kecilkan semua  

Teks -- Markus 11:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yesus dielu-elukan di Yerusalem
11:1 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Yesus menyuruh dua orang murid-Nya 11:2 dengan pesan: "Pergilah ke kampung yang di depanmu itu. Pada waktu kamu masuk di situ, kamu akan segera menemukan seekor keledai muda tertambat, yang belum pernah ditunggangi orang. Lepaskan keledai itu dan bawalah ke mari. 11:3 Dan jika ada orang mengatakan kepadamu: Mengapa kamu lakukan itu, jawablah: Tuhan memerlukannya. Ia akan segera mengembalikannya ke sini." 11:4 Merekapun pergi, dan menemukan seekor keledai muda tertambat di depan pintu di luar, di pinggir jalan, lalu melepaskannya. 11:5 Dan beberapa orang yang ada di situ berkata kepada mereka: "Apa maksudnya kamu melepaskan keledai itu?" 11:6 Lalu mereka menjawab seperti yang sudah dikatakan Yesus. Maka orang-orang itu membiarkan mereka. 11:7 Lalu mereka membawa keledai itu kepada Yesus, dan mengalasinya dengan pakaian mereka, kemudian Yesus naik ke atasnya. 11:8 Banyak orang yang menghamparkan pakaiannya di jalan, ada pula yang menyebarkan ranting-ranting hijau yang mereka ambil dari ladang. 11:9 Orang-orang yang berjalan di depan dan mereka yang mengikuti dari belakang berseru: "Hosana! Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan, 11:10 diberkatilah Kerajaan yang datang, Kerajaan bapak kita Daud, hosana di tempat yang maha tinggi!" 11:11 Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam Ia keluar ke Betania bersama dengan kedua belas murid-Nya.
Yesus mengutuk pohon ara
11:12 Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. 11:13 Dan dari jauh Ia melihat pohon ara yang sudah berdaun. Ia mendekatinya untuk melihat kalau-kalau Ia mendapat apa-apa pada pohon itu. Tetapi waktu Ia tiba di situ, Ia tidak mendapat apa-apa selain daun-daun saja, sebab memang bukan musim buah ara. 11:14 Maka kata-Nya kepada pohon itu: "Jangan lagi seorangpun makan buahmu selama-lamanya!" Dan murid-murid-Nyapun mendengarnya.
Yesus menyucikan Bait Allah
11:15 Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir orang-orang yang berjual beli di halaman Bait Allah. Meja-meja penukar uang dan bangku-bangku pedagang merpati dibalikkan-Nya, 11:16 dan Ia tidak memperbolehkan orang membawa barang-barang melintasi halaman Bait Allah. 11:17 Lalu Ia mengajar mereka, kata-Nya: "Bukankah ada tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa bagi segala bangsa? Tetapi kamu ini telah menjadikannya sarang penyamun!" 11:18 Imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat mendengar tentang peristiwa itu, dan mereka berusaha untuk membinasakan Dia, sebab mereka takut kepada-Nya, melihat seluruh orang banyak takjub akan pengajaran-Nya. 11:19 Menjelang malam mereka keluar lagi dari kota.
Pohon ara yang sudah kering Nasihat Yesus tentang doa
11:20 Pagi-pagi ketika Yesus dan murid-murid-Nya lewat, mereka melihat pohon ara tadi sudah kering sampai ke akar-akarnya. 11:21 Maka teringatlah Petrus akan apa yang telah terjadi, lalu ia berkata kepada Yesus: "Rabi, lihatlah, pohon ara yang Kaukutuk itu sudah kering." 11:22 Yesus menjawab mereka: "Percayalah kepada Allah! 11:23 Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa berkata kepada gunung ini: Beranjaklah dan tercampaklah ke dalam laut! asal tidak bimbang hatinya, tetapi percaya, bahwa apa yang dikatakannya itu akan terjadi, maka hal itu akan terjadi baginya. 11:24 Karena itu Aku berkata kepadamu: apa saja yang kamu minta dan doakan, percayalah bahwa kamu telah menerimanya, maka hal itu akan diberikan kepadamu. 11:25 Dan jika kamu berdiri untuk berdoa, ampunilah dahulu sekiranya ada barang sesuatu dalam hatimu terhadap seseorang, supaya juga Bapamu yang di sorga mengampuni kesalahan-kesalahanmu." 11:26 (Tetapi jika kamu tidak mengampuni, maka Bapamu yang di sorga juga tidak akan mengampuni kesalahan-kesalahanmu.)
Pertanyaan mengenai kuasa Yesus
11:27 Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kepada-Nya imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat dan tua-tua, 11:28 dan bertanya kepada-Nya: "Dengan kuasa manakah Engkau melakukan hal-hal itu? Dan siapakah yang memberikan kuasa itu kepada-Mu, sehingga Engkau melakukan hal-hal itu?" 11:29 Jawab Yesus kepada mereka: "Aku akan mengajukan satu pertanyaan kepadamu. Berikanlah Aku jawabnya, maka Aku akan mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu. 11:30 Baptisan Yohanes itu, dari sorga atau dari manusia? Berikanlah Aku jawabnya!" 11:31 Mereka memperbincangkannya di antara mereka, dan berkata: "Jikalau kita katakan: Dari sorga, Ia akan berkata: Kalau begitu, mengapakah kamu tidak percaya kepadanya? 11:32 Tetapi, masakan kita katakan: Dari manusia!" Sebab mereka takut kepada orang banyak, karena semua orang menganggap bahwa Yohanes betul-betul seorang nabi. 11:33 Lalu mereka menjawab Yesus: "Kami tidak tahu." Maka kata Yesus kepada mereka: "Jika demikian, Aku juga tidak mengatakan kepadamu dengan kuasa manakah Aku melakukan hal-hal itu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Betania a small town on the east slope of the Mount of Olives,a town located east of the Jordan river
 · Betfage a town located on the Mount of Olives near Bethany.
 · Bukit Zaitun a mountain: Mt. of Olives
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Petrus a man who was a leader among the twelve apostles and wrote the two epistles of Peter
 · Rabuni a title given to teachers and others of an exalted position
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter


Topik/Tema Kamus: Yesus Kristus | Markus, Injil | Yesus | Yohanes, Injil | Keledai | Yohanes | Iman | Formgeschichte /Sejarah Bentuk Sasta | Betfage | Perbuatan Ajaib Yesus | Rumah Tuhan | Ampun | Dendam | Tingkah Laku Kristen | Doa | Benci, Kebencian Terhadap Kristus | Pohon Ara | Nabi | Hallel | Hosana | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Mrk 11:1 - MINGGU PENDERITAAN. Nas : Mr 11:1 Mulai dengan pasal ini, dimulailah peristiwa yang terjadi pada Minggu Penderitaan (pasal Mr 11:1-15:47) yang diikuti dengan kisah keb...

