kecilkan semua  

Teks -- Markus 13:1-37 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Bait Allah akan diruntuhkan
13:1 Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: "Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu itu dan betapa megahnya gedung-gedung itu!" 13:2 Lalu Yesus berkata kepadanya: "Kaulihat gedung-gedung yang hebat ini? Tidak satu batupun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain, semuanya akan diruntuhkan."
Permulaan penderitaan
13:3 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, berhadapan dengan Bait Allah, Petrus, Yakobus, Yohanes dan Andreas bertanya sendirian kepada-Nya: 13:4 "Katakanlah kepada kami, bilamanakah itu akan terjadi, dan apakah tandanya, kalau semuanya itu akan sampai kepada kesudahannya." 13:5 Maka mulailah Yesus berkata kepada mereka: "Waspadalah supaya jangan ada orang yang menyesatkan kamu! 13:6 Akan datang banyak orang dengan memakai nama-Ku dan berkata: Akulah dia, dan mereka akan menyesatkan banyak orang. 13:7 Dan apabila kamu mendengar deru perang atau kabar-kabar tentang perang, janganlah kamu gelisah. Semuanya itu harus terjadi, tetapi itu belum kesudahannya. 13:8 Sebab bangsa akan bangkit melawan bangsa dan kerajaan melawan kerajaan. Akan terjadi gempa bumi di berbagai tempat, dan akan ada kelaparan. Semua itu barulah permulaan penderitaan menjelang zaman baru. 13:9 Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan kamu akan dihadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja karena Aku, sebagai kesaksian bagi mereka. 13:10 Tetapi Injil harus diberitakan dahulu kepada semua bangsa. 13:11 Dan jika kamu digiring dan diserahkan, janganlah kamu kuatir akan apa yang harus kamu katakan, tetapi katakanlah apa yang dikaruniakan kepadamu pada saat itu juga, sebab bukan kamu yang berkata-kata, melainkan Roh Kudus. 13:12 Seorang saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga seorang ayah terhadap anaknya. Dan anak-anak akan memberontak terhadap orang tuanya dan akan membunuh mereka. 13:13 Kamu akan dibenci semua orang oleh karena nama-Ku. Tetapi orang yang bertahan sampai pada kesudahannya ia akan selamat."
Siksaan yang berat dan Mesias-mesias palsu
13:14 "Apabila kamu melihat Pembinasa keji berdiri di tempat yang tidak sepatutnya -- para pembaca hendaklah memperhatikannya -- maka orang-orang yang di Yudea haruslah melarikan diri ke pegunungan. 13:15 Orang yang sedang di peranginan di atas rumah janganlah ia turun dan masuk untuk mengambil sesuatu dari rumahnya, 13:16 dan orang yang sedang di ladang janganlah ia kembali untuk mengambil pakaiannya. 13:17 Celakalah ibu-ibu yang sedang hamil atau yang menyusukan bayi pada masa itu. 13:18 Berdoalah, supaya semuanya itu jangan terjadi pada musim dingin. 13:19 Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia, yang diciptakan Allah, sampai sekarang dan yang tidak akan terjadi lagi. 13:20 Dan sekiranya Tuhan tidak mempersingkat waktunya, maka dari segala yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan yang telah dipilih-Nya, Tuhan mempersingkat waktunya. 13:21 Pada waktu itu jika orang berkata kepada kamu: Lihat, Mesias ada di sini, atau: Lihat, Mesias ada di sana, jangan kamu percaya. 13:22 Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda dan mujizat-mujizat dengan maksud, sekiranya mungkin, menyesatkan orang-orang pilihan. 13:23 Hati-hatilah kamu! Aku sudah terlebih dahulu mengatakan semuanya ini kepada kamu."
Kedatangan Anak Manusia Perumpamaan tentang pohon ara
13:24 "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, matahari akan menjadi gelap dan bulan tidak bercahaya 13:25 dan bintang-bintang akan berjatuhan dari langit, dan kuasa-kuasa langit akan goncang. 13:26 Pada waktu itu orang akan melihat Anak Manusia datang dalam awan-awan dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya. 13:27 Dan pada waktu itupun Ia akan menyuruh keluar malaikat-malaikat-Nya dan akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya dari keempat penjuru bumi, dari ujung bumi sampai ke ujung langit. 13:28 Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, kamu tahu, bahwa musim panas sudah dekat. 13:29 Demikian juga, jika kamu lihat hal-hal itu terjadi, ketahuilah bahwa waktunya sudah dekat, sudah di ambang pintu. 13:30 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya angkatan ini tidak akan berlalu, sebelum semuanya itu terjadi. 13:31 Langit dan bumi akan berlalu, tetapi perkataan-Ku tidak akan berlalu. 13:32 Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa saja."
Nasihat supaya berjaga-jaga
13:33 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. 13:34 Dan halnya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penunggu pintu supaya berjaga-jaga. 13:35 Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu bilamanakah tuan rumah itu pulang, menjelang malam, atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, 13:36 supaya kalau ia tiba-tiba datang jangan kamu didapatinya sedang tidur. 13:37 Apa yang Kukatakan kepada kamu, Kukatakan kepada semua orang: berjaga-jagalah!"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Andreas the brother of Simon Peter
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakobus a son of Zebedee; brother of John; an apostle,a son of Alpheus; an apostle,a brother of Jesus; writer of the epistle of James,the father (or brother) of the apostle Judas
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Yesus | Yesus Kristus | Lukas, Injil | Markus, Injil | Datang, Kedatangan | Perumpamaan | Jaga, Berjaga-Jaga | Datang, Kedatangan Kristus | Umpama, Perumpamaan | Andreas | Bait Suci Yang Kedua | Hakim Penghakiman | Yakobus | Markus | Pilih, Pilihan | Malam | Kuasa Kristus | Roh Kudus, Pengajar | Tritunggal | Injil | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 13:5 - WASPADALAH. Nas : Mr 13:5 Ajaran Yesus yang disampaikan di bukit Zaitun ini penuh peringatan agar menjelang akhir zaman para pengikut-Nya harus senantiasa berw...

Nas : Mr 13:5

Ajaran Yesus yang disampaikan di bukit Zaitun ini penuh peringatan agar menjelang akhir zaman para pengikut-Nya harus senantiasa berwaspada terhadap bahaya penyesatan agamais. Yesus menasihatkan, "waspadalah" (ayat Mr 13:5), "Tetapi kamu ini, hati-hatilah!" (ayat Mr 13:9), "Hati-hatilah kamu"(ayat Mr 13:23), "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah!" (ayat Mr 13:33), "Karena itu berjaga-jagalah!" (ayat Mr 13:35), dan "Berjaga-jagalah" (ayat Mr 13:37). Peringatan ini menunjukkan bahwa pada akhir zaman akan muncul banyak ajaran yang tidak alkitabiah di kalangan gereja. Orang percaya harus lebih lagi mengenal dan menaati Firman Allah saja

(lihat cat. --> Mat 24:5).

