kecilkan semua  

Teks -- Hakim-hakim 20:1-48 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Peperangan orang Israel melawan bani Benyamin
20:1 Lalu majulah semua orang Israel; dari Dan sampai Bersyeba dan juga dari tanah Gilead berkumpullah umat itu secara serentak menghadap TUHAN di Mizpa. 20:2 Maka berdirilah para pemuka dari seluruh bangsa itu, dari segala suku orang Israel, memimpin jemaah umat Allah yang jumlahnya empat ratus ribu orang berjalan kaki, yang bersenjatakan pedang. 20:3 Kedengaranlah kepada bani Benyamin, bahwa orang Israel telah maju ke Mizpa. Berkatalah orang Israel: "Ceritakan bagaimana kejahatan itu terjadi." 20:4 Lalu orang Lewi, suami perempuan yang terbunuh itu, menjawab: "Aku sampai dengan gundikku di Gibea kepunyaan suku Benyamin untuk bermalam di sana. 20:5 Lalu warga-warga kota Gibea itu mendatangi aku dan mengepung rumah itu pada malam hari untuk menyerang aku. Mereka bermaksud membunuh aku, tetapi gundikku diperkosa mereka, sehingga mati. 20:6 Maka kuambillah mayat gundikku, kupotong-potong dia dan kukirimkan ke seluruh daerah milik pusaka orang Israel, sebab orang-orang itu telah berbuat mesum dan berbuat noda di antara orang Israel. 20:7 Sekarang kamu sekalian, orang Israel, telah ada di sini. Berikanlah di sini pertimbanganmu dan nasihatmu." 20:8 Kemudian bangunlah seluruh bangsa itu dengan serentak, sambil berkata: "Seorangpun dari pada kita takkan pergi ke kemahnya, seorangpun dari pada kita takkan pulang ke rumahnya. 20:9 Inilah yang akan kita lakukan kepada Gibea; memeranginya, dengan membuang undi! 20:10 Kita akan memilih dari seluruh suku Israel sepuluh orang dari tiap-tiap seratus, seratus orang dari tiap-tiap seribu, seribu orang dari tiap-tiap sepuluh ribu, untuk mengambil bekal bagi laskar ini, supaya sesudah mereka datang, dilakukan kepada Gibea-Benyamin setimpal dengan segala perbuatan noda yang telah diperbuat mereka di antara orang Israel." 20:11 Demikianlah orang Israel berkumpul melawan kota itu, semuanya bersekutu dengan serentak. 20:12 Kemudian suku-suku Israel mengirim orang kepada seluruh suku Benyamin dengan pesan: "Apa macam kejahatan yang terjadi di antara kamu itu! 20:13 Maka sekarang, serahkanlah orang-orang itu, yakni orang-orang dursila yang di Gibea itu, supaya kami menghukum mati mereka dan dengan demikian menghapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel." Tetapi bani Benyamin tidak mau mendengarkan perkataan saudara-saudaranya, orang Israel itu. 20:14 Sebaliknya, bani Benyamin dari kota-kota lain berkumpul di Gibea untuk maju berperang melawan orang Israel. 20:15 Pada hari itu dihitunglah jumlah bani Benyamin dari kota-kota lain itu: dua puluh enam ribu orang yang bersenjatakan pedang, belum termasuk penduduk Gibea, yang terhitung tujuh ratus orang pilihan banyaknya. 20:16 Dari segala laskar ini ada tujuh ratus orang pilihan yang kidal, dan setiap orang dari mereka dapat mengumban dengan tidak pernah meleset sampai sehelai rambutpun. 20:17 Juga orang-orang Israel dihitung jumlahnya; dengan tidak termasuk suku Benyamin ada empat ratus ribu orang yang bersenjatakan pedang; semuanya itu prajurit. 20:18 Lalu orang Israel berangkat dan maju ke Betel. Di sana mereka bertanya kepada Allah: "Siapakah dari kami yang lebih dahulu maju berperang melawan bani Benyamin?" Jawab TUHAN: "Suku Yehudalah lebih dahulu." 20:19 Lalu orang-orang Israel bangun pagi-pagi dan berkemah mengepung Gibea. 20:20 Kemudian majulah orang-orang Israel berperang melawan suku Benyamin; orang-orang Israel mengatur barisan perangnya melawan mereka dekat Gibea. 20:21 Juga bani Benyamin maju menyerang dari Gibea dan menggugurkan ke bumi dua puluh dua ribu orang dari antara orang Israel pada hari itu. 20:22 Tetapi laskar orang Israel mengumpulkan segenap kekuatannya, lalu mengatur pula barisan perangnya di tempat mereka mengatur barisannya semula. 20:23 Kemudian pergilah orang-orang Israel, lalu menangis di hadapan TUHAN sampai petang, sesudah itu mereka bertanya kepada TUHAN: "Akan pergi pulakah kami berperang melawan bani Benyamin, saudara kami itu?" Jawab TUHAN: "Majulah melawan mereka." 20:24 Tetapi ketika orang-orang Israel pada hari kedua sampai di dekat bani Benyamin, 20:25 maka pada hari kedua itu majulah suku Benyamin dari Gibea menyerbu mereka, dan digugurkannya pula ke bumi delapan belas ribu orang di antara orang-orang Israel; semuanya orang-orang yang bersenjatakan pedang. 20:26 Kemudian pergilah semua orang Israel, yakni seluruh bangsa itu, lalu sampai di Betel; di sana mereka tinggal menangis di hadapan TUHAN, berpuasa sampai senja pada hari itu dan mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN. 20:27 Dan orang-orang Israel bertanya kepada TUHAN -- pada waktu itu ada di sana tabut perjanjian Allah, 20:28 dan Pinehas bin Eleazar bin Harun menjadi imam Allah pada waktu itu -- kata mereka: "Haruskah kami maju sekali lagi untuk berperang melawan bani Benyamin, saudara kami itu, atau haruskah kami hentikan itu?" Jawab TUHAN: "Majulah, sebab besok Aku akan menyerahkan mereka ke dalam tanganmu." 20:29 Lalu orang Israel menempatkan penghadang-penghadang sekeliling Gibea. 20:30 Pada hari ketiga majulah orang-orang Israel melawan bani Benyamin dan mengatur barisannya melawan Gibea seperti yang sudah-sudah. 20:31 Maka majulah bani Benyamin menyerbu laskar itu; mereka terpancing dari kota, dan seperti yang sudah-sudah, mereka mulai menyerang laskar itu pada kedua jalan raya -- yang satu menuju ke Betel, dan yang lain ke Gibea melalui padang -- sehingga terbunuh beberapa orang, kira-kira tiga puluh orang di antara orang Israel. 20:32 Maka kata bani Benyamin: "Orang-orang itu telah terpukul kalah oleh kita seperti semula." Tetapi orang-orang Israel telah bermupakat lebih dahulu: "Marilah kita lari dan memancing mereka dari kota ke jalan-jalan raya." 20:33 Jadi orang Israel bangun dari tempatnya dan mengatur barisannya di Baal-Tamar, sedang orang Israel yang menghadang itu tiba-tiba keluar dari tempatnya, yakni tempat terbuka dekat Geba, 20:34 dan sampai di depan Gibea, sebanyak sepuluh ribu orang pilihan dari seluruh Israel. Pertempuran itu dahsyat, tetapi bani Benyamin tidak tahu bahwa malapetaka datang menimpa mereka. 20:35 TUHAN membuat suku Benyamin terpukul kalah oleh orang Israel, dan pada hari itu orang-orang Israel memusnahkan dari antara suku Benyamin dua puluh lima ribu seratus orang, semuanya orang-orang yang bersenjatakan pedang. 20:36 Bani Benyamin melihat, bahwa mereka telah terpukul kalah. Sementara orang-orang Israel agak mundur di depan suku Benyamin -- sebab mereka mempercayai penghadang-penghadang yang ditempatkan mereka untuk menyerang Gibea -- 20:37 maka segeralah penghadang-penghadang itu menyerbu Gibea. Mereka bergerak maju dan memukul seluruh kota itu dengan mata pedang. 20:38 Tetapi orang-orang Israel telah bermupakat dengan penghadang-penghadang itu untuk menaikkan gumpalan asap tebal dari kota itu. 20:39 Ketika orang-orang Israel mundur dalam pertempuran itu, maka suku Benyamin mulai menyerang orang Israel, sehingga terbunuh kira-kira tiga puluh orang, karena pikir mereka: "Tentulah orang-orang itu terpukul kalah sama sekali oleh kita seperti dalam pertempuran yang dahulu." 20:40 Tetapi pada waktu itu mulailah gumpalan asap naik dari kota itu seperti tiang asap. Suku Benyamin menoleh ke belakang dan tampaklah kota itu seluruhnya terbakar, apinya naik ke langit. 20:41 Lagipula orang-orang Israel maju lagi. Maka gemetarlah orang-orang Benyamin itu, sebab mereka melihat, bahwa malapetaka datang menimpa mereka. 20:42 Jadi larilah mereka dari depan orang-orang Israel itu, ke arah padang gurun, tetapi pertempuran itu tidak dapat dihindari mereka, lalu orang-orang dari kota-kota menghabisi mereka di tengah-tengahnya. 20:43 Mereka mengepung suku Benyamin itu, mengejarnya dengan tak henti-hentinya dan melandanya sampai di depan Gibea, di sebelah timur. 20:44 Dari bani Benyamin ada tewas delapan belas ribu orang, semuanya orang-orang gagah perkasa. 20:45 Yang lain berpaling lari ke padang gurun, ke bukit batu Rimon. Tetapi di jalan-jalan raya masih diadakan penyabitan susulan di antara mereka: lima ribu orang; mereka diburu sampai ke Gideom dan dipukul mati dua ribu orang dari mereka. 20:46 Maka yang tewas dari suku Benyamin pada hari itu seluruhnya berjumlah dua puluh lima ribu orang yang bersenjatakan pedang, semuanya orang-orang gagah perkasa. 20:47 Tetapi enam ratus orang berpaling lari ke padang gurun, ke bukit batu Rimon, dan tinggal empat bulan lamanya di bukit batu itu. 20:48 Tetapi orang-orang Israel kembali kepada bani Benyamin dan memukul mereka dengan mata pedang, baik manusia baik hewan dan segala sesuatu yang terdapat di sana. Juga segala kota yang terdapat di sana mereka musnahkan dengan api.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Anak-anak Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · bukit batu Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Dan residents of the town of Dan; members of the tribe of Dan,the tribe of Dan as a whole; the descendants of Dan in Israel
 · Eleazar a son of Eliud; the father of Matthan; an ancestor of Jesus.,a chief priest; son of Aaron,son of Abinadab; caretaker of the Ark at Kiriath-Jearim,son of Dodo the Ahohite; one of David's military elite,son of Mahli the Levite,a priest who participated in the dedication of the wall,a priest under Ezra; son of Phinehas,a layman of the Parosh clan who put away his heathen wife
 · En-Rimon a spring & town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba
 · Gaba a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Geba a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Geba-Benyamin a town of Benjamin assigned to the Kohathite Levites
 · Gibea- a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeat a town of Judah 8 km north of Jerusalem, 5 km east of Gibeon (SMM)
 · Gibeon a town of Benjamin pioneered by Jeiel of Benjamin
 · Gideom a place east of Bethel where the Israelites chased the Benjamites
 · Harun a son of Amram; brother of Moses,son of Amram (Kohath Levi); patriarch of Israel's priests,the clan or priestly line founded by Aaron
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · kuil Rimon a town of Simeon and Judah, 14 km north of Beer-Sheba,a town of Zebulun 26 km ESE of Acco & 20 km west of Hamath,a rock; a prominent landmark in Benjamin, 6 km east of Bethel,a man of Benjamin from Beeroth; father of Baanah and Rechab,a pagan god of storms
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred


Topik/Tema Kamus: Benyamin | Hukum, Kitab | Mizpa | Gibea | Orang Yahudi | Suku Benyamin | Tentara, Pasukan Israel | Urim dan Tumim | Senja | Kota | Jalan Raya | Senjata Untuk Berperang | Tangan | Suku Yehuda | Tabut Perjanjian | Korban Keselamatan | Gideom | Baal-Tamar | Batu | Ali-ali | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hak 20:1 - LALU MAJULAH SEMUA ORANG ISRAEL. Nas : Hak 20:1 Karena suku-suku Israel telah gagal untuk melaksanakan hukum Allah atau memajukan kebenaran, maka hasilnya adalah dosa mengerikan ya...

Nas : Hak 20:1

Karena suku-suku Israel telah gagal untuk melaksanakan hukum Allah atau memajukan kebenaran, maka hasilnya adalah dosa mengerikan yang digambarkan dalam pasal Hak 19:1-30 dan penolakan suku Benyamin untuk menghukum orang-orang yang bersalah (ayat Hak 20:12-14). Israel secara keseluruhan telah meninggalkan ketaatan yang sungguh-sungguh kepada firman Allah, dan suku Benyamin memasuki kemurtadan total. Pecahlah perang saudara, ribuan orang terbunuh dan suku Benyamin hampir dimusnahkan.

Full Life: Hak 20:13 - BANI BENYAMIN TIDAK MAU MENDENGARKAN. Nas : Hak 20:13 Suku Benyamin lebih membela orang-orang jahat di antara mereka daripada korban tak bersalah yang mengalami kekejaman yang hebat itu...

Nas : Hak 20:13

Suku Benyamin lebih membela orang-orang jahat di antara mereka daripada korban tak bersalah yang mengalami kekejaman yang hebat itu (Hak 19:25).

  1. 1) Dengan menolak untuk menghukum orang-orang jahat dari kelompok mereka ini, suku Benyamin menunjukkan
    1. (a) mereka tidak menghargai keadilan, dan
    2. (b) telah kehilangan seluruh kepekaan dan kesetiaan moral kepada hukum Allah. Karena itu, Allah menghukum seluruh suku Benyamin (bd. ayat Hak 20:18,35,48).
  2. 2) Dewasa ini ada persamaan di bawah perjanjian yang baru apabila gereja-gereja tidak bersedia mendisiplin atau mengucilkan anggota-anggotanya yang berdosa. Sikap toleransi terhadap dosa dan kebejatan (yaitu, sikap yang tidak ingin menerapkan disiplin alkitabiah) menunjukkan hilangnya kepekaan moral dan kesetiaan kepada Allah dan Firman-Nya oleh jemaat itu sendiri. Hukuman Allah atas jemaat semacam itu sudah pasti

    (lihat cat. --> Mat 13:30;

    lihat cat. --> Mat 18:15;

    lihat cat. --> 1Kor 5:1).

    [atau ref. Mat 13:30; 18:15; 1Kor 5:1]

BIS: Hak 20:45 - sampai ke Gideom sampai ke Gideom atau sampai dikalahkan.

sampai ke Gideom atau sampai dikalahkan.

Jerusalem: Hak 17:1--21:25 - -- Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada ki...

