kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 26:1-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Pembelaan Paulus di hadapan Agripa
26:1 Kata Agripa kepada Paulus: "Engkau diberi kesempatan untuk membela diri." Paulus memberi isyarat dengan tangannya, lalu memberi pembelaannya seperti berikut: 26:2 "Ya raja Agripa, aku merasa berbahagia, karena pada hari ini aku diperkenankan untuk memberi pertanggungan jawab di hadapanmu terhadap segala tuduhan yang diajukan orang-orang Yahudi terhadap diriku, 26:3 terutama karena engkau tahu benar-benar adat istiadat dan persoalan orang Yahudi. Sebab itu aku minta kepadamu, supaya engkau mendengarkan aku dengan sabar. 26:4 Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak masa mudaku, sebab dari semula aku hidup di tengah-tengah bangsaku di Yerusalem. 26:5 Sudah lama mereka mengenal aku dan sekiranya mereka mau, mereka dapat memberi kesaksian, bahwa aku telah hidup sebagai seorang Farisi menurut mazhab yang paling keras dalam agama kita. 26:6 Dan sekarang aku harus menghadap pengadilan oleh sebab aku mengharapkan kegenapan janji, yang diberikan Allah kepada nenek moyang kita, 26:7 dan yang dinantikan oleh kedua belas suku kita, sementara mereka siang malam melakukan ibadahnya dengan tekun. Dan karena pengharapan itulah, ya raja Agripa, aku dituduh orang-orang Yahudi. 26:8 Mengapa kamu menganggap mustahil, bahwa Allah membangkitkan orang mati? 26:9 Bagaimanapun juga, aku sendiri pernah menyangka, bahwa aku harus keras bertindak menentang nama Yesus dari Nazaret. 26:10 Hal itu kulakukan juga di Yerusalem. Aku bukan saja telah memasukkan banyak orang kudus ke dalam penjara, setelah aku memperoleh kuasa dari imam-imam kepala, tetapi aku juga setuju, jika mereka dihukum mati. 26:11 Dalam rumah-rumah ibadat aku sering menyiksa mereka dan memaksanya untuk menyangkal imannya dan dalam amarah yang meluap-luap aku mengejar mereka, bahkan sampai ke kota-kota asing."
Paulus menceriterakan pertobatan dan panggilannya
26:12 "Dan dalam keadaan demikian, ketika aku dengan kuasa penuh dan tugas dari imam-imam kepala sedang dalam perjalanan ke Damsyik, 26:13 tiba-tiba, ya raja Agripa, pada tengah hari bolong aku melihat di tengah jalan itu cahaya yang lebih terang dari pada cahaya matahari, turun dari langit meliputi aku dan teman-teman seperjalananku. 26:14 Kami semua rebah ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang mengatakan kepadaku dalam bahasa Ibrani: Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku? Sukar bagimu menendang ke galah rangsang. 26:15 Tetapi aku menjawab: Siapa Engkau, Tuhan? Kata Tuhan: Akulah Yesus, yang kauaniaya itu. 26:16 Tetapi sekarang, bangunlah dan berdirilah. Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti. 26:17 Aku akan mengasingkan engkau dari bangsa ini dan dari bangsa-bangsa lain. Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka, 26:18 untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan. 26:19 Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat. 26:20 Tetapi mula-mula aku memberitakan kepada orang-orang Yahudi di Damsyik, di Yerusalem dan di seluruh tanah Yudea, dan juga kepada bangsa-bangsa lain, bahwa mereka harus bertobat dan berbalik kepada Allah serta melakukan pekerjaan-pekerjaan yang sesuai dengan pertobatan itu. 26:21 Karena itulah orang-orang Yahudi menangkap aku di Bait Allah, dan mencoba membunuh aku. 26:22 Tetapi oleh pertolongan Allah aku dapat hidup sampai sekarang dan memberi kesaksian kepada orang-orang kecil dan orang-orang besar. Dan apa yang kuberitakan itu tidak lain dari pada yang sebelumnya telah diberitahukan oleh para nabi dan juga oleh Musa, 26:23 yaitu, bahwa Mesias harus menderita sengsara dan bahwa Ia adalah yang pertama yang akan bangkit dari antara orang mati, dan bahwa Ia akan memberitakan terang kepada bangsa ini dan kepada bangsa-bangsa lain."
Ajakan kepada Agripa untuk percaya
26:24 Sementara Paulus mengemukakan semuanya itu untuk mempertanggungjawabkan pekerjaannya, berkatalah Festus dengan suara keras: "Engkau gila, Paulus! Ilmumu yang banyak itu membuat engkau gila." 26:25 Tetapi Paulus menjawab: "Aku tidak gila, Festus yang mulia! Aku mengatakan kebenaran dengan pikiran yang sehat! 26:26 Raja juga tahu tentang segala perkara ini, sebab itu aku berani berbicara terus terang kepadanya. Aku yakin, bahwa tidak ada sesuatupun dari semuanya ini yang belum didengarnya, karena perkara ini tidak terjadi di tempat yang terpencil. 26:27 Percayakah engkau, raja Agripa, kepada para nabi? Aku tahu, bahwa engkau percaya kepada mereka." 26:28 Jawab Agripa: "Hampir-hampir saja kauyakinkan aku menjadi orang Kristen!" 26:29 Kata Paulus: "Aku mau berdoa kepada Allah, supaya segera atau lama-kelamaan bukan hanya engkau saja, tetapi semua orang lain yang hadir di sini dan yang mendengarkan perkataanku menjadi sama seperti aku, kecuali belenggu-belenggu ini." 26:30 Lalu bangkitlah raja dan wali negeri serta Bernike dan semua orang yang duduk bersama-sama mereka. 26:31 Sementara mereka keluar, mereka berkata seorang kepada yang lain: "Orang itu tidak melakukan sesuatu yang setimpal dengan hukuman mati atau hukuman penjara." 26:32 Kata Agripa kepada Festus: "Orang itu sebenarnya sudah dapat dibebaskan sekiranya ia tidak naik banding kepada Kaisar."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Agripa King Herod Agrippa II; a great-grandson of Herod the Great
 · Bernike a daughter of Herod Agrippa I.
 · Damsyik a city-state in Syria, located near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS),a town near Mt. Hermon at the edge of the Syrian desert (OS)
 · Farisi a religious group or sect of the Jews
 · Festus the governor of Judea who succeeded Felix
 · Iblis a person, male (evil angelic),an angel that has rebelled against God
 · Kaisar a title held by Roman emperors
 · Kristen any person, male or female, who is committed to following Christ.
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · Nazaret a town in lower Galilee about halfway between the Sea of Galilee and the Mediterranean Sea
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · wilayah bangsa-bangsa lain a non-Jewish person
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin
 · Yudea a region that roughly corresponded to the earlier kingdom of Judah