Nas : Mr 11:1

Mulai dengan pasal ini, dimulailah peristiwa yang terjadi pada Minggu Penderitaan (pasal Mr 11:1-15:47) yang diikuti dengan kisah kebangkitan-Nya (pasal Mr 16:1-20).

Full Life: Mrk 11:9 - DIBERKATILAH DIA YANG DATANG. Nas : Mr 11:9 Orang banyak itu percaya bahwa Mesias akan datang untuk memulihkan Israel sebagai bangsa dan memerintah bangsa yang lain secara polit...

Nas : Mr 11:9

Orang banyak itu percaya bahwa Mesias akan datang untuk memulihkan Israel sebagai bangsa dan memerintah bangsa yang lain secara politis. Mereka gagal memahami maksud kedatangan-Nya ke dunia ini sebagaimana dinyatakan oleh Yesus sendiri. Kemudian pada waktu mereka sadar bahwa Dia bukan Mesias yang mereka harapkan, mereka berteriak, "Salibkanlah Dia!" (Mr 15:13).

Full Life: Mrk 11:15 - YESUS MASUK KE BAIT ALLAH. Nas : Mr 11:15 Tindakan Yesus mengusir orang yang berjual-beli di halaman Bait Allah menunjukkan semangat-Nya terhadap kesucian dan doa yang sejati...

Nas : Mr 11:15

Tindakan Yesus mengusir orang yang berjual-beli di halaman Bait Allah menunjukkan semangat-Nya terhadap kesucian dan doa yang sejati dari mereka yang menyatakan sedang menyembah Allah

(lihat cat. --> Yes 56:7;

lihat cat. --> Luk 19:45).

[atau ref. Yes 56:7; Luk 19:45]

Full Life: Mrk 11:17 - RUMAH DOA. Nas : Mr 11:17 Yesus menjelaskan bahwa rumah Allah dimaksudkan menjadi rumah doa, tempat di mana umat Allah dapat berjumpa dengan Dia dalam pengabd...

Nas : Mr 11:17

Yesus menjelaskan bahwa rumah Allah dimaksudkan menjadi rumah doa, tempat di mana umat Allah dapat berjumpa dengan Dia dalam pengabdian, doa dan penyembahan rohani

(lihat cat. --> Luk 19:45).

[atau ref. Luk 19:45]

Rumah Allah tidak boleh dinajiskan dengan menjadikannya tempat untuk meningkatkan status sosial, keuntungan keuangan atau hiburan. Kapan saja rumah Allah dipakai oleh orang yang berpikiran duniawi, maka rumah Allah kembali menjadi "sarang penyamun".

Full Life: Mrk 11:24 - PERCAYALAH ... KAMU TELAH MENERIMANYA. Nas : Mr 11:24 Percaya yang menerima bukanlah iman yang dapat dihasilkan oleh manusia; tetapi, itulah iman yang percaya yang diberikan kepada hati ...

Nas : Mr 11:24

Percaya yang menerima bukanlah iman yang dapat dihasilkan oleh manusia; tetapi, itulah iman yang percaya yang diberikan kepada hati orang percaya oleh Allah sendiri

(lihat cat. --> Mr 9:23).

[atau ref. Mr 9:23]

Kadang-kadang jawaban atas suatu permohonan yang diinginkan oleh iman itu datang segera; saat lain tidak demikian. Namun Allah memberikan iman untuk mengetahui bahwa doa yang dipanjatkan telah didengar dan permohonan itu akan dikabulkan. Ketidakpastiannya menyangkut waktu penggenapannya, bukan pengabulannya

(lihat cat. --> Mat 17:20; dan

lihat cat. --> Mat 21:21).

[atau ref. Mat 17:20; 21:21]

Full Life: Mrk 11:25 - JIKA KAMU BERDIRI UNTUK BERDOA, AMPUNILAH. Nas : Mr 11:25 Janganlah orang Kristen menipu dirinya bahwa mereka memiliki iman yang cukup untuk memperoleh jawaban atas doa apabila mereka dengan...

Nas : Mr 11:25

Janganlah orang Kristen menipu dirinya bahwa mereka memiliki iman yang cukup untuk memperoleh jawaban atas doa apabila mereka dengan diam-diam menaruh permusuhan atau kedengkian terhadap seseorang

(lihat cat. --> Mat 18:35).

[atau ref. Mat 18:35]

BIS: Mrk 11:3 - Tuhan Tuhan: atau Pemiliknya.

Tuhan: atau Pemiliknya.

Jerusalem: Mrk 11:1-33 - -- Urutan bagian-bagian ini dalam injil-injil sinoptik berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan perkembangan tradisi. Masuknya Yesus ke Yerusalem dan penyu...

Urutan bagian-bagian ini dalam injil-injil sinoptik berbeda-beda. Perbedaan itu disebabkan perkembangan tradisi. Masuknya Yesus ke Yerusalem dan penyucian Bait Allah (Mar 11:15-19) menurut Matius dan Lukas terjadi pada satu hari, sedangkan menurut Markus ada dua hari. Markus memisahkan kedua peristiwa dengan menyisipkan peristiwa pohon ara yang dikutuk Yesus (Mar 11:12-14). Peristiwa pohon ara yang mengering (Mar 11:20-25)(dan menurut Matius juga pengutukannya) oleh Markus disisipkan antara penyucian Bait Allah dan pertikaian mengenai kuasa Yesus (Mar 11:27-33), meskipun aslinya pertikaian itu menyusul penyucian Bait Allah, bdk Yoh 2:14-22.

