kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 5:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Nyanyian Debora
5:1 Pada hari itu bernyanyilah Debora dan Barak bin Abinoam, demikian: 5:2 Karena pahlawan-pahlawan di Israel siap berperang, karena bangsa itu menawarkan dirinya dengan sukarela, pujilah TUHAN! 5:3 Dengarlah, ya raja-raja! Pasanglah telingamu, ya pemuka-pemuka! Kalau aku, aku mau bernyanyi bagi TUHAN, bermazmur bagi TUHAN, Allah Israel. 5:4 TUHAN, ketika Engkau bergerak dari Seir, ketika Engkau melangkah maju dari daerah Edom, bergoncanglah bumi, tirislah juga langit, juga awan tiris airnya; 5:5 gunung-gunung -- yakni Sinai -- bergoyang di hadapan TUHAN, di hadapan TUHAN, Allah Israel. 5:6 Dalam zaman Samgar bin Anat, dalam zaman Yael, kafilah tidak ada lagi dan orang-orang yang dalam perjalanan terpaksa menempuh jalan yang berbelit-belit. 5:7 Penduduk pedusunan diam-diam saja di Israel, ya mereka diam-diam, sampai engkau bangkit, Debora, bangkit sebagai ibu di Israel. 5:8 Ketika orang memilih allah baru, maka terjadilah perang di pintu gerbang. Sesungguhnya, perisai ataupun tombak tidak terlihat di antara empat puluh ribu orang di Israel. 5:9 Hatiku tertuju kepada para panglima Israel, kepada mereka yang menawarkan dirinya dengan sukarela di antara bangsa itu. Pujilah TUHAN! 5:10 Kamu, yang menunggang keledai betina putih, kamu, yang duduk di atas permadani, kamu, yang berjalan di jalan, ceriterakanlah hal itu! 5:11 Di tempat-tempat penimbaan air, menurut suara orang-orang yang berdendang, di sanalah orang menyanyikan perbuatan TUHAN yang adil, perbuatan-Nya yang adil terhadap orang-orang-Nya di pedusunan di Israel. Pada waktu itu turunlah umat TUHAN ke pintu gerbang. 5:12 Bangunlah, bangunlah, Debora! Bangunlah, bangunlah, nyanyikanlah suatu nyanyian! Bangkitlah, Barak! dan giringlah tawananmu, hai anak Abinoam! 5:13 Lalu turunlah para bangsawan yang terluput, umat TUHAN turun bagi-Nya sebagai pahlawan. 5:14 Dari suku Efraim mereka datang ke lembah, mengikuti engkau, ya suku Benyamin, dengan laskarmu; dari suku Makhir turunlah para panglima dan dari suku Zebulon orang-orang pembawa tongkat pengerah. 5:15 Juga para pemimpin suku Isakhar menyertai Debora, dan seperti Isakhar, demikianlah Naftali menyertai Barak. Mereka menyusul dia dan menyerbu masuk lembah. Tetapi pihak pasukan-pasukan suku Ruben ada banyak pertimbangan. 5:16 Mengapa engkau tinggal duduk di antara kandang-kandang sambil mendengarkan seruling pemanggil kawanan? Di pihak pasukan-pasukan suku Ruben ada banyak pertimbangan! 5:17 Orang Gilead tinggal diam di seberang sungai Yordan; dan suku Dan, mengapa mereka tinggal dekat kapal-kapal? Suku Asyer duduk di tepi pantai laut, tinggal diam di teluk-teluknya. 5:18 Tetapi suku Zebulon ialah bangsa yang berani mempertaruhkan nyawanya, demikian juga suku Naftali, di tempat-tempat tinggi di padang. 5:19 Raja-raja datang dan berperang, pada waktu itu raja-raja Kanaan berperang dekat Taanakh, pada mata air di Megido, tetapi perak sebagai rampasan tidak diperoleh mereka. 5:20 Dari langit berperang bintang-bintang, dari peredarannya mereka memerangi Sisera. 5:21 Sungai Kison menghanyutkan musuh, Kison, sungai yang terkenal dari dahulu kala itu. -- Majulah sekuat tenaga, hai jiwaku! -- 5:22 Ketika itu menderaplah telapak kuda, karena berpacu lari kuda-kudanya. 5:23 "Kutukilah kota Meros!" firman Malaikat TUHAN, "kutukilah habis-habisan penduduknya, karena mereka tidak datang membantu TUHAN, membantu TUHAN sebagai pahlawan." 5:24 Diberkatilah Yael, isteri Heber, orang Keni itu, melebihi perempuan-perempuan lain, diberkatilah ia, melebihi perempuan-perempuan yang di dalam kemah. 5:25 Air diminta orang itu, tetapi susu diberikannya; dalam cawan yang indah disuguhkannya dadih. 5:26 Tangannya diulurkannya mengambil patok, tangan kanannya mengambil tukul tukang, ditukulnya Sisera, dihancurkannya kepalanya, diremukkan dan ditembusnya pelipisnya. 5:27 Dekat kakinya orang itu rebah, tewas tergeletak, dekat kakinya orang itu rebah dan tewas, di tempat ia rebah, di sanalah orang itu tewas, digagahi. 5:28 Dari jendela ibu Sisera menjenguk dan berseru dari tingkap: "Mengapa keretanya tak kunjung datang? Mengapa kereta-keretanya belum kedengaran?" 5:29 Yang paling bijak di antara dayang-dayangnya menjawabnya, dan ia sendiri juga membalas perkataannya itu: 5:30 "Bukankah mereka mendapat jarahan dan membagi-baginya, gadis seorang dua untuk setiap orang jarahan kain berwarna sehelai dua untuk Sisera, jarahan kain sulaman aneka warna sehelai dua untuk leherku?" 5:31 Demikianlah akan binasa segala musuh-Mu, ya TUHAN! Tetapi orang yang mengasihi-Nya bagaikan matahari terbit dalam kemegahannya. Lalu amanlah negeri itu empat puluh tahun lamanya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abinoam father of Barak from Kedesh in Naphtali
 · Amalek members of the nation of Amalek
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Seir a mountain and adjoining land,a man from the highlands of Seir (OS); father-in-law of Esau
 · Anat father of Shamgar, a judge of Israel
 · Asyer a tribe of Israel that came from Asher; son of Jacob and Zilpah,the man; son of Jacob and Zilpah,a tribe of Israel or its land
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Amalek members of the nation of Amalek
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Ruben the tribe of Reuben
 · Barak a son of Abinoam in the days of the judges,son of Abinoam from Kedesh in Naphtali who defeated Sisera
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Debora Rebekah's nurse,wife of Lappidoth; prophetess and judge of Israel
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Efraim the tribe of Ephraim as a whole,the northern kingdom of Israel
 · Fenisia the region ofeast Mediterranean coastal land from Arvad (modern Lebanon) south to Gaza,the coast land from Mt. Carmel north to the Orontes River
 · Heber son of Beriah of Asher,the Kenite husband of the woman Jael who killed Sisera,son of Mered of Judah by his Jewish wife,son of Elpaal of Benjamin
 · Isakhar the tribe of Israel that came from his Jacob's son Issachar,son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Issachar,the tribe of Issachar in Israel,son of Obed-Edom
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum orang Kanaan an original resident of the land of Canaan,a resident of the region of Canaan
 · kaum-kaum orang Ruben the tribe of Reuben
 · Kison a river that flows NW through the Plain of Esdraelon past Jezreel & Megiddo to the Mediterranean Sea north of Mt. Carmel
 · kota Meros a town south of Kedesh in Naphtali (OS)
 · laut the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea
 · Laut Asin the Dead Sea, at the southern end of the Jordan River,the Mediterranean Sea,the Persian Gulf south east of Babylon,the Red Sea


