalem: Yeh 44:31 - -- Menurut Ima 7:24 larangan itu menyangkut semua orang Israel.

Menurut Ima 7:24 larangan itu menyangkut semua orang Israel.

Ende: Yeh 40:1--48:35 - -- Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilu...

Pasal2 ini dengan pandjang lebar dan setjara terperintji menggambarkan dalam nubuat jang berupa penglihatan masa depan umat Jahwe. Masa depan itu dilukiskan sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni: Jahwe hadir dalam baitullah dipusat umat, Jerusjalem, dan semua suku Israil sebagai kesatuan menetap dikeliling kediaman Allah itu dengan dikepalai oleh satu radja, wakil Jahwe, radja jang adil dan baik. Berkat anugerah Allah dari dalam BaitNja tanahnja luar biasa subur dan makmurnja.

Masa depan itu bukan sadja sedjadjar dengan masa jang lampau, jakni djaman Dawud dan Sulaiman, tapi djuga djauh melebihinja. Masa depan, keradjaan Allah, jang terachir, dilukiskan sedemikian itu, oleh karena, sebagai orang Israil dan imam Jeheskiel hampir tidak dapat memikirkannja setjara lain. Semuanja achirnja hanja ibarat sadja. Kenjataan sesungguhnja masih djauh mengatasi pengharapan nabi. Pasal2 ini terbagi atas tiga bagian, jakni: Baitullah jang baru (Yeh 40:1-43:12), ibadah jang baru (Yeh 43:13-46:24), pembagian negeri jang baru (Yeh 40:47-48).

Ende: Yeh 44:3 - -- Radja tidak boleh masuk lagi Bait Allah seperti dahulu.

Radja tidak boleh masuk lagi Bait Allah seperti dahulu.

Ende: Yeh 44:3 - makan dihadapan hadirat Jahwe ialah ikut serta dalam djamuan kurban.

ialah ikut serta dalam djamuan kurban.

Ende: Yeh 44:7 - -- Orang2 kafir diperbolehkan menunaikan pelbagai tugas dalam Bait Allah, hal mana terlarang.

Orang2 kafir diperbolehkan menunaikan pelbagai tugas dalam Bait Allah, hal mana terlarang.

Ende: Yeh 44:10-14 - -- Kaum Levita jang ikut serta dalam ibadah haram dahulu di-bukit2 angkar tidak boleh lagi mendjalankan ibadah Jahwe. Hanja pekerdjaan sederhana dan kasa...

Kaum Levita jang ikut serta dalam ibadah haram dahulu di-bukit2 angkar tidak boleh lagi mendjalankan ibadah Jahwe. Hanja pekerdjaan sederhana dan kasar sadja diserahkan kepada mereka.

Ende: Yeh 44:15-31 - -- Imam itu ialah imam jang berdjabatan di Bait Allah Jerusjalem dahulu, keturunan Sadok.

Imam itu ialah imam jang berdjabatan di Bait Allah Jerusjalem dahulu, keturunan Sadok.

Ende: Yeh 44:16 - medjaKu ialah mesbah.

ialah mesbah.

Ende: Yeh 44:18 - sehingga berpeluh terdjemahan ini tidaklah pasti.

terdjemahan ini tidaklah pasti.

Endetn: Yeh 44:5 - dan diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "di".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "di".

Endetn: Yeh 44:7 - kamu diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "mereka".

Endetn: Yeh 44:19 - -- Ditinggalkan bersama dengan beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno: "dipelataran luar".

Ditinggalkan bersama dengan beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno: "dipelataran luar".

Endetn: Yeh 44:25 - mereka diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ia".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ia".

Endetn: Yeh 44:28 - Mereka tidak mempunjai diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "dan itu akan mendjadi bagi mereka sebagian....".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vgl.). Tertulis: "dan itu akan mendjadi bagi mereka sebagian....".

Ref. Silang FULL: Yeh 44:1 - ke timur · ke timur: Yeh 43:1; Yeh 43:1

· ke timur: Yeh 43:1; [Lihat FULL. Yeh 43:1]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:2 - dari situ · dari situ: Yeh 43:4-5

· dari situ: Yeh 43:4-5

Ref. Silang FULL: Yeh 44:3 - di hadapan // dari situ · di hadapan: Kel 24:9-11; Kel 24:9 s/d 11 · dari situ: Yeh 46:2,8

· di hadapan: Kel 24:9-11; [Lihat FULL. Kel 24:9] s/d 11

· dari situ: Yeh 46:2,8

Ref. Silang FULL: Yeh 44:4 - gerbang utara // Bait Suci // aku sujud · gerbang utara: Yeh 40:35; Yeh 40:35 · Bait Suci: Yes 6:4; Yes 6:4; Yeh 10:4; Yeh 10:4; Wahy 15:8 · aku sujud: Dan 8:17

· gerbang utara: Yeh 40:35; [Lihat FULL. Yeh 40:35]

· Bait Suci: Yes 6:4; [Lihat FULL. Yes 6:4]; Yeh 10:4; [Lihat FULL. Yeh 10:4]; Wahy 15:8

· aku sujud: Dan 8:17

Ref. Silang FULL: Yeh 44:5 - diperbolehkan masuk // tempat kudus · diperbolehkan masuk: Yeh 42:9; Yeh 42:9 · tempat kudus: Yeh 40:4; 43:10-11

· diperbolehkan masuk: Yeh 42:9; [Lihat FULL. Yeh 42:9]

· tempat kudus: Yeh 40:4; 43:10-11

Ref. Silang FULL: Yeh 44:6 - kaum pemberontak · kaum pemberontak: Yeh 3:9; Yeh 3:9

· kaum pemberontak: Yeh 3:9; [Lihat FULL. Yeh 3:9]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:7 - bersunat hatinya // mengingkari perjanjian-Ku · bersunat hatinya: Im 26:41; Im 26:41 · mengingkari perjanjian-Ku: Kej 17:14; Kel 12:48; Im 22:25

· bersunat hatinya: Im 26:41; [Lihat FULL. Im 26:41]

· mengingkari perjanjian-Ku: Kej 17:14; Kel 12:48; Im 22:25

Ref. Silang FULL: Yeh 44:8 - tempat kudus-Ku · tempat kudus-Ku: Im 22:2; Bil 18:7

· tempat kudus-Ku: Im 22:2; Bil 18:7

Ref. Silang FULL: Yeh 44:9 - orang Israel · orang Israel: Yoel 3:17; Za 14:21

· orang Israel: Yoel 3:17; Za 14:21

Ref. Silang FULL: Yeh 44:10 - Israel sesat // menanggung hukumannya · Israel sesat: Mazm 95:10 · menanggung hukumannya: Bil 18:23

· Israel sesat: Mazm 95:10

· menanggung hukumannya: Bil 18:23

Ref. Silang FULL: Yeh 44:11 - korban bakaran // untuk melayaninya · korban bakaran: 2Taw 29:34 · untuk melayaninya: Bil 3:5-37; Bil 16:9; Bil 16:9; 1Taw 26:12-19; 1Taw 26:12 s/d 19

· korban bakaran: 2Taw 29:34

· untuk melayaninya: Bil 3:5-37; Bil 16:9; [Lihat FULL. Bil 16:9]; 1Taw 26:12-19; [Lihat FULL. 1Taw 26:12] s/d 19

Ref. Silang FULL: Yeh 44:12 - yang menjatuhkannya // Aku bersumpah // Tuhan Allah · yang menjatuhkannya: Yer 18:15; Yer 18:15 · Aku bersumpah: Mazm 106:26 · Tuhan Allah: 2Raj 16:10-16; Yer 14:10

