kecilkan semua  

Teks -- Kisah Para Rasul 21:1-40 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Paulus di Tirus dan di Siprus
21:1 Sesudah perpisahan yang berat itu bertolaklah kami dan langsung berlayar menuju Kos. Keesokan harinya sampailah kami di Rodos dan dari situ kami ke Patara. 21:2 Di Patara kami mendapat kapal, yang hendak menyeberang ke Fenisia. Kami naik kapal itu, lalu bertolak. 21:3 Kemudian tampak Siprus di sebelah kiri, tetapi kami melewatinya dan menuju ke Siria. Akhirnya tibalah kami di Tirus, sebab muatan kapal harus dibongkar di kota itu. 21:4 Di situ kami mengunjungi murid-murid dan tinggal di situ tujuh hari lamanya. Oleh bisikan Roh murid-murid itu menasihati Paulus, supaya ia jangan pergi ke Yerusalem. 21:5 Tetapi setelah lewat waktunya, kami berangkat meneruskan perjalanan kami. Murid-murid semua dengan isteri dan anak-anak mereka mengantar kami sampai ke luar kota; dan di tepi pantai kami berlutut dan berdoa. 21:6 Sesudah minta diri kami naik ke kapal, dan mereka pulang ke rumah. 21:7 Dari Tirus kami tiba di Ptolemais dan di situ berakhirlah pelayaran kami. Kami memberi salam kepada saudara-saudara dan tinggal satu hari di antara mereka. 21:8 Pada keesokan harinya kami berangkat dari situ dan tiba di Kaisarea. Kami masuk ke rumah Filipus, pemberita Injil itu, yaitu satu dari ketujuh orang yang dipilih di Yerusalem, dan kami tinggal di rumahnya. 21:9 Filipus mempunyai empat anak dara yang beroleh karunia untuk bernubuat. 21:10 Setelah beberapa hari kami tinggal di situ, datanglah dari Yudea seorang nabi bernama Agabus. 21:11 Ia datang pada kami, lalu mengambil ikat pinggang Paulus. Sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri ia berkata: "Demikianlah kata Roh Kudus: Beginilah orang yang empunya ikat pinggang ini akan diikat oleh orang-orang Yahudi di Yerusalem dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain." 21:12 Mendengar itu kami bersama-sama dengan murid-murid di tempat itu meminta, supaya Paulus jangan pergi ke Yerusalem. 21:13 Tetapi Paulus menjawab: "Mengapa kamu menangis dan dengan jalan demikian mau menghancurkan hatiku? Sebab aku ini rela bukan saja untuk diikat, tetapi juga untuk mati di Yerusalem oleh karena nama Tuhan Yesus." 21:14 Karena ia tidak mau menerima nasihat kami, kami menyerah dan berkata: "Jadilah kehendak Tuhan!"
Pertemuan Paulus dengan Yakobus di Yerusalem
21:15 Sesudah beberapa hari lamanya tinggal di Kaisarea, berkemaslah kami, lalu berangkat ke Yerusalem. 21:16 Bersama-sama dengan kami turut juga beberapa murid dari Kaisarea. Mereka membawa kami ke rumah seorang yang bernama Manason. Ia dari Siprus dan sudah lama menjadi murid. Kami akan menumpang di rumahnya. 21:17 Ketika kami tiba di Yerusalem, semua saudara menyambut kami dengan suka hati. 21:18 Pada keesokan harinya pergilah Paulus bersama-sama dengan kami mengunjungi Yakobus; semua penatua telah hadir di situ. 21:19 Paulus memberi salam kepada mereka, lalu menceriterakan dengan terperinci apa yang dilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain oleh pelayanannya. 21:20 Mendengar itu mereka memuliakan Allah. Lalu mereka berkata kepada Paulus: "Saudara, lihatlah, beribu-ribu orang Yahudi telah menjadi percaya dan mereka semua rajin memelihara hukum Taurat. 21:21 Tetapi mereka mendengar tentang engkau, bahwa engkau mengajar semua orang Yahudi yang tinggal di antara bangsa-bangsa lain untuk melepaskan hukum Musa, sebab engkau mengatakan, supaya mereka jangan menyunatkan anak-anaknya dan jangan hidup menurut adat istiadat kita. 21:22 Jadi bagaimana sekarang? Tentu mereka akan mendengar, bahwa engkau telah datang ke mari. 21:23 Sebab itu, lakukanlah apa yang kami katakan ini: Di antara kami ada empat orang yang bernazar. 21:24 Bawalah mereka bersama-sama dengan engkau, lakukanlah pentahiran dirimu bersama-sama dengan mereka dan tanggunglah biaya mereka, sehingga mereka dapat mencukurkan rambutnya; maka semua orang akan tahu, bahwa segala kabar yang mereka dengar tentang engkau sama sekali tidak benar, melainkan bahwa engkau tetap memelihara hukum Taurat. 21:25 Tetapi mengenai bangsa-bangsa lain, yang telah menjadi percaya, sudah kami tuliskan keputusan-keputusan kami, yaitu mereka harus menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala, dari darah, dari daging binatang yang mati dicekik dan dari percabulan." 21:26 Pada hari berikutnya Paulus membawa orang-orang itu serta dengan dia, dan ia mentahirkan diri bersama-sama dengan mereka, lalu masuk ke Bait Allah untuk memberitahukan, bilamana pentahiran akan selesai dan persembahan akan dipersembahkan untuk mereka masing-masing.
Paulus ditangkap
21:27 Ketika masa tujuh hari itu sudah hampir berakhir, orang-orang Yahudi yang datang dari Asia, melihat Paulus di dalam Bait Allah, lalu mereka menghasut rakyat dan menangkap dia, 21:28 sambil berteriak: "Hai orang-orang Israel, tolong! Inilah orang yang di mana-mana mengajar semua orang untuk menentang bangsa kita dan menentang hukum Taurat dan tempat ini! Dan sekarang ia membawa orang-orang Yunani pula ke dalam Bait Allah dan menajiskan tempat suci ini!" 21:29 Sebab mereka telah melihat Trofimus dari Efesus sebelumnya bersama-sama dengan Paulus di kota, dan mereka menyangka, bahwa Paulus telah membawa dia ke dalam Bait Allah. 21:30 Maka gemparlah seluruh kota, dan rakyat datang berkerumun, lalu menangkap Paulus dan menyeretnya keluar dari Bait Allah dan seketika itu juga semua pintu gerbang Bait Allah itu ditutup. 21:31 Sementara mereka merencanakan untuk membunuh dia, sampailah kabar kepada kepala pasukan, bahwa seluruh Yerusalem gempar. 21:32 Kepala pasukan itu segera bergerak dengan prajurit-prajurit dan perwira-perwira dan maju mendapatkan orang banyak itu. Ketika mereka melihat dia dan prajurit-prajurit itu, berhentilah mereka memukul Paulus. 21:33 Kepala pasukan itu mendekati Paulus, menangkapnya dan menyuruh mengikat dia dengan dua rantai, lalu bertanya siapakah dia dan apakah yang telah diperbuatnya. 21:34 Tetapi dari antara orang banyak itu ada yang meneriakkan kepadanya ini, ada pula yang meneriakkan itu. Dan oleh karena keributan itu ia tidak dapat mengetahui apakah yang sebenarnya terjadi. Sebab itu ia menyuruh membawa Paulus ke markas. 21:35 Ketika sampai ke tangga Paulus terpaksa didukung prajurit-prajurit karena berdesak-desaknya orang banyak, 21:36 yang berbondong-bondong mengikuti dia, sambil berteriak: "Enyahkanlah dia!"
Paulus minta izin berbicara
21:37 Ketika Paulus hendak dibawa masuk ke markas, ia berkata kepada kepala pasukan itu: "Bolehkah aku mengatakan sesuatu kepadamu?" Jawabnya: "Tahukah engkau bahasa Yunani? 21:38 Jadi engkau bukan orang Mesir itu, yang baru-baru ini menimbulkan pemberontakan dan melarikan empat ribu orang pengacau bersenjata ke padang gurun?" 21:39 Paulus menjawab: "Aku adalah orang Yahudi, dari Tarsus, warga dari kota yang terkenal di Kilikia; aku minta, supaya aku diperbolehkan berbicara kepada orang banyak itu." 21:40 Sesudah Paulus diperbolehkan oleh kepala pasukan, pergilah ia berdiri di tangga dan memberi isyarat dengan tangannya kepada rakyat itu; ketika suasana sudah tenang, mulailah ia berbicara kepada mereka dalam bahasa Ibrani, katanya:
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Agabus a prophet in the Jerusalem church
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Asia A Roman province on the west side of Asia Minor.
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Filipus a man who was one of the twelve apostles,a son of Herod the Great; husband of Herodias; ruler of Iturea and Traconitis north and west of Galilee,a man who was one of the seven chosen to serve tables at the church at Jerusalem
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kaisarea a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · Kaisarea Filipi a town on the Mediterranean 40 kilometers south of Mt. Carmel and 120 kilometers NW of Jerusalem.
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kilikia a region of SE Asia Minor
 · Kos a man who was the founder of a clan of Judah; son of Ashhur and Helah
 · Manason a man with whom Paul stayed on his last visit to Jerusalem
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Musa a son of Amram; the Levite who led Israel out of Egypt and gave them The Law of Moses,a Levite who led Israel out of Egypt and gave them the law
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Efesus the inhabitants of Ephesus
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Mesir descendants of Mizraim
 · orang Tirus a resident of the town of Tyre
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Mesir descendants of Mizraim
 · Patara a town on the southern coast of Lycia, a south eastern provice of Asia Minor
 · Paulus a man from Tarsus who persecuted the church but became a missionary and writer of 13 Epistles
 · perempuan Aram members of the nation of Syria
 · perempuan Mesir descendants of Mizraim
 · Ptolemais a town north of and across the bay from Mount Carmel
 · Rodos an island off the southwest coast of Asia Minor in the Mediterranean Sea,an island on the south coast of Turkey, 170 km NE of Crete


Topik/Tema Kamus: Paulus | Bait Allah /Bait Suci | Yakobus | Antonia | Tirus | Rumah Tuhan | Bait Suci Yang Kedua | Nazar | Kaisarea | Raja, Kerajaan Romawi | Serah, Penyerahan Diri | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Berita, Pemberitaan Injil | Tarsus | Suci, Penyucian Atau Baptisan | Orang Bukan Yahudi | Yunani | Orang Yahudi | Filipus | Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kis 21:4 - OLEH BISIKAN ROH MURID-MURID ITU MENASIHATI PAULUS SUPAYA IA JANGAN PERGI KE YERUSALEM. Nas : Kis 21:4 "Oleh bisikan Roh" artinya "karena apa yang dikatakan Roh." Roh Kudus tidak menghalangi Paulus pergi ke Yerusalem, karena Allah meng...