[atau ref. Mat 24:5]

Full Life: Mrk 13:6 - BANYAK ... MENYESATKAN BANYAK. Nas : Mr 13:6 Lihat cat. --> Mat 24:11. [atau ref. Mat 24:11]

Nas : Mr 13:6

Lihat cat. --> Mat 24:11.

[atau ref. Mat 24:11]

Full Life: Mrk 13:10 - INJIL HARUS DIBERITAKAN ... KEPADA SEMUA BANGSA. Nas : Mr 13:10 Lihat cat. --> Mat 24:14. [atau ref. Mat 24:14]

Nas : Mr 13:10

Lihat cat. --> Mat 24:14.

[atau ref. Mat 24:14]

Full Life: Mrk 13:13 - BERTAHAN SAMPAI PADA KESUDAHANNYA. Nas : Mr 13:13 Ketabahan iman dan ketekunan dalam kesetiaan kepada Kristus adalah syarat alkitabiah untuk keselamatan terakhir (bd. Ibr 3:14; 6:11-...

Nas : Mr 13:13

Ketabahan iman dan ketekunan dalam kesetiaan kepada Kristus adalah syarat alkitabiah untuk keselamatan terakhir (bd. Ibr 3:14; 6:11-12; Ibr 10:36). Kemuliaan keselamatan terakhir itu dilukiskan dalam Wahy 2:7,17,26-28; 3:5,12,20-21; 7:9-17; 14:13; 21:1-7.

Full Life: Mrk 13:14 - PEMBINASA KEJI. Nas : Mr 13:14 Pembinasa keji ini menunjuk kepada kekuatan yang merusak atau mencemarkan segala sesuatu yang kudus (lih. Dan 9:25-27). 1) Pern...

Nas : Mr 13:14

Pembinasa keji ini menunjuk kepada kekuatan yang merusak atau mencemarkan segala sesuatu yang kudus (lih. Dan 9:25-27).

  1. 1) Pernyataan Kristus dapat secara nubuat menunjuk baik pada penyerbuan tentara Roma ke Yerusalem ketika Bait Allah dibinasakan (70 M) maupun kepada patung antikristus yang akan ditempatkan di Yerusalem sesaat sebelum Kristus datang untuk menghakimi orang fasik (lih. 2Tes 2:2-3; Wahy 13:14-15; 19:11-21).
  2. 2) Pernyataan ini sering disebut "nubuat yang memberi pertanda," yaitu istilah yang dipakai apabila dua atau lebih peristiwa dipandang sebagai satu peristiwa. Satu contoh ialah nubuat yang menggabungkan kedatangan Kristus yang pertama untuk memberitakan Injil dengan kedatangan yang kedua dengan hukuman dalam Yes 11:1-4; 61:1-2, dan Za 9:9-10

    (lihat cat. --> Mat 24:44).

    [atau ref. Mat 24:44]

    Demikian pula, peristiwa pencurahan Roh Kudus pada hari Pentakosta dan "hari Tuhan yang hebat dan dahsyat" digabung dan disebut sebagai satu peristiwa dalam Yoel 2:28-31. Dalam ayat ini Kristus melukiskan penghancuran Yerusalem sebagai lambang kesengsaraan besar yang akan terjadi pada akhir zaman

    (lihat art. KESENGSARAAN BESAR).

Full Life: Mrk 13:19-22 - SIKSAAN. Nas : Mr 13:19-22 Lihat art. KESENGSARAAN BESAR mengenai penafsiran ayat-ayat ini.

Nas : Mr 13:19-22

Lihat art. KESENGSARAAN BESAR

mengenai penafsiran ayat-ayat ini.

Full Life: Mrk 13:22 - NABI-NABI PALSU. Nas : Mr 13:22 Lihat art. GURU-GURU PALSU.

Nas : Mr 13:22

Lihat art. GURU-GURU PALSU.

Full Life: Mrk 13:24 - MATAHARI MENJADI GELAP. Nas : Mr 13:24 Lihat cat. --> Mat 24:29. [atau ref. Mat 24:29]

Nas : Mr 13:24

Lihat cat. --> Mat 24:29.

[atau ref. Mat 24:29]

Full Life: Mrk 13:26 - MELIHAT ANAK MANUSIA DATANG. Nas : Mr 13:26 Lihat cat. --> Mat 24:30. [atau ref. Mat 24:30]

Nas : Mr 13:26

Lihat cat. --> Mat 24:30.

[atau ref. Mat 24:30]

Full Life: Mrk 13:27 - ORANG-ORANG PILIHAN-NYA. Nas : Mr 13:27 Lihat cat. --> Mat 24:31. [atau ref. Mat 24:31]

Nas : Mr 13:27

Lihat cat. --> Mat 24:31.

[atau ref. Mat 24:31]

Full Life: Mrk 13:28 - POHON ARA. Nas : Mr 13:28 Lihat cat. --> Mat 24:32. [atau ref. Mat 24:32]

Nas : Mr 13:28

Lihat cat. --> Mat 24:32.

[atau ref. Mat 24:32]

Full Life: Mrk 13:29 - LIHAT HAL-HAL ITU. Nas : Mr 13:29 Lihat cat. --> Mat 24:33. [atau ref. Mat 24:33]

Nas : Mr 13:29

Lihat cat. --> Mat 24:33.

[atau ref. Mat 24:33]

Full Life: Mrk 13:30 - ANGKATAN INI. Nas : Mr 13:30 Lihat cat. --> Mat 24:34. [atau ref. Mat 24:34]

Nas : Mr 13:30

Lihat cat. --> Mat 24:34.

[atau ref. Mat 24:34]

Full Life: Mrk 13:32 - TENTANG HARI ATAU SAAT ITU TIDAK SEORANGPUN TAHU. Nas : Mr 13:32 Lihat cat. --> Mat 24:36. [atau ref. Mat 24:36]

Nas : Mr 13:32

Lihat cat. --> Mat 24:36.

[atau ref. Mat 24:36]

Full Life: Mrk 13:33 - HATI-HATILAH. Nas : Mr 13:33 Lihat cat. --> Mat 24:42 [atau ref. Mat 24:42]

Nas : Mr 13:33

Lihat cat. --> Mat 24:42

[atau ref. Mat 24:42]

Full Life: Mrk 13:35 - MENJELANG MALAM, ATAU TENGAH MALAM, ... ATAU PAGI-PAGI BUTA. Nas : Mr 13:35 Kristus menegaskan bahwa kedatangan-Nya untuk orang yang setia dari gereja-Nya dapat terjadi pada empat waktu selama malam atau pagi...

Nas : Mr 13:35

Kristus menegaskan bahwa kedatangan-Nya untuk orang yang setia dari gereja-Nya dapat terjadi pada empat waktu selama malam atau pagi-pagi benar. Kenyataan ini menunjukkan bahwa kedatangan-Nya kembali untuk mereka dapat terjadi setiap saat dan menekankan bahwa saat tahap pertama dari kedatangan-Nya yang kedua kali itu tidak terduga dan tak diketahui (yaitu saat keangkatan gereja;

lihat art. KEANGKATAN GEREJA).

