kecilkan semua  

Teks -- Keluaran 23:1-33 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Peraturan tentang hak-hak manusia
23:1 "Janganlah engkau menyebarkan kabar bohong; janganlah engkau membantu orang yang bersalah dengan menjadi saksi yang tidak benar. 23:2 Janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang melakukan kejahatan, dan dalam memberikan kesaksian mengenai sesuatu perkara janganlah engkau turut-turut kebanyakan orang membelokkan hukum. 23:3 Juga janganlah memihak kepada orang miskin dalam perkaranya. 23:4 Apabila engkau melihat lembu musuhmu atau keledainya yang sesat, maka segeralah kaukembalikan binatang itu. 23:5 Apabila engkau melihat rebah keledai musuhmu karena berat bebannya, maka janganlah engkau enggan menolongnya. Haruslah engkau rela menolong dia dengan membongkar muatan keledainya. 23:6 Janganlah engkau memperkosa hak orang miskin di antaramu dalam perkaranya. 23:7 Haruslah kaujauhkan dirimu dari perkara dusta. Orang yang tidak bersalah dan orang yang benar tidak boleh kaubunuh, sebab Aku tidak akan membenarkan orang yang bersalah. 23:8 Suap janganlah kauterima, sebab suap membuat buta mata orang-orang yang melihat dan memutarbalikkan perkara orang-orang yang benar. 23:9 Orang asing janganlah kamu tekan, karena kamu sendiri telah mengenal keadaan jiwa orang asing, sebab kamupun dahulu adalah orang asing di tanah Mesir. 23:10 Enam tahunlah lamanya engkau menabur di tanahmu dan mengumpulkan hasilnya, 23:11 tetapi pada tahun ketujuh haruslah engkau membiarkannya dan meninggalkannya begitu saja, supaya orang miskin di antara bangsamu dapat makan, dan apa yang ditinggalkan mereka haruslah dibiarkan dimakan binatang hutan. Demikian juga kaulakukan dengan kebun anggurmu dan kebun zaitunmu. 23:12 Enam harilah lamanya engkau melakukan pekerjaanmu, tetapi pada hari ketujuh haruslah engkau berhenti, supaya lembu dan keledaimu tidak bekerja dan supaya anak budakmu perempuan dan orang asing melepaskan lelah. 23:13 Dalam segala hal yang Kufirmankan kepadamu haruslah kamu berawas-awas; nama allah lain janganlah kamu panggil, janganlah nama itu kedengaran dari mulutmu."
Peraturan tentang kebaktian dan hari-hari raya
23:14 "Tiga kali setahun haruslah engkau mengadakan perayaan bagi-Ku. 23:15 Hari raya Roti Tidak Beragi haruslah kaupelihara; tujuh hari lamanya engkau harus makan roti yang tidak beragi, seperti yang telah Kuperintahkan kepadamu, pada waktu yang ditetapkan dalam bulan Abib, sebab dalam bulan itulah engkau keluar dari Mesir, tetapi janganlah orang menghadap ke hadirat-Ku dengan tangan hampa. 23:16 Kaupeliharalah juga hari raya menuai, yakni menuai buah bungaran dari hasil usahamu menabur di ladang; demikian juga hari raya pengumpulan hasil pada akhir tahun, apabila engkau mengumpulkan hasil usahamu dari ladang. 23:17 Tiga kali setahun semua orangmu yang laki-laki harus menghadap ke hadirat Tuhanmu TUHAN. 23:18 Janganlah kaupersembahkan darah korban sembelihan yang kepada-Ku beserta sesuatu yang beragi, dan janganlah lemak korban hari raya-Ku bermalam sampai pagi. 23:19 Yang terbaik dari buah bungaran hasil tanahmu haruslah kaubawa ke dalam rumah TUHAN, Allahmu. Janganlah kaumasak anak kambing dalam susu induknya."
Janji dan tegoran kepada Israel
23:20 "Sesungguhnya Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. 23:21 Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya, janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuninya, sebab nama-Ku ada di dalam dia. 23:22 Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan memusuhi musuhmu, dan melawan lawanmu. 23:23 Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu dan membawa engkau kepada orang Amori, orang Het, orang Feris, orang Kanaan, orang Hewi dan orang Yebus, dan Aku akan melenyapkan mereka. 23:24 Janganlah engkau sujud menyembah kepada allah mereka atau beribadah kepadanya, dan janganlah engkau meniru perbuatan mereka, tetapi haruslah engkau memusnahkan sama sekali patung-patung berhala buatan mereka, dan tugu-tugu berhala mereka haruslah kauremukkan sama sekali. 23:25 Tetapi kamu harus beribadah kepada TUHAN, Allahmu; maka Ia akan memberkati roti makananmu dan air minumanmu dan Aku akan menjauhkan penyakit dari tengah-tengahmu. 23:26 Tidak akan ada di negerimu perempuan yang keguguran atau mandul. Aku akan menggenapkan tahun umurmu. 23:27 Kengerian terhadap Aku akan Kukirimkan mendahului engkau: Aku akan mengacaukan semua orang yang kaudatangi, dan Aku akan membuat semua musuhmu lari membelakangi engkau. 23:28 Lagi Aku akan melepaskan tabuhan mendahului engkau, sehingga binatang-binatang itu menghalau orang Hewi, orang Kanaan dan orang Het itu dari depanmu. 23:29 Aku tidak akan menghalau mereka dari depanmu dalam satu tahun, supaya negeri itu jangan menjadi sepi, dan segala binatang hutan jangan bertambah banyak melebihi engkau. 23:30 Sedikit demi sedikit Aku akan menghalau mereka dari depanmu, sampai engkau beranak cucu sedemikian, hingga engkau dapat memiliki negeri itu. 23:31 Aku akan menentukan batas daerahmu dari Laut Teberau sampai Laut Filistin dan dari padang gurun sampai sungai Efrat, sebab Aku akan menyerahkan penduduk negeri itu ke dalam tanganmu, sehingga engkau menghalau mereka dari depanmu. 23:32 Janganlah mengadakan perjanjian dengan mereka ataupun dengan allah mereka. 23:33 Mereka tidak akan tetap diam di negerimu, supaya mereka jangan membuat engkau berdosa kepada-Ku, dengan beribadah kepada allah mereka, sebab tentulah hal itu menjadi jerat bagimu."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abib a month in the spring time, about March or April
 · Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Efrat a large river which joins the Tigris river before flowing into the Persian Gulf,a river flowing from eastern Turkey to the Persian Gulf
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · gunung Yebus resident(s) of the town of Jebus (Jerusalem)
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · Laut Filistin the Mediterranean Sea
 · Laut Merah the ocean between Egypt and the Sinai Peninsula,the sea between Egypt and Arabia
 · Mesir descendants of Mizraim
 · orang Amori a member of a pre-Israel Semitic tribe,a pre-Israel Semitic tribe from the city of Mari in Mesopotamia
 · orang Feris a people of ancient Canaan in the later territory of Ephraim
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · orang Heti a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · orang Hewi a person/people descended from Canaan son of Ham son of Noah
 · orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · orang Yebus resident(s) of the town of Jebus (Jerusalem)
 · orang Yebusi resident(s) of the town of Jebus (Jerusalem)
 · orang-orang Amori members of a pre-Israel Semitic tribe from Mesopotamia
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang-orang Hewi a person/people descended from Canaan son of Ham son of Noah
 · orang-orang Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · perempuan-perempuan Kanaan residents of the region of Canaan
 · seorang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · seorang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · tanah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine


Topik/Tema Kamus: Keluaran, Kitab | Deuteronomistis | Perintah, Pemerintahan Allah (Teokrasi) | Musa | Perjanjian, Kitab | Hukum Musa | Raya, Perayaan Ulang Tahun | Hukum Dan Pembinaan Hukum | Sidang, Persidangan Pengadilan | Malaikat | Musuh | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Kasih, Mengasihi Manusia | Keledai Jinak | Orang Asing Yang Tinggal Di Negeri Israel | Lembu | Raya, Perayaan Pondok Daun | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Tani, Pertanian | Tidak Adil, Ketidakadilan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kel 23:15 - HARI RAYA ROTI TIDAK BERAGI. Nas : Kel 23:15 Lihat cat. --> Kel 12:17. [atau ref. Kel 12:17]

Nas : Kel 23:15

Lihat cat. --> Kel 12:17.

[atau ref. Kel 12:17]

Full Life: Kel 23:16 - HARI RAYA MENUAI. Nas : Kel 23:16 Hari raya ini juga dikenal dengan nama "Hari Raya Tujuh Minggu" (Kel 34:22) atau "hari Pentakosta" (Kis 2:1; 20:16; liha...