· yang menjatuhkannya: Yer 18:15; [Lihat FULL. Yer 18:15]

· Aku bersumpah: Mazm 106:26

· Tuhan Allah: 2Raj 16:10-16; Yer 14:10

Ref. Silang FULL: Yeh 44:13 - menanggung nodanya // karena perbuatan-perbuatan · menanggung nodanya: Yeh 16:61; Yeh 16:61 · karena perbuatan-perbuatan: Bil 18:3; Hos 5:1

· menanggung nodanya: Yeh 16:61; [Lihat FULL. Yeh 16:61]

· karena perbuatan-perbuatan: Bil 18:3; Hos 5:1

Ref. Silang FULL: Yeh 44:14 - di situ · di situ: 1Sam 2:36; 2Raj 23:9; 1Taw 23:28-32; 1Taw 23:28 s/d 32

· di situ: 1Sam 2:36; 2Raj 23:9; 1Taw 23:28-32; [Lihat FULL. 1Taw 23:28] s/d 32

Ref. Silang FULL: Yeh 44:15 - bani Zadok // kepada-Ku lemak // Tuhan Allah · bani Zadok: 2Sam 8:17; 2Sam 8:17; Ezr 7:2; Ezr 7:2 · kepada-Ku lemak: Kel 29:13; Kel 29:13 · Tuhan Allah: Yer 33:18; Yer 33:18;...

· bani Zadok: 2Sam 8:17; [Lihat FULL. 2Sam 8:17]; Ezr 7:2; [Lihat FULL. Ezr 7:2]

· kepada-Ku lemak: Kel 29:13; [Lihat FULL. Kel 29:13]

· Tuhan Allah: Yer 33:18; [Lihat FULL. Yer 33:18]; Yeh 40:46; [Lihat FULL. Yeh 40:46]; Za 3:7

Ref. Silang FULL: Yeh 44:16 - mendekati meja-Ku // menjalankan tugasnya · mendekati meja-Ku: Yeh 41:22; Yeh 41:22 · menjalankan tugasnya: Im 3:16-17; 17:5-6; Bil 18:5; 1Sam 2:35; 1Sam 2:35; Za 3:7

· mendekati meja-Ku: Yeh 41:22; [Lihat FULL. Yeh 41:22]

· menjalankan tugasnya: Im 3:16-17; 17:5-6; Bil 18:5; 1Sam 2:35; [Lihat FULL. 1Sam 2:35]; Za 3:7

Ref. Silang FULL: Yeh 44:17 - mengenakan pakaian · mengenakan pakaian: Wahy 19:8

· mengenakan pakaian: Wahy 19:8

Ref. Silang FULL: Yeh 44:18 - memakai destar // memakai celana // menimbulkan keringat · memakai destar: Kel 28:39; Kel 28:39; Yes 3:20; Yes 3:20 · memakai celana: Kel 28:42; Kel 28:42 · menimbulkan keringat: Im 16:4...

· memakai destar: Kel 28:39; [Lihat FULL. Kel 28:39]; Yes 3:20; [Lihat FULL. Yes 3:20]

· memakai celana: Kel 28:42; [Lihat FULL. Kel 28:42]

· menimbulkan keringat: Im 16:4; [Lihat FULL. Im 16:4]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:19 - menjadi kudus // kepada pakaian · menjadi kudus: Im 6:27; Im 6:27 · kepada pakaian: Kel 39:27-29; Im 6:10-11; Yeh 42:14; Yeh 42:14

· menjadi kudus: Im 6:27; [Lihat FULL. Im 6:27]

· kepada pakaian: Kel 39:27-29; Im 6:10-11; Yeh 42:14; [Lihat FULL. Yeh 42:14]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:20 - boleh dicukur // dipotong pendek · boleh dicukur: Yeh 5:1 · dipotong pendek: Im 21:5; Im 21:5; Bil 6:5

· boleh dicukur: Yeh 5:1

· dipotong pendek: Im 21:5; [Lihat FULL. Im 21:5]; Bil 6:5

Ref. Silang FULL: Yeh 44:21 - pelataran dalam · pelataran dalam: Im 10:9; Im 10:9

· pelataran dalam: Im 10:9; [Lihat FULL. Im 10:9]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:22 - janda imam · janda imam: Im 21:7

· janda imam: Im 21:7

Ref. Silang FULL: Yeh 44:23 - tidak kudus // yang tahir · tidak kudus: Yeh 22:26; Yeh 22:26 · yang tahir: Kej 7:2; Kej 7:2; Im 13:50; 15:31; Yer 15:19; Hag 2:12-14

· tidak kudus: Yeh 22:26; [Lihat FULL. Yeh 22:26]

· yang tahir: Kej 7:2; [Lihat FULL. Kej 7:2]; Im 13:50; 15:31; Yer 15:19; Hag 2:12-14

Ref. Silang FULL: Yeh 44:24 - sebagai hakim // hari-hari raya-Ku // dan menguduskan · sebagai hakim: Ul 17:8-9; 19:17; 21:5; 1Taw 23:4; 1Taw 23:4 · hari-hari raya-Ku: Im 23:2; Im 23:2 · dan menguduskan: 2Taw 19:8

· sebagai hakim: Ul 17:8-9; 19:17; 21:5; 1Taw 23:4; [Lihat FULL. 1Taw 23:4]

· hari-hari raya-Ku: Im 23:2; [Lihat FULL. Im 23:2]

· dan menguduskan: 2Taw 19:8

Ref. Silang FULL: Yeh 44:25 - menajiskan dirinya · menajiskan dirinya: Im 21:1-4

· menajiskan dirinya: Im 21:1-4

Ref. Silang FULL: Yeh 44:26 - tujuh hari · tujuh hari: Bil 19:14

· tujuh hari: Bil 19:14

Ref. Silang FULL: Yeh 44:27 - tempat kudus // penghapus dosanya · tempat kudus: Bil 3:28; Bil 3:28 · penghapus dosanya: Im 4:28; Im 4:28; Bil 6:11

· tempat kudus: Bil 3:28; [Lihat FULL. Bil 3:28]

· penghapus dosanya: Im 4:28; [Lihat FULL. Im 4:28]; Bil 6:11

Ref. Silang FULL: Yeh 44:28 - milik pusakanya · milik pusakanya: Bil 18:20; Bil 18:20; Ul 18:1-2; Yos 13:33; Yos 13:33

· milik pusakanya: Bil 18:20; [Lihat FULL. Bil 18:20]; Ul 18:1-2; Yos 13:33; [Lihat FULL. Yos 13:33]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:29 - harus memakannya // yang dikhususkan // bagian mereka · harus memakannya: Im 6:16 · yang dikhususkan: Im 27:21; Im 27:21 · bagian mereka: Bil 18:9,14; Yos 13:14; Yos 13:14

· harus memakannya: Im 6:16

· yang dikhususkan: Im 27:21; [Lihat FULL. Im 27:21]

· bagian mereka: Bil 18:9,14; Yos 13:14; [Lihat FULL. Yos 13:14]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:30 - buah sulung // tepung jelaimu // supaya rumah-rumahmu // mendapat berkat · buah sulung: Bil 18:12-13; 2Taw 31:5; 2Taw 31:5 · tepung jelaimu: Bil 15:18-21; Bil 15:18 s/d 21 · supaya rumah-rumahmu: 2Taw 3...