Karena kedatangan-Nya itu sudah dekat dan tidak terduga, semua orang percaya harus waspada dan setia secara rohani

(lihat cat. --> Mat 24:42;

lihat cat. --> Mat 24:44;

[atau ref. Mat 24:42; 24:44]

bd. Luk 12:35-36,38-40,46; 21:34-36).

BIS: Mrk 13:3 - dan duduk dan duduk: Pada zaman itu orang Yahudi duduk kalau mau mengajar.

dan duduk: Pada zaman itu orang Yahudi duduk kalau mau mengajar.

BIS: Mrk 13:29 - waktunya sudah dekat sekali waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

waktunya sudah dekat sekali: atau Dia sudah dekat, sudah hampir datang.

Jerusalem: Mrk 13:1-37 - -- Wejangan Yesus seperti tercantum dalam Markus ini lebih baik memperlihatkan pengarahan semula dari pada wejangan yang termaktub dalam Matius. Pada nub...

Wejangan Yesus seperti tercantum dalam Markus ini lebih baik memperlihatkan pengarahan semula dari pada wejangan yang termaktub dalam Matius. Pada nubuat tentang kemusnahan Bait Allah dan Yerusalem Matius menambah nubuat mengenai kesudahan dunia, Mat 24:1+. Wejangan yang tercantum dalam Mar 13:1-37 hanya mengenai kemusnahan Yerusalem. Banyak ahli berpendapat bahwa wejangan itu sebuah "Apokalips" Yahudi yang diinspirasikan oleh Kitab Daniel, Mar 13:7-8, Mar 13:14-20, Mar 13:24-27 dan yang diperlengkapi dengan beberapa perkataan Yesus, Mar 13:5-6, Mar 13:9-13, Mar 13:21-23, Mar 13:28-37. Baik perkataan Yesus maupun Apokalips Yahudi itu hanya menubuatkan kemelut yang mendahului zaman Mesias dan sudah mendekat dan juga pembebasan umat terpilih. Ini semua terlaksana dengan dimusnahkannya Yerusalem serta kebangkitan dan kedatangan Yesus dalam Gereja.

Jerusalem: Mrk 13:24-27 - -- Peristiwa-peristiwa dahsyat di jagad ini adalah gambar-gambar yang lazim dipakai para nabi (bdk referensi-referensi di sini dan referensi pada Mat 24:...

Peristiwa-peristiwa dahsyat di jagad ini adalah gambar-gambar yang lazim dipakai para nabi (bdk referensi-referensi di sini dan referensi pada Mat 24:29-31) dalam menggambarkan turun tangan Allah yang berkuasa dalam sejarah. Di sini gambar-gambar itu melukiskan kemelut sebelum zaman Mesias yang disusul kejayaan bangsa orang-orang kudus dan kepalanya, ialah Anak Manusia. Tidak perlu peristiwa-peristiwa ajaib itu dihubungkan dengan akhir zaman dan kesudahan dunia, seperti sering dimengerti orang karena terpengaruh konteks Matius, bdk Mat 24:1+.

Jerusalem: Mrk 13:35 - menjelang malam Begitulah malam hari dibagi-bagi menjadi empat bagian, masing-masing tiga jam.

Begitulah malam hari dibagi-bagi menjadi empat bagian, masing-masing tiga jam.

Ende: Mrk 13:6 - Akulah dia Maksudnja: aku ini Mesias itu.

Maksudnja: aku ini Mesias itu.

Ende: Mrk 13:10 - Dahulu jaitu sebelum achir dunia sampai.

jaitu sebelum achir dunia sampai.

Ende: Mrk 13:14 - Perkosaan jang ngeri Kalimat ini dikutip dari nubuat Dan 9:27; 11:1 dan Dan 12:1, dan disitu dimaksudkan sebagai penghinaan terhadap kenisah jang dilakukan orang kafir, de...

Kalimat ini dikutip dari nubuat Dan 9:27; 11:1 dan Dan 12:1, dan disitu dimaksudkan sebagai penghinaan terhadap kenisah jang dilakukan orang kafir, dengan mendirikan patung berhala didalamnja dan memudja dia disitu. Disini digunakan sebagai gambaran kerobohan kenisah oleh tentera Romawi.

Ende: Mrk 13:23 - Berawas-awaslah berdjaga-djagalah" dan "waspadalah". Kata-kata peringatan jang penuh kesungguhan ini membuktikan, bahwa maksud nubuat-nubuat Jesus dalam bab ini, buka...

berdjaga-djagalah" dan "waspadalah". Kata-kata peringatan jang penuh kesungguhan ini membuktikan, bahwa maksud nubuat-nubuat Jesus dalam bab ini, bukan untuk membuka rahasia-rahasia melainkan melulu untuk mengingatkan akan kesulitan-kesulitan, penganiajaan dan penggodaan, jang tak boleh tidak akan dialami didalam Keradjaan Allah dibumi, supaja semua orang tetap siap-sedia untuk menghadapinja dengan bidjaksana, ketabahan dan ketetapan hati.

Ende: Mrk 13:32 - Maupun Putera tidak Dapat ditafsirkan: tidak termasuk Kabar gembira jang ditugaskan kepadaNja untuk memaklumkan. Dan memang tidak baik bagi manusia untuk mengetahuinja, s...

Dapat ditafsirkan: tidak termasuk Kabar gembira jang ditugaskan kepadaNja untuk memaklumkan. Dan memang tidak baik bagi manusia untuk mengetahuinja, supaja orang senantiasa "siap-sedia, dan bukannja baru mempersiapkan diri disaat mendjelang" "hari dan ketika" itu tiba.

Ref. Silang FULL: Mrk 13:2 - akan diruntuhkan · akan diruntuhkan: Luk 19:44

· akan diruntuhkan: Luk 19:44

Ref. Silang FULL: Mrk 13:3 - Bukit Zaitun // Yakobus, Yohanes · Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1 · Yakobus, Yohanes: Mat 4:21; Mat 4:21

· Bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

· Yakobus, Yohanes: Mat 4:21; [Lihat FULL. Mat 4:21]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:5 - menyesatkan kamu · menyesatkan kamu: Mr 13:22; Yer 29:8; Ef 5:6; 2Tes 2:3,10-12; 1Tim 4:1; 2Tim 3:13; 1Yoh 4:6

Ref. Silang FULL: Mrk 13:9 - rumah ibadat · rumah ibadat: Mat 10:17; Mat 10:17

· rumah ibadat: Mat 10:17; [Lihat FULL. Mat 10:17]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:11 - Roh Kudus · Roh Kudus: Mat 10:19,20; Luk 12:11,12

· Roh Kudus: Mat 10:19,20; Luk 12:11,12

Ref. Silang FULL: Mrk 13:12 - akan membunuh · akan membunuh: Mi 7:6; Mat 10:21; Luk 12:51-53