Nas : Kel 23:16

Hari raya ini juga dikenal dengan nama "Hari Raya Tujuh Minggu" (Kel 34:22) atau "hari Pentakosta" (Kis 2:1; 20:16;

lihat cat. --> Im 23:15).

[atau ref. Im 23:15]

Full Life: Kel 23:16 - HARI RAYA PENGUMPULAN HASIL. Nas : Kel 23:16 Hari raya ini juga disebut "Hari Raya Pondok Daun" (lih. Im 23:34).

Nas : Kel 23:16

Hari raya ini juga disebut "Hari Raya Pondok Daun" (lih. Im 23:34).

Full Life: Kel 23:20 - SEORANG MALAIKAT. Nas : Kel 23:20 Mungkin sekali inilah "malaikat Tuhan" (lihat cat. --> Kel 3:2). [atau ref. Kel 3:2]

Nas : Kel 23:20

Mungkin sekali inilah "malaikat Tuhan"

(lihat cat. --> Kel 3:2).

[atau ref. Kel 3:2]

Full Life: Kel 23:24 - MENIRU PERBUATAN MEREKA. Nas : Kel 23:24 Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak menerima agama-agama atau meniru kebiasaan moral dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Isr...

Nas : Kel 23:24

Allah memerintahkan umat-Nya untuk tidak menerima agama-agama atau meniru kebiasaan moral dari bangsa-bangsa di sekitar mereka. Israel tidak sepenuhnya memenuhi tuntutan ini; akibatnya mereka tidak dilindungi oleh Tuhan (ayat Kel 23:20-23). Di bawah perjanjian yang baru, orang percaya yang menyesuaikan diri dengan dunia ini juga akan kehilangan janji-janji dan perlindungan Allah (lih. ayat Kel 23:25). Kita tidak mungkin menerima berkat dan kehadiran Allah dan pada saat bersamaan ikut ambil bagian di dalam cara-cara dunia yang berdosa (lih. 2Kor 6:16-18;

lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Full Life: Kel 23:25-26 - MENJAUHKAN PENYAKIT. Nas : Kel 23:25-26 Allah mengaitkan penyingkiran penyakit dari antara umat-Nya dengan pengabdian sepenuh hati kepada-Nya dan pemisahan dari pengaru...

Nas : Kel 23:25-26

Allah mengaitkan penyingkiran penyakit dari antara umat-Nya dengan pengabdian sepenuh hati kepada-Nya dan pemisahan dari pengaruh jahat di sekeliling mereka. Akan tetapi, jangan menyimpulkan bahwa penyakit seseorang dengan sendirinya menunjukkan bahwa dia sudah menyesuaikan diri dengan masyarakat yang fasik. Bagian ayat ini memang mengisyaratkan bahwa keduniawian umat Allah secara keseluruhan akan menyebabkan Allah menahan sebagian berkat dan kuasa-Nya dari mereka, sehingga ikut juga mempengaruhi orang benar di antara umat Allah (bd. 1Kor 12:26).

BIS: Kel 23:28 - Kukacaubalaukan Kukacaubalaukan atau Aku akan mendatangkan lebah-lebah penyengat di antara musuh-musuhmu.

Kukacaubalaukan atau Aku akan mendatangkan lebah-lebah penyengat di antara musuh-musuhmu.

Jerusalem: Kel 19:1--40:38 - -- Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat ...

Sebagian besar dari bagian terakhir kitab Keluaran ini, yaitu Kel 19:1-2; 24:15-31:18; 34:29-35:8, berasal dari tradisi Para Imam. Bagian yang memuat Kitab (Hukum) Perjanjian, Kel 20:22-23:33, harus dipisahkan, sebab baru belakangan dihubungkan dengan peristiwa di gunung Sinai. Bagian-bagian lain berasal dari sumber-sumber yang lebih tua usianya. Sering sukar menentukan bagian manakah berasal dari tradisi Yahwista dan bagian manakah berasal dari tradisi Elohista. Menurut pandangan penyusun terakhir kisah ini maka perjanjian yang diadakan Musa meneguhkan kepilihan bangsa Israel serta janji-janji yang telah diberikan kepadanya, Kel 6:5-7, sama seperti perjanjian dengan Abraham (yang disinggung dalam Kel 6:4) meneguhkan janji-janji yang terdahulu, Kej 17. Akan tetapi perjanjian dengan Abraham diadakan dengan seorang saja (walaupun perjanjian itu menyangkut keturunannya) dan disertai satu perintah saja (sunat). Perjanjian di gunung Sinai langsung menyangkut seluruh bangsa yang menerima hukum: kesepuluh perintah (Allah) serta Kitab Perjanjian. Bersama dengan semua tambahannya dari zaman kemudian hukum tsb menjadi piagam agama Yahudi, Sir 24:9-27 menyamakan Hukum Taurat itu dengan Hikmat Allah. Tetapi sekaligus hukum itu "menjadi suatu saksi terhadap bangsa Israel", Ula 31:26, artinya: pelanggaran hukum Taurat oleh umat Israel akan membatalkan segala janji dan akan mendatangkan kutuk Allah. Maka hukum Taurat hanya berperan sebagai pengajaran dan paksaan untuk menyiapkan manusia bagi kedatangan Kristus yang akan mengadakan suatu perjanjian yang baru. Peranan sementara dari hukum Taurat itu diterangkan Paulus dalam uraiannya melawan orang Kristen yang hendak memaksakan hukum Taurat kepada orang Kristen bukan Yahudi, Gal 3; Rom 7.

Jerusalem: Kel 20:22--23:33 - -- Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan ...

Berdasarkan Kel 24:7 bagian Keluaran ini lazimnya disebut "Kitab Perjanjian", meskipun Kel 24:7 sebenarnya hanya mengenai Dekalog. Kumpulan hukum dan adat-istiadat itu tidak mungkin diumumkan di gunung Sinai, sebab mengandaikan suatu masyarakat yang sudah menetap dan bertani. Kumpulan itu sebenarnya berasal dari zaman bangsa Israel mulai menetap di negeri Kanaan, jadi sebelum masa kerajaan. Oleh karena dalam hukum dan adat-istiadat itu Dekalog diterapkan pada hidup yang nyata, maka kumpulan itu dipandang sebagai piagam perjanjian yang diikat di gunung Sinai dan justru karena itulah disisipkan ke dalam kisah tentang diikatnya perjanjian itu, lalu ditempatkan sesudah Dekalog. Karena itupun boleh disebut "Kitab Perjanjian". Antara Kitab Perjanjian dan Kitab Hukum Hammurabi, kitab Hukum bangsa Het serta Maklumat Horemhed ada beberapa kesamaan yang cukup menyolok. Namun ini tidak berarti bahwa Kitab Perjanjian itu meminjam bahannya dari kitab-kitab hukum tsb. Hanya semua kitab hukum itu, termasuk Kitab Perjanjian, mempunyai sumber bersama. Sumber itu ialah hukum adat kuno bersama yang dalam masing-masing kitab hukum tsb disesuaikan dengan bangsa-bangsa dan tempat-tempat yang berbeda-beda. - Berdasarkan isinya undang-undang Kitab Perjanjian dapat dikelompokkan menjadi tiga macam hukum: Hukum Perdana dan Pidana, Kel 21:1-22:20, Hukum Peribadatan, Kel 20:22-26; 22:28-31; 23:10-19, dan Hukum Akhlak Kemasyarakatan, Kel 22:21-27; 23:10-19. Ditinjau dari segi gaya bahasa undang-undang Kitab Perjanjian dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu: Hukum Kasuistik atau bersyarat yang memakai gaya bahasa yang dipakai kitab-kitab dari Mesopotamia, dan Hukum Apodiktik atau berupa perintah/larangan mutlak yang memakai gaya bahasa seperti yang terdapat dalam Dekalog dan lazim dalam kitab-kitab Hikmat dari Mesir.

Jerusalem: Kel 23:6 - orang miskin di antaramu Harafiah: orang miskinmu. Artinya: orang miskin yang menghadap engkau menuntut haknya.

Harafiah: orang miskinmu. Artinya: orang miskin yang menghadap engkau menuntut haknya.

Jerusalem: Kel 23:7 - sebab Aku tidak akan membenarkan Dalam terjemahan Yunani terbaca: dan jangan membenarkan.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: dan jangan membenarkan.

Jerusalem: Kel 23:14-19 - -- Keempat tradisi yang termaktub dalam Pentateukh masing-masing memuat sebuah penanggalan liturgis: Kel 23:14-17 berasal dari tradisi Elohista; Kel 34:1...