Jerusalem: Mrk 11:17 - RumahKu akan.... Hanya Markus dari ketiga penginjil Sinoptik kiranya dengan sengaja mengutip bagian terakhir nas Yesaya ini. Kata-kata ini menubuatkan bahwa ibadat di ...

Hanya Markus dari ketiga penginjil Sinoptik kiranya dengan sengaja mengutip bagian terakhir nas Yesaya ini. Kata-kata ini menubuatkan bahwa ibadat di zaman Mesias akan tersebar di seluruh dunia.

Jerusalem: Mrk 11:26 - -- Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah dan kiranya tidak asli, bdk Mat 6:15.

Ayat ini tidak terdapat dalam kebanyakan naskah dan kiranya tidak asli, bdk Mat 6:15.

Jerusalem: Mrk 11:29 - Tuhan itu esa Tauhid dalam Perjanjian Baru sama keras dengan tauhid dalam agama Yahudi. Di sini Yesus mendasarkannya pada "Syema" (pengakuan iman Yahudi), Ula 6:4-5...

Tauhid dalam Perjanjian Baru sama keras dengan tauhid dalam agama Yahudi. Di sini Yesus mendasarkannya pada "Syema" (pengakuan iman Yahudi), Ula 6:4-5. Paulus mengajak orang bukan Yahudi supaya "berbalik kepada Allah yang hidup", Kis 14:15+; 1Te 1:9+; bdk 1Ko 8:4-6; 1Ti 2:5. Menurut pandangan Paulus seluruh karya Yesus berasal dari Allah dan kembali kepadaNya, sebab menurut rencana Allah karya Yesus harus memuliakan Allah sendiri, Rom 8:28-30; Rom 16:27; 1Ko 1:30; 1Ko 15:28,57; Efe 1:3-12; Efe 3:11; Fili 2:11; Fili 4:19-20; 1Ti 2:3-5; 1Ti 6:15-16; bdk Ibr 1:1-13; Ibr 13:20-21; dll. Injil Yohanes mengungkapkan hal itu dengan cara lain: Yesus datang dari Bapa, Mar 3:17+, Mar 3:31; Mar 6:46 dll., dan pergi kepada Bapa, Mar 7:33; Mar 13:3; Mar 14:6+.

Ende: Mrk 11:10 - Hosana Ini seruan sambutan meriah, jang agak mirip dengan seruan kita seperti "selamatlah", selamat-bahagia, hiduplah dan lain-lain sebagainja.

Ini seruan sambutan meriah, jang agak mirip dengan seruan kita seperti "selamatlah", selamat-bahagia, hiduplah dan lain-lain sebagainja.

Ende: Mrk 11:15-17 - -- Jesus bertindak sebagai seorang jang lebih berkewibawaan dari para imam, djadi menjatakan DiriNja sebagai Mesias dan Putera Allah.

Jesus bertindak sebagai seorang jang lebih berkewibawaan dari para imam, djadi menjatakan DiriNja sebagai Mesias dan Putera Allah.

Ende: Mrk 11:17 - -- Kutipan ini diambil dari Yes 56:7.

Kutipan ini diambil dari Yes 56:7.

Ref. Silang FULL: Mrk 11:1 - dan Betania // Bukit Zaitun · dan Betania: Mat 21:17; Mat 21:17 · Bukit Zaitun: Mat 21:1; Mat 21:1

· dan Betania: Mat 21:17; [Lihat FULL. Mat 21:17]

· Bukit Zaitun: Mat 21:1; [Lihat FULL. Mat 21:1]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:2 - pernah ditunggangi · pernah ditunggangi: Bil 19:2; Ul 21:3; 1Sam 6:7

· pernah ditunggangi: Bil 19:2; Ul 21:3; 1Sam 6:7

Ref. Silang FULL: Mrk 11:4 - depan pintu · depan pintu: Mr 14:16

· depan pintu: Mr 14:16

Ref. Silang FULL: Mrk 11:9 - nama Tuhan · nama Tuhan: Mazm 118:25,26; Mat 23:39

· nama Tuhan: Mazm 118:25,26; Mat 23:39

Ref. Silang FULL: Mrk 11:10 - maha tinggi · maha tinggi: Luk 2:14

· maha tinggi: Luk 2:14

Ref. Silang FULL: Mrk 11:11 - belas murid-Nya · belas murid-Nya: Mat 21:12,17

· belas murid-Nya: Mat 21:12,17

Ref. Silang FULL: Mrk 11:13 - buah ara · buah ara: Luk 13:6-9

· buah ara: Luk 13:6-9

Ref. Silang FULL: Mrk 11:17 - segala bangsa // sarang penyamun · segala bangsa: Yes 56:7 · sarang penyamun: Yer 7:11

· segala bangsa: Yes 56:7

· sarang penyamun: Yer 7:11

Ref. Silang FULL: Mrk 11:18 - takut kepada-Nya // akan pengajaran-Nya · takut kepada-Nya: Mat 21:46; Mr 12:12; Luk 20:19 · akan pengajaran-Nya: Mat 7:28; Mat 7:28

· takut kepada-Nya: Mat 21:46; Mr 12:12; Luk 20:19

· akan pengajaran-Nya: Mat 7:28; [Lihat FULL. Mat 7:28]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:19 - dari kota · dari kota: Luk 21:37

· dari kota: Luk 21:37

Ref. Silang FULL: Mrk 11:21 - Rabi · Rabi: Mat 23:7; Mat 23:7

· Rabi: Mat 23:7; [Lihat FULL. Mat 23:7]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:23 - terjadi baginya · terjadi baginya: Mat 21:21; Mat 21:21

· terjadi baginya: Mat 21:21; [Lihat FULL. Mat 21:21]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:24 - diberikan kepadamu · diberikan kepadamu: Mat 7:7; Mat 7:7

· diberikan kepadamu: Mat 7:7; [Lihat FULL. Mat 7:7]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:25 - mengampuni kesalahan-kesalahanmu · mengampuni kesalahan-kesalahanmu: Mat 6:14; Mat 6:14

· mengampuni kesalahan-kesalahanmu: Mat 6:14; [Lihat FULL. Mat 6:14]

Ref. Silang FULL: Mrk 11:32 - seorang nabi · seorang nabi: Mat 11:9; Mat 11:9

· seorang nabi: Mat 11:9; [Lihat FULL. Mat 11:9]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Mrk 11:1-11 - Kristus Memasuki Yerusalem Sekarang kita memasuki minggu penderitaan, minggu di mana Kristus mati, dan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi di dalam minggu tersebut. I...

