kecilkan semua  

Teks -- Kejadian 25:1-34 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keturunan Abraham dari Ketura
25:1 Abraham mengambil pula seorang isteri, namanya Ketura. 25:2 Perempuan itu melahirkan baginya Zimran, Yoksan, Medan, Midian, Isybak dan Suah. 25:3 Yoksan memperanakkan Syeba dan Dedan. Keturunan Dedan ialah orang Asyur, orang Letush dan orang Leum. 25:4 Anak-anak Midian ialah Efa, Efer, Henokh, Abida dan Eldaa. Itulah semuanya keturunan Ketura. 25:5 Abraham memberikan segala harta miliknya kepada Ishak, 25:6 tetapi kepada anak-anaknya yang diperolehnya dari gundik-gundiknya ia memberikan pemberian; kemudian ia menyuruh mereka -- masih pada waktu ia hidup -- meninggalkan Ishak, anaknya, dan pergi ke sebelah timur, ke Tanah Timur.
Abraham meninggal dan dikuburkan
25:7 Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, 25:8 lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutnya, tua dan suntuk umur, maka ia dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. 25:9 Dan anak-anaknya, Ishak dan Ismael, menguburkan dia dalam gua Makhpela, di padang Efron bin Zohar, orang Het itu, padang yang letaknya di sebelah timur Mamre, 25:10 yang telah dibeli Abraham dari bani Het; di sanalah terkubur Abraham dan Sara isterinya. 25:11 Setelah Abraham mati, Allah memberkati Ishak, anaknya itu; dan Ishak diam dekat sumur Lahai-Roi.
Keturunan Ismael
25:12 Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu. 25:13 Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam, 25:14 Misyma, Duma, Masa, 25:15 Hadad, Tema, Yetur, Nafish dan Kedma. 25:16 Itulah anak-anak Ismael, dan itulah nama-nama mereka, menurut kampung mereka dan menurut perkemahan mereka, dua belas orang raja, masing-masing dengan sukunya. 25:17 Umur Ismael ialah seratus tiga puluh tujuh tahun. Sesudah itu ia meninggal. Ia mati dan dikumpulkan kepada kaum leluhurnya. 25:18 Mereka itu mendiami daerah dari Hawila sampai Syur, yang letaknya di sebelah timur Mesir ke arah Asyur. Mereka menetap berhadapan dengan semua saudara mereka.
Esau dan Yakub
25:19 Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak. 25:20 Dan Ishak berumur empat puluh tahun, ketika Ribka, anak Betuel, orang Aram dari Padan-Aram, saudara perempuan Laban orang Aram itu, diambilnya menjadi isterinya. 25:21 Berdoalah Ishak kepada TUHAN untuk isterinya, sebab isterinya itu mandul; TUHAN mengabulkan doanya, sehingga Ribka, isterinya itu, mengandung. 25:22 Tetapi anak-anaknya bertolak-tolakan di dalam rahimnya dan ia berkata: "Jika demikian halnya, mengapa aku hidup?" Dan ia pergi meminta petunjuk kepada TUHAN. 25:23 Firman TUHAN kepadanya: "Dua bangsa ada dalam kandunganmu, dan dua suku bangsa akan berpencar dari dalam rahimmu; suku bangsa yang satu akan lebih kuat dari yang lain, dan anak yang tua akan menjadi hamba kepada anak yang muda." 25:24 Setelah genap harinya untuk bersalin, memang anak kembar yang di dalam kandungannya. 25:25 Keluarlah yang pertama, warnanya merah, seluruh tubuhnya seperti jubah berbulu; sebab itu ia dinamai Esau. 25:26 Sesudah itu keluarlah adiknya; tangannya memegang tumit Esau, sebab itu ia dinamai Yakub. Ishak berumur enam puluh tahun pada waktu mereka lahir. 25:27 Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di padang, tetapi Yakub adalah seorang yang tenang, yang suka tinggal di kemah. 25:28 Ishak sayang kepada Esau, sebab ia suka makan daging buruan, tetapi Ribka kasih kepada Yakub. 25:29 Pada suatu kali Yakub sedang memasak sesuatu, lalu datanglah Esau dengan lelah dari padang. 25:30 Kata Esau kepada Yakub: "Berikanlah kiranya aku menghirup sedikit dari yang merah-merah itu, karena aku lelah." Itulah sebabnya namanya disebutkan Edom. 25:31 Tetapi kata Yakub: "Juallah dahulu kepadaku hak kesulunganmu." 25:32 Sahut Esau: "Sebentar lagi aku akan mati; apakah gunanya bagiku hak kesulungan itu?" 25:33 Kata Yakub: "Bersumpahlah dahulu kepadaku." Maka bersumpahlah ia kepada Yakub dan dijualnyalah hak kesulungannya kepadanya. 25:34 Lalu Yakub memberikan roti dan masakan kacang merah itu kepada Esau; ia makan dan minum, lalu berdiri dan pergi. Demikianlah Esau memandang ringan hak kesulungan itu.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abida the son of Midian son of Abraham and Keturah
 · Abraham a son of Terah; the father of Isaac; ancestor of the Jewish nation.,the son of Terah of Shem
 · Adbeel the son of Ishmael son of Abraham and Hagar
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Asyur a member of the nation of Assyria
 · bani Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Betuel son of Milcah and Nahor, the brother of Abraham; Bethuel was the father of Rebecca,a town; early home of the descendants of Shime-i of Simeon
 · Dedan an island off the southwest coast of Asia Minor in the Mediterranean Sea,an island on the south coast of Turkey, 170 km NE of Crete
 · Duma son of Ishmael son of Abraham and Hagar,a town in the hill country of Judah,the country of Edom SW of the Dead Sea
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Efa concubine of Caleb, son of Hezron of Judah,son of Jahdai of Judah,son of Midian son of Abraham and Keturah,a people descended from Ephah, & Midian of Abraham and Keturah
 · Efer son of Midian son of Abraham and Keturah,son of Ezrah a descendant of Judah,head of a clan in eastern Manasseh in the time of Jotham
 · Efron son of Zohar the Hittite who sold a cave to Abraham,a mountain on the border of Judah and Benjamin (OS),a town on the south. border of Benjamin and about 5 km NE of Jerusalem
 · Eldaa son of Midian son of Abraham and Keturah
 · Esau a son of Isaac and Rebekah,son of Isaac & Rebekah; Jacob's elder twin brother,a people (and nation) descended from Esau, Jacob's brother
 · Hadad eighth and last king of Edom
 · Hadar eighth and last king of Edom
 · Hagar wife of Abraham used figuratively of her son Ishmael and his descendants,Sarah's Egyptian maid
 · Hanokh son of Midian son of Abraham and Keturah,son of Reuben son of Israel
 · Hawila son of Cush son of Ham son of Noah,son of Joktan of Shem,a region encircled by the Pishon River,a place whose exact position is unknown
 · Hefer the head of a clan of Gileadites; the father of Zelophehad; the son of Gilead,son of Ashhur and his wife Naarah in Moses time,a Mecherathite man who was one of David's military elite,a town of Manasseh 25 km north of Aphek & 25 km south of Dor
 · Henokh son of Midian son of Abraham and Keturah,son of Reuben son of Israel
 · Het a person/people living in the land of Syro-Palestine
 · Ismael son of Abraham and Hagar,father of Zebadiah, governor of Judah under Jehoshaphat,son of Azel of Benjamin,son of Jehohanan,a priest of the Pashur clan who put away his heathen wife,son of Nethaniah; a militia leader who assasinated Gedaliah
 · Isybak son of Abraham and Keturah
 · Kedar son of Ishmael son of Abraham and Hagar,a people descended from Ishmael's son Kedar
 · Kedma son of Ishmael son of Abraham and Hagar
 · Ketura Abraham's second wife
 · Laban son of Bethuel; brother of Rebecca; father of Leah and Rachel; uncle and father-in-law of Jacob,a town in Moab
 · Mamre a place where Abraham camped, probably a few km north of Hebron,an Amorite chief who was Abraham's ally, with Eshcol and Aner
 · Masa an encampment


Topik/Tema Kamus: Yakub | Ribka | Esau | Ismael | Abraham | Esau /Edom | Ishak | Isak | Midian | Lahap | Orang Ismael | Arab | Anak | Anak Sulung | Aram | Orang Midian | Hagar | Ahliwaris | Warna | Makhpela | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Kej 25:5 - ABRAHAM MEMBERIKAN SEGALA HARTA MILIKNYA KEPADA ISHAK. Nas : Kej 25:5 Tindakan Abraham yang terakhir adalah memastikan bahwa janji perjanjian Allah akan disampaikan kepada Ishak. Perhatian dan tindakann...

Nas : Kej 25:5

Tindakan Abraham yang terakhir adalah memastikan bahwa janji perjanjian Allah akan disampaikan kepada Ishak. Perhatian dan tindakannya menjadi teladan bagi semua kepala keluarga dan pemimpin gereja, yang harus mengarahkan seluruh kemampuan mereka untuk memastikan bahwa seluruh realitas persekutuan orang percaya dengan Allah di dalam kebenaran, kemurnian, kuasa, dan berkat disalurkan kepada angkatan berikutnya. Membiarkan umat Allah secara perlahan hanyut ke dalam keduniawian dan makin menjauh dari jalan Allah merupakan puncak kegagalan kepemimpinan rohani (lih. Ef 4:11-13;

lihat art. KARUNIA-KARUNIA PELAYANAN GEREJA)

Full Life: Kej 25:6 - PEMBERIAN. Nas : Kej 25:6 Mungkin sekali pemberian ini merupakan warisan yang memadai bagi setiap anak untuk memulai kawanan ternaknya sendiri.

