kecilkan semua  

Teks -- Lukas 1:1-80 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pendahuluan
1:1 Teofilus yang mulia, Banyak orang telah berusaha menyusun suatu berita tentang peristiwa-peristiwa yang telah terjadi di antara kita, 1:2 seperti yang disampaikan kepada kita oleh mereka, yang dari semula adalah saksi mata dan pelayan Firman. 1:3 Karena itu, setelah aku menyelidiki segala peristiwa itu dengan seksama dari asal mulanya, aku mengambil keputusan untuk membukukannya dengan teratur bagimu, 1:4 supaya engkau dapat mengetahui, bahwa segala sesuatu yang diajarkan kepadamu sungguh benar.
Pemberitahuan tentang kelahiran Yohanes Pembaptis
1:5 Pada zaman Herodes, raja Yudea, adalah seorang imam yang bernama Zakharia dari rombongan Abia. Isterinya juga berasal dari keturunan Harun, namanya Elisabet. 1:6 Keduanya adalah benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah dan ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. 1:7 Tetapi mereka tidak mempunyai anak, sebab Elisabet mandul dan keduanya telah lanjut umurnya. 1:8 Pada suatu kali, waktu tiba giliran rombongannya, Zakharia melakukan tugas keimaman di hadapan Tuhan. 1:9 Sebab ketika diundi, sebagaimana lazimnya, untuk menentukan imam yang bertugas, dialah yang ditunjuk untuk masuk ke dalam Bait Suci dan membakar ukupan di situ. 1:10 Sementara itu seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Waktu itu adalah waktu pembakaran ukupan. 1:11 Maka tampaklah kepada Zakharia seorang malaikat Tuhan berdiri di sebelah kanan mezbah pembakaran ukupan. 1:12 Melihat hal itu ia terkejut dan menjadi takut. 1:13 Tetapi malaikat itu berkata kepadanya: "Jangan takut, hai Zakharia, sebab doamu telah dikabulkan dan Elisabet, isterimu, akan melahirkan seorang anak laki-laki bagimu dan haruslah engkau menamai dia Yohanes. 1:14 Engkau akan bersukacita dan bergembira, bahkan banyak orang akan bersukacita atas kelahirannya itu. 1:15 Sebab ia akan besar di hadapan Tuhan dan ia tidak akan minum anggur atau minuman keras dan ia akan penuh dengan Roh Kudus mulai dari rahim ibunya; 1:16 ia akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan, Allah mereka, 1:17 dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik kepada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan bagi Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya." 1:18 Lalu kata Zakharia kepada malaikat itu: "Bagaimanakah aku tahu, bahwa hal ini akan terjadi? Sebab aku sudah tua dan isteriku sudah lanjut umurnya." 1:19 Jawab malaikat itu kepadanya: "Akulah Gabriel yang melayani Allah dan aku telah diutus untuk berbicara dengan engkau dan untuk menyampaikan kabar baik ini kepadamu. 1:20 Sesungguhnya engkau akan menjadi bisu dan tidak dapat berkata-kata sampai kepada hari, di mana semuanya ini terjadi, karena engkau tidak percaya akan perkataanku yang akan nyata kebenarannya pada waktunya." 1:21 Sementara itu orang banyak menanti-nantikan Zakharia. Mereka menjadi heran, bahwa ia begitu lama berada dalam Bait Suci. 1:22 Ketika ia keluar, ia tidak dapat berkata-kata kepada mereka dan mengertilah mereka, bahwa ia telah melihat suatu penglihatan di dalam Bait Suci. Lalu ia memberi isyarat kepada mereka, sebab ia tetap bisu. 1:23 Ketika selesai jangka waktu tugas jabatannya, ia pulang ke rumah. 1:24 Beberapa lama kemudian Elisabet, isterinya, mengandung dan selama lima bulan ia tidak menampakkan diri, katanya: 1:25 "Inilah suatu perbuatan Tuhan bagiku, dan sekarang Ia berkenan menghapuskan aibku di depan orang."
Pemberitahuan tentang kelahiran Yesus
1:26 Dalam bulan yang keenam Allah menyuruh malaikat Gabriel pergi ke sebuah kota di Galilea bernama Nazaret, 1:27 kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. 1:28 Ketika malaikat itu masuk ke rumah Maria, ia berkata: "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." 1:29 Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. 1:30 Kata malaikat itu kepadanya: "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. 1:31 Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. 1:32 Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya, 1:33 dan Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." 1:34 Kata Maria kepada malaikat itu: "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami?" 1:35 Jawab malaikat itu kepadanya: "Roh Kudus akan turun atasmu dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. 1:36 Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, iapun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan yang keenam bagi dia, yang disebut mandul itu. 1:37 Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." 1:38 Kata Maria: "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; jadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Maria dan Elisabet
1:39 Beberapa waktu kemudian berangkatlah Maria dan langsung berjalan ke pegunungan menuju sebuah kota di Yehuda. 1:40 Di situ ia masuk ke rumah Zakharia dan memberi salam kepada Elisabet. 1:41 Dan ketika Elisabet mendengar salam Maria, melonjaklah anak yang di dalam rahimnya dan Elisabetpun penuh dengan Roh Kudus, 1:42 lalu berseru dengan suara nyaring: "Diberkatilah engkau di antara semua perempuan dan diberkatilah buah rahimmu. 1:43 Siapakah aku ini sampai ibu Tuhanku datang mengunjungi aku? 1:44 Sebab sesungguhnya, ketika salammu sampai kepada telingaku, anak yang di dalam rahimku melonjak kegirangan. 1:45 Dan berbahagialah ia, yang telah percaya, sebab apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan, akan terlaksana."
Nyanyian pujian Maria
1:46 Lalu kata Maria: "Jiwaku memuliakan Tuhan, 1:47 dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, 1:48 sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia, 1:49 karena Yang Mahakuasa telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepadaku dan nama-Nya adalah kudus. 1:50 Dan rahmat-Nya turun-temurun atas orang yang takut akan Dia. 1:51 Ia memperlihatkan kuasa-Nya dengan perbuatan tangan-Nya dan mencerai-beraikan orang-orang yang congkak hatinya; 1:52 Ia menurunkan orang-orang yang berkuasa dari takhtanya dan meninggikan orang-orang yang rendah; 1:53 Ia melimpahkan segala yang baik kepada orang yang lapar, dan menyuruh orang yang kaya pergi dengan tangan hampa; 1:54 Ia menolong Israel, hamba-Nya, karena Ia mengingat rahmat-Nya, 1:55 seperti yang dijanjikan-Nya kepada nenek moyang kita, kepada Abraham dan keturunannya untuk selama-lamanya." 1:56 Dan Maria tinggal kira-kira tiga bulan lamanya bersama dengan Elisabet, lalu pulang kembali ke rumahnya.
Kelahiran Yohanes Pembaptis
1:57 Kemudian genaplah bulannya bagi Elisabet untuk bersalin dan iapun melahirkan seorang anak laki-laki. 1:58 Ketika tetangga-tetangganya serta sanak saudaranya mendengar, bahwa Tuhan telah menunjukkan rahmat-Nya yang begitu besar kepadanya, bersukacitalah mereka bersama-sama dengan dia. 1:59 Maka datanglah mereka pada hari yang kedelapan untuk menyunatkan anak itu dan mereka hendak menamai dia Zakharia menurut nama bapanya, 1:60 tetapi ibunya berkata: "Jangan, ia harus dinamai Yohanes." 1:61 Kata mereka kepadanya: "Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian." 1:62 Lalu mereka memberi isyarat kepada bapanya untuk bertanya nama apa yang hendak diberikannya kepada anaknya itu. 1:63 Ia meminta batu tulis, lalu menuliskan kata-kata ini: "Namanya adalah Yohanes." Dan merekapun heran semuanya. 1:64 Dan seketika itu juga terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata dan memuji Allah. 1:65 Maka ketakutanlah semua orang yang tinggal di sekitarnya, dan segala peristiwa itu menjadi buah tutur di seluruh pegunungan Yudea. 1:66 Dan semua orang, yang mendengarnya, merenungkannya dan berkata: "Menjadi apakah anak ini nanti?" Sebab tangan Tuhan menyertai dia.
Nyanyian pujian Zakharia
1:67 Dan Zakharia, ayahnya, penuh dengan Roh Kudus, lalu bernubuat, katanya: 1:68 "Terpujilah Tuhan, Allah Israel, sebab Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya, 1:69 Ia menumbuhkan sebuah tanduk keselamatan bagi kita di dalam keturunan Daud, hamba-Nya itu, 1:70 -- seperti yang telah difirmankan-Nya sejak purbakala oleh mulut nabi-nabi-Nya yang kudus -- 1:71 untuk melepaskan kita dari musuh-musuh kita dan dari tangan semua orang yang membenci kita, 1:72 untuk menunjukkan rahmat-Nya kepada nenek moyang kita dan mengingat akan perjanjian-Nya yang kudus, 1:73 yaitu sumpah yang diucapkan-Nya kepada Abraham, bapa leluhur kita, bahwa Ia mengaruniai kita, 1:74 supaya kita, terlepas dari tangan musuh, dapat beribadah kepada-Nya tanpa takut, 1:75 dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita. 1:76 Dan engkau, hai anakku, akan disebut nabi Allah Yang Mahatinggi; karena engkau akan berjalan mendahului Tuhan untuk mempersiapkan jalan bagi-Nya, 1:77 untuk memberikan kepada umat-Nya pengertian akan keselamatan yang berdasarkan pengampunan dosa-dosa mereka, 1:78 oleh rahmat dan belas kasihan dari Allah kita, dengan mana Ia akan melawat kita, Surya pagi dari tempat yang tinggi, 1:79 untuk menyinari mereka yang diam dalam kegelapan dan dalam naungan maut untuk mengarahkan kaki kita kepada jalan damai sejahtera." 1:80 Adapun anak itu bertambah besar dan makin kuat rohnya. Dan ia tinggal di padang gurun sampai kepada hari ia harus menampakkan diri kepada Israel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Elisabet the wife of Zacharias the priest; the mother of John the Baptist
 · Gabriel a specific angel,an angel who brought understanding to the prophet Daniel
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Herodes son of Antipater; king over Judea when Christ was born,a son of Herod the Great,a grandson of Herod the Great and son of Aristobulus and Berenice
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Maria mother of Jesus and wife of Joseph,a woman from Magdala in Galilee,the mother of James and Joses,the wife of Cleophas,the sister of Lazarus and Martha in Bethany,the mother of John Mark who was a nephew of Barnabas,a Christian woman in Rome who helped Paul
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Teofilus the man to whom the books of Luke and Acts were written
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yohanes a son of Zebedee; younger brother of James; the beloved disciple of Christ,a relative of Annas the high priest,a son of Mary the sister of Barnabas, and surnamed Mark,the father of Simon Peter
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah
 · Zakharia the father of John the baptist,a son of Berekiah, a righteous man who was killed by the Jewish authorities,son and successor of King Jeroboam,father of Abi, the mother of King Hezekiah,a leader of the tribe of Reuben,son of Meshelemiah; a door keeper for the tent of meeting,son of Jeiel and Maacah of Gibeon,a Levite gate keeper and harpist in David's time,a priest and trumpeter in David's time,son of Isshiah (Uzziel Kohath Levi),son of Hosah; a pre-exile Levite gatekeeper,a man of Manasseh in Gilead in Saul and David's time,a prince whom Jehoshaphat sent to teach the law around Judah,son of Benaiah (Asaph Levi),son of King Jehoshaphat,son of Jehoiada the priest; a prophet,a man who influenced King Uzziah for good,a Levite (Asaph) who helped Hezekiah cleanse the temple,a Levite (Kohath) who helped King Josiah restore the temple,a chief officer of the house of God in Josiah's time,son of Berechiah; a priest; writer of the book of Zechariah,leader among the Parosh clansmen who returned from exile,son of Bebai; leader among Bebai clansmen returned from exile,a lay man of the Elam Clan who put away his heathen wife,a man who stood with Ezra when he read the law to the assembly,son of Amariah of Judah,a descendant of Shelah,son of Pashhur; a priest whose descendants returned from exile,son of Jonathan (Asaph Levi),son of Jeberechiah; a witness to Isaiah's prophesy


Topik/Tema Kamus: Yohanes | Zakharia | Maria | Elisabet | Gabriel | Malaikat | Yesus | Lukas, Injil | Yohanes Pembaptis | Nazaret | Yesus Kristus | Berkat | Ucapan Syukur Maria | Janji Allah | Abraham | Janji, Perjanjian | Sunat | Anak | Belas Kasihan | Dupa | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Luk 1:6 - BENAR DI HADAPAN ALLAH. Nas : Luk 1:6 Lihat cat. --> Luk 2:25. [atau ref. Luk 2:25]

Nas : Luk 1:6

Lihat cat. --> Luk 2:25.

[atau ref. Luk 2:25]

Full Life: Luk 1:15 - PENUH DENGAN ROH KUDUS. Nas : Luk 1:15 Perhatikanlah hasil dari kehidupan dan pelayanan Yohanes yang penuh dengan Roh. Oleh kuasa Roh Kudus (1) khotbahnya menginsafka...

