kecilkan semua  

Teks -- Ulangan 1:1-46 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Musa meriwayatkan pengalaman di gunung Horeb
1:1 Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun, di Araba-Yordan, di tentangan Suf, antara Paran dengan Tofel, Laban, Hazerot dan Di-Zahab. 1:2 Sebelas hari perjalanan jauhnya dari Horeb sampai Kadesh-Barnea, melalui jalan pegunungan Seir. 1:3 Pada tanggal satu bulan sebelas tahun keempat puluh berbicaralah Musa kepada orang Israel sesuai dengan segala yang diperintahkan TUHAN kepadanya demi mereka, 1:4 setelah ia memukul kalah Sihon, raja orang Amori, yang diam di Hesybon, dan Og, raja negeri Basan, yang diam di Asytarot, dekat Edrei. 1:5 Di seberang sungai Yordan, di tanah Moab, mulailah Musa menguraikan hukum Taurat ini, katanya: 1:6 "TUHAN, Allah kita, telah berfirman kepada kita di Horeb, demikian: Telah cukup lama kamu tinggal di gunung ini. 1:7 Majulah, berangkatlah, pergilah ke pegunungan orang Amori dan kepada semua tetangga mereka di Araba-Yordan, di Pegunungan, di Daerah Bukit, di Tanah Negeb dan di tepi pantai laut, yakni negeri orang Kanaan, dan ke gunung Libanon sampai Efrat, sungai besar itu. 1:8 Ketahuilah, Aku telah menyerahkan negeri itu kepadamu; masukilah, dudukilah negeri yang dijanjikan TUHAN dengan sumpah kepada nenek moyangmu, yakni Abraham, Ishak dan Yakub, untuk memberikannya kepada mereka dan kepada keturunannya."
Riwayat pengangkatan hakim-hakim
1:9 "Pada waktu itu aku berkata kepadamu, demikian: Seorang diri aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu. 1:10 TUHAN, Allahmu, telah membuat kamu banyak dan sesungguhnya, sekarang kamu sudah seperti bintang-bintang di langit banyaknya. 1:11 TUHAN, Allah nenek moyangmu, kiranya menambahi kamu seribu kali lagi dari jumlahmu sekarang dan memberkati kamu seperti yang dijanjikan-Nya kepadamu. 1:12 Tetapi bagaimana seorang diri aku dapat memikul tanggung jawab atas kesusahanmu, atas bebanmu dan perkaramu? 1:13 Kemukakanlah dari suku-sukumu orang-orang yang bijaksana, berakal budi dan berpengalaman, maka aku akan mengangkat mereka menjadi kepala atas kamu. 1:14 Lalu kamu menjawab aku: Memang baik apa yang kauanjurkan untuk dilakukan itu. 1:15 Kemudian aku mengambil kepala-kepala sukumu, yakni orang-orang yang bijaksana dan berpengalaman, lalu aku mengangkat mereka menjadi pemimpin atas kamu, yakni sebagai kepala pasukan seribu, kepala pasukan seratus, kepala pasukan lima puluh dan kepala pasukan sepuluh dan sebagai pengatur pasukan bagi suku-sukumu. 1:16 Dan pada waktu itu aku memerintahkan kepada para hakimmu, demikian: Berilah perhatian kepada perkara-perkara di antara saudara-saudaramu dan berilah keputusan yang adil di dalam perkara-perkara antara seseorang dengan saudaranya atau dengan orang asing yang ada padanya. 1:17 Dalam mengadili jangan pandang bulu. Baik perkara orang kecil maupun perkara orang besar harus kamu dengarkan. Jangan gentar terhadap siapapun, sebab pengadilan adalah kepunyaan Allah. Tetapi perkara yang terlalu sukar bagimu, harus kamu hadapkan kepadaku, supaya aku mendengarnya. 1:18 Demikianlah aku pada waktu itu memerintahkan kepadamu segala hal yang harus kamu lakukan."
Riwayat kedua belas pengintai
1:19 "Kemudian kita berangkat dari Horeb dan berjalan melalui segenap padang gurun yang besar dan dahsyat yang telah kamu lihat itu, ke arah pegunungan orang Amori, seperti yang diperintahkan kepada kita oleh TUHAN, Allah kita; lalu kita sampai ke Kadesh-Barnea. 1:20 Ketika itu aku berkata kepadamu: Kamu sudah sampai ke pegunungan orang Amori, yang diberikan kepada kita oleh TUHAN, Allah kita. 1:21 Ketahuilah, TUHAN, Allahmu, telah menyerahkan negeri itu kepadamu. Majulah, dudukilah, seperti yang difirmankan kepadamu oleh TUHAN, Allah nenek moyangmu. Janganlah takut dan janganlah patah hati. 1:22 Lalu kamu sekalian mendekati aku dan berkata: Marilah kita menyuruh beberapa orang mendahului kita untuk menyelidiki negeri itu bagi kita dan membawa kabar kepada kita tentang jalan yang akan kita lalui, dan tentang kota-kota yang akan kita datangi. 1:23 Hal itu kupandang baik. Jadi aku memilih dari padamu dua belas orang, dari tiap-tiap suku seorang. 1:24 Mereka pergi dan berjalan ke arah pegunungan, lalu sampai ke lembah Eskol, kemudian menyelidiki negeri itu. 1:25 Maka mereka mengambil buah-buahan negeri itu dan membawanya kepada kita. Pula mereka membawa kabar kepada kita, demikian: Negeri yang diberikan TUHAN, Allah kita, kepada kita itu baik. 1:26 Tetapi kamu tidak mau berjalan ke sana, kamu menentang titah TUHAN, Allahmu. 1:27 Kamu menggerutu di dalam kemahmu serta berkata: Karena TUHAN membenci kita, maka Ia membawa kita keluar dari tanah Mesir untuk menyerahkan kita ke dalam tangan orang Amori, supaya dimusnahkan. 1:28 Ke manakah pula kita maju? Saudara-saudara kita telah membuat hati kita tawar dengan mengatakan: Orang-orang itu lebih besar dan lebih tinggi dari pada kita, kota-kota di sana besar dan kubu-kubunya sampai ke langit, lagipula kami melihat orang-orang Enak di sana. 1:29 Ketika itu aku berkata kepadamu: Janganlah gemetar, janganlah takut kepada mereka; 1:30 TUHAN, Allahmu, yang berjalan di depanmu, Dialah yang akan berperang untukmu sama seperti yang dilakukan-Nya bagimu di Mesir, di depan matamu, 1:31 dan di padang gurun, di mana engkau melihat bahwa TUHAN, Allahmu, mendukung engkau, seperti seseorang mendukung anaknya, sepanjang jalan yang kamu tempuh, sampai kamu tiba di tempat ini. 1:32 Tetapi walaupun demikian, kamu tidak percaya kepada TUHAN, Allahmu, 1:33 yang berjalan di depanmu di perjalanan untuk mencari tempat bagimu, di mana kamu dapat berkemah: dengan api pada waktu malam dan dengan awan pada waktu siang, untuk memperlihatkan kepadamu jalan yang harus kamu tempuh."
Riwayat hukuman atas Israel
1:34 "Ketika TUHAN mendengar gerutumu itu, Ia menjadi murka dan bersumpah: 1:35 Tidak seorangpun dari orang-orang ini, angkatan yang jahat ini, akan melihat negeri yang baik, yang dengan sumpah Kujanjikan untuk memberikannya kepada nenek moyangmu, 1:36 kecuali Kaleb bin Yefune. Dialah yang akan melihat negeri itu dan kepadanya dan kepada anak-anaknya akan Kuberikan negeri yang diinjaknya itu, karena dengan sepenuh hati ia mengikuti TUHAN. 1:37 Juga kepadaku TUHAN murka oleh karena kamu, dan Ia berfirman: Juga engkau tidak akan masuk ke sana. 1:38 Yosua bin Nun, pelayanmu, dialah yang akan masuk ke sana. Berilah kepadanya semangat, sebab dialah yang akan memimpin orang Israel sampai mereka memiliki negeri itu. 1:39 Dan anak-anakmu yang kecil, yang kamu katakan akan menjadi rampasan, dan anak-anakmu yang sekarang ini yang belum mengetahui tentang yang baik dan yang jahat, merekalah yang akan masuk ke sana dan kepada merekalah Aku akan memberikannya, dan merekalah yang akan memilikinya. 1:40 Tetapi kamu ini, baliklah, berangkatlah ke padang gurun, ke arah Laut Teberau."
Riwayat kegagalan serangan ke bagian selatan
1:41 "Lalu kamu menjawab, katamu kepadaku: Kami berbuat dosa kepada TUHAN. Kami mau maju berperang, menurut segala yang diperintahkan kepada kami oleh TUHAN, Allah kita. Dan setiap orang dari padamu menyandang senjata perangnya, sebab kamu menganggap mudah untuk berjalan maju ke arah pegunungan. 1:42 Tetapi TUHAN berfirman kepadaku: Katakanlah kepada mereka: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang, sebab Aku tidak ada di tengah-tengahmu, nanti kamu terpukul kalah oleh musuhmu. 1:43 Dan aku berbicara kepadamu tetapi kamu tidak mendengarkan, kamu menentang titah TUHAN; kamu berlaku terlalu berani dan maju ke arah pegunungan. 1:44 Kemudian orang Amori yang diam di pegunungan itu keluar menyerbu kamu, dan mereka mengejar kamu seperti lebah dan mengalahkan kamu dari Seir sampai Horma. 1:45 Lalu kamu pulang dan menangis di hadapan TUHAN; tetapi TUHAN tidak mendengarkan tangisanmu dan tidak memberi telinga kepada suaramu. 1:46 Demikianlah kamu lama tinggal di Kadesh, yakni sepanjang waktu kamu tinggal di sana."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Araba a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · Araba-Yordan a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · Asytoret a goddess
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Basan a region east of Lake Galilee between Mt. Hermon and Wadi Yarmuk
 · Bet-Araba a town of Judea west of Jerusalem on the border of Benjamin
 · Edrei a town about 50 km east of the Sea of Galilee (ZD),a town of Naphtali north or west of the Sea of Galilee
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Eskol brother of Mamre and Aner, Amorites who were allies of Abraham,a valley near Hebron, presumably where Eshcol once lived
 · Hazerot a place where Israel made an encampment
 · Hesmon a town of south-eastern Judah
 · Horeb a mountain; the place where the law was given to Moses
 · Horma a town of Simeon about 10 km east of Beersheba
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kadesh an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Kadesh-barnea an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Kadesh-Barnea an oasis 100 km south of Gaza & 120 km NNW of Ezion-Geber, where Israel made an encampment
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Khelubai son of Hezron son of Perez son of Judah
 · Laban son of Bethuel; brother of Rebecca; father of Leah and Rachel; uncle and father-in-law of Jacob,a town in Moab
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · laut ke laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea


Topik/Tema Kamus: Musa | Jalan, Perjalanan Israel Melalui | Sidang, Persidangan Pengadilan | Hukum, Hukum Musa | Hakim Pengadilan | Libanon | Orang Amori | Lembah | Orang Enak | Orang Asing Yang Tinggal Di Negeri Israel | Orang Kanaan | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Tembok, Pagar Atau Dinding | Tengkar, Pertengkaran | Tanah Palestina | Sungai Efrat | Dizahab | Kota | Janji Allah | Kaleb | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ul 1:1 - PERKATAAN-PERKATAAN YANG DIUCAPKAN MUSA. Nas : Ul 1:1 PB sering kali menunjuk kepada isi kitab Ulangan. Yesus mengutip kitab ini ketika dicobai oleh Iblis (Mat 4:4,7,10; bd. Ul 6:13,16; Ul...