Nas : Kej 25:6

Mungkin sekali pemberian ini merupakan warisan yang memadai bagi setiap anak untuk memulai kawanan ternaknya sendiri.

Full Life: Kej 25:6 - GUNDIK-GUNDIK. Nas : Kej 25:6 Lihat cat. --> Kej 29:28. [atau ref. Kej 29:28]

Nas : Kej 25:6

Lihat cat. --> Kej 29:28.

[atau ref. Kej 29:28]

Full Life: Kej 25:8 - IA DIKUMPULKAN KEPADA KAUM LELUHURNYA. Nas : Kej 25:8 Ungkapan PL ini bukan saja berarti sekedar penguburan; ungkapan ini menunjuk kepada hidup bersama dengan sanak keluarga setelah kema...

Nas : Kej 25:8

Ungkapan PL ini bukan saja berarti sekedar penguburan; ungkapan ini menunjuk kepada hidup bersama dengan sanak keluarga setelah kematian (bd. Kej 15:15; 47:30; 2Sam 12:23; Mat 22:31-32; Ibr 11:13-16).

Full Life: Kej 25:17 - ISMAEL ... DIKUMPULKAN KEPADA KAUM LELUHURNYA. Nas : Kej 25:17 Pernyataan ini memberikan gagasan bahwa Ismael percaya kepada Allah dan menerima warisan rohani dari ayahnya dan semua orang yang m...

Nas : Kej 25:17

Pernyataan ini memberikan gagasan bahwa Ismael percaya kepada Allah dan menerima warisan rohani dari ayahnya dan semua orang yang mati di dalam iman

(lihat cat. --> Kej 25:8 sebelumnya).

[atau ref. Kej 25:8]

Full Life: Kej 25:21 - BERDOALAH ISHAK KEPADA TUHAN. Nas : Kej 25:21 Ribka, seperti halnya Sara, mandul selama bertahun-tahun, dan Ishak perlu meminta dari Tuhan anak perjanjian berikutnya yang keturu...

Nas : Kej 25:21

Ribka, seperti halnya Sara, mandul selama bertahun-tahun, dan Ishak perlu meminta dari Tuhan anak perjanjian berikutnya yang keturunannya akhirnya akan melahirkan Sang Penebus. Dengan cara ini Allah menekankan prinsip rohani bahwa penebusan, warisan rohani, dan penggenapan perjanjian tidak tercapai melalui cara-cara alami, tetapi melalui kasih karunia dan tindakan Allah sebagai tanggapan terhadap doa dan pencarian Allah. Dengan kata lain, doa merupakan sarana yang dengannya Allah berkenan menyalurkan janji-janji dan berkat-berkat-Nya.

Full Life: Kej 25:23 - DUA BANGSA. Nas : Kej 25:23 Kedua bangsa itu adalah bangsa Israel (keturunan Yakub) dan bangsa Edom (keturunan Esau). Permusuhan dan pertikaian berkepanjangan ...

Nas : Kej 25:23

Kedua bangsa itu adalah bangsa Israel (keturunan Yakub) dan bangsa Edom (keturunan Esau). Permusuhan dan pertikaian berkepanjangan merupakan ciri khas hubungan kedua bangsa ini (mis. Bil 20:14-21; 2Sam 8:14; Mazm 137:7).

Full Life: Kej 25:23 - ANAK YANG TUA AKAN MENJADI HAMBA KEPADA ANAK YANG MUDA. Nas : Kej 25:23 Biasanya yang muda harus tunduk kepada yang lebih tua. Akan tetapi, dalam kasus ini, Allah membalikkan pola ini. Hal ini menggambar...

Nas : Kej 25:23

Biasanya yang muda harus tunduk kepada yang lebih tua. Akan tetapi, dalam kasus ini, Allah membalikkan pola ini. Hal ini menggambarkan prinsip bahwa kedudukan seseorang dalam rancangan penebusan Allah tidak ditentukan oleh perkembangan alami tetapi oleh kasih karunia dan kehendak Allah (bd. Kej 48:13 dst.; 1Sam 16:1; Rom 9:11-12).

Full Life: Kej 25:26 - ISHAK BERUMUR ENAM PULUH TAHUN. Nas : Kej 25:26 Karena Ribka mandul, pasangan ini harus menantikan kedatangan anak yang dijanjikan selama 20 tahun (ayat Kej 25:20). Penggenapan ma...

Nas : Kej 25:26

Karena Ribka mandul, pasangan ini harus menantikan kedatangan anak yang dijanjikan selama 20 tahun (ayat Kej 25:20). Penggenapan maksud-maksud Allah dalam kehidupan mereka tiba melalui doa dan ketekunan iman

(lihat cat. --> Kej 25:21).

[atau ref. Kej 25:21]

Full Life: Kej 25:31 - HAK KESULUNGAN. Nas : Kej 25:31 Hak kesulungan (yaitu, hak yang dimiliki oleh anak sulung) terdiri atas: (1) kepemimpinan dalam ibadah dan keluarga; (2) ...

Nas : Kej 25:31

Hak kesulungan (yaitu, hak yang dimiliki oleh anak sulung) terdiri atas:

  1. (1) kepemimpinan dalam ibadah dan keluarga;
  2. (2) bagian ganda dalam harta warisan (setidak-tidaknya di kemudian hari, bd. Ul 21:17); dan
  3. (3) hak memperoleh berkat perjanjian yang dijanjikan Allah kepada Abraham. Dengan menjual hak kesulungannya Esau menunjukkan bahwa dia memandang rendah berkat-berkat Allah dan janji-janji dari perjanjian. Ia bodoh ketika memilih kesenangan-kesenangan sesaat sebagai pengganti berkat-berkat jangka panjang. Jadi, ia "memandang ringan hak kesulungan" (ayat Kej 25:34; bd. Ibr 12:16). Yakub, pada pihak lain, menginginkan berkat-berkat rohani masa depan, dan dari dialah lahir kedua belas suku Israel.

BIS: Kej 25:25 - Esau Esau: Nama ini diduga berhubungan dengan Seir, yaitu daerah yang di kemudian hari didiami oleh keturunan Esau; Seir bunyinya seperti kata Ibrani yang ...

Esau: Nama ini diduga berhubungan dengan Seir, yaitu daerah yang di kemudian hari didiami oleh keturunan Esau; Seir bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "berbulu".

BIS: Kej 25:26 - Yakub Yakub: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "tumit".

Yakub: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "tumit".

BIS: Kej 25:30 - Edom Edom: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "merah".

Edom: Nama ini bunyinya seperti kata Ibrani yang berarti "merah".

Jerusalem: Kej 25:1-6 - -- Ayat-ayat ini dan juga Kej 25:7-11,12-18 merupakan tambahan pada riwayat Abraham. Kej 25:1-6,11,18 berasal dari tradisi Yahwista, yang lain-lain beras...

Ayat-ayat ini dan juga Kej 25:7-11,12-18 merupakan tambahan pada riwayat Abraham. Kej 25:1-6,11,18 berasal dari tradisi Yahwista, yang lain-lain berasal dari tradisi Para Imam. Keturunan Abraham melalui Ketura ialah bangsa-bangsa di Arabia a.l. bangsa Midian (Madian), bdk Kej 2:15, orang Syeba, bdk 1Ra 10:1-10, dan orang Dedan, bdk Yes 21:13.

Jerusalem: Kej 25:12-18 - -- Suku-suku di bagian utara Arabia dianggap keturunan Ismael.

Suku-suku di bagian utara Arabia dianggap keturunan Ismael.

Jerusalem: Kej 25:19-28 - -- Kisah ini berasal dari tradisi Yahwista, kecuali rangkanya yang menyebut umur orang yang bersangkutan, Kej 25:19-20,26. Rangka ini berasal dari tradis...

Kisah ini berasal dari tradisi Yahwista, kecuali rangkanya yang menyebut umur orang yang bersangkutan, Kej 25:19-20,26. Rangka ini berasal dari tradisi Para Imam.

Jerusalem: Kej 25:22 - mengapa aku hidup Ini ditambah menurut terjemahan Siria

Ini ditambah menurut terjemahan Siria

Jerusalem: Kej 25:22 - meminta petunjuk Mengenai caranya orang meminta petunjuk kepada Tuhan bdk Kej 33:7+; 1Sa 14:41+. Yang dimaksudkan di sini ialah: berziarah ke tempat suci di mana Tuhan...

Mengenai caranya orang meminta petunjuk kepada Tuhan bdk Kej 33:7+; 1Sa 14:41+. Yang dimaksudkan di sini ialah: berziarah ke tempat suci di mana Tuhan menyatakan diri.

Jerusalem: Kej 25:23 - anak yang muda Bdk catatan pada Kej 4:5. Bertolak-tolakannya anak-anak itu dalam rahim ibu meramalkan permusuhan kedua bangsa bersaudara nanti, yaitu bangsa Edom, ke...

Bdk catatan pada Kej 4:5. Bertolak-tolakannya anak-anak itu dalam rahim ibu meramalkan permusuhan kedua bangsa bersaudara nanti, yaitu bangsa Edom, keturunan Esau, dan bangsa Israel, keturunan Yakub. Bangsa Edom, Bil 20:22+, ditaklukkan oleh raja Daud, 2Sa 8:13-14, dan baru di masa pemerintahan raja Yoram di Yehuda berhasil memerdekakan dirinya, jadi di pertengahan abad kesembilan seb. Mas, 2Ra 8:20-22.

Jerusalem: Kej 25:26 - Yakub Ada keterangan kerakyatan atas nama Esau yang warnanya merah, Ibraninya: admoni, dan karenanya disebut Edom, Kej 25:25; 36:1-8; ia nampak seperti mant...