Nas : Luk 1:15

Perhatikanlah hasil dari kehidupan dan pelayanan Yohanes yang penuh dengan Roh. Oleh kuasa Roh Kudus

  1. (1) khotbahnya menginsafkan orang akan dosa mereka, membawa mereka kepada pertobatan dan mengarahkan mereka kembali kepada Allah (ayat Luk 1:15-17;

    lihat cat. --> Yoh 16:8);

    [atau ref. Yoh 16:8]

  2. (2) ia berkhotbah dalam roh dan kuasa Elia (ayat Luk 1:17;

    lihat cat. --> Kis 1:8);

    [atau ref. Kis 1:8]

  3. (3) ia mendamaikan keluarga dan mengembalikan banyak orang kepada kehidupan di dalam kebenaran (ayat Luk 1:17).

Full Life: Luk 1:15 - ANGGUR ATAU MINUMAN KERAS. Nas : Luk 1:15 Terjemahan harfiah dari teks bahasa Yunani adalah "Ia tak akan pernah minum anggur (_oinos_) atau minuman keras (_sikera_)." Dalam t...

Nas : Luk 1:15

Terjemahan harfiah dari teks bahasa Yunani adalah "Ia tak akan pernah minum anggur (_oinos_) atau minuman keras (_sikera_)." Dalam terjemahan bahasa Inggris ada kata "yang lain" ("minuman keras yang lain") yang tidak ditemukan dalam teks Yunani. Kata Yunani yang diterjemahkan "minuman keras" adalah _sikera_. Arti yang tepat belum diketahui, namun tak dapat disangkal bahwa itu berhubungan dengan kata _shekar_ dalam PL

(lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN LAMA, dan

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (1),

dan

lihat art. ANGGUR PADA ZAMAN PERJANJIAN BARU (2)).

Full Life: Luk 1:17 - ROH DAN KUASA ELIA. Nas : Luk 1:17 Dalam banyak hal, Yohanes akan mirip dengan nabi Elia yang berani itu (lihat cat. --> Mal 4:5). [atau ref. M...

Nas : Luk 1:17

Dalam banyak hal, Yohanes akan mirip dengan nabi Elia yang berani itu

(lihat cat. --> Mal 4:5).

[atau ref. Mal 4:5]

Karena dipenuhi Roh Kudus (ayat Luk 1:15), Yohanes akan menjadi seorang pengkhotbah yang memberitakan kebenaran moral (Luk 3:7-14; Mat 3:1-10). Ia akan mempertunjukkan pelayanan Roh Kudus dengan berkhotbah tentang dosa, kebenaran, dan penghakiman

(lihat cat. --> Yoh 16:8).

[atau ref. Yoh 16:8]

Ia akan membalikkan hati "orang yang tidak taat kepada hikmat orang benar"

(lihat cat. --> Mat 11:7).

[atau ref. Mat 11:7]

Ia tidak akan berkompromi dengan suara hatinya atau membengkokkan prinsip-prinsip alkitabiah hanya demi jabatan atau keamanan pribadi (Luk 3:19-20; Mat 14:1-11). Ia akan taat kepada Allah dan tinggal setia terhadap seluruh kebenaran. Pendeknya, Yohanes akan menjadi seorang "hamba Allah".

Full Life: Luk 1:17 - BAPA-BAPA ... KEPADA ANAK-ANAKNYA. Nas : Luk 1:17 Salah satu dosa terbesar dari umat Allah dalam PL adalah kegagalan para bapa untuk mengasihi anak-anak laki-laki dan perempuannya de...

Nas : Luk 1:17

Salah satu dosa terbesar dari umat Allah dalam PL adalah kegagalan para bapa untuk mengasihi anak-anak laki-laki dan perempuannya dengan secukupnya untuk mengajarkan jalan dan perintah Allah

(lihat cat. --> Mal 4:6)

[atau ref. Mal 4:6]

kepada mereka. Dengan kedatangan Yohanes dan Injil Kristus maka hati bapa-bapa akan berbalik kepada anak-anaknya.

  1. 1) Ini merupakan suatu pernyataan yang jelas bahwa salah satu sasaran kunci dari Injil adalah meneguhkan kembali kehendak Allah untuk keluarga dengan suatu hubungan yang tepat antara bapa dengan anak mereka. Melalui pemberitaan tentang pertobatan dan ketuhanan Kristus, bapa-bapa akan mengabdikan diri pada anaknya dalam suatu sikap kebenaran.
  2. 2) Jika gereja masa kini gagal untuk menjadi apa yang Allah inginkan, mungkin salah satu faktornya adalah karena hati bapa-bapa sekali lagi telah mengabaikan anaknya karena lalai untuk mengasihi mereka, untuk meluangkan waktu bersama-sama mereka, dan untuk mengajarkan Firman Allah dan standar kebenaran kepada mereka. Sebagai akibatnya, anak-anak akan menolak jalan Allah (Mal 4:6).
  3. 3) Berikut ini terdapat ayat-ayat penting yang berkaitan dengan bapa-bapa dan anak-anak:
    1. (a) mengajar anak-anak agar setia kepada jalan Allah: Kel 10:2; Kel 13:8; Ul 4:9-10; 6:6-25; 11:18-21; Mazm 78:5-8; Yes 38:19; Yoel 1:3; Ef 6:4; 1Tes 2:11;
    2. (b) mengasihi dan mengoreksi anak-anak; Mazm 103:13; Ams 3:12; Ams 13:24; 23:13-14; Mal 4:6; Luk 11:11-13; 2Kor 12:14; Ef 6:4; Kol 3:21; 1Tes 2:11; 1Tim 3:4-5,12; 5:8; Tit 2:4; Ibr 12:7;
    3. (c) bapa-bapa berdoa bagi anaknya: Kej 17:18; 2Sam 12:16; 1Taw 22:11-12; 29:19; Ayub 1:5; Ef 3:14-19.

      Lihat cat. --> Yoh 17:1

      [atau ref. Yoh 17:1]

      mengenai suatu model doa bapa untuk anaknya; juga

      lihat art. ORANG-TUA DAN ANAK-ANAK.

Full Life: Luk 1:28 - ENGKAU YANG DIKARUNIAI. Nas : Luk 1:28 Sekalipun Maria dikaruniai melebihi semua wanita dalam hal dipilihnya sebagai ibu Yesus, para penulis PB tidak pernah menyatakan bah...

Nas : Luk 1:28

Sekalipun Maria dikaruniai melebihi semua wanita dalam hal dipilihnya sebagai ibu Yesus, para penulis PB tidak pernah menyatakan bahwa ia harus disembah, atau harus diberi gelar-gelar khusus atau kita harus berdoa kepadanya. Maria layak kita hormati, tetapi hanya Anaknyalah yang layak menerima penyembahan kita.

  1. 1) Perhatikan bahwa Maria dipilih karena ia telah mendapat kasih karunia di mata Allah (bd. Kej 6:8). Hidupnya yang sederhana dan saleh begitu menyenangkan hati Allah sehingga Ia telah memilihnya untuk tugas yang paling penting ini (bd. 2Tim 2:21).
  2. 2) Berkat Maria tidak hanya mendatangkan sukacita yang besar bagi dirinya tetapi juga banyak penderitaan dan kepedihan (lih. Luk 2:35), sebab Anaknya akan ditolak dan disalibkan. Di dunia ini, panggilan Allah akan selalu meliputi berkat dan penderitaan, sukacita dan dukacita, keberhasilan dan kekecewaan.

Full Life: Luk 1:35 - KUDUS. Nas : Luk 1:35 Baik Lukas maupun Matius menandaskan dengan jelas bahwa Yesus telah lahir dari seorang perawan (ayat Luk 1:27; lihat cat....

Nas : Luk 1:35

Baik Lukas maupun Matius menandaskan dengan jelas bahwa Yesus telah lahir dari seorang perawan (ayat Luk 1:27;

lihat cat. --> Mat 1:18;

lihat cat. --> Mat 1:23).

[atau ref. Mat 1:18,23]

Roh Kudus akan turun ke atas Maria dan anak itu akan dikandung semata-mata oleh perbuatan ajaib Allah. Akibatnya, Yesus akan menjadi "kudus" (artinya; bebas dari segala noda dosa). Untuk keterangan lebih lanjut mengenai hal ini,

lihat art. YESUS DAN ROH KUDUS

Full Life: Luk 1:38 - MENURUT PERKATAANMU ITU. Nas : Luk 1:38 Maria menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah dan mempercayai berita-Nya. Dengan sukarela ia menerima baik kehormatan maup...

Nas : Luk 1:38

Maria menyerahkan diri sepenuhnya kepada kehendak Allah dan mempercayai berita-Nya. Dengan sukarela ia menerima baik kehormatan maupun celaan yang akan dialaminya karena menjadi ibu dari Anak yang kudus ini. Para wanita muda di dalam gereja seharusnya mengikuti teladan Maria dalam hal kesucian seksual, kasih pada Allah, iman kepada Firman-Nya, dan kesediaan untuk taat kepada Roh Kudus.

Full Life: Luk 1:47 - ALLAH JURUSELAMATKU. Nas : Luk 1:47 Dengan kata-kata ini Maria mengakui kebutuhannya sendiri akan keselamatan, dialah orang berdosa yang memerlukan Kristus sebagai "Jur...

Nas : Luk 1:47

Dengan kata-kata ini Maria mengakui kebutuhannya sendiri akan keselamatan, dialah orang berdosa yang memerlukan Kristus sebagai "Juruselamat". Kepercayaan bahwa Maria sendiri dikandung secara tak bernoda dan hidup tanpa dosa tidak pernah diajarkan di dalam Alkitab (bd. Rom 3:9,23).

Full Life: Luk 1:67 - PENUH DENGAN ROH KUDUS. Nas : Luk 1:67 Lukas mencatat bagaimana Roh Kudus menguasai beberapa orang penting yang berkaitan dengan kelahiran Kristus (ayat Luk 1:15,35,41,67;...

Nas : Luk 1:67

Lukas mencatat bagaimana Roh Kudus menguasai beberapa orang penting yang berkaitan dengan kelahiran Kristus (ayat Luk 1:15,35,41,67; 2:25). Setelah kenaikan Kristus ke sorga, jalan terbuka bagi semua orang percaya untuk dipenuhi dengan Roh Kudus (pasal Kis 1:1-2:47).

Full Life: Luk 1:75 - KEKUDUSAN DAN KEBENARAN. Nas : Luk 1:75 Tujuan utama penebusan kita adalah pembebasan dari kerajaan Iblis (Kis 26:18) supaya melayani Allah "dalam kekudusan dan kebenaran d...

Nas : Luk 1:75

Tujuan utama penebusan kita adalah pembebasan dari kerajaan Iblis (Kis 26:18) supaya melayani Allah "dalam kekudusan dan kebenaran di hadapan-Nya seumur hidup kita" (bd. Ef 1:4). Setiap anak Tuhan harus berusaha untuk mencapai suatu kehidupan yang kudus dan benar di dalam dunia yang jahat ini. Kehidupan yang kudus ini ada "di hadapan-Nya", yaitu di hadirat Allah.

BIS: Luk 1:5 - Yudea Yudea: Istilah ini menunjuk pada seluruh negeri Palestina.

Yudea: Istilah ini menunjuk pada seluruh negeri Palestina.

Jerusalem: Luk 1:1-4 - -- Pendahuluan ini sangat serupa dengan pendahuluan-pendahuluan yang disukai para sejarahwan di zaman Yunani, karena perbendaharaan kata yang terpilih da...

Pendahuluan ini sangat serupa dengan pendahuluan-pendahuluan yang disukai para sejarahwan di zaman Yunani, karena perbendaharaan kata yang terpilih dan gaya bahasa yang gemar akan kalimat-kalimat yang baik tersusun.

Jerusalem: Luk 1:1 - Banyak orang Ini agak berlebih-lebihan. Artinya: beberapa. Tentang cerita-cerita yang diketahui dan digunakan Lukas, lihat pengantar injil-injil sinoptik.

Ini agak berlebih-lebihan. Artinya: beberapa. Tentang cerita-cerita yang diketahui dan digunakan Lukas, lihat pengantar injil-injil sinoptik.

Jerusalem: Luk 1:4 - diajarkan kepadamu Terjemahan lain yang mungkin: yang diberitahukan kepadamu. Kalau demikian maka Teofilus yang mulia (Luk 1:1) itu bukannya seorang Kristen yang mau dik...

Terjemahan lain yang mungkin: yang diberitahukan kepadamu. Kalau demikian maka Teofilus yang mulia (Luk 1:1) itu bukannya seorang Kristen yang mau dikuatkan imannya, tetapi seorang pejabat tinggi yang mau diberi penerangan tentang iman Kristen.

Jerusalem: Luk 1:5--2:52 - -- Mulai Luk 1:5 ini sampai bab 3 Lukas (yang barang kali menggunakan di sini sumber-sumber khusus) meniru bahasa Yunani dari Septuaginta yang berbau bah...

Mulai Luk 1:5 ini sampai bab 3 Lukas (yang barang kali menggunakan di sini sumber-sumber khusus) meniru bahasa Yunani dari Septuaginta yang berbau bahasa Semit (Ibrani). Banyak ayat dalam bagian ini mengingatkan Perjanjian Lama yang kerap disinggung. Keseluruhannya memberi kesan ketuaan. Lukas menghidupkan kembali suasana kalangan "orang miskin", bdk Mat 5:3+, di mana tokoh-tokoh yang berperan dalam kisahnya ini hidup. Dari kalangan itupun Lukas mendapat informasinya.