Nas : Kis 21:4

"Oleh bisikan Roh" artinya "karena apa yang dikatakan Roh." Roh Kudus tidak menghalangi Paulus pergi ke Yerusalem, karena Allah menghendaki dia pergi (lih. ayat Kis 21:14; 23:11). Namun, Allah sedang memberikan peringatan kepada Paulus bahwa banyak penderitaan menunggu dia di sana. Kemungkinan Roh mengatakan yang sama di Tirus seperti di Kaisarea (ayat Kis 21:8-14). Akan tetapi, Paulus sudah menghitung harganya dan tetap bersedia mati bagi Injil (ayat Kis 21:10-14).

Full Life: Kis 21:10 - SEORANG NABI BERNAMA AGABUS. Nas : Kis 21:10 Agabus, salah satu nabi yang meramalkan kelaparan yang terjadi pada tahun 46 (Kis 11:27-28), kini menubuatkan penawanan dan pemenja...

Nas : Kis 21:10

Agabus, salah satu nabi yang meramalkan kelaparan yang terjadi pada tahun 46 (Kis 11:27-28), kini menubuatkan penawanan dan pemenjaraan Paulus. Makin dekat Paulus dengan Yerusalem makin nyata dan pasti penyataan-penyataannya (ayat Kis 21:11). Nubuat Agabus tidak melarang Paulus pergi ke Yerusalem, tetapi memberi tahu apa yang menantinya kalau dia pergi.

Perhatikan bahwa tidak ada peristiwa tercatat dalam PB di mana karunia nubuat dipakai untuk memberi bimbingan pribadi kepada orang dalam hal-hal yang dapat diputuskan menurut prinsip-prinsip alkitabiah. Keputusan-keputusan yang berhubungan dengan moralitas, membeli atau menjual, perjodohan, dan masalah keluarga harus diambil dengan menerapkan dan menaati prinsip-prinsip Firman Allah dan bukan dengan memakai landasan "nubuat." Ucapan nubuat dalam PB terutama untuk membangun, menasihati, dan menghibur (1Kor 14:3) dan sering kali untuk menuntun dalam misi.

(lihat cat. --> Kis 16:6).

[atau ref. Kis 16:6]

Full Life: Kis 21:13 - PAULUS MENJAWAB. Nas : Kis 21:13 Kehendak dari mayoritas, dan bahkan keinginan suara bulat dari saudara-saudara seiman yang mengasihi belum tentu adalah kehendak Al...

Nas : Kis 21:13

Kehendak dari mayoritas, dan bahkan keinginan suara bulat dari saudara-saudara seiman yang mengasihi belum tentu adalah kehendak Allah. Paulus tidak acuh tak acuh terhadap permohonan dan tangisan teman-temannya; namun ia tidak mungkin mengubah maksudnya yang tetap untuk bersedia dipenjarakan dan bahkan mati bagi Tuhan Yesus Kristus.

Full Life: Kis 21:14 - JADILAH KEHENDAK TUHAN. Nas : Kis 21:14 Banyak murid (ayat Kis 21:4) dan juga nabi Agabus (ayat Kis 21:11) sudah bernubuat tentang penderitaan yang akan dialami Paulus jik...

Nas : Kis 21:14

Banyak murid (ayat Kis 21:4) dan juga nabi Agabus (ayat Kis 21:11) sudah bernubuat tentang penderitaan yang akan dialami Paulus jikalau ia pergi ke Yerusalem. Orang-orang Kristen ini menganggap nubuat itu sebagai petunjuk pribadi kepada Paulus bahwa ia tidak boleh pergi ke Yerusalem (ayat Kis 21:4,12). Walaupun Paulus mengakui kebenaran penyataan itu (ayat Kis 21:11), ia tidak menerima tafsiran mereka tentang nubuat tersebut (ayat Kis 21:13). Paulus lebih bersandar pada bimbingan pribadi Roh Kudus dan Firman Allah bagi dirinya sendiri untuk suatu keputusan yang begitu penting (Kis 23:11;

lihat cat. --> Kis 21:4).

[atau ref. Kis 21:4]

Mengenai pelayanan kemudian hari, seorang harus menantikan perkataan Allah secara pribadi dan bukan hanya perkataan dari orang-orang lain.

Full Life: Kis 21:20 - MENJADI PERCAYA DAN MEREKA SEMUA RAJIN MEMELIHARA HUKUM TAURAT. Nas : Kis 21:20 Yakobus dan Paulus sama-sama mengetahui bahwa upacara Yahudi tidak dapat mendatangkan keselamatan (bd. Kis 15:13-21; Gal 2:15-21). ...

Nas : Kis 21:20

Yakobus dan Paulus sama-sama mengetahui bahwa upacara Yahudi tidak dapat mendatangkan keselamatan (bd. Kis 15:13-21; Gal 2:15-21). Akan tetapi mereka sadar bahwa beberapa bagian dari hukum Taurat dan kebiasaan Yahudi dapat diikuti sebagai suatu ungkapan dari iman dan kasih seorang percaya terhadap Kristus. Orang-orang Yahudi itu sungguh-sungguh telah menerima Kristus, sudah dibaharui dan dipenuhi dengan Roh. Semangat mereka untuk hukum Taurat dan kebiasaan bangsanya bukan disebabkan karena sikap legalisme, tetapi dari hati yang telah diserahkan kepada Kristus dan setia kepada jalan Allah (lih. Mat 7:6).

BIS: Kis 21:16 - untuk mengantar kami ke rumah Manason untuk mengantar kami ke rumah Manason: atau dan mengajak serta Manason.

untuk mengantar kami ke rumah Manason: atau dan mengajak serta Manason.

BIS: Kis 21:24 - rambut mereka dapat dicukur rambut mereka dapat dicukur: Lihat Kis 18:18.

rambut mereka dapat dicukur: Lihat Kis 18:18.

Jerusalem: Kis 21:1 - Patara Sejumlah naskah menambah: dan Mura.

Sejumlah naskah menambah: dan Mura.

Jerusalem: Kis 21:4 - oleh bisikan Roh Murid-murid (nabi-nabi) itu tidak menyampaikan kepada Paulus sebuah perintah Roh Kudus, tetapi setelah menerima penerangan Roh Kudus mengenai nasib Pa...

Murid-murid (nabi-nabi) itu tidak menyampaikan kepada Paulus sebuah perintah Roh Kudus, tetapi setelah menerima penerangan Roh Kudus mengenai nasib Paulus nanti, mereka karena kasihnya ingin mencegah Paulus dari padanya.

Jerusalem: Kis 21:11 - sambil mengikat kaki dan tangannya sendiri Ini sebuah nubuat berupa perbuatan, seperti juga dibuat nabi-nabi lama, bdk Yer 18:1

Ini sebuah nubuat berupa perbuatan, seperti juga dibuat nabi-nabi lama, bdk Yer 18:1

Jerusalem: Kis 21:11 - dan diserahkan ke dalam tangan bangsa-bangsa lain Ramalan ini (bdk Kis 28:17) hanya secara umum cocok dengan cerita mengenai penahanan Paulus (bdk Kis 21:31-33), tetapi sangat serupa dengan nubuat ten...

Ramalan ini (bdk Kis 28:17) hanya secara umum cocok dengan cerita mengenai penahanan Paulus (bdk Kis 21:31-33), tetapi sangat serupa dengan nubuat tentang sengsara Yesus, Luk 18:31-34; bdk Kol 1:24; Fili 3:10 dll.

Jerusalem: Kis 21:16 - membawa kami ke rumah Tempat penginapan ini barangkali di tengah jalan antara Kaisarea dan Yerusalem, seperti disarankan oleh teks barat.

Tempat penginapan ini barangkali di tengah jalan antara Kaisarea dan Yerusalem, seperti disarankan oleh teks barat.

Jerusalem: Kis 21:18 - dengan kami Selanjutnya kata ganti diri "kami" itu hilang dari cerita dan baru muncul kembali dalam Kis 27:1 (keberangkatan ke Roma). Jadi Lukas menyertai Paulus ...

Selanjutnya kata ganti diri "kami" itu hilang dari cerita dan baru muncul kembali dalam Kis 27:1 (keberangkatan ke Roma). Jadi Lukas menyertai Paulus sampai di Yerusalem; kemudian ia menyertainya lagi dari Kaisarea ke Roma.

