kecilkan semua  

Teks -- Matius 24:1-51 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Bait Allah akan diruntuhkan
24:1 Sesudah itu Yesus keluar dari Bait Allah, lalu pergi. Maka datanglah murid-murid-Nya dan menunjuk kepada bangunan-bangunan Bait Allah. 24:2 Ia berkata kepada mereka: "Kamu melihat semuanya itu? Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak satu batupun di sini akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain; semuanya akan diruntuhkan."
Permulaan penderitaan
24:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Kata mereka: "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi dan apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" 24:4 Jawab Yesus kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 24:5 Sebab banyak orang akan datang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah Mesias, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 24:6 Kamu akan mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang. Namun berawas-awaslah jangan kamu gelisah; sebab semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 24:7 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa, dan kerajaan melawan kerajaan. Akan ada kelaparan dan gempa bumi di berbagai tempat. 24:8 Akan tetapi semuanya itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru. 24:9 Pada waktu itu kamu akan diserahkan supaya disiksa, dan kamu akan dibunuh dan akan dibenci semua bangsa oleh karena nama-Ku, 24:10 dan banyak orang akan murtad dan mereka akan saling menyerahkan dan saling membenci. 24:11 Banyak nabi palsu akan muncul dan menyesatkan banyak orang. 24:12 Dan karena makin bertambahnya kedurhakaan, maka kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin. 24:13 Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya akan selamat. 24:14 Dan Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi kesaksian bagi semua bangsa, sesudah itu barulah tiba kesudahannya."
Siksaan yang berat dan Mesias-mesias palsu
24:15 "Jadi apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat kudus, menurut firman yang disampaikan oleh nabi Daniel -- para pembaca hendaklah memperhatikannya -- 24:16 maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 24:17 Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang dari rumahnya, 24:18 dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. 24:19 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 24:20 Berdoalah, supaya waktu kamu melarikan diri itu jangan jatuh pada musim dingin dan jangan pada hari Sabat. 24:21 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dahsyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 24:22 Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat. 24:23 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. 24:24 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga. 24:25 Camkanlah, Aku sudah mengatakannya terlebih dahulu kepadamu. 24:26 Jadi, apabila orang berkata kepadamu: Lihat, Ia ada di padang gurun, janganlah kamu pergi ke situ; atau: Lihat, Ia ada di dalam bilik, janganlah kamu percaya. 24:27 Sebab sama seperti kilat memancar dari sebelah timur dan melontarkan cahayanya sampai ke barat, demikian pulalah kelak kedatangan Anak Manusia. 24:28 Di mana ada bangkai, di situ burung nazar berkerumun."
Kedatangan Anak Manusia Perumpamaan tentang pohon ara
24:29 "Segera sesudah siksaan pada masa itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit dan kuasa-kuasa langit akan goncang. 24:30 Pada waktu itu akan tampak tanda Anak Manusia di langit dan semua bangsa di bumi akan meratap dan mereka akan melihat Anak Manusia itu datang di atas awan-awan di langit dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 24:31 Dan Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dengan meniup sangkakala yang dahsyat bunyinya dan mereka akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung langit yang satu ke ujung langit yang lain. 24:32 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara: Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. 24:33 Demikian juga, jika kamu melihat semuanya ini, ketahuilah, bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. 24:34 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya ini terjadi. 24:35 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. 24:36 Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri."
Nasihat supaya berjaga-jaga
24:37 "Sebab sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 24:38 Sebab sebagaimana mereka pada zaman sebelum air bah itu makan dan minum, kawin dan mengawinkan, sampai kepada hari Nuh masuk ke dalam bahtera, 24:39 dan mereka tidak tahu akan sesuatu, sebelum air bah itu datang dan melenyapkan mereka semua, demikian pulalah halnya kelak pada kedatangan Anak Manusia. 24:40 Pada waktu itu kalau ada dua orang di ladang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan; 24:41 kalau ada dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan. 24:42 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu pada hari mana Tuhanmu datang. 24:43 Tetapi ketahuilah ini: Jika tuan rumah tahu pada waktu mana pada malam hari pencuri akan datang, sudahlah pasti ia berjaga-jaga, dan tidak akan membiarkan rumahnya dibongkar. 24:44 Sebab itu, hendaklah kamu juga siap sedia, karena Anak Manusia datang pada saat yang tidak kamu duga."
Perumpamaan tentang hamba yang setia dan hamba yang jahat
24:45 "Siapakah hamba yang setia dan bijaksana, yang diangkat oleh tuannya atas orang-orangnya untuk memberikan mereka makanan pada waktunya? 24:46 Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang. 24:47 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya tuannya itu akan mengangkat dia menjadi pengawas segala miliknya. 24:48 Akan tetapi apabila hamba itu jahat dan berkata di dalam hatinya: 24:49 Tuanku tidak datang-datang, lalu ia mulai memukul hamba-hamba lain, dan makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk, 24:50 maka tuan hamba itu akan datang pada hari yang tidak disangkakannya, dan pada saat yang tidak diketahuinya, 24:51 dan akan membunuh dia dan membuat dia senasib dengan orang-orang munafik. Di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Nuh a son of Lamech and the father of Shem, Ham, and Japheth,son of Lamech; builder of the ark,daughter of Zelophehad
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Nabi | Yesus | Yesus Kristus | Kristus, Nabi | Datang, Kedatangan | Perumpamaan | Yerusalem | Datang, Kedatangan Kristus | Umpama, Perumpamaan | Budak | Jaga, Berjaga-Jaga | Nuh | Hamba Tuhan | Anak ...; Gelar untuk Yesus | Tipu, Menipu Diri | Hati, Perhatian | Panjang Sabar Allah | Air Bah | Mabuk | Orang Murtad | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mat 24:3--26:45 - PERCAKAPAN DI BUKIT ZAITUN. Nas : Mat 24:3-25:46 Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan du...

Nas : Mat 24:3-25:46

Nubuat Yesus ini terutama merupakan jawaban atas pertanyaan para murid-Nya, "Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia?" Yesus memberikan kepada mereka:

  1. (1) tanda-tanda umum yang akan terjadi selama zaman ini sampai pada akhir zaman (Mat 24:4-14);
  2. (2) tanda-tanda khusus yang menunjukkan bahwa akhir zaman telah tiba, yaitu masa kesengsaraan besar (Mat 24:15-28);
  3. (3) tanda-tanda yang menakjubkan yang terjadi pada saat Ia datang dengan kemuliaan dan kuasa (Mat 24:29-31);
  4. (4) peringatan kepada orang kudus dalam masa kesengsaraan besar agar berjaga-jaga terhadap tanda-tanda yang menuju kepada kedatangan Kristus yang dinanti-nantikan segera setelah masa kesengsaraan besar berakhir (Mat 24:32-35);
  5. (5) peringatan kepada orang percaya yang hidup sebelum masa kesengsaraan untuk siap sedia secara rohani karena kedatangan Kristus untuk jemaat-Nya akan terjadi pada saat yang tak diduga-duga (Mat 24:36-51; 25:1-30;

    lihat cat. --> Yoh 14:3, dan

    [atau ref. Yoh 14:3]

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA);

  6. (6) suatu gambaran mengenai penghakiman bangsa-bangsa setelah Ia datang kembali ke bumi (Mat 25:31-46). Perlu diperhatikan bahwa banyak rincian mengenai kedatangan kembali Kristus tidak dijelaskan dalam pasal Mat 24:1-51. Selanjutnya, sampai saat ini belum ada seorang pun yang mengartikan semua nubuat mengenai akhir zaman dengan kepastian penuh. Dalam percakapan Yesus terdapat unsur rahasia yang perlu kerendahan hati dan hati yang tertuju kepada Tuhan Yesus sendiri. Kita dapat menantikan tambahan pengertian tentang penyataan ini pada akhir zaman (bd. Dan 12:9).

Full Life: Mat 24:3 - TANDA KESUDAHAN DUNIA. Nas : Mat 24:3 Dalam ayat Mat 24:4-14 Yesus memberikan tanda-tanda (bd. ayat Mat 24:3) yang akan menjadi ciri dari hari-hari terakhir; tanda itu ak...

Nas : Mat 24:3

Dalam ayat Mat 24:4-14 Yesus memberikan tanda-tanda (bd. ayat Mat 24:3) yang akan menjadi ciri dari hari-hari terakhir; tanda itu akan makin hebat pada saat akhir zaman makin dekat.

  1. 1) Nabi palsu dan orang beragama yang berkompromi di dalam gereja yang kelihatan akan bertambah banyak dan menyesatkan banyak orang (ayat Mat 24:4-5,11).
  2. 2) Makin meningkatnya peperangan, bencana kelaparan, dan gempa bumi (ayat Mat 24:6-7) akan merupakan "permulaan penderitaan menjelang zaman baru" (ayat Mat 24:8).
  3. 3) Apabila akhir zaman makin dekat, penganiayaan terhadap umat Allah akan makin hebat (ayat Mat 24:9), sehingga banyak orang akan meninggalkan Kristus (ayat Mat 24:9-10).
  4. 4) Kekerasan, kejahatan, dan pengabaian hukum-hukum Allah akan meningkat dengan cepat, dan kasih yang wajar serta kasih sayang kepada keluarga akan berkurang (ayat Mat 24:12; bd. Mr 13:12; 2Tim 3:3).
  5. 5) Sekalipun kesulitan makin hebat, Injil tetap diberitakan di seluruh dunia (ayat Mat 24:14).
  6. 6) Orang yang selamat adalah mereka yang teguh iman selama kesukaran akhir zaman (ayat Mat 24:13).
  7. 7) Orang beriman yang setia, yang menyaksikan peningkatan tanda-tanda ini, akan mengetahui bahwa hari kedatangan Tuhan bagi mereka sudah "mendekat" (Ibr 10:25;

    lihat cat. --> Yoh 14:3).

    [atau ref. Yoh 14:3]

Full Life: Mat 24:4-51 - JAWAB YESUS. Nas : Mat 24:4-51 Kata-kata Yesus dalam percakapan di Bukit Zaitun ditujukan kepada murid-Nya dan kepada umat Tuhan yang setia hingga kesudahan zam...

Nas : Mat 24:4-51

Kata-kata Yesus dalam percakapan di Bukit Zaitun ditujukan kepada murid-Nya dan kepada umat Tuhan yang setia hingga kesudahan zaman dan kedatangan-Nya dengan penuh kemuliaan untuk memerintah di bumi.

  1. 1) Mengenai orang percaya yang hidup sebelum masa kesengsaraan besar, Kristus mengatakan bahwa mereka tidak dapat menghitung atau bahkan menduga saat kedatangan-Nya untuk menjemput jemaat-Nya (ayat Mat 24:42-44). Oleh karena itu mereka harus siap sedia setiap waktu sebab Ia akan kembali untuk membawa mereka ke sorga (yaitu, "rumah Bapa-Ku",

    lihat cat. --> Yoh 14:2;

    lihat cat. --> Yoh 14:3)

    [atau ref. Yoh 14:2-3]

    pada waktu mereka tidak menduga akan dijemput

    (lihat cat. --> Mat 24:44;

    [atau ref. Mat 24:44]

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

  2. 2) Mereka yang bertobat kepada Kristus pada masa kesengsaraan besar, dapat mengetahui saat kedatangan-Nya untuk mereka dengan cukup tepat karena Kristus memberikan kepada mereka tanda-tanda yang dengannya mereka dapat mengetahui bahwa kedatangan-Nya dekat sekali (ayat Mat 24:15-29). Pada saat melihat tanda itu mereka akan tahu "bahwa waktunya sudah dekat"

    (lihat cat. --> Mat 24:33).

    [atau ref. Mat 24:33]

Full Life: Mat 24:5 - BANYAK ORANG ... AKAN MENYESATKAN BANYAK ORANG. Nas : Mat 24:5 Tanda utama yang pertama ini sangat penting. Menjelang akhir zaman ini penipuan di bidang keagamaan akan merajalela di muka bumi ini...

Nas : Mat 24:5

Tanda utama yang pertama ini sangat penting. Menjelang akhir zaman ini penipuan di bidang keagamaan akan merajalela di muka bumi ini. Kristus sangat menginginkan para pengikut-Nya mengetahui penipuan rohani yang akan terjadi di seluruh dunia ini sesaat sebelum akhir zaman ini tiba sehingga peringatan ini diulangi dua kali lagi dalam uraian-Nya di Bukit Zaitun

(lihat cat. --> Mat 24:11;

[atau ref. Mat 24:11]

ayat Mat 24:24;

lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

Full Life: Mat 24:9 - KAMU ... AKAN DIBENCI. Nas : Mat 24:9 Semua orang yang percaya kepada Kristus dapat mengharapkan kesukaran sepanjang ziarah mereka di bumi ini. Menderita bagi Kristus kar...

Nas : Mat 24:9

Semua orang yang percaya kepada Kristus dapat mengharapkan kesukaran sepanjang ziarah mereka di bumi ini. Menderita bagi Kristus karena ketaatan kita kepada-Nya dan sabda-Nya merupakan bagian yang tak terpisahkan dari iman Kristen (bd. Yoh 15:20; 16:33; Kis 14:22; Rom 5:3;

lihat cat. --> Mat 5:10).

[atau ref. Mat 5:10]

Full Life: Mat 24:11 - BANYAK NABI PALSU AKAN MUNCUL. Nas : Mat 24:11 Menjelang kesudahan akhir zaman para nabi dan pengkhotbah palsu akan terdapat di mana-mana (lihat art. GURU-GURU PALSU). ...

Nas : Mat 24:11

Menjelang kesudahan akhir zaman para nabi dan pengkhotbah palsu akan terdapat di mana-mana

(lihat art. GURU-GURU PALSU).

Sebagian besar umat dan negara-negara Kristen akan murtad. Mereka yang sungguh-sungguh setia kepada kebenaran Firman Allah dan kebenaran alkitabiah merupakan minoritas.

  1. 1) Mereka yang mengakui dirinya orang beriman akan menerima "wahyu yang baru" sekalipun itu bertentangan dengan penyataan Firman Allah. Hal ini akan menimbulkan perlawanan terhadap kebenaran Alkitab di kalangan gereja-gereja

    (lihat cat. --> 1Tim 4:1;

    lihat cat. --> 2Tim 3:8 dan

    lihat cat. --> 2Tim 4:3).

    [atau ref. 1Tim 4:1; 2Tim 3:8; 4:3]

    Mereka yang memberitakan Injil yang sesat mungkin sekali memperoleh kedudukan kepemimpinan strategis dalam organisasi gereja dan sekolah teologi

    (lihat cat. --> Mat 7:22),

    [atau ref. Mat 7:22]

    sehingga mereka berpeluang untuk menipu dan menyesatkan banyak orang di dalam gereja

    (lihat cat. --> Gal 1:9;

    lihat cat. --> 2Tim 4:3;

    [atau ref. Gal 1:9; 2Tim 4:3]

    2Pet 3:3-4).
  2. 2) Di seluruh dunia berjuta-juta orang akan terlibat dalam ilmu gaib, ilmu nujum, sihir, spiritisme, dan pemujaan Iblis. Pengaruh setan-setan dan roh-roh jahat akan makin meningkat

    (lihat cat. --> 1Tim 4:1).

    [atau ref. 1Tim 4:1]

  3. 3) Perlindungan terhadap tipu daya ini terdapat dalam iman dan kasih yang abadi terhadap Kristus, dalam penyerahan kepada kekuasaan mutlak dari Firman Allah (ayat Mat 24:4,11,13,25) dan dalam suatu pengenalan yang sangat cermat akan Firman itu

    (lihat cat. --> 1Tim 4:16).