Nas : Ul 1:1

PB sering kali menunjuk kepada isi kitab Ulangan. Yesus mengutip kitab ini ketika dicobai oleh Iblis (Mat 4:4,7,10; bd. Ul 6:13,16; Ul 8:3) dan ketika Dia mengajarkan tentang hubungan kita dengan Allah seperti terwujud dalam "hukum yang terutama dan yang pertama" (Mat 22:37-38; bd. Ul 6:5; 10:12; 30:6; bd. Ul 17:6; 19:15 degan Mat 18:16; Yoh 8:17).

Full Life: Ul 1:26 - MENENTANG TITAH TUHAN. Nas : Ul 1:26 Umat Israel seharusnya sudah masuk Kanaan tiga puluh sembilan tahun sebelumnya (ayat Ul 1:2-3), tetapi karena ketidaktaatan dan kegag...

Nas : Ul 1:26

Umat Israel seharusnya sudah masuk Kanaan tiga puluh sembilan tahun sebelumnya (ayat Ul 1:2-3), tetapi karena ketidaktaatan dan kegagalan mereka untuk melakukan kehendak Allah, masuknya mereka tertunda (Bil 14:33-34). Kegagalan untuk hidup di dalam kehendak Allah dan oleh Roh-Nya (Rom 8:12-15; Gal 5:16) dapat mengakibatkan penundaan atau bahkan kehilangan rencana Allah untuk kehidupan kita. Kita harus memiliki rasa takut yang kudus untuk berada di luar kehendak Allah dan kehilangan kehadiran, kasih karunia, dan perlindungan-Nya dalam kehidupan kita

(lihat art. KEHENDAK ALLAH).

Full Life: Ul 1:35 - TIDAK SEORANG PUN ... AKAN MELIHAT NEGERI YANG BAIK. Nas : Ul 1:35 Semua orang Israel yang tidak bersedia memasuki tanah yang dijanjikan (lihat cat. --> Ul 1:26 sebelumnya) [atau r...

Nas : Ul 1:35

Semua orang Israel yang tidak bersedia memasuki tanah yang dijanjikan

(lihat cat. --> Ul 1:26 sebelumnya)

[atau ref. Ul 1:26]

dengan demikian tidak diizinkan memasukinya. Ketidaktaatan sering kali menyedihkan karena mungkin mengakibatkan kehilangan kesempatan yang tidak dapat diubah dan juga hukuman ilahi.

Full Life: Ul 1:36 - DENGAN SEPENUH HATI IA MENGIKUTI TUHAN. Nas : Ul 1:36 Perhatikanlah berkat-berkat Allah yang tersedia bagi mereka yang mengikut Tuhan "dengan sepenuh hati." Allah akan "berperang untukmu"...

Nas : Ul 1:36

Perhatikanlah berkat-berkat Allah yang tersedia bagi mereka yang mengikut Tuhan "dengan sepenuh hati." Allah akan "berperang untukmu" (ayat Ul 1:30), "mendukung engkau seperti seseorang mendukung anaknya" (ayat Ul 1:31), "berjalan di depanmu" dan "memperlihatkan kepadamu jalan yang harus kamu tempuh" (ayat Ul 1:33).

BIS: Ul 1:4 - Musa Musa atau TUHAN.

Musa atau TUHAN.

Jerusalem: Ul 1:1-5 - -- Bagian ini disusun oleh beberapa orang dan menyajikan judul kitab, Ula 1:1 dan menentukan tempat dan waktu terjadinya peristiwa. Bagian ini ditambahka...

Bagian ini disusun oleh beberapa orang dan menyajikan judul kitab, Ula 1:1 dan menentukan tempat dan waktu terjadinya peristiwa. Bagian ini ditambahkan pada kitab asli dengan maksud menghubungkan Ulangan dengan Bilangan.

Jerusalem: Ul 1:5 - katanya Wejangan Musa yang pertama, Ula 1:6-4:40, ini meringkaskan sejarah umat Israel mulai dengan waktu tinggal pada gunung Sinai sampai tibanya di gunung P...

Wejangan Musa yang pertama, Ula 1:6-4:40, ini meringkaskan sejarah umat Israel mulai dengan waktu tinggal pada gunung Sinai sampai tibanya di gunung Pisga di tepi sungai Yordan. Ringkasan itu disusul sebuah seruan supaya umat menepati perjanjian serta seluruh syaratnya. Bagian terakhir itupun memberitahukan pembuangan umat kelak sebagai hukuman atas ketidaksetiaan umat pada perjanjian. Tetapi ia juga berkata tentang kembalinya umat dari pembuangan. Jelaslah bagian ini ditambahkan waktu kitab Ulangan untuk kedua kalinya diterbitkan di masa pembuangan. Wejangan Musa ini mengambil sebagian bahannya dari tradisi Yahwista dan terutama dari tradisi Elohista, sebagaimana termaktub dalam Keluaran dan Bilangan. Tetapi Ulangan memilih bagian-bagian yang dianggap sesuai lalu menyadurnya dengan titik pandangan yang berbeda. Khususnya wejangan Musa ini menekankan penyelenggaraan Allah dan kepilihan Israel. Pikiran pokok ialah: Pemberian Tanah Suci yang dijanjikan Tuhan. Bab 1-3 berupa semacam pendahuluan dan mempunyai ciri historis, khususnya Ula 1:19 dst, dan pikiran pokok tsb terutama dalam bagian historis ini menonjol. Bab 1-3 itupun boleh dianggap pengantar untuk "Kitab Sejarah Ulangan" yang merangkap juga kitab Yosua, Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja. Sejarah itu berakhir dengan berita bahwa umat Israel kehilangan Tanah Suci yang dianugerahkan kepadanya.

Jerusalem: Ul 1:11 - menambahi kamu Penambahan jumlah umat di sini diartikan bukti berkat Allah. Atas dasar pertimbangan teologis Bil 11:11-15 diperbaiki. Dalam Bil 11 Musa justru menge...

Penambahan jumlah umat di sini diartikan bukti berkat Allah. Atas dasar pertimbangan teologis Bil 11:11-15 diperbaiki. Dalam Bil 11 Musa justru mengeluh karena bangsa yang terlalu banyak.

Jerusalem: Ul 1:17 - pandang bulu Harafiah: mengangkat muka. Ulangan itu berarti: menyatakan kerelaan, tetapi dalam hal pengadilan umumnya berarti: memihak, Ula 16:19; Ima 19:15, dll. ...

Harafiah: mengangkat muka. Ulangan itu berarti: menyatakan kerelaan, tetapi dalam hal pengadilan umumnya berarti: memihak, Ula 16:19; Ima 19:15, dll. Para hakim wajib menuruti Allah yang tidak memihak sedikitpun, Ula 10:17+. Para nabi dengan satu dan lain jalan kerap kali menekankan kewajiban itu, Yes 10:2; Yer 5:28; Yeh 22:12; Ams 2:6; 5:7,10; Mik 3:9,11

Jerusalem: Ul 1:21 - Janganlah takut... Jaminan bahwa akan menang ini merupakan sebuah unsur khusus dalam nas-nas berbicara tentang perang suci. Unsur ini kerap kali terdapat dalam kitab Ula...

Jaminan bahwa akan menang ini merupakan sebuah unsur khusus dalam nas-nas berbicara tentang perang suci. Unsur ini kerap kali terdapat dalam kitab Ulangan, Ula 1:29; 7:21; 20:1; 31:8, dll.

Jerusalem: Ul 1:22 - Marilah kita Dalam Bil 13:2 pengintai dikirim atas pesan Tuhan sendiri, padahal di sini rakyat sendirilah yang memprakarsai pengiriman itu. Tindakan rakyat itu sud...

Dalam Bil 13:2 pengintai dikirim atas pesan Tuhan sendiri, padahal di sini rakyat sendirilah yang memprakarsai pengiriman itu. Tindakan rakyat itu sudah memperlihatkan bahwa kurang percaya. Dengan jalan itu disiapkan lanjutan kisah yang berkata tentang rakyat yang tidak mau memasuki negeri Kanaan, lalu dihukum. Kitab Ulangan menghubungkan kesalahan Musa dengan kedurhakaan rakyat ini, sedangkan Bil 20:12 menghubungkannya dengan peristiwa di Meriba. Dengan jalan itu Ulangan kembali menonjolkan pikiran pokoknya, yaitu: Tanah yang dijanjikan.

Jerusalem: Ul 1:28 - orang-orang Enak Orang Enak, orang Emim, Ula 2:10, orang Refaim, Ula 2:20, dan orang Zamzumim (atau: Zusim), Ula 2:20, adalah bangsa-bangsa dongeng yang dikatakan dahu...

Orang Enak, orang Emim, Ula 2:10, orang Refaim, Ula 2:20, dan orang Zamzumim (atau: Zusim), Ula 2:20, adalah bangsa-bangsa dongeng yang dikatakan dahulu mendiami negeri Palestina dan daerah seberang sungai Yordan. Bdk Kej 14:5. Mereka dianggap keturunan orang Nefilim (raksasa), Bil 13:33; Kej 6:4. Dengan bangsa-bangsa itupun dihubungkan peninggalan (batu-batu besar) dari masa yang lampau. Ula 3:11. Orang Enak dikatakan di masa Yosua masih tampil sebagai orang berkuasa di pegunungan Hebron dan daerah pesisir, Yos 11:21 dst; Ula 14:12-15; 15:13-15; 21:11. Orang Refaim berhasil mempertahankan diri di daerah Basan, Ula 3:13; Yos 12:4 dst; Ula 13:12. Di bawah suku Yehuda nama mereka terpelihara dalam nama "Lembah orang Refaim", Yos 15:8; 18:16; 2Sa 5:18. Anak buah Daud dikatakan beradu dengan keturunan terakhir dari Rafa (raksasa) yang memberi namanya kepada seluruh bangsa Refaim, 2Sa 21:16-22; 1Ta 20:4-8. Kata "refaim" juga berarti orang-orang mati yang berupa "bayangan" tinggal di dunia orang mati (syeol), bdk Ayu 26:5 dst; Maz 88:11; Yes 14:9; 26:14,19.

Ende: Ul 1:2 - -- Pada ajat 2(Ula 1:2) pengantar ini tempat-tempat jang terpenting disebutkan: pun pula kedjadian-kedjadian penting jang terdjadi disepandjang perdjalan...

Pada ajat 2(Ula 1:2) pengantar ini tempat-tempat jang terpenting disebutkan: pun pula kedjadian-kedjadian penting jang terdjadi disepandjang perdjalanan digurun dari gunung Sinai sampai kedaerah Moab jang letaknja disebelah timur sungai Jarden.