Ada keterangan kerakyatan atas nama Esau yang warnanya merah, Ibraninya: admoni, dan karenanya disebut Edom, Kej 25:25; 36:1-8; ia nampak seperti mantol berbulu-bulu Ibraninya: sear, dan bertempat tinggal di Seir, Bil 24:18. Yakub (Ibraninya: Yaakob) disebut demikian karena memegang tumit, Ibraninya akeb, saudara kembarnya; tetapi menurut Kej 27:36 dan Hos 12:4 Yakub disebut demikian karena menipu, Ibraninya: akab, kakaknya. Sebenarnya nama Yakub adalah singkatan dari Yaakob-El, yang agaknya berarti: Semoga Allah (El) melindunginya.

Jerusalem: Kej 25:30 - Edom Keterangan nama yang lain. Oleh karena memakan hidangan yang merah warnanya, Ibraninya: adom, Esau disebut Edom.

Keterangan nama yang lain. Oleh karena memakan hidangan yang merah warnanya, Ibraninya: adom, Esau disebut Edom.

Ende: Kej 25:1 - -- Dalam masjarakat-nomade kuno seringkali terdapat poligami. Makin pesat suatu keluarga atau suku berkembang, makin lekas pula pengaruhnja bertambah. Ti...

Dalam masjarakat-nomade kuno seringkali terdapat poligami. Makin pesat suatu keluarga atau suku berkembang, makin lekas pula pengaruhnja bertambah. Tidak mengherankan, kalau Ibrahim menganggap hal ini sangat biasa.

Beserta makin penuhnja Perwahjuan, Tuhan sedikit demi sedikit membimbing manusia kearah Faham jang mendalam tentang akibat-akibat poligami itu bagi kehidupannja. Maka dari itu dalam Israel kita saksikan adanja tendens kearah monogami sebagai tjita-tjita termulia perkawinan.

Beserta itu naiklah pula kedudukan wanita dalam masjarakat. Djumlah wanita,jang dalam Kitab Sutji memegang peranan penting, ternjata banjak. Terutama pada para nabi perkawinan monogami dipandang sebagai gambaran tjinta-kasih Jahwe terhadap Israel (paling terang pada nabi Hosea).

Tjita-tjita tertjapai dalam Perdjandjian Baru. Disini perkawinan menerima nilai religieus sepenuhnja selaku lambang sakramentil dari persatuan antar Kristen dan Geredja, jang membawa kehidupan sedjati bagi kita sekalian. Demikianlah bagi umat kritiani perkawinan monogam adalah satu-satunja bentuk tjinta-perkawinan, jang sesuai dengan Perdjandjian baru, dan selaras dengan fungsi menjempurnakan manusia dalam perdjalanannja menudju Penebusan sempurna, kearah persatuan abadi dengan Tuhan (lihat Mat 19:3-9; Efe 5:22-33).

Ende: Kej 25:4 - -- Tetangga Israel, bangsa Arab, dianggap keturunan Ibrahim, Disini pengarang berpegangan pada tradisi-tradisi kuno, jang djuga baginja kebenarannja suka...

Tetangga Israel, bangsa Arab, dianggap keturunan Ibrahim, Disini pengarang berpegangan pada tradisi-tradisi kuno, jang djuga baginja kebenarannja sukar diselidiki. Tradisi-tradisi ini digunakan sebagaimana adanja, tetapi mempunjai fungsi djuga tjerita. Maksudnja disini: membentangkan keagungan Ibrahim, jang mendjadi bapa berbagai bangsa-bangsa semit. Israel mempunjai hubungan perdagangan dengan suku-suku Arab, ini berarti pula hubungan persahabatan. Disebutkan setjara chusus hubungan Musa dengan bangsa Midianit (Kel 2:17) dsl.), meskipun bangsa ini kemudian bermusuhan dengan Israel (Hak 6).

Ende: Kej 25:5 - -- Ishak adalah anak tunggal, jang mewaris berkat istimewa dan djandji-djandji Jahwe.

Ishak adalah anak tunggal, jang mewaris berkat istimewa dan djandji-djandji Jahwe.

Ende: Kej 25:8 - Disatukan dengan nenek-mojangnja artinja: dimakamkan dalam makam sanak-keluarga jang telah meninggal (ajat 9)(Kej 25:9). Tetapi Ibrahim sendiri tidak dikebumikan ditempat nenek-mojang...

artinja: dimakamkan dalam makam sanak-keluarga jang telah meninggal (ajat 9)(Kej 25:9). Tetapi Ibrahim sendiri tidak dikebumikan ditempat nenek-mojangnja dikuburkan. Karena itu mungkin djuga kata-kata tersebut diatas disini berarti: ia dipersatukan dengan nenek-mojang dialam achirat.

Ende: Kej 25:13 - -- Bangsa Isjmael terdiri dari suku-suku Arab jang diam disebelah Utara. Bandingkan nama-nama dengan Yes 60:7; 1Ta 5:19. Jetur: penduduk Iturea, jang dju...

Bangsa Isjmael terdiri dari suku-suku Arab jang diam disebelah Utara.

Bandingkan nama-nama dengan Yes 60:7; 1Ta 5:19. Jetur: penduduk Iturea, jang djuga disebutkan dalam Luk 3:1.

Ende: Kej 25:18 - -- Lihat nubuat dalam fasal Kej 16:12.

Lihat nubuat dalam fasal Kej 16:12.

Ende: Kej 25:20 - -- Paddan Aram = daerah Aram di Mesopotamia Utara, diantara sungai-sungai.

Paddan Aram = daerah Aram di Mesopotamia Utara, diantara sungai-sungai.

Ende: Kej 25:22 - -- Dahulu kala, orang memohon nasehat Tuhan ditempat sutji, atau dengan perantaraan orang-orang jang erat berhubungan dengan Tuhan, seperti misalnja para...

Dahulu kala, orang memohon nasehat Tuhan ditempat sutji, atau dengan perantaraan orang-orang jang erat berhubungan dengan Tuhan, seperti misalnja para nabi. Mereka itu sering pula tinggal disekitar tempat sutji.

Ende: Kej 25:23 - -- Keturunan Esau, jaitu bangsa Edomit, dan keturunan Jakub, jaitu bangsa Israel, bermusuhan. Permusuhan ini dianggap berurat-akar pada pertentangan anta...

Keturunan Esau, jaitu bangsa Edomit, dan keturunan Jakub, jaitu bangsa Israel, bermusuhan. Permusuhan ini dianggap berurat-akar pada pertentangan antara kedua Bapa bangsa. Bangsa Edomit ditaklukkan oleh Radja Dawud (2Sa 8:13).

Ende: Kej 25:25 - -- Nama jang diberikan kepada kanak-kanak di Israel kadang-kadang menundjukkan suatu keadaan pada saat lahirnja, atau mengandung harapan bagi hari-kemudi...

Nama jang diberikan kepada kanak-kanak di Israel kadang-kadang menundjukkan suatu keadaan pada saat lahirnja, atau mengandung harapan bagi hari-kemudian, atau pula berisi permohonan kepada Tuhan. Demikian pula pengarang sutji mentjari keterangan nama-nama para Bapa bangsa dalam hubungannja dengan kelahiran dan riwajat hidup mereka selandjutnja. Terutama tradisi Jahwistis dalam hal ini suka menggunakan asosiasi kata-kata (lihat tjatatan pada fasal 2)(Kej 2). Demikian mengenai nama Ishak, Kej 21:6. Disini diterangkan arti nama Esau dan Jakub.

Arti nama Esau tidak pasti. Sebagai bapa bangsa Edomit (lihat ajat 23)(Kej 25:23) Esau djuga disebut Edom (lihat Kej 36:1). Tjerita fasal ini menjinggung nama itu: rambut Esau berwarna kemerah-merahan seperti rambut djagung ('admoni: ada hubungannja dengan Edom).

Ia meminta bubur merah ('adom) untuk memuaskan laparnja (ajat 30)(Kej 25:30).

Selandjutnja kulitnja sedikit seperti mantol berbulu (se'ar). Ini dihubungkan dengan Se'ir, nama kuno wilajah pegunungan Edom (lihat Kej 36:8,9).

Ende: Kej 25:26 - -- Arti asli nama "Jakob" ialah: semoga Tuhan memberi perlindungannja. Disini nama ini dihubungkan dengan 'aqeb = tumit; dalam Kej 27:36 dengan 'aqab = m...

Arti asli nama "Jakob" ialah: semoga Tuhan memberi perlindungannja. Disini nama ini dihubungkan dengan 'aqeb = tumit; dalam Kej 27:36 dengan 'aqab = menipu. Ketjerdikan Jakub dan keunggulannja terhadap Esau ternjata dari tjerita-tjerita berikutnja.

Mungkin maksud ajat ini ialah memberi keterangan, mengapa Jakub memperoleh hak-anak sulung. Boleh dikatakan ia lahir bersama-sama dengan Esau, djadi sedikit-sedikit djuga mempunjai hak itu.

Ende: Kej 25:27 - -- Esau digambarkan sebagai seorang pemburu, jang mengembara kemana-mana, pemuda jang agak kasar. Jakub lebih terikat pada tempat kedudukannja dan keluar...

Esau digambarkan sebagai seorang pemburu, jang mengembara kemana-mana, pemuda jang agak kasar. Jakub lebih terikat pada tempat kedudukannja dan keluarganja, sifatnja tenang. Karena itu Jakub lebih ditjintai oleh ibunja, seperti masih akan ternjata di fas. 27(Kej 27). Barangkali gambaran ini terpengaruh pula oleh tjara hidup bangsa Edom kemudiannja: mereka berburu dan suka merampas, sedangkan bangsa Israel sebagai gembala, tenang-tenang tinggal didalam kemah-kemahnja.