Topik/Tema Kamus: Debora | Barak | Zebulon | Hakim Israel | Nyanyian | Wanita | Yael | Tentara, Pasukan Israel | Suku Ruben | Suku Zebulon | Sinai | Ruben | Asyer | Bintang | Naftali | Senjata Untuk Berperang | Suku Asyer | Sembah, Penyembahan Berhala | Sidang, Persidangan Pengadilan | Perisai | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 5:1 - BERNYANYILAH DEBORA DAN BARAK. Nas : Hak 5:1 Nyanyian Debora dan Barak adalah nyanyian pujian kepada Allah (ayat Hak 5:3) karena kemurahan-Nya dan tindakan-Nya yang adil demi Isr...

Nas : Hak 5:1

Nyanyian Debora dan Barak adalah nyanyian pujian kepada Allah (ayat Hak 5:3) karena kemurahan-Nya dan tindakan-Nya yang adil demi Israel (ayat Hak 5:11). Sepanjang PL nyanyian yang sepenuh hati kepada Tuhan oleh para orang saleh menjadi bagian penting dalam mengungkapkan syukur kepada Allah karena kuasa penebusan-Nya (bd. pasal Kel 15:1-27; 1Taw 15:1-16:43; 2Taw 20:22; dan Mazm 1:1-150:6;

lihat art. PUJIAN).

Orang percaya PB juga disuruh untuk memanjatkan pujian kepada Allah atas kasih-Nya terhadap mereka. Pujian, yang oleh Allah dipandang sebagai korban kudus yang disajikan kepada-Nya (Ibr 13:15), sering kali berbentuk suatu nyanyian (Ibr 2:12; Yak 5:13; Wahy 15:3). Nyanyian pujian rohani (bd. Ef 5:19; Kol 3:16) dapat dinyanyikan dengan akal budi (yaitu, memakai bahasa yang dimengerti) atau dengan roh (yaitu, memakai bahasa Roh; lih. 1Kor 14:15).

Jerusalem: Hak 4:1--5:31 - -- Kisah mengenai Debora dan Barak ini disajikan berupa prosa, bab 4, dan berupa sajak, bab 5. Menurut kisah asli berupa prosa itu suku Zebulon dan Nafta...