Jerusalem: Kis 21:20 - rajin memelihara hukum Taurat Baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang lain, bdk Kis 11:12; 15:1,5; Gal 2:12; 5:1 dst.

Baik bagi dirinya sendiri maupun bagi orang-orang lain, bdk Kis 11:12; 15:1,5; Gal 2:12; 5:1 dst.

Jerusalem: Kis 21:21 - untuk melepaskan hukum Musa Memanglah prinsip-prinsip Paulus membawa ke situ, sebab hukum Taurat tidak memberikan lagi kepada orang Yahudi keuntungan, yang karenanya mereka meleb...

Memanglah prinsip-prinsip Paulus membawa ke situ, sebab hukum Taurat tidak memberikan lagi kepada orang Yahudi keuntungan, yang karenanya mereka melebihi orang-orang bukan Yahudi; hanya iman sajalah yang menyelamatkan, bdk Rom 1:6+; Rom 3:22+. Tetapi dengan mengutarakan ajarannya itu Paulus hanya bermaksud menjamin kebebasan orang-orang kafir yang masuk Kristen terhadap aturan-aturan yang dibebankan oleh agama Yahudi, bdk Gal 2:11 dst, dan tidak bermaksud mendorong orang-orang Yahudi untuk melepaskan hukum Taurat

Jerusalem: Kis 21:21 - jangan menyunatkan anak-anaknya Bdk Rom 2:25-29; 4:9-12; 1Ko 7:17-20.

Jerusalem: Kis 21:22 - -- Var: jadi bagaimana sekarang? Tentu orang banyak berkumpul sebab akan mendengar bahwa engkau telah datang ke mari.

Var: jadi bagaimana sekarang? Tentu orang banyak berkumpul sebab akan mendengar bahwa engkau telah datang ke mari.

Jerusalem: Kis 21:24 - biaya mereka Korban-korban yang harus dipersembahkan untuk mengakhiri keadaan "nazir" sangat mahal, bdk Bil 6:14-15.

Korban-korban yang harus dipersembahkan untuk mengakhiri keadaan "nazir" sangat mahal, bdk Bil 6:14-15.

Jerusalem: Kis 21:25 - -- Teks barat: mengenai bangsa-bangsa lain yang telah menjadi percaya tidak perlu dikatakan apa-apa. Kami sendiri sesungguhnya sudah mengirim keputusan-k...

Teks barat: mengenai bangsa-bangsa lain yang telah menjadi percaya tidak perlu dikatakan apa-apa. Kami sendiri sesungguhnya sudah mengirim keputusan-keputusan kami ini: mereka tidak perlu lagi melaksanakan apa-apa kecuali menjauhkan diri dari makanan yang dipersembahkan kepada berhala dan dari percabulan.

Jerusalem: Kis 21:26 - bilamana pentahiran akan selesai Naskah Yunani sedikit sukar dimengerti. Rupanya ada jangka waktu tujuh hari yang mendahului korban-korban yang harus dipersembahkan untuk mengakhiri k...

Naskah Yunani sedikit sukar dimengerti. Rupanya ada jangka waktu tujuh hari yang mendahului korban-korban yang harus dipersembahkan untuk mengakhiri keadaan nazir. Selama tujuh hari beberapa upacara pentahiran harus diselesaikan dahulu. Tetapi tentang upacara-upacara semacam itu tidak ada berita lain.

Jerusalem: Kis 21:28 - menentang hukum Taurat dan tempat ini (ialah Bait Allah). Bdk tuduhan yang dilontarkan kepada Stefanus, Kis 6:11-14, dan Yesus, Mat 26:61; 27:40.

(ialah Bait Allah). Bdk tuduhan yang dilontarkan kepada Stefanus, Kis 6:11-14, dan Yesus, Mat 26:61; 27:40.

Jerusalem: Kis 21:31 - kepala pasukan Benteng Antonia terletak di sudut Timur laut pelataran Bait Allah dan menguasai pelataran itu. Di dalam benteng itu secara tetap ditempatkan pasukan r...

Benteng Antonia terletak di sudut Timur laut pelataran Bait Allah dan menguasai pelataran itu. Di dalam benteng itu secara tetap ditempatkan pasukan romawi yang terdiri atas pasukan bala bantuan dan secara resmi berjumlah 750 pasukan berjalan dan 240 pasukan berkuda.

Jerusalem: Kis 21:38 - empat ribu orang pengacau Atau: empat ribu orang "sikarii" (yang berencong). Ini adalah nama golongan nasionalis ekstrim. Pemberontakan ini disebutkan juga oleh Yosefus.

Atau: empat ribu orang "sikarii" (yang berencong). Ini adalah nama golongan nasionalis ekstrim. Pemberontakan ini disebutkan juga oleh Yosefus.

Jerusalem: Kis 21:40 - bahasa Ibrani Ialah bahasa Aram. Bahasa Ibrani tidak dipakai lagi semenjak kembalinya Israel dari pembuangan, kecuali di kalangan ahli kitab, bdk Kis 26:14.

Ialah bahasa Aram. Bahasa Ibrani tidak dipakai lagi semenjak kembalinya Israel dari pembuangan, kecuali di kalangan ahli kitab, bdk Kis 26:14.

Ende: Kis 21:8 - Pilipus seorang dari ketudjuh Maksudnja: dari ketudjuh diakon jang dilantik oleh Petrus dalam Kis 6:5. Kita telah bertemu dengan Pilipus ini dalam Kis 8:5-18 dan Kis 8:26-40.

Maksudnja: dari ketudjuh diakon jang dilantik oleh Petrus dalam Kis 6:5. Kita telah bertemu dengan Pilipus ini dalam Kis 8:5-18 dan Kis 8:26-40.

Ende: Kis 21:24 - Belandjai Ongkos bernazar tidak sedikit dan sebab itu sering orang miskin dibelandjai oleh orang jang mampu. Nasehat ini diberikan hanja untuk menghindarkan kes...

Ongkos bernazar tidak sedikit dan sebab itu sering orang miskin dibelandjai oleh orang jang mampu. Nasehat ini diberikan hanja untuk menghindarkan kesulitan-kesulitan dalam umat.

Ende: Kis 21:31 - Panglima pasukan Ialah kepala tentara Romawi jang berdjumlah seribu orang kalau lengkap, dan berasrama dalam benteng "Antonia" jang terletak berdampingan dengan kenis...

Ialah kepala tentara Romawi jang berdjumlah seribu orang kalau lengkap, dan berasrama dalam benteng "Antonia" jang terletak berdampingan dengan kenisah. Panglima ini bernama Klaudius Lisias, seperti tertjantum dalam Kis 23:26.

Ref. Silang FULL: Kis 21:1 - bertolaklah kami · bertolaklah kami: Kis 16:10; Kis 16:10

· bertolaklah kami: Kis 16:10; [Lihat FULL. Kis 16:10]

Ref. Silang FULL: Kis 21:2 - ke Fenisia · ke Fenisia: Kis 11:19

· ke Fenisia: Kis 11:19

Ref. Silang FULL: Kis 21:3 - ke Siria · ke Siria: Luk 2:2; Luk 2:2

· ke Siria: Luk 2:2; [Lihat FULL. Luk 2:2]

Ref. Silang FULL: Kis 21:4 - mengunjungi murid-murid // bisikan Roh · mengunjungi murid-murid: Kis 11:26; Kis 11:26 · bisikan Roh: Kis 21:11; Kis 20:23

· mengunjungi murid-murid: Kis 11:26; [Lihat FULL. Kis 11:26]

· bisikan Roh: Kis 21:11; Kis 20:23

Ref. Silang FULL: Kis 21:5 - dan berdoa · dan berdoa: Luk 22:41; Kis 9:40; 20:36

· dan berdoa: Luk 22:41; Kis 9:40; 20:36

Ref. Silang FULL: Kis 21:7 - Dari Tirus // kepada saudara-saudara · Dari Tirus: Kis 12:20 · kepada saudara-saudara: Kis 1:16; Kis 1:16

· Dari Tirus: Kis 12:20

· kepada saudara-saudara: Kis 1:16; [Lihat FULL. Kis 1:16]

Ref. Silang FULL: Kis 21:8 - di Kaisarea // rumah Filipus // Injil itu · di Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40 · rumah Filipus: Kis 6:5; 8:5-40 · Injil itu: Ef 4:11; 2Tim 4:5

· di Kaisarea: Kis 8:40; [Lihat FULL. Kis 8:40]

· rumah Filipus: Kis 6:5; 8:5-40

· Injil itu: Ef 4:11; 2Tim 4:5

Ref. Silang FULL: Kis 21:9 - untuk bernubuat · untuk bernubuat: Kel 15:20; Hak 4:4; Neh 6:14; Luk 2:36; Kis 2:17; 1Kor 11:5

Ref. Silang FULL: Kis 21:10 - bernama Agabus · bernama Agabus: Kis 11:28

· bernama Agabus: Kis 11:28

Ref. Silang FULL: Kis 21:11 - Demikianlah kata // akan diikat // bangsa-bangsa lain · Demikianlah kata: Kis 8:29; Kis 8:29 · akan diikat: Kis 21:33 · bangsa-bangsa lain: 1Raj 22:11; Yes 20:2-4; Yer 13:1-11; Mat 20...

