kecilkan semua  

Teks -- Nehemia 12:1-47 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Daftar para imam dan orang-orang Lewi
12:1 Inilah para imam dan orang-orang Lewi yang berangkat pulang bersama-sama Zerubabel bin Sealtiel dan Yesua: Seraya, Yeremia, Ezra, 12:2 Amarya, Malukh, Hatus, 12:3 Sekhanya, Rehum, Meremot, 12:4 Ido, Ginetoi, Abia, 12:5 Miyamin, Maaja, Bilga, 12:6 Semaya, Yoyarib, Yedaya, 12:7 Salu, Amok, Hilkia dan Yedaya. Itulah kepala-kepala imam dan saudara-saudara mereka pada zaman Yesua. 12:8 Dari orang-orang Lewi: Yesua, Binui, Kadmiel, Serebya, Yehuda dan Matanya. Matanya ini dan saudara-saudaranya memimpin nyanyian syukur, 12:9 sementara Bakbukya dan Uni dan saudara-saudara mereka berdiri di hadapan mereka itu menurut kelompok-kelompok tugas. 12:10 Yesua memperanakkan Yoyakim, dan Yoyakim memperanakkan Elyasib, dan Elyasib memperanakkan Yoyada, 12:11 dan Yoyada memperanakkan Yonatan, dan Yonatan memperanakkan Yadua. 12:12 Pada zaman Yoyakim yang menjadi imam adalah kepala-kepala kaum keluarga ini: Meraya, dari kaum keluarga Seraya, Hananya dari kaum keluarga Yeremia, 12:13 Mesulam dari kaum keluarga Ezra, Yohanan dari kaum keluarga Amarya, 12:14 Yonatan dari kaum keluarga Melikhu, Yusuf dari kaum keluarga Sebanya, 12:15 Adna dari kaum keluarga Harim, Helkai dari kaum keluarga Merayot, 12:16 Zakharia dari kaum keluarga Ido, Mesulam dari kaum keluarga Gineton, 12:17 Zikhri dari kaum keluarga Abia, dari kaum keluarga Minyamin, Piltai dari kaum keluarga Moaja, 12:18 Samua dari kaum keluarga Bilga, Yonatan dari kaum keluarga Semaya, 12:19 Matnai dari kaum keluarga Yoyarib, Uzi dari kaum keluarga Yedaya, 12:20 Kalai dari kaum keluarga Salai, Heber dari kaum keluarga Amok, 12:21 Hasabya dari kaum keluarga Hilkia dan Netaneel dari kaum keluarga Yedaya. 12:22 Tentang orang-orang Lewi, para kepala kaum keluarga mereka tercatat pada zaman Elyasib, Yoyada, Yohanan dan Yadua, sedang para imam tercatat sampai pemerintahan Darius, orang Persia itu. 12:23 Kepala-kepala kaum keluarga anak-anak Lewi tercatat dalam kitab sejarah sampai zaman Yohanan bin Elyasib. 12:24 Inilah para kepala orang-orang Lewi: Hasabya, Serebya, Yesua bin Kadmiel, dan saudara-saudara mereka yang berdiri di hadapan mereka untuk menyanyikan puji-pujian dan syukur sesuai dengan perintah Daud, abdi Allah itu, kelompok di samping kelompok. 12:25 Matanya, Bakbukya, Obaja, Mesulam, Talmon dan Akub adalah penunggu-penunggu pintu gerbang yang mengadakan penjagaan di gudang-gudang perlengkapan pada pintu-pintu gerbang. 12:26 Mereka itu hidup pada zaman Yoyakim bin Yesua bin Yozadak dan pada zaman bupati Nehemia dan imam Ezra, ahli kitab itu.
Pentahbisan tembok Yerusalem
12:27 Pada pentahbisan tembok Yerusalem orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat mereka dan dibawa ke Yerusalem untuk mengadakan pentahbisan yang meriah dengan ucapan syukur dan kidung, dengan ceracap, gambus dan kecapi. 12:28 Maka berkumpullah kaum penyanyi dari daerah sekitar Yerusalem, dari desa-desa orang Netofa, 12:29 dari Bet-Gilgal, dari padang Geba dan Asmawet, karena para penyanyi itu telah mendirikan desa-desa sekitar Yerusalem. 12:30 Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya, lalu mentahirkan seluruh umat itu, dan kemudian pintu-pintu gerbang dan tembok. 12:31 Lalu aku mempersilakan para pemimpin orang Yehuda naik ke atas tembok dan kubentuk dua paduan suara yang besar. Yang satu berarak ke kanan di atas tembok ke jurusan pintu gerbang Sampah. 12:32 Di belakangnya berjalanlah Hosaya dengan sebagian dari para pemimpin orang Yehuda, 12:33 pula Azarya, Ezra, Mesulam, 12:34 Yehuda, Benyamin, Semaya dan Yeremia, 12:35 dan dari kaum imam yang memegang nafiri: Zakharia bin Yonatan bin Semaya bin Matanya bin Mikha bin Zakur bin Asaf, 12:36 dan saudara-saudaranya, yakni: Semaya, Azareel, Milalai, Gilalai, Maai, Netaneel, Yehuda dan Hanani dengan bunyi-bunyian Daud, abdi Allah itu, sedang Ezra, ahli kitab itu berjalan di depan mereka. 12:37 Lalu pada pintu gerbang Mata Air mereka langsung naik tangga-tangga kota Daud, pada jalan pendakian tembok, lewat istana Daud, dan berjalan sampai pintu gerbang Air, di sebelah Timur. 12:38 Dan paduan suara yang kedua berarak ke kiri dan aku mengikutinya dengan sebagian dari orang-orang itu melalui tembok dan menara Perapian sampai tembok Lebar. 12:39 Lalu kami melalui pintu gerbang Efraim, pintu gerbang Lama, pintu gerbang Ikan, menara Hananeel dan menara Mea sampai pintu gerbang Domba. Mereka berhenti di pintu gerbang Penjagaan. 12:40 Kemudian kedua paduan suara itu berdiri di rumah Allah. Demikian juga aku bersama-sama sebagian dari para penguasa, 12:41 dan para imam, yakni: Elyakim, Maaseya, Minyamin, Mikha, Elyoenai, Zakharia, Hananya dengan memegang nafiri, 12:42 dan Maaseya, Semaya, Eleazar, Uzi, Yohanan, Malkia, Elam dan Ezer. Lalu para penyanyi memperdengarkan kidung di bawah pimpinan Yizrahya. 12:43 Pada hari itu mereka mempersembahkan korban yang besar. Mereka bersukaria karena Allah memberi mereka kesukaan yang besar. Juga segala perempuan dan anak-anak bersukaria, sehingga kesukaan Yerusalem terdengar sampai jauh.
Jaminan hidup untuk para imam dan orang-orang Lewi
12:44 Pada masa itu beberapa orang diangkat untuk mengawasi bilik-bilik perbendaharaan, bilik-bilik untuk persembahan khusus, untuk hasil pertama dan untuk persembahan persepuluhan, supaya sumbangan yang menurut hukum menjadi bagian para imam dan orang-orang Lewi dikumpulkan di bilik-bilik itu sesuai dengan ladang setiap kota. Sebab Yehuda bersukacita karena para imam dan orang-orang Lewi yang bertugas. 12:45 Karena merekalah yang melakukan tugas pelayanan bagi Allah mereka dan tugas pentahiran, demikian juga para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, sesuai dengan perintah Daud dan Salomo, anaknya. 12:46 Karena sudah sejak dahulu, pada zaman Daud dan Asaf, ada pemimpin-pemimpin penyanyi, ada nyanyian pujian dan nyanyian syukur bagi Allah. 12:47 Pada zaman Zerubabel dan Nehemia semua orang Israel memberikan sumbangan bagi para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang sekadar yang perlu tiap-tiap hari dan mempersembahkan persembahan kudus kepada orang-orang Lewi. Dan orang-orang Lewi mempersembahkan persembahan kudus kepada anak-anak Harun.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Adna a commander (Manasseh) of Saul's who defected to David,a commander of 300,000 Judean men under King Jehoshaphat
 · Akub son of Eli-O-Enai (Hananiah Zerubbabel David Judah); Akkub I,a Levite who was chief gate keeper under Nehemiah; Akkub II,a chief Temple Servant under Nehemiah; Akkub III,a Levite scribe who helped Ezra explain the law; Akkub IV
 · Amarya a Levite (Hebron Kohath); founder of a sub-clan of Hebron,the chief priest, Amariah I; son of Marioth I; 1100 BC,son of Azariah II; chief priest under Jehoshaphat; Amariah II,a Levite temple assistant to Kore under King Hezekiah; 725 BC,son of King Hezekiah; 700 BC,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife; 458 BC,a priestly leader who returned with Zerubbabel 537 BC (NIVsn),son of Shephatiah of Judah
 · Amok priestly leader who returned from exile with Zerubbabel
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Asaf father of Joah, Hezekiah's recorder,son of Berechiah the Levite; music minister under David,father of Zichri; a Levite ancestor of some returnees,an official over the (Persian) king's forest in Judah
 · Azareel a man of Benjamin who defected to David at Ziklag,chief of the 11th division of singers under David,son of Jeroham; chief of the tribe of Dan under David,an Israelite (Binnui) who put away his heathen wife,son of Ahzai; a returned exile priest musician
 · Azarya son of Ahimaaz; grandson and successor of Zadok I,son of Nathan; a priest who was chief of Solomons officers,son and successor of king Amaziah of Judah,son of Ethan son of Zerah of Judah,son of Jehu son of Obed of Judah,son of Johanan; descendant of Meraioth I,son of Hilkiah before the exile; high priest Azariah III,a descendant of Hilkiah the priest,son of Zephaniah/Uriel (Korah Levi); forefather of Samuel,son of Oded; prophet under King Asa,second son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,fifth son of Jehoshaphat; brother of King Jehoram,son of Jeroham; a commander who helped enthrone Joash,son of Obed; a commander who helped enthrone Joash,the priest who confronted Uzziah for offering incense,a chief of Ephraim under Israel's King Pekah,father of Joel (Kohath Levi), who served under Hezekiah,son of Jehallelel (Merari Levi). He served under Hezekiah,chief priest, of Zadok's line, under Hezekiah,son of Maaseiah son of Ananiah; a repairer of Nehemiah's wall,a man who accompanied Zerubbabel back to the land of Judah,a scribe who helped Ezra explain the reading of the Law,a priest who signed the covenant to keep God's law,a prince of Judah who led praises to God on the new city wall,son of Hoshaiah; one of the leaders rebelling against Jeremiah,a man exiled from Judah and trained with Daniel in Babylon
 · Bakbukya a Levite worship leader who lead a group from the exile
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Bet-Azmawet a town of Benjamin 7 km NNW of Jerusalem
 · Bilga chief of a division of priests serving in David's Sanctuary,priest and leader who pledged to obey God's law
 · Binui a Levite whose son (or descendant), Noadiah returned from exile,a layman of the Pahath-Moab clan who put away his heathen wife,forefather of certain men who put away their heathen wives.,a man of the clan of Henadad who helped repair the wall,a man whose descendants returned from exile with Zerubbabel,a man of Levi who returned with Zerubbabel from exile
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Eber a son of Shelah; the father of Peleg; an ancestor of Jesus,son of Shelah (Arpachshad Aram Shem Noah),a nation: poetic description of Israel,son of Abihail; a founding father of one of the clans of Gad,son of Elpaal of Benjamin,son of Shashak of Benjamin,a priest and head of the clan of Amok under High Priest Joiakim
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Elam son of Shem son of Noah,a country east of the Tigris and Babylon in the territory of Media,son of Shashak of Benjamin,son of Meshelemiah; a Levite gatekeeper,a man whose descendants returned from exile in Babylon; Elam I,forefather of exile returnees with Zerubbabel; Elam II,forefather of returnees headed by Jeshaiah,forefather of Shecaniah who had to put away his heathen wife,an Israelite chief who signed the covenant to obey God's law,a priest who helped Nehemiah dedicate the new wall of Jerusalem
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · Elyakim son of Abiud the son of Zerubbabel over 20generations from David; an ancestor of Jesus,son of Melea, only 4 generations from David; an ancester of Jesus,son of Hilkiah; head of Hezekiah's household,son of Josiah; made king of Judah by Pharaoh Neco,a priest who helped celebrate the completion of the wall
 · Elyasib chief of a division of priests serving in David's sanctuary,son of Eli-O-Enai, (Hananiah Zerubbabel David),high priest in the days of Nehemiah,a Levite singer who agreed to put away his heathen wife,a layman of the Zattu clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani clan who put away his heathen wife,a chief priest; son of Joiakim
 · Ezer son of Seir; the father of Bilhan, Zaavan and Akan,father of Hushah; a descendant of Hur of Judah;,son of Ephraim son of Joseph,chief of the Gadites who joined David in the wilderness,son of Jeshua; ruler of Mizpah; wall rebuilder,a priest who helped celebrate the completion of the wall
 · Ezra a man of Judah; probably the son of Hodiah
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Geba a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)


