kecilkan semua  

Teks -- Titus 1:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Salam
1:1 Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan akan kebenaran seperti yang nampak dalam ibadah kita, 1:2 dan berdasarkan pengharapan akan hidup yang kekal yang sebelum permulaan zaman sudah dijanjikan oleh Allah yang tidak berdusta, 1:3 dan yang pada waktu yang dikehendaki-Nya telah menyatakan firman-Nya dalam pemberitaan Injil yang telah dipercayakan kepadaku sesuai dengan perintah Allah, Juruselamat kita. 1:4 Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristus Yesus, Juruselamat kita, menyertai engkau.
Tugas Titus di Kreta -- Syarat-syarat bagi penatua, penilik jemaat
1:5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan supaya engkau menetapkan penatua-penatua di setiap kota, seperti yang telah kupesankan kepadamu, 1:6 yakni orang-orang yang tak bercacat, yang mempunyai hanya satu isteri, yang anak-anaknya hidup beriman dan tidak dapat dituduh karena hidup tidak senonoh atau hidup tidak tertib. 1:7 Sebab sebagai pengatur rumah Allah seorang penilik jemaat harus tidak bercacat, tidak angkuh, bukan pemberang, bukan peminum, bukan pemarah, tidak serakah, 1:8 melainkan suka memberi tumpangan, suka akan yang baik, bijaksana, adil, saleh, dapat menguasai diri 1:9 dan berpegang kepada perkataan yang benar, yang sesuai dengan ajaran yang sehat, supaya ia sanggup menasihati orang berdasarkan ajaran itu dan sanggup meyakinkan penentang-penentangnya. 1:10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan omongan yang sia-sia mereka menyesatkan pikiran. 1:11 Orang-orang semacam itu harus ditutup mulutnya, karena mereka mengacau banyak keluarga dengan mengajarkan yang tidak-tidak untuk mendapat untung yang memalukan. 1:12 Seorang dari kalangan mereka, nabi mereka sendiri, pernah berkata: "Dasar orang Kreta pembohong, binatang buas, pelahap yang malas." 1:13 Kesaksian itu benar. Karena itu tegorlah mereka dengan tegas supaya mereka menjadi sehat dalam iman, 1:14 dan tidak lagi mengindahkan dongeng-dongeng Yahudi dan hukum-hukum manusia yang berpaling dari kebenaran. 1:15 Bagi orang suci semuanya suci; tetapi bagi orang najis dan bagi orang tidak beriman suatupun tidak ada yang suci, karena baik akal maupun suara hati mereka najis. 1:16 Mereka mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia. Mereka keji dan durhaka dan tidak sanggup berbuat sesuatu yang baik.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · bangsa Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · Kreta an island country located in the Mediterranean Sea midway between Syria and Malta
 · orang Kreta the inhabitants of Crete.
 · orang Kreti a tribe of Philistines in southern Canaan (YC),officers who formed part of David's guard
 · Titus a Christian Greek man who accompanied Paul and was left in Crete to settle the churches there
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Gembala, Surat-Surat ~G/Pastoral) | Hamba Tuhan | Uskup | Kreta | Pekerja Gereja | Tata Tertib Jemaat | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Hamba-hamba Tuhan | Ajar, Pengajaran-Pengajaran Injil | Tegur, Teguran | Sifat Orang Fasik | Kreta, Orang | Setia, Kesetiaan (Percaya) | Marah Kemarahan | Sadar | Kudus, Kekudusan | Pilih, Pilihan | Teguh, Keteguhan | Tumpang, Tumpangan | Turut, Menurut Kehendak Sendiri | Tidak Percaya | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Tit 1:1 - KEBENARAN SEPERTI YANG NAMPAK DALAM IBADAH KITA Nas : Tit 1:1 (versi Inggris NIV -- "Kebenaran yang menghasilkan kesalehan"). Mereka yang mengaku memberitakan Injil yang benar harus bersedia untu...

Nas : Tit 1:1

(versi Inggris NIV -- "Kebenaran yang menghasilkan kesalehan"). Mereka yang mengaku memberitakan Injil yang benar harus bersedia untuk diuji apakah berita itu menghasilkan kesalehan dalam kehidupan orang yang menerimanya. Tidak ada gereja atau organisasi Kristen yang berhak menyatakan bahwa berita atau doktrinnya cocok dengan "ajaran yang sehat" rasul-rasul (ayat Tit 1:9; 2Tim 1:11-14; 2:2; 3:10-12) dan "perkataan Tuhan kita Yesus Kristus" (1Tim 6:3) jikalau berita atau doktrin itu tidak menghasilkan orang yang saleh kehidupannya, 1Tim 6:3; Ibr 1:9;

(lihat cat. --> Tit 1:16;

lihat cat. --> 1Kor 13:1).

[atau ref. Tit 1:16; 1Kor 13:1]

Full Life: Tit 1:2 - ALLAH YANG TIDAK BERDUSTA. Nas : Tit 1:2 Lihat cat. --> Ibr 6:18. [atau ref. Ibr 6:18]

Nas : Tit 1:2

Lihat cat. --> Ibr 6:18.

[atau ref. Ibr 6:18]

Full Life: Tit 1:5 - MENETAPKAN PENATUA-PENATUA ... SEPERTI YANG TELAH KUPESANKAN KEPADAMU. Nas : Tit 1:5 Semua pelayanan pastoral Kristen harus didasarkan pada berita Yesus Kristus sebagaimana dikabarkan oleh rasul-rasul; yaitu pelayanan ...

Nas : Tit 1:5

Semua pelayanan pastoral Kristen harus didasarkan pada berita Yesus Kristus sebagaimana dikabarkan oleh rasul-rasul; yaitu pelayanan itu harus didasarkan pada standar rasuli dari ayat Tit 1:5-9 dan 1Tim 3:1-7. Pelayanan semacam ini hanya berlaku selama berpegang teguh kepada Firman yang benar sesuai dengan pengajaran, pelayanan, dan tulisan dari PB (ayat Tit 1:9; Kis 14:23;

lihat cat. --> Ef 2:20).

[atau ref. Ef 2:20]

Full Life: Tit 1:6 - ORANG-ORANG YANG TAK BERCACAT, YANG MEMPUNYAI HANYA SATU ISTERI. Nas : Tit 1:6 Lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT.

Full Life: Tit 1:7 - SEORANG PENILIK JEMAAT. Nas : Tit 1:7 Istilah "penatua" (Yun. _presbuteros_, ayat Tit 1:5) dan "penilik" (Yun. _episkopos_, ayat Tit 1:7) merupakan istilah yang dapat dipe...