Kisah mengenai Debora dan Barak ini disajikan berupa prosa, bab 4, dan berupa sajak, bab 5. Menurut kisah asli berupa prosa itu suku Zebulon dan Naftali berhasil menghancurkan Sisera dari Haroset-Hagoyim yang terletak di bagian barat laut dataran Yizreel. Kemudian Sisera tsb dihubungkan dengan Yabin, raja Hazor yang dikalahkan di mata Yosua, Yos 11:10-15. Memang nama Yabin disebut dalam ceritera berupa prosa itu, tetapi tidak tampil dalam sajak tsb. Kemenangan yang diceritakan itu pasti terjadi dan ia membongkar rintangan yang memisahkan suku-suku di bagian utara negeri dari suku-suku di bagian tengah. Kiranya peristiwa itu terjadi sekitar pertengahan abad ke-12 seb. Mas.

Jerusalem: Hak 5:1-31 - -- Nyanyian Debora ini adalah salah satu sajak yang paling tua dalam seluruh Kitab Suci. Diciptakan tidak lama sesudah kejadian yang dimasyhurkan olehnya...

Nyanyian Debora ini adalah salah satu sajak yang paling tua dalam seluruh Kitab Suci. Diciptakan tidak lama sesudah kejadian yang dimasyhurkan olehnya. Ia adalah sebuah nyanyian kemenangan yang diberi kerangka puji-pujian. Lagu ini meluhurkan perang suci di mana Tuhan berperang dengan musuh umatNya, Hak 4:20-21,23 yang merupakan lawan Tuhan sendiri, Hak 5:31. Lagu itu memuji suku-suku yang menanggapi seruan Debora, sementara mencela suku-suku yang enggan turut berperang. Nama suku-suku yang disebut membingungkan sedikit. Makhir disebut padahal Manasye tidak muncul, Hak 4:14 orang Gilead tampil di mana semestinya suku Gad disebut Hak 5:17; Meros, Hak 5:23, tidak pernah disebut di antara suku-suku Israel; Yehuda dan Simeon tidak muncul sama sekali, entah karena menyendiri di bagian selatan negeri, entah karena belum menggabungkan diri dengan persekutuan suku-suku Israel.

Jerusalem: Hak 5:2 - siap berperang Harafiah: menguraikan rambutnya. Ini sebuah adat perang, bdk Ula 32:42. Prajurit-prajurit perang suci adalah orang yang dikuduskan kepada Tuhan mirip ...

Harafiah: menguraikan rambutnya. Ini sebuah adat perang, bdk Ula 32:42. Prajurit-prajurit perang suci adalah orang yang dikuduskan kepada Tuhan mirip seorang nazir, bdk Hak 13:5; 16:17 sebagai tandanya rambut tidak diurus.

Jerusalem: Hak 5:6 - Samgar Bdk Hak 3:31+

Bdk Hak 3:31+

Jerusalem: Hak 5:6 - kafilah Dalam naskah Ibrani tertulis: jalan-jalan. Tetapi ini perlu diperbaiki.

Dalam naskah Ibrani tertulis: jalan-jalan. Tetapi ini perlu diperbaiki.

Jerusalem: Hak 5:11 - orang-orang yang berdendang Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Harafiah: mereka yang membagi-bagikan (air, makanan, kawanan?)

Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Harafiah: mereka yang membagi-bagikan (air, makanan, kawanan?)

Jerusalem: Hak 5:11 - Pada waktu itu.... Larik ini aslinya mungkin permulaan Hak 5:13 yang sekarang nampaknya rusak, tetapi mengganti yang asli yang sekarang terdapat pada akhir Hak 5:11 ini.

Larik ini aslinya mungkin permulaan Hak 5:13 yang sekarang nampaknya rusak, tetapi mengganti yang asli yang sekarang terdapat pada akhir Hak 5:11 ini.

Jerusalem: Hak 5:13 - Lalu turunlah ... Bdk Hak 5:11+. Seluruh ayat 13 ini dalam naskah Ibrani sukar dimengerti.

Bdk Hak 5:11+. Seluruh ayat 13 ini dalam naskah Ibrani sukar dimengerti.

Jerusalem: Hak 5:15 - dan seperti... masuk lembah Naskah Ibrani nampaknya rusak dan terjemahan dikirakan saja.

Naskah Ibrani nampaknya rusak dan terjemahan dikirakan saja.

Jerusalem: Hak 5:16 - -- Ruben, sebuah suku beternak, tidak turut berperang untuk menjaga kawanan mereka terhadap penyerbuan dari pihak suku-suku Badui

Ruben, sebuah suku beternak, tidak turut berperang untuk menjaga kawanan mereka terhadap penyerbuan dari pihak suku-suku Badui

Jerusalem: Hak 5:16 - seruling.... Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Mungkin dimaksud pluit, pertanda bahaya yang mengumpulkan binatang-binatang, bdk Yes 5:26; 7:18; Zak 10:8.

Maksud naskah Ibrani kurang jelas. Mungkin dimaksud pluit, pertanda bahaya yang mengumpulkan binatang-binatang, bdk Yes 5:26; 7:18; Zak 10:8.