· akan membunuh: Mi 7:6; Mat 10:21; Luk 12:51-53

Ref. Silang FULL: Mrk 13:13 - karena nama-Ku // akan selamat · karena nama-Ku: Yoh 15:21; Yoh 15:21 · akan selamat: Mat 10:22; Mat 10:22

· karena nama-Ku: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]

· akan selamat: Mat 10:22; [Lihat FULL. Mat 10:22]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:14 - Pembinasa keji · Pembinasa keji: Dan 9:27; 11:31; 12:11

· Pembinasa keji: Dan 9:27; 11:31; 12:11

Ref. Silang FULL: Mrk 13:17 - menyusukan bayi · menyusukan bayi: Luk 23:29

· menyusukan bayi: Luk 23:29

Ref. Silang FULL: Mrk 13:19 - awal dunia // terjadi lagi · awal dunia: Mr 10:6 · terjadi lagi: Dan 9:26; 12:1; Yoel 2:2

· awal dunia: Mr 10:6

· terjadi lagi: Dan 9:26; 12:1; Yoel 2:2

Ref. Silang FULL: Mrk 13:21 - kamu percaya · kamu percaya: Luk 17:23; 21:8

· kamu percaya: Luk 17:23; 21:8

Ref. Silang FULL: Mrk 13:22 - nabi-nabi palsu // dan mujizat-mujizat · nabi-nabi palsu: Mat 7:15; Mat 7:15 · dan mujizat-mujizat: Yoh 4:48; Yoh 4:48; 2Tes 2:9,10

· nabi-nabi palsu: Mat 7:15; [Lihat FULL. Mat 7:15]

· dan mujizat-mujizat: Yoh 4:48; [Lihat FULL. Yoh 4:48]; 2Tes 2:9,10

Ref. Silang FULL: Mrk 13:23 - Hati-hatilah · Hati-hatilah: 2Pet 3:17

· Hati-hatilah: 2Pet 3:17

Ref. Silang FULL: Mrk 13:25 - akan goncang · akan goncang: Yes 13:10; 34:4; Mat 24:29; Mat 24:29

· akan goncang: Yes 13:10; 34:4; Mat 24:29; [Lihat FULL. Mat 24:29]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:26 - dalam awan-awan · dalam awan-awan: Wahy 1:7; Wahy 1:7

· dalam awan-awan: Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:27 - ujung langit · ujung langit: Za 2:6

· ujung langit: Za 2:6

Ref. Silang FULL: Mrk 13:30 - Sesungguhnya angkatan // itu terjadi · Sesungguhnya angkatan: Luk 17:25 · itu terjadi: Mr 9:1

· Sesungguhnya angkatan: Luk 17:25

· itu terjadi: Mr 9:1

Ref. Silang FULL: Mrk 13:31 - akan berlalu · akan berlalu: Mat 5:18; Mat 5:18

· akan berlalu: Mat 5:18; [Lihat FULL. Mat 5:18]

Ref. Silang FULL: Mrk 13:32 - hanya Bapa · hanya Bapa: Kis 1:7; 1Tes 5:1,2

· hanya Bapa: Kis 1:7; 1Tes 5:1,2

Ref. Silang FULL: Mrk 13:33 - dan berjaga-jagalah · dan berjaga-jagalah: 1Tes 5:6

· dan berjaga-jagalah: 1Tes 5:6

Ref. Silang FULL: Mrk 13:34 - kepada hamba-hambanya · kepada hamba-hambanya: Mat 25:14

· kepada hamba-hambanya: Mat 25:14

Ref. Silang FULL: Mrk 13:37 - orang: berjaga-jagalah · orang: berjaga-jagalah: Luk 12:35-40

· orang: berjaga-jagalah: Luk 12:35-40

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Mrk 11:1--13:37 - -- VI. Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37) Di dalam bagian ini Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir sang Juruse...

VI. Pelayanan Terakhir Kristus di Yerusalem (11:1-13:37)

Di dalam bagian ini Markus telah mencatat rangkaian tindakan dan ajaran terakhir sang Juruselamat sebelum penderitaan-Nya. Semua peristiwa ini terjadi di dalam dan di sekitar Yerusalem. Di sini terjadi peristiwa "Masuk ke Yerusalem dengan Dielu-elukan" dan pembersihan Bait Suci (11:1-26), serangkaian pertentangan dengan para pemimpin Yahudi (11:27-12:44), dan percakapan apokaliptik yang panjang di Bukit Zaitun (13:1-37).

Wycliffe: Mrk 13:1-37 - -- C. Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37). Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Y...

C. Apokalips Bukit Zaitun (13:1-37).

Khotbah di Bukit Zaitun terjadi pada hari Selasa sesudah percekcokan di halaman Bait Suci dengan para pemimpin Yahudi berakhir. Khotbah ini dibagi-bagi menjadi bagian-bagian seperti berikut: pertanyaan para murid (13:1-4), kondisi-kondisi yang merupakan ciri khas zaman ini (13:5-13), krisis yang akan datang (13:14-23), kedatangan Kristus yang kedua kali (13:24-27), pengajaran untuk berjaga-jaga (13:28-37).

Wycliffe: Mrk 13:1 - kokohnya batu-batu // megahnya gedung-gedung 1. Mengingat penggambaran Bait Suci oleh Yosefus, tidak mengejutkan kalau salah seorang murid mengungkapkan kekagumannya atas kokohnya batu-batu dan m...

1. Mengingat penggambaran Bait Suci oleh Yosefus, tidak mengejutkan kalau salah seorang murid mengungkapkan kekagumannya atas kokohnya batu-batu dan megahnya gedung-gedung itu. Yosefus melukiskan batu-batu itu sebagai berukuran tiga puluh tujuh kali dua betas kali delapan betas kaki. Dia selanjutnya mengatakan bahwa, " ... bagian depan seluruhnya terbuat dari batu yang digosok sedemikian rupa sehingga keserasiannya, bagi yang belum menyaksikan, tidak masuk akal, dan bagi mereka yang sudah menyaksikan, sangat menakjubkan" (Antiquities, XV.xi.3-5).

Wycliffe: Mrk 13:2 - tidak satu batu pun // di atas batu yang lain 2. Yesus memakai bentuk negatif ganda yang kuat dari bahasa Yunani (ou mē) sebanyak dua kali di dalam ayat ini untuk menyatakan bahwa tidak satu ...

2. Yesus memakai bentuk negatif ganda yang kuat dari bahasa Yunani (ou mē) sebanyak dua kali di dalam ayat ini untuk menyatakan bahwa tidak satu batu pun akan dibiarkan terletak di atas batu yang lain. Adalah sangat pasti bahwa Bait Suci itu akan dimusnahkan sama sekali, suatu kenyataan yang dibenarkan oleh sejarah ketika pada tahun 70 M di bawah pemerintahan Titus, Bait Suci itu, bersama dengan Kota Yerusalem, dihancurkan.

Wycliffe: Mrk 13:4 - Itu 4. Itu. Jelas mengacu kepada nubuat di dalam 13:2. Tetapi, ada alasan untuk beranggapan bahwa para murid juga memaksudkan rangkaian peristiwa pada akh...

