kecilkan semua  

Teks -- Mikha 6:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pengaduan, tuntutan dan hukuman TUHAN terhadap umat-Nya
6:1 Baiklah dengar firman yang diucapkan TUHAN: Bangkitlah, lancarkanlah pengaduan di depan gunung-gunung, dan biarlah bukit-bukit mendengar suaramu! 6:2 Dengarlah, hai gunung-gunung, pengaduan TUHAN, dan pasanglah telinga, hai dasar-dasar bumi! Sebab TUHAN mempunyai pengaduan terhadap umat-Nya, dan Ia beperkara dengan Israel. 6:3 "Umat-Ku, apakah yang telah Kulakukan kepadamu? Dengan apakah engkau telah Kulelahkan? Jawablah Aku! 6:4 Sebab Aku telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir dan telah membebaskan engkau dari rumah perbudakan dan telah mengutus Musa dan Harun dan Miryam sebagai penganjurmu. 6:5 Umat-Ku, baiklah ingat apa yang dirancangkan oleh Balak, raja Moab, dan apa yang dijawab kepadanya oleh Bileam bin Beor dan apa yang telah terjadi dari Sitim sampai ke Gilgal, supaya engkau mengakui perbuatan-perbuatan keadilan dari TUHAN." 6:6 "Dengan apakah aku akan pergi menghadap TUHAN dan tunduk menyembah kepada Allah yang di tempat tinggi? Akan pergikah aku menghadap Dia dengan korban bakaran, dengan anak lembu berumur setahun? 6:7 Berkenankah TUHAN kepada ribuan domba jantan, kepada puluhan ribu curahan minyak? Akan kupersembahkankah anak sulungku karena pelanggaranku dan buah kandunganku karena dosaku sendiri?" 6:8 "Hai manusia, telah diberitahukan kepadamu apa yang baik. Dan apakah yang dituntut TUHAN dari padamu: selain berlaku adil, mencintai kesetiaan, dan hidup dengan rendah hati di hadapan Allahmu?" 6:9 Dengarlah, TUHAN berseru kepada kota: -- adalah bijaksana untuk takut kepada nama-Nya --: "Dengarlah, hai suku bangsa dan orang kota! 6:10 Masakan Aku melupakan harta benda kefasikan di rumah orang fasik dan takaran efa yang kurang dan terkutuk itu? 6:11 Masakan Aku membiarkan tidak dihukum orang yang membawa neraca palsu atau pundi-pundi berisi batu timbangan tipu? 6:12 Orang-orang kaya di kota itu melakukan banyak kekerasan, penduduknya berkata dusta dan lidah dalam mulut mereka adalah penipu. 6:13 Maka Akupun mulai memukul engkau, menanduskan engkau oleh karena dosamu. 6:14 Engkau ini akan makan, tetapi tidak menjadi kenyang, dan perutmu tetap mengamuk karena lapar; engkau akan menyingkirkan sesuatu, tetapi tidak dapat menyelamatkannya, dan apa yang dapat kauselamatkan, akan Kuserahkan kepada pedang. 6:15 Engkau ini akan menabur, tetapi tidak menuai, engkau ini akan mengirik buah zaitun, tetapi tidak berurap dengan minyaknya; juga mengirik buah anggur, tetapi tidak meminum anggurnya. 6:16 Engkau telah berpaut kepada ketetapan-ketetapan Omri dan kepada segala perbuatan keluarga Ahab, dan engkau telah bertindak menurut rancangan mereka, sehingga Aku membuat engkau menjadi ketandusan dan pendudukmu menjadi sasaran suitan; demikianlah kamu akan menanggung pencelaan dari pihak bangsa-bangsa."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahab son and successor of Omri, king of Israel,son of Kolaiah; a false prophet in the time of King Zedekiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Balak a son of Zippor,son of Zippor, King of Moab, who hired Balaam against Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Beor the father of the prophet Balaam.,father of Bela king of Edom,father of Balaam the prophet
 · Bileam a town of eastern Manasseh assigned to the Levites
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · lembah Sitim final encampment of Israel before crossing Jordan (IBD),a situation of deep involvement,a valley in general
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Miryam daughter of Amram the Levite; sister of Moses and Aaron,child of Mered (Judah) and wife Bithiah (Pharaoh's daughter)
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Omri the next king of Israel after Zimri committed suicide,son of Becher son of Benjamin,son of Imri of Judah,son of Michael; David's chief officer over Issachar
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · perempuan Moab a female descendant of Moab
 · perempuan-perempuan Moab resident(s) of the country of Moab
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Moab resident(s) of the country of Moab
 · Sitim final encampment of Israel before crossing Jordan (IBD),a situation of deep involvement,a valley in general
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"


Topik/Tema Kamus: Adil, Keadilan Allah | Tidak Berterima Kasih Kepada Allah | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Sifat Orang Fasik | Sabit, Menyabit | Susah, Kesusahan | Timbang, Timbangan | Urap, Pengurapan | Ukur, Ukuran | Tingkah Laku Kristen | Rendah, Kerendahan Hati | Pohon Zaitun | Adil, Keadilan | Musa | Bileam | Anak Lembu | Anak Sulung | Minyak | Kaya, Kekayaan | Hukum, Hukuman | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mi 6:1-5 - DENGAR FIRMAN YANG DIUCAPKAN TUHAN. Nas : Mi 6:1-5 Tuhan mempunyai tuduhan terhadap umat-Nya, karena itu Ia memanggil mereka untuk mendengarkan keluhan-Nya dan membenarkan tindakan-ti...

Nas : Mi 6:1-5

Tuhan mempunyai tuduhan terhadap umat-Nya, karena itu Ia memanggil mereka untuk mendengarkan keluhan-Nya dan membenarkan tindakan-tindakan jahat mereka jikalau mereka dapat. Hak apakah yang mereka miliki untuk menolak Allah perjanjian mereka dan tidak menaati hukum-hukum-Nya? Tuduhan-tuduhan terhadap umat itu diberikan dalam ayat Mi 6:9-16.

Full Life: Mi 6:3-5 - APAKAH YANG TELAH KULAKUKAN KEPADAMU? Nas : Mi 6:3-5 Allah bertanya kepada umat-Nya apakah Dia telah mengecewakan mereka dalam suatu hal. 1) Apakah itu salah-Nya jika mereka tidak ...

Nas : Mi 6:3-5

Allah bertanya kepada umat-Nya apakah Dia telah mengecewakan mereka dalam suatu hal.

  1. 1) Apakah itu salah-Nya jika mereka tidak menaati firman-Nya? Apakah Ia telah mengabaikan mereka atau gagal mengasihi mereka sebagaimana mestinya? Jawabnya jelas. Israel tidak ada dalih; Allah telah memperlakukan umat-Nya dengan baik dan sabar sepanjang sejarah mereka.
  2. 2) Saat ini Allah bisa mengajukan pertanyaan yang sama kepada semua orang yang berpaling dari-Nya. Jikalau kita menjadi tidak setia kepada-Nya dan standar-standar kebenaran-Nya dan menerima cara-cara dunia yang fasik, maka itu tidak akan disebabkan karena Allah tidak setia kepada kita; sebaliknya, karena keinginan kita sendiri dan sikap tidak berterima kasih atas kasih karunia dan kasih-Nya.

Full Life: Mi 6:8 - APAKAH YANG DITUNTUT TUHAN DARI PADAMU? Nas : Mi 6:8 Mikha memberikan definisi lipat tiga mengenai standar kebaikan menurut Allah dan apa yang diperlukan dalam pengabdian kita kepada-Nya:...

Nas : Mi 6:8

Mikha memberikan definisi lipat tiga mengenai standar kebaikan menurut Allah dan apa yang diperlukan dalam pengabdian kita kepada-Nya:

  1. (1) kita harus bertindak dengan adil, yaitu tidak memihak dan jujur dalam memperlakukan sesama (bd. Mat 7:12);
  2. (2) kita harus mengasihi kemurahan hati, yaitu, menunjukkan belas kasihan sejati dan kebaikan kepada mereka yang memerlukan bantuan;
  3. (3) kita harus hidup dengan rendah hati di hadapan Allah, yaitu setiap hari merendahkan diri di hadapan-Nya dalam ketakutan dan kehormatan kepada kehendak-Nya (bd. Yak 4:6-10; 1Pet 5:5-6). Ibadah umum hanya merupakan bagian kecil dari seluruh pengabdian kita kepada Kristus. Kasih yang sungguh-sungguh kepada Tuhan harus terungkap dalam kepedulian tak berkeputusan kepada mereka yang kekurangan

    (lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

Full Life: Mi 6:9-16 - TUHAN BERSERU. Nas : Mi 6:9-16 Tuhan mendaftarkan beberapa dosa Israel dan menyatakan hukuman yang akan mereka terima.

Nas : Mi 6:9-16

Tuhan mendaftarkan beberapa dosa Israel dan menyatakan hukuman yang akan mereka terima.

Jerusalem: Mi 6:1-8 - -- Dengan mengingatkan karunia-karuniaNya dahulu Allah mendakwa umat (yang tampil di depan pengadilan Tuhan), Mik 6:3-5 lalu orang percaya yang menyesal ...

Dengan mengingatkan karunia-karuniaNya dahulu Allah mendakwa umat (yang tampil di depan pengadilan Tuhan), Mik 6:3-5 lalu orang percaya yang menyesal menanyakan apa yang dituntut Tuhan, Mik 6:6-7. Pertanyaan itu dijawab oleh nabi, Mik 6:8.

Jerusalem: Mi 6:1 - gunung-gunung Gunung-gunung merupakan tempat pertemuan Allah dengan umatNya (Sinai, Nebo, Ebal, Garizim, Sion, Karmel) dan saksi-saksi yang tak tergoncang. Sering k...

Gunung-gunung merupakan tempat pertemuan Allah dengan umatNya (Sinai, Nebo, Ebal, Garizim, Sion, Karmel) dan saksi-saksi yang tak tergoncang. Sering kali gunung-gunung diperorangkan, Kej 49:26; 2Sa 1:21; Yeh 35:1-36:38; Maz 68:16-17, dll.

Jerusalem: Mi 6:2 - Pasanglah telinga Apa yang tertulis dalam naskah Ibrani (yang tetap?) kurang jelas.

Apa yang tertulis dalam naskah Ibrani (yang tetap?) kurang jelas.

Jerusalem: Mi 6:3 - UmatKu.... Umat mengeluh oleh karena nampaknya ditinggalkan Tuhan. Maka Tuhan mengingatkan kepadanya, Mik 6:4-5, karunia-karunia yang dahulu diberikan.

Umat mengeluh oleh karena nampaknya ditinggalkan Tuhan. Maka Tuhan mengingatkan kepadanya, Mik 6:4-5, karunia-karunia yang dahulu diberikan.

Jerusalem: Mi 6:5 - dan apa yang telah terjadi Ada sesuatu yang hilang dari naskah Ibrani, sehingga perlu dilengkapi, misalnya seperti dibuat penterjemah Indonesia. Yang dimaksud kiranya penyeberan...

Ada sesuatu yang hilang dari naskah Ibrani, sehingga perlu dilengkapi, misalnya seperti dibuat penterjemah Indonesia. Yang dimaksud kiranya penyeberangan sungai Yordan

Jerusalem: Mi 6:5 - mengakui Harafiah: mengetahui. Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis:: pengetahuan (pengakuan)

Harafiah: mengetahui. Ini menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis:: pengetahuan (pengakuan)

Jerusalem: Mi 6:5 - perbuatan keadilan Yang dimaksudkan ialah karya yang dilakukan Tuhan sepanjang sejarah umat Israel dahulu. Karya itu disebut "adil" oleh karena dilakukan Tuhan berdasark...

Yang dimaksudkan ialah karya yang dilakukan Tuhan sepanjang sejarah umat Israel dahulu. Karya itu disebut "adil" oleh karena dilakukan Tuhan berdasarkan perjanjianNya dengan umat. Dengan jalan itu Allah mewajibkan diriNya untuk melakukan karya itu. Sama seperti perjanjian sendiri berdasarkan prakarsa Allah melulu, demikianpun "perbuatan keadilan" itu merupakan kasih karunia belaka.

Jerusalem: Mi 6:6-7 - -- Seorang benar menanggapi keluhan Tuhan terhadap umatNya. Ini menekankan bahwa dalam pandangan nabi agama mempunyai ciri pribadi. Orang benar itu mengu...

Seorang benar menanggapi keluhan Tuhan terhadap umatNya. Ini menekankan bahwa dalam pandangan nabi agama mempunyai ciri pribadi. Orang benar itu mengusulkan mempersembahkan korban, sesuai atau tidak dengan hukum. Tetapi usul itu ditolak oleh nabi, Mik 6:8. Nabi mengganti korban dengan sikap keagamaan yang batiniah. Tuntutannya sudah "diberitahukan kepada manusia", yaitu keadilan (Amos Amo 5:21+), kebaikan dan kasih setia (Hos 2:18+) serta kerendahan hati (Yes 7:9+; Yes 30:15+).

Jerusalem: Mi 6:7 - kupersembahkan anak sulungku Bdk Ima 18:21+.

Bdk Ima 18:21+.

Jerusalem: Mi 6:8 - telah diberitahukan Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah memberitahukan. Dalam terjemahan Siria dan Latin terbaca: Aku akan m...

Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia telah memberitahukan. Dalam terjemahan Siria dan Latin terbaca: Aku akan memberitahukan.

Jerusalem: Mi 6:9 - -- adalah bijaksana..... namaNya -- Maksud naskah Ibrani tidak jelas sama sekali. banyak ahli menghilangkan bagian ini sebagai sisipan

Maksud naskah Ibrani tidak jelas sama sekali. banyak ahli menghilangkan bagian ini sebagai sisipan

Jerusalem: Mi 6:9 - orang kota Ini menurut terjemahan Yunani dan Targum. Maksud naskah Ibrani tidak jelas (siapa menetapkan?).

Ini menurut terjemahan Yunani dan Targum. Maksud naskah Ibrani tidak jelas (siapa menetapkan?).

Jerusalem: Mi 6:10 - Masakan .... orang fasik Naskah Ibrani ternyata rusak dan tidak jelas, sehingga perlu diperbaiki. Menurut perbaikan lain dapat diterjemahkan sbb: Masakan Aku menanggung bat ya...

Naskah Ibrani ternyata rusak dan tidak jelas, sehingga perlu diperbaiki. Menurut perbaikan lain dapat diterjemahkan sbb: Masakan Aku menanggung bat yang palsu. Bdk Ams 8:5+.

Jerusalem: Mi 6:11 - Aku membiarkan tidak dihukum Harafiah: Aku menyatakan murni. Dalam naskah Ibrani tertulis: Aku murni.

Harafiah: Aku menyatakan murni. Dalam naskah Ibrani tertulis: Aku murni.

Jerusalem: Mi 6:12 - -- Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Mik 6:9

Ayat ini sebaik-baiknya ditempatkan sesudah Mik 6:9

Jerusalem: Mi 6:12 - dan lidah.... penipu Ini mungkin sebuah sisipan yang berasal dari Maz 120:2-3.

Ini mungkin sebuah sisipan yang berasal dari Maz 120:2-3.

Jerusalem: Mi 6:13 - mulai Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: membuat sakit.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: membuat sakit.

Jerusalem: Mi 6:16 - Engkau telah berpaut Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia menjaga dirinya

Begitu terbaca dalam terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia menjaga dirinya

Jerusalem: Mi 6:16 - engkau telah bertindak Dalam naskah Ibrani tertulis: kamu (jamak) telah bertindak. "Ketetapan Omri" dan "perbuatan keluaran" kiranya pemujaan Baal, tetapi terlebih kemewahan...

Dalam naskah Ibrani tertulis: kamu (jamak) telah bertindak. "Ketetapan Omri" dan "perbuatan keluaran" kiranya pemujaan Baal, tetapi terlebih kemewahan dan ketidakadilan para pembesar

Jerusalem: Mi 6:16 - pencelaan dari pihak bangsa-bangsa Dalam naskah Ibrani tertulis: celaan umatKu.

Dalam naskah Ibrani tertulis: celaan umatKu.

Ende: Mi 6:1-2 - -- Machluk, chususnja gunung2, sebab diatas gunung2 Jahwe mengikat perdjandjian dengan umatNja, dikerahkan untuk menjaksikan pengadilan Jahwe atas Juda.

Machluk, chususnja gunung2, sebab diatas gunung2 Jahwe mengikat perdjandjian dengan umatNja, dikerahkan untuk menjaksikan pengadilan Jahwe atas Juda.

Ende: Mi 6:3 - -- Allah mulai tidak dengan dakwa, tetapi dengan keluhan mengenai kurang sjukur umatNja atas semua anugerah2 jang telah diterimanja.

Allah mulai tidak dengan dakwa, tetapi dengan keluhan mengenai kurang sjukur umatNja atas semua anugerah2 jang telah diterimanja.

Ende: Mi 6:6-7 - -- Djawab rakjat dikutip.

Djawab rakjat dikutip.

Ende: Mi 6:8 - -- Nabi mendjawab, bahwa ibadah sadja tidak mentjukupi. Jahwe menuntut kehidupan jang baik dan sutji.

Nabi mendjawab, bahwa ibadah sadja tidak mentjukupi. Jahwe menuntut kehidupan jang baik dan sutji.

Ende: Mi 6:9-14 - -- Allah mengantjam Jerusjalem (kota itu, himpunan sekota) dan Juda (suku) (Mik 6:9) atas ketidak adilan.

Allah mengantjam Jerusjalem (kota itu, himpunan sekota) dan Juda (suku) (Mik 6:9) atas ketidak adilan.

Ende: Mi 6:14 - perbatasan jang....dst. Kurang djelas maknanja. Kami artikan: perbatasan ialah perbatasan ladang. Meskipun orang kaja itu meluaskan perladangannja setjara tak adil, tetapi it...

Kurang djelas maknanja. Kami artikan: perbatasan ialah perbatasan ladang. Meskipun orang kaja itu meluaskan perladangannja setjara tak adil, tetapi itupun tidak berguna kelak. Semua akan dirampas musuh.

Ende: Mi 6:16 - -- Juda menuruti teladan buruk Israil, jang binasa karena dosa2nja. Maka itu Judapun mesti punah.

Juda menuruti teladan buruk Israil, jang binasa karena dosa2nja. Maka itu Judapun mesti punah.

Endetn: Mi 6:2 - tjondonglah telingamu diperbaiki. tertulis: "jang tetap?".

diperbaiki. tertulis: "jang tetap?".

Endetn: Mi 6:5 - (bagaimana engkau berdjalan) ditambahkan menurut maknanja.

ditambahkan menurut maknanja.

Endetn: Mi 6:5 - engkau (mengenali) diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "pengetahuan".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "pengetahuan".

Endetn: Mi 6:8 - maklum diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia memaklumkan (kepadamu)".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "ia memaklumkan (kepadamu)".

Endetn: Mi 6:9 - -- Ditinggalkan: "keselamatan dilihat namaMu?".

Ditinggalkan: "keselamatan dilihat namaMu?".

Endetn: Mi 6:9 - himpunan sekota diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "siapa menetapkan".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "siapa menetapkan".

Endetn: Mi 6:10 - dapatkah Aku... dst. diperbaiki. Tertulis: "Masih djuga orang itu pendjahat rumah harta benda tak adil".

diperbaiki. Tertulis: "Masih djuga orang itu pendjahat rumah harta benda tak adil".

Endetn: Mi 6:11 - membenarkan diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "murnilah (aku)".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin (Vlg.). Tertulis: "murnilah (aku)".

Endetn: Mi 6:12 - -- Ditinggalkan: "dan lidah mereka, tipu muslihat didalam mulutnja"

Ditinggalkan: "dan lidah mereka, tipu muslihat didalam mulutnja"

Endetn: Mi 6:13 - mulai diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "aku membuat mendjadi sakit".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "aku membuat mendjadi sakit".

Endetn: Mi 6:16 - Engkau menepati diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Ia mendjagai dirinja".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Ia mendjagai dirinja".

Endetn: Mi 6:16 - ketetapan2 diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Ref. Silang FULL: Mi 6:1 - depan gunung-gunung · depan gunung-gunung: Mazm 50:1; Mazm 50:1; Yeh 6:2; Yeh 6:2

· depan gunung-gunung: Mazm 50:1; [Lihat FULL. Mazm 50:1]; Yeh 6:2; [Lihat FULL. Yeh 6:2]

Ref. Silang FULL: Mi 6:2 - Dengarlah // gunung-gunung, pengaduan // mempunyai pengaduan // Ia beperkara · Dengarlah: Ul 32:1 · gunung-gunung, pengaduan: Hos 12:3; Hos 12:3 · mempunyai pengaduan: Yes 3:13; Yes 3:13 · Ia beperka...

· Dengarlah: Ul 32:1

· gunung-gunung, pengaduan: Hos 12:3; [Lihat FULL. Hos 12:3]

· mempunyai pengaduan: Yes 3:13; [Lihat FULL. Yes 3:13]

· Ia beperkara: Mazm 50:7; Yer 2:9; [Lihat FULL. Yer 2:9]

Ref. Silang FULL: Mi 6:3 - apakah engkau // telah Kulelahkan · apakah engkau: Yer 2:5 · telah Kulelahkan: Yer 2:5

· apakah engkau: Yer 2:5

· telah Kulelahkan: Yer 2:5

Ref. Silang FULL: Mi 6:4 - tanah Mesir // rumah perbudakan // mengutus Musa // dan Harun // dan Miryam · tanah Mesir: Kel 3:10; Kel 3:10; Kel 6:5; Kel 6:5 · rumah perbudakan: Ul 7:8 · mengutus Musa: Kel 4:16; Kel 4:16 · dan...

· tanah Mesir: Kel 3:10; [Lihat FULL. Kel 3:10]; Kel 6:5; [Lihat FULL. Kel 6:5]

· rumah perbudakan: Ul 7:8

· mengutus Musa: Kel 4:16; [Lihat FULL. Kel 4:16]

· dan Harun: Bil 33:1; [Lihat FULL. Bil 33:1]; Mazm 77:21

· dan Miryam: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

Ref. Silang FULL: Mi 6:5 - oleh Balak // dari Sitim // ke Gilgal // mengakui perbuatan-perbuatan · oleh Balak: Bil 22:2; Bil 22:2 · dari Sitim: Bil 25:1; Bil 25:1 · ke Gilgal: Ul 11:30; Ul 11:30; Yos 5:9-10 · mengakui p...

· oleh Balak: Bil 22:2; [Lihat FULL. Bil 22:2]

· dari Sitim: Bil 25:1; [Lihat FULL. Bil 25:1]

· ke Gilgal: Ul 11:30; [Lihat FULL. Ul 11:30]; Yos 5:9-10

· mengakui perbuatan-perbuatan: Hak 5:11; 1Sam 12:7

Ref. Silang FULL: Mi 6:6 - pergi menghadap // berumur setahun · pergi menghadap: Mazm 95:2; Mazm 95:2 · berumur setahun: Mazm 40:7-9; 51:18-19

· pergi menghadap: Mazm 95:2; [Lihat FULL. Mazm 95:2]

· berumur setahun: Mazm 40:7-9; 51:18-19

Ref. Silang FULL: Mi 6:7 - domba jantan // curahan minyak // anak sulungku // karena dosaku · domba jantan: Yes 1:11; Yes 1:11; Yes 40:16; Yes 40:16 · curahan minyak: Mazm 50:8-10 · anak sulungku: Im 18:21; Im 18:21; 2R...

· domba jantan: Yes 1:11; [Lihat FULL. Yes 1:11]; Yes 40:16; [Lihat FULL. Yes 40:16]

· curahan minyak: Mazm 50:8-10

· anak sulungku: Im 18:21; [Lihat FULL. Im 18:21]; 2Raj 3:27; [Lihat FULL. 2Raj 3:27]

· karena dosaku: Hos 5:6; Am 5:22; [Lihat FULL. Am 5:22]

Ref. Silang FULL: Mi 6:8 - berlaku adil // rendah hati // hadapan Allahmu · berlaku adil: Yes 1:17; Yes 1:17; Yer 22:3; Yer 22:3 · rendah hati: 2Raj 22:19; 2Raj 22:19; Yes 57:15; Yes 57:15 · hadapan Alla...

· berlaku adil: Yes 1:17; [Lihat FULL. Yes 1:17]; Yer 22:3; [Lihat FULL. Yer 22:3]

· rendah hati: 2Raj 22:19; [Lihat FULL. 2Raj 22:19]; Yes 57:15; [Lihat FULL. Yes 57:15]

· hadapan Allahmu: Kej 5:22; [Lihat FULL. Kej 5:22]; Ul 10:12-13; 1Sam 15:22; Hos 6:6; Za 7:9-10; Mat 9:13; 23:23; Mr 12:33; Luk 11:42

Ref. Silang FULL: Mi 6:9 - Dengarlah · Dengarlah: Kej 17:1; Kej 17:1; Yes 11:4

· Dengarlah: Kej 17:1; [Lihat FULL. Kej 17:1]; Yes 11:4

Ref. Silang FULL: Mi 6:10 - dan terkutuk · dan terkutuk: Yeh 45:9-10; Am 3:10; Am 3:10; Am 8:4-6

· dan terkutuk: Yeh 45:9-10; Am 3:10; [Lihat FULL. Am 3:10]; Am 8:4-6

Ref. Silang FULL: Mi 6:11 - membawa neraca // batu timbangan · membawa neraca: Im 19:36; Im 19:36 · batu timbangan: Ul 25:13; Ul 25:13

· membawa neraca: Im 19:36; [Lihat FULL. Im 19:36]

· batu timbangan: Ul 25:13; [Lihat FULL. Ul 25:13]

Ref. Silang FULL: Mi 6:12 - banyak kekerasan // berkata dusta // adalah penipu · banyak kekerasan: Yes 1:23; Yes 1:23 · berkata dusta: Mazm 116:11; Mazm 116:11; Yes 3:8 · adalah penipu: Mazm 35:20; Mazm 35:20...

· banyak kekerasan: Yes 1:23; [Lihat FULL. Yes 1:23]

· berkata dusta: Mazm 116:11; [Lihat FULL. Mazm 116:11]; Yes 3:8

· adalah penipu: Mazm 35:20; [Lihat FULL. Mazm 35:20]; Yer 9:3; [Lihat FULL. Yer 9:3]

Ref. Silang FULL: Mi 6:13 - mulai memukul · mulai memukul: Yes 1:7; 6:11

· mulai memukul: Yes 1:7; 6:11

Ref. Silang FULL: Mi 6:14 - menjadi kenyang // dapat menyelamatkannya · menjadi kenyang: Yes 9:19; Yes 9:19; Hos 4:10; Hos 4:10 · dapat menyelamatkannya: Yes 30:6

· menjadi kenyang: Yes 9:19; [Lihat FULL. Yes 9:19]; Hos 4:10; [Lihat FULL. Hos 4:10]

· dapat menyelamatkannya: Yes 30:6

Ref. Silang FULL: Mi 6:15 - tidak menuai // meminum anggurnya · tidak menuai: Ul 28:38; Ul 28:38; Yer 12:13 · meminum anggurnya: Ayub 24:11; Am 5:11; Am 5:11; Zef 1:13

· tidak menuai: Ul 28:38; [Lihat FULL. Ul 28:38]; Yer 12:13

· meminum anggurnya: Ayub 24:11; Am 5:11; [Lihat FULL. Am 5:11]; Zef 1:13

Ref. Silang FULL: Mi 6:16 - ketetapan-ketetapan Omri // keluarga Ahab // menurut rancangan // menjadi ketandusan // menanggung pencelaan · ketetapan-ketetapan Omri: 1Raj 16:25; 1Raj 16:25 · keluarga Ahab: 1Raj 16:29-33 · menurut rancangan: Yer 7:24 · menjadi ...

· ketetapan-ketetapan Omri: 1Raj 16:25; [Lihat FULL. 1Raj 16:25]

· keluarga Ahab: 1Raj 16:29-33

· menurut rancangan: Yer 7:24

· menjadi ketandusan: Yer 25:9; [Lihat FULL. Yer 25:9]

· menanggung pencelaan: Ul 28:37; [Lihat FULL. Ul 28:37]; Yer 51:51; [Lihat FULL. Yer 51:51]; Mi 2:6; [Lihat FULL. Mi 2:6]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Mi 6:1-8 - Apa yang Allah tuntut? (Selasa, 19 Desember 2000) Apa yang Allah tuntut? Mikha menggambarkan gunung-gunung Israel, saksi-saksi abadi sejarah penebusan umat Allah, sebagai hakim-hakim yang akan ...

SH: Mi 6:1-16 - Kursi pengadilan Allah (Minggu, 21 Desember 2008) Kursi pengadilan Allah Firman Tuhan yang kita baca hari ini adalah gambaran pengadilan Allah terhadap umat-Nya. Dimulai dengan seruan Allah pada...

SH: Mi 6:1-8 - Seperti Kacang Lupa Kulitnya (Senin, 28 Desember 2015) Seperti Kacang Lupa Kulitnya Nubuat Mikha seolah-olah memperlihatkan ketidakmengertian Allah terhadap perilaku Israel: "Umat-Ku, apakah yang telah Ku...

SH: Mi 6:1-16 - Allah Menuntut Umat-Nya (Selasa, 19 Oktober 2021) Allah Menuntut Umat-Nya Allah menuntut umat-Nya. Ia menuntut bukan dengan kurban bakaran atau persembahan, bukan pula dengan nyanyian atau puji-pujia...

SH: Mi 6:9-16 - Penghukuman Allah itu pasti (Rabu, 20 Desember 2000) Penghukuman Allah itu pasti Keputusan pengadilan sudah ditetapkan untuk memenangkan Allah. Sebagai Tuhan dan Raja atas Israel, Ia selalu berlak...

SH: Mi 6:9-16 - Takut kepada Nama-Nya (Selasa, 29 Desember 2015) Takut kepada Nama-Nya Nas hari ini menegaskan: "adalah sangat bijaksana untuk takut kepada nama-Nya" (Mi. 6:9). Takut kepada Allah merupakan tindakan...

Topik Teologia: Mi 6:4 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Kejadian-kejadian Sejarah Kel 20:1-2 Ula 6:5-10,12 2Ra 17:36 Maz 78:1-4,13-16,23...

Topik Teologia: Mi 6:7 - -- Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Gagal untuk Hidup Menurut Hukum Allah Kej 18:20 Ima 16:30 1Sa 1...

Topik Teologia: Mi 6:8 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Keselamatan Ketekunan Peringatan untuk Bertekun 1Ta ...

Topik Teologia: Mi 6:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Umat Meresponi Nama Ilahi itu Mere...

Topik Teologia: Mi 6:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Penyediaan Hukuman Allah atas Israel ...

Topik Teologia: Mi 6:12 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Berlaku di Dalam Israel Penyediaan Hukuman Allah atas Israel ...

Topik Teologia: Mi 6:16 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mikha (Pendahuluan Kitab) Penulis : Mikha Tema : Hukuman dan Keselamatan Mesias Tanggal Penulisan: + 740-710 SM Latar Belakang Nabi Mikha berasal dari k...

Full Life: Mikha (Garis Besar) Garis Besar I. Hukuman atas Israel dan Yehuda (Mi 1:1-3:12) A. Pendahuluan (Mi 1:1) B. Kebin...

Jerusalem: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA Nabi Mikha (yang berbeda dengan Mikha bin Yimia yang hidup di masa pemerintahan raja Ahab, 1Raj 22) berasal dari negeri Yehuda, dari kampung Mor...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA PENGANTAR Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda

MIKHA

PENGANTAR

Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda akan menghadapi bencana nasional seperti yang diumumkan oleh Amos tentang kerajaan utara. Mikha mengemukakan bahwa Allah pasti menghukum bangsa Yehuda juga karena mereka kejam dan tidak adil terhadap sesamanya. Tetapi dalam khotbah Mikha terdapat tanda-tanda yang lebih jelas dan terang tentang harapan untuk masa depan.

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam buku ini ialah: gambaran tentang kedamaian di seluruh dunia di bawah pimpinan Allah (Mi 4:1-4); ramalan tentang raja besar yang akan muncul dari keturunan Daud dan yang membawa kedamaian kepada bangsa Yehuda (Mi 5:2-4); dan, dalam satu ayat (Mi 6:8), ringkasan dari semua yang hendak dikatakan oleh nabi-nabi Israel, yaitu: "Yang dituntut TUHAN dari kita ialah supaya kita berlaku adil, selalu mengamalkan cinta kasih, dan dengan rendah hati hidup bersatu dengan Allah kita."

Isi

  1.  Hukuman atas Israel dan Yehuda
    Mi 1:1-3:12
  2.  Pemulihan dan kedamaian
    Mi 4:1-5:15
  3.  Peringatan dan harapan
    Mi 6:1-7:20

Ajaran: Mikha (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak dahulu kala, dan mengerti bahwa Allah setia dalam mengampuni umat-Nya yang mengakui dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Mikha.

Isi Kitab: Kitab Mikha, terbagi atas 7 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat hubungan kedaulatan Allah dengan hidup dan sejarah manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mikha

  1. Pasal 1-3 (Mi 1:1-3:12).

    Pemberitaan tentang hukuman atas Israel karena perbuatan dosanya

    Pasal 1 (Mi 1:1-16) memuat perkataan Mikha terhadap Israel mengenai dosa-dosanya karena mencemarkan Yehuda dan Yerusalem. Nabi Mikha menekankan dosa penindasan yang disebabkan oleh orang-orang kaya yang malas. Uraian tentang dosa mereka terdapat dalam pasal 2-3 (Mi 2:1-3:12), yaitu bahwa orang-orang hanya melakukan pemerasan terhadap orang-orang miskin. Ini didukung oleh nabi-nabi palsu dan pemimpin- pemimpin bangsa.

    Dalam pasal-pasal ini Nabi Mikha memberikan teguran dan ancaman bagi mereka itu.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 1:5-7. Nabi Mikha mengecam dosa-dosa bangsa Israel.
    2. Bacalah pasal Mi 2:1-2,8-9; 3:2-3,9-12. Nabi Mikha menguraikan bentuk-bentuk perbuatan dos bangsa Israel. Apakah bentuk-bentuk dosa mereka?
  2. Pasal 4-5 (Mi 4:1-5:15).

    Pemberitaan tentang keselamatan di masa depan

    Setelah nabi memberitahukan teguran dan hukuman bangsa itu dan semua orang yang berbuat jahat, maka ia menyampaikan berita tentang zaman kedamaian yang kekal bagi seluruh bangsa di dunia. Dalam nubuat Nabi Mikha, yang sangat penting adalah tentang tempat kelahiran sang Mesias, Tuhan kita Yesus Kristus (Mikha 5:1) yang pengharapannya sungguh tepat, yaitu di Betlehem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 4:1-5. Nabi Mikha menjelaskan tentang kedamaian yang kekal bag segala bangsa di masa mendatang. Apakah yang dibua orang dengan perlengkapan perangnya? (ayat 3; Mi 4:3). Dan apakah suasana yang dialami orang-orang pada waktu itu? (ayat 4; Mi 4:4).
    2. Bacalah pasal Mi 5:1. Nabi Mikha menubuatkan tentang kedatangan Yesus Kristus. Di manakah tempat kelahiran Yesus Kristus dala Perjanjian Baru? Apakah sama dengan yang dinubuatkan dalam Mikha 5:1?
  3. Pasal 6-7 (Mi 6:1-7:20). Allah menuntut umat-Nya, karena kesalahan dan pelanggaran mereka Akibat dari ibadah mereka kepada Allah yang tidak dengan sepenuh hati, semuanya merupakan dosa bagi Tuhan, sehingga Tuhan menuntut kepada bangsa itu supaya berbuat adil, setia dan berjalan bersama Tuhan dengan rendah hati. Akhirnya Tuhan menyatakan kesetiaan-Nya dan rahmat-Nya kepada bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 6:3-5; 7:2-6. Allah membuktikan kemerosotan hidup rohani bangs Israel. Sebutkanlah, bagaimana keadaan bangsa Israel?
    2. Bacalah pasal Mi 7:14-20. Doa memohon pengampunan kepada Allah. Apakah yan saudara lakukan ketika sadar, bahwa saudara berbuat salah?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Nubuat nabi Mikha tentang kedatangan Penebus tela digenapi. Dengan demikian Firman Allah itu benar da janji-janji Allah yang belum tergenapi pasti akan digenap pada waktunya.
  2. Allah sangat membenci ibadah yang hanya berdasarkan hal-hal lahiriah.
  3. Mikha yang berasal dari pedalaman membuktikan bahwa Alla mau dan bisa memakai orang yang tidak berpengalaman/berpendidika tinggi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mikha?
  2. Apakah isi Kitab Mikha?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Mikha?

Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) Berita tentang penghakiman dan harapan WAKTU PENULISANPasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Y

Berita tentang penghakiman dan harapan

WAKTU PENULISAN
Pasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Yotam dimulai pada tahun 742 SM dan pemerintahan Hizkia berakhir dalam tahun 687 SM. Yeremia berbicara tentang nubuatan Mikha pada zaman pemerintahan Hizkia (Yer 26:18) dan mungkin pekerjaan kenabiannya dilaksanakan dalam tahun-tahun antara 725 SM dan 701 SM.

SITUASI
Mikha hidup di zaman krisis. Dua negeri adi kuasa, Mesir dan Asyur, sedang bertempur untuk memperebutkan supremasi dan negeri Mikha sendiri masih berada dalam keadaan cukup makmur -- sebagai peninggalan dari pemerintahan Raja Uzia yang cukup lama dan stabil (739 SM) Tetapi, tidak selamanya demikian. Dilihat dari sudut pandang keagamaan, Hizkia adalah seorang raja yang baik (2Raj 18:1-20:21), tetapi secara politis ia lemah. Di bawah pengaruh Mikha, ia memimpin gerakan pambaruan keagamaan, tetapi gerakannya tidak mengubah bangsanya. Negeri itu sudah rusak -- si kaya bertambah kaya dengan mempedayakan si miskin, para hakim akan memenangkan perkara mereka yang dapat membayar paling tinggi, dan bahkan para nabi dan imam menempatkan uang di atas Allah. Rakyatnya mengabaikan perintah-perintah Allah dan ilah-ilah ada di mana-mana, tetapi mereka masih berpendapat bahwa Allah akan melindungi mereka. Dalam tahun 722 SM kerajaan Israel bagian Utara dihancurkan. Hal ini seharusnya menjadi peringatan bagi Yehuda, tetapi sebaliknya mereka tetap mengikuti jalan yang salah itu.

PENULIS
Mikha berasal dari negeri Moresyet, sebuah kota kecil yang berbatasan dengan Filistin. Kota kecil itu merupakan lembah yang subur, dan berada pada jalur perdagangan. Sebagai seorang desa, Mikha mencurigai kota besar dan melihat bahwa kebobrokan Yehuda berakar pada kehidupan orang kota (Mik 1:5; 6:9). Didorong oleh kesadarannya yang amat kuat akan panggilan kenabiannya dan kuasa Tuhan dalam kehidupannya (Mik 3:8; 7:7), ia berani mempertahankan pendapatnya terhadap pendapat orang banyak.

KITAB INI
Kitab Mikha bukan merupakan sebuah pidato yang diucapkan sekaligus. Kitab itu merupakan kumpulan berbagai pesan. Ini berarti isinya dengan cepat melompat dari satu topik ke topik lainnya. Isi kitab silih berganti antara nubuatan dan hukuman yang dijatuhkan atas Yehuda karena dosa-dosa mereka, lengkap dengan gambaran yang jelas tentang dosa dan hukuman, serta nubuatan mengenai hari depan yang cerah setelah penghakiman.

Pesan

1. Allah itu kudus
Orang menipu diri mereka sendiri apabila mereka berpendapat bahwa mereka dapat meloloskan diri dari keegoisan, kekejaman dan kebobrokan mereka. Allah itu suci dan baik serta tidak dapat mengizinkan perbuatan yang salah. Semua dosa harus dan akan dihukum. Mik 1:25; 5:10-15

2. Allah itu adil
Tidak seperti para penguasa Israel, Allah tidak menerima suap. Baik orang kaya maupun yang berkuasa tidak akan mendapatkan perlakuan istimewa. Sebenarnya, Allah akan memberikan hukuman yang sesuai dengan kejahatan mereka. Mik 2:37; 3:4,9,12

3. Allah itu Penuntut
Ia tidak mengharapkan hanya janji di bibir saja dari umat-Nya, tetapi sikap dan kelakukan mereka, seluruh hidup mereka harus sesuai dengan apa yang mereka katakan. Mik 6:8

4. Allah memegang kendali
Kelihatannya seakan-akan dunia sudah tidak dapat dikendalikan lagi dan berada dalam keadaan kacau ballu, karena diambil alih oleh bangsa-bangsa yang tidak bertuhan. Tetapi, segala seuatu tidak selalu seperti apa yang diperkirakan. Ini adalah dunia Allah dan Ia bahkan berkuasa atas sejarah. Mik 4:8-13; 7:8-10

5. Allah memelihara
Allah telah dan selalu akan mengasihi umat-Nya. Mereka harus dihukum, tetapi serelah itu selalu ada harapan untuk masa depan. Akan selalu ada kehidpan baru yang penuh kemuliaan bagi semua orang yang sungguh-sunguh mengikut Allah. Mik 2:12,12; 6:3-5; 7:14,15

6. Allah prihatin terhadap seluruh dunia
Rencana-rencana Allah tidak hanya menyangkut bangsa Israel, tetapi juga seluruh bangsa. Kejahatan bangsa-bangsa akan dihukum, tetapi juga akan ada tempat bagi mereka di masa yang akan datang yang luar biasa. Mik 4:14; 7:16,17

7. Allah akan mengirimkan seorang Penebus
Setelah sekian lama, seseorang akan dilahirkan; ia akan membebaskan umat manusia dan menjadi seorang yang rendah hati, dari kota Betlehem, tetapi seseorang "yang asal-usulnya sudah ada sejak dahulu" Mik 5:2-6

Penerapan

Mikha mengajarkan kepada kita bahwa:

1. Ibadah yang suam-suam kuku tidak berguna
Ibadah dan gaya hidup harus saling berkaitan. Semua pengorbanan di dunia dan semua pertemuan ibadah tidak akan ada gunanya kecuali ada pengorbanan, kerendahan hati (Mik 6:8). Tidak mungkin kita mengatakan "Allah beserta saya" dan menuntut perlindungan-Nya jika kehidupan kita menunjukkan bahwa kita tidak sungguh-sungguh peduli akan apa yang Allah inginkan. (Mik 3:11)

2. Kehidupan bisnis juga penting
Allah memperhatikan bagaimana kita memperlakukan orang lain, dan Ia tidak menyukai alasan seperti "setiap orang melakukannya" atau "bisnis anda tidak akan maju tanpa ..." (Mik 2:15). Menginjak-injak orang lain mungkin dapat menolong Anda untuk menaiki tangga keberhasilan, tetapi hasilnya tidak akan seperti yang Anda harapkan. Kekayaan materi tidak selalu menjadi berkat yang besar (Mik 6:9-15).

3. Jawaban yang mudah tidak selalu benar
Kita tidak boleh hanya menginginkan jawaban yang kita ingin dengar. Jenis berita yang membawa kehangatan tidak selalu berasal dari sumber yang benar (Mik 2:11) Setiap pesan yang dianggap berasal dari Allah harus cocok dengan apa yang dikatakan dalam Alkitab tentang kasih dan keadilah Allah (Mik 3:5-8).

4. Sifat utusan Allah
Ia tahu bahwa Allah itu setia, meskipun keadaan di sekeliling dalam keadaaan kacau (Mik 7:7). Ia berbicara tentang kebenaran -- walaupun orang tidak ingin mendengarkannya (Mik 2:6). Ia menyadari akan adanya suatu kekuatan yang bukan berasal dari dirinya sendiri dan pesan-pesannya mencerminkan keadilan Allah (Mik 3:8).

Tema-tema Kunci

1. Penghakiman
Kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Yehuda menyangkut semua aspek kehidupan mereka (Mik 2:1-11; 3:1-12; 6:9-16). Dari referensi di atas buatlah sebuah daftar tentang dosa-dosa mereka dan tindakan apa yang Allah katakan akan diambil-Nya untuk melawan mereka. Catatlah bagaimana hukuman itu cocok dengan kejahatan yang dilakukan, dan juga berapa banyak dari masalah-masalah yang tidak dapat ditolerir Allah pada waktu itu, yang masih menjadi masalah dewasa ini.

2. Penghakiman
Allah adalah Allah yang adil dan Ia mengharapkan dari umat-Nya. Buatlah sebuah daftar tentang hal-hal yang mengacu kepada keadilan dalam Mikha. Perhatikan bahwa semua itu harus dilihat dari sudut praktisnya dan bukan hanya merupakan konsep yang abstrak.

3. Pengharapan
Mikha mempunyai pengharapan yang jelas untuk masa yang akan datang berdasarkan apa yang diketahuinya tentang Allah dan Firman-Nya. Lihatlah Mik 2:12; 4:4,6
Bacalah Mik 4:1-5:15. Bagaimana Mikha mermalkan hari depan dari:
o Yerusalem (Mik 4:1-3,8,13)?
o Bangsa yang tertinggal (Mik 2:12; 4:6,7,10; 5:7,8)?
o Semua bangsa (Mik 4:2-4)?

4. Pengampunan
Mikha berakhir dengan penggambaran mengenai pengampunan Allah yang penuh belas kasihan. Ayat-ayat ini dibacakan oleh bangsa Yahudi pada Hari Pertobatan, ketika mereka menyucikan diri dari dosa-dosa selama tahun yang telah lalu. Bacalah Mik 7:18-20. Apa yang dinyatakan dalam ayat-ayat ini tentang Allah? Apakah ada hal-hal pada permulaan yang menunjuk kepada akhir ajaran ini?

Garis Besar Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) [1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1 [2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16 Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami

[1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1

[2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16

Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan
Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami nasib yang sama
Mik 1:10-16Bangsa Asyur bergerak menuju Yerusalem

[3] MENGAPA ALLAH BEGITU MARAH? Mik 2:1-11

Mik 2:1,2Mereka merencanakan kejahatan dan menipu sesama
Mik 2:3-5Karenanya, Allah akan mengambil apa yang menjadi milik mereka
Mik 2:6,7Mikha tidak membesar-besarkan
Mik 2:8,9Mereka menindas orang miskin
Mik 2:10Karenanya, Allah akan mengusir mereka
Mik 2:11Mereka tidak menghendaki kebenaran

[4] SEKILAS PANDANGAN KE DEPAN Mik 2:12,13

Mik 2:12,13Harapan untuk masa depan

[5] PARA PEMIMPINLAH YANG HARUS PALING DIPERSALAHKAN Mik 3:1-12

Mik 3:1-4Penjagal atau penggembala?
Mik 3:5-8Para nabi semuanya menerima suap
Mik 3:9-12Ibadah mereka semua pura-pura

[6] MASA SEKARANG YANG KELABU -- HARI DEPAN YANG GEMILANG Mik 4:1-5

Mik 4:1Yerusalem: pusat dunia yang damai
Mik 4:2-4Setiap bangsa akan datang untuk beribadah dan belajar
Mik 4:5Marilah sekarang kita mulai melakukan kehendak Allah

[7] HARI-HARI BESAR YANG AKAN DATANG Mik 4:6-5:15

Mik 4:6-8Kelemahan akan menjadi kekuatan
Mik 4:9,10Kesedihan menjadi pembebasan
Mik 4:11-13Yang ditaklukkan menjadi penakluk
Mik 5:1-6Yang diperintah menjadi yang memerintah
Mik 5:7-9Kelompok kecil yang selamat akan menjadi kelompok yang makmur
Mik 5:10-15Korupsi akan dicabut

[8] ALLAH MEMBAWA ISRAEL KE PENGADILAN Mik 6:1-16

Mik 6:1,2Sidang pengadilan itu adalah dunia ini
Mik 6:3-5Pidato untuk penuntut -- Allah tidak melakukan hal-hal merugikan
Mik 6:6,7Pembelaan -- kami sangat taat beribadah. Apalagi yang Allah kehendaki?
Mik 6:8Allah selalu menginginkan hal yang sama -- keadilan, kebaikan dan kerendahan hati
Mik 6:9-16Israel dicela

[9] SYAIR SEDIH MIKHA Mik 7:1-7

Mik 7:1-4Mikha sedih melihat dosa-dosa umat; tidak ada seorang pun melakukan hal yang benar
Mik 7:5,6Engkau tidak dapat mempercayai seorang pun -- bahkan keluargamu sendiri sekalipun
Mik 7:7Tetapi, engkau masih dapat mempercayai Allah

[10] MENYONGSONG MASA DEPAN Mik 7:8-20

Mik 7:8-10Waspadalah hai bangsa-bangsa!
Mik 7:11-13Setiap orang akan datang ke Yerusalem
Mik 7:14-17Allah, jadilah Gembala kami
Mik 7:18-20Marilah kita akhiri dengan memuhi Allah
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.93 detik
dipersembahkan oleh YLSA