Jerusalem: Luk 1:8 - rombongannya Setiap "rombongan" imam-imam Yahudi mendapat giliran menyelenggarakan ibadat di Bait Allah selama satu pekan, bdk 1Ta 23:8.

Setiap "rombongan" imam-imam Yahudi mendapat giliran menyelenggarakan ibadat di Bait Allah selama satu pekan, bdk 1Ta 23:8.

Jerusalem: Luk 1:9 - yang bertugas Tugas imam itu ialah mengganti bara api dan ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan yang berdiri di depan Yang Mahakudus di Bait Allah, bdk Kel 30:6-8...

Tugas imam itu ialah mengganti bara api dan ukupan di atas mezbah pembakaran ukupan yang berdiri di depan Yang Mahakudus di Bait Allah, bdk Kel 30:6-8. Ukupan dibakar sebelum korban pagi dan sesudah korban petang.

Jerusalem: Luk 1:12 - takut Lukas suka mencatat gejala-gejala ketakutan keagamaan: Luk 1:29-30,65; Luk 2:8-10; Luk 4:36; Luk 5:8-10,26; Luk 7:16; Luk 8:25,35-37,56; Luk 9:34,43; ...

Jerusalem: Luk 1:13 - Yohanes Nama ini berarti: Yahwe telah memberi karunia.

Nama ini berarti: Yahwe telah memberi karunia.

Jerusalem: Luk 1:14 - bersuka cita dan bergembira Bab Luk 1-2 diliputi suka cita kegembiraan, Luk 1:28,46,58; Luk 2:10. Bdk Luk 10:17,20 dst.; Luk 13:17; Luk 15:7,32; Luk 19:6,37; Luk 24:41,52; Kis 2:...

Bab Luk 1-2 diliputi suka cita kegembiraan, Luk 1:28,46,58; Luk 2:10. Bdk Luk 10:17,20 dst.; Luk 13:17; Luk 15:7,32; Luk 19:6,37; Luk 24:41,52; Kis 2:46+; Fili 1:4+. Bersuka cita dan bergembira merupakan kata kunci seluruh injil Lukas.

Jerusalem: Luk 1:15 - -- Ayat ini diinspirasikan oleh beberapa ayat dari perjanjian lama khususnya ayat-ayat yang berbicara tentang "kenaziran", bdk Bil 6:1, ialah keadaan ora...

Ayat ini diinspirasikan oleh beberapa ayat dari perjanjian lama khususnya ayat-ayat yang berbicara tentang "kenaziran", bdk Bil 6:1, ialah keadaan orang yang dengan sebuah nazar menguduskan diri kepada Allah. Selama nazar itu berlaku orang itu tidak boleh memangkas rambutnya, tidak boleh minum minuman beragi dan tidak boleh minum mendekati mayat, bdk Hak 13:4,5

Jerusalem: Luk 1:15 - Roh Kudus Dalam Lukas "Roh Kudus" tidak berarti "rahmat pengudus" yang melimpah, tetapi karunia kenabian, artinya: karunia kenabian, artinya: karunia untuk berk...

Dalam Lukas "Roh Kudus" tidak berarti "rahmat pengudus" yang melimpah, tetapi karunia kenabian, artinya: karunia kenabian, artinya: karunia untuk berkata-kata dibawa oleh roh ilahi, Luk 1:41,67; Kis 2:4; Kis 4:8,31; Kis 7:55; Kis 9:17; Kis 13:9. Karunia itu sudah nampak berkarya pada Yohanes dalam kandung ibunya, sebab ia "melonjak kegirangan", Luk 1:44, karena zaman Mesias sudah tiba.

Jerusalem: Luk 1:17 - Elia Berdasarkan Mal 3:18 orang Yahudi berpendapat bahwa nabi Elia akan kembali sebelum zaman Mesias untuk menyiapkannya. Yohanes Pembaptislah "Elia yang h...

Berdasarkan Mal 3:18 orang Yahudi berpendapat bahwa nabi Elia akan kembali sebelum zaman Mesias untuk menyiapkannya. Yohanes Pembaptislah "Elia yang harus datang dahulu", bdk Mat 17:10-13; Luk 9:30.

Jerusalem: Luk 1:18 - Bagaimanakah aku tahu Zakharia meminta sebuah "tanda", bdk Kej 15:8; Hak 6:17; Yes 7:11; Yes 38:7. Tetapi ia tetap ragu-ragu.

Zakharia meminta sebuah "tanda", bdk Kej 15:8; Hak 6:17; Yes 7:11; Yes 38:7. Tetapi ia tetap ragu-ragu.

Jerusalem: Luk 1:19 - menyampaikan kabar baik Yunaninya: euanggelisasthai. untuk pertama kalinya Lukas menggunakan di sini kata yang digemarinya itu: 10 x dalam injil, 15 x dalam Kisah Para Rasul....

Yunaninya: euanggelisasthai. untuk pertama kalinya Lukas menggunakan di sini kata yang digemarinya itu: 10 x dalam injil, 15 x dalam Kisah Para Rasul. Biasanya kata itu mengenai "Injil" Kerajaan Allah; lih, Mar 1:1+; Kis 5:42+; Gal 1:6+.

Jerusalem: Luk 1:22 - tidak dapat berkata-kata Yaitu untuk mengucapkan berkat yang biasa.

Yaitu untuk mengucapkan berkat yang biasa.

Jerusalem: Luk 1:25 - menghapuskan aibku Kemandulan dianggap sebagai suatu keaiban bagi wanita, Kej 30:23; 1Sa 1:5-8, dan bahkan suatu hukuman, 2Sa 6:23; Hos 9:1.

Kemandulan dianggap sebagai suatu keaiban bagi wanita, Kej 30:23; 1Sa 1:5-8, dan bahkan suatu hukuman, 2Sa 6:23; Hos 9:1.

Jerusalem: Luk 1:26--2:40 - -- Cerita-cerita tentang kelahiran dan masa muda Yesus dan Yohanes oleh Lukas disusun begitu rupa sehingga menjadi sejalan (parallel). Kelahiran dan masa...

Cerita-cerita tentang kelahiran dan masa muda Yesus dan Yohanes oleh Lukas disusun begitu rupa sehingga menjadi sejalan (parallel). Kelahiran dan masa muda Yesus disoroti dari segi Maria, sedangkan oleh Matius disoroti dari segi Yusuf.

Jerusalem: Luk 1:26 - bulan yang keenam Ialah sejak diperkandungkannya Yohanes.

Ialah sejak diperkandungkannya Yohanes.

Jerusalem: Luk 1:28 - Salam Terjemahan lain: Bergembiralah. Kalau demikian, malaikat mengajak bergembira karena zaman Mesias sudah datang. Begitulah beberapa nabi mengajak "Puter...

Terjemahan lain: Bergembiralah. Kalau demikian, malaikat mengajak bergembira karena zaman Mesias sudah datang. Begitulah beberapa nabi mengajak "Puteri Sion" (Yerusalem, Israel). Kegembiraan itu disebabkan karena Allah datang ke tengah umatNya; bdk Yes 12:6; Zef 3:14-15; Yoe 2:21-27; Zak 2:13; Zak 9:9

Jerusalem: Luk 1:28 - yang dikaruniai Tuhan Artinya: dahulu dan sekarang dan selanjutnya engkau dikurniai, dilimpahi dengan kurnia Tuhan

Artinya: dahulu dan sekarang dan selanjutnya engkau dikurniai, dilimpahi dengan kurnia Tuhan

Jerusalem: Luk 1:28 - menyertai engkau Sejumlah naskah menambah: Diberkatilah engkau di antara semua perempuan, bdk Luk 1:42.

Sejumlah naskah menambah: Diberkatilah engkau di antara semua perempuan, bdk Luk 1:42.

Jerusalem: Luk 1:30-33 - -- Kata-kata malaikat ini mengingatkan berbagai nas Perjanjian Lama yang mengenai Mesias, bdk Yes 7:14; 2Sa 7:1; Yes 9:6; Dan 7:14.

Kata-kata malaikat ini mengingatkan berbagai nas Perjanjian Lama yang mengenai Mesias, bdk Yes 7:14; 2Sa 7:1; Yes 9:6; Dan 7:14.

Jerusalem: Luk 1:34 - aku belum bersuami Harafiah: Aku tidak mengenal seorang laki-laki. Ini suatu ungkapan Ibrani, Kej 4:1, yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan suami isteri dan Maria ba...

Harafiah: Aku tidak mengenal seorang laki-laki. Ini suatu ungkapan Ibrani, Kej 4:1, yang menyatakan bahwa tidak ada hubungan suami isteri dan Maria barangkali bermaksud untuk terus tidak mengadakan hubungan itu. Maria hanya "bertunangan", Luk 1:27. Kenyataan itu rupanya bertentangan dengan kabar malaikat, Luk 1:31-33. Karena itu diberi keterangan dalam Luk 1:35. Tidak ada sesuatu dalam teks yang menyarankan bahwa Maria "berkaul keperawanan".

Jerusalem: Luk 1:35 - menaungi engkau Ungkapan ini mengingatkan apa yang dikatakan Perjanjian Lama tentang awan bercahaya yang merupakan tanda kehadiran Allah, bdk Kel 13:22; Kel 1:16; Kel...

Ungkapan ini mengingatkan apa yang dikatakan Perjanjian Lama tentang awan bercahaya yang merupakan tanda kehadiran Allah, bdk Kel 13:22; Kel 1:16; Kel 24:16; Kel 24:16, tetapi ia juga mengingatkan sayap-sayap burung yang melambangkan kekuasaan Allah yang melindungi, Maz 17:8; Maz 57:2; Maz 140:8, dan daya pencipta Allah, Kej 1:2. Bandingkan Luk 9:34 dsj. Dalam diperkandungkannya Yesus segalanya berasal dari kekuasaan Roh Kudus.

Jerusalem: Luk 1:39 - sebuah kota di Yehuda Dewasa ini kota ini disamakan dengan Ain Karim yang terletak 6 km, di sebelah barat Yerusalem.

Dewasa ini kota ini disamakan dengan Ain Karim yang terletak 6 km, di sebelah barat Yerusalem.

Jerusalem: Luk 1:43 - ibu Tuhanku Tuhan (kyrios) adalah sebuah gelar ilahi yang diberikan kepada Yesus yang dibangkitkan. Kis 2:36+; Fili 2:11+. Lebih sering dari Matius dan Markus, Lu...

Tuhan (kyrios) adalah sebuah gelar ilahi yang diberikan kepada Yesus yang dibangkitkan. Kis 2:36+; Fili 2:11+. Lebih sering dari Matius dan Markus, Lukas memberi Yesus selama hidup di dunia gelar itu, Luk 7:13; Luk 10:1,39,41; Luk 11:39, dll.

Jerusalem: Luk 1:45 - Tuhan Ialah Allah. Terjemahan lain: Dan berbahagialah ia yang telah percaya, bahwa akan terlaksana apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan.

Ialah Allah. Terjemahan lain: Dan berbahagialah ia yang telah percaya, bahwa akan terlaksana apa yang dikatakan kepadanya dari Tuhan.

Jerusalem: Luk 1:46-55 - -- Madah Maria ini agaknya diambil Lukas dari kalangan "orang miskin". Di kalangan itu madah itu barangkali diucapkan oleh "Puteri Sion". Lukas mengangga...

Madah Maria ini agaknya diambil Lukas dari kalangan "orang miskin". Di kalangan itu madah itu barangkali diucapkan oleh "Puteri Sion". Lukas menganggap baik meletakkannya di mulut Maria dan menyisipkan madah itu ke dalam kisahnya.

Jerusalem: Luk 1:46 - kata Maria Ada sebuah var yang berbunyi: kata Elisabet. Tetapi var ini tidak mendasar. Madah Maria ini mirip dengan madah Hana ibu Samuel, 1Sa 2:1-10 dan beberap...

Ada sebuah var yang berbunyi: kata Elisabet. Tetapi var ini tidak mendasar. Madah Maria ini mirip dengan madah Hana ibu Samuel, 1Sa 2:1-10 dan beberapa nas lain dalam Perjanjian Lama. Kecuali kesamaan kalau ditinjau dari segi seni sastra, ada dua pokok utama yang sama: 1) orang miskin dan kecil ditolong oleh Allah. 2) Israel merupakan bangsa yang direlai Allah bdk Ula 7:6 dan lain-lain, semenjak Abraham diberi janji, Kej 15:1; 17:1.

Jerusalem: Luk 1:56 - tiga bulan lamanya Maria kiranya tinggal di rumah Elisabet sampai kelahiran dan penyunatan Yohanes. Lukas biasanya menyelesaikan salah satu pokok yang diceritakannya, se...

Maria kiranya tinggal di rumah Elisabet sampai kelahiran dan penyunatan Yohanes. Lukas biasanya menyelesaikan salah satu pokok yang diceritakannya, sebelum pindah ke pokok yang berikutnya. Bdk Luk 1:64-67; Luk 3:19-20; Luk 8:37-38.

Jerusalem: Luk 1:59 - hendak menamai dia Lazimnya anak diberi nama waktu disunat, bdk Luk 2:21.

Lazimnya anak diberi nama waktu disunat, bdk Luk 2:21.

Jerusalem: Luk 1:62 - isyarat Tuli dan bisu kerap tergabung: kata Yunani yang sama (kophos) berarti baik tuli, Luk 7:22, maupun bisu, Luk 11:14.