Topik/Tema Kamus: Ezra | Penulis Peristiwa | Nehemia | Orang Lewi | Asaf | Musik | Pintu Gerbang | Ucap, Ucapan Syukur | Zerubabel | Tembok, Pagar Atau Dinding | Tahbis, Pentahbisan | Darius | Puji-Pujian | Menara | Salomo | Yoyada | Hosaya | Kalai | Helkai | Gineto | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

BIS: Neh 12:12-21 - -- Di dalam naskah Ibrani nama itu tidak ada.

Di dalam naskah Ibrani nama itu tidak ada.

BIS: Neh 12:24 - Binui Kemungkinan besar artinya Binui (lih. Neh 10:9 dan Neh 12:8) Ibrani: anak ...

Kemungkinan besar artinya Binui (lih. Neh 10:9 dan Neh 12:8) Ibrani: anak ...

BIS: Neh 12:31 - Gerbang Sampah Gerbang Sampah. Kedua kelompok itu mulai dari sebelah barat daya tembok kota dan berjalan ke arah yang berlawanan sampai mereka bertemu di depan Rumah...

Gerbang Sampah. Kedua kelompok itu mulai dari sebelah barat daya tembok kota dan berjalan ke arah yang berlawanan sampai mereka bertemu di depan Rumah TUHAN di sebelah timur laut kota.

Jerusalem: Neh 12:1-9 - -- Ini daftar imam-imam dan orang Lewi yang kembali dari pembuangan di waktu Zerubabel dan Yesua. Hanya nama-nama yang disebut tidak ada dalam Ezr 2:36-3...

Ini daftar imam-imam dan orang Lewi yang kembali dari pembuangan di waktu Zerubabel dan Yesua. Hanya nama-nama yang disebut tidak ada dalam Ezr 2:36-39. Sebenarnya orang-orang itu sezaman dengan imam besar Yoyakim, Neh 12:12-21. Dengan maksud memperkokoh hak orang-orang itu atas jabatannya mereka dikatakan sudah pulang bersama Zerubabel dan Yesua dahulu.

Jerusalem: Neh 12:7 - Pada zaman Yesua Daftar keturunan imam-imam besar ini mencakup jangka waktu antara th 520 dan 405 seb Mas (Darius).

Daftar keturunan imam-imam besar ini mencakup jangka waktu antara th 520 dan 405 seb Mas (Darius).

Jerusalem: Neh 12:12 - Pada zaman Yoyakim Ialah sesudah th 500 seb Mas. Bdk Neh 12:1+. Nama-nama dalam daftar ini, Neh 12:12-26 tercantum juga dalam Neh 10:2 dst. Daftar dalam bab 10 ini beras...

Ialah sesudah th 500 seb Mas. Bdk Neh 12:1+. Nama-nama dalam daftar ini, Neh 12:12-26 tercantum juga dalam Neh 10:2 dst. Daftar dalam bab 10 ini berasal dari zaman kemudian dari yang melatarbelakangi daftar dalam bab 12 sebab dalam bab 10 ditambah tiga nama,Neh 12:22 adalah sebuah catatan yang mendukung daftar itu dengan menunjuk asal usulnya.

Jerusalem: Neh 12:22 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani agak kabur maksudnya dan agaknya terkacau

Ayat ini dalam naskah Ibrani agak kabur maksudnya dan agaknya terkacau

Jerusalem: Neh 12:22 - Darius Ialah Darius II yang mangkat pada th 405.

Ialah Darius II yang mangkat pada th 405.

Jerusalem: Neh 12:24 - Yesua bin Kadmiel Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: Yesua, Binui, Kadmiel, bdk Neh 8; 10:9

Ini barangkali perlu diperbaiki menjadi: Yesua, Binui, Kadmiel, bdk Neh 8; 10:9

Jerusalem: Neh 12:24 - untuk menyanyikan puji-pujian Para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, Neh 12:25, kini sudah termasuk kaum Lewi, Bdk Neh 11:17+.