Topik/Tema Kamus: Paulus | Agripa | Festus | Bait Allah /Bait Suci | Bernike | Damsyik | Sidang, Persidangan Pengadilan | Aniaya, Penganiayaan | Tobat, Pertobatan (Berpaling Kepada Tuhan) | Janji Allah | Raja | Harap Pengharapan | Iman | Bahasa | Sabar, Kesabaran | Raja, Kerajaan Romawi | Bangkit, Kebangkitan Kristus | Suara Hati (Hati Nurani) | Suku-Suku Bangsa Israel | Farisi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 26:18 - TUGAS ILAHI PAULUS. Nas : Kis 26:18 Ayat ini menjadi pernyataan terbaik mengenai apa yang dikehendaki Yesus dari pemberitaan Injil kepada yang terhilang. 1) "Untu...

Nas : Kis 26:18

Ayat ini menjadi pernyataan terbaik mengenai apa yang dikehendaki Yesus dari pemberitaan Injil kepada yang terhilang.

  1. 1) "Untuk membuka mata mereka". Mata rohani dari yang terhilang telah dibutakan Iblis terhadap realitas keadaan mereka yang terhilang dan binasa serta terhadap kebenaran Injil (2Kor 4:4). Hanya pemberitaan Yesus Kristus dengan kuasa Roh Kudus akan membuka pengertian mereka (bd. 2Kor 4:5; Ef 1:18).
  2. 2) "Supaya mereka berbalik ... dari kuasa Iblis kepada Allah." Iblis adalah penguasa dunia ini sehingga semua orang di luar Kristus berada di bawah penguasaan dan perbudakannya. Roh Iblis bekerja dalam semua orang berdosa, yaitu, "di antara orang-orang durhaka" (Ef 2:2). Pemberitaan Injil dengan kuasa Roh Kudus akan membebaskan mereka dari kuasa Iblis serta membawa mereka ke dalam kerajaan Kristus (lih. Kol 1:13; 1Pet 2:9).
  3. 3) "Supaya mereka ... memperoleh pengampunan dosa." Pengampunan dosa diperoleh melalui iman kepada Kristus yang dilandaskan atas kematian-Nya sebagai korban di kayu salib.
  4. 4) "Mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan." Orang yang telah diampuni, dilepaskan dari kekuasaan dosa dan Iblis, didiami oleh dan dibaptis dalam Roh Kudus telah dipisahkan dari dunia. Sekarang ia hidup bagi Allah dalam persekutuan dengan semua orang yang diselamatkan karena iman kepada Kristus.

Full Life: Kis 26:19 - TIDAK PERNAH AKU TIDAK TAAT. Nas : Kis 26:19 Pertobatan Paulus terjadi pada perjalanannya ke Damsyik. Sejak saat itu dia mengaku Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta menye...

Nas : Kis 26:19

Pertobatan Paulus terjadi pada perjalanannya ke Damsyik. Sejak saat itu dia mengaku Yesus sebagai Tuhan dan Juruselamat serta menyerahkan hidupnya untuk menaati Dia (bd. Rom 1:5).

Full Life: Kis 26:20 - MELAKUKAN PEKERJAAN-PEKERJAAN YANG SESUAI DENGAN PERTOBATAN ITU. Nas : Kis 26:20 Paulus tidak mengajarkan bahwa keselamatan hanya menuntut "percaya kepada Yesus dan karya pendamaian-Nya" sebagaimana diajarkan beb...

Nas : Kis 26:20

Paulus tidak mengajarkan bahwa keselamatan hanya menuntut "percaya kepada Yesus dan karya pendamaian-Nya" sebagaimana diajarkan beberapa orang. Para rasul PB menyatakan bahwa tidak seorang pun dapat diselamatkan oleh Kristus kecuali mereka "bertobat dan berbalik kepada Allah" serta membuktikan pertobatan itu dengan perbuatan mereka

(lihat art. IMAN DAN KASIH KARUNIA).

BIS: Kis 26:16 - tentang Aku Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: tentang Aku.

Dalam beberapa naskah kuno tidak ada: tentang Aku.

Jerusalem: Kis 26:2-23 - -- Paulus membuka pidato pembelaannya ini dengan merayu, Kis 26:2-3; bdk Kis 24:2-3,10. Kemudian ia mengemukakan bahwa kepercayaan sebagai orang Kristen ...

Paulus membuka pidato pembelaannya ini dengan merayu, Kis 26:2-3; bdk Kis 24:2-3,10. Kemudian ia mengemukakan bahwa kepercayaan sebagai orang Kristen sesuai dengan kepercayaan orang-orang Farisi akan kebangkitan orang-orang mati, Kis 26:4-8; bdk Kis 23:6+; lalu ia menceritakan hal-ihwal pertobatannya, Kis 26:9-18; bdk Kis 9:1-18; 22:3-16; ia mengakhiri pidatonya dengan meringkaskan pewartaannya yang hanya memberitakan bahwa agama Kristen memenuhi Alkitab, Kis 26:19-23; bdk Kis 13:15-47. Di balik uraian yang berbeda tampillah seluruh persoalan mengenai hubungan antara agama Yahudi dan agama Kristen, bdk Kis 24:14+.

Jerusalem: Kis 26:3 - terutama karena engkau tahu benar-benar Terjemahan lain: karena engkau tahu lebih baik dari siapapun juga.

Terjemahan lain: karena engkau tahu lebih baik dari siapapun juga.

Jerusalem: Kis 26:7 - karena pengharapan itulah Harapan akan Mesias menjadi konkrit dalam kepercayaan akan kebangkitan Kristus yang dengan jalan itu menjadi landasan harapan Kristen, 1Ko 15:15-22; K...

Harapan akan Mesias menjadi konkrit dalam kepercayaan akan kebangkitan Kristus yang dengan jalan itu menjadi landasan harapan Kristen, 1Ko 15:15-22; Kol 1:18

Jerusalem: Kis 26:14 - Sukar bagimu... Ini sebuah peribahasa Yunani yang artinya: menentang sesuatu dengan percuma: seperti perlawanan seekor sapi yang menendang gelagah rangsang dan hanya ...

Ini sebuah peribahasa Yunani yang artinya: menentang sesuatu dengan percuma: seperti perlawanan seekor sapi yang menendang gelagah rangsang dan hanya mendapat luka karenanya.

Jerusalem: Kis 26:17-18 - -- Pengutusan Paulus digambarkan dengan ciri-ciri alkitabiah uang mengenai pengutusan nabi-nabi besar: Yeremia dan Hamba Tuhan.