Tuli dan bisu kerap tergabung: kata Yunani yang sama (kophos) berarti baik tuli, Luk 7:22, maupun bisu, Luk 11:14.

Jerusalem: Luk 1:66 - tangan Tuhan menyertai dia Ini sebuah ungkapan alkitabiah yang berarti melindungi, Yer 26:24; Kis 11:21.

Ini sebuah ungkapan alkitabiah yang berarti melindungi, Yer 26:24; Kis 11:21.

Jerusalem: Luk 1:67-79 - -- Sama seperti madah Maria, demikianpun madah Zakharia inipun dipungut Lukas dari tradisi, lalu diletakkannya di mulut Zakharia dengan menambah Luk 1:76...

Sama seperti madah Maria, demikianpun madah Zakharia inipun dipungut Lukas dari tradisi, lalu diletakkannya di mulut Zakharia dengan menambah Luk 1:76-77, supaya madah itu sesuai dengan keadaan. Madah itu tidak disisipkan ke dalam sebuah kisah sendiri, Luk 1:64, tetapi menyusulnya.

Jerusalem: Luk 1:67 - bernubuat Bernubuat dengan arti sepenuhnya. Sebab bila bagian pertama madah ini berupa lagu syukur, Luk 1:68-75, bagian kedua, Luk 1:76-79 mengenai masa depan.

Bernubuat dengan arti sepenuhnya. Sebab bila bagian pertama madah ini berupa lagu syukur, Luk 1:68-75, bagian kedua, Luk 1:76-79 mengenai masa depan.

Jerusalem: Luk 1:68 - melawat Allah dikatakan "melawat' orang bila secara khusus turun tangan, terutama untuk menolong, Kel 3:16; Kel 4:31; Kej 21:1; Kej 50:24-26; Maz 65:10; Maz 8...

Allah dikatakan "melawat' orang bila secara khusus turun tangan, terutama untuk menolong, Kel 3:16; Kel 4:31; Kej 21:1; Kej 50:24-26; Maz 65:10; Maz 80:15; Wis 3:7-13; Yer 29:10 (meskipun dalam Perjanjian Lama Allah juga melawat untuk menghukum); Luk 1:78; Luk 7:16; Luk 19:44; 1Pe 2:12.

Jerusalem: Luk 1:69 - tanduk keselamatan Dalam Perjanjian Lama tanduk adalah lambang kekuatan, bdk Maz 75:5; Maz 89:18; Maz 92:11; Ula 33:17; 1Raj 22:11; Zak 2:4.

Dalam Perjanjian Lama tanduk adalah lambang kekuatan, bdk Maz 75:5; Maz 89:18; Maz 92:11; Ula 33:17; 1Raj 22:11; Zak 2:4.

Jerusalem: Luk 1:76-77 - -- Lukas menggambarkan tugas Perintis Yesus dengan pertolongan ayat-ayat Kitab Suci yang lazimnya diterapkan pada Yohanes oleh tradisi Kristen, bdk Luk 3...

Lukas menggambarkan tugas Perintis Yesus dengan pertolongan ayat-ayat Kitab Suci yang lazimnya diterapkan pada Yohanes oleh tradisi Kristen, bdk Luk 3:4 dsj; Luk 7:27 dsj; pemberitaan Yohanes dilukiskan di sini seperti dalam Luk 1:16-17.

Jerusalem: Luk 1:76 - mendahului Tuhan Ialah bukan Mesias, tetapi Allah, seperti dalam Mar 1:16-17.

Ialah bukan Mesias, tetapi Allah, seperti dalam Mar 1:16-17.

Jerusalem: Luk 1:78 - akan melawat Var: telah melawat

Var: telah melawat

Jerusalem: Luk 1:78 - Surya pagi Yunaninya: Anatole. Ini merupakan sebuah gelar Mesias: bintang yang membawa terang, Bil 24:17; Mal 3:18; Yes 60:1, dan "taruk dari pangkal Isai", bdk ...

Yunaninya: Anatole. Ini merupakan sebuah gelar Mesias: bintang yang membawa terang, Bil 24:17; Mal 3:18; Yes 60:1, dan "taruk dari pangkal Isai", bdk Yer 23:5; Yer 33:15; Zak 3:8; Zak 6:12.

Jerusalem: Luk 1:80 - Adapun anak itu Ini semacam ulangan; Luk 2:40,52; bdk Luk 1:66 dan bandingkan Kis 2:41+; Kis 6:7+.

Ini semacam ulangan; Luk 2:40,52; bdk Luk 1:66 dan bandingkan Kis 2:41+; Kis 6:7+.

Ende: Luk 1:1-4 - -- Tentang kata pembukaan ini telah diberi keterangan dalam "kata pengantar" pada Indjil ini. Lihatlah alinea kedua disitu.

Tentang kata pembukaan ini telah diberi keterangan dalam "kata pengantar" pada Indjil ini. Lihatlah alinea kedua disitu.

Ende: Luk 1:5 - Herodes Lih. Tjatatan pada Mat 2:1.

Lih. Tjatatan pada Mat 2:1.

Ende: Luk 1:5 - Tjabang Abia Sedjak tawanan di Babilon para imam dibagi atas 24 bagian atau tjabang, jang masing-masing dinamakan menurut nama kepala suku mereka. Keduapuluh empat...

Sedjak tawanan di Babilon para imam dibagi atas 24 bagian atau tjabang, jang masing-masing dinamakan menurut nama kepala suku mereka. Keduapuluh empat tjabang ini berganti-ganti bertugas melakukan upatjara kebaktian didalam kenisah, satu minggu lamanja. Tugas masing-masing anggota tjabang itu ditentukan dengan membuang undi.

Ende: Luk 1:6 - Benar Ini terdjemahan lurus dari kata asli, jang hampir searti dengan "saleh" atau "sutji", tetapi bagi orang Jahudi bertjorak lebih tegas dan lebih berisi,...

Ini terdjemahan lurus dari kata asli, jang hampir searti dengan "saleh" atau "sutji", tetapi bagi orang Jahudi bertjorak lebih tegas dan lebih berisi, ialah bahwa hidup mereka dalam segala-galanja tjotjok dengan kehendak Allah dan sebab itu mereka akan "dibenarkan" sepenuh-penuhnja dihadapan pengadilan Allah.

Ende: Luk 1:9 - Membakar dupa Mempersembahkan dupa dipandang sebagai tugas keimaman jang tertinggi. Tugas ini dilakukan didalam ruangan kudus, didepan ruangan mahakudus, jang diang...

Mempersembahkan dupa dipandang sebagai tugas keimaman jang tertinggi. Tugas ini dilakukan didalam ruangan kudus, didepan ruangan mahakudus, jang dianggap sebagai tempat hadirnja Allah, dan ruangan kudus itu hanja boleh dimasuki oleh imam jang sedang bertugas disitu.

Ende: Luk 1:11 - -- "Diluar", jaitu dipelataran dimuka ruangan kudus.

"Diluar", jaitu dipelataran dimuka ruangan kudus.

Ende: Luk 1:17 - Dalam roh dan kuasa Elias Bdl. Mat 11:14.

Bdl. Mat 11:14.

Ende: Luk 1:17 - Leluhur jaitu bapak-bapak bangsa Abraham, Isaak dan Jakub jang terkenal kesalehan dan kesetiaannja terhadap Allah.

jaitu bapak-bapak bangsa Abraham, Isaak dan Jakub jang terkenal kesalehan dan kesetiaannja terhadap Allah.

Ende: Luk 1:25 - Keaibanku "Mandul" itu dianggap orang Jahudi sebagai suatu tjatjat jang paling hina, malah sebagai akibat dosa dan hukuman dari Allah.

"Mandul" itu dianggap orang Jahudi sebagai suatu tjatjat jang paling hina, malah sebagai akibat dosa dan hukuman dari Allah.

Ende: Luk 1:28 - Bersukatjitalah Inilah makna asli jang sebenarnja.

Inilah makna asli jang sebenarnja.

Ende: Luk 1:28 - Jang-Dirahmati Sapaan ini diutjapkan Malaekat sebagai pengganti nama. Nama-nama orang Jahudi sering berisi arti jang menjatakan suatu keutamaan atau keunggulan jang ...

Sapaan ini diutjapkan Malaekat sebagai pengganti nama. Nama-nama orang Jahudi sering berisi arti jang menjatakan suatu keutamaan atau keunggulan jang chas. Seperti nama Jesus (Jahwe menjelamatkan) dan Joanes ("Jahwe rahim") jang diberikan oleh Allah sendiri. Demikian sapaan diatas berarti bahwa ia mendapat suatu rahmat jang istimewa sekali, atau kepenuhan rahmat. Sebab itu terdjemahan "penuh rahmat" dalam doa "Salam Maria" sangat tepat. Dapat dikatakan djuga, bahwa utjapan Malaekat itu agak sedjadjar dengan utjapan Elisabet (Luk 1:42):"Engkaulah jang terberkati diantara wanita", jang dalam aslinja sebagai ungkapan Ibrani, adalah bentuk superlativus (tingkat tertinggi ketunggalan, tak ada bandingan).

Ende: Luk 1:34 - Tidak mengenal seorang suami Maria memang bertunangan dengan Josep dan akan kawin setjara resmi dengannja, malah sebagai tunangan Josep sudah disebut suaminja (bdl. Mat 1:19 dan M...

Maria memang bertunangan dengan Josep dan akan kawin setjara resmi dengannja, malah sebagai tunangan Josep sudah disebut suaminja (bdl. Mat 1:19 dan Mat 1:20); djadi "mengenal" disini mempunjai makna jang istimewa. "Mengenal" adalah terdjemahan lurus dari kata asli, jang digunakan oleh orang Jahudi sebagai ungkapan halus untuk menjatakan hubungan daging. Sebab itu dari utjapan Maria itu harus disimpulkan, bahwa Maria telah mengambil keputusan mau hidup tetap sebagai perawan nirmala, dan bahwa tentang hal itu ia sudah sepakat dengan Josep.

Ende: Luk 1:36 - Saudaramu Elisabet Bukan saudara kandung tetapi barangkali saudara sepupu.

Bukan saudara kandung tetapi barangkali saudara sepupu.

Ende: Luk 1:46-55 - -- Madah "magnificat" ini adalah tjetusan-tjetusan kegembiraan dan sjukur hati Maria atas rahmat Allah baginja, jaitu mendjadi ibu Penebus. Martabat baha...

Madah "magnificat" ini adalah tjetusan-tjetusan kegembiraan dan sjukur hati Maria atas rahmat Allah baginja, jaitu mendjadi ibu Penebus. Martabat bahagia ini dirindukan oleh semua ibu Jahudi jang saleh; tetapi lebih-lebih Maria menjatakan kegembiraan dan sjukur atas kedatangan Penebus dunia jang sudah begitu lama didambakan.

Ende: Luk 1:67 - Bernubuat Bernubuat berarti memaklumkan sesuatu atas nama Allah, dan bukan terutama atau selalu berarti menjatakan hal-hal jang akan djadi dikemudian hari. Bagi...

Bernubuat berarti memaklumkan sesuatu atas nama Allah, dan bukan terutama atau selalu berarti menjatakan hal-hal jang akan djadi dikemudian hari. Bagian pertama "Benedictus" ini merupakan madah kegembiraan dan pudjian belaka, dan dalam bagian kedua (76-79) dinjatakan tugas Joanes kemudian hari dan mulanja zaman Mesias.

Ende: Luk 1:68 - Melawati Arti kata asli, ialah: Allah memandang dengan kasihan kepada ketjelakaan umatNja dan datang menolong.

Arti kata asli, ialah: Allah memandang dengan kasihan kepada ketjelakaan umatNja dan datang menolong.

Ende: Luk 1:77 - Pengertian jaitu bahwa keselamatan jang terletak dalam pengampunan dosa sudah tiba dan djalan untuk memperolehnja ialah djalan tobat.

jaitu bahwa keselamatan jang terletak dalam pengampunan dosa sudah tiba dan djalan untuk memperolehnja ialah djalan tobat.

Ref. Silang FULL: Luk 1:1 - Teofilus // yang mulia · Teofilus: Kis 1:1 · yang mulia: Kis 24:3; 26:25

· Teofilus: Kis 1:1

· yang mulia: Kis 24:3; 26:25

Ref. Silang FULL: Luk 1:2 - dari semula // saksi mata // pelayan Firman · dari semula: Mr 1:1; Yoh 15:27; Kis 1:21,22 · saksi mata: Ibr 2:3; 1Pet 5:1; 2Pet 1:16; 1Yoh 1:1 · pelayan Firman: Mr 4:14; Mr ...