Para penyanyi dan para penunggu pintu gerbang, Neh 12:25, kini sudah termasuk kaum Lewi, Bdk Neh 11:17+.

Jerusalem: Neh 12:26 - pada zaman Si Muwarikh sendiri yang menempatkan Yoyakim, Nehemia dan Ezra pada masa yang sama.

Si Muwarikh sendiri yang menempatkan Yoyakim, Nehemia dan Ezra pada masa yang sama.

Jerusalem: Neh 12:27-43 - -- Upacara peresmian tembok kota ini dalam waktu mengusul Neh 6:16. Tetapi si Muwarikh membuat kisah ini menjadi imbalan bagi Ezr 6:13-17 (peresmian bait...

Upacara peresmian tembok kota ini dalam waktu mengusul Neh 6:16. Tetapi si Muwarikh membuat kisah ini menjadi imbalan bagi Ezr 6:13-17 (peresmian bait Allah). Begitu ada dua peresmian atau pentahbisan yang masing-masing mengakhiri kurun zaman yang penting. Tokoh utama pada kurun pertama ialah Zerubabel, sedangkan menurut pandangan si Muwarikh Ezra dan Nehemia menjadi tokoh-tokoh utama pada kurun yang kedua. Upacara peresmian tembok kota l.k berlangsung begini: Sesudah pentahiran yang lazim diadakan, terbentuk dua rombongan perarakan yang berjalan di atas bubungan tembok. Kedua perarakan itu berangkat dari pintu gerbang Lebak, yang satu ke jurusan selatan dan yang lain ke jurusan utara. Kedua rombongan bertemu kembali di bait Allah. Di sana diadakan upacara penutup. Masing-masing rombongan terdiri dari suatu paduan suara imam-imam yang diikuti para pemuka sipil. Si muwarikh menyisipkan ke dalam kisah itu sebuah daftar para imam yang ikut serta dalam rombongan pertama, Neh 12:33-36, dan daftar para imam yang ikut serta dalam rombongan yang kedua, Neh 12:41-42. Ia juga menyisipkan Ezra, Neh 12:33.

Jerusalem: Neh 12:31 - Yang satu ke kanan Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki sesuai dengan Neh 12:38.

Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki sesuai dengan Neh 12:38.

Jerusalem: Neh 12:38 - ke kiri Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki sesuai dengan Neh 12:31

Naskah Ibrani rusak dan diperbaiki sesuai dengan Neh 12:31

Jerusalem: Neh 12:38 - dan orang-orang itu Kiranya dimaksudkan para pemimpin, Neh 12:31. Kata itu barangkali hilang dari naskah Ibrani.

Kiranya dimaksudkan para pemimpin, Neh 12:31. Kata itu barangkali hilang dari naskah Ibrani.

Jerusalem: Neh 12:39 - pintu gerbang Lama Ini barangkali perlu dihilangkan.

Ini barangkali perlu dihilangkan.

Jerusalem: Neh 12:44--13:3 - -- Bagian ini menggambarkan jemaat Yahudi di zaman Zerubabel dan Nehemia sebagai jemaat yang memadai cita-cita si Muwarikh. Gambar ini menonjolkan bahwa ...

Bagian ini menggambarkan jemaat Yahudi di zaman Zerubabel dan Nehemia sebagai jemaat yang memadai cita-cita si Muwarikh. Gambar ini menonjolkan bahwa keburukan-keburukan yang diceriterakan riwayat Nehemia, Neh 13:4 dst. sungguh-sungguh hal-hal yang tidak masuk akal.

Jerusalem: Neh 12:44 - sesuai dengan ladang Ini mungkin perlu diperbaiki menjadi: dari ladang.

Ini mungkin perlu diperbaiki menjadi: dari ladang.

Ende: Neh 12:1-26 - -- Dengan maksud jang sama daftar2 ini djuga ditambahkan. Nama2 keluarga imam Neh 1-7 hampir sama dengan Neh 12:12-21

Dengan maksud jang sama daftar2 ini djuga ditambahkan. Nama2 keluarga imam Neh 1-7 hampir sama dengan Neh 12:12-21

Ende: Neh 12:7 - -- Bagian terachir ajat ini, jang bertjorak penutup, dipindahkan sesudah ajat 9(Neh 12:9).

Bagian terachir ajat ini, jang bertjorak penutup, dipindahkan sesudah ajat 9(Neh 12:9).

Ende: Neh 12:22 - -- Darios ini ialah Darios III (336-333). Rupa2nja daftar ini terdapat dalam "Kitab Tawarich" ajat 23(Neh 12:23).

Darios ini ialah Darios III (336-333). Rupa2nja daftar ini terdapat dalam "Kitab Tawarich" ajat 23(Neh 12:23).

Ende: Neh 12:23 - Kitab Tawarich itu bukanlah kitab Tawarich Kitab Sutji.

itu bukanlah kitab Tawarich Kitab Sutji.

Ende: Neh 12:27-43 - -- Disini diteruskan lagi suatu peringatan Nehemia, jang terputus Neh 7:72; 11:1-2,20,25. Peristiwa jang ditjeritakan disini mungkin terdjadi setelah, pe...

Disini diteruskan lagi suatu peringatan Nehemia, jang terputus Neh 7:72; 11:1-2,20,25. Peristiwa jang ditjeritakan disini mungkin terdjadi setelah, pembangunan tembok baru selesai dan sebelum peramaian kota jang ditjeritakan Neh 7:4-5; 11:1-2,20,25. Peristiwa ini sedjadjar dengan pentahbisan rumah Jahwe (Ezr 6:13-18). Demikianlah kedua djangka waktu jang penting itu dalam kitab Esra -- Nehemia ditutup setjara sama.

Si Penjusun sengadja membuat demikian.

Ende: Neh 12:33-35 - -- Ajat2 ini ditambahkan oleh si penjusun.

Ajat2 ini ditambahkan oleh si penjusun.

Ende: Neh 12:41-42 - -- Ajat2 ini djuga bertjorak tambahan.

Ajat2 ini djuga bertjorak tambahan.

Ende: Neh 12:44--13:3 - -- Bagian ini ditambahkan pada surat peringatan Nehemia oleh si penjusun untuk melukiskan keadaan umat jang sempurna pada masa itu dan djuga agar supaja ...

Bagian ini ditambahkan pada surat peringatan Nehemia oleh si penjusun untuk melukiskan keadaan umat jang sempurna pada masa itu dan djuga agar supaja si pembatja, akibat Neh 13:4-30 djangan berkesan bahwa semua busuk dan runtuh.

Ende: Neh 12:47 - -- Kaum Jahudi membajar kesepersepuluhannja kepada para Levita, lalu para Levita menbajar sepersepuluh dari perolehan itu kepada imam2.

Kaum Jahudi membajar kesepersepuluhannja kepada para Levita, lalu para Levita menbajar sepersepuluh dari perolehan itu kepada imam2.

Endetn: Neh 12:11 - Johanan (2x) diperbaiki menurut aj. Neh 12:22-23. Tertulis: "Jonatan".

diperbaiki menurut aj. Neh 12:22-23. Tertulis: "Jonatan".

Endetn: Neh 12:22 - -- Ditinggalkan: "para Levita". Ditinggalkan: "dan".

Ditinggalkan: "para Levita". Ditinggalkan: "dan".

Endetn: Neh 12:24 - Binui diperbaiki menurut Neh 12:7 dan Neh 10:10. Tertulis: "bin".

diperbaiki menurut Neh 12:7 dan Neh 10:10. Tertulis: "bin".

Endetn: Neh 12:25 - pendjaga pintu Dua kata Hibrani tertukar.

Dua kata Hibrani tertukar.

Endetn: Neh 12:31 - jang satu berarak diperbaiki sesuai dengan aj. Neh 12:38. Tertulis: "perarakan2".

diperbaiki sesuai dengan aj. Neh 12:38. Tertulis: "perarakan2".

Endetn: Neh 12:35 - -- Ditinggalkan "dan".

Ditinggalkan "dan".

Endetn: Neh 12:37 - pendakian diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "diatas".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "diatas".

Endetn: Neh 12:38 - kesebelah utara diperbaiki sesuai dengan aj. Neh 12:31. Kata Hibrani tak terang.

diperbaiki sesuai dengan aj. Neh 12:31. Kata Hibrani tak terang.