Keempat tradisi yang termaktub dalam Pentateukh masing-masing memuat sebuah penanggalan liturgis: Kel 23:14-17 berasal dari tradisi Elohista; Kel 34:18-23 berasal dari tradisi Yahwista; Ula 16:1-16 berasal dari tradisi Yahwista; Ula 16:1-16 berasal dari tradisi Ulangan; Ima 23 berasal dari tradisi Para Imam dan bersesuaian dengan tata upacara yang tercantum dalam Bil 28-29. Kendati perbedaan dalam penetapan terperinci, keempat tradisi tsb sepakat dalam menyebut tiga perayaan pokok yang disajikan dalam Kel 23. 1 Di musim semi ada Hari Raya Roti Tidak Beragi; 2. perayaan panenan yang dalam Kel 34:22 disebut Hari Raya Tujuh Minggu; pesta ini dirayakan tujuh minggu. Ula 16:9, atau lima puluh hari, Ima 23:16, sesudah Paskah (karena itu dalam bahasa Yunani disebut Pentakosta, Tob 2:1); pesta ini mengakhiri musim panen gandum; kemudian pesta ini dihubungkan dengan pengumuman hukum Taurat gunung Sinai; 3. perayaan pemetikan buah-buahan di musim rontok, pada akhir musim buah-buahan; perayaan ini disebut Hari Raya Pondok Daun, Ula 16:13; Ima 23:34, sebab selama perayaan itu orang tinggal di gubuk-gubuk yang dibuat dari ranting-ranting dan didirikan di kebun anggur di musim pemetikan: pondok-pondok itu mengingatkan umat Israel yang dahulu berkemah di padang gurun, Ima 23:43; perayaan yang paling digemari rakyat justru Hari Raya Pondok Daun sehingga begitu saja disebut "Hari Raya", 1Ra 8:2,65; Yeh 45:25. Ketiga perayaan tsb baru mulai dirayakan setelah Israel menetap di tanah Kanaan. Dalam penanggalan Kel 23 dan Kel 34 tidak ada tanggal yang ditetapkan. Sebab penanggalan-penanggalan itu berasal dari zaman waktu ibadat belum berpusatkan Yerusalem. Orang dapat merayakan pesta-pesta tsb di tempat suci setelah sesuai dengan kemajuan pekerjaan di ladang di daerah tertentu. Di zaman kemudian masih ditetapkan beberapa hari raya lain, yakni: Tahun Baru, Ima 23:24; Hari Pendamaian, Ima 16; 23:27-32; Hari Purim (sesudah pembuangan), Est 9:24; Hari Raya Pentahbisan Bait Allah, 1Ma 4:59, dan Hari Nikanor, 1Ma 7:49.

Jerusalem: Kel 23:15 - keluar dari Mesir Hubungan antara Hari raya Roti Tidak beragi dan keluaran dari Mesir agak segera terjalin. Hubungan itu memudahkan penggabungan perayaan Paskah, Kel 12...

Hubungan antara Hari raya Roti Tidak beragi dan keluaran dari Mesir agak segera terjalin. Hubungan itu memudahkan penggabungan perayaan Paskah, Kel 12:1+, dengan Hari Raya Roti Tidak Beragi itu.

Jerusalem: Kel 23:18 - hari rayaku Kel 34:25 menegaskan bahwa hari raya itu ialah Paskah. Tetapi baik dalam Kel 23:18 maupun dalam Kel 34:25 peraturan itu diberi lepas dari penanggalan ...

Kel 34:25 menegaskan bahwa hari raya itu ialah Paskah. Tetapi baik dalam Kel 23:18 maupun dalam Kel 34:25 peraturan itu diberi lepas dari penanggalan keagamaan, Kel 23:14-17 dan Kel 34:18-23, yang tidak menyebutkan Paskah. Hari raya Paskah dirayakan dalam keluarga sampai gerakan Ulangan merubah penetapannya, Ula 16:5-6.

Jerusalem: Kel 23:19 - susu induknya Peraturan ini menetapkan sebuah adat di negeri Kanaan, sebagaimana dibuktikan naskah-naskah yang berasal dari Ugarit.

Peraturan ini menetapkan sebuah adat di negeri Kanaan, sebagaimana dibuktikan naskah-naskah yang berasal dari Ugarit.

Jerusalem: Kel 23:20-33 - -- Bagian ini serba majemuk dan disadur sesuai dengan tradisi Ulangan. Ini bagian menutup Kitab Perjanjian. Dikatakan di sini bahwa Kitab Hukum itu diumu...

Bagian ini serba majemuk dan disadur sesuai dengan tradisi Ulangan. Ini bagian menutup Kitab Perjanjian. Dikatakan di sini bahwa Kitab Hukum itu diumumkan di gunung Sinai sebagai persiapan bagi pendudukan negeri Kanaan.

Jerusalem: Kel 23:20 - seorang malaikat Malaikat ini berbeda dengan Tuhan sendiri, bdk Kej 16:7+, walaupun apa yang dikerjakan malaikat itu adalah pekerjaan Allah sendiri. Malaikat itu semac...

Malaikat ini berbeda dengan Tuhan sendiri, bdk Kej 16:7+, walaupun apa yang dikerjakan malaikat itu adalah pekerjaan Allah sendiri. Malaikat itu semacam malaikat pelindung, Kej 24:7; Bil 20:16, seperti yang tampil dalam kitab Tob 5:4+.

Jerusalem: Kel 23:21 - mendurhaka kepadanya Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: memahitkan (hati)nya

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: memahitkan (hati)nya

Jerusalem: Kel 23:21 - namaKu Nama seseorang mengungkapkan dan menghadirkan diri orang sendiri.

Nama seseorang mengungkapkan dan menghadirkan diri orang sendiri.

Jerusalem: Kel 23:24 - tugu-tugu berhala Ungkapan ini menterjemahkan kata Ibrani massebot. Massebot itu ialah tiang-tiang (dari kayu atau batu) suci yang berperan dalam ibadat agama negeri Ka...

Ungkapan ini menterjemahkan kata Ibrani massebot. Massebot itu ialah tiang-tiang (dari kayu atau batu) suci yang berperan dalam ibadat agama negeri Kanaan. Tiang itu adalah lambang dewa (laki-laki). Massebot dikutuk oleh hukum, Kel 23:24; 34:13; Ula 7:5; 12:3; 16:22; Ima 26:1, dan oleh para nabi, Hos 3:4; 10:1; Mik 5:12. Sebaliknya dalam agama para bapa bangsa tiang-tiang suci berperan Kej 28:18,22.

Jerusalem: Kel 23:30 - Sedikit demi sedikit Kenyataan bahwa bangsa Israel hanya berangsur-angsur merebut negeri Kanaan dalam ayat-ayat ini dan dalam Ula 7:22 diterangkan secara lain dari dalam H...

Kenyataan bahwa bangsa Israel hanya berangsur-angsur merebut negeri Kanaan dalam ayat-ayat ini dan dalam Ula 7:22 diterangkan secara lain dari dalam Hak 2:1+.

Jerusalem: Kel 23:31 - Efrat Harafiah: sungai. Tetapi istilah ini berarti sungai Efrat. Laut Teberau ialah Teluk Akaba: laut Filistin adalah laut Tengah dan padang gurun ialah gur...

Harafiah: sungai. Tetapi istilah ini berarti sungai Efrat. Laut Teberau ialah Teluk Akaba: laut Filistin adalah laut Tengah dan padang gurun ialah gurun Sinai. Itulah batas-batas wilayah Israel di zaman pemerintahan Daud dan Salomo, 1Ra 4:21. Peta-peta Tanah Suci yang lain disajikan Bil 34:1; Hak 20:1.

Ende: Kel 23:1 - -- Menjusul disini berbagai pedoman (norma) bagi pengadilan jang adil (lihat Kel 18:13 tjatatan).

Menjusul disini berbagai pedoman (norma) bagi pengadilan jang adil (lihat Kel 18:13 tjatatan).

Ende: Kel 23:4 - -- Djuga dalam perdjandjian Lama sudah ada sematjam kesadaran akan wadjib-wadjib terhadap musuh.

Djuga dalam perdjandjian Lama sudah ada sematjam kesadaran akan wadjib-wadjib terhadap musuh.

Ende: Kel 23:11 - -- Peraturan ini ada hubungannja dengan hukum Sabbat (aj. 12)(Kel 23:12). Alasan sosial, jang mungkin sekali mendjadi dasar semula dari perajaan Sabbat, ...

Peraturan ini ada hubungannja dengan hukum Sabbat (aj. 12)(Kel 23:12). Alasan sosial, jang mungkin sekali mendjadi dasar semula dari perajaan Sabbat, disini ditekankan (lihat Kel 20:8 tjatatan, dan Kel 21:1-4).

Seperti waktu, demikian pula tanah adalah kurnia Tuhan. Milik jang berupa tanah tidak boleh membahajakan kesatuan masjarakat Israel.

Ende: Kel 23:13 - -- Semua peraturan ini ditindjau dalam hubungannja dengan Perdjandjian, pertalian istimewa antara Israel dan Jahwe.