· Demikianlah kata: Kis 8:29; [Lihat FULL. Kis 8:29]

· akan diikat: Kis 21:33

· bangsa-bangsa lain: 1Raj 22:11; Yes 20:2-4; Yer 13:1-11; Mat 20:19

Ref. Silang FULL: Kis 21:13 - untuk mati // Tuhan Yesus · untuk mati: Kis 20:24 · Tuhan Yesus: Yoh 15:21; Yoh 15:21; Kis 9:16; Kis 9:16

· untuk mati: Kis 20:24

· Tuhan Yesus: Yoh 15:21; [Lihat FULL. Yoh 15:21]; Kis 9:16; [Lihat FULL. Kis 9:16]

Ref. Silang FULL: Kis 21:14 - kami menyerah // Jadilah · kami menyerah: Rut 1:18 · Jadilah: Mat 26:39; Mat 26:39

· kami menyerah: Rut 1:18

· Jadilah: Mat 26:39; [Lihat FULL. Mat 26:39]

Ref. Silang FULL: Kis 21:15 - ke Yerusalem · ke Yerusalem: Kis 19:21; Kis 19:21

· ke Yerusalem: Kis 19:21; [Lihat FULL. Kis 19:21]

Ref. Silang FULL: Kis 21:16 - dari Kaisarea // dari Siprus · dari Kaisarea: Kis 8:40; Kis 8:40 · dari Siprus: Kis 21:3,4

· dari Kaisarea: Kis 8:40; [Lihat FULL. Kis 8:40]

· dari Siprus: Kis 21:3,4

Ref. Silang FULL: Kis 21:17 - semua saudara // suka hati · semua saudara: Kis 9:30; Kis 9:30 · suka hati: Kis 15:4

· semua saudara: Kis 9:30; [Lihat FULL. Kis 9:30]

· suka hati: Kis 15:4

Ref. Silang FULL: Kis 21:18 - mengunjungi Yakobus // semua penatua · mengunjungi Yakobus: Kis 15:13; Kis 15:13 · semua penatua: Kis 11:30; Kis 11:30

· mengunjungi Yakobus: Kis 15:13; [Lihat FULL. Kis 15:13]

· semua penatua: Kis 11:30; [Lihat FULL. Kis 11:30]

Ref. Silang FULL: Kis 21:19 - bangsa-bangsa lain // oleh pelayanannya · bangsa-bangsa lain: Kis 14:27; 15:4,12 · oleh pelayanannya: Kis 1:17

· bangsa-bangsa lain: Kis 14:27; 15:4,12

· oleh pelayanannya: Kis 1:17

Ref. Silang FULL: Kis 21:20 - semua rajin // hukum Taurat · semua rajin: Kis 22:3; Rom 10:2; Gal 1:14; Fili 3:6 · hukum Taurat: Kis 15:1,5

· semua rajin: Kis 22:3; Rom 10:2; Gal 1:14; Fili 3:6

· hukum Taurat: Kis 15:1,5

Ref. Silang FULL: Kis 21:21 - hukum Musa // menyunatkan anak-anaknya // adat istiadat · hukum Musa: Kis 21:28 · menyunatkan anak-anaknya: Kis 15:19-21; 1Kor 7:18,19 · adat istiadat: Kis 6:14; Kis 6:14

· hukum Musa: Kis 21:28

· menyunatkan anak-anaknya: Kis 15:19-21; 1Kor 7:18,19

· adat istiadat: Kis 6:14; [Lihat FULL. Kis 6:14]

Ref. Silang FULL: Kis 21:23 - yang bernazar · yang bernazar: Bil 6:2,5,18; Kis 18:18

· yang bernazar: Bil 6:2,5,18; Kis 18:18

Ref. Silang FULL: Kis 21:24 - lakukanlah pentahiran // mencukurkan rambutnya · lakukanlah pentahiran: Kis 21:26; Kis 24:18 · mencukurkan rambutnya: Kis 18:18

· lakukanlah pentahiran: Kis 21:26; Kis 24:18

· mencukurkan rambutnya: Kis 18:18

Ref. Silang FULL: Kis 21:25 - dari percabulan · dari percabulan: Kis 15:20,29

· dari percabulan: Kis 15:20,29

Ref. Silang FULL: Kis 21:26 - mereka masing-masing · mereka masing-masing: Bil 6:13-20; Kis 24:18

· mereka masing-masing: Bil 6:13-20; Kis 24:18

Ref. Silang FULL: Kis 21:27 - menangkap dia · menangkap dia: Yer 26:8; Kis 24:18; 26:21; 1Tes 2:16; 1Tes 2:16

· menangkap dia: Yer 26:8; Kis 24:18; 26:21; 1Tes 2:16; [Lihat FULL. 1Tes 2:16]

Ref. Silang FULL: Kis 21:28 - suci ini · suci ini: Mat 24:15; Kis 6:13; 24:5,6

· suci ini: Mat 24:15; Kis 6:13; 24:5,6

Ref. Silang FULL: Kis 21:29 - melihat Trofimus // dari Efesus · melihat Trofimus: Kis 20:4; 2Tim 4:20 · dari Efesus: Kis 18:19; Kis 18:19

· melihat Trofimus: Kis 20:4; 2Tim 4:20

· dari Efesus: Kis 18:19; [Lihat FULL. Kis 18:19]

Ref. Silang FULL: Kis 21:30 - menangkap Paulus // dan menyeretnya · menangkap Paulus: Kis 26:21 · dan menyeretnya: Kis 16:19; Kis 16:19

· menangkap Paulus: Kis 26:21

· dan menyeretnya: Kis 16:19; [Lihat FULL. Kis 16:19]

Ref. Silang FULL: Kis 21:32 - memukul Paulus · memukul Paulus: Kis 23:27

· memukul Paulus: Kis 23:27

Ref. Silang FULL: Kis 21:33 - mengikat dia // dengan dua // rantai · mengikat dia: Kis 21:11 · dengan dua: Kis 12:6 · rantai: Kis 20:23; 22:29; Ef 6:20; 2Tim 2:9

· mengikat dia: Kis 21:11

· dengan dua: Kis 12:6

· rantai: Kis 20:23; 22:29; Ef 6:20; 2Tim 2:9

Ref. Silang FULL: Kis 21:34 - meneriakkan itu // ke markas · meneriakkan itu: Kis 19:32 · ke markas: Kis 21:37; Kis 22:24; 23:10,16,32

· meneriakkan itu: Kis 19:32

· ke markas: Kis 21:37; Kis 22:24; 23:10,16,32

Ref. Silang FULL: Kis 21:35 - ke tangga · ke tangga: Kis 21:40

· ke tangga: Kis 21:40

Ref. Silang FULL: Kis 21:36 - Enyahkanlah dia · Enyahkanlah dia: Luk 23:18; Yoh 19:15; Kis 22:22

· Enyahkanlah dia: Luk 23:18; Yoh 19:15; Kis 22:22

Ref. Silang FULL: Kis 21:37 - ke markas · ke markas: Kis 21:34; Kis 21:34

· ke markas: Kis 21:34; [Lihat FULL. Kis 21:34]

Ref. Silang FULL: Kis 21:38 - yang baru-baru // padang gurun · yang baru-baru: Kis 5:36 · padang gurun: Mat 24:26

· yang baru-baru: Kis 5:36

· padang gurun: Mat 24:26

Ref. Silang FULL: Kis 21:39 - dari Tarsus // di Kilikia · dari Tarsus: Kis 9:11; Kis 9:11 · di Kilikia: Kis 6:9; Kis 6:9

· dari Tarsus: Kis 9:11; [Lihat FULL. Kis 9:11]

· di Kilikia: Kis 6:9; [Lihat FULL. Kis 6:9]

Ref. Silang FULL: Kis 21:40 - memberi isyarat // bahasa Ibrani · memberi isyarat: Kis 12:17; Kis 12:17 · bahasa Ibrani: Yoh 5:2; Yoh 5:2

· memberi isyarat: Kis 12:17; [Lihat FULL. Kis 12:17]

· bahasa Ibrani: Yoh 5:2; [Lihat FULL. Yoh 5:2]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kis 21:1-7 - Perjalanan Paulus ke Kaisarea; Kedatangan Paulus di Ptolemais Dengan hati gembira kita sudah mengikuti Rasul Paulus dalam perjalanan-perjalanannya ke berbagai bangsa bukan-Yahudi untuk memberitakan Injil, d...

Matthew Henry: Kis 21:8-14 - Nubuatan Agabus; Paulus Tetap Bertekad Pergi ke Yerusalem Nubuatan Agabus; Paulus Tetap Bertekad Pergi ke Yerusalem ( Kis 21:8-14) Di sini kita mendapati Paulus dan kawan-kawannya tiba pada akhirnya di Kai...

Matthew Henry: Kis 21:15-26 - Kunjungan Paulus ke Yerusalem; Paulus Menjalankan Hukum Yahudi Kunjungan Paulus ke Yerusalem; Paulus Menjalankan Hukum Yahudi ( Kis 21:15-26) Dalam perikop di atas diceritakan tentang, I. Perjalanan Pa...

Matthew Henry: Kis 21:27-40 - Paulus Ditangkap di Bait Allah; Kegemparan di Yerusalem Paulus Ditangkap di Bait Allah; Kegemparan di Yerusalem ( Kis 21:27-40) Di sini kita mendapati Paulus ditawan, yang kesudahannya tidak akan perna...

SH: Kis 21:1-14 - Kehendak Tuhan dan kasih sayang persaudaraan (Rabu, 28 Juni 2000) Kehendak Tuhan dan kasih sayang persaudaraan Setiap menjelang peringatan hari kemerdekaan negara kita, slogan 'Merdeka atau Mati' selalu terdeng...