· buah sulung: Bil 18:12-13; 2Taw 31:5; [Lihat FULL. 2Taw 31:5]

· tepung jelaimu: Bil 15:18-21; [Lihat FULL. Bil 15:18] s/d 21

· supaya rumah-rumahmu: 2Taw 31:10; [Lihat FULL. 2Taw 31:10]; Neh 10:35-37

· mendapat berkat: Im 25:21; [Lihat FULL. Im 25:21]

Ref. Silang FULL: Yeh 44:31 - sudah mati // binatang buas · sudah mati: Im 11:39; Im 11:39 · binatang buas: Kel 22:31; Kel 22:31; Im 11:40; Im 11:40

· sudah mati: Im 11:39; [Lihat FULL. Im 11:39]

· binatang buas: Kel 22:31; [Lihat FULL. Kel 22:31]; Im 11:40; [Lihat FULL. Im 11:40]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Yeh 40:1--48:35 - -- IV. PENGLIHATAN TENTANG MASYARAKAT YANG DIPULIHKAN. 40:1-48:35. Yehezkiel terlebih dulu berbicara tentang dosa-dosa yang menyebabkan kejatuhan Yehuda...

IV. PENGLIHATAN TENTANG MASYARAKAT YANG DIPULIHKAN. 40:1-48:35.

Yehezkiel terlebih dulu berbicara tentang dosa-dosa yang menyebabkan kejatuhan Yehuda (ps. 1-24), dan memberitakan tentang ditundukkannya negara-negara tetangga yang memusuhinya (ps. 25-32). Kemudian dia menggambarkan pemulihan luar biasa yang diadakan Tuhan bagi umat-Nya berupa pengembalian mereka ke tanah mereka (ps. 33-39), pembaharuan mereka (36: 22-32), dan kehadiran Tuhan di tengah-tengah mereka selama-lamanya (37:26-28). Sebagai seorang pelihat praktis, di bawah pimpinan ilahi, hal berikutnya yang diperhatikan oleh sang nabi adalah pengaturan kehidupan agamawi dalam masyarakat yang dipulihkan itu (ps. 40-48).

Pasal-pasal penutup ini menyajikan banyak hal yang sulit. Para rabi dari Talmud (Menahot 45a) mengatakan bahwa hanya Nabi Elia, yaitu nabi yang akan mengumumkan penebusan terakhir, yang akan menjelaskan berbagai ketidakcocokan dengan hukum-hukum Pentateukh serta istilah-istilah yang tidak terdapat di tempat lain. Selain itu, kata mereka, seandainya Rabi Chanina ben Hezekiah (Babylonian Talmud, Hagiga 13a) tidak menjelaskan beberapa dari hal-hal yang sulit ini, Kitab Yehezkiel pasti tidak dimasukkan dalam kanon Alkitab.

Kerusakan tekstual serta rincian arsitektur dan ritual yang membingungkan membuat pembaca tercengang. Namun masalah Yang paling sering muncul adalah masalah penafsiran pasal-pasal ini, yang tentangnya para ahli yang saleh berbeda pendapat selama bertahun-tahun. Apakah sekian banyak rincian dari penglihatan ini (Yeh. 40:2) dimaksudkan untuk kelak diwujudkan pada masa depan? Peran apakah yang akan dimainkan oleh kurban yang mengandung darah (kurban sembelihan & kurban bakaran) dalam setiap sistem pengaturan pada masa depan (40:3843; 43:18-27; 45:13-17; 46:13-15)? Akankah imamat Zadok, tanpa imam besar, berfungsi kembali (40:45, 46; 42:13, 14; 43:18-27; 44:15-31; 45:18-20; 46:19-24)? Siapakah sang raja dan siapakah anak-anaknya (44:3; 45:7-12, 13-17, 21-24; 46:1-8, 12, 16-18)? Siapakah kaum Lewi yang direndahkan (44:10-14), orang-orang asing tidak bersunat yang tidak diperbolehkan masuk ke Bait Allah (44:5, 9), dan orang-orang asing Yang tinggal di antara mereka yang menerima milik pusaka (47:22, 23)? Bagaimana masalah-masalah geografis Yang berhubungan (1) dengan sungai yang keluar dari Bait Allah (47:1-12) dan (2) dengan pembagian tanah di antara kedua belas suku (47:13-48:29) bisa dijelaskan?

Penekanan pada upacara, bentuk, dan lembaga telah menyebabkan Yehezkiel dituduh mengubah berbagai gagasan nabi menjadi hukum dan dogma sehingga ia menjadi "bapa Yudaisme." Yehezkiel memang yakin bahwa zaman baru perlu menyatakan konsep rohaninya dalam bentuk fisik yang nyata. Masyarakat Yahudi setelah pembuangan masih membutuhkan Bait Allah, imam, dan persembahan kurban. Diragukan apakah masyarakat Yahudi akan bisa bertahan tanpa hal-hal tersebut. Seperti nabi-nabi abad ke-8, Yehezkiel tertarik pada kehidupan yang benar (mis., ps. 3; 18; 33). Peraturan-peraturan dalam pasal 40-48 dimaksudkan untuk orang-orang yang sudah diperbaharui (bdg. ps. 33-37).

Penafsiran-penafsiran tentang penglihatan akan Bait Allah pada dasarnya muncul dalam dua kategori yaitu harfiah dan simbolis. Berikut ini adalah ringkasan dari pandangan pokok mengenai laporan tentang Bait Allah dalam "Utopia politis" atau "nomocracy" (pemerintahan dengan hukum; demikian Joseph Salvador, yang dikutip dalam J. Klausner, The Messianic Idea in Israel, hal. 131) dalam pasal 40-48.

(1) Beberapa orang berpendapat bahwa itu adalah gambaran dari Bait Suci Salomo, yang dipelihara agar kaum buangan yang pulang bisa membangun kembali tempat ibadah mereka. Sebenarnya, rincian untuk Bait Suci Yehezkiel berbeda dan lebih besar daripada Bait Suci Salomo.

(2) Beberapa orang lainnya mengatakan bahwa Bait Suci Yehezkiel itu menggambarkan suatu gagasan mulia, suatu pola umum untuk menuntun kaum buangan yang pulang di dalam mereka membangun. Seluruh bagian itu dipandang sebagai suatu ketetapan bagi teokrasi pasca-Pembuangan. Namun tidak ada satupun kitab pasca Pembuangan dalam PL yang mengacu pada Bait Suci Yehezkiel, juga tidak ada petunjuk apapun mengenai Bait Suci itu dalam karya Zerubabel dan Yosua, Hagai dan Zakharia (Ezr. 3:8-13; 5:1, 2, 13-17; bdg. 1:2-4; 6:14; Hag. 1:2, 7-15; 2:1-9; Za. 6:9-15), atau Ezra (Ezr. 7:10, 15, 16, 20, 27) dan Nehemia (8-9) bahwa inilah jenis bait suci yang mereka harus bangun.

(3) Beberapa penafsir Yahudi berpendapat bahwa Raja Mesias, pada saat kedatangan-Nya, akan menyempurnakan Bait Suci itu dan menetapkan rincian ritualnya.

(4) Ada juga beberapa orang Kristen Yang berpendapat bahwa suatu Bait Allah yang nyata, berbagai persembahan kurban, dan keimaman akan berlaku selama Kerajaan Seribu Tahun, menurut rincian yang diberikan oleh Yehezkiel.

Di antara keberatan-keberatan yang serius atas pandangan ini, yang berikut ini perlu diperhatikan:

(a) Pendamaian yang dilakukan oleh Tuhan kita Yesus Kristus membatalkan semua persembahan kurban PL untuk selamanya (Ibr. 9:10-15; 10:1-4, 18).

