kecilkan semua  

Teks -- Yehezkiel 1:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nabi melihat kemuliaan TUHAN
1:1 Pada tahun ketiga puluh, dalam bulan yang keempat, pada tanggal lima bulan itu, ketika aku bersama-sama dengan para buangan berada di tepi sungai Kebar, terbukalah langit dan aku melihat penglihatan-penglihatan tentang Allah. 1:2 Pada tanggal lima bulan itu, yaitu tahun kelima sesudah raja Yoyakhin dibuang, 1:3 datanglah firman TUHAN kepada imam Yehezkiel, anak Busi, di negeri orang Kasdim di tepi sungai Kebar, dan di sana kekuasaan TUHAN meliputi dia. 1:4 Lalu aku melihat, sungguh, angin badai bertiup dari utara, dan membawa segumpal awan yang besar dengan api yang berkilat-kilat dan awan itu dikelilingi oleh sinar; di dalam, di tengah-tengah api itu kelihatan seperti suasa mengkilat. 1:5 Dan di tengah-tengah itu juga ada yang menyerupai empat makhluk hidup dan beginilah kelihatannya mereka: mereka menyerupai manusia, 1:6 tetapi masing-masing mempunyai empat muka dan pada masing-masing ada pula empat sayap. 1:7 Kaki mereka adalah lurus dan telapak kaki mereka seperti kuku anak lembu; kaki-kaki ini mengkilap seperti tembaga yang baru digosok. 1:8 Pada keempat sisi mereka di bawah sayap-sayapnya tampak tangan manusia. Mengenai muka dan sayap mereka berempat adalah begini: 1:9 mereka saling menyentuh dengan sayapnya; mereka tidak berbalik kalau berjalan, masing-masing berjalan lurus ke depan. 1:10 Muka mereka kelihatan begini: Keempatnya mempunyai muka manusia di depan, muka singa di sebelah kanan, muka lembu di sebelah kiri, dan muka rajawali di belakang. 1:11 Sayap-sayap mereka dikembangkan ke atas; mereka saling menyentuh dengan sepasang sayapnya dan sepasang sayap yang lain menutupi badan mereka. 1:12 Masing-masing berjalan lurus ke depan; ke arah mana roh itu hendak pergi, ke sanalah mereka pergi, mereka tidak berbalik kalau berjalan. 1:13 Di tengah makhluk-makhluk hidup itu kelihatan seperti bara api yang menyala, seperti suluh, yang bergerak kian ke mari di antara makhluk-makhluk hidup itu, dan api itu bersinar sedang dari api itu kilat sabung-menyabung. 1:14 Makhluk-makhluk hidup itu terbang ke sana ke mari seperti kilat. 1:15 Aku melihat, sungguh, di atas tanah di samping masing-masing dari keempat makhluk-makhluk hidup itu ada sebuah roda. 1:16 Rupa roda-roda itu seperti kilauan permata pirus dan keempatnya adalah serupa; buatannya seolah-olah roda yang satu di tengah-tengah yang lain. 1:17 Kalau mereka berjalan mereka dapat menuju keempat jurusan; mereka tidak berbalik kalau berjalan. 1:18 Mereka mempunyai lingkar dan aku melihat, bahwa sekeliling lingkar yang empat itu penuh dengan mata. 1:19 Kalau makhluk-makhluk hidup itu berjalan, roda-roda itu juga berjalan di samping mereka; dan kalau makhluk-makhluk hidup itu terangkat dari atas tanah, roda-roda itu turut terangkat. 1:20 Ke arah mana roh itu hendak pergi, ke sanalah mereka pergi, dan roda-rodanya sama-sama terangkat dengan mereka, sebab roh makhluk-makhluk hidup itu berada di dalam roda-rodanya. 1:21 Kalau makhluk-makhluk hidup itu berjalan, roda-roda itu berjalan; kalau mereka berhenti, roda-roda itu berhenti; dan kalau mereka terangkat dari tanah, roda-roda itu sama-sama terangkat dengan mereka; sebab roh makhluk-makhluk hidup itu berada di dalam roda-rodanya. 1:22 Di atas kepala makhluk-makhluk hidup itu ada yang menyerupai cakrawala, yang kelihatan seperti hablur es yang mendahsyatkan, terbentang di atas kepala mereka. 1:23 Dan di bawah cakrawala itu sayap mereka dikembangkan lurus, yang satu menyinggung yang lain; dan masing-masing mempunyai sepasang sayap yang menutupi badan mereka. 1:24 Kalau mereka berjalan, aku mendengar suara sayapnya seperti suara air terjun yang menderu, seperti suara Yang Mahakuasa, seperti keributan laskar yang besar; kalau mereka berhenti, sayapnya dibiarkan terkulai. 1:25 Maka kedengaranlah suara dari atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka; kalau mereka berhenti, sayapnya dibiarkan terkulai. 1:26 Di atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka ada menyerupai takhta yang kelihatannya seperti permata lazurit; dan di atas yang menyerupai takhta itu ada yang kelihatan seperti rupa manusia. 1:27 Dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke atas aku lihat seperti suasa mengkilat dan seperti api yang ditudungi sekelilingnya; dan dari yang menyerupai pinggangnya sampai ke bawah aku lihat seperti api yang dikelilingi sinar. 1:28 Seperti busur pelangi, yang terlihat pada musim hujan di awan-awan, demikianlah kelihatan sinar yang mengelilinginya. Begitulah kelihatan gambar kemuliaan TUHAN. Tatkala aku melihatnya aku sembah sujud, lalu kudengar suara Dia yang berfirman.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Busi a priest; father of the prophet Ezekiel
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yehezkiel son of Buzi; a priest and a prophet among the exiles of Babylon
 · Yoyakhin son and successor of King Jehoiakim of Judah


Topik/Tema Kamus: Yehezkiel | Kerub | Lihat, Penglihatan | Ambar\ atau \Amber | Sungai | Burung Rajawali | Hujan | Kuningan Atau Tembaga | Nabi | Waktu Atau Masa | Pelita | Awan | Angin Puting Beliung Dan Taufan | Keristal | Kebar | Buzi | Angin | Nebukadnezar | Anak Lembu | Takhta | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Yeh 1:1 - TAHUN KETIGA PULUH. Nas : Yeh 1:1 Sebutan ini kemungkinan besar mengacu kepada usia Yehezkiel. Pada saat itu ia hidup di tengah-tengah para buangan di Babel, setelah d...

Nas : Yeh 1:1

Sebutan ini kemungkinan besar mengacu kepada usia Yehezkiel. Pada saat itu ia hidup di tengah-tengah para buangan di Babel, setelah dibawa ke sana pada tahun 597 SM, sembilan tahun setelah Daniel tiba dan sebelas tahun sebelum Yerusalem dibinasakan. Yehezkiel dipanggil untuk menjadi nabi sementara pembuangan, memberitahukan amanat Allah kepada para buangan pada saat yang sama dengan pemberitaan Yeremia di Yerusalem. Yehezkiel melayani sekurangnya dua puluh tujuh tahun; Yehuda tertawan di Babel kurang lebih 70 tahun (dari 605-538 SM).

Full Life: Yeh 1:3 - DATANGLAH FIRMAN TUHAN KEPADA IMAM YEHEZKIEL. Nas : Yeh 1:3 Imam Yehezkiel menerima panggilan untuk menjadi nabi pada tahun 593 SM, 4 tahun setelah dia tiba di Babel. Rupanya dia tinggal dekat ...

Nas : Yeh 1:3

Imam Yehezkiel menerima panggilan untuk menjadi nabi pada tahun 593 SM, 4 tahun setelah dia tiba di Babel. Rupanya dia tinggal dekat Sungai Kebar, mungkin di sebuah saluran pelayaran kapal di Sungai Efrat sekitar 80 kilometer sebelah tenggara Babel. Tugasnya ialah menjelaskan alasan terjadinya penawanan, menubuatkan kejatuhan Yerusalem, membawa umat yang terbuang itu kembali kepada Allah dan memberikan mereka harapan melalui janji Allah tentang pemulihan.

Full Life: Yeh 1:4 - AKU MELIHAT. Nas : Yeh 1:4 Yehezkiel diberikan suatu penglihatan tentang kemuliaan dan kekudusan Allah (lihat cat. --> Yeh 1:28). [atau ref....

Nas : Yeh 1:4

Yehezkiel diberikan suatu penglihatan tentang kemuliaan dan kekudusan Allah

(lihat cat. --> Yeh 1:28).

[atau ref. Yeh 1:28]

Penglihatan adalah penting untuk pelayanan Yehezkiel kepada para buangan.

Full Life: Yeh 1:5 - EMPAT MAKHLUK HIDUP. Nas : Yeh 1:5 Makhluk-makhluk ini kemudian diidentifikasikan sebagai kerub (Yeh 10:20). Kerub merupakan malaikat yang memanifestasikan kekudusan da...