4. Itu. Jelas mengacu kepada nubuat di dalam 13:2. Tetapi, ada alasan untuk beranggapan bahwa para murid juga memaksudkan rangkaian peristiwa pada akhir zaman. Pertanyaan mereka yang kedua memperjelas pertanyaan yang pertama karena menanyakan tanda yang akan menunjukkan bahwa penggenapan akan segera (mellê) terjadi. Dari Matius kita mengetahui bahwa para murid juga menanyakan tanda kedatangan Kristus dan tanda akhir zaman (24:3).

Wycliffe: Mrk 13:5 - diwaspadai 5. Yesus mulai menjawab dengan melukiskan keadaan yang merupakan ciri khas zaman ini (ay. 5-13). Yang pertama adalah adanya para penyesat, yang harus ...

5. Yesus mulai menjawab dengan melukiskan keadaan yang merupakan ciri khas zaman ini (ay. 5-13). Yang pertama adalah adanya para penyesat, yang harus senantiasa diwaspadai oleh para murid (bentuk waktu sekarang imperatif Yunani).

Wycliffe: Mrk 13:6 - Memakai nama-Ku 6. Memakai nama-Ku. Kata-kata ini mengacu kepada kedatangan mesias-mesias palsu. yang akan mengklaim kedudukan dan kekuasaan yang hanya dimiliki oleh ...

6. Memakai nama-Ku. Kata-kata ini mengacu kepada kedatangan mesias-mesias palsu. yang akan mengklaim kedudukan dan kekuasaan yang hanya dimiliki oleh Kristus. Nubuat ini telah digenapi berkali-kali. Mungkin tokoh paling menyolok yang mengucapkan klaim semacam itu ialah Bar Kokhba (132 M).

Wycliffe: Mrk 13:8 - gempa bumi // kelaparan // permulaan penderitaan // penderitaan 8. Perang merupakan ciri khas dari semua zaman, seperti halnya gempa bumi dan kelaparan. Semua keadaan ini dilukiskan sebagai permulaan penderitaan. D...

8. Perang merupakan ciri khas dari semua zaman, seperti halnya gempa bumi dan kelaparan. Semua keadaan ini dilukiskan sebagai permulaan penderitaan. Dengan demikian, semua ini diperhadapkan dengan kesudahan segala sesuatu (ay. 7). Kata penderitaan sesungguhnya berarti kesakitan waktu melahirkan, sebuah istilah yang dipakai orang Yahudi untuk melukiskan berbagai penderitaan dan bencana yang akan mengantarkan kedatangan Mesias.

Wycliffe: Mrk 13:9 - hati-hati, // Majelis // ke muka penguasa // penguasa dan raja-raja // kesaksian bagi mereka 9. Para murid diperintahkan untuk hati-hati, maksudnya, selalu siaga (bentuk waktu sekarang imperatif Yunani). Majelis. Secara harfiah sanhedrin. Berb...

9. Para murid diperintahkan untuk hati-hati, maksudnya, selalu siaga (bentuk waktu sekarang imperatif Yunani). Majelis. Secara harfiah sanhedrin. Berbagai penangkapan dan pemukulan yang dinubuatkan mulai tergenapi di dalam Kitab Kisah Para Rasul (bdg. 4:5 dst.; 5:27 dst), sebagaimAna juga tindakan-tindakan menghadapkan ke muka penguasa-penguasa dan raja-raja (bdg. 12:1 dst,; 24:1 dst.; 25:1 dst.). Pemunculan di depan penguasa ini adalah untuk memberikan kesaksian bagi mereka (autois), bukan kesaksian menentang mereka. Perhatikan kesaksian Paulus kepada Feliks (Kis. 24:24, 25) dan Agripa (Kis. 26).

Wycliffe: Mrk 13:10 - Injil // dahulu // dengan // sesudah itu barulah tiba kesudahannya, 10. Ciri lain dari zaman ini ialah pemberitaan Injil ke seluruh dunia. Akhir zaman (ay. 7) tidak akan datang bila tugas penginjilan tidak diselesaikan...

10. Ciri lain dari zaman ini ialah pemberitaan Injil ke seluruh dunia. Akhir zaman (ay. 7) tidak akan datang bila tugas penginjilan tidak diselesaikan dahulu. Matius 24:14 mengakhiri pernyataan ini dengan mengatakan, sesudah itu barulah tiba kesudahannya, yang mengacu pada akhir zaman.

Wycliffe: Mrk 13:13 - Kesudahannya // Selamat 13. Di tengah-tengah semua gangguan. kemerosotan moral, dan penganiayaan, daya tahan menjadi tanda kesungguhan rohani. Kesudahannya. Karena keadaan-ke...

13. Di tengah-tengah semua gangguan. kemerosotan moral, dan penganiayaan, daya tahan menjadi tanda kesungguhan rohani. Kesudahannya. Karena keadaan-keadaan yang dilukiskan dalam 13:5-13 berlangsung berabad-abad, maka "kesudahan" yang dimaksudkan disini bukanlah akhir zaman, tetapi akhir hidup di dunia atau akhir kesusahan tersebut. Selamat. Di dalam konteks ini tidak mungkin yang dimaksudkan adalah keselamatan jasmaniah. Yang dijanjikan di sini ialah orang yang bertahan akan diselamatkan secara rohani. Tetapi, daya tahan ini bukan dasar bagi seseorang untuk diselamatkan. Selaras dengan ajaran Perjanjian Baru, daya tahan ini harus dilihat sebagai hasil dari kelahiran baru (bdg: Rm. 8:29-39; 1 Yoh. 2:19). Orang yang telah dilahirkan baru, dan karena itu juga tetap bertahan, pasti akan mengalami keselamatan sempurna.

Wycliffe: Mrk 13:14 - Pembinasa keji // Berdiri di tempat yang tidak sepatutnya // melarikan diri ke pegunungan 14. Setelah menunjukkan beberapa ciri yang menonjol dari zaman ini, Kristus membahas krisis yang akan datang (ay. 14-23). Pembinasa keji merupakan ung...