Ende: Ul 1:6 - -- Orang Amorit: lihat aj. 44(Ula 1:44). Araba: lihat Ula 2:8. Sjefela: didataran sebelah barat Jerusalem jang membentang kepantai. Negeb: padang rumput ...

Orang Amorit: lihat aj. 44(Ula 1:44). Araba: lihat Ula 2:8. Sjefela: didataran sebelah barat Jerusalem jang membentang kepantai. Negeb: padang rumput disebelah Selatan Beersjeba.

Ende: Ul 1:8 - -- Pendudukan negeri Kanaan adalah memenuhi djadi kepada nenek-mojang. Dari sebab itu maka penaklukan itu bukanlah atas kekuatan sendiri: melainkan merup...

Pendudukan negeri Kanaan adalah memenuhi djadi kepada nenek-mojang. Dari sebab itu maka penaklukan itu bukanlah atas kekuatan sendiri: melainkan merupakan anugerah dari Allah kepada umatNja.

Ende: Ul 1:9 - -- Ajat-ajat berikut ini menundjukkan bahwa sematjam organisasi pemerintahan dan peradilan telah ada sedjak pada djaman Musa.

Ajat-ajat berikut ini menundjukkan bahwa sematjam organisasi pemerintahan dan peradilan telah ada sedjak pada djaman Musa.

Ende: Ul 1:16 - -- Didalam hukum menurut Deuter. ternjata ada perhatian jang besar kepada hak-hak orang asing: begitu pula kepada para djanda dan jatim-piatu. Jang dimak...

Didalam hukum menurut Deuter. ternjata ada perhatian jang besar kepada hak-hak orang asing: begitu pula kepada para djanda dan jatim-piatu. Jang dimaksud orang asing adalah anggota dari lain suku dan kelak termasuk djuga orang dari lain bangsa: jang mengambil tempat kediaman diluar wilajah bangsanja sendiri. Terhadap mereka itu berlakulah kewadjiban untuk menerimanja: asal mereka menjesuaikan diri dengan kebiasaan-kebiasaan suku jang ditumpanginja. (bdk. Ula 16:11; 24:17,21; 27:19; 29:10).

Ende: Ul 1:21 - -- Ini adalah andjuran agar supaja pertjaja. Hal sematjam itu kerapkali diulang-ulang. Djustru karena Jahwe sendirilah jang menganugerahkan negeri itu: m...

Ini adalah andjuran agar supaja pertjaja. Hal sematjam itu kerapkali diulang-ulang. Djustru karena Jahwe sendirilah jang menganugerahkan negeri itu: maka bangsa Jahudi tidak perlu takut terhadap bangsa-bangsa Kanaan jang tak sedikit djumlahnja. Kepertjajaan itu ada hubungannja pula dengan faham mengenai perang Sutji. Bahwa bangsa Hibrani sudah sedjak pada permulaan kendur imannja dan kurang pertjaja: hal itu dikemukakan dalam ajat-ajat jang berikut.

Ende: Ul 1:24 - -- Lembah Esjkol: dekat Hebron (Bil 13:24).

Lembah Esjkol: dekat Hebron (Bil 13:24).

Ende: Ul 1:28 - -- Kaum Anakit: penghuni daerah Hebron dan dataran pantai. Bangsa itu dihubung-hubungkan dengan penduduk asli jang legendaris di Palestina. Mereka dipand...

Kaum Anakit: penghuni daerah Hebron dan dataran pantai. Bangsa itu dihubung-hubungkan dengan penduduk asli jang legendaris di Palestina. Mereka dipandang sebagai manusia jang luar biasa kekuatannja maupun tubuhnja.

Ende: Ul 1:31 - -- Disini kita lihat bagaimana hubungan erat Allah dengan umatNja diungkapkan: jakni sebagai seorang bapa jang membimbing dan melindungi puteraNja. Dalam...

Disini kita lihat bagaimana hubungan erat Allah dengan umatNja diungkapkan: jakni sebagai seorang bapa jang membimbing dan melindungi puteraNja. Dalam hal ini kitab kita ini memperlihatkan adanja hubungan dengan pengertian tentang Allah seperti terdapat misalnja pada nabi Hosea: Jesaja dan Jeremia.

Ende: Ul 1:35 - -- Lamanja waktu sebelum mentjapai negeri jang telah didjandjikan: dipandang sebagai hukuman terhadap sikap rakjat jang kurang pertjaja. Kurangnja iman i...

Lamanja waktu sebelum mentjapai negeri jang telah didjandjikan: dipandang sebagai hukuman terhadap sikap rakjat jang kurang pertjaja. Kurangnja iman itu merupakan faktor jang utama sebagai penghalang bagi rentjana penjelamatan Allah.

Ende: Ul 1:37 - -- Musa dihukum karena dosa-dosa umatnja: bukan karena pelanggaran-pelanggarannja sendiri (lain hanja dengan Ula 32:51).

Musa dihukum karena dosa-dosa umatnja: bukan karena pelanggaran-pelanggarannja sendiri (lain hanja dengan Ula 32:51).

Ende: Ul 1:44 - -- Orang Amorit: Nama Amurru berarti "negeri Barat". Nama Amorit oleh kitab sutji biasanja dipakai untuk menundjuk penduduk kuno di Palestina. Perbedaann...

Orang Amorit: Nama Amurru berarti "negeri Barat". Nama Amorit oleh kitab sutji biasanja dipakai untuk menundjuk penduduk kuno di Palestina. Perbedaannja dengan bangsa-bangsa Kanaan menurut sementara orang berdasarkan ethnologi: tapi menurut ahli-ahli lain hanjalah sekedar perbedaan tempat belaka. Seir: nama bukit-bukit Edom. Chorma terletak disekitar Beersjeba.

Endetn: Ul 1:15 - untuk suku-suku-mu Junani: "untuk hakim-hakim-mu".

Junani: "untuk hakim-hakim-mu".

Endetn: Ul 1:35 - angkatan jang djahat ini tidak ada dalam Sam., Jun. dan beberapa naskah Hibr.

tidak ada dalam Sam., Jun. dan beberapa naskah Hibr.

Endetn: Ul 1:44 - dari Seir menurut Jun., Syr., Vulg. Hibr.: "di Seir".

menurut Jun., Syr., Vulg. Hibr.: "di Seir".

Ref. Silang FULL: Ul 1:1 - sungai Yordan // di Araba-Yordan // antara Paran · sungai Yordan: Bil 13:29; Bil 13:29; Ul 4:46 · di Araba-Yordan: Ul 1:7; Ul 2:8; 3:17; Yos 3:16; 8:14; 11:2; Yeh 47:8 · antara P...

· sungai Yordan: Bil 13:29; [Lihat FULL. Bil 13:29]; Ul 4:46

· di Araba-Yordan: Ul 1:7; Ul 2:8; 3:17; Yos 3:16; 8:14; 11:2; Yeh 47:8

· antara Paran: Bil 10:12; [Lihat FULL. Bil 10:12]

Ref. Silang FULL: Ul 1:2 - dari Horeb // Kadesh-Barnea // melalui jalan // pegunungan Seir · dari Horeb: Kel 3:1; Kel 3:1 · Kadesh-Barnea: Kej 14:7; Kej 14:7; Ul 2:14; 9:23; Yos 15:3 · melalui jalan: Ul 1:19 · peg...

· dari Horeb: Kel 3:1; [Lihat FULL. Kel 3:1]

· Kadesh-Barnea: Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]; Ul 2:14; 9:23; Yos 15:3

· melalui jalan: Ul 1:19

· pegunungan Seir: Bil 24:18; [Lihat FULL. Bil 24:18]

Ref. Silang FULL: Ul 1:3 - satu bulan // sebelas tahun // puluh berbicaralah · satu bulan: Kej 50:3; Ul 34:8; Yos 4:19 · sebelas tahun: Bil 14:33; 32:13; Ul 8:2; Ibr 3:7-9 · puluh berbicaralah: Ul 4:1-2

· satu bulan: Kej 50:3; Ul 34:8; Yos 4:19

· sebelas tahun: Bil 14:33; 32:13; Ul 8:2; Ibr 3:7-9

· puluh berbicaralah: Ul 4:1-2

Ref. Silang FULL: Ul 1:4 - kalah Sihon // orang Amori // di Hesybon // dan Og // di Asytarot · kalah Sihon: Bil 21:21-26 · orang Amori: Kej 10:16; Kej 10:16; Kej 14:7; Kej 14:7 · di Hesybon: Bil 21:25; Bil 21:25 ·...

· kalah Sihon: Bil 21:21-26

· orang Amori: Kej 10:16; [Lihat FULL. Kej 10:16]; Kej 14:7; [Lihat FULL. Kej 14:7]

· di Hesybon: Bil 21:25; [Lihat FULL. Bil 21:25]

· dan Og: Bil 21:33-35; Ul 3:10

· di Asytarot: Yos 9:10; 12:4; 1Taw 11:44

Ref. Silang FULL: Ul 1:5 - tanah Moab · tanah Moab: Bil 21:11; Bil 21:11

· tanah Moab: Bil 21:11; [Lihat FULL. Bil 21:11]

Ref. Silang FULL: Ul 1:6 - kepada kita // di Horeb // Telah cukup · kepada kita: Bil 10:13 · di Horeb: Kel 3:1; Kel 3:1 · Telah cukup: Ul 2:3

· kepada kita: Bil 10:13

· di Horeb: Kel 3:1; [Lihat FULL. Kel 3:1]

· Telah cukup: Ul 2:3

Ref. Silang FULL: Ul 1:7 - orang Amori // di Araba-Yordan // Tanah Negeb // orang Kanaan // gunung Libanon // sampai Efrat · orang Amori: Ul 1:19; Ul 2:24; 7:1; Yos 10:5 · di Araba-Yordan: Ul 1:1; Ul 1:1 · Tanah Negeb: Bil 21:1; Bil 21:1; Yos 11:16; 12...

· orang Amori: Ul 1:19; Ul 2:24; 7:1; Yos 10:5

· di Araba-Yordan: Ul 1:1; [Lihat FULL. Ul 1:1]

· Tanah Negeb: Bil 21:1; [Lihat FULL. Bil 21:1]; Yos 11:16; 12:8; 2Sam 24:7

· orang Kanaan: Kej 10:18; [Lihat FULL. Kej 10:18]

· gunung Libanon: Ul 11:24

· sampai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]

Ref. Silang FULL: Ul 1:8 - menyerahkan negeri // menyerahkan negeri // dengan sumpah · menyerahkan negeri: Yos 23:13; Yos 23:13 · menyerahkan negeri: Bil 34:2; Bil 34:2 · dengan sumpah: Kel 13:11; Kel 13:11; Bil 14...