Nas : Yeh 1:5

Makhluk-makhluk ini kemudian diidentifikasikan sebagai kerub (Yeh 10:20). Kerub merupakan malaikat yang memanifestasikan kekudusan dan kemuliaan Allah kepada umat manusia (bd. 1Taw 28:18; Mazm 18:11;

lihat art. PARA MALAIKAT DAN MALAIKAT TUHAN).

Mereka dapat mendampingi Allah pada saat-saat penghukuman atau pemberkatan; mereka menjaga Taman Eden setelah kejatuhan manusia (Kej 3:22-24), dan kerub terdapat pada tutup pendamaian dari tabut perjanjian (Kel 25:18-22). Dalam penglihatan Yehezkiel para kerub sedang menyatakan kemuliaan dan kekudusan Allah kepada para buangan.

Full Life: Yeh 1:10 - MUKA MEREKA KELIHATAN BEGINI. Nas : Yeh 1:10 Wajah seorang laki-laki, seekor singa, seekor lembu, dan seekor rajawali mewakili ciptaan Allah yang hidup (bd. Wahy 4:7). Di langit...

Nas : Yeh 1:10

Wajah seorang laki-laki, seekor singa, seekor lembu, dan seekor rajawali mewakili ciptaan Allah yang hidup (bd. Wahy 4:7). Di langit baru dan bumi baru seluruh ciptaan Allah, setelah tertebus sepenuhnya dari kutukan dosa, akan menunjukkan kemuliaan-Nya.

Full Life: Yeh 1:12 - ROH. Nas : Yeh 1:12 Para kerub berjalan menurut pimpinan "roh" yang mungkin sekali mengacu kepada Roh Allah (bd. ayat Yeh 1:20).

Nas : Yeh 1:12

Para kerub berjalan menurut pimpinan "roh" yang mungkin sekali mengacu kepada Roh Allah (bd. ayat Yeh 1:20).

Full Life: Yeh 1:13 - BARA API YANG MENYALA. Nas : Yeh 1:13 Bara-bara ini menunjuk kepada kekudusan Allah (bd. Kel 3:1-5) dan kepada hukuman-Nya atas dosa (bd. Wahy 20:14-15). Bara yang berger...

Nas : Yeh 1:13

Bara-bara ini menunjuk kepada kekudusan Allah (bd. Kel 3:1-5) dan kepada hukuman-Nya atas dosa (bd. Wahy 20:14-15). Bara yang bergerak kian kemari melambangkan energi dan kekuasaan Roh, yang senantiasa aktif dan tidak pernah istirahat.

Full Life: Yeh 1:16-25 - RUPA RODA-RODA ITU. Nas : Yeh 1:16-25 Yehezkiel melihat sebuah kereta-takhta adikodrati yang bergerak terus. Allah digambarkan di atas takhta yang bergerak terus yang ...

Nas : Yeh 1:16-25

Yehezkiel melihat sebuah kereta-takhta adikodrati yang bergerak terus. Allah digambarkan di atas takhta yang bergerak terus yang pergi ke mana Roh memerintah; gambaran ini melambangkan kedaulatan Allah atas segala sesuatu dan kehadiran-Nya di seluruh bagian ciptaan-Nya. Ia hadir bersama dengan para buangan di tepi Sungai Kebar.

Full Life: Yeh 1:26 - KELIHATAN SEPERTI RUPA MANUSIA. Nas : Yeh 1:26 Yehezkiel melihat Allah duduk di atas takhta dalam rupa seperti manusia; penglihatan ini menunjukkan fakta bahwa bila Allah berkenan...

Nas : Yeh 1:26

Yehezkiel melihat Allah duduk di atas takhta dalam rupa seperti manusia; penglihatan ini menunjukkan fakta bahwa bila Allah berkenan menyatakan diri-Nya secara penuh, maka itu dilakukan-Nya dalam bentuk manusia -- melalui Yesus Kristus (bd. Fili 2:5-7; Kol 2:9).

Full Life: Yeh 1:28 - KEMULIAAN TUHAN. Nas : Yeh 1:28 Ayat ini memberi makna dari seluruh penglihatan: suatu penglihatan tentang kemuliaan Allah (lihat art. KEMULIAAN ALLAH). ...

Nas : Yeh 1:28

Ayat ini memberi makna dari seluruh penglihatan: suatu penglihatan tentang kemuliaan Allah

(lihat art. KEMULIAAN ALLAH).

  1. 1) Allah menyatakan kemuliaan dan kuasa-Nya kepada Yehezkiel untuk mempersiapkan dia bagi pekerjaan sesuai dengan panggilanya. Allah akan terus menampakkan diri kepada Yehezkiel sepanjang hidupnya untuk menopang sang nabi di dalam pelayanannya itu (Yeh 3:12,23-24; 8:2-4; Yeh 9:3; 10:1-22; 11:22-23; 43:2-4).
  2. 2) Penampakan kemuliaan Allah kepada Yehezkiel menunjukkan bahwa kemuliaan itu telah meninggalkan Bait Suci di Yerusalem (bd. 1Raj 8:11; Mazm 26:8; 63:3) dan kini dinyatakan kepada para buangan. Yehezkiel kemudian bernubuat bahwa kemuliaan Allah akan kembali ke Kanaan dan Yerusalem (lih. Yeh 43:2-3,7).
  3. 3) Sebagaimana halnya Yehezkiel memerlukan penglihatan tentang kemuliaan Allah untuk mempersiapkan dirinya untuk melayani Tuhan, demikian pula kita harus mengalami kuasa kemuliaan dan kekudusan Allah (bd. pasal Yes 6:1-13) sebelum secara aktif terlibat di dalam pekerjaan-Nya. Kita menerima pemahaman tentang Allah di dalam segenap kemuliaan-Nya melalui Yesus Kristus (bd. Yoh 1:14), Roh Kudus (1Pet 4:14) dan Firman Allah (2Kor 3:7-11;

    lihat cat. --> Kis 1:8).

    [atau ref. Kis 1:8]

BIS: Yeh 1:1 - tahun ketiga puluh tahun ketiga puluh: tidak jelas tahun apa yang dimaksud.

tahun ketiga puluh: tidak jelas tahun apa yang dimaksud.

BIS: Yeh 1:5 - kerub kerub yaitu golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang dari keagungan Allah dan kehadirannya.

kerub yaitu golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang dari keagungan Allah dan kehadirannya.

BIS: Yeh 1:11 - Sepasang sayap Beberapa terjemahan kuno: Sepasang sayap. Ibrani: Wajah mereka, sayap mereka.

Beberapa terjemahan kuno: Sepasang sayap. Ibrani: Wajah mereka, sayap mereka.

BIS: Yeh 1:13 - Di tengah Beberapa terjemahan kuno: Di tengah. Ibrani: Dan apa yang mirip .....

Beberapa terjemahan kuno: Di tengah. Ibrani: Dan apa yang mirip .....

BIS: Yeh 1:15 - -- Beberapa terjemahan kuno: Makhluk itu. Ibrani: Wajah mereka.

Beberapa terjemahan kuno: Makhluk itu. Ibrani: Wajah mereka.

BIS: Yeh 1:18 - -- Ibrani ayat 18 tidak jelas.

Ibrani ayat 18 tidak jelas.

Jerusalem: Yeh 1:1-3 - -- Dalam ayat-ayat pembukaan ini berturut-turut disajikan dua kata pendahuluan kitab Yehezkiel. Yang satu, Yeh 1:2-3, berupa berita yang disampaikan oran...

Dalam ayat-ayat pembukaan ini berturut-turut disajikan dua kata pendahuluan kitab Yehezkiel. Yang satu, Yeh 1:2-3, berupa berita yang disampaikan orang lain (penyusun kitab) tentang nabi Yehezkiel. Kata pendahuluan itu mengenai seluruh kitab dan menanggalkan penglihatan pertama pada tahun kelima pembuangan raja Yoyakhin, yaitu th 593-592 seb Mas. Kata pembukaan yang kedua, ialah Yeh 1:1 aselinya mungkin mengawali penglihatan tentang (kereta) kemuliaan TUHAN, Yeh 1:4 dst, waktu ceritera itu belum diletakkan pada awal seluruh kitab. Hanya kalau demikian tanggal yang diberi (tahun ketiga puluh) kurang jelas dan sukar dimengerti, kecuali kalau tanggal itu diperbaiki menjadi tahun ketiga belas (pembuangan raja Yoyakhin), yaitu th 583 seb mas, di musim panas.

Jerusalem: Yeh 1:3 - kekuasaan TUHAN meliputi dia Harafiah: tangan TUHAN ada di atasnya. Ungkapan ini sering kali terdapat dalam kitab Yeh 3:22; 8:1; 33:22; 37:1; 40:1, dan artinya ialah: nabi masuk e...