· dari semula: Mr 1:1; Yoh 15:27; Kis 1:21,22

· saksi mata: Ibr 2:3; 1Pet 5:1; 2Pet 1:16; 1Yoh 1:1

· pelayan Firman: Mr 4:14; [Lihat FULL. Mr 4:14]

Ref. Silang FULL: Luk 1:3 - untuk membukukannya · untuk membukukannya: Kis 11:4

· untuk membukukannya: Kis 11:4

Ref. Silang FULL: Luk 1:4 - yang diajarkan · yang diajarkan: Yoh 20:31; Kis 2:42

· yang diajarkan: Yoh 20:31; Kis 2:42

Ref. Silang FULL: Luk 1:5 - raja Yudea // rombongan Abia · raja Yudea: Mat 2:1 · rombongan Abia: 1Taw 24:10

· raja Yudea: Mat 2:1

· rombongan Abia: 1Taw 24:10

Ref. Silang FULL: Luk 1:6 - tidak bercacat · tidak bercacat: Kej 6:9; Ul 5:33; 1Raj 9:4; Luk 2:25

· tidak bercacat: Kej 6:9; Ul 5:33; 1Raj 9:4; Luk 2:25

Ref. Silang FULL: Luk 1:8 - hadapan Tuhan · hadapan Tuhan: 1Taw 24:19; 2Taw 8:14

· hadapan Tuhan: 1Taw 24:19; 2Taw 8:14

Ref. Silang FULL: Luk 1:9 - ketika diundi // membakar ukupan · ketika diundi: Kis 1:26 · membakar ukupan: Kel 30:7,8; 1Taw 23:13; 2Taw 29:11; Mazm 141:2

· ketika diundi: Kis 1:26

· membakar ukupan: Kel 30:7,8; 1Taw 23:13; 2Taw 29:11; Mazm 141:2

Ref. Silang FULL: Luk 1:10 - di luar · di luar: Im 16:17

· di luar: Im 16:17

Ref. Silang FULL: Luk 1:11 - seorang malaikat // pembakaran ukupan · seorang malaikat: Kis 5:19; Kis 5:19 · pembakaran ukupan: Kel 30:1-10

· seorang malaikat: Kis 5:19; [Lihat FULL. Kis 5:19]

· pembakaran ukupan: Kel 30:1-10

Ref. Silang FULL: Luk 1:12 - menjadi takut · menjadi takut: Hak 6:22,23; 13:22

· menjadi takut: Hak 6:22,23; 13:22

Ref. Silang FULL: Luk 1:13 - Jangan takut // dia Yohanes · Jangan takut: Luk 1:30; Mat 14:27; Mat 14:27 · dia Yohanes: Luk 1:60,63; Mat 3:1; Mat 3:1

· Jangan takut: Luk 1:30; Mat 14:27; [Lihat FULL. Mat 14:27]

· dia Yohanes: Luk 1:60,63; Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

Ref. Silang FULL: Luk 1:14 - kelahirannya itu · kelahirannya itu: Luk 1:58

· kelahirannya itu: Luk 1:58

Ref. Silang FULL: Luk 1:15 - minuman keras // Roh Kudus // dari rahim · minuman keras: Bil 6:3; Im 10:9; Hak 13:4; Luk 7:33 · Roh Kudus: Luk 1:41,67; Kis 2:4; 4:8,31; 6:3,5; 9:17; 11:24; Ef 5:18; Kis 10:44;...

· minuman keras: Bil 6:3; Im 10:9; Hak 13:4; Luk 7:33

· Roh Kudus: Luk 1:41,67; Kis 2:4; 4:8,31; 6:3,5; 9:17; 11:24; Ef 5:18; Kis 10:44; [Lihat FULL. Kis 10:44]

· dari rahim: Yer 1:5; Gal 1:15

Ref. Silang FULL: Luk 1:17 - mendahului Tuhan // kuasa Elia // kepada anak-anaknya // bagi Tuhan · mendahului Tuhan: Luk 1:76 · kuasa Elia: Mat 11:14; Mat 11:14 · kepada anak-anaknya: Mal 4:5,6 · bagi Tuhan: Mat 3:3; Ma...

· mendahului Tuhan: Luk 1:76

· kuasa Elia: Mat 11:14; [Lihat FULL. Mat 11:14]

· kepada anak-anaknya: Mal 4:5,6

· bagi Tuhan: Mat 3:3; [Lihat FULL. Mat 3:3]

Ref. Silang FULL: Luk 1:18 - akan terjadi // lanjut umurnya · akan terjadi: Kej 15:8 · lanjut umurnya: Luk 1:34; Kej 17:17

· akan terjadi: Kej 15:8

· lanjut umurnya: Luk 1:34; Kej 17:17

Ref. Silang FULL: Luk 1:19 - Akulah Gabriel · Akulah Gabriel: Luk 1:26; Dan 8:16; 9:21

· Akulah Gabriel: Luk 1:26; Dan 8:16; 9:21

Ref. Silang FULL: Luk 1:20 - dapat berkata-kata · dapat berkata-kata: Kel 4:11; Yeh 3:26

· dapat berkata-kata: Kel 4:11; Yeh 3:26

Ref. Silang FULL: Luk 1:22 - memberi isyarat · memberi isyarat: Luk 1:62

· memberi isyarat: Luk 1:62

Ref. Silang FULL: Luk 1:25 - menghapuskan aibku · menghapuskan aibku: Kej 30:23; Yes 4:1

· menghapuskan aibku: Kej 30:23; Yes 4:1

Ref. Silang FULL: Luk 1:26 - malaikat Gabriel // bernama Nazaret · malaikat Gabriel: Luk 1:19; Luk 1:19 · bernama Nazaret: Mat 2:23; Mat 2:23

· malaikat Gabriel: Luk 1:19; [Lihat FULL. Luk 1:19]

· bernama Nazaret: Mat 2:23; [Lihat FULL. Mat 2:23]

Ref. Silang FULL: Luk 1:27 - bernama Yusuf · bernama Yusuf: Mat 1:16,18,20; Luk 2:4

· bernama Yusuf: Mat 1:16,18,20; Luk 2:4

Ref. Silang FULL: Luk 1:30 - Jangan takut // hadapan Allah · Jangan takut: Luk 1:13; Mat 14:27; Mat 14:27 · hadapan Allah: Kej 6:8

· Jangan takut: Luk 1:13; Mat 14:27; [Lihat FULL. Mat 14:27]

· hadapan Allah: Kej 6:8

Ref. Silang FULL: Luk 1:31 - Dia Yesus · Dia Yesus: Yes 7:14; Mat 1:21,25; Luk 2:21

· Dia Yesus: Yes 7:14; Mat 1:21,25; Luk 2:21

Ref. Silang FULL: Luk 1:32 - Yang Mahatinggi // takhta Daud · Yang Mahatinggi: Luk 1:35,76; Mr 5:7; Mr 5:7 · takhta Daud: Mat 1:1; Mat 1:1

· Yang Mahatinggi: Luk 1:35,76; Mr 5:7; [Lihat FULL. Mr 5:7]

· takhta Daud: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

Ref. Silang FULL: Luk 1:33 - dan Kerajaan-Nya // akan berkesudahan · dan Kerajaan-Nya: Mat 28:18 · akan berkesudahan: 2Sam 7:16; Mazm 89:4,5; Yes 9:6; Yer 33:17; Dan 2:44; 7:14,27; Mi 4:7; Ibr 1:8

· dan Kerajaan-Nya: Mat 28:18

· akan berkesudahan: 2Sam 7:16; Mazm 89:4,5; Yes 9:6; Yer 33:17; Dan 2:44; 7:14,27; Mi 4:7; Ibr 1:8

Ref. Silang FULL: Luk 1:35 - turun atasmu // Yang Mahatinggi // disebut kudus // Anak Allah · turun atasmu: Mat 1:18 · Yang Mahatinggi: Luk 1:32,76; Mr 5:7; Mr 5:7 · disebut kudus: Mr 1:24; Mr 1:24 · Anak Allah: Ma...

· turun atasmu: Mat 1:18

· Yang Mahatinggi: Luk 1:32,76; Mr 5:7; [Lihat FULL. Mr 5:7]

· disebut kudus: Mr 1:24; [Lihat FULL. Mr 1:24]

· Anak Allah: Mat 4:3; [Lihat FULL. Mat 4:3]

Ref. Silang FULL: Luk 1:36 - anak laki-laki · anak laki-laki: Luk 1:24

· anak laki-laki: Luk 1:24

Ref. Silang FULL: Luk 1:37 - bagi Allah · bagi Allah: Mat 19:26; Mat 19:26

· bagi Allah: Mat 19:26; [Lihat FULL. Mat 19:26]

Ref. Silang FULL: Luk 1:39 - di Yehuda · di Yehuda: Luk 1:65

· di Yehuda: Luk 1:65

Ref. Silang FULL: Luk 1:41 - Roh Kudus · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

Ref. Silang FULL: Luk 1:42 - semua perempuan · semua perempuan: Hak 5:24

· semua perempuan: Hak 5:24

Ref. Silang FULL: Luk 1:43 - ibu Tuhanku · ibu Tuhanku: Yoh 13:13; Yoh 13:13

· ibu Tuhanku: Yoh 13:13; [Lihat FULL. Yoh 13:13]

Ref. Silang FULL: Luk 1:46 - memuliakan Tuhan · memuliakan Tuhan: Mazm 34:3,4

· memuliakan Tuhan: Mazm 34:3,4

Ref. Silang FULL: Luk 1:47 - Allah, Juruselamatku · Allah, Juruselamatku: Mazm 18:47; Yes 17:10; 61:10; Hab 3:18; 1Tim 1:1; 2:3; 4:10

Ref. Silang FULL: Luk 1:48 - kerendahan hamba-Nya // aku berbahagia · kerendahan hamba-Nya: Luk 1:38; Mazm 138:6 · aku berbahagia: Luk 11:27

· kerendahan hamba-Nya: Luk 1:38; Mazm 138:6

· aku berbahagia: Luk 11:27

Ref. Silang FULL: Luk 1:49 - perbuatan-perbuatan besar // dan nama-Nya · perbuatan-perbuatan besar: Mazm 71:19 · dan nama-Nya: Mazm 111:9

· perbuatan-perbuatan besar: Mazm 71:19

· dan nama-Nya: Mazm 111:9

Ref. Silang FULL: Luk 1:50 - rahmat-Nya turun-temurun · rahmat-Nya turun-temurun: Kel 20:6; Mazm 103:17

· rahmat-Nya turun-temurun: Kel 20:6; Mazm 103:17

Ref. Silang FULL: Luk 1:51 - perbuatan tangan-Nya // congkak hatinya · perbuatan tangan-Nya: Mazm 98:1; Yes 40:10 · congkak hatinya: Kej 11:8; Kel 18:11; 2Sam 22:28; Yer 13:9; 49:16

· perbuatan tangan-Nya: Mazm 98:1; Yes 40:10

· congkak hatinya: Kej 11:8; Kel 18:11; 2Sam 22:28; Yer 13:9; 49:16

Ref. Silang FULL: Luk 1:52 - yang rendah · yang rendah: Mat 23:12; Mat 23:12

· yang rendah: Mat 23:12; [Lihat FULL. Mat 23:12]

Ref. Silang FULL: Luk 1:53 - yang baik · yang baik: Mazm 107:9

· yang baik: Mazm 107:9

Ref. Silang FULL: Luk 1:54 - mengingat rahmat-Nya · mengingat rahmat-Nya: Mazm 98:3

· mengingat rahmat-Nya: Mazm 98:3

Ref. Silang FULL: Luk 1:55 - dan keturunannya · dan keturunannya: Gal 3:16; Gal 3:16

· dan keturunannya: Gal 3:16; [Lihat FULL. Gal 3:16]

Ref. Silang FULL: Luk 1:59 - untuk menyunatkan · untuk menyunatkan: Kej 17:12; Im 12:3; Luk 2:21; Fili 3:5

· untuk menyunatkan: Kej 17:12; Im 12:3; Luk 2:21; Fili 3:5

Ref. Silang FULL: Luk 1:60 - dinamai Yohanes · dinamai Yohanes: Luk 1:13,63; Mat 3:1; Mat 3:1

· dinamai Yohanes: Luk 1:13,63; Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

Ref. Silang FULL: Luk 1:62 - memberi isyarat · memberi isyarat: Luk 1:22

· memberi isyarat: Luk 1:22

Ref. Silang FULL: Luk 1:63 - adalah Yohanes · adalah Yohanes: Luk 1:13,60; Mat 3:1; Mat 3:1

· adalah Yohanes: Luk 1:13,60; Mat 3:1; [Lihat FULL. Mat 3:1]

Ref. Silang FULL: Luk 1:64 - ia berkata-kata · ia berkata-kata: Luk 1:20; Yeh 24:27

· ia berkata-kata: Luk 1:20; Yeh 24:27

Ref. Silang FULL: Luk 1:65 - pegunungan Yudea · pegunungan Yudea: Luk 1:39

· pegunungan Yudea: Luk 1:39

Ref. Silang FULL: Luk 1:66 - menyertai dia · menyertai dia: Kej 39:2; Kis 11:21

· menyertai dia: Kej 39:2; Kis 11:21

Ref. Silang FULL: Luk 1:67 - Roh Kudus // lalu bernubuat · Roh Kudus: Luk 1:15; Luk 1:15 · lalu bernubuat: Yoel 2:28

· Roh Kudus: Luk 1:15; [Lihat FULL. Luk 1:15]

· lalu bernubuat: Yoel 2:28

Ref. Silang FULL: Luk 1:68 - Allah Israel // melawat umat-Nya · Allah Israel: Kej 24:27; 1Raj 8:15; Mazm 72:18 · melawat umat-Nya: Mazm 111:9; Luk 7:16

· Allah Israel: Kej 24:27; 1Raj 8:15; Mazm 72:18

· melawat umat-Nya: Mazm 111:9; Luk 7:16

Ref. Silang FULL: Luk 1:69 - sebuah tanduk // keturunan Daud · sebuah tanduk: 1Sam 2:1,10; 2Sam 22:3; Mazm 18:3; 89:18; 132:17; Yeh 29:21 · keturunan Daud: Mat 1:1; Mat 1:1