· menyerahkan negeri: Yos 23:13; [Lihat FULL. Yos 23:13]

· menyerahkan negeri: Bil 34:2; [Lihat FULL. Bil 34:2]

· dengan sumpah: Kel 13:11; [Lihat FULL. Kel 13:11]; Bil 14:23; [Lihat FULL. Bil 14:23]; Ibr 6:13-14

Ref. Silang FULL: Ul 1:9 - Seorang diri // tanggung jawab · Seorang diri: Kel 18:18; Kel 18:18 · tanggung jawab: Bil 11:14; Bil 11:14; Mazm 38:5

· Seorang diri: Kel 18:18; [Lihat FULL. Kel 18:18]

· tanggung jawab: Bil 11:14; [Lihat FULL. Bil 11:14]; Mazm 38:5

Ref. Silang FULL: Ul 1:10 - telah membuat // kamu banyak // di langit // banyaknya · telah membuat: Ul 1:11; Yeh 16:7 · kamu banyak: Ul 7:13; Ul 7:13 · di langit: Kej 22:17; Kej 22:17; Bil 10:36; Bil 10:36 &middo...

· telah membuat: Ul 1:11; Yeh 16:7

· kamu banyak: Ul 7:13; [Lihat FULL. Ul 7:13]

· di langit: Kej 22:17; [Lihat FULL. Kej 22:17]; Bil 10:36; [Lihat FULL. Bil 10:36]

· banyaknya: Kej 15:5; [Lihat FULL. Kej 15:5]; Yes 51:2; 60:22; Yeh 33:24

Ref. Silang FULL: Ul 1:11 - kiranya menambahi // yang dijanjikan-Nya · kiranya menambahi: Ul 1:10; Ul 1:10 · yang dijanjikan-Nya: Ul 1:8; Kel 32:13; 2Sam 24:3; 1Taw 21:3

· kiranya menambahi: Ul 1:10; [Lihat FULL. Ul 1:10]

· yang dijanjikan-Nya: Ul 1:8; Kel 32:13; 2Sam 24:3; 1Taw 21:3

Ref. Silang FULL: Ul 1:12 - seorang diri · seorang diri: Kel 5:22; Kel 5:22; Kel 18:18; Kel 18:18

· seorang diri: Kel 5:22; [Lihat FULL. Kel 5:22]; Kel 18:18; [Lihat FULL. Kel 18:18]

Ref. Silang FULL: Ul 1:13 - suku-sukumu orang-orang · suku-sukumu orang-orang: Kej 47:6; Kej 47:6

· suku-sukumu orang-orang: Kej 47:6; [Lihat FULL. Kej 47:6]

Ref. Silang FULL: Ul 1:15 - aku mengambil // kepala-kepala sukumu // yakni orang-orang // sebagai kepala // pengatur pasukan · aku mengambil: Kel 18:25 · kepala-kepala sukumu: Kel 5:14; Bil 11:16; Yos 1:10; 3:2 · yakni orang-orang: Kej 47:6; Kej 47:6 &mi...

· aku mengambil: Kel 18:25

· kepala-kepala sukumu: Kel 5:14; Bil 11:16; Yos 1:10; 3:2

· yakni orang-orang: Kej 47:6; [Lihat FULL. Kej 47:6]

· sebagai kepala: Bil 31:14; 1Sam 8:12; 22:7; 1Raj 14:27

· pengatur pasukan: Bil 1:4; [Lihat FULL. Bil 1:4]

Ref. Silang FULL: Ul 1:16 - berilah keputusan // yang adil // orang asing · berilah keputusan: 1Raj 3:9; Mazm 72:1; Ams 2:9 · yang adil: Kej 31:37; Kej 31:37; Yoh 7:24 · orang asing: Kel 12:19,49; Kel 12...

· berilah keputusan: 1Raj 3:9; Mazm 72:1; Ams 2:9

· yang adil: Kej 31:37; [Lihat FULL. Kej 31:37]; Yoh 7:24

· orang asing: Kel 12:19,49; [Lihat FULL. Kel 12:19]; [Lihat FULL. Kel 12:49]; Kel 22:21; [Lihat FULL. Kel 22:21]

Ref. Silang FULL: Ul 1:17 - pandang bulu // terhadap siapapun // aku mendengarnya · pandang bulu: Kel 18:16; Kel 18:16; Im 19:15; Im 19:15; Kis 10:34; Yak 2:1 · terhadap siapapun: Ams 29:25 · aku mendengarnya: K...

· pandang bulu: Kel 18:16; [Lihat FULL. Kel 18:16]; Im 19:15; [Lihat FULL. Im 19:15]; Kis 10:34; Yak 2:1

· terhadap siapapun: Ams 29:25

· aku mendengarnya: Kel 18:26

Ref. Silang FULL: Ul 1:18 - kamu lakukan · kamu lakukan: Kej 39:11; Kej 39:11

· kamu lakukan: Kej 39:11; [Lihat FULL. Kej 39:11]

Ref. Silang FULL: Ul 1:19 - padang gurun // orang Amori // Kadesh-Barnea · padang gurun: Ul 2:7; 8:15; 32:10; Mazm 136:16; Yer 2:2,6; Hos 13:5 · orang Amori: Ul 1:7; Ul 1:7 · Kadesh-Barnea: Ul 1:2; Bil ...

· padang gurun: Ul 2:7; 8:15; 32:10; Mazm 136:16; Yer 2:2,6; Hos 13:5

· orang Amori: Ul 1:7; [Lihat FULL. Ul 1:7]

· Kadesh-Barnea: Ul 1:2; Bil 13:26

Ref. Silang FULL: Ul 1:21 - Majulah, dudukilah // Janganlah takut // patah hati · Majulah, dudukilah: Ul 9:23 · Janganlah takut: Bil 14:9; Bil 14:9; Yos 1:6,9,18; 2Sam 10:12; Mazm 27:14 · patah hati: Ul 7:18; ...

· Majulah, dudukilah: Ul 9:23

· Janganlah takut: Bil 14:9; [Lihat FULL. Bil 14:9]; Yos 1:6,9,18; 2Sam 10:12; Mazm 27:14

· patah hati: Ul 7:18; Yos 8:1; 10:8

Ref. Silang FULL: Ul 1:22 - untuk menyelidiki // negeri · untuk menyelidiki: Bil 13:1-3 · negeri: Kej 42:9; Kej 42:9

· untuk menyelidiki: Bil 13:1-3

· negeri: Kej 42:9; [Lihat FULL. Kej 42:9]

Ref. Silang FULL: Ul 1:23 - aku memilih · aku memilih: Bil 13:1-3

· aku memilih: Bil 13:1-3

Ref. Silang FULL: Ul 1:24 - lembah Eskol · lembah Eskol: Bil 13:21-25; Bil 32:9; Bil 32:9

· lembah Eskol: Bil 13:21-25; Bil 32:9; [Lihat FULL. Bil 32:9]

Ref. Silang FULL: Ul 1:25 - membawa kabar // yang diberikan // itu baik · membawa kabar: Bil 13:27; Bil 13:27 · yang diberikan: Yos 1:2 · itu baik: Bil 14:7; Bil 14:7

· membawa kabar: Bil 13:27; [Lihat FULL. Bil 13:27]

· yang diberikan: Yos 1:2

· itu baik: Bil 14:7; [Lihat FULL. Bil 14:7]

Ref. Silang FULL: Ul 1:26 - ke sana // kamu menentang · ke sana: Bil 14:1-4 · kamu menentang: Bil 14:9; Bil 14:9

· ke sana: Bil 14:1-4

· kamu menentang: Bil 14:9; [Lihat FULL. Bil 14:9]

Ref. Silang FULL: Ul 1:27 - Kamu menggerutu · Kamu menggerutu: Ul 9:28; Mazm 106:25

· Kamu menggerutu: Ul 9:28; Mazm 106:25

Ref. Silang FULL: Ul 1:28 - lebih tinggi // orang-orang Enak · lebih tinggi: Bil 13:32; Bil 13:32 · orang-orang Enak: Bil 13:33; Bil 13:33; Ul 9:1-3

· lebih tinggi: Bil 13:32; [Lihat FULL. Bil 13:32]

· orang-orang Enak: Bil 13:33; [Lihat FULL. Bil 13:33]; Ul 9:1-3

Ref. Silang FULL: Ul 1:29 - janganlah takut // kepada mereka · janganlah takut: Ul 3:22; 20:3; Neh 4:14 · kepada mereka: Ul 7:18; 20:1; 31:6

· janganlah takut: Ul 3:22; 20:3; Neh 4:14

· kepada mereka: Ul 7:18; 20:1; 31:6

Ref. Silang FULL: Ul 1:30 - akan berperang · akan berperang: Kel 14:14; Kel 14:14

· akan berperang: Kel 14:14; [Lihat FULL. Kel 14:14]

Ref. Silang FULL: Ul 1:31 - Allahmu, mendukung // di tempat · Allahmu, mendukung: Kel 19:4; Ul 32:10-12; Mazm 28:9; Yes 46:3-4; 63:9; Hos 11:3; Kis 13:18 · di tempat: Yer 31:32

· Allahmu, mendukung: Kel 19:4; Ul 32:10-12; Mazm 28:9; Yes 46:3-4; 63:9; Hos 11:3; Kis 13:18

· di tempat: Yer 31:32

Ref. Silang FULL: Ul 1:32 - walaupun demikian // tidak percaya · walaupun demikian: Bil 14:11; Bil 14:11 · tidak percaya: Ul 9:23; Mazm 78:22; 106:24; Zef 3:2; Ibr 3:19; Yud 1:5

· walaupun demikian: Bil 14:11; [Lihat FULL. Bil 14:11]

· tidak percaya: Ul 9:23; Mazm 78:22; 106:24; Zef 3:2; Ibr 3:19; Yud 1:5

Ref. Silang FULL: Ul 1:33 - waktu siang // untuk memperlihatkan · waktu siang: Kel 13:21; Bil 9:15-23; Neh 9:12; Mazm 78:14 · untuk memperlihatkan: Bil 10:33; Bil 10:33

· waktu siang: Kel 13:21; Bil 9:15-23; Neh 9:12; Mazm 78:14

· untuk memperlihatkan: Bil 10:33; [Lihat FULL. Bil 10:33]

Ref. Silang FULL: Ul 1:34 - Tuhan mendengar // menjadi murka // dan bersumpah · Tuhan mendengar: Bil 11:1; Bil 11:1 · menjadi murka: Bil 32:14; Bil 32:14 · dan bersumpah: Bil 14:23,28-30; Bil 14:23; Bil 14:2...

· Tuhan mendengar: Bil 11:1; [Lihat FULL. Bil 11:1]

· menjadi murka: Bil 32:14; [Lihat FULL. Bil 32:14]

· dan bersumpah: Bil 14:23,28-30; [Lihat FULL. Bil 14:23]; [Lihat FULL. Bil 14:28] s/d 30; Yeh 20:15; Ibr 3:11

Ref. Silang FULL: Ul 1:35 - melihat negeri · melihat negeri: Bil 14:29; Bil 14:29

· melihat negeri: Bil 14:29; [Lihat FULL. Bil 14:29]

Ref. Silang FULL: Ul 1:36 - kecuali Kaleb // sepenuh hati · kecuali Kaleb: Bil 13:6; Bil 13:6 · sepenuh hati: Bil 14:24; Bil 14:24

· kecuali Kaleb: Bil 13:6; [Lihat FULL. Bil 13:6]

· sepenuh hati: Bil 14:24; [Lihat FULL. Bil 14:24]

Ref. Silang FULL: Ul 1:37 - Tuhan murka // akan masuk · Tuhan murka: Mazm 106:32 · akan masuk: Bil 27:13; Bil 27:13

· Tuhan murka: Mazm 106:32

· akan masuk: Bil 27:13; [Lihat FULL. Bil 27:13]

Ref. Silang FULL: Ul 1:38 - Yosua // kepadanya semangat // akan memimpin // mereka memiliki · Yosua: Bil 11:28; Bil 11:28 · kepadanya semangat: Ul 31:7 · akan memimpin: Ul 3:28 · mereka memiliki: Yos 11:23; Mazm 78...