Pengutusan Paulus digambarkan dengan ciri-ciri alkitabiah uang mengenai pengutusan nabi-nabi besar: Yeremia dan Hamba Tuhan.

Jerusalem: Kis 26:18 - untuk membuka mata mereka Menurut Kis 9:17-18 maka Pauluslah yang beralih dari kegelapan menuju cahaya dengan dapat melihat lagi. Menurut Kis 22:16 (bdk Kis 9:18) Pauluslah yan...

Menurut Kis 9:17-18 maka Pauluslah yang beralih dari kegelapan menuju cahaya dengan dapat melihat lagi. Menurut Kis 22:16 (bdk Kis 9:18) Pauluslah yang harus membersihkan diri dari dosa dengan memberi dirinya dibaptis. Maka pengalamannya sendiri menjadi lambang pengutusannya kepada orang-orang lain.

Jerusalem: Kis 26:24 - membuat engkau gila Festus menjadi bingung karena keahlian Paulus di bidang Kitab Suci; kiranya Paulus menggunakan metode Yahudi di bidang itu. Sangat terkesan oleh Agrip...

Festus menjadi bingung karena keahlian Paulus di bidang Kitab Suci; kiranya Paulus menggunakan metode Yahudi di bidang itu. Sangat terkesan oleh Agripa berdiam diri, lihat jawabannya dalam Kis 26:28.

Jerusalem: Kis 26:26 - tidak terjadi di tempat yang terpencil Ini mengenai kejadian-kejadian yang menggenapi Kitab Suci Kis 26:23 yakni: sengsara dan kebangkitan Yesus dan merambatnya pewartaan rasuli. Semuanya i...

Ini mengenai kejadian-kejadian yang menggenapi Kitab Suci Kis 26:23 yakni: sengsara dan kebangkitan Yesus dan merambatnya pewartaan rasuli. Semuanya itu terjadi di depan mata orang dan dikenal.

Jerusalem: Kis 26:28 - Hampir-hampir saja kauyakinkan Var: Hampir-hampir saja dengan dalil-dalilmu engkau menjadikan aku seorang Kristen; atau: hampir-hampir saja engkau meyakinkan dirimu sendiri membuat ...

Var: Hampir-hampir saja dengan dalil-dalilmu engkau menjadikan aku seorang Kristen; atau: hampir-hampir saja engkau meyakinkan dirimu sendiri membuat aku menjadi seorang Kristen

Jerusalem: Kis 26:28 - orang Kristen Kata "Kristen" masih berupa nama sindiran, bdk Kis 11:26+.

Kata "Kristen" masih berupa nama sindiran, bdk Kis 11:26+.

Jerusalem: Kis 26:29 - supaya segera Kata Yunani (en oligoi) menyinggung kata Agripa "hampir-hampir saja".

Kata Yunani (en oligoi) menyinggung kata Agripa "hampir-hampir saja".

Ende: Kis 26:11 - Memaksa mereka menghodjat Allah Dengan memaksa mereka mengingkari Jesus.

Dengan memaksa mereka mengingkari Jesus.

Ende: Kis 26:14 - Sukar bagimu menerdjang melawan galah runtjing Ini suatu peribahasa jang umum di Junani, maksudnja: segala perlawanan sia-sia sadja. Kiasan ini diambil dari dunia pertanian, dimana lembu djantan ja...

Ini suatu peribahasa jang umum di Junani, maksudnja: segala perlawanan sia-sia sadja. Kiasan ini diambil dari dunia pertanian, dimana lembu djantan jang menarik badjak atau pedati dipatju dengan tongkat pandjang berudjung besi runtjing.

Ende: Kis 26:16 - -- Bandingkanlah Kis 9:15 dan Kis 22:14-15. Dari ajat ini agak terang, bahwa Jesus kemudian memperlihatkan Diri beberapa kali lagi kepada Paulus untuk la...

Bandingkanlah Kis 9:15 dan Kis 22:14-15. Dari ajat ini agak terang, bahwa Jesus kemudian memperlihatkan Diri beberapa kali lagi kepada Paulus untuk langsung memberikan pernjataan-pernjataan tentang Indjil kepadanja. Bdl. 2Ko 12:1-4 dan Gal 2:2.