(b) Sistem lama bersifat sementara, di mana orang-orang yang percaya kepada Kristus tidak harus kembali ke dalamnya (Gal. 3:23-25; , 4:3-9; 5:1; Kol. 2:16, 17; Ibr. 10:11-14).

(c) Semua orang percaya, entah Yahudi ataupun bukan Yahudi, adalah keturunan Abraham (Gal. 3:7, 16, 29), dan anggota "Israel milik Allah" (Gal. 6:16), sebuah hubungan yang didasarkan pada iman dan bukan pada nenek moyang (Rm. 4:11, 14, 16; 8:17; 9:6-8). Kristus telah meruntuhkan "tembok pemisah" (Ef. 2:11-22), sehingga perbedaan Yahudi-Yunani, disunat tidak disunat, hamba merdeka, perempuan - lelaki tidak ada manfaatnya (Gal. 3:28; Kol. 3:11; Ef. 3:6; Rm. 2:28, 29).

(d) PB menunjuk pada Gereja sebagai Israel Baru, di mana para penganut Israel lama bisa mengambil bagian dengan cara menerima Kristus (I Ptr. 2:3-5, 8-10). Janji-janji bagi Israel lama diperluas dan mencakup Gereja di seluruh dunia (Kis. 2:39; 10:43; 13:26; 15:14-18; Rm. 15:9-12).

(e) Bukan suku atau kaum tertentu, melainkan semua orang percaya adalah imam dan memiliki jalan masuk langsung kepada Allah melalui darah Kristus (lih. Ibr. 8:8-13, sebagai penggenapan Yer. 31:3-34; Luk. 22:20; Ibr. 9:26; 10:4-10). Yang Allah hargai adalah ibadah rohani bukan ritual (Yoh. 4:21-24; Kis. 7:48-50).

(f) Ketika Yohanes menggunakan pasal-pasal ini untuk menggambarkan Gereja Kristus, dia membuang elemen-elemen yang khas Yahudi (Why. 21:9-22:5).

Tetap menghendaki penjelasan harfiah bagi penglihatan tersebut sepertinya tidak perlu. Menolak suatu penafsiran harfiah tidak merupakan penghalang untuk tetap berpegang pada doktrin Kerajaan Seribu Tahun.

(5) Beberapa orang lain lagi berpendapat bahwa Bait Suci Yehezkiel adalah sebuah lambang yang menggambarkan orang-orang tebusan dari segala zaman sedang menyembah Allah di surga. Namun, banyak rincian duniawi dari penglihatan itu, misalnya kurban penghapus dosa, menyanggah pendapat bahwa ini adalah gambaran dari ibadah sempurna di surga.

(6) Pandangan simbolis tipikal, atau lebih tepatnya, alegoris, disukai oleh Bapa-bapa Gereja dan para Reformator. Mereka menemukan di dalam raja, imam, persembahan kurban, ukuran Bait Suci, sungai yang keluar dari tempat ibadah, bagian warisan suku, dll., berbagai unsur yang menggambarkan Kristus serta kesempurnaan rohani dari Gereja di sepanjang zaman Injil. Pandangan ini dipengaruhi oleh pemikiran yang subyektif dan merampas arti dari bagian Alkitab tersebut bagi zaman Yehezkiel.

(7) Sebagian orang melihat di dalamnya sebuah perumpamaan profetik belaka. Pasal-pasal ini, kata mereka, mengemukakan kebenaran rohani yang luar biasa dengan pola bahasa dan pola pemikiran imam Yehezkiel. Pasal-pasal itu ditandai oleh rincian kecil yang sama dengan yang terdapat dalam penglihatan (ps. 1), perumpamaan (ps. 16:23), pengajaran (ps. 18), dan nubuatannya (ps. 26-28; 29-32), sehingga mengandung makna kepastian ilahi.

Yehezkiel dan nabi-nabi lain melihat kehidupan masa depan yang ideal sebagai hidup di dalam tubuh; di atas bumi ini (lihat dalam 18:4; bdg. Yes. 66:20; Yer. 33:17, 18). Mereka mengajarkan bahwa kesempurnaan agama sejati akan tercapai hanya melalui kehadiran pribadi Tuhan di antara umat-Nya (bdg. 48:35b). Jadi, bagi rekan-rekan Yehezkiel di pembuangan Babel, dan bagi generasi-generasi berikutnya, gambaran tentang Bait Allah yang baru, ibadah dan tanah itu mendatangkan penghiburan dan pencerahan.

Gereja Kristen, sepanjang sejarahnya, mengambil dari pasal-pasal ini, bukan rincian kecil yang bersifat tipologi atau alegoris dari kehidupan Israel, melainkan prinsip umum yang luas dari kehadiran Allah bersama umat-Nya dan kuasa Roh Kudus yang produktif. Pasal-pasal itu mengarahkan Gereja, khususnya, dalam penyesuaiannya di Wahyu 21; 22, kepada penggenapan yang menantikan umat Allah saat parousia (kedatangan kedua) Anak-Nya, yang telah mempersiapkan tempat tinggal bagi orang-orang milik-Nya dalam kediaman Sang Bapa. Pasal-pasal ini mengingatkan Gereja akan sifatnya sebagai peziarah di dunia ini, supaya Gereja mencari "langit yang baru dan bumi yang baru, di mana terdapat kebenaran" (II Ptr. 3:13).

Penglihatan Yehezkiel tentang masyarakat yang dipulihkan meliputi Bait Allah yang baru, yang atasnya kemuliaan Tuhan kembali (ps. 10-43), ibadah yang baru, dengan pelayanan dan sistem kurban yang sempurna (ps. 44-46), dan tanah kudus yang baru yang dibagi kembali di antara suku-suku berdasarkan prinsip-prinsip baru (ps. 47; 48).

Wycliffe: Yeh 44:1--46:24 - -- B. PELAYANAN IBADAH YANG BARU. 44:1-46:24. Berbagai peraturan berikut berkaitan dengan: (1) orang yang boleh melayani di Bait Suci (ps. 44); (2) bagi...

B. PELAYANAN IBADAH YANG BARU. 44:1-46:24.

Berbagai peraturan berikut berkaitan dengan: (1) orang yang boleh melayani di Bait Suci (ps. 44); (2) bagian-bagian untuk para imam, kaum Lewi, dan raja, serta kewajiban raja untuk Bait Suci (45:1-17); dan (3) kurban-kurban harian serta kurban-kurban untuk hari raya di Bait Suci, dan kurban-kurban khusus raja (45:18-46:24).

Wycliffe: Yeh 44:1-3 - -- a) PINTU GERBANG LUAR SEBELAH TIMUR DITUTUP. 44:1-3. Yehezkiel, yang dibawa oleh malaikat ke pintu gerbang luar sebelah timur (ay. 1), diberi tahu ba...

a) PINTU GERBANG LUAR SEBELAH TIMUR DITUTUP. 44:1-3.

Yehezkiel, yang dibawa oleh malaikat ke pintu gerbang luar sebelah timur (ay. 1), diberi tahu bahwa gerbang itu akan tetap tertutup setelah Tuhan memasukinya, agar manusia tidak menajiskannya (ay. 2). "Gerbang Emas" di tembok timur Yerusalem Lama sekarang ditutup tembok. Tembok itu dibangun oleh sultan Ottoman, Suleiman Agung, pada tahun 1542. Dia menutup pintu gerbang itu untuk mencegah berbagai perayaan yang memperingati "pemulihan Salib Suci." Raja tidak bisa memasuki gerbang itu tetapi diizinkan untuk makan daging persembahan di balai gerbangnya (ay. 3; bdg. Yer. 30:21).