Jerusalem: Hak 5:17 - Orang Gilead Yang dimaksud kiranya bukannya suku Gilead, tetapi suku Gad yang mendiami daerah Gilead. Suku Gad memang bertetangga dengan suku Ruben. Bdk Bil 32:1 d...

Yang dimaksud kiranya bukannya suku Gilead, tetapi suku Gad yang mendiami daerah Gilead. Suku Gad memang bertetangga dengan suku Ruben. Bdk Bil 32:1 dst. Dan Suku Dan di zaman Nyanyian ini diciptakan agaknya sudah berpindah tempat ke bagian utara negeri, bdk Hak 1:34-35; 17-18; Yos 19:40+. Suku Dan kiranya menawarkan jasanya kepada penduduk pantai yang melaut.

Jerusalem: Hak 5:18 - -- Dalam ayat ini kembali tampil suku Zebulon dan Naftali(?), Hak 5:14,15(?). Irama ayat ini berbeda dengan irama ayat-ayat lain. Ucapan mengenai dua suk...

Dalam ayat ini kembali tampil suku Zebulon dan Naftali(?), Hak 5:14,15(?). Irama ayat ini berbeda dengan irama ayat-ayat lain. Ucapan mengenai dua suku itu memakai gaya bahasa seperti dalam Kej 49. Ia agaknya menyinggung pertempuran pada mata air Merom, Yos 11.

Jerusalem: Hak 5:21 - yang terkenang... Maksud naskah Ibrani kurang jelas.

Maksud naskah Ibrani kurang jelas.

Jerusalem: Hak 5:23 - kota Meros kata "kota" itu ditambah oleh penterjemah. Mungkin dimaksudkan sekelompok orang. Tetapi entah kota, entah kelompok orang, Meros tidak dikenal

kata "kota" itu ditambah oleh penterjemah. Mungkin dimaksudkan sekelompok orang. Tetapi entah kota, entah kelompok orang, Meros tidak dikenal

Jerusalem: Hak 5:23 - Malaikat TUHAN Bdk Hak 2:1+.

Bdk Hak 2:1+.

Jerusalem: Hak 5:24 - isteri Heber, orang Keni itu Ini agaknya sebuah sisipan menurut Hak 4:11,17,21.

Ini agaknya sebuah sisipan menurut Hak 4:11,17,21.

Jerusalem: Hak 5:26 - diulurkannya Dalam naskah Ibrani terbaca: mereka (yakni beberapa perempuan) mengulurkan.

Dalam naskah Ibrani terbaca: mereka (yakni beberapa perempuan) mengulurkan.

Jerusalem: Hak 5:28 - berseru Dalam Terjemahan Yunani terbaca: meninjau.

Dalam Terjemahan Yunani terbaca: meninjau.

Jerusalem: Hak 5:30 - sehelai.... Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya dan rupanya rusak.

Naskah Ibrani kurang jelas maksudnya dan rupanya rusak.

Jerusalem: Hak 5:31 - mengasihiNya Dalam terjemahan Yunani terbaca: mengasihi Engkau.

Dalam terjemahan Yunani terbaca: mengasihi Engkau.

Ende: Hak 5:1-31 - -- Lagu ini setjara puetis menggambarkan peristiwa jang ditjeritakan fasal 4(Hak 4). Njanjian ini kuno sekali dan ditjiptakan segera setelah peristiwa te...

Lagu ini setjara puetis menggambarkan peristiwa jang ditjeritakan fasal 4(Hak 4). Njanjian ini kuno sekali dan ditjiptakan segera setelah peristiwa terdjadi. Karena bahasanja jang kolot, susunannja jang aneh dll., lagu ini sukar untuk diartikan dan diterdjemahkan disana-sini. Para ahli berusaha membuatnja lebih terang dengan memperbaiki banjak kata. Meskipun njanjian itu ditaruh dalam mulut Debora dan Barak sendiri, tetapi mereka pentjiptanja.

Ende: Hak 5:2 - menguraikan rambutnja merupakan adat kuno untuk masuk pertempuran. Sematjam nadar? Teranglah seluruh lagu ini adalah lagu pudjian dan sjukur bagi Jahwe. Achirnja dialah jan...

merupakan adat kuno untuk masuk pertempuran. Sematjam nadar? Teranglah seluruh lagu ini adalah lagu pudjian dan sjukur bagi Jahwe. Achirnja dialah jang menganugerahkan kemenangan.

Ende: Hak 5:6 - -- Sjamgar itu bukan Sjamgar bin 'Anat (dewi) dari Hak 3:31. Sjamgar dalam ajat ini adalah seorang penindas asing.

Sjamgar itu bukan Sjamgar bin 'Anat (dewi) dari Hak 3:31. Sjamgar dalam ajat ini adalah seorang penindas asing.

Ende: Hak 5:8 - -- Baris ini gelap sekali. Banjak perbaikan telah diusulkan. Ahli2 lain mentjoretnja sama sekali. Perbaikan jang menarik: "tidak ada lagi roti dipintuger...

Baris ini gelap sekali. Banjak perbaikan telah diusulkan. Ahli2 lain mentjoretnja sama sekali. Perbaikan jang menarik: "tidak ada lagi roti dipintugerbang".

Ende: Hak 5:10 - -- Tiga golongan rakjat harus memudji, jakni: pemimpin (jang menunggang keledai putih), kaum terkemuka (jang duduk diatas permadani) dan rakjat djelata (...

Tiga golongan rakjat harus memudji, jakni: pemimpin (jang menunggang keledai putih), kaum terkemuka (jang duduk diatas permadani) dan rakjat djelata (jang berdjalan kaki) Sjuah adalah daerah kering di Arabia tengah.

Ende: Hak 5:11 - -- Dalam naskah Hibrani ajat ini sukar untuk dimengerti. Rupa2nja menjindir adat pembagi air pada tempat2 minum ternak, jang memudji dan menawarkan airnj...

Dalam naskah Hibrani ajat ini sukar untuk dimengerti. Rupa2nja menjindir adat pembagi air pada tempat2 minum ternak, jang memudji dan menawarkan airnja. Bagian terachir ajat (maka umat Jahwe... dst.), ditjoret atau diperbaiki oleh banjak ahli.

Ende: Hak 5:13 - -- Ajat inipun sukar sekali.

Ajat inipun sukar sekali.

Ende: Hak 5:14-18 - -- Disini suku2 jang ikut serta dalam peperangan itu dipudji. Makir adalah sebagian dari suku Menasje. Ruben Gile'ad (separuh suku Menasje diseberang Jar...

Disini suku2 jang ikut serta dalam peperangan itu dipudji. Makir adalah sebagian dari suku Menasje. Ruben Gile'ad (separuh suku Menasje diseberang Jarden) dan Dan ditegur karena tidak ikut.

Ende: Hak 5:17 - -- Dan ditepi laut mendjalankan perdagangan (merantau dikapal).

Dan ditepi laut mendjalankan perdagangan (merantau dikapal).

Ende: Hak 5:19 - para radja Bahasa penghebat untuk perwira tentara Sisera.

Bahasa penghebat untuk perwira tentara Sisera.

Ende: Hak 5:20 - -- Maknanja: Jahwe sendiri menolong (bintang2 adalah "tentara Jahwe").

Maknanja: Jahwe sendiri menolong (bintang2 adalah "tentara Jahwe").

Ende: Hak 5:23 - -- Meroz rupa2nja salah satu kota Israil jang tidak mau ikut bertempur. Tetapi kota mana tidak diketahui. Malaekat Jahwe adalah Jahwe sendiri.

Meroz rupa2nja salah satu kota Israil jang tidak mau ikut bertempur. Tetapi kota mana tidak diketahui. Malaekat Jahwe adalah Jahwe sendiri.

Ende: Hak 5:31 - -- Perkara Israil adalah perkara Jahwe sendiri. Bahwasanja didjaman ini telah terdapat rasa tjinta kepada Jahwe, menjatakan keluhuran agama Israil sedjak...

Perkara Israil adalah perkara Jahwe sendiri. Bahwasanja didjaman ini telah terdapat rasa tjinta kepada Jahwe, menjatakan keluhuran agama Israil sedjak awal-mulanja.

Endetn: Hak 5:10 - Sjuah diperbaiki. Tertulis: "ingatlah, bernjanjilah?".

diperbaiki. Tertulis: "ingatlah, bernjanjilah?".

Endetn: Hak 5:12 - penawanmu diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan satu terdjemahan Junani. Tertulis: "jang ditawan".

diperbaiki menurut terdjemahan Syriah dan satu terdjemahan Junani. Tertulis: "jang ditawan".

Endetn: Hak 5:13 - -- Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan.

Endetn: Hak 5:13 - laksana diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani.

diperbaiki menurut beberapa naskah terdjemahan Junani.

Endetn: Hak 5:13 - -- Tertulis: "diantara".

Tertulis: "diantara".

Endetn: Hak 5:15 - Naftali diperbaiki. Tertulis: "Isakar".

diperbaiki. Tertulis: "Isakar".

Endetn: Hak 5:30 - -- Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan. "permaisuri", diperbaiki. Tertulis: "djarahan".

Tanda batja naskah Hibrani dipindahkan. "permaisuri", diperbaiki. Tertulis: "djarahan".

Ref. Silang FULL: Hak 5:1 - itu bernyanyilah // Debora // bin Abinoam · itu bernyanyilah: Kel 15:1; Kel 15:1; Mazm 32:7 · Debora: Hak 4:4; Hak 4:4 · bin Abinoam: Hak 4:6; Hak 4:6

· itu bernyanyilah: Kel 15:1; [Lihat FULL. Kel 15:1]; Mazm 32:7

· Debora: Hak 4:4; [Lihat FULL. Hak 4:4]

· bin Abinoam: Hak 4:6; [Lihat FULL. Hak 4:6]

Ref. Silang FULL: Hak 5:2 - itu menawarkan // sukarela, pujilah Tuhan · itu menawarkan: 2Taw 17:16; Mazm 110:3 · sukarela, pujilah Tuhan: Hak 5:9

· itu menawarkan: 2Taw 17:16; Mazm 110:3

· sukarela, pujilah Tuhan: Hak 5:9

Ref. Silang FULL: Hak 5:3 - mau bernyanyi // Allah Israel · mau bernyanyi: Kel 15:1; Kel 15:1 · Allah Israel: Mazm 27:6

· mau bernyanyi: Kel 15:1; [Lihat FULL. Kel 15:1]

· Allah Israel: Mazm 27:6

Ref. Silang FULL: Hak 5:4 - Engkau bergerak // dari Seir // daerah Edom, bergoncanglah // tiris airnya · Engkau bergerak: Kel 13:21; Kel 13:21 · dari Seir: Bil 24:18; Bil 24:18; Ul 33:2; Ul 33:2 · daerah Edom, bergoncanglah: 2Sam 22...

· Engkau bergerak: Kel 13:21; [Lihat FULL. Kel 13:21]

· dari Seir: Bil 24:18; [Lihat FULL. Bil 24:18]; Ul 33:2; [Lihat FULL. Ul 33:2]

· daerah Edom, bergoncanglah: 2Sam 22:8; Mazm 88:8; 77:19; 82:5; Yes 2:19,21; 13:13; 24:18; 64:3; Yer 10:10; 50:46; 51:29; Yoel 3:16; Nah 1:5; Hab 3:6

· tiris airnya: Mazm 68:9; 77:18

Ref. Silang FULL: Hak 5:5 - bergoyang · bergoyang: Kel 19:18; Kel 19:18; Mazm 29:6; 46:4; 77:19; 114:4; Yes 64:3

Ref. Silang FULL: Hak 5:6 - bin Anat // zaman Yael // kafilah // yang berbelit-belit · bin Anat: Hak 3:31 · zaman Yael: Hak 4:17; Hak 4:17 · kafilah: Im 26:22; Yes 33:8 · yang berbelit-belit: Mazm 125:5; Yes...

· bin Anat: Hak 3:31

· zaman Yael: Hak 4:17; [Lihat FULL. Hak 4:17]

· kafilah: Im 26:22; Yes 33:8

· yang berbelit-belit: Mazm 125:5; Yes 59:8

Ref. Silang FULL: Hak 5:7 - bangkit, Debora · bangkit, Debora: Hak 4:4; Hak 4:4

· bangkit, Debora: Hak 4:4; [Lihat FULL. Hak 4:4]

Ref. Silang FULL: Hak 5:8 - memilih allah // pintu gerbang // ataupun tombak · memilih allah: Ul 32:17; Hak 2:13; Hak 2:13 · pintu gerbang: Hak 5:11; Yos 2:5; Yos 2:5 · ataupun tombak: Bil 25:7; Bil 25:7

· memilih allah: Ul 32:17; Hak 2:13; [Lihat FULL. Hak 2:13]

· pintu gerbang: Hak 5:11; Yos 2:5; [Lihat FULL. Yos 2:5]

· ataupun tombak: Bil 25:7; [Lihat FULL. Bil 25:7]

Ref. Silang FULL: Hak 5:9 - dengan sukarela · dengan sukarela: Hak 5:2; Hak 5:2

· dengan sukarela: Hak 5:2; [Lihat FULL. Hak 5:2]

Ref. Silang FULL: Hak 5:10 - menunggang keledai · menunggang keledai: Kej 49:11; Kej 49:11; Hak 12:14

· menunggang keledai: Kej 49:11; [Lihat FULL. Kej 49:11]; Hak 12:14

Ref. Silang FULL: Hak 5:11 - menyanyikan perbuatan // pintu gerbang · menyanyikan perbuatan: 1Sam 12:7; Dan 9:16; Mi 6:5 · pintu gerbang: Hak 5:8; Hak 5:8

· menyanyikan perbuatan: 1Sam 12:7; Dan 9:16; Mi 6:5

· pintu gerbang: Hak 5:8; [Lihat FULL. Hak 5:8]

Ref. Silang FULL: Hak 5:12 - Bangunlah // bangunlah, Debora // Bangkitlah, Barak // giringlah tawananmu · Bangunlah: Mazm 44:24; 57:9; Yes 51:9,17 · bangunlah, Debora: Hak 4:4; Hak 4:4 · Bangkitlah, Barak: Hak 4:6; Hak 4:6 · g...

· Bangunlah: Mazm 44:24; 57:9; Yes 51:9,17

· bangunlah, Debora: Hak 4:4; [Lihat FULL. Hak 4:4]

· Bangkitlah, Barak: Hak 4:6; [Lihat FULL. Hak 4:6]

· giringlah tawananmu: Mazm 68:19; Ef 4:8

Ref. Silang FULL: Hak 5:14 - suku Efraim // ke lembah // suku Benyamin // suku Makhir · suku Efraim: Kej 41:52; Kej 41:52; Hak 1:29; Hak 1:29 · ke lembah: Hak 3:13 · suku Benyamin: Bil 34:21; Bil 34:21 · suku...

· suku Efraim: Kej 41:52; [Lihat FULL. Kej 41:52]; Hak 1:29; [Lihat FULL. Hak 1:29]

· ke lembah: Hak 3:13

· suku Benyamin: Bil 34:21; [Lihat FULL. Bil 34:21]

· suku Makhir: Kej 50:23; [Lihat FULL. Kej 50:23]

Ref. Silang FULL: Hak 5:15 - suku Isakhar // menyertai Debora // menyertai Barak · suku Isakhar: Kej 30:18; Kej 30:18 · menyertai Debora: Hak 4:4; Hak 4:4 · menyertai Barak: Hak 4:6; Hak 4:6

· suku Isakhar: Kej 30:18; [Lihat FULL. Kej 30:18]

· menyertai Debora: Hak 4:4; [Lihat FULL. Hak 4:4]

· menyertai Barak: Hak 4:6; [Lihat FULL. Hak 4:6]

Ref. Silang FULL: Hak 5:16 - antara kandang-kandang // pemanggil kawanan · antara kandang-kandang: Kej 49:14; Kej 49:14 · pemanggil kawanan: Bil 32:1; Bil 32:1

· antara kandang-kandang: Kej 49:14; [Lihat FULL. Kej 49:14]

· pemanggil kawanan: Bil 32:1; [Lihat FULL. Bil 32:1]

Ref. Silang FULL: Hak 5:17 - Orang Gilead // kapal-kapal? Suku Asyer // pantai laut · Orang Gilead: Yos 12:2; Yos 12:2 · kapal-kapal? Suku Asyer: Yos 17:7; Yos 17:7 · pantai laut: Yos 19:29

· Orang Gilead: Yos 12:2; [Lihat FULL. Yos 12:2]

· kapal-kapal? Suku Asyer: Yos 17:7; [Lihat FULL. Yos 17:7]

· pantai laut: Yos 19:29

Ref. Silang FULL: Hak 5:18 - suku Zebulon // suku Naftali // di padang · suku Zebulon: Kej 30:20; Kej 30:20 · suku Naftali: Kej 30:8; Kej 30:8; Mazm 68:28 · di padang: Hak 4:6,10; Hak 4:6; Hak 4:10

· suku Zebulon: Kej 30:20; [Lihat FULL. Kej 30:20]

· suku Naftali: Kej 30:8; [Lihat FULL. Kej 30:8]; Mazm 68:28

· di padang: Hak 4:6,10; [Lihat FULL. Hak 4:6]; [Lihat FULL. Hak 4:10]

Ref. Silang FULL: Hak 5:19 - Raja-raja datang // di Megido // sebagai rampasan · Raja-raja datang: Yos 11:5; Hak 4:13; Hak 4:13; Wahy 16:16 · di Megido: Yos 12:21; Yos 12:21 · sebagai rampasan: Hak 5:30

· Raja-raja datang: Yos 11:5; Hak 4:13; [Lihat FULL. Hak 4:13]; Wahy 16:16

· di Megido: Yos 12:21; [Lihat FULL. Yos 12:21]

· sebagai rampasan: Hak 5:30

Ref. Silang FULL: Hak 5:20 - Dari langit · Dari langit: Yos 10:11; Yos 10:11

· Dari langit: Yos 10:11; [Lihat FULL. Yos 10:11]

Ref. Silang FULL: Hak 5:21 - Sungai Kison // sekuat tenaga · Sungai Kison: Hak 4:7; Hak 4:7 · sekuat tenaga: Yos 1:6

· Sungai Kison: Hak 4:7; [Lihat FULL. Hak 4:7]

· sekuat tenaga: Yos 1:6

Ref. Silang FULL: Hak 5:22 - lari kuda-kudanya · lari kuda-kudanya: Yer 8:16

· lari kuda-kudanya: Yer 8:16

Ref. Silang FULL: Hak 5:24 - Diberkatilah Yael // orang Keni // melebihi perempuan-perempuan · Diberkatilah Yael: Hak 4:17; Hak 4:17 · orang Keni: Kej 15:19; Kej 15:19 · melebihi perempuan-perempuan: Luk 1:42

· Diberkatilah Yael: Hak 4:17; [Lihat FULL. Hak 4:17]

· orang Keni: Kej 15:19; [Lihat FULL. Kej 15:19]

· melebihi perempuan-perempuan: Luk 1:42

Ref. Silang FULL: Hak 5:25 - tetapi susu · tetapi susu: Kej 18:8; Kej 18:8

· tetapi susu: Kej 18:8; [Lihat FULL. Kej 18:8]

Ref. Silang FULL: Hak 5:26 - ditembusnya pelipisnya · ditembusnya pelipisnya: Hak 4:21

· ditembusnya pelipisnya: Hak 4:21

Ref. Silang FULL: Hak 5:27 - dan tewas · dan tewas: Hak 4:22

· dan tewas: Hak 4:22

Ref. Silang FULL: Hak 5:28 - Dari jendela // dan berseru · Dari jendela: Yos 2:15; Yos 2:15 · dan berseru: Ams 7:6

· Dari jendela: Yos 2:15; [Lihat FULL. Yos 2:15]

· dan berseru: Ams 7:6

Ref. Silang FULL: Hak 5:30 - mendapat jarahan // untuk Sisera, jarahan // kain sulaman · mendapat jarahan: Kel 15:9; 1Sam 30:24; Mazm 68:13 · untuk Sisera, jarahan: Hak 5:19; 2Sam 1:24 · kain sulaman: Mazm 45:15; Yeh...