Ende: Kej 25:30 - -- Lihat tjatatan pada ajat 25(Kej 25:25).

Lihat tjatatan pada ajat 25(Kej 25:25).

Ende: Kej 25:31 - -- Anak sulung berhak menerima bagian terbesar dari warisan, dan selain itu di Israel ia mewaris berkat Jahwe jang istimewa (lihat Ula 21:15-17).

Anak sulung berhak menerima bagian terbesar dari warisan, dan selain itu di Israel ia mewaris berkat Jahwe jang istimewa (lihat Ula 21:15-17).

Ende: Kej 25:34 - -- Djuga disini Esau dilukiskan seperti orang jang kasar dan rakus. Ia sangat sedikit menghargai hak-hak istimewa anak sulung. Djadi ia tidak lajak mener...

Djuga disini Esau dilukiskan seperti orang jang kasar dan rakus. Ia sangat sedikit menghargai hak-hak istimewa anak sulung. Djadi ia tidak lajak menerima hak-hak itu. Dengan demikian perbuatan Jakub dibenarkan (lihat Ibr 12:16,17).

Endetn: Kej 25:8 - pandjang umurnja atau "penuh umurnja" menurut naskah-naskah Hibr., Sam., Junani, Syr. Tertulis: "ia amat tua dan penuh".

atau "penuh umurnja" menurut naskah-naskah Hibr., Sam., Junani, Syr. Tertulis: "ia amat tua dan penuh".

Endetn: Kej 25:22 - mengapa ini terdjadi padaku? Syr.: "apa gunanja aku (masih) hidup?".

Syr.: "apa gunanja aku (masih) hidup?".

Ref. Silang FULL: Kej 25:2 - baginya Zimran // Medan, Midian // dan Suah · baginya Zimran: Yer 25:25 · Medan, Midian: Kej 36:35; 37:28,36; Kel 2:15; Bil 22:4; 25:6,18; 31:2; Yos 13:21; Hak 6:1,3; 7:1; 8:1,22,2...

Ref. Silang FULL: Kej 25:3 - memperanakkan Syeba // dan Dedan · memperanakkan Syeba: Kej 10:7; Kej 10:7 · dan Dedan: Kej 10:7; Kej 10:7

· memperanakkan Syeba: Kej 10:7; [Lihat FULL. Kej 10:7]

· dan Dedan: Kej 10:7; [Lihat FULL. Kej 10:7]

Ref. Silang FULL: Kej 25:4 - ialah Efa · ialah Efa: Yes 60:6

· ialah Efa: Yes 60:6

Ref. Silang FULL: Kej 25:5 - kepada Ishak · kepada Ishak: Kej 24:36; Kej 24:36

· kepada Ishak: Kej 24:36; [Lihat FULL. Kej 24:36]

Ref. Silang FULL: Kej 25:6 - dari gundik-gundiknya // meninggalkan Ishak // sebelah timur · dari gundik-gundiknya: Kej 22:24; Kej 22:24 · meninggalkan Ishak: Kej 21:10; Kej 21:10 · sebelah timur: Kej 29:1; Hak 6:3,33; 1...

· dari gundik-gundiknya: Kej 22:24; [Lihat FULL. Kej 22:24]

· meninggalkan Ishak: Kej 21:10; [Lihat FULL. Kej 21:10]

· sebelah timur: Kej 29:1; Hak 6:3,33; 1Raj 4:30; Ayub 1:3; Yeh 25:4

Ref. Silang FULL: Kej 25:7 - mencapai umur · mencapai umur: Kej 25:26; Kej 12:4; 35:28; 47:9,28; 50:22,26; Ayub 42:16

Ref. Silang FULL: Kej 25:8 - suntuk umur // kaum leluhurnya · suntuk umur: Kej 15:15; Kej 15:15 · kaum leluhurnya: Kej 25:17; Kej 35:29; 49:29,33; Bil 20:24; 31:2; Ul 31:14; 32:50; 34:5

· suntuk umur: Kej 15:15; [Lihat FULL. Kej 15:15]

· kaum leluhurnya: Kej 25:17; Kej 35:29; 49:29,33; Bil 20:24; 31:2; Ul 31:14; 32:50; 34:5

Ref. Silang FULL: Kej 25:9 - menguburkan dia // gua Makhpela // padang Efron // orang Het // timur Mamre · menguburkan dia: Kej 35:29; 47:30; 49:31 · gua Makhpela: Kej 23:9; Kej 23:9 · padang Efron: Kej 23:8 · orang Het: Kej 49...

· menguburkan dia: Kej 35:29; 47:30; 49:31

· gua Makhpela: Kej 23:9; [Lihat FULL. Kej 23:9]

· padang Efron: Kej 23:8

· orang Het: Kej 49:29; 50:13

· timur Mamre: Kej 13:18; [Lihat FULL. Kej 13:18]

Ref. Silang FULL: Kej 25:10 - bani Het · bani Het: Kej 10:15; Kej 10:15

· bani Het: Kej 10:15; [Lihat FULL. Kej 10:15]

Ref. Silang FULL: Kej 25:11 - memberkati Ishak // sumur Lahai-Roi · memberkati Ishak: Kej 12:2; Kej 12:2 · sumur Lahai-Roi: Kej 16:14; Kej 16:14

· memberkati Ishak: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]

· sumur Lahai-Roi: Kej 16:14; [Lihat FULL. Kej 16:14]

Ref. Silang FULL: Kej 25:12 - Inilah keturunan // anak Abraham // oleh Hagar · Inilah keturunan: Kej 2:4; Kej 2:4 · anak Abraham: Kej 17:20; Kej 17:20; Kej 21:18 · oleh Hagar: Kej 16:1; Kej 16:1

· Inilah keturunan: Kej 2:4; [Lihat FULL. Kej 2:4]

· anak Abraham: Kej 17:20; [Lihat FULL. Kej 17:20]; Kej 21:18

· oleh Hagar: Kej 16:1; [Lihat FULL. Kej 16:1]

Ref. Silang FULL: Kej 25:13 - lahirnya: Nebayot // selanjutnya Kedar · lahirnya: Nebayot: Kej 28:9; 36:3 · selanjutnya Kedar: Mazm 120:5; Kid 1:5; Yes 21:16; 42:11; 60:7; Yer 2:10; 49:28; Yeh 27:21

· lahirnya: Nebayot: Kej 28:9; 36:3

· selanjutnya Kedar: Mazm 120:5; Kid 1:5; Yes 21:16; 42:11; 60:7; Yer 2:10; 49:28; Yeh 27:21

Ref. Silang FULL: Kej 25:14 - Misyma, Duma · Misyma, Duma: Yos 15:52; Yes 21:11; Ob 1:1

· Misyma, Duma: Yos 15:52; Yes 21:11; Ob 1:1

Ref. Silang FULL: Kej 25:15 - Hadad, Tema // Yetur · Hadad, Tema: Ayub 6:19; Yes 21:14; Yer 25:23 · Yetur: 1Taw 5:19

· Hadad, Tema: Ayub 6:19; Yes 21:14; Yer 25:23

· Yetur: 1Taw 5:19

Ref. Silang FULL: Kej 25:16 - menurut perkemahan // orang raja · menurut perkemahan: Kej 13:16; Kej 13:16; Mazm 83:7 · orang raja: Kej 17:20

· menurut perkemahan: Kej 13:16; [Lihat FULL. Kej 13:16]; Mazm 83:7

· orang raja: Kej 17:20

Ref. Silang FULL: Kej 25:17 - kaum leluhurnya · kaum leluhurnya: Kej 25:8; Kej 25:8

· kaum leluhurnya: Kej 25:8; [Lihat FULL. Kej 25:8]

Ref. Silang FULL: Kej 25:18 - Mereka // sampai Syur // semua saudara · Mereka: Kej 17:20; Kej 17:20; Kej 21:18 · sampai Syur: Kej 16:7; Kej 16:7 · semua saudara: Kej 16:12

· Mereka: Kej 17:20; [Lihat FULL. Kej 17:20]; Kej 21:18

· sampai Syur: Kej 16:7; [Lihat FULL. Kej 16:7]

· semua saudara: Kej 16:12

Ref. Silang FULL: Kej 25:19 - riwayat keturunan · riwayat keturunan: Kej 2:4; Kej 2:4

· riwayat keturunan: Kej 2:4; [Lihat FULL. Kej 2:4]

Ref. Silang FULL: Kej 25:20 - Ishak berumur // ketika Ribka // anak Betuel // dari Padan-Aram // perempuan Laban // orang Aram · Ishak berumur: Kej 25:26; Kej 26:34; 35:28 · ketika Ribka: Kej 24:67; Kej 24:67 · anak Betuel: Kej 22:22; Kej 22:22 · da...