Wycliffe: Yeh 44:4 - Kemuliaan TUHAN 4. Kemuliaan TUHAN. Bandingkan 43:3.

4. Kemuliaan TUHAN. Bandingkan 43:3.

Wycliffe: Yeh 44:5 - -- 5. Bandingkan 40:4.

5. Bandingkan 40:4.

Wycliffe: Yeh 44:7 - Membiarkan orang-orang asing ... masuk dalam tempat kudus-Ku 7. Membiarkan orang-orang asing ... masuk dalam tempat kudus-Ku. Budak-budak asing atau tawanan perang sampai saat itu telah membantu mempersembahkan ...

7. Membiarkan orang-orang asing ... masuk dalam tempat kudus-Ku. Budak-budak asing atau tawanan perang sampai saat itu telah membantu mempersembahkan kurban dan melaksanakan tugas-tugas tambahan (Ul. 29:11; Yos. 9:23, 27; I Sam. 2:13; Za. 14:21; Ezr. 8:20; 2:43-54).

Wycliffe: Yeh 44:9 - Orang-orang asing 9. Orang-orang asing sekarang dikeluarkan karena secara spiritual dan fisik tidak memenuhi syarat (bdg. Bil. 3:10; 16:40; Hag. 2:14; Ezr. 4:3; Neh. 13...

9. Orang-orang asing sekarang dikeluarkan karena secara spiritual dan fisik tidak memenuhi syarat (bdg. Bil. 3:10; 16:40; Hag. 2:14; Ezr. 4:3; Neh. 13:7-9, 30). Bait Suci Herodes memasang tulisan-tulisan pada batu tulis di pelataran luar yang memperingatkan orang-orang bukan Yahudi tentang pelanggaran yang mengakibatkan penderitaan kematian (Jos Wars V. 5. 2; J. E. XII. 85).

Wycliffe: Yeh 44:10 - Orang-orang Lewi 10. Orang-orang Lewi (bdg. 48:11; atau Israel, ay. 15; 14:11) yang dalam kesesatan menyesatkan bangsa itu (ay. 12; Hak. 17:7-13; 18:18, 19; 30; Ul. 33...

10. Orang-orang Lewi (bdg. 48:11; atau Israel, ay. 15; 14:11) yang dalam kesesatan menyesatkan bangsa itu (ay. 12; Hak. 17:7-13; 18:18, 19; 30; Ul. 33:8-11) akan diturunkan posisinya. Mereka akan menjadi penjaga di pintu gerbang (bdg. 40:7), yang akan membantu umat di pelataran luar, dan akan membantai persembahan mereka dan memasak kurban mereka (ay. 11; bdg. 46:24; Bil. 3:5-4:33).

Wycliffe: Yeh 44:15 - Imam-imam orang Lewi dari bani Zadok // Mendekati meja-Ku // Menjalankan tugasnya terhadap Aku // supaya umat itu jangan menjadi kudus 15. Imam-imam orang Lewi dari bani Zadok (RSV), adalah keturunan Zadok, seorang yang hidup sezaman dengan Daud dan Salomo (II Sam. 8:17; 15:24-29; 20:...

15. Imam-imam orang Lewi dari bani Zadok (RSV), adalah keturunan Zadok, seorang yang hidup sezaman dengan Daud dan Salomo (II Sam. 8:17; 15:24-29; 20:25; I Raj. 2:27, 35) dan dengan Harun melalui Eleazar (I Taw. 6:50-53). 16. Imam-imam yang setia akan melayani Allah. Mendekati meja-Ku. Bdg. Mal. 1:7, 12. Menjalankan tugasnya terhadap Aku. Bandingkan 40:45, 46.

Ayat 17-19 menggambarkan pakaian mereka (bdg. Im. 13: 47, 48; Yer. 13: 1; Herodotus ii. 37). Mereka akan menyingkirkan pakaian lenan mereka sebelum keluar, supaya umat itu jangan menjadi kudus (RSV), suatu kesucian ritual yang untuk sementara waktu membuat seseorang tidak layak untuk kewajiban hidup sehari-hari (bdg. Im. 6:18, 27; Kel. 29:37; 30:29; Hag. 2:10-12).

Wycliffe: Yeh 44:20-21 - -- 20-21. Tentang pencukuran rambut, lihat Imamat 21:5; 10:6; 21:10. Tentang minum anggur ketika sedang bertugas, lihat Imamat 10:9; Hosea 4:11; Amsal 20...

20-21. Tentang pencukuran rambut, lihat Imamat 21:5; 10:6; 21:10. Tentang minum anggur ketika sedang bertugas, lihat Imamat 10:9; Hosea 4:11; Amsal 20:1 (bdg. Jos Antiq. III. 12. 2).

Wycliffe: Yeh 44:22 - Jangan mereka ambil menjadi isteri 22. Jangan mereka ambil menjadi isteri. Bandingkan Imamat 21:7, 13, 14.

22. Jangan mereka ambil menjadi isteri. Bandingkan Imamat 21:7, 13, 14.

Wycliffe: Yeh 44:23-24 - Mereka harus mengajar umat-Ku // peraturan-peraturan-Ku ... hukum-hukum-Ku ... ketetapan-ketetapan-Ku 23, 24. Mereka harus mengajar umat-Ku. Ayat-ayat ini menjelaskan tentang tugas-tugas imam terhadap umat; petunjuk upacara (bdg. 22:26; Im. 10:10; Hag....

23, 24. Mereka harus mengajar umat-Ku. Ayat-ayat ini menjelaskan tentang tugas-tugas imam terhadap umat; petunjuk upacara (bdg. 22:26; Im. 10:10; Hag. 2:11; Mal. 2:7); petunjuk untuk pelaksanaan keadilan (Ul. 17:8-13; 33:10; I Sam. 4:18; 7:15; Hos. 4:6); peraturan-peraturan-Ku ... hukum-hukum-Ku ... ketetapan-ketetapan-Ku (bdg. 5:6; Im. 26:46); petunjuk untuk menghormati hari Sabat (bdg. 20:12).

Wycliffe: Yeh 44:25-27 - Mereka tidak boleh melihat orang mati 25-27. Mereka tidak boleh melihat orang mati. Aturan-aturan diberikan kepada para imam tentang kontak yang diizinkan dengan orang mati. Mereka tidak b...

25-27. Mereka tidak boleh melihat orang mati. Aturan-aturan diberikan kepada para imam tentang kontak yang diizinkan dengan orang mati. Mereka tidak boleh meratap kecuali untuk orang-orang yang memiliki hubungan darah terdekat (bdg. Im. 21:1-3, 11; Bil. 19:14).

Wycliffe: Yeh 44:26 - Sesudah pentahirannya 26. Sesudah pentahirannya. Bandingkan Bilangan 19:14-19.

26. Sesudah pentahirannya. Bandingkan Bilangan 19:14-19.

Wycliffe: Yeh 44:27 - Ia harus mempersembahkan // b. Berkat 27. Ia harus mempersembahkan. Bandingkan Imamat 4:3. Dalam ayat 28-31 pemeliharaan para imam dijelaskan. Mereka akan hidup dari persembahan-persembaha...

27. Ia harus mempersembahkan. Bandingkan Imamat 4:3.

Dalam ayat 28-31 pemeliharaan para imam dijelaskan. Mereka akan hidup dari persembahan-persembahan, hal-hal yang dipersembahkan kepada Tuhan (Bil. 18:14; Im. 27:28, 29), buah sulung (Bil. 8:13; Ul. 18:4), persembahan khusus (terûnâ; bdg. 20:40), mungkin persepuluhan (Bil. 15:19; 18:19). 30b. Berkat. Bandingkan Maleakhi 3:10.