· sebuah tanduk: 1Sam 2:1,10; 2Sam 22:3; Mazm 18:3; 89:18; 132:17; Yeh 29:21

· keturunan Daud: Mat 1:1; [Lihat FULL. Mat 1:1]

Ref. Silang FULL: Luk 1:70 - mulut nabi-nabi-Nya · mulut nabi-nabi-Nya: Yer 23:5; Kis 3:21; Rom 1:2

· mulut nabi-nabi-Nya: Yer 23:5; Kis 3:21; Rom 1:2

Ref. Silang FULL: Luk 1:72 - nenek moyang // akan perjanjian-Nya · nenek moyang: Mi 7:20 · akan perjanjian-Nya: Mazm 105:8,9; 106:45; Yeh 16:60

· nenek moyang: Mi 7:20

· akan perjanjian-Nya: Mazm 105:8,9; 106:45; Yeh 16:60

Ref. Silang FULL: Luk 1:73 - kepada Abraham · kepada Abraham: Kej 22:16-18

· kepada Abraham: Kej 22:16-18

Ref. Silang FULL: Luk 1:74 - beribadah kepada-Nya // tanpa takut · beribadah kepada-Nya: Ibr 9:14 · tanpa takut: 1Yoh 4:18

· beribadah kepada-Nya: Ibr 9:14

· tanpa takut: 1Yoh 4:18

Ref. Silang FULL: Luk 1:75 - dan kebenaran · dan kebenaran: Ef 4:24

· dan kebenaran: Ef 4:24

Ref. Silang FULL: Luk 1:76 - disebut nabi // Yang Mahatinggi // jalan bagi-Nya · disebut nabi: Mat 11:9; Mat 11:9 · Yang Mahatinggi: Luk 1:32,35; Mr 5:7; Mr 5:7 · jalan bagi-Nya: Luk 1:17; Mat 3:3; Mat 3:3

· disebut nabi: Mat 11:9; [Lihat FULL. Mat 11:9]

· Yang Mahatinggi: Luk 1:32,35; Mr 5:7; [Lihat FULL. Mr 5:7]

· jalan bagi-Nya: Luk 1:17; Mat 3:3; [Lihat FULL. Mat 3:3]

Ref. Silang FULL: Luk 1:77 - pengampunan dosa-dosa · pengampunan dosa-dosa: Yer 31:34; Mat 1:21; Mr 1:4

· pengampunan dosa-dosa: Yer 31:34; Mat 1:21; Mr 1:4

Ref. Silang FULL: Luk 1:78 - Surya pagi · Surya pagi: Mal 4:2

· Surya pagi: Mal 4:2

Ref. Silang FULL: Luk 1:79 - naungan maut // damai sejahtera · naungan maut: Mazm 107:14; Yes 9:1; 59:9; Mat 4:16; Kis 26:18; Kis 26:18 · damai sejahtera: Luk 2:14; Luk 2:14

· naungan maut: Mazm 107:14; Yes 9:1; 59:9; Mat 4:16; Kis 26:18; [Lihat FULL. Kis 26:18]

· damai sejahtera: Luk 2:14; [Lihat FULL. Luk 2:14]

Ref. Silang FULL: Luk 1:80 - kuat rohnya · kuat rohnya: Luk 2:40,52

· kuat rohnya: Luk 2:40,52

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Luk 1:1-4 - -- I. Pendahuluan (1:1-4) Injil Lukas merupakan satu-satunya Injil yang menyebutkan cara yang dipakai penulis dalam menyusun kitab-kitabnya. Isi dari pe...

I. Pendahuluan (1:1-4)

Injil Lukas merupakan satu-satunya Injil yang menyebutkan cara yang dipakai penulis dalam menyusun kitab-kitabnya. Isi dari pendahuluan ini dimaksudkan untuk memperkuat keyakinan pembacanya terhadap apa yang akan dikatakan oleh Injil ini mengenai Kristus.

Wycliffe: Luk 1:1 - Yang mulia // Berusaha // Berita // yang telah terjadi di antara kita 1. Yang mulia. Sebuah sebutan yang di tempat lain dipergunakan oleh Lukas hanya untuk pejabat atau bangsawan saja (Kis. 23:26; 24:3; 26:25). Berusaha....

1. Yang mulia. Sebuah sebutan yang di tempat lain dipergunakan oleh Lukas hanya untuk pejabat atau bangsawan saja (Kis. 23:26; 24:3; 26:25). Berusaha. Suatu terjemahan harfiah dari kata kerja Yunani. Berita. Kata ini berarti sebuah narasi formal yang merupakan rangkuman singkat dari berbagai fakta. Peristiwa-peristiwa ... yang telah terjadi di antara kita. Ungkapan ini bisa berarti "hal-hal yang digenapi," tetapi mengandung pengertian "hal-hal yang dianggap pasti benar" atau "fakta-fakta yang diakui tentang kasus tersebut."

Wycliffe: Luk 1:2 - Yang disampaikan // Saksi mata dan pelayan Firman. Saksi mata // pelayan Firman. Pelayan 2. Yang disampaikan. Paulus menggunakan kata yang sama untuk penyebaran amanat Injil secara lisan (I Kor. 11:23; 15:3). Saksi mata dan pelayan Firman....

2. Yang disampaikan. Paulus menggunakan kata yang sama untuk penyebaran amanat Injil secara lisan (I Kor. 11:23; 15:3). Saksi mata dan pelayan Firman. Saksi mata menunjukkan bahwa orang-orang yang memberi informasi kepada Lukas telah melihat Yesus secara pribadi, dan karena penyerahan diri mereka kepada-Nya mereka menjadi pelayan Firman. Pelayan (bahasa Inggris: minister = pendeta) tidak dipakai dalam arti profesi zaman sekarang; istilah ini dipergunakan oleh mereka yang menjadi pejabat di rumah ibadat (Luk. 4:20).

Wycliffe: Luk 1:3 - Aku mengambil keputusan // Menyelidiki ... dengan saksama // Dari asal mulanya 3. Aku mengambil keputusan. Lukas cukup memenuhi syarat untuk menulis sebuah Injil seperti halnya para penulis Injil yang lain. Menyelidiki ... dengan...

3. Aku mengambil keputusan. Lukas cukup memenuhi syarat untuk menulis sebuah Injil seperti halnya para penulis Injil yang lain. Menyelidiki ... dengan saksama. Paulus menggunakan ungkapan yang sama untuk menegaskan bahwa Timotius "telah mengikuti" berbagai pengalaman di dalam kariernya (II Tim. 3:10). Pengetahuan ini merupakan pengenalan manusia akan fakta-fakta kontemporer. Dari asal mulanya (Yunani: anothen). Di situ tempat lain di mana Lukas mempergunakan kata ini (Kis. 26:5), artinya adalah "dari awal" (TL). Lukas mengklaim dirinya mengenal sepenuhnya kehidupan Yesus.

Wycliffe: Luk 1:4 - Dapat mengetahui // Diajarkan 4. Dapat mengetahui. Kata Yunaninya berarti mengenal sepenuhnya. Diajarkan bisa berarti informasi umum secara lisan, atau pengajaran formal. Lukas men...

4. Dapat mengetahui. Kata Yunaninya berarti mengenal sepenuhnya. Diajarkan bisa berarti informasi umum secara lisan, atau pengajaran formal. Lukas menulis untuk menegaskan apa yang Teofilus sudah peroleh secara lisan.

Wycliffe: Luk 1:5--2:52 - -- II. Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52) Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus menunjukkan d...

II. Pemberitaan Tentang Juruselamat (1:5-2:52)

Dua pasal pertama Injil ini berkaitan dengan berbagai keadaan di sekitar kelahiran Yesus menunjukkan dengan jelas bahwa kedatangan Juruselamat merupakan intervensi langsung Allah di dalam masalah manusia.

Wycliffe: Luk 1:5 - Herodes, raja Yudea // Rombongan Abia 5. Herodes, raja Yudea. Herodes Agung, keturunan Edom beragama Yahudi, menjadi raja Yudea dari tahun 37 sM hingga 4 sM. Dia adalah seorang pemimpin ya...

5. Herodes, raja Yudea. Herodes Agung, keturunan Edom beragama Yahudi, menjadi raja Yudea dari tahun 37 sM hingga 4 sM. Dia adalah seorang pemimpin yang cakap, tetapi kejam dan korup. Rombongan Abia. Terdapat dua puluh empat "kelompok" atau divisi imam, berdasarkan keluarga keturunan Harun. dan salah satunya adalah kelompok Abia (I Taw. 24:10).

Wycliffe: Luk 1:7 - Mereka tidak mempunyai anak 7. Mereka tidak mempunyai anak. Suatu malapetaka bagi keluarga Yahudi.

7. Mereka tidak mempunyai anak. Suatu malapetaka bagi keluarga Yahudi.

Wycliffe: Luk 1:8 - Tugas keimaman 8. Tugas keimaman. Setiap anggota kelompok memperoleh giliran memberikan persembahan di mezbah Bait Suci selama waktu tertentu setiap tahun.

8. Tugas keimaman. Setiap anggota kelompok memperoleh giliran memberikan persembahan di mezbah Bait Suci selama waktu tertentu setiap tahun.

Wycliffe: Luk 1:9 - Ketika diundi 9. Ketika diundi. Kesempatan untuk membakar ukupan ditentukan dengan membuang undi, dan terpilihnya seseorang mungkin terjadi sekali seumur hidup.

9. Ketika diundi. Kesempatan untuk membakar ukupan ditentukan dengan membuang undi, dan terpilihnya seseorang mungkin terjadi sekali seumur hidup.

Wycliffe: Luk 1:10 - Seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang 10. Seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Ketika asap dupa membubung naik ke atas, umat itu ikut berdoa di dalam hati.

10. Seluruh umat berkumpul di luar dan sembahyang. Ketika asap dupa membubung naik ke atas, umat itu ikut berdoa di dalam hati.

Wycliffe: Luk 1:11 - Seorang malaikat Tuhan 11. Seorang malaikat Tuhan. Di dalam Perjanjian Baru tidak diberikan gambaran tentang malaikat, tetapi mereka pasti memiliki ciri-ciri tertentu yang m...

11. Seorang malaikat Tuhan. Di dalam Perjanjian Baru tidak diberikan gambaran tentang malaikat, tetapi mereka pasti memiliki ciri-ciri tertentu yang membedakan mereka dengan manusia. Pemunculan mereka sering kali dikaitkan dengan penyampaian berita ilahi yang khusus.

Wycliffe: Luk 1:12 - Ia terkejut 12. Ia terkejut melihat pemunculan yang tidak terduga dari orang lain di Tempat Kudus dan mulai takut tentang berita yang akan disampaikan orang terse...

12. Ia terkejut melihat pemunculan yang tidak terduga dari orang lain di Tempat Kudus dan mulai takut tentang berita yang akan disampaikan orang tersebut.

Wycliffe: Luk 1:13 - Malaikat itu berkata 13. Malaikat itu berkata. Perhatikan kesamaan di antara pemberitaan kelahiran Yohanes Pembaptis dengan pemberitaan kelahiran Simson (Hak. 13:3-5). Di ...

13. Malaikat itu berkata. Perhatikan kesamaan di antara pemberitaan kelahiran Yohanes Pembaptis dengan pemberitaan kelahiran Simson (Hak. 13:3-5). Di dalam kedua kasus ini para orang tua sudah berputus asa mengharapkan anak, dan anak yang dijanjikan diberi kuasa sejak lahir untuk melakukan tugas khusus.

Wycliffe: Luk 1:17 - Dalam roh dan kuasa Elia 17. Dalam roh dan kuasa Elia. Elia adalah nabi yang secara keras menyerukan pertobatan, yang telah menegur Raja Ahab. raja Israel penyembah berhala (I...

17. Dalam roh dan kuasa Elia. Elia adalah nabi yang secara keras menyerukan pertobatan, yang telah menegur Raja Ahab. raja Israel penyembah berhala (I Raj. 21:17-24). Panggilan Yohanes ialah membangunkan bangsa itu dan mempersiapkan mereka untuk kedatangan Kristus (Mal. 4:5, 6).

Wycliffe: Luk 1:19 - Akulah Gabriel 19. Akulah Gabriel. Nama malaikat ini berarti hamba Allah. Dia muncul kepada manusia untuk menyampaikan pemberitaan khusus tentang maksud Allah (bdg. ...

19. Akulah Gabriel. Nama malaikat ini berarti hamba Allah. Dia muncul kepada manusia untuk menyampaikan pemberitaan khusus tentang maksud Allah (bdg. Dan. 8:16; 9:21; Luk. 1:26).

Wycliffe: Luk 1:21 - Mereka menjadi heran bahwa ia begitu lama 21. Mereka menjadi heran bahwa ia begitu lama. Karena upacara membakar ukupan umumnya tidak berlangsung lama, kelambatan Zakharia mungkin membuat oran...

21. Mereka menjadi heran bahwa ia begitu lama. Karena upacara membakar ukupan umumnya tidak berlangsung lama, kelambatan Zakharia mungkin membuat orang khawatir. Orang mungkin berpikir bahwa imam tersebut sudah meninggal.