SH: Kis 21:1-14 - Tahu kehendak Tuhan (Senin, 3 September 2007) Tahu kehendak Tuhan Pendapat bahwa hidup aman dan nyaman merupakan kehendak Tuhan bagi orang percaya, masih sering ditekankan. Padahal pengajara...

SH: Kis 21:1-14 - Gunakan setiap kesempatan (Jumat, 1 Agustus 2014) Gunakan setiap kesempatan Setiap orang diberikan Tuhan waktu yang sama yaitu 24 jam. Namun, apakah semua orang memanfaatkan waktu yang berharga itu ...

SH: Kis 21:1-14 - Arahkanlah Hati kepada Tuhan (Minggu, 24 Februari 2019) Arahkanlah Hati kepada Tuhan Ada kalanya jalan kehidupan berlawanan dengan harapan kita. Keadaan bisa sangat mengancam dan menekan. Dalam situasi dem...

SH: Kis 21:15-26 - Kerendahhatian Paulus (Kamis, 29 Juni 2000) Kerendahhatian Paulus Bila Anda menjadi Paulus, pasti akan mengalami kekecewaan yang mendalam. Karena walaupun Anda mungkin sudah mengantis...

SH: Kis 21:15-26 - Fleksibel (Selasa, 4 September 2007) Fleksibel Pada masa awal pertumbuhan gereja, agama Kristen dianggap sebagai gerakan pembaruan di dalam agama Yahudi. Ritual ibadah Kristen di ...

SH: Kis 21:15-26 - Belajar peduli dan menaruh hormat (Sabtu, 2 Agustus 2014) Belajar peduli dan menaruh hormat Dalam zaman yang semakin individualis ini, manusia semakin sulit untuk peduli terhadap orang lain, apalagi untuk me...

SH: Kis 21:15-26 - Biarlah Orang Memuliakan Tuhan (Senin, 25 Februari 2019) Biarlah Orang Memuliakan Tuhan Kebanyakan dari kita mungkin sering mengumbar semua kehebatan dan keberhasilan masing-masing. Bisa saja, itu bertujuan...

SH: Kis 21:27-40 - Paulus satu tingkat di bawah Yesus (Jumat, 30 Juni 2000) Paulus satu tingkat di bawah Yesus Pernyataan ini bukan dimaksudkan untuk merendahkan Yesus sebagai Tuhan dan Kristus, atau untuk mentuhankan ma...

SH: Kis 21:27-40 - Hamba Tuhan yang menderita (Rabu, 5 September 2007) Hamba Tuhan yang menderita Apa yang dialami Paulus serupa dengan yang dialami Tuhan Yesus: disiksa, ditangkap, dan diikat (32-33). Orang menghas...

SH: Kis 21:27-36 - Siap menderita bagi Kristus (Senin, 4 Agustus 2014) Siap menderita bagi Kristus Jalan salib bukanlah jalan yang nyaman. Maka Yesus memberitahu setiap orang yang mau mengikut Dia agar menyangkal diri, m...

SH: Kis 21:27-36 - Tuhan Tetap Menyertai (Selasa, 26 Februari 2019) Tuhan Tetap Menyertai Penganiayaan dan penderitaan bukanlah hal baru dalam kekristenan dan pemberitaan Injil. Para rasul, seperti Paulus, juga mengal...

SH: Kis 21:37--22:22 - Mencontoh kesaksian Paulus (Selasa, 5 Agustus 2014) Mencontoh kesaksian Paulus Setiap orang terpanggil untuk pergi bersaksi, tetapi hanya sedikit orang Kristen yang bersaksi karena merasa tidak mudah m...

SH: Kis 21:37-40 - Berbicara dengan Kepala Dingin (Rabu, 27 Februari 2019) Berbicara dengan Kepala Dingin Dapatkah suatu permasalahan diselesaikan dengan keributan dan perdebatan? Tentu saja bisa, namun itu bukan cara yang e...

Utley: Kis 21:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:1-61 Sesudah perpisahan yang berat itu bertolaklah kami dan langsung berlayar menuju Kos. Keesokan harinya sampailah kam...

Utley: Kis 21:7-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:7-147 Dari Tirus kami tiba di Ptolemais dan di situ berakhirlah pelayaran kami. Kami memberi salam kepada saudara-saudar...

Utley: Kis 21:15-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:15-1615 Sesudah beberapa hari lamanya tinggal di Kaisarea, berkemaslah kami, lalu berangkat ke Yerusalem. 16 Bersama-sam...

Utley: Kis 21:17-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:17-2617 Ketika kami tiba di Yerusalem, semua saudara menyambut kami dengan suka hati. 18 Pada keesokan harinya pergilah ...

Utley: Kis 21:27-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:27-3627 Ketika masa tujuh hari itu sudah hampir berakhir, orang-orang Yahudi yang datang dari Asia, melihat Paulus di da...

Utley: Kis 21:37-40 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kis 21:37-4037 Ketika Paulus hendak dibawa masuk ke markas, ia berkata kepada kepala pasukan itu: "Bolehkah aku mengatakan sesu...

Topik Teologia: Kis 21:4 - -- Roh Kudus Sifat Ilahi Roh Kudus Roh yang Disamakan dengan Allah Keilahian Roh di dalam Keberadaan Diri-Nya Roh yang Dise...

Topik Teologia: Kis 21:5 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gereja Keramahan da...

Topik Teologia: Kis 21:6 - -- Gereja Misi, Pelayanan dan Aktivitas Gereja Keramahan dalam Gereja Kis 16:15 Kis 16:31-34 Kis 18:1-3 Kis 21:4-6 Kis 21:7-8 Kis 21:15-16 Ro...

Topik Teologia: Kis 21:8 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Nabiah Anak-anak Perempu...

Topik Teologia: Kis 21:9 - -- Umat Manusia: Wanita Anak-anak Perempuan Filipus Kis 21:8-9 Wanita-wanita yang Bernubuat Kis 21:9 1Ko 11:5

Topik Teologia: Kis 21:11 - -- Roh Kudus Roh yang Berbicara Mat 10:20 Kis 1:16 Kis 8:29 Kis 10:19 Kis 21:11 1Ti 4:1 Ibr 3:7 1Pe 1:11-12 Wah 2:7 Wah 22:17 ...

Topik Teologia: Kis 21:14 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Kehendak Allah Kehendak Allah di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya ...

Topik Teologia: Kis 21:18 - -- Gereja Organisasi dan Jabatan Gereja Uskup / Penatua Keberadaan Uskup / Penatua Kis 11:30 Kis 14:23 Kis 20:17 Kis 21:18 Fili 1:1 T...

TFTWMS: Kis 9:3--26:15 - Konfrontasi Yang Tak Terduga KONFRONTASI YANG TAK TERDUGA (Kis 9:3-5; 22:6-8; 26:13-15) Saat itu menjelang tengah hari pada hari terakhir perjalanan tersebut. Tembok kota Damsyik...

TFTWMS: Kis 9:6--26:18 - Tantangan Yang Luar Biasa TANTANGAN YANG LUAR BIASA (Kis 9:6-9; 22:9-11; 26:16-18) Jawaban Tuhan sama mengejutkannya seperti penampakan diri-Nya. Yesus memberitahu Saulus untu...

TFTWMS: Kis 9:18--26:19 - Mualaf Yang Tidak Ragu-ragu MUALAF YANG TIDAK RAGU-RAGU (Kis 9:18, 19; 26:19) Bagi Saulus keputusan itu memang berat. Memang selalu berat bagi siapa saja untuk mengakui bahwa se...

TFTWMS: Kis 9:20--26:20 - Belajar Bicara BELAJAR BICARA (Kis 9:20-22, 27-29; 26:20) Anak bayi harus belajar bicara. Beberapa dapat belajar dengan cepat; beberapa lagi perlu waktu agak lama. ...

TFTWMS: Kis 9:29--22:21 - Rintangan Kedegilan RINTANGAN KEDEGILAN (Kis 9:29, 30; 22:17-21) Ketika Saulus memberitakan injil di Yerusalem, salah satu tempat pertama yang ia kunjungi adalah sinagog...

TFTWMS: Kis 20:13--21:1 - Nasihat Bagi Para Penginjil, Penatua, Dan Pendosa Lainnya 16 NASIHAT BAGI PARA PENGINJIL, PENATUA, DAN PENDOSA LAINNYA (Kis 20:13-38; 21:1) Dalam Kitab Kisah tercatat ada tujuh nasihat Paulus.1 Hanya satu ya...

TFTWMS: Kis 9:1--26:12 - Keyakinan Yang Kokoh KEYAKINAN YANG KOKOH (Kis 9:1, 2; 22:4, 5; 26:9-12) Untuk menghargai perubahan yang terjadi atas diri Saulus, kita perlu mengetahui sesuatu tentang h...

TFTWMS: Kis 9:10--22:16 - Orang Kristen Yang Tidak Bersemangat ORANG KRISTEN YANG TIDAK BERSEMANGAT (Kis 9:10-17; 22:10, 12-16) Tuhan membiarkan Saulus dalam kegelapan—secara harfiah, secara rohani, dan secara ...

TFTWMS: Kis 21:1-3 - Berlayar Mengarungi Lautan BERLAYAR MENGARUNGI LAUTAN (Kis 21:1-3) Pelajaran kita yang terakhir ditutup dengan perpisahan Paulus yang penuh air mata dengan para penatua Efesus....

