kecilkan semua  

Teks -- Matius 9:1-38 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Orang lumpuh disembuhkan
9:1 Sesudah itu naiklah Yesus ke dalam perahu lalu menyeberang. Kemudian sampailah Ia ke kota-Nya sendiri. 9:2 Maka dibawa oranglah kepada-Nya seorang lumpuh yang terbaring di tempat tidurnya. Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Percayalah, hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni." 9:3 Maka berkatalah beberapa orang ahli Taurat dalam hatinya: "Ia menghujat Allah." 9:4 Tetapi Yesus mengetahui pikiran mereka, lalu berkata: "Mengapa kamu memikirkan hal-hal yang jahat di dalam hatimu? 9:5 Manakah lebih mudah, mengatakan: Dosamu sudah diampuni, atau mengatakan: Bangunlah dan berjalanlah? 9:6 Tetapi supaya kamu tahu, bahwa di dunia ini Anak Manusia berkuasa mengampuni dosa" -- lalu berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu --: "Bangunlah, angkatlah tempat tidurmu dan pulanglah ke rumahmu!" 9:7 Dan orang itupun bangun lalu pulang. 9:8 Maka orang banyak yang melihat hal itu takut lalu memuliakan Allah yang telah memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia.
Matius pemungut cukai mengikut Yesus
9:9 Setelah Yesus pergi dari situ, Ia melihat seorang yang bernama Matius duduk di rumah cukai, lalu Ia berkata kepadanya: "Ikutlah Aku." Maka berdirilah Matius lalu mengikut Dia. 9:10 Kemudian ketika Yesus makan di rumah Matius, datanglah banyak pemungut cukai dan orang berdosa dan makan bersama-sama dengan Dia dan murid-murid-Nya. 9:11 Pada waktu orang Farisi melihat hal itu, berkatalah mereka kepada murid-murid Yesus: "Mengapa gurumu makan bersama-sama dengan pemungut cukai dan orang berdosa?" 9:12 Yesus mendengarnya dan berkata: "Bukan orang sehat yang memerlukan tabib, tetapi orang sakit. 9:13 Jadi pergilah dan pelajarilah arti firman ini: Yang Kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan, karena Aku datang bukan untuk memanggil orang benar, melainkan orang berdosa."
Hal berpuasa
9:14 Kemudian datanglah murid-murid Yohanes kepada Yesus dan berkata: "Mengapa kami dan orang Farisi berpuasa, tetapi murid-murid-Mu tidak?" 9:15 Jawab Yesus kepada mereka: "Dapatkah sahabat-sahabat mempelai laki-laki berdukacita selama mempelai itu bersama mereka? Tetapi waktunya akan datang mempelai itu diambil dari mereka dan pada waktu itulah mereka akan berpuasa. 9:16 Tidak seorangpun menambalkan secarik kain yang belum susut pada baju yang tua, karena jika demikian kain penambal itu akan mencabik baju itu, lalu makin besarlah koyaknya. 9:17 Begitu pula anggur yang baru tidak diisikan ke dalam kantong kulit yang tua, karena jika demikian kantong itu akan koyak sehingga anggur itu terbuang dan kantong itupun hancur. Tetapi anggur yang baru disimpan orang dalam kantong yang baru pula, dan dengan demikian terpeliharalah kedua-duanya."
Anak kepala rumah ibadat Perempuan yang sakit pendarahan
9:18 Sementara Yesus berbicara demikian kepada mereka, datanglah seorang kepala rumah ibadat, lalu menyembah Dia dan berkata: "Anakku perempuan baru saja meninggal, tetapi datanglah dan letakkanlah tangan-Mu atasnya, maka ia akan hidup." 9:19 Lalu Yesuspun bangunlah dan mengikuti orang itu bersama-sama dengan murid-murid-Nya. 9:20 Pada waktu itu seorang perempuan yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan maju mendekati Yesus dari belakang dan menjamah jumbai jubah-Nya. 9:21 Karena katanya dalam hatinya: "Asal kujamah saja jubah-Nya, aku akan sembuh." 9:22 Tetapi Yesus berpaling dan memandang dia serta berkata: "Teguhkanlah hatimu, hai anak-Ku, imanmu telah menyelamatkan engkau." Maka sejak saat itu sembuhlah perempuan itu. 9:23 Ketika Yesus tiba di rumah kepala rumah ibadat itu dan melihat peniup-peniup seruling dan orang banyak ribut, 9:24 berkatalah Ia: "Pergilah, karena anak ini tidak mati, tetapi tidur." Tetapi mereka menertawakan Dia. 9:25 Setelah orang banyak itu diusir, Yesus masuk dan memegang tangan anak itu, lalu bangkitlah anak itu. 9:26 Maka tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu.
Yesus menyembuhkan mata dua orang buta
9:27 Ketika Yesus meneruskan perjalanan-Nya dari sana, dua orang buta mengikuti-Nya sambil berseru-seru dan berkata: "Kasihanilah kami, hai Anak Daud." 9:28 Setelah Yesus masuk ke dalam sebuah rumah, datanglah kedua orang buta itu kepada-Nya dan Yesus berkata kepada mereka: "Percayakah kamu, bahwa Aku dapat melakukannya?" Mereka menjawab: "Ya Tuhan, kami percaya." 9:29 Lalu Yesus menjamah mata mereka sambil berkata: "Jadilah kepadamu menurut imanmu." 9:30 Maka meleklah mata mereka. Dan Yesuspun dengan tegas berpesan kepada mereka, kata-Nya: "Jagalah supaya jangan seorangpun mengetahui hal ini." 9:31 Tetapi mereka keluar dan memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu.
Seorang bisu disembuhkan
9:32 Sedang kedua orang buta itu keluar, dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. 9:33 Dan setelah setan itu diusir, dapatlah orang bisu itu berkata-kata. Maka heranlah orang banyak, katanya: "Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel." 9:34 Tetapi orang Farisi berkata: "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan."
Belas kasihan Yesus terhadap orang banyak
9:35 Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Sorga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. 9:36 Melihat orang banyak itu, tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. 9:37 Maka kata-Nya kepada murid-murid-Nya: "Tuaian memang banyak, tetapi pekerja sedikit. 9:38 Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya Ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Matius a son of Alpheus; a tax collector who became one of the twelve apostles
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Yesus | Perbuatan Ajaib Yesus | Mujizat Kristus | Kebangkitan | Yairus | Ampun | Matius | Sakit, Penyakit | Iman | Perumpamaan | Farisi | Umpama, Perumpamaan | Sakit | Benar, Membenarkan Diri Sendiri | Puasa | Orang Mati | Hidup | Rendah, Kerendahan Hati Kristus | Orang Farisi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 9:11 - MAKAN BERSAMA-SAMA DENGAN ... ORANG BERDOSA. Nas : Mat 9:11 Dalam ayat Mat 9:11-13 Yesus memberikan pedoman untuk bergaul dengan orang yang belum percaya. Pergaulan tersebut hendaknya bukan un...

Nas : Mat 9:11

Dalam ayat Mat 9:11-13 Yesus memberikan pedoman untuk bergaul dengan orang yang belum percaya. Pergaulan tersebut hendaknya bukan untuk kesenangan atau persahabatan yang akrab namun untuk berbuat baik kepada mereka dan menunjuk jalan keselamatan kepada mereka (ayat Mat 9:12; Mazm 1:1). Orang percaya seharusnya tidak berpacaran apalagi menikahi orang yang tidak percaya (1Kor 7:39;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Full Life: Mat 9:15 - PADA WAKTU ITULAH MEREKA AKAN BERPUASA. Nas : Mat 9:15 Jelaslah bahwa Yesus mengharapkan orang percaya berpuasa setelah Dia kembali ke sorga. Masa ini adalah masa ketidakhadiran "mempelai...

Nas : Mat 9:15

Jelaslah bahwa Yesus mengharapkan orang percaya berpuasa setelah Dia kembali ke sorga. Masa ini adalah masa ketidakhadiran "mempelai laki-laki", yaitu dari saat kenaikan-Nya ke sorga sampai kedatangan-Nya kembali. Gereja menantikan kedatangan kembali mempelai laki-laki (Mat 25:6;

lihat cat. --> Yoh 14:3).

[atau ref. Yoh 14:3]

Oleh karena itu, berpuasa pada masa ini adalah

  1. (1) tanda kerinduan orang percaya akan kedatangan Tuhan,
  2. (2) persiapan bagi kedatangan Kristus,
  3. (3) perkabungan karena Kristus tidak ada, dan
  4. (4) tanda kesedihan atas dosa dan kebobrokan dunia ini

    (lihat cat. --> Mat 6:16).

    [atau ref. Mat 6:16]

Full Life: Mat 9:17 - ANGGUR YANG BARU ... KE DALAM KANTONG KULIT YANG TUA. Nas : Mat 9:17 Ada bermacam-macam tafsiran mengenai ayat ini. Dua pandangan adalah: 1) "Anggur yang baru" adalah sari buah anggur yang segar. ...