Kedua kisah yang termasuk dalam bagian ini, bab Hak 17:1-18:31 dan bab Hak 19:21, berbeda-beda asal-usulnya. Ceritera-ceritera itu ditambahkan pada kitab Hakim oleh karena mengenai peristiwa-peristiwa yang terjadi di zaman sebelum masa para raja. Mungkin bab-bab ini ditambahkan pada kitab Hakim sesudah masa pembuangan.

Jerusalem: Hak 19:1--21:25 - -- Seorang penyusun di masa sesudah pembuangan menggabungkan dalam bab 19-21 dua tradisi yang jelas tampil dalam bab 20-21. Tradisi yang satu bersangkuta...

Seorang penyusun di masa sesudah pembuangan menggabungkan dalam bab 19-21 dua tradisi yang jelas tampil dalam bab 20-21. Tradisi yang satu bersangkutan dengan tempat kudus di Mizpa dan yang lain dengan tempat kudus di Betel. Penggabungan itu menjelaskan mengapa ada dua ceritera mengenai orang Benyamin yang dikalahkan dan tentang Gibea yang direbut (bdk misalnya Hak 20:30-32 dan Hak 20:36-44+), dan kedua sarana untuk menjamin kelanjutan suku Benyamin, Hak 21:1-12,15-23.

Jerusalem: Hak 20:1 - dari Dan sampai Bersyeba Ungkapan yang di luar Pentateukh lazim ini menunjuk batas utara dan batas selatan wilayah yang sungguh-sungguh diduduki bangsa Israel, bdk 1Sa 3:20; 2...

Ungkapan yang di luar Pentateukh lazim ini menunjuk batas utara dan batas selatan wilayah yang sungguh-sungguh diduduki bangsa Israel, bdk 1Sa 3:20; 2Sa 3:10; 1Ra 4:25, dll. Di mana masih ditambah: tanah Gilead berdasarkan ceritera yang termaktub dalam Hak 21:8-12. Ada ungkapan-ungkapan lain yang menetapkan batas utara dan batas selatan: dari jalan masuk ke Hamat sampai negeri Mesir (atau: laut Araba), 1Ra 8:65; 2Ra 14:25, atau batas selatan dan batas utara: dari sungai Mesir sampai ke sungai besar itu (sungai Efrat), Kej 15:18; 2Ra 24:7; Bil 34:1+.

Jerusalem: Hak 20:2 - empat ratus ribu orang Angka ini (dan angka-angka dalam Hak 20:15,21 dll) jelas berlebih-lebihan.

Angka ini (dan angka-angka dalam Hak 20:15,21 dll) jelas berlebih-lebihan.

Jerusalem: Hak 20:10 - Gibea-Benyamin Dalam naskah Ibrani tertulis: Geba-Benyamin.

Dalam naskah Ibrani tertulis: Geba-Benyamin.

Jerusalem: Hak 20:12 - seluruh suku Benyamin Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: semua suku-suku Benyamin.

Begitulah menurut terjemahan-terjemahan kuno. Dalam naskah Ibrani tertulis: semua suku-suku Benyamin.

Jerusalem: Hak 20:14-48 - -- Baik dalam jalannya peristiwa maupun dalam gaya bahasanya ceritera mengenai pertempuran di Gibea serupa dengan ceritera tentang perebutan kota Ai, Yos...

Baik dalam jalannya peristiwa maupun dalam gaya bahasanya ceritera mengenai pertempuran di Gibea serupa dengan ceritera tentang perebutan kota Ai, Yos 7-8. Rupanya bukan ceritera Yosua yang mempengaruhi ceritera Hakim, tetapi sebaliknya: pertempuran di Ai serta ceriteranya diciptakan berdasarkan ceritera mengenai pertempuran di Gibea, yang sungguh-sungguh terjadi, bdk Yos 7:2+.

Jerusalem: Hak 20:22-23 - -- Sebaik-baiknya kedua ayat ini ditukar tempatnya. Ceriteranya lalu menjadi lancar. Agaknya kedua ayat ini berasal dari sebuah tradisi lain dari yang me...

Sebaik-baiknya kedua ayat ini ditukar tempatnya. Ceriteranya lalu menjadi lancar. Agaknya kedua ayat ini berasal dari sebuah tradisi lain dari yang menjadi sumber bagi kisah ini.

Jerusalem: Hak 20:28 - jawab TUHAN Kedua serangan pertama juga dilancarkan atas pesan Tuhan, Hak 20:18,23. Tetapi hanya kali ketiga Tuhan menjanjikan kemenangan. Dalam ceritera sejalan ...

Kedua serangan pertama juga dilancarkan atas pesan Tuhan, Hak 20:18,23. Tetapi hanya kali ketiga Tuhan menjanjikan kemenangan. Dalam ceritera sejalan dalam Yos 7 dikatakan bahwa orang Israel kalah oleh karena ada yang melanggar perintah bahwa segala barang harus dikhususkan bagi Tuhan. Dalam ceritera Hakim ini tidak dikatakan apa-apa mengenai sebab kekalahan orang Israel.

Jerusalem: Hak 20:29-48 - -- Dalam bagian ini dengan kurang lancar tercampur dua tradisi yang satu mengenai Mizpa, yang lain berkenan dengan Betel. Karena itu jalannya ceritera ku...

Dalam bagian ini dengan kurang lancar tercampur dua tradisi yang satu mengenai Mizpa, yang lain berkenan dengan Betel. Karena itu jalannya ceritera kurang lancar.

Jerusalem: Hak 20:33 - -- Pertempuran terjadi di sebuah tempat yang terletak antara Betel (dari situ datanglah orang Israel) dan Gibea (dari situ datanglah orang Benyamin).

Pertempuran terjadi di sebuah tempat yang terletak antara Betel (dari situ datanglah orang Israel) dan Gibea (dari situ datanglah orang Benyamin).

Jerusalem: Hak 20:36 - terpukul kalah Kalimat ini agaknya diteruskan dalam Hak 20:45 yang permulaannya secara harafiah berbunyi sbb: Dan mereka berpaling lari

Kalimat ini agaknya diteruskan dalam Hak 20:45 yang permulaannya secara harafiah berbunyi sbb: Dan mereka berpaling lari

Jerusalem: Hak 20:42 - di tengah-tengahnya Orang Benyamin terjepit antara pasukan lasykar Israel dan mereka yang di penghadapan. Begitu pula terjadi dalam Yos 8:21-22.

Orang Benyamin terjepit antara pasukan lasykar Israel dan mereka yang di penghadapan. Begitu pula terjadi dalam Yos 8:21-22.

Jerusalem: Hak 20:43 - mengejarnya dengan tak henti-hentinya Naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya dikirakan saja.

Naskah Ibrani kurang jelas dan terjemahannya dikirakan saja.

Jerusalem: Hak 20:45 - Gideon Kota itu tidak diketahui lebih lanjut. Mungkin aslinya tertulis: Geba; atau: Gibeon.

Kota itu tidak diketahui lebih lanjut. Mungkin aslinya tertulis: Geba; atau: Gibeon.

Ende: Hak 19:1--21:25 - -- Kalau fasal 17-18(Hak 17-18) menjatakan merosotnja hidup keigamaan di Israil, maka kisah jang kedua ini menggambarkan keruntuhan tatasusila bangsa ter...