Matthew Henry: Mrk 11:12-26 - Kristus Mengutuk Pohon Ara yang Tidak Berbuah Kristus Mengutuk Pohon Ara yang Tidak Berbuah (11:12-26) Dalam perikop ini diceritakan tentang: I. Kristus mengutuk pohon ara yang tidak berbua...

Matthew Henry: Mrk 11:27-33 - Orang Farisi yang Memunculkan Banyak Masalah Orang Farisi yang Memunculkan Banyak Masalah (11:27-33) Di dalam perikop ini diceritakan tentang Kristus yang diuji oleh orang-orang Sanhedrin meng...

SH: Mrk 11:1-11 - Tetap merendah sekalipun tabir telah terbuka (Minggu, 30 Maret 2003) Tetap merendah sekalipun tabir telah terbuka Dalam pandangan orang banyak iring-iringan Yesus memasuki kota Yerusalem tidak ada bedanya dengan i...

SH: Mrk 11:1-11 - Salah memahami (Selasa, 17 Maret 2009) Salah memahami Bagai prajurit menang perang, Yesus dielu-elukan di Yerusalem. Pakaian yang dihamparkan dan ranting-ranting yang ditebarkan di ...

SH: Mrk 11:1-11 - Jangan salah konsep! (Sabtu, 3 Maret 2012) Jangan salah konsep! Markus menuturkan kedatangan Yesus ke Yerusalem menjelang hari "H" penderitaan-Nya. Dua murid diminta untuk mengambil keledai m...

SH: Mrk 11:1-11 - Salah Tafsir (Rabu, 24 Februari 2016) Salah Tafsir Biasanya acara penyambutan seorang kepala negara dilakukan seremonial yang sangat istimewa. Belum lagi ditambah pasukan pengamanan presi...

SH: Mrk 11:1-11 - Bergelimang Kesederhanaan (Rabu, 28 Februari 2018) Bergelimang Kesederhanaan Hari ini kita masuk pada perenungan Minggu Palmarum. Masa di mana Yesus dielu-elukan oleh banyak penduduk Yerusalem, namun ...

SH: Mrk 11:1-11 - Memohon Pertolongan Allah (Rabu, 28 Februari 2024) Memohon Pertolongan Allah Kesan istimewa dan megah mengiringi langkah Yesus masuk ke Yerusalem. Banyak orang menghamparkan pakaian dan ranting hijau ...

SH: Mrk 11:12-19 - Kuantitas tanpa kualitas? (Senin, 31 Maret 2003) Kuantitas tanpa kualitas? Sama seperti manusia kebanyakan, Yesus pun dapat merasakan lapar. Keberadaan pohon ara yang lebat daunnya membangkitka...

SH: Mrk 11:12-19 - Iman yang sehat (Rabu, 18 Maret 2009) Iman yang sehat Apa yang diharapkan dari sebuah pohon buah? Tentu buahnya. Kita tidak akan mengharapkan semaraknya bunga-bunga dari sebuah pohon...

SH: Mrk 11:12-14 - Jangan berdaun saja! (Senin, 5 Maret 2012) Jangan berdaun saja! Ketika dunia fotografi masih menggunakan film negatif sebagai sarana untuk merekam foto, suatu produsen film negatif mengiklanka...

SH: Mrk 11:12-14 - Keselamatan Allah dan Buahnya (Kamis, 25 Februari 2016) Keselamatan Allah dan Buahnya Peristiwa Yesus mengutuki pohon ara sangat tidak lazim. Yesus yang kesehariannya terlihat welas asih, bijaksana, santun...

SH: Mrk 11:12-14 - Pohon Ara yang Malang (Kamis, 1 Maret 2018) Pohon Ara yang Malang Setelah Yesus melakukan pelayanan-Nya di Betania, Ia dan para murid-Nya meninggalkan tempat itu untuk meneruskan pelayanan-Nya....

SH: Mrk 11:12-14 - Berbuahlah! Jangan Hanya Berdaun! (Kamis, 29 Februari 2024) Berbuahlah! Jangan Hanya Berdaun! Mengapa pohon ara dikutuk Yesus? Apa salahnya? Setelah keluar dari Betania, dalam perjalanan kembali ke Yerusalem,...

SH: Mrk 11:15-19 - Ada buah atau cuma daun? (Selasa, 6 Maret 2012) Ada buah atau cuma daun? Saat melihat pohon ara berdaun, Yesus berharap menemui buahnya. Begitu pula ketika memasuki Bait Allah, Yesus tentu menghara...

SH: Mrk 11:15-19 - Pencemaran Bait Allah (Jumat, 26 Februari 2016) Pencemaran Bait Allah Bagi bangsa Yahudi, Bait Allah bukan hanya sebagai tempat beribadah, tetapi juga merupakan simbol kesatuan politik, sosial, dan...

SH: Mrk 11:15-19 - Berani Karena Benar (Jumat, 2 Maret 2018) Berani Karena Benar Bersikap secara benar seturut aturan yang berlaku tidak mudah dilakukan. Sebab kebenaran bagi setiap orang sifatnya relatif. Bena...

SH: Mrk 11:15-19 - Rohaniwan Perampok (Jumat, 1 Maret 2024) Rohaniwan Perampok Institusi agama kerap dijadikan ladang subur untuk mendapat keuntungan pribadi. Sudah banyak kisah mereka yang kecewa karena diman...