Harafiah: tangan TUHAN ada di atasnya. Ungkapan ini sering kali terdapat dalam kitab Yeh 3:22; 8:1; 33:22; 37:1; 40:1, dan artinya ialah: nabi masuk ekstase. Dalam sejumlah naskah Ibrani dan dalam terjemahan-terjemahan kuno ungkapan dalam Yeh 1:3 ini berbunyi: kekuasaan TUHAN meliputi aku. Dengan demikian Yeh 1:3 ini tersambung dengan Yeh 1:4 dst.

Jerusalem: Yeh 1:4-28 - -- Pastilah sudah penglihatan yang tercantum dalam bab 1 ini teruntuk bagi kaum buangan. Dalam ceriteranya ada beberapa hal yang kurang jelas maksud dan ...

Pastilah sudah penglihatan yang tercantum dalam bab 1 ini teruntuk bagi kaum buangan. Dalam ceriteranya ada beberapa hal yang kurang jelas maksud dan artinya. Namun maksud umum cukup terang juga. Mau ditandaskan bahwa Tuhan Israel dapat "berpindah-pindah", sehingga tidak terikat pada baitNya di Yerusalem. Ke mana-mana Tuhan dapat menyertai mereka yang percaya kepadaNya, sampai di tanah pembuangan mereka. Digambarkan semacam kereta yang dikendarai Tuhan.

Jerusalem: Yeh 1:10 - -- Makhluk-makhluk yang hidup itu berupa binatang gaib yang mengingatkan apa yang dalam bahasa Asyur disebut karibu (Ibraninya: kerub, bdk Kel 25:18+). M...

Makhluk-makhluk yang hidup itu berupa binatang gaib yang mengingatkan apa yang dalam bahasa Asyur disebut karibu (Ibraninya: kerub, bdk Kel 25:18+). Makhluk-makhluk gaib itu berkepala manusia, berbadan singa; kakinya seperti kaki lembu jantan dan mereka bersayap rajawali. Di Bebal dsb patung-patungnya berperan sebagai penjaga istana. Makhluk-makhluk itu dianggap sebagai pembantu dan pelayanan dewa-dewa. Tetapi dalam penglihatan Yehezkiel ini mereka dipasang pada kereta Tuhan. Dengan jalan yang mengesankan itu terungkaplah bahwa Tuhan melebihi segala dewa. Keempat binatang yang tampil dalam Wah 4:7-8, dll mencontoh keempat binatang dari Yeh 1:1 ini. Dalam tradisi Kristen selanjutnya keempat binatang itu menjadi lambang keempat penginjil.

Jerusalem: Yeh 1:11 - Sayap-sayap mereka Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Muka mereka dan sayap-sayap mereka.

Begitulah menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Muka mereka dan sayap-sayap mereka.

Jerusalem: Yeh 1:13 - Di tengah Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Rupa.

Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Rupa.

Jerusalem: Yeh 1:14 - terbang ke sana ke mari Maksud kata Ibrani yang dipakai jelas. Dalam terjemahan kuno terbaca: bolak-balik. Mungkin ayat ini sebuah sisipan, sebab tidak ada dalam terjemahan Y...

Maksud kata Ibrani yang dipakai jelas. Dalam terjemahan kuno terbaca: bolak-balik. Mungkin ayat ini sebuah sisipan, sebab tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Yeh 1:17 - Kalau... jurusan Maksud naskah Ibrani kurang jelas.

Maksud naskah Ibrani kurang jelas.

Jerusalem: Yeh 1:18 - penuh dengan mata Terjemahan lain (yang mungkin lebih tepat) ialah: penuh dengan kilat (kilauan). Kata Ibrani yang dipakai memang berarti: mata. Tetapi kadang-kadang di...

Terjemahan lain (yang mungkin lebih tepat) ialah: penuh dengan kilat (kilauan). Kata Ibrani yang dipakai memang berarti: mata. Tetapi kadang-kadang dipakai sebagai kiasan dengan arti: kilat, kilauan, bdk Yeh 1:4,7,16,22,27; 8:2; 10:9. Disebutkannya di sini "kilat" kilauan itu mungkin sebuah sisipan yang berasal dari Yeh 10:12.

Jerusalem: Yeh 1:20 - mereka pergi Naskah Ibrani masih menambah tiga kata (ke mana roh itu hendak pergi) yang ternyata salah tulis (mengulang yang sudah ditulis).

Naskah Ibrani masih menambah tiga kata (ke mana roh itu hendak pergi) yang ternyata salah tulis (mengulang yang sudah ditulis).

Jerusalem: Yeh 1:22 - Di atas kepala... Makhluk-makhluk itu menopang takhta Tuhan dan tidak menarik kereta yang bertakhta itu. Bdk tabut perjanjian, Kel 25:10+ dan ungkapan: TUHAN yang berse...

Makhluk-makhluk itu menopang takhta Tuhan dan tidak menarik kereta yang bertakhta itu. Bdk tabut perjanjian, Kel 25:10+ dan ungkapan: TUHAN yang bersemayam di atas para kerub, 1Sa 4:4+, dll.

Jerusalem: Yeh 1:23 - -- Pada akhir ayat naskah Ibrani mengulang: masing-masing mempunyai sepasang sayap yang menutupi mereka. Bagian ayat yang terulang itu tidak terdapat dal...

Pada akhir ayat naskah Ibrani mengulang: masing-masing mempunyai sepasang sayap yang menutupi mereka. Bagian ayat yang terulang itu tidak terdapat dalam sejumlah naskah Ibrani dan dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Yeh 1:24 - Yang Mahakuasa Bdk Kej 17:1+.

Bdk Kej 17:1+.

Jerusalem: Yeh 1:25 - dari atas cakrawala... terkulai Bagian ayat ini kiranya salah tulis (mengulang apa yang sudah tertulis) dan sebaik-baiknya dihilangkan saja.

Bagian ayat ini kiranya salah tulis (mengulang apa yang sudah tertulis) dan sebaik-baiknya dihilangkan saja.

Jerusalem: Yeh 1:26 - ada menyerupai Seharusnya: ada sesuatu yang menyerupai.

Seharusnya: ada sesuatu yang menyerupai.

Jerusalem: Yeh 1:28 - gambar kemuliaan TUHAN Oleh karena orang Israel takut-takut melihat "wajah" Tuhan, maka biasanya Tuhan memperlihatkan "kemuliaanNya", bdk Kel 24:16+, ialah tanda-tanda lahir...

Oleh karena orang Israel takut-takut melihat "wajah" Tuhan, maka biasanya Tuhan memperlihatkan "kemuliaanNya", bdk Kel 24:16+, ialah tanda-tanda lahiriah yang mengelilingi dan menyatakan diri Allah, bdk Kel 33:18,22, dll. Maka kemuliaan Tuan tidak lain kecuali tanda kehadiranNya. Biasanya kemuliaan itu nampak sebagai awan yang bercahaya, Kel 16:10; Yeh 43:1-5. Di sini awan itu menyertai semacam bayang-bayang rupa manusia yang bersinar dan berkilau-kilauan (Yeh 1:26-27).

Ende: Yeh 1:1-3 - -- Dalam ajat 1-3 (Yeh 1:1-3) kiranja dua djudul kitab dan dua penanggalan bertjampur, jakni 1+3b dan Yeh 1:2-3. Kedua djudul itu mula2 kiranja tersendir...

Dalam ajat 1-3 (Yeh 1:1-3) kiranja dua djudul kitab dan dua penanggalan bertjampur, jakni 1+3b dan Yeh 1:2-3. Kedua djudul itu mula2 kiranja tersendiri sebagai pembukaan bagian2 tertentu sadja: 1+3b bagi Yeh 1:4-28 dan Yeh 3:13; 2-3 untuk Yeh 1:28-3:12,14.

Ende: Yeh 1:1 - tahun ketigapuluh Tidak djelas tarich mana jang dipakai, sehingga tahun ini tidak dapat ditetapkan. Mungkin tahun 30 pembuangan Jojakim, jakni 568 seb. Mas.

Tidak djelas tarich mana jang dipakai, sehingga tahun ini tidak dapat ditetapkan. Mungkin tahun 30 pembuangan Jojakim, jakni 568 seb. Mas.

Ende: Yeh 1:1 - kulihat jakni disurga jang dibajangkan diatas langit. Karena itu langit terbuka.

jakni disurga jang dibajangkan diatas langit. Karena itu langit terbuka.

Ende: Yeh 1:2 - -- Tahun kelima pembuangan Jojakin ialah 592 seb. Mas (bulan Djuli).

Tahun kelima pembuangan Jojakin ialah 592 seb. Mas (bulan Djuli).

Ende: Yeh 1:3 - negeri Chaldai ialah Babel.

ialah Babel.