    [atau ref. 1Tim 4:16]

Full Life: Mat 24:12 - MAKIN BERTAMBAHNYA KEDURHAKAAN. Nas : Mat 24:12 Ciri khas akhir zaman ialah peningkatan yang luar biasa dari kemesuman, ketidaksenonohan, pemberontakan terhadap Allah, dan penangg...

Nas : Mat 24:12

Ciri khas akhir zaman ialah peningkatan yang luar biasa dari kemesuman, ketidaksenonohan, pemberontakan terhadap Allah, dan penanggalan semua pengekangan moral. Perbuatan seksual yang tidak wajar, kedursilaan, perzinahan, pornografi, penggunaan obat-obat terlarang, musik duniawi, dan hiburan yang memuaskan nafsu akan merajalela. Pada waktu itu keadaan akan seperti "pada zaman Nuh" (ayat Mat 24:37) ketika kecenderungan hati manusia jahat semata-mata (lih. Kej 6:5). Keadaan akan seperti di "zaman Lot" (Luk 17:28,30), ketika homoseksualitas, lesbianisme, dan bermacam-macam bentuk perbuatan seksual yang tidak wajar terdapat dalam masyarakat

(lihat cat. --> Kej 19:5;

lihat cat. --> 1Tim 4:1;

lihat cat. --> 2Tim 3:1;

lihat cat. --> 2Tim 3:2;

lihat cat. --> 2Tim 3:3;

lihat cat. --> 2Tim 3:5;

lihat cat. --> 2Tim 3:8).

[atau ref. Kej 19:5; 1Tim 4:1; 2Tim 3:1-8]

Yesus melanjutkan dengan menyatakan bahwa ketika itu kasih yang sejati akan sangat berkurang.

Full Life: Mat 24:14 - INJIL KERAJAAN ... KESUDAHANNYA. Nas : Mat 24:14 Kesudahan zaman ini baru tiba setelah "Injil Kerajaan" telah diberitakan secukupnya di seluruh dunia. 1) Yang dimaksud dengan ...

Nas : Mat 24:14

Kesudahan zaman ini baru tiba setelah "Injil Kerajaan" telah diberitakan secukupnya di seluruh dunia.

  1. 1) Yang dimaksud dengan "Injil Kerajaan" ini ialah Injil rasuli yang diberitakan dalam kuasa dan kebenaran Roh Kudus dan disertai tanda-tanda utama Injil itu

    (lihat art. KERAJAAN ALLAH).

  2. 2) Hanya Allah yang mengetahui apabila tugas ini telah dilaksanakan sesuai dengan maksud-Nya. Tugas orang percaya ialah dengan setia dan terus-menerus memberitakan Injil kepada "semua bangsa" hingga Tuhan kembali untuk membawa gereja-Nya ke sorga

    (lihat cat. --> Mat 28:19;

    lihat cat. --> Mat 28:20;

    lihat cat. --> Yoh 14:3 dan

    lihat cat. --> 1Tes 4:13).

    [atau ref. Mat 28:19-20; Yoh 14:3; 1Tes 4:13]

  3. 3) Banyak penafsir beranggapan bahwa istilah "kesudahan" menunjuk kepada saat "orang yang mati di dalam Kristus akan bangkit" dan mereka yang setia akan bertemu dengan Tuhan di awan-awan (1Tes 4:16-17;

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

    Kristus lebih merinci hal-hal mengenai kedatangan-Nya yang tak terduga untuk menjemput jemaat yang setia dalam ayat Mat 24:37-44.

Full Life: Mat 24:14 - BARULAH TIBA KESUDAHANNYA. Nas : Mat 24:14 Kristus berbicara kepada murid-Nya seakan-akan semua nubuat ini akan digenapi pada zaman mereka. Oleh karena itu, hal ini merupakan...

Nas : Mat 24:14

Kristus berbicara kepada murid-Nya seakan-akan semua nubuat ini akan digenapi pada zaman mereka. Oleh karena itu, hal ini merupakan harapan gereja Perjanjian Baru. Hal yang sama ini hendaknya juga menjadi harapan dari semua orang yang percaya pada Yesus Kristus sepanjang zaman. Kita harus senantiasa mengharapkan kedatangan kembali Tuhan dan bahwa akhir zaman akan tiba pada angkatan kita

(lihat cat. --> 1Kor 15:51).

[atau ref. 1Kor 15:51]

Kita harus senantiasa hidup dalam suasana di antara dekatnya kedatangan Kristus dan kenyataan bahwa kita diperintahkan untuk tetap memberitakan Injil ke seluruh dunia.

Full Life: Mat 24:15-28 - KESENGSARAAN BESAR. Nas : Mat 24:15-28 Seluruh bagian ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan masa kesengsaraan besar. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal itu...

Nas : Mat 24:15-28

Seluruh bagian ini membahas hal-hal yang berkaitan dengan masa kesengsaraan besar. Untuk mengetahui lebih banyak tentang hal itu

lihat art. KESENGSARAAN BESAR.

Full Life: Mat 24:29 - MATAHARI AKAN MENJADI GELAP. Nas : Mat 24:29 Segera setelah masa kesengsaraan besar akan tampak tanda-tanda alam yang luar biasa sebagai peringatan bahwa Kristus akan segera da...

Nas : Mat 24:29

Segera setelah masa kesengsaraan besar akan tampak tanda-tanda alam yang luar biasa sebagai peringatan bahwa Kristus akan segera datang (ayat Mat 24:30). Kedatangan Kristus ke bumi dengan kuasa dan kemuliaan besar tidak akan mengejutkan orang percaya dari masa kesengsaraan besar yang tanggap terhadap Firman Allah dan mengamati terus tanda-tanda alam yang berkaitan dengan matahari, bulan, bintang-bintang dan goncangnya kuasa-kuasa langit (bd. Yes 13:6-13).

Full Life: Mat 24:30 - ANAK MANUSIA ITU DATANG. Nas : Mat 24:30 Ayat ini mengisahkan Kristus yang akan datang di udara setelah masa kesengsaraan besar dan terjadinya tanda-tanda alam. Ia akan dat...

Nas : Mat 24:30

Ayat ini mengisahkan Kristus yang akan datang di udara setelah masa kesengsaraan besar dan terjadinya tanda-tanda alam. Ia akan datang untuk menghukum orang fasik (Wahy 19:11-20:3), membebaskan umat-Nya yang setia dan menegakkan kebenaran di atas muka bumi (Wahy 20:4). Semua orang Kristen, baik yang masih hidup maupun telah mati yang telah diambil dari bumi pada saat keangkatan gereja

(lihat cat. --> Yoh 14:3;

[atau ref. Yoh 14:3]

lihat art. KEANGKATAN GEREJA),

akan datang kembali bersama Kristus pada kedatangan-Nya dengan kuasa dan kemuliaan-Nya

(lihat cat. --> Wahy 19:14).

[atau ref. Wahy 19:14]

"Tanda" dalam ayat ini barangkali adalah Kristus sendiri yang datang di atas awan-awan kemuliaan, dikelilingi terang yang cemerlang.

Full Life: Mat 24:31 - MENGUMPULKAN ORANG-ORANG PILIHAN-NYA. Nas : Mat 24:31 Waktu Kristus kembali ke bumi setelah kesengsaraan besar, maka peristiwa-peristiwa berikut akan terjadi: (1) Allah akan menghu...

Nas : Mat 24:31

Waktu Kristus kembali ke bumi setelah kesengsaraan besar, maka peristiwa-peristiwa berikut akan terjadi:

  1. (1) Allah akan menghukum orang fasik (ayat Mat 24:30; Wahy 19:11-21), antikristus (Wahy 19:20) dan Iblis (Wahy 20:1-3);
  2. (2) Hukuman dan pemisahan orang di bumi yang masih hidup pada saat kedatangan Kristus

    (lihat cat. --> Mat 13:41; dan

    lihat cat. --> Mat 25:32);

    [atau ref. Mat 13:41; 25:32]

  3. (3) dikumpulkannya semua orang kudus dari segala zaman, termasuk orang kudus yang sudah berada di sorga (bd. Mr 13:27;

    lihat cat. --> Yoh 14:3; dan

    lihat cat. --> Wahy 19:14;

    lihat cat. --> Wahy 20:4,6)

    [atau ref. Yoh 14:3; Wahy 19:14; Wahy 20:4,6]

    dan mereka yang masih hidup di bumi ketika Kristus datang (lih. Mat 13:40);
  4. (4) masa Kerajaan seribu tahun di bumi dengan Kristus sebagai Raja

    (lihat cat. --> Wahy 20:4).

    [atau ref. Wahy 20:4]

Full Life: Mat 24:32 - POHON ARA. Nas : Mat 24:32 Pohon ara yang mulai bertunas (bd. Luk 21:29-31) menunjuk kepada peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa kesengsaraan besar (a...

Nas : Mat 24:32

Pohon ara yang mulai bertunas (bd. Luk 21:29-31) menunjuk kepada peristiwa-peristiwa yang terjadi selama masa kesengsaraan besar (ayat Mat 24:15-29). Beberapa orang menafsirkan bahwa pohon ara ini menunjuk kepada pemulihan kembali Israel sebagai suatu negara politis (bd. Hos 9:10; Luk 13:6-9).

Full Life: Mat 24:33 - MELIHAT SEMUANYA INI. Nas : Mat 24:33 Kata-kata ini menunjuk kepada semua tanda yang akan terjadi selama masa kesengsaraan besar (ayat Mat 24:15-29) dengan tanda yang ut...

Nas : Mat 24:33

Kata-kata ini menunjuk kepada semua tanda yang akan terjadi selama masa kesengsaraan besar (ayat Mat 24:15-29) dengan tanda yang utama yakni "Pembinasa keji" (ayat Mat 24:15;

lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Pada waktu peristiwa yang dinubuatkan ini terjadi, orang percaya yang setia dalam masa kesengsaraan yang menyelidiki Alkitab akan "melihat semuanya ini" dan mengetahui bahwa kedatangan Tuhan "sudah dekat, sudah di ambang pintu".

Full Life: Mat 24:34 - ANGKATAN INI. Nas : Mat 24:34 Yang dimaksudkan dengan "angkatan ini" mungkin adalah angkatan yang mulai menyaksikan peningkatan tanda-tanda zaman yang umum ini (...

Nas : Mat 24:34

Yang dimaksudkan dengan "angkatan ini" mungkin adalah angkatan yang mulai menyaksikan peningkatan tanda-tanda zaman yang umum ini (ayat Mat 24:4-14) yang mencapai puncak dengan tanda-tanda masa kesengsaraan

(lihat cat. --> Mat 24:5),

[atau ref. Mat 24:5]

atau bisa juga menunjuk kepada umat Yahudi sebagai suatu bangsa.

Full Life: Mat 24:36 - HANYA BAPA SENDIRI. Nas : Mat 24:36 Ayat ini mengatakan bahwa hanya Bapa yang mengetahui saat kedatangan Kristus. Kita harus memahami bahwa ayat ini menunjuk kepada wa...

Nas : Mat 24:36

Ayat ini mengatakan bahwa hanya Bapa yang mengetahui saat kedatangan Kristus. Kita harus memahami bahwa ayat ini menunjuk kepada waktu Yesus masih ada di dunia. Pastilah Yesus yang kembali pada kemuliaan-Nya yang semula (Yoh 17:5) kini telah mengetahui saat kedatangan-Nya kembali. Orang kudus pada masa kesengsaraan besar juga mengetahui saat kedatangan-Nya kembali dengan mengamati tanda-tanda masa kesengsaraan yang telah digambarkan oleh Kristus

(lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Full Life: Mat 24:37 - KEDATANGAN ANAK MANUSIA. Nas : Mat 24:37 Pernyataan Yesus mengenai "kedatangan Anak Manusia" menunjuk kepada dua peristiwa: kepada tahap pertama dari kedatangan-Nya kembali...

Nas : Mat 24:37

Pernyataan Yesus mengenai "kedatangan Anak Manusia" menunjuk kepada dua peristiwa: kepada tahap pertama dari kedatangan-Nya kembali pada saat yang tidak diketahui dan tidak diduga (yaitu pada saat keangkatan orang kudus zaman gereja,

lihat cat. --> Mat 24:42;

lihat cat. --> Yoh 14:3; dan

lihat cat. --> Wahy 3:10;

[atau ref. Mat 24:42; Yoh 14:3; Wahy 3:10]

lihat art. KEANGKATAN GEREJA),

dan kepada tahap kedua dari kedatangan-Nya setelah masa kesengsaraan besar, apabila Ia akan membinasakan orang jahat dan mengumpulkan semua orang benar dalam kerajaan-Nya (Wahy 19:11-20:4). Kita menjumpai petunjuk rangkap dua ini ketika Kristus berbicara tentang tiga macam golongan manusia dalam ilustrasinya tentang "zaman Nuh" (ayat Mat 24:37-44). Hubungan antara ketiga golongan ini dengan kedatangan Kristus adalah sebagai berikut:

  1. 1) Orang tidak percaya pada masa kesengsaraan besar, yang dilambangkan oleh korban air bah pada zaman Nuh. Mereka tidak mengetahui saat kedatangan kembali Kristus sehingga tidak siap dan oleh karena itu mereka dibinasakan pada akhir zaman (ayat Mat 24:38-39,43; bd. Luk 17:26-28). Peristiwa ini merupakan tahap kedua dari kedatangan-Nya kembali, yaitu yang terjadi setelah masa kesengsaraan besar.
  2. 2) Orang percaya pada masa kesengsaraan besar, dilambangkan oleh Nuh. Karena tanda-tanda akhir zaman, orang kudus masa kesengsaraan besar mengetahui waktu yang hampir tepat dari kedatangan Tuhan sehingga mereka siap siaga dan diselamatkan. Kristus kembali untuk menjemput mereka pada saat yang telah dinantikan (ayat Mat 24:27; bd. Kej 7:4;

    lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

    Peristiwa ini juga menunjuk kepada tahap kedua dari kedatangan Kristus.
  3. 3) Orang percaya masa kini atau orang kudus yang hidup sebelum masa kesengsaraan besar, yang dilambangkan oleh murid Yesus. Mereka tidak mengetahui saat Kristus kembali untuk mengangkat mereka ke sorga (ayat Mat 24:42,44;

    lihat cat. --> Yoh 14:3;

    [atau ref. Yoh 14:3]

    bd. 1Tes 4:14). Tidak ada tanda-tanda nyata yang mendahului kedatangan Tuhan untuk menjemput mereka karena Kristus telah mengatakan bahwa peristiwa itu akan terjadi pada saat yang tidak terduga (ayat Mat 24:42,44). Perhatikanlah bahwa Yesus tidak menyamakan murid (yaitu orang kudus zaman gereja) dengan Nuh (yaitu orang percaya masa kesengsaraan besar), tetapi dengan korban air bah pada zaman Nuh (bd. "mereka tidak tahu akan sesuatu" dari ayat Mat 24:39 dengan "kamu tidak tahu" dari ayat Mat 24:42). Maksudnya, orang kudus dalam satu arti adalah sama dengan korban air bah: mereka tidak akan mengetahui saat kedatangan Kristus dan akan terkejut ketika Ia datang, sama seperti para korban air bah tidak mengetahui saat terjadinya air bah dan terkejut ketika air bah itu datang. Karena itu semua orang kudus pada zaman gereja harus senantiasa siap sedia (ayat Mat 24:44).