Kalau fasal 17-18(Hak 17-18) menjatakan merosotnja hidup keigamaan di Israil, maka kisah jang kedua ini menggambarkan keruntuhan tatasusila bangsa terpilih. Dengan tjaranja sendiri tjerita inipun menandaskan adjaran umum kitab Hakim2. Bila bangsa terpilih murtad dari Jahwe pasti dihukum pula; bila lalu bertobat, Jahwe berbelas-kasihan dan Ia tak pernah lupa akan umatNja. Pokok inilah jang mau dikemukakan dan si pengarang tidak memberikan pernilaian mengenai segala sesuatu jang diperbuat suku2 jang masih primitip ini. Pada umumnja seluruh kedjadian itu dinilai dengan keluhan ini: Tidak ada radja di Israil sehingga setiap orang memperbuat apa sadja (Hak 19:21-25). Dalam kisahnja nampak djuga persatuan Israil jang asasi dalam agamanja, sehingga semua suku ber-sama2 bertindak untuk menghapus kedjahatan dari tengah2 bangsa. Karenanja merekapun tidak membiarkan satu suku ditumpas sama sekali.

Ende: Hak 20:9 - -- Membuang undi untuk menanjai Jahwe, bagaimana mereka harus bertindak (Hak 20:18).

Membuang undi untuk menanjai Jahwe, bagaimana mereka harus bertindak (Hak 20:18).

Ende: Hak 20:10 - -- Sepersepuluh dari rakjat harus membekali tentara.

Sepersepuluh dari rakjat harus membekali tentara.

Ende: Hak 20:23 - -- Menangis adalah upatjara ibadah, jang disertai upatjara2 lain djuga (Hak 20:26).

Menangis adalah upatjara ibadah, jang disertai upatjara2 lain djuga (Hak 20:26).

Ende: Hak 20:36-41 - -- Karena kesemuanja itu agak sukar untuk dimengerti, maka beberapa ahli berpendapat, bahwa disini (mulai Hak 20:36b) dipakai suatu tradisi lain, jang me...

Karena kesemuanja itu agak sukar untuk dimengerti, maka beberapa ahli berpendapat, bahwa disini (mulai Hak 20:36b) dipakai suatu tradisi lain, jang menandaskan peranan suatu pengadangan, sedangkan Hak 20:29-36a mengemukakan seluruh tentara sebagai pemenang. Dalam anggapan ini Hak 20:36a diteruskan ajat 42(Hak 20:42).

Endetn: Hak 20:9 - membuang.... mengenai diperbaiki. Tertulis: "diatasnja undi".

diperbaiki. Tertulis: "diatasnja undi".

Endetn: Hak 20:10 - Gibe'a diperbaiki. Tertulis: "Geba".

diperbaiki. Tertulis: "Geba".

Endetn: Hak 20:12 - suku diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai djamak.

Endetn: Hak 20:13 - jang diperbaiki dengan memisahkan huruf2 setjara lain. "(bani)", ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani, tjatatan Kere dan terdjemahan2 kuno.

diperbaiki dengan memisahkan huruf2 setjara lain. "(bani)", ditambahkan menurut beberapa naskah Hibrani, tjatatan Kere dan terdjemahan2 kuno.

Endetn: Hak 20:31 - Gibe'on diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Gibe'a".

diperbaiki menurut kiraan. Tertulis: "Gibe'a".

Endetn: Hak 20:33 - Gibe'on diperbaiki sesuai dengan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Geba'."

diperbaiki sesuai dengan terdjemahan2 kuno. Tertulis: "Geba'."

Endetn: Hak 20:38 - -- Satu kata (perbanjakkanlah) ditinggalkan.

Satu kata (perbanjakkanlah) ditinggalkan.

Endetn: Hak 20:43 - dikedjar diperbaiki. Tertulis: "dibuat mengedjar".

diperbaiki. Tertulis: "dibuat mengedjar".

Endetn: Hak 20:48 - lelaki diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "kesempurnaan, perlengkapan".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "kesempurnaan, perlengkapan".

Ref. Silang FULL: Hak 20:1 - orang Israel // sampai Bersyeba // Gilead berkumpullah // secara serentak // di Mizpa · orang Israel: Hak 21:5 · sampai Bersyeba: Kej 21:14; Kej 21:14; 1Sam 3:20; 2Sam 3:10; 17:11; 24:15; 1Raj 4:25; 2Taw 30:5 · Gile...

· orang Israel: Hak 21:5

· sampai Bersyeba: Kej 21:14; [Lihat FULL. Kej 21:14]; 1Sam 3:20; 2Sam 3:10; 17:11; 24:15; 1Raj 4:25; 2Taw 30:5

· Gilead berkumpullah: 1Sam 7:5

· secara serentak: Hak 20:11; 1Sam 11:7

· di Mizpa: Yos 11:3; [Lihat FULL. Yos 11:3]

Ref. Silang FULL: Hak 20:2 - ribu orang · ribu orang: 1Sam 11:8

· ribu orang: 1Sam 11:8

Ref. Silang FULL: Hak 20:4 - di Gibea // untuk bermalam · di Gibea: Yos 15:57; Yos 15:57 · untuk bermalam: Kej 24:23; Kej 24:23

· di Gibea: Yos 15:57; [Lihat FULL. Yos 15:57]

· untuk bermalam: Kej 24:23; [Lihat FULL. Kej 24:23]

Ref. Silang FULL: Hak 20:5 - bermaksud membunuh // sehingga mati · bermaksud membunuh: Hak 19:22; Hak 19:22 · sehingga mati: Hak 19:25-26

· bermaksud membunuh: Hak 19:22; [Lihat FULL. Hak 19:22]

· sehingga mati: Hak 19:25-26

Ref. Silang FULL: Hak 20:6 - milik pusaka // berbuat noda · milik pusaka: Hak 19:29; Hak 19:29 · berbuat noda: Hak 19:23; Hak 19:23; 2Sam 13:12

· milik pusaka: Hak 19:29; [Lihat FULL. Hak 19:29]

· berbuat noda: Hak 19:23; [Lihat FULL. Hak 19:23]; 2Sam 13:12

Ref. Silang FULL: Hak 20:7 - dan nasihatmu · dan nasihatmu: Hak 19:30; Hak 19:30

· dan nasihatmu: Hak 19:30; [Lihat FULL. Hak 19:30]

Ref. Silang FULL: Hak 20:9 - membuang undi · membuang undi: Im 16:8; Im 16:8

· membuang undi: Im 16:8; [Lihat FULL. Im 16:8]

Ref. Silang FULL: Hak 20:11 - dengan serentak · dengan serentak: Hak 20:1; Hak 20:1

· dengan serentak: Hak 20:1; [Lihat FULL. Hak 20:1]

Ref. Silang FULL: Hak 20:12 - antara kamu · antara kamu: Ul 13:14

· antara kamu: Ul 13:14

Ref. Silang FULL: Hak 20:13 - yakni orang-orang // orang Israel · yakni orang-orang: Ul 13:13; Ul 13:13 · orang Israel: Ul 13:5; Ul 13:5; 1Kor 5:13; 1Kor 5:13

· yakni orang-orang: Ul 13:13; [Lihat FULL. Ul 13:13]

· orang Israel: Ul 13:5; [Lihat FULL. Ul 13:5]; 1Kor 5:13; [Lihat FULL. 1Kor 5:13]

Ref. Silang FULL: Hak 20:16 - yang kidal · yang kidal: Hak 3:15; Hak 3:15

· yang kidal: Hak 3:15; [Lihat FULL. Hak 3:15]

Ref. Silang FULL: Hak 20:18 - ke Betel // kepada Allah // lebih dahulu // maju berperang // Suku Yehudalah · ke Betel: Yos 12:9; Yos 12:9; Hak 18:31; Hak 18:31 · kepada Allah: Hak 18:5; Hak 18:5 · lebih dahulu: Hak 1:1; Hak 1:1 ·...