TFTWMS: Kis 21:4-6 - Diuji Di Tirus DIUJI DI TIRUS (Kis 21:4-6) Tirus adalah kota utama Fenisia, sebuah kota kuno yang dikenal baik oleh para pelajar sejarah sekular dan sejarah Alkitab...

TFTWMS: Kis 21:7 - Disambut Dengan Ramah DISAMBUT DENGAN RAMAH (Kis 21:7) Dari Tirus, kapal itu berlayar ke selatan ke Ptolemais, bagian Fenisia yang paling selatan, terletak sekitar 16 kilo...

TFTWMS: Kis 21:8-14 - Disedihkan Di Kaisarea DISEDIHKAN DI KAISAREA (Kis 21:8-14) Setelah tinggal sehari di Ptolemais, Paulus dan rombongannya bergerak ke selatan ke Kaisarea (ay. 8a),27pelabuha...

TFTWMS: Kis 21:15-17 - Perjalanan Ke Yerusalem PERJALANAN KE YERUSALEM (Kis 21:15-17) Dalam ayat 15 Lukas menyatakan, "Sesudah beberapa hari lamanya tinggal di Kaisarea, [dan hari-hari pergol...

TFTWMS: Kis 21:17-18 - Penerimaan Yang Memuaskan PENERIMAAN YANG MEMUASKAN (Kis 21:17, 18) Teks kita dimulai dengan ketibaan Paulus dan rombongan perjalanannya di Yerusalem, beberapa hari sebelum pe...

TFTWMS: Kis 21:17-26 - Paulus, Bagaimana Bisa Engkau Begitu? 3 "PAULUS, BAGAIMANA BISA ENGKAU BEGITU?" (21:17-26) Ketika Paulus pergi ke Yerusalem, ia pergi menyongsong masalah (Roma 15:30, 31; Kisah ...

TFTWMS: Kis 21:19 - Laporan Yang Menggugah LAPORAN YANG MENGGUGAH (Kis 21:19) Selanjutnya Paulus "menceriterakan dengan terperinci apa yang dilakukan Allah di antara bangsa-bangsa lain ol...

TFTWMS: Kis 21:20-22 - Reaksi Yang Menyedihkan REAKSI YANG MENYEDIHKAN (Kis 21:20-22) Pada mulanya, reaksi para penatua terhadap laporannya itu pastilah menggembirakan, namun kemudian menyedihkan ...

TFTWMS: Kis 21:23-25 - Rekomendasi Yang Mengejutkan REKOMENDASI YANG MENGEJUTKAN (Kis 21:23-25) Para penatua itu tidak bertanya dengan tujuan untuk memperoleh masukan, namun semata-mata untuk merintis ...

TFTWMS: Kis 21:26-27 - Hasil Yang Mengejutkan HASIL YANG MENGEJUTKAN (Kis 21:26, 27) Bagaimanakah Paulus bereaksi ketika para penatua itu memberitahu dia apa yang harus ia lakukan? Apakah ia memp...

TFTWMS: Kis 21:26-40 - Dan Mereka Menyangka 4 "DAN MEREKA MENYANGKA" (21:26-40) Hari Pentakosta sudah berlalu, namun jalan-jalan masih dipadati oleh orang-orang Yahudi dari seluruh du...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Penulis : Lukas Tema : Penyebaran Injil yang Penuh Keberhasilan Melalui Kuasa Roh Kudus Tanggal Penulis...

Full Life: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Kis 1:1-11) I. Pencurahan Roh Kudus (Kis 1:12-2:41) A. Persiapan untuk Perjanjian ...

Matthew Henry: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Dengan rasa puas hati yang melimpah kita sudah menyaksikan bagaimana dasar agama kita yang kudus dibangun di atas sejarah Juruselamat kita ...

Jerusalem: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH PARA RASUL PENGANTAR Injil ketiga dan Kisah para Rasul aslinya merupakan hanya satu karya saja, yang sekarang kiranya dapat diberi judul: "...

Ende: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL KATA PENGANTAR Tentang isi dan maksud karangan ini umumnja Mula-mula sebagai landjutan langsung dari "Indjil ketiga" karangan ini be...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) NASIHAT ORANG DEWASA UNTUK PARA BAYI DALAM KRISTUS (Kis 9:23-30; 22:17-21) Sewaktu Yesus berbicara kepada Nikodemus, Ia membandingkan proses perubaha...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:23-30; 22:17-21) Marilah kita sudahi pelajaran ini dengan menguji diri kita sendiri. Biarlah setiap orang bertanya, "Kemajuan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Kedua nas ini memakai istilah "bayi" dalam nada menghina sebab mereka yang ditegur itu tidak bertumbuh sebagai orang Kri...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 20:13-38; 21:1) Saya memakai istilah "para pendosa" dalam judul pelajaran ini sebab tak satu pun dari kita sudah menjadi se...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Jika 14:14-18 disertakan, maka yang tercatat dalam Kisah adalah delapan nasihat. Lihat catatan tentang 14:14-18. 2 Setelah bela...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) DI JALAN MENUJU PEMURIDAN (Kis 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Dalam pelajaran ini dan berikutnya kita akan mempelajari "kisah perubahan hidup paling t...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:1-9; 22:4-11; 26:9-19) Kita harus menunggu sampai pelajaran berikutnya untuk melihat terlaksananya kunjungan itu dan untuk mendenga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 William Barclay, The Acts of the Apostles, The Daily Study Bible Series, rev. ed. (Philadelphia: Westminster Press, 1976), 70. ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PEMBUNUH MASAL DIBAPTIS! (Kis 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Beberapa tahun yang lalu, vonis yang dijatuhkan ke atas Jeffrey Dahmer, seorang pembunuh ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:10-19; 22:10, 12-16; 26:19) Jika tempat mengizinkan, kita dapat juga berbicara tentang "komitmen yang hidup terus" saat S...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Pelbagai kejadian serupa yang lebih familiar bagi para pendengar boleh digunakan ketimbang kisah Dahmer ini. 2 Melissa Prichard...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) PELBAGAI RINTANGAN BAGI ORANG KRISTEN BARU (Kis 9:19-31; 22:17-21) Rasul Paulus sering membandingkan kehidupan Kristiani dengan suatu perlombaan (1Ko...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 9:19-31; 22:17-21) Saulus tidak menemukan kehidupan Kristiani sebagai kehidupan yang mudah, tetapi ia juga tidak menemukan kehidupan ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang 8:22, 24. 2 Lihat 1Korintus 3:1, 2; Ibrani 5:12-14. Nas-nas itu juga menyiratkan bahwa orang Kristen yang...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) MEMPERTARUHKAN SEGALANYA UNTUK TUHAN(21:1-17) Pada suatu ketika saya pernah punya pikiran bahwa saya ingin punya kemampuan untuk melihat masa depan; ...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 21:1-17) Untuk tingkat tertentu, melakukan kehendak Allah selalu mengandung resiko. Allah tidak pernah memberi tugas yang mudah. Agam...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat catatan tentang Kisah 19:21 dan 20:22. 2 Paulus kadang-kadang pernah digambarkan sebagai orang yang keras, suka menyendir...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) "PAULUS, APAKAH YANG ENGKAU LAKUKAN?"(21:17-26) Sekarang kita tiba pada salah satu bagian yang paling membingungkan dalam Kitab Kisah: kisa...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 21:17-26) Dalam pelajaran kita selanjutnya, kita akan bergumul dengan mengapa Paulus setuju melakukan apa yang diminta oleh para pena...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 21:17-26) Setelah mempelajari dua pelajaran tentang partisipasi Paulus dalam mempersembahkan korban di dalam Bait Allah, kita masih c...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Sebagaimana telah dicatat dalam diskusi kita tentang Kisah 15 pada buku "Kisah, Bagian III," kita tidak tahu pasti kapan...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Saya menyertakan sebuah diskusi singkat tentang "bagi semua orang aku telah menjadi segala-galanya" yang berkaitan denga...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 21:26-40) Ketika saya melihat adegan Kisah 21:27-40, saya melihat dua kategori manusia: yang bingung dan yang setia. Orang-orang Yahu...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Perayaan Pentakosta adalah perayaan yang berlangsung satu hari, namun sebagian besar orang yang datang dari tempat yang jauh mempe...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) CARA MEMINTA MAAF(21:40-22:29) Saat saya berpikir tentang meminta maaf, saya teringat pertengkaran antara saya dengan saudara saya, Coy, sewaktu kami...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KESIMPULAN (KIS 21:40-22:29) Seraya kita mengakhiri pelajaran ini, marilah kita kembali kepada kisah Paulus tentang perubahan hidupnya. Khotbahnya it...

TFTWMS: Kisah Para Rasul (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Apologia adalah kata majemuk yang menggabungkan apo ("dari") dengan logos ("kata" atau "akal"). 2...

BIS: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) KISAH RASUL-RASUL PENGANTAR Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah

KISAH RASUL-RASUL

PENGANTAR

Kisah Rasul-rasul adalah lanjutan buku Kabar Baik yang disampaikan oleh Lukas. Tujuan utama Kisah Rasul-rasul ini ialah menguraikan mengenai bagaimana pengikut-pengikut Yesus - dengan pimpinan Roh Allah - menyebarkan Kabar Baik tentang Yesus "di Yerusalem, di seluruh Yudea, di Samaria, dan sampai ke ujung bumi" (Kis 1:8). Buku ini adalah cerita tentang pergerakan Kristen yang dimulai di antara orang Yahudi lalu meluas menjadi suatu agama untuk seluruh dunia. Penulis buku ini merasa perlu pula meyakinkan para pembacanya bahwa orang-orang Kristen bukanlah suatu bahaya politik subversif terhadap kerajaan Roma, tetapi bahwa agama Kristen merupakan penyempurnaan agama Yahudi.