Semua peraturan ini ditindjau dalam hubungannja dengan Perdjandjian, pertalian istimewa antara Israel dan Jahwe.

Ende: Kel 23:14 - -- Untuk merajakan tiga pesta ini kelak kemudian orang berziarah kekota Jerusalem.

Untuk merajakan tiga pesta ini kelak kemudian orang berziarah kekota Jerusalem.

Ende: Kel 23:16 - -- Perajaan panen disebut djuga "pesta minggu-minggu" (Kel 34:22) atau "Pentekosta" (50 hari sesudah Paskah: Ima 23:16). Perajaan panen buah-buah lebih t...

Perajaan panen disebut djuga "pesta minggu-minggu" (Kel 34:22) atau "Pentekosta" (50 hari sesudah Paskah: Ima 23:16). Perajaan panen buah-buah lebih terkenal sebagai "pesta kemah daun-daunan" dan dirajakan dimusim gugur.

Segala perajaan ini diantara umat Israel memperoleh arti keagamaannja sendiri, bukan hanja sebagai pesta-pesta alam, melainkan djuga sebagai peringatan peristiwa-peristiwa sedjarah Keselamatan (lih. Ula 8:7-20; 16:1-17).

Ende: Kel 23:19 - -- Larangan tersebut disini kiranja suatu reaksi menentang adat keagamaan Kanaan, jang diketemukan djuga dalam teks-teks Ugarit (Ras Sjamra, suatu tempat...

Larangan tersebut disini kiranja suatu reaksi menentang adat keagamaan Kanaan, jang diketemukan djuga dalam teks-teks Ugarit (Ras Sjamra, suatu tempat dipantai disebelah utara Fenisia).

Ende: Kel 23:20 - -- Teks ini menundjukkan akan tahap pembebasan jang lebih landjut, jakni perdjandjian ketanah Kanaan. Malaikat melambangkan Tuhan sendiri, jang dengan sa...

Teks ini menundjukkan akan tahap pembebasan jang lebih landjut, jakni perdjandjian ketanah Kanaan. Malaikat melambangkan Tuhan sendiri, jang dengan sabdanja dan karjaNja berhubungan dengan manusia (lih. aj. 21 (Kel 23:21) dan Kej 16:7 tjatatan; Kel 12:23 tjatatan).

Ende: Kel 23:21 - Nama berarti Hakekat Tuhan sendiri.

berarti Hakekat Tuhan sendiri.

Ende: Kel 23:24 - -- Perang melawan penduduk Kanaan adalah perang keagamaan melawan bahaja penjembahan berhala (bandingkan aj. 33)(Kel 23:33)

Perang melawan penduduk Kanaan adalah perang keagamaan melawan bahaja penjembahan berhala (bandingkan aj. 33)(Kel 23:33)

Ende: Kel 23:29 - -- Ajat-ajat berikutnja merupakan buah-pikiran dari djaman kemudian dan mengutarakan alasan, mengapa Israel membutuhkan djangka-waktu jang lama untuk mer...

Ajat-ajat berikutnja merupakan buah-pikiran dari djaman kemudian dan mengutarakan alasan, mengapa Israel membutuhkan djangka-waktu jang lama untuk merebut kekuasaan atas tanah Kanaan.

Ende: Kel 23:31 - -- Inilah batas-batas wilajah jang ditjita-tjitakan oleh Israel. Tjita-tjita ini tertjapai dibawah pemerintahan Radja Salomon (1Ra 5:1).

Inilah batas-batas wilajah jang ditjita-tjitakan oleh Israel. Tjita-tjita ini tertjapai dibawah pemerintahan Radja Salomon (1Ra 5:1).

Endetn: Kel 23:21 - djangan mendurhaka men. Jun.

men. Jun.

Ref. Silang FULL: Kel 23:1 - menyebarkan kabar // menjadi saksi · menyebarkan kabar: Kej 39:17; Kej 39:17; Mat 19:18; Luk 3:14 · menjadi saksi: Kel 20:16; Kel 20:16; Ul 5:20; 19:16-21; Mazm 27:12; 35:...

· menyebarkan kabar: Kej 39:17; [Lihat FULL. Kej 39:17]; Mat 19:18; Luk 3:14

· menjadi saksi: Kel 20:16; [Lihat FULL. Kel 20:16]; Ul 5:20; 19:16-21; Mazm 27:12; 35:11; Ams 19:5; Kis 6:11

Ref. Silang FULL: Kel 23:2 - kebanyakan orang // membelokkan hukum · kebanyakan orang: Ayub 31:34 · membelokkan hukum: Kel 23:3,6,9; Im 19:15,33; Ul 1:17; 16:19; 24:17; 27:19; 1Sam 8:3

· kebanyakan orang: Ayub 31:34

· membelokkan hukum: Kel 23:3,6,9; Im 19:15,33; Ul 1:17; 16:19; 24:17; 27:19; 1Sam 8:3

Ref. Silang FULL: Kel 23:3 - janganlah memihak · janganlah memihak: Ul 1:17

· janganlah memihak: Ul 1:17

Ref. Silang FULL: Kel 23:4 - lembu musuhmu // segeralah kaukembalikan · lembu musuhmu: Rom 12:20 · segeralah kaukembalikan: Im 6:3; 19:11; Ul 22:1-3

· lembu musuhmu: Rom 12:20

· segeralah kaukembalikan: Im 6:3; 19:11; Ul 22:1-3

Ref. Silang FULL: Kel 23:5 - rebah keledai · rebah keledai: Ul 22:4

· rebah keledai: Ul 22:4

Ref. Silang FULL: Kel 23:6 - memperkosa hak · memperkosa hak: Kel 23:2; Kel 23:2; Ul 23:16; Ams 22:22

· memperkosa hak: Kel 23:2; [Lihat FULL. Kel 23:2]; Ul 23:16; Ams 22:22

Ref. Silang FULL: Kel 23:7 - dari perkara // tidak bersalah // boleh kaubunuh // yang bersalah · dari perkara: Kel 20:16; Kel 20:16; Ef 4:25; Ef 4:25 · tidak bersalah: Mat 27:4 · boleh kaubunuh: Kej 18:23; Kej 18:23 ·...

· dari perkara: Kel 20:16; [Lihat FULL. Kel 20:16]; Ef 4:25; [Lihat FULL. Ef 4:25]

· tidak bersalah: Mat 27:4

· boleh kaubunuh: Kej 18:23; [Lihat FULL. Kej 18:23]

· yang bersalah: Kel 34:7; Ul 19:18; 25:1

Ref. Silang FULL: Kel 23:8 - Suap · Suap: Kel 18:21; Kel 18:21; Im 19:15; Ul 10:17; 27:25; Ayub 15:34; 36:18; Mazm 26:10; Ams 6:35; 15:27; 17:8; Yes 1:23; 5:23; Mi 3:11; 7:3

Ref. Silang FULL: Kel 23:9 - Orang asing · Orang asing: Kel 23:2; Kel 23:2; Kel 22:21; Kel 22:21; Im 19:33-34; Yeh 22:7

· Orang asing: Kel 23:2; [Lihat FULL. Kel 23:2]; Kel 22:21; [Lihat FULL. Kel 22:21]; Im 19:33-34; Yeh 22:7

Ref. Silang FULL: Kel 23:11 - dan meninggalkannya · dan meninggalkannya: Im 25:1-7; Neh 10:31

· dan meninggalkannya: Im 25:1-7; Neh 10:31

Ref. Silang FULL: Kel 23:12 - melakukan pekerjaanmu // melepaskan lelah · melakukan pekerjaanmu: Kel 20:9; Kel 20:9; Luk 13:14 · melepaskan lelah: Kej 2:2-3

· melakukan pekerjaanmu: Kel 20:9; [Lihat FULL. Kel 20:9]; Luk 13:14

· melepaskan lelah: Kej 2:2-3

Ref. Silang FULL: Kel 23:13 - kamu berawas-awas // nama allah // dari mulutmu · kamu berawas-awas: Ul 4:9,23; 1Tim 4:16 · nama allah: Kel 23:32; Ul 12:3; Yos 23:7; Mazm 16:4; Za 13:2 · dari mulutmu: Ul 18:20...

· kamu berawas-awas: Ul 4:9,23; 1Tim 4:16

· nama allah: Kel 23:32; Ul 12:3; Yos 23:7; Mazm 16:4; Za 13:2

· dari mulutmu: Ul 18:20; Yos 23:7; Mazm 16:4; Hos 2:18

Ref. Silang FULL: Kel 23:14 - Tiga kali · Tiga kali: Kel 23:17; Kel 12:14; Kel 12:14; Kel 34:23,24; Ul 16:16; 1Raj 9:25; 2Taw 8:13 Yeh 46:9

Ref. Silang FULL: Kel 23:15 - Tidak Beragi // bulan Abib // tangan hampa · Tidak Beragi: Kel 12:17; Kel 12:17; Mat 26:17; Luk 22:1; Kis 12:3 · bulan Abib: Kel 12:2; Kel 12:2 · tangan hampa: Kel 22:29; K...