Nas : Tit 1:7

Istilah "penatua" (Yun. _presbuteros_, ayat Tit 1:5) dan "penilik" (Yun. _episkopos_, ayat Tit 1:7) merupakan istilah yang dapat dipertukartempatkan karena menunjuk kepada jabatan yang sama di dalam gereja. Istilah pertama menekankan kedewasaan rohani dan martabat yang diperlukan untuk jabatan itu, sedangkan yang kedua menekankan tugas mengawasi gereja sebagai seorang pelayan rumah Allah.

Full Life: Tit 1:7 - HARUS TIDAK BERCACAT. Nas : Tit 1:7 Allah menuntut standar moral yang tinggi untuk penilik gereja. Apabila pemimpinnya saja dapat dicela, maka dengan sendirinya gereja a...

Nas : Tit 1:7

Allah menuntut standar moral yang tinggi untuk penilik gereja. Apabila pemimpinnya saja dapat dicela, maka dengan sendirinya gereja akan menyimpang dari kebenaran karena tidak ada teladan saleh untuk diikuti. Untuk keterangan selanjutnya

lihat art. SYARAT-SYARAT MORAL BAGI PENILIK JEMAAT.

Full Life: Tit 1:9 - BERPEGANG KEPADA PERKATAAN YANG BENAR. Nas : Tit 1:9 Para penatua bukan saja harus memenuhi standar yang terdaftar dalam ayat Tit 1:6-8, tetapi mereka juga harus berpegang teguh pada kes...

Nas : Tit 1:9

Para penatua bukan saja harus memenuhi standar yang terdaftar dalam ayat Tit 1:6-8, tetapi mereka juga harus berpegang teguh pada kesaksian rasuli yang mula-mula mengenai karya keselamatan Yesus Kristus, mengasihinya, memahaminya serta mengorbankan hidup untuknya. Pengabdian semacam ini penting karena dua alasan.

  1. 1) Mereka harus mampu mengajar, mendorong dan menasihati dari Firman Allah supaya menuntun hati dan pikiran umat Allah untuk sungguh setia kepada Kristus, kebenaran, dan keadilan (bd. 2Tim 4:2).
  2. 2) Mereka harus mampu menegur dan mengoreksi orang yang mengajarkan hal-hal yang bertentangan dengan Alkitab agar memimpin mereka kepada kebenaran (2Tim 2:24-26). Apabila peneguran ditolak, maka mereka harus sanggup meyakinkan orang percaya lain akan kesalahan ajaran itu

    (lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA; dan

    lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).

Full Life: Tit 1:15 - BAGI ORANG SUCI SEMUANYA SUCI. Nas : Tit 1:15 Mungkin Paulus sedang berbicara tentang kesucian ritual dari peraturan makanan orang Yahudi (bd. Mat 15:10-11; Mr 7:15; 1Tim 4:3-5)....

Nas : Tit 1:15

Mungkin Paulus sedang berbicara tentang kesucian ritual dari peraturan makanan orang Yahudi (bd. Mat 15:10-11; Mr 7:15; 1Tim 4:3-5). Ada beberapa guru yang selalu memikirkan mengenai perbedaan antara makanan yang haram dan yang halal. Mereka mengajarkan bahwa kepatuhan dalam hal ini adalah penting bagi kebenaran yang sejati. Mereka mengabaikan tabiat moral yang benar, kemurnian batiniah dan kebenaran yang lahiriah (ayat Tit 1:16). Paulus menekankan, jikalau keadaan moral seseorang itu murni, maka perbedaan di antara makanan haram dan halal itu tidak mempunyai arti apa-apa. Paulus tidak berbicara tentang hal atau tindakan yang secara moral jelas salah, tetapi mengenai kemurnian secara upacara keagamaan saja.

Full Life: Tit 1:16 - MEREKA MENGAKU ... MEREKA MENYANGKAL. Nas : Tit 1:16 Salah satu kebencian dalam pandangan Allah adalah mengaku percaya kepada Kristus dan pengharapan akan hidup yang kekal (ayat Tit 1:2...

Nas : Tit 1:16

Salah satu kebencian dalam pandangan Allah adalah mengaku percaya kepada Kristus dan pengharapan akan hidup yang kekal (ayat Tit 1:2), padahal pada saat yang bersamaan hidup tidak taat kepada-Nya dan Firman-Nya (bd. Luk 6:46; Yoh 14:12; 15:10-14; 1Yoh 2:4).

BIS: Tit 1:6 - cela; ia harus ... seorang istri cela; ia harus ... seorang istri: atau cela, yang hanya menikah sekali.

cela; ia harus ... seorang istri: atau cela, yang hanya menikah sekali.

Jerusalem: Tit 1:1 - seperti yang nampak dalam ibadah kita Maksudnya: pengetahuan akan kebenaran tertuju kepada ibadah di hadapan Allah dan ibadah itu perlu terwujud dalam seluruh hidup.

Maksudnya: pengetahuan akan kebenaran tertuju kepada ibadah di hadapan Allah dan ibadah itu perlu terwujud dalam seluruh hidup.

Jerusalem: Tit 1:5 - -- Paulus biasanya hanya meletakkan dasar penginjilan, lalu menyerahkan kepada orang lain tugas menyelesaikannya, bdk 1Kor 1:17; 3:6, 10; Kol 1:7+; Rom 1...

Paulus biasanya hanya meletakkan dasar penginjilan, lalu menyerahkan kepada orang lain tugas menyelesaikannya, bdk 1Kor 1:17; 3:6, 10; Kol 1:7+; Rom 15:23+

Jerusalem: Tit 1:5 - penatua-penatua Sesuai dengan suatu adat yang berasal dari umat Israel dahulu (Kel 18:13 dst; Bil 11:16; Yos 8:10; 1Sam 16:4; Yes 9:14; Yeh 8:1, 11, dll) dan dari ban...