Ref. Silang FULL: Kis 26:1 - membela diri // dengan tangannya · membela diri: Kis 9:15; 25:22 · dengan tangannya: Kis 12:17; Kis 12:17

· membela diri: Kis 9:15; 25:22

· dengan tangannya: Kis 12:17; [Lihat FULL. Kis 12:17]

Ref. Silang FULL: Kis 26:2 - di hadapanmu // orang-orang Yahudi · di hadapanmu: Mazm 119:46 · orang-orang Yahudi: Kis 24:1,5; 25:2,7,11

· di hadapanmu: Mazm 119:46

· orang-orang Yahudi: Kis 24:1,5; 25:2,7,11

Ref. Silang FULL: Kis 26:3 - adat istiadat // dan persoalan · adat istiadat: Kis 26:7; Kis 6:14; Kis 6:14 · dan persoalan: Kis 25:19

· adat istiadat: Kis 26:7; Kis 6:14; [Lihat FULL. Kis 6:14]

· dan persoalan: Kis 25:19

Ref. Silang FULL: Kis 26:4 - masa mudaku · masa mudaku: Gal 1:13,14; Fili 3:5

· masa mudaku: Gal 1:13,14; Fili 3:5

Ref. Silang FULL: Kis 26:5 - Sudah lama // seorang Farisi // paling keras · Sudah lama: Kis 22:3 · seorang Farisi: Kis 23:6; Fili 3:5 · paling keras: Kis 24:5; Kis 24:5

· Sudah lama: Kis 22:3

· seorang Farisi: Kis 23:6; Fili 3:5

· paling keras: Kis 24:5; [Lihat FULL. Kis 24:5]

Ref. Silang FULL: Kis 26:6 - aku mengharapkan // moyang kita · aku mengharapkan: Kis 23:6; 24:15; 28:20 · moyang kita: Kis 13:32; Kis 13:32; Rom 15:8

· aku mengharapkan: Kis 23:6; 24:15; 28:20

· moyang kita: Kis 13:32; [Lihat FULL. Kis 13:32]; Rom 15:8

Ref. Silang FULL: Kis 26:7 - suku kita // siang malam // aku dituduh · suku kita: Yak 1:1 · siang malam: 1Tes 3:10; 1Tim 5:5 · aku dituduh: Kis 26:2

· suku kita: Yak 1:1

· siang malam: 1Tes 3:10; 1Tim 5:5

· aku dituduh: Kis 26:2

Ref. Silang FULL: Kis 26:8 - orang mati · orang mati: Kis 23:6

· orang mati: Kis 23:6

Ref. Silang FULL: Kis 26:9 - pernah menyangka // bertindak menentang // dari Nazaret · pernah menyangka: 1Tim 1:13 · bertindak menentang: Yoh 16:2 · dari Nazaret: Yoh 15:21; Yoh 15:21

· pernah menyangka: 1Tim 1:13

· bertindak menentang: Yoh 16:2

· dari Nazaret: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]

Ref. Silang FULL: Kis 26:10 - orang kudus // dalam penjara // juga setuju · orang kudus: Kis 9:13; Kis 9:13 · dalam penjara: Kis 8:3; Kis 8:3; Kis 9:2,14,21 · juga setuju: Kis 22:20

· orang kudus: Kis 9:13; [Lihat FULL. Kis 9:13]

· dalam penjara: Kis 8:3; [Lihat FULL. Kis 8:3]; Kis 9:2,14,21

· juga setuju: Kis 22:20

Ref. Silang FULL: Kis 26:11 - sering menyiksa · sering menyiksa: Mat 10:17; Mat 10:17

· sering menyiksa: Mat 10:17; [Lihat FULL. Mat 10:17]

Ref. Silang FULL: Kis 26:14 - suatu suara // bahasa Ibrani · suatu suara: Kis 9:7 · bahasa Ibrani: Yoh 5:2; Yoh 5:2

· suatu suara: Kis 9:7

· bahasa Ibrani: Yoh 5:2; [Lihat FULL. Yoh 5:2]

Ref. Silang FULL: Kis 26:16 - dan berdirilah // Kuperlihatkan kepadamu · dan berdirilah: Yeh 2:1; Dan 10:11 · Kuperlihatkan kepadamu: Kis 22:14,15

· dan berdirilah: Yeh 2:1; Dan 10:11

· Kuperlihatkan kepadamu: Kis 22:14,15

Ref. Silang FULL: Kis 26:17 - mengasingkan engkau // bangsa-bangsa lain · mengasingkan engkau: Yer 1:8,19 · bangsa-bangsa lain: Kis 9:15; Kis 9:15; Kis 13:46; Kis 13:46

· mengasingkan engkau: Yer 1:8,19

· bangsa-bangsa lain: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]; Kis 13:46; [Lihat FULL. Kis 13:46]

Ref. Silang FULL: Kis 26:18 - membuka mata // kepada terang // mereka kepada-Ku // pengampunan dosa · membuka mata: Yes 35:5 · kepada terang: Mazm 18:29; Yes 42:7,16; Ef 5:8; Kol 1:13; 1Pet 2:9 · mereka kepada-Ku: Kis 20:21,32; K...