· mendapat jarahan: Kel 15:9; 1Sam 30:24; Mazm 68:13

· untuk Sisera, jarahan: Hak 5:19; 2Sam 1:24

· kain sulaman: Mazm 45:15; Yeh 16:10

Ref. Silang FULL: Hak 5:31 - akan binasa // bagaikan matahari // dalam kemegahannya // Lalu amanlah · akan binasa: Bil 10:35; Bil 10:35 · bagaikan matahari: 2Sam 23:4; Ayub 37:21; Mazm 19:5; 89:37; Yes 18:4 · dalam kemegahannya: ...

· akan binasa: Bil 10:35; [Lihat FULL. Bil 10:35]

· bagaikan matahari: 2Sam 23:4; Ayub 37:21; Mazm 19:5; 89:37; Yes 18:4

· dalam kemegahannya: 2Sam 18:32

· Lalu amanlah: Hak 3:11; [Lihat FULL. Hak 3:11]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 5:1-5 - Nyanyian Debora dan Barak Pasal ini berisi nyanyian kemenangan yang digubah dan dinyanyikan pada perayaan kemenangan yang gemilang itu, yang diperoleh Israel atas pasukan-pa...

Matthew Henry: Hak 5:6-11 - Nyanyian Debora dan Barak Nyanyian Debora dan Barak (5:6-11) Dalam perikop ini, I. Debora menggambarkan keadaan Israel yang sengsara di bawah penindasan Yabin, supaya...

Matthew Henry: Hak 5:12-23 - Nyanyian Debora dan Barak Nyanyian Debora dan Barak (5:12-23) Dalam perikop ini, I. Debora menggugah dirinya sendiri dan Barak untuk merayakan kemenangan ini dengan c...

Matthew Henry: Hak 5:24-31 - Nyanyian Debora dan Barak Nyanyian Debora dan Barak (5:24-31) Dalam perikop ini Debora mengakhiri nyanyian kemenangan ini, I. Dengan puji-pujian bagi Yael, saudarinya...

SH: Hak 5:1-31 - Merayakan kemenangan (Senin, 21 April 2008) Merayakan kemenangan Luapan sukacita umat Israel sungguh tak terbendung. Kemenangan yang datang dari Allah dirayakan, disaksikan, dan digemakan m...

SH: Hak 5:1-11 - Nyanyian pujian bagi Tuhan. (Selasa, 7 Oktober 1997) Nyanyian pujian bagi Tuhan. Kemenangan Israel adalah dari Tuhan dan oleh Tuhan. Layaklah Debora dan Barak memuji dengan nyanyian pujian dan bermazmur ...

SH: Hak 5:12-31 - Tanggapan berbeda. (Rabu, 8 Oktober 1997) Tanggapan berbeda. Nyanyian Debora sekaligus adalah kisah pengalamannya ditolong Tuhan dan kisah berbagai reaksi yang ditunjukkan umat Tuhan. Ada dari...

Topik Teologia: Hak 5:1 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Debora Hak 5:1-31 Kehi...

Topik Teologia: Hak 5:4 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Debora Hak 5:1-31

Topik Teologia: Hak 5:5 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Yang Berada di Sinai Hak 5:5 Ma...

Topik Teologia: Hak 5:8 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Debora Hak 5:1-31 Dosa...

Topik Teologia: Hak 5:15 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

Topik Teologia: Hak 5:21 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia sebagai Suatu Kesatuan Hidup Keutuhan Manusia Direpresentasikan oleh Jiwa Kej 2:7 Kej 12:5 Ke...

Topik Teologia: Hak 5:24 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat

Topik Teologia: Hak 5:31 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Respons Puitis dari Wanita Nyanyian Debora Hak 5:1-31 Peng...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) MULIAKANLAH ALLAH ATAS SEGALA KEMENANGAN SIAPAKAH YANG MEMENANGKAN PERTEMPURAN INI? (HAKIM-HAKIM 4;5) Menyusul kekalahan bangsa Moab si penindas Isra...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ada kemungkinan bahwa perkataan Debora adalah "Tidakkah Yahweh telah memerintahkan?" yang menunjukkan keengganan Barak u...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #04: Coba gunakan range (OT dan NT) pada Pencarian Khusus agar pencarian Anda lebih terfokus. [SEMUA]
dibuat dalam 0.39 detik
dipersembahkan oleh YLSA