Sesuai dengan suatu adat yang berasal dari umat Israel dahulu (Kel 18:13 dst; Bil 11:16; Yos 8:10; 1Sam 16:4; Yes 9:14; Yeh 8:1, 11, dll) dan dari bangsa Yahudi (Ezr 5:5; 10:14; Jud 6:16; Luk 7:3; 22:66; Kis 4:5, dll; Yosefus, Filo dll) jemaat-jemaat Kristen purba, baik di Yerusalem (Kis 11:30; 15:2 dst; Kis 21:18), maupun di perantauan (Kis 14:23; 20:17; Tit 1:5; 1Pe 5:1) diketuai oleh dewan penatua (kata Yunani sebenarnya berarti: orang yang tua, atau tua- tua) atau "orang terkemuka". Para "penilik" (episkopos=yang mengawasi) yang belum "uskup" dengan arti kata seperti sekarang lazim dan ternyata mempunyai hubungan khas dengan "diaken-diaken" (Fili 1:1; 1Tim 3:1-13, karangan- karangan lain dari zaman sesudah zaman para rasul) kadang- kadang (Tit 1:5, 7; Kis 20:17, 28) rupanya sama saja dengan "penatua- penatua". Hanya gelar "penilik" yang dipakai juga di dunia yang berkebudayaan Yunani meskipun dapat berasal dari dunia yang berkebudayaan Semit (bdk gelar: mebaqqer di kalangan kaum Eseni; bdk juga Bil 4:16; 31:14; Hak 9:28; 2Raj 11:15, 18; 12:11, dll) lebih-lebih menunjuk suatu jabatan, sedangkan "penatua" bersangkutan dengan sebuah keadaan tetap dan martabat. Boleh jadi "penilik- penilik" itu bergiliran ditunjuk oleh dewan para penatua untuk menunaikan tugas tertentu, bdk 1Tim 5:17. Tetapi bagaimanapun juga para penatua dan penilik jemaat Kristen tidak hanya ditugaskan untuk mengurus urusan administrasi keduniaan saja, tetapi juga untuk mengajar, 1Tim 3:2; 5:17; Tit 1:9; dan memimpin, 1Tim 3:5; Tit 1:7. Mereka diangkat oleh rasul- rasul, Kis 14:23, ataupun oleh wakil rasul, Tit 1:5, melalui penumpangan tangan, 1Tim 5:22; bdk 1Tim 4:14+; 2Tim 1:6. Mereka mempunyai kekuasaan yang berasal dari Allah, Kis 20:28, dan yang bersifat karismatis, 1Kor 12:28. Kedua gelar tersebut lama kelamaan menyingkirkan gelar-gelar lain, seperti "pemimpin", Rom 12:8; 1Tes 5:12, "gembala", Ef 4:11, dan "heugoumenos" (terjemahan: Pemimpin), Ibr 13:7, 17, 24. Kepala-kepala jemaat tersebut sesungguhnya pendahulu- pendahulu "iman" dan "uskup" kita sekarang, sedangkan "diaken" merupakan pembantu mereka. Peralihan dari "penilik-penatua" itu kepada "uskup" sebagai satu-satunya kepala para iman, sebagaimana terdapat dalam surat-surat Ignatius dari Antiokhia, kiranya terjadi dengan diserahkannya kepada seorang "penilik" di masing-masing jemaat setempat kekuasaan yang dahulu dipegang oleh rasul-rasul sendiri atas beberapa jemaat atau oleh wakil-wakil mereka seperti Titus dan Timotius.

Jerusalem: Tit 1:12 - "Dasar orang Kreta ..." Ini adalah kutipan dari penyair Epimenides dari Kreta yang hidup pada abad ke 6 seb. Mas.

Ini adalah kutipan dari penyair Epimenides dari Kreta yang hidup pada abad ke 6 seb. Mas.

Jerusalem: Tit 1:15 - Bagi orang suci semuanya suci Ini sebuah peribahasa yang diartikan secara Kristen.

Ini sebuah peribahasa yang diartikan secara Kristen.

Ende: Tit 1:1 - Adjaran jang benar "Jang benar" ditekankan disini dalam pertentangan dengan adjaran palsu jang dengan tadjam telah diketjam oleh Paulus dalam 1Ti1:3-7; 4:1-6; 6:3-5 (lih...

"Jang benar" ditekankan disini dalam pertentangan dengan adjaran palsu jang dengan tadjam telah diketjam oleh Paulus dalam 1Ti1:3-7; 4:1-6; 6:3-5 (lihat disitu) dan nantikan pula dalam Tit 1:10- 16 bab ini dan dalam Tit 3:9.

Ende: Tit 1:1 - Berwudjud kesalehan Dan itu dikatakan dalam perlawanan dengan adjaran palsu, jang mengutamakan dan membanggakan pengetahuan, sedangkan adjaran jang benar menekankan perwu...

Dan itu dikatakan dalam perlawanan dengan adjaran palsu, jang mengutamakan dan membanggakan pengetahuan, sedangkan adjaran jang benar menekankan perwudjudan kebenaran dalam praktek hidup.

Ende: Tit 1:3 - SabdaNja jaitu pernjataan-pernjataan dan djandji tentang kehidupan abadi atau rentjana penjelamatan.

jaitu pernjataan-pernjataan dan djandji tentang kehidupan abadi atau rentjana penjelamatan.

Ende: Tit 1:3 - Dengan djalan pemakluman jaitu dengan mengumumkan setjara resmi sabda dan tindakan-tindakan penjelenggaraan Allah (Indjil), tanpa ditjampuri dengan pemikiran dan pembahasan se...

jaitu dengan mengumumkan setjara resmi sabda dan tindakan-tindakan penjelenggaraan Allah (Indjil), tanpa ditjampuri dengan pemikiran dan pembahasan serba manusiawi. Bdl. 1Ko 1:17-21 dan 1Ko 2:1-13.

Ende: Tit 1:5 - Orang tua-tua Istilah asli "presbyteros", jang kemudian mendjadi gelaran bagi para imam. Lih. 1Ti 3:1 dan tjatatan disitu.

Istilah asli "presbyteros", jang kemudian mendjadi gelaran bagi para imam. Lih. 1Ti 3:1 dan tjatatan disitu.

Ende: Tit 1:7 - Pemimpin Istilah asli "episkopos". Lih. 1Ti 3:1.

Istilah asli "episkopos". Lih. 1Ti 3:1.

Ende: Tit 1:11 - Membangkitkan pergolakan jaitu perselisihan paham dan pertengkaran hebat mengenai hal-hal agama kesusilaan. Bdl. 1Ti 1:4 dan 1Ti 6:4-5. Jang terlebih merusakkan damai dan keba...

jaitu perselisihan paham dan pertengkaran hebat mengenai hal-hal agama kesusilaan. Bdl. 1Ti 1:4 dan 1Ti 6:4-5. Jang terlebih merusakkan damai dan kebahagiaan hidup dalam keluarga, ialah penghinaan pengadjar-pengadjar palsu itu terhadap perkawinan dan melarang para penganutnja hidup berumahtangga dan makan berdjenis-djenis makanan tertentu.

Ende: Tit 1:12 - Nabi mereka sendiri jaitu seorang Kreta jang sangat berpengaruh dan berkewibawaan dilapangan agama dan kesusilaan. Menurut penulis-penulis Geredja purba ialah seorang pud...

jaitu seorang Kreta jang sangat berpengaruh dan berkewibawaan dilapangan agama dan kesusilaan. Menurut penulis-penulis Geredja purba ialah seorang pudjangga, bernama Epimenides, jang hidup dalam abad kelima atau keempat sebelum Kristus.

Ende: Tit 1:12 - Binatang djahat jang tidak tahu mengekangi diri dalam mentjari dan menuntut untung djasmani dan dengan ganas memaksakan kehendaknja kepada orang tanpa kasihan.

jang tidak tahu mengekangi diri dalam mentjari dan menuntut untung djasmani dan dengan ganas memaksakan kehendaknja kepada orang tanpa kasihan.