· membuka mata: Yes 35:5

· kepada terang: Mazm 18:29; Yes 42:7,16; Ef 5:8; Kol 1:13; 1Pet 2:9

· mereka kepada-Ku: Kis 20:21,32; [Lihat FULL. Kis 20:21]; [Lihat FULL. Kis 20:32]

· pengampunan dosa: Luk 24:47; Kis 2:38

Ref. Silang FULL: Kis 26:19 - tidak taat · tidak taat: Yes 50:5

· tidak taat: Yes 50:5

Ref. Silang FULL: Kis 26:20 - di Damsyik // di Yerusalem // bangsa-bangsa lain // harus bertobat // melakukan pekerjaan-pekerjaan · di Damsyik: Kis 9:19-25 · di Yerusalem: Kis 9:26-29; 22:17-20 · bangsa-bangsa lain: Kis 9:15; Kis 9:15; Kis 13:46; Kis 13:46 ...

· di Damsyik: Kis 9:19-25

· di Yerusalem: Kis 9:26-29; 22:17-20

· bangsa-bangsa lain: Kis 9:15; [Lihat FULL. Kis 9:15]; Kis 13:46; [Lihat FULL. Kis 13:46]

· harus bertobat: Kis 3:19

· melakukan pekerjaan-pekerjaan: Yer 18:11; 35:15; Mat 3:8; Luk 3:8

Ref. Silang FULL: Kis 26:21 - menangkap aku // membunuh aku · menangkap aku: Kis 21:27,30 · membunuh aku: Kis 21:31

· menangkap aku: Kis 21:27,30

· membunuh aku: Kis 21:31

Ref. Silang FULL: Kis 26:22 - telah diberitahukan · telah diberitahukan: Luk 24:27,44; Luk 24:27; Luk 24:44; Kis 10:43; 24:14

· telah diberitahukan: Luk 24:27,44; [Lihat FULL. Luk 24:27]; [Lihat FULL. Luk 24:44]; Kis 10:43; 24:14

Ref. Silang FULL: Kis 26:23 - menderita sengsara // orang mati // bangsa-bangsa lain · menderita sengsara: Mat 16:21; Mat 16:21 · orang mati: 1Kor 15:20,23; Kol 1:18; Wahy 1:5 · bangsa-bangsa lain: Luk 2:32; Luk 2:...

· menderita sengsara: Mat 16:21; [Lihat FULL. Mat 16:21]

· orang mati: 1Kor 15:20,23; Kol 1:18; Wahy 1:5

· bangsa-bangsa lain: Luk 2:32; [Lihat FULL. Luk 2:32]

Ref. Silang FULL: Kis 26:24 - Engkau gila // Ilmumu · Engkau gila: Yoh 10:20; Yoh 10:20; 1Kor 4:10; 1Kor 4:10 · Ilmumu: Yoh 7:15

· Engkau gila: Yoh 10:20; [Lihat FULL. Yoh 10:20]; 1Kor 4:10; [Lihat FULL. 1Kor 4:10]

· Ilmumu: Yoh 7:15

Ref. Silang FULL: Kis 26:25 - yang mulia · yang mulia: Kis 23:26; Kis 23:26

· yang mulia: Kis 23:26; [Lihat FULL. Kis 23:26]

Ref. Silang FULL: Kis 26:26 - perkara ini · perkara ini: Kis 26:3

· perkara ini: Kis 26:3

Ref. Silang FULL: Kis 26:28 - orang Kristen · orang Kristen: Kis 11:26

· orang Kristen: Kis 11:26

Ref. Silang FULL: Kis 26:29 - belenggu-belenggu ini · belenggu-belenggu ini: Kis 21:33; Kis 21:33

· belenggu-belenggu ini: Kis 21:33; [Lihat FULL. Kis 21:33]

Ref. Silang FULL: Kis 26:30 - serta Bernike · serta Bernike: Kis 25:23

· serta Bernike: Kis 25:23

Ref. Silang FULL: Kis 26:31 - hukuman penjara · hukuman penjara: Kis 23:9; Kis 23:9

· hukuman penjara: Kis 23:9; [Lihat FULL. Kis 23:9]

Ref. Silang FULL: Kis 26:32 - dapat dibebaskan // kepada Kaisar · dapat dibebaskan: Kis 28:18 · kepada Kaisar: Kis 25:11; Kis 25:11

· dapat dibebaskan: Kis 28:18

· kepada Kaisar: Kis 25:11; [Lihat FULL. Kis 25:11]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 26:1-11 - Pembelaan Paulus yang Kelima Paulus terduduk di kursi terdakwa, sedangkan Festus, Bernike, Agripa, serta orang-orang terkemuka lainnya dari kota Kaisarea yang duduk di kursi...