14. Setelah menunjukkan beberapa ciri yang menonjol dari zaman ini, Kristus membahas krisis yang akan datang (ay. 14-23). Pembinasa keji merupakan ungkapan yang diambil dari Daniel 12:11 (LXX). Ungkapan ini juga terdapat dalam Daniel 9:27; 11:31 dengan sedikit perubahan. Di antara orang Yahudi istilah kekejian dipakai untuk melukiskan penyembahan berhala dan penghujatan (bdg. Yeh. 8:9, 10, 15, 16). Dengan demikian, tampaknya Daniel dan Kristus sedang berbicara tentang pencemaran Bait Suci secara menjijikkan. Penggenapan pertama dari pemakaian istilah itu sebagai nubuat diambil oleh Daniel, menurut beberapa penulis, adalah pada saat didirikan mezbah untuk Zeus di atas mezbah kurban bakaran yang dilakukan atas perintah Antiokhus Epifanes pada tahun 168 sM (I Mak. 1:54, 59). Kata-kata itu dipakai untuk mengacu langsung kepada pemusnahan Bait Suci oleh tentara Roma (tahun 70 M). Harus diingat bahwa para murid pernah bertanya tentang penghancuran Bait Suci (Mrk. 13:2, 4). Selanjutnya, ajaran-ajaran yang diberikan dalam 13:14b-18 tampaknya paling cocok untuk peristiwa itu. Sekalipun demikian, hubungan yang erat dari semua keadaan ini dengan kedatangan Kristus yang kedua kali (ay. 24-27) mengharuskan adanya penerapan tambahan kepada zaman akhir. Keadaan pada zaman Antiokhus Epifanes dan pada saat tentara Romawi menghancurkan Bait Suci merupakan gambaran pendahuluan dari masa Antrikristus yang akan datang tidak lama sebelum Kristus datang kembali (bdg. II Tes. 2:3, 4; Why. 13:14, 15). Berdiri di tempat yang tidak sepatutnya. Di tempat yang kudus (Mat. 24:15). Terjadinya pencemaran yang menjijikkan akan merupakan tanda bagi orang-orang yang tinggal di Yudea agar cepat-cepat melarikan diri ke pegunungan untuk menghindari pengepungan yang akan datang. Hal yang khusus diacu oleh perintah ini, dan juga oleh perintah-perintah dalam ayat 15-18, adalah penghancuran Yerusalem yang akan terjadi sebentar lagi (70 M).

Wycliffe: Mrk 13:15-16 - untuk mengambil pakaiannya 15, 16. Kebutuhan untuk bergegas akan demikian mendesak sehingga tidak ada waktu untuk mengambil pakaiannya ketika melarikan diri.

15, 16. Kebutuhan untuk bergegas akan demikian mendesak sehingga tidak ada waktu untuk mengambil pakaiannya ketika melarikan diri.

Wycliffe: Mrk 13:17-18 - musim dingin 17, 18. Waktu itu akan merupakan saat yang sangat sulit bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan yang sedang mempunyai bayi. Apabila terjadi pada musim ding...

17, 18. Waktu itu akan merupakan saat yang sangat sulit bagi ibu-ibu yang sedang hamil dan yang sedang mempunyai bayi. Apabila terjadi pada musim dingin keadaan tersebut akan makin mempersulit situasi yang sudah sulit.

Wycliffe: Mrk 13:19 - masa itu // yang tidak akan terjadi lagi, 19. Gambaran yang singkat tentang siksaan pada masa itu memang berkaitan dengan berbagai peristiwa mengerikan pada tahun 70 M sebagaimana ditunjukkan ...

19. Gambaran yang singkat tentang siksaan pada masa itu memang berkaitan dengan berbagai peristiwa mengerikan pada tahun 70 M sebagaimana ditunjukkan dalam karya Josefus, Wars of the Jews (pendahuluan, 4:V, VI). Sekalipun demikian, terdapat alasan untuk beranggapan bahwa Kristus melihat lebih jauh melampaui zaman Romawi kepada masa siksaan terakhir yang akan mendahului kedatangan-Nya yang kedua. Kenyataan ini ditunjukkan oleh kata-kata yang tidak akan terjadi lagi, yang merupakan terjemahan dari kata penyangkalan Yunani yang sangat kuat (ou mē).

Wycliffe: Mrk 13:20 - mempersingkat waktu 20. Tidak mungkin membatasi ayat ini hanya pada situasi tahun 70 M saja. Tidak ada penjelasan berlandaskan pada pembatasan semacam itu yang bisa memua...

20. Tidak mungkin membatasi ayat ini hanya pada situasi tahun 70 M saja. Tidak ada penjelasan berlandaskan pada pembatasan semacam itu yang bisa memuaskan. Di dalam ayat ini terdapat unsur-unsur yang jauh melebihi zaman tersebut dan lebih tepat apabila dikaitkan dengan akhir zaman. Sebutan 'orang-orang pilihan' tampaknya menunjuk pada orang-orang yang selamat melewati Masa Siksaan Besar sesaat sebelum Kristus datang kembali. Bagi mereka inilah Allah telah mempersingkat waktu dari masa siksaan yang mengerikan itu.

Wycliffe: Mrk 13:22 - menyesatkan orang-orang pilihan // sekiranya mungkin, // orang-orang pilihan 22. Para penyesat itu akan demikian berani sehingga mereka akan berusaha untuk menyesatkan orang-orang pilihan. Sekalipun demikian, anak kalimat, seki...

22. Para penyesat itu akan demikian berani sehingga mereka akan berusaha untuk menyesatkan orang-orang pilihan. Sekalipun demikian, anak kalimat, sekiranya mungkin, menunjukkan bahwa mereka tidak mungkin berhasil. Mengenai apa yang dimaksudkan dengan orang-orang pilihan lihat Lukas 18:7: Roma 8:33; Kolose 3:12; I Petrus 1:2.

Wycliffe: Mrk 13:24-25 - sesudah siksaan itu, 24, 25. Nubuat sekarang berpindah kepada kedatangan kedua (ay. 24-27). Kristus secara khusus menempatkan peristiwa besar ini sesudah siksaan itu, yang...

24, 25. Nubuat sekarang berpindah kepada kedatangan kedua (ay. 24-27). Kristus secara khusus menempatkan peristiwa besar ini sesudah siksaan itu, yang jelas mengacu kepada waktu yang dilukiskan dalam 13:14-23. Hal ini memerlukan salah satu dari dua penjelasan. Entah itu berarti Kristus akan datang tidak lama sesudah tahun 70 M atau, semua penganiayaan dalam ayat 14-23 memiliki acuan ganda, yaitu mengacu pada penghancuran Yerusalem oleh Titus dan pada Masa Penganiayaan Besar pada akhir zaman. Karena penjelasan yang pertama tidak mungkin, maka penjelasan yang kedua dianggap sebagai kunci untuk memahami seluruh pasal ini. Bahasa yang dipakai untuk melukiskan semua gangguan di langit sebagian besar diambil dari Perjanjian lama (Yes. 13:10; 34:4; Yl. 2:10, 30, 31). Meskipun sebaiknya kita menghindari penafsiran yang terlalu harfiah di sini, tidak ada alasan untuk tidak memahami ungkapan-ungkapan ini sebagai mengacu kepada berbagai perubahan di angkasa yang akan langsung mendahului kedatangan Kristus. Sama sekali tidak aneh bahwa peristiwa sepenting itu akan diperkenalkan dengan cara ini.

Wycliffe: Mrk 13:26 - dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, // Akan melihat 26. Yang dimaksudkan di sini adalah kedatangan kembali Kristus pribadi ke bumi dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, yang dilukiskan di dalam aya...