Wycliffe: Yeh 44:31 - Yang sudah mati 31. Yang sudah mati. Bandingkan 4:14; Imamat 22:8.

31. Yang sudah mati. Bandingkan 4:14; Imamat 22:8.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yeh 44:1-3 - Pesan untuk Kaum Israel Dalam pasal ini kita mendapati, I. Pemberian izin khusus mengenai pintu gerbang timur Bait Suci bagi sang raja (ay. 1-3). II. Sebu...

Matthew Henry: Yeh 44:4-9 - Penyembahan Berhala Kaum Lewi Penyembahan Berhala Kaum Lewi (44:4-9) Maksud dari perikop ini banyak sama dengan apa yang kita dapati di awal pasal 43. Sama seperti sang nabi h...

Matthew Henry: Yeh 44:10-16 - Imam-imam Penyembah Berhala Diturunkan Imam-imam Penyembah Berhala Diturunkan (44:10-16) Sang Tuan rumah, karena hendak mendirikan kembali rumah itu, menimbang-nimbang para hamba-Nya y...

Matthew Henry: Yeh 44:17-31 - Petunjuk-petunjuk mengenai Para Imam Petunjuk-petunjuk mengenai Para Imam (44:17-31) Imam-imam Allah harus mengikuti aturan, dan bukan mengikuti dunia. Oleh karena itu di sini diteta...

SH: Yeh 44:1-8 - Siapa boleh masuk ke Bait Suci? (Selasa, 27 November 2001) Siapa boleh masuk ke Bait Suci? Bila pada permulaan penglihatan ini Yehezkiel dibawa malaikat melewati gerbang timur untuk masuk ke pelataran luar ...

SH: Yeh 44:9-31 - Menjaga dan memelihara kekudusan Bait Suci. (Rabu, 28 November 2001) Menjaga dan memelihara kekudusan Bait Suci. Ayat 9 menegaskan bahwa teguran dan peraturan-peraturan yang dijabarkan di sini berasal dari Tuhan send...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yehezkiel Tema : Hukuman dan Kemuliaan Allah Tanggal Penulisan: 590-570 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah Kit...

Full Life: Yehezkiel (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yehezkiel (Yeh 1:1-3:27) A. Penglihatan Tentang Kemuliaan Allah ...

Matthew Henry: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Ketika kita memasuki tulisan-tulisan para nabi, yang berbicara tentang apa yang harus terjadi sesudah ini, tampaknya kita mendapati panggilan yang...

Jerusalem: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL Berbeda dengan kitab Yeremia, kitab Yehezkiel tampaknya sebuah kitab yang tersusun rapih. Sesudah pendahuluan, Yeh 1-3, yang berisikan kisah...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) JEHESKIEL PENDAHULUAN Diantara para tokoh kenabian di Israil Jeheskiel (artinja: Allah menguatkan, ataupun: Semoga Allah mengguatkan, jakni anak ini) ...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN YEHEZKIEL Masa. Data dalam Kitab Yehezkiel menempatkan pelayanan sang nabi pada tahun-tahun awal dari pembuangan ke Babel, antara tahun 5...

Wycliffe: Yehezkiel (Garis Besar) GARIS BESAR YEHEZKIEL Kitab Yehezkiel terdiri dari dua bagian: pasal 1-24, serangkaian pesan yang disampaikan sebelum kejatuhan Yerusalem, yang isiny...

BIS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL PENGANTAR Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

YEHEZKIEL

PENGANTAR

Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi. Pesannya ditujukan kepada orang-orang yang dibuang di Babel dan mereka yang tinggal di Yerusalem. Buku Yehezkiel dibagi dalam empat bagian yang penting yaitu:

  1. (1) Peringatan kepada umat Israel bahwa Allah akan menghakimi mereka dan bahwa Yerusalem akan jatuh dan hancur.
  2. (2) Pesan dari TUHAN bahwa Ia akan menghakimi bangsa-bangsa yang menindas dan menyesatkan umat-Nya.
  3. (3) Penghiburan bagi Israel setelah jatuhnya Yerusalem, dan janji tentang masa depan yang cerah.
  4. (4) Gambaran Yehezkiel tentang Rumah TUHAN dan bangsa yang diperbaharui.

Yehezkiel adalah orang yang teguh imannya dan hebat daya khayalnya. Sebagian besar dari pesannya didapatnya melalui penglihatan-penglihatan, dan dinyatakannya dengan perbuatan yang merupakan lambang yang jelas bagi bangsa Israel. Yehezkiel menekankan perlunya pembaharuan hati dan jiwa, serta tanggung jawab setiap orang atas dosa-dosanya sendiri. Ia juga menyatakan harapannya akan pembaharuan hidup bagi bangsa Israel. Sebagai imam dan juga selaku nabi, Yehezkiel memberi perhatian khusus kepada Rumah TUHAN dan pentingnya hidup menurut kehendak TUHAN.

Isi

  1.  Yehezkiel dipanggil menjadi nabi
    Yeh 1:1-3:27
  2.  Pesan-pesan tentang hukuman bagi Yerusalem
    Yeh 4:1-24:27
  3.  Penghakiman Allah terhadap bangsa-bangsa
    Yeh 25:1-32:32
  4.  Janji Allah kepada umat-Nya
    Yeh 33:1-37:28
  5.  Pesan tentang hukuman bagi Gog
    Yeh 38:1-39:29
  6.  Penglihatan tentang Rumah TUHAN dan tanah Israel di kemudian hari
    Yeh 40:1-48:35

Ajaran: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilih

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, adalah Allah yang dikenal dalam Tuhan Yesus Kristus, yaitu Allah Yang Mahakuasa dan yang mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan seseorang.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yehezkiel.

Isi Kitab: Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal. Isi Kitab ini merupakan pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa- bangsa lain.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yehezkiel

  1. Pasal 1-3 (Yeh 1:1-3:27).

    Allah memanggil Yehezkiel menjadi hambanya

    1. Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Yehezkie (pasal 1; Yeh 1-28).
    2. Allah memberikan tugas kepada Yehezkiel dalam melayani-Ny (pasal 2-3; Yeh 2:1-3:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 2:1-7. Apakah tugas Yehezkiel? Dan orang-orang macam apakah yang ia layani?

  2. Pasal 4-24 (Yeh 4:1-24:27).

    Pemberitaan tentang penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel

    1. Perumpamaan-perumpamaan tentang penghukuman yang aka dialami bangsa Israel (pasal 3-7; Yeh 3:1-7:27).
    2. Pemberitaan tentang penglihatan Yehezkiel atas dos bangsa Israel (pasal 8-11; Yeh 8:1-11:25).
    3. Pemberitaan tentang penghakiman yang akan dialami bangs Israel (pasal 12-19; Yeh 12:1-19:14).
    4. Gambaran tentang dosa-dosa daripada bangsa Israe (pasal 20-24; Yeh 20:1-24:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 24:1-11. Apakah sebabnya penghukuman akan dialami oleh orang-orang Israel?

  3. Pasal 25-32 (Yeh 25:1-32:32).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa-bangsa

    Pendalaman

    Sebab-sebab bangsa-bangsa lain dihukum: Amon Yeh 25:1-3. Moab Yeh 25:8. Edom Yeh 25:12. Filistin Yeh 25:15. Tirus Yeh 26:1-2. Sidon Yeh 28:20-22. Mesir dan Firaun Yeh 29:1-3.

  4. Pasal 33-39 (Yeh 33:1-39:29).

    Pemberitaan akan pembaharuan yang akan diterima bangsa Israel setelah penghakiman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 36:1-10. Apakah pendapat saudara tentang ayat 9 (Yeh 36:9)?

  5. Pasal 40-48 (Yeh 40:1-48:35).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan dari zaman baru

    1. Pemberitahuan tentang ukuran dari pada Bait Alla (pasal 40-42; Yeh 40:1-42:20).
    2. Petunjuk-petunjuk dalam ibada (pasal 43-46; Yeh 43:1-46:24).
    3. Pemberitahuan tentang keadaan dan pembagian tana (pasal 47-48; Yeh 47:1-48:35).

    Pendalaman

    Bacalah pasal 48:35; Yeh 48:35. Siapakah yang akan memerintah secara langsung dalam zaman baru itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Panggilan atas Yehezkiel untuk menjadi pemberita Firman Allah, mengajarkan bahwa Allah juga memanggil setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus.

  2. Tuntutan Allah terhadap tanggung jawab Yehezkiel dalam pemberitaannya, mengajarkan juga bahwa Allah menuntut pertanggungjawaban setiap orang Kristen dalam hal memberitakan Injil.

  3. Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain telah digenapi, membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh Firman Allah itu benar.

  4. Apabila kehidupan di dalam zaman yang baru penuh dengan persekutuan, maka sudah selayaknyalah setiap orang percaya untuk memulai hidup dengan penuh persekutuan di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yehezkiel?
  2. Apakah isi Kitab Yehezkiel?
  3. Untuk apakah Yehezkiel dipanggil Allah?
  4. Pelajaran apakah yang saudara terima setelah mempelajar Kitab Yehezkiel?

Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Laporan seorang penjaga LATAR BELAKANGDalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu pendud

Laporan seorang penjaga

LATAR BELAKANG
Dalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu penduduk utama bangsa Israel. Pemerintahan boneka yang ditinggalkannya di Yerusalem memberontak, dan dalam tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan seluruh kota dan mengangkut lebih banyak penduduk ke pembuangan.

PENULIS
Diperkirakan bahwa kitab Yehezkiel disusun oleh beberapa pengarang atau ditulis lama sesudah pengarangnya meninggal, tetapi pemakaian kata ganti orang pertama, waktu yang tepat, data pribadi yang diberikan secara rinci, dan gaya penulisan yang sama dalam keseluruhan kitab merupakan indikasi kuat bahwa Yehezkiel sendiri yang memastikan bahwa semua nubuatannya ditulis dan menjelang akhir hidupnya ia menyusunnya dengan cermaat ke dalam bentuk buku. Yehezkiel dibesarkan di Yehuda dan boleh jadi pada masa remajanya ia dipengaruhi oleh pembaruan raja Yosia dan nubuatan Yeremia. Dia seorang imam yang dibuang ke Babel pada tahun 597 SM, kemungkinan bersama-sama dengan raja Yoyakim, dan tulisannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keimamannya. Dalam pembuangan ia bermukim di Tel-Abib di tepi sungai Kedar. Lima tahun kemudian, pada waktu ia berumur tiga puluh tahun, ia mendapat penglihatan dari Tuhan dan dipanggil menjadi nabi. Dia mungkin saja mempunyai kedudukan penting (Yeh 8:1; 14:1), walaupun kebanyakan orang menolak peringatannya (Yeh 3:25), atau tidak menganggapnya denganserius (Yeh 33:30-32).

ISI KITAB
Dalam kitab Yehezkiel, kita dapat membaca kisah kehidupan nabi itu dan nubuat-nubuatnya yang mencakup kurun waktu mulai dari tahun 597 sampai 570 SM. Kitab Yehezkiel terbagi dalam empat bagian penting. Pasal Yeh 1-24 khususnya berisi nubuatan yang diberikan sebelum tahun 587 SM pada waktu Yehezkiel memperhadapkan umat dengan dosa mereka, serta menunjukkan bahwa kejatuhan Yerusalem tidak dapat dihindari dan merupakan dosa yang sepatutnya mereka terima. Pasal Yeh 25:1-32:32 merupakan nubuatan tentang penghakiman terhadap bangsa- bangsa yang ada di sekeliling Yerusalem. Pasal Yeh 33:1-39:29 ditulis setelah kejatuhan Yerusalem dan Yehezkiel mendorong orang-orang buangan untuk bertobat dari dosa-dosa lama mereka, dan menjadi anggota masyarakat baru yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan. Bagian akhir berisi harapan tentang kembalinya bangsa Israel dari pembuatan sampai padda akhir zaman, dan berisi penglihatan Yehezkiel tentang Yerusalem baru. Kita akan lebih banyak belajar dari kitab Yehezkiel jika kita melihatnya sebagai pesan kepada suatu bangsa yang istimewa, yang sungguh-sungguh memerlukan pertolongan dalam suatu keadaan yang nyata.

Pesan

1. Sifat Allah
Rakyat yang berada dalam pembuangan mungkin saja tergoda untuk meragukan kuasa Tuhan. Yehezkiel sangat ingin memberitakan kebesaran Tuhan dalam situasi yang jelas sangat tidak menguntungkan sekalipun.
o Allah itu penuh kemuliaan dan mengagumkan. Yeh 1:25-28; 3:23
o Allah itu kudus. Yeh 5:11; 36:23
o Allah berkuasa di mana-mana. Yeh 3:12-27; 5:5
o Allah berkuasa atas segala bangsa. Yeh 25:1-32:32
o Allah itu adil. Yeh 18:25; 33:20
o Allah memimpin dan menunjukkan jalan bagi umat-Nya. Yeh 2:2; 11:1,5
o Allah bertindak agar umat-Nya mengenal Dia. Yeh 6:7, 14; 20:38
o Allah memelihara umat-Nya seperti seorang gembala yang baik. Yeh 34:11-16
o Allah memberikan hidup baru. Yeh 36:25-32

2. Bahaya dosa
Pesan Yehezkiel mengenai kematian dan hukuman kelihatannya keras dan tidak berperasaan apabila kita berpikir tentang rakyat yang sedang menderita di pembuangan, tetapi hal itu penting untuk membuat mereka mengerti bahwa pembuangan itu merupakan hukuman. Dengan maksud untuk mempermalukan mereka sampai mereka bertobat, Yehezkiel menganggap mereka busuk sampai ke akar-akarnya.
o Mereka telah mempermalukan nama Allah. Yeh 20:9; 36:20
o Mereka telah mencemarkan rumah Allah. Yeh 5:11; 23:38
o Mereka pemuja berhala. Yeh 20:7,18; 22:4
o Mereka mengambil bagian dalam upacara mengurbankan anak-anak. Yeh 20:26,31
o Mereka mengabaikan hukum. Yeh 44:6-8
o Mereka menekan orang miskin. Yeh 22:7,12

3. Pentingnya penghakiman
Oleh karena Allah itu adil, maka Israel harus dihukum. Hanya karena kesabaran Tuhan yang besar saja Dia masih dapat mentoleransi bangsa yang sudah bobrok itu sekian lamanya, tetapi Yehezkiel membawa pesan bahwa kesabaran Tuhan terhadap bangsa Israel akhirnya habis juga.
o Penghakiman tidak dapat dihapuskan. Yeh 12:22,27
o Penghakiman tidak dapat dihindari. Yeh 7:4-27; 22:14
o Penghakiman tidak datang "nanti", tetapi "sekarang". Yeh 9:10; 24:14

4. Janji kehidupan baru
Tuhan masih rindu untuk menyelamatkan bangsa Israel. Penghakiman dan pembuangan berarti bahwa dosa mereka dihukum dan sekarang akan ada berita pengampunan. Semua orang ditantang untuk bertobat dan dengan iman bergabung ke dalam komunitas umat Tuhan yang:
o Terbentuk dari orang-orang yang hatinya telah diubahkan oleh Tuhan. Yeh 36:25-27
o Diberi hidup oleh Roh Allah. Yeh 37:5
o Tidak terpecah-belah. Yeh 37:15-17
o Mempunyai perjanjian kekal dengan Allah. Yeh 14:11; 37:23
o Dipimpin oleh Raja Mesias keturunan Daud. Yeh 37:24-28
o Membawa hidup baru kepada dunia. Yeh 47:1-12

Penerapan

Yehezkiel banyak berbicara mengenai kegagalan para penguasa Israel untuk bertindak sebagai wakil Tuhan, dan bangsa Israel gagal untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun demikian, ia juga menunjukkan cara bagaimana menjalani kehidupan.