Full Life: Mat 24:40 - SEORANG ... DIBAWA DAN YANG LAIN ... DITINGGALKAN. Nas : Mat 24:40 Pernyataan Yesus bahwa "seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan" diucapkan sebelum Ia memberi peringatan kepada orang k...

Nas : Mat 24:40

Pernyataan Yesus bahwa "seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan" diucapkan sebelum Ia memberi peringatan kepada orang kudus zaman gereja (ayat Mat 24:42-44). Oleh karena itu, kata-kata ini mungkin menunjuk kepada orang kudus zaman gereja ketika mereka diangkat dari antara orang fasik pada saat keangkatan gereja

(lihat cat. --> Yoh 14:3;

[atau ref. Yoh 14:3]

lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

Yesus menekankan unsur ketakterdugaan bagi orang percaya zaman gereja

(lihat cat. --> Mat 24:37).

[atau ref. Mat 24:37]

Full Life: Mat 24:42 - KARENA ITU BERJAGA-JAGALAH. Nas : Mat 24:42 "Berjaga-jagalah" (Yun. _gregoreo_) ditulis dalam bentuk imperatif masa kini, yang menunjukkan keadaan siap siaga terus-menerus pad...

Nas : Mat 24:42

"Berjaga-jagalah" (Yun. _gregoreo_) ditulis dalam bentuk imperatif masa kini, yang menunjukkan keadaan siap siaga terus-menerus pada masa sekarang. Alasan untuk kesiagaan ini sekarang dan bukannya pada masa yang akan datang ialah bahwa orang percaya masa kini tidak mengetahui kapan Tuhan akan datang untuk menjemput mereka

(lihat cat. --> Yoh 14:3).

[atau ref. Yoh 14:3]

Tidak ada tanda peringatan, dan mereka tidak boleh menganggap bahwa Ia tak mungkin datang hari ini. Dengan kata lain, orang percaya masa kini harus menghadapi kemungkinan bahwa Tuhan bisa datang setiap saat

(lihat cat. --> Mat 24:44;

[atau ref. Mat 24:44]

bd. Mr 13:33-37). Kedatangan-Nya untuk menjemput gereja dapat terjadi pada hari apa saja.

Full Life: Mat 24:42 - KAMU TIDAK TAHU PADA HARI MANA. Nas : Mat 24:42 Peringatan Kristus agar murid-Nya selalu siap sedia harus dipahami sebagai menunjuk kepada kedatangan-Nya dari sorga untuk mengambi...

Nas : Mat 24:42

Peringatan Kristus agar murid-Nya selalu siap sedia harus dipahami sebagai menunjuk kepada kedatangan-Nya dari sorga untuk mengambil orang kudus zaman gereja dari dunia, yakni keangkatan gereja

(lihat cat. --> Yoh 14:3;

[atau ref. Yoh 14:3]

lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

  1. 1) Yesus secara tegas menyatakan bahwa kedatangan-Nya untuk menjemput orang kudus sebelum masa kesengsaraan besar akan terjadi pada saat yang tak terduga dan tanpa diberitahu dahulu. Yesus menyatakan bahwa bukan saja mereka "tidak tahu" saatnya, tetapi bahwa Ia akan datang "pada saat yang tidak kamu duga" (ayat Mat 24:44). Hal ini dengan jelas menunjuk pada unsur kejutan, keheranan, dan ketakterdugaan bagi orang percaya dalam kedatangan Kristus ini. Peristiwa ini kadang-kadang disebut sebagai tahap pertama dari kedatangan Kristus kali kedua.
  2. 2) Mengenai kedatangan Kristus dengan kuasa dan kemuliaan untuk menghakimi dunia setelah masa kesengsaraan besar (ayat Mat 24:30; Wahy 19:11-21), kedatangan-Nya diharapkan, diketahui lebih dahulu, dan sudah diduga (Luk 21:28;

    lihat cat. --> Mat 24:33;

    [atau ref. Mat 24:33]

    lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

    Peristiwa dan tanda yang terjadi semasa kesengsaraan besar ini akan menimbulkan suatu sikap kepastian dan penantian di kalangan orang kudus masa kesengsaraan besar, dan tidak akan mengalami unsur terkejut sebagaimana halnya dengan orang kudus zaman gereja

    (lihat cat. --> Mat 24:44; dan

    lihat cat. --> Yoh 14:3).

    [atau ref. Mat 24:44; Yoh 14:3]

    Kedatangan Kristus sesudah masa kesengsaraan besar kadang-kadang dianggap sebagai tahap kedua dari kedatangan Kristus kali kedua.

Full Life: Mat 24:43 - PENCURI. Nas : Mat 24:43 Kedatangan Kristus pada saat yang tidak diketahui akan terjadi begitu mendadak seperti seorang pencuri yang memasuki sebuah rumah. ...

Nas : Mat 24:43

Kedatangan Kristus pada saat yang tidak diketahui akan terjadi begitu mendadak seperti seorang pencuri yang memasuki sebuah rumah. Oleh karena itu murid yang sungguh-sungguh percaya harus senantiasa siap sedia menantikan peristiwa ini (ayat Mat 24:44).

Full Life: Mat 24:44 - PADA SAAT YANG TIDAK KAMU DUGA. Nas : Mat 24:44 Sekali lagi Kristus menyebutkan bahwa kedatangan-Nya untuk orang percaya dari gereja-Nya akan terjadi pada saat yang tidak terduga ...

Nas : Mat 24:44

Sekali lagi Kristus menyebutkan bahwa kedatangan-Nya untuk orang percaya dari gereja-Nya akan terjadi pada saat yang tidak terduga dan tidak diketahui.

  1. 1) Peringatan ini bukan bagi orang kudus pada masa kesengsaraan besar

    (lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

    Satu-satunya cara untuk mencocokkan ajaran Kristus mengenai kedatangan-Nya yang tidak terduga (ayat Mat 24:42,44) dengan pernyataan-Nya mengenai kedatangan-Nya yang dinantikan (ayat Mat 24:33) adalah dengan beranggapan bahwa kedatangan-Nya kali kedua itu terjadi dalam dua tahap. Tahap pertama meliputi kedatangan-Nya yang tidak terduga untuk mengangkat orang percaya dari bumi ini (bd. 1Tes 4:17;

    lihat cat. --> Yoh 14:3 dan

    lihat cat. --> Wahy 3:10;

    [atau ref. Yoh 14:3; Wahy 3:10]

    lihat art. KEANGKATAN GEREJA),

    sedangkan tahap kedua adalah kedatangan-Nya pada akhir zaman pada saat yang dapat diduga (yaitu, sesudah kesengsaraan besar dan tanda-tanda alam, ayat Mat 24:29-30) untuk membinasakan orang fasik dan memulai pemerintahan-Nya di bumi ini (lih. ayat Mat 24:42; Wahy 19:11-21; Wahy 20:4).
  2. 2) Kedatangan Kristus kali kedua sebagai satu peristiwa yang terjadi dalam dua tahap sejajar dengan kedatangan Kristus yang dinubuatkan dalam PL; PL berbicara tentang satu kedatangan Mesias, namun melihat penggenapannya dalam dua tahap: kedatangan-Nya untuk mati karena dosa dan kedatangan-Nya untuk memerintah (lih. Yes 9:1-6; 40:3-5; bd. Yes 61:1-3 dengan Luk 4:18-19;

    lihat cat. --> Yes 9:6).

    [atau ref. Yes 9:6]

  3. 3) Peringatan Kristus untuk senantiasa siap sedia secara rohani bagi kedatangan-Nya yang tidak terduga (yaitu, keangkatan gereja) berlaku bagi semua angkatan orang Kristen prakesengsaraan besar (ayat Mat 24:15-29). Peringatan ini merupakan dorongan untuk senantiasa bertekun dalam iman.

Full Life: Mat 24:49 - TUANKU TIDAK DATANG-DATANG. Nas : Mat 24:49 Mengenai mereka dalam gereja yang tidak setia kepada Tuhan, kedatangan Kristus yang tidak terduga tidak dapat menjadi pendorong unt...

Nas : Mat 24:49

Mengenai mereka dalam gereja yang tidak setia kepada Tuhan, kedatangan Kristus yang tidak terduga tidak dapat menjadi pendorong untuk bersiap-siaga sekarang jikalau mereka beranggapan bahwa tidak mungkin Kristus akan datang sekarang ini.

  1. 1) Setiap orang yang mengaku percaya, tetapi tetap hidup dalam dosa karena yakin bahwa Kristus akan menunda kedatangan-Nya beberapa tahun lagi, dapat dibandingkan dengan hamba yang jahat. Orang seperti itu tidak akan merasa terancam bahwa kedatangan Tuhan kembali akan menimpa dia dengan tiba-tiba

    (lihat cat. --> Mat 24:44 dan

    lihat cat. --> Luk 12:45).

    [atau ref. Mat 24:44; Luk 12:45]

  2. 2) Menarik perhatian bahwa Yesus mengaitkan ketidaksetiaan dan kemunafikan dengan kepercayaan dan keinginan bahwa Ia akan menunda kedatangan-Nya.

BIS: Mat 24:33 - waktunya sudah dekat sekali waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

BIS: Mat 24:36 - Anak Allah pun tidak Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: Anak Allah pun tidak.

Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: Anak Allah pun tidak.

BIS: Mat 24:51 - dihajar habis-habisan dihajar habis-habisan: atau diusir keluar.

dihajar habis-habisan: atau diusir keluar.

Jerusalem: Mat 24:3 - kedatanganMu Kata Yunaninya (parusia) berarti: kehadiran. Tetapi dalam dunia Yunani-Romawi kata itu telah menjadi istilah khusus dengan arti: kunjungan resmi seora...

Kata Yunaninya (parusia) berarti: kehadiran. Tetapi dalam dunia Yunani-Romawi kata itu telah menjadi istilah khusus dengan arti: kunjungan resmi seorang raja atau penguasa di tempat tertentu. Orang Kristen mengambil alih istilah khusus itu dan memindahkannya kepada kedatangan Kristus yang mulia, bdk 1Ko 15:23+. Istilah itu sendiri tidak terikat pada kedatanganNya yang paling akhir; dapat juga diterapkan pada setiap pernyataan kekuasaan yang dengannya Kristus mendirikan kerajaan Mesias (Gereja) di atas reruntuhan agama Yahudi; bdk Mat 16:27-28. Dalam Mat 24:3 ini Matius jelas menunjuk bahwa kedua pokok itu digabungkan satu sama lain (tanda kedatanganMu dan tanda kesudahan dunia).

Jerusalem: Mat 24:5 - Akulah Mesias Sebelum th.70 beberapa petualang mengaku dirinya Mesias.

Sebelum th.70 beberapa petualang mengaku dirinya Mesias.

Jerusalem: Mat 24:7 - kelaparan Sejumlah naskah menambah: wabah, Bdk Luk 21:11

Sejumlah naskah menambah: wabah, Bdk Luk 21:11

Jerusalem: Mat 24:7 - gempa bumi Bdk Yes 8:21; Yes 13:13; Yes 19:2; Yer 21:9; Yer 34:17; Yeh 5:12; Amo 4:6-11; Amo 8:8; 2Ta 15:6.

Jerusalem: Mat 24:8 - penderitaan menjelang zaman baru Harafiah: sakit beranak. Kiasan ini lazim, bdk Yes 13:8; Yes 26:17; Yes 66:7; Yer 6:24; Yer 13:21; Hos 13:13; Mik 4:9-10. Orang Yahudi sudah mengetrap...

Harafiah: sakit beranak. Kiasan ini lazim, bdk Yes 13:8; Yes 26:17; Yes 66:7; Yer 6:24; Yer 13:21; Hos 13:13; Mik 4:9-10. Orang Yahudi sudah mengetrapkan kiasan itu pada kesusahan besar yang mesti mendahului Kerajaan Mesias.

Jerusalem: Mat 24:14 - di seluruh dunia Dunia (oikumene) ialah dunia yang didiami, dunia Yunani-Romawi. Sebelum Israel dihukum perlulah Kabar yang Baik sudah diwartakan kepada seluruh orang ...

Dunia (oikumene) ialah dunia yang didiami, dunia Yunani-Romawi. Sebelum Israel dihukum perlulah Kabar yang Baik sudah diwartakan kepada seluruh orang Yahudi dikatakan kepada seluruh orang Yahudi di kawasan kekuasaan Roma, bdk Kis 1:8+; Rom 10:18. Kesaksian bagi semua bangsa pertama-tama mempersalahkan orang Yahudi yang tidak mau percaya, bdk Mat 10:18. Dalam kenyataannya pewartaan injil sudah sampai di semua pusat penting di wilayah kekuasaan Roma sebelum th. 70, bdk 1Tes 1:8; Rom 1:5,8; Kol 1:6,23

Jerusalem: Mat 24:14 - kesudahannya Ialah kesudahan Yerusalem.

Ialah kesudahan Yerusalem.

Jerusalem: Mat 24:15 - Pembinasa Keji Rupanya dalam Kitab Daniel (Dan 9:27) kata ini berarti: sebuah berhala yang ditempatkan raja Antiokhus dalam Bait Allah di Yerusalem (dalam th. 168 se...

Rupanya dalam Kitab Daniel (Dan 9:27) kata ini berarti: sebuah berhala yang ditempatkan raja Antiokhus dalam Bait Allah di Yerusalem (dalam th. 168 seb. Mas.; bdk 1Ma 1:54). Yesus mengetrapkan nubuat itu pada pengepungan dan perebutan kota suci dan Bait Allah oleh tentara Roma, bdk Luk 21:20.

Jerusalem: Mat 24:21 - -- Bdk Kel 10:14; Kel 11:6; Yer 30:7; Bar 2:2; Yoe 2:2; Dan 12:1; 1Ma 9:27; Wah 16:18.

Bdk Kel 10:14; Kel 11:6; Yer 30:7; Bar 2:2; Yoe 2:2; Dan 12:1; 1Ma 9:27; Wah 16:18.

Jerusalem: Mat 24:22 - orang-orang pilihan Ialah mereka di antara orang Yahudi yang dipanggil untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah: "sisa kecil", bdk Yes 4:2; Rom 11:5-7.

Ialah mereka di antara orang Yahudi yang dipanggil untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah: "sisa kecil", bdk Yes 4:2; Rom 11:5-7.

Jerusalem: Mat 24:27 - sama seperti kilat Kedatangan Mesias seterang kilat. Kilat lazim diikutsertakan dalam menggambarkan penghakiman ilahi, bdk Yes 29:6; Yes 30:30; Zak 9:14; Maz 97:4, dll.

Kedatangan Mesias seterang kilat. Kilat lazim diikutsertakan dalam menggambarkan penghakiman ilahi, bdk Yes 29:6; Yes 30:30; Zak 9:14; Maz 97:4, dll.

Jerusalem: Mat 24:28 - -- Ayat ini barangkali sebuah peribahasa, yang artinya: sesuatu dinyatakan dengan jelas: bangkai, meski tersembunyi di padang gurun sekalipun, dengan jel...

Ayat ini barangkali sebuah peribahasa, yang artinya: sesuatu dinyatakan dengan jelas: bangkai, meski tersembunyi di padang gurun sekalipun, dengan jelas ditunjuk oleh burung-burung nazar yang beterbangan di atasnya.