· Ishak berumur: Kej 25:26; Kej 26:34; 35:28

· ketika Ribka: Kej 24:67; [Lihat FULL. Kej 24:67]

· anak Betuel: Kej 22:22; [Lihat FULL. Kej 22:22]

· dari Padan-Aram: Kej 28:2,5,6; 30:20; 31:18; 33:18; 35:9,26; 46:15; 48:7

· perempuan Laban: Kej 24:29; [Lihat FULL. Kej 24:29]

· orang Aram: Kej 31:20,24; Ul 26:5

Ref. Silang FULL: Kej 25:21 - itu mandul // mengabulkan doanya · itu mandul: Kej 11:30; Kej 11:30 · mengabulkan doanya: Kej 30:17,22; 1Sam 1:17,23; 1Taw 5:20; 2Taw 33:13; Ezr 8:23; Mazm 127:3

· itu mandul: Kej 11:30; [Lihat FULL. Kej 11:30]

· mengabulkan doanya: Kej 30:17,22; 1Sam 1:17,23; 1Taw 5:20; 2Taw 33:13; Ezr 8:23; Mazm 127:3

Ref. Silang FULL: Kej 25:22 - kepada Tuhan · kepada Tuhan: Kel 18:15; 28:30; 33:7; Im 24:12; Bil 9:6-8; 27:5,21; Ul 17:9; Hak 18:5; 1Sam 9:9; 10:22; 14:36; 22:10; 1Raj 22:8; 2Raj 3:11; 2...

Ref. Silang FULL: Kej 25:23 - Dua bangsa // yang muda · Dua bangsa: Kej 17:4; Kej 17:4 · yang muda: Kej 9:25; Kej 9:25; Kej 48:14,19; Rom 9:11-12%&

· Dua bangsa: Kej 17:4; [Lihat FULL. Kej 17:4]

· yang muda: Kej 9:25; [Lihat FULL. Kej 9:25]; Kej 48:14,19; Rom 9:11-12%&

Ref. Silang FULL: Kej 25:24 - untuk bersalin // dalam kandungannya · untuk bersalin: Luk 1:57; 2:6 · dalam kandungannya: Kej 38:27

· untuk bersalin: Luk 1:57; 2:6

· dalam kandungannya: Kej 38:27

Ref. Silang FULL: Kej 25:25 - warnanya merah // jubah berbulu // dinamai Esau · warnanya merah: 1Sam 16:12 · jubah berbulu: Kej 27:11 · dinamai Esau: Kej 27:1,15

· warnanya merah: 1Sam 16:12

· jubah berbulu: Kej 27:11

· dinamai Esau: Kej 27:1,15

Ref. Silang FULL: Kej 25:26 - itu keluarlah // memegang tumit // dinamai Yakub // Ishak berumur · itu keluarlah: Kej 38:29 · memegang tumit: Hos 12:4 · dinamai Yakub: Kej 27:36; 32:27; Ul 23:7; Yos 24:4; Ob 1:10,12 · I...

· itu keluarlah: Kej 38:29

· memegang tumit: Hos 12:4

· dinamai Yakub: Kej 27:36; 32:27; Ul 23:7; Yos 24:4; Ob 1:10,12

· Ishak berumur: Kej 25:7,20; [Lihat FULL. Kej 25:7]; [Lihat FULL. Kej 25:20]

Ref. Silang FULL: Kej 25:27 - pandai berburu // di padang · pandai berburu: Kej 10:9; Kej 10:9 · di padang: Kej 25:29; Kej 27:3,5

· pandai berburu: Kej 10:9; [Lihat FULL. Kej 10:9]

· di padang: Kej 25:29; Kej 27:3,5

Ref. Silang FULL: Kej 25:28 - daging buruan // kepada Yakub · daging buruan: Kej 27:3,4,9,14,19 · kepada Yakub: Kej 27:6; 37:3

· daging buruan: Kej 27:3,4,9,14,19

· kepada Yakub: Kej 27:6; 37:3

Ref. Silang FULL: Kej 25:29 - sedang memasak // dari padang · sedang memasak: 2Raj 4:38-40 · dari padang: Kej 25:27; Kej 25:27

· sedang memasak: 2Raj 4:38-40

· dari padang: Kej 25:27; [Lihat FULL. Kej 25:27]

Ref. Silang FULL: Kej 25:30 - yang merah-merah // disebutkan Edom · yang merah-merah: Kej 25:34 · disebutkan Edom: Kej 32:3; 36:1,8,8-9,19; Bil 20:14; Ul 23:7; Mazm 137:7; Yer 25:21; 40:11; 49:7

Ref. Silang FULL: Kej 25:31 - hak kesulunganmu · hak kesulunganmu: Ul 21:16-17; 1Taw 5:1-2

· hak kesulunganmu: Ul 21:16-17; 1Taw 5:1-2

Ref. Silang FULL: Kej 25:33 - Bersumpahlah // hak kesulungannya · Bersumpahlah: Kej 21:23; Kej 21:23; Kej 47:31; Kej 47:31 · hak kesulungannya: Kej 27:36; Ibr 12:16

· Bersumpahlah: Kej 21:23; [Lihat FULL. Kej 21:23]; Kej 47:31; [Lihat FULL. Kej 47:31]

· hak kesulungannya: Kej 27:36; Ibr 12:16

Ref. Silang FULL: Kej 25:34 - kacang merah · kacang merah: Kej 25:30

· kacang merah: Kej 25:30

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Kej 25:1-10 - Kematian Abraham Penulis sejarah suci, dalam pasal ini, I. Mengakhiri kisah Abraham, dengan gambaran, 1. Tentang anak-anaknya dari istrinya yang ...

Matthew Henry: Kej 25:11-18 - Silsilah Ismael Silsilah Ismael (Kejadian 25:11-18) Segera setelah mengisahkan kematian Abraham, Musa memulai cerita tentang Ishak (ay. 11), dan memberi tahu kita ...

Matthew Henry: Kej 25:19-28 - Kelahiran Esau dan Yakub Kelahiran Esau dan Yakub (Kejadian 25:19-28) Di sini kita mendapati cerita tentang kelahiran Yakub dan Esau, dua anak kembar dari Ishak dan Ribka: ...

Matthew Henry: Kej 25:29-34 - Esau Menjual Hak Kesulungannya Esau Menjual Hak Kesulungannya (Kejadian 25:29-34) Di sini kita mendapati tawar-menawar yang terjadi antara Yakub dan Esau tentang hak kesulungan, ...

SH: Kej 25:1-18 - Akhir hidup bapa orang beriman (Rabu, 16 Juni 2010) Akhir hidup bapa orang beriman Abraham adalah model tentang prinsip keselamatan. Imannya kepada janji Allah membuat ia dibenarkan. Keselamatan adalah...

SH: Kej 25:1-18 - Taat penuh (Sabtu, 13 Agustus 2011) Taat penuh Alkitab menunjukkan bahwa Allah berhak memilih siapa yang hendak Dia berkati. Kita harus menerima hal itu walau sulit kita pahami. Nas ini...

SH: Kej 25:1-18 - Berdamai dengan Masa Lampau (Jumat, 22 Juni 2018) Berdamai dengan Masa Lampau Tanpa masa lalu tak ada masa kini. Berdamai dengan masa lampau kita yang pahit akan memampukan kita hidup sejahtera pada ...

SH: Kej 25:19-26 - Antara janji dan kegenapan (Kamis, 17 Juni 2010) Antara janji dan kegenapan Orang bijak mengatakan bahwa hal berharga yang didapat dengan mudah akan kurang dihargai. Sebaliknya hal sama yang diperol...

SH: Kej 25:19-34 - Bukan meniadakan (Senin, 15 Agustus 2011) Bukan meniadakan Banyak orang menganggap bahwa jika Allah sudah menetapkan sesuatu, manusia tidak perlu bertanggung jawab atas hal itu. Namun nas har...

SH: Kej 25:19-34 - Menjaga Persaudaraan (Sabtu, 23 Juni 2018) Menjaga Persaudaraan Ada kelompok etnik tertentu yang menekankan pentingnya persaudaraan berdasarkan marga atau fam. Ada juga suku yang sangat meneka...

SH: Kej 25:27-34 - Dua sikap berbeda dan konsekuensinya (Jumat, 18 Juni 2010) Dua sikap berbeda dan konsekuensinya Apa yang merupakan keputusan kekal dalam hikmat dan kedaulatan Ilahi mengambil bentuk nyata dalam sikap, pilihan...

Utley: Kej 25:1-6 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 25:1-61 Abraham mengambil pula seorang isteri, namanya Ketura. 2 Perempuan itu melahirkan baginya Zimran, Yoksan, Medan, Mi...

Utley: Kej 25:7-11 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 25:7-117 Abraham mencapai umur seratus tujuh puluh lima tahun, 8 lalu ia meninggal. Ia mati pada waktu telah putih rambutny...

Utley: Kej 25:12-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 25:12-1812 Inilah keturunan Ismael, anak Abraham, yang telah dilahirkan baginya oleh Hagar, perempuan Mesir, hamba Sara itu...

Utley: Kej 25:19-26 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 25:19-2619 Inilah riwayat keturunan Ishak, anak Abraham. Abraham memperanakkan Ishak. 20 Dan Ishak berumur empat puluh tahu...

Utley: Kej 25:27-34 - --NASKAH NASB (UPDATED): Kej 25:27-3427 Lalu bertambah besarlah kedua anak itu: Esau menjadi seorang yang pandai berburu, seorang yang suka tinggal di p...

Topik Teologia: Kej 25:7 - -- Eskatologi Kematian Fakta Kematian Contoh-contoh Fakta Kematian Abraham Kej 25:7-8

Topik Teologia: Kej 25:11 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Pemeliharaan Allah Pemeliharaan Allah Berlaku di Dalam Kehidupan Orang-orang Percaya Pemeliharaan-Nya Me...

Topik Teologia: Kej 25:17 - -- Eskatologi Kematian

Topik Teologia: Kej 25:21 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita dan Peranannya Dalam Agama Wanita Dalam Ibadah Perjanjian Lama Wanita-wanita yang Berdoa dan Dijawab o...

Topik Teologia: Kej 25:22 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah atas Israel Kej 25:22-23 Ula 4:37...