SH: Mrk 11:20-26 - Memindahkan gunung (Selasa, 1 April 2003) Memindahkan gunung Bagi orang Kristen, ini mungkin sudah biasa. Iman yang sanggup memindahkan gunung adalah slogan dari banyak orang Kristen. ...

SH: Mrk 11:20-26 - Syarat: iman + ampuni (Kamis, 19 Maret 2009) Syarat: iman + ampuni Pernah mengalami kuasa iman dalam hidup Anda? Yesus menggambarkan kuasa iman yang begitu hebat, yaitu sanggup memindahkan ...

SH: Mrk 11:20-26 - Ampuni dulu (Rabu, 7 Maret 2012) Ampuni dulu "Percayalah kepada Allah!" itulah perkataan Yesus ketika Petrus seolah takjub melihat pohon ara yang jadi mati akibat kutukan Yesus. Poho...

SH: Mrk 11:20-26 - Iman dan Kuasa Doa (Sabtu, 27 Februari 2016) Iman dan Kuasa Doa Fakta bahwa Yesus mengutuk pohon ara sangat berkesan bagi para murid-Nya, khususnya Petrus. Kelihatannya Petrus takjub sekaligus "...

SH: Mrk 11:20-26 - Baca Gali Alkitab 8 (Sabtu, 27 Februari 2016) Baca Gali Alkitab 8 Apa saja yang Anda baca? 1. Apa yang dilihat oleh para murid Yesus sewaktu mereka melintasi pohon ara (20)? 2. Apa reaksi Petru...

SH: Mrk 11:20-26 - Percaya dengan Doamu (Sabtu, 3 Maret 2018) Percaya dengan Doamu Martin Luther, salah seorang tokoh reformasi, mengatakan bahwa salah satu pekerjaan orang Kristen adalah berdoa. Pada umumnya or...

SH: Mrk 11:20-26 - Iman yang Egois (Sabtu, 2 Maret 2024) Iman yang Egois Ajaran "perkataan iman" pernah menjadi populer. Menurut ajaran ini, "ketika Anda membutuhkan sesuatu, berdoalah kepada Tuhan, dan sek...

SH: Mrk 11:27-33 - Abstain terhadap kebenaran (Rabu, 2 April 2003) Abstain terhadap kebenaran Kita di Indonesia terbiasa mengerti, membaca, mendengar kata "politik" dan "kuasa" dalam makna silat kata, dan sering...

SH: Mrk 11:27-33 - Tak mau mengakui kebenaran (Jumat, 20 Maret 2009) Tak mau mengakui kebenaran Penyucian Bait Allah yang Yesus lakukan (Mrk. 11:15-19) ternyata memancing reaksi imam-imam kepala, ahli-ahli Taurat ...

SH: Mrk 11:27-33 - Keteguhan otoritas-Nya (Kamis, 8 Maret 2012) Keteguhan otoritas-Nya Tindakan Yesus membereskan Bait Allah dan menghentikan segala aktivitas komersial yang ada di dalamnya, tentu mengejutkan para...

SH: Mrk 11:27-33 - Hikmat Allah vs Kelicikan Manusia (Senin, 29 Februari 2016) Hikmat Allah vs Kelicikan Manusia Berkali-kali para petinggi keagamaan Yahudi ingin menjebak dan menjatuhkan kewibaan Yesus. Namun semuanya itu dapat...

SH: Mrk 11:27-33 - Jangan Menjadi Batu Sandungan (Minggu, 4 Maret 2018) Jangan Menjadi Batu Sandungan Sekali lagi Tuhan Yesus datang ke Bait Allah di Yerusalem (27). Lalu datanglah para imam kepala, ahli Taurat, dan tua-t...

SH: Mrk 11:27-33 - Bermain Aman (Minggu, 3 Maret 2024) Bermain Aman Ketika kekuasaan seseorang terancam, biasanya ia akan melakukan apa saja untuk mengamankannya, termasuk mencari celah untuk menjatuhkan ...

Utley: Mrk 11:1-10 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:1-101 Ketika Yesus dan murid-murid-Nya telah dekat Yerusalem, dekat Betfage dan Betania yang terletak di Bukit Zaitun, Ye...

Utley: Mrk 11:11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:1111 Sesampainya di Yerusalem Ia masuk ke Bait Allah. Di sana Ia meninjau semuanya, tetapi sebab hari sudah hampir malam ...

Utley: Mrk 11:12-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:12-1412 Keesokan harinya sesudah Yesus dan kedua belas murid-Nya meninggalkan Betania, Yesus merasa lapar. 13 Dan dari ja...

Utley: Mrk 11:15-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:15-1815 Lalu tibalah Yesus dan murid-murid-Nya di Yerusalem. Sesudah Yesus masuk ke Bait Allah, mulailah Ia mengusir oran...

Utley: Mrk 11:19 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:1919 Menjelang malam mereka keluar lagi dari kota. Mr 11:19 Ayat ini mungkin harus dikelompokkan bersama dengan para...

Utley: Mrk 11:20-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:20-2620 Pagi-pagi ketika Yesus dan murid-murid-Nya lewat, mereka melihat pohon ara tadi sudah kering sampai ke akar-akarn...

Utley: Mrk 11:27-33 - --NASKAH NASB (UPDATED): Mr 11:27-3327 Lalu Yesus dan murid-murid-Nya tiba pula di Yerusalem. Ketika Yesus berjalan di halaman Bait Allah, datanglah kep...

Topik Teologia: Mrk 11:23 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Mrk 11:25 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Markus (Pendahuluan Kitab) Penulis : Markus Tema : Yesus, Sang Putra-Hamba Tanggal Penulisan: 55-65 M Latar Belakang Di antara keempat Injil, Injil Marku...

Full Life: Markus (Garis Besar) Garis Besar I. Persiapan untuk Pelayanan Yesus (Mr 1:1-13) A. Pelayanan Yohanes Pembaptis (Mr 1:2-8)...