Ende: Yeh 1:3 - tangan Jahwe turun diatas diriku Ungkapan ini menundjukkan suatu extase, berkat daja (tangan) ilahi.

Ungkapan ini menundjukkan suatu extase, berkat daja (tangan) ilahi.

Ende: Yeh 1:4-28 - -- Penampakan itu menjatakan kepada nabi dan kaum buangan, bahwa Allah hadir bukan sadja di Bait Allah di Jerusjalem, tetapi djuga di Babel. Allah nampak...

Penampakan itu menjatakan kepada nabi dan kaum buangan, bahwa Allah hadir bukan sadja di Bait Allah di Jerusjalem, tetapi djuga di Babel. Allah nampak duduk diatas sebuah tachta jang dipasang diatas sebuah kereta jang dapat berdjalan (Allah tidak terikat pada tempat tertentu)

Kereta adjaib itu terdiri atas empat machluk gaib, Kerub namanja. Kerub2 jang sedemikian itu berupa patung dan di Babel terdapat sebagai pendjaga kuil2 dewa dan istana radja. Di Babel kerub2 itu adalah machluk jang setelah dewa dengan mempunjai badan binatang (siapa atau anak sapi) dan muka insani dengan sajap2. Kadang2 berdiri tegak sebagai manusia. Agaknja Jeheskiel memindjam gambarannja dari patung2 Babel itu dengan membuatnja lebih adjaib lagi. Gambarannja kadang2 sukar untuk dipahami dan dibajangkan.

Ende: Yeh 1:4 - angin ribut, awan dan api biasanja dalam Kitab Sutji menjertai penampakan Allah. Apabila orang mau menggambarkan penampakan Allah mana sadja ia se-akan2 wadjib menggunakan gedj...

biasanja dalam Kitab Sutji menjertai penampakan Allah. Apabila orang mau menggambarkan penampakan Allah mana sadja ia se-akan2 wadjib menggunakan gedjala2 jang sedemikian itu.

Ende: Yeh 1:12 - roh itu membuat machluk2 itu mendjadi hidup, suatu daja ilahi. "tidaklah berputar". Dengan bergerak kekeempat djurusan machluk2 itu tidak usah berputar, o...

itu membuat machluk2 itu mendjadi hidup, suatu daja ilahi. "tidaklah berputar". Dengan bergerak kekeempat djurusan machluk2 itu tidak usah berputar, oleh sebab ada empat muka padanja pada keempat sisinja, sehingga selalu menudju kedepan sadja.

Ende: Yeh 1:14 - -- Djadi machluk2 itupun bergerak dengan tjepat sekali. Beberapa ahli berpendapat, bahwa ajat ini merupakan tambahan pada teks aseli.

Djadi machluk2 itupun bergerak dengan tjepat sekali. Beberapa ahli berpendapat, bahwa ajat ini merupakan tambahan pada teks aseli.

Ende: Yeh 1:16 - djentera jang satu.... Kurang djelas apa jang dimaksudkan, entah djentera2 jang dipasang pada kereta itu pada sisinja nampaknja kepada si pelihat se-akan satu didalam jang l...

Kurang djelas apa jang dimaksudkan, entah djentera2 jang dipasang pada kereta itu pada sisinja nampaknja kepada si pelihat se-akan satu didalam jang lain, entah buatannja djentera masing2 demikian, bahwa masing2 terdiri atas dua djentera, jang satu didalam jang lain.

Ende: Yeh 1:18 - -- Terdjemahan ini tidaklah pasti Kurang djelas apakah mata itu mata insani (lambang Allah jang melihat, mengetahui, semua) atau perhiasan pada roda2 itu...

Terdjemahan ini tidaklah pasti

Kurang djelas apakah mata itu mata insani (lambang Allah jang melihat, mengetahui, semua) atau perhiasan pada roda2 itu.

Ende: Yeh 1:22 - -- Langit2 itu adalah tachta Jahwe dan langit2 itu dipasang atas kepala kerub2 itu.

Langit2 itu adalah tachta Jahwe dan langit2 itu dipasang atas kepala kerub2 itu.

Ende: Yeh 1:24 - suara Jang Mahakuasa ialah gemuruh.

ialah gemuruh.

Ende: Yeh 1:25 - -- Beberapa ahli berpendapat, bahwa ajat ini suatu tambahan. Ahli2 lain mempertahankan naskah Hibrani: "dan ada bunji".

Beberapa ahli berpendapat, bahwa ajat ini suatu tambahan. Ahli2 lain mempertahankan naskah Hibrani: "dan ada bunji".

Ende: Yeh 1:26 - tachta adalah lambang kekuasaan Radja Jahwe. Allah tidaklah nampak sebagai manusia hanja sedikit serupa sadja. Jeheskiel mau menghindarkan, bahwa Allah disam...

adalah lambang kekuasaan Radja Jahwe. Allah tidaklah nampak sebagai manusia hanja sedikit serupa sadja. Jeheskiel mau menghindarkan, bahwa Allah disamakan dengan manusia, seperti pada kaum kafir dewata biasa dibajangkan sebagai manusia sadja.

Ende: Yeh 1:28 - kemuliaan Jahwe ialah apa sadja jang menampakkan Allah jang hadir.

ialah apa sadja jang menampakkan Allah jang hadir.

Endetn: Yeh 1:3 - diriku diperbaiki menurut beberapa naskah hibrani, terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "atas dia".

diperbaiki menurut beberapa naskah hibrani, terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "atas dia".

Endetn: Yeh 1:11 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani dan Latin: "dan muka2 mereka".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani dan Latin: "dan muka2 mereka".

Endetn: Yeh 1:13 - Di-tengah2 diperbaiki menurut dan terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin. Tertulis: "Dan wudjud (rupa)".

diperbaiki menurut dan terdjemahan Junani dan terdjemahan Latin. Tertulis: "Dan wudjud (rupa)".

Endetn: Yeh 1:13 - kelihatanlah diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka kelihatan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka kelihatan".

Endetn: Yeh 1:15 - pada ke-empat2nja diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "pada keempat muka".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Syriah. Tertulis: "pada keempat muka".

Endetn: Yeh 1:16 - ada sama wudjudnja diperbaiki dengan memindahkan tanda batja dan meninggalkan "dan". Tertulis: keempat (djentera) itu ada sama wudjudnja dan kelihatannja dan buatannja".

diperbaiki dengan memindahkan tanda batja dan meninggalkan "dan". Tertulis: keempat (djentera) itu ada sama wudjudnja dan kelihatannja dan buatannja".

Endetn: Yeh 1:17 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani dan Syriah: "apabila bergerak".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani dan Syriah: "apabila bergerak".

Endetn: Yeh 1:18 - gadingnja tinggi; kupandangi diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "gading2nja dan tinggi padanja dan takut padanja".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "gading2nja dan tinggi padanja dan takut padanja".

Endetn: Yeh 1:20 - -- Ditinggalkan: "rohnja untuk pergi".

Ditinggalkan: "rohnja untuk pergi".

Endetn: Yeh 1:22 - machluk2 diperbaiki menurut satu naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

diperbaiki menurut satu naskah Hibrani dan terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Yeh 1:22 - -- Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "jang menakutkan".

Ditinggalkan bersama dengan terdjemahan Junani: "jang menakutkan".

Endetn: Yeh 1:23 - terentanglah diperbaiki menurut Yeh 1:11. Tertulis: "diluruskan"(?).

diperbaiki menurut Yeh 1:11. Tertulis: "diluruskan"(?).

Endetn: Yeh 1:23 - -- Ditinggalkan bersama dengan beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani: "masing2 ada dua lagi jang menutupi (awaknja)".

Ditinggalkan bersama dengan beberapa naskah Hibrani dan terdjemahan Junani: "masing2 ada dua lagi jang menutupi (awaknja)".

Ref. Silang FULL: Yeh 1:1 - para buangan // sungai Kebar // terbukalah // melihat penglihatan-penglihatan · para buangan: Ul 21:10; Ul 21:10; Yeh 11:24-25 · sungai Kebar: Mazm 137:1; Mazm 137:1 · terbukalah: Mat 3:16; Mat 3:16 ·...