Topik Teologia: Kej 25:28 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Keluarga Teladan-teladan Kasih Ibu Ribkah Kej 25:28

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Penulis : Musa Tema : Permulaan Tanggal Penulisan: + 1445 -- 1405 SM Latar Belakang Kejadian cocok sebagai kitab Perjanjian La...

Full Life: Kejadian (Garis Besar) Garis Besar I. Permulaan Sejarah Manusia (Kej 1:1-11:26) A. Asal Mula Alam Semesta dan Kehidupan (Ke...

Matthew Henry: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Di hadapan kita sekarang ada Kitab Suci, atau buku, sebab itulah arti kitab. Kita menyebutnya Alkitab, untuk menunjukkan keunggulannya. Sebab kitab...

Jerusalem: Kejadian (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR JUDUL-JUDUL, PEMBAGIAN DAN ISI Kelima buku pertama Kitab Suci merupakan suatu kesatuan yang oleh orang-orang Yahudi diberi nama "Hukum&...

Ende: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEDJADIAN KATA PENDAHULUAN Perintjian Kitab Perdjandjian Lama Perdjandjian Lama terdiri dari 45 kitab, jang tertulis atas Ilham ilahi, dan memuat wahj...

BIS: Kejadian (Pendahuluan Kitab) KEJADIAN PENGANTAR Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana

KEJADIAN

PENGANTAR

Buku Kejadian mengisahkan penciptaan alam semesta, asal-usul umat manusia, pangkal dosa dan penderitaan di dunia, serta bagaimana Allah berhubungan dengan manusia. Buku Kejadian dapat dibagi ke dalam dua bagian yang penting:

  1. 1. Pasal 1-11 (Kej 1:1-11:32). Penciptaan alam semesta dan asal-usul umat manusia. Dalam bagian ini juga diceritakan tentang Adam dan Hawa, Kain dan Habel, Nuh dan banjir besar, serta Menara Babel.
  2. 2. Pasal 12-50 (Kej 12:1-50:26). Asal-usul nenek moyang bangsa Israel. Nenek moyang pertama ialah Abraham. Ia terkenal karena iman dan ketaatannya kepada Allah. Lalu menyusul sejarah Ishak anak Abraham, dan Yakub anak Ishak (Yakub disebut juga Israel). Kemudian sejarah kedua belas anak laki-laki Yakub. Merekalah yang menjadi pendiri kedua belas suku Israel. Penulis memberi perhatian khusus kepada salah seorang anak Yakub yang bernama Yusuf dan peristiwa-peristiwa yang pada akhirnya menyebabkan Yakub bersama anak-anaknya dan keluarga mereka masing-masing pindah ke Mesir.

Meskipun buku ini mengisahkan tentang orang-orang di zaman awal, namun yang mendapat tekanan khusus ialah kisah tentang perbuatan-perbuatan Allah. Buku ini dimulai dengan penegasan bahwa Allah telah menciptakan alam semesta, dan diakhiri dengan janji bahwa Allah akan tetap memperhatikan umat-Nya. Yang memegang peranan utama di seluruh buku ini adalah Allah yang menghakimi dan menghukum barangsiapa yang berbuat salah. Dia pula yang membimbing dan menolong umat-Nya serta membentuk sejarah mereka. Buku yang kuno ini ditulis untuk mencatat kisah tentang iman suatu bangsa dan juga untuk membantu agar iman itu tetap hidup.

Isi

  1.  Penciptaan alam semesta dan manusia
    Kej 1:1-2:25
  2.  Pangkal dosa dan penderitaan
    Kej 3:1-24
  3.  Dari Adam sampai Nuh
    Kej 4:1-5:32
  4.  Nuh dan banjir besar
    Kej 6:1-10:32
  5.  Menara Babel
    Kej 11:1-9
  6.  Dari Sem sampai Abram
    Kej 11:10-32
  7.  Para Kepala Keluarga: Abraham, Ishak, Yakub
    Kej 12:1-35:29
  8.  Keturunan Esau
    Kej 36:1-43
  9.  Yusuf dan saudara-saudaranya
    Kej 37:1-45:28
  10.  Orang Israel di Mesir
    Kej 46:1-50:26

Ajaran: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi kitab Kejadian, dapat memahami kekuasaan Allah dalam sejarah penciptaan, serta kuasa dan kehendak Allah terhadap ciptaan-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Kitab Kejadian adalah kitab yang pertama dalam Alkitab. Kitab ini dibagi atas 50 pasal dan berisi dua hal penting: Pertama: Sejarah peristiwa- peristiwa penting. Kedua: Sejarah Bapak- bapak orang beriman. Melalui dua pembagian ini, dapat dilihat kemahakuasaan Allah dalam setiap peristiwa penting dan juga kemahakuasaan kehendak Allah yang bekerja dalam kehidupan setiap Bapak orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian I, pasal 1-11; Kej 1:1-11:32). Pasal-pasal pertama sampai sebelas memuat empat peristiwa penting.

  1. Pasal 1-2 (Kej 1:1-2:7).

    Peristiwa penciptaan langit dan bumi, serta segala isinya Peristiwa ini sungguh-sungguh terjadi dan dikerjakan Allah, karena tidak ada seorang pun yang dapat membuat gunung, lautan, matahari, bulan dan bintang, serta manusia yang dapat berpikir, berbicara, bernapas.

    Pendalaman

    Bacalah pasal Kej 1:1; 2:1-7 Apa sajakah yang diciptakan oleh Allah?

  2. Pasal 2-5 (Kej 2:8-5:32).

    Peristiwa jatuhnya manusia ke dalam dosa Setelah Tuhan menciptakan manusia, yaitu Adam dan Hawa, Tuhan menempatkan mereka di taman Eden untuk hidup di sana menurut kehendak Allah. Di taman Eden (Firdaus) ini Adam dan Hawa diperkenankan oleh Allah untuk hidup dengan berkat dan kasih-Nya, tetapi setan menggoda mereka sehingga mereka melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Sebagai akibatnya, melalui kejatuhan Adam dan Hawa semua manusia menjadi orang berdosa.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 3:9-19.
    2. Apakah yang menyebabkan manusia berdosa? (Kej 3:11,17).
    3. Apakah akibat dosa terhadap:
      1. (1) Iblis? (Kej 3:15).
      2. (2) Ular? (Kej 3:14).
      3. (3) Wanita? (Kej 3:16).
      4. (4) Pria? (Kej 3:17-19).
      5. (5) Sesama manusia? - membenci/membunuh (Kej 4:5-8).
      6. (6) Kepribadian manusia? - berbohong (Kej 4:8-9).
  3. Pasal 6-10 (Kej 6:1-10:32).

    Peristiwa hukuman Allah kepada manusia melalui air bah Melalui Adam dan Hawa yang sudah berdosa itu, keturunannya mulai dari Kain dan Habil sampai pada Set dan seterusnya, menjadi semakin jahat, sehingga akhirnya Tuhan Allah Yang Mahakuasa itu menghukum manusia karena Allah sangat membenci kejahatan. Allah menghukum dan menurunkan hujan selama 40 hari 40 malam yang disebut Air Bah. Dalam hukuman Allah yang sangat dahsyat itu hanya satu keluarga yang diselamatkan oleh Allah yaitu keluarga Nuh dan istrinya serta anak-anak bersama istri mereka. Setelah ini Allah memberi pelangi sebagai tanda janji-Nya bahwa Ia tidak akan menghukum manusia dengan Air Bah lagi.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 6:5-8. Apakah yang menyebabkan manusia dimusnahkan?
    2. Bacalah pasal Kej 6:9-12,22. Apa sebabnya Nuh tidak ikut dihukum?
    3. Bacalah pasal Kej 9:8-17. Apa janji Allah tentang Air Bah dan Pelangi?
  4. Pasal 11 (Kej 11:1-32).

    Peristiwa terjadinya bermacam-macam bahasa di dunia Setelah Air Bah manusia mulai berkembang biak dengan pengetahuan dan kemampuan yang tinggi. Dengan demikian manusia berusaha untuk mempertahankan kehidupan bersama dalam satu bangsa dan satu bahasa di daerah tertentu saja, sehingga mereka berusaha untuk membangun suatu menara yang tingginya sampai ke langit. Tetapi maksud ini bertentangan dengan kehendak Allah terhadap manusia, yaitu untuk memenuhi bumi ini. Oleh karena itu Allah menyatakan kemahakuasaan-Nya dengan mengacaukan bahasa mereka sehingga pembangunan menara itu tidak dapat diselesaikan. Karena kekacauan bahasa itu, maka kota dimana pembangunan menara itu dilaksanakan disebut Babel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 11:1-9. Ada berapa macam bahasakah di dunia sebelum pembuatan menara Babel?
    2. Mengapakah di dunia sekarang ada bermacam-macam bahasa?

II. Kesimpulan/Aplikasi (penerapan)

  1. Dalam peristiwa penciptaan, Allah menciptakan dunia da isinya untuk kemuliaan-Nya.
  2. Dalam peristiwa kejatuhan manusia ke dalam dosa, Alla menyatakan kebesaran, kasih dan keadilan-Nya kepada manusia.
  3. Dalam peristiwa Air Bah dan menara Babel Allah menyataka kekudusan dan kemahakuasaan-Nya kepada manusia.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah pencipta dunia dan isinya?
  2. Siapakah manusia pertama yang diciptakan Allah?
  3. Mengapa manusia diusir dari taman Eden?
  4. Mengapa Allah menghukum manusia dengan air bah?
  5. Siapakah yang diselamatkan Allah dari air bah?
  6. Bagaimanakah Allah menggagalkan pembangunan menara Babel?
  7. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

2. KITAB KEJADIAN (II)

Tujuan

Agar anggota jemaat mengetahui dan mengerti bahwa Allah yang menjadi pencipta manusia selalu menunjukkan kasih dan kesetiaan-Nya dalam memelihara umat-Nya.