· Yosua: Bil 11:28; [Lihat FULL. Bil 11:28]

· kepadanya semangat: Ul 31:7

· akan memimpin: Ul 3:28

· mereka memiliki: Yos 11:23; Mazm 78:55; 136:21

Ref. Silang FULL: Ul 1:39 - menjadi rampasan // belum mengetahui · menjadi rampasan: Bil 14:3; Bil 14:3 · belum mengetahui: Yes 7:15-16

· menjadi rampasan: Bil 14:3; [Lihat FULL. Bil 14:3]

· belum mengetahui: Yes 7:15-16

Ref. Silang FULL: Ul 1:40 - Laut Teberau · Laut Teberau: Kel 14:27; Kel 14:27; Hak 11:16

· Laut Teberau: Kel 14:27; [Lihat FULL. Kel 14:27]; Hak 11:16

Ref. Silang FULL: Ul 1:42 - oleh musuhmu · oleh musuhmu: Bil 14:41-43; Bil 14:41 s/d 43

· oleh musuhmu: Bil 14:41-43; [Lihat FULL. Bil 14:41] s/d 43

Ref. Silang FULL: Ul 1:44 - seperti lebah // dari Seir // sampai Horma · seperti lebah: Mazm 118:12 · dari Seir: Bil 24:18; Bil 24:18 · sampai Horma: Bil 14:45; Bil 14:45

· seperti lebah: Mazm 118:12

· dari Seir: Bil 24:18; [Lihat FULL. Bil 24:18]

· sampai Horma: Bil 14:45; [Lihat FULL. Bil 14:45]

Ref. Silang FULL: Ul 1:45 - hadapan Tuhan // tidak mendengarkan // memberi telinga · hadapan Tuhan: Bil 14:1; Bil 14:1 · tidak mendengarkan: Ayub 27:9; 35:13; Mazm 18:42; 66:18; Ams 1:28; Yes 1:15; Yer 14:12; Rat 3:8; M...

· hadapan Tuhan: Bil 14:1; [Lihat FULL. Bil 14:1]

· tidak mendengarkan: Ayub 27:9; 35:13; Mazm 18:42; 66:18; Ams 1:28; Yes 1:15; Yer 14:12; Rat 3:8; Mi 3:4; Yoh 9:31; [Lihat FULL. Yoh 9:31]

· memberi telinga: Mazm 28:1; 39:13; Ams 28:9

Ref. Silang FULL: Ul 1:46 - Kadesh · Kadesh: Bil 20:1; Bil 20:1

· Kadesh: Bil 20:1; [Lihat FULL. Bil 20:1]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Ul 1:1-5 - -- I. Mukadimah: Perantara Perjanjian (1:1-5) Semua perjanjian oleh raja yang berkuasa pada zaman dahulu didahului dengan sebuah mukadimah yang di dalam...

I. Mukadimah: Perantara Perjanjian (1:1-5)

Semua perjanjian oleh raja yang berkuasa pada zaman dahulu didahului dengan sebuah mukadimah yang di dalamnya sang pembicara, yaitu orang yang menyatakan kekuasaannya dan menuntut kesetiaan orang-orang yang dikuasainya, memperkenalkan diri. Mukadimah Ulangan memperkenalkan sang pembicara sebagai Musa (ay. 1a), tetapi Musa selaku wakil dan mediator Tuhan (ay. 3b), - Sang Raja surgawi dan Penguasa tertinggi dari perjanjian ini - di bumi.

Inilah perkataan-perkataan (1a). Dengan rumusan pendahuluan semacam ini semua perjanjian di luar Alkitab diawali. Tempat dilaksanakannya upacara pembaharuan perjanjian yang disaksikan Kitab Ulangan ialah daerah Yordan di tanah Moab (1a, 5a; bdg. 4:44-46). Waktunya adalah bulan terakhir dari tahun keempat puluh sesudah eksodus (ay. 3a), ketika dari bangsa itu telah habis semua prajurit (2:16), penaklukan Trans-Yordan telah berhasil dilaksanakan (ay. 4; 2:24 dst.), dan kematian Musa sudah mendekat. Keadaan terakhir inilah yang menyebabkan adanya pembaharuan perjanjian. Allah menjamin kesinambungan dinasti perantara dengan mengharuskan ikrar ketaatan Israel terhadap orang yang baru Ia angkat, Yosua (bdg. 31:3; 34:9), dan untuk berbakti kepada-Nya. Upacaranya dilukiskan sebagai suatu pernyataan atau ulasan tentang hukum Taurat ini (ay. 5), sebab ketentuan-ketentuan yang dikemukakan menduduki tempat demikian penting dan luas di dalam perjanjian sejenis ini. Tempat berkumpulnya mereka dilukiskan lebih lanjut di ayat 2b. Sekalipun disebutnya sejumlah tempat yang tidak dikenal menjadikan penafsirannya tidak pasti, tujuan dari catatan di ayat lb, 2 tampaknya adalah untuk menentukan tempat sidang Moab itu secara historis maupun geografis di akhir perjalanan dari Horeb melalui padang gurun Arabah. Bagi Israel, perjalanan menuju ke Kanaan melalui rute ini ternyata memerlukan waktu empat puluh tahun (ay. 3), sekalipun rute semula yang mereka ikuti menuju ke Paran sebenarnya hanya memerlukan perjalanan sepanjang sebelas hari (ay. 2). Sekalipun demikian, ketika sampai di Paran, di perbatasan selatan Kanaan, Israel memberontak dengan menolak untuk memasuki negeri itu (Bil. 12:16 dst.) sehingga angkatan tersebut terkena hukuman harus meninggal di padang gurun. Kini anak-anak mereka telah tiba melalui rute Arabah dari "Suph" (mungkin teluk Aqabah) untuk memasuki negeri Kanaan itu dari sisi timur melalui tanah Moab. Baik arah masuk ke Kanaan maupun lamanya pengembaraan mengungkapkan suatu sejarah tentang pelanggaran perjanjian dan tentang warisan yang tertunda. Dengan demikian ada kontras yang menarik di antara pandangan Mukadimah ke selatan dari Moab ke masa lalu yang diwarnai kegagalan dan kutuk dengan pandangan Musa ke utara dari Moab ke masa depan Israel yang diwarnai penggenapan dan berkat (34:1-4).

Wycliffe: Ul 1:6--4:49 - -- II. Pendahuluan Historis: Sejarah Perjanjian (1:6-4:49) Mukadimah suatu perjanjian internasional semacam ini senantiasa diikuti oleh sebuah ulasan se...

II. Pendahuluan Historis: Sejarah Perjanjian (1:6-4:49)

Mukadimah suatu perjanjian internasional semacam ini senantiasa diikuti oleh sebuah ulasan sejarah mengenai hubungan antara raja pemenang dengan raja yang kalah. Mukadimah berusaha menegakkan kebenaran historis bagi kesinambungan kekuasaan raja pemenang. Berbagai keuntungan yang katanya diberikan kepada raja yang kalah disebutkan dengan tujuan menanamkan kesetiaan raja yang kalah melalui rasa berterima kasih yang melengkapi rasa takut yang diduga akan timbul dari identifikasi yang membangkitkan rasa hormat dalam mukadimah itu mengenai sang raja. Ketika perjanjian dibaharui, maka pendahuluan historisnya disesuaikan. Semua ciri formal ini terdapat dalam 1:6-4:49.

Pendahuluan historis dari Perjanjian Sinai mengacu kepada pelepasan dari Mesir (Kel. 20:2b). Kitab Ulangan dimulai dengan suasana Perjanjian Sinai dan melanjutkan sejarah itu sampai ke pembaharuan perjanjian di Moab, dengan menekankan rangkaian kemenangan di Trans-Yordan. Ketika kemudian hari Yosua kembali membaharui perjanjian dengan Israel ini, dia melanjutkan narasi itu dalam pendahuluan historisnya dengan mengemukakan rangkaian peristiwa yang terjadi pada masa kepemimpinannya, yaitu penaklukan dan pendudukan Kanaan (Yos. 24:2-13).

Wycliffe: Ul 1:6-8 - Masukilah, dudukilah negeri yang dijanjikan Tuhan 6-8. Pada akhir perkemahan setahun di wilayah Sinai di mana perjanjian dengan Israel disahkan dan Kemah Suci sebagai tempat tinggal Allah di tengah Is...

6-8. Pada akhir perkemahan setahun di wilayah Sinai di mana perjanjian dengan Israel disahkan dan Kemah Suci sebagai tempat tinggal Allah di tengah Israel didirikan, waktunya tiba untuk mengambil langkah menentukan berikutnya dalam penggenapan janji-janji-Nya kepada para leluhur (ay. 6, 8b). Prakarsa untuk maju melawan negeri yang dijanjikan diberikan oleh Tuhan melalui perintah. Masukilah, dudukilah negeri yang dijanjikan Tuhan (ay. 8; bdg. Bila 10:11-13). Tentang ayat 7b, lihat Kejadian 15:18 dan seterusnya.

Wycliffe: Ul 1:9-18 - -- 9-18. Dengan saat kematiannya yang sudah dekat, Musa terbeban untuk mempertegas kewenangan dari orang yang harus menanggung beban memerintah bangsa it...

9-18. Dengan saat kematiannya yang sudah dekat, Musa terbeban untuk mempertegas kewenangan dari orang yang harus menanggung beban memerintah bangsa itu sesudah dirinya. Yang terutama penting adalah penggantian dirinya oleh Yosua, yang akan segera ia sebut (1:38; 3:21, 28), namun saat ini Musa mengingatkan Israel akan kewenangan para hakim lainnya. Kisah aslinya diutarakan dalam Keluaran 18:13 dan seterusnya.

Wycliffe: Ul 1:10 - Seperti bintang-bintang di langit banyaknya 10. Seperti bintang-bintang di langit banyaknya. Keadaan Yang menyebabkan diperlukannya hakim-hakim penolong bagi Musa ini, yaitu bertambah banyaknya ...

10. Seperti bintang-bintang di langit banyaknya. Keadaan Yang menyebabkan diperlukannya hakim-hakim penolong bagi Musa ini, yaitu bertambah banyaknya keturunan Abraham, merupakan bukti juga tentang kesetiaan Tuhan dalam memenuhi janji-janji-Nya (Kej. 12:2; 15:5; dll.), sehingga memberikan dorongan kepada Israel untuk maju menduduki Kanaan dengan iman (bdg. 1:7, 8). Perantara setia Allah, yang mencerminkan kebaikan Tuhan, berdoa memohon penggenapan sepenuhnya janji-janji dalam Perjanjian dengan Abraham (ay. 11).