Nas : Mat 9:17

Ada bermacam-macam tafsiran mengenai ayat ini. Dua pandangan adalah:

  1. 1) "Anggur yang baru" adalah sari buah anggur yang segar. Pada saat sari buah itu mulai memuai, maka kantong kulit yang baru akan mengembang namun tidak akan koyak, sedangkan kantong kulit yang lama akan pecah. "Anggur yang baru" melambangkan Injil yang mengembang dan mengadakan perubahan yang tidak dapat ditahan oleh Yudaisme kuno. Akan tetapi pandangan ini kurang dapat diterima karena mereka yang mengenal proses fermentasi sari buah anggur mengatakan bahwa kantong kulit yang terbaru dan yang terkuat sekalipun apabila ditutup tetap akan pecah akibat kehebatan proses fermentasi itu (lih. Ayub 32:19).
  2. 2) Penafsiran yang kedua mengatakan bahwa perumpamaan ini menekankan pentingnya memelihara baik anggur yang baru maupun kantong kulit yang baru.
    1. (a) "Anggur yang baru" merupakan sari buah anggur segar yang belum beragi, yang melambangkan berita keselamatan yang asli dari Yesus Kristus dan kuasa Roh Kudus yang disalurkan pada hari Pentakosta. Perhatian terutama Yesus ialah bahwa Injil yang asli dan kuasa penebusan Roh Kudus tetap terpelihara dari semua perubahan atau pencemaran. Penafsiran ini didukung oleh perhatian Kristus agar Injil (anggur yang baru) tidak diubah oleh ajaran (ragi) orang Farisi dan Yudaisme (ragi merupakan zat yang mengadakan fermentasi atau perubahan; bd. Mat 16:6,12; Kel 12:19; 1Kor 5:7).
    2. (b) Pada zaman dahulu, untuk menjaga agar sari buah anggur tetap manis untuk jangka waktu tertentu, orang akan menyaring atau mendidihkan sari buah tersebut, memasukkannya ke dalam botol lalu menempatkannya di suatu tempat yang sejuk

      (lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)

      lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2).

      Kantong kulit yang baru diperlukan karena kantong itu bebas dari semua bekas unsur fermentasi, mis. sel-sel ragi yang sudah matang. Apabila sari buah anggur yang baru dimasukkan ke dalam kantong kulit yang lama, maka sari buah itu akan lebih cepat meragi karena sudah ada sel-sel ragi di dalam kantong kulit yang lama itu. Fermentasi yang terjadi dengan demikian akan merusak baik sari anggur yang baru maupun kantong kulitnya (yang akan pecah karena tekanan proses peragian). Columella, seorang Romawi yang ahli di bidang pertanian pada abad I, menulis bahwa untuk menjaga agar sari buah anggur "tetap manis", maka sari buah tersebut harus dimasukkan ke dalam suatu wadah baru yang tertutup rapat-rapat (On Agriculture, 12.29).

Full Life: Mat 9:17 - ANGGUR YANG ... TERPELIHARALAH. Nas : Mat 9:17 Di sini Kristus menekankan perlunya mengawetkan anggur yang baru selama mungkin (lih. catatan sebelumnya). Untuk mengetahui berbagai...

Nas : Mat 9:17

Di sini Kristus menekankan perlunya mengawetkan anggur yang baru selama mungkin (lih. catatan sebelumnya). Untuk mengetahui berbagai metode yang dipakai pada zaman Alkitab untuk menjaga agar anggur tetap manis dan tidak meragi, lihatlah kedua

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1)

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2).

Full Life: Mat 9:37 - TUAIAN MEMANG BANYAK. Nas : Mat 9:37 Yesus memperingatkan semua orang percaya agar selalu mengingat bahwa orang yang terhilang mempunyai jiwa abadi yang sangat berharga ...

Nas : Mat 9:37

Yesus memperingatkan semua orang percaya agar selalu mengingat bahwa orang yang terhilang mempunyai jiwa abadi yang sangat berharga dan harus tinggal di sorga atau di neraka, dan bahwa banyak dari mereka dapat diselamatkan apabila ada yang memberitakan Injil kepada mereka

(lihat cat. --> Mat 10:28).

[atau ref. Mat 10:28]

Full Life: Mat 9:38 - MINTALAH KEPADA TUAN ... MENGIRIMKAN. Nas : Mat 9:38 Ayat ini mengungkapkan salah satu prinsip rohani Allah sendiri. Sebelum Ia bertindak, biasanya Allah memanggil umat-Nya untuk berdoa...

Nas : Mat 9:38

Ayat ini mengungkapkan salah satu prinsip rohani Allah sendiri. Sebelum Ia bertindak, biasanya Allah memanggil umat-Nya untuk berdoa. Hanya setelah umat-Nya berdoa barulah Allah melakukan pekerjaan-Nya. Dengan kata lain, Allah membatasi diri-Nya pada doa-doa umat-Nya. Jelaslah dari konteksnya (Mat 9:35-10:1,8) bahwa macam pekerja yang diinginkan Yesus dalam kerajaan-Nya adalah mereka yang

  1. (1) mengajar dan memberitakan Injil Kerajaan (Mat 9:35),
  2. (2) menyembuhkan orang sakit (Mat 9:35; 10:1,8) dan
  3. (3) mengusir roh-roh jahat (Mat 10:1,8).

BIS: Mat 9:1 - kampung halaman-Nya kampung halaman-Nya: Kapernaum (lih. Mat 4:13).

kampung halaman-Nya: Kapernaum (lih. Mat 4:13).

BIS: Mat 9:10 - di rumah Matius di rumah Matius: atau di rumahnya (yaitu rumah Yesus).

di rumah Matius: atau di rumahnya (yaitu rumah Yesus).

Jerusalem: Mat 9:1 - ke kotaNya ialah Kapernaum, bdk Mat 4:13

ialah Kapernaum, bdk Mat 4:13

Jerusalem: Mat 9:2 - dosamu sudah diampuni Yesus mengutamakan "penyembuhan" jiwa dari penyembuhan badan; yang terakhir ini hanya dikerjakan demi untuk yang pertama. Tetapi perkataan ini sudah m...

Yesus mengutamakan "penyembuhan" jiwa dari penyembuhan badan; yang terakhir ini hanya dikerjakan demi untuk yang pertama. Tetapi perkataan ini sudah mengandung janji penyembuhan badan juga, oleh karena penyakit dianggap sebagai akibat dosa yang oleh orang sakit sendiri atau oleh orang tuanya, bdk Mat 8:29+; Yoh 5:14; Yoh 9:2.

Jerusalem: Mat 9:5 - Manakah lebih mudah Mengampuni dosa pada dirinya lebih sukar dari pada menyembuhkan badan yang sakit. Tetapi lebih mudah mengatakannya, sebab pengampunan dosa tidak dapat...

Mengampuni dosa pada dirinya lebih sukar dari pada menyembuhkan badan yang sakit. Tetapi lebih mudah mengatakannya, sebab pengampunan dosa tidak dapat dibuktikan.

Jerusalem: Mat 9:8 - kepada manusia Oleh karena "manusia" berbentuk jamak (banyak) maka Matius jelas berpikir kepada pejabat-pejabat umat, yang mendapat kekuasaan dari Kristus, Mat 18:18...

Oleh karena "manusia" berbentuk jamak (banyak) maka Matius jelas berpikir kepada pejabat-pejabat umat, yang mendapat kekuasaan dari Kristus, Mat 18:18.

Jerusalem: Mat 9:9 - Matius Dalam Markus dan Lukas orang ini bernama Lewi.

Dalam Markus dan Lukas orang ini bernama Lewi.

Jerusalem: Mat 9:10 - orang berdosa Orang yang karena kelakuannya sendiri atau karena jabatannya mendapat nama buruk, Mat 5:46+, menurut pandangan Yahudi menajiskan dan tidak boleh diaja...

Orang yang karena kelakuannya sendiri atau karena jabatannya mendapat nama buruk, Mat 5:46+, menurut pandangan Yahudi menajiskan dan tidak boleh diajak bergaul. Terutama mereka agaknya tidak menepati sekian banyak hukum mengenai makanan yang halal dan haram. Karena itu ada masalah apakah orang boleh makan bersama mereka, Mar 7:3-4,14-23 dsj; Kis 10:15+; Mat 15:20+; Gal 2:12; bdk 1Ko 8-9; Rom 14.

Jerusalem: Mat 9:13 - bukan persembahan Allah mengutamakan sikap hati yang jujur dan berbelas kasih dari pada pelaksanaan hukum Taurat yang ketat tapi lahiriah belaka. Ini sebuah pikiran pok...

Allah mengutamakan sikap hati yang jujur dan berbelas kasih dari pada pelaksanaan hukum Taurat yang ketat tapi lahiriah belaka. Ini sebuah pikiran pokok yang kerap diketengahkan para nabi, Amo 5:21.

Jerusalem: Mat 9:14 - murid-murid Yohanes Yohanes Pembaptis, murid-muridnya dan orang Farisi berpuasa lebih banyak dari yang diperintahkan oleh hukum. Maksudnya ialah dengan kesalehan memperce...

Yohanes Pembaptis, murid-muridnya dan orang Farisi berpuasa lebih banyak dari yang diperintahkan oleh hukum. Maksudnya ialah dengan kesalehan mempercepat kedatangan Kerajaan Allah.

Jerusalem: Mat 9:15 - mempelai itu bersama mereka Mempelai itu ialah Yesus dan teman-temanNya tidak dapat berpuasa oleh karena berkat Yesus zaman Mesias sudah dimulai

Mempelai itu ialah Yesus dan teman-temanNya tidak dapat berpuasa oleh karena berkat Yesus zaman Mesias sudah dimulai

Jerusalem: Mat 9:15 - diambil dari mereka Ini suatu nubuat yang cukup jelas mengenai kematian Yesus nanti.

Ini suatu nubuat yang cukup jelas mengenai kematian Yesus nanti.

Jerusalem: Mat 9:16-17 - -- Baju tua, kantong kulit tua ialah agama Yahudi, sejauh di dalamnya ada unsur-unsur tata penyelamatan yang sudah usang dan ketinggalan zaman. Kain yang...

Baju tua, kantong kulit tua ialah agama Yahudi, sejauh di dalamnya ada unsur-unsur tata penyelamatan yang sudah usang dan ketinggalan zaman. Kain yang belum susut, anggur yang baru melambangkan semangat baru dari Kerajaan Allah. Kesalehan tambahan sebagaimana dilakukan oleh murid Yohanes dan orang Farisi hanya menurunkan nilai tata penyelamatan lama, oleh karena mereka dengan jalan itu mau memperbaharuinya. Dengan menolak tambahan dan tambalan, Yesus mau menciptakan sesuatu yang baru benar-benar dengan meningkatkan semangat hukum Taurat sendiri, bdk Mat 5:17 dst.

Jerusalem: Mat 9:18 - kepala rumah ibadah Harafiah: kepala. Tetapi yang dimaksudkan benar-benar seorang kepala sinagoga yang menurut Markus dan Lukas bernama Yairus.

Harafiah: kepala. Tetapi yang dimaksudkan benar-benar seorang kepala sinagoga yang menurut Markus dan Lukas bernama Yairus.

Jerusalem: Mat 9:23 - peniup-peniup seruling... Tanda-tanda perkabungan yang lazim di situ.

Tanda-tanda perkabungan yang lazim di situ.

Jerusalem: Mat 9:27 - Anak Daud ialah sebuah gelar dan sebutan Mesias, 2Sa 7:1; bdk Luk 1:32; Kis 2:30; Rom 1:3, yang lazim di antara orang Yahudi, Mar 12:35; Yoh 7:42. Matius menonj...

ialah sebuah gelar dan sebutan Mesias, 2Sa 7:1; bdk Luk 1:32; Kis 2:30; Rom 1:3, yang lazim di antara orang Yahudi, Mar 12:35; Yoh 7:42. Matius menonjolkan bahwa sebutan itu diterapkan pada Yesus, Mat 1:1; Mat 12:23; Mat 15:22; Mat 20:30 dsj; Mat 21:9,15. Tetapi Yesus hanya dengan hati-hati membiarkan diriNya disebut demikian, oleh karena di dalamnya terkandung suatu pandangan yang terlalu manusiawi saja terhadap Mesias, Mat 22:41-46; bdk Mar 1:34+. Yesus lebih suka akan sebutan Anak Manusia yang lebih samar-samar, Mat 8:20+.

Jerusalem: Mat 9:34 - -- Ayat ini tidak terdapat dalam naskah-naskah yang memuat "teks barat".

Ayat ini tidak terdapat dalam naskah-naskah yang memuat "teks barat".

Jerusalem: Mat 9:36 - bergembala Ini sebuah gambaran atau kiasan alkitabiah: Bil 27:17; 1Ra 22:17; Jdt 11:19; Yeh 34:5.

Ini sebuah gambaran atau kiasan alkitabiah: Bil 27:17; 1Ra 22:17; Jdt 11:19; Yeh 34:5.

Ende: Mat 9:1 - Kota kediamanNja ialah Kafarnaum. Bdl. Mat 4:13.

ialah Kafarnaum. Bdl. Mat 4:13.

Ende: Mat 9:10 - Didalam rumah Rumah ini menurut Mk. dan Lk. rumah Mateus sendiri.

Rumah ini menurut Mk. dan Lk. rumah Mateus sendiri.

Ende: Mat 9:14 - Berpuasa jang dimaksudkan bukan puasa resmi, melainkan jang dilakukan dengan suka rela. Orang parisi membangga, bahwa mereka berpuasa dua kali seminggu (Luk 18...

jang dimaksudkan bukan puasa resmi, melainkan jang dilakukan dengan suka rela. Orang parisi membangga, bahwa mereka berpuasa dua kali seminggu (Luk 18:12).

Ende: Mat 9:16-17 - -- Tjita-tjita Keradjaan Allah baru, dan nilai-nilai Indjil jang mahaluhur tidak patut dan tidak mungkin ditampung dalam bentuk kesalehan lahiriah dan ke...

Tjita-tjita Keradjaan Allah baru, dan nilai-nilai Indjil jang mahaluhur tidak patut dan tidak mungkin ditampung dalam bentuk kesalehan lahiriah dan kemunafikan orang parisi, maupun dalam bentuk ibadat hukum taurat umumnja.

Ende: Mat 9:23 - Ribut Orang sedang meratap-tangisi anak jang benar-benar telah mati.

Orang sedang meratap-tangisi anak jang benar-benar telah mati.

Ende: Mat 9:27 - Putera David Ini gelaran Mesias jang sangat lazim.

Ini gelaran Mesias jang sangat lazim.

Ende: Mat 9:30 - -- Ingatlah tjatatan pada Mat 8:1 tadi.

Ingatlah tjatatan pada Mat 8:1 tadi.

Ref. Silang FULL: Mat 9:1 - ke kota-Nya · ke kota-Nya: Mat 4:13

· ke kota-Nya: Mat 4:13

Ref. Silang FULL: Mat 9:2 - seorang lumpuh // melihat iman // Percayalah // sudah diampuni · seorang lumpuh: Mat 4:24; Mat 4:24 · melihat iman: Mat 9:22; Mat 9:22 · Percayalah: Yoh 16:33 · sudah diampuni: Luk 7:48...

· seorang lumpuh: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

· melihat iman: Mat 9:22; [Lihat FULL. Mat 9:22]

· Percayalah: Yoh 16:33

· sudah diampuni: Luk 7:48

Ref. Silang FULL: Mat 9:3 - Ia menghujat · Ia menghujat: Mat 26:65; Yoh 10:33

· Ia menghujat: Mat 26:65; Yoh 10:33

Ref. Silang FULL: Mat 9:4 - pikiran mereka · pikiran mereka: Mazm 94:11; Mat 12:25; Luk 6:8; 9:47; 11:17; Yoh 2:25

Ref. Silang FULL: Mat 9:6 - Anak Manusia · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Mat 9:8 - memuliakan Allah · memuliakan Allah: Mat 5:16; 15:31; Luk 7:16; 13:13; 17:15; 23:47; Yoh 15:8; Kis 4:21; 11:18; 21:20

Ref. Silang FULL: Mat 9:9 - Ikutlah Aku · Ikutlah Aku: Mat 4:19; Mat 4:19

· Ikutlah Aku: Mat 4:19; [Lihat FULL. Mat 4:19]

Ref. Silang FULL: Mat 9:11 - orang berdosa · orang berdosa: Mat 11:19; Luk 5:30; 15:2; 19:7; Gal 2:15

Ref. Silang FULL: Mat 9:13 - bukan persembahan // orang berdosa · bukan persembahan: Hos 6:6; Mi 6:6-8; Mat 12:7 · orang berdosa: Luk 19:10; 1Tim 1:15

· bukan persembahan: Hos 6:6; Mi 6:6-8; Mat 12:7

· orang berdosa: Luk 19:10; 1Tim 1:15

Ref. Silang FULL: Mat 9:14 - murid-murid Yohanes // Farisi berpuasa · murid-murid Yohanes: Mat 3:1; Mat 3:1 · Farisi berpuasa: Mat 11:18,19; Luk 18:12

· murid-murid Yohanes: Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

· Farisi berpuasa: Mat 11:18,19; Luk 18:12

Ref. Silang FULL: Mat 9:15 - bersama mereka // akan berpuasa · bersama mereka: Yoh 3:29 · akan berpuasa: Kis 13:2,3; 14:23

· bersama mereka: Yoh 3:29

· akan berpuasa: Kis 13:2,3; 14:23

Ref. Silang FULL: Mat 9:18 - menyembah Dia // tangan-Mu atasnya · menyembah Dia: Mat 8:2; Mat 8:2 · tangan-Mu atasnya: Mr 5:23; Mr 5:23

· menyembah Dia: Mat 8:2; [Lihat FULL. Mat 8:2]

· tangan-Mu atasnya: Mr 5:23; [Lihat FULL. Mr 5:23]

Ref. Silang FULL: Mat 9:20 - jumbai jubah-Nya · jumbai jubah-Nya: Mat 14:36; Mr 3:10; 6:56; Luk 6:19

· jumbai jubah-Nya: Mat 14:36; Mr 3:10; 6:56; Luk 6:19

Ref. Silang FULL: Mat 9:22 - Teguhkanlah hatimu // menyelamatkan engkau // saat itu · Teguhkanlah hatimu: Mat 9:2; Yoh 16:33 · menyelamatkan engkau: Mat 9:29; Mat 8:13; Mr 10:52; Luk 7:50; 17:19; 18:42 · saat itu:...

· Teguhkanlah hatimu: Mat 9:2; Yoh 16:33

· menyelamatkan engkau: Mat 9:29; Mat 8:13; Mr 10:52; Luk 7:50; 17:19; 18:42

· saat itu: Mat 15:28

Ref. Silang FULL: Mat 9:23 - banyak ribut · banyak ribut: 2Taw 35:25; Yer 9:17,18

· banyak ribut: 2Taw 35:25; Yer 9:17,18

Ref. Silang FULL: Mat 9:24 - tidak mati // tetapi tidur · tidak mati: Kis 20:10 · tetapi tidur: Dan 12:2; Mazm 76:6; Yoh 11:11-14; Kis 7:60; 13:36; 1Kor 11:30; 15:6,18,20; 1Tes 4:13-16

Ref. Silang FULL: Mat 9:25 - lalu bangkitlah · lalu bangkitlah: Luk 7:14; Luk 7:14

· lalu bangkitlah: Luk 7:14; [Lihat FULL. Luk 7:14]

Ref. Silang FULL: Mat 9:26 - daerah itu · daerah itu: Mat 9:31; Mat 4:24; 14:1; Mr 1:28,45; Luk 4:14,37; 5:15; 7:17

Ref. Silang FULL: Mat 9:27 - Anak Daud · Anak Daud: Mat 1:1; Mat 1:1; Mat 12:23; 15:22; 20:30,31; 21:9,15; 22:42; Mr 10:47

Ref. Silang FULL: Mat 9:28 - kami percaya · kami percaya: Kis 14:9

· kami percaya: Kis 14:9

Ref. Silang FULL: Mat 9:29 - Jadilah kepadamu · Jadilah kepadamu: Mat 9:22; Mat 9:22

· Jadilah kepadamu: Mat 9:22; [Lihat FULL. Mat 9:22]

Ref. Silang FULL: Mat 9:30 - hal ini · hal ini: Mat 8:4; Mat 8:4

· hal ini: Mat 8:4; [Lihat FULL. Mat 8:4]

Ref. Silang FULL: Mat 9:31 - daerah itu · daerah itu: Mat 9:26; Mat 9:26; Mr 7:36

· daerah itu: Mat 9:26; [Lihat FULL. Mat 9:26]; Mr 7:36

Ref. Silang FULL: Mat 9:32 - seorang bisu // kerasukan setan · seorang bisu: Mat 12:22-24 · kerasukan setan: Mat 4:24; Mat 4:24

· seorang bisu: Mat 12:22-24

· kerasukan setan: Mat 4:24; [Lihat FULL. Mat 4:24]

Ref. Silang FULL: Mat 9:33 - di Israel · di Israel: Mr 2:12

· di Israel: Mr 2:12

Ref. Silang FULL: Mat 9:34 - mengusir setan · mengusir setan: Mat 12:24

· mengusir setan: Mat 12:24

Ref. Silang FULL: Mat 9:35 - dan kelemahan · dan kelemahan: Mat 4:23; Mat 4:23

· dan kelemahan: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]

Ref. Silang FULL: Mat 9:36 - kepada mereka // tidak bergembala · kepada mereka: Mat 14:14; 15:32; Mr 8:2 · tidak bergembala: Bil 27:17; 1Raj 22:17; Yeh 34:5,6; Za 10:2

· kepada mereka: Mat 14:14; 15:32; Mr 8:2

· tidak bergembala: Bil 27:17; 1Raj 22:17; Yeh 34:5,6; Za 10:2

Ref. Silang FULL: Mat 9:37 - Tuaian // pekerja sedikit · Tuaian: Yoh 4:35 · pekerja sedikit: Luk 10:2

· Tuaian: Yoh 4:35

· pekerja sedikit: Luk 10:2

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mat 4:12--25:46 - -- III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46) Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan...

III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46)

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1). Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1). Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4). Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Wycliffe: Mat 8:1--9:38 - -- 5) Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38). Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Mar...

5) Sepuluh Mukjizat dan Berbagai Peristiwa Terkait (8:1-9:38).

Narasi dalam dua pasal ini disusun menurut tema, dan urutannya agak berbeda dengan Markus dan Lukas. Sekalipun demikian, penggambaran Matius mengenai penyembuhan orang yang sakit kusta langsung sesudah Khotbah di Bukti pastilah kronologis (bdg. 8:1), sedangkan Markus dan Lukas tidak merinci waktunya.

Wycliffe: Mat 9:1-8 - Ke kota-Nya sendiri // Seorang lumpuh // Melihat iman mereka // Dosamu sudah diampuni // Ia menghujat Allah // ahli Taurat // Manakah lebih mudah? // tahu // berkuasa // Tuhan memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia 9:1-8. Penyembuhan orang lumpuh (bdg. Mrk. 2:1-12; Luk. 5:17-26). Ke kota-Nya sendiri. Kapernaum (Mrk. 2:1; Mat. 4:13). Seorang lumpuh. Orang lumpuh d...

9:1-8. Penyembuhan orang lumpuh (bdg. Mrk. 2:1-12; Luk. 5:17-26). Ke kota-Nya sendiri. Kapernaum (Mrk. 2:1; Mat. 4:13). Seorang lumpuh. Orang lumpuh diturunkan dari atap oleh empat orang kawannya karena padatnya kerumunan banyak orang (Mrk. 2:3, 4). Melihat iman mereka. Termasuk iman si orang sakit, karena pengampunan hanya diberikan kepada orang yang beriman (walaupun kesembuhan kadangkala diberikan sebelum ada iman). Dosamu sudah diampuni. Di dalam kasus ini, keadaan orang itu tampaknya merupakan akibat langsung dari dosa atau bisa juga membuatnya merenungkan secara serius keberdosaan dirinya. Ia menghujat Allah. Tuduhan yang dilancarkan para ahli Taurat dan orang Farisi, di sini tampak mereka menentang Yesus di Galilea untuk pertama kalinya, mengecam Dia karena mempergunakan hak istimewa Allah (Luk. 5:21). Manakah lebih mudah? Pertanyaan yang tidak bisa dijawab. Kedua pernyataan itu sama mudahnya untuk diucapkan; tetapi mengatakan salah satu, dengan disertai tindakan, memerlukan kuasa ilahi. Tentu seorang penipu yang berusaha supaya tidak ketahuan akan menganggap pernyataan yang pertama lebih mudah. Yesus kemudian menyembuhkan penyakit itu agar orang-orang itu tahu bahwa Dia berkuasa menangani penyebab penyakit itu, jadi memberi pertanda tentang pendamaian. Tuhan memberikan kuasa sedemikian itu kepada manusia. Pengampunan dan penyembuhan yang penuh kuasa oleh Kristus dipandang sebagai karunia-karunia ilahi kepada manusia.

Wycliffe: Mat 9:9-13 - Matius // Duduk di rumah cukai // Maka berdirilah Matius dan mengikut Dia // Ketika Yesus makan di rumah Matius // banyak pemungut cukai dan orang berdosa, // orang-orang Farisi // orang benar, // orang berdosa // tabib // Orang benar // Yang Ku-kehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan // (persembahan) 9-13. Panggilan Matius, dan jamuan makan di rumahnya. Semua Injil Sinoptis mencatat peristiwa ini sesudah penyembuhan orang lumpuh itu. Matius. Juga d...

9-13. Panggilan Matius, dan jamuan makan di rumahnya. Semua Injil Sinoptis mencatat peristiwa ini sesudah penyembuhan orang lumpuh itu. Matius. Juga disebut Lewi (Mrk. 2:14; Luk. 5:27). Duduk di rumah cukai. Kapernaum (9:1) terletak dekat jalan raya dari Damsyik ke kota-kota pelabuhan, dan oleh karena itu merupakan tempat yang baik untuk menagih pajak atas barang-barang dagangan yang lewat darat atau yang menyeberangi Danau Galilea. Dari sumber-sumber tulisan para rabi, Edersheim melukiskan tentang pajak-pajak menjengkelkan yang ditarik, dan pengelompokan pemungut cukai di mana Matius, sebagai pegawai bea cukai, termasuk dalam kelompok yang paling jelek (Life and Times of Jesus, I, 515-518). Maka berdirilah Matius dan mengikut Dia. Tindakan ini menandai pemutusan hubungan yang menyeluruh dengan masa lalu; tidak mungkin berbalik kembali. Kedudukannya akan digantikan orang lain, dan menemukan pekerjaan baru akan sulit bagi mantan pemungut cukai. Ketika Yesus makan di rumah Matius. Jamuan makan di rumah Matius ini (Luk. 5:29) mungkin diadakan beberapa saat sesudah panggilannya. Di jamuan makan tersebut Matius mengundang banyak pemungut cukai dan orang berdosa, para mantan kerabatnya yang hidup bertentangan dengan kehendak Allah sebagaimana tercantum di dalam Perjanjian Lama. Pastilah Matius mengundang mereka dengan tujuan agar Yesus dapat memenangkan mereka untuk diri-Nya. Kepada orang-orang Farisi yang membuat pembedaan paling kaku dan menganggap diri mereka orang benar, Yesus mengatakan bahwa pelayanan-Nya diperlukan oleh orang berdosa seperti halnya seorang tabib diperlukan oleh orang yang sakit. Orang benar. Yesus mempergunakan perkiraan orang Farisi mengenai diri mereka untuk menjawab keberatan mereka. Yang Ku-kehendaki adalah belas kasihan dan bukan persembahan (Hos. 6:6). Sikap murah hati terhadap orang yang kekurangan secara rohani jauh lebih baik daripada sekadar formalitas di dalam menjalankan kewajiban religius (persembahan) tanpa keprihatinan terhadap orang lain.

Wycliffe: Mat 9:14-17 - murid-murid Yohanes // Orang Farisi berpuasa // Sahabat // sahabat mempelai laki-laki // Mempelai // dari mereka // pada waktu itulah mereka akan berpuasa // Secarik kain yang belum susut // Anggur yang baru, // kantong kulit yang tua 14-17. Percakapan dengan murid-murid Yohanes ini pasti juga terjadi pada jamuan makan di rumah Matius (perhatikan kaitan erat di dalam Luk. 5:33). Ora...

14-17. Percakapan dengan murid-murid Yohanes ini pasti juga terjadi pada jamuan makan di rumah Matius (perhatikan kaitan erat di dalam Luk. 5:33). Orang Farisi berpuasa. (Orang Farisi sering berpuasa.) Selain puasa tahunan yang satu hari berdasarkan Alkitab (pada Hari Raya Pendamaian), telah ditambahkan puasa Senin dan Kamis, dilaksanakan oleh orang Farisi dan yang lainnya, termasuk murid-murid Yohanes (Luk. 5:33). Jawaban Kristus mengingatkan pada pernyataan Yohanes sendiri (Yoh. 3:29), yang melukiskan pelayanan Tuhan kita sebagai pesta pernikahan. Sahabat-sahabat mempelai laki-laki. Para pendamping mempelai laki-laki yang mendampinginya. Pada saat Kristus sang Mempelai laki-laki diambil dari mereka melalui kematian yang mengerikan, pada waktu itulah mereka akan berpuasa. Berpuasa secara benar dilakukan karena kesusahan (baca dukacita), bukan karena ritus. Secarik kain yang belum susut. Secarik kain penambal yang tidak susut dan tidak dikanji pada saat seluruh pakaian itu dicuci akan merobek dan menyusutkan kain yang kepadanya kain tadi ditambalkan. Anggur yang baru, anggur yang belum diragikan, akan mengoyakkan kantong kulit yang tua yang tidak memiliki daya kekenyalan lagi. Jadi Kristus dan amanat-Nya itu jauh lebih berarti daripada Yudaisme kontemporer yang ditambal sulam atau diremajakan.

Wycliffe: Mat 9:18-26 - Kepala rumah ibadat // Anakku perempuan baru saja meninggal // Maka ia akan hidup // yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan // Menjamah jumbai jubah-Nya // iman // peniup-peniup seruling // Anak ini tidak mati tetapi tidur // Tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu, 18-26. Penyembuhan wanita yang kena sakit pendarahan dan kebangkitan putri kepala rumah ibadat. Kepala rumah ibadat. Salah satu kepala rumah ibadat ya...

18-26. Penyembuhan wanita yang kena sakit pendarahan dan kebangkitan putri kepala rumah ibadat. Kepala rumah ibadat. Salah satu kepala rumah ibadat yang bernama Yairus, mungkin di Kapernaum (Mrk. 5:21, 22). Anakku perempuan baru saja meninggal. Matius meringkas beberapa rincian. Markus dan Lukas mencatat bahwa pada mulanya Yairus melaporkan bahwa putrinya sedang sekarat, dan kemudian diberi tahu oleh anak buahnya bahwa sudah meninggal. Maka ia akan hidup. Sekalipun imannya tidak sebesar iman perwira romawi (8:8), iman tersebut juga luar biasa. Di dalam perjalanan menuju ke rumah Yairus, Yesus dihampiri dari belakang oleh seorang wanita yang sudah dua belas tahun lamanya menderita pendarahan. Secara seremonial penyakit ini dianggap najis (Im. 15:19-30), suatu fakta yang mungkin bisa menjelaskan tindakan wanita itu. Menjamah jumbai jubah-Nya. Mungkin salah satu jumbai yang ada di empat ujung jubah luar-Nya, pakaian yang dipakai orang Israel sesuai dengan Bilangan 15:38 dan Ulangan 22:12. Kembali Matius meringkas kisah ini, tetapi mencatat bahwa Yesus menjelaskan kepada wanita tersebut bahwa iman dan bukan jumbai yang telah membuatnya sembuh. Yesus melanjutkan perjalanan, ke rumah duka. Ketika itu peniup-peniup seruling dan para peratap lainnya sudah berkumpul untuk arak-arakan penguburan zaman dulu (Yer. 9:17; 48:36). Anak ini tidak mati tetapi tidur. Bandingkan dengan pernyataan Yesus yang mirip tentang Lazarus (Yoh. 11:11, 14). Pernyataan ini bukanlah suatu pendapat Yesus yang salah, juga bukan suatu kebenaran bahwa anak itu benar-benar hanya sedang tidak sadar, atau suatu argumen bahwa kematian adalah jiwa yang tertidur. Pernyataan ini diucapkan sehubungan dengan apa yang akan dilakukan oleh-Nya. Tersiarlah kabar tentang hal itu ke seluruh daerah itu, sekalipun Yesus mengingatkan mereka untuk tidak mengumumkan peristiwa tersebut (Mrk. 5:43; Luk. 8:56).

Wycliffe: Mat 9:27-31 - Hai Anak Daud // Jadilah kepadamu menurut imanmu // Memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu 27-31. Penyembuhan dua orang buta. Kisah ini dan kisah berikutnya dicatat hanya oleh Matius. Hai Anak Daud. Sebuah panggilan Mesianis. Karena pada saa...

27-31. Penyembuhan dua orang buta. Kisah ini dan kisah berikutnya dicatat hanya oleh Matius. Hai Anak Daud. Sebuah panggilan Mesianis. Karena pada saat itu Yesus mengabaikan pemakaian gelar-gelar umum yang dapat dianggap politis, Dia tidak menggubris mereka sampai semua masuk ke dalam rumah. Jadilah kepadamu menurut imanmu. Bandingkan 8:13. Dengan mengaku bahwa Yesus adalah Mesias, disertai berbagai implikasinya yang menyenangkan bagi orang-orang semacam ini (Yes. 35:5, 6), orang mendapatkan berkat yang diminta. Memasyhurkan Dia ke seluruh daerah itu. Karena tidak mampu menahan rasa terima kasih, mereka tidak menaati peringatan keras Kristus untuk tidak menceritakan apa-apa.

Wycliffe: Mat 9:32-34 - bisu // Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel // orang // penghulu setan 32-34. penyembuhan orang bisu yang kerasukan setan. Sekalipun orang yang kerasukan setan sering kali garang dan ribut, yang satu ini bisu dan dibawa k...

32-34. penyembuhan orang bisu yang kerasukan setan. Sekalipun orang yang kerasukan setan sering kali garang dan ribut, yang satu ini bisu dan dibawa kepada Yesus oleh orang lain. Matius menceritakan kisah ini dengan sangat ringkas, terutama mencatat tanggapan umum. Yang demikian belum pernah dilihat orang di Israel. Pernyataan ini mungkin mengungkapkan kesan yang diperoleh setelah jangkauan waktu tertentu, mencapai puncak pada mukjizat yang terakhir ini. Tuduhan orang Farisi bahwa Yesus bersekongkol dengan penghulu setan pastilah berkaitan dengan mukjizat ini. Tuduhan tersebut mungkin tidak diarahkan langsung kepada Yesus, karena Ia tidak menanggapinya sampai diutarakan lagi (Mat. 12:24-29).

Wycliffe: Mat 9:35-38 - Yesus berkeliling // Mengajar, memberitakan // melenyapkan segala penyakit // Tergeraklah ... oleh belas kasihan // Lelah // Terlantar, // tuaian // pekerja-pekerja // mintalah kepada tuan yang empunya tuaian // mengirimkan 35-38. Perjalanan lain di Galilea. Ada perbedaan pendapat apakah paragraf ini melukiskan perjalanan ketiga di Galilea (bdg. Mat. 4:23: Luk. 8:1; demik...

35-38. Perjalanan lain di Galilea. Ada perbedaan pendapat apakah paragraf ini melukiskan perjalanan ketiga di Galilea (bdg. Mat. 4:23: Luk. 8:1; demikian A. T. Robinson, A Harmony of the Gospels) ataukah ringkasan dari kegiatan Kristus yang dimulai pada 4:23 (Lenski; Alford). Yesus berkeliling. Bentuk Yunani kata ini menunjuk pada tindakan berkesinambungan. Mengajar, memberitakan dan melenyapkan segala penyakit menegaskan kembali kegiatan-Nya yang tercantum di 4:23. Tergeraklah ... oleh belas kasihan. Belas kasihan Yesus yang mendalam ini sering kali disebut sebagai mendorong Dia untuk melakukan mukjizat (14:14; 15:32; 20:34). Dua ilustrasi melukiskan konsep Kristus tentang orang banyak: domba yang tidak bergembala dan tuaian yang banyak. Lelah. Keletihan, cemas. Terlantar, atau terbaring tak berdaya karena kelelahan dan pengabaian. Tetapi Yesus juga melihat orang-orang itu sebagai tuaian rohani yang banyak, yang membutuhkan pekerja-pekerja untuk mengumpulkannya. Para murid disuruh mintalah kepada tuan yang empunya tuaian (Yesus sendiri; bdg. 3:12, di mana Yohanes memakai gambaran yang sama pada Kristus) agar Dia mengirimkan para pekerja yang diperlukan. Sebagaimana terjadi sering kali, orang-orang yang berdoa itulah yang diutus (ps. 10).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 9:1-8 - Kristus Menyembuhkan Orang yang Sakit Lumpuh Dalam pasal ini diceritakan tentang kejadian-kejadian menakjubkan yang menunjukkan betapa berkuasa dan berbelaskasihannya Tuhan Yesus. Apa yang di...

Matthew Henry: Mat 9:9-13 - Matius Dipanggil Matius Dipanggil (9:9-13) Dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang anugerah dan belas kasih Kristus kepada para pemungut cukai yang malang, khususny...

Matthew Henry: Mat 9:14-17 - Tanggapan Kristus terhadap Murid-murid Yohanes Tanggapan Kristus terhadap Murid-murid Yohanes (9:14-17) Keberatan-keberatan yang diajukan orang lain kepada Kristus dan murid-murid-Nya memberikan...

Matthew Henry: Mat 9:18-26 - Anak Perempuan Kepala Rumah Ibadat Dihidupkan Kembali Anak Perempuan Kepala Rumah Ibadat Dihidupkan Kembali (9:18-26) Dalam ayat-ayat ini ada dua kisah yang ditempatkan bersama-sama; yang pertama kisah...

Matthew Henry: Mat 9:27-34 - Dua Orang Buta dan Seorang Bisu Disembuhkan Dua Orang Buta dan Seorang Bisu Disembuhkan (9:27-34) Dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang dua mujizat lagi yang diadakan bersama-sama oleh Juru...

Matthew Henry: Mat 9:35-38 - Yesus Berkeliling Memberitakan Injil ke Semua Kota dan Desa Yesus Berkeliling Memberitakan Injil ke Semua Kota dan Desa (9:35-38) Perikop ini merupakan, I. Kesimpulan dari perikop-perikop sebelumnya yang...

SH: Mat 8:28--9:8 - Yesus peduli dan berkuasa. (Rabu, 19 Januari 2005) Yesus peduli dan berkuasa. Kita seringkali diperhadapkan pada dilema mengenai kepedulian dan kemampuan/kuasa. Orang yang peduli seringkali t...

SH: Mat 8:28--9:8 - Otoritas mutlak Yesus Kristus. (Senin, 22 Januari 2001) Otoritas mutlak Yesus Kristus. Ketika Yesus tiba di wilayah Gadara, sebuah wilayah di luar wilayah orang Yahudi, dua orang yang dirasuki setan menemu...

SH: Mat 8:28--9:8 - Jesus membebaskan manusia dari kuasa Setan. (Senin, 12 Januari 1998) Jesus membebaskan manusia dari kuasa Setan. Setan-setan tahu dan mengenal, Yesus adalah Anak Allah. Mereka takut jika ditindak sebelum waktunya, lalu ...

SH: Mat 9:9-13 - Ikutlah Aku! (Kamis, 20 Januari 2005) Ikutlah Aku! Ada sebuah pujian yang bersyair "Alangkah indahnya hari itu, hari yang tak kulupa, setelah ku keliling dalam g'lap, ku dapat ...

SH: Mat 9:9-17 - Yesus memang beda. (Selasa, 23 Januari 2001) Yesus memang beda. Zaman Kerajaan Romawi, orang kaya mengikuti lelang untuk menjadi pemungut cukai. Modal yang sudah dikeluarkan untuk memenangkan le...

SH: Mat 9:9-17 - Kristus datang untuk orang berdosa. (Selasa, 13 Januari 1998) Kristus datang untuk orang berdosa. Orang Parisi mencela Yesus yang bergaul dengan orang-orang berdosa. Apalagi, Ia memanggil Matius si pemungut cukai...

SH: Mat 9:14-17 - Yang baru meniadakan yang lama. (Jumat, 21 Januari 2005) Yang baru meniadakan yang lama. Pada malam hari orang menyalakan lampu atau lilin supaya tidak kegelapan. Bila matahari sudah terbit semua a...

SH: Mat 9:18-34 - Sang Mesias. (Sabtu, 22 Januari 2005) Sang Mesias. Mesias yang diharapkan orang Yahudi adalah seorang yang akan membebaskan mereka dari penindasan pemerintahan Romawi. Namun, ...

SH: Mat 9:18-34 - Kuasa dan Pribadi Yesus. (Rabu, 24 Januari 2001) Kuasa dan Pribadi Yesus. Yesus memiliki kuasa mutlak atas segala sesuatu yang ada, yang sudah ada maupun yang akan ada. Tidak satu kondisi pun yang d...

SH: Mat 9:18-34 - Yesus terlebih besar. (Rabu, 14 Januari 1998) Yesus terlebih besar. Melalui keempat mukjijat ini, jelas dilukiskan bahwa Tuhan Yesus lebih berkuasa daripada kematian, penyakit yang dua belas tahun...

SH: Mat 9:35--10:15 - Ladang dan Tugasku. (Minggu, 23 Januari 2005) Ladang dan Tugasku. Perjalanan Yesus berkeliling ke semua kota dan desa menghasilkan suatu kesimpulan bahwa banyak orang yang hidup bagai do...

SH: Mat 9:35--10:4 - Teladan dan kuasa dalam pelayanan. (Kamis, 25 Januari 2001) Teladan dan kuasa dalam pelayanan. Kemarin kita telah belajar bahwa kita harus tunduk kepada Yesus sebagai Tuhan. Hari ini kita akan belajar bagaiman...

SH: Mat 9:35--10:4 - Kasih yang mencari. (Kamis, 15 Januari 1998) Kasih yang mencari. Dari sejak manusia jatuh ke dalam dosa, hati Allah yang penuh belas kasihan mencari Adam dan Hawa untuk menyelamatkannya. Kasih ag...

Topik Teologia: Mat 9:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah Alasan-alasan Memuji Allah Memuji Allah unt...

Topik Teologia: Mat 9:6 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Menemukan Sumber Kekua...

Topik Teologia: Mat 9:9 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan dengan Kuasa Pemilihan Mereka Membuat Pilihan Demi Permintaan Orang Lain Kej 6:22 ...

Topik Teologia: Mat 9:12 - -- Yesus Kristus Yesus Datang untuk Menjadi Juruselamat Manusia Mat 9:12-13 Mat 15:24 Mat 18:12-14 Mar 2:17 Luk 15:1-32 Luk 19...

Topik Teologia: Mat 9:13 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Misi Yesus Yesus Datang untuk Menj...

Topik Teologia: Mat 9:14 - -- Pengudusan Pengudusan: Fakta yang Tergenapi dan Proses Pertumbuhan Pengudusan sebagai Pertumbuhan dalam Anugerah Sarana Pertumbuha...

Topik Teologia: Mat 9:15 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Mempelai Laki-laki Mat 9:15 Mat 25:1-13 Yoh 3:29 Pengudusan Peng...

Topik Teologia: Mat 9:32 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mat 9:33 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis

Topik Teologia: Mat 9:34 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Kerasukan Iblis Akibat dari Kerasukan Iblis Pengakuan Oleh Orang Lain Mat 9:33-...

Topik Teologia: Mat 9:35 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Moral Manusia Yesus Melakukan Hal-hal untuk Orang Lain Dia Prih...

Topik Teologia: Mat 9:36 - -- Yesus Kristus Kemanusiaan Kristus Kristus Memiliki Natur Emosi Manusia Yesus Merasakan Hal-hal yang Menyenangkan Dia Mem...

Topik Teologia: Mat 9:37 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuan yang Empunya Tuaian Mat 9:...

Topik Teologia: Mat 9:38 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Peme...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun 60-an TM Latar Belakang Injil ini dengan tepat sekali di...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (Mat 1:1-4:11) A. Silsilah Yahudi Yesus (Mat 1:1-17) B....

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita; demikian yang diberikan pada bagian kedua dari...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedjak semula terkenal sebagai jang pertama, dan ...

Wycliffe: Matius (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MATIUS Penulis. Banyak sekali kesaksian sejarah awal yang menganggap Injil ini ditulis oleh Matius, sang pemungut cukai, yang juga disebu...

Wycliffe: Matius (Garis Besar) GARIS BESAR MATIUS I. Kelahiran dan Masa Kecil Yesus Kristus 1:1-2:23 A. Silsilah Kristus 1:1-17 B. Kelahiran Kristus...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS

PENGANTAR

Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan oleh Allah. Melalui Yesus itulah Allah menepati apa yang telah dijanjikan-Nya di dalam Perjanjian Lama kepada umat-Nya. Sekalipun Yesus lahir dari orang Yahudi dan hidup sebagai orang Yahudi, namun Kabar Baik itu bukanlah hanya untuk bangsa Yahudi saja melainkan untuk seluruh dunia.

Buku Matius ini disusun secara teratur; mulai dengan kelahiran Yesus, kemudian mengenai baptisan dan godaan yang dialami-Nya, lalu mengenai karya-Nya di Galilea. Di situ Ia berkhotbah, mengajar dan menyembuhkan orang. Setelah itu buku ini mengisahkan perjalanan Yesus dari Galilea ke Yerusalem, dan apa yang terjadi dengan Yesus dalam minggu terakhir hidup-Nya di dunia ini yang memuncak pada kematian dan kebangkitan-Nya.

Salah satu hal yang dititikberatkan oleh Matius ialah bahwa Yesus adalah Guru yang besar, yang mengajar bahwa Allah memerintah sebagai Raja. Yesus juga mempunyai wibawa untuk menjelaskan arti dari Hukum Allah. Kebanyakan dari ajaran-ajaran Yesus itu dikelompokkan menurut pokok-pokoknya. Ada lima kelompok:

  1. (1) Khotbah di Bukit yang menyangkut sikap, kewajiban, hak-hak, dan tujuan hidup para anggota umat Allah (pasal 5-7 Mat 5:1-7:28);
  2. (2) petunjuk-petunjuk kepada kedua belas pengikut Yesus untuk melaksanakan tugas (pasal 10 Mat 10:1-42);
  3. (3) perumpamaan-perumpamaan tentang keadaan waktu Allah memerintah sebagai Raja (pasal 13 Mat 13:1-58);
  4. (4) ajaran mengenai makna menjadi pengikut Yesus (pasal 18 Mat 18:1-35); dan
  5. (5) ajaran tentang akhir zaman dan tentang kedatangan Anak Manusia (pasal 24-25 Mat 24:1-25:46).

Isi

  1.  Daftar asal-usul Yesus Kristus dan kelahiran-Nya
    Mat 1:1-2:23
  2.  Pekerjaan Yohanes Pembaptis
    Mat 3:1-12
  3.  Baptisan dan godaan terhadap Yesus
    Mat 3:13-4:11
  4.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Mat 4:12-18:35
  5.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mat 19:1-20:34
  6.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mat 21:1-27:66
  7.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Mat 28:1-20

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Matius.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen keturunan Yahudi, (dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus).

Isi Kitab: Injil Matius terdiri dari 28 pasal. Menyatakan bahwa Yesus orang Nazaret sungguhlah Mesias (Juruselamat), Raja yang dijanjikan, sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Matius

  1. Pasal 1-4 (Mat 1:1-4:1).

    Raja (Juruselamat) yang dinantikan sudah datang

    Bagian ini memaparkan keturunan Yesus, dari Abraham, Ishak, dan Yakub, dengan maksud untuk menunjukkan, bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat (Raja) yang diutus Allah sebagai penggenap nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 2:1-2, 11-12. Kalau kedatanga Tuhan Yesus disambut dengan persembahan-persembahan, apakah yang tela saudara persembahkan kepada-Nya?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 4:1-11. Berapa lamakah Tuhan Yesus berpuasa? Tuhan Yesus dicobai. Siapakah yang menang dalam pencobaan ini? Tuhan Yesus menang dalam pencobaan. Itu berart Tuhan Yesus sanggup menolong saudara dalam pencobaan kalau saudara menerima Dia sebagai Raja dalam hidup.
  2. Pasal 4-25 (Mat 4:12-25:46).

    Raja (Juruselamat) itu memberikan ajaran-ajaran

    Bagian ini berisikan ajaran-ajaran dasar yang menjadi ciri hidup kerajaan-Nya. Dan juga Yesus menunjukkan kuasa-Nya atas alam semesta, atas penyakit-penyakit melalui mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 5:1-12. Siapakah yang memiliki kebahagiaan?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 7:24. Apakah yang menjadi dasar kehidupan yang kuat bag setiap pengikut Yesus?
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 11:25-30. Apakah yang akan saudara dapati, kalau mau datang pada Yesu Sang Raja?
    4. Buka dan bacalah pasal Mat 16:24. Apakah yang menjadi syarat bagi pengikut Yesus?
    5. Buka dan bacalah pasal Mat 24:24-25. Tuhan Yesus menyatakan, bahwa setelah Ia kembali ke sorga, akan datan Juruselamat yang palsu, karena hanya Yesuslah Juruselamat yang asli. Saudara mau yang mana, yang asli atau yang palsu?
  3. Pasal 26-27 (Mat 26:1-27:66).

    Raja (Juruselamat) mengorbankan dirinya untuk keselamatan umat-Nya

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 26:26-28. Bagian ini menjelaskan, sebelum Raja itu mengorbankan diri-Nya, I terlebih dahulu mengajak murid-murid-Nya untuk mengadakan perjamua suci. Hal ini merupakan lambang daripada pengorbanan-Nya di kay salib. Dan Ia mengamanatkan agar perjamuan yang serupa dilakukan ole murid-murid-Nya, setelah kenaikan-Nya kesorga. Perjamuan ini disebu Perjamuan Kudus. Ini berarti setiap orang yang percaya pada Yesus harus mengikuti upacara Perjamuan Kudus tersebut. _Tanyakan_: Apakah arti Perjamuan Kudus?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 27:54. Apakah pengakuan dari komandan prajurit Roma tentang Yesus? Bagaimanakah pendapat saudara, siapakah Yesus?
  4. Pasal 28 (Mat 28:1-20).

    Raja (Juruselamat) itu memperlihatkan kemenangannya atas segala kuasa di dunia dan di sorga

    Bagian ini menjelaskan, bagaimana Raja yang mengorbankan diri-Nya itu berkuasa atas segala kuasa kematian karena Dialah yang mempunyai segala kuasa baik di sorga maupun di dunia.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 28:1-10. Bagian ini menjelaskan bahwa Yesus bangkit persis seperti apa yan telah Ia katakan tentang diri-Nya. Siapakah yang menggulingkan bat penutup kuburan, dan memberitakan tentang kebangkitan Yesus? Jad berita kebangkitan Yesus, diterima pertama kali dari manusia atau dar malaikat Allah? Kalau begitu siapakah yang lebih saudara percayai?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 28:11-15. Berita bohong tentang Yesus tidak bangkit dari kematian itu, dibua oleh manusia. Jadi siapa yang percaya kepada berita itu, berart percaya kepada berita bohong dari manusia dan menjadi pengiku pembohong.
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 28:16-20. Menurut ayat 18 (Mat 28:18) apakah yang diberikan kepada Yesus? Menurut ayat 19 (Mat 28:19) Raja yang naik ke sorga memberikan Amanat Agung aga murid-murid-Nya pergi ke seluruh dunia, untuk menjadika semua bangsa murid-murid-Nya. Amanat Agung ini berlak untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Apakah saudara sudah pernah bersaksi tentang Yesus Kristu kepada orang lain? Pada ayat 20, (Mat 28:20) janji apakah yang diberikan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Matius, jelaslah bahwa Yesus Kristus adalah Raja yang kekal, Juruselamat dan Penebus dosa yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Yesus Kristus adalah Raja dari segala raja, karena Dialah yang mempunyai segala kuasa, baik di sorga maupun di atas bumi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Injil Matius?
  2. Apakah isi singkat Injil Matius?
  3. Bagaimanakah Yesus membuktikan, bahwa Ia adalah raja da Juruselamat yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama?

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan P

MENGAPA INJIL INI DITULIS.
Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:
1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan Perjanjian Lama.
2. Untuk mencatat ajaran Kristus yang diberikan secara luas pada para murid-Nya.
3. Untuk menjelaskan sikap apa yang diharapkan Kristus dari murid-murid-Nya.
4. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah anggota gereja, misalnya mengenai kehidupan masa muda Yesus dan kedatangan-Nya kembali.
5. Untuk menjelaskan tentang cara mengelola Gereja.

PENULISNYA.
Tidak ada pernyataan dalam Injil ini bahwa Matiuslah penulisnya, tetapi tradisi mula-mula menegaskan demikian. Sedikit saja yang kita ketahui tentang Matius, karena ia hanya disebut dalam Mat 9:9 dan Mat 10:3, yaitu bahwa ia seorang pemungut cukai yang dipanggil secara pribadi oleh Yesus. Namanya berarti "anugerah dari Tuhan". Dalam Injil lain ia dipanggil Lewi (Mar 2:14).

PEMBACA INJIL MATIUS.
Hal-hal yang diperhatikan dalam Injil Matius memberi petunjuk bahwa sebagian besar pembacanya adalah orang Yahudi. Sebagian besar dari mereka mungkin sudah menjadi Kristen, tetapi Matius boleh jadi menulis Injil ini untuk meyakinkan orang Yahudi lainnya bahwa Yesus adalah Mesias yang sudah lama dinanti-nantikan oleh bangsa Yahudi.

Namun demikian, ia sama sekali tidak mengabaikan orang-orang bukan Yahudi dan mungkin juga ia menulis dengan tujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan mereka tentang kepercayaan mereka yang bersumber dari kepercayaan Yahudi.

KAPAN INJIL INI DITULIS?
Kita tidak dapat memastikan kapan Injil Matius ditulis. Mungkin Injil ini ditulis setelah Markus menulis Injilnya, karena isinya mirip dengan Injil Markus. Tetapi, Injil ini juga bukan yang terakhir, karena masalah-masalah sehubungan dengan orang-orang Kristen Yahudi yang diperhatikannya berangsur berkurang. Diperkirakan waktunya adalah antara tahun 50 dan 90.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Injil Matius sangat teratur. Bagian-bagian tentang ajaran Yesus disisipkan di antara penjelasan-penjelasan tentang kegiatan-kegiatan-Nya.
2. Karena ingin menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi, ia sering mengutip dari Perjanjian Lama. Ada 65 ayat dalam Matius yang mengacu ke Perjanjian Lama.
3. Matius bicara tentang Kerajaan Surga (33 kali) cocok dengan latar belakangnya sebagai orang Yahudi, sementara Injil-Injil lain bicara tentang Kerajaan Allah.
4. Dari keempat Injil, hanya Matius sendiri yang berbicara mengenai gereja. Ia menulis sebagai seorang gembala yang menangani berbagai masalah dan pertanyaan.

Pesan

1. Yesus adalah Mesias.
o Dia berasal dari keturunan Yahudi Mat 1:1-17
o Dia menggenapi nubuatan Perjanjian Lama, misalnya Mat 1:23; 2:6, 18, 23; 4:15, 16 dll.
o Dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Mat 1:21
o Dia pertama-tama datang kepada bangsa Israel. Mat 15:24
o Dia melukiskan sikap-Nya terhadap Perjanjian Lama. Mat 5:17-48
o Dia menantang pemimpin-pemimpin agama yang menyesatkan umat Allah. Mat 16:5-12; 23:1-36.
o Dia kelak akan bertindak sebagai hakim. Mat 25:31-46

2. Yesus berbicara mengenai suatu kerajaan.
o Dia menjelaskan apa sebenarnya Kerajaan Allah itu: bukan suatu tempat, tetapi
Allah secara aktif memerintah dunia ini. Mat 9:35
o Dia sendiri adalah Raja. Mat 2:2, 16:28
o Dia memberitahukan persyaratan revolusioner untuk dapat masuk ke dalamnya.
Mat 5:3,10,20; 7:21; 19:14,23,24
o Kerajaan-Nya sudah hadir saat ini. Mat 12:28
o Kerajaan-Nya yang sempurna masih akan datang. Mat 16:28
o Pertumbuhan Kerajaan-Nya itu pasti, walaupun tersembunyi. Mat 3:1-23
o Kerajaan Allah layak mendapat prioritas utama manusia. Mat 6:33; 13:44-46

3. Yesus menggarisbawahi hukum Taurat.
o Dia memperkuat hukum Taurat. Mat 5:17-48
o Dia merangkum hukum Taurat. Mat 22:37-40
o Dia menafsirkan hukum Taurat. Mat 23:23

4. Yesus mengutus gereja-Nya.
o Menjadi suatu masyarakat yang bermoral tinggi. Mat 5:20
o Menjadi suatu masyarakat yang berdisiplin. Mat 18:15-18
o Menjadi suatu masyarakat yang bersedia mengampuni. Mat 18:21-22
o Menjadi suatu masyarakat yang berdoa. Mat 18:19-20
o Menjadi suatu masyarakat yang bersaksi. Mat 28:19-20

Penerapan

Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada dua golongan kelompok utama:

1. Kepada orang yang belum percaya.
o Orang Yahudi yang belum percaya: Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah
Mesias yang telah lama mereka nantikan. Kedatangan-Nya sudah dipersiapkan
dengan saksama di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
o Bangsa bukan Yahudi yang belum percaya: pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.

Yesus adalah Juruselamat seluruh umat manusia. Dia menyambut siapa saja yang
menyatakan iman mereka kepada-Nya.

2. Kepada orang-orang Kristen.
o Injil ini akan memperlengkapi Anda dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
o Injil ini akan menunjukkan kepada Anda nilai Perjanjian Lama.
o Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hukum yang baru dan
mencapai standar moral yang tinggi.
o Injil ini juga akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana harus hidup dengan
sesama Kristen.
o Injil ini akan mendorong Anda untuk ikut ambil bagian dalam tugas misi ke
seluruh dunia.
o Injil ini akan membangkitkan pengharapan Anda akan kedatangan Yesus kembali.

Tema-tema Kunci

Matius menekankan beberapa tema tertentu. Selidikilah berulang kali catatan-catatan berikut ini dan pakailah konkordansi agar mendapatkan referensi lain yang terkait untuk mempelajari secara lebih mendalam.

1. Allah adalah Bapa surgawi kita. Inilah sebutan bagi Allah yang paling disenangi oleh Matius: Mat 5:16,45,48; 6:1,9; 7:11,21; 10:32,33; 12:50; 16:17; 18:10,14,19.

2. Berbagai gambaran mengenai Yesus. Yesus disebut Anak Daud (Mat 1:1), Juruselamat (Mat 1:21), Raja Orang Yahudi (Mat 2:2), Orang Nazaret (Mat 2:23). Sebutan apalagi bagi Yesus yang dapat Anda temukan? 3. Kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama. Matius sering mengatakan 'haI itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi' (Mat 2:15) atau kalimat-kalimat serupa. Carilah referensi lain dan periksalah apa yang mereka ajarkan tentang Yesus.

4. Ajaran Yesus. Lima kali Matius mengatakan 'setelah Yesus mengakhiri perkataan ini' (Mat 7:28; 11:1; 13:53; 19:1; 26:1). Setiap pernyataan itu ditulis pada akhir sekumpulan ajaran Yesus. Buatlah ringkasan dari tiap-tiap 'khotbah' itu. 5. Perumpamaan-perumpamaan Yesus. Yesus mengajar murid-murid-Nya dengan memakai perumpamaan. Tetapi ingatlah, tidak semua orang dapat mengerti makna perumpamaan-perumpamaan itu (Mat 13:10-17). Beberapa perumpamaan terdapat dalam: Mat 7:24-27; 13:3-52; 18:23-35; 20:1-16; 22:1- 14; 25:1-30. Buatlah ringkasan mengenai apa yang diajarkan dalam perumpamaan-perumpamaan di atas dan dalam perumpamaan lain.

6. Mukjizat-mukjizat yang dilakukan Yesus. Matius mencatat banyak mukjizat kesembuhan dan mukjizat-mukjizat lain yang dibuat oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan atas ciptaan. Dua puluh mukjizat dicatat dalam Injil ini: Mat 8:1-17,23-34; 9:1-8, 18-33; 12:10-13,22; 14:15-33; 15:21-39; 17:14-21; 20:29-34; 21 :18-22. Daftarkanlah semua mukjizat itu dan tulislah dalam satu kalimat tentang apa yang dinyatakan mengenai Yesus dalam tiap-tiap mukjizat.

7. Kerajaan Surga Ungkapan ini menyarikan inti yang penting dalam ajaran Yesus. Pakailah konkordansi untuk mengetahui di mana Yesus mengatakannya dan bayangkan apa yang sebenarnya ingin dikatakan oleh Yesus tentang Kerajaan Surga ini.

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25 Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus Mat 1:18-25Kelahiran Yesus Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus Mat 3:1-17Pela

[1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25

Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus
Mat 1:18-25Kelahiran Yesus
Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus
Mat 3:1-17Pelayanan Yohanes Pembaptis
Mat 4:1-11Pencobaan terhadap Yesus
Mat 4:12-25Yesus mulai berkhotbah

[2] KHOTBAH DI BUKIT Mat 5:1-7:29

Mat 5:1-12Ucapan bahagia
Mat 5:13-16Garam dan terang
Mat 5:17-48Sikap Yesus terhadap hukum Taurat
Mat 6:1-7:29Yesus mendorong kehidupan agama yang benar

[3] KHOTBAH TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 8:1-9:38

Mat 8:1-17Yesus berkhotbah melalui penyembuhan
Mat 8:18-22Yesus berbicara tentang kemuridan
Mat 8:23-9:8Yesus memperlihatkan kuasa-Nya
Mat 9:9-13Yesus memanggil Matius
Mat 9:14-17Yesus berbicara tentang puasa
Mat 9:18-38Yesus menyembuhkan lagi

[4] MISI DARI DUA BELAS RASUL Mat 10:1-42

Mat 10:1-15Tugas mereka
Mat 10:16-42Masa depan mereka

[5] TANGGAPAN ORANG BANYAK Mat 11:1-12:50

Mat 11:1-19Pertanyaan-pertanyaan Yohanes
Mat 11:20-30Ketidakacuhan orang banyak
Mat 12:1-50Pertentangan dari orang Farisi

[6] PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 13:1-58

[7] PENYATAAN TUHAN YESUS Mat 14:1-17:27

Mat 14:1-12Kematian Yohanes Pembaptis
Mat 14:13-36Tuhan atas semesta alam
Mat 15:1-20Sikap Yesus terhadap tradisi
Mat 15:21-16:4Mukjizat dibuat dan dijelaskan
Mat 16:5-12Peringatan terhadap para pemimpin agama
Mat 16:13-28Pengakuan Petrus
Mat 17:1-13Yesus dimuliakan
Mat 17:14-27Kembali ke dunia yang berdosa

[8] GAYA HIDUP GEREJA Mat 18:1-35

[9] JALAN MENUJU SALIB Mat 19:1-20:34

Mat 19:1-12Ajaran yang Yesus berikan
Mat 19:13-30Orang yang Yesus temui
Mat 20:1-16Perumpamaan yang Yesus ceritakan
Mat 20:17-28Penderitaan yang Yesus nubuatkan
Mat 20:29-34Penyembuhan yang Yesus lakukan

[10] SAAT DI YERUSALEM Mat 21:1-23:39

Mat 21:1-11Masuk kota dengan penuh kemenangan
Mat 21:12-27Di Bait Allah
Mat 21:28-22:46Perumpamaan dan pertanyaan
Mat 23:1-39Kecaman Yesus

[11] KEADAAN MASA DEPAN Mat 24:1-25:46

[12] PUNCAK MISI KRISTUS Mat 26:1-28:20

Mat 26:1-35Peristiwa-peristiwa sebelum Getsemani
Mat 26:36-27:31Penangkapan dan penghakiman atas Kristus
Mat 27:32-66Penyaliban
Mat 28:1-20Kebangkitan dan sesudah itu
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.73 detik
dipersembahkan oleh YLSA