Pendahuluan

Penulis : Musa.

Isi Kitab: Setelah mengetahui dan mengerti betapa besar keagungan dan kemahakuasaan Allah dalam sejarah peristiwa-peristiwa terbesar (pelajaran pertama), maka pelajaran ini merupakan kelanjutan dari pelajaran tersebut. Pelajaran ini berisi bagaimana Allah memelihara umat-Nya melalui kehidupan dari Bapa-bapa orang beriman.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Kejadian

(Bagian II, Pasal 11-50; Kej 11:1-50:26). Dalam pasal-pasal sebelas sampai lima puluh akan diuraikan empat orang tokoh penting sebagai Bapak-bapak orang beriman.

  1. Sejarah kehidupan Abraham Abraham adalah seorang yang kuat imannya. Ia menerima panggilan Allah yang ajaib. Kemudian ia meninggalkan tempat kediamannya untuk mengikuti panggilan Allah. Ia dituntun Allah menetap di Kanaan, dimana Abraham dengan iman menantikan kelahiran putra Allah yang dijanjikan. Karena ketaatan Abraham, maka Allah mengadakan perjanjian berkat bagi Abraham dan keturunannya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 12:1-4. Siapakah yang memanggil Abraham dan apakah janji-Nya?
    2. Apakah nama Abraham pada waktu ia dipanggil oleh Allah? (Kej 12:1). Apakah tanggapan Abraham terhadap panggilan itu? (Kej 12:3).
    3. Bacalah pasal Kej 18:10-15. Apakah janji yang Allah berikan pada Abraham? Apakah janji itu ditepati? (Kej 21:1-3).
    4. Bacalah pasal Kej 22:15-18. Apakah janji yang Allah berikan? Apakah yang menyebabkan Abraham diberkati?
  2. Sejarah kehidupan Ishak Ishak adalah anak perjanjian yang diberikan kepada Abraham. Ishak dilahirkan melalui kelahiran yang ajaib, yaitu pada waktu Sara sudah tua. Ishak adalah perantara yang menggenapi janji Allah. Melalui perjalanan hidup Ishak yang penuh suka dan duka itu, dapatlah dilihat lambang kehidupan orang yang dipakai Tuhan. Ishak diberkati oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 21:1-3. Apakah Ishak lahir sebagai anak yang dijanjikan?
    2. Bacalah pasal Kej 22:1-3. Apakah perintah Allah kepada Abraham? Dan apakah yang ia lakukan?
    3. Bacalah pasal Kej 22:9-12. Apakah yang terjadi atas diri Ishak?
    4. Bacalah pasal Kej 25:19-26. Siapakah istri Ishak dan siapakah anak-anaknya?
    5. Bacalah pasal Kej 25:23-24. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
  3. Sejarah kehidupan Yakub Ishak mempunyai dua anak kembar yaitu Yakub dan Esau (pasal Kej 25:24). Dalam sejarah Bapak-bapak orang beriman Yakub terkenal karena membeli hak kesulungan kakaknya Esau dengan sepiring kacang merah (Kej 25:34). Yakub sebelum menjadi orang beriman mengalami banyak pengalaman hidup yang sulit, namun terlihat kemahakuasaan Allah dalam memelihara Yakub. Akhirnya Yakub menjadi orang yang sangat beriman dan dalam kehidupannya menjadi orang yang melayani.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 25:34; 27:30-36. Apakah yang dilakukan Yakub terhadap kakaknya da terhadap ayahnya?
    2. Bacalah pasal Kej 27:33. Apakah Yakub tetap diberkati?
    3. Bacalah pasal Kej 28:10-22. Apakah janji yang diberikan pada Yakub?
    4. Bacalah pasal Kej 32:22-31. Mengapakah nama Yakub berubah? Dan apakah artinya?
    5. Bacalah pasal Kej 33:1-5. Bagaimanakah hubungan Yakub dengan Esau sekarang?
  4. Sejarah kehidupan Yusuf

    Keturunan dari Yakub menurut kitab Kejadian ada 12 orang dan diantaranya ada seorang yang mempunyai kisah hidup yang selalu berkenan kepada Allah, namanya Yusuf. Dia sangat dibenci oleh saudara-saudaranya, sehingga ia dijual (pasal 37; Kej 37:1-36). Sampai suatu saat dia dimasukkan penjara, tetapi hidupnya tetap berkenan kepada Allah. Allah yang Mahakuasa itu setia membimbing setiap orang yang melakukan kehendak- Nya, sehingga akhirnya Yusuf menjadi penguasa di Mesir (Kej 41:40), karena ia dapat meramalkan mimpi raja Firaun (Kej 41:25-36). Sebagai orang yang penuh dengan roh Allah, Yusuf dalam kehidupannya selalu berkenan kepada Allah. Saudara-saudaranya yang pernah mengkhianati dia tetap dikasihinya dan pada akhirnya semua keluarga Yusuf itu tinggal bersama dengan dia di tanah Mesir (pasal Kej 47:11- 12).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Kej 35:22-26. Berapakah keturunan Yakub?
    2. Uraikanlah dengan singkat penjualan Yusuf ke Mesi (dari pasal 37; Kej 37:1-36).
    3. Uraikanlah dengan singkat ketulusan hati Yusu (pasal 39; Kej 39:1-23).
    4. Bacalah pasal Kej 41:25-36,40. Apakah yang dilakukan Yusuf? Dan apakah yang ia terima?
    5. Uraikan dengan singkat kisah akhir kehidupan Yusu beserta keluarganya (dari pasal Kej 47:1-12).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Di dalam Allah memanggil seseorang untuk menjadi hamba-Nya, Ia selal memelihara dan mencukupkan kebutuhan hamba-Nya itu.
  2. Ketaatan pada Firman Allah merupakan jalan untuk memperoleh kehidupa yang berkelimpahan.
  3. Ketergantungan mutlak kepada Allah, merupakan jalan untuk mengalami ata menerima kuasa Allah.
  4. Bapa Abraham merupakan contoh iman yang sejati.
  5. Bapa Ishak merupakan contoh akan ketaatan pada kehendak Allah dan oran tua.
  6. Bapa Yakub merupakan contoh akan kemenangan dari penderitaan yang membaw kebahagiaan.
  7. Bapa Yusuf merupakan contoh akan kehidupan yang penuh akan kasih kepad Allah dan sesama.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah yang dilakukan oleh Abraham atas perintah-perintah Allah?
  2. Bagaimanakah sikap Yusuf ketika akan dipersembahkan?
  3. Bagaimanakah Yakub mengalami perubahan nama?
  4. Bagaimanakah sikap Yakub terhadap kesalahan saudara-saudaranya?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari pelajaran ini?

Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) Segalanya Bermula Dari Sini PENTINGNYA KITAB KEJADIANIsi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertan

Segalanya Bermula Dari Sini

PENTINGNYA KITAB KEJADIAN
Isi Alkitab tidak akan berarti banyak tanpa Kitab Kejadian. Kitab ini menjawab pertanyaan-pertanyaan "penting" seperti mengapa kita berada di sini dari mana kita datang. Kejaian berbicara tentang awal mula dunia, manusia, masyarakat, keluarga, bangsa-bangsa, dosa dan keselamatan. Khususnya, Kejadian bercerita tentang lahirnya bangsa Yahudi.

GAYA PENULISAN KITAB KEJADIAN
1. Kitab Kejadian mengajarkan kebenaran dengan menceritakan kisah-kisah, bukan dengan memberikan pelajaran dalam bentuk yang lebih formal.
2. Kisah-kisah yang diceritakan bersifat sangat manusiawi. Tidak ada upaya untuk menutup-nutupi fakta, bahkan pahlawan-pahlawan besar sekalipun digambarkan apa adanya.
3. Semua kisah diceritakan dengan penuh keagungan dan dengan gaya yang mengharukan. Dinilai dari standar apa pun, disimpulkan bahwa Kitab Kejadian ditulis dengan cemerlang.

PENULIS KITAB KEJADIAN
Penulisnya tidak dikenal, tetapi Perjanjian Baru secara tidak langsung menunjukkan bahwa Kitab Kejadian ditulis oleh Musa dan pendapat ini tidak pernah dipertanyakan oleh gereja sampai saat ini. Kita tidak tahu bagaimana kitab ini ditulis, tetapi cukup beralasan untuk menerima Musa sebagai editor yang mengumpulkan sejumlah kisah dan fakta, yang beberapa di antaranya mungkin sudah lama beredar luas sebelum masa Musa.

NILAI KITAB KEJADIAN
Banyak orang mungkin menilai bahwa ilmu modern dan sejarah telah meremehkan nilai Kitab Kejadian. Kendatipun demikian, kita tetap dapat membaca Kitab Kejadian dengan penuh kepercayaan akan nilai kebenarannya berdasarkan dua alasan, yaitu:
1. Karena di antara semua argumentasi ilmiah atau sejarah yang mempertanyakan ketepatan Kitab Kejadian selalu terdapat lebih dari satu yang mendukung Kitab Kejadian.
2. Sebagian besar dari yang diperdebatkan bukan terutama mengenai kebenaran itu sendiri, melainkan tentang cara-cara pendekatan modern terhadap kebenaran. Apapun anggapan kita tentang kebenaran, Kitab Kejadian tetap merupakan kebenaran. Di atas segalanya, Kitab Kejadian merupakan kebenaran yang diungkapkan oleh Allah sendiri mengenai diri-Nya, kita dan dunia tempat kita hidup.