Wycliffe: Luk 1:23 - Selesai jangka waktu tugas jabatannya 23. Selesai jangka waktu tugas jabatannya. Para imam memiliki jangka waktu bertugas yang terbatas, dan apabila sudah selesai mereka bebas untuk pulang...

23. Selesai jangka waktu tugas jabatannya. Para imam memiliki jangka waktu bertugas yang terbatas, dan apabila sudah selesai mereka bebas untuk pulang. Rumah Zakharia ada di wilayah berbukit, mungkin tidak jauh dari Yerusalem (1:39).

Wycliffe: Luk 1:27 - Seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf // Dari keluarga Daud 27. Seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf. Hukum pertunangan Yahudi menganggap suatu pertunangan itu sama mengikatnya seperti ...

27. Seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf. Hukum pertunangan Yahudi menganggap suatu pertunangan itu sama mengikatnya seperti pernikahan. Suatu pertunangan menjadi resmi sesudah para wali dari pihak laki-laki mengadakan perundingan dan mas kawin telah dibayarkan kepada ayah si gadis. Setelah bertunangan, pihak laki-laki setiap saat dapat mengklaim haknya atas tunangannya. Aspek hukum dari pernikahan sudah termasuk di dalam pertunangan; pernikahan hanya merupakan pengakuan terhadap perjanjian yang sudah ditetapkan bersama. Yusuf berhak penuh untuk membawa Maria ke Betlehem. Dari keluarga Daud. Dengan hak adopsi sebagai putra Yusuf yang diakui, Yesus dapat mengklaim warisan sebagai raja dari keturunan Daud.

Wycliffe: Luk 1:28 - Engkau yang dikaruniai 28. Engkau yang dikaruniai. Kata ini dapat diterjemahkan sebagai, penuh kasih karunia, tetapi istilah ini mengacu kepada orang yang menerima kemurahan...

28. Engkau yang dikaruniai. Kata ini dapat diterjemahkan sebagai, penuh kasih karunia, tetapi istilah ini mengacu kepada orang yang menerima kemurahan dan bukan sumber kasih karunia itu sendiri.

Wycliffe: Luk 1:29 - Apakah arti salam itu 29. Apakah arti salam itu. Dipilih di antara semua wanita untuk menerima berkat terasa mengganggu Maria tidak bisa mengerti mengapa dirinya yang dipil...

29. Apakah arti salam itu. Dipilih di antara semua wanita untuk menerima berkat terasa mengganggu Maria tidak bisa mengerti mengapa dirinya yang dipilih untuk menerima kehormatan ini..

Wycliffe: Luk 1:31 - Hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Yesus 31. Hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Yesus adalah kata Yunani untuk kata Ibrani Yosua, yang artinya, Yehovah adalah keselamatan. Bandingkan dengan ...

31. Hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Yesus adalah kata Yunani untuk kata Ibrani Yosua, yang artinya, Yehovah adalah keselamatan. Bandingkan dengan kisah pemberitaan kepada Yusuf sebagaimana dikisahkan Matius (1:21).

Wycliffe: Luk 1:32 - Takhta Daud, bapa leluhurnya 32. Takhta Daud, bapa leluhurnya. Keturunan Daud telah memerintah Yehuda sejak Kerajaan Bersatu hingga Pembuangan secara berkesinambungan. Malaikat it...

32. Takhta Daud, bapa leluhurnya. Keturunan Daud telah memerintah Yehuda sejak Kerajaan Bersatu hingga Pembuangan secara berkesinambungan. Malaikat itu menubuatkan bahwa Yesus akan melengkapi kesinambungan ini.

Wycliffe: Luk 1:33 - Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya 33. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya. Masa pemerintahan ini bila bersifat sementara dan juga bersifat rohani.

33. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya. Masa pemerintahan ini bila bersifat sementara dan juga bersifat rohani.

Wycliffe: Luk 1:34 - Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? 34. Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? Pertanyaan Maria menegaskan pernyataan bahwa dirinya perawan di dalam ayat 27. Yusuf...

34. Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku belum bersuami? Pertanyaan Maria menegaskan pernyataan bahwa dirinya perawan di dalam ayat 27. Yusuf belum mengambilnya sebagai istri.

Wycliffe: Luk 1:35 - Roh Kudus akan turun atasmu 35. Roh Kudus akan turun atasmu. Berbeda dengan berbagai legenda kafir kuno tentang keturunan yang dianggap keturunan dewa dengan manusia, di sini tid...

35. Roh Kudus akan turun atasmu. Berbeda dengan berbagai legenda kafir kuno tentang keturunan yang dianggap keturunan dewa dengan manusia, di sini tidak terjadi intervensi jasmaniah. Tindakan mencipta oleh Roh Kudus di dalam tubuh Maria merupakan sarana fisik untuk terjadinya Inkarnasi.

Wycliffe: Luk 1:36 - Elisabet, sanakmu itu 36. Elisabet, sanakmu itu. Apabila Maria dan Elisabet merupakan sepupu pertama, maka Yesus dan Yohanes adalah sepupu kedua.

36. Elisabet, sanakmu itu. Apabila Maria dan Elisabet merupakan sepupu pertama, maka Yesus dan Yohanes adalah sepupu kedua.

Wycliffe: Luk 1:38 - Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan 38. Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan. Kesediaan Maria yang tanpa ragu-ragu menunjukkan wataknya yang saleh dan taat. Dia bersedia menanggung di...

38. Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan. Kesediaan Maria yang tanpa ragu-ragu menunjukkan wataknya yang saleh dan taat. Dia bersedia menanggung dipermalukan dan diceraikan demi menaati perintah Allah.

Wycliffe: Luk 1:43 - Ibu Tuhanku 43. Ibu Tuhanku. Salam Elisabet menunjukkan bahwa dia bersedia mengakui Putra Maria sebagai Tuhannya.

43. Ibu Tuhanku. Salam Elisabet menunjukkan bahwa dia bersedia mengakui Putra Maria sebagai Tuhannya.

Wycliffe: Luk 1:46 - Jiwaku memuliakan Tuhan 46. Jiwaku memuliakan Tuhan. Ayat 46 sampai 56 dinamakan Magnificat, dari kata pertama dalam terjemahan dalam bahasa Latin. Bandingkan doa Hanna (I Sa...

46. Jiwaku memuliakan Tuhan. Ayat 46 sampai 56 dinamakan Magnificat, dari kata pertama dalam terjemahan dalam bahasa Latin. Bandingkan doa Hanna (I Sam. 2:1-10).

Wycliffe: Luk 1:47 - Allah, Juruselamatku 47. Allah, Juruselamatku. Maria bukan orang tanpa dosa: dia mengakui kebutuhannya akan seorang Juruselamat.

47. Allah, Juruselamatku. Maria bukan orang tanpa dosa: dia mengakui kebutuhannya akan seorang Juruselamat.

Wycliffe: Luk 1:48 - Hamba-Nya 48. Hamba-Nya (Yunani, doule). Harfiah, seorang budak perempuan.

48. Hamba-Nya (Yunani, doule). Harfiah, seorang budak perempuan.

Wycliffe: Luk 1:49 - Telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepada-Ku 49. Telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepada-Ku. Yang lebih baik: telah melakukan perbuatan-perbuatan besar untuk aku.

49. Telah melakukan perbuatan-perbuatan besar kepada-Ku. Yang lebih baik: telah melakukan perbuatan-perbuatan besar untuk aku.

Wycliffe: Luk 1:51 - Yang congkak hatinya. Congkak 51. Yang congkak hatinya. Congkak ("kecenderungan hati" dalam I Taw. 29:18) mengandung arti "kesombongan," atau berbagai harapan penuh kecongkakan yan...

51. Yang congkak hatinya. Congkak ("kecenderungan hati" dalam I Taw. 29:18) mengandung arti "kesombongan," atau berbagai harapan penuh kecongkakan yang mereka banggakan.

Wycliffe: Luk 1:59 - Untuk menyunatkan anak itu 59. Untuk menyunatkan anak itu. Seorang anak laki-laki Yahudi harus disunat delapan hari sesudah kelahirannya, dan pada saat itu bayi tersebut biasany...

59. Untuk menyunatkan anak itu. Seorang anak laki-laki Yahudi harus disunat delapan hari sesudah kelahirannya, dan pada saat itu bayi tersebut biasanya diberi nama.

Wycliffe: Luk 1:60 - Dinamai Yohanes. Yohanes 60. Dinamai Yohanes. Yohanes berasal dari kata Ibrani Yohanan, yang artinya Allah itu pemurah."

60. Dinamai Yohanes. Yohanes berasal dari kata Ibrani Yohanan, yang artinya Allah itu pemurah."

Wycliffe: Luk 1:61 - Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian 61. Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian. Pada umumnya anak-anak diberi nama keluarga. Di dalam kasus ini pemilihan nama yang ber...

61. Tidak ada di antara sanak saudaramu yang bernama demikian. Pada umumnya anak-anak diberi nama keluarga. Di dalam kasus ini pemilihan nama yang berbeda penting mengingat harapan khusus bagi anak itu.

Wycliffe: Luk 1:63 - Ia meminta batu tulis 63. Ia meminta batu tulis. Lempengan tanah liat yang pada zaman kuno dipakai untuk catatan sementara.

63. Ia meminta batu tulis. Lempengan tanah liat yang pada zaman kuno dipakai untuk catatan sementara.

Wycliffe: Luk 1:65 - Segala peristiwa itu menjadi buah tutur 65. Segala peristiwa itu menjadi buah tutur. Mungkin Lukas mengetahui fakta-fakta melalui percakapan dengan beberapa orang yang tinggal di daerah perb...

65. Segala peristiwa itu menjadi buah tutur. Mungkin Lukas mengetahui fakta-fakta melalui percakapan dengan beberapa orang yang tinggal di daerah perbukitan.

Wycliffe: Luk 1:67 - Penuh dengan Roh Kudus // Bernubuat 67. Penuh dengan Roh Kudus. Ungkapan ini dipakai delapan kali dalam tulisan Lukas, termasuk dua kali sebelumnya di dalam pasal ini (1:15, 41). Di dala...

67. Penuh dengan Roh Kudus. Ungkapan ini dipakai delapan kali dalam tulisan Lukas, termasuk dua kali sebelumnya di dalam pasal ini (1:15, 41). Di dalam delapan peristiwa tersebut, ungkapan ini dikaitkan dengan pembekalan untuk berpidato atau berkhotbah. Ini menunjukkan ada pengendalian dan persiapan khusus oleh Roh untuk menyampaikan amanat Allah. Bernubuat. Kata ini tidak semata-mata dipakai untuk pengertian pemberitahuan terlebih dahulu, tetapi dapat mengacu kepada pemberitaan amanat Allah bagi manusia, entah itu mengenai masa lalu, masa kini atau masa depan.

Wycliffe: Luk 1:68 - Terpujilah Tuhan, Allah Israel // Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan 68. Terpujilah Tuhan, Allah Israel. Sekalipun bukan orang Yahudi. Lukas menghubungkan inti pemberitaannya dengan Allah Perjanjian Lana. Ia melawat uma...

68. Terpujilah Tuhan, Allah Israel. Sekalipun bukan orang Yahudi. Lukas menghubungkan inti pemberitaannya dengan Allah Perjanjian Lana. Ia melawat umat-Nya dan membawa kelepasan baginya. Di dalam kelahiran Yohanes. Zakharia melihat awal penggenapan kedatangan Mesias.

Wycliffe: Luk 1:69 - Tanduk keselamatan 69. Tanduk keselamatan. Tanduk seekor kerbau merupakan lambang kekuatan. Banyak ayat dalam Perjanjian Lama menggunakan kiasan ini, khususnya di dalam ...

69. Tanduk keselamatan. Tanduk seekor kerbau merupakan lambang kekuatan. Banyak ayat dalam Perjanjian Lama menggunakan kiasan ini, khususnya di dalam Mazmur (18:3; 89:25; 132:17; 148:14).

Wycliffe: Luk 1:70 - Nabi-nabi-Nya yang kudus 70. Nabi-nabi-Nya yang kudus. Allah telah mengirimkan wakil-wakil-Nya pada segala zaman dan di semua tempat. Henokh, yang adalah utusan Allah sebelum ...

70. Nabi-nabi-Nya yang kudus. Allah telah mengirimkan wakil-wakil-Nya pada segala zaman dan di semua tempat. Henokh, yang adalah utusan Allah sebelum air bah, disebut nabi (Yud. 14).

Wycliffe: Luk 1:73 - Sumpah 73. Sumpah. Tuhan sudah bersumpah kepada Abraham bahwa keturunannya akan dilindungi melewati perbudakan di Mesir, dan bahwa mereka akan memiliki neger...

73. Sumpah. Tuhan sudah bersumpah kepada Abraham bahwa keturunannya akan dilindungi melewati perbudakan di Mesir, dan bahwa mereka akan memiliki negeri yang dijanjikan (Kej. 15:13, 18).

Wycliffe: Luk 1:78 - Surya pagi dari tempat yang tinggi. Surya pagi, 78. Surya pagi dari tempat yang tinggi. Surya pagi, istilah kuno matahari terbit, mengacu kepada terbitnya "Surya kebenaran" (Mal. 4:2). Seluruh bagia...