Jerusalem: Mat 24:29 - -- Ayat ini melanjutkan Mat 24:25, sedangkan Mat 24:26-28 berupa sisipan

Ayat ini melanjutkan Mat 24:25, sedangkan Mat 24:26-28 berupa sisipan

Jerusalem: Mat 24:29 - matahari akan menjadi gelap.... Bdk Yer 4:23-26; Yeh 32:7 dst; Amo 8:9; Mik 1:3-4; Yoe 2:10; Yoe 3:4; Yoe 3:15, khususnya Yes 13:9-10; Yes 34:4 yang jelas mempengaruhi Matius

Bdk Yer 4:23-26; Yeh 32:7 dst; Amo 8:9; Mik 1:3-4; Yoe 2:10; Yoe 3:4; Yoe 3:15, khususnya Yes 13:9-10; Yes 34:4 yang jelas mempengaruhi Matius

Jerusalem: Mat 24:29 - kuasa-kuasa langit Ialah bintang-bintang (yang dipuja?) dan daya langit pada umumnya.

Ialah bintang-bintang (yang dipuja?) dan daya langit pada umumnya.

Jerusalem: Mat 24:30 - tanda Anak Manusia Menurut pujangga-pujangga Gereja "Tanda" itu ialah Salib Kristus. Tetapi barangkali maksudnya: Kristus sendiri yang melalui kemenanganNya dalam umat K...

Menurut pujangga-pujangga Gereja "Tanda" itu ialah Salib Kristus. Tetapi barangkali maksudnya: Kristus sendiri yang melalui kemenanganNya dalam umat Kristen menyatakan bahwa benar-benar dibangkitkan dan mulia (penglihatan rohani)

Jerusalem: Mat 24:30 - Anak Manusia itu datang atas awan-awan di langit Begitulah Daniel menubuatkan penegakan kerajaan oleh seorang Anak Manusia yang datang atas awan-awan langit. Dalam menggambarkan penampakan Allah, awa...

Begitulah Daniel menubuatkan penegakan kerajaan oleh seorang Anak Manusia yang datang atas awan-awan langit. Dalam menggambarkan penampakan Allah, awan lazimnya diikutsertakan juga: Kel 13:22; Kel 19:16; Kel 34:5; Ima 16:2; 1Ra 8:10-11; Maz 18:12; Maz 97:2; Maz 104:3; Yes 19:1; Yer 4:13; Yeh 1:4; Yeh 10:3 dst; 2Ma 2:8, dan dalam Perjanjian Baru bdk Mat 17:5; Kis 1:9,11; 1Te 4:17; Wah 1:7; Wah 14:14.

Jerusalem: Mat 24:31 - dengan (meniup) sangkakala yang dahsyat bunyinya Var: dengan sangkakala dan suara yang dahsyat bunyinya

Var: dengan sangkakala dan suara yang dahsyat bunyinya

Jerusalem: Mat 24:31 - dari keempat penjuru bunyi, dari ujung langit yang satu Ungkapan ini berupa penggabungan Zak 2:10 dan Ula 30:4. Kedua ayat ini berkata dengan mengumpulkan orang Israel yang tersebar, bdk Yeh 37:9 dan Neh 1:...

Ungkapan ini berupa penggabungan Zak 2:10 dan Ula 30:4. Kedua ayat ini berkata dengan mengumpulkan orang Israel yang tersebar, bdk Yeh 37:9 dan Neh 1:9 Lihat juga Yes 27:13. Maka "orang-orang pilihan" itu ialah (seperti) halnya dalam Mat 24:22 dan Mat 24:24) orang Yahudi yang oleh Yahwe diselamatkan dari keruntuhan bangsanya untuk masuk ke dalam Kerajaan Allah bersama bangsa bangsa lain, Mat 24:30.

Jerusalem: Mat 24:33 - waktunya teks Yunani kurang jelas. Terjemahan harafiah: ketahuilah bahwa sudah dekat. Boleh jadi bahwa yang sudah dekat ialah: Anak manusia yang datang menegak...

teks Yunani kurang jelas. Terjemahan harafiah: ketahuilah bahwa sudah dekat. Boleh jadi bahwa yang sudah dekat ialah: Anak manusia yang datang menegakkan kerajaanNya.

Jerusalem: Mat 24:34 - -- Ayat ini (kiranya) mengenai kesudahan Yerusalem dan bukan kesudahan dunia. Kiranya Yesus sendiri dalam pewartaanNya lebih baik membedakan kedua perist...

Ayat ini (kiranya) mengenai kesudahan Yerusalem dan bukan kesudahan dunia. Kiranya Yesus sendiri dalam pewartaanNya lebih baik membedakan kedua peristiwa itu, bdk Mat 24:1+ dan Mat 16:28+.

Jerusalem: Mat 24:36 - Anakpun tidak Sebagai manusia Kristus menerima dari Allah pengetahuan tentang segala sesuatu yang bersangkutan dengan tugasNya, tetapi mungkin Ia kurang tahu tentan...

Sebagai manusia Kristus menerima dari Allah pengetahuan tentang segala sesuatu yang bersangkutan dengan tugasNya, tetapi mungkin Ia kurang tahu tentang beberapa hal dalam rencana Allah, sebagaimana dikatakan di sini. Sejumlah naskah dan terjemahan kuno tidak memuat "dan Anakpun tidak" kiranya dihapus karena takut kedudukan Kristus sebagai Anak Allah diturunkan.

Jerusalem: Mat 24:42 - berjaga-jagalah Berjaga ialah pantang tidur. Itu dinasehatkan Yesus kepada mereka yang menunggu kedatanganNya kelak, Mat 25:13; Mar 13:33-37; Luk 12:35-40; Luk 21:34-...

Berjaga ialah pantang tidur. Itu dinasehatkan Yesus kepada mereka yang menunggu kedatanganNya kelak, Mat 25:13; Mar 13:33-37; Luk 12:35-40; Luk 21:34-36. Untuk dapat berjaga-jaga orang perlu mempunyai pengharapan kuat dan suatu penguasaan diri yang tidak kunjung berhenti. Dan itu disebut "sadar diri", 1Te 5:6-8; 1Pe 5:8; bdk 1Pe 1:13; 1Pe 4:7

Jerusalem: Mat 24:42 - pada hari mana Var: pukul berapa.

Var: pukul berapa.

Jerusalem: Mat 24:45--25:30 - -- Pada wejangan yang menubuatkan kemusnahan Yerusalem dan kedatangan nyata Kerajaan Mesias dalam jemaatNya Matius menambah tiga buah Perumpamaan yang me...

Pada wejangan yang menubuatkan kemusnahan Yerusalem dan kedatangan nyata Kerajaan Mesias dalam jemaatNya Matius menambah tiga buah Perumpamaan yang mengenai kesudahan masing-masing orang. Perumpamaan pertama berkata tentang seorang hamba Kristus yang dipercayakan suatu jabatan dalam Gereja, seperti misalnya para rasul; hamba itu dihakimi sesuai dengan cara ia menunaikan tugasnya (Mat 24:45-51).

Jerusalem: Mat 24:51 - membunuh dia Ungkapan itu sukar dimengerti: Kiranya harus diartikan sebagai kiasan. Dapat juga diterjemahkan: membelahnya, atau: menghukumnya dengan keras. Barangk...

Ungkapan itu sukar dimengerti: Kiranya harus diartikan sebagai kiasan. Dapat juga diterjemahkan: membelahnya, atau: menghukumnya dengan keras. Barangkali dapat dimengerti sebagai: memisahkan diri dari padanya melalui semacam pengucilan, bdk Mat 18:17.

Ende: Mat 24:1-51 - -- Dalam bab 24 Mat 24 ini Jesus mendjawab dua pertanjaan murid-muridnja, jang pertama bilamana kerobohan Jerusalem akan terdjadi, dan jang kedua, tanda-...

Dalam bab 24 Mat 24 ini Jesus mendjawab dua pertanjaan murid-muridnja, jang pertama bilamana kerobohan Jerusalem akan terdjadi, dan jang kedua, tanda-tanda manakah akan menundjuk achir zaman mendatang. Jesus memberi beberapa pemjataan, tetapi tidak selalu terang pernjataan mana mengenai kerobohan Jerusalem dan mana kedatangan Kristus sebagai hakim diachir zaman. Boleh dikatakan pula, bahwa Jesus mengambil kerobohan Jerusalem sebagai pelambang kerobohan dunia.

Diantara nubuat-nubuat ada pula jang sangat umum, jaitu mengenai kesulitan-kesulitan dan kesengsaraan jang akan dialami umat Kristus sepandjang segala zaman. Djelas sekali bahwa Jesus bukan hendak membuka rahasia-rahasia supaja diketahui, melainkan hanja memberi peringatan-peringatan dan nasehat-nasehat bagi murid-murid dan seluruh umat untuk selama-lamanja, supaja tetap siap-sedia untuk menghadap pengadilan Ilahi. Dan tidak kurang supaja mereka selalu dengan teguh imannja dan tabah hati bertahan dalam segala kesukaran dan penganiajaan jang akan mereka hadapi karena agamanja.

Ende: Mat 24:15-22 - -- Nubuat-nubuat ini langsung mengenai kerobohan Jerusalem, tetapi tidak melulu.

Nubuat-nubuat ini langsung mengenai kerobohan Jerusalem, tetapi tidak melulu.

Ende: Mat 24:15 - Perkosaan jang ngeri Itu menurut nubuat Dan 11:32 dan Dan 12:11 berarti perkosaan kenisah oleh orang kafir, jang mendirikan patung-patung berhala didalamnja dan memudja di...

Itu menurut nubuat Dan 11:32 dan Dan 12:11 berarti perkosaan kenisah oleh orang kafir, jang mendirikan patung-patung berhala didalamnja dan memudja dia disitu. Disini berarti kerobohan kenisah umumnja.

Ende: Mat 24:20 - -- Pada musim dingin biasanja djalan-djalan buruk sekali karena banjak hudjan. Pada Sabat orang Jahudi tidak boleh berdjalan lebih dari 200 langkah.

Pada musim dingin biasanja djalan-djalan buruk sekali karena banjak hudjan.

Pada Sabat orang Jahudi tidak boleh berdjalan lebih dari 200 langkah.

Ende: Mat 24:23-28 - -- Nubuat-nubuat ini mengenai segala zaman.

Nubuat-nubuat ini mengenai segala zaman.

Ende: Mat 24:28 - -- Makna peribahasa ini agak kabur. Mungkin berarti bahwa dimana-mana akan muntjul mesias-mesias palsu dan banjak orang berkerumun kepada mereka untuk me...

Makna peribahasa ini agak kabur. Mungkin berarti bahwa dimana-mana akan muntjul mesias-mesias palsu dan banjak orang berkerumun kepada mereka untuk mendengar adjaran-adjarannja jang "baru".

Ende: Mat 24:29-31 - -- Ini sangat terang mengenai kedjadian-kedjadian diachir zaman.

Ini sangat terang mengenai kedjadian-kedjadian diachir zaman.

Ende: Mat 24:29 - Segala kekuatan langit Dengan ungkapan ini dimaksudkan bintang-bintang atau perbintangan-perbintangan, jang dibajangkan didjiwai, digerakkan dan dikuasai oleh roh-roh jang k...

Dengan ungkapan ini dimaksudkan bintang-bintang atau perbintangan-perbintangan, jang dibajangkan didjiwai, digerakkan dan dikuasai oleh roh-roh jang kuat.

Ende: Mat 24:33 - -- Ini mengenai kerobohan Jerusalem.

Ini mengenai kerobohan Jerusalem.

Ende: Mat 24:36 - Hari itu Ini ungkapan umum untuk hari kiamat.

Ini ungkapan umum untuk hari kiamat.

Ende: Mat 24:36 - Djuga Putera tidak Dapat ditafsirkan, bahwa Jesus sebagai manusia tidak mengetahuinja atau lebih tepat: sebagai Mesias tidak bertugas dan tidak berhak menjatakannja.

Dapat ditafsirkan, bahwa Jesus sebagai manusia tidak mengetahuinja atau lebih tepat: sebagai Mesias tidak bertugas dan tidak berhak menjatakannja.

Ende: Mat 24:37-41 - -- Banjak orang tidak siap ketika kedatangan Kristus diachir zaman sebab mereka dengan tak sadar terus-menerus mengindahkan kenikmatan duniawi sadja.

Banjak orang tidak siap ketika kedatangan Kristus diachir zaman sebab mereka dengan tak sadar terus-menerus mengindahkan kenikmatan duniawi sadja.

Ref. Silang FULL: Mat 24:2 - yang lain · yang lain: Luk 19:44

· yang lain: Luk 19:44

Ref. Silang FULL: Mat 24:3 - Bukit Zaitun // tanda kedatangan-Mu // kesudahan dunia · Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1 · tanda kedatangan-Mu: Luk 17:30; Luk 17:30 · kesudahan dunia: Mat 13:39; 28:20

· Bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

· tanda kedatangan-Mu: Luk 17:30; [Lihat FULL. Luk 17:30]

· kesudahan dunia: Mat 13:39; 28:20

Ref. Silang FULL: Mat 24:4 - menyesatkan kamu · menyesatkan kamu: Mr 13:5; Mr 13:5

· menyesatkan kamu: Mr 13:5; [Lihat FULL. Mr 13:5]

Ref. Silang FULL: Mat 24:5 - banyak orang · banyak orang: Mat 24:11,23,24; 1Yoh 2:18

· banyak orang: Mat 24:11,23,24; 1Yoh 2:18

Ref. Silang FULL: Mat 24:7 - melawan kerajaan // ada kelaparan · melawan kerajaan: Yes 19:2 · ada kelaparan: Kis 11:28

· melawan kerajaan: Yes 19:2

· ada kelaparan: Kis 11:28

Ref. Silang FULL: Mat 24:9 - supaya disiksa // akan dibunuh // karena nama-Ku · supaya disiksa: Mat 10:17 · akan dibunuh: Yoh 16:2 · karena nama-Ku: Yoh 15:21; Yoh 15:21

· supaya disiksa: Mat 10:17

· akan dibunuh: Yoh 16:2

· karena nama-Ku: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]

Ref. Silang FULL: Mat 24:11 - nabi palsu // banyak orang · nabi palsu: Mat 7:15; Mat 7:15 · banyak orang: Mr 13:5; Mr 13:5

· nabi palsu: Mat 7:15; [Lihat FULL. Mat 7:15]

· banyak orang: Mr 13:5; [Lihat FULL. Mr 13:5]

Ref. Silang FULL: Mat 24:13 - akan selamat · akan selamat: Mat 10:22; Mat 10:22

· akan selamat: Mat 10:22; [Lihat FULL. Mat 10:22]

Ref. Silang FULL: Mat 24:14 - Kerajaan ini // seluruh dunia · Kerajaan ini: Mat 4:23; Mat 4:23 · seluruh dunia: Rom 10:18; Rom 10:18; Luk 2:1; 4:5; Kis 11:28; 17:6; Wahy 3:10; 16:14

· Kerajaan ini: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]

· seluruh dunia: Rom 10:18; [Lihat FULL. Rom 10:18]; Luk 2:1; 4:5; Kis 11:28; 17:6; Wahy 3:10; 16:14

Ref. Silang FULL: Mat 24:15 - Pembinasa keji // tempat kudus · Pembinasa keji: Dan 9:27; 11:31; 12:11 · tempat kudus: Kis 6:13; Kis 6:13

· Pembinasa keji: Dan 9:27; 11:31; 12:11

· tempat kudus: Kis 6:13; [Lihat FULL. Kis 6:13]

Ref. Silang FULL: Mat 24:17 - atas rumah · atas rumah: 1Sam 9:25; Mat 10:27; Luk 12:3; Kis 10:9