· para buangan: Ul 21:10; [Lihat FULL. Ul 21:10]; Yeh 11:24-25

· sungai Kebar: Mazm 137:1; [Lihat FULL. Mazm 137:1]

· terbukalah: Mat 3:16; [Lihat FULL. Mat 3:16]

· melihat penglihatan-penglihatan: Kel 24:10; [Lihat FULL. Kel 24:10]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:2 - raja Yoyakhin · raja Yoyakhin: 2Raj 24:15; 2Raj 24:15

· raja Yoyakhin: 2Raj 24:15; [Lihat FULL. 2Raj 24:15]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:3 - imam Yehezkiel // meliputi dia · imam Yehezkiel: Yeh 24:24 · meliputi dia: 2Raj 3:15; 2Raj 3:15; Yes 8:11; Yeh 3:14,22; 8:1; 33:22; 37:1; 40:1

· imam Yehezkiel: Yeh 24:24

· meliputi dia: 2Raj 3:15; [Lihat FULL. 2Raj 3:15]; Yes 8:11; Yeh 3:14,22; 8:1; 33:22; 37:1; 40:1

Ref. Silang FULL: Yeh 1:4 - angin badai // dari utara // seperti suasa · angin badai: Ayub 38:1; Ayub 38:1 · dari utara: Yer 1:14 · seperti suasa: Yeh 8:2

· angin badai: Ayub 38:1; [Lihat FULL. Ayub 38:1]

· dari utara: Yer 1:14

· seperti suasa: Yeh 8:2

Ref. Silang FULL: Yeh 1:5 - makhluk hidup // menyerupai manusia · makhluk hidup: Yes 6:2; Yes 6:2; Wahy 4:6 · menyerupai manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13

· makhluk hidup: Yes 6:2; [Lihat FULL. Yes 6:2]; Wahy 4:6

· menyerupai manusia: Yeh 1:26; Dan 7:13

Ref. Silang FULL: Yeh 1:6 - empat muka · empat muka: Yeh 10:14

· empat muka: Yeh 10:14

Ref. Silang FULL: Yeh 1:7 - seperti tembaga · seperti tembaga: Yeh 40:3; Dan 10:6; Wahy 1:15; Wahy 1:15

· seperti tembaga: Yeh 40:3; Dan 10:6; Wahy 1:15; [Lihat FULL. Wahy 1:15]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:8 - tangan manusia · tangan manusia: Yeh 10:8

· tangan manusia: Yeh 10:8

Ref. Silang FULL: Yeh 1:9 - kalau berjalan · kalau berjalan: Yeh 10:22

· kalau berjalan: Yeh 10:22

Ref. Silang FULL: Yeh 1:10 - muka rajawali · muka rajawali: Yeh 10:14; Wahy 4:7

· muka rajawali: Yeh 10:14; Wahy 4:7

Ref. Silang FULL: Yeh 1:11 - Sayap-sayap · Sayap-sayap: Yes 6:2

· Sayap-sayap: Yes 6:2

Ref. Silang FULL: Yeh 1:12 - kalau berjalan · kalau berjalan: Yeh 10:16-19

· kalau berjalan: Yeh 10:16-19

Ref. Silang FULL: Yeh 1:13 - bara api // itu kilat · bara api: 2Sam 22:9; 2Sam 22:9 · itu kilat: Wahy 4:5

· bara api: 2Sam 22:9; [Lihat FULL. 2Sam 22:9]

· itu kilat: Wahy 4:5

Ref. Silang FULL: Yeh 1:14 - seperti kilat · seperti kilat: Mazm 29:7; Mazm 29:7

· seperti kilat: Mazm 29:7; [Lihat FULL. Mazm 29:7]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:15 - keempat makhluk-makhluk // sebuah roda · keempat makhluk-makhluk: Yeh 3:13 · sebuah roda: Yeh 10:2; Dan 7:9

· keempat makhluk-makhluk: Yeh 3:13

· sebuah roda: Yeh 10:2; Dan 7:9

Ref. Silang FULL: Yeh 1:16 - permata pirus · permata pirus: Kel 28:20; Kel 28:20

· permata pirus: Kel 28:20; [Lihat FULL. Kel 28:20]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:17 - tidak berbalik · tidak berbalik: Yeh 1:9

· tidak berbalik: Yeh 1:9

Ref. Silang FULL: Yeh 1:18 - dengan mata · dengan mata: Wahy 4:6

· dengan mata: Wahy 4:6

Ref. Silang FULL: Yeh 1:20 - mereka pergi · mereka pergi: Yeh 1:12

· mereka pergi: Yeh 1:12

Ref. Silang FULL: Yeh 1:21 - dalam roda-rodanya · dalam roda-rodanya: Yeh 10:9-12

· dalam roda-rodanya: Yeh 10:9-12

Ref. Silang FULL: Yeh 1:22 - menyerupai cakrawala · menyerupai cakrawala: Yeh 10:1

· menyerupai cakrawala: Yeh 10:1

Ref. Silang FULL: Yeh 1:24 - air terjun // seperti suara // keributan laskar · air terjun: Mazm 46:4; Mazm 46:4; Yeh 3:13 · seperti suara: Yeh 10:5; 43:2; Dan 10:6; Wahy 1:15; 14:2; 19:6 · keributan laskar:...

· air terjun: Mazm 46:4; [Lihat FULL. Mazm 46:4]; Yeh 3:13

· seperti suara: Yeh 10:5; 43:2; Dan 10:6; Wahy 1:15; 14:2; 19:6

· keributan laskar: 2Raj 7:6; [Lihat FULL. 2Raj 7:6]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:26 - menyerupai takhta // permata lazurit // rupa manusia · menyerupai takhta: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19; Yes 6:1; Yer 3:17; Yer 3:17 · permata lazurit: Kel 24:10; Kel 24:10 · rupa manusia: ...

· menyerupai takhta: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]; Yes 6:1; Yer 3:17; [Lihat FULL. Yer 3:17]

· permata lazurit: Kel 24:10; [Lihat FULL. Kel 24:10]

· rupa manusia: Yeh 1:5; [Lihat FULL. Yeh 1:5]; Yeh 2:1; [Lihat FULL. Yeh 2:1]; Wahy 1:13; [Lihat FULL. Wahy 1:13]

Ref. Silang FULL: Yeh 1:27 - yang dikelilingi · yang dikelilingi: Yeh 8:2

· yang dikelilingi: Yeh 8:2

Ref. Silang FULL: Yeh 1:28 - busur pelangi // yang mengelilinginya // gambar kemuliaan // sembah sujud · busur pelangi: Kel 9:13; Kel 9:13; Wahy 10:1 · yang mengelilinginya: Wahy 4:2; Wahy 4:2 · gambar kemuliaan: Kel 16:7; Kel 16:7;...

· busur pelangi: Kel 9:13; [Lihat FULL. Kel 9:13]; Wahy 10:1

· yang mengelilinginya: Wahy 4:2; [Lihat FULL. Wahy 4:2]

· gambar kemuliaan: Kel 16:7; [Lihat FULL. Kel 16:7]; Kel 24:16; [Lihat FULL. Kel 24:16]; Luk 2:9

· sembah sujud: Kej 17:3; [Lihat FULL. Kej 17:3]; Bil 14:5; [Lihat FULL. Bil 14:5]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Yeh 1:1-3 - Penglihatan Yehezkiel yang Pertama di Tepi Sungai Kebar Dalam pasal ini kita mendapati, I. Keadaan-keadaan biasa di seputar nubuat yang akan disampaikan, waktu disampaikannya (ay. 1), tempat ...

Matthew Henry: Yeh 1:4-14 - Penglihatan tentang Empat Makhluk Hidup Penglihatan tentang Empat Makhluk Hidup (1:4-14) Penglihatan-penglihatan tentang Allah yang dilihat oleh Yehezkiel di sini sangatlah mulia, dan l...

Matthew Henry: Yeh 1:15-25 - Penglihatan tentang Roda-roda Penglihatan tentang Roda-roda (1:15-25) Sang nabi membuat pengamatan-pengamatan tentang penglihatan ini dan mencatatnya dengan sangat tepat. Dan ...

Matthew Henry: Yeh 1:26-28 - Penglihatan mengenai Takhta Ilahi Penglihatan mengenai Takhta Ilahi (1:26-28) Semua bagian lain dari penglihatan ini hanyalah merupakan pendahulu dan pengantar untuk bagian ini. A...

SH: Yeh 1:1-28 - Allah dalam pembuangan (Senin, 16 Juli 2001) Allah dalam pembuangan Setelah menjalani kehidupan dalam pembuangan selama 5 tahun, Yehezkiel mendapatkan penglihatan yang luar biasa dari Allah. Y...

SH: Yeh 1:1-14 - Empat makhluk Ilahi (Sabtu 27 September 2008) Empat makhluk Ilahi Di manakah kemuliaan Tuhan jelas terlihat dan dirasakan? Yesaya melihat kemuliaan Allah di bait Allah (Yes. 6:1-3). Namun, ...

SH: Yeh 1:1-28 - Penglihatan tentang Allah (Sabtu, 16 Juli 2016) Penglihatan tentang Allah Ketika menerima panggilan dari TUHAN, Yehezkiel sedang berada di tepi sungai Kebar di negeri orang Kasdim (1-3). Ia bersama...

SH: Yeh 1:1-28 - Melihat Kemuliaan Allah (Kamis, 9 Desember 2021) Melihat Kemuliaan Allah Dalam Perjanjian Lama, Allah menampakkan diri melalui penglihatan yang menunjukkan kemuliaan-Nya. Ini disebut "teofani", yakn...

SH: Yeh 1:15-28 - Kemuliaan Tuhan (Minggu 28 September 2008) Kemuliaan Tuhan Bayangkan betapa terpukau dan terbata-batanya Yehezkiel melihat kemuliaan Tuhan. Penyair terbaik sekalipun takkan dapat men...

Topik Teologia: Yeh 1:2 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Sebutan-sebutan Yang Menggambarkan Para Malaikat Baik Ciptaan-ciptaan yang Hidup Y...

Topik Teologia: Yeh 1:3 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Nabi Kel 4:11-12,15-16 Ula 18:15-22 1Sa 3:19-21 1Sa 28:6 2Sa 23:2 1Ra 13:20...

Topik Teologia: Yeh 1:24 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahakuasa (Ibr.: Shaddai) Kej 49:2...

Topik Teologia: Yeh 1:26 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Penampakan Jasmaniah Kej 18:1 Kej 35:9 Kej 48:3 Kel 24:9-11 2Ta 7:...

Topik Teologia: Yeh 1:27 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

TFTWMS: Yeh 1:1-3 - Waktu Penglihatan WAKTU PENGLIHATAN (Yehezkiel 1:1-3) 1 Pada tahun ketiga puluh, dalam bulan yang keempat, pada tanggal lima bulan itu, ketika aku bersama-sama dengan ...

TFTWMS: Yeh 1:4-28 - Penglihatan PENGLIHATAN (Yehezkiel 1:4-28) Yehezkiel menggambarkan penglihatannya dalam bahasa kiasan ("apokaliptik"). Banyak orang telah memutuskan un...

TFTWMS: Yeh 1:4-14 - Empat Makhluk Hidup Empat Makhluk Hidup (Yehezkiel 1:4-14) Yeh 1:4-6 4 Lalu aku melihat, sungguh, angin badai bertiup dari utara, dan membawa segumpal awan yang besar d...

TFTWMS: Yeh 1:15-21 - Roda-roda Roda-Roda (Yehezkiel 1:15-21) 15 Aku melihat, sungguh, di atas tanah di samping masing-masing dari keempat makhluk-makhluk hidup itu ada sebuah roda....

TFTWMS: Yeh 1:22-25 - Cakrawala Cakrawala (Yehezkiel 1:22-25) 21 Kalau makhluk-makhluk hidup itu berjalan, roda-roda itu berjalan; kalau mereka berhenti, roda-roda itu berhenti; dan...

TFTWMS: Yeh 1:26-28 - Takhta Takhta (Yehezkiel 1:26-28) 26 Di atas cakrawala yang ada di atas kepala mereka ada menyerupai takhta yang kelihatannya seperti permata lazurit; dan d...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Yehezkiel Tema : Hukuman dan Kemuliaan Allah Tanggal Penulisan: 590-570 SM Latar Belakang Latar belakang sejarah Kit...

Full Life: Yehezkiel (Garis Besar) Garis Besar I. Panggilan dan Penugasan Yehezkiel (Yeh 1:1-3:27) A. Penglihatan Tentang Kemuliaan Allah ...

Matthew Henry: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Ketika kita memasuki tulisan-tulisan para nabi, yang berbicara tentang apa yang harus terjadi sesudah ini, tampaknya kita mendapati panggilan yang...

Jerusalem: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL Berbeda dengan kitab Yeremia, kitab Yehezkiel tampaknya sebuah kitab yang tersusun rapih. Sesudah pendahuluan, Yeh 1-3, yang berisikan kisah...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) JEHESKIEL PENDAHULUAN Diantara para tokoh kenabian di Israil Jeheskiel (artinja: Allah menguatkan, ataupun: Semoga Allah mengguatkan, jakni anak ini) ...

Ende: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Kata Pengantar Kitab Yehezkiel telah dipuji-puji oleh para sarjana dan para siswa Alkitab selama berabad-abad. Teksnya menawan hati; pesannya mempes...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Garis Besar Diperluas I. NUBUATAN PENGHAKIMAN ATAS YEHUDA DAN PERNYATAAN TENTANG DOSA (1-24) A. Pemanggilan Nabi Yehezkiel Dan Penglihatan Pertama...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Sheol, Dunia Orang Mati Kata "Sheol" (Ibr.: loav=) muncul enam puluh tujuh kali di dalam Perjanjian Lama, lima kali di dalam Yehezkiel (31...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Apa Yang Terjadi Setelah Pembuangan? Jumlah orang yang diangkut ke pembuangan di Babel sulit ditentukan. Kitab Suci hanya memberikan angka tentang d...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Sifat-Sifat Agung Allah(Yehezkiel 1) Penglihatan apokaliptik ini menyajikan kebesaran dan keagungan Allah. Ada tiga kebenaran yang diajarkan tentang...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Berkhotbah Di Masa Sulit (Yehezkiel 1:1-3) Setiap pengkhotbah harus memperhatikan jenis orang seperti apakah nabi Yehezkiel itu: Ia adalah seorang na...

TFTWMS: Yehezkiel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Anthony D. York menawarkan beberapa penjelasan mengenai arti "tahun ketiga puluh" di dalam "Ezekiel 1: Inaugural an...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Penglihatan Yehezkiel Allah (Yehezkiel 1:4-22) Apakah yang penglihatan ini beritahukan kepada kita tentang Allah? Yehezkiel melihat Allah lewat cara ...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) "Yehezkiel Melihat Roda-Roda" (Yehezkiel 1:15-21) Roda-roda Yehezkiel 1 Telah menerima banyak perhatian dan memicu imajinasi untuk merenung...

TFTWMS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Suara Tuhan (Yehezkiel 1:24, 25) Di dalam ayat 24 dan 25 kita melihat dua acuan kepada suatu suara. Satu suara adalah "seperti suara Yang Mahaku...

BIS: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) YEHEZKIEL PENGANTAR Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

YEHEZKIEL

PENGANTAR

Nabi Yehezkiel tinggal dalam pembuangan di Babel, baik sebelum, maupun sesudah jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi. Pesannya ditujukan kepada orang-orang yang dibuang di Babel dan mereka yang tinggal di Yerusalem. Buku Yehezkiel dibagi dalam empat bagian yang penting yaitu:

  1. (1) Peringatan kepada umat Israel bahwa Allah akan menghakimi mereka dan bahwa Yerusalem akan jatuh dan hancur.
  2. (2) Pesan dari TUHAN bahwa Ia akan menghakimi bangsa-bangsa yang menindas dan menyesatkan umat-Nya.
  3. (3) Penghiburan bagi Israel setelah jatuhnya Yerusalem, dan janji tentang masa depan yang cerah.
  4. (4) Gambaran Yehezkiel tentang Rumah TUHAN dan bangsa yang diperbaharui.

Yehezkiel adalah orang yang teguh imannya dan hebat daya khayalnya. Sebagian besar dari pesannya didapatnya melalui penglihatan-penglihatan, dan dinyatakannya dengan perbuatan yang merupakan lambang yang jelas bagi bangsa Israel. Yehezkiel menekankan perlunya pembaharuan hati dan jiwa, serta tanggung jawab setiap orang atas dosa-dosanya sendiri. Ia juga menyatakan harapannya akan pembaharuan hidup bagi bangsa Israel. Sebagai imam dan juga selaku nabi, Yehezkiel memberi perhatian khusus kepada Rumah TUHAN dan pentingnya hidup menurut kehendak TUHAN.

Isi

  1.  Yehezkiel dipanggil menjadi nabi
    Yeh 1:1-3:27
  2.  Pesan-pesan tentang hukuman bagi Yerusalem
    Yeh 4:1-24:27
  3.  Penghakiman Allah terhadap bangsa-bangsa
    Yeh 25:1-32:32
  4.  Janji Allah kepada umat-Nya
    Yeh 33:1-37:28
  5.  Pesan tentang hukuman bagi Gog
    Yeh 38:1-39:29
  6.  Penglihatan tentang Rumah TUHAN dan tanah Israel di kemudian hari
    Yeh 40:1-48:35

Ajaran: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilih

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Yehezkiel, anggota jemaat dapat mengerti dan yakin bahwa Allah yang memilih bangsa Israel sebagai umat pilihan-Nya, adalah Allah yang dikenal dalam Tuhan Yesus Kristus, yaitu Allah Yang Mahakuasa dan yang mempunyai rencana yang indah dalam kehidupan seseorang.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Yehezkiel.

Isi Kitab: Kitab Yehezkiel terdiri dari 48 pasal. Isi Kitab ini merupakan pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa- bangsa lain.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Yehezkiel

  1. Pasal 1-3 (Yeh 1:1-3:27).

    Allah memanggil Yehezkiel menjadi hambanya

    1. Allah memperlihatkan kemuliaan-Nya kepada Yehezkie (pasal 1; Yeh 1-28).
    2. Allah memberikan tugas kepada Yehezkiel dalam melayani-Ny (pasal 2-3; Yeh 2:1-3:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 2:1-7. Apakah tugas Yehezkiel? Dan orang-orang macam apakah yang ia layani?

  2. Pasal 4-24 (Yeh 4:1-24:27).

    Pemberitaan tentang penghukuman yang akan dialami oleh bangsa Israel

    1. Perumpamaan-perumpamaan tentang penghukuman yang aka dialami bangsa Israel (pasal 3-7; Yeh 3:1-7:27).
    2. Pemberitaan tentang penglihatan Yehezkiel atas dos bangsa Israel (pasal 8-11; Yeh 8:1-11:25).
    3. Pemberitaan tentang penghakiman yang akan dialami bangs Israel (pasal 12-19; Yeh 12:1-19:14).
    4. Gambaran tentang dosa-dosa daripada bangsa Israe (pasal 20-24; Yeh 20:1-24:27).

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 24:1-11. Apakah sebabnya penghukuman akan dialami oleh orang-orang Israel?

  3. Pasal 25-32 (Yeh 25:1-32:32).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa-bangsa

    Pendalaman

    Sebab-sebab bangsa-bangsa lain dihukum: Amon Yeh 25:1-3. Moab Yeh 25:8. Edom Yeh 25:12. Filistin Yeh 25:15. Tirus Yeh 26:1-2. Sidon Yeh 28:20-22. Mesir dan Firaun Yeh 29:1-3.

  4. Pasal 33-39 (Yeh 33:1-39:29).

    Pemberitaan akan pembaharuan yang akan diterima bangsa Israel setelah penghakiman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Yeh 36:1-10. Apakah pendapat saudara tentang ayat 9 (Yeh 36:9)?

  5. Pasal 40-48 (Yeh 40:1-48:35).

    Pemberitaan tentang keadaan masa depan dari zaman baru

    1. Pemberitahuan tentang ukuran dari pada Bait Alla (pasal 40-42; Yeh 40:1-42:20).
    2. Petunjuk-petunjuk dalam ibada (pasal 43-46; Yeh 43:1-46:24).
    3. Pemberitahuan tentang keadaan dan pembagian tana (pasal 47-48; Yeh 47:1-48:35).

    Pendalaman

    Bacalah pasal 48:35; Yeh 48:35. Siapakah yang akan memerintah secara langsung dalam zaman baru itu?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Panggilan atas Yehezkiel untuk menjadi pemberita Firman Allah, mengajarkan bahwa Allah juga memanggil setiap orang percaya untuk bersaksi tentang Kristus.

  2. Tuntutan Allah terhadap tanggung jawab Yehezkiel dalam pemberitaannya, mengajarkan juga bahwa Allah menuntut pertanggungjawaban setiap orang Kristen dalam hal memberitakan Injil.

  3. Pemberitaan tentang keadaan masa depan bangsa Israel dan bangsa-bangsa lain telah digenapi, membuktikan bahwa apa yang dikatakan oleh Firman Allah itu benar.

  4. Apabila kehidupan di dalam zaman yang baru penuh dengan persekutuan, maka sudah selayaknyalah setiap orang percaya untuk memulai hidup dengan penuh persekutuan di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Yehezkiel?
  2. Apakah isi Kitab Yehezkiel?
  3. Untuk apakah Yehezkiel dipanggil Allah?
  4. Pelajaran apakah yang saudara terima setelah mempelajar Kitab Yehezkiel?

Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) Laporan seorang penjaga LATAR BELAKANGDalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu pendud

Laporan seorang penjaga

LATAR BELAKANG
Dalam tahun 597 SM raja Babel, Nebukadnezar mengangkut raja Yoyakim ke Babel bersama dengan sepuluh ribu penduduk utama bangsa Israel. Pemerintahan boneka yang ditinggalkannya di Yerusalem memberontak, dan dalam tahun 587 SM Nebukadnezar menghancurkan seluruh kota dan mengangkut lebih banyak penduduk ke pembuangan.

PENULIS
Diperkirakan bahwa kitab Yehezkiel disusun oleh beberapa pengarang atau ditulis lama sesudah pengarangnya meninggal, tetapi pemakaian kata ganti orang pertama, waktu yang tepat, data pribadi yang diberikan secara rinci, dan gaya penulisan yang sama dalam keseluruhan kitab merupakan indikasi kuat bahwa Yehezkiel sendiri yang memastikan bahwa semua nubuatannya ditulis dan menjelang akhir hidupnya ia menyusunnya dengan cermaat ke dalam bentuk buku. Yehezkiel dibesarkan di Yehuda dan boleh jadi pada masa remajanya ia dipengaruhi oleh pembaruan raja Yosia dan nubuatan Yeremia. Dia seorang imam yang dibuang ke Babel pada tahun 597 SM, kemungkinan bersama-sama dengan raja Yoyakim, dan tulisannya sangat dipengaruhi oleh latar belakang keimamannya. Dalam pembuangan ia bermukim di Tel-Abib di tepi sungai Kedar. Lima tahun kemudian, pada waktu ia berumur tiga puluh tahun, ia mendapat penglihatan dari Tuhan dan dipanggil menjadi nabi. Dia mungkin saja mempunyai kedudukan penting (Yeh 8:1; 14:1), walaupun kebanyakan orang menolak peringatannya (Yeh 3:25), atau tidak menganggapnya denganserius (Yeh 33:30-32).

ISI KITAB
Dalam kitab Yehezkiel, kita dapat membaca kisah kehidupan nabi itu dan nubuat-nubuatnya yang mencakup kurun waktu mulai dari tahun 597 sampai 570 SM. Kitab Yehezkiel terbagi dalam empat bagian penting. Pasal Yeh 1-24 khususnya berisi nubuatan yang diberikan sebelum tahun 587 SM pada waktu Yehezkiel memperhadapkan umat dengan dosa mereka, serta menunjukkan bahwa kejatuhan Yerusalem tidak dapat dihindari dan merupakan dosa yang sepatutnya mereka terima. Pasal Yeh 25:1-32:32 merupakan nubuatan tentang penghakiman terhadap bangsa- bangsa yang ada di sekeliling Yerusalem. Pasal Yeh 33:1-39:29 ditulis setelah kejatuhan Yerusalem dan Yehezkiel mendorong orang-orang buangan untuk bertobat dari dosa-dosa lama mereka, dan menjadi anggota masyarakat baru yang menyerahkan diri untuk melayani Tuhan. Bagian akhir berisi harapan tentang kembalinya bangsa Israel dari pembuatan sampai padda akhir zaman, dan berisi penglihatan Yehezkiel tentang Yerusalem baru. Kita akan lebih banyak belajar dari kitab Yehezkiel jika kita melihatnya sebagai pesan kepada suatu bangsa yang istimewa, yang sungguh-sungguh memerlukan pertolongan dalam suatu keadaan yang nyata.

Pesan

1. Sifat Allah
Rakyat yang berada dalam pembuangan mungkin saja tergoda untuk meragukan kuasa Tuhan. Yehezkiel sangat ingin memberitakan kebesaran Tuhan dalam situasi yang jelas sangat tidak menguntungkan sekalipun.
o Allah itu penuh kemuliaan dan mengagumkan. Yeh 1:25-28; 3:23
o Allah itu kudus. Yeh 5:11; 36:23
o Allah berkuasa di mana-mana. Yeh 3:12-27; 5:5
o Allah berkuasa atas segala bangsa. Yeh 25:1-32:32
o Allah itu adil. Yeh 18:25; 33:20
o Allah memimpin dan menunjukkan jalan bagi umat-Nya. Yeh 2:2; 11:1,5
o Allah bertindak agar umat-Nya mengenal Dia. Yeh 6:7, 14; 20:38
o Allah memelihara umat-Nya seperti seorang gembala yang baik. Yeh 34:11-16
o Allah memberikan hidup baru. Yeh 36:25-32

2. Bahaya dosa
Pesan Yehezkiel mengenai kematian dan hukuman kelihatannya keras dan tidak berperasaan apabila kita berpikir tentang rakyat yang sedang menderita di pembuangan, tetapi hal itu penting untuk membuat mereka mengerti bahwa pembuangan itu merupakan hukuman. Dengan maksud untuk mempermalukan mereka sampai mereka bertobat, Yehezkiel menganggap mereka busuk sampai ke akar-akarnya.
o Mereka telah mempermalukan nama Allah. Yeh 20:9; 36:20
o Mereka telah mencemarkan rumah Allah. Yeh 5:11; 23:38
o Mereka pemuja berhala. Yeh 20:7,18; 22:4
o Mereka mengambil bagian dalam upacara mengurbankan anak-anak. Yeh 20:26,31
o Mereka mengabaikan hukum. Yeh 44:6-8
o Mereka menekan orang miskin. Yeh 22:7,12