· Tidak Beragi: Kel 12:17; [Lihat FULL. Kel 12:17]; Mat 26:17; Luk 22:1; Kis 12:3

· bulan Abib: Kel 12:2; [Lihat FULL. Kel 12:2]

· tangan hampa: Kel 22:29; [Lihat FULL. Kel 22:29]

Ref. Silang FULL: Kel 23:16 - raya menuai // buah bungaran // pengumpulan hasil // dari ladang · raya menuai: Im 23:15-21; Bil 28:26; Ul 16:9; 2Taw 8:13 · buah bungaran: Kel 22:29; Kel 22:29; Kel 34:22; Kel 34:22 · pengump...

· raya menuai: Im 23:15-21; Bil 28:26; Ul 16:9; 2Taw 8:13

· buah bungaran: Kel 22:29; [Lihat FULL. Kel 22:29]; Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]

· pengumpulan hasil: Kel 34:22; Im 23:34,42; Ul 16:16; 31:10; Ezr 3:4; Neh 8:15; Za 14:16

· dari ladang: Im 23:39; Ul 16:13; Yer 40:10

Ref. Silang FULL: Kel 23:17 - Tiga kali · Tiga kali: Kel 23:14; Kel 23:14

· Tiga kali: Kel 23:14; [Lihat FULL. Kel 23:14]

Ref. Silang FULL: Kel 23:18 - yang beragi // sampai pagi · yang beragi: Kel 34:25; Im 2:11 · sampai pagi: Kel 12:8; Kel 12:8

· yang beragi: Kel 34:25; Im 2:11

· sampai pagi: Kel 12:8; [Lihat FULL. Kel 12:8]

Ref. Silang FULL: Kel 23:19 - buah bungaran // susu induknya · buah bungaran: Kel 22:29; Kel 22:29; Kel 34:22; Kel 34:22; Bil 18:12; Bil 18:12 · susu induknya: Kel 34:26; Ul 14:21

· buah bungaran: Kel 22:29; [Lihat FULL. Kel 22:29]; Kel 34:22; [Lihat FULL. Kel 34:22]; Bil 18:12; [Lihat FULL. Bil 18:12]

· susu induknya: Kel 34:26; Ul 14:21

Ref. Silang FULL: Kel 23:20 - seorang malaikat // telah Kusediakan · seorang malaikat: Kej 16:7; Kej 16:7 · telah Kusediakan: Kel 15:17

· seorang malaikat: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· telah Kusediakan: Kel 15:17

Ref. Silang FULL: Kel 23:21 - dan dengarkanlah // sebab pelanggaranmu // akan diampuninya // sebab nama-Ku · dan dengarkanlah: Ul 18:19; Yer 13:15 · sebab pelanggaranmu: Bil 17:10; Ul 9:7; 31:27; Yos 24:19; Mazm 25:7; 78:8,40,56; 106:33; 107:1...

· dan dengarkanlah: Ul 18:19; Yer 13:15

· sebab pelanggaranmu: Bil 17:10; Ul 9:7; 31:27; Yos 24:19; Mazm 25:7; 78:8,40,56; 106:33; 107:11; 1Yoh 5:16

· akan diampuninya: Ul 29:20; 2Raj 24:4; Rat 1:17

· sebab nama-Ku: Kel 3:15; [Lihat FULL. Kel 3:15]

Ref. Silang FULL: Kel 23:22 - dan melakukan // akan memusuhi · dan melakukan: Kel 15:26; Kel 15:26 · akan memusuhi: Kej 12:3; Kej 12:3; Yes 41:11; Yer 30:20

· dan melakukan: Kel 15:26; [Lihat FULL. Kel 15:26]

· akan memusuhi: Kej 12:3; [Lihat FULL. Kej 12:3]; Yes 41:11; Yer 30:20

Ref. Silang FULL: Kel 23:23 - orang Yebus · orang Yebus: Bil 13:29; 21:21; Yos 3:10; 24:8,11; Ezr 9:1; Mazm 135:11

Ref. Silang FULL: Kel 23:24 - sujud menyembah // meniru perbuatan // engkau memusnahkan // haruslah kauremukkan · sujud menyembah: Kel 20:5; Kel 20:5 · meniru perbuatan: Im 18:3; 20:23; Ul 9:4; 12:30-31; Yer 10:2 · engkau memusnahkan: Kel 34...

· sujud menyembah: Kel 20:5; [Lihat FULL. Kel 20:5]

· meniru perbuatan: Im 18:3; 20:23; Ul 9:4; 12:30-31; Yer 10:2

· engkau memusnahkan: Kel 34:13; Bil 33:52; Ul 7:5; 12:3; Hak 2:2; 2Raj 18:4; 23:14

· haruslah kauremukkan: Im 26:1; Ul 16:22; 1Raj 14:23; 2Raj 3:2; 10:26; 17:10; 2Taw 14:3; Yes 27:9

Ref. Silang FULL: Kel 23:25 - Tuhan, Allahmu // akan memberkati // menjauhkan penyakit · Tuhan, Allahmu: Mat 4:10 · akan memberkati: Im 26:3-13; Ul 7:12-15; 28:1-14 · menjauhkan penyakit: Kel 15:26; Kel 15:26

· Tuhan, Allahmu: Mat 4:10

· akan memberkati: Im 26:3-13; Ul 7:12-15; 28:1-14

· menjauhkan penyakit: Kel 15:26; [Lihat FULL. Kel 15:26]

Ref. Silang FULL: Kel 23:26 - atau mandul // tahun umurmu · atau mandul: Im 26:3-4; Ul 7:14; 28:4; Mal 3:11 · tahun umurmu: Kej 15:15; Kej 15:15; Ul 4:1,40; 32:47; Mazm 90:10

· atau mandul: Im 26:3-4; Ul 7:14; 28:4; Mal 3:11

· tahun umurmu: Kej 15:15; [Lihat FULL. Kej 15:15]; Ul 4:1,40; 32:47; Mazm 90:10

Ref. Silang FULL: Kel 23:27 - Kengerian // akan mengacaukan // musuhmu lari · Kengerian: Kej 35:5; Kej 35:5; Kel 15:14; Kel 15:14 · akan mengacaukan: Kel 14:24; Kel 14:24; Ul 7:23 · musuhmu lari: 2Sam 22:4...

· Kengerian: Kej 35:5; [Lihat FULL. Kej 35:5]; Kel 15:14; [Lihat FULL. Kel 15:14]

· akan mengacaukan: Kel 14:24; [Lihat FULL. Kel 14:24]; Ul 7:23

· musuhmu lari: 2Sam 22:41; Mazm 18:41; 21:13

Ref. Silang FULL: Kel 23:28 - melepaskan tabuhan // orang Het · melepaskan tabuhan: Ul 7:20; Yos 24:12 · orang Het: Kel 33:2; 34:11,24; Bil 13:29; Ul 4:38; 11:23; 18:12; Yos 3:10; 24:11; Mazm 78:55

Ref. Silang FULL: Kel 23:29 - binatang hutan · binatang hutan: Ul 7:22

· binatang hutan: Ul 7:22

Ref. Silang FULL: Kel 23:30 - dapat memiliki · dapat memiliki: Yos 23:5

· dapat memiliki: Yos 23:5

Ref. Silang FULL: Kel 23:31 - sungai Efrat // engkau menghalau · sungai Efrat: Kej 2:14; Kej 2:14; Ul 34:2; Ezr 4:20 · engkau menghalau: Ul 7:24; 9:3; Yos 21:44; 24:12,18; Mazm 80:9

· sungai Efrat: Kej 2:14; [Lihat FULL. Kej 2:14]; Ul 34:2; Ezr 4:20

· engkau menghalau: Ul 7:24; 9:3; Yos 21:44; 24:12,18; Mazm 80:9

Ref. Silang FULL: Kel 23:32 - mengadakan perjanjian · mengadakan perjanjian: Kej 26:28; Kej 26:28; Kel 34:12; Ul 7:2; Yos 9:7; Hak 2:2; 1Sam 11:1; 1Raj 15:19; 20:34; Yeh 17:13

· mengadakan perjanjian: Kej 26:28; [Lihat FULL. Kej 26:28]; Kel 34:12; Ul 7:2; Yos 9:7; Hak 2:2; 1Sam 11:1; 1Raj 15:19; 20:34; Yeh 17:13

Ref. Silang FULL: Kel 23:33 - menjadi jerat · menjadi jerat: Kel 10:7; Kel 10:7

· menjadi jerat: Kel 10:7; [Lihat FULL. Kel 10:7]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kel 23:1-9 - Hukum-hukum Peradilan Pasal ini melanjutkan dan menutup adegan-adegan yang terjadi pada babak pertama, jika saya boleh menyebutnya demikian, di atas gunung Sinai. Di sin...

Matthew Henry: Kel 23:10-19 - Perayaan-perayaan Suci Perayaan-perayaan Suci (23:10-19) Di sini ada, I. Penetapan tahun Sabat (ay. 10-11). Pada setiap tahun ketujuh, tanah mereka harus beristira...

Matthew Henry: Kel 23:20-33 - Perintah-perintah dan Janji-janji Perintah-perintah dan Janji-janji (23:20-33) Tiga janji yang penuh rahmat di sini dibuat kepada Israel, untuk menggugah mereka melakukan kewajiban ...

SH: Kel 23:1-13 - Kelebihan umat Tuhan. (Minggu, 10 Agustus 1997) Kelebihan umat Tuhan. Semua orang pada dasarnya sama. Sama-sama punya kelebihan dan kekurangannya sendiri, sama-sama berdosa di hadapan Tuhan. Sebaga...

SH: Kel 23:1-9 - Kebenaran dan kasih (Senin, 30 Januari 2006) Kebenaran dan kasih Kadang kala kasih dimengerti sebagai sikap toleransi terhadap kesalahan atau solidaritas antarsatu kelompok, keluarga, ker...

SH: Kel 23:1-13 - Hidup dengan integritas (Jumat, 5 Juli 2013) Hidup dengan integritas Tuhan itu Maha kuasa dan seyogianya Dia Maha hadir dalam setiap aspek kehidupan umat-Nya. Dialah yang harus menjadi tolok uku...

SH: Kel 23:1-13 - Gaya Hidup yang Berbeda (Minggu, 16 Desember 2018) Gaya Hidup yang Berbeda Dunia sudah terbiasa dengan hukum rimba. Buat apa kita mengurusi orang lain? Apalagi, kalau dia itu musuh kita? Apa gunanya k...

SH: Kel 23:10-19 - Alam dan ibadah (Selasa, 31 Januari 2006) Alam dan ibadah Memelihara keseimbangan dalam hidup adalah penting. Anak Tuhan harus ingat bahwa alam ini milik Tuhan yang harus dipelihara da...

SH: Kel 23:14-19 - Hari Raya dan Ibadah. (Senin, 11 Agustus 1997) Hari Raya dan Ibadah. Tiga hari raya diatur Tuhan untuk umat-Nya. Hari Raya Roti Tidak Beragi yang dilaksanakan selama seminggu jatuh pada saat yang ...

SH: Kel 23:14-19 - Menikmati Tuhan (Sabtu, 6 Juli 2013) Menikmati Tuhan Tema perikop ini merupakan kelanjutan dari tema Sabat (12) yang muncul di perikop sebelumnya. Tuhan memerintahkan umat untuk mengadak...

SH: Kel 23:14-19 - Rutinitas? Jangan! (Rabu, 8 Mei 2019) Rutinitas? Jangan! Rutinitas berasal dari kata rutin, yang berarti prosedur teratur dan tidak berubah-ubah. Kita pasti mengalaminya karena melakukan ...

SH: Kel 23:20-33 - Janji Allah. (Selasa, 12 Agustus 1997) Janji Allah. Janji besar pengaruhnya dalam kehidupan manusia. Janji dapat membangkitkan semangat dan meningkatkan mutu kehidupan seseorang, sejauh ja...

SH: Kel 23:20-33 - Penyertaan Allah dan ketaatan (Rabu, 1 Februari 2006) Penyertaan Allah dan ketaatan Bagian penutup rangkaian peraturan yang menjabarkan Hukum Taurat ini merupakan tantangan untuk taat dan setia pa...

SH: Kel 23:20-33 - Bagian-Ku dan bagianku (Senin, 8 Juli 2013) Bagian-Ku dan bagianku Tuhan menyiapkan rencana strategis jauh melampaui pemikiran umat-Nya. Dalam merealisasi janji-Nya, Tuhan akan menyertai umat-N...

SH: Kel 23:20-33 - Jangan Merengek! (Kamis, 9 Mei 2019) Jangan Merengek! Janji dan teguran Tuhan seperti dua sisi koin yang tak terpisahkan. Tuhan mengajar bangsa Israel agar percaya pada setiap janji-Nya....

Topik Teologia: Kel 23:3 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Kel 23:4 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Kel 23:5 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Kebencian Kel 23:5 Ima 19:17 Ula 7:15 Ula 30:7 Ula 33:11 Ayu 8:22 ...

Topik Teologia: Kel 23:6 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Kel 23:7 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Mengalami Kedongkalan Moral Mereka Dapat Menjadi Dongko...

Topik Teologia: Kel 23:9 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Kel 23:10 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

Topik Teologia: Kel 23:16 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Kristus dalam Paralel Sistem Imamat Lewi yang Diparalelkan dengan Kristus Ha...

Topik Teologia: Kel 23:20 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat Allah...

Topik Teologia: Kel 23:21 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kris...

Topik Teologia: Kel 23:22 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Sejarah Perjanjian Lama ...

Topik Teologia: Kel 23:23 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Pekerjaan Para Malaikat Baik Para Malaikat di Dalam Sejarah Perjanjian Lama ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Penebusan Tanggal Penulisan: Sekitar 1445-1405 SM Latar Belakang Keluaran melanjutkan kisah yang dimulai...

Full Life: Keluaran (Garis Besar) Garis Besar I. Penindasan Orang Ibrani di Mesir (Kel 1:1-11:10) A. Beban Orang yang Tertindas (Kel 1...

Matthew Henry: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Musa adalah hamba TUHAN yang menulis dan bertindak bagi Allah dengan menggunakan pena dan tongkat-Nya di tangannya. Di dalam kitab pertama mengenai...

Jerusalem: Keluaran (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Keluaran (Pendahuluan Kitab) PENGUNGSIAN KATA PENGANTAR Kitab pengungsian terdiri dari bagian Riwajat dan bagian Perundang-perundangan jang erat berhubungan. Adapun intinja ialah:...

BIS: Keluaran (Pendahuluan Kitab) KELUARAN PENGANTAR Nama Keluaran diambil dari peristiwa pokok yang diceritakan dalam buku ini, yaitu keluarnya bangsa Israel dari Mesir, tempat mere

KELUARAN

PENGANTAR

Nama Keluaran diambil dari peristiwa pokok yang diceritakan dalam buku ini, yaitu keluarnya bangsa Israel dari Mesir, tempat mereka diperbudak. Dalam buku ini ada tiga bagian yang penting:

  1. 1. Pembebasan orang Ibrani dari perbudakan dan perjalanan mereka ke Gunung Sinai.
  2. 2. Perjanjian Allah dengan umat-Nya di Sinai. Kepada bangsa Israel diberikan hukum-hukum moral, sipil dan keagamaan untuk pedoman hidup.
  3. 3. Pembuatan tempat beribadat dengan segala peralatannya untuk bangsa Israel; peraturan-peraturan untuk para imam dan cara beribadat kepada Allah.

Buku ini terutama mengisahkan apa yang dilakukan Allah pada waktu Ia membebaskan umat-Nya yang diperbudak, lalu membina mereka menjadi suatu bangsa yang mempunyai harapan bagi masa depan. Tokoh utama dalam buku ini adalah Musa, orang yang dipilih Allah untuk memimpin umat-Nya keluar dari Mesir. Bagian yang paling terkenal dari buku ini ialah daftar Sepuluh Perintah dalam Pasal 20 (Kel 20:1-17).