Matthew Henry: Kis 26:12-23 - Pembelaan Paulus yang Kelima Pembelaan Paulus yang Kelima ( Kis 26:12-23) Semua orang yang percaya kepada Allah dan menghormati kedaulatan-Nya, harus mengakui bahwa orang-or...

Matthew Henry: Kis 26:24-32 - Pembelaan Paulus yang Kelima Pembelaan Paulus yang Kelima ( Kis 26:24-32) Kita memiliki cukup alasan untuk beranggapan bahwa Paulus masih mempunyai banyak hal lagi untuk dikata...

SH: Kis 26:1-11 - Ancaman = kesempatan (Rabu, 16 Agustus 2000) Ancaman = kesempatan Adalah saat yang dramatis ketika rasul Yesus Kristus yang kudus dan sederhana berdiri di hadapan seorang wakil dari kelua...

SH: Kis 26:1-18 - Bagikan Kristus (Sabtu, 15 September 2007) Bagikan Kristus Festus memanfaatkan kedatangan Raja Agripa dan Bernike untuk mengidentifikasi kesalahan yang bisa dituduhkan kepada Paulus. ...

SH: Kis 26:1-32 - Baca Gali Alkitab 6 (Selasa, 12 Agustus 2014) Baca Gali Alkitab 6 Apa saja yang Anda baca? 2. Mengapa Paulus bersukacita ada di hadapan Agripa, padahal saat itu bangsa Yahudi mengajukan dirinya ...

SH: Kis 26:1-23 - Kabarkanlah! (Selasa, 12 Agustus 2014) Kabarkanlah! Berada di hadapan Kaisar Agripa sama sekali tidak membuat Paulus gentar. Ia justru gembira (2) karena kasusnya diadili oleh pemimpin ter...

SH: Kis 26:1-11 - Berdamai dengan Masa Lalu (Jumat, 8 Maret 2019) Berdamai dengan Masa Lalu Ada seorang perempuan yang lahir dari keluarga miskin. Orang tuanya bercerai. Ibunya menikah lagi dengan laki-laki yang ser...

SH: Kis 26:12-23 - Kemerdekaan Indonesia dan kebangkitan Kristus (Kamis, 17 Agustus 2000) Kemerdekaan Indonesia dan kebangkitan Kristus Kemerdekaan Indonesia adalah peristiwa yang sangat menentukan kehidupan bangsa Indonesia. Kemerdek...

SH: Kis 26:12-23 - Diutus Allah Memelihara Jemaat-Nya (Sabtu, 9 Maret 2019) Diutus Allah Memelihara Jemaat-Nya Titik balik adalah suatu fase yang mungkin dijalani setiap manusia. Kita mungkin pernah mengalami sebuah perubahan...

SH: Kis 26:19-32 - Aliran Injil dalam hidup (Minggu, 16 September 2007) Aliran Injil dalam hidup Paulus kemudian menjelaskan konsekuensi pertobatan dan misinya. Pertemuan dengan Yesus yang telah bangkit membawa perub...

SH: Kis 26:24-32 - Ancaman menyebarluaskan Injil (Jumat, 18 Agustus 2000) Ancaman menyebarluaskan Injil Kekerasan dan ancaman bagi Kekristenan di Indonesia harus dipahami sebagai salah satu bentuk respons masyarakat te...

SH: Kis 26:24-32 - Menggunakan tiap kesempatan (Rabu, 13 Agustus 2014) Menggunakan tiap kesempatan Meski Injil adalah kebenaran Allah, tetapi tidak semua orang dapat memberi respons positif. Ini tampak pada diri kedua or...

SH: Kis 26:24-32 - Kekuatan Anugerah (Minggu, 10 Maret 2019) Kekuatan Anugerah Menjadi percaya bukanlah perkara mudah. Ketersediaan fakta, bukti, dan argumentasi tidak menjadi jaminan seseorang akan langsung pe...

