kecilkan semua  

Teks -- Mikha 1:1-16 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Judul
1:1 Firman TUHAN yang datang kepada Mikha, orang Moresyet, pada zaman Yotam, Ahas dan Hizkia, raja-raja Yehuda, yakni berkenaan dengan yang dilihatnya tentang Samaria dan Yerusalem.
Pemberitahuan hukuman atas Samaria
1:2 Dengarlah, hai bangsa-bangsa sekalian! Perhatikanlah, hai bumi serta isinya! Biarlah Tuhan ALLAH menjadi saksi terhadap kamu, yakni Tuhan dari bait-Nya yang kudus. 1:3 Sebab sesungguhnya, TUHAN keluar dari tempat-Nya dan turun berjejak di atas bukit-bukit bumi. 1:4 Luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya, dan lembah-lembah terbelah seperti lilin di depan api, seperti air tercurah di penurunan. 1:5 Semuanya ini terjadi karena pelanggaran Yakub, dan karena dosa kaum Israel. Pelanggaran Yakub itu apa? Bukankah itu Samaria? Dosa kaum Yehuda itu apa? Bukankah itu Yerusalem? 1:6 Sebab itu Aku akan membuat Samaria menjadi timbunan puing di padang, menjadi tempat penanaman pohon anggur. Aku akan menggulingkan batu-batunya ke dalam lembah dan akan menyingkapkan dasar-dasarnya. 1:7 Segala patungnya akan diremukkan, segala upah sundalnya akan dibakar, dan segala berhalanya akan Kuhancurkan; sebab dari upah sundal dikumpulkan semuanya itu, dan akan kembali menjadi upah sundal.
Nabi meratapi nasib Yehuda dan Yerusalem
1:8 Karena inilah aku hendak berkeluh kesah dan meratap, hendak berjalan dengan tidak berkasut dan telanjang, hendak melolong seperti serigala dan meraung seperti burung unta: 1:9 sebab lukanya tidak dapat sembuh, sudah menjalar ke Yehuda, sudah sampai ke pintu gerbang bangsaku, ke Yerusalem! 1:10 Di Gat janganlah sampaikan berita, janganlah sekali-kali menangis! Baiklah gulingkan dirimu dalam debu di Bet-Le-Afra! 1:11 Berkemaslah, hai penduduk Safir, dengan telanjang dan malu. Tidak berani keluar penduduk Zaanan. Ratapan Bet-Haezel menghalangi engkau untuk tetap berdiri. 1:12 Dengan bimbang penduduk Marot berharap akan kebaikan. Sebab malapetaka turun dari pada TUHAN sampai ke pintu gerbang Yerusalem. 1:13 Pasanglah kuda teji pada kereta, hai penduduk Lakhis! Inilah permulaan dosa bagi puteri Sion, sebab padamulah terdapat pelanggaran Israel. 1:14 Sebab itu baiklah diberi hadiah perpisahan kepada Moresyet-Gat. Rumah-rumah Akhzib akan menjadi tipu daya bagi raja-raja Israel. 1:15 Penakluk masih akan Kudatangkan kepadamu, hai penduduk Maresya! Kemuliaan Israel akan sampai di Adulam. 1:16 Cukurlah dan gundulkanlah kepalamu, karena anak-anak kesayanganmu! Jadikanlah kepalamu gundul seperti gundulnya burung bangkai, sebab dari padamu mereka akan masuk pembuangan.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adulam a town of Judah 16 km ESE of Gath and 17 km NW of Hebron,a cave near the town of Adullam
 · Ahas a son of Jotham; listed as an ancestor of Jesus,son and successor of King Jotham of Judah,son of Micah of Benjamin
 · Akhzib a town in the western foothills of Judah,a town of Asher on the coast 14 km north of Acco
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Hizkia son of Neariah, a descendant of Jeconiah
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Lakhis a town of Judah 23 km west of Hebron & 40 km north of Beersheba (SMM)
 · Mares town in the western foothills of Judah,son of Caleb son of Hezron of Judah,son of Laadah; great grandson of Judah
 · Maresa town in the western foothills of Judah,son of Caleb son of Hezron of Judah,son of Laadah; great grandson of Judah
 · Maresya town in the western foothills of Judah,son of Caleb son of Hezron of Judah,son of Laadah; great grandson of Judah
 · Marot a town in the plain west of Jerusalem (ZD)
 · Mikha son of Imlah; prophet of Israel in the time of King Ahab,father of Achbor/Abdon whom King Josiah used as a messenger,mother of King Abijah / Abijam of Judah,a prince King Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Zaccur, the son of Asaph,a priest trumpeter who helped dedicate the finished wall,son of Gemariah son of Shaphan
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moresyet a town near Gath in Judah
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · penduduk Safir a town somewhere in the western lowlands of Judah
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yotam the son who succeeded King Uzziah of Judah; the father of Ahaz; an ancestor of Jesus,the youngest son of Jerubbaal (Gideon),son and successor of King Azariah of Judah,son of Jahdai of Judah


Topik/Tema Kamus: Mikha | Datang, Kedatangan | Kereta | Kepala | Kuda | Nabi | Samaria Kuno | Naga | Burung Rajawali | Burung Hantu | Safir | Moresyet-Gat | Zaanan | Maresa | Bet-Haezal | Bet-Le-Afra | Marot | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mi 1:1 - MIKHA. Nas : Mi 1:1 Mikha, yang berasal dari bagian selatan Yehuda, bernubuat di antara tahun 750-687 SM. Dia adalah rekan sezaman Yesaya (bd. Yes 1:1...

Nas : Mi 1:1

Mikha, yang berasal dari bagian selatan Yehuda, bernubuat di antara tahun 750-687 SM. Dia adalah rekan sezaman Yesaya (bd. Yes 1:1) dan Hosea (bd. Hos 1:1;

lih. Pendahuluan Mikha).

Beritanya terutama dialamatkan kepada Yehuda (kerajaan selatan), walaupun ia juga menyampaikan penyataan tentang Israel (kerajaan utara). Tema utama Mikha adalah hukuman, namun ia juga menekankan pemulihan umat Allah.

Full Life: Mi 1:1 - SAMARIA DAN YERUSALEM. Nas : Mi 1:1 Samaria adalah ibu kota Israel; dan Yerusalem ibu kota Yehuda. Keduanya mewakili bangsa murtad yang akan dihukum oleh Allah (ayat Mi 1...

Nas : Mi 1:1

Samaria adalah ibu kota Israel; dan Yerusalem ibu kota Yehuda. Keduanya mewakili bangsa murtad yang akan dihukum oleh Allah (ayat Mi 1:5-7).

Full Life: Mi 1:5 - PELANGGARAN ... DOSA. Nas : Mi 1:5 Bangsa ini akan dihukum karena dosa-dosa mereka, khususnya penyembahan berhala (ayat Mi 1:7), kedursilaan (ayat Mi 1:7), kejahatan, da...

Nas : Mi 1:5

Bangsa ini akan dihukum karena dosa-dosa mereka, khususnya penyembahan berhala (ayat Mi 1:7), kedursilaan (ayat Mi 1:7), kejahatan, dan ketidakadilan (Mi 2:1-2). Dosa-dosa yang lazim dilakukan di ibu kota merupakan dosa-dosa yang dilakukan oleh seluruh bangsa itu.

Full Life: Mi 1:6 - SAMARIA MENJADI TIMBUNAN PUING. Nas : Mi 1:6 Nubuat ini digenapi pada tahun 722 SM ketika pasukan Asyur memusnahkan kota ini (lih. 2Raj 17:1-5); penggenapan itu terjadi tidak lama...

Nas : Mi 1:6

Nubuat ini digenapi pada tahun 722 SM ketika pasukan Asyur memusnahkan kota ini (lih. 2Raj 17:1-5); penggenapan itu terjadi tidak lama sesudah Mikha menubuatkannya.

Full Life: Mi 1:8-9 - AKU HENDAK BERKELUH KESAH DAN MERATAP. Nas : Mi 1:8-9 Mikha menangisi kejatuhan Samaria (bd. ayat Mi 1:6). Hatinya hancur karena mereka menolak Allah sehingga harus dihukum. Apakah kita ...

Nas : Mi 1:8-9

Mikha menangisi kejatuhan Samaria (bd. ayat Mi 1:6). Hatinya hancur karena mereka menolak Allah sehingga harus dihukum. Apakah kita menyesal dan sedih bila orang terus berdosa terhadap Allah dan sedang menuju kepada kebinasaan dan kemusnahan mereka sendiri?

Full Life: Mi 1:9 - SUDAH MENJALAR KE YEHUDA. Nas : Mi 1:9 Yehuda juga bersalah karena pelanggaran dan pemberontakan terhadap Allah. Jadi, Mikha mengimbau beberapa kota tertentu di Yehuda (ayat...

Nas : Mi 1:9

Yehuda juga bersalah karena pelanggaran dan pemberontakan terhadap Allah. Jadi, Mikha mengimbau beberapa kota tertentu di Yehuda (ayat Mi 1:10-16) untuk meratapi kebinasaan yang akan menimpa mereka. Nubuat Mikha digenapi ketika Sanherib merebut kota-kota berkubu negeri Yehuda (2Raj 18:13); menurut catatan Asyur, Sanherib merebut 46 kota.

Full Life: Mi 1:16 - CUKURLAH ... KEPALAMU. Nas : Mi 1:16 Mencukur kepala menjadi tanda kesedihan yang lahiriah; demikianlah, Mikha meminta agar umat Allah menantikan perkabungan yang amat me...

Nas : Mi 1:16

Mencukur kepala menjadi tanda kesedihan yang lahiriah; demikianlah, Mikha meminta agar umat Allah menantikan perkabungan yang amat mendalam.

  1. 1) Hukuman akan keras; anak-anak akan dirampas dari mereka dan diangkut ke dalam pembuangan. Mikha menekankan bahwa umat Allah tidak dapat berpaling dari Tuhan tanpa menderita akibat-akibat yang hebat.
  2. 2) Orang yang meninggalkan Allah dan Firman-Nya untuk bersekutu dengan dunia dan kegiatan berdosanya akan menemukan bahwa Allah akan menentang mereka dan mungkin mendatangkan malapetaka dalam hidup mereka.

BIS: Mi 1:10 - Bet-Le-Afra Bet-Le-Afra: Nabi Mikha berbicara tentang kota-kota di sekitar Yerusalem (ayat 10-14) yang pasti akan diserang lebih dahulu sebelum musuh menyerbu Yer...

Bet-Le-Afra: Nabi Mikha berbicara tentang kota-kota di sekitar Yerusalem (ayat 10-14) yang pasti akan diserang lebih dahulu sebelum musuh menyerbu Yerusalem.

Jerusalem: Mi 1:2-7 - -- Nubuat ini aselinya mengenai Samaria dan diucapkan sebelum kota itu dimusnahkan pada th 721 seb Mas. tetapi kemudian nubuat itu diterapkan pada Yerusa...

Nubuat ini aselinya mengenai Samaria dan diucapkan sebelum kota itu dimusnahkan pada th 721 seb Mas. tetapi kemudian nubuat itu diterapkan pada Yerusalem.

Jerusalem: Mi 1:2 - Tuhan ALLAH Begitu terbaca dalam naskah Ibrani, sedangkan dalam terjemahan Yunani terbaca: TUHAN.

Begitu terbaca dalam naskah Ibrani, sedangkan dalam terjemahan Yunani terbaca: TUHAN.

Jerusalem: Mi 1:5 - Dosa kaum Yehuda Ini menurut terjemahan Yunani dan Targum. Dalam naskah Ibrani tertulis: bukti-bukti pengorbanan.

Ini menurut terjemahan Yunani dan Targum. Dalam naskah Ibrani tertulis: bukti-bukti pengorbanan.

Jerusalem: Mi 1:7 - upah sundalnya Ialah upah-sundal bakti yang dilakukan perempuan yang bertugas dalam ibadat di Samaria, Ams 2:7-8; Hos 4:14; bdk Ula 23:18+. Mikha menganggap seluruh ...

Ialah upah-sundal bakti yang dilakukan perempuan yang bertugas dalam ibadat di Samaria, Ams 2:7-8; Hos 4:14; bdk Ula 23:18+. Mikha menganggap seluruh Samaria sebagai "pelacur". Begitu Hosea, Yeremia dan Yehezkiel menyebut Israel sebagai wanita sundal, bdk Hos 1:2+

Jerusalem: Mi 1:7 - dikumpulkan semuanya itu Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Siria dan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: dikumpulkannya.

Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Siria dan Latin. Dalam naskah Ibrani tertulis: dikumpulkannya.

Jerusalem: Mi 1:8-16 - -- Ratapan ini menubuatkan kemalangan yang akan menimpa dua belas kota. Tujuh di antaranya terletak di bagian barat daya Yehuda, yaitu Gat, Moresyet-Gat,...

Ratapan ini menubuatkan kemalangan yang akan menimpa dua belas kota. Tujuh di antaranya terletak di bagian barat daya Yehuda, yaitu Gat, Moresyet-Gat, Lakhis, Zanaan, Akhzib, Maresya dan Adulam, bdk Yos 15:34-44. Dalam Mik 1:10 agaknya nama salah satu kota hilang. keempat kota yang disebut sebagai yang terakhir kiranya terletak di daerah yang sama. Maksud nubuat ini pada umumnya jelas. Sebuah serangan musuh melanda daerah asal nabi. Ini menjadi peringatan bagi Yerusalem. serangan musuh itu kiranya serbuan yang dilancarkan raja Sanherib melawan negeri Filistin dan Yehuda pada th 701 seb Mas.

Jerusalem: Mi 1:10-14 - -- Sama seperti dalam Yes 10:28-32 demikianpun di sini nama-nama kota itu aslinya mungkin menyinggung apa yang dikatakan tentangnya. Tetapi naskah Ibrani...

Sama seperti dalam Yes 10:28-32 demikianpun di sini nama-nama kota itu aslinya mungkin menyinggung apa yang dikatakan tentangnya. Tetapi naskah Ibrani rupanya agak rusak, sehingga halnya tidak terpelihara.

Jerusalem: Mi 1:10 - janganlah sekali-kali menangis Naskah Ibrani rupanya rusak. Aselinya mungkin disebut nama salah satu kota.

Naskah Ibrani rupanya rusak. Aselinya mungkin disebut nama salah satu kota.

Jerusalem: Mi 1:11 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani agaknya rusak. Terjemahannya sukar sekali. Para ahli mengusulkan macam-macam perbaikan.

Ayat ini dalam naskah Ibrani agaknya rusak. Terjemahannya sukar sekali. Para ahli mengusulkan macam-macam perbaikan.

Jerusalem: Mi 1:12 - Dengan bimbang... Terjemahan ini tidak pasti.

Terjemahan ini tidak pasti.

Jerusalem: Mi 1:13 - Inilah permulaan... Maksud ayat ini kurang jelas.

Maksud ayat ini kurang jelas.

Jerusalem: Mi 1:15 - Adulam Kota ini menjadi tempat bersembunyi bagi Daud waktu melarikan diri dari pada raja Saul, 1Sa 22:1; 2Sa 23:13. Kurang jelas apa yang dimaksudkan dengan ...

Kota ini menjadi tempat bersembunyi bagi Daud waktu melarikan diri dari pada raja Saul, 1Sa 22:1; 2Sa 23:13. Kurang jelas apa yang dimaksudkan dengan "kemuliaan Israel". Ungkapan itu dapat berarti: Tuhan. Tetapi kurang pasti apakah di sini Tuhan dimaksudkan.

Ende: Mi 1:1 - -- Djudul ini dibubuhkan oleh si penjusun dan tidak berasal dari nabi sendiri.

Djudul ini dibubuhkan oleh si penjusun dan tidak berasal dari nabi sendiri.

Ende: Mi 1:2-7 - -- Dengan bahasa sastera biasa nabi2 pengadilan Jahwe digambarkan.

Dengan bahasa sastera biasa nabi2 pengadilan Jahwe digambarkan.

Ende: Mi 1:2 - kamu ialah Israil. Bangsa2 lain dikerahkan untuk menjaksikan hukuman jang ditimpakan pada Israil oleh Asjur pada th. 721.

ialah Israil. Bangsa2 lain dikerahkan untuk menjaksikan hukuman jang ditimpakan pada Israil oleh Asjur pada th. 721.

Ende: Mi 1:5 - -- Kesalahan Israil (Keradjaan Utara) adalah Sjomron, sebab kota itu merupakan pusat ibadah jang tak sjah serta pemerintah jang buruk. Demikianlah Israil...

Kesalahan Israil (Keradjaan Utara) adalah Sjomron, sebab kota itu merupakan pusat ibadah jang tak sjah serta pemerintah jang buruk. Demikianlah Israil murtad, seperti djuga Juda dengan pusatnja Jerusjalem.

Ende: Mi 1:7 - upahnja ialah hadiah jang diberikan kepada berhala2 jang ibadahnja seringkali tjabul dengan pelatjur2 sutji (upah djina).Musuh akan merampas "upah" itu dan la...

ialah hadiah jang diberikan kepada berhala2 jang ibadahnja seringkali tjabul dengan pelatjur2 sutji (upah djina).Musuh akan merampas "upah" itu dan lalu memberikannja kepada berhala2nja sendiri sebagai "upah djinah" lagi.

Ende: Mi 1:8-15 - -- Nabi meratapi Juda jang dibinasakan djuga.

Nabi meratapi Juda jang dibinasakan djuga.

Ende: Mi 1:9 - -- Nasib Israil (Mik 1:2-7) menimpa Juda djuga.

Nasib Israil (Mik 1:2-7) menimpa Juda djuga.

Ende: Mi 1:10 - -- Kabar tentang keruntuhan Jerusjalem tidak boleh diberitahukan kepada bangsa2 lain (Felesjet, Fenisia), agar mereka djangan senang hati karenanja, pada...

Kabar tentang keruntuhan Jerusjalem tidak boleh diberitahukan kepada bangsa2 lain (Felesjet, Fenisia), agar mereka djangan senang hati karenanja, pada hal toh tidak menolong.

Ende: Mi 1:10-15 - -- Nabi main2 dengan nama kota2 itu, jang letaknja di Juda selatan, daerah asal nabi sendiri, sebab bunji nama itu hampir sama dengan kata hibrani jang m...

Nabi main2 dengan nama kota2 itu, jang letaknja di Juda selatan, daerah asal nabi sendiri, sebab bunji nama itu hampir sama dengan kata hibrani jang melukiskan nasibnja masing2.

Ende: Mi 1:11 - -- Menjindir pembuangan.

Menjindir pembuangan.

Ende: Mi 1:11 - daripadamu jaitu penduduk kota itu.

jaitu penduduk kota itu.

Ende: Mi 1:12 - -- Bila Jerusjalem ditimpa bentjana, maka Marot (=kepahitan) sama sekali tidak boleh berharap lagi.

Bila Jerusjalem ditimpa bentjana, maka Marot (=kepahitan) sama sekali tidak boleh berharap lagi.

Ende: Mi 1:13 - awal dosalah...dst Lakisj adalah benteng dan kota perkudaan. Maka Juda pertjaja pada kekuatan benteng itu. Dan djustru itulah "kesalahannja", jaitu pertjaja pada kekuata...

Lakisj adalah benteng dan kota perkudaan. Maka Juda pertjaja pada kekuatan benteng itu. Dan djustru itulah "kesalahannja", jaitu pertjaja pada kekuatannja sendiri dan tidak se-mata2 pada Jahwe.

Ende: Mi 1:14 - mas kawin....dst. Mas kawin itu bukan mahar, jang diberikan kepada isteri atau walinja, tetapi hadiah2 jang dibawa isteri jang kawin. Jerusjalem (ibu) harus memberikan ...

Mas kawin itu bukan mahar, jang diberikan kepada isteri atau walinja, tetapi hadiah2 jang dibawa isteri jang kawin. Jerusjalem (ibu) harus memberikan hadiah2 kawin itu, oleh sebab puterinja (Moresjet-Gat) diambil daripadanja oleh musuh.

Ende: Mi 1:14 - lopak dengan air keruh jang tidak dapat diminum, merupakan Bet-Akzib, jang tidak berguna lagi untuk radja2 Juda.

dengan air keruh jang tidak dapat diminum, merupakan Bet-Akzib, jang tidak berguna lagi untuk radja2 Juda.

Ende: Mi 1:15 - pendjadjah ialah Asjur.

ialah Asjur.

Ende: Mi 1:15 - Adulam tempat Dawud mengungsi, waktu ia harus melarikan diri. Kemudian Israil (kaum pemuka dari Juda) sekali lagi harus melarikan diri untuk musuh.

tempat Dawud mengungsi, waktu ia harus melarikan diri. Kemudian Israil (kaum pemuka dari Juda) sekali lagi harus melarikan diri untuk musuh.

Ende: Mi 1:16 - -- Juda (Jerusjalem) diadjak untuk berkabung atas penduduknja.

Juda (Jerusjalem) diadjak untuk berkabung atas penduduknja.

Endetn: Mi 1:5 - dosa diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis djamak.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan keterangan Jahudi (Targum). Tertulis djamak.

Endetn: Mi 1:5 - dosa keluarga diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bukit2 angkar".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "bukit2 angkar".

Endetn: Mi 1:8 - berdjalan diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Naskah Hibrani salah tulis.

diperbaiki menurut tjatatan naskah Hibrani (Kere). Naskah Hibrani salah tulis.

Endetn: Mi 1:9 - pukulan Jahwe diperbaiki dengan memisahkan huruf2 setjara lain Tertulis: "luka2nja".

diperbaiki dengan memisahkan huruf2 setjara lain Tertulis: "luka2nja".

Endetn: Mi 1:10 - di Ako diperbaiki. Tertulis: "Menangislah".

diperbaiki. Tertulis: "Menangislah".

Endetn: Mi 1:10 - ber-guling2lah diperbaiki. Tertulis: "Aku ber-guling2".

diperbaiki. Tertulis: "Aku ber-guling2".

Endetn: Mi 1:11 - pergilah diperbaiki. Tertulis: "bagi kamu".

diperbaiki. Tertulis: "bagi kamu".

Endetn: Mi 1:12 - mengharapkan diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Ia adalah sakit". "gerbang2", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Ia adalah sakit". "gerbang2", diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Mi 1:14 - Bet(-Akzib) diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Rumah2".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Rumah2".

Endetn: Mi 1:15 - akan datanglah diperbaiki menurut kiraan. Kata Hibrani (bapakku?) tidak dapat diartikan.

diperbaiki menurut kiraan. Kata Hibrani (bapakku?) tidak dapat diartikan.

Ref. Silang FULL: Mi 1:1 - orang Moresyet // zaman Yotam // Ahas // dan Hizkia // raja-raja Yehuda // yang dilihatnya · orang Moresyet: Mi 1:14; Yer 26:18 · zaman Yotam: 1Taw 3:12; 1Taw 3:12 · Ahas: 1Taw 3:13; 1Taw 3:13 · dan Hizkia: 1Taw 3...

· orang Moresyet: Mi 1:14; Yer 26:18

· zaman Yotam: 1Taw 3:12; [Lihat FULL. 1Taw 3:12]

· Ahas: 1Taw 3:13; [Lihat FULL. 1Taw 3:13]

· dan Hizkia: 1Taw 3:13; [Lihat FULL. 1Taw 3:13]

· raja-raja Yehuda: Hos 1:1

· yang dilihatnya: Yes 1:1

Ref. Silang FULL: Mi 1:2 - Dengarlah // bangsa-bangsa sekalian // hai bumi // menjadi saksi // dari bait-Nya · Dengarlah: Ul 32:1; Ul 32:1 · bangsa-bangsa sekalian: Mazm 50:7 · hai bumi: Yer 6:19; Yer 6:19 · menjadi saksi: Kej 31:5...

· Dengarlah: Ul 32:1; [Lihat FULL. Ul 32:1]

· bangsa-bangsa sekalian: Mazm 50:7

· hai bumi: Yer 6:19; [Lihat FULL. Yer 6:19]

· menjadi saksi: Kej 31:50; [Lihat FULL. Kej 31:50]; Ul 4:26; [Lihat FULL. Ul 4:26]; Yes 1:2; [Lihat FULL. Yes 1:2]

· dari bait-Nya: Mazm 11:4; [Lihat FULL. Mazm 11:4]

Ref. Silang FULL: Mi 1:3 - dari tempat-Nya // dan turun // bukit-bukit bumi · dari tempat-Nya: Yes 18:4; Yes 18:4 · dan turun: Yes 64:1; Yes 64:1 · bukit-bukit bumi: Am 4:13; Am 4:13

· dari tempat-Nya: Yes 18:4; [Lihat FULL. Yes 18:4]

· dan turun: Yes 64:1; [Lihat FULL. Yes 64:1]

· bukit-bukit bumi: Am 4:13; [Lihat FULL. Am 4:13]

Ref. Silang FULL: Mi 1:4 - Luluhlah // bawah kaki-Nya // lembah-lembah terbelah · Luluhlah: Mazm 46:3,7; Mazm 46:3; Mazm 46:7 · bawah kaki-Nya: Ayub 9:5; Ayub 9:5 · lembah-lembah terbelah: Bil 16:31; Bil 16:31...

· Luluhlah: Mazm 46:3,7; [Lihat FULL. Mazm 46:3]; [Lihat FULL. Mazm 46:7]

· bawah kaki-Nya: Ayub 9:5; [Lihat FULL. Ayub 9:5]

· lembah-lembah terbelah: Bil 16:31; [Lihat FULL. Bil 16:31]; Nah 1:5

Ref. Silang FULL: Mi 1:5 - itu Samaria · itu Samaria: Am 8:14

· itu Samaria: Am 8:14

Ref. Silang FULL: Mi 1:6 - pohon anggur // menggulingkan batu-batunya // menyingkapkan dasar-dasarnya · pohon anggur: Ul 20:6; Ul 20:6 · menggulingkan batu-batunya: Am 5:11; Am 5:11 · menyingkapkan dasar-dasarnya: Yeh 13:14

· pohon anggur: Ul 20:6; [Lihat FULL. Ul 20:6]

· menggulingkan batu-batunya: Am 5:11; [Lihat FULL. Am 5:11]

· menyingkapkan dasar-dasarnya: Yeh 13:14

Ref. Silang FULL: Mi 1:7 - Segala patungnya // akan diremukkan // segala berhalanya // upah sundal · Segala patungnya: Yeh 6:6; Yeh 6:6 · akan diremukkan: Kel 32:20; Kel 32:20 · segala berhalanya: Ul 9:21; Ul 9:21 · upah ...

· Segala patungnya: Yeh 6:6; [Lihat FULL. Yeh 6:6]

· akan diremukkan: Kel 32:20; [Lihat FULL. Kel 32:20]

· segala berhalanya: Ul 9:21; [Lihat FULL. Ul 9:21]

· upah sundal: Ul 23:17-18

Ref. Silang FULL: Mi 1:8 - dan meratap // tidak berkasut · dan meratap: Yes 15:3; Yes 15:3 · tidak berkasut: Yes 20:2; Yes 20:2

· dan meratap: Yes 15:3; [Lihat FULL. Yes 15:3]

· tidak berkasut: Yes 20:2; [Lihat FULL. Yes 20:2]

Ref. Silang FULL: Mi 1:9 - sebab lukanya // dapat sembuh // ke Yehuda // pintu gerbang · sebab lukanya: Yer 46:11 · dapat sembuh: Yer 10:19; Yer 10:19 · ke Yehuda: 2Raj 18:13; 2Raj 18:13 · pintu gerbang: Yes 3...

· sebab lukanya: Yer 46:11

· dapat sembuh: Yer 10:19; [Lihat FULL. Yer 10:19]

· ke Yehuda: 2Raj 18:13; [Lihat FULL. 2Raj 18:13]

· pintu gerbang: Yes 3:26

Ref. Silang FULL: Mi 1:11 - dengan telanjang · dengan telanjang: Yeh 23:29

· dengan telanjang: Yeh 23:29

Ref. Silang FULL: Mi 1:12 - akan kebaikan // Sebab malapetaka · akan kebaikan: Yer 14:19 · Sebab malapetaka: Yer 40:2

· akan kebaikan: Yer 14:19

· Sebab malapetaka: Yer 40:2

Ref. Silang FULL: Mi 1:13 - penduduk Lakhis // puteri Sion · penduduk Lakhis: Yos 10:3; Yos 10:3 · puteri Sion: Mazm 9:15; Mazm 9:15

· penduduk Lakhis: Yos 10:3; [Lihat FULL. Yos 10:3]

· puteri Sion: Mazm 9:15; [Lihat FULL. Mazm 9:15]

Ref. Silang FULL: Mi 1:14 - diberi hadiah // kepada Moresyet // Rumah-rumah Akhzib // tipu daya · diberi hadiah: 2Raj 16:8 · kepada Moresyet: Mi 1:1; Mi 1:1 · Rumah-rumah Akhzib: Yos 15:44; Yos 15:44 · tipu daya: Yer 1...

· diberi hadiah: 2Raj 16:8

· kepada Moresyet: Mi 1:1; [Lihat FULL. Mi 1:1]

· Rumah-rumah Akhzib: Yos 15:44; [Lihat FULL. Yos 15:44]

· tipu daya: Yer 15:18

Ref. Silang FULL: Mi 1:15 - penduduk Maresya // di Adulam · penduduk Maresya: Yos 15:44 · di Adulam: Yos 12:15; Yos 12:15

· penduduk Maresya: Yos 15:44

· di Adulam: Yos 12:15; [Lihat FULL. Yos 12:15]

Ref. Silang FULL: Mi 1:16 - Cukurlah // masuk pembuangan · Cukurlah: Im 13:40; Im 13:40; Ayub 1:20; Ayub 1:20 · masuk pembuangan: Ul 4:27; Ul 4:27; Am 5:27; Am 5:27

· Cukurlah: Im 13:40; [Lihat FULL. Im 13:40]; Ayub 1:20; [Lihat FULL. Ayub 1:20]

· masuk pembuangan: Ul 4:27; [Lihat FULL. Ul 4:27]; Am 5:27; [Lihat FULL. Am 5:27]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mi 1:1 - -- ERROR ERROR

ERROR ERROR

Wycliffe: Mi 1:2 - -- A. Panggilan Untuk Memperhatikan. 1:2. Dengarlah atau dengarkanlah. Mendengar dengan perhatian, dengan pemahaman secara mental dan spiritual, dan den...

A. Panggilan Untuk Memperhatikan. 1:2.

Dengarlah atau dengarkanlah. Mendengar dengan perhatian, dengan pemahaman secara mental dan spiritual, dan dengan maksud untuk taat. Kata ini biasa dipakai oleh nabi-nabi untuk meminta perhatian pada pesan-pesan mereka (bdg. Yes. 1:2, 10; Am. 3:1; Yl. 4:1). Bangsa-bangsa sekalian ... bumi serta isinya. Pesan ini ditujukan kepada seluruh bangsa. Bumi serta isinya harus siap (bdg. Yes. 1:2; Ul. 32:1). Perhatikanlah. Harfiahnya, Pasanglah telinga. Bangsa itu harus menaruh perhatian ketika pesan diberitakan. Tuhan. "Tuhan" atau "Penguasa" yang adalah raja atas alam semesta. Terhadap atau di antara kamu (ASV catatan pinggir). Bila "terhadap," maka yang diacu adalah Samaria dan Yerusalem. Bila dipakai dengan arti "di antara," maka kata gantinya menunjuk kepada seluruh bangsa. Dalam hal manapun, TUHAN berbicara mengenai kejahatan kota-kota besar Israel dan Yehuda. Dia menyaksikan dari bait-Nya yang kudus. Bait ini, berdasarkan konteks, berada di surga. "Kudus" terutama berarti "terpisah. Surga itu sendiri terpisah dan dikhususkan untuk maksud-maksud kudus TUHAN. Kekudusan aktif Tuhan pergi ke seluruh bumi, dalam penyelamatan ataupun dalam penghakiman.

Wycliffe: Mi 1:3-4 - -- B. Kedatangan yang dahsyat dari Yehovah diberitakan dan digambarkan. 1:3, 4. Ayat-ayat ini memberikan sebuah alasan serius mengapa semua bangsa harus...

B. Kedatangan yang dahsyat dari Yehovah diberitakan dan digambarkan. 1:3, 4.

Ayat-ayat ini memberikan sebuah alasan serius mengapa semua bangsa harus mendengarkan pesan ini.

Wycliffe: Mi 1:3 - Keluar // Dan turun berjejak 3. Keluar. Bentuk yang dipakai menunjukkan bahwa TUHAN terus-menerus duduk mengadili dosa dan orang-orang berdosa. Dan turun berjejak. Kedua kata kerj...

3. Keluar. Bentuk yang dipakai menunjukkan bahwa TUHAN terus-menerus duduk mengadili dosa dan orang-orang berdosa. Dan turun berjejak. Kedua kata kerja ini menunjukkan tindakan yang berulang.

Wycliffe: Mi 1:4 - luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya // (lembah-lembah) // seperti lilin di depan api, // lembah-lembah 4. Ketika langkah agung TUHAN menyentuh puncak-puncak gunung, luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya. Lembah-lembah baru akan terbentuk ketika bukit...

4. Ketika langkah agung TUHAN menyentuh puncak-puncak gunung, luluhlah gunung-gunung di bawah kaki-Nya. Lembah-lembah baru akan terbentuk ketika bukit-bukit (lembah-lembah) terbelah dan, seperti lilin di depan api, tercurah seperti semburan air di penurunan. Hendaknya diperhatikan bahwa Orelli (The Twelve Minor Prophets, hlm. 191) lebih suka memakai dataran daripada lembah-lembah. Orang-orang lain menyarankan perubahan yakni, bukit-bukit, untuk menghindari kesulitan yang nyata dari ungkapan "lembah-lembah" terbelah. Gambaran serupa tentang manifestasi TUHAN yang membangkitkan kekaguman seperti itu terdapat dalam Keluaran 19:18, 19; Hakim-hakim 5:5; Yesaya 64:1; Habakuk 3:6.

Wycliffe: Mi 1:5 - -- C. Dosa-dosa Kota Besar Melambangkan Dosa-dosa Bangsa. 1:5. Karena pelanggaran Yakub. Pelanggaran harfiahnya berarti pemisahan diri atau pemberontaka...

C. Dosa-dosa Kota Besar Melambangkan Dosa-dosa Bangsa. 1:5.

Karena pelanggaran Yakub. Pelanggaran harfiahnya berarti pemisahan diri atau pemberontakan. Kemurtadan akan lebih mendekati arti kata Ibraninya (Cheyne, "Micah," The Cambridge Bible). Israel, yakni Kerajaan Utara, telah memisahkan diri dari Tuhan dan memberontak melawan syarat-syarat-Nya yang adil. Karena, yaitu, "akibat," pelanggaran adalah semuanya ini - baik tindakan menyaksikan sebelumnya maupun penghakiman yang mengikuti. Frase-frase itu mungkin menunjuk kepada keduanya. Dosa. Berdosa secara harfiah berarti tidak mengenai sasaran, seperti ketika seorang ahli tembak menembak dan salah atau tidak mengenai sasaran. Dalam Perjanjian Baru kata Yunani untuk dosa, hamartia, memiliki arti yang sama. Tuhan telah memasang target, dan kaum Israel tidak mengenai sasaran. Itu apa? Harfiahnya, Itu siapa? Pemberontakan dan dosa dilakukan oleh bangsa. Bentuk pertanyaannya menuntut adanya jawaban setuju. Dosa kaum Yehuda (AV., The high places of Judah) adalah lokasi-lokasi untuk penyembahan berhala, yang dilarang oleh hukum Musa (bdg. Ul. 13). Nabi ini menuduh dua kota besar tersebut sebagai pusat dosa bangsa-bangsa. Tuduhan ini dapat dikenakan terhadap banyak kota besar sepanjang sejarah.

Wycliffe: Mi 1:6 - Sebab itu // Timbunan, // tempat penanaman pohon anggur 6. Sebab itu. Oleh karena dosa-dosa Samaria, TUHAN akan melakukan hal-hal berikut ini. Timbunan, yaitu, puing reruntuhan yang menjadi tempat penanaman...

6. Sebab itu. Oleh karena dosa-dosa Samaria, TUHAN akan melakukan hal-hal berikut ini. Timbunan, yaitu, puing reruntuhan yang menjadi tempat penanaman pohon anggur. Peperangan menyebabkan kehancuran kota itu beberapa kali, dan nubuatan ini benar-benar digenapi (bdg. Yes. 21:1-3). TUHAN menyatakan bahwa Dia akan membuat batu-batu Samaria terguling ke dalam lembah, dan sama sekali menyingkapkan dasar-dasarnya. Saat ini Samaria adalah timbunan puing, tidak hanya di puncak bukit melainkan juga di ladang-ladang di bawahnya. Ekspedisi arkeologi telah memperluas pembongkaran dasar-dasarnya sampai pada istana-istana Omri dan Ahab.

Wycliffe: Mi 1:7 - Segala patungnya, // Segala upah sundalnya; 7. Segala patungnya, menurut pemberitahuan terlebih dahulu oleh TUHAN, akan diremukkan-Nya, dalam kemarahan-Nya terhadap penyembahan berhala (Kel. 20:...

7. Segala patungnya, menurut pemberitahuan terlebih dahulu oleh TUHAN, akan diremukkan-Nya, dalam kemarahan-Nya terhadap penyembahan berhala (Kel. 20:4). Segala upah sundalnya; yaitu upah yang dibayarkan kepada para sundal sebagai harga dosa mereka. Sang nabi menganggap peradaban penyembahan berhala Samaria sebagai produk dari pemberian upah kepada sundal-sundal; atau menganggap penyembahan berhala sebagai persundalan. Samaria akan dihancurkan dan kepingan patung-patungnya akan kembali pada kegunaan aslinya, yaitu sebagai upah sundal.

Wycliffe: Mi 1:8 - Karena inilah // Karena inilah aku // Aku hendak berkeluh kesah ... melolong seperti serigala 8. Karena inilah. Nabi ini menyatakan bahwa dia akan berkeluh kesah dan meratap, hendak berjalan dengan tidak berkasut dan telanjang, karena luka Sama...

8. Karena inilah. Nabi ini menyatakan bahwa dia akan berkeluh kesah dan meratap, hendak berjalan dengan tidak berkasut dan telanjang, karena luka Samaria yang tidak dapat sembuh yang telah menimpa bangsanya sendiri, bahkan sampai ke pintu gerbang Yerusalem, ibu kota politik dan pusat penyembahan. Karena inilah aku. Nabi mengaitkan dirinya dengan bangsa itu. Bentuk harfiah dari ayat 8 menghasilkan pernyataan yang sungguh-sungguh. Mikha memulai dengan, Aku hendak berkeluh kesah ... melolong seperti serigala. Dia akan meratap sampai dia kehabisan tenaga, sehingga suaranya akan menjadi seperti "ciapan" seekor anak burung unta betina (ASV, RSV). Telanjang adalah hal yang biasa dialami seorang tawanan. Dalam duka citanya, sang nabi hendak berjalan dengan tidak berkasut dan telanjang.

Wycliffe: Mi 1:9 - -- 9. Penyembahan berhala dan kejahatan Samaria begitu berpengaruh terhadap Yerusalem sehingga Yerusalem juga bersalah dengan dosa yang sama. Keturunan d...

9. Penyembahan berhala dan kejahatan Samaria begitu berpengaruh terhadap Yerusalem sehingga Yerusalem juga bersalah dengan dosa yang sama. Keturunan dari keluarga Ahab (raja atas Kerajaan Utara, suami Izebel) memerintah di Yerusalem dan membawa bangsa itu menjauhi TUHAN. Luka yang dihasilkan, yang tidak dapat sembuh, telah menular pada kehidupan politik, sosial dan agama di Yehuda, termasuk tempat musyawarah, yaitu "pintu gerbang kota." Di Timur Dekat, pintu gerbang berarti dewan penasihat raja atau kabinet, dan arti itu bertahan bahkan sampai jatuhnya kesultanan Turki dalam tahun-tahun belakangan ini. Selama beberapa abad kabinet Turki disebut "the Sublime Porte." Dosa yang sama patut menerima penghukuman yang sama, entah itu dosa Samaria atau pun dosa Yerusalem.

Wycliffe: Mi 1:10 - Di Gat // janganlah sampaikan berita // Baiklah gulingkan dirimu dalam debu di Bet-Le-Afra 10. Perhatikan bahwa, mulai dengan pasal 10, daftar kota-kotanya menunjukkan rute penyerbu. Lima kota pertama berada di utara Yerusalem, sedangkan lim...

10. Perhatikan bahwa, mulai dengan pasal 10, daftar kota-kotanya menunjukkan rute penyerbu. Lima kota pertama berada di utara Yerusalem, sedangkan lima yang terakhir berada di barat daya atau selatan kota itu. Sang nabi, dengan gaya oratorisnya, menamai kota-kota itu menurut bunyi nama-namanya dan juga sesuai dengan artinya. Tidak hanya Yerusalem, tetapi juga daerah-daerah di sekitarnya akan menderita. Di Gat (gat) janganlah sampaikan berita (taggîdû) ... Baiklah gulingkan dirimu dalam debu di Bet-Le-Afra (Rumah debu). Dua-duanya adalah kota orang-orang kafir. Sang nabi takut akan curahan cemoohan orang-orang ini saat mereka mengetahui mengenai dosa dan hukuman yang diakibatkannya atas orang-orang yang disebut umat TUHAN. Berguling dalam debu berarti putus asa dan perkabungan yang hebat.

Wycliffe: Mi 1:11 - Penduduk // Tidak berani keluar penduduk Zaanan // Ratapan Bet-Haezel // menghalangi engkau untuk tetap berdiri 11. Penduduk adalah kata berbentuk feminin. Mikha menubuatkan para perempuan di kota-kota malapetaka ini lewat sebelum para laki-lakinya. Dalam keadaa...

11. Penduduk adalah kata berbentuk feminin. Mikha menubuatkan para perempuan di kota-kota malapetaka ini lewat sebelum para laki-lakinya. Dalam keadaan telanjang dan malu mereka akan dibawa ke pembuangan, dan para laki-lakinya tidak berdaya untuk menolong melawan musuh yang kuat. Dalam 1:6 sang nabi memberikan nubuatan melawan Samaria. Dalam pasal 1:11 hukuman atas Yehuda tanpa pernyataan pendahuluan. Tidak berani keluar penduduk Zaanan (Jalan keluar), yaitu, keluar dari rumah. Penduduk itu akan ketakutan karena penyerbu yang akan datang. Ratapan Bet-Haezel (Rumah Perpisahan) menghalangi engkau untuk tetap berdiri. Kota ini, yang barangkali dikelilingi benteng, diharapkan untuk menolong melawan penyerbu. Namun penduduknya akan meratap atas penderitaan sesamanya sampai kekuatan mereka habis.

Wycliffe: Mi 1:12 - Dengan bimbang // karena // kebaikan, 12. Dengan bimbang (kî) ... karena (kî). Kî yang pertama adalah sebuah partikel - "ya" atau "memang." Yang kedua memberikan alasan u...

12. Dengan bimbang (kî) ... karena (kî). Kî yang pertama adalah sebuah partikel - "ya" atau "memang." Yang kedua memberikan alasan untuk anak kalimat yang pertama. Penduduk perempuan Marot, kata Mikha, dengan penuh penderitaan akan menantikan kebaikan, namun TUHAN akan mengirimkan malapetaka sampai ke pintu gerbang Yerusalem. Penyerbuan bangsa Asyur adalah kekerasan yang dikirim sebagai hukuman dari TUHAN (bdg. Yes. 10:5).

Wycliffe: Mi 1:13 - Pasanglah kuda teji pada kereta // permulaan // pelanggaran 13. Pasanglah kuda teji pada kereta. Penduduk perempuan Lakhis (bukit tak terkalahkan) disuruh berbuat demikian agar dia luput dari penyerbu yang akan...

13. Pasanglah kuda teji pada kereta. Penduduk perempuan Lakhis (bukit tak terkalahkan) disuruh berbuat demikian agar dia luput dari penyerbu yang akan datang. Penghakiman akan datang atas Lakhis sebab dialah permulaan dosa (yaitu, karena tidak mengenai sasaran) bagi putri Sion (Yerusalem). Melalui Lakhis, pelanggaran (pemisahan diri dari Allah) Israel - penyembahan Baal dengan segala kejijikan yang menyertainya - datang ke Sion. Pemakaian Lãkhîs dan rekesh ("kuda teji") secara berdekatan merupakan ciri khas permainan kata dalam bahasa Ibrani.

Wycliffe: Mi 1:14 - Hadiah perpisahan // Rumah-rumah Akhzib // tipu daya 14. Hadiah perpisahan. Atau, hadiah penolakan, yaitu, pengembalian bagian pernikahan dari seorang mempelai wanita, berupa surat cerai. "Putri Sion" da...

14. Hadiah perpisahan. Atau, hadiah penolakan, yaitu, pengembalian bagian pernikahan dari seorang mempelai wanita, berupa surat cerai. "Putri Sion" dan Moresyet-Gat (kampung halaman sang nabi) telah bersatu dalam melakukan dosa. Sekarang mereka hendak dipisahkan. Rumah-rumah Akhzib (tempat kebohongan) akan menjadi tipu daya bagi raja-raja Israel. Kota ini (delapan mil sebelah utara Moresyet) bukannya bertindak sebagai sebuah pertahanan melawan para penyerbu, malahan akan menjadi tak berdaya atau bahkan berubah menjadi pengkhianat.

Wycliffe: Mi 1:15 - Penakluk (kamu) masih akan Kudatangkan kepadamu // Maresya, // Kemuliaan Israel akan sampai di Adulam 15. Penakluk (kamu) masih akan Kudatangkan kepadamu. TUHAN akan membuat penakluk (para penyerbu dari Asyur) datang dan membawa mereka ke pembuangan. M...

15. Penakluk (kamu) masih akan Kudatangkan kepadamu. TUHAN akan membuat penakluk (para penyerbu dari Asyur) datang dan membawa mereka ke pembuangan. Maresya, "kota pusaka (Yehuda)", sekarang akan menjadi milik Asyur. Kemuliaan Israel akan sampai di Adulam. Kaum bangsawan akan melarikan diri ke Adulam, yang terkenal dengan banyak guanya; orang-orang yang seharusnya berada di garis pertempuran akan bersembunyi.

Wycliffe: Mi 1:16 - Cukurlah dan gundulkanlah kepalamu 16. Cukurlah dan gundulkanlah kepalamu. Ini dinyatakan dalam bentuk feminin. Barangkali Israel sebagai ibu didesak untuk menyatakan dukacita mendalam ...

16. Cukurlah dan gundulkanlah kepalamu. Ini dinyatakan dalam bentuk feminin. Barangkali Israel sebagai ibu didesak untuk menyatakan dukacita mendalam karena anak-anaknya, yang lahir dan dibesarkan dalam kemewahan (dibesarkan secara enak), telah dibawa ke pembuangan. Mikha melihat kengerian itu seolah-olah telah terjadi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Mi 1:1-16 - Hiduplah kudus (Selasa, 16 Desember 2008) Hiduplah kudus Banyak orang berbuat dosa tanpa merasa bersalah. Mereka mengabaikan fakta bahwa Tuhan ada dan melihat tindakan mereka. Orang Isr...

SH: Mi 1:1-16 - Kristen, pemimpin bangsa, dan bangsanya. (Rabu, 13 Desember 2000) Kristen, pemimpin bangsa, dan bangsanya. Tuhan Allah dari bait-Nya yang kudus menjadi saksi atas hidup umat- Nya(2). Karena itu Israel dan ...

Topik Teologia: Mi 1:3 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 Maz 33:13-1...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Mikha (Pendahuluan Kitab) Penulis : Mikha Tema : Hukuman dan Keselamatan Mesias Tanggal Penulisan: + 740-710 SM Latar Belakang Nabi Mikha berasal dari k...

Full Life: Mikha (Garis Besar) Garis Besar I. Hukuman atas Israel dan Yehuda (Mi 1:1-3:12) A. Pendahuluan (Mi 1:1) B. Kebin...

Jerusalem: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA Nabi Mikha (yang berbeda dengan Mikha bin Yimia yang hidup di masa pemerintahan raja Ahab, 1Raj 22) berasal dari negeri Yehuda, dari kampung Mor...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Mikha (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Mikha (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MIKHA Judul. Nubuatan Mikha mendapatkan judulnya dari nama sang nabi sendiri. Nama Mîcâ (LXX, Michaias; Vulg., Michaeas) adal...

Wycliffe: Mikha (Garis Besar) GARIS BESAR MIKHA Kata-kata awal 1:1. I. Menjelang penghakiman atas Israel dan Yehuda karena dosa yang terus-menerus. 1:2, 16. A. P...

BIS: Mikha (Pendahuluan Kitab) MIKHA PENGANTAR Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda

MIKHA

PENGANTAR

Nabi Mikha, yang hidup sezaman dengan Yesaya, berasal dari sebuah desa di Yehuda, di kerajaan selatan. Ia sangat yakin bahwa Yehuda akan menghadapi bencana nasional seperti yang diumumkan oleh Amos tentang kerajaan utara. Mikha mengemukakan bahwa Allah pasti menghukum bangsa Yehuda juga karena mereka kejam dan tidak adil terhadap sesamanya. Tetapi dalam khotbah Mikha terdapat tanda-tanda yang lebih jelas dan terang tentang harapan untuk masa depan.

Bagian-bagian yang perlu diperhatikan dalam buku ini ialah: gambaran tentang kedamaian di seluruh dunia di bawah pimpinan Allah (Mi 4:1-4); ramalan tentang raja besar yang akan muncul dari keturunan Daud dan yang membawa kedamaian kepada bangsa Yehuda (Mi 5:2-4); dan, dalam satu ayat (Mi 6:8), ringkasan dari semua yang hendak dikatakan oleh nabi-nabi Israel, yaitu: "Yang dituntut TUHAN dari kita ialah supaya kita berlaku adil, selalu mengamalkan cinta kasih, dan dengan rendah hati hidup bersatu dengan Allah kita."

Isi

  1.  Hukuman atas Israel dan Yehuda
    Mi 1:1-3:12
  2.  Pemulihan dan kedamaian
    Mi 4:1-5:15
  3.  Peringatan dan harapan
    Mi 6:1-7:20

Ajaran: Mikha (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Mikha, iman anggota Jemaat dikuatkan, karena mengetahui bahwa kedatangan Tuhan Yesus sudah dinubuatkan sejak dahulu kala, dan mengerti bahwa Allah setia dalam mengampuni umat-Nya yang mengakui dosanya.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Mikha.

Isi Kitab: Kitab Mikha, terbagi atas 7 pasal. Di dalam Kitab ini kita dapat melihat hubungan kedaulatan Allah dengan hidup dan sejarah manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Mikha

  1. Pasal 1-3 (Mi 1:1-3:12).

    Pemberitaan tentang hukuman atas Israel karena perbuatan dosanya

    Pasal 1 (Mi 1:1-16) memuat perkataan Mikha terhadap Israel mengenai dosa-dosanya karena mencemarkan Yehuda dan Yerusalem. Nabi Mikha menekankan dosa penindasan yang disebabkan oleh orang-orang kaya yang malas. Uraian tentang dosa mereka terdapat dalam pasal 2-3 (Mi 2:1-3:12), yaitu bahwa orang-orang hanya melakukan pemerasan terhadap orang-orang miskin. Ini didukung oleh nabi-nabi palsu dan pemimpin- pemimpin bangsa.

    Dalam pasal-pasal ini Nabi Mikha memberikan teguran dan ancaman bagi mereka itu.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 1:5-7. Nabi Mikha mengecam dosa-dosa bangsa Israel.
    2. Bacalah pasal Mi 2:1-2,8-9; 3:2-3,9-12. Nabi Mikha menguraikan bentuk-bentuk perbuatan dos bangsa Israel. Apakah bentuk-bentuk dosa mereka?
  2. Pasal 4-5 (Mi 4:1-5:15).

    Pemberitaan tentang keselamatan di masa depan

    Setelah nabi memberitahukan teguran dan hukuman bangsa itu dan semua orang yang berbuat jahat, maka ia menyampaikan berita tentang zaman kedamaian yang kekal bagi seluruh bangsa di dunia. Dalam nubuat Nabi Mikha, yang sangat penting adalah tentang tempat kelahiran sang Mesias, Tuhan kita Yesus Kristus (Mikha 5:1) yang pengharapannya sungguh tepat, yaitu di Betlehem.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 4:1-5. Nabi Mikha menjelaskan tentang kedamaian yang kekal bag segala bangsa di masa mendatang. Apakah yang dibua orang dengan perlengkapan perangnya? (ayat 3; Mi 4:3). Dan apakah suasana yang dialami orang-orang pada waktu itu? (ayat 4; Mi 4:4).
    2. Bacalah pasal Mi 5:1. Nabi Mikha menubuatkan tentang kedatangan Yesus Kristus. Di manakah tempat kelahiran Yesus Kristus dala Perjanjian Baru? Apakah sama dengan yang dinubuatkan dalam Mikha 5:1?
  3. Pasal 6-7 (Mi 6:1-7:20). Allah menuntut umat-Nya, karena kesalahan dan pelanggaran mereka Akibat dari ibadah mereka kepada Allah yang tidak dengan sepenuh hati, semuanya merupakan dosa bagi Tuhan, sehingga Tuhan menuntut kepada bangsa itu supaya berbuat adil, setia dan berjalan bersama Tuhan dengan rendah hati. Akhirnya Tuhan menyatakan kesetiaan-Nya dan rahmat-Nya kepada bangsa Israel sebagai bangsa pilihan Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mi 6:3-5; 7:2-6. Allah membuktikan kemerosotan hidup rohani bangs Israel. Sebutkanlah, bagaimana keadaan bangsa Israel?
    2. Bacalah pasal Mi 7:14-20. Doa memohon pengampunan kepada Allah. Apakah yan saudara lakukan ketika sadar, bahwa saudara berbuat salah?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Nubuat nabi Mikha tentang kedatangan Penebus tela digenapi. Dengan demikian Firman Allah itu benar da janji-janji Allah yang belum tergenapi pasti akan digenap pada waktunya.
  2. Allah sangat membenci ibadah yang hanya berdasarkan hal-hal lahiriah.
  3. Mikha yang berasal dari pedalaman membuktikan bahwa Alla mau dan bisa memakai orang yang tidak berpengalaman/berpendidika tinggi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Mikha?
  2. Apakah isi Kitab Mikha?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Mikha?

Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) Berita tentang penghakiman dan harapan WAKTU PENULISANPasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Y

Berita tentang penghakiman dan harapan

WAKTU PENULISAN
Pasal 1 ayat Mik 1:1 memberi batasan masa kerja Mikha sebagai seorang nabi. Pemerintahan Raja Yotam dimulai pada tahun 742 SM dan pemerintahan Hizkia berakhir dalam tahun 687 SM. Yeremia berbicara tentang nubuatan Mikha pada zaman pemerintahan Hizkia (Yer 26:18) dan mungkin pekerjaan kenabiannya dilaksanakan dalam tahun-tahun antara 725 SM dan 701 SM.

SITUASI
Mikha hidup di zaman krisis. Dua negeri adi kuasa, Mesir dan Asyur, sedang bertempur untuk memperebutkan supremasi dan negeri Mikha sendiri masih berada dalam keadaan cukup makmur -- sebagai peninggalan dari pemerintahan Raja Uzia yang cukup lama dan stabil (739 SM) Tetapi, tidak selamanya demikian. Dilihat dari sudut pandang keagamaan, Hizkia adalah seorang raja yang baik (2Raj 18:1-20:21), tetapi secara politis ia lemah. Di bawah pengaruh Mikha, ia memimpin gerakan pambaruan keagamaan, tetapi gerakannya tidak mengubah bangsanya. Negeri itu sudah rusak -- si kaya bertambah kaya dengan mempedayakan si miskin, para hakim akan memenangkan perkara mereka yang dapat membayar paling tinggi, dan bahkan para nabi dan imam menempatkan uang di atas Allah. Rakyatnya mengabaikan perintah-perintah Allah dan ilah-ilah ada di mana-mana, tetapi mereka masih berpendapat bahwa Allah akan melindungi mereka. Dalam tahun 722 SM kerajaan Israel bagian Utara dihancurkan. Hal ini seharusnya menjadi peringatan bagi Yehuda, tetapi sebaliknya mereka tetap mengikuti jalan yang salah itu.

PENULIS
Mikha berasal dari negeri Moresyet, sebuah kota kecil yang berbatasan dengan Filistin. Kota kecil itu merupakan lembah yang subur, dan berada pada jalur perdagangan. Sebagai seorang desa, Mikha mencurigai kota besar dan melihat bahwa kebobrokan Yehuda berakar pada kehidupan orang kota (Mik 1:5; 6:9). Didorong oleh kesadarannya yang amat kuat akan panggilan kenabiannya dan kuasa Tuhan dalam kehidupannya (Mik 3:8; 7:7), ia berani mempertahankan pendapatnya terhadap pendapat orang banyak.

KITAB INI
Kitab Mikha bukan merupakan sebuah pidato yang diucapkan sekaligus. Kitab itu merupakan kumpulan berbagai pesan. Ini berarti isinya dengan cepat melompat dari satu topik ke topik lainnya. Isi kitab silih berganti antara nubuatan dan hukuman yang dijatuhkan atas Yehuda karena dosa-dosa mereka, lengkap dengan gambaran yang jelas tentang dosa dan hukuman, serta nubuatan mengenai hari depan yang cerah setelah penghakiman.

Pesan

1. Allah itu kudus
Orang menipu diri mereka sendiri apabila mereka berpendapat bahwa mereka dapat meloloskan diri dari keegoisan, kekejaman dan kebobrokan mereka. Allah itu suci dan baik serta tidak dapat mengizinkan perbuatan yang salah. Semua dosa harus dan akan dihukum. Mik 1:25; 5:10-15

2. Allah itu adil
Tidak seperti para penguasa Israel, Allah tidak menerima suap. Baik orang kaya maupun yang berkuasa tidak akan mendapatkan perlakuan istimewa. Sebenarnya, Allah akan memberikan hukuman yang sesuai dengan kejahatan mereka. Mik 2:37; 3:4,9,12

3. Allah itu Penuntut
Ia tidak mengharapkan hanya janji di bibir saja dari umat-Nya, tetapi sikap dan kelakukan mereka, seluruh hidup mereka harus sesuai dengan apa yang mereka katakan. Mik 6:8

4. Allah memegang kendali
Kelihatannya seakan-akan dunia sudah tidak dapat dikendalikan lagi dan berada dalam keadaan kacau ballu, karena diambil alih oleh bangsa-bangsa yang tidak bertuhan. Tetapi, segala seuatu tidak selalu seperti apa yang diperkirakan. Ini adalah dunia Allah dan Ia bahkan berkuasa atas sejarah. Mik 4:8-13; 7:8-10

5. Allah memelihara
Allah telah dan selalu akan mengasihi umat-Nya. Mereka harus dihukum, tetapi serelah itu selalu ada harapan untuk masa depan. Akan selalu ada kehidpan baru yang penuh kemuliaan bagi semua orang yang sungguh-sunguh mengikut Allah. Mik 2:12,12; 6:3-5; 7:14,15

6. Allah prihatin terhadap seluruh dunia
Rencana-rencana Allah tidak hanya menyangkut bangsa Israel, tetapi juga seluruh bangsa. Kejahatan bangsa-bangsa akan dihukum, tetapi juga akan ada tempat bagi mereka di masa yang akan datang yang luar biasa. Mik 4:14; 7:16,17

7. Allah akan mengirimkan seorang Penebus
Setelah sekian lama, seseorang akan dilahirkan; ia akan membebaskan umat manusia dan menjadi seorang yang rendah hati, dari kota Betlehem, tetapi seseorang "yang asal-usulnya sudah ada sejak dahulu" Mik 5:2-6

Penerapan

Mikha mengajarkan kepada kita bahwa:

1. Ibadah yang suam-suam kuku tidak berguna
Ibadah dan gaya hidup harus saling berkaitan. Semua pengorbanan di dunia dan semua pertemuan ibadah tidak akan ada gunanya kecuali ada pengorbanan, kerendahan hati (Mik 6:8). Tidak mungkin kita mengatakan "Allah beserta saya" dan menuntut perlindungan-Nya jika kehidupan kita menunjukkan bahwa kita tidak sungguh-sungguh peduli akan apa yang Allah inginkan. (Mik 3:11)

2. Kehidupan bisnis juga penting
Allah memperhatikan bagaimana kita memperlakukan orang lain, dan Ia tidak menyukai alasan seperti "setiap orang melakukannya" atau "bisnis anda tidak akan maju tanpa ..." (Mik 2:15). Menginjak-injak orang lain mungkin dapat menolong Anda untuk menaiki tangga keberhasilan, tetapi hasilnya tidak akan seperti yang Anda harapkan. Kekayaan materi tidak selalu menjadi berkat yang besar (Mik 6:9-15).

3. Jawaban yang mudah tidak selalu benar
Kita tidak boleh hanya menginginkan jawaban yang kita ingin dengar. Jenis berita yang membawa kehangatan tidak selalu berasal dari sumber yang benar (Mik 2:11) Setiap pesan yang dianggap berasal dari Allah harus cocok dengan apa yang dikatakan dalam Alkitab tentang kasih dan keadilah Allah (Mik 3:5-8).

4. Sifat utusan Allah
Ia tahu bahwa Allah itu setia, meskipun keadaan di sekeliling dalam keadaaan kacau (Mik 7:7). Ia berbicara tentang kebenaran -- walaupun orang tidak ingin mendengarkannya (Mik 2:6). Ia menyadari akan adanya suatu kekuatan yang bukan berasal dari dirinya sendiri dan pesan-pesannya mencerminkan keadilan Allah (Mik 3:8).

Tema-tema Kunci

1. Penghakiman
Kejahatan yang dilakukan oleh bangsa Yehuda menyangkut semua aspek kehidupan mereka (Mik 2:1-11; 3:1-12; 6:9-16). Dari referensi di atas buatlah sebuah daftar tentang dosa-dosa mereka dan tindakan apa yang Allah katakan akan diambil-Nya untuk melawan mereka. Catatlah bagaimana hukuman itu cocok dengan kejahatan yang dilakukan, dan juga berapa banyak dari masalah-masalah yang tidak dapat ditolerir Allah pada waktu itu, yang masih menjadi masalah dewasa ini.

2. Penghakiman
Allah adalah Allah yang adil dan Ia mengharapkan dari umat-Nya. Buatlah sebuah daftar tentang hal-hal yang mengacu kepada keadilan dalam Mikha. Perhatikan bahwa semua itu harus dilihat dari sudut praktisnya dan bukan hanya merupakan konsep yang abstrak.

3. Pengharapan
Mikha mempunyai pengharapan yang jelas untuk masa yang akan datang berdasarkan apa yang diketahuinya tentang Allah dan Firman-Nya. Lihatlah Mik 2:12; 4:4,6
Bacalah Mik 4:1-5:15. Bagaimana Mikha mermalkan hari depan dari:
o Yerusalem (Mik 4:1-3,8,13)?
o Bangsa yang tertinggal (Mik 2:12; 4:6,7,10; 5:7,8)?
o Semua bangsa (Mik 4:2-4)?

4. Pengampunan
Mikha berakhir dengan penggambaran mengenai pengampunan Allah yang penuh belas kasihan. Ayat-ayat ini dibacakan oleh bangsa Yahudi pada Hari Pertobatan, ketika mereka menyucikan diri dari dosa-dosa selama tahun yang telah lalu. Bacalah Mik 7:18-20. Apa yang dinyatakan dalam ayat-ayat ini tentang Allah? Apakah ada hal-hal pada permulaan yang menunjuk kepada akhir ajaran ini?

Garis Besar Intisari: Mikha (Pendahuluan Kitab) [1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1 [2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16 Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami

[1] MEMPERKENALKAN MIKHA Mik 1:1

[2] HUKUMAN ATAS IBU KOTA Mik 1:2-16

Mik 1:2-8Samaria akan dibumiratakan
Mik 1:9Yerusalem juga akan mengalami nasib yang sama
Mik 1:10-16Bangsa Asyur bergerak menuju Yerusalem

[3] MENGAPA ALLAH BEGITU MARAH? Mik 2:1-11

Mik 2:1,2Mereka merencanakan kejahatan dan menipu sesama
Mik 2:3-5Karenanya, Allah akan mengambil apa yang menjadi milik mereka
Mik 2:6,7Mikha tidak membesar-besarkan
Mik 2:8,9Mereka menindas orang miskin
Mik 2:10Karenanya, Allah akan mengusir mereka
Mik 2:11Mereka tidak menghendaki kebenaran

[4] SEKILAS PANDANGAN KE DEPAN Mik 2:12,13

Mik 2:12,13Harapan untuk masa depan

[5] PARA PEMIMPINLAH YANG HARUS PALING DIPERSALAHKAN Mik 3:1-12

Mik 3:1-4Penjagal atau penggembala?
Mik 3:5-8Para nabi semuanya menerima suap
Mik 3:9-12Ibadah mereka semua pura-pura

[6] MASA SEKARANG YANG KELABU -- HARI DEPAN YANG GEMILANG Mik 4:1-5

Mik 4:1Yerusalem: pusat dunia yang damai
Mik 4:2-4Setiap bangsa akan datang untuk beribadah dan belajar
Mik 4:5Marilah sekarang kita mulai melakukan kehendak Allah

[7] HARI-HARI BESAR YANG AKAN DATANG Mik 4:6-5:15

Mik 4:6-8Kelemahan akan menjadi kekuatan
Mik 4:9,10Kesedihan menjadi pembebasan
Mik 4:11-13Yang ditaklukkan menjadi penakluk
Mik 5:1-6Yang diperintah menjadi yang memerintah
Mik 5:7-9Kelompok kecil yang selamat akan menjadi kelompok yang makmur
Mik 5:10-15Korupsi akan dicabut

[8] ALLAH MEMBAWA ISRAEL KE PENGADILAN Mik 6:1-16

Mik 6:1,2Sidang pengadilan itu adalah dunia ini
Mik 6:3-5Pidato untuk penuntut -- Allah tidak melakukan hal-hal merugikan
Mik 6:6,7Pembelaan -- kami sangat taat beribadah. Apalagi yang Allah kehendaki?
Mik 6:8Allah selalu menginginkan hal yang sama -- keadilan, kebaikan dan kerendahan hati
Mik 6:9-16Israel dicela

[9] SYAIR SEDIH MIKHA Mik 7:1-7

Mik 7:1-4Mikha sedih melihat dosa-dosa umat; tidak ada seorang pun melakukan hal yang benar
Mik 7:5,6Engkau tidak dapat mempercayai seorang pun -- bahkan keluargamu sendiri sekalipun
Mik 7:7Tetapi, engkau masih dapat mempercayai Allah

[10] MENYONGSONG MASA DEPAN Mik 7:8-20

Mik 7:8-10Waspadalah hai bangsa-bangsa!
Mik 7:11-13Setiap orang akan datang ke Yerusalem
Mik 7:14-17Allah, jadilah Gembala kami
Mik 7:18-20Marilah kita akhiri dengan memuhi Allah
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 1.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA