kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 30:1-43 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
30:1 Ketika dilihat Rahel, bahwa ia tidak melahirkan anak bagi Yakub, cemburulah ia kepada kakaknya itu, lalu berkata kepada Yakub: "Berikanlah kepadaku anak; kalau tidak, aku akan mati." 30:2 Maka bangkitlah amarah Yakub terhadap Rahel dan ia berkata: "Akukah pengganti Allah, yang telah menghalangi engkau mengandung?" 30:3 Kata Rahel: "Ini Bilha, budakku perempuan, hampirilah dia, supaya ia melahirkan anak di pangkuanku, dan supaya oleh dia akupun mempunyai keturunan." 30:4 Maka diberikannyalah Bilha, budaknya itu, kepada Yakub menjadi isterinya dan Yakub menghampiri budak itu. 30:5 Bilha mengandung, lalu melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub. 30:6 Berkatalah Rahel: "Allah telah memberikan keadilan kepadaku, juga telah didengarkan-Nya permohonanku dan diberikan-Nya kepadaku seorang anak laki-laki." Itulah sebabnya ia menamai anak itu Dan. 30:7 Mengandung pulalah Bilha, budak perempuan Rahel, lalu melahirkan anak laki-laki yang kedua bagi Yakub. 30:8 Berkatalah Rahel: "Aku telah sangat hebat bergulat dengan kakakku, dan akupun menang." Maka ia menamai anak itu Naftali. 30:9 Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepada Yakub menjadi isterinya. 30:10 Dan Zilpa, budak perempuan Lea, melahirkan seorang anak laki-laki bagi Yakub. 30:11 Berkatalah Lea: "Mujur telah datang." Maka ia menamai anak itu Gad. 30:12 Dan Zilpa, budak perempuan Lea, melahirkan anak laki-laki yang kedua bagi Yakub. 30:13 Berkatalah Lea: "Aku ini berbahagia! Tentulah perempuan-perempuan akan menyebutkan aku berbahagia." Maka ia menamai anak itu Asyer. 30:14 Ketika Ruben pada musim menuai gandum pergi berjalan-jalan, didapatinyalah di padang buah dudaim, lalu dibawanya kepada Lea, ibunya. Kata Rahel kepada Lea: "Berilah aku beberapa buah dudaim yang didapat oleh anakmu itu." 30:15 Jawab Lea kepadanya: "Apakah belum cukup bagimu mengambil suamiku? Sekarang pula mau mengambil lagi buah dudaim anakku?" Kata Rahel: "Kalau begitu biarlah ia tidur dengan engkau pada malam ini sebagai ganti buah dudaim anakmu itu." 30:16 Ketika Yakub pada waktu petang datang dari padang, pergilah Lea mendapatkannya, sambil berkata: "Engkau harus singgah kepadaku malam ini, sebab memang engkau telah kusewa dengan buah dudaim anakku." Sebab itu tidurlah Yakub dengan Lea pada malam itu. 30:17 Lalu Allah mendengarkan permohonan Lea. Lea mengandung dan melahirkan anak laki-laki yang kelima bagi Yakub. 30:18 Lalu kata Lea: "Allah telah memberi upahku, karena aku telah memberi budakku perempuan kepada suamiku." Maka ia menamai anak itu Isakhar. 30:19 Kemudian Lea mengandung pula dan melahirkan anak laki-laki yang keenam bagi Yakub. 30:20 Berkatalah Lea: "Allah telah memberikan hadiah yang indah kepadaku; sekali ini suamiku akan tinggal bersama-sama dengan aku, karena aku telah melahirkan enam orang anak laki-laki baginya." Maka ia menamai anak itu Zebulon. 30:21 Sesudah itu ia melahirkan seorang anak perempuan dan menamai anak itu Dina. 30:22 Lalu ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. 30:23 Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki. Berkatalah ia: "Allah telah menghapuskan aibku." 30:24 Maka ia menamai anak itu Yusuf, sambil berkata: "Mudah-mudahan TUHAN menambah seorang anak laki-laki lagi bagiku."
Yakub memperoleh ternak
30:25 Setelah Rahel melahirkan Yusuf, berkatalah Yakub kepada Laban: "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ke tempat kelahiranku dan ke negeriku. 30:26 Berikanlah isteri-isteriku dan anak-anakku, yang menjadi upahku selama aku bekerja padamu, supaya aku pulang, sebab engkau tahu, betapa keras aku bekerja padamu." 30:27 Tetapi Laban berkata kepadanya: "Sekiranya aku mendapat kasihmu! Telah nyata kepadaku, bahwa TUHAN memberkati aku karena engkau." 30:28 Lagi katanya: "Tentukanlah upahmu yang harus kubayar, maka aku akan memberikannya." 30:29 Sahut Yakub kepadanya: "Engkau sendiri tahu, bagaimana aku bekerja padamu, dan bagaimana keadaan ternakmu dalam penjagaanku, 30:30 sebab harta milikmu tidak begitu banyak sebelum aku datang, tetapi sekarang telah berkembang dengan sangat, dan TUHAN telah memberkati engkau sejak aku berada di sini; jadi, bilakah dapat aku bekerja untuk rumah tanggaku sendiri?" 30:31 Kata Laban: "Apakah yang harus kuberikan kepadamu?" Jawab Yakub: "Tidak usah kauberikan apa-apa kepadaku; aku mau lagi menggembalakan kambing dombamu dan menjaganya, asal engkau mengizinkan hal ini kepadaku: 30:32 Hari ini aku akan lewat dari tengah-tengah segala kambing dombamu dan akan mengasingkan dari situ setiap binatang yang berbintik-bintik dan berbelang-belang; segala domba yang hitam dan segala kambing yang berbelang-belang dan berbintik-bintik, itulah upahku. 