78. Surya pagi dari tempat yang tinggi. Surya pagi, istilah kuno matahari terbit, mengacu kepada terbitnya "Surya kebenaran" (Mal. 4:2). Seluruh bagian ini berisi gema dari pasal terakhir nubuat Maleakhi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Luk 1:1-4 - Pendahuluan Kisah tentang kehidupan Tuhan Yesus Kristus yang disajikan oleh penulis Injil ini kepada kita (atau tepatnya oleh Allah melalui dia) dimulai pada ...

Matthew Henry: Luk 1:5-25 - Penampakan Malaikat kepada Zakharia; Pemberitahuan tentang Kelahiran Yohanes Pembaptis; Ketidakperca Penampakan Malaikat kepada Zakharia; Pemberitahuan tentang Kelahiran Yohanes Pembaptis; Ketidakpercayaan Zakharia (1:5-25) Kedua penulis Injil sebe...

Matthew Henry: Luk 1:26-38 - Pemberitahuan tentang Kelahiran Kristus Pemberitahuan tentang Kelahiran Kristus (1:26-38) Di dalam perikop ini kita diberitahukan mengenai segala sesuatu yang perlu kita ketahui tentang i...

Matthew Henry: Luk 1:39-56 - Percakapan antara Maria dan Elisabet; Nyanyian Pujian Maria Percakapan antara Maria dan Elisabet; Nyanyian Pujian Maria (1:39-56) Di sini kita menyimak percakapan antara dua ibu yang berbahagia, Elisabet dan...

Matthew Henry: Luk 1:57-66 - Kelahiran Yohanes Pembaptis Kelahiran Yohanes Pembaptis (1:57-66) Di dalam ayat-ayat ini diceritakan tentang: I. Kelahiran Yohanes Pembaptis (ay. 57). Meskipun ia dikandun...

Matthew Henry: Luk 1:67-80 - Nyanyian Pujian Zakharia Nyanyian Pujian Zakharia (1:67-80) Di sini kita membaca nyanyian yang digunakan Zakharia untuk memuji Allah ketika mulutnya terbuka. Dalam nyanyian...

SH: Luk 1:1-17 - Mewujudkan rencana (Jumat, 22 Desember 2006) Mewujudkan rencana Perencanaan adalah langkah awal untuk melaksanakan suatu proses menuju hasil yang ingin dicapai. Dalam bacaan hari ini kita ...

SH: Luk 1:1-17 - Mempersiapkan calon pemimpin. (Senin, 22 Desember 2003) Mempersiapkan calon pemimpin. Catatan akurat Lukas menempatkan dirinya dalam jajaran sejarawan handal pada zamannya. Apalagi tujuannya kalau ...

SH: Luk 1:1-25 - Bagaimana dan mengapa mengetahui kebenaran? (Sabtu, 21 Desember 2002) Bagaimana dan mengapa mengetahui kebenaran? Prolog Injil Lukas memberitahukan kepada kita tentang apa tujuan penulisan Injil ini, yaitu agar...

SH: Luk 1:1-25 - Kebenaran ajaran. (Selasa, 21 Desember 1999) Kebenaran ajaran. Dengan "kata-kata pendahuluan" ini Lukas selaku penulis mempertanggungjawabkan kebenaran isi kitab Injil yang ditulisnya. ...

SH: Luk 1:18-25 - Ketika doa dijawab (Sabtu, 23 Desember 2006) Ketika doa dijawab Kita berdoa tentunya dengan harapan agar doa tersebut dijawab. Namun bila doa kita tidak kunjung terjawab, mungkin saja kita a...

SH: Luk 1:18-25 - Ketika tidak mengerti, harusnya tetap percaya. (Selasa, 23 Desember 2003) Ketika tidak mengerti, harusnya tetap percaya. Ketika ragu, nyatakan imanmu dengan mempercayakan diri kepada Tuhan. Sering kita tidak dapat m...

SH: Luk 1:26-38 - Lahir dari anak dara Maria (Minggu, 24 Desember 2006) Lahir dari anak dara Maria "Lahir dari anak dara Maria" adalah pengakuan iman tentang Yesus Kristus yang diucapkan dengan khidmat dalam ibadah um...

SH: Luk 1:26-38 - Tidak mengerti namun percaya. (Rabu, 24 Desember 2003) Tidak mengerti namun percaya. Bangsa Yahudi hidup di bawah ketentuan tradisi atau budaya yang sangat ketat dan ekstrim. Salah satunya adalah ...

SH: Luk 1:26-38 - Ada apa dengan Maria? (Minggu, 22 Desember 2002) Ada apa dengan Maria? Jawabannya jelas: begitu banyak hal-hal yang besar. Pertama, bertemu dengan malaikat Gabriel bukanlah kejadian yang bi...

SH: Luk 1:26-45 - Maria dipersiapkan. (Rabu, 22 Desember 1999) Maria dipersiapkan. Oleh kasih karunia Allah, Maria akan mengalami kenyataan yang luar biasa di dalam dirinya (30-33). Kondisi iman dan mental...

SH: Luk 1:39-56 - Magnificat (Senin, 25 Desember 2006) Magnificat Sukacita seharusnya menjadi tanggapan bagi orang yang menerima rencana Allah dan terlibat di dalamnya. Sukacita inilah yang ditek...

SH: Luk 1:39-56 - Perspektif dua perempuan pilihan Allah. (Kamis, 25 Desember 2003) Perspektif dua perempuan pilihan Allah. Dua atau lebih perempuan berkumpul, gosip, atau kabar burung pasti menjadi topik hangat dalam kumpula...

SH: Luk 1:39-56 - Allah yang berpihak! (Senin, 23 Desember 2002) Allah yang berpihak! Dalam kehidupan dan percakapan sehari-hari, kadang kita bisa rancu dalam mengartikan kata "adil". Adil sering diartikan...

SH: Luk 1:46-66 - Maria yang rendah hati dan bersyukur. (Kamis, 23 Desember 1999) Maria yang rendah hati dan bersyukur. Keteladanan lain dari Maria adalah kerendahan hatinya. Dua kali dalam puisinya yang biasa disebut "Magni...

SH: Luk 1:57-66 - Allah menggenapi rencana-Nya (Selasa, 26 Desember 2006) Allah menggenapi rencana-Nya "Apalah arti sebuah nama", begitu tulis William Shakespeare, seorang pujangga besar Inggris. Tetapi bagi bangsa Isra...

SH: Luk 1:57-66 - Mulutku puji nama-Nya. (Jumat, 26 Desember 2003) Mulutku puji nama-Nya. Ingat lagu sekolah minggu: “Tanganku kerja buat Tuhan, mulutku, puji nama-Nya, kakiku berjalan cari jiwa, upahku bes...

SH: Luk 1:57-80 - Mengapa bersukacita dan memuji? (Selasa, 24 Desember 2002) Mengapa bersukacita dan memuji? Bagi sanak keluarga Zakharia dan Elisabet, jelas karena kelahiran anak bagi pasangan tersebut yang menunjukk...

SH: Luk 1:67-80 - Benedictus (Rabu, 27 Desember 2006) Benedictus "Terpujilah...", itulah awal nyanyian Zakharia yang dalam bahasa Latin disebut Benedictus. Setelah mendengar karya Tuhan dalam di...

SH: Luk 1:67-80 - Allah melawat umat-Nya. (Sabtu, 27 Desember 2003) Allah melawat umat-Nya. Pernahkah kita berpikir secara serius bahwa Allah yang Mahatinggi, Mahakudus, Mahamulia itu melawat umat-Nya? Jika ki...

SH: Luk 1:67-80 - Inti Injil Yesus Kristus. (Jumat, 24 Desember 1999) Inti Injil Yesus Kristus. Nubuatan Zakharia merupakan inti Injil Yesus Kristus. Injil berarti perwujudan janji Allah yang pernah diberikan kep...

Topik Teologia: Luk 1:3 - -- Keselamatan Iman yang Menyelamatkan Sarana dari Iman yang Menyelamatkan Firman Allah yang Tertulis adalah Sarana Bari / Iman yang ...

Topik Teologia: Luk 1:5 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Luk 1:6 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Luk 1:8 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Berdoa kepada Allah Waktu Berdoa Berdoalah pad...

Topik Teologia: Luk 1:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah

Topik Teologia: Luk 1:11 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Luk 1:12 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Luk 1:13 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Luk 1:14 - -- Roh Kudus Roh Kudus dan Kehidupan Kristus Roh dan Yohanes Pembaptis Roh di dalam Pelayanan Yohanes Luk 1:14-17 Ma...

Topik Teologia: Luk 1:15 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Tuhan (Yun.: Kurios) Mat 9:38 Mat ...

Topik Teologia: Luk 1:17 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Yohanes Pembaptis, Seorang Perintis d...

Topik Teologia: Luk 1:18 - -- Wahyu Allah Mode atau Cara Wahyu Wahyu Melalui Para Malaikat Ayu 33:19-25 Dan 4:13-17 Dan 8:15-16 Dan 9:21-23 Dan 10:5-6,10-11 ...

Topik Teologia: Luk 1:19 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Maim Yesus alas Keilahian Klaim yang Berkaitan dengan Allah Yesus Mengklaim Otoritas All...

Topik Teologia: Luk 1:20 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Beberapa Orang yang Kepadanya Para Malaikat Baik Menampakkan diri lmam Zakaria Luk...

Topik Teologia: Luk 1:24 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Keluarga Ibu Diberkati sebagai Orang yang Melahirkan Anak Kej ...

Topik Teologia: Luk 1:26 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Luk 1:27 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik

Topik Teologia: Luk 1:31 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datang) ...

Topik Teologia: Luk 1:32 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datang) Maz 2:6-9 Yes 9:5-6 Dan 7:13-14 Yoe ...

Topik Teologia: Luk 1:33 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datang) ...

Topik Teologia: Luk 1:35 - -- Allah yang Berpribadi Mahatinggi (Yun.: Hupsistos) Luk 1:32 Luk 1:35 Luk 1:76 Luk 6:35 Kis 7:48 Tritunggal dalam Pe...

Topik Teologia: Luk 1:37 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Mahakuasa Kej 17:1 Kej 18:14 Kel 9:16 Kel 15:6 Yos 4:24 1Sa 14:6 Ayu 42:2...

Topik Teologia: Luk 1:41 - -- Roh Kudus Roh Kudus dan Kehidupan Kristus Roh dan Yohanes Pembaptis Roh di dalam Kelahiran Yohanes Luk 1:41 Luk 1:67 ...

Topik Teologia: Luk 1:42 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Nabiah Elisabet Luk 1:41...

Topik Teologia: Luk 1:45 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Nabiah Elisabet ...

Topik Teologia: Luk 1:46 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Disejajarkan dengan Allah Kita Bersukac...

Topik Teologia: Luk 1:47 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyan...

Topik Teologia: Luk 1:48 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Maria Luk 1:46-55 Kehi...

Topik Teologia: Luk 1:49 - -- Allah yang Berpribadi Yang Mahakuasa Yes 10:33-34 Yes 33:21 Mar 14:62 Luk 1:49 Allah itu Kudus Kel 15:11 I...

Topik Teologia: Luk 1:50 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Murah Hati Kel 33:19 Ula 4:31 Ula 13:17-18 Neh 9:31 Maz 25:6 Maz 78:38 Ye...

Topik Teologia: Luk 1:51 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Luk 1:52 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan dan Manusia Dunia Pemeliharaan Allah di Dalam Keberadaan Manusia ...

Topik Teologia: Luk 1:54 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Maria Luk 1:46-55

Topik Teologia: Luk 1:57 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Memuliakan Allah Memuji Allah Contoh-contoh Memuji Allah Zakharia Memuji ...

Topik Teologia: Luk 1:67 - -- Roh Kudus Roh Kudus dan Kehidupan Kristus Roh dan Yohanes Pembaptis Roh di dalam Kelahiran Yohanes Luk 1:41 Luk 1:67 ...

Topik Teologia: Luk 1:68 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan, Allah Israel Yos 24:23 R...

Topik Teologia: Luk 1:69 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Tanduk Keselamatan Luk 1:69 Keselamatan Keselamatan Secara Umum ...

Topik Teologia: Luk 1:76 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahatinggi (Yun.: Hupsistos) Luk 1...

Topik Teologia: Luk 1:77 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Matahari Terbit Luk 1:76-79 Keselamatan Keselamatan Secara Umum ...

Topik Teologia: Luk 1:78 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Matahari Terbit Luk 1:76-79 Keselamatan Keselamatan Secara Umum ...

Topik Teologia: Luk 1:79 - -- Yesus Kristus Kiasan, Gelar, dan Nama-nama Kristus Matahari Terbit Luk 1:76-79 Keselamatan Damai dengan Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Lukas (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Yesus, Juruselamat yang Ilahi dan Manusiawi Tanggal Penulisan: Tahun 60-63 M Latar Belakang Injil Lukas...

Full Life: Lukas (Garis Besar) Garis Besar I. Pendahuluan Injil Lukas (Luk 1:1-4) II. Kedatangan Juruselamat (Luk 1:5-2:52) A. Pem...

Matthew Henry: Lukas (Pendahuluan Kitab) Kita sekarang sedang memasuki karya seorang pemberita Injil lain bernama Lukas, yang menurut beberapa orang merupakan singkatan nama Lucilius. Menurut...

Jerusalem: Lukas (Pendahuluan Kitab) INJIL-INJIL SINOPTIK PENGANTAR Ada empat kitab dalam Perjanjian Baru yang berisikan "Kabar Yang Baik" (demikianlah arti kata "Euaggelio...