· ke Betel: Yos 12:9; [Lihat FULL. Yos 12:9]; Hak 18:31; [Lihat FULL. Hak 18:31]

· kepada Allah: Hak 18:5; [Lihat FULL. Hak 18:5]

· lebih dahulu: Hak 1:1; [Lihat FULL. Hak 1:1]

· maju berperang: Hak 20:23,28

· Suku Yehudalah: Kej 49:10; [Lihat FULL. Kej 49:10]

Ref. Silang FULL: Hak 20:21 - orang Israel · orang Israel: Hak 20:25

· orang Israel: Hak 20:25

Ref. Silang FULL: Hak 20:23 - hadapan Tuhan // sampai petang // kepada Tuhan // kami berperang · hadapan Tuhan: Bil 14:1; Bil 14:1 · sampai petang: Yos 7:6 · kepada Tuhan: Hak 18:5; Hak 18:5 · kami berperang: Hak 20:1...

· hadapan Tuhan: Bil 14:1; [Lihat FULL. Bil 14:1]

· sampai petang: Yos 7:6

· kepada Tuhan: Hak 18:5; [Lihat FULL. Hak 18:5]

· kami berperang: Hak 20:18; [Lihat FULL. Hak 20:18]

Ref. Silang FULL: Hak 20:25 - orang-orang Israel · orang-orang Israel: Hak 20:21

· orang-orang Israel: Hak 20:21

Ref. Silang FULL: Hak 20:26 - hadapan Tuhan // berpuasa // korban bakaran // korban keselamatan // hadapan Tuhan · hadapan Tuhan: Bil 14:1; Bil 14:1 · berpuasa: 2Sam 12:21 · korban bakaran: Im 1:3 · korban keselamatan: Kel 32:6; Kel 32...

· hadapan Tuhan: Bil 14:1; [Lihat FULL. Bil 14:1]

· berpuasa: 2Sam 12:21

· korban bakaran: Im 1:3

· korban keselamatan: Kel 32:6; [Lihat FULL. Kel 32:6]

· hadapan Tuhan: Hak 21:4

Ref. Silang FULL: Hak 20:27 - kepada Tuhan // perjanjian Allah · kepada Tuhan: Hak 18:5; Hak 18:5 · perjanjian Allah: Bil 10:33; Bil 10:33

· kepada Tuhan: Hak 18:5; [Lihat FULL. Hak 18:5]

· perjanjian Allah: Bil 10:33; [Lihat FULL. Bil 10:33]

Ref. Silang FULL: Hak 20:28 - bin Eleazar // waktu itu // dalam tanganmu · bin Eleazar: Bil 25:7 · waktu itu: Ul 18:5 · dalam tanganmu: Yos 2:24; Yos 2:24

· bin Eleazar: Bil 25:7

· waktu itu: Ul 18:5

· dalam tanganmu: Yos 2:24; [Lihat FULL. Yos 2:24]

Ref. Silang FULL: Hak 20:29 - menempatkan penghadang-penghadang · menempatkan penghadang-penghadang: Yos 8:2,4; Yos 8:2; Yos 8:4

· menempatkan penghadang-penghadang: Yos 8:2,4; [Lihat FULL. Yos 8:2]; [Lihat FULL. Yos 8:4]

Ref. Silang FULL: Hak 20:31 - mereka terpancing // ke Betel · mereka terpancing: Yos 8:16 · ke Betel: Yos 16:1

· mereka terpancing: Yos 8:16

· ke Betel: Yos 16:1

Ref. Silang FULL: Hak 20:32 - seperti semula · seperti semula: Hak 20:39

· seperti semula: Hak 20:39

Ref. Silang FULL: Hak 20:33 - dari tempatnya · dari tempatnya: Yos 8:19

· dari tempatnya: Yos 8:19

Ref. Silang FULL: Hak 20:34 - tidak tahu // bahwa malapetaka · tidak tahu: Yos 8:14 · bahwa malapetaka: Hak 20:41

· tidak tahu: Yos 8:14

· bahwa malapetaka: Hak 20:41

Ref. Silang FULL: Hak 20:35 - suku Benyamin · suku Benyamin: 1Sam 9:21

· suku Benyamin: 1Sam 9:21

Ref. Silang FULL: Hak 20:36 - agak mundur // mempercayai penghadang-penghadang · agak mundur: Yos 8:15 · mempercayai penghadang-penghadang: Yos 8:2

· agak mundur: Yos 8:15

· mempercayai penghadang-penghadang: Yos 8:2

Ref. Silang FULL: Hak 20:37 - mata pedang · mata pedang: Yos 8:19

· mata pedang: Yos 8:19

Ref. Silang FULL: Hak 20:38 - gumpalan asap // dari kota · gumpalan asap: Yos 8:20 · dari kota: Yos 8:4-8

· gumpalan asap: Yos 8:20

· dari kota: Yos 8:4-8

Ref. Silang FULL: Hak 20:39 - dalam pertempuran · dalam pertempuran: Hak 20:32; Mazm 78:9

· dalam pertempuran: Hak 20:32; Mazm 78:9

Ref. Silang FULL: Hak 20:40 - ke langit · ke langit: Yos 8:20

· ke langit: Yos 8:20

Ref. Silang FULL: Hak 20:41 - Israel maju // datang menimpa · Israel maju: Yos 8:21 · datang menimpa: Hak 20:34

· Israel maju: Yos 8:21

· datang menimpa: Hak 20:34

Ref. Silang FULL: Hak 20:44 - gagah perkasa · gagah perkasa: 1Sam 10:26; Mazm 76:6

· gagah perkasa: 1Sam 10:26; Mazm 76:6

Ref. Silang FULL: Hak 20:45 - batu Rimon · batu Rimon: Yos 15:32; Yos 15:32

· batu Rimon: Yos 15:32; [Lihat FULL. Yos 15:32]

Ref. Silang FULL: Hak 20:46 - suku Benyamin · suku Benyamin: 1Sam 9:21

· suku Benyamin: 1Sam 9:21

Ref. Silang FULL: Hak 20:48 - dengan api · dengan api: Hak 21:23

· dengan api: Hak 21:23

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Hak 20:1-11 - Persepakatan Melawan Gibea Ke dalam kitab peperangan TUHAN kisah dalam pasal ini seharusnya dimasukkan, namun kisah ini tampak menyedihkan dan tidak menghibur sama seperti tu...

Matthew Henry: Hak 20:12-17 - Peperangan Melawan Bani Benyamin Peperangan Melawan Bani Benyamin (20:12-17) Dalam perikop ini kita mendapati, I. Tuntutan yang pantas dan adil yang diajukan oleh suku-suku ...

Matthew Henry: Hak 20:18-25 - Peperangan Melawan Bani Benyamin Peperangan Melawan Bani Benyamin (20:18-25) Dalam perikop ini kita mendapati kekalahan orang Israel dalam pertempuran mereka yang pertama dan kedua...

Matthew Henry: Hak 20:26-48 - Kekalahan Bani Benyamin Kekalahan Bani Benyamin (20:26-48) Dalam perikop ini kita mendapati cerita lengkap tentang kemenangan tuntas yang diperoleh orang-orang Israel atas...

SH: Hak 20:1-28 - Kekacauan masal. (Jumat, 7 November 1997) Kekacauan masal. Bentrokan antar suku dan perang dapat terjadi walaupun awalnya hanya masalah yang menyangkut satu orang. Semua suku-suku Israel mara...

SH: Hak 20:1-17 - Bukan semata demi persatuan (Kamis, 5 Juni 2008) Bukan semata demi persatuan "Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh", tampaknya tengah dihayati oleh bangsa Israel usai mendengar kisah si Lew...

SH: Hak 20:1-28 - Miliki kepekaan rohani (Kamis, 26 September 2013) Miliki kepekaan rohani Perang saudara yang terjadi menunjukkan orang-orang Israel, selain Benyamin, masih memiliki kepekaan rohani sehingga mereka me...

SH: Hak 20:1-48 - Berani Mengakui Kesalahan (Sabtu, 22 Agustus 2020) Berani Mengakui Kesalahan Berani mengakui kesalahan merupakan hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Terkadang, kita tidak sadar telah melakukan sebu...

SH: Hak 20:18-48 - Dahulukan Allah! (Jumat, 6 Juni 2008) Dahulukan Allah! Pencarian akan kehendak Allah rupanya masih dianggap penting oleh Israel. Mereka ingin tahu bagaimana strategi Allah agar merek...

SH: Hak 20:29-48 - Bukan sekadar kemarahan. (Sabtu, 8 November 1997) Bukan sekadar kemarahan. Suku-suku Israel memerangi suku Benyamin bukan sekadar bermodalkan kemarahan. Mereka maju melawan suku Benyamin dengan strat...

SH: Hak 20:29-48 - Betapa kelamnya natur manusia (Jumat, 27 September 2013) Betapa kelamnya natur manusia Bagian yang kita baca hari ini mengisahkan salah satu adegan perang saudara paling berdarah dalam sejarah Israel. Benya...

Topik Teologia: Hak 20:2 - -- Gereja Kiasan dan Nama untuk Umat Allah, Gereja Kiasan dan Nama dalam Perjanjian Lama Jemaah Umat Allah Hak 20:2

Topik Teologia: Hak 20:26 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Berkomunikasi dengan Allah Puasa Disertai dengan Rasa Terhina dan Doa Hak 20:26-28 Ezr ...

Topik Teologia: Hak 20:27 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Berpuasa Sikap-sikap Terhadap Puasa Puasa Disertai dengan R...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kemurtadan dan Pembebasan Tanggal Penulisan: Sekitar tahun 1050 -- 1000 SM Latar Belakang Kit...

Full Life: Hakim-hakim (Garis Besar) Garis Besar I. Ketidaktaatan dan Kemurtadan Israel Diperkenalkan (Hak 1:1-3:6) A. Israel Gagal Membersihkan Kanaan ...

Matthew Henry: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Kitab ini dalam bahasa Ibrani disebut Syefer Syoftim, yaitu Kitab Hakim-hakim, yang dalam Alkitab terjemahan bahasa Aram dan bahasa Arab lebih dipe...

Ende: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENDAHULUAN Kitab “Hakim2” mendapat namanja dari tokoh2 jang memainkan peranan utama dalam kisah jang dikumpulkan dalam kitab ini.sedj...

TFTWMS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) PANDANGLAH KEPADA YESUS UNTUK MEMPEROLEH HARAPAN SUDAHKAH SEJAUH INI? (HAKIM-HAKIM 19-21) "Benar-benar menggoncang pikiran. Setiap hari Anda be...

TFTWMS: Hakim-hakim (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 "2 admit pushing boy, 5, 14 floors to his death," Arkansas Democrat-Gazette (15 October 1994): 3A. 2 Steve Farrar, Po...

BIS: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) HAKIM-HAKIM PENGANTAR Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah za

HAKIM-HAKIM

PENGANTAR

Buku Hakim-hakim berisi kisah-kisah dari suatu zaman dalam sejarah Israel sebelum bangsa itu menjadi suatu kerajaan. Itulah zaman antara pendudukan Kanaan dan berdirinya kerajaan Israel. Kisah-kisah tersebut adalah mengenai hal-hal yang dilakukan oleh pahlawan-pahlawan bangsa. Mereka lazimnya disebut hakim, tetapi kebanyakan dari mereka sebenarnya adalah pemimpin-pemimpin militer, dan bukan hakim menurut arti yang biasa. Salah seorang dari para pahlawan itu, yang sangat terkenal, ialah Simson. Kisahnya terdapat dalam Pasal 13-16 (Hak 13:1-16:31).

Ajaran utama dari buku ini ialah bahwa hanya dengan setia kepada Tuhan, umat Israel dapat bertahan terus; tetapi bila mereka meninggalkan Tuhan, mereka selalu mendapat kesukaran besar. Namun dalam masa yang demikian pun Allah selalu bersedia menolong umat-Nya apabila mereka bertobat dari dosa-dosa mereka dan beribadat kepada Allah.

Isi

  1.  Peristiwa-peristiwa yang terjadi sampai pada kematian Yosua
    Hak 1:1-2:10
  2.  Pemimpin-pemimpin Israel
    Hak 2:11-16:31
  3.  Berbagai-bagai peristiwa
    Hak 17:1-21:25

Ajaran: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup d

Tujuan

Supaya dengan melihat isi kitab Hakim-hakim setiap anggota jemaat mengerti akan kebesaran kasih Allah dalam mengampuni umat-Nya, yang hidup dalam perbuatan dosa. Dan sekaligus melihat keadilan Allah dalam menghukum perbuatan-perbuatan dosa.

Pendahuluan

Penulis : Penulis kitab Hakim-hakim tidak disebutkan dengan jelas, tetapi ada kemungkinan penulisnya adalah Samuel.

Isi Kitab: Kitab Hakim-hakim terdiri dari 21 pasal. Kitab Hakim-hakim menceritakan keadaan umat Allah yang hidup dengan menuruti kemauannya sendiri dan memperlihatkan keadaan umat-Nya yang melupakan Dia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hakim-hakim

  1. Pasal 1-3 (Hak 1:1-3:4).

    Keadaan bangsa Israel sesudah kematian Yosua Dalam bagian pertama ini terlihat suatu putaran yang terjadi dalam kehidupan bangsa ini. Mereka berbuat dosa sehingga Tuhan memberikan hukuman. Di dalam penderitaan mereka berteriak minta tolong, maka Tuhan menjawab doa mereka dengan mengutus hakim-hakim untuk memimpin dan melindungi mereka. Tetapi setelah hakim itu mati, mereka berbuat jahat lagi. Oleh karena itu Tuhan memberi hukuman lagi supaya mereka harus tetap menurut jalan yang dikehendaki oleh Tuhan.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 2:6-14. Mengapakah bangsa Israel dihukum oleh Allah? Dan apakah hukumannya?
    2. Bacalah pasal Hak 2:16-19. Apakah maksud Tuhan dengan memberikan hakim-hakim pada umat-Nya? Dan bagaimanakah perbuatan umat Allah ini setelah Haki tersebut mati?
  2. Pasal 3-16 (Hak 3:5-16:31).

    Riwayat Hakim-hakim dan pekerjaannya

    Hakim-hakim yang diutus oleh Tuhan berjumlah 12 orang. Ada 6 hakim besar yaitu yang menghasilkan banyak kemenangan. Mereka itu adalah Otniel, Ehud, Debora, Gideon, Jefta dan Simson. Ada juga 6 hakim kecil yang menghasilkan kemenangan tapi tidak banyak yang tertulis mengenai mereka. Mereka itu adalah Samgar, Tola, Yair, Ebzan, Elon dan Abdon.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 6:14. Melalui panggilan Gideon ini, apakah pekerjaan yan ditugaskan oleh Allah kepada Hakim-hakim?
    2. Apakah persoalan yang menjadi dasar bangsa Israe menderita? (Hak 8:33-34).
  3. Pasal 17-21 (Hak 17:1-21:25).

    Dua contoh kehidupan umat Allah, dalam perbuatan yang bejat

    Bagian ini menjelaskan tentang: pertama, perbuatan Mikha dengan patungannya, yang mengakibatkan bangsa Israel menyembah berhala.