Pesan

Memerinci pengajaran dari Kitab Kejadian tidak selalu mudah dan apa yang diberikan di bawah ini hanyalah sekadar contoh.

1. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai Allah
o Dia kekal dan hidup. Kej 1:1
o Dia pencipta dan pemberi hidup. Kej 1:1-2:9
o Dia adalah pribadi dan rindu bersekutu dengan manusia. Kej 1:26-2:25; 3:8; 15:1-16
o Dia kudus dan akan menghakimi orang berdosa. Kej 3:8-24; 6:5-8; 11:1-9; 18:16-19:29
o Dia penuh belas kasihan, dalam penghakiman sekalipun. Kej 3:21; 4:15; 6:8; 18:32
o Dia sabar menangani pengikut-pengikut-Nya seperti digambarkan dalam kisah Abraham dan Yakub.
o Dia berdaulat atas segala kuasa. Kej 18:14; 26:12-16; 50:20

2. Apa yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai manusia?
o Dia dilahirkan dalam gambar Allah, dan karenanya bernilai serta mempunyai kemampuan kreatif. Kej 1:27-30
o Dia mengikuti kehendak sendiri dan menuruti jalannya yang berdosa tanpa Allah. Kej 3:1-7
o Dosanya sudah tertanam dalam tatanan hidupnya, seperti ditunjukkan oleh Abraham. Kej 20:1-18
o Dia perlu bersekutu dengan penciptanya, seperti diajarkan melalui kehidupan Abraham.
o Dia bisa diubahkan oleh Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yakub.
o Dia berada di bawah kuasa pemeliharaan Allah, seperti ditunjukkan melalui kehidupan Yusuf

3. Apakah yang diajarkan oleh Kitab Kejadian mengenai masyarakat?
o Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial, bukan sebagai pribadi yang menyendiri. Kej 2:1-18
o Banyak terdapat contoh mengenai masalah yang dihadapi manusia dalam kehidupan bersama.
o Kesatuan dasar dari struktur masyarakat ialah perkawinan. Kej 2:24
o Undang-undang pemerintah juga diperlukan untuk membantu manusia hidup dalam dunia yang penuh dosa ini.

Penerapan

Pesan dalam Kitab Kejadian dapat diterapkan ke dalam tiga wilayah hubungan:

1. Ke dalam kehidupan kita dengan Allah.
o Taati Allah. Ini yang terbaik, yaitu mengikuti jalan Allah.
o Berimanlah kepada-Nya. Ini yang paling benar, walaupun kelihatannya tidak masuk akal.
o Percayalah kepada-Nya. Allah sungguh-sungguh memelihara kita.
o Berbicaralah dengan-Nya. Dia harus ditanyai tentang masalah-masalah dan keputusan-keputusan yang kita ambil.
o Biarkan Dia bekerja. Allah mampu mengubah suatu kehidupan yang serusak apa pun menjadi suatu kehidupan yang indah.

2. Ke dalam kehidupan keluarga kita.
o Jujurlah satu dengan yang lain.
o Jangan pilih kasih.
o Hati-hati terhadap perasaan iri.
o Tetap setia dalam keadaan sukar sekalipun.
o Hiduplah menurut perintah Allah, bukan menurut keinginan sendiri.

3. Ke dalam kehidupan kita dalam dunia.
o Kembangkan dan gunakan sumber-sumber alam dengan penuh tanggung jawab.
o Ingatlah bahwa semua orang mempunyai pencipta yang sama dan dibentuk menurut gambar-Nya.
o Ingatlah bahwa Allah juga memperhatikan masalah-masalah internasional, bukan hanya masalah pribadi dan rohani.
o Hiduplah dengan jujur dan jadilah saksi yang baik.

Tema-tema Kunci

1. Pemilihan
Habel, Nuh, Abraham, Yakub dan Yusuf semuanya dipanggil Allah dan dipilih untuk ditempatkan dalam sejarah umat Allah. Kadang-kadang seperti dalam kisah Yakub, pilihan tersebut bertentangan dengan cara-cara tradisional yang lazim dilakukan. Bacalah sekali lagi kisah mengenai panggilan mereka dan catatlah apa yang Anda pelajari tentang bagaimana Allah memilih.

2. Keselamatan
Setelah manusia berdosa, Allah menyatakan dengan jelas bahwa Dia akan menyelamatkannya. Kej 3:15; 4:4; 22:8 menunjuk kepada karya Kristus di kemudian hari. Pengajaran apa lagi mengenai keselamatan yang Anda temukan dalam kitab ini?

3. Kerja
Bahkan sebelum kejatuhannya, manusia sudah mempunyai tugas untuk dikerjakan di dunia ini (Kej 1:28). Manusia diciptakan untuk bekerja. Setelah jatuh ke dalam dosa, tugas itu menjadi kurang menyenangkan (Kej 3:17-19). Pelajaran apa yang dapat kita ambil dalam hubungannya dengan pekerjaan dalam dunia dewasa ini?

4. Istirahat
Gagasan untuk menjadikan satu hari dalam seminggu sebagai waktu untuk beristirahat datang dari pasal-pasal pertama dalam Alkitab (Kej 2:2,3). Perintah itu bukan saja merupakan salah satu dari sepuluh perintah Allah, tetapi merupakan perintah utama dari pencipta kita. Apa pesan semuanya ini bagi masyarakat kita sendiri?

5. Setan
Baca kembali kisah tentang kejatuhan manusia (Kej 3:1-7) dan perhatikan apa yang diajarkan mengenai setan dan cara-cara kerjanya.

6. Maut
Maut mengancam (Kej 3:3), dikalahkan (Kej 5:24) dan dihadapi (contoh Kej 49:1-50:3). Apa yang dapat kita pelajari dari sini?

7. Moralitas
Dalam keseluruhan Kitab Kejadian kita membaca adanya perhatian terhadap kehidupan moral. Apa ciri-ciri utama dari moralitas yang digariskan di sini?

8. Perkawinan
Apa yang diajarkan dalam ayat-ayat Kej2:18-25 mengenai maksud perkawinan?

9. Ibadah
Apa yang diajarkan Kitab Kejadian tentang bagaimana kita seharusnya menyembah Allah (contoh Kej 4:1-7; 28:10-22)?

Garis Besar Intisari: Kejadian (Pendahuluan Kitab) [1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30 Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan Kej 3:1-24Kejatuhan manusia

[1] RIWAYAT UMAT MANUSIA Kej 1:1-11:30

Kej 1:1-2:3Penciptaan Dunia
Kej 2:4-25Penciptaan laki-laki dan perempuan
Kej 3:1-24Kejatuhan manusia
Kej 4:1-26Riwayat Kain dan Habil
Kej 5:1-32Ringkasan sejarah -- Adam sampai Nuh
Kej 6:1-9:28Riwayat Nuh
Kej 10:1-32Keluarga Nuh
Kej 11:1-9Menara Babel
Kej 11:10-30Ringkasan sejarah -- Sem sampai Abram

[2] RIWAYAT ABRAHAM Kej 11:31-25:18

Kej 11:31-12:9Abraham memulai perjalanannya
Kej 12:10-20Abraham menghadapi kelaparan dan Mesir
Kej 13:1-18Abraham berpisah dari Lot
Kej 14:1-24Abraham menyelamatkan Lot
Kej 15:1-21Abraham bertemu dengan Allah
Kej 16:1-16Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan caranya sendiri
Kej 17:1-27Abraham bertemu lagi dengan Allah
Kej 18:1-19:38Abraham menerima tiga pengunjung surgawi
Kej 20:1-18Abraham berbohong pada Abimelekh
Kej 21:1-7Abraham mendapat seorang anak laki-laki dengan cara Allah
Kej 21:8-34Abraham menghadapi berbagai masalah
Kej 22:1-24Abraham menghadapi ujian berat
Kej 23:1-20Abraham mengubur istrinya
Kej 24:1-67Abraham merencanakan hari depannya
Kej 25:1-18Hari-hari akhir Abraham

[3] RIWAYAT ISHAK Kej 25:19-27:40

Kej 25:19-34Ishak mendapatkan dua orang anak laki-laki
Kej 26:1-35Ishak menghadapi masalah
Kej 27:1-40Ishak ditipu

[4] RIWAYAT YAKUB Kej 27:41-37:1

Kej 27:41-28:9Yakub bergegas meninggalkan kampung halamannya
Kej 28:10-22Yakub bertemu Allah di Betel
Kej 29:1-31:55Yakub bekerja pada Laban selama bertahun-tahun
Kej 32:1-33:20Yakub akhirnya pulang ke rumah
Kej 34:1-31Yakub berselisih dengan Sikem
Kej 35:1-21Yakub bertemu Allah lagi di Betel
Kej 35:22-37:1Keluarga Yakub

[5] RIWAYAT YUSUF Kej 37:2-50:26

Kej 37:2-11Yusuf dan mimpi kanak-kanaknya
Kej 37:12-36Yusuf dan saudara-saudaranya yang jahat
Kej 38:1-30Yehuda dan Tamar
Kej 39:1-40:23Yusuf di penjara dengan tidak adil
Kej 41:1-57Yusuf dan pembebasannya secara tak terduga
Kej 42:1-45:28Yusuf dan saudara-saudaranya yang kekurangan
Kej 46:1-50:3Yusuf dan ayahnya yang sudah lanjut usia
Kej 50:4-26Yusuf dan hari-hari akhir hidupnya
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.68 detik
dipersembahkan oleh YLSA