Isi

  1.  Bangsa Israel dibebaskan dari Mesir
    Kel 1:1-15:21
    1. a. Perbudakan di Mesir
      Kel 1:1-22
    2. b. Kelahiran Musa dan masa hidupnya di Midian
      Kel 2:1-4:31
    3. c. Musa dan Harun menghadap raja Mesir
      Kel 5:1-11:10
    4. d. Paskah dan keberangkatan dari Mesir
      Kel 12:1-15:21
  2.  Dari Laut Gelagah ke Gunung Sinai
    Kel 15:22-18:27
  3.  Hukum-hukum Allah dan Perjanjian
    Kel 19:1-24:18
  4.  Kemah TUHAN dan peraturan-peraturan ibadat
    Kel 25:1-40:38

Ajaran: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Tujuan Agar anggota jemaat mengerti bahwa Allah setia terhadap janji-Nya dan berkuasa memelihara umat-Nya. Pendahuluan Penulis : Musa. Isi Kitab

Tujuan

Agar anggota jemaat mengerti bahwa Allah setia terhadap janji-Nya dan berkuasa memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Keluaran merupakan kitab kedua dari kitab-kitab dalam Perjanjian Lama dan terdiri dari 40 pasal. Isi kitab Keluaran dapat dibagi menjadi dua bagian yakni:

  1. Sejarah keluarnya bangsa Israel dari Mesir, dan
  2. Sejarah Perjalanan bangsa Israel di Padang Gurun.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Keluaran

  1. Pasal 1-15 (Kel 1:1-15:21).

    Sejarah keluarnya bangsa Israel dari Mesir Setelah Yusuf meninggal, maka di kemudian hari muncul pemimpin Mesir yang kejam. Bangsa Israel tidak hidup dengan tenang lagi di Mesir. Mereka hidup dalam perbudakan. Tetapi Allah mengasihi umat-Nya, karena itu Ia memberikan seorang pemimpin bagi bangsa Israel untuk keluar dari Mesir.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kel 1:10-14. Bagaimana keadaan bangsa Israel di Mesir?
    2. Bacalah pasal Kel 2:1-10. Bagaimana kelahiran dan pertumbuhan Musa? Mengapakah ia diberi nama Musa?
    3. Bacalah pasal Kel 3:4-10. Siapakah yang mengutus Musa? Dan apakah tugasnya?
    4. Ceritakanlah dengan singkat tentang cara Tuhan memaksa Firaun dengan malapetaka agar bangsa Israel dapat keluar dari Mesir dengan selamat. (dari pasal Kel 7:14-12:30).
    5. Ceritakanlah dengan singkat kejadian ajaib di laut Teberau (dari pasal 14; Kel 14:1-31).
  2. Pasal 15-40 (Kel 15:22-40:38).

    Sejarah perjalanan bangsa Israel di padang gurun Dalam perjalanan bangsa Israel, pimpinan Tuhan selalu nyata. Waktu mereka tiba di Mara, Allah, dengan tanda ajaib, menolong menyediakan air yang mereka butuhkan sehingga dapat melanjutkan perjalanannya (pasal Kel 15:22-27). Dan ketika bangsa Israel tiba di Gurun Sin dan mulai bersungut-sungut tentang makanan, Allah memberikan roti Mana. Akhirnya mereka tiba di kaki gunung Sinai. Allah menampakkan diri dalam api dan awan tebal di atas gunung Sinai lalu memberikan kesepuluh perintah-Nya. Dan juga Allah memberikan peraturan hidup sehari-hari, sebagai umat Allah. Dalam kesempatan ini juga umat Allah ini merencanakan pembangunan Kemah Suci yang menjadi lambang kebenaran rohani yang sangat indah. Namun pembangunan terhambat karena umat Allah ini berbuat dosa dengan menyembah patung anak lembu emas sebagai ilah mereka. Tuhan menghukum mereka melalui Musa hamba-Nya. Setelah mereka bertobat, pembangunan dilanjutkan. Akhirnya segala perlengkapan kebaktian dan Kemah Suci selesai. Kemuliaan Allah memenuhi Kemah Suci tersebut.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kel 15:22-27; 16:9-18. Pertolongan apakah yang Tuhan berikan kepada umat-Nya? Karena itu janganlah kuatir tentang segala kebutuha hidup kita.
    2. Bacalah pasal Kel 20:1-17; 31:18. Apakah isi kesepuluh Hukum Allah itu?
    3. Bacalah pasal Kel 32:1-35. Dosa apakah yang umat Allah perbuat? Mengapa mereka melakukan itu? (Kel 32:22-24). Apakah yang dilakukan Musa terhadap mereka? (Kel 32:25-30). Apakah tanggapan Allah terhadap dosa ini? (Kel 32:31-35).
    4. Bacalah pasal Kel 39:32; 40:34-38. Menurut petunjuk dan kehendak siapakah umat Alla membuat tempat ibadah?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah di dalam kemahabesaran dan kesetiaan akan janji-Nya melepaskan umat-Nya dari penderitaan dan perbudakan.

  2. Allah di dalam menjaga kekudusan bangsa dan umat-Nya, memberikan batasan- batasan di dalam kehidupannya.

  3. Di dalam ketidaktaatan umat-Nya, Allah menunjukkan kesabaran dan kasih- Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Bagaimanakah kehidupan bangsa Israel di Mesir?
  2. Bagaimanakah (dengan apakah) Allah menghukum bangsa Israel?
  3. Siapakah yang dipanggil Allah untuk menyelamatkan (memimpin) bangs Israel?
  4. Apakah yang diberikan Allah sebagai makanan untuk bangsa Israel di padan gurun?
  5. Bagaimanakah sikap bangsa Israel selama di padang gurun?
  6. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari kitab ini?

Intisari: Keluaran (Pendahuluan Kitab) Lahirnya Satu Bangsa MENGAPA KELUARAN?"Keluaran" adalah judul kitab Musa yang kedua dalam Perjanjian Lama. Sebenarnya penggambaran mengenai keluarnya

Lahirnya Satu Bangsa

MENGAPA KELUARAN?
"Keluaran" adalah judul kitab Musa yang kedua dalam Perjanjian Lama. Sebenarnya penggambaran mengenai keluarnya bangsa Israel dari Mesir hanya sebagian dari isi kitab itu.

MENGENAI APA?
Kitab Keluaran terdiri dari tiga bagian penting.
1. Riwayat Musa: bagaimana ia diselamatkan waktu masih bayi; bagaimana ia dibesarkan di istana Firaun; bagaimana ia dipanggil oleh Allah dari semak belukar yang menyala; bagaimana ia menantang Firaun untuk membebaskan bangsanya dari perbudakan; dan bagaimana akhirnya ia memimpin bangsanya dengan penuh kemenangan menyeberangi Laut Merah menuju ke padang belantara Gunung Sinai.
2. Bagian kedua dari Kitab Keluaran berisi komunikasi Allah dengan Musa di Gunung Sinai, pemberian Sepuluh Perintah Allah dan perintah-perintah lainnya.
3. Bagian terakhir terutama menceritakan tiga hal, yaitu: pembuatan Tabut Perjanjian tempat menyimpan loh batu yang berisi Sepuluh Perintah Allah; pembuatan Kemah Suci untuk tempat menyimpan kotak Tabut Perjanjian; dan aturan-aturan terinci tentang peribadatan.

APA ARTI KITAB KELUARAN BAGI KITA DEWASA INI?
Catatan utama dalam Kitab itu ialah tentang penebusan, yaitu pembebasan dari perbudakan. Kitab Keluaran memberikan banyak ilustrasi yang membantu kita untuk mengerti penebusan kita sendiri melalui Tuhan kita Yesus Kristus. Domba Paskah (Kel 12:1-11) jelaslah melambangkan Anak Domba Allah yang menanggung dosa dunia (Yoh 1:29). Kristus disebut sebagai Anak Domba Paskah oleh Paulus (1Ko 5:7), sementara itu Petrus menamakan-Nya sebagai Anak Domba yang tak bernoda dan tak bercacat (1Pe 1:19). Pada bagian terakhir Kitab Keluaran kita diingatkan bahwa sebagai umat yang sudah ditebus, kita dipanggil untuk menjadi umat penyembah Allah. Allah mengajar umat-Nya dengan memakai alat-alat bantu visual. Kemah Suci melambangkan kehadiran Allah di antara umat-Nya. Perlu kita ingat bahwa Kristus dikatakan berdiam (berkemah) di antara kita (Yoh 1:14). Jadi, Kitab Keluaran merupakan contoh bagaimana Perjanjian Lama menerangi Perjanjian Baru. Bilamana kita mempelajari Kitab Keluaran kita melihat cara Allah melepaskan umat-Nya dari perbudakan serta rencana-rencana selanjutnya bagi mereka, dan kisah ini berlaku bagi setiap orang yang menyadari kebutuhannya untuk ditebus.

Pesan

1. Pembebasan dari perbudakan.
Keluaran membawa kita kepada asal mula keberadaan Israel sebagai suatu bangsa. Kel 1:1-12:36. Catatan penting dari Keluaran ialah mengenai pembebasan atau penyelamatan. Dalam pasal-pasal pertama kita diceritakan bagaimana bangsa itu dipersiapkan untuk dibebaskan dan bagaimana Allah bangkit dalam diri Musa, seorang pembebas. Kemudian orang Israel dipimpin keluar dari Mesir dan setelah itu dibentuk menjadi suatu bangsa di Sinai. Kel 12:37-19:25. Sisa kitab itu menceritakan hal-hal yang berhubungan dengan kelanjutan Israel sebagai bangsa yang mempunyai hubungan perjanjian dengan Allah. Kel 20:1-40:38.