Kisah Rasul-rasul bisa dibagi dalam tiga bagian. Di dalam ketiga bagian itu nampak meluasnya wilayah di mana Kabar Baik tentang Yesus disiarkan dan gereja didirikan:

  1. (1) permulaan pergerakan Kristen di Yerusalem setelah Yesus terangkat naik ke surga;
  2. (2) perluasan ke daerah-daerah lain di Palestina; dan
  3. (3) perluasan yang lebih besar lagi ke negeri-negeri di sekitar Laut Tengah sampai sejauh Roma.

Satu hal yang khas dan penting dalam buku Kisah Rasul-rasul ini ialah pekerjaan Roh Allah yang datang dengan kuasa ke atas orang-orang percaya di Yerusalem pada hari Pentakosta. Di dalam seluruh peristiwa-peristiwa yang tercatat dalam buku ini nyatalah bahwa Roh Allah itu terus-menerus memimpin dan menguatkan gereja beserta pemimpin-pemimpinnya. Berita yang diajarkan oleh agama Kristen pada masa-masa permulaan ini diringkaskan dalam sejumlah khotbah. Peristiwa-peristiwa yang dicatat dalam buku ini menunjukkan pula betapa berkuasanya berita itu di dalam kehidupan orang-orang Kristen dan di dalam ikatan persaudaraan gereja.

Isi

  1.  Persiapan untuk pemberitaan
    Kis 1:1-26
    1. a. Perintah yang terakhir dan janji dari Tuhan Yesus
      Kis 1:1-14
    2. b. Pengganti Yudas
      Kis 1:15-26
  2.  Pemberitaan di Yerusalem
    Kis 2:1-8:3
  3.  Pemberitaan di Yudea dan Samaria
    Kis 8:4-12:25
  4.  Pelayanan Paulus
    Kis 13:1-28:31
    1. a. Perjalanan pertama untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 13:1-14:28
    2. b. Musyawarah di Yerusalem
      Kis 15:1-35
    3. c. Perjalanan kedua untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 15:36-18:22
    4. d. Perjalanan ketiga untuk penyebaran Kabar Baik
      Kis 18:23-21:16
    5. e. Paulus sebagai tahanan di Yerusalem, Kaisarea, dan Roma
      Kis 21:17-28:31

Ajaran: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti bagaimana Tuhan Yesus mendirikan Gereja-Nya di dunia, dan betapa besar Kasih Karunia Allah kepada bangsa-bangsa di dunia.

Pendahuluan

Penulis : Lukas.

Tahun : Sekitar tahun 61 sesudah Masehi.

Penerima : Seorang yang bernama Theofilus (Kis 1:1). (Dan kepada setiap orang yang percaya kepada Tuhan Yesus).

Isi Kitab: Kitab Para Rasul terbagi atas 28 pasal. Di dalam Kitab ini terdapat sejarah berdirinya Gereja Kristen, khotbah-khotbah para Rasul, penganiayaan terhadap umat Kristen, penginjilan kepada bangsa-bangsa lain, serta permulaan adanya sebutan Kristen.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kisah Para Rasul

  1. Pasal 1-5 (Kis 1:1-5:42).

    Pengajaran tentang kelahiran gereja Tuhan Yesus pertama kali

    Bagian ini menceritakan tentang amanat Tuhan Yesus yang diberikan kepada murid-murid-Nya sebelum Ia naik ke Sorga. Dan tentang orang-orang percaya setelah mendengar khotbah Rasul Petrus yang dikuasai oleh Roh Kudus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 1:8; 2:1-3,36-41. Nats ini menyatakan perkataan Tuhan Yesus bahwa murid-murid-Nya akan menerima kuasa setelah menerima Roh Kudus, dan perkataan Tuhan Yesus itu digenapi ketika Para Rasul berkumpul di Yerusalem. _Tanyakan_: Apakah saudara yakin sudah menerima Roh Kudus dan memiliki kuasa-Nya? Kalau sudah apakah yang harus saudara perbuat?
    2. Bacalah pasal Kis 2:41-47; 4:32-37.

      Nats ini menceritakan kehidupan orang-orang percaya pada abad pertama penuh dengan kasih terhadap sesama dan ketekunan dalam beribadah kepada Allah. _Tanyakan_: Bagaimanakah sifat saudara terhadap anggota gereja yang lain? Apakah saudara rajin ke Gereja, baca Alkitab dan berdoa?

  2. Pasal 6-12 (Kis 6:1-12:25).

    Pengajaran tentang perkembangan gereja yang berada dalam penganiayaan terhadap orang-orang percaya

    Orang-orang percaya di kota Yerusalem mengalami penganiayaan dari orang- orang Yahudi, sehingga mereka melarikan diri ke penjuru dunia. Tetapi di dalam segala penderitaan dan penganiayaan itu mereka tetap memberitakan Injil Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 7:54-60; 8:1-4. Nats-nats ini menceritakan bagaimana beratnya penderitaan dan aniaya yang dialami oleh orang-orang percaya, tetapi walaupun di dalam penderitaan dan aniaya itu mereka tetap setia beribadah dan memberitakan Injil. _Tanyakan_: Bagaimanakah sikap saudara kalau saudara diancam setelah masuk Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 9:1-22. Nats ini menceritakan tentang Saulus (Paulus) yang adalah seorang penganiaya orang-orang percaya, mengalami pertobatan dan akhirnya menjadi Rasul. Ini mengajarkan bahwa kuasa Tuhan Yesus dapat mengubah kehidupan seseorang yang sangat jahat sekalipun. _Tanyakan_: Sudahkah kehidupan saudara diubah oleh Tuhan Yesus menjadi kehidupan yang benar?
  3. Pasal 13-15 (Kis 13:1-15:41).

    Pengajaran tentang jemaat (gereja) setempat yang menginjil

    Bagian ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang percaya di kota Antiokhia, dan sebutan Kristen pertama kali diberikan kepada murid-murid Tuhan Yesus.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kis 11:23-26. _Tanyakan_: Mengapa orang-orang percaya di Antiokhia disebut Kristen?
    2. Bacalah pasal Kis 13:1-6.

      Nats ini menceritakan tentang jemaat Antiokhia, yang mengirimkan penginjil-penginjil kepada bangsa-bangsa lain karena taat pada Roh Kudus. Ini mengajarkan pada setiap gereja untuk mempunyai beban penginjilan pada setiap orang yang belum mengenal Tuhan Yesus.

      _Tanyakan_: Apakah di gereja saudara mempunyai beban penginjilan?

  4. Pasal 16-28 (Kis 16:1-28:31).

    Pengajaran tentang nama Tuhan Yesus diberitakan ke seluruh dunia

    Dalam bagian ini, dijelaskan bagaimana Kasih Karunia Allah yang ada dalam Tuhan Yesus, diberitakan pada setiap suku bangsa, baik yang menjadi rakyat biasa, maupun yang menjadi tentara dan orang-orang istana.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kis 23:11. Ayat ini menyatakan tentang perkataan Tuhan Yesus kepada Paulus untuk bersaksi dengan penuh keberanian di kota Roma. Ini juga mengajarkan pada setiap orang Kristen tetap mempunyai keberanian untuk bersaksi kepada setiap orang.

    _Tanyakan_: Sudahkah saudara bersaksi dengan berani kepada setiap orang?

II. Kesimpulan

Melalui Kitab Kisah Para Rasul dapatlah diketahui bahwa perkembangan Gereja Tuhan Yesus dan Kasih Karunia Allah yang diberikan pada setiap bangsa mendapat tantangan dari kuasa dunia dan orang-orang yang tidak mau mengenal Allah. Tetapi melalui Kemahakuasaan-Nya, Tuhan Yesus mengalahkan semua kuasa dunia itu, dan Gereja tetap bertumbuh.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Kisah Para Rasul?
  2. Dengan kuasa apakah Rasul Paulus berkhotbah Yerusalem?
  3. Bagaimanakah kehidupan orang percaya pada abad pertama?
  4. Bagaimanakah beban penginjilan di jemaat Antiokhia?
  5. Dari manakah datangnya keberanian Rasul Paulus untuk bersaksi?

Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) Kisah tentang gereja yang bersaksi SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Ku

Kisah tentang gereja yang bersaksi

SIAPAKAH YANG MENULIS KITAB INI?
Kitab ini ditulis oleh tabib Lukas. Kitab ini boleh juga diberi judul Kisah Roh Kudus, karena menceritakan apa yang terjadi setelah Roh Kudus turun atas para rasul pada hari Pentakosta. Lukas, satu-satunya penulis Perjanjian Baru yang bukan orang Yahudi, menulis Kisah para Rasul sebagai kelanjutan dari tulisan sebelumnya yakni Injil yang memakai namanya.

APAKAH ISI KITAB INI?
12 pasal pertama terutama meliput kegiatan rasul Petrus, sementara pasal-pasal selanjutnya sebagian besar tentang pekerjaan rasul Paulus. Yesus telah mengatakan kepada para murid-Nya bahwa apabila Roh Kudus turun ke atas mereka, mereka akan menjadi saksi-saksi-Nya. Kitab Kisah para Rasul memperlihatkan bagaimana hal ini digenapi. Dari kitab Kisah para Rasul, kita banyak sekali belajar tentang gereja mula-mula, suka dan dukanya, kemenangan dan kesusahannya, tetapi yang terpenting ialah perkembangan gereja yang dalam jangka waktu beberapa tahun sudah dibangun di seluruh dunia yang telah beradab. Kita tahu bahwa tabib Lukas adalah seorang sejarawan yang cermat dan kita boleh yakin bahwa dalam kitab ini kita memperoleh catatan yang benar tentang kekristenan yang mula-mula.