3. Pentingnya penghakiman
Oleh karena Allah itu adil, maka Israel harus dihukum. Hanya karena kesabaran Tuhan yang besar saja Dia masih dapat mentoleransi bangsa yang sudah bobrok itu sekian lamanya, tetapi Yehezkiel membawa pesan bahwa kesabaran Tuhan terhadap bangsa Israel akhirnya habis juga.
o Penghakiman tidak dapat dihapuskan. Yeh 12:22,27
o Penghakiman tidak dapat dihindari. Yeh 7:4-27; 22:14
o Penghakiman tidak datang "nanti", tetapi "sekarang". Yeh 9:10; 24:14

4. Janji kehidupan baru
Tuhan masih rindu untuk menyelamatkan bangsa Israel. Penghakiman dan pembuangan berarti bahwa dosa mereka dihukum dan sekarang akan ada berita pengampunan. Semua orang ditantang untuk bertobat dan dengan iman bergabung ke dalam komunitas umat Tuhan yang:
o Terbentuk dari orang-orang yang hatinya telah diubahkan oleh Tuhan. Yeh 36:25-27
o Diberi hidup oleh Roh Allah. Yeh 37:5
o Tidak terpecah-belah. Yeh 37:15-17
o Mempunyai perjanjian kekal dengan Allah. Yeh 14:11; 37:23
o Dipimpin oleh Raja Mesias keturunan Daud. Yeh 37:24-28
o Membawa hidup baru kepada dunia. Yeh 47:1-12

Penerapan

Yehezkiel banyak berbicara mengenai kegagalan para penguasa Israel untuk bertindak sebagai wakil Tuhan, dan bangsa Israel gagal untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah. Namun demikian, ia juga menunjukkan cara bagaimana menjalani kehidupan.

1. Ciri-ciri manusia yang sudah diperbarui
o Dia dipimpin oleh Tuhan
o Hatinya ditujukan kepada Tuhan
o Tujuan hidupnya untuk memuliakan Tuhan
o Dia dengan penuh sukacita menerima kehendak Tuhan
o Dia dikenal oleh kesucian hatinya dan ketaatannya kepada Tuhan
o Dia hidup dengan perasaan aman, karena tahu Tuhan memeliharanya
o Dia menunjukkan keprihatinannya terhadap sesama

2. Ciri-ciri seorang pemimpin yang baik
o Dia taat kepada Tuhan dalam segala hal
o Dia berpaling kepada Tuhan untuk memperoleh kekuatan
o Dia tekun menjalankan tugasnya
o Dia mengerti orang yang dipimpinnya
o Dia mengambil keputusan berdasarkan keadilan
o Dia tidak takut untuk berbicara

Tema-tema Kunci

1. Kebesaran Allah
Bangsa Israel berpikir bahwa kebesaran Israel adalah sama dengan kebesaran Allah, sehingga Allah tidak akan membiarkan Israel dihancurkan. Pendapat ini salah; Israel sendiri telah mencemarkan nama Allah. Demi untuk kemuliaan-Nya sendiri Allah bertindak, pertama-tama menghukum dan kemudian menyelamatkan. Bacalah Yeh 20:40-44; 28:25,26; 36:16-23; 38:17-23; 39:7,8,25-29. Dengan cara bagaimana orang Kristen dewasa ini mencemarkan nama Allah?

2. Allah memelihara
Allah terus memelihara bangsa Israel, bahkan pada waktu Dia harus menghukum mereka sekalipun. Bacalah: Yeh 11:17; 16:60-63; 28:24-26; 34:11-31; 37:25-27. Bandingkan gambaran Allah sebagai gembala Israel yang terdapat pada pasal Yeh 34, dengan pengajaran mengenai Gembala Agung dalam Yohanes 10:7-18.

3. Tanggung jawab
Setiap orang harus mempertanggungjawabkan segala perbuatannya di hadapan Allah. Bukan keluarga atau keadaan yang akhirnya harus dipersalahkan tentang apa yang terjadi pada seseorang. Ia sendiri yang harus memilih untuk melayani Allah dan terus melayani atau tidak. Baca Yeh 18:1-32; 33:7-20.

4. Penjaga
Yehezkiel menerima panggilan sebagai seorang penjaga atau "pengawas" dengan penuh kesungguhan dan ia memperingatkan bangsanya bahwa penghakiman Allah sudah dekat, dan memberikan kepada mereka kesempatan untuk berbalik serta menerima jalan keselamatan yang Allah sediakan. Carilah ayat-ayat: Yeh 3:12-21; 33:1-9. Dari ayat-ayat di atas dan ayat-ayat lainnya, buatlah daftar mengenai tanggung jawab yang diberikan Allah kepada hamba-hamba-Nya di dunia.

Garis Besar Intisari: Yehezkiel (Pendahuluan Kitab) [1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27 Yeh 1:1-3Waktu terjadinya Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan Yeh 2:1-3

[1] PANGGILAN YEHEZKIEL Yeh 1:1-3:27

Yeh 1:1-3Waktu terjadinya
Yeh 1:4-24Penglihatan mengenai makhluk hidup
Yeh 1:25-28Kemuliaan Tuhan
Yeh 2:1-3:15Yehezkiel menerima pengutusan
Yeh 3:16-27Ia harus memberi peringatan kepada bangsa Israel

[2] NUBUATAN MENGENAI PENGHAKIMAN ATAS YERUSALEM Yeh 4:1-12:28

Yeh 4:1-5:17Gambaran mengenai pengepungan terhadap Yerusalem
Yeh 6:1-14Nubuatan tentang gunung-gunung Israel
Yeh 7:1-27Kehancuran telah tiba
Yeh 8:1-9:11Pemujaan berhala di Rumah Allah
Yeh 10:1-22Hukuman terhadap pemimpin-pemimpin Israel
Yeh 11:16-25Bangsa Israel yang sudah diperbarui akan kembali
Yeh 12:1-28Gambaran mengenai pembuangan

[3] DOSA-DOSA ISRAEL DAN YERUSALEM Yeh 13:1-24:27

Yeh 13:1-23Nabi-nabi palsu akan dihukum
Yeh 14:1-11Pemuja berhala akan dihukum
Yeh 14:12-23Penghakiman tidak dapat dihindarkan
Yeh 15:1-8Yerusalem seperti kebun anggur yang tak berguna
Yeh 16:1-63Yerusalem sebagai pelacur
Yeh 17:1-24Perumpamaan tentang dua ekor elang dan kebun anggur
Yeh 18:1-32Tanggung jawab pribadi terhadap dosa
Yeh 19:1-14Ratapan untuk dua pangeran Israel
Yeh 20:1-29Masa lalu Israel yang penuh pemberontakan
Yeh 20:30-44Penghakiman dan pemulihan Tuhan
Yeh 20:45-21:32Penghakiman dengan api dan pedang
Yeh 22:1-31Yerusalem sudah berdosa besar
Yeh 23:1-49Israel dan Yehuda merupakan dua kakak beradik yang berdosa
Yeh 24:1-14Yerusalem bagaikan periuk berkarat
Yeh 24:15-27Istri Yehezkiel meninggal

[4] NUBUATAN TENTANG HUKUMAN BAGI BANGSA-BANGSA Yeh 25:1-32:32

Yeh 25:1-7Terhadap Amon
Yeh 25:8-11Terhadap Moab
Yeh 25:12-14Terhadap Edom
Yeh 25:15-17Terhadap bangsa Filistin
Yeh 26:1-28:19Terhadap Tirus
Yeh 28:20-26Terhadap Sidon
Yeh 29:1-32:32Terhadap Mesir

[5] NUBUATAN TENTANG HARI DEPAN Yeh 33:1-39:29

Yeh 33:1-20Yehezkiel, si penjaga
Yeh 33:21-33Penjelasan tentang jatuhnya Yerusalem
Yeh 34:1-31Gembala yang baik menggantikan gembala yang buruk
Yeh 35:1-15Pengkhianatan Edom akan dibalas
Yeh 36:1-14Hidup baru bagi tulang-tulang yang kering
Yeh 37:15-28Bangsa yang dibangkitkan dengan raja yang baru
Yeh 38:1-39:20Nubuatan tentang Gog
Yeh 39:21-29Rencana Tuhan untuk bangsa Israel

[6] GAMBARAN MENGENAI YERUSALEM BARU Yeh 40:1-48:35

Yeh 40:1-42:20Rumah Tuhan yang baru
Yeh 43:1-12Kemuliaan Tuhan kembali ke rumah-Nya
Yeh 43:13-46:24Pengaturan ibadah
Yeh 47:1-12Sungai yang memberi hidup
Yeh 47:13-48:35Pembagian tanah di antara suku-suku
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 2.11 detik
dipersembahkan oleh YLSA