2. Penebusan dosa.
Kitab Keluaran dapat dibagi menjadi tiga bagian:
o Kebutuhan bangsa itu akan kebebasan terlihat dari penderitaan mereka di bawah tekanan bangsa Mesir. Hal ini dapat juga dilihat sebagai gambaran dari perbudakan manusia oleh dosa dan karenanya mereka sungguh-sungguh perlu dibebaskan.
o Tempat pembebasan digambarkan. Tidak pernah diragukan bahwa pada akhirnya mereka akan berhasil, tetapi sementara itu terdapat banyak kekecewaan. Puncak peristiwa ialah pengorbanan Domba Paskah. Darah di ambang pintu rumah-rumah bangsa Israel merupakan jaminan keselamatan mereka. Bagi orang Kristen, Kristus adalah Domba Paskah yang darah-Nya menjamin pengampunan dosa dan kehidupan yang baru.
o Setelah penyelamatan tibalah penyucian. Allah akan memasuki suatu perjanjian dengan umat-Nya yang harus menjadi saksi-saksi-Nya yang istimewa di dalam dunia ini. Sebagai bangsa yang sudah ditebus oleh Allah, mereka terpanggil untuk taat kepada-Nya. Sepuluh Perintah merupakan peraturan Allah mengenai moralitas. Mereka juga perlu berhubungan terus dengan Allah melalui penyembahan secara teratur. Oleh karenanya, mereka diberi petunjuk-petunjuk mengenai apa yang harus mereka lakukan. Kemah suci merupakan tempat mereka bertemu dengan Allah dan yakin akan kehadiran-Nya di situ.

Penerapan

Dalam Kitab Keluaran kita banyak belajar tentang sifat-sifat Allah.

1. Allah berdaulat
Dia mengendalikan sejarah dan melakukan segala sesuatu bagi kemuliaan-Nya.

2. Allah memperhatikan umat-Nya
Dia menguasai segala peristiwa dengan tujuan utama kesejahteraan bagi umat-Nya.

3. Allah mencukupi kebutuhan umat-Nya
Manna dan burung puyuh merupakan bukti nyata bahwa Tuhan sungguh-sungguh mencukupi kebutuhan anak-anak-Nya.

4. Allah itu kudus
Dalam keseluruhan Kitab Keluaran kekudusan Allah dijelaskan kepada Musa dan kepada bangsa Israel pada umumnya. Kita seharusnya membungkuk dengan hormat di hadapan-Nya.

5. Allah mengharapkan ketaatan dari umat-Nya
Sepuluh Perintah mencerminkan harapan Allah yang mendasar terhadap umat-Nya, laki-laki dan perempuan, dan Dia menginginkan ketaatan dalam pikiran, perkataan serta perbuatan.

6. Allah memimpin umat-Nya
Allah memimpin umat-Nya di padang gurun dengan awan dan api -- pada masa kini Dia memimpin melalui Roh-Nya yang tinggal di dalam hati umat-Nya.

7. Allah mengharapkan penyembahan dari manusia
Pada zaman Musa diberikan petunjuk-petunjuk terperinci mengenai bagaimana harus menyembah Allah. Semua ini dimaksudkan untuk mengingatkan umat penyembah Allah mengenai kekudusan dan kemuliaan-Nya. Penyembahan tidak kurang pentingnya pada masa kini; kendatipun kita tidak lagi diminta untuk mengikuti cara penyembahan yang sudah diatur secara terperinci dalam Perjanjian Lama, kita harus ingat bahwa kita menyembah Allah kudus yang sama.

Tema-tema Kunci

1. Kemerdekaan
Keluaran dimulai dengan gambaran mengenai bagaimana bangsa Israel menggeliat di bawah kuk perbudakan. Bacalah Keluaran 1:11-14. Kebebasan mereka tidak diperoleh dengan mudah, tetapi kebebasan itu sempurna. Domba Paskah akan selalu dipandang oleh orang Kristen sebagai suatu gambaran dari Anak Domba Allah dan sebagai peringatan bagi kita, bahwa kita pun selalu telah dibebaskan dari bahaya dan perbudakan dosa. Carilah dalam Perjanjian Baru sebutan Yesus sebagai Anak Domba Allah: Yoh 1:29,36; Kis 8:32-35; 1Ko 5:7; 1Pe 1:18, 19, dan telusurilah penggunaan istilah itu dalam Kitab Wahyu. Penghargaan apa yang Anda berikan atas pembebasan Anda dari perbudakan dosa?

2. Peraturan
Para budak yang baru dibebaskan diingatkan bahwa Allah mengharapkan ketaatan dari umat-Nya. Sepuluh Perintah itu sangat luar biasa, karena semua perintah itu membentuk suatu aturan moralitas yang cocok bagi semua orang di segala zaman. Perintah-perintah itu tidak pernah lapuk. Mereka yang telah menerima Yesus sebagai Juruselamat harus ingat, bahwa mereka juga harus menyembah-Nya sebagai Tuhan. Dia berkata, "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku" (Yoh 14:15). Pada akhirnya ketaatan akan mempengaruhi sikap dan motivasi serta perbuatan. Periksalah kata-kata Yesus dalam Matius 5:21-48.

3. Penyembahan
Setelah bangsa Israel dibebaskan, mereka segera diberi petunjuk mengenai bagaimana mereka harus menyembah Allah. Kemah Suci merupakan peringatan nyata dari kehadiran Allah di tengah-tengah umat-Nya dan bangsa Israel menemukan sifat-sifat kesucian Allah, dan bahwa orang berdosa tidak dapat menghampiri Allah dengan seenaknya. Mezbah kuningan merupakan tempat untuk mengadakan korban bakaran dan ini merupakan satu-satunya jalan untuk menghampiri hadirat Allah. Pakaian imam dirancang dengan teliti, karena ia adalah orang yang mewakili umat di hadapan Allah. Setiap rinci berfungsi untuk menekankan kekudusan Allah. Kita yang telah menjadi imamat rajani dengan menjadi anak-anak Allah diingatkan, bahwa Allah tetap kudus dan hal ini harus tercermin dalam penyembahan kita. Periksalah di dalam Keluaran pemakaian kata-kata "kudus" dan "kekudusan", perhatikan bagaimana kata-kata itu menyangkut baik Allah maupun umat-Nya. Fakta mengenai kekudusan Allah seharusnya membawa pengaruh apa dalam sikap, penyembahan dan cara hidup kita?

Garis Besar Intisari: Keluaran (Pendahuluan Kitab) [1] BANGSA ISRAEL DI MESIR Kel 1:1-22 Kel 1:1-7Lahirnya suatu bangsa Kel 1:8-22Perbudakan suatu bangsa [2] MUSA SI PEMBEBAS Kel 2:1-4:3 Kel

[1] BANGSA ISRAEL DI MESIR Kel 1:1-22

Kel 1:1-7Lahirnya suatu bangsa
Kel 1:8-22Perbudakan suatu bangsa

[2] MUSA SI PEMBEBAS Kel 2:1-4:3

Kel 2:1-10Kelahiran dan masa muda Musa
Kel 2:11-25Kekecewaan Musa
Kel 3:1-10Panggilan terhadap Musa
Kel 3:11-15Keraguan Musa dan penampakan diri Allah
Kel 3:16-22Pengutusan
Kel 4:1-17Keberatan-keberatan Musa
Kel 4:18-31Musa menerima panggilan-Nya

[3] PEMBEBASAN DARI PERBUDAKAN Kel 5:1-18:27

Kel 5:1-23Musa berselisih dengan Firaun
Kel 6:1-8Musa diyakinkan kembali oleh Allah
Kel 6:9-13Panggilan Allah kepada Musa diperbarui
Kel 6:14-27Data nenek moyang Musa
Kel 6:28-7:7Perjanjian dengan Musa
Kel 7:8-11:10Perselisihan dengan Firaun
Kel 12:1-13:22Perayaan Paskah dan Pembebasan dari Mesir
Kel 14:1-15:21Menyeberangi Laut Merah
Kel 15:22-18:27Pengalaman di padang belantara

[4] PERATURAN DAN PERJANJIAN Kel 19:1-31:18

Kel 19:1-25Bangsa Israel di Sinai
Kel 20:1-26Perjanjian Musa
Kel 21:1-23:33Kitab Perjanjian
Kel 24:1-18Pengesahan perjanjian
Kel 25:1-31:18Cara-cara penyembahan

[5] KEGAGALAN DAN PEMBARUAN Kel 32:1-40:38

Kel 32:1-34:35Kegagalan bangsa Israel
Kel 35:1-40:38Pekerjaan dan Penyembahan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #08: Klik ikon untuk memisahkan teks alkitab dan catatan secara horisontal atau vertikal. [SEMUA]
dibuat dalam 0.62 detik
dipersembahkan oleh YLSA