Utley: Kis 26:1 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:11 Kata Agripa kepada Paulus: "Engkau diberi kesempatan untuk membela diri." Paulus memberi isyarat dengan tangannya, la...

Utley: Kis 26:2-3 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:2-32 Ya raja Agripa, aku merasa berbahagia, karena pada hari ini aku diperkenankan untuk memberi pertanggungan jawab di ...

Utley: Kis 26:4-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:4-84 Semua orang Yahudi mengetahui jalan hidupku sejak masa mudaku, sebab dari semula aku hidup di tengah-tengah bangsak...

Utley: Kis 26:9-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:9-119 Bagaimanapun juga, aku sendiri pernah menyangka, bahwa aku harus keras bertindak menentang nama Yesus dari Nazaret...

Utley: Kis 26:12-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:12-1812 Dan dalam keadaan demikian, ketika aku dengan kuasa penuh dan tugas dari imam-imam kepala sedang dalam perjalana...

Utley: Kis 26:19-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:19-2319 Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat. 20 Tetapi mula-mu...

Utley: Kis 26:24-29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:24-2924 Sementara Paulus mengemukakan semuanya itu untuk mempertanggungjawabkan pekerjaannya, berkatalah Festus dengan s...

Utley: Kis 26:30-32 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 26:30-3230 Lalu bangkitlah raja dan wali negeri serta Bernike dan semua orang yang duduk bersama-sama mereka. 31 Sementara ...

Topik Teologia: Kis 26:1 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:6 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:9 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:10 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:14 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:15 - -- Yesus Kristus Allah dan Kristus Menyucikan Kita Kis 20:32 Kis 26:15,17-18 1Ko 1:2 Yesus Mat 1:16 Mat 1...

Topik Teologia: Kis 26:16 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Klaim Perjanjian Baru atas Keilahian Yesus Yesus Mengerjakan Pekerjaan Allah Pekerjaan A...

Topik Teologia: Kis 26:17 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan I...

Topik Teologia: Kis 26:18 - -- Yesus Kristus Keilahian Kristus Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan I...

Topik Teologia: Kis 26:19 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:20 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

Topik Teologia: Kis 26:22 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Pengutipan Nubuat-nubuat Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru Pengutipan Para Rasul d...

Topik Teologia: Kis 26:23 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Pengutipan Nubuat-nubuat Perjanjian Lama dalam Perjanjian Baru Pengutipan Para Rasul d...

Topik Teologia: Kis 26:28 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 25:13--26:1 - Situasinya SITUASINYA (Kis 25:13-26:1) Marilah kita mulai dengan meninjau ulang situasi di Kaisarea. Beberapa hari sebelumnya, Raja muda Agripa3 dan adik peremp...

TFTWMS: Kis 26:4-11 - Aku Telah Hidup Sebagai Seorang Farisi "Aku Telah Hidup Sebagai Seorang Farisi" (Kis 26:4-11) Dalam 26:4, 5 Paulus bicara tentang hari-harinya sebagai orang muda dalam iman Yudai...

TFTWMS: Kis 26:12-18 - Aku Melihat ... Cahaya "Aku Melihat ... Cahaya" (Kis 26:12-18) Paulus memberitahu Agripa tentang apa yang membawa perubahan bentuk hidupnya: "Dan dalam kead...

TFTWMS: Kis 26:19-20 - Tidak Pernah Aku Tidak Taat "Tidak Pernah Aku Tidak Taat" (Kis 26:19, 20) Kini Paulus mengarahkan galahnya ke hati raja muda itu: "Sebab itu, ya raja Agripa, kepa...

TFTWMS: Kis 26:24-32 - Kelanjutannya KELANJUTANNYA (Kis 26:24-32) Selama ini Festus tidak terlihat sejak ia menyerahkan persidangkan itu kepada Agripa di awal pasal ini. Namun begitu, ke...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PERLAWANAN YANG SIA-SIA(25:13-26:32) Ketika Tuhan menampakkan diri kepada Paulus di jalan ke Damaskus, Ia berkata, "Sukar bagimu menendang ke ga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 25:13-26:32) Seraya kita melihat Paulus yang kecewa digiring kembali ke dalam selnya, kita mungkin tergoda untuk berkata, "Itu t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Beberapa petani kini memiliki "hotshot" (pecut metal yang mengalirkan kejutan listrik), namun kebanyakan tetap memakai-s...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #17: Gunakan Pencarian Universal untuk mencari pasal, ayat, referensi, kata atau nomor strong. [SEMUA]
dibuat dalam 1.18 detik
dipersembahkan oleh YLSA