Wycliffe: Ul 1:17 - Sebab pengadilan adalah kepunyaan Allah 17. Sebab pengadilan adalah kepunyaan Allah. Alasan untuk melaksanakan penghakiman dengan adil ini pada saat yang bersamaan merupakan pengingat bahwa ...

17. Sebab pengadilan adalah kepunyaan Allah. Alasan untuk melaksanakan penghakiman dengan adil ini pada saat yang bersamaan merupakan pengingat bahwa kerajaan Israel bersifat teokratis dan bahwa Allah adalah Tuhan yang membuat perjanjian baru dengan mereka pada hari itu.

Wycliffe: Ul 1:19-40 - a. Kamu menentang ... Kamu menggerutu // b. Ia membawa kita keluar ... supaya dimusnahkan 19-40. Bertentangan dengan kesetiaan Tuhan kepada perjanjian (bdg. 6-18) itu terdapat ketidaksetiaan dan ketidaktaatan Israel. Kenyataan bahwa Tuhan b...

19-40. Bertentangan dengan kesetiaan Tuhan kepada perjanjian (bdg. 6-18) itu terdapat ketidaksetiaan dan ketidaktaatan Israel. Kenyataan bahwa Tuhan berkenan membaharui perjanjian-Nya dengan orang-orang yang dahulu memberontak terhadap-Nya lebih jauh memperbesar kasih karunia dan kebaikan-Nya (bdg. tafsiran-tafsiran pendahuluan atas bagian II, Pendahuluan Historis). Dosa khusus bangsa Israel yang teringat pada malam mereka menaklukkan Kanaan ialah penolakan mereka untuk maju memasuki Kanaan ketika pertama kali diperintahkan untuk melakukannya dahulu, sekitar tiga puluh delapan tahun sebelumnya. Kisah tersebut dapat dibaca di Bilangan 13-14.

Ketika itu Israel mendekati Kanaan dari selatan (1:19). Musa dengan jelas mengatakan bahwa Kanaan tinggal mereka duduki saja (ay. 20, 21; bdg. 7:8; Kej. 15:16); namun ketika Tuhan memerintahkan hal itu (bdg. Bil. 13:1. dst.), Dia menyetujui strategi Israel untuk mengintai dahulu sebelum maju menyerbu (1:22-25). 26, 27a. Kamu menentang ... Kamu menggerutu. Tanggapan Israel atas laporan para pengintai itu ialah ketakutan tanpa iman dan penolakan untuk melangkah maju. 27b. Ia membawa kita keluar ... supaya dimusnahkan. Kesesatan Israel mencapai titik ekstrem dengan menafsirkan pemilihan mereka sebagai ungkapan kebencian Allah terhadap mereka; menurut mereka Allah melepaskan mereka dari Mesir hanya agar bisa dibantai orang Kanaan!

Wycliffe: Ul 1:29-33 - kamu tidak 29-33. Mereka tidak bisa dibujuk lagi oleh segenap himbauan dan jaminan Musa tentang pertolongan yang bersifat kebapakan dan adikodrati dari Allah seb...

29-33. Mereka tidak bisa dibujuk lagi oleh segenap himbauan dan jaminan Musa tentang pertolongan yang bersifat kebapakan dan adikodrati dari Allah sebagaimana telah mereka alami di Mesir dan di padang gurun - kamu tidak percaya (ay. 32) - untuk tidak memberontak terhadap rencana perjanjian Tuhan.

Wycliffe: Ul 1:34 - Tuhan mendengar gerutu ... Ia menjadi murka 34. Tuhan mendengar gerutu ... Ia menjadi murka. Ketidakpercayaan mereka menimbulkan keputusan ilahi yang dimeteraikan dengan sumpah, yaitu menghukum ...

34. Tuhan mendengar gerutu ... Ia menjadi murka. Ketidakpercayaan mereka menimbulkan keputusan ilahi yang dimeteraikan dengan sumpah, yaitu menghukum mereka dengan mengasingkan mereka dari negeri yang mereka tidak bersedia masuki itu (ay. 35), pengasingan sampai mati di padang gurun (ay. 40).

Wycliffe: Ul 1:36-38 - Kecuali Kaleb ... Yosua // Juga kepadaku Tuhan murka oleh karena kamu // Yosua ... yang akan masuk ke sana // anak-anakmu yang kecil 36-38. Kecuali Kaleb ... Yosua. Ketika mengutarakan hukuman itu juga terungkap kemurahan perjanjian Allah, sebab bukan saja dua orang pengintai yang s...

36-38. Kecuali Kaleb ... Yosua. Ketika mengutarakan hukuman itu juga terungkap kemurahan perjanjian Allah, sebab bukan saja dua orang pengintai yang saleh, Kaleb dan Yosua, akan tetap hidup hingga bisa masuk Kanaan kelak, namun bersama dengan mereka adalah seluruh generasi kedua Israel (ay. 39). Di dalam keputusan ini terdapat janji akan sebuah awal baru yang menyenangkan - janji yang kini digenapi di dalam pembaharuan perjanjian Ulangan. 37. Juga kepadaku Tuhan murka oleh karena kamu. Sikap memberontak Israel merupakan penyebab kegagalan Musa untuk memenuhi tugasnya dengan sempurna sebagai tipe perantara mesianis yang senantiasa tunduk kepada kehendak Bapa (bdg. 3:26; 4:21; 32:50 dst.). Peristiwa itu terjadi ketika kembali ke Kadesy setelah pengembaraan selama tiga puluh delapan tahun (bdg. Bil. 20:1 dst.), namun disebutkan di sini karena akibatnya ialah tidak bolehnya Musa memasuki Kanaan seperti' angkatan tua orang Israel lainnya (bdg. ay. 35). Kenyataan inilah yang mengharuskan penugasan Yosua sebagai ahli waris dinasti perantara - Yosua ... yang akan masuk ke sana (ay. 38) - memimpin anak-anakmu yang kecil (ay. 39) memasuki Kanaan.

Wycliffe: Ul 1:41--2:1 - -- 1:41-2:1. Setelah bangsa Israel mengakhiri pemberontakan mereka terhadap kehendak Tuhan dengan penyerangan yang sombong dan yang mendatangkan malapeta...

1:41-2:1. Setelah bangsa Israel mengakhiri pemberontakan mereka terhadap kehendak Tuhan dengan penyerangan yang sombong dan yang mendatangkan malapetaka terhadap Kanaan, dengan harapan yang sia-sia untuk lolos dari keputusan Allah atas mereka (1:41-44; bdg. Bil. 14:40 dst.), mereka tinggal sebentar di Kadesy (1:46). Sesudah itu, sebagaimana diperintahkan Allah (1:40; bdg. Bil. 14:25), mereka kembali memasuki Padang gurun untuk dikuburkan di sana (2:1a). Jadi, selama itu mereka tinggal di barat daya wilayah orang Edom hingga tahun yang keempat puluh (2:1b; bdg. 2:14-16).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ul 1:1-18 - Belajar dari sejarah. (Selasa, 22 April 2003) Belajar dari sejarah. Bangsa Israel telah berkeliling-keliling padang gurun selama empat puluh tahun. Banyak kesalahan yang telah mereka lak...

SH: Ul 1:19-40 - Antara ketakutan dan kemarahan. (Rabu, 23 April 2003) Antara ketakutan dan kemarahan. Ketika manusia menghadapi suatu keadaan yang tidak mengenakkan, yang menyerang dirinya, bisa timbul dua maca...

SH: Ul 1:41--2:23 - Menggunakan kekuatan. (Kamis, 24 April 2003) Menggunakan kekuatan. Seperti seorang anak muda yang baru belajar mengendarai mobil, yang tidak bisa mengendalikan gas dengan baik, demikian...

Utley: Ul 1:1-5 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:1-51 Inilah perkataan-perkataan yang diucapkan Musa kepada seluruh orang Israel di seberang sungai Yordan, di padang gurun...

Utley: Ul 1:6-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:6-86 "TUHAN, Allah kita, telah berfirman kepada kita di Horeb, demikian: Telah cukup lama kamu tingga. di gunung ini. 7 Ma...

Utley: Ul 1:9-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:9-159 "Pada waktu itu aku berkata kepadamu, demikian: Seorang diri aku tidak dapat memikul tanggung jawab atas kamu. 10 TU...

Utley: Ul 1:16-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:16-1816 "Dan pada waktu itu aku memerintahkan kepada para hakimmu, demikian: Berilah perhatian kepada perkara-perkara di a...

Utley: Ul 1:19-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:19-2119 "Kemudian kita berangkat dari Horeb dan berjalan melalui segenap padang gurun yang besar da. dahsyat yang telah ka...

Utley: Ul 1:22-25 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:22-2522 Lalu kamu sekalian mendekati aku dan berkata: Marilah kita menyuruh beberapa orang mendahulu. kita untuk menyelidi...

Utley: Ul 1:26-33 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:26-3326 Tetapi kamu tidak mau berjalan ke sana, kamu menentang titah TUHAN, Allahmu. 27 Kam. menggerutu di dalam kemahmu s...

Utley: Ul 1:34-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:34-4034 "Ketika TUHAN mendengar gerutumu itu, Ia menjadi murka dan bersumpah: 35 Tidak seorangpu. dari orang-orang ini, an...

Utley: Ul 1:41-46 - --NASKAH NASB (UPDATED): Ul 1:41-4641 "Lalu kamu menjawab, katamu kepadaku: Kami berbuat dosa kepada TUHAN. Kami mau maju berperang, menurut segala yang...

Topik Teologia: Ul 1:6 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan, Allah Kita Ula 1:6,19-20 Ula 2:29 Ula 5...

Topik Teologia: Ul 1:17 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Merugikan Orang Lain Ketidakadilan dan Memandang Bulu (Favoritisme) Ima 19:1...

Topik Teologia: Ul 1:30 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Bapa Ula 1:30-31 Ula 32:6 Ayu ...

Topik Teologia: Ul 1:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan Allahmu Kej 27:20 Ula 1:3...

Topik Teologia: Ul 1:34 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Ketidakpercayaan kepada Allah Bil 14:11-12 Bil 20:12 Ula 1:32,34-35 2Ra ...

Topik Teologia: Ul 1:35 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ul 1:36 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Ul 1:43 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Penolakan Memberontak kepada Allah Bil 14:9 Bil 20:24 Ula 1:26-27,43 Ula 9:7,...

Topik Teologia: Ul 1:44 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Halangan-halangan pada Doa ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ulangan (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Pembaharuan Perjanjian Tanggal Penulisan: Sekitar 1405 SM Latar Belakang Kitab ini berisi amanat perpisa...

Full Life: Ulangan (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Ul 1:1-5) I. Wejangan Musa I: Menceritakan Kembali Sejarah Israel yang Baru Mereka Alami ...

Jerusalem: Ulangan (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Ulangan (Pendahuluan Kitab) ULANGTUTUR KATA PENDAHULUAN Salah satu diantara kitab-kitab kumpulan hukum jang terpenting dari Israil ialah Kitab Ulangtutur. Kitab ini terkenal deng...