    Dan kedua, dosa perzinahan yang sangat keji dari suku Benyamin, yang mengakibatkan terjadi perang saudara di antara bangsa Israel.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hak 18:24,31. Berilah pendapat saudara terhadap perkataan pemili patung dalam pasal Hak 18:24.
    2. Bacalah pasal Hak 20:1-11. Apakah perbuatan dosa itu? Dan apakah akibatnya?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hakim-hakim mengajarkan kegagalan umat Allah dalam mentaati perjanjiannya kepada Allah dan akibat yang harus mereka alami dari ketidaktaatan itu.

  2. Walaupun Allah melihat umat-Nya gagal dalam berjalan mengikut Dia karena ketidaktaatan, tetapi Dia tetap mengasihi umat-Nya dengan memberi penyelamatan untuk berdiri dari kejatuhannya.

  3. Penderitaan kadang kala merupakan cara Allah mengajar umat-Nya yang tidak mau taat kepada-Nya.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis kitab Hakim-hakim?
  2. Apakah isi kitab Hakim-hakim?
  3. Siapakah nama Hakim-hakim umat Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dari mempelajari kita Hakim-hakim?

Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) Lingkaran Dosa HAKIM-HAKIMHakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Is

Lingkaran Dosa

HAKIM-HAKIM
Hakim-hakim merupakan kitab yang penting karena memberikan gambaran mengenai hubungan antara Yosua, yang memimpin bangsa Israel masuk ke Kanaan, dengan Saul, Daud dan raja-raja Israel lainnya. Selama masa hakim-hakim, Israel lambat laun belajar untuk menjadi suatu bangsa dan bukan lagi sebagai dua belas suku yang berdiri sendiri-sendiri.

PENULISNYA
Kita tidak tahu siapa penulis kitab itu. Mungkin juga dikumpulkan dari catatan-catatan pada masa itu dan lama sesudahnya baru diterbitkan. Tiga kali dinyatakan dalam kitab itu bahwa "pada masa itu Israel tidak mempunya raja" (Hak 17:6; 18:1; 21:25), hal ini mengisyaratkan bahwa kitab itu diterbitkan beberapa waktu sesudah kerajaan dibentuk.

SIAPA HAKIM-HAKIM ITU?
Judul kitab itu agak membingungkan, karena kedua belas "hakim-hakim" itu tidak semata-mata mengurusi masalah hukum; mereka adalah para pangeran yang diilhami oleh Roh Kudus untuk memberikan semacam kepemimpinan karismatis pada saat-saat diperlukan. Ada dua belas hakim, dan yang menarik ialah bahwa Yefta menyebut Allah sebagai "Tuhan, Hakim" (Hak 11:27), memakai panggilan yang sama seperti yang diberikan kepada para hakim. Mereka menyadari bahwa mereka dipimpin oleh kuasa ilahi dan bukan semata-mata pilihan manusia.

LINGKARAN DOSA
Kitab ini terdiri dari pendahuluan (Hak 1:1-2:5) dan lampiran (Hak 17:1-21:25), dan sisanya berisi kisah dari kedua belas hakim dan enam masa penindasan. Lingkaran peristiwa yang terjadi:
1. Rakyat hidup sejahtera. Tidak ada keperluan khusus dengan Allah. Oleh karena itu, Allah ditinggalkan dan ilah-ilah dari negara tetangga yang kafir mengambil alih kedudukan Allah.
2. Penindasan. Allah meninggalkan mereka menurut kemauan mereka sendiri. Allah membiarkan mereka mengurus diri mereka sendiri! Moab dan Amon, bangsa Filistin dan orang Midian semuanya berbalik menyerang Israel.
3. Pertobatan. Israel mengakui kesalahan mereka dan berbalik kepada Allah, memohon pengampunan. Setiap kali Allah selalu bersedia mengampuni dan memulihkan mereka.
4. Pembebasan. Seorang hakim muncul untuk membebaskan umat Allah. Setiap kali jelas bahwa Allahlah yang menyelamatkan melalui hakim itu.
5. Rakyat kembali hidup sejahtera... lingkaran dosa berulang kembali.

Pesan

Lingkaran dosa digambarkan dalam Hak 6:1-8:35

1. Tujuh tahun di bawah penindasan.
Perhatikan bagaimana kondisi bangsa Israel yang merosot tajam, hidup bagaikan orang gua di gunung-gunung sebelum mereka bersedia memohon pertolongan Allah. Hak 6:1-6

2. Tugas tanpa pamrih
Para hakim mendapatkan kemuliaan sebagai penyelamat dan menerima pernyataan terima kasih dari umat Allah. Nabi yang tak bernama ini mendapat tugas tidak enak untuk menyampaikan pesan Allah tentang penghakiman. Tetapi, ia melakukan apa yang diperintahkan Allah kepadanya. Hak 6:7-10

3. Tuhan menampakkan diri kepada Gideon
Apabila Allah menyelamatkan, hal itu harus dianggap sebagai penyelamatan Allah, bukan manusia (lihat Ula 7:6-11), dan oleh karenanya Allah memilih seorang yang tidak terkenal, Gideon, seorang yang dapat dipakai-Nya, yang tidak akan memegahkan dirinya. Hak 6:11-24

4. Suatu keputusan yang amat penting
Gideon masih harus menyatakan siapa dirinya. Dia harus membuat langkah yang pantang surut: ia menantang Baal dan berpihak kepada Allah. Perhatikan bagaimana pembelaan ayahnya ketika penduduk kota akan menghukum Gideon karena telah menghancurkan altar Baal: "Jika Baal itu allah, biarlah ia berjuang membela dirinya sendiri, setelah mezbahnya dirobohkan orang!". Tetapi, ia tidak dapat melakukannya karena ia bukan Allah. Hak 6:25-32

5. Peletakan guntingan bulu domba
Tetapi, dapat dimengerti jika Gideon mempunyai keraguan. Lihatlah betapa sabar Allah terhadapnya, dan dorongan semangat yang diperlukan Gideon. Hak 6:33-40

6. Orang Midian dikalahkan
Prajurit mereka seperti belalang banyaknya (Hak 7:12). Gideon hanya mempunyai 32.000 tentara. Jumlah ini cukup besar bagi pasukan Israel. Dikurangi hingga menjadi 10.000 ketika orang-orang yang takut pulang. Dikurangi lagi sampai mencapai 300 ketika mereka yang tidak waspada dikirim pulang. Tetapi, 300 tentara disertai Allah sudah cukup. Hak 7:1-25

7. Gideon menghadapi lebih banyak masalah
Suku Efraim ingin diikutsertakan dalam kemenangan (meskipun mereka mungkin tidak terlalu bersemangat sebelum pertempuran dimulai). Catatlah bagaimana Gideon mengendalikan reaksinya terhadap provokasi langsung itu. Dan, orang Sukot tidak membantu Gideon. Mereka ingin memastikan hasil peperangan sebelum memihak kepada salah satu pasukan. Oleh karena itu, Gideon berjuang tanpa mereka. Tetapi, mereka kehilangan kesukaan berada di pihak yang menang. Hak 8:1-21

8. Gideon menjadi masalah
Tragedi: kemenangan telah memalingkan kepalanya. Ataukah emas yang telah memalingkan kepalanya; emas yang merebut kedudukan Allah? Hak 8:22-27

9. Kematian Gideon.
Rakyat kembali menyembah Baal. Hak 8:28-35

Penerapan

1. Kelemahan manusia yang tidak ditopang
Kitab Hakim-hakim meliputi suatu periode selama kurang lebih 400 tahun. Dalam jangka waktu yang relatif singkat ini dua belas orang penyelamat harus dicari untuk menyelamatkan bangsa Israel dari akibat perbuatan mereka. Mereka bukannya tidak tahu fakta sejarah. Mereka seharusnya tahu apa yang selalu terjadi apabila mereka meninggalkan Allah. Namun demikian, berkali-kali mereka menjalani rute yang sama, yaitu rute pemberontakan. "Yang kita pelajari dari sejarah ialah bahwa kita tidak pernah belajar apa pun dari sejarah". Secara rohani, hal ini rupanya benar. Manusia tanpa Allah tidak berdaya. Orang Kristen tanpa Roh Allah tidak dapat menguasai keadaan. Kitab Hakim-hakim memberikan kepada kita suatu pelajaran yang tidak dapat disangkal, yang menunjukkan betapa kita memerlukan seorang Penyelamat.