· atas rumah: 1Sam 9:25; Mat 10:27; Luk 12:3; Kis 10:9

Ref. Silang FULL: Mat 24:19 - menyusukan bayi · menyusukan bayi: Luk 23:29

· menyusukan bayi: Luk 23:29

Ref. Silang FULL: Mat 24:21 - terjadi lagi · terjadi lagi: Yeh 5:9; Dan 12:1; Yoel 2:2

· terjadi lagi: Yeh 5:9; Dan 12:1; Yoel 2:2

Ref. Silang FULL: Mat 24:22 - orang-orang pilihan · orang-orang pilihan: Mat 24:24,31

· orang-orang pilihan: Mat 24:24,31

Ref. Silang FULL: Mat 24:23 - kamu percaya · kamu percaya: Luk 17:23; 21:8

· kamu percaya: Luk 17:23; 21:8

Ref. Silang FULL: Mat 24:24 - dan mujizat-mujizat · dan mujizat-mujizat: Kel 7:11,22; 2Tes 2:9-11; Wahy 13:13; 16:14; 19:20

Ref. Silang FULL: Mat 24:27 - seperti kilat // kelak kedatangan // Anak Manusia · seperti kilat: Luk 17:24 · kelak kedatangan: Luk 17:30; Luk 17:30 · Anak Manusia: Mat 8:20; Mat 8:20

· seperti kilat: Luk 17:24

· kelak kedatangan: Luk 17:30; [Lihat FULL. Luk 17:30]

· Anak Manusia: Mat 8:20; [Lihat FULL. Mat 8:20]

Ref. Silang FULL: Mat 24:28 - nazar berkerumun · nazar berkerumun: Luk 17:37

· nazar berkerumun: Luk 17:37

Ref. Silang FULL: Mat 24:29 - akan goncang · akan goncang: Yes 13:10; 34:4; Yeh 32:7; Yoel 2:10,31; Zef 1:15; Wahy 6:12,13; 8:12

Ref. Silang FULL: Mat 24:30 - akan meratap // di langit · akan meratap: Wahy 1:7 · di langit: Wahy 1:7; Wahy 1:7

· akan meratap: Wahy 1:7

· di langit: Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]

Ref. Silang FULL: Mat 24:31 - keluar malaikat-malaikat-Nya // dahsyat bunyinya · keluar malaikat-malaikat-Nya: Mat 13:41 · dahsyat bunyinya: Yes 27:13; Za 9:14; 1Kor 15:52; 1Tes 4:16; Wahy 8:2; 10:7; 11:15

· keluar malaikat-malaikat-Nya: Mat 13:41

· dahsyat bunyinya: Yes 27:13; Za 9:14; 1Kor 15:52; 1Tes 4:16; Wahy 8:2; 10:7; 11:15

Ref. Silang FULL: Mat 24:33 - ambang pintu · ambang pintu: Yak 5:9

· ambang pintu: Yak 5:9

Ref. Silang FULL: Mat 24:34 - ini terjadi · ini terjadi: Mat 16:28; Mat 23:36; Mat 23:36

· ini terjadi: Mat 16:28; Mat 23:36; [Lihat FULL. Mat 23:36]

Ref. Silang FULL: Mat 24:35 - akan berlalu · akan berlalu: Mat 5:18; Mat 5:18

· akan berlalu: Mat 5:18; [Lihat FULL. Mat 5:18]

Ref. Silang FULL: Mat 24:36 - hanya Bapa · hanya Bapa: Kis 1:7

· hanya Bapa: Kis 1:7

Ref. Silang FULL: Mat 24:37 - zaman Nuh · zaman Nuh: Kej 6:5; 7:6-23

· zaman Nuh: Kej 6:5; 7:6-23

Ref. Silang FULL: Mat 24:38 - dan mengawinkan · dan mengawinkan: Mat 22:30

· dan mengawinkan: Mat 22:30

Ref. Silang FULL: Mat 24:39 - Anak Manusia · Anak Manusia: Luk 17:30; Luk 17:30

· Anak Manusia: Luk 17:30; [Lihat FULL. Luk 17:30]

Ref. Silang FULL: Mat 24:40 - akan ditinggalkan · akan ditinggalkan: Luk 17:34

· akan ditinggalkan: Luk 17:34

Ref. Silang FULL: Mat 24:41 - akan ditinggalkan · akan ditinggalkan: Luk 17:35

· akan ditinggalkan: Luk 17:35

Ref. Silang FULL: Mat 24:42 - Tuhanmu datang · Tuhanmu datang: Mat 25:13; Luk 12:40

· Tuhanmu datang: Mat 25:13; Luk 12:40

Ref. Silang FULL: Mat 24:43 - akan datang · akan datang: Luk 12:39; Luk 12:39

· akan datang: Luk 12:39; [Lihat FULL. Luk 12:39]

Ref. Silang FULL: Mat 24:44 - siap sedia · siap sedia: 1Tes 5:6

· siap sedia: 1Tes 5:6

Ref. Silang FULL: Mat 24:45 - Siapakah hamba · Siapakah hamba: Mat 25:21,23

· Siapakah hamba: Mat 25:21,23

Ref. Silang FULL: Mat 24:46 - itu datang · itu datang: Wahy 16:15

· itu datang: Wahy 16:15

Ref. Silang FULL: Mat 24:47 - segala miliknya · segala miliknya: Mat 25:21,23

· segala miliknya: Mat 25:21,23

Ref. Silang FULL: Mat 24:49 - bersama-sama pemabuk-pemabuk · bersama-sama pemabuk-pemabuk: Luk 21:34

· bersama-sama pemabuk-pemabuk: Luk 21:34

Ref. Silang FULL: Mat 24:51 - kertakan gigi · kertakan gigi: Mat 8:12; Mat 8:12

· kertakan gigi: Mat 8:12; [Lihat FULL. Mat 8:12]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mat 4:12--25:46 - -- III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46) Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan...

III. Pelayanan Yesus Kristus (4:12-25:46)

Analisis Matius terhadap pelayanan Kristus dibuat berdasarkan empat wilayah geografis yang tercantum dengan jelas: Galilea (4:12), Daerah Seberang Sungai Yordan (19:1). Yudea (20:17) dan Yerusalem (21:1). Bersama dengan Injil Sinoptis lainnya, ia menghilangkan pelayanan awal di Yudea yang secara kronologis terjadi di antara 4:11 dan 4:12 (bdg. Yoh. 1-4). Matius mungkin bertolak dari Kapernaum di Galilea karena di situ pula ia mulai mengenal Kristus (9:9).

Wycliffe: Mat 21:1--25:46 - -- D. Di Yerusalem (21:1-25:46). Dalam menelusuri gerakan Yesus sampai ke Yerusalem, Matius mengabaikan perjalanan dari Yerikho ke Betania enam hari seb...

D. Di Yerusalem (21:1-25:46).

Dalam menelusuri gerakan Yesus sampai ke Yerusalem, Matius mengabaikan perjalanan dari Yerikho ke Betania enam hari sebelum Paskah (Yoh. 12:1), yang terjadi satu hari sebelum Kedatangan Penuh Kemenangan di Yerusalem (Yoh. 12:12).

Wycliffe: Mat 24:1--25:46 - -- 7) Khotbah di Bukit Zaitun (24:1-25:46). Pembahasan ini mengandung pernyataan Yesus yang tergolong paling sulit untuk dipahami. Sifat apokaliptik dar...

7) Khotbah di Bukit Zaitun (24:1-25:46).

Pembahasan ini mengandung pernyataan Yesus yang tergolong paling sulit untuk dipahami. Sifat apokaliptik dari bahannya itu memiliki kesamaan dengan beberapa khotbah bersifat nubuat dari Perjanjian Lama, di mana percampuran antara unsur-unsur yang bersifat historis dengan yang bersifat lambang sulit ditafsirkan. Beberapa orang melihat penggenapan sebagian besar dari nubuat ini di dalam kehancuran Yerusalem pada tahun 70 M. Orang lain menganggap khotbah ini melukiskan zaman gereja, dan suatu masa penderitaan yang harus dilalui Gereja sebelum Kristus datang kembali. Pandangan yang melihat di sini suatu penggambaran oleh Tuhan kita tentang masa ketujuh puluh dari Daniel sangat tergantung pada kesamaan yang dijumpai di dalam Kitab Daniel dan Wahyu, dan cocok dengan pertanyaan para murid yang membuat khotbah ini muncul. Dengan penafsiran ini, kisah Matius sepenuhnya membahas peristiwa yang masih akan datang. Hanya Lukas (21:12-24) yang mencatat zaman gereja yang menjelang, yaitu dengan memperkenalkan sebuah bagian yang berawal dengan, "Tetapi sebelum semuanya itu," sesudah ia membicarakan juga aneka peristiwa eskatologis.

Wycliffe: Mat 24:1 - Bangunan-bangunan Bait Allah 1. Bangunan-bangunan Bait Allah. Kemegahan kuil yang dibangun Herodes dikenal luas. Balok-balok batu kapur yang besar yang dihiasi dengan hiasan emas ...

1. Bangunan-bangunan Bait Allah. Kemegahan kuil yang dibangun Herodes dikenal luas. Balok-balok batu kapur yang besar yang dihiasi dengan hiasan emas merupakan pemandangan yang menyilaukan (Jos, Wars, V.5.6).

Wycliffe: Mat 24:2 - Tidak satu batu pun ... akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain 2. Tidak satu batu pun ... akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain. Yesus menanggapi dalam suasana hati yang jauh berbeda dengan kebanggaan nas...

2. Tidak satu batu pun ... akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain. Yesus menanggapi dalam suasana hati yang jauh berbeda dengan kebanggaan nasional mereka. Dia menubuatkan suatu kehancuran yang paling parah sebagaimana terjadi pada tahun 70 M (Jos, Wars, VILLI).

Wycliffe: Mat 24:3 - Bukit Zaitun // Datanglah murid-murid-Nya ... untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia // Bilamanakah itu akan terjadi? // Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia // kesudahan dunia 3. Bukit Zaitun. Bukit yang di bawahnya tampak kota dan Bait Allah dari bagian timur. Datanglah murid-murid-Nya ... untuk bercakap-cakap sendirian den...

3. Bukit Zaitun. Bukit yang di bawahnya tampak kota dan Bait Allah dari bagian timur. Datanglah murid-murid-Nya ... untuk bercakap-cakap sendirian dengan Dia. Setelah pengunjung Bait Allah mereka tinggalkan, para murid dapat menanyai Dia secara pribadi. Bilamanakah itu akan terjadi? Maksudnya, kehancuran Bait Allah itu. Apakah tanda kedatangan-Mu dan tanda kesudahan dunia. Para penafsir Perjanjian Lama yang adalah orang Yahudi telah melihat dengan jelas bahwa kedatangan Mesias akan mengantarkan "zaman yang akan datang," yang disertai dengan pemusnahan orang jahat. Harus diingat bahwa pertanyaan Dua Belas Murid ini diajukan dari segi pemahaman tradisional mereka dan jawaban Yesus di dalam khotbah ini tentu sesuai dengan hal itu. Jadi kesudahan dunia mengacu kepada zaman di mana mereka hidup dan zaman yang mereka ketahui. Bahwa zaman tersebut sangat mempengaruhi pikiran mereka tampak di dalam Kisah Para Rasul 1:6. Zaman yang dimaksud dilukiskan di dalam Daniel 9:25-27 sebagai periode "tujuh puluh masa," yang baru berjalan enam puluh sembilan masa ketika Mesias "disingkirkan." Yesus langsung menunjukkan bahwa periode tersebut di atas itulah yang dimaksudkan waktu Dia melukiskan dalam 24:15 suatu peristiwa yang oleh Daniel ditempatkan di pertengahan masa ketujuh puluh. Dengan demikian Khotbah di Bukit Zaitun ini terutama berkenaan dengan masa penderitaan Israel, suatu periode yang di dalam Kitab Daniel dikenal sebagai "masa ketujuh puluh" dan juga dilukiskan di dalam Wahyu 6-19, yang akan berpuncak pada kedatangan kembali Kristus.

Wycliffe: Mat 24:4-14 - -- a) Separuh Pertama dari Masa Penderitaan (24:4-14). Masa ketujuh puluh Daniel jelas terbagi menjadi dua bagian (9:27). Terdapat persesuaian yang meng...

a) Separuh Pertama dari Masa Penderitaan (24:4-14).

Masa ketujuh puluh Daniel jelas terbagi menjadi dua bagian (9:27). Terdapat persesuaian yang mengagumkan di antara urutan meterai dalam Wahyu 6 dengan urutan peristiwa dalam Matius 24:1-14. Dengan demikian ayat-ayat ini harus ditempatkan di tiga setengah tahun pertama dari Masa Siksaan, sesudah Gereja terangkat. 5. Berkata: Akulah Mesias (bdg. Why. 6:1, 2; meterai pertama: Antikristus). Sekalipun kecenderungan semacam itu dapat berkembang pada zaman gereja (I Yoh. 4:3), acuan khususnya adalah kepada Antikristus terakhir dan anak buahnya. Tidak ada catatan tentang adanya orang yang mengaku dirinya Kristus di antara tahun 30 dan 70 M. 6. Deru perang atau kabar-kabar tentang perang (bdg. Why. 6:3, 4; meterai kedua: peperangan). 7. Kelaparan (bdg. Why. 6:5, 6; meterai ketiga: kelaparan). (Wabah penyakit) dan gempa bumi (bdg. Why. 6:7, 8; meterai keempat: kematian seperempat umat manusia). 8. Permulaan penderitaan. Secara harfiah, sakit waktu melahirkan, memberikan kesan rasa sakit yang diderita segera akan diikuti dengan hari-hari yang lebih berbahagia. 9. Kamu akan dibunuh (bdg. Why. 6:9-11: meterai kelima: para martir). 11. Banyak nabi palsu ... menyesatkan banyak orang. Bandingkan II Tesalonika 2:8-12. 12. Kasih kebanyakan akan menjadi dingin. Kehebatan dari semua malapetaka ini akan membuat sebagian besar orang. Israel meninggalkan kedok kesalahan. 13. Tetapi ciri yang akan membedakan kaum sisa Yahudi yang selamat ialah bahwa mereka bertahan di dalam iman sampai pada kesudahannya. 14. Injil Kerajaan. Kabar baik keselamatan di dalam Mesias, dengan penekanan bahwa kerajaan Mesianis hampir didirikan. Berita ini akan disebarkan ke seluruh dunia selama Masa Penderitaan melalui usaha dua orang saksi (Why. 11:3-12) dan kaum sisa Israel yang dimeteraikan (Why. 7).

Wycliffe: Mat 24:15 - Jadi apabila kami melihat Pembinasa keji ... yang disampaikan oleh Nabi Daniel. Pembinasa keji // Di tempat kudus // Pembinasa 15. Jadi apabila kami melihat Pembinasa keji ... yang disampaikan oleh Nabi Daniel. Pembinasa keji merupakan peristilahan LXX yang menerjemahkan Danie...

15. Jadi apabila kami melihat Pembinasa keji ... yang disampaikan oleh Nabi Daniel. Pembinasa keji merupakan peristilahan LXX yang menerjemahkan Daniel 9:27; 12:11; 11:31, di mana dua yang pertama jelas bersifat eskatologis, sedangkan yang terakhir menubuatkan pengotoran ibadah oleh Atiokhus, yang tindakannya merupakan pertanda pembinasaan terakhir. Peristiwa ini terjadi di tengah masa ketujuh puluh (Dan. 9:27) dan jangka waktunya secara beragam disebutkan sebagai "42 bulan" (Why. 11:2; 13:5), "1260 hari" (Why. 12:6), atau "suatu masa dan dua masa dan setengah masa" (Dan. 7:25: 12:7; Why. 12:14). Di tempat kudus. Bait Allah, akan dipulihkan. Pembinasa yang penuh teka-teki ini terkait dengan ibadah, dan nas lainnya menunjukkan penyembahan berhala yang akan dituntut oleh Antikristus. Lihat Wahyu 13:5-8; II Tesalonika 2:1-4. Jelas pada masa Yesus hal ini masih belum terjadi, sehingga membatalkan semua pandangan Daniel yang beranggapan bahwa semua penggenapannya adalah pada masa Antiokhus. Ayat ini juga tidak dapat dibatasi pada malapetaka dari tahun 70 M, sebab Matius 24:21 membatasi acuan ini kepada penderitaan yang paling hebat (bdg. Dan. 12:1).

Wycliffe: Mat 24:16-20 - Maka // Jangan pada hari Sabat 16-20. Maka. Pemakaian partikel temporal di sini dan di 24:21 dan 23 menempatkan seluruh peristiwa di dalam bagian ini di dalam kerangka tiga setengah...

16-20. Maka. Pemakaian partikel temporal di sini dan di 24:21 dan 23 menempatkan seluruh peristiwa di dalam bagian ini di dalam kerangka tiga setengah tahun yang terakhir. Berbagai teror dari penganiayaan di bawah Antikristus akan membuat seseorang perlu mengungsi secepatnya (Why. 12:6, 14). Tidak ada waktu lagi untuk persiapan. Kekerasan yang tidak dapat dielakkan sudah dinubuatkan. Jangan pada hari Sabat. Acuan pada kesulitan perjalanan (memperoleh tempat menginap, makan dan kebutuhan lainnya) pada hari Sabat di wilayah di mana orang Yahudi melaksanakan pembatasan-pembatasan tersebut. Ini belum tentu berarti bahwa orang Kristen Yahudi akan menjalankan ibadah Sabat. Yesus sedang mempergunakan konsep-konsep yang dikenal para pendengar-Nya, yang ketika itu belum ada yang mengetahui perubahannya ke hari Minggu.

Wycliffe: Mat 24:21 - Akan terjadi siksaan yang dahsyat // belum pernah terjadi sejak awal dunia, // yang tidak akan terjadi lagi, // Sekiranya waktunya tidak dipersingkat // orang-orang pilihan 21. Akan terjadi siksaan yang dahsyat. Penggambaran tambahan, belum pernah terjadi sejak awal dunia, menjadikan acuan Kristus kepada Daniel 12:1 tidak...

21. Akan terjadi siksaan yang dahsyat. Penggambaran tambahan, belum pernah terjadi sejak awal dunia, menjadikan acuan Kristus kepada Daniel 12:1 tidak dapat diragukan lagi. Pemberitaan selanjutnya, yang tidak akan terjadi lagi, membuat kita harus menganggap kejadian ini sebagai penderitaan terakhir di bawah Antikristus sesaat sebelum kebangkitan (Dan. 12:2). 22. Sekiranya waktunya tidak dipersingkat. Tindakan kekerasan yang dilakukan Antikristus akan dihentikan oleh kemunculan Kristus secara tiba-tiba untuk memusnahkan si pendurhaka (II Tes. 2:8). 23-26. Sepanjang penganiayaan hebat atas Israel ini, akan muncul banyak penolong gadungan, sebagaimana dilakukan para pahlawan Makabe pada zaman antar Perjanjian. Tetapi orang-orang pilihan diingatkan di sini bahwa pelepasan tidak akan secara sebagian-sebagian atau bertahap.

Wycliffe: Mat 24:27 - kilat // Anak Manusia 27. Justru, dengan tiba-tiba dan seperti kilat (cara penampakan, dari sebelah timur ... sampai ke barat). demikianlah Anak Manusia akan datang untuk m...

27. Justru, dengan tiba-tiba dan seperti kilat (cara penampakan, dari sebelah timur ... sampai ke barat). demikianlah Anak Manusia akan datang untuk menghukum para penindas itu.

Wycliffe: Mat 24:28 - Bangkai // Burung nazar 28. Bangkai. Mereka yang mati secara rohani dan orang-orang jahat yang membusuk. Burung nazar. Istilah ini mencakup juga burung-burung yang makanannya...

28. Bangkai. Mereka yang mati secara rohani dan orang-orang jahat yang membusuk. Burung nazar. Istilah ini mencakup juga burung-burung yang makanannya adalah bangkai; mereka adalah pelaksana-pelaksana hukuman ilahi. Bandingkan Wahyu 19:17, 18.

Wycliffe: Mat 24:29 - Segera sesudah siksaan pada masa itu // Matahari akan menjadi gelap 29. Segera sesudah siksaan pada masa itu. Bandingkan tafsiran atas 24:21. Di sini sama sekali tidak menyebutkan Pengangkatan Gereja (bdg. I Tes. 4:16,...

29. Segera sesudah siksaan pada masa itu. Bandingkan tafsiran atas 24:21. Di sini sama sekali tidak menyebutkan Pengangkatan Gereja (bdg. I Tes. 4:16, 17). Ayat ini justru berbicara tentang kembalinya Kristus untuk mengakhiri Masa Penderitaan dan mendirikan pemerintahan Mesianis. Matahari akan menjadi gelap. Gejala langit yang menyertai ini juga dinubuatkan dalam Yoel 3:15 dan Yesaya 13:9. 10.

Wycliffe: Mat 24:30 - Tanda Anak Manusia // tanda // semua bangsa // meratap // Awan-awan di langit, kekuasaan // kemuliaan 30. Tanda Anak Manusia. Para penafsir tidak mencapai kesepakatan tentang pengenalan tanda ini. Penjelasan Lange tentang tanda tersebut sebagai Shekina...

30. Tanda Anak Manusia. Para penafsir tidak mencapai kesepakatan tentang pengenalan tanda ini. Penjelasan Lange tentang tanda tersebut sebagai Shekinah atau kemuliaan Kristus diikuti oleh banyak penafsir lainnya. Bagaimanapun bentuknya yang pasti, munculnya tanda ini akan menyebutkan semua orang Yahudi (semua bangsa seperti dalam Alkitab terjemahan baru) meratap karena melihat Mesias mereka (bdg. Za. 12:10-12). Awan-awan di langit, kekuasaan dan kemuliaan melukiskan pemandangan yang sama dengan di Daniel 7:13, 14; II Tesalonika 1:7, 9.

Wycliffe: Mat 24:31 - Malaikat-malaikat // orang-orang pilihan-Nya 31. Malaikat-malaikat yang mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya adalah para malaikat yang juga .dilukiskan dalam 13:30, 41-43 sebagai menyingkirkan la...

31. Malaikat-malaikat yang mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya adalah para malaikat yang juga .dilukiskan dalam 13:30, 41-43 sebagai menyingkirkan lalang dari gandum, sehingga gandum dapat dikumpulkan dalam lumbung.

Wycliffe: Mat 24:32-36 - -- 32-36. Perumpamaan tentang pohon ara. Lambang bangsa Israel yang sering dipergunakan dalam Alkitab (Yer. 24; Yl. 1:6, 7; Hos. 9:10). Yesus sebelumnya ...

32-36. Perumpamaan tentang pohon ara. Lambang bangsa Israel yang sering dipergunakan dalam Alkitab (Yer. 24; Yl. 1:6, 7; Hos. 9:10). Yesus sebelumnya juga memakai lambang ini (Luk. 13:6). Sifat yang khas dari pohon ini sebagaimana sudah disebutkan sebelumnya (21:19, 20) ialah bahwa buah dan daunnya muncul pada saat yang kurang lebih sama; pada saat pohon ini berdaun, maka musim panas sudah dekat. Yesus dengan demikian menghubungkan bangsa yang dibangkitkan kembali dengan dekatnya berbagai peristiwa eskatologis ini.

Wycliffe: Mat 24:34 - Angkatan ini tidak akan berlalu 34. Angkatan ini tidak akan berlalu. Menafsirkan angkatan (genea) sebagai masa hidup para murid membuat penafsir harus mencari penggenapan semua peris...

34. Angkatan ini tidak akan berlalu. Menafsirkan angkatan (genea) sebagai masa hidup para murid membuat penafsir harus mencari penggenapan semua peristiwa ini pada tahun 70 M. Tetapi hal itu jelas mustahil terkecuali jika si penafsir memberikan anti rohani bagi kedatangan Kristus yang kedua kali. Sekalipun demikian, genea juga bisa berarti "bangsa" atau "keluarga," dan cukup dapat diterima di sini. Sekalipun dianiaya secara luar biasa, bangsa Yahudi tidak akan musnah, tetapi akan tetap ada untuk ikut membagi berkat-berkat Kerajaan Seribu Tahun. Dalam mendukung pandangan ini, Alford mengemukakan bahwa orang Kristen di zaman dahulu tetap mengharapkan kedatangan Tuhan sekalipun para rasul dan rekan-rekan sezaman mereka telah tiada (New Testamen for English Readers, hlm. 169).

Wycliffe: Mat 24:35 - Langit dan bumi akan berlalu 35. Langit dan bumi akan berlalu. Bandingkan Roma 8:19-22; I Korintus 7:31, Wahyu 21:1. Kebenaran dari berbagai nubuat yang serius oleh Kristus ini ti...

35. Langit dan bumi akan berlalu. Bandingkan Roma 8:19-22; I Korintus 7:31, Wahyu 21:1. Kebenaran dari berbagai nubuat yang serius oleh Kristus ini tidak akan mengalami perubahan sedikit pun.

Wycliffe: Mat 24:36 - Bapa // dan Anak pun tidak, 36. Tetapi, saat penggenapan yang tepat hanya diketahui oleh Bapa saja (bdg. Kis. 1:7). Tidak mungkin manusia dapat menyusun skema penentuan tanggal. ...

36. Tetapi, saat penggenapan yang tepat hanya diketahui oleh Bapa saja (bdg. Kis. 1:7). Tidak mungkin manusia dapat menyusun skema penentuan tanggal. Kalimat, dan Anak pun tidak, menunjukkan bahwa pengetahuan sempurna yang dimiliki setiap anggota ke-Allah-an merupakan bagian yang secara tidak dipakai oleh Yesus ketika pelayanan-Nya di bumi, terkecuali ketika pengetahuan itu diperlukan bagi maksud-Nya.

Wycliffe: Mat 24:37-39 - zaman Nuh // (makan, minum, kawin mengawinkan) // melenyapkan mereka semua // kedatangan Anak Manusia, 37-39. Zaman Nuh. Sebagaimana zaman Nuh mengakhiri suatu era dengan hukuman, demikian juga kedatangan kembali Kristus. Pada zaman yang sangat jahat (K...

37-39. Zaman Nuh. Sebagaimana zaman Nuh mengakhiri suatu era dengan hukuman, demikian juga kedatangan kembali Kristus. Pada zaman yang sangat jahat (Kej. 6), manusia menjalani hidup setiap hari tanpa memperdulikan kehancuran yang menjelang (makan, minum, kawin mengawinkan). Tetapi air bah itu melenyapkan mereka semua yang jahat, sehingga hanya tersisa orang benar saja untuk tinggal di bumi. Demikian juga kedatangan Anak Manusia, sesudah Masa Penderitaan Besar (ay. 29-31) akan melenyapkan orang jahat, supaya kaum sisa yang tetap setia dan yang berhasil lolos dari Penderitaan dapat ikut menikmati berkat-berkat Kerajaan Seribu Tahun (bdg. 25:31-46; 13:30, 41-43, 49, 50).

Wycliffe: Mat 24:40-42 - Pada waktu itu // Dua orang di ladang // yang seorang // yang lain // Dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan // Karena itu berjaga-jagalah // Anak Manusia 40-42. Dua orang di ladang dan dua orang di kilangan. Pada waktu itu menempatkan ilustrasi ini pada periode yang sama dengan yang sebelumnya, diterang...

40-42. Dua orang di ladang dan dua orang di kilangan. Pada waktu itu menempatkan ilustrasi ini pada periode yang sama dengan yang sebelumnya, diterangkan secara tepat di dalam ayat 29 sebagai "segera sesudah siksaan." Jadi tidak mengacu kepada Pengangkatan Gereja. Dua orang di ladang. Kedatangan Kedua akan terjadi dengan begitu mendadak dan bersifat membedakan sehingga dua orang yang bekerja bersama akan dipisahkan, yang seorang (bentuk bilangan maskulin) akan diambil untuk dihukum, dan yang lain akan tertinggal untuk menikmati berkat. Dua orang perempuan sedang memutar batu kilangan. Pekerjaan ini pada umumnya dilakukan oleh wanita, baik itu ibu dan anak putrinya, saudara perempuan atau budak wanita (lihat Thomson, Land and Book, hlm. 526, 527). Karena itu berjaga-jagalah. Sekalipun yang ditekankan di sini adalah kedatangan Anak Manusia sesudah masa Penderitaan, peringatan ini berlaku bagi semua orang percaya, karena semuanya harus berjaga-jaga dan bersiap siaga menanti kedatangan-Nya. Perincian mengenai berbagai tahap kedatangan-Nya akan disingkapkan kemudian. Dorongan untuk bersiaga ini diulangi lagi dalam 24:44 dan 25:13.

Wycliffe: Mat 24:43-44 - Dibongkar // tuan rumah 43-44. Tuan rumah. Apabila tuan rumah itu waspada, dia pasti dapat mencegah terjadinya kerusakan dan kehilangan. Dibongkar. Secara harfiah, digali sam...

43-44. Tuan rumah. Apabila tuan rumah itu waspada, dia pasti dapat mencegah terjadinya kerusakan dan kehilangan. Dibongkar. Secara harfiah, digali sampai tembus, merupakan acuan kepada rumah-rumah di Palestina yang terbuat dari bata jemuran, sehingga dapat dikatakan mudah untuk dimasuki. Orang percaya memiliki alasan yang lebih sedikit dibandingkan dengan tuan rumah yang tidak diingatkan bahwa akan ada pencuri.

Wycliffe: Mat 24:45-51 - -- 45-51. Hamba yang setia dan hamba yang jahat.

45-51. Hamba yang setia dan hamba yang jahat.

Wycliffe: Mat 24:45-47 - hamba yang setia dan bijaksana // orang-orangnya // tuannya 45-47. Gambaran ini melukiskan seorang hamba yang setia dan bijaksana yang diangkat oleh tuannya menjadi atasan orang-orangnya. Pelaksanaan tugas deng...

45-47. Gambaran ini melukiskan seorang hamba yang setia dan bijaksana yang diangkat oleh tuannya menjadi atasan orang-orangnya. Pelaksanaan tugas dengan setia akan meningkatkan kehormatan dan tanggung jawabnya pada saat tuannya itu datang.

Wycliffe: Mat 24:48-49 - hamba (yang) jahat, // (Tuanku tidak datang-datang) // (memukul hamba-hamba lain, makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk) 48, 49. Berbeda dengan hamba (yang) jahat, yang hanya hamba secara nama saja, sebab dia mengabaikan perintah-perintah tuannya dan mengambil alih hak m...

48, 49. Berbeda dengan hamba (yang) jahat, yang hanya hamba secara nama saja, sebab dia mengabaikan perintah-perintah tuannya dan mengambil alih hak memimpin. Pengkhianatannya bersifat doktrinal (Tuanku tidak datang-datang) dan moral (memukul hamba-hamba lain, makan minum bersama-sama pemabuk-pemabuk). Dia keliru menganggap ketidakpastian soal saat kedatangan sebagai kepastian bahwa kedatangan itu tidak akan terjadi segera. Setiap orang percaya (apakah pada zaman gereja atau orang suci mala Penderitaan) merupakan hamba Allah dengan bidang tanggung jawab tertentu.

Wycliffe: Mat 24:50-51 - Akan membunuh dia // (senasib dengan orang-orang munafik ... ratapan dan kertakan gigi) 50, 51. Kedatangan Kristus akan tiba-tiba dan tidak terduga, dan akan membuka kedok orang munafik seperti itu. Akan membunuh dia. Arti harfiah dari is...

50, 51. Kedatangan Kristus akan tiba-tiba dan tidak terduga, dan akan membuka kedok orang munafik seperti itu. Akan membunuh dia. Arti harfiah dari istilah aslinya, "dibelah menjadi dua," melukiskan hukuman jasmaniah (bdg. II Sam. 12:31; Ibr. 11:37) dan kata-kata berikutnya (senasib dengan orang-orang munafik ... ratapan dan kertakan gigi) memastikan sifat abadi dari hukuman ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mat 24:1-3 - Gambaran Masa Depan yang Mengerikan Khotbah-khotbah Kristus umumnya adalah khotbah yang praktis dan dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun dalam pasal ini diceritakan men...

Matthew Henry: Mat 24:4-31 - Gambaran Masa Depan yang Mengerikan Gambaran Masa Depan yang Mengerikan (24:4-31) Murid-murid menanyakan soal waktu penggenapan semua nubuat itu, bilamanakah itu akan terjadi? Kristus...

Matthew Henry: Mat 24:32-51 - Perumpamaan tentang Pohon Ara; Gambaran Masa Depan yang Mengerikan; Nasihat supaya Berjaga-jaga; Per Perumpamaan tentang Pohon Ara; Gambaran Masa Depan yang Mengerikan; Nasihat supaya Berjaga-jaga; Perumpamaan tentang Hamba yang Setia dan Hamba yang J...

SH: Mat 24:1-14 - Yesus dan akhir zaman (Senin, 7 Maret 2005) Yesus dan akhir zaman Mulai pasal ini Yesus mengajar tentang akhir zaman. Ia menubuatkan kehancuran Bait Allah yang begitu megah dan mulia (...

SH: Mat 24:1-14 - Mengamati tanda zaman. (Rabu, 28 Maret 2001) Mengamati tanda zaman. Banyak orang bermunculan menafsirkan beberapa kejadian yang muncul akhir-akhir ini sebagai tanda berakhirnya zaman ini. Namun ...

SH: Mat 24:1-14 - Akhir Zaman. (Selasa, 14 April 1998) Akhir Zaman. Bait Allah di zaman Yesus adalah bangunan yang kokoh dan megah. Tak seorang pun bermimpi bahwa bangunan itu tinggal puing-puing saja. Ter...

SH: Mat 24:15-28 - "Gaya hidup waktu singkat" (Selasa, 8 Maret 2005) "Gaya hidup waktu singkat" Kembali Tuhan Yesus menyampaikan nubuat. Sebagian dari nubuat itu telah digenapi, sebagian lagi terus berlangsung samp...

SH: Mat 24:15-28 - Penyesat dan mukjizat. (Kamis, 29 Maret 2001) Penyesat dan mukjizat. Percayakah Anda bila ada seorang yang memiliki kemampuan luar biasa: menyembuhkan, mengajar, berbahasa roh, mengusir setan, da...

SH: Mat 24:15-28 - Hukuman Tuhan. (Rabu, 15 April 1998) Hukuman Tuhan. Apa yang Yesus katakan ini benar-benar terjadi. Di tahun 70, Yerusalem diserbu dan dihancurkan dengan cara sangat bengis dan kejam oleh...

SH: Mat 24:29-36 - Semesta gonjang-ganjing (Rabu, 9 Maret 2005) Semesta gonjang-ganjing Dampak kedatangan Yesus kelak sangat dahsyat. Seluruh kekuatan semesta akan tergoncangkan ke fondasinya (ayat 29). Selain...

SH: Mat 24:29-36 - Waspadai dan amati tanda-tanda zaman. (Jumat, 30 Maret 2001) Waspadai dan amati tanda-tanda zaman. Allah mempunyai rencana kekal atas segala ciptaan-Nya, teristimewa manusia yang diciptakan dalam gambar dan rup...

SH: Mat 24:29-36 - Tanda-tanda menjelang kedatangan Tuhan. (Kamis, 16 April 1998) Tanda-tanda menjelang kedatangan Tuhan. Berbagai bencana dan malapetaka yang terjadi bukan saja meliputi bumi tempat manusia hidup. Bencana dahsyat ya...

SH: Mat 24:37-44 - Mirip zaman Nuh (Kamis, 10 Maret 2005) Mirip zaman Nuh Suasana dunia menjelang kedatangan Yesus Kristus yang kedua disamakan dengan masa nabi Nuh hidup. Nuh adalah seorang yang hi...

SH: Mat 24:37-44 - Berjaga-jaga dan tetap bekerja. (Sabtu, 31 Maret 2001) Berjaga-jaga dan tetap bekerja. Tiga sikap hidup manusia digambarkan di sini dalam masa penantian kedatangan Anak Manusia. Kedatangan Anak Manusia pa...

SH: Mat 24:37-51 - Ciri orang zaman Nuh. (Jumat, 17 April 1998) Ciri orang zaman Nuh. Komentar Tuhan Yesus tentang kondisi orang akhir zaman, perlu kita simak. Menjelang kedatangan-Nya kelak, orang akan menjadi sep...

SH: Mat 24:45-51 - Hamba yang berintegritas (Jumat, 11 Maret 2005) Hamba yang berintegritas Hidup ini milik siapakah? Tentu ada benarnya bila kebanyakan orang termasuk Anda menjawab bahwa hidup adalah milik kita ...

SH: Mat 24:45-51 - Tuan akan datang dengan tiba-tiba. (Minggu, 1 April 2001) Tuan akan datang dengan tiba-tiba. Kepergian sang tuan dalam kurun waktu yang tidak terbatas dapat memunculkan dua sikap dalam diri hamba yang diting...

Topik Teologia: Mat 24:1 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:2 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus

Topik Teologia: Mat 24:3 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Tanda-tnda Kedatangan Yesus Kedua Kali Murtad Mat...

Topik Teologia: Mat 24:5 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:6 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:7 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:8 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:9 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:10 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:11 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:12 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:13 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:14 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:15 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang dan Waktu Mat 16:27 Mat 18:20 Mat 24:1-51 Mat 28:18,20 Yoh 14:23 ...

Topik Teologia: Mat 24:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:21 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:22 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:24 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:25 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:27 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang dan Waktu Mat 16:27 Mat 18:20 Mat 24:1-51 Mat 28:18,20 Yoh 14:23 ...

Topik Teologia: Mat 24:29 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:30 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang dan Waktu Mat 16:27 Mat 18:20 Mat 24:1-51 Mat 28:18,20 Yoh 14:23 ...

Topik Teologia: Mat 24:31 - -- Yesus Kristus Hari Meniup Serunai Ima 23:24 Bil 29:1 Mat 24:31 Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang da...

Topik Teologia: Mat 24:35 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah Tidak Pernah Berubah Kej 18:25 Bil 23:19-20 1Sa 15:29 2Sa 22:31 1Ra 8:56 Ayu ...

Topik Teologia: Mat 24:36 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:37 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:40 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:42 - -- Yesus Kristus Yesus Mengklaim Kuasa atas Kehidupan, Ruang dan Waktu Mat 16:27 Mat 18:20 Mat 24:1-51 Mat 28:18,20 Yoh 14:23 ...

Topik Teologia: Mat 24:43 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:44 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:45 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:48 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

Topik Teologia: Mat 24:49 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Manusia Yesus Mengklaim Kuasa atas...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Matius (Pendahuluan Kitab) Penulis : Matius Tema : Yesus, Raja Mesianis Tanggal Penulisan: Tahun 60-an TM Latar Belakang Injil ini dengan tepat sekali di...

Full Life: Matius (Garis Besar) Garis Besar I. Memperkenalkan Mesias (Mat 1:1-4:11) A. Silsilah Yahudi Yesus (Mat 1:1-17) B....

Matthew Henry: Matius (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita terdapat, I. Perjanjian (wasiat) Baru Yesus Kristus, Tuhan dan Juruselamat kita; demikian yang diberikan pada bagian kedua dari...

Jerusalem: Matius (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Ende: Matius (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MATEUS KATA PENGANTAR Tentang pengarang Indjil ini Karangan Indjil ini sedjak semula terkenal sebagai jang pertama, dan ...

Wycliffe: Matius (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MATIUS Penulis. Banyak sekali kesaksian sejarah awal yang menganggap Injil ini ditulis oleh Matius, sang pemungut cukai, yang juga disebu...

Wycliffe: Matius (Garis Besar) GARIS BESAR MATIUS I. Kelahiran dan Masa Kecil Yesus Kristus 1:1-2:23 A. Silsilah Kristus 1:1-17 B. Kelahiran Kristus...

BIS: Matius (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS PENGANTAR Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MATIUS

PENGANTAR

Buku Matius menyampaikan kepada kita Kabar Baik bahwa Yesus adalah Raja Penyelamat yang dijanjikan oleh Allah. Melalui Yesus itulah Allah menepati apa yang telah dijanjikan-Nya di dalam Perjanjian Lama kepada umat-Nya. Sekalipun Yesus lahir dari orang Yahudi dan hidup sebagai orang Yahudi, namun Kabar Baik itu bukanlah hanya untuk bangsa Yahudi saja melainkan untuk seluruh dunia.

Buku Matius ini disusun secara teratur; mulai dengan kelahiran Yesus, kemudian mengenai baptisan dan godaan yang dialami-Nya, lalu mengenai karya-Nya di Galilea. Di situ Ia berkhotbah, mengajar dan menyembuhkan orang. Setelah itu buku ini mengisahkan perjalanan Yesus dari Galilea ke Yerusalem, dan apa yang terjadi dengan Yesus dalam minggu terakhir hidup-Nya di dunia ini yang memuncak pada kematian dan kebangkitan-Nya.

Salah satu hal yang dititikberatkan oleh Matius ialah bahwa Yesus adalah Guru yang besar, yang mengajar bahwa Allah memerintah sebagai Raja. Yesus juga mempunyai wibawa untuk menjelaskan arti dari Hukum Allah. Kebanyakan dari ajaran-ajaran Yesus itu dikelompokkan menurut pokok-pokoknya. Ada lima kelompok:

  1. (1) Khotbah di Bukit yang menyangkut sikap, kewajiban, hak-hak, dan tujuan hidup para anggota umat Allah (pasal 5-7 Mat 5:1-7:28);
  2. (2) petunjuk-petunjuk kepada kedua belas pengikut Yesus untuk melaksanakan tugas (pasal 10 Mat 10:1-42);
  3. (3) perumpamaan-perumpamaan tentang keadaan waktu Allah memerintah sebagai Raja (pasal 13 Mat 13:1-58);
  4. (4) ajaran mengenai makna menjadi pengikut Yesus (pasal 18 Mat 18:1-35); dan
  5. (5) ajaran tentang akhir zaman dan tentang kedatangan Anak Manusia (pasal 24-25 Mat 24:1-25:46).

Isi

  1.  Daftar asal-usul Yesus Kristus dan kelahiran-Nya
    Mat 1:1-2:23
  2.  Pekerjaan Yohanes Pembaptis
    Mat 3:1-12
  3.  Baptisan dan godaan terhadap Yesus
    Mat 3:13-4:11
  4.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Mat 4:12-18:35
  5.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mat 19:1-20:34
  6.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mat 21:1-27:66
  7.  Kebangkitan Yesus dan penampakan diri-Nya
    Mat 28:1-20

Ajaran: Matius (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Injil Matius orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Matius.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen keturunan Yahudi, (dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus Kristus).

Isi Kitab: Injil Matius terdiri dari 28 pasal. Menyatakan bahwa Yesus orang Nazaret sungguhlah Mesias (Juruselamat), Raja yang dijanjikan, sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam Kitab Perjanjian Lama.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Matius

  1. Pasal 1-4 (Mat 1:1-4:1).

    Raja (Juruselamat) yang dinantikan sudah datang

    Bagian ini memaparkan keturunan Yesus, dari Abraham, Ishak, dan Yakub, dengan maksud untuk menunjukkan, bahwa Yesus Kristus adalah Juruselamat (Raja) yang diutus Allah sebagai penggenap nubuat-nubuat dalam Perjanjian Lama.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 2:1-2, 11-12. Kalau kedatanga Tuhan Yesus disambut dengan persembahan-persembahan, apakah yang tela saudara persembahkan kepada-Nya?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 4:1-11. Berapa lamakah Tuhan Yesus berpuasa? Tuhan Yesus dicobai. Siapakah yang menang dalam pencobaan ini? Tuhan Yesus menang dalam pencobaan. Itu berart Tuhan Yesus sanggup menolong saudara dalam pencobaan kalau saudara menerima Dia sebagai Raja dalam hidup.
  2. Pasal 4-25 (Mat 4:12-25:46).

    Raja (Juruselamat) itu memberikan ajaran-ajaran

    Bagian ini berisikan ajaran-ajaran dasar yang menjadi ciri hidup kerajaan-Nya. Dan juga Yesus menunjukkan kuasa-Nya atas alam semesta, atas penyakit-penyakit melalui mujizat-mujizat yang dilakukan-Nya.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 5:1-12. Siapakah yang memiliki kebahagiaan?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 7:24. Apakah yang menjadi dasar kehidupan yang kuat bag setiap pengikut Yesus?
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 11:25-30. Apakah yang akan saudara dapati, kalau mau datang pada Yesu Sang Raja?
    4. Buka dan bacalah pasal Mat 16:24. Apakah yang menjadi syarat bagi pengikut Yesus?
    5. Buka dan bacalah pasal Mat 24:24-25. Tuhan Yesus menyatakan, bahwa setelah Ia kembali ke sorga, akan datan Juruselamat yang palsu, karena hanya Yesuslah Juruselamat yang asli. Saudara mau yang mana, yang asli atau yang palsu?
  3. Pasal 26-27 (Mat 26:1-27:66).

    Raja (Juruselamat) mengorbankan dirinya untuk keselamatan umat-Nya

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 26:26-28. Bagian ini menjelaskan, sebelum Raja itu mengorbankan diri-Nya, I terlebih dahulu mengajak murid-murid-Nya untuk mengadakan perjamua suci. Hal ini merupakan lambang daripada pengorbanan-Nya di kay salib. Dan Ia mengamanatkan agar perjamuan yang serupa dilakukan ole murid-murid-Nya, setelah kenaikan-Nya kesorga. Perjamuan ini disebu Perjamuan Kudus. Ini berarti setiap orang yang percaya pada Yesus harus mengikuti upacara Perjamuan Kudus tersebut. _Tanyakan_: Apakah arti Perjamuan Kudus?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 27:54. Apakah pengakuan dari komandan prajurit Roma tentang Yesus? Bagaimanakah pendapat saudara, siapakah Yesus?
  4. Pasal 28 (Mat 28:1-20).

    Raja (Juruselamat) itu memperlihatkan kemenangannya atas segala kuasa di dunia dan di sorga

    Bagian ini menjelaskan, bagaimana Raja yang mengorbankan diri-Nya itu berkuasa atas segala kuasa kematian karena Dialah yang mempunyai segala kuasa baik di sorga maupun di dunia.

    Pendalaman

    1. Buka dan bacalah pasal Mat 28:1-10. Bagian ini menjelaskan bahwa Yesus bangkit persis seperti apa yan telah Ia katakan tentang diri-Nya. Siapakah yang menggulingkan bat penutup kuburan, dan memberitakan tentang kebangkitan Yesus? Jad berita kebangkitan Yesus, diterima pertama kali dari manusia atau dar malaikat Allah? Kalau begitu siapakah yang lebih saudara percayai?
    2. Buka dan bacalah pasal Mat 28:11-15. Berita bohong tentang Yesus tidak bangkit dari kematian itu, dibua oleh manusia. Jadi siapa yang percaya kepada berita itu, berart percaya kepada berita bohong dari manusia dan menjadi pengiku pembohong.
    3. Buka dan bacalah pasal Mat 28:16-20. Menurut ayat 18 (Mat 28:18) apakah yang diberikan kepada Yesus? Menurut ayat 19 (Mat 28:19) Raja yang naik ke sorga memberikan Amanat Agung aga murid-murid-Nya pergi ke seluruh dunia, untuk menjadika semua bangsa murid-murid-Nya. Amanat Agung ini berlak untuk semua orang yang percaya kepada Tuhan Yesus. Apakah saudara sudah pernah bersaksi tentang Yesus Kristu kepada orang lain? Pada ayat 20, (Mat 28:20) janji apakah yang diberikan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Matius, jelaslah bahwa Yesus Kristus adalah Raja yang kekal, Juruselamat dan Penebus dosa yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama. Yesus Kristus adalah Raja dari segala raja, karena Dialah yang mempunyai segala kuasa, baik di sorga maupun di atas bumi.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menulis Injil Matius?
  2. Apakah isi singkat Injil Matius?
  3. Bagaimanakah Yesus membuktikan, bahwa Ia adalah raja da Juruselamat yang dijanjikan dalam Perjanjian Lama?

Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) MENGAPA INJIL INI DITULIS.Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan P

MENGAPA INJIL INI DITULIS.
Matius mempunyai beberapa alasan yang jelas mengapa ia menulis Injil ini:
1. Untuk menunjukkan hubungan antara Yesus dengan Perjanjian Lama.
2. Untuk mencatat ajaran Kristus yang diberikan secara luas pada para murid-Nya.
3. Untuk menjelaskan sikap apa yang diharapkan Kristus dari murid-murid-Nya.
4. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah anggota gereja, misalnya mengenai kehidupan masa muda Yesus dan kedatangan-Nya kembali.
5. Untuk menjelaskan tentang cara mengelola Gereja.

PENULISNYA.
Tidak ada pernyataan dalam Injil ini bahwa Matiuslah penulisnya, tetapi tradisi mula-mula menegaskan demikian. Sedikit saja yang kita ketahui tentang Matius, karena ia hanya disebut dalam Mat 9:9 dan Mat 10:3, yaitu bahwa ia seorang pemungut cukai yang dipanggil secara pribadi oleh Yesus. Namanya berarti "anugerah dari Tuhan". Dalam Injil lain ia dipanggil Lewi (Mar 2:14).

PEMBACA INJIL MATIUS.
Hal-hal yang diperhatikan dalam Injil Matius memberi petunjuk bahwa sebagian besar pembacanya adalah orang Yahudi. Sebagian besar dari mereka mungkin sudah menjadi Kristen, tetapi Matius boleh jadi menulis Injil ini untuk meyakinkan orang Yahudi lainnya bahwa Yesus adalah Mesias yang sudah lama dinanti-nantikan oleh bangsa Yahudi.

Namun demikian, ia sama sekali tidak mengabaikan orang-orang bukan Yahudi dan mungkin juga ia menulis dengan tujuan untuk menjawab beberapa pertanyaan mereka tentang kepercayaan mereka yang bersumber dari kepercayaan Yahudi.

KAPAN INJIL INI DITULIS?
Kita tidak dapat memastikan kapan Injil Matius ditulis. Mungkin Injil ini ditulis setelah Markus menulis Injilnya, karena isinya mirip dengan Injil Markus. Tetapi, Injil ini juga bukan yang terakhir, karena masalah-masalah sehubungan dengan orang-orang Kristen Yahudi yang diperhatikannya berangsur berkurang. Diperkirakan waktunya adalah antara tahun 50 dan 90.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Injil Matius sangat teratur. Bagian-bagian tentang ajaran Yesus disisipkan di antara penjelasan-penjelasan tentang kegiatan-kegiatan-Nya.
2. Karena ingin menunjukkan bahwa Yesus adalah Mesias Yahudi, ia sering mengutip dari Perjanjian Lama. Ada 65 ayat dalam Matius yang mengacu ke Perjanjian Lama.
3. Matius bicara tentang Kerajaan Surga (33 kali) cocok dengan latar belakangnya sebagai orang Yahudi, sementara Injil-Injil lain bicara tentang Kerajaan Allah.
4. Dari keempat Injil, hanya Matius sendiri yang berbicara mengenai gereja. Ia menulis sebagai seorang gembala yang menangani berbagai masalah dan pertanyaan.

Pesan

1. Yesus adalah Mesias.
o Dia berasal dari keturunan Yahudi Mat 1:1-17
o Dia menggenapi nubuatan Perjanjian Lama, misalnya Mat 1:23; 2:6, 18, 23; 4:15, 16 dll.
o Dia datang untuk menyelamatkan manusia dari dosa. Mat 1:21
o Dia pertama-tama datang kepada bangsa Israel. Mat 15:24
o Dia melukiskan sikap-Nya terhadap Perjanjian Lama. Mat 5:17-48
o Dia menantang pemimpin-pemimpin agama yang menyesatkan umat Allah. Mat 16:5-12; 23:1-36.
o Dia kelak akan bertindak sebagai hakim. Mat 25:31-46

2. Yesus berbicara mengenai suatu kerajaan.
o Dia menjelaskan apa sebenarnya Kerajaan Allah itu: bukan suatu tempat, tetapi
Allah secara aktif memerintah dunia ini. Mat 9:35
o Dia sendiri adalah Raja. Mat 2:2, 16:28
o Dia memberitahukan persyaratan revolusioner untuk dapat masuk ke dalamnya.
Mat 5:3,10,20; 7:21; 19:14,23,24
o Kerajaan-Nya sudah hadir saat ini. Mat 12:28
o Kerajaan-Nya yang sempurna masih akan datang. Mat 16:28
o Pertumbuhan Kerajaan-Nya itu pasti, walaupun tersembunyi. Mat 3:1-23
o Kerajaan Allah layak mendapat prioritas utama manusia. Mat 6:33; 13:44-46

3. Yesus menggarisbawahi hukum Taurat.
o Dia memperkuat hukum Taurat. Mat 5:17-48
o Dia merangkum hukum Taurat. Mat 22:37-40
o Dia menafsirkan hukum Taurat. Mat 23:23

4. Yesus mengutus gereja-Nya.
o Menjadi suatu masyarakat yang bermoral tinggi. Mat 5:20
o Menjadi suatu masyarakat yang berdisiplin. Mat 18:15-18
o Menjadi suatu masyarakat yang bersedia mengampuni. Mat 18:21-22
o Menjadi suatu masyarakat yang berdoa. Mat 18:19-20
o Menjadi suatu masyarakat yang bersaksi. Mat 28:19-20

Penerapan

Berita dalam Injil Matius dapat diterapkan pada dua golongan kelompok utama:

1. Kepada orang yang belum percaya.
o Orang Yahudi yang belum percaya: Injil ini menunjukkan bahwa Yesus adalah
Mesias yang telah lama mereka nantikan. Kedatangan-Nya sudah dipersiapkan
dengan saksama di sepanjang sejarah dan kini keselamatan tersedia melalui Dia.
o Bangsa bukan Yahudi yang belum percaya: pembebasan dari dosa dan segala
akibatnya juga berlaku bagi orang bukan Yahudi.

Yesus adalah Juruselamat seluruh umat manusia. Dia menyambut siapa saja yang
menyatakan iman mereka kepada-Nya.

2. Kepada orang-orang Kristen.
o Injil ini akan memperlengkapi Anda dengan ajaran dasar yang penting mengenai
kehidupan dan ucapan-ucapan Yesus.
o Injil ini akan menunjukkan kepada Anda nilai Perjanjian Lama.
o Injil ini akan menunjukkan perlunya hidup sesuai dengan hukum yang baru dan
mencapai standar moral yang tinggi.
o Injil ini juga akan memperlihatkan kepada Anda bagaimana harus hidup dengan
sesama Kristen.
o Injil ini akan mendorong Anda untuk ikut ambil bagian dalam tugas misi ke
seluruh dunia.
o Injil ini akan membangkitkan pengharapan Anda akan kedatangan Yesus kembali.

Tema-tema Kunci

Matius menekankan beberapa tema tertentu. Selidikilah berulang kali catatan-catatan berikut ini dan pakailah konkordansi agar mendapatkan referensi lain yang terkait untuk mempelajari secara lebih mendalam.

1. Allah adalah Bapa surgawi kita. Inilah sebutan bagi Allah yang paling disenangi oleh Matius: Mat 5:16,45,48; 6:1,9; 7:11,21; 10:32,33; 12:50; 16:17; 18:10,14,19.

2. Berbagai gambaran mengenai Yesus. Yesus disebut Anak Daud (Mat 1:1), Juruselamat (Mat 1:21), Raja Orang Yahudi (Mat 2:2), Orang Nazaret (Mat 2:23). Sebutan apalagi bagi Yesus yang dapat Anda temukan? 3. Kutipan-kutipan dari Perjanjian Lama. Matius sering mengatakan 'haI itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi' (Mat 2:15) atau kalimat-kalimat serupa. Carilah referensi lain dan periksalah apa yang mereka ajarkan tentang Yesus.

4. Ajaran Yesus. Lima kali Matius mengatakan 'setelah Yesus mengakhiri perkataan ini' (Mat 7:28; 11:1; 13:53; 19:1; 26:1). Setiap pernyataan itu ditulis pada akhir sekumpulan ajaran Yesus. Buatlah ringkasan dari tiap-tiap 'khotbah' itu. 5. Perumpamaan-perumpamaan Yesus. Yesus mengajar murid-murid-Nya dengan memakai perumpamaan. Tetapi ingatlah, tidak semua orang dapat mengerti makna perumpamaan-perumpamaan itu (Mat 13:10-17). Beberapa perumpamaan terdapat dalam: Mat 7:24-27; 13:3-52; 18:23-35; 20:1-16; 22:1- 14; 25:1-30. Buatlah ringkasan mengenai apa yang diajarkan dalam perumpamaan-perumpamaan di atas dan dalam perumpamaan lain.

6. Mukjizat-mukjizat yang dilakukan Yesus. Matius mencatat banyak mukjizat kesembuhan dan mukjizat-mukjizat lain yang dibuat oleh Yesus untuk menunjukkan bahwa Dia adalah Tuhan atas ciptaan. Dua puluh mukjizat dicatat dalam Injil ini: Mat 8:1-17,23-34; 9:1-8, 18-33; 12:10-13,22; 14:15-33; 15:21-39; 17:14-21; 20:29-34; 21 :18-22. Daftarkanlah semua mukjizat itu dan tulislah dalam satu kalimat tentang apa yang dinyatakan mengenai Yesus dalam tiap-tiap mukjizat.

7. Kerajaan Surga Ungkapan ini menyarikan inti yang penting dalam ajaran Yesus. Pakailah konkordansi untuk mengetahui di mana Yesus mengatakannya dan bayangkan apa yang sebenarnya ingin dikatakan oleh Yesus tentang Kerajaan Surga ini.

Garis Besar Intisari: Matius (Pendahuluan Kitab) [1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25 Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus Mat 1:18-25Kelahiran Yesus Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus Mat 3:1-17Pela

[1] KEDATANGAN MESIAS Mat 1:1-4:25

Mat 1:1-17Silsilah keluarga Yesus
Mat 1:18-25Kelahiran Yesus
Mat 2:1-23Kunjungan orang Majus
Mat 3:1-17Pelayanan Yohanes Pembaptis
Mat 4:1-11Pencobaan terhadap Yesus
Mat 4:12-25Yesus mulai berkhotbah

[2] KHOTBAH DI BUKIT Mat 5:1-7:29

Mat 5:1-12Ucapan bahagia
Mat 5:13-16Garam dan terang
Mat 5:17-48Sikap Yesus terhadap hukum Taurat
Mat 6:1-7:29Yesus mendorong kehidupan agama yang benar

[3] KHOTBAH TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 8:1-9:38

Mat 8:1-17Yesus berkhotbah melalui penyembuhan
Mat 8:18-22Yesus berbicara tentang kemuridan
Mat 8:23-9:8Yesus memperlihatkan kuasa-Nya
Mat 9:9-13Yesus memanggil Matius
Mat 9:14-17Yesus berbicara tentang puasa
Mat 9:18-38Yesus menyembuhkan lagi

[4] MISI DARI DUA BELAS RASUL Mat 10:1-42

Mat 10:1-15Tugas mereka
Mat 10:16-42Masa depan mereka

[5] TANGGAPAN ORANG BANYAK Mat 11:1-12:50

Mat 11:1-19Pertanyaan-pertanyaan Yohanes
Mat 11:20-30Ketidakacuhan orang banyak
Mat 12:1-50Pertentangan dari orang Farisi

[6] PERUMPAMAAN-PERUMPAMAAN TENTANG KERAJAAN SURGA Mat 13:1-58

[7] PENYATAAN TUHAN YESUS Mat 14:1-17:27

Mat 14:1-12Kematian Yohanes Pembaptis
Mat 14:13-36Tuhan atas semesta alam
Mat 15:1-20Sikap Yesus terhadap tradisi
Mat 15:21-16:4Mukjizat dibuat dan dijelaskan
Mat 16:5-12Peringatan terhadap para pemimpin agama
Mat 16:13-28Pengakuan Petrus
Mat 17:1-13Yesus dimuliakan
Mat 17:14-27Kembali ke dunia yang berdosa

[8] GAYA HIDUP GEREJA Mat 18:1-35

[9] JALAN MENUJU SALIB Mat 19:1-20:34

Mat 19:1-12Ajaran yang Yesus berikan
Mat 19:13-30Orang yang Yesus temui
Mat 20:1-16Perumpamaan yang Yesus ceritakan
Mat 20:17-28Penderitaan yang Yesus nubuatkan
Mat 20:29-34Penyembuhan yang Yesus lakukan

[10] SAAT DI YERUSALEM Mat 21:1-23:39

Mat 21:1-11Masuk kota dengan penuh kemenangan
Mat 21:12-27Di Bait Allah
Mat 21:28-22:46Perumpamaan dan pertanyaan
Mat 23:1-39Kecaman Yesus

[11] KEADAAN MASA DEPAN Mat 24:1-25:46

[12] PUNCAK MISI KRISTUS Mat 26:1-28:20

Mat 26:1-35Peristiwa-peristiwa sebelum Getsemani
Mat 26:36-27:31Penangkapan dan penghakiman atas Kristus
Mat 27:32-66Penyaliban
Mat 28:1-20Kebangkitan dan sesudah itu
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 2.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA