kecilkan semua  

Teks -- Lukas 13:1-35 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Dosa dan penderitaan
13:1 Pada waktu itu datanglah kepada Yesus beberapa orang membawa kabar tentang orang-orang Galilea, yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah korban yang mereka persembahkan. 13:2 Yesus menjawab mereka: "Sangkamu orang-orang Galilea ini lebih besar dosanya dari pada dosa semua orang Galilea yang lain, karena mereka mengalami nasib itu? 13:3 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian. 13:4 Atau sangkamu kedelapan belas orang, yang mati ditimpa menara dekat Siloam, lebih besar kesalahannya dari pada kesalahan semua orang lain yang diam di Yerusalem? 13:5 Tidak! kata-Ku kepadamu. Tetapi jikalau kamu tidak bertobat, kamu semua akan binasa atas cara demikian."
Perumpamaan tentang pohon ara yang tidak berbuah
13:6 Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini: "Seorang mempunyai pohon ara yang tumbuh di kebun anggurnya, dan ia datang untuk mencari buah pada pohon itu, tetapi ia tidak menemukannya. 13:7 Lalu ia berkata kepada pengurus kebun anggur itu: Sudah tiga tahun aku datang mencari buah pada pohon ara ini dan aku tidak menemukannya. Tebanglah pohon ini! Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma! 13:8 Jawab orang itu: Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi, aku akan mencangkul tanah sekelilingnya dan memberi pupuk kepadanya, 13:9 mungkin tahun depan ia berbuah; jika tidak, tebanglah dia!"
Menyembuhkan orang sakit pada hari Sabat
13:10 Pada suatu kali Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. 13:11 Di situ ada seorang perempuan yang telah delapan belas tahun dirasuk roh sehingga ia sakit sampai bungkuk punggungnya dan tidak dapat berdiri lagi dengan tegak. 13:12 Ketika Yesus melihat perempuan itu, Ia memanggil dia dan berkata kepadanya: "Hai ibu, penyakitmu telah sembuh." 13:13 Lalu Ia meletakkan tangan-Nya atas perempuan itu, dan seketika itu juga berdirilah perempuan itu, dan memuliakan Allah. 13:14 Tetapi kepala rumah ibadat gusar karena Yesus menyembuhkan orang pada hari Sabat, lalu ia berkata kepada orang banyak: "Ada enam hari untuk bekerja. Karena itu datanglah pada salah satu hari itu untuk disembuhkan dan jangan pada hari Sabat." 13:15 Tetapi Tuhan menjawab dia, kata-Nya: "Hai orang-orang munafik, bukankah setiap orang di antaramu melepaskan lembunya atau keledainya pada hari Sabat dari kandangnya dan membawanya ke tempat minuman? 13:16 Bukankah perempuan ini, yang sudah delapan belas tahun diikat oleh Iblis, harus dilepaskan dari ikatannya itu, karena ia adalah keturunan Abraham?" 13:17 Dan waktu Ia berkata demikian, semua lawan-Nya merasa malu dan semua orang banyak bersukacita karena segala perkara mulia, yang telah dilakukan-Nya.
Perumpamaan tentang biji sesawi dan ragi
13:18 Maka kata Yesus: "Seumpama apakah hal Kerajaan Allah dan dengan apakah Aku akan mengumpamakannya? 13:19 Ia seumpama biji sesawi, yang diambil dan ditaburkan orang di kebunnya; biji itu tumbuh dan menjadi pohon dan burung-burung di udara bersarang pada cabang-cabangnya." 13:20 Dan Ia berkata lagi: "Dengan apakah Aku akan mengumpamakan Kerajaan Allah? 13:21 Ia seumpama ragi yang diambil seorang perempuan dan diadukkan ke dalam tepung terigu tiga sukat sampai khamir seluruhnya."
Siapa yang diselamatkan
13:22 Kemudian Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar dan meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. 13:23 Dan ada seorang yang berkata kepada-Nya: "Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?" 13:24 Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: "Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. 13:25 Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. 13:26 Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami. 13:27 Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! 13:28 Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. 13:29 Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. 13:30 Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir."
Yesus harus mati di Yerusalem Keluhan terhadap Yerusalem
13:31 Pada waktu itu datanglah beberapa orang Farisi dan berkata kepada Yesus: "Pergilah, tinggalkanlah tempat ini, karena Herodes hendak membunuh Engkau." 13:32 Jawab Yesus kepada mereka: "Pergilah dan katakanlah kepada si serigala itu: Aku mengusir setan dan menyembuhkan orang, pada hari ini dan besok, dan pada hari yang ketiga Aku akan selesai. 13:33 Tetapi hari ini dan besok dan lusa Aku harus meneruskan perjalanan-Ku, sebab tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. 13:34 Yerusalem, Yerusalem, engkau yang membunuh nabi-nabi dan melempari dengan batu orang-orang yang diutus kepadamu! Berkali-kali Aku rindu mengumpulkan anak-anakmu, sama seperti induk ayam mengumpulkan anak-anaknya di bawah sayapnya, tetapi kamu tidak mau. 13:35 Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Tetapi Aku berkata kepadamu: Kamu tidak akan melihat Aku lagi hingga pada saat kamu berkata: Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan!"
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Herodes son of Antipater; king over Judea when Christ was born,a son of Herod the Great,a grandson of Herod the Great and son of Aristobulus and Berenice
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Ishak the only son of Abraham and Sarah; father of Jacob and Esau
 · orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · orang-orang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Pilatus the Roman governor of Judea who allowed Jesus to be crucified
 · seorang Galilea an inhabitant of Galilee.
 · Siloam a pool (water reservoir) and a tower at Jerusalem
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Yesus | Lukas, Injil | Perbuatan Ajaib Yesus | Perumpamaan | Sabat | Umpama, Perumpamaan | Sakit | Ampun, Pengampunan | Panjang Sabar Allah | Antipas | Mujizat Kristus | Pohon Ara | Tipu, Menipu Diri | Nabi | Hari Sabat | Jamu, Perjamuan | Hukum, Hukuman | Rumah Ibadat Orang Yahudi | Orang Fasik | Tobat, Pertobatan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 13:6-9 - POHON ARA ... TEBANGLAH DIA! Nas : Luk 13:6-9 Perumpamaan pohon ara terutama menunjuk kepada Israel (bd. Luk 3:9; Hos 9:10; Yoel 1:7). Namun, kebenarannya dapat diterapkan pula...

Nas : Luk 13:6-9

Perumpamaan pohon ara terutama menunjuk kepada Israel (bd. Luk 3:9; Hos 9:10; Yoel 1:7). Namun, kebenarannya dapat diterapkan pula kepada semua yang mengaku percaya kepada Yesus, tetapi tidak berpaling dari dosa. Walaupun Allah memberi kesempatan secukupnya kepada setiap orang untuk bertobat, Ia tidak akan selama-lamanya membiarkan dosa. Saatnya akan datang ketika kasih karunia Allah akan ditarik dan orang yang tidak mau bertobat akan dihukum tanpa belas kasihan (bd. Luk 20:16; 21:20-24).

Full Life: Luk 13:11 - DIRASUK ROH ... SAMPAI BUNGKUK PUNGGUNGNYA. Nas : Luk 13:11 Yesus melihat beberapa penyakit jasmani sebagai akibat langsung dari tindakan atau penindasan roh jahat. Wanita yang bungkuk ini me...

Nas : Luk 13:11

Yesus melihat beberapa penyakit jasmani sebagai akibat langsung dari tindakan atau penindasan roh jahat. Wanita yang bungkuk ini menderita karena "dirasuk roh" (yaitu, wakil Iblis; lih. ayat Luk 13:16; bd. Mat 9:32-33; 12:22; Mr 5:1-5; 9:17-18; Kis 10:38).

Full Life: Luk 13:16 - PEREMPUAN INI ... DIIKAT OLEH IBLIS. Nas : Luk 13:16 Ketika seseorang tidak lagi mendengar keluh kesah orang yang menderita, maka itu merupakan suatu dosa yang menjijikan dalam pandang...

Nas : Luk 13:16

Ketika seseorang tidak lagi mendengar keluh kesah orang yang menderita, maka itu merupakan suatu dosa yang menjijikan dalam pandangan Yesus (ayat Luk 13:11-14). Yesus mengajar bahwa manusia dipenjarakan oleh dosa, sakit penyakit, dan kematian. Mereka mengalami kesusahan dan sangat memerlukan pertolongan (ayat Luk 13:11,16; Mat 4:23; Kis 26:18). Dewasa ini kita mudah sekali menjadi tidak peka terhadap kesengsaraan dan penderitaan dunia karena media hiburan gemar mempertunjukkan kedursilaan dan kekerasan demi kesenangan belaka. Murid yang sejati akan menjadi seperti Guru mereka; dapat melihat berbagai kesukaran hidup dan mendengar rintihan makhluk ciptaan (Luk 10:33-37; Rom 8:22;

lihat art. PEMELIHARAAN ORANG MISKIN DAN MELARAT).

Full Life: Luk 13:19 - BIJI SESAWI. Nas : Luk 13:19 Perumpamaan biji sesawi dan ragi membentuk suatu pasangan. Keduanya berbicara mengenai tumbuhnya kejahatan di dalam kerajaan yang k...

Nas : Luk 13:19

Perumpamaan biji sesawi dan ragi membentuk suatu pasangan. Keduanya berbicara mengenai tumbuhnya kejahatan di dalam kerajaan yang kelihatan. Perumpamaan biji sesawi menggambarkan permulaan kecil dari kerajaan itu dan perkembangan abad lepas abad. Kerajaan itu dimulai hanya dengan Yesus dan sekelompok murid yang penuh penyerahan diri (lih. Yoh 20:22; Kis 2:4). Akan tetapi, perwujudan yang kelihatan dari kerajaan itu bertumbuh sampai menjadi besar, terorganisasi, dan berkuasa. Lalu diterima dalam "cabang-cabangnya" (persekutuan) "burung-burung di udara", yaitu penipu jahat yang lihai yang mengambil benih kebenaran itu. Perhatikanlah bahwa dalam Mat 13:4,19, burung-burung adalah pelaksana kejahatan dalam perumpamaan Kristus, dan dalam Wahy 18:2, Babel, kota besar itu, (lambang gereja yang murtad) telah menjadi tempat kediaman roh-roh jahat dan "tempat bersembunyi segala burung yang najis dan yang dibenci" (lih. Wahy 2:1-3:22 untuk penjelasan Kristus tentang bagaimana kebusukan rohani itu telah merembes ke dalam sebagian besar dari tujuh gereja itu;

lihat cat. --> Wahy 18:4,

[atau ref. Wahy 18:4]

mengenai gereja palsu).

Full Life: Luk 13:21 - RAGI. Nas : Luk 13:21 Di PL ragi biasanya dianggap sebagai lambang kehadiran kejahatan atau kenajisan; ia mengkhamirkan, menghancurkan dan merusakkan ...

Nas : Luk 13:21

Di PL ragi biasanya dianggap sebagai lambang kehadiran kejahatan atau kenajisan; ia mengkhamirkan, menghancurkan dan merusakkan

(lihat cat. --> Kel 12:19;

[atau ref. Kel 12:19]

Kel 13:6-8; Im 2:11; 6:17; Ul 16:3-4; Am 4:4-5;

lihat cat. --> Kel 13:7).

[atau ref. Kel 13:7]

Dalam PB, ragi melambangkan pengajaran palsu dan doktrin-doktrin jahat golongan Farisi, Saduki (Luk 16:12) dan golongan Herodes (Mr 8:15). Dalam 1Kor 5:6-8 ragi dianggap oleh Paulus sebagai lambang "keburukan dan kejahatan", sedangkan ketiadaan ragi melambangkan "kemurnian dan kebenaran" (bd. Gal 5:9). Sebab itu, banyak orang mengerti bahwa perumpamaan ini menunjuk kepada kejahatan, doktrin yang salah dan ketidakbenaran yang tinggal dan menyebar semakin luas di dalam Kerajaan Allah yang kelihatan.

  1. 1) Ragi kejahatan ini akan menyebar ke seluruh bagian pekerjaan Allah. Ini ditemukan dalam:
    1. (a) Modernisme, teologi liberal, dan teologi pembebasan, yang menyanjung gagasan manusia di atas kekuasaan Alkitab (bd. Mat 22:23,29);
    2. (b) keduniawian dan kedursilaan dalam gereja (bd. 1Kor 5:1-2; Wahy 2:1-3:22);
    3. (c) hal mencari kedudukan dan kekuasaan di dalam gereja yang dilakukan oleh mereka yang lebih memperdulikan ambisinya sendiri daripada kehormatan Allah (bd. pasal Mat 23:1-39);
    4. (d) doktrin palsu (bd. Gal 1:9);
    5. (e) guru palsu (bd. Mat 24:11,24);
    6. (f) orang yang mengaku dirinya Kristen yang kelihatannya benar, tetapi sebenarnya tidak lahir baru (bd. Mat 23:1-39; Yud 1:12-19). Menjelang akhir zaman sekarang ini, kejahatan-kejahatan ini akan merembes ke dalam pekerjaan Allah di dalam gereja, denominasi, perguruan tinggi, dan seminari Kristen sampai Injil rasuli PB dan cara hidup yang benar menjadi lemah dan rusak secara besar-besaran (lih. Luk 18:8; Mat 24:10-12;

      lihat cat. --> Gal 1:9;

      [atau ref. Gal 1:9]

      2Tes 2:3;

      lihat cat. --> 1Tim 4:1;

      [atau ref. 1Tim 4:1]

      pasal Wahy 2:1-3:22;

      lihat art. KESENGSARAAN BESAR, dan

      lihat art. PENILIK JEMAAT DAN KEWAJIBANNYA).

  2. 2) Setiap orang Kristen harus berhati-hati agar ragi kejahatan itu tidak mempengaruhi kehidupannya. Rahasia kemenangan terletak pada sikap menjaga pandangan kita tetap tertuju kepada Yesus dalam iman (Tit 2:13; Ibr 12:2,15), memandang rendah hal-hal duniawi (Yak 1:27; 1Yoh 2:15-17), tinggal tetap di dalam Firman Allah (Yoh 15:7; Yak 1:21), menantikan kedatangan Kristus (Luk 12:35-40), terus-menerus mendengarkan suara Roh Kudus (Rom 8:12-14; Gal 5:16-18), siap menderita (1Pet 4:1-2), memerangi kejahatan (1Kor 10:6; 1Tes 5:15; 1Pet 3:11), membela Injil (Fili 1:17), dan mengenakan seluruh perlengkapan senjata Allah (Ef 6:11-18).

Full Life: Luk 13:24 - PINTU YANG SESAK ITU. Nas : Luk 13:24 Lihat cat. --> Mat 7:14. [atau ref. Mat 7:14]

Nas : Luk 13:24

Lihat cat. --> Mat 7:14.

[atau ref. Mat 7:14]

Full Life: Luk 13:30 - YANG TERAKHIR YANG AKAN ... TERDAHULU. Nas : Luk 13:30 Lihat cat. --> Mat 19:30. [atau ref. Mat 19:30]

Nas : Luk 13:30

Lihat cat. --> Mat 19:30.

[atau ref. Mat 19:30]

Full Life: Luk 13:34 - KESEDIHAN YANG DALAM DARI TUHAN. Nas : Luk 13:34 Air mata Tuhan kita (bd. Luk 19:41) atas sikap keras kepala Yerusalem, memberi kesaksian tentang kebebasan kehendak manusia untuk m...

Nas : Luk 13:34

Air mata Tuhan kita (bd. Luk 19:41) atas sikap keras kepala Yerusalem, memberi kesaksian tentang kebebasan kehendak manusia untuk menolak kasih karunia dan kehendak Allah

(lihat cat. --> Luk 19:41;

[atau ref. Luk 19:41]

Kis 7:51; Rom 1:18-32; 2:5).

BIS: Luk 13:19 - sawi sawi: Sawi yang dimaksudkan di sini ialah sejenis tanaman yang dapat tumbuh setinggi kira-kira tiga meter.

sawi: Sawi yang dimaksudkan di sini ialah sejenis tanaman yang dapat tumbuh setinggi kira-kira tiga meter.

Jerusalem: Luk 9:51--18:14 - -- Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke...

Dari Luk 9:51 sampai Luk 18:14 Lukas menyimpang dari kisah Markus. Dalam rangka sebuah perjalanan Yesus, sebagaimana disarankan oleh Mar 10:1, naik ke Yerusalem, Luk 9:53,57; 10:1; 13:22,33; 17:11; bdk Luk 2:38+, Lukas mengumpulkan bahan-bahan yang diambil dari sebuah kumpulan (cerita dan perkataan Yesus), yang juga dimanfaatkan oleh Matius, dan dari sumber-sumber lain yang dapat digunakan Lukas. Bahan kumpulan tersebut oleh Matius disebarkan dalam seluruh injilnya, sedangkan Lukas menyajikannya berkelompok-kelompok justru dalam bagian injilnya ini, Luk 9:51-8:14, yang kebanyakan bahannya diambil dari kumpulan itu.

Jerusalem: Luk 13:1 - -- Tidak ada berita lain tentang kejadian ini, dan demikianpun halnya dengan apa yang disebut dalam Luk 13:4. Tetapi maksud Luk 13:1-5 jelas: Tidak ada h...

Tidak ada berita lain tentang kejadian ini, dan demikianpun halnya dengan apa yang disebut dalam Luk 13:4. Tetapi maksud Luk 13:1-5 jelas: Tidak ada hubungan langsung antara celaka dengan dosa (lihat Yoh 9:3); tetapi malapetaka yang menimpa bangsa dimaksudkan oleh Allah sebagai ajakan supaya orang bertobat.

Jerusalem: Luk 13:6-9 - -- Cerita tentang pohon ara yang terkutuk, Mat 21:18-22 dsj, adalah sebuah tindakan kekerasan. Lukas mengganti cerita itu dengan perumpamaan ini yang men...

Cerita tentang pohon ara yang terkutuk, Mat 21:18-22 dsj, adalah sebuah tindakan kekerasan. Lukas mengganti cerita itu dengan perumpamaan ini yang menggambarkan kesabaran hati Allah.

Jerusalem: Luk 13:7 - tiga tahun Ini barangkali menyindir jangka waktu Yesus berkarya, sebagaimana dapat digali dari injil keempat.

Ini barangkali menyindir jangka waktu Yesus berkarya, sebagaimana dapat digali dari injil keempat.

Jerusalem: Luk 13:11 - tidak dapat berdiri lagi dengan tegak Terjemahan lain: sama sekali tidak dapat berdiri tegak lagi; atau; tidak dapat berdiri lagi dengan tegak seluruhnya.

Terjemahan lain: sama sekali tidak dapat berdiri tegak lagi; atau; tidak dapat berdiri lagi dengan tegak seluruhnya.

Jerusalem: Luk 13:14 - pada hari Sabat Menurut pendapat kepala rumah ibadat "menyembuhkan" adalah sebuah pekerjaan yang terlarang pada hari Sabat.

Menurut pendapat kepala rumah ibadat "menyembuhkan" adalah sebuah pekerjaan yang terlarang pada hari Sabat.

Jerusalem: Luk 13:22-30 - -- Sumber yang dipakai Lukas dan Matius mengumpulkan beberapa perkataan Yesus. Oleh Matius perkataan-perkataan itu disebarkan dalam injilnya; bdk Luk 9:5...

Sumber yang dipakai Lukas dan Matius mengumpulkan beberapa perkataan Yesus. Oleh Matius perkataan-perkataan itu disebarkan dalam injilnya; bdk Luk 9:51+. Pikiran pokok kumpulan itu dipertahankan oleh Lukas, yakni: Israel ditolak oleh Allah, sedangkan bangsa-bangsa bukan Yahudi dipanggil untuk keselamatan. Hubungan alamiah orang Yahudi dengan Yesus tidak berguna sedikitpun untuk mencegah diri dari penolakan oleh karena kelakuan yang tidak sesuai, Luk 13:25-27; bdk Luk 3:7-9 dsj; Yoh 8:33-36. Dengan demikian banyak orang tidak dapat masuk ke dalam Kerajaan Allah (keselamatan), Luk 13:23-24, sehingga orang terdahulu (orang Yahudi) menjadi orang yang terakhir, Luk 13:30; bdk Mat 20:16, dan menyaksikan orang bukan Yahudi menduduki tempat mereka sendiri pada perjamuan Mesias, Luk 13:28-29.

Jerusalem: Luk 13:31 - Herodes Ialah Herodes Antipas, bdk Luk 3:1. Boleh jadi Herodes dengan ancaman ini mau menyingkirkan Yesus. Tindakan licik itulah yang dimaksudkan dengan kata ...

Ialah Herodes Antipas, bdk Luk 3:1. Boleh jadi Herodes dengan ancaman ini mau menyingkirkan Yesus. Tindakan licik itulah yang dimaksudkan dengan kata "serigala" (Luk 13:32).

Jerusalem: Luk 13:32 - pada hari yang ketiga Arti ungkapan ini tidak tentu, sehingga hanya berarti: jangka waktu yang tidak lama

Arti ungkapan ini tidak tentu, sehingga hanya berarti: jangka waktu yang tidak lama

Jerusalem: Luk 13:32 - Aku akan selesai Kata "selesai" sangat padat artinya. Sekalipun menunjuk akhir (hidup) Yesus dan penyelesaianNya. Yesus menjadi "sempurna" dan "selesai" melalui pender...

Kata "selesai" sangat padat artinya. Sekalipun menunjuk akhir (hidup) Yesus dan penyelesaianNya. Yesus menjadi "sempurna" dan "selesai" melalui penderitaan dan kematianNya, Ibr 2:10; Ibr 5:9. Bdk Yoh 19:30.

Jerusalem: Luk 13:33 - -- Rupanya arti ayat ini sebagai berikut: Tidak lama lagi tugasKu selesai, tetapi sekarang belum. Aku masih harus mengusir setan dan menyembuhkan orang ...

Rupanya arti ayat ini sebagai berikut: Tidak lama lagi tugasKu selesai, tetapi sekarang belum. Aku masih harus mengusir setan dan menyembuhkan orang sakit di perjalanan ke Yerusalem: di sanalah Aku perlu menyelesaikan panggilanKu, bdk Luk 2:38+. Demikianpun menurut Yoh 7:30; Yoh 8:20 (bdk Luk 8:56; Luk 10:39; Luk 11:54) musuh-musuh Yesus tidak dapat mencabut nyawaNya selama "saatNya" belum sampai.

Ende: Luk 13:24 - Mentjoba masuk tetapi melalui pintu lama, dengan mengikuti hukum taurat dan sebab itu tidak berhasil. Satu-satunja pintu untuk masuk ialah pintu sempit jang ditundju...

tetapi melalui pintu lama, dengan mengikuti hukum taurat dan sebab itu tidak berhasil. Satu-satunja pintu untuk masuk ialah pintu sempit jang ditundjuk oleh Indjil.

Ende: Luk 13:25 - Pintu tertutup jaitu pada hari achir zaman. Pada hari itu tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat. Perlu segera bertobat dan mendjadi murid Jesus.

jaitu pada hari achir zaman. Pada hari itu tidak ada kesempatan lagi untuk bertobat. Perlu segera bertobat dan mendjadi murid Jesus.

Ende: Luk 13:26 - -- Seperti hal keturunan Abraham (Bdl. Luk 3:8) tidak mendjaminkan kehidupan abadi dalam keradjaan Allah, demikianpun perkenalan lahiriah dengan Jesus, s...

Seperti hal keturunan Abraham (Bdl. Luk 3:8) tidak mendjaminkan kehidupan abadi dalam keradjaan Allah, demikianpun perkenalan lahiriah dengan Jesus, sedikitpun tidak berharga untuk hidup abadi itu. Jang perlu, ialah mengikuti djedjak Jesus dalam ketaatan kepada Indjil.

Ende: Luk 13:27 - -- Kalimat ini bunjinja sebagai sabda penghukuman Jesus pada pengadilan achir. Bdl. Mat 25:41.

Kalimat ini bunjinja sebagai sabda penghukuman Jesus pada pengadilan achir. Bdl. Mat 25:41.

Ende: Luk 13:29 - -- Lukas gemar sekali menondjolkan sabda-sabda Jesus jang serupa ini, jaitu bahwa keradjaan surga tak kurang dimaksudkan bagi bangsa-bangsa bukan Jahudi,...

Lukas gemar sekali menondjolkan sabda-sabda Jesus jang serupa ini, jaitu bahwa keradjaan surga tak kurang dimaksudkan bagi bangsa-bangsa bukan Jahudi, daripada bagi orang Jahudi, biarpun mereka ini jang pertama dipanggil.

Ende: Luk 13:32 - Si serigala Herodes hendak berlagak tjerdik, tetapi salah kira. Allah dan Jesus sendiri menetapkan pada waktu dan ditempat mana Jesus akan "dibunuh".

Herodes hendak berlagak tjerdik, tetapi salah kira. Allah dan Jesus sendiri menetapkan pada waktu dan ditempat mana Jesus akan "dibunuh".

Ende: Luk 13:32 - Hari ini, esok dan lusa berarti djangka waktu singkat.

berarti djangka waktu singkat.

Ende: Luk 13:32 - PenjelesaianKu Ungkapan ini merangkap dua arti, jaitu adjal Jesus dan penjelesaian tugasnja dibumi.

Ungkapan ini merangkap dua arti, jaitu adjal Jesus dan penjelesaian tugasnja dibumi.

Ref. Silang FULL: Luk 13:1 - dicampurkan Pilatus · dicampurkan Pilatus: Mat 27:2; Mat 27:2

· dicampurkan Pilatus: Mat 27:2; [Lihat FULL. Mat 27:2]

Ref. Silang FULL: Luk 13:2 - nasib itu · nasib itu: Yoh 9:2,3

· nasib itu: Yoh 9:2,3

Ref. Silang FULL: Luk 13:4 - dekat Siloam · dekat Siloam: Yoh 9:7,11

· dekat Siloam: Yoh 9:7,11

Ref. Silang FULL: Luk 13:5 - tidak bertobat · tidak bertobat: Mat 3:2; Kis 2:38

· tidak bertobat: Mat 3:2; Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Luk 13:6 - tidak menemukannya · tidak menemukannya: Yes 5:2; Yer 8:13; Mat 21:19

· tidak menemukannya: Yes 5:2; Yer 8:13; Mat 21:19

Ref. Silang FULL: Luk 13:7 - Tebanglah · Tebanglah: Mat 3:10; Mat 3:10

· Tebanglah: Mat 3:10; [Lihat FULL. Mat 3:10]

Ref. Silang FULL: Luk 13:10 - rumah ibadat · rumah ibadat: Mat 4:23; Mat 4:23

· rumah ibadat: Mat 4:23; [Lihat FULL. Mat 4:23]

Ref. Silang FULL: Luk 13:11 - belas tahun · belas tahun: Luk 13:16

· belas tahun: Luk 13:16

Ref. Silang FULL: Luk 13:13 - perempuan itu · perempuan itu: Mr 5:23; Mr 5:23

· perempuan itu: Mr 5:23; [Lihat FULL. Mr 5:23]

Ref. Silang FULL: Luk 13:14 - rumah ibadat // hari Sabat // untuk bekerja · rumah ibadat: Mr 5:22; Mr 5:22 · hari Sabat: Mat 12:2; Mat 12:2 · untuk bekerja: Kel 20:9

· rumah ibadat: Mr 5:22; [Lihat FULL. Mr 5:22]

· hari Sabat: Mat 12:2; [Lihat FULL. Mat 12:2]

· untuk bekerja: Kel 20:9

Ref. Silang FULL: Luk 13:15 - tempat minuman · tempat minuman: Luk 14:5

· tempat minuman: Luk 14:5

Ref. Silang FULL: Luk 13:16 - oleh Iblis // keturunan Abraham · oleh Iblis: Mat 4:10; Mat 4:10 · keturunan Abraham: Luk 3:8; Luk 3:8

· oleh Iblis: Mat 4:10; [Lihat FULL. Mat 4:10]

· keturunan Abraham: Luk 3:8; [Lihat FULL. Luk 3:8]

Ref. Silang FULL: Luk 13:17 - merasa malu · merasa malu: Yes 66:5

· merasa malu: Yes 66:5

Ref. Silang FULL: Luk 13:18 - Seumpama // Kerajaan Allah · Seumpama: Mat 13:24; Mat 13:24 · Kerajaan Allah: Mat 3:2; Mat 3:2

· Seumpama: Mat 13:24; [Lihat FULL. Mat 13:24]

· Kerajaan Allah: Mat 3:2; [Lihat FULL. Mat 3:2]

Ref. Silang FULL: Luk 13:19 - menjadi pohon // pada cabang-cabangnya · menjadi pohon: Luk 17:6 · pada cabang-cabangnya: Mat 13:32; Mat 13:32

· menjadi pohon: Luk 17:6

· pada cabang-cabangnya: Mat 13:32; [Lihat FULL. Mat 13:32]

Ref. Silang FULL: Luk 13:21 - khamir seluruhnya · khamir seluruhnya: 1Kor 5:6

· khamir seluruhnya: 1Kor 5:6

Ref. Silang FULL: Luk 13:22 - ke Yerusalem · ke Yerusalem: Luk 9:51; Luk 9:51

· ke Yerusalem: Luk 9:51; [Lihat FULL. Luk 9:51]

Ref. Silang FULL: Luk 13:24 - melalui pintu · melalui pintu: Mat 7:13

· melalui pintu: Mat 7:13

Ref. Silang FULL: Luk 13:25 - kamu datang · kamu datang: Mat 7:23; 25:10-12

· kamu datang: Mat 7:23; 25:10-12

Ref. Silang FULL: Luk 13:27 - melakukan kejahatan · melakukan kejahatan: Mat 7:23; Mat 7:23

· melakukan kejahatan: Mat 7:23; [Lihat FULL. Mat 7:23]

Ref. Silang FULL: Luk 13:28 - kertak gigi · kertak gigi: Mat 8:12; Mat 8:12

· kertak gigi: Mat 8:12; [Lihat FULL. Mat 8:12]

Ref. Silang FULL: Luk 13:29 - dan Barat · dan Barat: Mat 8:11; Mat 8:11

· dan Barat: Mat 8:11; [Lihat FULL. Mat 8:11]

Ref. Silang FULL: Luk 13:30 - yang terakhir · yang terakhir: Mat 19:30; Mat 19:30

· yang terakhir: Mat 19:30; [Lihat FULL. Mat 19:30]

Ref. Silang FULL: Luk 13:31 - karena Herodes · karena Herodes: Mat 14:1; Mat 14:1

· karena Herodes: Mat 14:1; [Lihat FULL. Mat 14:1]

Ref. Silang FULL: Luk 13:32 - akan selesai · akan selesai: Ibr 2:10; Ibr 2:10

· akan selesai: Ibr 2:10; [Lihat FULL. Ibr 2:10]

Ref. Silang FULL: Luk 13:33 - seorang nabi · seorang nabi: Mat 21:11; Mat 21:11

· seorang nabi: Mat 21:11; [Lihat FULL. Mat 21:11]

Ref. Silang FULL: Luk 13:34 - bawah sayapnya · bawah sayapnya: Mat 23:37; Mat 23:37

· bawah sayapnya: Mat 23:37; [Lihat FULL. Mat 23:37]

Ref. Silang FULL: Luk 13:35 - menjadi sunyi // nama Tuhan · menjadi sunyi: Yer 12:17; 22:5 · nama Tuhan: Mazm 118:26; Luk 19:38

· menjadi sunyi: Yer 12:17; 22:5

· nama Tuhan: Mazm 118:26; Luk 19:38

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 9:51--18:30 - -- V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30) Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tid...

V. Jalan Menuju Salib (9:51-18:30)

Bagian dari Injil Lukas, yang sebagian besar memang khas Lukas. mengandung banyak episode dan perumpamaan yang tidak dijumpai dalam Injil lainnya, dan mungkin merupakan hasil riset pribadinya. Kronologinya sulit dilacak; bagian ini tampaknya merupakan kumpulan cerita dan bukan suatu narasi yang lengkap. Sekalipun demikian, bagian ini menyajikan ajaran Yesus pada tahun terakhir pelayanan-Nya, dan menggambarkan periode yang penuh penolakan dan ketegangan.

Wycliffe: Luk 13:1 - Yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah kurban yang mereka persembahkan 13:1. Yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah kurban yang mereka persembahkan. Mungkin orang-orang Galilea, golongan nasionalis yang fanatik, t...

13:1. Yang darahnya dicampurkan Pilatus dengan darah kurban yang mereka persembahkan. Mungkin orang-orang Galilea, golongan nasionalis yang fanatik, telah mengganggu ketenangan Yerusalem. Pilatus yang ada di sana sepanjang perayaan. mengirim tentara untuk turun tangan. Hasilnya adalah pertempuran berdarah di halaman Bait Suci. Tindakan semacam itu memang sesuai dengan sifat yang sudah dikenal dari Pilatus.

Wycliffe: Luk 13:2 - Lebih besar dosanya daripada dosa semua orang Galilea 2. Lebih besar dosanya daripada dosa semua orang Galilea. Suatu musibah besar sering kali ditafsirkan sebagai hukuman khusus bagi para korban.

2. Lebih besar dosanya daripada dosa semua orang Galilea. Suatu musibah besar sering kali ditafsirkan sebagai hukuman khusus bagi para korban.

Wycliffe: Luk 13:3 - Tidak! kata-Ku kepadamu 3. Tidak! kata-Ku kepadamu. Yesus tidak menyetujui pendapat bahwa para korban tindakan Pilatus itu luar biasa dosanya, tetapi Ia menyatakan bahwa nasi...

3. Tidak! kata-Ku kepadamu. Yesus tidak menyetujui pendapat bahwa para korban tindakan Pilatus itu luar biasa dosanya, tetapi Ia menyatakan bahwa nasib yang sama menanti semua orang yang tidak bertobat. Mungkin Dia sedang berpikir tentang dihancurkannya Yerusalem beberapa tahun kemudian pada tahun 70 M (bdg. 19:41-44; 21:20-24).

Wycliffe: Luk 13:4 - Atau sangkamu kedelapan belas orang 4. Atau sangkamu kedelapan belas orang. Dia mengacu kepada suatu peristiwa lain yang baru saja terjadi dan masih merupakan buah bibir penduduk setempa...

4. Atau sangkamu kedelapan belas orang. Dia mengacu kepada suatu peristiwa lain yang baru saja terjadi dan masih merupakan buah bibir penduduk setempat, dan Dia menarik penerapan yang sama.

Wycliffe: Luk 13:6 - Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini 6. Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini. Pohon ara yang tidak berbuah melambangkan bangsa Yahudi. Yesaya (5:2) mempergunakan perumpamaan serupa denga...

6. Lalu Yesus mengatakan perumpamaan ini. Pohon ara yang tidak berbuah melambangkan bangsa Yahudi. Yesaya (5:2) mempergunakan perumpamaan serupa dengan landasan pokok anggur. Pemilik pohon ara itu sangat berhak untuk mengharapkan buah, dan layak kecewa ketika buah tidak ada.

Wycliffe: Luk 13:7 - Tebanglah pohon ini. Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma 7. Tebanglah pohon ini. Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma. Hukuman adalah satu-satunya jawaban bagi orang-orang yang tidak berbuah.

7. Tebanglah pohon ini. Untuk apa ia hidup di tanah ini dengan percuma. Hukuman adalah satu-satunya jawaban bagi orang-orang yang tidak berbuah.

Wycliffe: Luk 13:8 - Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi 8. Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi. Tukang kebun dari perkebunan itu meminta kesempatan bagi pohon tersebut agar pohon tersebut diberi satu...

8. Tuan, biarkanlah dia tumbuh tahun ini lagi. Tukang kebun dari perkebunan itu meminta kesempatan bagi pohon tersebut agar pohon tersebut diberi satu kesempatan lagi. Yesus secara tidak langsung mengatakan bahwa bangsa itu mendapat kesempatan terakhir sebelum Allah menghukum mereka karena pemberontakan mereka dan karena keadaan mereka yang tidak menghasilkan.

Wycliffe: Luk 13:10 - Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat 10. Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Bagian ini merupakan salah satu dari sejumlah kisah yang diulang dalam kitab-...

10. Yesus sedang mengajar dalam salah satu rumah ibadat pada hari Sabat. Bagian ini merupakan salah satu dari sejumlah kisah yang diulang dalam kitab-kitab Injil mengenai tindakan penyembuhan yang dilakukan pada hari Sabat oleh Tuhan Yesus, suatu tindakan yang selalu merupakan sumber pertengkaran antara Yesus dengan orang-orang Farisi.

Wycliffe: Luk 13:11 - Seorang perempuan yang ... dirasuk roh 11. Seorang perempuan yang ... dirasuk roh. Perempuan itu merupakan korban kerasukan setan. Kuasa jahat kadang-kadang dimanifestasikan dalam perilaku ...

11. Seorang perempuan yang ... dirasuk roh. Perempuan itu merupakan korban kerasukan setan. Kuasa jahat kadang-kadang dimanifestasikan dalam perilaku bengis (8:29) atau dengan melumpuhkan suatu anggota tubuh korban (11:14). Yesus berbicara tentang perempuan itu sebagai seorang yang telah diikat oleh Iblis (13:16).

Wycliffe: Luk 13:12 - Ia memanggil 12. Ia memanggil dia (perempuan itu). TindakanNya spontan: Dia mengambil inisiatif.

12. Ia memanggil dia (perempuan itu). TindakanNya spontan: Dia mengambil inisiatif.

Wycliffe: Luk 13:14 - Kepala rumah ibadat 14. Kepala rumah ibadat menunjukkan norma-norma Yudaisme dengan penafsiran yang ketat atas hukum Taurat. Dia tidak berbicara secara langsung, tetapi d...

14. Kepala rumah ibadat menunjukkan norma-norma Yudaisme dengan penafsiran yang ketat atas hukum Taurat. Dia tidak berbicara secara langsung, tetapi dengan pernyataannya dia menyalahkan tindakan Yesus.

Wycliffe: Luk 13:15 - Tuhan menjawab dia 15. Tuhan menjawab dia. Kepala rumah ibadat mengetahui peraturan itu: Tuhan mengetahui kapan harus menggunakan perkecualian. Mengapa perempuan ini tid...

15. Tuhan menjawab dia. Kepala rumah ibadat mengetahui peraturan itu: Tuhan mengetahui kapan harus menggunakan perkecualian. Mengapa perempuan ini tidak boleh disembuhkan pada hari Sabat apabila Hukum Taurat mengatur agar hewan-hewan tidak kehausan?

Wycliffe: Luk 13:16 - Bukankah perempuan ini ... harus dilepaskan 16. Bukankah perempuan ini ... harus dilepaskan. Yesus tidak hanya menyatakan bahwa penyembuhan itu diperbolehkan; Dia menegaskan bahwa penyembuhan it...

16. Bukankah perempuan ini ... harus dilepaskan. Yesus tidak hanya menyatakan bahwa penyembuhan itu diperbolehkan; Dia menegaskan bahwa penyembuhan itu merupakan suatu kewajiban.

Wycliffe: Luk 13:18 - Seumpama apakah hal kerajaan Allah? 18. Seumpama apakah hal kerajaan Allah? Kedua perumpamaan berikutnya sama dengan yang terdapat dalam Matius 13:31-33, yang menempatkan perumpamaan-per...

18. Seumpama apakah hal kerajaan Allah? Kedua perumpamaan berikutnya sama dengan yang terdapat dalam Matius 13:31-33, yang menempatkan perumpamaan-perumpamaan tersebut sebagai bagian dari serangkaian perumpamaan yang melukiskan Kerajaan Allah. Penafsiran semua perumpamaan ini sangat beragam, dan telah muncul banyak kontroversi tentang berbagai penafsiran tersebut. Sebaiknya diingat bahwa biasanya setiap perumpamaan diceritakan hanya untuk satu arti, dan bahwa hal-hal yang tidak penting untuk arti tersebut jangan ditekankan secara berlebihan.

Wycliffe: Luk 13:19 - Ia seumpama biji sesawi 19. Ia seumpama biji sesawi. Tanaman sesawi adalah tanaman terbesar yang tumbuh di Palestina. Pertumbuhannya yang luar biasa dari biji yang terkecil m...

19. Ia seumpama biji sesawi. Tanaman sesawi adalah tanaman terbesar yang tumbuh di Palestina. Pertumbuhannya yang luar biasa dari biji yang terkecil menjadi sebuah semak yang seukuran dengan sebuah pohon kecil secara nubuat melukiskan pertumbuhan Kerajaan Allah dari awal yang tak berarti berupa murid-murid Yesus menjadi suatu alam rohani yang diakui dunia.

Wycliffe: Luk 13:21 - Ia seumpama ragi 21. Ia seumpama ragi. Kiasan ini berkaitan dengan pertumbuhan yang diam-diam namun kuat dari Kerajaan Allah di antara manusia (bdg. 12:1). Yesus tidak...

21. Ia seumpama ragi. Kiasan ini berkaitan dengan pertumbuhan yang diam-diam namun kuat dari Kerajaan Allah di antara manusia (bdg. 12:1). Yesus tidak mengatakan bahwa dunia akan bertobat; tetapi secara tidak langsung Dia mengatakan bahwa dunia akan dipengaruhi oleh Kerajaan Allah itu.

Wycliffe: Luk 13:22 - Meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem 22. Meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dengan ungkapan ini Lukas kembali kepada tema 9:31. Dia menyusun bagian ini berdasarkan perjalanan terakhi...

22. Meneruskan perjalanan-Nya ke Yerusalem. Dengan ungkapan ini Lukas kembali kepada tema 9:31. Dia menyusun bagian ini berdasarkan perjalanan terakhir Sang Juruselamat.

Wycliffe: Luk 13:23 - Sedikit sajakah orang yang diselamatkan? 23. Sedikit sajakah orang yang diselamatkan? Ajaran moral oleh Tuhan Yesus demikian keras sehingga para pendengar-Nya yakin bahwa hanya sedikit orang ...

23. Sedikit sajakah orang yang diselamatkan? Ajaran moral oleh Tuhan Yesus demikian keras sehingga para pendengar-Nya yakin bahwa hanya sedikit orang yang bisa diselamatkan.

Wycliffe: Luk 13:24 - Pintu yang sesak // sesak 24. Pintu yang sesak. Yang dimaksudkan dengan sesak adalah sempit.

24. Pintu yang sesak. Yang dimaksudkan dengan sesak adalah sempit.

Wycliffe: Luk 13:25 - Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu 25. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu. Pintu dari rumah di Timur dikunci pada malam hari untuk mencegah masuknya pencuri, dan tida...

25. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu. Pintu dari rumah di Timur dikunci pada malam hari untuk mencegah masuknya pencuri, dan tidak akan dibuka hingga pagi hari. Apabila seorang mengetuk pintu pada malam hari, orang tersebut akan dicurigai, dan pada umumnya akan diusir.

Wycliffe: Luk 13:26 - Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu 26. Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu. Di Timur, makan dan minum dengan seseorang merupakan tanda persahabatan yang tetap,

26. Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu. Di Timur, makan dan minum dengan seseorang merupakan tanda persahabatan yang tetap,

Wycliffe: Luk 13:27 - Aku tidak tahu dari mana kamu datang 27. Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Keselamatan tergantung pada pengenalan pribadi akan Dia, bukan pada pengetahuan tentang reputasi-Nya.

27. Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Keselamatan tergantung pada pengenalan pribadi akan Dia, bukan pada pengetahuan tentang reputasi-Nya.

Wycliffe: Luk 13:28 - Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana 28. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana artinya "di tempat itu."

28. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi. Di sana artinya "di tempat itu."

Wycliffe: Luk 13:30 - Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu 30. Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu. Yang dimaksudkan ialah bahwa pada saat penghakiman akan terjadi banyak kejutan.

30. Orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu. Yang dimaksudkan ialah bahwa pada saat penghakiman akan terjadi banyak kejutan.

Wycliffe: Luk 13:31 - Herodes hendak membunuh Engkau 31. Herodes hendak membunuh Engkau. Orang Farisi mungkin hanya berusaha untuk menakut-nakuti Yesus agar Dia meninggalkan wilayah itu. Dalam pada itu, ...

31. Herodes hendak membunuh Engkau. Orang Farisi mungkin hanya berusaha untuk menakut-nakuti Yesus agar Dia meninggalkan wilayah itu. Dalam pada itu, Herodes memiliki perasaan yang tidak enak, dan berpikir bahwa Yesus mungkin adalah Yohanes Pembaptis yang telah bangkit (bdg. 9:7).

Wycliffe: Luk 13:32 - Si serigala // Pada hari yang ketiga Aku akan selesai 32. Si serigala. Salah satu dari sedikit istilah penghinaan yang dipakai oleh Tuhan kita. Istilah itu mengandung arti kelicikan dan pengecut. Pada har...

32. Si serigala. Salah satu dari sedikit istilah penghinaan yang dipakai oleh Tuhan kita. Istilah itu mengandung arti kelicikan dan pengecut. Pada hari yang ketiga Aku akan selesai. Yesus menunjukkan bahwa Dia mempunyai suatu rencana hidup yang pasti, dan bahwa Ia tidak takut pada ancaman Herodes.

Wycliffe: Luk 13:33 - Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem 33. Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. Jawaban-Nya kepada orang Farisi berarti bahwa diri-Nya tidak merasa bahaya oleh...

33. Tidaklah semestinya seorang nabi dibunuh kalau tidak di Yerusalem. Jawaban-Nya kepada orang Farisi berarti bahwa diri-Nya tidak merasa bahaya oleh ancaman Herodes, tetapi oleh kekerasan dari kota mereka sendiri.

Wycliffe: Luk 13:34 - Yerusalem, Yerusalem 34. Yerusalem, Yerusalem. Kristus meratapi kota itu karena kasih-Nya dan karena apa yang Ia lihat tentang masa depan. Dia sangat mengetahui apa yang a...

34. Yerusalem, Yerusalem. Kristus meratapi kota itu karena kasih-Nya dan karena apa yang Ia lihat tentang masa depan. Dia sangat mengetahui apa yang akan menimpa kota itu.

Wycliffe: Luk 13:35 - Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi // Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan 35. Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Penghancuran Bait Suci pada tahun 70 M dan pengusiran orang-orang Yahudi kemudian ol...

35. Sesungguhnya rumahmu ini akan ditinggalkan dan menjadi sunyi. Penghancuran Bait Suci pada tahun 70 M dan pengusiran orang-orang Yahudi kemudian oleh Hadrian (135 M) memusnahkan sama sekali persemakmuran Yahudi itu. Diberkatilah Dia yang datang dalam nama Tuhan. Sebuah kutipan dari Mzm. 118:26 yang dikenakan kepada Mesias. Yesus mengidentifikasi diri-Nya dengan pengharapan bangsa itu.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 13:1-5 - Orang-orang Galilea yang Dibunuh Dalam pasal ini diceritakan tentang: I. Kristus memanfaatkan sebuah kabar yang disampaikan kepada-Nya tentang orang-orang Galilea, yang belum ...

Matthew Henry: Luk 13:6-9 - Pohon Ara yang Tidak Berbuah Pohon Ara yang Tidak Berbuah (13:6-9) Perumpamaan ini dimaksudkan untuk memperkuat peringatan yang diberikan Kristus sebelumnya, "Jikalau kamu tida...

Matthew Henry: Luk 13:10-17 - Perempuan yang Sakit Disembuhkan Perempuan yang Sakit Disembuhkan (13:10-17) Di sini terdapat: I. Mujizat kesembuhan yang dialami seorang perempuan yang sudah lama dirasuk roh ...

Matthew Henry: Luk 13:18-22 - Perumpamaan tentang Biji Sesawi dan Ragi Perumpamaan tentang Biji Sesawi dan Ragi (13:18-22) Dalam perikop di atas kita lihat: I. Kemajuan Injil dinubuatkan dalam dua perumpamaan, yang...

Matthew Henry: Luk 13:23-30 - Peringatan terhadap Rasa Ingin Tahu yang Berlebihan; Nasib Orang-orang yang Mengaku Percaya Namun Be Peringatan terhadap Rasa Ingin Tahu yang Berlebihan; Nasib Orang-orang yang Mengaku Percaya Namun Berdosa (13:23-30) Di sini kita mendapati: I....

Matthew Henry: Luk 13:31-35 - Pesan Kristus kepada Herodes Pesan Kristus kepada Herodes (13:31-35) Inilah: I. Sebuah saran kepada Kristus tentang bahaya yang mengancam dari Herodes, ketika Ia sekarang s...

SH: Luk 12:54--13:9 - Bukan performa tetapi buah. (Minggu, 29 Februari 2004) Bukan performa tetapi buah. Apa yang menjadi tanda meyakinkan bahwa seseorang itu milik Tuhan? Gaya hidupnya atau buahnya? Yesus menegur or...

SH: Luk 13:1-9 - Kesempatan kesekian kali (Senin, 12 Februari 2007) Kesempatan kesekian kali Tuhan Yesus diperhadapkan dengan pandangan umum orang Yahudi bahwa orang yang mati dalam suatu bencana pasti disebabkan ...

SH: Luk 13:1-21 - Lima menit terlalu lama bagi Allah. Orang Yahudi mempunyai (Senin, 27 Maret 2000) Lima menit terlalu lama bagi Allah. Orang Yahudi mempunyai pemahaman bahwa orang yang mengalami malapetaka dan bencana adalah orang yang dosan...

SH: Luk 13:10-21 - Keselamatan bagi siapa saja (Selasa, 13 Februari 2007) Keselamatan bagi siapa saja Hari Sabat merupakan hari yang sakral bagi orang Yahudi. Begitu berlebihan arti kesakralan yang diberikan pada hari S...

SH: Luk 13:10-21 - Kerajaan Allah vs kemunafikan. (Senin, 1 Maret 2004) Kerajaan Allah vs kemunafikan. Tanda-tanda kehadiran Allah tidak selalu terwujud dalam hal yang besar dan menakjubkan. Seperti misalnya, dua...

SH: Luk 13:22-35 - Sekarang waktunya! (Rabu, 14 Februari 2007) Sekarang waktunya! Free pass adalah tiket bebas masuk untuk menonton film di bioskop. Tiket ini diberikan kepada orang-orang yang bekerja atau me...

SH: Luk 13:22-35 - Waktu penyelamatan yang sempit. (Selasa, 2 Maret 2004) Waktu penyelamatan yang sempit. "Orang modern terkenal dengan kesibukan dan jadwal yang padat. Sampai-sampai mereka tidak memiliki waktu unt...

SH: Luk 13:22-35 - Hati-hati 'Gede Rasa' rohani sangat berbahaya. Ada seorang (Selasa, 28 Maret 2000) Hati-hati 'Gede Rasa' rohani sangat berbahaya. Ada seorang Kristen yang merasa senang sekali karena akan berjumpa dengan Bapak X yang sekarang...

Topik Teologia: Luk 13:6 - -- Pengudusan Pengudusan: Sasaran dan Hambatan

Topik Teologia: Luk 13:10 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wanita-wanita sebagai Teladan Iman W...

Topik Teologia: Luk 13:11 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Iblis-iblis Natur Para Iblis Istilah-istilah untuk Menggambarkan Iblis Roh-roh ...

Topik Teologia: Luk 13:16 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Setan Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Pelayanan Yesus Wan...

Topik Teologia: Luk 13:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 13:23 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Luk 13:24 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Luk 13:25 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 13:27 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

Topik Teologia: Luk 13:28 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kedaulatan Pemerintahan Allah Pemerintahan Allah (Kerajaan) di Dalam Perjanjia...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) Injil karangan Lukas Ciri khas yang ada pada injil ketiga berasal dari kepribadian pengarangnya yang sangat menarik. Kepribadian Lukas itu di mana-man...

Ende: Lukas (Pendahuluan Kitab) INDJIL JESUS KRISTUS KARANGAN LUKAS KATA PENGANTAR Tentang pribadi pengarang Lukas dari semula terkenal sebagai pengarang Indjil ketiga dan Kisah Rasu...

Wycliffe: Lukas (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN LUKAS Injil menurut Lukas merupakan kisah paling lengkap tentang kehidupan Yesus yang masih bertahan sejak zaman rasuli. Injil ini dimaks...

Wycliffe: Lukas (Garis Besar) GARIS BESAR LUKAS I. Pendahuluan 1:1-4 II. Pemberitaan Tentang Juruselamat 1:5-2:52 A. Pemberitaan kepada Zakharia 1:5-25 ...

BIS: Lukas (Pendahuluan Kitab) KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS PENGANTAR Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk I

KABAR BAIK YANG DISAMPAIKAN OLEH LUKAS

PENGANTAR

Buku Kabar Baik oleh Lukas mengemukakan Yesus sebagai Raja Penyelamat yang dijanjikan Allah untuk Israel dan untuk seluruh umat manusia. Dalam bukunya ini Lukas menulis bahwa Yesus telah diberi tugas oleh Roh Tuhan untuk menyiarkan Kabar Baik dari Allah kepada orang miskin. Kabar Baik ini penuh dengan perhatian terhadap orang-orang dengan berbagai-bagai kebutuhan. Nampak pula suatu nada sukacita dalam buku Lukas ini, terutama pada pasal-pasal pertama mengenai kedatangan Yesus, kemudian pada bagian penutupnya juga mengenai terangkatnya Yesus naik ke surga. Kisah tentang tumbuhnya dan tersebarnya agama Kristen setelah Yesus naik ke surga diceritakan juga oleh penulis buku ini di dalam buku Kisah Rasul-rasul.

Bagian 2 dan 6 (lihat Isi buku di bawah ini) berisi banyak unsur cerita yang hanya terdapat dalam buku Kabar Baik ini. Misalnya, cerita tentang nyanyian para malaikat serta kunjungan para gembala pada saat kelahiran Yesus, Yesus di Rumah Tuhan ketika masih anak-anak, dan juga perumpa maan tentang Orang Samaria yang baik hati dan Anak yang hilang. Buku ini sangat menekankan juga hal doa, Roh Allah, peranan wanita dalam pelayanan Yesus dan pengampunan dosa oleh Allah.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Luk 1:1-4
  2.  Kelahiran dan masa kanak-kanak dari Yohanes Pembaptis dan Yesus
    Luk 1:5-2:52
  3.  Pelayanan Yohanes Pembaptis
    Luk 3:1-20
  4.  Baptisan Yesus dan cobaan terhadap diri-Nya
    Luk 3:21-4:13
  5.  Pelayanan Yesus di tengah-tengah masyarakat Galilea
    Luk 4:14-9:50
  6.  Dari Galilea ke Yerusalem
    Luk 9:51-19:27
  7.  Minggu terakhir di Yerusalem dan sekitarnya
    Luk 19:28-23:56
  8.  Kebangkitan Yesus dari kematian, penampakan diri-Nya
    dan terangkat-Nya ke surga
    Luk 24:1-53

Ajaran: Lukas (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelah

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Injil Lukas, orang-orang Kristen mengerti sejarah kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia, mulai dari silsilah kelahiran-Nya sampai kepada kematian-Nya. Dan mengenal akan kehidupan Tuhan Yesus sebagai manusia yang sejati dan suci, penuh kesederhanaan dan ketulusan hati, sebagai teladan mereka dalam hidup kekristenan.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 62 SM.

Penerima : Theofilus (artinya sahabat Allah) Dan juga kepada orang-orang yang percaya pada Yesus.

Isi Kitab: Injil Lukas terdiri atas 24 pasal. Isi Injil ini menjelaskan kasih karunia Allah bagi segala bangsa. Orang-orang yang dipandang rendah oleh dunia, tidak dipandang rendah oleh Allah, seperti kaum wanita dan juga orang-orang miskin. Di dalam Injil ini juga nampak kesucian, kesederhanaan, dan keluhuran budi Tuhan Yesus sebagai manusia sejati. Bagi orang Kristen Tuhan Yesus adalah satu-satunya teladan sempurna. Karena itu, orang Kristen dipanggil untuk hidup seperti Yesus hidup.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Injil Lukas

  1. _Bagian Pertama_

    Pengajaran tentang Yesus Kristus sebagai anak manusia, yang dibuktikan dengan perasaan dan sikap yang diperlihatkannya terhadap orang-orang yang dianggap rendah oleh masyarakat

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Luk 7:13. Nats ini menceritakan tentang seorang janda yang kematian anaknya. Tuhan Yesus yang melihat kesedihan janda itu, merasa kasihan sehingga ia menghidupkan anak yang sudah mati itu. Hal ini membuktikan bahwa Yesus Kristus adalah manusia sejati dan juga Allah sejati. Selain itu ayat ini juga mengajarkan setiap orang percaya untuk mengasihi orang lain. _Tanyakan_: pernahkah saudara mengasihi orang lain?
    2. Bacalah pasal Luk 7:37-50. Tuhan Yesus memperhatikan dan mengampuni wanita berdosa yang bertobat.
    3. Bacalah pasal Luk 10:25-37. Bagian ini menjelaskan perumpamaan Tuhan Yesus, tentang seorang Samaria yang lebih baik hati dari para imam Yahudi. Hal ini mengajarkan kepada setiap orang Kristen untuk mengasihi dengan tidak memandang suku bangsa, atau kaya miskin. Sudahkah saudara menolong orang lain?
    4. Bacalah pasal Luk 15:1-7. Tuhan Yesus bergaul dengan para pemungut cukai, karena mereka mau mendengarkan perkataan Tuhan Yesus dan bertobat dari perbuatan pemerasan yang mereka lakukan.
    5. Bacalah pasal Luk 16:20-21. Bagian ini membuktikan bahwa Tuhan Yesus mengasihi semua manusia, sampai kepada para pengemis. Bagaimanakah dengan kasih saudara? Apakah saudara mengasihi orang-orang yang dapat memberikan sesuatu kepada saudara saja?
    6. Bacalah pasal Luk 17:12. Bagian ini menjelaskan bahwa Tuhan Yesus mengasihi dan memperhatikan orang-orang sakit. Apakah yang saudara lakukan terhadap seorang saudara/anggota/jemaat yang sedang sakit lagi miskin?
    7. Bacalah pasal Luk 23:40-43. Tuhan Yesus memperhatikan seorang penjahat dan juga mengampuni dosanya, karena ia mau bertobat.
  2. _Bagian Kedua_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, memberikan teladan dalam kehidupan doa, khususnya berhubungan dengan peristiwa/kegiatan penting

    Pendalaman

    1. Ia berdoa di saat pembaptisan (Luk 3:21).
    2. Ia berdoa sesudah mujizat-mujizat dilaksanakan (Luk 5:15-16).
    3. Ia berdoa sebelum memilih murid-murid-Nya (Luk 6:12).
    4. Ia berdoa sebelum memberikan nubuat pertama tentan penderitaan-Nya (Luk 9:18-22).
    5. Ia berdoa pada saat permuliaan-Nya di bukit (Luk 9:29).
    6. Ia berdoa di saat ketujuh puluh murid-Nya kembal (Luk 10:17-21).
    7. Ia berdoa sebelum mengajar murid-murid-Nya tentang car berdoa (Luk 11:1).
    8. Ia berdoa di Taman Getsemani menjelang penderitaan-Ny (Luk 22:39-46).
    9. Ia berdoa di atas salib (Luk 23:34,46).

    Tuhan Yesus selalu berdoa dalam setiap keadaan dan keperluan, maka apakah yang saudara lakukan pada saat-saat menghadapi keperluan/kepentingan dalam hidup?

  3. _Bagian Ketiga_

    Tuhan Yesus sebagai anak manusia, mengasihi semua manusia di dunia

    Pendalaman

    Bacalah pasal Luk 3:6; 24:46-53. Bagian ini menjelaskan, bahwa keselamatan adalah untuk setiap manusia yang percaya pada Tuhan Yesus. Dengan demikian setiap orang yang telah diselamatkan oleh Tuhan Yesus, haruslah juga memberitakan keselamatan itu kepada orang lain. Berdasarkan pasal Luk 24:47-48, siapakah yang bertugas untuk meneruskan berita pengampunan dosa ini kepada semua manusia? Sudahkah saudara menginjili?

II. Kesimpulan

Melalui Injil Lukas jelaslah kita lihat bahwa Tuhan Yesus adalah Anak Manusia sejati, yang dibuktikan melalui kehidupan-Nya sehari-hari.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Injil Lukas?
  2. Apakah pokok pengajaran Injil Lukas?
  3. Buktikanlah bahwa Yesus Kristus adalah anak manusia?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima dari mempelajari Injil Lukas?

Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) Yang paling manusiawi dari semua Injil SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan se

Yang paling manusiawi dari semua Injil

SIAPA PENULIS INJIL LUKAS?
Injil ini ditulis oleh seorang dokter yang bernama Lukas, seorang teman dan rekan sekerja rasul Paulus (Kol 4:14; File 24 dan 2Tim 4:11). Lukas sendiri bukanlah seorang saksi mata dari kehidupan Yesus (Luk 1:1-4). Tradisi mengatakan bahwa ia seorang bukan Yahudi, berstatus bujangan dan hidup sampai usia delapan puluh empat tahun.

MENGAPA INJIL INI DITULIS?
Lukas mempunyai beberapa tujuan:
1. Ia ingin menulis kisah kehidupan Yesus secara teratur yang berdasarkan bukti dari saksi mata yang benar (Luk 1:1-4).
2. Ia ingin mencatat permulaan dan perkembangan Kekristenan, yang dikerjakannya dalam dua bagian. Kisah para Rasul merupakan buku kedua. Lukas menunjukkan bagaimana Allah bekerja di sepanjang sejarah dan khususnya mengenai cara bagaimana para pengikut Yesus dengan cepat tersebar dari Galilea ke Roma.
3. Ia ingin menyatakan bahwa Yesus adalah Juruselamat bagi semua golongan manusia dan bukan hanya bagi sekelompok orang.
4. Ia ingin menunjukkan kepada para penguasa Romawi bahwa Kekristenan bukanlah ancaman bagi tatanan politik yang baik.

SIAPA SAJA PEMBACA INJIL LUKAS?
1. Lukas menujukan Injilnya kepada Teofilus (Luk 1:3), yang boleh jadi adalah seorang bukan Yahudi dari golongan menengah atas yang sudah bertobat dan menjadi Kristen. Namanya berarti 'dikasihi Allah', tetapi selain itu tidak ada lagi yang kita ketahui tentang dia.
2. Disamping itu Lukas berharap mendapatkan sidang pembaca yang lebih luas, yang mencakup orang-orang bukan Yahudi lainnya dan mungkin khususnya para aparat pemerintahan Romawi.

CIRI-CIRI KHUSUS.
1. Cara Lukas bercerita tak ada bandingannya. Kemampuannya menyusun kata-kata tampak dalam gaya bahasa Yunaninya yang sangat baik.
2. Lukas juga lebih tertarik dengan kehidupan manusiawi Yesus dan lebih banyak bercerita mengenai awal hidup dan masa kanak-kanak Yesus dibanding dengan Injil-injil lainnya.
3. Dalam hal-hal lain, Injil Lukas juga lebih lengkap mencatat lebih banyak perumpamaan, kisah tentang banyak orang, serta kebangkitan Yesus dibanding dengan Injil lainnya.
4. Lukas lebih menunjukkan perhatiannya kepada pribadi-pribadi, khususnya anak-anak dan orang-orang yang tersingkir dari masyarakat, daripada para penulis Injil lainnya.
5. Lukas juga mempunyai perhatian khusus lainnya, sebagai contoh tentang: doa, Roh Kudus dan tema sukacita.

Pesan

1. Kabar baIk tentang keselamatan.
Berita dari Lukas ialah bahwa Allah telah datang untuk menyelamatkan manusia
dari dosa dan keadaan mereka.
o Allah adalah Juruselamat. Luk 1:47
o Kristus dilahirkan untuk menyelamatkan. Luk 2:11, 30; 3:6
o Dia datang untuk menyelamatkan yang hilang. Luk 19:9, 10
o Keselamatan datang oleh iman. Luk 7:50;8:12
o Keselamatan berarti kehilangan nyawa sekarang. Luk 9:24
o Keselamatan dimungkinkan karena Kristus tidak menyelamatkan diri-Nya sendiri. Luk 23:35-43
o Keselamatan tersedia saat ini. Luk 4:21; 19:9

2. Kabar baik tentang Kerajaan Allah.
Bagian pusat Injil Lukas (Luk 9:51-19:44) banyak
berbicara mengenai Kerajaan Allah yang menjadi pusat dari khotbah Yesus. Luk 4:43; 8:1
o Kerajaan Allah itu kekal. Luk 1:33
o Kerajaan Allah milik orang yang miskin. Luk 6:20
o Murid-murid-Nya harus memberitakan
o Kerajaan Allah. Luk 9:2, 11
o Kepentingan Kerajaan Allah harus didahulukan. Luk 9:60-62; 12:31
o Umat harus berdoa untuk Kerajaan Allah. Luk 11:2
o Kerajaan Allah adalah anugerah dari Allah. Luk 12:32; 22:29
o Kerajaan Allah seperti... Luk 13:18-30
o Orang kaya sukar untuk masuk. Luk 18:18-30
o Kerajaan Allah sudah dekat sekarang. Luk 10:9, 11; 11:20; 17:20, 21
o Tetapi, Kerajaan Allah juga akan datang. Luk 24:31
3. Kabar baik terlIhat dalam diri Yesus.
Kabar baik bukanlah suatu dongeng atau cerita anak-anak tetapi didukung oleh
peristiwa-peristiwa yang terjadi dalam kehidupan Yesus.
o Sejarah itu penting. Luk 1:1-4
o Allah telah merencanakannya sejak dahulu kala. Luk 3:23-38
o Allah bekerja di dalam kehidupan Yesus.
Banyak saksi mata melihatnya:
- pada saat kelahiran-Nya. Luk 2:30
- pada saat Yesus dibaptis. Luk 3:22
- dalam mukjizat-mukjizat yang dilakukan-Nya. Luk 4:36; 7:16
- dalam kematian-Nya. 23:39-49
- dalam kebangkitan-Nya. Luk 24:1-49 Yesus masih bekerja melalui murid-murid-Nya. Luk 24:48
Yesus sedang bekerja di seluruh dunia. Yerusalem hanyalah permulaan saja. Luk 24:47

Penerapan

Berita Injil Lukas dapat diterapkan kepada dua golongan utama:
1. Kepada mereka yang tidak percaya kepada Yesus.
Percaya kepada Yesus berarti:
o mempercayai kesaksian sejarah
o mengenaI pengampunan Allah
o mampu untuk hidup baru
o ikut ambil bagian dalam Kerajaan Allah
o tidak menuntut segala yang terbaik atau terhormat
o dituntut untuk rendah hati dan mau mengorbankan segalanya bagi Yesus
o mendapat anugerah besar pada masa yang akan datang
2. Kepada mereka yang percaya sungguh-sungguh kepada Yesus. Iman kepada Yesus
berarti Anda harus:

o bersukacita dan bersyukur dalam kehidupan
o meneladani kasih Yesus kepada semua orang
o ikut ambil bagian dalam penyebaran kabar baik tentang Kerajaan Allah.
o "mematikan" diri sendiri setiap hari
o berdoa seperti yang diajarkan Yesus
o menjadikan Kerajaan Allah prioritas Anda yang jelas
o percaya bahwa Allah mengendalikan dunia

Tema-tema Kunci

Inilah sebagian dari ajaran-ajaran penting dalam Injil Lukas: 1. Doa. Lukas sering berbicara tentang kehidupan doa Yesus: Luk 3:21; 5:16; 6:12; 9:18-22, 29; 10:17-21; 11:1; 22:39-46; 23:34, 46. Ia juga mencatat perumpamaan-perumpamaan Yesus tentang doa: Luk 11:5-13; 18:1-8. Apa yang dapat kita pelajari dari ayat-ayat tersebut tentang kapan Anda harus berdoa, bagaimana berdoa dan apa yang didoakan?

2. Roh Kudus. Lukas menekankan pekerjaan Roh Kudus dalam kehidupan Yesus. Tulislah saat-saat dalam kehidupan Yesus ketika Roh Kudus disebut: contoh Luk 1:35; 4:1, 14, 18; 10:21, 22; 24:49. Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat ini mengenai Roh Kudus?

3. Pujian dan sukacita. Injil Lukas diawali dengan sejumlah lagu pujian: Luk 1:46-55, 68-79; 2:14; dan Luk 2:29- 32. Sebutkan bagian-bagian lain dalam Injil yang berbicara tentang sukacita. 4. Pengampunan. Pada dasarnya kabar baik berisi berita tentang pengampunan dosa. Mengapa pengajaran Yesus mengenai pengampunan menimbulkan perubahan secara besar-besaran? Pelajarilah dengan saksama apa yang Yesus katakan mengenai pengampunan dalam: Luk 5:17-25; 6:37; 7:36-50; 11:4; 17:3-4; 23:34; 24:47.

5. Uang. Lukas lebih banyak berbicara mengenai uang dibandingkan dengan Injil-injil lainnya dan menempatkan masalah orang miskin secara khusus. Lagi-lagi pesannya sangat revolusioner. Carilah ajaran tersebut dalam ayat-ayat berikut: Luk 1:53; 4:18; 6:20; 12:13-34; 15.8-10; 16:1-15, 19-31; 18:1-14; 19:1-27; 20:19-26.

6. Wanita dan anak-anak. Catatlah mengenai beberapa wanita yang terdapat dalam Injil Lukas. Masyarakat pada zaman Yesus biasanya tidak menganggap bahwa wanita layak mendapat banyak perhatian. Tetapi, Lukas menekankan mengenai kasih Allah terhadap semua orang bahkan terhadap wanita, orang-orang yang tersingkir dan anak-anak. Pelajarilah ayat-ayat tentang anak-anak berikut ini dan buatlah ringkasan dari ajaran yang terdapat di dalamnya: Luk 8:40-56; 9:37-43, 46-48; 18:15-17.

Garis Besar Intisari: Lukas (Pendahuluan Kitab) [1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4 [2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13 Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis Luk 1:26-

[1] PENDAHULUAN Luk 1:1-4

[2] MASA MUDA SANG JURUSELAMAT Luk 1:5-4:13

Luk 1:5-25Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 1:26-38Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
Luk 1:39-56Kunjungan Maria ke rumah Elizabet
Luk 1:57-80Kelahiran Yohanes Pembaptis
Luk 2:1-38Kelahiran Yesus
Luk 2:39-52Masa kanak-kanak Yesus
Luk 3:1-22Khotbah Yohanes Pembaptis
Luk 3:23-38Silsilah Yesus
Luk 4:1-13Pencobaan Yesus

[3] SANG JURUSELAMAT DI GALILEA Luk 4:14-9:50

Luk 4:14-30Yesus memulai pelayanan-Nya
Luk 4:31-44Yesus menyembuhkan di Kapernaum
Luk 5:1-26Yesus melakukan mukjizat
Luk 5:27-39Panggilan dan di rumah perjamuan
Luk 6:1-11Lewi Perdebatan mengenai hari Sabat
Luk 6:12-16Yesus memilih murid-murid-Nya
Luk 6:17-49Yesus berkhotbah di depan orang banyak
Luk 7:1-17Mukjizat kesembuhan dan kebangkitan orang mati
Luk 7:18-35Pertanyaan-pertanyaan Yohanes terjawab
Luk 7:36-50Seorang pelacur menyembah Yesus
Luk 8:1-21Mengajar firman Allah
Luk 8:22-56Tiga mukjizat lagi
Luk 9:1-6Yesus mengutus murid-murid-Nya untuk misi penginjilan
Luk 9:7-9Reaksi Herodes terhadap Yesus
Luk 9:10-17Pemberian makan kepada lima ribu orang
Luk 9:18-27Yesus menanyakan pertanyaan yang penting
Luk 9:28-36Transfigurasi (perubahan rupa) Yesus
Luk 9:37-50Yesus berbicara dengan murid-murid-Nya

[4] SANG JURUSELAMAT PERGI KE YERUSALEM Luk 9:51-19:44

Luk 9:51-62Harga yang harus dibayar untuk mengikut Yesus
Luk 10:1-24Pengutusan tujuh puluh murid
Luk 10:25-37Perumpamaan tentang orang Samaria yang baik
Luk 10:38-42Maria dan Marta
Luk 11:1-13Ajaran tentang doa
Luk 11:14-36Ajaran tentang roh-roh dan tanda-tanda
Luk 11:37-54Kecaman terhadap orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat
Luk 12:1-59Mengajar orang banyak
Luk 13:1-9Kecuali jika engkau bertobat...
Luk 13:10-17Seorang wanita cacat disembuhkan
Luk 13:18-30Kerajaan Allah itu seperti...
Luk 13:31-35Yerusalem dan para nabi
Luk 14:1-24Makan malam bersama seorang Farisi
Luk 14:25-35Harga yang harus dibayar untuk menjadi seorang murid
Luk 15:1-32Tiga kisah tentang yang hilang
Luk 6:1-31Ajaran tentang uang
Luk 17:1-10Ajaran tentang pelayanan
Luk 17:11-19Penyembuhan sepuluh orang kusta
Luk 17:20-37Kedatangan Kerajaan Allah
Luk 18:1-17Ajaran mengenai keadilan dan kerendahan hati
Luk 18:18-34Yesus bertemu dengan seorang penguasa muda yang kaya-raya
Luk 18:35-43Mata seorang pengemis dicelikkan
Luk 19:1-10Yesus bertemu Zakheus
Luk 19:11-27Perumpamaan tentang uang mina
Luk 19:28-44Masuk ke Yerusalem

[5] JURUSELAMAT DI YERUSALEM Luk 9:45-24:53

Luk 19:45-21:4Yesus mengajar di Bait Allah
Luk 21:5-38Yesus berbicara mengenai akhir zaman
Luk 22:1-38Perjamuan Malam Terakhir
Luk 22:39-53Kejadian di taman Getsemani
Luk 22:54-62Penyangkalan Petrus
Luk 22:63-23:25Pengadilan atas Yesus
Luk 23:26-56Penyaliban dan penguburan
Luk 24:1-49Kebangkitan
Luk 24:50-53Kenaikan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.77 detik
dipersembahkan oleh YLSA