APA CIRI-CIRI UTAMANYA?
Kata 'saksi' dipakai lebih dari 30 kali, mengingatkan kita bahwa gereja yang sejati adalah gereja yang bersaksi dan setiap Kristen dipanggil untuk menjadi saksi. Sungguh menakjubkan bahwa hanya dalam satu generasi, orang-orang Kristen mula-mula ini telah mengabarkan Injil ke seluruh dunia yang sudah beradab. Kisah para Rasul merupakan buku pedoman misi yang terbaik yang pernah ditulis. Kisah para Rasul berakhir dengan tiba-tiba - seolah-olah tidak selesai. Suatu cara mengakhiri yang tepat, karena gereja yang bersaksi harus terus maju sampai Kristus datang kembali. Kitab-kitab Injil memperlihatkan apa yang mulai dilakukan oleh Kristus ketika Ia ada di dunia dan Kisah para Rasul menunjukkan apa yang dilakukan-Nya selanjutnya oleh Roh-Nya yang kudus melalui murid-murid-Nya. Kitab ini dimulai dengan pemberitaan Injil di Yerusalem, ibu kota agama bangsa Yahudi; diakhiri dengan pemberitaan Injil di kota Roma, ibu kota dari dunia yang beradab pada waktu itu.

KAPAN KITAB INI DITULIS?
Hampir dapat dipastikan bahwa tabib Lukas menulis Kisah para Rasul pada awal atau pertengahan tahun enam puluhan abad pertama - pada akhir masa dua tahun hukuman penjara rasul Paulus di Roma. Kitab itu mencakup masa dari pendirian gereja di Yerusalem sampai masa hukuman penjara rasul Paulus di Roma - yaitu kurang lebih tiga puluh tahun

Pesan

1. Gereja menanti dan menerIma kuasa Roh Kudus.
o Amanat agung diulangi. Kis 1:8
o Tuhan yang bangkit naik ke surga. Kis 1:9
o Para rasul berdoa. Kis 1:14
o Roh yang dijanjikan diberikan. Kis 2:4
o Disusul dengan khotbah yang penuh kuasa. Kis 2:37

2. Gereja mempertunjukkan persekutuan Kristen.
o Dalam kehidupan bersama. Kis 2:44; 4:32
o Dalam ibadah bersama. Kis 2:46

3. Gereja segera mengalami baik kemenangan maupun kesusahan.
o Penyembuhan orang lumpuh. Kis 3:2
o Penipuan Ananias dan Safira. Kis 5:1

4. Gereja mengangkat 'para pejabat' yang pertama -'Kelompok Tujuh Orang' (Kis 6:3).

5. Martir pertama gereja - Stefanus (Kis 7:60).

6. Gereja menerima seorang petobat baru yang luar biasa - Saulus dari Tarsus (Kis 9:1-19).

7. Gereja membuktikan kuasa doa.
o Persekutuan doa yang membuka pintu penjara. Kis 12:5

8. Gereja mengadakan sidangnya yang pertama yang di dalamnya kebebasan orang
bukan Yahudi dilindungi (Kis 15:19).

Penerapan

1.Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita apa yang harus dilaksanakan oleh gereja Perjanjian Baru:
o Pengajaran
o Persekutuan
o Pemecahan roti
o Kebaktian (doa-doa)

2. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya persekutuan Kristen itu:
o Saling berbagi hidup dan memperhatikan

3. Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita bagaimana seharusnya pekerjaan misi dilaksanakan:
o Oleh setiap orang yang dipanggil oleh Allah - bukan suatu golongan elit tertentu
o Di bawah pimpinan Roh Kudus
o Mengunjungi tempat-tempat yang strategis

4. Kisah para Rasul mengingatkan kita bahwa Kristen yang sungguh-sungguh sekalipun, kadang-kadang berbeda pendapat dan berpisah.
o Paulus dan Barnabas mengambil sikap yang berbeda terhadap Yohanes Markus ketika ia meninggalkan mereka, tetapi perbedaan ini kemudian dipulihkan.

5. Kisah para Rasul memperkenalkan kita kepada para pemimpin pertama yang diangkat dalam gereja Kristen dan memberitahukan kepada kita apa persyaratan mereka.

Tema-tema Kunci

1. Bersaksi.
Kata Yunani yang diterjemahkan menjadi 'saksi' berhubungan dengan kata 'martir'.
Kisah para Rasul menunjukkan kepada kita betapa tinggi harga yang harus dibayar
dalam bersaksi - Stefanus harus membayar dengan nyawanya dan kesaksian Petrus
dan Paulus menyebabkan mereka dipenjarakan.
Carilah ayat-ayat lain yang mengandung kata' saksi'. Bandingkan siksaan yang
diterima oleh Stefanus dengan kematian Kristus di kayu salib (Luk. 23:34; Kis. 7:60).

2. Pertobatan.
Kisah para Rasul mencatat sejumlah peristiwa pertobatan yang unik. Keempat
contoh di bawah ini memperlihatkan bagaimana Allah membawa laki-laki dan
perempuan kepadaNya dengan berbagai cara: O Sida-sida dari Etiopia yang dibawa
kepada Kristus melalui pembacaan Kitab Suci (Kis 8:30).
o Saulus dari Tarsus, yang hidupnya berubah secara tiba-tiba dan dramatis (Kis 9:1-19).
o Lidia, wanita yang taat beribadah, yang telah siap menerima Injil (Kis 16:14).
o Kepala penjara Filipi yang mencari keselamatan karena didorong oleh rasa takut
(Kis 16:29, 30).
Carilah ayat-ayat yang berhubungan dengan keempat pertobatan di atas serta
bandingkanlah cara-cara yang Allah pakai waktu itu dan sekarang untuk membawa
orang kepada-Nya.

3.Tim penginjilan.
Kita melihat di dalam Kisah para Rasul pola kerja misionaris. Paulus tidak saja
menetapkan tempat-tempat yang strategis dan berusaha menyebarkan kabar baik di
daerah sekelilingnya, tetapi ia juga mempunyai rekan penolong.

Perhatikanlah kampanye Paulus yang berbeda-beda dalam perjalanan misionarisnya
yang tercatat dalam Kisah para Rasul.

Garis Besar Intisari: Kisah Para Rasul (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Kis 1:1-26 Masa empat puluh hari dan sesudahnya: Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus Kis 1:12-14Para murid yang menanti Kis 1:15-2

[1] PENGANTAR Kis 1:1-26

Masa empat puluh hari dan sesudahnya:

Kis 1:1-11Janji tentang Roh Kudus
Kis 1:12-14Para murid yang menanti
Kis 1:15-26Penggantian Yudas

[2] BERSAKSI DI YERUSALEM Kis 2:1-7:60

Kis 2:1-47Kuasa diberikan dan khotbah penuh kuasa
Kis 3:1-26Mukjizat pertama yang dicatat dalam gereja mula-mula
Kis 4:1-31Timbulnya kaum oposisi
Kis 4:32-5:16Berkat dan cela
Kis 5:17-42Lebih menaati Allah daripada manusia
Kis 6:1-7:60Martir Kristen pertama

[3] BERSAKSI DI SAMARIA Kis 8

[4] BERSAKSI DI TEMPAT YANG LEBIH JAUH Kis 9:1-13:3

Kis 9Pertobatan yang luar biasa
Kis 10:1-11:30Mata Petrus terbuka
Kis 12:1-25 Petrus ditangkap
Kis 13:1-3Paulus dan Barnabas diutus

[5] BERSAKSI SAMPAI KE UJUNG DUNIA Kis 13:4-28:31

Kis 13:4-15:35Perjalanan misionaris yang pertama

o Siprus (Kis 13:4-12)

o Perga (Kis 13:13)

o Pisidia Antiokhia (Kis 13:14-52)

o Ikonium (Kis 14:1-6)

o Listra (Kis 14:6-20)

o Derbe (Kis 14:20-21)

o Sidang di Yerusalem (Kis 15:1-35)

Kis 15:36-18:22Perjalanan misionaris yang kedua

o Paulus dan Barnabas berpisah (Kis 15:36-41)

o Paulus mengunjungi Listra (Kis 16:1-3)

o Berbagai kota di Asia Kecil (Kis 16:4-11)

o Filipi (Kis 16:12-40)

o Tesalonika (Kis 17:1-9)

o Berea (Kis 17:10-14)

o Atena(Kis 17:15-34)

o Korintus (Kis 18:1-17)

o Kembali ke Antiokhia
Kis 18:23-21:17Perjalanan misionaris yang ketiga

o Paulus mengunjungi Efesus (Kis 18:23-19:40)

o Berangkat ke Yerusalem (Kis 20:1-16)

o Berpidato di depan para penatua di Efesus (Kis 20:17-38)

o dan akhirnya tiba di Yerusalem (Kis 21:1-17)

Kis 21:18-28:3Paulus berhadapan dengan para penguasa

o Didakwa dan ditangkap (Kis 21:18-40)

o Membela diri (Kis 22-26)

o Dalam perjalanan ke Roma (Kis 27:1-28:15)

o Paulus masih berkhotbah (Kis 28:16-31)

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 2.07 detik
dipersembahkan oleh YLSA