30:33 Dan kejujuranku akan terbukti di kemudian hari, apabila engkau datang memeriksa upahku: Segala yang tidak berbintik-bintik atau berbelang-belang di antara kambing-kambing dan yang tidak hitam di antara domba-domba, anggaplah itu tercuri olehku." 30:34 Kemudian kata Laban: "Baik, jadilah seperti perkataanmu itu." 30:35 Lalu diasingkannyalah pada hari itu kambing-kambing jantan yang bercoreng-coreng dan berbelang-belang dan segala kambing yang berbintik-bintik dan berbelang-belang, segala yang ada warna putih pada badannya, serta segala yang hitam di antara domba-domba, dan diserahkannyalah semuanya itu kepada anak-anaknya untuk dijaga. 30:36 Kemudian Laban menentukan jarak tiga hari perjalanan jauhnya antara dia dan Yakub, maka tetaplah Yakub menggembalakan kambing domba yang tinggal itu. 30:37 Lalu Yakub mengambil dahan hijau dari pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan, dikupasnyalah dahan-dahan itu sehingga berbelang-belang, sampai yang putihnya kelihatan. 30:38 Ia meletakkan dahan-dahan yang dikupasnya itu dalam palungan, dalam tempat minum, ke mana kambing domba itu datang minum, sehingga tepat di depan kambing domba itu. Adapun kambing domba itu suka berkelamin pada waktu datang minum. 30:39 Jika kambing domba itu berkelamin dekat dahan-dahan itu, maka anaknya bercoreng-coreng, berbintik-bintik dan berbelang-belang. 30:40 Kemudian Yakub memisahkan domba-domba itu, dihadapkannya kepala-kepala kambing domba itu kepada yang bercoreng-coreng dan kepada segala yang hitam di antara kambing domba Laban. Demikianlah ia beroleh kumpulan-kumpulan hewan baginya sendiri, dan tidak ditempatkannya pada kambing domba Laban. 30:41 Dan setiap kali, apabila berkelamin kambing domba yang kuat, maka Yakub meletakkan dahan-dahan itu ke dalam palungan di depan mata kambing domba itu, supaya berkelamin dekat dahan-dahan itu. 30:42 Tetapi apabila datang kambing domba yang lemah, ia tidak meletakkan dahan-dahan itu ke dalamnya. Jadi hewan yang lemah untuk Laban dan yang kuat untuk Yakub. 30:43 Maka sangatlah bertambah-tambah harta Yakub, dan ia mempunyai banyak kambing domba, budak perempuan dan laki-laki, unta dan keledai.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Asyer a tribe of Israel that came from Asher; son of Jacob and Zilpah,the man; son of Jacob and Zilpah,a tribe of Israel or its land
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Ruben the tribe of Reuben
 · Bilha Rachel's maid; third wife of Jacob; mother of Dan and Naphtali,a town of Simeon and Judah inhabited by the clan of Shime-i
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Dina daughter of Jacob and Leah
 · Gad the tribe of Israel descended from Gad, the son of Jacob,the man; the son of Jacob and Zilpah,the tribe of Gad in Israel,a prophet and long time advisor to King David
 · Isakhar the tribe of Israel that came from his Jacob's son Issachar,son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Issachar,the tribe of Issachar in Israel,son of Obed-Edom
 · kaum-kaum orang Ruben the tribe of Reuben
 · Laban son of Bethuel; brother of Rebecca; father of Leah and Rachel; uncle and father-in-law of Jacob,a town in Moab
 · Lea daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Reuben, Simeon, Levi, Judah, Issachar, Zebulun and Dinah
 · Naftali region/territority and the tribe of Israel,the son of Jacob and Bilhah,the tribe of people descended from Naphtali,the territory of the people of Naphtali
 · orang Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · orang Ruben the tribe of Reuben
 · Rahel a daughter of Laban; wife of Jacob; mother of Joseph and Benjamin,Jacob's favorite wife
 · Ruben a tribe of the nation Israel descended from the oldest son of Jacob and Leah,son of Jacob and Leah,the tribe of Reuben
 · suku Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yusuf the husband of Mary and foster-father of Jesus,a Jewish man from Arimathea in whose grave the body of Jesus was laid,two different men listed as ancestors of Jesus,a man nominated with Matthias to take the place of Judas Iscariot as apostle,a son of Jacob and Rachel; the father of Ephraim and Manasseh and ruler of Egypt,a brother of Jesus; a son of Mary,a man who was a companion of Paul,son of Jacob and Rachel; patriarch of the tribes of Ephraim and Manasseh,a tribe, actually two tribes named after Joseph's sons, Ephraim and Manasseh,father of Igal, of Issachar, who helped spy out Canaan,son of Asaph the Levite; worship leader under Asaph and King David,a man who put away his heathen wife; an Israelite descended from Binnui,priest and head of the house of Shebaniah under High Priest Joiakim in the time of Nehemiah
 · Zebulon the tribe of Israel that came from Zebulun whose territory was in Galilee,the man; son of Jacob and Leah,the tribe of Zebulun,the territory of the tribe of Zebulun
 · Zilpa Leah's maid


Topik/Tema Kamus: Yakub | Warna | Rahel | Perkawinan | Lea | Laban | Gembala | Pengembara /Nomad | Bilha | Gad | Isakhar | Zilpa | Yusuf | Naftali | Dodaim | Zebulon | Hamba | Magi /Sihir | Suku Isakhar | Suku Naftali | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 30:1-24 - BERIKANLAH KEPADAKU ANAK. Nas : Kej 30:1-24 Ayat-ayat ini mencatat terbentuknya keluarga Yakub, para pendiri suku-suku Israel. Kisah ini menunjukkan bahwa Allah bekerja untu...

Nas : Kej 30:1-24

Ayat-ayat ini mencatat terbentuknya keluarga Yakub, para pendiri suku-suku Israel. Kisah ini menunjukkan bahwa Allah bekerja untuk mencapai tujuan akhir-Nya kendatipun kelemahan, pergumulan, dan kesalahan dalam keluarga Yakub.

Full Life: Kej 30:1 - KALAU TIDAK, AKU AKAN MATI. Nas : Kej 30:1 Di daerah Timur Dekat, seorang wanita yang tidak mempunyai anak dipandang hina (bd. Kej 16:2; 30:2); karena itulah ucapan Rahel yang...

Nas : Kej 30:1

Di daerah Timur Dekat, seorang wanita yang tidak mempunyai anak dipandang hina (bd. Kej 16:2; 30:2); karena itulah ucapan Rahel yang putus asa.

Full Life: Kej 30:18 - ALLAH TELAH MEMBERI UPAHKU. Nas : Kej 30:18 Pernyataan Lea bahwa Allah telah memberinya upah karena telah memberikan budaknya kepada Yakub mencerminkan perasaannya sendiri dan...

Nas : Kej 30:18

Pernyataan Lea bahwa Allah telah memberinya upah karena telah memberikan budaknya kepada Yakub mencerminkan perasaannya sendiri dan bukan sikap Allah. Kisah ini hanya menyampaikan perkataan oleh Lea. Allah membiarkan situasi ini untuk sesaat dan bekerja melalui pernikahan Yakub

(lihat cat. --> Kej 29:28).

[atau ref. Kej 29:28]

Full Life: Kej 30:39 - ANAKNYA BERCORENG-CORENG. Nas : Kej 30:39 Proses perkembangbiakan ternak itu tidak dipengaruhi oleh ranting-ranting pohon, tetapi oleh campur tangan Allah. Yakub sendiri men...

Nas : Kej 30:39

Proses perkembangbiakan ternak itu tidak dipengaruhi oleh ranting-ranting pohon, tetapi oleh campur tangan Allah. Yakub sendiri mengakui pekerjaan Allah dalam menambah jumlah ternaknya (Kej 31:7-9).

BIS: Kej 30:6 - Dan Dan: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "mengadili".

Dan: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "mengadili".

BIS: Kej 30:8 - Naftali Naftali: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "berjuang".

Naftali: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "berjuang".

BIS: Kej 30:11 - Gad Gad: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "untung".

Gad: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "untung".

BIS: Kej 30:13 - Asyer Asyer: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "bahagia".

Asyer: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "bahagia".

BIS: Kej 30:14 - sejenis tanaman obat sejenis tanaman obat: Dalam bahasa Ibrani "dodayim". Tanaman ini dianggap mempunyai khasiat dapat menyuburkan rahim.

sejenis tanaman obat: Dalam bahasa Ibrani "dodayim". Tanaman ini dianggap mempunyai khasiat dapat menyuburkan rahim.

BIS: Kej 30:18 - Isakhar Isakhar: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "hamba sewaan", "ada upah".

Isakhar: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "hamba sewaan", "ada upah".

BIS: Kej 30:20 - Zebulon Zebulon: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "menghargai" dan "hadiah".

Zebulon: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "menghargai" dan "hadiah".

BIS: Kej 30:24 - Yusuf Yusuf: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "ia memberi lagi" dan "ia menghilangkan".

Yusuf: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "ia memberi lagi" dan "ia menghilangkan".

BIS: Kej 30:30 - karena saya karena saya atau ke mana pun saya pergi.

karena saya atau ke mana pun saya pergi.

BIS: Kej 30:32 - setiap anak domba yang hitam Sebuah terjemahan kuno setiap anak domba yang hitam. Ibrani: setiap anak domba yang belang dan berbintik-bintik dan setiap anak domba yang hitam.

Sebuah terjemahan kuno setiap anak domba yang hitam. Ibrani: setiap anak domba yang belang dan berbintik-bintik dan setiap anak domba yang hitam.

Jerusalem: Kej 30:14 - dudaim Kata Ibrani ini bersangkutan dengan kata yang berarti: cinta. Menurut kepercayaan dahulu tumbuhan itu merangsang nafsu berahi. Dalam tradisi buah itu ...

Kata Ibrani ini bersangkutan dengan kata yang berarti: cinta. Menurut kepercayaan dahulu tumbuhan itu merangsang nafsu berahi. Dalam tradisi buah itu dihubungkan dengan kelahiran Yusuf.

Jerusalem: Kej 30:27 - mendapat kasihmu Kalimatnya terputus dan perlu ditambah: dengarkanlah aku.

Kalimatnya terputus dan perlu ditambah: dengarkanlah aku.

Jerusalem: Kej 30:32-43 - -- Ceritera ini agak sukar dimengerti. Haruslah kisah ini berasal dari suku (setengah) Badui. Pada kawanan ternak di daerah itu domba-domba biasanya berw...

Ceritera ini agak sukar dimengerti. Haruslah kisah ini berasal dari suku (setengah) Badui. Pada kawanan ternak di daerah itu domba-domba biasanya berwarna putih dan kambing berwarna hitam. Binatang-binatang yang agak jarang terdapat (domba hitam dan kambing berbintik-bintik) oleh Yakub dituntut sebagai upahnya. Laban menyangka perjanjian itu menguntungkan bagi dirinya. Akal yang dipakai Yakub adalah sbb. 1) Kambing-kambing, Kej 31:37-39, dibuatnya berkelamin di depan dahan-dahan yang berbelang-belang; melihat dahan-dahan itu mengakibatkan bahwa anak kambing-kambing itu berbintik-bintik putih; 2) waktu berkelamin domba-domba dibuatnya melihat kambing-kambing hitam, Kej 31:40; 3). Yakub memilih binatang-binatang kuat saja untuk kawin secara demikian, sedangkan yang lemah dibiarkannya bagi Laban.

Jerusalem: Kej 30:32 - segala domba ... berbintik-bintik Kata-kata ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Kata-kata ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Ende: Kej 30:3 - -- Tjara kelahiran sematjam ini menundjukkan, bahwa seorang baji didjadikan anak-angkat (lihat tjatatan pada Kej 16:2).

Tjara kelahiran sematjam ini menundjukkan, bahwa seorang baji didjadikan anak-angkat (lihat tjatatan pada Kej 16:2).

Ende: Kej 30:6 - Dan dihubungkan dengan "din" = berbuat adil.

dihubungkan dengan "din" = berbuat adil.

Ende: Kej 30:8 - -- Neftali menundjuk kearah "niftalti" = saja telah bergulat. (lihat tjatatan terlampir hl. 157).

Neftali menundjuk kearah "niftalti" = saja telah bergulat. (lihat tjatatan terlampir hl. 157).

Ende: Kej 30:11 - -- Gad berarti "Untung" (bandingkan dengan penggunaan nama Untung di Djawa).

Gad berarti "Untung" (bandingkan dengan penggunaan nama Untung di Djawa).

Ende: Kej 30:13 - -- Asjer berarti (dalam bentuk "'issjer") memudji kebahagiaan seseorang. Keempat nama jang disebutkan dalam fasal ini adalah nama suku-suku, jang kemudia...

Asjer berarti (dalam bentuk "'issjer") memudji kebahagiaan seseorang.

Keempat nama jang disebutkan dalam fasal ini adalah nama suku-suku, jang kemudian menduduki wilajah-wilajah perbatasan Palestina.

Maka dari itu dalam tradisi mereka dianggap anak-anak budak-belian, jang didjadikan anak-angkat Jakub.

Ende: Kej 30:14 - -- Buah asmara = buah mandragora, sematjam buah bundar merah. Namanja Hibrani ialah "dudaim", hampir menjerupai kata "tjinta" (=dodim). Buah-buah ini dia...

Buah asmara = buah mandragora, sematjam buah bundar merah. Namanja Hibrani ialah "dudaim", hampir menjerupai kata "tjinta" (=dodim). Buah-buah ini dianggap mempunjai daja-daja membangkitkan tjinta-kasih.

Ende: Kej 30:18 - -- "Sakar" = upah. Kata kerdjanja berarti: "menjewa", menerima dengan membajar" (lihat ajat 16)(Kej 30:16).

"Sakar" = upah. Kata kerdjanja berarti: "menjewa", menerima dengan membajar" (lihat ajat 16)(Kej 30:16).

Ende: Kej 30:20 - -- Zabulon, dari "zabal" = memuliakan, mempertinggikan. Tafsiran lain: "menerima", atau "memperlakukan sebagai isteri jang sjah" (dari kata Assiria: "Zab...

Zabulon, dari "zabal" = memuliakan, mempertinggikan. Tafsiran lain: "menerima", atau "memperlakukan sebagai isteri jang sjah" (dari kata Assiria: "Zabalu").

Ende: Kej 30:24 - -- Dalam ajat 23(Kej 30:23) nama Jusuf (bahasa Hibrani: Josef) diasalkan dari "'asaf" = mengambil. Dalam ajat ini dari "yasaf" = menambahkan. Tafsiran te...

Dalam ajat 23(Kej 30:23) nama Jusuf (bahasa Hibrani: Josef) diasalkan dari "'asaf" = mengambil. Dalam ajat ini dari "yasaf" = menambahkan. Tafsiran terachir ini lebih tepat: karena MahabaikNja, Tuhan menambahkan anak ini.

Jusuf adalah anak pertama dari Rachel sendiri. Kemudian di Kanaan lahirlah Benjamin (lihat Kej 35:16).

Ende: Kej 30:27 - Sekiranja aku mendapat kerelaanmu.... mengandung suatu permintaan, artinja kira-kira: "bolehkah saja memintanja kepadamu demi kebaikanmu?"

mengandung suatu permintaan, artinja kira-kira: "bolehkah saja memintanja kepadamu demi kebaikanmu?"

Ende: Kej 30:27 - Sudah dinjatakan kepadaku dengan menjaksikan tanda-tanda dan mentjari petundjuk daripadanja.

dengan menjaksikan tanda-tanda dan mentjari petundjuk daripadanja.

Ende: Kej 30:28 - -- Djadi Laban meminta kepada Jakub, supaja terus bekerdja untuknja.

Djadi Laban meminta kepada Jakub, supaja terus bekerdja untuknja.

Ende: Kej 30:31 - -- Sesudah hingga sekarang Jakub bekerdja untuk memperoleh anak-anak perempuan Laban, sekarang ia mengharapkan akan memiliki ternak sebagai upah kerdjanj...

Sesudah hingga sekarang Jakub bekerdja untuk memperoleh anak-anak perempuan Laban, sekarang ia mengharapkan akan memiliki ternak sebagai upah kerdjanja selandjutnja.

Ende: Kej 30:32 - -- Kebanjakan domba berwarna putih, dan kambing berwarna hitam. Sekarang Jakub mengusulkan, supaja domba-domba hitam dan kambing-kambing berbintik-bintik...

Kebanjakan domba berwarna putih, dan kambing berwarna hitam. Sekarang Jakub mengusulkan, supaja domba-domba hitam dan kambing-kambing berbintik-bintik putih, jang masih akan lahir, diberikan kepadanja sebagai upah. Laban boleh terlebih dulu memisahkan semua domba hitam dan semua kambing berbintik-bintik dari kawanannja, sehingga hanja tinggal domba-domba dan kambing-kambing jang biasa.

Ende: Kej 30:37 - -- Jakub menggunakan siasat, jang rupa-rupanja biasa dipakai oleh gembala-gembala dewasa itu. Sangka orang: warna putih tjabang-tjabang mempengaruhi kamb...

Jakub menggunakan siasat, jang rupa-rupanja biasa dipakai oleh gembala-gembala dewasa itu. Sangka orang: warna putih tjabang-tjabang mempengaruhi kambing-kambing, sehingga memperanakkan kambing-kambing jang berbintik putih; sedangkan domba melihat kambing hitam, ia akan melahirkan domba-domba hitam pula.

Tetapi sesungguhnja orang hanja menghadapi hukum-hukum keturunan, jang ketika itu belum dikenal. Orang mentjoba menerangkannja setjara populer.

Ende: Kej 30:41 - -- Jakub memilih binatang-binatang jang terkuat, agar supaja kawanannja kelak mendjadi kuat pula.

Jakub memilih binatang-binatang jang terkuat, agar supaja kawanannja kelak mendjadi kuat pula.

Endetn: Kej 30:8 - -- Terdjemahan lain: "Aku telah mengadakan pergulatan jang hebat dengan kakakku...." (Elohim = luar biasa; hebat).

Terdjemahan lain: "Aku telah mengadakan pergulatan jang hebat dengan kakakku...." (Elohim = luar biasa; hebat).

Endetn: Kej 30:32 - sendirikanlah semua jang berbintik dan belang tidak ada dalam teks Junani.

tidak ada dalam teks Junani.

Ref. Silang FULL: Kej 30:1 - melahirkan anak // kepada kakaknya · melahirkan anak: Kej 11:30; Kej 11:30; Yes 49:21; 54:1 · kepada kakaknya: Kej 16:4; Kej 16:4; Im 18:18

· melahirkan anak: Kej 11:30; [Lihat FULL. Kej 11:30]; Yes 49:21; 54:1

· kepada kakaknya: Kej 16:4; [Lihat FULL. Kej 16:4]; Im 18:18

Ref. Silang FULL: Kej 30:2 - pengganti Allah // engkau mengandung · pengganti Allah: Kej 50:19; Ul 32:35; 2Raj 5:7 · engkau mengandung: Kej 16:2; Kej 16:2

· pengganti Allah: Kej 50:19; Ul 32:35; 2Raj 5:7

· engkau mengandung: Kej 16:2; [Lihat FULL. Kej 16:2]

Ref. Silang FULL: Kej 30:3 - Ini Bilha // budakku perempuan // mempunyai keturunan · Ini Bilha: Kej 30:7; Kej 29:29; Kej 29:29 · budakku perempuan: Kej 24:61; Kej 24:61 · mempunyai keturunan: Kej 16:2

· Ini Bilha: Kej 30:7; Kej 29:29; [Lihat FULL. Kej 29:29]

· budakku perempuan: Kej 24:61; [Lihat FULL. Kej 24:61]

· mempunyai keturunan: Kej 16:2

Ref. Silang FULL: Kej 30:4 - menjadi isterinya // menghampiri budak · menjadi isterinya: Kej 30:9,18 · menghampiri budak: Kej 16:3-4

· menjadi isterinya: Kej 30:9,18

· menghampiri budak: Kej 16:3-4

Ref. Silang FULL: Kej 30:6 - memberikan keadilan // anak laki-laki // itu Dan · memberikan keadilan: Mazm 35:24; 43:1 · anak laki-laki: Kej 30:23; Kej 21:2; Rut 4:13; 1Sam 1:20 · itu Dan: Kej 46:23; 49:16-17...

Ref. Silang FULL: Kej 30:7 - pulalah Bilha · pulalah Bilha: Kej 30:3; Kej 30:3

· pulalah Bilha: Kej 30:3; [Lihat FULL. Kej 30:3]

Ref. Silang FULL: Kej 30:8 - akupun menang // itu Naftali · akupun menang: Kej 32:28; Hos 12:4-5 · itu Naftali: Kej 35:25; 46:24; 49:21; Bil 1:42; 26:48; Ul 33:23; Hak 4:6; 5:18; 1Taw 7:13

Ref. Silang FULL: Kej 30:9 - dilihat Lea // melahirkan lagi // diambilnyalah Zilpa // menjadi isterinya · dilihat Lea: Kej 29:16; Kej 29:16 · melahirkan lagi: Kej 29:35 · diambilnyalah Zilpa: Kej 29:24 · menjadi isterinya: Kej...

· dilihat Lea: Kej 29:16; [Lihat FULL. Kej 29:16]

· melahirkan lagi: Kej 29:35

· diambilnyalah Zilpa: Kej 29:24

· menjadi isterinya: Kej 30:4; [Lihat FULL. Kej 30:4]

Ref. Silang FULL: Kej 30:10 - Dan Zilpa · Dan Zilpa: Kej 46:18

· Dan Zilpa: Kej 46:18

Ref. Silang FULL: Kej 30:11 - itu Gad · itu Gad: Kej 35:26; 46:16; 49:19; Kel 1:4; Bil 1:24; 26:18; Yos 4:12; 1Taw 5:11; 12:8; Yer 49:1

Ref. Silang FULL: Kej 30:13 - menyebutkan aku // berbahagia // itu Asyer · menyebutkan aku: Mazm 127:3 · berbahagia: Rut 4:14; Mazm 127:4-5; Luk 1:48 · itu Asyer: Kej 35:26; 46:17; 49:20; Bil 1:40; 26:4...

Ref. Silang FULL: Kej 30:14 - pada musim // buah dudaim · pada musim: Kel 34:22; Hak 15:1; Rut 2:23; 1Sam 6:13; 12:17 · buah dudaim: Kej 30:15,16; Kid 7:13

· pada musim: Kel 34:22; Hak 15:1; Rut 2:23; 1Sam 6:13; 12:17

· buah dudaim: Kej 30:15,16; Kid 7:13

Ref. Silang FULL: Kej 30:15 - belum cukup // buah dudaim · belum cukup: Bil 16:9,13; Yes 7:13; Yeh 34:18 · buah dudaim: Kej 38:16; Yeh 16:33; Hos 9:1

· belum cukup: Bil 16:9,13; Yes 7:13; Yeh 34:18

· buah dudaim: Kej 38:16; Yeh 16:33; Hos 9:1

Ref. Silang FULL: Kej 30:16 - buah dudaim · buah dudaim: Kej 30:14; Kej 30:14

· buah dudaim: Kej 30:14; [Lihat FULL. Kej 30:14]

Ref. Silang FULL: Kej 30:17 - permohonan Lea · permohonan Lea: Kej 25:21; Kej 25:21

· permohonan Lea: Kej 25:21; [Lihat FULL. Kej 25:21]

Ref. Silang FULL: Kej 30:18 - kepada suamiku // itu Isakhar · kepada suamiku: Kej 30:4; Kej 30:4 · itu Isakhar: Kej 46:13; 49:14; Bil 1:8,28,29; 26:25; Ul 27:12; 33:18; Yos 17:10; 19:17; 21:6,28; ...

Ref. Silang FULL: Kej 30:20 - tinggal bersama-sama // itu Zebulon · tinggal bersama-sama: Kej 29:34; Kej 29:34; 1Pet 3:7 · itu Zebulon: Kej 35:23; 46:14; 49:13; Bil 1:30; 26:27; 34:25; Ul 33:18; Hak 5:1...

· tinggal bersama-sama: Kej 29:34; [Lihat FULL. Kej 29:34]; 1Pet 3:7

· itu Zebulon: Kej 35:23; 46:14; 49:13; Bil 1:30; 26:27; 34:25; Ul 33:18; Hak 5:18

Ref. Silang FULL: Kej 30:21 - itu Dina · itu Dina: Kej 34:1; 46:15

· itu Dina: Kej 34:1; 46:15

Ref. Silang FULL: Kej 30:22 - akan Rahel // mendengarkan permohonannya // membuka kandungannya · akan Rahel: Kej 8:1; Kej 8:1 · mendengarkan permohonannya: Kej 25:21; Kej 25:21 · membuka kandungannya: Kej 11:30; Kej 11:30

· akan Rahel: Kej 8:1; [Lihat FULL. Kej 8:1]

· mendengarkan permohonannya: Kej 25:21; [Lihat FULL. Kej 25:21]

· membuka kandungannya: Kej 11:30; [Lihat FULL. Kej 11:30]

Ref. Silang FULL: Kej 30:23 - anak laki-laki // menghapuskan aibku · anak laki-laki: Kej 30:6; Kej 30:6; Kej 29:32; Kej 29:32 · menghapuskan aibku: Yes 4:1; 25:8; 45:17; 54:4; Luk 1:25

· anak laki-laki: Kej 30:6; [Lihat FULL. Kej 30:6]; Kej 29:32; [Lihat FULL. Kej 29:32]

· menghapuskan aibku: Yes 4:1; 25:8; 45:17; 54:4; Luk 1:25

Ref. Silang FULL: Kej 30:24 - itu Yusuf // anak laki-laki · itu Yusuf: Kej 29:6; Kej 29:6; Kej 32:22; 33:2,7; 35:24; 37:2; 39:1; 49:22-26; Ul 33:13 · anak laki-laki: Kej 35:17; 1Sam 4:20

Ref. Silang FULL: Kej 30:25 - aku pergi // ke negeriku · aku pergi: Kej 24:54; Kej 24:54 · ke negeriku: Kej 28:15; Kej 28:15

· aku pergi: Kej 24:54; [Lihat FULL. Kej 24:54]

· ke negeriku: Kej 28:15; [Lihat FULL. Kej 28:15]

Ref. Silang FULL: Kej 30:26 - bekerja padamu · bekerja padamu: Kej 29:18; Kej 29:18

· bekerja padamu: Kej 29:18; [Lihat FULL. Kej 29:18]

Ref. Silang FULL: Kej 30:27 - mendapat kasihmu // Telah nyata // karena engkau · mendapat kasihmu: Kej 33:10; 50:4; Est 2:15 · Telah nyata: Kej 44:5,15; Im 19:26; Bil 22:7; 23:23; 24:1; Yos 13:22; 2Raj 17:17; Yer 27...

Ref. Silang FULL: Kej 30:28 - Tentukanlah upahmu · Tentukanlah upahmu: Kej 29:15; Kej 29:15

· Tentukanlah upahmu: Kej 29:15; [Lihat FULL. Kej 29:15]

Ref. Silang FULL: Kej 30:29 - bekerja padamu // dalam penjagaanku · bekerja padamu: Kej 31:6 · dalam penjagaanku: Kej 31:38-40

· bekerja padamu: Kej 31:6

· dalam penjagaanku: Kej 31:38-40

Ref. Silang FULL: Kej 30:30 - di sini // tanggaku sendiri · di sini: Kej 30:27; Kej 30:27 · tanggaku sendiri: 1Tim 5:8

· di sini: Kej 30:27; [Lihat FULL. Kej 30:27]

· tanggaku sendiri: 1Tim 5:8

Ref. Silang FULL: Kej 30:32 - segala kambing // itulah upahku · segala kambing: Kej 30:33,35,39,40; Kej 31:8,12 · itulah upahku: Kej 29:15; Kej 29:15

· segala kambing: Kej 30:33,35,39,40; Kej 31:8,12

· itulah upahku: Kej 29:15; [Lihat FULL. Kej 29:15]

Ref. Silang FULL: Kej 30:33 - tidak hitam // itu tercuri · tidak hitam: Kej 30:32; Kej 30:32 · itu tercuri: Kej 31:39

· tidak hitam: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

· itu tercuri: Kej 31:39

Ref. Silang FULL: Kej 30:35 - yang hitam // kepada anak-anaknya · yang hitam: Kej 30:32; Kej 30:32 · kepada anak-anaknya: Kej 31:1

· yang hitam: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

· kepada anak-anaknya: Kej 31:1

Ref. Silang FULL: Kej 30:36 - hari perjalanan · hari perjalanan: Kej 31:22; Kel 3:18; 5:3; 8:27

· hari perjalanan: Kej 31:22; Kel 3:18; 5:3; 8:27

Ref. Silang FULL: Kej 30:37 - pohon badam // pohon berangan // yang putihnya · pohon badam: Yer 1:11 · pohon berangan: Yeh 31:8 · yang putihnya: Kej 30:38,41

· pohon badam: Yer 1:11

· pohon berangan: Yeh 31:8

· yang putihnya: Kej 30:38,41

Ref. Silang FULL: Kej 30:38 - meletakkan dahan-dahan // dalam palungan // suka berkelamin · meletakkan dahan-dahan: Kej 30:37; Kej 30:37 · dalam palungan: Kel 2:16 · suka berkelamin: Kej 30:41; Yer 2:24

· meletakkan dahan-dahan: Kej 30:37; [Lihat FULL. Kej 30:37]

· dalam palungan: Kel 2:16

· suka berkelamin: Kej 30:41; Yer 2:24

Ref. Silang FULL: Kej 30:39 - dekat dahan-dahan // bercoreng-coreng, berbintik-bintik · dekat dahan-dahan: Kej 30:41 · bercoreng-coreng, berbintik-bintik: Kej 30:32; Kej 30:32

· dekat dahan-dahan: Kej 30:41

· bercoreng-coreng, berbintik-bintik: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

Ref. Silang FULL: Kej 30:40 - yang hitam · yang hitam: Kej 30:32; Kej 30:32

· yang hitam: Kej 30:32; [Lihat FULL. Kej 30:32]

Ref. Silang FULL: Kej 30:41 - apabila berkelamin // dekat dahan-dahan · apabila berkelamin: Kej 30:38; Kej 30:38 · dekat dahan-dahan: Kej 30:37; Kej 30:37

· apabila berkelamin: Kej 30:38; [Lihat FULL. Kej 30:38]

· dekat dahan-dahan: Kej 30:37; [Lihat FULL. Kej 30:37]

Ref. Silang FULL: Kej 30:42 - untuk Yakub · untuk Yakub: Kej 31:1,9,16,43

· untuk Yakub: Kej 31:1,9,16,43

Ref. Silang FULL: Kej 30:43 - dan keledai · dan keledai: Kej 12:16; Kej 12:16

· dan keledai: Kej 12:16; [Lihat FULL. Kej 12:16]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Kej 30:1-13 - cemburu // Zilpa 30:1-13. Rahel juga menderita sebab kemandulannya tidak kunjung sembuh sehingga ia tidak bisa melahirkan anak untuk Yakub. Kata Ibrani qãn&egra...

30:1-13. Rahel juga menderita sebab kemandulannya tidak kunjung sembuh sehingga ia tidak bisa melahirkan anak untuk Yakub. Kata Ibrani qãnè, cemburu mengandung arti perasaan orang yang sudah kehilangan kesabarannya. Kecemburuan, ketidakpuasan, dan suka marah tampak pada suara, bahasa dan ekspresi wajahnya. Lea, Rahel dan Yakub semuanya tidak berbahagia. Kesulitan dan sakit hati dalam rumah tangga mereka menimbulkan kata-kata dan tindakan yang benar-benar tidak layak, tidak perlu dan tidak sepatutnya. Usaha manusia untuk mengatasi keadaan ternyata tidak memuaskan. Pemberian Bilha dan Zilpa sebagai gundik untuk membantu membangun keluarga itu ternyata hanya menambah perasaan terluka. Memang beberapa anak laki-laki dilahirkan, tetapi hati masih tetap tidak cocok dan tidak bahagia. Di samping enam putra dan satu putri (setidak-tidaknya) dari Lea, Bitha melahirkan dua anak laki-laki dan Zilpa juga melahirkan dua anak laki-laki.

Wycliffe: Kej 30:14-24 - buah dudaim // ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki ... ia menamai anak itu Yusuf // aib 14-24. Rahel kemudian berusaha untuk hamil dengan makan buah dudaim. Buah ini secara populer dikenal dengan nama apel cinta. Ryle mengatakan, "Buah du...

14-24. Rahel kemudian berusaha untuk hamil dengan makan buah dudaim. Buah ini secara populer dikenal dengan nama apel cinta. Ryle mengatakan, "Buah dudaim merupakan sebuah tanaman berbentuk lonjong seperti pipa dengan buah kuning yang seperti buah kurma. Buah ini dianggap dapat menjadi obat perangsang. Buah ini matang pada bulan Mei, sehingga cocok dengan saat menuai gandum (ay. 14)" (Cambridge Bible, in. loco). Rahel tetap mandul sekalipun memakan buah takhyul itu. Situasi itu ada di dalam kendali Tuhan, dan Dia tidak akan menghormati usaha manusia untuk mengubahnya. Akhirnya, ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. Maka mengandunglah Rahel dan melahirkan seorang anak laki-laki ... ia menamai anak itu Yusuf (ay. 22-24). Pada waktunya sendiri Yehovah memberikan jawaban-Nya. Dia mengangkat aib Rahel dan memenuhinya dengan sukacita dan pujian.

Wycliffe: Kej 30:25-30 - Berkatalah Yakub kepada Laban, "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ... ke negeriku 25-30. Berkatalah Yakub kepada Laban, "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ... ke negeriku. Ketika Yusuf lahir, Yakub telah melunasi seluruh hutan...

25-30. Berkatalah Yakub kepada Laban, "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ... ke negeriku. Ketika Yusuf lahir, Yakub telah melunasi seluruh hutangnya kepada Laban sehingga dia siap untuk pulang ke Kanaan. Seandainya dia pulang ketika itu, dia pasti hanya bisa membawa keluarganya saja sebab dia tidak memiliki apa-apa. Dia meminta kepada pamannya untuk mengizinkannya pulang. Laban mengatakan bahwa dia telah menerima suatu petunjuk (telah nyata kepadaku), melalui wangsit dari dewa-dewa keluarganya bahwa dia harus tetap mempertahankan Yakub untuk menjamin keberhasilan dan kekayaan.

Wycliffe: Kej 30:31-36 - -- 31-36. Dia menawarkan kepada Yakub untuk menyebutkan upah yang diminta. Dapat dibayangkan bahwa Laban terkejut ketika keponakannya mengajukan sebuah t...

31-36. Dia menawarkan kepada Yakub untuk menyebutkan upah yang diminta. Dapat dibayangkan bahwa Laban terkejut ketika keponakannya mengajukan sebuah tawaran yang tampaknya sangat menguntungkan Laban. Di Siria domba berwarna putih dan kambing berwarna hitam, dengan sedikit sekali perkecualian. Yakub meminta untuk segera mulai bekerja dengan menerima sebagai miliknya domba-domba yang tidak putih dan kambing-kambing yang tidak hitam, dan menyerahkan sisanya kepada Laban. Dengan demikian keduanya mempunyai harta masing-masing. Laban langsung menerima tawaran tersebut.

Pada hari itu juga dia memindahkan ke tempat yang jauh semua domba dan kambing yang warnanya tidak biasa supaya Yakub tidak punya apa-apa untuk memulai. Hewan-hewan yang diamankan tersebut ditempatkan di bawah pengawasan putra-putranya. Tindakan itu merupakan suatu penipuan yang rendah. Laban yakin bahwa dengan demikian dia telah berhasil membuat Yakub tidak mungkin menang, karena semua modal Yakub sudah dibawa pergi sebelum lomba itu dimulai.

Wycliffe: Kej 30:37-42 - -- 37-42. Tetapi Yakub tidak bisa dikalahkan dengan semudah itu. Dia membuat tiga buah alat untuk mengalahkan pamannya. Dia menaruh beberapa dahan pohon ...

37-42. Tetapi Yakub tidak bisa dikalahkan dengan semudah itu. Dia membuat tiga buah alat untuk mengalahkan pamannya. Dia menaruh beberapa dahan pohon yang sudah dikupasnya menjadi belang-belang di dalam tempat minum sehingga letaknya tepat di depan kambing domba itu supaya warna anak hewan-hewan itu akan mengalami pengaruh sebelum lahir. Yang dilakukan Yakub tersebut, menurut Delitzsch (New Commentary on Genesis, in. loco) merupakan kenyataan yang sudah terbukti. Yakub juga memisahkan anak-anak domba yang bernoda dan bergaris dari kawanannya, lalu menaruh mereka dalam jarak yang dapat dilihat oleh yang betina sehingga terpengaruh. Cara yang ketiga ialah memanfaatkan pengaruh tersebut terhadap domba-domba betina yang kuat sehingga yang nanti dilahirkan merupakan hewan-hewan kuat pula. Yakub cukup cerdik untuk memanfaatkan cara mempengaruhi anak domba sebelum lahir sehingga menguntungkan dirinya.

Wycliffe: Kej 30:43 - -- 43. Hasil dari pemakaian akal ini telah membuat Yakub sangat kaya dengan domba dan kambing dalam waktu hanya beberapa tahun. Sekalipun dia memakai ota...

43. Hasil dari pemakaian akal ini telah membuat Yakub sangat kaya dengan domba dan kambing dalam waktu hanya beberapa tahun. Sekalipun dia memakai otaknya dalam melakukan semua itu, dia akan merupakan orang pertama yang akan menyatakan bahwa Tuhanlah yang telah campur tangan memberikan kemenangan itu kepadanya. Yehovah telah memungkinkan sang leluhur kembali ke negeri yang dijanjikan dengan kekayaan, dan menjadi seorang tokoh yang dipakai Allah karena melaksanakan kehendak-Nya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 30:1-13 - Pertumbuhan Keluarga Yakub Dalam pasal ini, kita mendapati kesaksian tentang pertambahan, I. Dari keluarga Yakub. Delapan anak lagi kita dapati didaftarkan dalam pasa...

Matthew Henry: Kej 30:14-24 - Pertumbuhan Keluarga Yakub Pertumbuhan Keluarga Yakub (Kejadian 30:14-24) Di sini kita mendapati, I. Lea menjadi subur kembali, setelah ia selama beberapa waktu tidak ...

Matthew Henry: Kej 30:25-36 - Tawaran Yakub dengan Laban Tawaran Yakub dengan Laban (Kejadian 30:25-36) Di sini kita mendapati, I. Kerinduan Yakub akan rumahnya. Ia dengan setia sudah menghabiskan ...

Matthew Henry: Kej 30:37-43 - Akal Yakub yang Cerdik Akal Yakub yang Cerdik (Kejadian 30:37-43) Inilah cara Yakub yang jujur untuk membuat tawarannya menguntungkan bagi dirinya sendiri melebihi apa ya...

Utley: Kej 30:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:1-81 Ketika dilihat Rahel, bahwa ia tidak melahirkan anak bagi Yakub, cemburulah ia kepada kakaknya itu, lalu berkata ke...

Utley: Kej 30:9-13 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:9-139 Ketika dilihat Lea, bahwa ia tidak melahirkan lagi, diambilnyalah Zilpa, budaknya perempuan, dan diberikannya kepa...

Utley: Kej 30:14-21 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:14-2114 Ketika Ruben pada musim menuai gandum pergi berjalan-jalan, didapatinyalah di padang buah dudaim, lalu dibawanya...

Utley: Kej 30:22-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:22-2422 Lalu ingatlah Allah akan Rahel; Allah mendengarkan permohonannya serta membuka kandungannya. 23 Maka mengandungl...

Utley: Kej 30:25-36 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:25-3625 Setelah Rahel melahirkan Yusuf, berkatalah Yakub kepada Laban: "Izinkanlah aku pergi, supaya aku pulang ke tempa...

Utley: Kej 30:37-43 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 30:37-4337 Lalu Yakub mengambil dahan hijau dari pohon hawar, pohon badam dan pohon berangan, dikupasnyalah dahan-dahan itu...

Topik Teologia: Kej 30:6 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Ibadah Perjanjian Lama Wanita-wanita yang Berdoa dan Dijawab o...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

Wycliffe: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN KEJADIAN Judul. Kata Kejadian merupakan terjemahan dari istilah Inggris Genesis yang diambil dari bahasa Yunani melalui bahasa Latin. Di ...

Wycliffe: Kejadian (Garis Besar) GARIS BESAR KEJADIAN I. Aneka Permulaan Pertama (1:1-11:32) A. Penciptaan (1:1-2:25) B. Pencobaan dan Kejatuhan (3:1-24) ...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.82 detik
dipersembahkan oleh YLSA