1. Ciri-ciri manusia yang sudah diperbarui
o Dia dipimpin oleh Tuhan
o Hatinya ditujukan kepada Tuhan
o Tujuan hidupnya untuk memuliakan Tuhan
o Dia dengan penuh sukacita menerima kehendak Tuhan
o Dia dikenal oleh kesucian hatinya dan ketaatannya kepada Tuhan
o Dia hidup dengan perasaan aman, karena tahu Tuhan memeliharanya
o Dia menunjukkan keprihatinannya terhadap sesama

2. Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik
o Dia taat kepada Tuhan dalam segala hal
o Dia berpaling kepada Tuhan untuk memperoleh kekuatan
o Dia tekun menjalankan tugasnya
o Dia mengerti orang yang dipimpinnya
o Dia mengambil keputusan berdasarkan keadilan
o Dia tidak takut untuk berbicara

Tema-tema Kunci

1. Kebesaran Allah
Bangsa Israel berpikir bahwa kebesaran Israel adalah sama dengan kebesaran Allah, sehingga Allah tidak akan membiarkan Israel dihancurkan. Pendapat ini salah; Israel sendiri telah mencemarkan nama Allah. Demi untuk kemuliaan-Nya sendiri Allah bertindak, pertama-tama menghukum dan kemudian menyelamatkan. Bacalah Yeh 20:40-44; 28:25,26; 36:16-23; 38:17-23; 39:7,8,25-29. Dengan cara bagaimana orang Kristen dewasa ini mencemarkan nama Allah?

2. Allah memelihara
Allah terus memelihara bangsa Israel, bahkan pada waktu Dia harus menghukum mereka sekalipun. Bacalah: Yeh 11:17; 16:60-63; 28:24-26; 34:11-31; 37:25-27. Bandingkan gambaran Allah sebagai gembala Israel yang terdapat pada pasal Yeh 34, dengan pengajaran mengenai Gembala Agung dalam Yohanes 10:7-18.

3. Tanggung jawab
Setiap orang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah. Bukan keluarga atau keadaan yang akhirnya harus dipersalahkan tentang apa yang terjadi pada seseorang. Ia sendiri yang harus memilih untuk melayani Allah dan terus melayani atau tidak. Baca Yeh 18:1-32; 33:7-20.

4. Penjaga
Yehezkiel menerima panggilan sebagai seorang penjaga atau "pengawas" dengan penuh kesungguhan dan ia memperingatkan bangsanya bahwa penghakiman Allah sudah dekat, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk berbalik serta menerima jalan keselamatan yang Allah sediakan. Carilah ayat-ayat: Yeh 3:12-21; 33:1-9. Dari ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya, buatlah daftar mengenai tanggung jawab yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya di dunia.

Garis Besar Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) [1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27 Yeh 1:1-3Waktu terjadinya Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan Yeh 2:1-3

[1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27

Yeh 1:1-3Waktu terjadinya
Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup
Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan
Yeh 2:1-3:15Yehezkiel menerima pengutusan
Yeh 3:16-27Ia harus memberi peringatan kepada bangsa Israel

[2] NUBUATAN MENGENAI PENGHAKIMAN ATAS YERUSALEM Yeh 4:1-12:28

Yeh 4:1-5:17Gambaran mengenai pengepungan terhadap Yerusalem
Yeh 6:1-14Nubuatan tentang gunung-gunung Israel
Yeh 7:1-27Kehancuran telah tiba
Yeh 8:1-9:11Pemujaan berhala di Rumah Allah
Yeh 10:1-22Hukuman terhadap pemimpin-pemimpin Israel
Yeh 11:16-25Bangsa Israel yang sudah diperbarui akan kembali
Yeh 12:1-28Gambaran mengenai pembuangan

[3] DOSA-DOSA ISRAEL DAN YERUSALEM Yeh 13:1-24:27

Yeh 13:1-23Nabi-nabi palsu akan dihukum
Yeh 14:1-11Pemuja berhala akan dihukum
Yeh 14:12-23Penghakiman tidak dapat dihindarkan
Yeh 15:1-8Yerusalem seperti kebun anggur yang tak berguna
Yeh 16:1-63Yerusalem sebagai pelacur
Yeh 17:1-24Perumpamaan tentang dua ekor elang dan kebun anggur
Yeh 18:1-32Tanggung jawab pribadi terhadap dosa
Yeh 19:1-14Ratapan untuk dua pangeran Israel
Yeh 20:1-29Masa lalu Israel yang penuh pemberontakan
Yeh 20:30-44Penghakiman dan pemulihan Tuhan
Yeh 20:45-21:32Penghakiman dengan api dan pedang
Yeh 22:1-31Yerusalem sudah berdosa besar
Yeh 23:1-49Israel dan Yehuda merupakan dua kakak beradik yang berdosa
Yeh 24:1-14Yerusalem bagaikan periuk berkarat
Yeh 24:15-27Istri Yehezkiel meninggal

[4] NUBUATAN TENTANG HUKUMAN BAGI BANGSA-BANGSA Yeh 25:1-32:32

Yeh 25:1-7Terhadap Amon
Yeh 25:8-11Terhadap Moab
Yeh 25:12-14Terhadap Edom
Yeh 25:15-17Terhadap bangsa Filistin
Yeh 26:1-28:19Terhadap Tirus
Yeh 28:20-26Terhadap Sidon
Yeh 29:1-32:32Terhadap Mesir

[5] NUBUATAN TENTANG HARI DEPAN Yeh 33:1-39:29

Yeh 33:1-20Yehezkiel, si penjaga
Yeh 33:21-33Penjelasan tentang jatuhnya Yerusalem
Yeh 34:1-31Gembala yang baik menggantikan gembala yang buruk
Yeh 35:1-15Pengkhianatan Edom akan dibalas
Yeh 36:1-14Hidup baru bagi tulang-tulang yang kering
Yeh 37:15-28Bangsa yang dibangkitkan dengan raja yang baru
Yeh 38:1-39:20Nubuatan tentang Gog
Yeh 39:21-29Rencana Tuhan untuk bangsa Israel

[6] GAMBARAN MENGENAI YERUSALEM BARU Yeh 40:1-48:35

Yeh 40:1-42:20Rumah Tuhan yang baru
Yeh 43:1-12Kemuliaan Tuhan kembali ke rumah-Nya
Yeh 43:13-46:24Pengaturan ibadah
Yeh 47:1-12Sungai yang memberi hidup
Yeh 47:13-48:35Pembagian tanah di antara suku-suku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 1.04 detik
dipersembahkan oleh YLSA