Matthew Henry: Markus (Pendahuluan Kitab) Kita telah mendengar bukti yang diberikan oleh saksi pertama mengenai ajaran dan mujizat Yesus Tuhan kita. Sekarang di sini hadir saksi lain lagi yang...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Markus (Pendahuluan Kitab) Injil Karangan Markus Rangka Mrk adalah paling tidak sistematik. Pembukaan injil merangkum pewartaan oleh Yohanes Pembaptis, baptisan Yesus dan pencob...

Ende: Markus (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN MARKUS KATA PENGANTAR Tentang Pengarang Jang dari semula terkenal sebagai pengarang "Indjil kedua", ialah Markus, jang d...

BIS: Markus (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, A

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH MARKUS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Markus dimulai dengan pernyataan: "Inilah Kabar Baik tentang Yesus Kristus, Anak Allah". Dalam Kabar Baik itu Yesus ditampilkan sebagai seorang yang banyak bertindak dan yang berwibawa. Kewibawaan-Nya nyata dalam cara Ia mengajar, dalam kuasa-Nya terhadap roh-roh jahat, dan dalam mengampuni dosa. Yesus menampilkan diri-Nya sebagai Anak Manusia yang memberikan nyawa-Nya supaya manusia dibebaskan dari dosa.

Cerita tentang Yesus dalam buku ini disampaikan secara hidup dan terus terang. Perbuatan-perbuatan-Nya lebih banyak ditekankan daripada perkataan dan ajaran-Nya. Setelah kata-kata pendahuluan yang singkat mengenai Yohanes Pembaptis dan mengenai baptisan Yesus serta cobaan terhadap diri-Nya, buku Markus ini langsung menceritakan pelayanan Yesus, khususnya tentang penyembuhan-penyembuhan yang dilakukan-Nya dan tentang pengajaran-Nya. Pasal-pasal terakhir memuat cerita tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi pada minggu terakhir dalam hidup Tuhan Yesus di dunia ini, terutama tentang penyaliban diri-Nya dan kebangkitan-Nya dari kematian.

Kedua bagian akhir dari buku Markus, yang dimasukkan dalam tanda kurung besar, umumnya dianggap bukan tulisan penulis buku Markus, melainkan seorang yang lain.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Mr 1:1-13
  2.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat di Galilea
    Mr 1:14-9:50
  3.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Mr 10:1-52
  4.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Mr 11:1-15:47
  5.  Kebangkitan Yesus
    Mr 16:1-8
  6.  Penampakan dan terangkatnya Yesus ke surga
    Mr 16:9-20

Ajaran: Markus (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanji

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi kitab Injil Markus orang-orang Kristen mengerti, bahwa Yesus Kristus adalah Mesias, Juruselamat, Raja yang dijanjikan, yang diutus Allah sebagai penggenapan nubuatan para nabi dalam kitab Perjanjian Lama.

Pendahuluan

Penulis : Rasul Markus.

Tahun : Sekitar tahun 50 Masehi.

Penerima : Orang-orang Kristen dari bangsa bukan Yahudi. (Dan juga setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Injil Markus terdiri dari 16 pasal. Injil Markus menunjukkan bagaimana Yesus Kristus, sebagai hamba yang setia, sibuk dengan pelayanan-Nya. Dalam Injil ini Tuhan Yesus dilukiskan sebagai hamba yang setia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Markus

  1. Pasal 1-10 (Mr 1:1-10:52).

    Hamba yang setia ini melaksanakan tugas pelayanannya

    1. Bacalah pasal Mr 1:35. Nats ini menceritakan bagaimana Hamba itu memulai pelayanan/tugas-Ny dengan berdoa. Hal ini juga mengajarkan agar setiap orang percay selalu memulai tugas dan pekerjaannya dengan memohon pimpinan Tuha atau berdoa. _Tanyakan_: Apakah saudara sering berdoa/sudahkah anda berdoa?
    2. Bacalah pasal Mr 10:45. Nats ini menyatakan bahwa Hamba itu datang bukanlah untuk dilayani tetapi untuk melayani dengan menyerahkan nyawa-Nya menjadi tebusa dosa manusia. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untu memberikan pelayanan kepada Allah, yaitu dengan memberitakan Injil da melayani di dalam gereja.
  2. Pasal 11-15 (Mr 11:1-15:47).

    Hamba yang setia memberikan dirinya mengalami penderitaan dan kematian dalam melaksanakan tugasnya

    Nats ini menjelaskan bagaimana Hamba itu melayani dengan penuh kesetiaan, walaupun harus mengalami penderitaan bahkan sampai kematian.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Mr 14:32-41. (Khususnya ayat 36). Ayat ini menceritakan bagaimana Hamba yang setia itu berdoa dan memohonkan keinginan-Nya, tetapi akhirnya Ia mengatakan agar kehendak yang mengutus-Nya saja yang jadi. Ini mengajarkan kepada setiap orang yang percaya, agar dalam doanya selalu meminta kehendak Allah saja yang jadi. _Tanyakan_: Bagaimanakah doa saudara kepada Allah?
    2. Tuhan Yesus setia melayani kehendak Bapa, bahkan sampai mati di kayu salib dan bangkit dari kematian. Teladan apakah yang harus ada pada kita sebagai murid-murid-Nya?
  3. Pasal 16 (Mr 16:1-20). Hamba yang setia dipermuliakan Nats ini menceritakan tentang Hamba yang setia itu memperoleh kemuliaan melalui kebangkitan-Nya dari kematian.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Mr 16:1-19. Nats ini menjelaskan tentang Hamba yang setia itu membuktikan kebangkitan-Nya. Ini mengajarkan kepada orang percaya bahwa Yesus Kristus benar-benar bangkit dari kematian-Nya.

    _Tanyakan_: Kepada siapakah Tuhan Yesus menampakkan diri setelah kebangkitan-Nya?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Markus dibuktikan bahwa Yesus Kristus adalah Hamba Allah yang memberikan diri-Nya sebagai korban atas dosa-dosa manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Markus?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Markus?
  3. Untuk apakah Yesus Kristus datang ke dunia ini?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dar mempelajari Injil Markus?

Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) Buku pegangan guru Kristen SIAPAKAH YOHANES MARKUS?1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis

Buku pegangan guru Kristen

SIAPAKAH YOHANES MARKUS?
1. Dia adalah kemenakan Barnabas (Kol 4:10).
2. Dia tinggal di Yerusalem bersama ibunya, Maria (Kis 12:12). Jemaat berkumpul di rumahnya.
3. Dia pergi bersama Paulus dan kemenakannya pada perjalanan misi yang pertama (Kis 13:5).
4. Markus meninggalkan teman-temannya setelah beberapa waktu berada di Siprus (tanah kelahiran Barnabas, Kis 4:36), mungkin karena ia tidak setuju atas tindakan Paulus yang mengambil alih pimpinan.
5. Dia kembali ke Yerusalem (Kis 13:13).
6. Di Yerusalem ia memperoleh banyak kesempatan untuk berbicara dengan Petrus.
7. Kemungkinan besar Petruslah yang membuat Markus percaya kepada Yesus; Petrus menyebutnya 'Markus anakku', dalam 1Petrus 5:13.
8. Secara umum diakui bahwa Markus menulis kabar baik tentang Yesus sesuai dengan apa yang didengarnya dari Petrus.
9. Ada yang berpendapat bahwa Markus adalah anak muda yang disebut-sebut dalam Markus 14:51, 52, tetapi hal ini tidak dapat dibuktikan.

WAKTU PENULISAN.
Injil Markus mungkin merupakan Injil yang paling awal ditulis, yaitu antara tahun 65 dan 70 M, sebelum Bait Allah di Yerusalem dihancurkan. Tampaknya baik Matius maupun Lukas telah memakai Injil Markus untuk penulisan Injil mereka.

MISTERI INJIL MARKUS.
Markus memperlihatkan pada kita Yesus yang mempunyai rahasia. Dalam Injil Markus kita mendapatkan Yesus tanpa publisitas...
1. Roh jahat diperintahkan-Nya untuk diam (Mar 1:25, 34; 3:12).
2. Mereka yang sudah disembuhkan oleh Yesus dilarang menceritakan pengalaman mereka (Mar 1:44; 5:43; 7:36).
3. Pengikut Yesus sendiri diperintahkan untuk tidak menceritakan ke pada orang lain bahwa Ia adalah Mesias (Mar 8:30).
4. Dan Yesus memberitahukan para pengikut-Nya secara pribadi tentang 'rahasia Kerajaan Allah' (Mar 4:10-12).

Lalu, bagaimana kita menafsirkan maksud rahasia ini? Masalah yang dihadapi Yesus ialah bahwa orang Yahudi mempunyai pemahaman yang salah mengenai Mesias. Karena Yesus menentang pemahaman mereka yang salah, maka kita:

1. Tidak menerima pemahaman tersebut, karena pendapat umum tentang Mesias bersifat politis dan manusiawi, bukannya spiritual dan Ilahi.
2. Tidak menolak, karena Yesus benar-benar adalah Mesias; banyak mukjizat dilakukan-Nya (paling tidak ada 17 mukjizat yang dicatat oleh Markus) merupakan bukti kebenaran ini.
3. Tetapi, merumuskan kembali pemahaman tersebut, karena Yesus harus menunjukkan kepada mereka bahwa Ia adalah Mesias yang melayani, menyelamatkan dan menderita, yang sepenuhnya manusia tetapi juga sepenuhnya Allah.

CIRI-CIRI KHUSUS.
Ini adalah Injil terpendek, padat dan ringkas. Markus mengetengahkan hal-hal penting yang dapat dipakai sebagai bahan acuan langsung. Kata 'segera' ditulis lebih dari empat puluh kali dan rupanya untuk memacu kita dari satu kisah menarik ke kisah menarik berikutnya.

Pesan

1. Yesus: Anak Allah. Markus mulai dengan kata-kata: 'Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Anak Allah.' Mar 1:1

2. Yesus: Anak Manusia. o Markus juga menunjukkan kepada kita kemanusiaan Yesus: o Ia berdukacita. Mar 3:5 o Ia berbelas kasihan terhadap orang banyak. Mar 6:34 o Ia takut dan gentar. Mar 14:33 o Markus memakai sebutan 'Anak Manusia' empat belas kali; sebutan yang paling disukainya untuk Yesus.

3. Kata-kata yang benar-benar diucapkan Yesus. Markus mencatat bagi kita apa yang diingat

Petrus tentang beberapa kata dari bahasa Aram yang dikatakan Yesus:

o 'Talita kum!', Hai anak, bangunlah!' Mar 5:41 o 'Efata!', 'Terbukalah!' Mar 7:34 o 'Eloi, Eloi, lama sabakhtani?', 'Allahku, Allahku, mengapa Engkau meninggalkan Aku?' Mar 15:34

4. Kebaikan Yesus. Markus mencatat apa yang diingat oleh Petrus mengenai kebaikan Yesus yang istimewa kepadanya dan kesadaran Petrus bahwa ia tidak layak menerima semua itu. Petrus membuat Markus tidak menulis ucapan Yesus tentang Petrus sebagai batu karang, karena Petrus ingat saat ia tidak bersikap dianggap sebagai batu karang. (Lihat Mat 16:18, 19).

Penerapan

Markus menunjukkan kepada kita:
1. Pentingnya ajaran yang benar.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari roh-roh jahat, bahkan mereka harus takluk
kepada kuasa-Nya.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari mereka yang telah disembuhkan, walaupun
mereka sungguh bersyukur.
o Ajaran itu tidak dapat datang dari para rasul, sampai mereka sungguh-sungguh
diperlengkapi.

Ajaran Kristen bukan suatu pengetahuan, tetapi kebijaksanaan Ilahi.

2. Mukjizat merupakan hal yang biasa bagi Allah.
o Markus tidak pernah merasa aneh terhadap mukjizat dan tidak pernah mencoba untuk meremehkannya.
o Mukjizat Yesus menunjuk pada sifat-Nya. Singkirkan mukjizat, maka Anda akan meragukan ketuhanan-Nya.
o Mukjizat selalu dan akan selalu mengagumkan. Berkali-kali Markus mengakhiri suatu kisah tentang mukjizat dengan pengamatannya tentang orang banyak yang menjadi'kagum', 'dipenuhi dengan rasa takjub'.
o Perhatikanlah dengan saksama sejumlah mukjizat dalam pasal 5 yang menunjukkan kuasa Yesus atas
- roh-roh jahat (1-20)
- penyakit (24-34)
- kematian (35-43)

3. Tantangan sering datang dari orang yang taat beragama.
o Para ahli Taurat Mar 2:6
o Orang-orang Farisi Mar 2:24
o Orang-orang Herodian Mar 3:6
o Para imam kepala Mar 11:18
o Orang-orang Saduki Mar 12:18

Tema-tema Kunci

1. Mukjizat Yesus. Buatlah daftar mukjizat yang dicatat dalam Injil Markus. Bandingkanlah daftar ini dengan jumlah perumpamaan yang ditulis dalam Injil Markus. Mengapa Markus sangat menekankan mukjizat Yesus? Mengapa Yesus melakukan Mukjizat? Coba temukan paling sedikit tiga alasan yang jelas.

2. Tanggapan orang banyak. Carilah ayat-ayat yang merupakan komentar Markus tentang kekaguman orang banyak ketika mereka menyaksikan mukjizat Yesus (misalnya Mar 1:27; 2:12; 4:41; 5:15; 6:50 dan seterusnya). Tulislah berbagai reaksi orang banyak dan jelaskan mengapa mereka memberikan reaksi yang berbeda-beda.

3. Sebutan istimewa bagi Yesus. Telitilah dalam Injil Markus dan catatlah sebutan-sebutan istimewa bagi Yesus yang dicatat oleh Markus. Berapa kali ia menggunakan sebutan Anak, Anak-Ku, Anak Allah, Anak Manusia? Siapa yang menggunakan sebutan Anak Manusia? Mengapa? (Pelajarilah Dan. Mar 7:13-28 dengan saksama).

4. Kuasa Yesus. Pelajarilah dengan saksama semua pasal yang menunjuk pada kuasa Yesus: Mar 1;22; 1:27; 2:10; 3:15; 6:7;11:27-33 dan Mar 13:34. Perhatikan secara khusus acuan terakhir ini: 'Sama seperti seorang yang bepergian: Ia meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya'. Ungkapan terakhir ini berarti 'memberikan kuasa kepada hamba-hambanya'.

Garis Besar Intisari: Markus (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13 Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari [2]

[1] PENDAHULUAN Mar 1:1-13

Mar 1:1-11 Yohanes dan Sungai Yordan; Yesus dan Roh Kudus
Mar 1:12-13Pencobaan selama empat puluh hari

[2] PULANG DAN PERGI KE GALILEA Mar 1:14-7:23

Mar 1:14-20Pengikut-pengikut Yesus yang pertama
Mar 1:21-45Mukjizat-mukjizat kesembuhan
Mar 2:1-3:6Lima peristiwa pertentangan
Mar 3:7-35Guru dan murid-murid-Nya
Mar 4:1-34Selalu dengan perumpamaan
Mar 4:35-41Siapa gerangan orang ini?
Mar 5:1-43Roh-roh jahat, penyakit dan kematian
Mar 6:1-6Akibat ketidakpercayaan
Mar 6:7-13Kuasa yang menyertai ketaatan
Mar 6:14-29Herodes membunuh Yohanes Pembaptis
Mar 6:30-44Lima roti, dua ikan, lima ribu orang
Mar 6:45-56Berjalan di atas air: mukjizat yang mendahului banyak mukjizat lain
Mar 7:1-23Yang di luar dan yang di dalam

[3] YESUS DI DAERAH UTARA Mar 7:24-9:50

Mar 7:24-30Ke pantai: Tirus dan Sidon
Mar 7:31-37Kesepuluh Kota
Mar 8:1-13Tujuh roti, beberapa ikan dan empat ribu orang
Mar 8:14-21Murid-murid yang bebal
Mar 8:22-26Di Betsaida lagi
Mar 8:27-9:1Lebih ke utara: Kaisarea Filipi
Mar 9:2-13"Kami melihat kemuliaan-Nya": pemuliaan
Mar 9:14-29Tanpa doa berarti tanpa kuasa
Mar 9:30-50Yang besar dan yang kecil

[4] PERJALANAN KE SELATAN Mar 10:1-13:37

Mar 10:1-16Pernikahan, perceraian, anak-anak
Mar 10:17-31Bahaya kemakmuran
Mar 10:32-45Apa artinya menjadi seperti Yesus
Mar 10:46-52Bartimeus Buta di Yerikho
Mar 11:1-19Yesus di Yerusalem: Bait Allah dipersiapkan untuk upacara kurban
Mar 11:20-26Kutuk terhadap pohon yang tidak berbuah
Mar 11:27-12:44Permusuhan: Imam-imam kepala, Ahli Taurat, Tua-tua, orang Farisi, orang Herodian, orang Saduki
Mar 13:1-37Nubuat: sekilas tentang tujuan akhir

[5] PUSAT SEJARAH Mar 14:1-16:8

Mar 14:1-11Di Betania: Domba kurban diurapi
Mar 14:12-25Perjamuan Tuhan
Mar 14:26-42Taman Getsemani: sekilas tentang penderitaan
Mar 14:43-15:15Ditangkap dan diadili
Mar 15:16-47'Disalibkan, mati dan dikuburkan'
Mar 16:1-8'Bangkit kembali dari antara orang mati'

[6] PENUTUP 16:9-20

Mar 16:9-20Misi ke seluruh dunia diamanatkan dan dimulai
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #33: Situs ini membutuhkan masukan, ide, dan partisipasi Anda! Klik "Laporan Masalah/Saran" di bagian bawah halaman. [SEMUA]
dibuat dalam 0.99 detik
dipersembahkan oleh YLSA