26. Yang dimaksudkan di sini adalah kedatangan kembali Kristus pribadi ke bumi dengan segala kekuasaan dan kemuliaan-Nya, yang dilukiskan di dalam ayat-ayat seperti Kisah Para Rasul 1:11; II Tesalonika 1:7-10; 2:8: Wahyu 1:7; 19:11-16. "Bertentangan dengan latar belakang langit yang mungkin gelap, Anak Manusia diperlihatkan di dalam kemuliaan Syekina Allah ... " (G. R. Beasley-Murray, A Commentary on Mark Thirteen, hlm. 89). Kalimat yang dipergunakan di sini diambil dari Daniel 7:13. Akan melihat. Kedatangan-Nya akan bisa dilihat oleh semua orang.

Wycliffe: Mrk 13:27 - mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya // orang-orang pilihan // mengumpulkan, // (keempat penjuru bumi), // (ujung bumi sampai ke ujung langit) 27. Pada titik ini kebangkitan orang benar yang sudah mati dan transformasi orang kudus yang masih hidup akan terjadi (bdg. I Kor. 15:51-53; I Tes. 4:...

27. Pada titik ini kebangkitan orang benar yang sudah mati dan transformasi orang kudus yang masih hidup akan terjadi (bdg. I Kor. 15:51-53; I Tes. 4:13-18). Kemudian Dia akan mengumpulkan orang-orang pilihan-Nya, orang-orang tertebus dari segala zaman, yang lalu dan yang sekarang. Mengenai orang-orang pilihan lihat tafsiran atas 13:22. Kata episynaxei, mengumpulkan, adalah bentuk kata kerja dari kata benda episynagoge "terhimpunnya," di dalam II Tesalonika 2:1. Mereka akan berkumpul di sekitar Tuhan yang turun itu dari seluruh penjuru bumi (keempat penjuru bumi), bahkan dari tempat-tempat yang paling jauh sekalipun (ujung bumi sampai ke ujung langit).

Wycliffe: Mrk 13:28-29 - Hal-hal itu 28, 29. Setelah selesai melukiskan rangkaian peristiwa masa depan, Tuhan beralih ke pembahasan tentang perlunya berjaga-jaga (ay. 28-37). Tidak ada pe...

28, 29. Setelah selesai melukiskan rangkaian peristiwa masa depan, Tuhan beralih ke pembahasan tentang perlunya berjaga-jaga (ay. 28-37). Tidak ada petunjuk bahwa yang dilambangkan dengan pohon ara di sini adalah Israel. Justru, perumpamaan ini merupakan peragaan sederhana tentang kebenaran bahwa rangkaian peristiwa itu akan terjadi membayangi mereka. Apabila semua ini mulai terjadi, kita akan mengetahui bahwa kesudahan sudah dekat. Hal-hal itu yang dimaksudkan oleh Kristus adalah peristiwa-peristiwa yang dilukiskan dalam ayat 14-25.

Wycliffe: Mrk 13:30 - angkatan ini, 30. Penjelasan yang paling masuk akal dari ungkapan, angkatan ini, ialah bahwa ungkapan tersebut mengacu kepada orang-orang yang hidup ketika Kristus ...

30. Penjelasan yang paling masuk akal dari ungkapan, angkatan ini, ialah bahwa ungkapan tersebut mengacu kepada orang-orang yang hidup ketika Kristus berbicara. Dalam masa hidup mereka semua hal ini akan terjadi pada saat penghancuran Yerusalem dalam tahun 70 M. Peristiwa ini dipergunakan oleh Kristus sebagai lukisan pendahuluan yang memberikan gambaran pendahuluan tentang akhir zaman dengan segala ciri hakikinya (bdg. Mrk. 9:1).

Wycliffe: Mrk 13:32 - Hari // saat // Anak 32. Hari dan saat dari kedatangan kembali Kristus tidak dapat diketahui oleh manusia. Sesungguhnya, waktu itu hanya diketahui oleh Allah Bapa. Pernyat...

32. Hari dan saat dari kedatangan kembali Kristus tidak dapat diketahui oleh manusia. Sesungguhnya, waktu itu hanya diketahui oleh Allah Bapa. Pernyataan bahwa Anak juga tidak mengetahui saat itu harus dipahami dengan mengingat pembatasan diri yang dilakukan oleh-Nya selama masa Dia direndahkan (bdg. Flp. 2:5-8). Dia telah mengambil kedudukan tunduk sepenuhnya kepada Bapa, dengan mempergunakan sifat-sifat ilahi-Nya hanya apabila diminta oleh Bapa (bdg. Yoh. 8:26, 28, 29).

Wycliffe: Mrk 13:33 - Hati-hatilah // berjaga jagalah, 33. Hati-hatilah. Bentuk waktu sekarang imperatif ini mengharuskan kewaspadaan yang terus-menerus. Hal yang sama berlaku bagi kata kerja berjaga jagal...

33. Hati-hatilah. Bentuk waktu sekarang imperatif ini mengharuskan kewaspadaan yang terus-menerus. Hal yang sama berlaku bagi kata kerja berjaga jagalah, yang artinya ialah menjaga agar tetap terjaga. (Arndt, hlm. 13, 14). Keadaan berjaga-jaga semacam itu diperlukan sebab kita tidak mengetahui kapan rangkaian peristiwa akhir zaman ini akan melanda kita.

Wycliffe: Mrk 13:35 - berjaga // jaga // Menjelang malam ... tengah malam ... larut malam ... pagi-pagi buta 35. Seorang murid harus terus berjaga-jaga (bentuk waktu sekarang Yunani). Kata kerja ini, sebagaimana yang terdapat dalam ayat 33, berarti terjaga at...

35. Seorang murid harus terus berjaga-jaga (bentuk waktu sekarang Yunani). Kata kerja ini, sebagaimana yang terdapat dalam ayat 33, berarti terjaga atau terjaga terus. Orang harus waspada terus sebagai lawan dari tertidur atau mengantuk (Arndt, hlm. 166; bdg. ay. 36). Menjelang malam ... tengah malam ... larut malam ... pagi-pagi buta. Ini adalah empat giliran jaga malam menurut jadwal Romawi.

Wycliffe: Mrk 13:36 - sedang tidur 36. Keadaan berjaga-jaga ini diperlukan kalau-kalau Tuhan datang ketika kita tidak menduganya. Inilah yang dimaksudkan oleh Yesus dengan kedapatan sed...

36. Keadaan berjaga-jaga ini diperlukan kalau-kalau Tuhan datang ketika kita tidak menduganya. Inilah yang dimaksudkan oleh Yesus dengan kedapatan sedang tidur. Bagi orang yang sedang tidak berjaga-jaga, kedatangan Kristus akan terasa mendadak. Orang yang berjaga-jaga akan melihat tanda-tanda kedatangan kembali Kristus (ay. 28, 29) dan tidak akan terperanjat.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 13:1-4 - Kehancuran Bait Allah Dinubuatkan Dalam pasal ini diceritakan tentang inti dari khotbah yang mengandung nubuat yang disampaikan oleh Tuhan Yesus, yang mengacu kepada kehancuran Yer...

Matthew Henry: Mrk 13:5-13 - Masa Kesengsaraan Besar Dinubuatkan Masa Kesengsaraan Besar Dinubuatkan (13:5-13) Tuhan Yesus, dalam menjawab pertanyaan mereka, memutuskan untuk tidak memuaskan rasa ingin tahu merek...

Matthew Henry: Mrk 13:14-23 - Kehancuran Bait Allah Dinubuatkan Kehancuran Bait Allah Dinubuatkan (13:14-23) Ketika orang-orang Yahudi memberontak melawan pemerintahan Romawi dan menganiaya orang Kristen, mereka...

Matthew Henry: Mrk 13:24-27 - Penganiayaan terhadap Orang Yahudi Dinubuatkan Penganiayaan terhadap Orang Yahudi Dinubuatkan (13:24-27) Ayat-ayat ini tampak menunjuk kepada kedatangan Kristus yang kedua kali untuk menghakimi ...

Matthew Henry: Mrk 13:28-37 - Hal Berjaga-jaga Ditekankan Berulang-ulang Hal Berjaga-jaga Ditekankan Berulang-ulang (13:28-37) Ayat-ayat ini memberitahukan kepada kita mengenai apa yang harus kita lakukan sehubungan deng...

SH: Mrk 13:1-13 - Permulaan dari akhir. (Selasa, 8 April 2003) Permulaan dari akhir. Sudah menjadi kebiasaan di tiap kapal PELNI untuk memberi pengumuman tiap satu jam sebelum kapal merapat. Pada saat it...

SH: Mrk 13:14-23 - O Yerusalem, riwayatmu dulu. (Rabu, 9 April 2003) O Yerusalem, riwayatmu dulu. Plesetan lirik lagu karya Gesang ini juga cocok dengan sejarah Yerusalem. Apalagi bila diteruskan dengan: "seda...

SH: Mrk 13:24-37 - Dia datang! (Kamis, 10 April 2003) Dia datang! Kedua kata ini bisa diucapkan dengan berbagai ekspresi dan intonasi. Baik dalam intonasi gemetar penuh ketakutan ataupun in...

Utley: Mrk 13:1-2 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:1-21 Ketika Yesus keluar dari Bait Allah, seorang murid-Nya berkata kepada-Nya: "Guru, lihatlah betapa kokohnya batu-batu...

Utley: Mrk 13:3-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:3-83 Ketika Yesus duduk di atas Bukit Zaitun, berhadapan dengan Bait Allah, Petrus, Yakobus, Yohanes dan Andreas bertanya...

Utley: Mrk 13:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:9-139 "Tetapi kamu ini, hati-hatilah! Kamu akan diserahkan kepada majelis agama dan kamu akan dipukul di rumah ibadat dan...

Utley: Mrk 13:14-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:14-2314 "Apabila kamu melihat PEMBINASA KEJI berdiri di tempat yang tidak sepatutnya—para pembaca hendaklah memperhatik...

Utley: Mrk 13:24-27 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:24-2724 "Tetapi pada masa itu, sesudah siksaan itu, MATAHARI AKAN MENJADI GELAP DAN BULAN TIDAK BERCAHAYA 25 DAN BINTANG-...

Utley: Mrk 13:28-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:28-3228 "Tariklah pelajaran dari perumpamaan tentang pohon ara. Apabila ranting-rantingnya melembut dan mulai bertunas, k...

Utley: Mrk 13:33-37 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 13:33-3733 "Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamanakah waktunya tiba. 34 Dan halnya sama seperti se...

Topik Teologia: Mrk 13:3 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Tanda-tnda Kedatangan Yesus Kedua Kali Pengkhianatan Mar 13:3-4,12 Luk 21:16

Topik Teologia: Mrk 13:5 - -- Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Kesalahpahaman terhadap Hukum Allah, Sengaja atau Tidak Sengaja...

Topik Teologia: Mrk 13:6 - -- Dosa Natur Dosa Dosa adalah Pelanggaran Aktif Terhadap Hukum Allah Kesalahpahaman terhadap Hukum Allah, Sengaja atau Tidak Sengaja...

Topik Teologia: Mrk 13:7 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Tanda-tnda Kedatangan Yesus Kedua Kali Perang dan Kabar tentang Perang Mat 24:6 Mar 13:7 ...

Topik Teologia: Mrk 13:8 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali

Topik Teologia: Mrk 13:9 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Tanda-tnda Kedatangan Yesus Kedua Kali Penganiayaan Orang Percaya Mat 24:8-9 Mar 13:9-11,...

Topik Teologia: Mrk 13:10 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali

Topik Teologia: Mrk 13:11 - -- Roh Kudus Pernyataan Yesus tentang Roh Mat 10:20 Mat 12:28,31-32 Mat 28:19 Mar 12:36 Mar 13:11 Luk 11:13 Luk 12:10 Luk 12:11-12 Yoh...

Topik Teologia: Mrk 13:17 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Tanda-tnda Kedatangan Yesus Kedua Kali Siksaan Tiada Banding Mat 24:21 Mar 13:17-19 Luk 2...

Topik Teologia: Mrk 13:19 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Pencipta Allah Tritunggal Bapa dan Ciptaan Kej 1:1 Kel 20:11 1Sa 2:...

Topik Teologia: Mrk 13:20 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Yun.: Kurios) Mat 9:38 Mat ...

Topik Teologia: Mrk 13:21 - -- Dosa Konsekuensi Dosa Dosa Menyebabkan Pencobaan kepada Orang Lain untuk Berdosa Kej 3:1-6 1Ra 16:2 1Ra 21:25 Ams 1:10-14 Ams 1...

Topik Teologia: Mrk 13:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Keselamatan Orang-orang Percaya dan Komun...

Topik Teologia: Mrk 13:23 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali

Topik Teologia: Mrk 13:24 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Peristiwa dan Oknum yang Menyertai Kedatangan Yesus Kedua Kali Fenomena Kosmik Mat 24:29 ...

Topik Teologia: Mrk 13:26 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali Aspek Teologis dari Kedatangan Yesus Kedua Kali Kelihatan Mar 13:26 Kis 1:11 Wah 1:7

Topik Teologia: Mrk 13:27 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Keselamatan Orang-orang Percaya dan Komun...

Topik Teologia: Mrk 13:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama-nama, Gelar-gelar Deskriptif dan Kiasan-kiasan untuk Allah Bapa Ula 1:30-31 ...

Topik Teologia: Mrk 13:33 - -- Eskatologi Kedatangan Kristus Kedua Kali

Topik Teologia: Mrk 13:37 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

Wycliffe: Markus (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN MARKUS Penulis. Sekalipun penulis Injil ini tidak disebutkan, tersedia bukti yang cukup untuk secara positif menentukan siapa penulis itu...

Wycliffe: Markus (Garis Besar) GARIS BESAR MARKUS I. Judul 1:1 II. Persiapan Pelayanan Kristus 1:2-13 A. Pendahulu-Nya 1:2-8 B. Baptisan-Nya 1:9-11 ...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #05: Coba klik dua kali sembarang kata untuk melakukan pencarian instan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.82 detik
dipersembahkan oleh YLSA