Endetn: Neh 12:45 - (dan) ditambahkan menurut banjak naskah Hibrani.

ditambahkan menurut banjak naskah Hibrani.

Endetn: Neh 12:46 - kepala huruf hidup naskah Hibrani diubah.

huruf hidup naskah Hibrani diubah.

Ref. Silang FULL: Neh 12:1 - para imam // orang-orang Lewi // bersama-sama Zerubabel // bin Sealtiel // dan Yesua // Seraya · para imam: Neh 10:1-8 · orang-orang Lewi: Neh 10:9 · bersama-sama Zerubabel: 1Taw 3:19; 1Taw 3:19; Ezr 3:2; Za 4:6-10 · ...

· para imam: Neh 10:1-8

· orang-orang Lewi: Neh 10:9

· bersama-sama Zerubabel: 1Taw 3:19; [Lihat FULL. 1Taw 3:19]; Ezr 3:2; Za 4:6-10

· bin Sealtiel: Ezr 3:2

· dan Yesua: Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]

· Seraya: Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]

Ref. Silang FULL: Neh 12:4 - Ido // Ginetoi, Abia · Ido: Neh 12:16; Za 1:1 · Ginetoi, Abia: 1Taw 24:10; 1Taw 24:10; Luk 1:5

· Ido: Neh 12:16; Za 1:1

· Ginetoi, Abia: 1Taw 24:10; [Lihat FULL. 1Taw 24:10]; Luk 1:5

Ref. Silang FULL: Neh 12:6 - Yoyarib, Yedaya · Yoyarib, Yedaya: 1Taw 24:7; 1Taw 24:7

· Yoyarib, Yedaya: 1Taw 24:7; [Lihat FULL. 1Taw 24:7]

Ref. Silang FULL: Neh 12:8 - Lewi: Yesua // dan Matanya · Lewi: Yesua: Ezr 2:2; Ezr 2:2 · dan Matanya: Neh 11:17; Neh 11:17

· Lewi: Yesua: Ezr 2:2; [Lihat FULL. Ezr 2:2]

· dan Matanya: Neh 11:17; [Lihat FULL. Neh 11:17]

Ref. Silang FULL: Neh 12:10 - memperanakkan Elyasib · memperanakkan Elyasib: Ezr 10:24; Ezr 10:24; Neh 3:20

· memperanakkan Elyasib: Ezr 10:24; [Lihat FULL. Ezr 10:24]; Neh 3:20

Ref. Silang FULL: Neh 12:16 - keluarga Ido · keluarga Ido: Neh 12:4; Neh 12:4

· keluarga Ido: Neh 12:4; [Lihat FULL. Neh 12:4]

Ref. Silang FULL: Neh 12:17 - keluarga Abia · keluarga Abia: 1Taw 24:10; 1Taw 24:10

· keluarga Abia: 1Taw 24:10; [Lihat FULL. 1Taw 24:10]

Ref. Silang FULL: Neh 12:24 - orang-orang Lewi // abdi Allah · orang-orang Lewi: Ezr 2:40; Ezr 2:40 · abdi Allah: 2Taw 8:14; 2Taw 8:14

· orang-orang Lewi: Ezr 2:40; [Lihat FULL. Ezr 2:40]

· abdi Allah: 2Taw 8:14; [Lihat FULL. 2Taw 8:14]

Ref. Silang FULL: Neh 12:27 - Pada pentahbisan // dengan ceracap // dan kecapi · Pada pentahbisan: Ul 20:5 · dengan ceracap: 2Sam 6:5; 2Sam 6:5 · dan kecapi: 1Taw 15:16,28; 1Taw 15:16; 1Taw 15:28; 1Taw 25:6;...

· Pada pentahbisan: Ul 20:5

· dengan ceracap: 2Sam 6:5; [Lihat FULL. 2Sam 6:5]

· dan kecapi: 1Taw 15:16,28; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]; [Lihat FULL. 1Taw 15:28]; 1Taw 25:6; Mazm 92:4

Ref. Silang FULL: Neh 12:28 - orang Netofa · orang Netofa: 1Taw 2:54; 1Taw 2:54; 1Taw 9:16

· orang Netofa: 1Taw 2:54; [Lihat FULL. 1Taw 2:54]; 1Taw 9:16

Ref. Silang FULL: Neh 12:30 - seluruh umat · seluruh umat: Kel 19:10; Ayub 1:5

· seluruh umat: Kel 19:10; Ayub 1:5

Ref. Silang FULL: Neh 12:31 - gerbang Sampah · gerbang Sampah: Neh 2:13

· gerbang Sampah: Neh 2:13

Ref. Silang FULL: Neh 12:34 - Yehuda, Benyamin · Yehuda, Benyamin: Ezr 1:5; Ezr 1:5

· Yehuda, Benyamin: Ezr 1:5; [Lihat FULL. Ezr 1:5]

Ref. Silang FULL: Neh 12:35 - memegang nafiri · memegang nafiri: Ezr 3:10; Ezr 3:10

· memegang nafiri: Ezr 3:10; [Lihat FULL. Ezr 3:10]

Ref. Silang FULL: Neh 12:36 - dengan bunyi-bunyian // abdi Allah // sedang Ezra · dengan bunyi-bunyian: 1Taw 15:16; 1Taw 15:16 · abdi Allah: 2Taw 8:14; 2Taw 8:14 · sedang Ezra: Ezr 7:6

· dengan bunyi-bunyian: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]

· abdi Allah: 2Taw 8:14; [Lihat FULL. 2Taw 8:14]

· sedang Ezra: Ezr 7:6

Ref. Silang FULL: Neh 12:37 - Mata Air // gerbang Air · Mata Air: Neh 2:14; Neh 2:14 · gerbang Air: Neh 3:26; Neh 3:26

· Mata Air: Neh 2:14; [Lihat FULL. Neh 2:14]

· gerbang Air: Neh 3:26; [Lihat FULL. Neh 3:26]

Ref. Silang FULL: Neh 12:38 - menara Perapian // tembok Lebar · menara Perapian: Neh 3:11 · tembok Lebar: Neh 3:8

· menara Perapian: Neh 3:11

· tembok Lebar: Neh 3:8

Ref. Silang FULL: Neh 12:39 - gerbang Efraim // gerbang Lama // gerbang Ikan // menara Hananeel // menara Mea // gerbang Domba · gerbang Efraim: 2Raj 14:13; 2Raj 14:13 · gerbang Lama: Neh 3:6 · gerbang Ikan: 2Taw 33:14; 2Taw 33:14 · menara Hananeel:...

· gerbang Efraim: 2Raj 14:13; [Lihat FULL. 2Raj 14:13]

· gerbang Lama: Neh 3:6

· gerbang Ikan: 2Taw 33:14; [Lihat FULL. 2Taw 33:14]

· menara Hananeel: Neh 3:1; [Lihat FULL. Neh 3:1]

· menara Mea: Neh 3:1

· gerbang Domba: Neh 3:1; [Lihat FULL. Neh 3:1]

Ref. Silang FULL: Neh 12:44 - bilik-bilik perbendaharaan // persembahan persepuluhan // orang-orang Lewi · bilik-bilik perbendaharaan: Neh 13:4,13 · persembahan persepuluhan: Im 27:30; Im 27:30 · orang-orang Lewi: Ul 18:8; Ul 18:8

· bilik-bilik perbendaharaan: Neh 13:4,13

· persembahan persepuluhan: Im 27:30; [Lihat FULL. Im 27:30]

· orang-orang Lewi: Ul 18:8; [Lihat FULL. Ul 18:8]

Ref. Silang FULL: Neh 12:45 - perintah Daud // dan Salomo · perintah Daud: 2Taw 8:14; 2Taw 8:14 · dan Salomo: 1Taw 6:31; 1Taw 6:31; 1Taw 23:5

· perintah Daud: 2Taw 8:14; [Lihat FULL. 2Taw 8:14]

· dan Salomo: 1Taw 6:31; [Lihat FULL. 1Taw 6:31]; 1Taw 23:5

Ref. Silang FULL: Neh 12:46 - dan Asaf // nyanyian syukur · dan Asaf: 2Taw 35:15; 2Taw 35:15 · nyanyian syukur: 2Taw 29:27; Mazm 137:4

· dan Asaf: 2Taw 35:15; [Lihat FULL. 2Taw 35:15]

· nyanyian syukur: 2Taw 29:27; Mazm 137:4

Ref. Silang FULL: Neh 12:47 - anak-anak Harun · anak-anak Harun: Ul 18:8; Ul 18:8

· anak-anak Harun: Ul 18:8; [Lihat FULL. Ul 18:8]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Neh 11:1--12:26 - -- IV. Daftar Penduduk (11:1-12:26) Kisah Nehemia tentang usahanya untuk menempatkan orang-orang Yahudi murni di Yerusalem sesuai dengan daftar keluarga...

IV. Daftar Penduduk (11:1-12:26)

Kisah Nehemia tentang usahanya untuk menempatkan orang-orang Yahudi murni di Yerusalem sesuai dengan daftar keluarga-keluarga yang kembali dari Babel (7:4 dst.) yang dipotong oleh narasi tentang berbagai upacara khusus yang harus dilaksanakan pada bulan yang ketujuh (ps. 8-10), kini dilanjutkan lagi (11:1, 2). Sesudah itu disajikan daftar orang-orang yang tinggal di Yerusalem (11:3- 24); daftar kota-kota lain di mana tinggal orang-orang Yahudi (11:25-36); daftar para imam dan orang Lewi yang kembali bersama Zerubabel (12:1-9); dan daftar para imam besar, para imam dan orang-orang Lewi pada tahun-tahun belakangan (12:10-26).

Wycliffe: Neh 12:1-9 - -- 12:1-9. Di sini terdapat nama dari dua puluh dua orang imam dan delapan orang Lewi yang kembali bersama dengan Zerubabel. Karena lima belas orang di a...

12:1-9. Di sini terdapat nama dari dua puluh dua orang imam dan delapan orang Lewi yang kembali bersama dengan Zerubabel. Karena lima belas orang di antara para imam ini terdaftar di antara orang-orang yang menandatangani perjanjian pada zaman Nehemia, kita harus berkesimpulan bahwa hal itu mereka lakukan atas nama keluarga mereka (10:3-9). Dalam Ezra 2:36-39 hanya empat keluarga imam yang disebutkan sebagai kembali bersama dengan Zerubabel.

Wycliffe: Neh 12:10-11 - Yonatan // Yadua 10, 11. Sebuah daftar keturunan para imam besar pasca-pembuangan disajikan di sini untuk memberikan sebuah kronologi komparatif. Dengan demikian, 12:1...

10, 11. Sebuah daftar keturunan para imam besar pasca-pembuangan disajikan di sini untuk memberikan sebuah kronologi komparatif. Dengan demikian, 12:1-9 merupakan daftar para imam dan orang Lewi pada zaman Yesua, sedangkan 12:12-26 adalah daftar para imam dan orang Lewi pada masa para imam besar penggantinya. Yonatan adalah orang yang sama dengan Yohanan di ayat 22, 23. Untuk tafsiran tentang Yadua lihat ayat 22.

Wycliffe: Neh 12:12-21 - Zakharia dari kaum keluarga Ido 12-21. Putra para imam tercatat dalam ayat 1-7, yaitu mereka yang hidup pada zaman pengganti Yosua, Yoyakim. Zakharia dari kaum keluarga Ido. Ini adal...

12-21. Putra para imam tercatat dalam ayat 1-7, yaitu mereka yang hidup pada zaman pengganti Yosua, Yoyakim. Zakharia dari kaum keluarga Ido. Ini adalah sang nabi yang terkenal (Ezr. 5:1).

Wycliffe: Neh 12:22 - Pada zaman Elyasib, Yoyada, Yohanan dan Yadua ... sampai pemerintahan Darius orang Persia itu // Darius orang Persia itu 22. Pada zaman Elyasib, Yoyada, Yohanan dan Yadua ... sampai pemerintahan Darius orang Persia itu. Sering kali dianggap bahwa Yadua yang satu ini adal...

22. Pada zaman Elyasib, Yoyada, Yohanan dan Yadua ... sampai pemerintahan Darius orang Persia itu. Sering kali dianggap bahwa Yadua yang satu ini adalah imam besar
yang hidup pada zaman Alexander Agung (Yosefus, Antiquities, II.8.4) dan bahwa Darius orang Persia itu adalah Darius III (335-331 sM). Tetapi sekalipun Yosefus benar bahwa Yadua
adalah imam besar pada zaman Alexander Agung (Yosefus sangat tidak dapat diandalkan ketepatannya dalam periode sejarah ini), tetap ada kemungkinan bahwa ada dua imam besar yang bernama Yadua, atau bahwa Yadua dalam Nehemia 12:11, 22 hidup sampai berumur sekitar 100 tabun (imam besar Yoyada meninggal pada usia seratus tiga puluh tahun: II Taw. 24:15). Sangat mungkin bahwa Nehemia mengenal Yadua sebagai seorang pemuda, jika bukan sebagai imam besar. Ada dua jalur pembuktian untuk mendukung pendapat ini. Pertama, imam besar Elyasib pasti sudah berumur di atas sembilan puluh tahun ketika ia bersekutu dengan Tobia (13:4-9) sesudah Nehemia berangkat ke Babel pada tahun 432 sM, sebab kakeknya, Yesua, adalah imam besar pada tahun 536 sM (Ezr. 3:2). Oleh karena itu, pada tahun 432 sM, Yoyada mungkin sudah berusia mendekati tujuh puluh tahun, Yonatan empat puluh tahun lebih, sedangkan Yadua dua puluh tahun. Kedua, Nehemia mengusir dari Yerusalem salah seorang putra Yoyada sebab menikahi seorang perempuan asing (13:28), jadi menunjukkan bahwa Yohanan (Yonatan), yang adalah putra tertua Yoyada, sudah menikah cukup lama untuk memiliki seorang putra yang sudah berumur dua puluh tahun, yaitu Yadua.

Elyasib hidup sampai usia yang demikian lanjut sehingga empat angkatan imam besar dari keluarganya disebutkan bersama di ayat 22. Kenyataan ini didukung oleh fakta bahwa "dalam setiap daftar yang lain dalam pasal yang sama, masa bakti dari hanya satu imam besar saja yang disebutkan, dan pada akhir daftar, ayat 26, secara jelas dinyatakan bahwa orang Lewi (yang tercatat sebelumnya) merupakan pemuka pada zaman Yoyakim, Ezra dan Nehemia" (Keil, hlm. 147). Selanjutnya, perlu diperhatikan bahwa tanggal paling belakangan yang disebutkan di dalam kitab ini ialah masa bakti imam besar Yohanan (ay. 23). Kenyataan bahwa ayah Yohanan, yaitu Yoyada, tidak mempertahankan kedudukannya sebagai imam besar hingga abad keempat sM telah dibuktikan oleh papirus elefantin yang menyebut Yohanan sebagai imam besar pada tahun 408 sM. Karena itu Nehemia, yang mungkin saja hidup (walaupun tidak sebagai gubernur) hingga sekitar tahun 400 sM, dan yang mungkin telah melihat Yadua menjadi imam besar beberapa saat sesudah tahun 408 sM, sangat mungkin menuliskan segala sesuatu yang tercantum di dalam pasal ini dan juga kitab ini. Berdasarkan semua pertimbangan ini, dapat disimpulkan bahwa Darius orang Persia itu hampir dapat dipastikan bukan Darius III (335-331 sM), melainkan Darius II (423-404 sM). Ayat ini memberi tahu kita bahwa orang-orang Lewi didaftarkan pada zaman Elyasib; sedangkan para imam didaftarkan sesudah kematian Elyasib, yaitu pada zaman Darius orang Persia (423-404 sM. Lih. R. D. Wilson, ISBE, II: 1084).

Wycliffe: Neh 12:26 - Pada zaman bupati Nehemia 26. Pada zaman bupati Nehemia. Bandingkan 12:47. Telah dinyatakan bahwa ayat ini menunjukkan bahwa Nehemia pasti telah tiada sebelum kitab ini selesai...

26. Pada zaman bupati Nehemia. Bandingkan 12:47. Telah dinyatakan bahwa ayat ini menunjukkan bahwa Nehemia pasti telah tiada sebelum kitab ini selesai ditulis. "Tetapi, sebagai jawaban, kita dapat mencatat bahwa frasa ini selalu dipakai dengan masa hidup seorang yang lain, Yoyakim (ay. 26), Zerubabel (ay. 47). Oleh karena itu, sangat wajar jika Nehemia memakai frasa yang sama untuk mengacu kepada zamannya sendiri" (E. J. Young, Introduction to the OT, hlm. 378. lih. juga, Tanggal Penulisan dan Kepenulisan).

Wycliffe: Neh 12:27 - -- V. Penahbisan Tembok dan Pengaturan Pelayanan Bait Allah (12:27) Untuk penahbisan tembok kota itu, dikumpulkan orang-orang Lewi, khususnya para penya...

V. Penahbisan Tembok dan Pengaturan Pelayanan Bait Allah (12:27)

Untuk penahbisan tembok kota itu, dikumpulkan orang-orang Lewi, khususnya para penyanyi, dari desa-desa di sekitar itu. Dua prosesi besar yang bergerak dari sudut barat daya tembok lalu mengelilingi kota tersebut, yang satu dipimpin oleh Ezra dan yang kedua di belakangnya dipimpin oleh Nehemia. Ketika bertemu di Bait Suci, mereka mempersembahkan kurban dan bersukacita luar biasa. Ibadah-ibadah di Bait Suci kemudian dipulihkan lagi dan para pekerjanya memperoleh dukungan secara tetap.

Wycliffe: Neh 12:27 - Orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat // Desa-desa orang Netofa 27. Kisahnya sekarang melanjutkan 11:2, walaupun tidak disebutkan tanggal pasti terjadinya rangkaian peristiwa yang dicatat. Berbagai petunjuk tentang...

27. Kisahnya sekarang melanjutkan 11:2, walaupun tidak disebutkan tanggal pasti terjadinya rangkaian peristiwa yang dicatat. Berbagai petunjuk tentang waktu mungkin bahkan membuat orang menetapkan tanggal penahbisan sebagai 17 tahun atau lebih setelah pembangunan kembali tembok kota itu selesai (bdg. 13:4 dengan 13:1; dan 13:10, 11 dengan 12:28-30). Orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat. Menurut 11:18, hanya ada dua ratus delapan puluh empat orang Lewi yang tinggal di Yerusalem pada saat itu. 28, 29. Para anggota dari ketiga kelompok penyanyi Lewi (11:17; 12:25a) disebutkan secara khusus di sini sebab musik memegang peranan penting di dalam peristiwa ini (V:27b). Desa-desa orang Netofa. Terletak sekitar 15 mil di sebelah barat daya Yerusalem (I Taw. 9:16).

Wycliffe: Neh 12:30 - Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya 30. Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya. Dengan mempersembahkan kurban darah (II Taw. 29).

30. Para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan dirinya. Dengan mempersembahkan kurban darah (II Taw. 29).

Wycliffe: Neh 12:31-37 - dua paduan suara yang besar 31-37. Dengan berbicara memakai kata ganti orang pertama lagi, Nehemia mengisahkan tentang dua paduan suara yang besar yang berkumpul di sudut barat d...

31-37. Dengan berbicara memakai kata ganti orang pertama lagi, Nehemia mengisahkan tentang dua paduan suara yang besar yang berkumpul di sudut barat daya tembok kota (mungkin di pintu gerbang Lebak) dengan tujuan untuk mengelilingi kota sambil memberikan ucapan syukur terbuka kepada Allah pada saat penahbisan tembok itu. Paduan suara yang pertama dipimpin oleh Ezra yang bergerak ke timur dan kemudian berbalik ke utara. Kedua kelompok tersebut tampaknya terdiri dari pertama para penyanyi Lewi yang memanjatkan ucapan syukur, yang diikuti dengan barisan para pemuka (ay. 32, 33) yang kemudian dilanjutkan dengan para imam yang membawa nafiri (ay. 35; bdg. ay. 41), dan akhirnya barisan ditutup dengan orang-orang Lewi yang membawa alat-alat musik petik (ay. 36).

Wycliffe: Neh 12:38-43 - pintu gerbang Efraim // pintu gerbang Penjagaan, 38-43. Kelompok yang kedua bergerak ke utara dan kemudian berbalik ke timur menuju ke wilayah Bait Allah yang dipimpin oleh Nehemia. Berbagai pintu ge...

38-43. Kelompok yang kedua bergerak ke utara dan kemudian berbalik ke timur menuju ke wilayah Bait Allah yang dipimpin oleh Nehemia. Berbagai pintu gerbang yang dilewati sudah disebutkan di pasal 3, terkecuali pintu gerbang Efraim dan pintu gerbang Penjagaan, yang tidak disebutkan di pasal 3 (mungkin karena kedua pintu gerbang tersebut tidak dirusak sehingga tidak perlu dibangun ulang). Sekalipun demikian di 3:25 disebutkan tentang "pelataran penjagaan" yang mungkin terletak di sudut tenggara wilayah Bait Suci. Kedua kelompok paduan suara ini tampaknya bertemu di tempat yang luas di depan pintu gerbang Mata Air (ay. 37; bdg. 8:1), dan dari sana mereka bergerak bersama memasuki Bait Suci untuk mempersembahkan kurban-kurban mereka (ay. 43). Tentang sukacita luar biasa yang menyertai upacara ini lihat II Tawarikh 20:7; Ezra 3:13; 6:22.

Wycliffe: Neh 12:44-47 - Pada masa itu // Perbendaharaan // Persembahan persepuluhan // Perintah Daud dan Salomo // Orang-orang Lewi mempersembahkan persembahan kudus kepada anak-anak Harun 44-47. Pada masa itu. Frasa ini (bdg. 13:1) tidak mengacu kepada hari penahbisan, namun mungkin kepada seluruh pelaksanaan pemerintahan Nehemia sesuda...

44-47. Pada masa itu. Frasa ini (bdg. 13:1) tidak mengacu kepada hari penahbisan, namun mungkin kepada seluruh pelaksanaan pemerintahan Nehemia sesudah penahbisan tersebut, yang bercirikan berbagai pembaharuan yang diadakan oleh Nehemia (Keil, op. cit., hlm. 152). Hal ini mungkin dapat membantu kita untuk memahami istilah "sebelum masa itu" di 13:4. Perbendaharaan. Berbagai persembahan yang disebutkan sesudah ini. Persembahan persepuluhan. Sepersepuluh dari h'asil pertanian bangsa itu dipersembahkan untuk menopang kehidupan orang-orang Lewi. Perintah Daud dan Salomo (ay. 45). Bandingkan II Tawarikh 8:14. Orang-orang Lewi mempersembahkan persembahan kudus kepada anak-anak Harun. Bangsa itu membayar persepuluhan kepada orang Lewi, yang pada gilirannya membayar persepuluhan dari persepuluhan tersebut kepada para imam (Neh. 10:38; bdg. Bil. 18:25-32).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Neh 11:1--12:26 - Terkenal atau dikenal? (Selasa, 19 September 2006) Terkenal atau dikenal? Apabila sekadar mengikuti hasrat manusiawi kita saja, pasti kita cenderung memilih hal yang nyaman dan mudah. Tidak heran,...

SH: Neh 12:1-26 - Pentingnya mengenal para pemimpin rohani. (Selasa, 28 November 2000) Pentingnya mengenal para pemimpin rohani. Kebenaran apakah yang akan kita dapatkan dengan membaca daftar silsilah sebuah keluarga besar? Apa...

SH: Neh 12:27-43 - Mencerminkan Allahkah? (Rabu, 20 September 2006) Mencerminkan Allahkah? Cerminan suasana apakah yang dilihat orang dari gereja atau persekutuan orang Kristen zaman ini? Terlalu serius, alim, din...

SH: Neh 12:27-43 - Sumber kesukacitaan. (Rabu, 29 November 2000) Sumber kesukacitaan. Nas Alkitab kita hari ini mengisahkan suatu fakta bahwa pentahbisan tembok Yerusalem merupakan kesempatan untuk perayaa...

SH: Neh 12:44-47 - Mendukung pelayanan (Kamis, 21 September 2006) Mendukung pelayanan Kemeriahan perayaan yang begitu mengesankan bukanlah akhir dari catatan Nehemia. Catatan itu diakhiri dengan pengaturan penda...

SH: Neh 12:44-47 - Keteraturan dan pujian dalam tata ibadah. (Kamis, 30 November 2000) Keteraturan dan pujian dalam tata ibadah. Setelah pertobatan dan pentahbisan tembok, kehidupan beragama orang Israel mulai dijalankan kembal...

Topik Teologia: Neh 12:24 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah Berbagai Ragam Memuji Allah Memuji Allah de...

Topik Teologia: Neh 12:27 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah

Topik Teologia: Neh 12:28 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Mengucap Syukur kepada Allah Contoh-contoh Pengucapan Syukur ...

Topik Teologia: Neh 12:46 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Mengucap Syukur kepada Allah Ragam Pengucapan Syukur Men...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra dan Nehemia (?) Tema : Pembangunan Kembali Tembok Yerusalem Tanggal Penulisan: Sekitar 430-420 SM Latar Belakang...

Full Life: Nehemia (Garis Besar) Garis Besar I. Membangun Kembali Tembok Yerusalem: Dipimpin oleh Nehemia (Neh 1:1-7:73) A. Syafaat Nehemia bagi Yerus...

Jerusalem: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: Nehemia (Pendahuluan Kitab) KITAB ESRA-NEHEMIA PENDAHULUAN Kitab Esra-Nehemia menurut aselinja hanjalan sat karya sadja. Sebagaimana halnja dengan pelbagai kitab lainnja, barulah...

Wycliffe: Nehemia (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN NEHEMIA Judul. Seperti halnya Kitab Ezra, kitab ini judulnya juga disesuaikan dengan nama tokoh utamanya. Lihat pendahuluan Kitab Ezra un...

Wycliffe: Nehemia (Garis Besar) GARIS BESAR NEHEMIA I. Nehemia Tiba di Yerusalem (1:1-2:20) A. Berita Menyedihkan dari Yerusalem dan Doa Nehemia (1:1-11). ...

BIS: Nehemia (Pendahuluan Kitab) NEHEMIA PENGANTAR Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian: (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang

NEHEMIA

PENGANTAR

Buku Nehemia dapat dibagi dalam tiga bagian:

  1. (1) Kisah perbaikan tembok-tembok Yerusalem di bawah pimpinan Nehemia yang diangkat menjadi gubernur Yehuda oleh raja Persia. Nehemia juga menjalankan bermacam-macam perubahan dalam bidang sosial dan agama.
  2. (2) Pembacaan Hukum Allah yang dilakukan oleh Ezra secara khidmat, dan pengakuan dosa oleh umat Israel.
  3. (3) Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia sebagai gubernur Yehuda.

Bagian yang menarik dalam buku ini ialah kisah yang menunjukkan betapa Nehemia bergantung kepada Allah dan betapa sering ia berdoa kepada-Nya.

Isi

  1.  Nehemia kembali ke Yerusalem
    Neh 1:1-2:20
  2.  Tembok-tembok Yerusalem diperbaiki
    Neh 3:1-7:73
  3.  Hukum TUHAN dibacakan dan perjanjian dengan Allah diperbaharui
    Neh 8:1-10:39
  4.  Kegiatan-kegiatan lain yang dilakukan Nehemia
    Neh 11:1-13:31

Ajaran: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia

Tujuan

Supaya anggota jemaat dengan mengenal Kitab Nehemia, memperoleh pengertian tentang cara hidup yang berhasil, karena contoh kehidupan Nehemia yang berhasil, melalui perjuangan dan kerja keras serta penyerahan diri kepada Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nehemia.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 13 pasal. Isinya merupakan kelanjutan dari Kitab Ezra, yaitu pemulihan pemerintahan bangsa Israel, setelah kembali dari pembuangan.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Nehemia

  1. Pasal 1-11 (Neh 1:1-11:36).

    Keamanan kota Yerusalem dilaksanakan

    Nehemia mendengar keadaan kota Yerusalem yang rusak berat. Langkah pertama yang diambilnya ialah pembangunan kembali tembok Yerusalem. Dalam melaksanakan kembali tembok ini, Nehemia lebih dahulu berpuasa dan meminta bantuan dari raja, kemudian Nehemia memeriksa kembali tembok-tembok yang sudah runtuh. Dalam pembangunan ini, Nehemia menghadapi ancaman-ancaman dan tantangan, tetapi Nehemia menanggapinya dengan berdoa dan penjagaan serta memberikan teladan-teladan yang baik kepada penguasa- penguasa, akhirnya pembangunan tembok selesai, dan ditempatkan penjaga- penjaga. Langkah kedua, Nehemia menambah jumlah penduduk di kota Yerusalem dengan orang-orang yang baik di hadapan Tuhan, yaitu mereka yang mau mendengar Kitab Taurat, mereka yang mengaku dosa dan suka berdoa, mereka yang membuat perjanjian dengan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Neh 1:1-4. Apakah bukti beban Nehemia atas bangsanya?
    2. Bagaimanakah kegiatan pembangunan tembok Yerusalem walaupun mendapat ancaman? (Neh 4:11-16,22-23).
    3. Bacalah pasal Neh 9:1-3; 11:1-2. Orang-orang yang bagaimanakah yang tinggal di Yerusalem?
  2. Pasal 12-13 (Neh 12:1-13:31).

    Keamanan hidup rohani umat Allah dilaksanakan Pasal-pasal ini menjelaskan bahwa setelah tembok kota Yerusalem selesai dibangun, Nehemia mulai mengadakan pembangunan rohani umat Allah. Hal ini dimulai dari kehidupan rohani para imam, karena para imanlah yang memegang peranan penting dalam hidup rohani umat Allah.

    Pendalaman

    1. Apakah dasar tindakan Nehemia? (Neh 13:1-3).
    2. Apakah yang diperbuat imam Elyasib? (Neh 13:4-9).
    3. Apakah yang terjadi dengan orang-orang Lewi yan seharusnya melayani umat Allah? (Neh 13:10-11).
    4. Apakah hubungan perbuatan dosa dengan kehancuran kot Yerusalem? (Neh 13:17-18).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Nehemia memberikan pengajaran untuk memperoleh kemenangan dari tantangan yang berat melalui penyerahan, kepercayaan kepada kuasa Allah dan disertai dengan usaha yang sungguh.

  2. Untuk menjadi pemimpin yang baik, seseorang haruslah mempunyai sifat seperti Nehemia, yakni rajin berdoa, bersemangat dan mempunyai penyerahan kepada Allah.

  3. Melalui kehidupan Nehemia, kita mengetahui bahwa Allah mau dan bisa memakai siapa saja yang berbeban kepada pekerjaan-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Nehemia?
  2. Berita apakah yang diterima oleh Nehemia?
  3. Bagaimanakah sikap Nehemia menerima berita itu?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari Kita Nehemia?

Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) Pembangunan kembali tembok Yerusalem LATAR BELAKANG SEJARAHSetelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selata

Pembangunan kembali tembok Yerusalem

LATAR BELAKANG SEJARAH
Setelah kematian Salomo, kerajaan Israel terpecah menjadi dua -- kerajaan utara dan selatan. Ibukota kerajaan utara ialah Samaria, dan dalam tahun 722 SM kota itu direbut oleh bangsa Asyur dan banyak rakyatnya dijadikan tawanan. Hal yang hampir sama terjadi juga terhadap kerajaan selatan, Yehuda, ketika Yerusalem direbut oleh bangsa Babel pada tahun 586 SM. Dalam tahun 539 SM bangsa Babel sendiri dikalahkan oleh bangsa Persia -- dan raja Persia mendorong sebagian orang Yahudi untuk kembali ke tanah air mereka. Kira-kira 50.000 orang kembali dan memulai tugas untuk membangun kembali Rumah Tuhan, tetapi kemudian mereka menjadi kecil hati dan hanya mampu membangun fondasinya saja. Sejarah selanjutnya agak ruwet, tetapi rupanya kira-kira enam belas tahun kemudian Allah mengirimkan dua orang nabi, Hagai dan Zakharia, untuk menggugah semangat rakyat. Mereka sudah menempati rumah mereka masing-masing, tetapi mengabaikan pembangunan kembali Rumah Tuhan. Sebagai akibatnya, pekerjaan pembangunan dimulai lagi dan kali ini Rumah Tuhan dapat diselesaikan. Dalam tahun 486 SM serombongan lagi orang Yahudi kembali ke Yerusalem di bawah pimpinan Ezra. Ezra berusaha sebaik mungkin untuk membangun semangat bangsanya dan mengangkat moral serta kehidupan rohani mereka, tetapi ia banyak menemui kekecewaan. Beberapa tahun kemudian, sekitar tahun 445 SM Allah berbicara kepada seorang lain, yaitu Nehemia dan menugaskannya untuk secara khusus menekuni pembangunan kembali tembok kota yang sudah hancur itu. Beberapa orang menempatkan kisah kembalinya Ezra sesudah Nehemia, tetapi keterangan tersebut tidak meyakinkan.

SIAPAKAH NEHEMIA?
Sebagai pengurus minuman raja, Nehemia mencicipi lebih dahulu anggur yang akan disajikan kepada raja untuk membuktikan bahwa minuman itu tidak mengandung racun. Hanya orang yang paling dipercaya dapat menduduki posisi tertinggi ini dalam istana raja Persia. Namun demikian, hati Nehemia lebih cenderung untuk melakukan tugas yang Allah bebankan kepadanya. Ia digambarkan sebagai seorang pengusaha yang hidupnya penuh diwarnai doa. Nehemia tidak melupakan bangsanya sendiri. Ia bersedia meninggalkan kehidupan mewah dalam istana dan pergi ke Yerusalem untuk membangun kembali kota itu. Ketika pada akhirnya ia pergi ke Yerusalem, ia bertugas sebagai gubernur sipil dengan kuasa dari raja Persia.

Pesan

Nehemia merupakan gambaran seorang pekerja yang ideal bagi Allah. Kuncinya ialah doa dan kerja. Ia tidak saja berdoa dan bekerja sendiri, tetapi ia menganjurkan para pengikutnya untuk melakukan hal yang sama.

1. Berdoalah dalam segala situasi kehidupan
o Ia berdoa waktu ia mendengar mengenai keadaan Yerusalem. Neh 1:4-11
o Ia berdoa waktu ia menghadap Raja Artahsasta untuk memohon izin pergi ke Yerusalem. Neh 2:4
o Ia berdoa di hadapan penentangnya. Neh 4:4,9
o Ia berdoa waktu difitnah. Neh 6:8,9
o Ia berdoa pada waktu pekerjaan perbaikan tembok telah selesai. Neh 13:14

2. Kerja dan doa berjalan bersama-sama
o Ia melakukan penyelidikan terlebih dahulu untuk memastikan apa yang terjadi. Neh 2:11-16
o Ia mengatur tenaga kerja, sehingga setiap orang tahu apa yang diharapkan dari mereka. Neh 3:1-32
o Ia memberi teladan kepada orang lain untuk bekerja. Neh 2:17,18; 4:6,23
o Ia menyadari kesucian pekerjaan yang Allah bebankan kepadanya. Neh 6:3

Penerapan

1. Anda harus berbeban bagi bangsa Anda
Ketika Nehemia menerima kabar mengenai keadaan yang tragis di kota Yerusalem yang hancur, ia merasa sangat terharu.

2. Siap untuk bertindak
Sebelum mengambil tindakan apa-apa, Nehemia berdoa. Pertama-tama ia mencari pimpinan Tuhan, setelah ia menerimanya ia segera bertindak.

3. Siap untuk menghadapi tentangan
Bekerja untuk Allah tidak pernah tanpa tantangan. Nehemia mendapati bahwa ia mempunyai musuh, baik di dalam maupun di luar kota Yerusalem. Tetapi ia membuktikan bahwa selalu ada kemungkinan untuk menang atas segala tentangan itu.

4. Hati-hati terhadap bahaya kemunduran
Nehemia mengumpulkan rakyat untuk mendengarkan firman Allah dan ternyata mereka memberi tanggapan positif. Tetapi ketika ia kembali ke kota Yerusalem setelah ditinggalkannya selama dua belas tahun, ia mendapati bahwa rakyat telah melupakan Allah dan bahwa diperlukan suatu reformasi lebih lanjut.

Tema-tema Kunci

Nehemia dengan jelas dianggap sebagai seorang pekerja Allah yang ideal -- "seorang patriot yang berani, tidak mengenal takut, penuh semangat dan berinisiatif, seorang pendoa dan pekerja keras dan seorang yang takut kepada Allah dan yang selalu mencari berkat-Nya". Kehidupannya ditandai dengan keseimbangan yang sehat antara berdoa dan kerja keras. Pelajarilah dalam kitab ini hal-hal yang berhubungan dengan kedua unsur ini. Bandingkan penemuan Anda dengan studi yang serupa mengenai kehidupan Paulus.

1. Patriotisme
Patriotisme itu sendiri tidak salah. Paulus mempunyai beban berat bagi bangsanya (Rom 10:1). Kristus mendorong murid-murid-Nya untuk memberikan kepada Kaisar apa yang menjadi haknya (Mat 22:21). Nehemia menaruh perhatian yang besar terhadap rakyatnya (Neh 1:3-11). Patriotisme sejati adalah rasa prihatin terhadap keadaan bangsa. Bagaimana umat Kristen dewasa ini dapat mempengaruhi sikap bangsanya?

2. Doa
Nehemia berdoa setiap saat dan dalam segala keadaan (Neh 1:4; 2:4; 4:4; 5:19; 6:9,14; 13:14, 22,29,31). Bandingkan ini dengan perintah Paulus kepada orang-orang di Filipi 4:6,7. Apa tujuan doa?

3. Dedikasi
Nehemia menerima tugas yang diberikan oleh Allah dengan sungguh-sungguh -- ia sangat teliti. Ia bertekad untuk menyelidiki perkara yang sebenarnya (Neh 2:12). Ia tahu akan kesucian pekerjaannya (Neh 6:3). Ia menjadi teladan bagi orang lain untuk bekerja seperti dia (Neh 2:17,18; 4:6,23). Buatlah daftar tugas-tugas yang harus dilaksanakan di gereja Anda atau dalam kelompok Anda, dan rencanakan penyelesaiannya.

4. Ketekunan
Nehemia tidak undur menghadapi tentangan, baik dari dalam maupun dari luar. Ia diejek dan dicaci, karena bergantung kepada Allah (Neh 2:19,20). Ia tidak bersedia mengalihkan perhatiannya dari tugas yang sedang dihadapinya (Neh 6:2,3). Carilah keterangan mengenai mereka yang menderita bagi Kristus di bawah rezim yang kejam, dan pakailah hal ini untuk merangsang doa yang teratur. Pikirkan juga situasi Anda sendiri sehubungan dengan tantangan yang Anda hadapi.

Garis Besar Intisari: Nehemia (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4 [2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11 Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah Neh 1:6,7Penyesalan atas

[1] BERITA BURUK TENTANG YERUSALEM Neh 1:1-4

[2] DOA NEHEMIA Neh 1:5-11

Neh 1:5Permohonan untuk kesetiaan janji Allah
Neh 1:6,7Penyesalan atas dosa bangsa Israel
Neh 1:8-10Kenangan akan kemurahan Allah yang tak kunjung padam
Neh 1:11Seruan mohon pertolongan dalam kesesakan

[3] NEHEMIA MENDAPAT KUASA Neh 2:1-10

Neh 2:1-5Ia mengajukan permohonan kepada raja
Neh 2:6-9 Raja memberikan restunya
Neh 2:10Tanda-tanda awal tantangan

[4] NEHEMIA DI YERUSALEM Neh 2:11-20

Neh 2:11-16Nehemia memeriksa tembok Yerusalem
Neh 2:17-20Nehemia mencari dukungan rakyat untuk tugas perbaikan tembok kota

[5] PEMBANGUNAN TEMBOK-TEMBOK KOTA Neh 3:1-6:19

Neh 3:1-32Pembagian kerja
Neh 4:1-23Tantangan terhadap pembangunan
Neh 5:1-6:14Perselisihan di dalam
Neh 6:15-19Tugas selesai

[6] ORANG-ORANG BUANGAN YANG KEMBALI DENGAN ZERUBABEL Neh 7:1-73

[7] EZRA MEMBACAKAN HUKUM Neh 8:1-18

[8] PEMBARUAN PERJANJIAN Neh 9:1-10:39

Neh 9:1-38Pengakuan dosa
Neh 10:1-39Persetujuan terhadap perjanjian

[9] RAKYAT YANG TERLIBAT Neh 11:1-12:26

Neh 11:1-24Penduduk Yerusalem
Neh 11:25-36Daftar desa-desa
Neh 12:1-26Para imam dan bangsa Lewi

[10] PERESMIAN TEMBOK KOTA DAN URUSAN ADMINISTRASI Neh 12:27-13:31

Neh 12:27-43Peresmian tembok kota
Neh 12:44-47Organisasi orang-orang Lewi
Neh 13:1-31Perbaikan-perbaikan selanjutnya yang diadakan oleh Nehemia
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #18: Centang "Hanya dalam TB" pada Pencarian Universal untuk pencarian teks alkitab hanya dalam versi TB [SEMUA]
dibuat dalam 0.48 detik
dipersembahkan oleh YLSA