Wycliffe: Ulangan (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN ULANGAN Judul. Judul kitab ini merupakan terjemahan dari judul bahasa Inggrisnya yang tampaknya berlandaskan pada sebuah kesalahan terjem...

Wycliffe: Ulangan (Garis Besar) GARIS BESAR ULANGAN I. Mukadimah: Perantara Perjanjian (1:1-5) II. Pendahuluan Historis: Sejarah Perjanjian (1:6-4:49) A. Dari ...

BIS: Ulangan (Pendahuluan Kitab) ULANGAN PENGANTAR Buku Ulangan terdiri dari serangkaian pidato-pidato yang diucapkan Musa di depan bangsa Israel waktu mereka berada di negeri Moab.

ULANGAN

PENGANTAR

Buku Ulangan terdiri dari serangkaian pidato-pidato yang diucapkan Musa di depan bangsa Israel waktu mereka berada di negeri Moab. Mereka berhenti di situ sesudah mengakhiri perjalanan panjang lewat padang gurun dan sebelum masuk ke Kanaan untuk menduduki negeri itu.

Beberapa pokok yang penting dari buku ini ialah:

  1. 1. Musa mengingatkan bangsa Israel akan peristiwa-peristiwa besar selama 40 tahun yang terakhir. Ia mohon kepada bangsa Israel supaya mereka ingat bagaimana Allah memimpin mereka melalui padang gurun dan karena itu mereka harus taat dan setia kepada Allah.
  2. 2. Musa mengulangi Sepuluh Perintah Allah, dan ia menekankan arti Perintah yang Pertama. Ia minta dengan sangat supaya orang Israel beribadat kepada TUHAN saja. Lalu ia mengulangi beberapa hukum dan perintah yang mengatur kehidupan bangsa Israel di tanah yang sudah dijanjikan.
  3. 3. Musa mengingatkan bangsa Israel akan arti ikatan perjanjian Allah dengan mereka. Ia mendorong bangsa itu supaya membaharui kesediaan mereka untuk memenuhi kewajiban-kewajiban mereka.
  4. 4. Yosua ditunjuk sebagai pengganti Musa untuk memimpin umat Allah. Sesudah menyanyikan sebuah lagu pujian bagi kesetiaan TUHAN, dan mengucapkan berkat atas suku-suku Israel, Musa meninggal di Moab, di sebelah timur Sungai Yordan.

Tema pokok buku ini ialah bahwa Allah sudah menyelamatkan dan memberkati umat pilihan-Nya, bangsa yang dikasihi-Nya. Jadi bangsa Israel tak boleh lupa akan hal itu. Mereka harus mentaati Allah, supaya mereka tetap hidup dan terus diberkati.

Ayat-ayat yang paling penting dalam buku ini ialah Ul 6:4-6. Ayat- ayat ini memuat kata-kata yang oleh Yesus disebut hukum yang terbesar, "Cintailah TUHAN Allahmu dengan sepenuh hatimu: Tunjukkan itu dalam cara hidupmu dan dalam perbuatanmu."

Isi

  1.  Pidato yang pertama
    Ul 1:1-4:49
  2.  Pidato yang kedua
    Ul 5:1-26:19
    1. a. Sepuluh Perintah Allah
      Ul 5:1-10:22
    2. b. Hukum-hukum, peraturan-peraturan, dan nasihat-nasihat
      Ul 11:1-26:19
  3.  Petunjuk-petunjuk untuk memasuki negeri Kanaan
    Ul 27:1-28:68
  4.  Perjanjian dibaharui
    Ul 29:1-30:20
  5.  Kata-kata terakhir
    Ul 31:1-33:29
  6.  Kematian Musa
    Ul 34:1-12

Ajaran: Ulangan (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat pengalaman umat Allah di Padang Gurun, yang diceritakan dalam Kitab Ulangan, setiap anggota jemaat mengerti kebesaran k

Tujuan

Supaya dengan melihat pengalaman umat Allah di Padang Gurun, yang diceritakan dalam Kitab Ulangan, setiap anggota jemaat mengerti kebesaran kasih setia Allah dalam memelihara dan mengampuni umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Ulangan terdiri dari 34 pasal dan berisi khotbah Musa kepada umat Allah.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ulangan

  1. Pasal 1-4 (Ul 1:1-4:49).

    Khotbah kesatu Musa, tentang sejarah perjanjian Allah dengan umat-Nya Dalam khotbah yang pertama, Musa mengingatkan bangsa Israel akan segala pemeliharaan Tuhan, mulai mereka berangkat dari gunung Horeb. Di bagian ini Musa mengingatkan pula, bahwa bangsa Israel sejak keluar dari tanah Mesir selalu bersungut-sungut dan memberontak. Oleh karena itu Musa memberikan suatu perintah yang besar mengenai kehidupan yang berkenan kepada Allah, yaitu taat kepada Taurat dan mengasihi Allah dengan sepenuh hati.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ul 1:3; 4:1-6,39-40. Siapakah yang berkhotbah (berbicara) di bagian ini? Dan apakah ringkasan isi khotbahnya?
  2. Pasal 5-28 (Ul 5:1-28:68).

    Khotbah kedua Musa, tentang syarat-syarat kehidupan umat Allah.

    Dalam khotbah kedua ini, Musa mengingatkan bangsa Israel bahwa mereka adalah bangsa pilihan Allah. Oleh karena itu mereka harus hidup memuliakan Allah, dengan hidup menurut hukum Tuhan. Intisari dari hukum itu adalah mengasihi Tuhan dengan segenap hati supaya diberkati.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ul 5:1-22. Apa yang diajarkan Musa?
    2. Bacalah pasal Ul 10:12-17. Apakah tanggapan yang diharapkan dari umat Alla terhadap Firman Allah?
    3. Bacalah pasal Ul 28:1-6,8-10. Apakah janji Tuhan atas umat-Nya yang setia?
    4. Bacalah pasal Ul 28:15-19. Apakah tindakan Tuhan atas umat-Nya yang tidak setia? Apakah sebab lain yang membuat umat Tuhan menderita? (Ul 28:47-48).
  3. Pasal 29-34 (Ul 29:1-34:12).

    Khotbah ketiga Musa, yaitu tentang persiapan terakhir dan perpisahan.

    Khotbah yang ketiga dari Musa berisi ajakan kepada bangsa Israel untuk memperhatikan semua hukum Tuhan, agar dapat memiliki hidup yang penuh berkat. Pada bagian yang terakhir sebagai persiapan, juga Musa mengangkat Yosua sebagai pengganti (pasal Ul 31:7) dan para imam untuk mengajar. Sebelum Musa meninggal dunia dia sempat memuji Tuhan dengan menyanyi (pasal Ul 32:1-43) serta membagi berkat kepada tiap-tiap suku Israel. Kemudian Musa naik ke atas bukit Nebo untuk melihat tanah Kanaan yang dijanjikan itu, karena dia sendiri tidak diperkenankan masuk ke Kanaan. Akhirnya Musa meninggal dunia.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ul 29:10-13. Apakah isi ajakan Musa?
    2. Bacalah pasal Ul 30:1-3. Apakah jalan keluarnya agar tidak dikutuk?
    3. Bacalah pasal Ul 31:7-8,23. Siapakah yang menggantikan Musa, untuk memimpin bangs Israel masuk ke dalam tanah perjanjian?
    4. Bacalah pasal Ul 34:1-5. Apakah teladan yang dapat saudara ambil dari seluru kehidupan Musa?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ulangan menceritakan riwayat bangsa Israel sebagai umat pilihan Allah, yang hanya dapat hidup melalui kuat kuasa Allah.

  2. Hidup dengan mengasihi Allah dengan segenap hati, kekuatan dan akal budi merupakan jalan satu-satunya untuk mengalami kuasa dan kasih Allah.

  3. Hidup yang mengasihi Allah dengan segenap hati, kekuatan dan akal budi berarti hidup dengan menjauhkan diri dari penyembahan berhala dan keinginan diri sendiri.

  4. Kitab Ulangan mengajarkan kasih setia Allah dalam kehidupan umat-Nya, baik pengampunan-Nya maupun keadilan-Nya untuk kehidupan di masa yang akan datang.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Ulangan?
  2. Apakah isi Kitab Ulangan?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kita Ulangan?

Intisari: Ulangan (Pendahuluan Kitab) Suatu tantangan bagi umat Allah NAMANama Ibrani untuk Kitab Ulangan dirangkum dalam baris pembukaan yang berbunyi "inilah perkataan-perkataan itu". N

Suatu tantangan bagi umat Allah

NAMA
Nama Ibrani untuk Kitab Ulangan dirangkum dalam baris pembukaan yang berbunyi "inilah perkataan-perkataan itu". Nama Ulangan diambil dari kata Yunani yang berarti "hukum kedua" yang merupakan terjemahan yang sedikit kurang tepat dari "salinan dari hukum ini" (Ula 17:18).

STRUKTUR KITAB ULANGAN
Dalam Ulangan kita membaca pengulangan dan penekanan kembali dari perjanjian yang dibuat antara Allah dan bangsa Israel di Sinai. Bentuk perjanjian dibuat sesuai dengan pola umum naskah perjanjian di daerah Asia Timur Dekat kuno yang terdiri dari latar belakang historis, daftar kewajiban, uraian mengenai berkat dan kutuk, serta pengaturan untuk menyimpan dan membaca dokumen perjanjian. Dalam Ulangan pola ini ditampilkan dalam bentuk tiga pidato Musa di depan bangsa Israel sebelum ia wafat untuk mengingatkan mereka apa artinya menjadi umat Allah.

PENULIS DAN WAKTU PENULISAN
Tidak ada alasan untuk meragukan bahwa sebagian besar bahan didapat langsung dari Musa sendiri. Pendapat bahwa seluruh kitab ini dibuat selama masa reformasi Hizkia atau Yosia, atau bahkan setelah masa pengasingan tidak dapat didukung, karena tidak ada isi kitab yang berhubungan dengan tradisi Raja Daud atau Bait Allah; kedua fakta ini amat penting di kemudian hari. Pada kenyataannya pola hidup yang digambarkan cocok dengan latar belakang kehidupan bangsa Israel sebelum adanya kerajaan. Namun demikian, rupanya telah terjadi beberapa penyuntingan dan penyusunan kembali sehingga sangat sukar untuk menentukan kapan akhirnya kitab itu diterbitkan. Contoh-contoh perjanjian dan prinsip-prinsip yang terdapat dalam Keluaran seringkali dikemukakan secara berbeda di dalam Ulangan. Mungkin hal ini dilakukan untuk memenuhi situasi yang berbeda, tetapi andaikata uraian itu disesuaikan untuk kebutuhan zaman yang kemudian, itu tidak berarti bahwa tidak seluruh isi kitab didasarkan pada bahan-bahan dari Musa.