Ende: Tit 1:12 - Perut malas jang hidup enak sadja tanpa bekerdja.

jang hidup enak sadja tanpa bekerdja.

Ende: Tit 1:14 - -- Bdl. 1Ti 1:1-4; 4:1-4 dan 1Ti 6:3-5.

Ende: Tit 1:15 - Segala sutji Paulus tentu ingat dan hendak mengingatkan akan adjaran palsu mengenai nadjisnja hal kawin dan beberapa djenis makanan dan minuman.

Paulus tentu ingat dan hendak mengingatkan akan adjaran palsu mengenai nadjisnja hal kawin dan beberapa djenis makanan dan minuman.

Ref. Silang FULL: Tit 1:1 - hamba Allah // dan rasul // akan kebenaran // dalam ibadah · hamba Allah: Rom 1:1; Yak 1:1 · dan rasul: 1Kor 1:1; 1Kor 1:1 · akan kebenaran: 1Tim 2:4; 1Tim 2:4 · dalam ibadah: 1Ti...

· hamba Allah: Rom 1:1; Yak 1:1

· dan rasul: 1Kor 1:1; [Lihat FULL. 1Kor 1:1 ]

· akan kebenaran: 1Tim 2:4; [Lihat FULL. 1Tim 2:4 ]

· dalam ibadah: 1Tim 2:2; [Lihat FULL. 1Tim 2:2]

Ref. Silang FULL: Tit 1:2 - yang kekal // permulaan zaman // tidak berdusta · yang kekal: Tit 3:7; 2Tim 1:1 · permulaan zaman: 2Tim 1:9 · tidak berdusta: Bil 23:19; Ibr 6:18

· yang kekal: Tit 3:7; 2Tim 1:1

· permulaan zaman: 2Tim 1:9

· tidak berdusta: Bil 23:19; Ibr 6:18

Ref. Silang FULL: Tit 1:3 - pada waktu // telah menyatakan // dipercayakan kepadaku // perintah Allah // Juruselamat · pada waktu: 1Tim 2:6; 6:15 · telah menyatakan: 2Tim 1:10 · dipercayakan kepadaku: 1Tim 1:11; 1Tim 1:11 · perintah Allah...

· pada waktu: 1Tim 2:6; 6:15

· telah menyatakan: 2Tim 1:10

· dipercayakan kepadaku: 1Tim 1:11; [Lihat FULL. 1Tim 1:11 ]

· perintah Allah: 2Kor 1:1; [Lihat FULL. 2Kor 1:1]; 1Tim 1:1

· Juruselamat: Luk 1:47; [Lihat FULL. Luk 1:47]

Ref. Silang FULL: Tit 1:4 - Kepada Titus // anakku // Yesus, Juruselamat · Kepada Titus: 2Kor 2:13; 2Kor 2:13 · anakku: 1Tim 1:2; 1Tim 1:2 · Yesus, Juruselamat: Rom 1:7; Rom 1:7

· Kepada Titus: 2Kor 2:13; [Lihat FULL. 2Kor 2:13 ]

· anakku: 1Tim 1:2; [Lihat FULL. 1Tim 1:2 ]

· Yesus, Juruselamat: Rom 1:7; [Lihat FULL. Rom 1:7]

Ref. Silang FULL: Tit 1:5 - di Kreta // menetapkan penatua-penatua · di Kreta: Kis 27:7 · menetapkan penatua-penatua: Kis 11:30; Kis 11:30

· di Kreta: Kis 27:7

· menetapkan penatua-penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

Ref. Silang FULL: Tit 1:6 - tak bercacat · tak bercacat: 1Tes 3:13; 1Tes 3:13; 1Tim 3:2

· tak bercacat: 1Tes 3:13; [Lihat FULL. 1Tes 3:13]; 1Tim 3:2

Ref. Silang FULL: Tit 1:7 - sebagai pengatur // penilik jemaat // tidak serakah · sebagai pengatur: 1Kor 4:1 · penilik jemaat: 1Tim 3:1; 1Tim 3:1 · tidak serakah: 1Tim 3:3,8; 1Tim 3:3; 1Tim 3:8

· sebagai pengatur: 1Kor 4:1

· penilik jemaat: 1Tim 3:1; [Lihat FULL. 1Tim 3:1 ]

· tidak serakah: 1Tim 3:3,8; [Lihat FULL. 1Tim 3:3]; [Lihat FULL. 1Tim 3:8]

Ref. Silang FULL: Tit 1:8 - memberi tumpangan // yang baik // menguasai diri · memberi tumpangan: Rom 12:13; Rom 12:13 · yang baik: 2Tim 3:3 · menguasai diri: Tit 2:2,5,6,12

· memberi tumpangan: Rom 12:13; [Lihat FULL. Rom 12:13 ]

· yang baik: 2Tim 3:3

· menguasai diri: Tit 2:2,5,6,12

Ref. Silang FULL: Tit 1:9 - dan berpegang // dengan ajaran · dan berpegang: 1Kor 16:13; 1Kor 16:13; 1Tim 1:19; 2Tim 1:13; 3:14 · dengan ajaran: 1Tim 1:10; 1Tim 1:10

· dan berpegang: 1Kor 16:13; [Lihat FULL. 1Kor 16:13]; 1Tim 1:19; 2Tim 1:13; 3:14

· dengan ajaran: 1Tim 1:10; [Lihat FULL. 1Tim 1:10 ]

Ref. Silang FULL: Tit 1:10 - hukum sunat // Dengan omongan · hukum sunat: 1Tim 1:6 · Dengan omongan: Kis 10:45; 11:2

· hukum sunat: 1Tim 1:6

· Dengan omongan: Kis 10:45; 11:2

Ref. Silang FULL: Tit 1:11 - banyak keluarga · banyak keluarga: 1Tim 5:13

· banyak keluarga: 1Tim 5:13

Ref. Silang FULL: Tit 1:12 - mereka, nabi // orang Kreta · mereka, nabi: Kis 17:28 · orang Kreta: Kis 2:11

· mereka, nabi: Kis 17:28

· orang Kreta: Kis 2:11

Ref. Silang FULL: Tit 1:13 - itu tegorlah // dalam iman · itu tegorlah: 1Tim 5:20; 1Tim 5:20 · dalam iman: Tit 2:2

· itu tegorlah: 1Tim 5:20; [Lihat FULL. 1Tim 5:20 ]

· dalam iman: Tit 2:2

Ref. Silang FULL: Tit 1:14 - mengindahkan dongeng-dongeng // dan hukum-hukum // dari kebenaran · mengindahkan dongeng-dongeng: 1Tim 1:4; 1Tim 1:4 · dan hukum-hukum: Kol 2:22; Kol 2:22 · dari kebenaran: 2Tim 4:4

· mengindahkan dongeng-dongeng: 1Tim 1:4; [Lihat FULL. 1Tim 1:4 ]

· dan hukum-hukum: Kol 2:22; [Lihat FULL. Kol 2:22 ]

· dari kebenaran: 2Tim 4:4

Ref. Silang FULL: Tit 1:15 - semuanya suci // yang suci // mereka najis · semuanya suci: Mazm 18:27; Mat 15:10,11; Mr 7:14-19; Kis 10:9-16,28; Kol 2:20-22 · yang suci: Rom 14:14,23 · mereka najis: 1Tim...

· semuanya suci: Mazm 18:27; Mat 15:10,11; Mr 7:14-19; Kis 10:9-16,28; Kol 2:20-22

· yang suci: Rom 14:14,23

· mereka najis: 1Tim 6:5

Ref. Silang FULL: Tit 1:16 - menyangkal Dia // yang baik · menyangkal Dia: Yer 5:2; 12:2; 1Yoh 2:4 · yang baik: Hos 8:2,3

· menyangkal Dia: Yer 5:2; 12:2; 1Yoh 2:4

· yang baik: Hos 8:2,3

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Tit 1:1-4 - Pendahuluan; Petunjuk Rasul Paulus kepada Titus Dalam pasal ini kita temukan, I. Prakata atau pendahuluan surat ini, yang menunjukkan dari dan kepada siapa surat ini ditulis, beserta sal...

Matthew Henry: Tit 1:5 - Penahbisan Para Penatua Penahbisan Para Penatua (1:5) Di sini tujuan itu disampaikan, I. Secara lebih umum. Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini...

Matthew Henry: Tit 1:6-16 - Persyaratan Seorang Penilik Jemaat; Perlunya Teguran yang Tegas Persyaratan Seorang Penilik Jemaat; Perlunya Teguran yang Tegas (1:6-16) Di sini Rasul Paulus memberikan arahan kepada Titus mengenai penahbisan. I...

SH: Tit 1:1-4 - Status menentukan tugas dan tanggung jawab (Selasa, 25 September 2001) Status menentukan tugas dan tanggung jawab Saya kira Anda akan terheran-heran apabila melihat suatu regu pemadam kebakaran yang walaupun mempunyai p...

SH: Tit 1:1-4 - Agar bertumbuh (Sabtu 6 September 2008) Agar bertumbuh Hamba dan rasul adalah istilah yang bermakna kontras. Hamba di dalam bacaan ini adalah sebutan bagi orang yang sepenuhnya berada ...

SH: Tit 1:1-4 - Guru yang Memberdayakan (Selasa, 18 Juli 2017) Guru yang Memberdayakan Bagi seorang guru, tidak ada yang lebih membahagiakan di dunia ini daripada melihat muridnya tumbuh menjadi seseorang yang be...

SH: Tit 1:1-4 - Kebenaran Tuhan Tuntunan Kita (Sabtu, 4 Desember 2021) Kebenaran Tuhan Tuntunan Kita Sebagai umat pilihan Allah, kita hidup dalam kebenaran Allah. Ada pun yang dimaksud dengan "kebenaran" bukanlah kebenar...

SH: Tit 1:5-10 - Bukan syarat, tetapi pola hidup (Rabu, 26 September 2001) Bukan syarat, tetapi pola hidup Tugas seorang presiden adalah memimpin dan mengatur negara. Agar seseorang dapat menduduki jabatan tersebut, ada kri...

SH: Tit 1:5-9 - Kualifikasi (Minggu 7 September 2008) Kualifikasi Keberadaan Titus di Pulau Kreta dimaksudkan untuk membangun jemaat di situ. Masih banyak hal di jemaat Kreta yang memerlukan campur ...

SH: Tit 1:5-11 - Mendidik Keluarga dalam Iman (Rabu, 19 Juli 2017) Mendidik Keluarga dalam Iman Segemilang apa pun prestasi seseorang di dunia, kalau ia mengabaikan keluarga, maka ia dapat dianggap sebagai orang yang...

SH: Tit 1:5-16 - Hidup Kudus sebagai Hamba Tuhan (Minggu, 5 Desember 2021) Hidup Kudus sebagai Hamba Tuhan Kata "kudus" berasal dari kata Ibrani "kadosh" yang artinya terpisah, yaitu terpisah dari segala hal yang berdosa dan...

SH: Tit 1:10-16 - Hati-hati! Ada pengajar sesat! (Senin 8 September 2008) Hati-hati! Ada pengajar sesat! Musuh dalam selimut", begitulah sebutan yang tepat bagi para pengajar sesat yang Paulus sebutkan. Mengapa demikia...

SH: Tit 1:11-16 - Tetapkan satu pilihan (Kamis, 27 September 2001) Tetapkan satu pilihan Alexander Agung yang sangat terkenal keberaniannya itu konon mempunyai seorang prajurit yang bernama sama tetapi berbeda sikap...

SH: Tit 1:12-16 - Menegur dengan Tegas (Kamis, 20 Juli 2017) Menegur dengan Tegas Menyampaikan teguran merupakan hal biasa, namun sulit dilakukan karena kebanyakan orang lebih suka mendengar hal-hal yang menyen...

Utley: Tit 1:1-3 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Tit 1:1-31 Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan ak...

Utley: Tit 1:4 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Tit 1:44 Kepada Titus, anakku yang sah menurut iman kita bersama: kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah Bapa dan Kristu...

Utley: Tit 1:5-9 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Tit 1:5-95 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih perlu diatur dan su...

Utley: Tit 1:10-16 - --NASKAH TERJEMAHAN BARU: Tit 1:10-1610 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpegang pada hukum sunat. Dengan ...

Topik Teologia: Tit 1:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Keselamatan Orang-orang Percaya dan Komun...

Topik Teologia: Tit 1:2 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kebenaran Bil 23:19 1Sa 15:29 Maz 12:7 Maz 26:3 Maz 31:6 Maz 33:4 Maz 40:...

Topik Teologia: Tit 1:3 - -- Wahyu Allah Wahyu Khusus Inspirasi Kitab Suci Inspirasi Perjanjian Baru Pandangan Inspirasi Perjanjian Baru dari Para Ra...

Topik Teologia: Tit 1:6 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja

Topik Teologia: Tit 1:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Amarah Kej 49:5-7 Maz 37:8 Maz 106:33 Ams 12:16 Ams 14:17 Ams 15:1...

Topik Teologia: Tit 1:9 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Kewajiban Uskup / Penatua Penatua Mengajarkan Doktrin 1Ti 5:17 Tit ...

Topik Teologia: Tit 1:10 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Pemberontak ...

Topik Teologia: Tit 1:13 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memiliki Persepsi Diri ...

Topik Teologia: Tit 1:14 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memiliki Persepsi Diri ...

Topik Teologia: Tit 1:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Mereka Memiliki Persepsi Diri Rom 9:1 2Ko 1:12 2Ko 4:2 2Ko 5:11 Tit 1:13-16 1Pe 2:19 Pikiran Ma...

Topik Teologia: Tit 1:16 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Memiliki Kesadaran Moral Mereka Memiliki Persepsi Diri ...

TFTWMS: Tit 1:1-4 - Salam Dari Paulus SALAM DARI PAULUS (Titus 1:1-4) 1 Dari Paulus, hamba Allah dan rasul Yesus Kristus untuk memelihara iman orang-orang pilihan Allah dan pengetahuan ak...

TFTWMS: Tit 1:5-9 - Para Penatua Harus Memenuhi Syarat PARA PENATUA HARUS MEMENUHI SYARAT (Titus 1:5-9) 5 Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa yang masih pe...

TFTWMS: Tit 1:10-16 - Para Penatua Harus Membungkam Guru-guru Palsu PARA PENATUA HARUS MEMBUNGKAM GURU-GURU PALSU (Titus 1:10-16) 10 Karena sudah banyak orang hidup tidak tertib, terutama di antara mereka yang berpega...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Titus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Paulus Tema : Ajaran yang Benar dan Kebajikan Tanggal Penulisan: Sekitar 65-66 M Latar Belakang Seperti halnya 1 dan...

Full Life: Titus (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Tit 1:1-4) I. Pengarahan Mengenai Penugasan Penatua (Tit 1:5-9) A. Tetapkan Penatua di T...

Matthew Henry: Titus (Pendahuluan Kitab) Surat Paulus kepada Titus ini pada sifatnya sangat menyerupai surat-surat yang ditujukan kepada Timotius. Kedua orang ini sama-sama dipertobatka...

Jerusalem: Titus (Pendahuluan Kitab) SURAT-SURAT PAULUS PENGANTAR Kronologi kehidupan Paulus Dengan menggunakan Kisah Para Rasul dan surat-surat Paulus, maka tokoh ini lebih kita kenal da...

Ende: Titus (Pendahuluan Kitab) SURAT RASUL PAULUS KEPADA TITUS KATA PENGANTAR Tentang pribadi Titus Titus tidak banjak kita bertemu namanja dalam Kitab Kudus, dan hanja dalam surat-...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) TUJUAN KRISTUS MENGHASILKAN HARAPAN HIDUP KEKAL (TITUS 1) "Aku telah meninggalkan engkau di Kreta dengan maksud ini, supaya engkau mengatur apa ...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) TITUS 1 PERLUNYA PARA PEMIMPIN YANG KUAT, SALEH Saat ia mulai menulis surat kepada Titus, Paulus bicara tentang tugas ilahi (1:1-4). Ia lalu membaha...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) EPISTLE UNTUK PARA PENGINJIL 1, 2 TIMOTIUS & TITUS -1 Timotius- Kehidupan Penginjil Bersama Firman Allah Yang Mahamencukupi GARIS BESAR 1 TIMOT...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) GARIS BESAR TITUS DAYTON KEESEE I. Kristus Menghasilkan Hidup Kekal (Pasal 1) A. Kristus Dan Penebusan (1:1-4) 1. Jalan Penebusan ...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR Di sebuah bukit yang menghadap ke Washington, DC, di Arlington National Cemetery, berdiri monumen yang dikenal sebagai "Makam Prajuri...

TFTWMS: Titus (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Rasul (Yun.: apostolos)-"utusan, orang yang diutus dengan membawa pesan" (C. G. Wilke and Wilibald Grimm, A Greek-Englis...

TFTWMS: Titus (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ketika ia memiliki kesempatan, Titus secara pribadi "menegur [guru-guru palsu] dengan tegas" (1:13); namun sebagian besa...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) Persiapan Bagi Kepemimpinan Yang Memenuhi Syarat (Titus 1:5-9) Pada bagian atas dalam daftar hal-hal yang perlu diperhatikan di Kreta adalah penetapa...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Dengan Para Diaken? (Titus 1:5-9) Beberapa orang mungkin bertanya-tanya, "Mengapakah surat kedua kepada Timotius berisi kualifikasi un...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) "Mengatur Apa Yang Perlu Diatur" (Titus 1:5) Allah tidak suka dengan urusan yang belum selesai. Titus diperintahkan untuk mengatur apa yang...

TFTWMS: Titus (Pendahuluan Kitab) "Urusan Yang Belum Selesai" (Titus 1:5) Kepemimpinan yang baik sangat penting bagi pekerjaan Allah. Teguran paling pedas di dalam Perjanjia...

BIS: Titus (Pendahuluan Kitab) SURAT PAULUS KEPADA TITUS PENGANTAR Titus adalah seorang bukan Yahudi yang sudah masuk agama Kristen lalu menjadi teman sekerja dan pembantu Paulus

SURAT PAULUS KEPADA TITUS

PENGANTAR

Titus adalah seorang bukan Yahudi yang sudah masuk agama Kristen lalu menjadi teman sekerja dan pembantu Paulus dalam pekerjaannya. Surat ini ditujukan kepada Titus yang pada waktu itu berada di Kreta karena telah ditinggalkan di sana oleh Paulus untuk mengurus jemaat di sana. Ada tiga hal yang dikemukakan di dalam surat ini.

Pertama, Titus diingatkan mengenai sifat-sifat orang yang boleh menjadi pemimpin jemaat. Hal itu dikemukakan terutama karena kelakuan orang-orang di Kreta banyak yang jahat. Kedua, Titus dinasihati mengenai bagaimana seharusnya ia mengajar setiap golongan orang yang menjadi anggota jemaat itu, yaitu golongan laki-laki dan wanita yang sudah tua (yang seharusnya mengajar pula orang-orang yang lebih muda dari mereka), golongan orang-orang muda, dan golongan hamba-hamba. Akhirnya Titus diajar mengenai bagaimana seharusnya kelakuan orang Kristen. Yang paling penting ialah bahwa orang Kristen harus peramah dan suka damai, jangan membenci orang, jangan suka bertengkar atau menimbulkan perpecahan.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Tit 1:1-4
  2.  Pemimpin-pemimpin jemaat
    Tit 1:5-16
  3.  Kewajiban pelbagai golongan orang di dalam jemaat
    Tit 2:1-15
  4.  Nasihat dan peringatan
    Tit 3:1-11
  5.  Penutup
    Tit 3:12-15

Ajaran: Titus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti arti dan isi pengajaran Kitab Titus, sehingga mereka melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari. Pendah

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti arti dan isi pengajaran Kitab Titus, sehingga mereka melakukannya di dalam kehidupan sehari-hari.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Paulus.

Tahun : Sekitar tahun 65 Masehi.

Penerima : Titus (Tit 1:4). (Dan juga setiap orang Kristen). Di daerah Kreta ini, perkembangan Injil terancam oleh orang-orang yang tidak tertib hidupnya. Dengan omongan-omongan yang sia-sia mereka mau menyesatkan pikiran orang Kristen (Tit 1:10), yaitu dengan ajaran-ajaran tentang penyunatan, yang sebenarnya tidak ada artinya sedikitpun di dalam keselamatan.

Isi Kitab: Kitab Titus terbagi atas 3 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat pengajaran Rasul Paulus dalam memperbaiki kehidupan jemaat, yang terancam termakan oleh kehidupan yang tidak baik, omongan kosong, yang semuanya itu tidak sesuai dengan kehidupan sebagai orang Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Titus

  1. Pasal 1 (Tit 1:1-16).

    Pengajaran tentang persyaratan pekerja gereja

    Dalam bagian ini, Rasul Paulus menyebut Titus sebagai anak rohaninya dan ia meminta Titus agar tetap setia melayani di pulau Kreta. Kemudian ia mengajarkan tentang syarat-syarat kehidupan seorang pekerja Gereja.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Tit 1:5-6,7. _Tanyakan_:\ - Sebutkanlah syarat-syarat seorang pekerja Gereja - Mengapakah persyaratan itu penting bagi seorang pekerja Gereja? (lihat ayat 7-10; Tit 1:7-10).
    2. Bacalah pasal Tit 1:16. _Tanyakan_:\ - Apakah yang membuktikan seorang tidak mengenal Allah?
  2. Pasal 2-3 (Tit 2:1-3:15).

    Pengajaran tentang kewajiban orang-orang Kristen

    Dalam bagian ini dijelaskan bahwa seorang Kristen baik ia seorang tua, muda, kaya atau miskin hendaklah hidup dengan benar.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Tit 2:1-10. _Tanyakan_:\ - Bagaimanakah kehidupan laki-laki yang tua? (lihat ayat 2; Tit 2:2). - Bagaimanakah cara hidup seorang wanita tua? (lihat ayat 3-5; Tit 2:3-5). - Bagaimanakah cara hidup seorang muda? (lihat ayat 7-8; Tit 2:7-8). - Bagaimanakah cara hidup seorang pekerja/pegawai? (lihat ayat 9-10; Tit 2:9-10).
    2. Bacalah pasal Tit 2:11. _Tanyakan_:\ - Dengan apakah semua orang diselamatkan?

II. Kesimpulan

Dalam Kitab Titus jelas diketahui tentang kehidupan sebagai pekerja gereja, hamba Tuhan maupun kehidupan dari setiap orang Kristen.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Kitab Titus?
  2. Mengapakah setiap orang percaya harus hidup saling menghormati? (Pasa Tit 2:10).

Intisari: Titus (Pendahuluan Kitab) Panggilan untuk kehidupan Kristen yang praktisSIAPAKAH TITUS?Surat ini mungkin ditulis pada waktu dan tempat yang hampir sama dengan surat I Timotius.

Panggilan untuk kehidupan Kristen yang praktis

SIAPAKAH TITUS?
Surat ini mungkin ditulis pada waktu dan tempat yang hampir sama dengan surat I Timotius. Seperti Timotius, Titus adalah salah satu anak rohani Paulus (Tit 1:4). Tidak dapat diragukan bahwa Titus bertobat pada awal pelayanan Paulus. Ia diajak Paulus dan Barnabas ke Yerusalem, kota yang dikunjungi Paulus tujuh belas tahun setelah pertobatannya. (Gal 2:1). Paulus memberi Titus tugas yang sulit, yaitu mencoba menyelesaikan masalah yang timbul dalam gereja di Korintus, dan dalam suratnya yang kedua kepada gereja itu kita mengetahui bagaimana ia diterima dengan baik di sana (2Kor 7:6, 7). Jelaslah bahwa Paulus menaruh kepercayaan penuh pada kemampuan Titus, sebab kemudian ia ditinggalkan di Kreta untuk memegang peranan penting dalam kepemimpinan gereja di sana (Tit 1:5). Orang-orang Kreta pada umumnya terkenal sebagai orang- orang yang suka bergolak dan sukar dikendalikan. Tidak seperti Timotius, Titus bukan orang Yahudi asli dan ia tidak disunat (Gal 2:3). Ia digambarkan sebagai 'tokoh yang sangat mengundang tanda tanya dalam sejarah kekristenan mula-mula'. Ia juga dijuluki sebagai 'sepotong kain merah lusuh bagi orang-orang Yahudi, tetapi merupakan bendera kebebasan bagi orang bukan Yahudi'. Dalam istilah modern kita dapat menggambarkan Titus sebagai seorang pendobrak' - orang yang mampu menghadapi keadaan yang rawan. Ia sudah pasti merupakan sumber yang membesarkan hati Rasul Paulus.

NASIHAT PRAKTIS.
Ketika Paulus mendengar bahwa Apolos segera akan berangkat ke Kreta, ia memanfaatkan kesempatan ini untuk mengirimkan sepucuk surat pada Titus. Surat ini penuh dengan nasihat praktis dan peringatan terhadap ajaran sesat. Orang menangkap kesan bahwa karakter Titus lebih kuat daripada Timotius, karena itu Paulus tidak terlalu kuatir tentang dia dan bagaimana orang lain memperlakukannya. Surat ini berisi dua pernyataan yang sangat lengkap tentang Injil dalam Perjanjian Baru - Tit 2:11-14 dan Tit 3:4-7. Seringkali ada perdebatan yang mengatakan bahwa pada saat-saat akhir hidupnya, Rasul Paulus kurang mempedulikan kedatangan Kristus, tetapi kita melihat dari surat ini bahwa itu tidak benar (Tit 2:13).

Pesan dan Penerapan

1. Pentingnya kepemimpinan rohanI (Tit 1:5-16 )
Titus ditugaskan untuk mengangkat penatua-penatua di Kreta. Untuk itu ia diberikan petunjuk-petunjuk secara terperinci mengenai syarat-syarat yang harus mereka miliki. Selain itu, Titus tidak diberi gambaran mengenai masalah-masalah yang mungkin dihadapinya di antara orang Kreta. Kepemimpinan rohani sejati merupakan hal penting dan utama dalam kehidupan gereja dan kriteria yang. ditentukan oleh Paulus masih berlaku sampai sekarang.

2. Kehidupan Kristen dalam kenyataan (Tit 2:1-10 )
Mungkin saja apa yang disampaikan dalam bentuk kata-kata atau tulisan secara umum, pesannya tidak diterapkan pada setiap orang. Paulus membagi-bagi kelompok umur dengan masalah mereka masing-masing dan memberikan kepada setiap kelompok nasihat praktis hakiki yang harus diterapkan dalam tingkah laku mereka.

3. Berita Injil secara singkat (Tit 2:11-14 )
Dalam satu kalimat yang panjang Paulus menyampaikan berbagai aspek pesan Kristen. Allah telah mengambil inisiatif. Kita perlu memperhatikan bahwa hanya anugerah Allah yang dapat membawa keselamatan dan semua ini diwujudkan dalam seorang pribadi, yaitu Yesus Kristus Tuhan. Lebih dari itu, pesan ini ditujukan kepada semua orang di mana pun mereka berada. Diselamatkan, bukanlah semata-mata pengalaman mistis, keselamatan mempunyai arti praktis yang penting. Secara negatif berarti berbalik dari cara hidup yang lama; secara positif berarti menghayati hidup yang benar. Kristen mempunyai pengharapan yang mulia, yaitu datangnya kembali Tuhan dan Juruselamat mereka dalam tubuh kemuliaan. Pengharapan ini menjadi pendorong untuk hidup dalam kekudusan. Pula, ini berdampak kuat mempengaruhi sifat dan kelakuan Kristen.

4. Terdapat segala macam...! (Tit 3:8-15 )
Gereja Kristen mempunyai masalah baik dalam jemaatnya maupun pada para pekerja kuncinya. Di Kreta terdapat banyak orang yang suka berdebat dan bertengkar, dan ada pula yang pengajarannya sangat sesat. Di pihak lain, terdapat orang-orang yang setia, berani dan tegas seperti Artemas, Tikhikus, Zenas dan Apolos. Mereka bukan hanya orang yang sangat dikenal dalam gereja mula-mula, tetapi mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya. Orang-orang seperti itulah yang sangat diperlukan dalam gereja untuk memegang posisi penting dan bukan semata-mata pribadi-pribadi yang berkuasa, yang mungkin berhasrat menjadi primadona.

Tema-tema Kunci

1. Pentingnya kehidupan keluarga.
Perlu diperhatikan bahwa dalam daftar syarat-syarat bagi para penatua terdapat kalimat-kalimat yang berhubungan dengan kehidupan keluarga. Seorang penatua haruslah 'seorang suami dari satu istri'. Anak-anaknya harus memberikan dukungan penuh pada jabatan gerejawinya. Ia harus seorang yang 'senang memberi tumpangan'. Kesaksian dari keluarga Kristen pada dunia purba sangat penting, dan para pemimpin Kristen harus memperlihatkan cara hidup itu pada mereka. Ini juga tetap penting untuk masa kini. Perhatikan syarat-syarat bagi istri-istri para penatua gereja (1 Tim. 3:11). Seberapa jauh gereja masa kini memberlakukan syarat-syarat ini dengan serius agar para pemimpin gereja yang dipilih adalah mereka yang memiliki keluarga yang bahagia.

2. Tingkah laku yang sepadan.
Fakta bahwa keyakinan dan sikap, pengakuan iman dan tingkah laku, tidak selalu berjalan selaras, adalah topik yang sering dimunculkan Alkitab. Ini merupakan dasar pertentangan Tuhan kita dengan orang Farisi (lihat Mat. Tit 23:1- 39 ). Yakobus membuat pernyataan yang serupa ketika ia menekankan bahwa iman tanpa perbuatan pada hakikatnya adalah mati (Yak. Tit 2:14-26 ). Dalam suratnya, Paulus sering menunjukkan pendapat yang sama. Dalam Titus 1: 16, Paulus berkata tentang mereka 'yang mengaku mengenal Allah, tetapi dengan perbuatan mereka, mereka menyangkal Dia'. Tuhan kita berkata: 'dari buahnyalah kamu akan mengenali mereka' (Mat. 7:20). Pengakuan iman dan kelakuan harus serasi, jika tidak demikian maka kita layak dicap, digolongkan orang munafik. Dengan cara bagaimana mereka yang mengaku mengenal Allah menyangkal Dia dalam hidup mereka? Coba kumpulkan fakta yang menunjukkan bahwa pengakuan iman Kristen dan tingkah laku Kristen seringkali tampak terpisah jauh satu dengan yang lain. Coba pelajari Matius 23, temukan beberapa kegagalan total orang Farisi.

3. Pentingnya doktrin yang benar.
Dengan membaca Perjanjian Baru jelaslah bahwa dalam gereja mula-mula, mereka tahu apa yang dimaksud dengan 'iman'. Mereka dapat menyimpulkan apa yang bagi mereka merupakan unsur-unsur dasar dari pengakuan iman mereka. Paulus menjelaskannya dengan sangat baik dalam Titus Tit 2:11-14. Di sini kita berjumpa dengan suatu pernyataan terjelas mengenai anugerah Allah dalam Perjanjian Baru. Gereja yang sehat dibangun di atas dasar doktrin yang benar. Iman Kristen kita bukan hanya bersangkutan dengan karya-karya Allah pada masa tertentu dalam sejarah, tetapi juga dengan yang sedang Ia lakukan dalam kehidupan umat-Nya dan yang akan Ia lakukan di masa yang akan datang. Harapan orang percaya ialah kedatangan Kristus kembali secara pribadi dan ia hidup di bawah terang pengharapan kedatangan-Nya itu. Maksud dari kasih karunia Allah di dalam Kristus ialah 'untuk membebaskan kita dari segala kejahatan dan untuk menguduskan bagi diri-Nya suatu umat, kepunyaan-Nya sendiri, yang rajin berbuat baik' (Tit 2:14). Seberapa jauh Kristen dewasa ini melihat diri mereka di bawah terang firman ini? Apa makna menjadi 'umat kepunyaan Allah' bagi kita? (Lihat 1Pet 2:9; 1Kor 6:19).

Garis Besar Intisari: Titus (Pendahuluan Kitab) [1] TITUS DALAM TUGAS Tit 1:1-16 Tit 1:1-4Pengantar Tit 1:5-9Kepemimpinan rohani dalam gereja Tit 1:10-16Masalah-masalah dalam gereja [2] K

[1] TITUS DALAM TUGAS Tit 1:1-16

Tit 1:1-4Pengantar
Tit 1:5-9Kepemimpinan rohani dalam gereja
Tit 1:10-16Masalah-masalah dalam gereja

[2] KEKRISTENAN PRAKTIS Tit 2:1-15

Tit 2:2Laki-laki yang lebih tua
Tit 2:3Wanita-wanita yang lebih tua
Tit 2:4, 5Wanita wanita muda
Tit 2:6-8Laki-laki muda
Tit 2:9-10Hamba-hamba
Tit 2:11-14Kebenaran-kebenaran Injil
Tit 2:15Panggilan untuk memberitakan kebenaran

[3] KEWAJIBAN SOSIAL Tit 3:1-15

Tit 3:1Ketaatan kepada penguasa
Tit 3:2-7Keramahtamahan terhadap semua orang
Tit 3:8-11Perbuatan baik daripada perdebatan tidak berguna
Tit 3:12-15Permohonan akhir
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #12: Klik ikon untuk membuka halaman teks alkitab saja. [SEMUA]
dibuat dalam 1.63 detik
dipersembahkan oleh YLSA