2. Anugerah Allah yang tidak layak kita terima.
Pelajaran penting kedua yang kita dapat dari Hakim-hakim ialah bahwa Allah selalu dan dengan tanpa syarat siap untuk mengampuni dan menyelamatkan orang bertobat (Yes 65:1-3). Tetapi, pelajaran kedua ini juga merupakan peringatan kepada kita bahwa kita diharapkan untuk menunjukkan kemurahan yang sama kepada sesama. Lebih dari itu jika kita tidak mengampuni orang lain, kita tidak dapat berharap untuk diampuni (Mat 6:15).

3. Para pemimpin perlu bersikap rendah hati
Pelajaran penting ketiga dari Hakim-hakim ialah bahwa Allahlah yang menghakimi dan menyelamatkan, bukan manusia. Mudah bagi para pemimpin untuk menganggap bahwa Allah memerlukan mereka, atau gereja memerlukan mereka; dan bahwa mereka sangat dibutuhkan. Perhatikan bagaimana Allah memilih Gideon, orang yang paling tidak diindahkan dalam keluarganya dan yang paling tidak dianggap dalam sukunya. Allah ditambah dengan orang tidak terkenal berarti kuasa!

Tema-tema Kunci

1. Bahaya sinkretisme
Sinkretisme berarti mencampurbaurkan segala sesuatu; yang baik dan yang jahat. Hal-hal yang berhubungan dengan Allah dengan yang manusiawi. Ketika bangsa Israel memasuki Kanaan, mereka menemukan banyak agama yang dapat mereka pilih. Tampaknya dewa-dewa orang Kanaan dapat membantu mereka untuk bertani dengan baik dan bertempur dalam peperangan. Tetapi, tata ibadah mereka sungguh-sungguh melanggar kesusilaan. Orang Kanaan tetap tinggal di situ dan bekerja pada orang Israel (Hak 1:28, 30, 33, 35). Tetapi, agama orang Kanaan lambat laun memperlemah bangsa Israel, dan merampas mereka dari Allah. Perhatikan kata-kata Tuhan Yesus: "Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon" (Mat 6:24). Pelajari pengajaran Alkitab mengenai penyelewengan (misalnya: 1Ko 5; 2Ko 6:14-18; 1Yo 2:15-17).

2. Keputusan yang amat penting.
Orang Kristen diubahkan dari suatu cara hidup yang lama kepada cara hidup yang lain. Sering kali perubahan ini menyebabkan krisis. Kita tahu bahwa setelah diubahkan tidak ada jalan untuk berbalik. Ini dapat berarti melakukan sesuatu yang baru, misalnya pergi ke gereja. Mungkin juga hal itu berarti membagi-bagikan harta. Bagi Gideon ini berarti meruntuhkan sebuah patung dewa. Tidak mungkin hanya mencoba-coba menjadi Kristen untuk melihat apakah sesuai dengan keinginan kita. Seperti halnya Gideon yang membatalkan niatnya untuk mengundurkan diri lalu menyerahkan dirinya ke dalam tangan Allah, demikian juga halnya dengan kita ketika kita datang kepada Kristus. Pelajari beberapa keputusan penting yang ada dalam Alkitab. Perhatikan para tukang sihir yang membakar buku-buku sihir mereka (Kis 19:19); Rut yang tinggal bersama ibu mertuanya (Rut 1:1-18); dan Rahab yang memutuskan untuk memberikan perlindungan kepada mata-mata Yosua (Yos 2:1-21); Yos 6:22-25). Keputusan penting apa saja yang dapat Anda pikirkan bagi orang yang menjadi Kristen dewasa ini?

3. Pertobatan
Pertobatan merupakan satu-satunya syarat bagi pembebasan bangsa Israel. Tetapi, apakah sebenarnya pertobatan? Gunakanlah konkordansi untuk mempelajari tema yang sangat penting di dalam Alkitab ini. Berikut ini beberapa ayat untuk memulai telaah Anda: Mat 21:28-32; Luk 15:3-7, 17-20; 2Sa 12:7-17; Maz 51; 1-10; Kis 8:20-22; 2Ko 7:9-11.

Garis Besar Intisari: Hakim-hakim (Pendahuluan Kitab) [1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5 Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka Hak 1:26-36Keberhasilan yang

[1] PENDUDUKAN KANAAN Hak 1:1-2:5

Hak 1:1-21Yehuda dan Simeon merintis jalan
Hak 1:22-25Yusuf mengikuti jejak mereka
Hak 1:26-36Keberhasilan yang terbatas: akibat kompromi
Hak 2:1-5Hari depan yang terbatas: respons Tuhan terhadap kompromi

[2] PEMERINTAHAN KEDUA BELAS HAKIM Hak 2:6-16:31

Hak 2:6-9Penjelasan: kematian Yosua
Hak 2:10-23Lingkaran dosa dijelaskan
Hak 3:1-6Lingkungan yang tidak ramah akibat kompromi
Hak 3:7-11Hakim pertama, Otniel
Hak 3:12-14Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 3:15-25Hakim kedua, Ehud
Hak 3:26-30Keadaan damai selama delapan puluh tahun
Hak 3:31Hakim ketiga, Samgar
Hak 4:1-3Berada dalam penindasan selama dua puluh tahun
Hak 4:4, 5Hakim keempat, Debora
Hak 4:6-10Barak di bawah perintahnya
Hak 4:11-24Sisera, komandan tentara Kanaan dibunuh oleh seorang wanita
Hak 5:1-31Sebuah duet
Hak 6:1-6Berada dalam penindasan selama tujuh tahun
Hak 6:7-24Hakim kelima, Gideon
Hak 6:25-32Tantangan kepada Baal
Hak 6:33-40Peletakan guntingan bulu domba
Hak 7:1-25Orang Midian dikalahkan
Hak 8:1-21Masalah yang dihadapi Gideon bertambah
Hak 8:22-27Gideon menjadi masalah
Hak 8:28-35Kematian Gideon
Hak 9:1-57Anak laki-laki Gideon mengambil alih pimpinan
Hak 10:1-2Hakim keenam, Tola
Hak 10:3-5Hakim ketujuh, Yair
Hak 10:16-18Berada dalam penindasan selama delapan belas tahun
Hak 11:1-33Hakim ke delapan Yefta
Hak 11:34-40Akibat yang luar biasa dari sumpah yang diucapkan dengan tergesa-gesa
Hak 12:1-7Keluhan suku Efraim
Hak 12:8-15Tiga hakim kecil: Ebzan, Elon dan Abdon
Hak 13:1-25Hakim kedua belas, Simson
Hak 14:1-20Perkawinannya, dan suatu tipu muslihat
Hak 15:1-20Pembalasan Simson
Hak 16:1-22Simson dan Delila
Hak 16:23-31Kematian Simson

[3] BUNGAI RAMPAI SEJARAH Hak 17:1-21:25

Hak 17:1-18:31Mikha dan suku Dan
Hak 19:1-21:25Perang saudara
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.57 detik
dipersembahkan oleh YLSA