MENGAPA ULANGAN DITULIS?
Tujuan utama dari pidato-pidato Musa ialah untuk meyakinkan bangsa Israel sebagai umat Allah sebelum ia menyerahkan tampuk pimpinan kepada Yosua dan bangsa itu berjuang melawan orang Kanaan. Secara keseluruhan Ulangan mengajarkan isi dan arti agama Israel, menantang mereka untuk melaksanakan peraturan-peraturannya dan mendorong bangsa itu untuk menyerahkan diri sekali lagi pada pelayanan kepada Allah. Kitab itu menggambarkan "kehidupan berbahagia" dalam persekutuan dengan Allah sambil menikmati segala berkat-Nya, dan membandingkannya dengan akibat yang akan terjadi jika mereka melalaikan perjanjian. Kitab itu hampir dapat digambarkan sebagai suatu kitab "undang-undang" bagi bangsa Israel dan bukan hanya sebagai buku pegangan bagi para pemimpin mereka.

Pesan

1. Allah perjanjian
Allah merupakan pusat pesan Ulangan. Oleh karena Dia adalah Dia, maka perjanjian itu ada.
o Dialah satu-satunya Allah. Ula 4:35; 6:4
o Dia adil dan benar. Ula 16:18; 32:4
o Dialah penguasa yang berdaulat. Ula 10:17
o Dia pencemburu dan tidak ingin disaingi. Ula 5:9; 6:15
o Dia lemah lembut dan murah hati. Ula 6:24; 28:1-14
o Dia adalah Bapa orang Israel. Ula 1:31; 32:6

2. Kewajiban-kewajiban dalam perjanjian
Jika Israel ingin mengadakan hubungan dengan Allah, maka mereka harus mengakui kedaulatan-Nya dan menjadi bangsa yang kudus, sehingga layak bagi Allah yang kudus. Ini berarti melaksanakan tuntutan Allah.
o Ketaatan mutlak dalam segala bidang. Ula 8:1, 11; 11:1
o Kasih yang bulat dan teguh. Ula 6:5
o Percaya penuh hanya kepada Allah. Ula 6:13; 13:1-18
o Selalu ingat kepada Allah -- siapa Dia, apa yang telah dilakukan-Nya, dan apa yang diharapkan dari umat-Nya. Ula 11:18-20
o Pendidikan bagi anak-anak. Ula 4:9; 11:19

3. Berkat bagi yang taat kepada perjanjian
o Kemakmuran bangsa termasuk kemenangan atas musuh-musuh. Ula 7:22; 28:1, 7, 13
o Kemakmuran negeri -- termasuk kesuburan tanaman dan ternak serta keadaan cuaca yang baik. Ula 28:3, 5, 11, 12
o Kemakmuran bagi keluarga -- mereka akan mempunyai banyak anak-anak sehat. Ula 28:4, 11; 7:14
o Kemakmuran bagi tiap orang -- termasuk kesehatan yang baik dan panjang umur. Ula 5:16; 7:15

4. Akibat-akibat dari ketidaktaatan pada perjanjian
o Malapetaka bagi bangsa. Mereka akan menderita banyak kekalahan dan pada akhirnya dimusnahkan. Ula 28:20, 25; 4:26
o Malapetaka bagi negeri. Akan terjadi kekeringan yang dahsyat dan tanaman serta binatang akan binasa. Ula 28:22-24; 28:38-40
o Malapetaka bagi rakyat. Akan terjadi epidemi yang menakutkan, keluarga akan terpecah-belah dan tidak ada keamanan. Ula 28:21, 22, 28, 32, 42

Hubungan dengan Allah tidak boleh dilaksanakan dengan sewenang-wenang. Daftar berkat dan kutuk menekankan kesungguhan dari perjanjian dengan Allah. Ulangan menegaskan bahwa Allah sungguh-sungguh mempunyai kuasa untuk mendatangkan semua berkat dan kutuk itu.

Penerapan

Ulangan mengajar kita tentang:

1. Hubungan kita dengan Allah
o Hubungan itu harus pribadi. Menjadi rakyat suatu bangsa atau keluarga yang mengikut Allah tidaklah cukup. Setiap pribadi harus mempunyai pengalaman langsung dan mutakhir dengan Allah.
o Hubungan itu harus hidup. Perjanjian itu lebih dari sekadar perjanjian kontrak. Allah menginginkan persekutuan dengan umat-Nya dan kasih dari mereka, dengan ketaatan yang terbit dari kasih itu.
o Hubungan itu harus menyeluruh. Allah menginginkan kita mengikuti Dia, tidak hanya satu hari dalam seminggu atau dalam situasi-situasi tertentu, tetapi setiap saat -- Dia menaruh perhatian pada apa yang kita kerjakan dalam setiap segi kehidupan kita.

2. Ibadah kita kepada Allah
o Ibadah kita harus murni dan tidak dinodai atau dirusak dengan memasukkan pengajaran dan adat istiadat orang-orang di sekeliling kita.
o Ibadah kita harus sesuai dengan pola yang sudah digariskan oleh Allah.
o Ibadah kita harus diresapi dan tidak semata-mata hanya terikat pada suatu bentuk peribadatan tertentu. Ibadah itu harus menyenangkan.

Tema-tema Kunci

1. Kekuasaan Allah
Allah tidak hanya dipandang sebagai Tuhan perjanjian yang berdaulat atas seluruh bangsa Israel, tetapi juga sebagai Allah umat manusia, berkuasa atas seluruh dunia, yang berkuasa atas bangsa-bangsa dan alam semesta. Dia mempunyai kuasa untuk melaksanakan janji-janji-Nya. Buatlah sebuah daftar mengenai cara-cara Allah menunjukkan kuasa-Nya dalam pasal Ula 4 dan Ula 30.

2. Kesetiaan Allah
Salah satu hal yang memungkinkan bangsa Israel melihat perjanjian itu sebagai dasar dari kehidupan bangsa mereka adalah pengetahuan bahwa Allah dapat diandalkan sepenuhnya. Baca pasal Ula 32 dan catat semua cara yang berbeda dalam menggambarkan Allah.

3. Kasih
Dasar utama dari perjanjian adalah kasih. Kasih Allahlah yang memulai perjanjian itu dan memungkinkan kelanjutannya. Tuntutan pertama terhadap manusia ialah bahwa ia harus mengasihi Allah. Tanpa kasih, hubungan dengan Allah tidak mungkin terwujud. Bacalah Ula 4:37; 5:10; 6:5; 7:9, 13; 10:12-19; 11:1, 13, 22; 13:3; 19:9; 23:5; 30:16, 20.

4. Penyerahan
Yang Allah inginkan dari umat-Nya ialah penyerahan total, kesetiaan yang utuh, dan pengabdian dengan sepenuh hati. Semua ini berarti mengikuti kehendak Allah dalam setiap segi kehidupan seperti diatur dalam perintah-perintah di dalam perjanjian. Bacalah Ula 5:1-21; 6:4-9; 10:12-22. Semua ayat ini dapat dianggap sebagai ringkasan dari keseluruhan hukum Allah.

Garis Besar Intisari: Ulangan (Pendahuluan Kitab) [1] PIDATO MUSA YANG PERTAMA Ula 1:1-4:43 Sejarah mengenai seberapa jauh karya Allah bagi bangsa Israel Ula 1:1-5Pendahuluan -- Musa mulai berpida

[1] PIDATO MUSA YANG PERTAMA Ula 1:1-4:43

Sejarah mengenai seberapa jauh karya Allah bagi bangsa Israel

Ula 1:1-5Pendahuluan -- Musa mulai berpidato
Ula 1:6-8Firman Allah di Horeb
Ula 1:9-18Hakim-hakim yang diangkat untuk membantu Musa
Ula 1:19-25Penyelidikan pertama ke Kanaan
Ula 1:26-46Bangsa itu tidak taat kepada Allah
Ula 2:1-18Pengembaraan di padang gurun -- 38 tahun
Ula 2:19-3:17Perebutan daerah sebelah timur Sungai Yordan
Ula 3:18-29Musa harus menyerahkan kepemimpinan kepada Yosua
Ula 4:1-40Jalan Allah sudah dipersiapkan -- ikutilah!
Ula 4:41-43Penunjukan kota-kota suaka

[2] PIDATO MUSA YANG KEDUA Ula 4:44-11:32

Perjanjian dengan Allah

Ula 4:44-49Pendahuluan
Ula 5:1-22Sepuluh Perintah
Ula 5:23-33Respons bangsa Israel
Ula 6:1-25Kasihi, percayai dan taati Allah
Ula 7:1, 2Rebutlah negeri itu...
Ula 7:3-26Tetapi, bukan adat-istiadat dan dewa-dewanya
Ula 8:1-10Ketaatan akan membawa berkat
Ula 8:11-20Ketidaktaatan akan membawa malapetaka
Ula 9:1-6Mereka tidak layak memasuki negeri itu
Ula 9:7-29Bangsa Israel umat berdosa
Ula 10:1-22Perjanjian diperbarui
Ula 11:1-32Berkat atau kutuk?

[3] PIDATO MUSA YANG KEDUA Ula 12:1-26:19

Peraturan-peraturan terperinci

Ula 12:1-32Petunjuk-petunjuk untuk peribadatan
Ula 13:1-18Nabi dan guru-guru palsu harus binasa
Ula 14:1-29Peraturan mengenai makanan dan persepuluhan
Ula 15:1-18Tahun pembebasan para budak
Ula 15:19-23Anak sulung ternak adalah milik Allah
Ula 16:1-22Hari-hari raya tahunan
Ula 17:1-20Peraturan bagi para hakim dan raja-raja
Ula 18:1-8Hak orang Lewi
Ula 18:9-22Peraturan mengenai nubuatan
Ula 19:1-21Apa yang harus dilakukan terhadap pembunuh?
Ula 20:1-20Peraturan tentang perang
Ula 21:1-25:19Peraturan tentang kehidupan
Ula 26:1-19Persembahan kepada Allah

[4] PESAN DARI PARA PEMIMPIN Ula 27:1-28:68

Ula 27:1-3Ingatlah pada perjanjian
Ula 27:4-10Dirikanlah mezbah di Gunung Ebal
Ula 27:11-26Kutuk bagi mereka yang tidak taat
Ula 28:1-14Berkat bagi mereka yang taat
Ula 28:15-68Akibat-akibat karena berpaling dari Allah

[5] PIDATO MUSA YANG KETIGA Ula 29:1-30:20

Ula 29:1-17Engkau telah melihat apa yang telah diperbuat Allah
Ula 29:18-29Engkau akan melihat apa yang akan diperbuat Allah
Ula 30:1-10Pertobatan membawa pemulihan
Ula 30:11-14Perintah-perintah Allah tidak terlalu sukar
Ula 30:15-20Allah layak dipatuhi!

[6] HARI-HARI TERAKHIR MUSA Ula 31:1-34:12

Ula 31:1-8Yosua akan menjadi pemimpin baru
Ula 31:9-29Persiapan pengambilalihan
Ula 31:30-32:52Nyanyian perpisahan Musa
Ula 33:1-29Berkat terakhir
Ula 34:1-12Musa meninggal dunia
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #09: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab dan catatan hanya seukuran layar atau memanjang. [SEMUA]
dibuat dalam 0.90 detik
dipersembahkan oleh YLSA