kecilkan semua  

Teks -- Hagai 2:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
2:1 (#2-#2) dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu, datanglah firman TUHAN dengan perantaraan nabi Hagai, bunyinya: 2:2 (#2-#3) "Katakanlah kepada Zerubabel bin Sealtiel, bupati Yehuda, dan kepada Yosua bin Yozadak, imam besar, dan kepada selebihnya dari bangsa itu, demikian: 2:3 (#2-#4) Masih adakah di antara kamu yang telah melihat Rumah ini dalam kemegahannya semula? Dan bagaimanakah kamu lihat keadaannya sekarang? Bukankah keadaannya di matamu seperti tidak ada artinya? 2:4 (#2-#5) Tetapi sekarang, kuatkanlah hatimu, hai Zerubabel, demikianlah firman TUHAN; kuatkanlah hatimu, hai Yosua bin Yozadak, imam besar; kuatkanlah hatimu, hai segala rakyat negeri, demikianlah firman TUHAN; bekerjalah, sebab Aku ini menyertai kamu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, 2:5 (#2-#6) sesuai dengan janji yang telah Kuikat dengan kamu pada waktu kamu keluar dari Mesir. Dan Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Janganlah takut! 2:6 (#2-#7) Sebab beginilah firman TUHAN semesta alam: Sedikit waktu lagi maka Aku akan menggoncangkan langit dan bumi, laut dan darat; 2:7 (#2-#8) Aku akan menggoncangkan segala bangsa, sehingga barang yang indah-indah kepunyaan segala bangsa datang mengalir, maka Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan, firman TUHAN semesta alam. 2:8 (#2-#9) Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman TUHAN semesta alam. 2:9 (#2-#10) Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya yang semula, firman TUHAN semesta alam, dan di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera, demikianlah firman TUHAN semesta alam."
Pembangunan Bait Suci terancam oleh ikut sertanya orang-orang najis
2:10 (#2-#11) Pada tanggal dua puluh empat bulan yang kesembilan, pada tahun yang kedua zaman Darius, datanglah firman TUHAN kepada nabi Hagai, bunyinya: 2:11 (#2-#12) "Beginilah firman TUHAN semesta alam itu: Tanyakanlah pengajaran kepada para imam. 2:12 (#2-#13) Andaikata seseorang membawa daging kudus dalam punca bajunya, lalu dengan puncanya itu ia menyentuh roti atau sesuatu masakan atau anggur atau minyak atau sesuatu yang dapat dimakan, menjadi kuduskah yang disentuh itu?" Lalu para imam itu menjawab, katanya: "Tidak!" 2:13 (#2-#14) Berkatalah pula Hagai: "Jika seseorang yang najis oleh mayat menyentuh semuanya ini, menjadi najiskah yang disentuh itu?" Lalu para imam itu menjawab, katanya: "Tentu!" 2:14 (#2-#15) Maka berbicaralah Hagai, katanya: "Begitu juga dengan umat ini dan dengan bangsa ini di hadapan-Ku, demikianlah firman TUHAN, dan dengan segala yang dibuat tangan mereka; dan yang dipersembahkan mereka di sana adalah najis."
Pembangunan Bait Suci mendatangkan berkat
2:15 (#2-#16) "Maka sekarang, perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya! Sebelum ditaruh orang batu demi batu untuk pembangunan bait TUHAN, 2:16 (#2-#17) bagaimana keadaanmu? Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang, hanya ada sepuluh; dan ketika orang pergi ke tempat pemerasan anggur untuk mencedok lima puluh takar, hanya ada dua puluh. 2:17 (#2-#18) Aku telah memukul kamu dengan hama dan penyakit gandum dan segala yang dibuat tanganmu dengan hujan batu; namun kamu tidak berbalik kepada-Ku, demikianlah firman TUHAN. 2:18 (#2-#19) Perhatikanlah mulai dari hari ini dan selanjutnya -- mulai dari hari yang kedua puluh empat bulan kesembilan. Mulai dari hari diletakkannya dasar bait TUHAN perhatikanlah 2:19 (#2-#20) apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung, dan apakah pohon anggur dan pohon ara, pohon delima dan pohon zaitun belum berbuah? Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!"
Janji kepada Zerubabel
2:20 (#2-#21) Maka datanglah firman TUHAN untuk kedua kalinya kepada Hagai pada tanggal dua puluh empat bulan itu, bunyinya: 2:21 (#2-#22) "Katakanlah kepada Zerubabel, bupati Yehuda, begini: Aku akan menggoncangkan langit dan bumi 2:22 (#2-#23) dan akan menunggangbalikkan takhta raja-raja; Aku akan memunahkan kekuasaan kerajaan bangsa-bangsa dan akan menjungkirbalikkan kereta dan pengendaranya; kuda dan pengendaranya akan mati rebah, masing-masing oleh pedang temannya. 2:23 (#2-#24) Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mengambil engkau, hai Zerubabel bin Sealtiel, hamba-Ku -- demikianlah firman TUHAN -- dan akan menjadikan engkau seperti cincin meterai; sebab engkaulah yang Kupilih, demikianlah firman TUHAN semesta alam."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Hagai a prophet during the time of Zerubbabel
 · Mesir descendants of Mizraim
 · Sealtiel a son of Neri; the father of Zerubbabel; an ancestor of Jesus,son of King Jehoiachin; father of Zerubbabel who was the governor of Judah
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yesua a son of Eliezer; the father of Er; an ancestor of Jesus,the son of Nun and successor of Moses,son of Nun of Ephraim; successor to Moses,a man: owner of the field where the ark stopped,governor of Jerusalem under King Josiah,son of Jehozadak; high priest in the time of Zerubbabel
 · Yosua a son of Eliezer; the father of Er; an ancestor of Jesus,the son of Nun and successor of Moses,son of Nun of Ephraim; successor to Moses,a man: owner of the field where the ark stopped,governor of Jerusalem under King Josiah,son of Jehozadak; high priest in the time of Zerubbabel
 · Yozadak father of Jeshua the priest in the time of Ezra
 · Zerubabel a son of Shealtiel; the father of Abiud; an ancestor of Jesus,son of Pedaiah (Shealtiel?) son of King Jehoiachin


Topik/Tema Kamus: Zerubabel | Hagai | Yosua | Bait Suci Yang Kedua | Nubuat Tentang Kristus | Gempa Bumi | Pilih, Pilihan | Air Anggur | Minyak | Pohon Anggur | Pohon Ara | Susah, Kesusahan Orang Fasik | Pohon Delima | Meterai | Laut | Emas | Dosa Suatu Bangsa | Gelar Dan Nama Yang Diberikan; Kepada Kristus | Anugerah Roh Kudus | Kuda | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hag 2:3 - RUMAH INI DALAM KEMEGAHANNYA SEMULA. Nas : Hag 2:4 Ketika Bait Suci pasca-pembangunan selesai dibangun, beberapa orang tawar hati dan kecewa karena beranggapan Bait Suci yang sekarang ...

Nas : Hag 2:4

Ketika Bait Suci pasca-pembangunan selesai dibangun, beberapa orang tawar hati dan kecewa karena beranggapan Bait Suci yang sekarang ini "tidak ada artinya" dibandingkan dengan kemegahan Bait Suci pertama yang dibangun Salomo. Demikian Allah membesarkan hati umat itu dengan tiga janji:

  1. (1) Allah sendiri akan bersama-sama mereka untuk menggenapi semua janji dalam perjanjian-Nya (Hag 2:5;

    lihat cat. --> Hag 1:13 sebelumnya),

    [atau ref. Hag 1:13]

  2. (2) Roh Allah akan berdiam di antara umat itu (Hag 2:6), dan
  3. (3) kemegahan kemudian dari rumah Allah akan lebih besar daripada yang semula karena peragaan kekuatan kuasa-Nya yang lebih besar (ayat Hag 2:10; bd. pelayanan Yesus dan para rasul sebagaimana tercatat dalam Injil-Injil dan Kisah Para Rasul). Bukan keindahan bangunan gereja yang akhirnya akan menghasilkan buah bagi kerajaan Allah. Hal yang perlu sekali dalam jemaat kita ialah kehadiran Allah yang dinyatakan melalui Roh Kudus, karunia-karunia, pelayanan-pelayanan dan kuasa-Nya

    (lihat art. KARUNIA ROHANI BAGI ORANG PERCAYA).

    Kita harus bertanya pada diri sendiri: Sudahkah Roh Kudus dinyatakan secara luar biasa di dalam kumpulan-kumpulan kita, ataukah hanya sedikit atau sama sekali tidak ada bukti kehadiran dan kuasa-Nya di antara kita?

Full Life: Hag 2:6-9 - SEDIKIT WAKTU LAGI ... AKU AKAN MENGGONCANGKAN LANGIT DAN BUMI. Nas : Hag 2:7-10 Ayat-ayat ini mengacu kepada hukuman Allah atas dunia sebelum dan bersamaan dengan kedatangan kembali Kristus ke bumi (bd. Ibr 12:...

Nas : Hag 2:7-10

Ayat-ayat ini mengacu kepada hukuman Allah atas dunia sebelum dan bersamaan dengan kedatangan kembali Kristus ke bumi (bd. Ibr 12:26-27); "langit dan bumi bergoncang" (Yoel 3:16; bd. Mat 24:29-30). Kemuliaan Allah kemudian akan memenuhi Bait Suci seperti belum pernah terjadi sebelumnya, dan Dia akan berdiam di antara umat-Nya dalam sejahtera sebagai Juruselamat yang mulia.

Full Life: Hag 2:10-14 - TANYAKANLAH ... KEPADA PARA IMAM. Nas : Hag 2:11-15 Allah menerangkan kepada umat-Nya bahwa kekudusan tidak dapat disalurkan melalui sentuhan, sebaliknya pengaruh merusak dari dosa ...

Nas : Hag 2:11-15

Allah menerangkan kepada umat-Nya bahwa kekudusan tidak dapat disalurkan melalui sentuhan, sebaliknya pengaruh merusak dari dosa dapat; dengan kata lain, tinggal di negeri yang kudus tidak akan menjadikan mereka kudus, tetapi dosa di dalam hidup mereka akan mencemarkan segala sesuatu yang mereka lakukan, termasuk ibadah mereka.

Full Life: Hag 2:15-19 - PERHATIKANLAH. Nas : Hag 2:16-20 Allah meminta umat-Nya mempertimbangkan apa sebabnya mereka tidak diberkati oleh-Nya di masa lampau; alasannya ialah ketidaktaata...

Nas : Hag 2:16-20

Allah meminta umat-Nya mempertimbangkan apa sebabnya mereka tidak diberkati oleh-Nya di masa lampau; alasannya ialah ketidaktaatan mereka (lih. Hag 1:9-11). Akan tetapi, kini karena kesediaan mereka untuk membangun kembali Bait Suci, Allah akan menyebabkan segala yang mereka lakukan berhasil. Prinsip ini juga terungkap dalam PB: perkenan, kasih dan persekutuan Allah datang kepada kita hanya apabila kita terus mencari Dia dan menaati perintah-perintah-Nya (lih. Yoh 14:21-23).

Full Life: Hag 2:21 - MENGGONCANGKAN LANGIT DAN BUMI. Nas : Hag 2:22 Nabi Hagai membesarkan hati Zerubabel, gubernur umat Allah, dengan mengatakan bahwa pada suatu hari Allah akan memunahkan kuasa semu...

Nas : Hag 2:22

Nabi Hagai membesarkan hati Zerubabel, gubernur umat Allah, dengan mengatakan bahwa pada suatu hari Allah akan memunahkan kuasa semua kerajaan dan bangsa di dunia; hari itu adalah saat Yesus Kristus akan memerintah seluruh penduduk bumi (lih. Wahy 19:11-21).

Full Life: Hag 2:23 - SEPERTI CINCIN METERAI. Nas : Hag 2:24 Ketika tiba saatnya untuk Allah menggoncangkan langit dan bumi, Dia akan menjadikan Zerubabel bagaikan cincin meterai. Cincin ini me...

Nas : Hag 2:24

Ketika tiba saatnya untuk Allah menggoncangkan langit dan bumi, Dia akan menjadikan Zerubabel bagaikan cincin meterai. Cincin ini merupakan tanda resmi kekuasaan tertinggi dan ikrar perkenan terhadap umat Allah. Hagai mungkin menubuatkan bahwa Yesus Kristus, sebagai keturunan Zerubabel (lih. Mat 1:12-13), "pada waktu itu" akan menjadi penguasa tertinggi yang akan memerintah secara mutlak dan universal.

Jerusalem: Hag 2:5 - sesuai dengan janji... dari Mesir Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan agaknya sebuah sisipan. Kata "janji" (Ibraninya:dabar) mungkin perlu diperbaiki menjadi "perjanjian" (I...

Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani dan agaknya sebuah sisipan. Kata "janji" (Ibraninya:dabar) mungkin perlu diperbaiki menjadi "perjanjian" (Ibraninya: berith)

Jerusalem: Hag 2:6-7 - -- Menurut pandangan nabi Hagai, satu-satunya yang membimbing sejarah ialah Tuhan. Ketika nabi menubuatkan "hari Tuhan", Ams 5:18+; Ams 8:9+, yang membuk...

Menurut pandangan nabi Hagai, satu-satunya yang membimbing sejarah ialah Tuhan. Ketika nabi menubuatkan "hari Tuhan", Ams 5:18+; Ams 8:9+, yang membuka zaman baru, dunia sementara tenang dan tenteram, diperintah raja Darius. Goncangan dunia semesta yang tidak lama lagi akan terjadi, dan dibangunkannya bait Allah yang baru menjadi pratanda zaman kebahagiaan, zaman Mesias.

Jerusalem: Hag 2:7 - barang yang indah-indah Harafiah: yang diinginkan. Terjemahan Latin Vulgata menghubungkan ayat ini dengan diri Mesias: Et veniet Desideratus cunctis gentibus.

Harafiah: yang diinginkan. Terjemahan Latin Vulgata menghubungkan ayat ini dengan diri Mesias: Et veniet Desideratus cunctis gentibus.

Jerusalem: Hag 2:9 - Rumah ini Sejak nabi Yehezkiel bait Allah bdk 2Sa 7:13+, menduduki tempat pusat dalam pengharapan akan zaman keselamatan kelak. memanglah dalam bait Allah yang ...

Sejak nabi Yehezkiel bait Allah bdk 2Sa 7:13+, menduduki tempat pusat dalam pengharapan akan zaman keselamatan kelak. memanglah dalam bait Allah yang didirikan sesudah pembuangan dan yang dipugar serta diperintah oleh raja Herodes Agung, tampillah Kristus. Terjemahan Yunani masih menambah dan ketenteraman hati buat menyelamatkan setiap orang yang meletakkan dasar untuk mendirikan Bait Suci.

Jerusalem: Hag 2:10 - Pada tanggal.... Ialah Desember th 520 seb Mas.

Ialah Desember th 520 seb Mas.

Jerusalem: Hag 2:12-13 - -- Rupanya kenajisan lebih menular dari pada kekudusan. Sesudah persoalan ini mengenai hukum tentang tahir dan najis.

Rupanya kenajisan lebih menular dari pada kekudusan. Sesudah persoalan ini mengenai hukum tentang tahir dan najis.

Jerusalem: Hag 2:14 - segala yang dibuat tangan mereka Yang dimaksud ialah panenan, bdk Ula 24:19; 28:12; 30:9. Di tempat bait Allah dahulu orang terus menyelenggarakan ibadat: pada th 538 seb Mas mezbah k...

Yang dimaksud ialah panenan, bdk Ula 24:19; 28:12; 30:9. Di tempat bait Allah dahulu orang terus menyelenggarakan ibadat: pada th 538 seb Mas mezbah kurban bakar sudah didirikan kembali. Dalam Hag 2:15 ini Hagai mengetrapkan fatwa yang diberikan dalam Hag 2:13-14; Umat adalah najis dan najis pula persembahannya. Ucapan Hagai ini keras sekali dan nadanya itu berbeda sekali dengan nada keterangan yang tercantum dalam Hag 2:2-9. Mungkin ucapan Hag 2:15 ini mengenai orang Samaria, bdk Ezr 4:1-5. Pada akhir Hag 2:15 terjemahan Yunani menambah: oleh karena untung mereka yang sebelum waktunya maka mereka akan menderita oleh karena jerih payahnya dan hendaklah kamu di pintu gerbang membenci mereka yang mencela.

Jerusalem: Hag 2:15-19 - -- Isi bagian ini melengkapi apa yang dikatakan dalam Hag 1:1-2 Ia dan barangkali bagian ini harus disambung dengan Hag 2:1.

Isi bagian ini melengkapi apa yang dikatakan dalam Hag 1:1-2 Ia dan barangkali bagian ini harus disambung dengan Hag 2:1.

Jerusalem: Hag 2:16 - bagaimana keadaanmu? Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: dari keadaanmu

Begitulah terbaca dalam terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: dari keadaanmu

Jerusalem: Hag 2:16 - Ketika orang pergi Dalam naskah Ibrani tertulis: ia pergi.

Dalam naskah Ibrani tertulis: ia pergi.

Jerusalem: Hag 2:18 - mulai dari hari.... bait TUHAN Bagian ini merupakan sebuah sisipan yang sebagaimana tidak sesuai dengan Hag 2:1.

Bagian ini merupakan sebuah sisipan yang sebagaimana tidak sesuai dengan Hag 2:1.

Jerusalem: Hag 2:23 - mengambil engkau Ungkapan ini berarti bahwa Zerubabel dipilih oleh Allah dan diberi tugas penting dalam sejarah penyelamat. Begitulah Allah mengambil, Yos 24:3, orang ...

Ungkapan ini berarti bahwa Zerubabel dipilih oleh Allah dan diberi tugas penting dalam sejarah penyelamat. Begitulah Allah mengambil, Yos 24:3, orang Lewi. Bil 3:12, dan Daud, 2Sa 7:8. Zerubabel adalah keturunan Daud dan dirinya melanjutkan pengharapan akan Mesias-Raja, bdk 2Sa 7:1+; Yes 7:14+. Diri Zerubabel menjadi titik pengental pengharapan dahulu. Bdk Zak 6:12

Jerusalem: Hag 2:23 - cincin meterai Cincin itu dipakai untuk memeteraikan surat dan tulisan resmi, 1Ra 21:8. Cincin itu menjadi milik pribadi dan disimpan baik-baik digantung pada leher,...

Cincin itu dipakai untuk memeteraikan surat dan tulisan resmi, 1Ra 21:8. Cincin itu menjadi milik pribadi dan disimpan baik-baik digantung pada leher, Kej 38:18 atau dipasang pada jari tangan, Yer 22:24.

Ende: Hag 2:1 - -- Oktober 530 Seb. mas.

Oktober 530 Seb. mas.

Ende: Hag 2:5 - RohKu jaitu Allah sendiri jang menjertai umatNja digurun dengan tenaga ilahiNja serta melindungi mereka terhadap segala sesuatu. Demikianlah Allah sekarang ...

jaitu Allah sendiri jang menjertai umatNja digurun dengan tenaga ilahiNja serta melindungi mereka terhadap segala sesuatu. Demikianlah Allah sekarang menjertai umatNja pula, sehingga tidak perlu takut terhadap musuh (orang2 Samaria).

Ende: Hag 2:6-8 - -- Nabi melukiskan masa depan, masa al-Masih, jang didahului oleh matjam2 bentjana alam dan diantara manusia, sebagaimana lazimnja digambarkan para nabi....

Nabi melukiskan masa depan, masa al-Masih, jang didahului oleh matjam2 bentjana alam dan diantara manusia, sebagaimana lazimnja digambarkan para nabi. Pada masa itu baitullah, jang sederhana itu, akan dikundjungi semua bangsa, artinja mereka akan mengakui Allah Israil. Kesemuanja itu diurus oleh Jahwe sendiri jang memimpin sedjarah. Kesemuanja itu terpenuhi setjara lebih tinggi lagi dengan kedatangan al-Masih, Jesus dari Nazaret.

Ende: Hag 2:10 - -- Desember 520 seb-Mas.

Desember 520 seb-Mas.

Ende: Hag 2:13-14 - -- Kenadjisan lebih menular daripada ketahiran (Hag 2:12). Nah, orang2 Samaria (bangsa ini) nadjis bagi orang2 Jahudi. Makanja mereka tidak boleh mempers...

Kenadjisan lebih menular daripada ketahiran (Hag 2:12). Nah, orang2 Samaria (bangsa ini) nadjis bagi orang2 Jahudi. Makanja mereka tidak boleh mempersembahkan kurban dari hasil bumi (pekerdjaan tangan) dalam baitullah itu bersama dengan orang2 Jahudi (kamu) agar mereka djangan kena nadjis pula. Nabi menentang tjampuran orang2 Jahudi dengan orang2 Samaria dalam ibadah di Jerusjalem.

Ende: Hag 2:15-19 - -- Beberapa ahli menjangka, bahwa bagian itu tidak ada pada tempatnja. Maka dipindahkan keachir fasal 1 (Hag 1:15; 1:13; 2:15-19).

Beberapa ahli menjangka, bahwa bagian itu tidak ada pada tempatnja. Maka dipindahkan keachir fasal 1 (Hag 1:15; 1:13; 2:15-19).

Ende: Hag 2:18-19 - -- Setelah orang2 Jahudi mulai membangun baitullah, maka mereka diberkati Jahwe dengan panenan jang berlimpah. Itupun membuktikan, bahwa bentjana kekerin...

Setelah orang2 Jahudi mulai membangun baitullah, maka mereka diberkati Jahwe dengan panenan jang berlimpah. Itupun membuktikan, bahwa bentjana kekeringan dahulu adalah hukuman atas kelalaian rakjat dalam pembangunan baitullah.

Ende: Hag 2:22 - pedang saudaranja Akan ada perang saudara.

Akan ada perang saudara.

Ende: Hag 2:23 - mengambil engkau jaitu Zerubabel akan dipilih Jahwe untuk suatu tugas jang istimewa. Ia mendjadi tjinta meterai Allah, artinja sangat akrab dan amat berharga pada Alla...

jaitu Zerubabel akan dipilih Jahwe untuk suatu tugas jang istimewa. Ia mendjadi tjinta meterai Allah, artinja sangat akrab dan amat berharga pada Allah. Ia diangkat mendjadi radja dan wakil Jahwe sendiri.

Endetn: Hag 2:2 - (seluruh) ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Endetn: Hag 2:6 - -- Ditinggalkan: "satu".

Ditinggalkan: "satu".

Endetn: Hag 2:7 - harta-benda diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani pakai mufrad, seharusnja djamak.

diperbaiki sedikit. Naskah Hibrani pakai mufrad, seharusnja djamak.

Endetn: Hag 2:16 - keadaanmu diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak dapat diartikan.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tidak dapat diartikan.

Endetn: Hag 2:16 - orang diperbaiki (2x). Tertulis: "ia datang".

diperbaiki (2x). Tertulis: "ia datang".

Endetn: Hag 2:16 - (dari dalam) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Hag 2:19 - (surut) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Hag 2:19 - (apa) ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

ditambahkan menurut terdjemahan Junani.

Endetn: Hag 2:19 - belum djuga berbuah menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Hag 2:22 - (tewas) ditambahkan.

ditambahkan.

Ref. Silang FULL: Hag 2:1 - dalam bulan // nabi Hagai · dalam bulan: Hag 2:11,21; Im 23:34; Im 23:34; Yoh 7:37 · nabi Hagai: Ezr 5:1; Ezr 5:1

· dalam bulan: Hag 2:11,21; Im 23:34; [Lihat FULL. Im 23:34]; Yoh 7:37

· nabi Hagai: Ezr 5:1; [Lihat FULL. Ezr 5:1]

Ref. Silang FULL: Hag 2:2 - kepada Zerubabel // bin Yozadak // kepada selebihnya · kepada Zerubabel: Hag 1:1 · bin Yozadak: 1Taw 6:15; 1Taw 6:15 · kepada selebihnya: Hag 1:12; Hag 1:12

· kepada Zerubabel: Hag 1:1

· bin Yozadak: 1Taw 6:15; [Lihat FULL. 1Taw 6:15]

· kepada selebihnya: Hag 1:12; [Lihat FULL. Hag 1:12]

Ref. Silang FULL: Hag 2:3 - melihat Rumah // ada artinya · melihat Rumah: Ezr 3:12; Ezr 3:12; Yes 60:7; Yes 60:7 · ada artinya: Za 4:10

· melihat Rumah: Ezr 3:12; [Lihat FULL. Ezr 3:12]; Yes 60:7; [Lihat FULL. Yes 60:7]

· ada artinya: Za 4:10

Ref. Silang FULL: Hag 2:4 - kuatkanlah // bin Yozadak // ini menyertai · kuatkanlah: 1Taw 28:20; 1Taw 28:20; Za 8:9; Ef 6:10; Ef 6:10 · bin Yozadak: 1Taw 6:15; 1Taw 6:15 · ini menyertai: Kel 33:14; Ke...

· kuatkanlah: 1Taw 28:20; [Lihat FULL. 1Taw 28:20]; Za 8:9; Ef 6:10; [Lihat FULL. Ef 6:10]

· bin Yozadak: 1Taw 6:15; [Lihat FULL. 1Taw 6:15]

· ini menyertai: Kel 33:14; [Lihat FULL. Kel 33:14]; Bil 14:9; [Lihat FULL. Bil 14:9]; 2Sam 5:10; [Lihat FULL. 2Sam 5:10]; Kis 7:9

Ref. Silang FULL: Hag 2:5 - dengan janji // dari Mesir // Dan Roh-Ku // Janganlah takut · dengan janji: Kej 6:18; Kej 6:18 · dari Mesir: Kel 29:46; Kel 29:46 · Dan Roh-Ku: Neh 9:20; Neh 9:20 · Janganlah takut: ...

· dengan janji: Kej 6:18; [Lihat FULL. Kej 6:18]

· dari Mesir: Kel 29:46; [Lihat FULL. Kel 29:46]

· Dan Roh-Ku: Neh 9:20; [Lihat FULL. Neh 9:20]

· Janganlah takut: Kej 15:1; [Lihat FULL. Kej 15:1]; 1Taw 28:20; Ezr 5:2; [Lihat FULL. Ezr 5:2]; Za 8:13

Ref. Silang FULL: Hag 2:6 - Sedikit waktu // dan bumi · Sedikit waktu: Yes 10:25; Yes 10:25 · dan bumi: Kel 19:18; Kel 19:18; Ayub 9:6; Ayub 9:6; Yes 14:16; Yes 14:16; Yeh 38:19; Yeh 38:19; ...

· Sedikit waktu: Yes 10:25; [Lihat FULL. Yes 10:25]

· dan bumi: Kel 19:18; [Lihat FULL. Kel 19:18]; Ayub 9:6; [Lihat FULL. Ayub 9:6]; Yes 14:16; [Lihat FULL. Yes 14:16]; Yeh 38:19; [Lihat FULL. Yeh 38:19]; Ibr 12:26%&

Ref. Silang FULL: Hag 2:7 - yang indah-indah // memenuhi Rumah // dengan kemegahan · yang indah-indah: 1Sam 9:20; 1Sam 9:20 · memenuhi Rumah: Yes 60:7; Yes 60:7 · dengan kemegahan: Kel 16:7; Kel 16:7; Kel 29:43;...

· yang indah-indah: 1Sam 9:20; [Lihat FULL. 1Sam 9:20]

· memenuhi Rumah: Yes 60:7; [Lihat FULL. Yes 60:7]

· dengan kemegahan: Kel 16:7; [Lihat FULL. Kel 16:7]; Kel 29:43; [Lihat FULL. Kel 29:43]; Luk 2:32

Ref. Silang FULL: Hag 2:8 - kepunyaan-Kulah emas · kepunyaan-Kulah emas: 1Taw 29:2; 1Taw 29:2

· kepunyaan-Kulah emas: 1Taw 29:2; [Lihat FULL. 1Taw 29:2]

Ref. Silang FULL: Hag 2:9 - Adapun Rumah // ini, kemegahannya // damai sejahtera · Adapun Rumah: Ezr 3:12; Ezr 3:12; Yes 60:7; Yes 60:7 · ini, kemegahannya: Mazm 85:10; Mazm 85:10; Yes 11:10; Yes 11:10 · damai ...

· Adapun Rumah: Ezr 3:12; [Lihat FULL. Ezr 3:12]; Yes 60:7; [Lihat FULL. Yes 60:7]

· ini, kemegahannya: Mazm 85:10; [Lihat FULL. Mazm 85:10]; Yes 11:10; [Lihat FULL. Yes 11:10]

· damai sejahtera: Im 26:6; [Lihat FULL. Im 26:6]; Yes 60:17; [Lihat FULL. Yes 60:17]

Ref. Silang FULL: Hag 2:10 - empat bulan · empat bulan: Hag 2:2; Hag 2:2; Hag 2:1; Hag 2:1

· empat bulan: Hag 2:2; [Lihat FULL. Hag 2:2]; Hag 2:1; [Lihat FULL. Hag 2:1]

Ref. Silang FULL: Hag 2:11 - para imam · para imam: Im 10:10-11; Im 10:10; Im 10:11; Ul 17:8-11; 33:8; Yer 18:18; Yer 18:18

· para imam: Im 10:10-11; [Lihat FULL. Im 10:10]; [Lihat FULL. Im 10:11]; Ul 17:8-11; 33:8; Yer 18:18; [Lihat FULL. Yer 18:18]

Ref. Silang FULL: Hag 2:12 - membawa daging // menjadi kuduskah · membawa daging: Yer 11:15 · menjadi kuduskah: Kej 7:2; Kej 7:2; Im 6:27; Im 6:27; Mat 23:19

· membawa daging: Yer 11:15

· menjadi kuduskah: Kej 7:2; [Lihat FULL. Kej 7:2]; Im 6:27; [Lihat FULL. Im 6:27]; Mat 23:19

Ref. Silang FULL: Hag 2:13 - menjadi najiskah · menjadi najiskah: Im 22:4-6; Bil 19:13

· menjadi najiskah: Im 22:4-6; Bil 19:13

Ref. Silang FULL: Hag 2:14 - dengan umat // yang dipersembahkan · dengan umat: Yes 29:13; Yes 29:13 · yang dipersembahkan: Mazm 51:19; Mazm 51:19; Yes 1:13; Yes 1:13

· dengan umat: Yes 29:13; [Lihat FULL. Yes 29:13]

· yang dipersembahkan: Mazm 51:19; [Lihat FULL. Mazm 51:19]; Yes 1:13; [Lihat FULL. Yes 1:13]

Ref. Silang FULL: Hag 2:15 - sekarang, perhatikanlah // Sebelum ditaruh // bait Tuhan · sekarang, perhatikanlah: Hag 1:5; Hag 1:5 · Sebelum ditaruh: Ezr 3:10; Ezr 3:10 · bait Tuhan: Ezr 4:24

· sekarang, perhatikanlah: Hag 1:5; [Lihat FULL. Hag 1:5]

· Sebelum ditaruh: Ezr 3:10; [Lihat FULL. Ezr 3:10]

· bait Tuhan: Ezr 4:24

Ref. Silang FULL: Hag 2:16 - suatu timbunan // tempat pemerasan // dua puluh · suatu timbunan: Rut 3:7; Rut 3:7 · tempat pemerasan: Ayub 24:11; Ayub 24:11; Yes 5:2; Yes 5:2 · dua puluh: Ul 28:38; Ul 28:38; ...

· suatu timbunan: Rut 3:7; [Lihat FULL. Rut 3:7]

· tempat pemerasan: Ayub 24:11; [Lihat FULL. Ayub 24:11]; Yes 5:2; [Lihat FULL. Yes 5:2]

· dua puluh: Ul 28:38; [Lihat FULL. Ul 28:38]; Yes 5:10; [Lihat FULL. Yes 5:10]; Hag 1:6; [Lihat FULL. Hag 1:6]

Ref. Silang FULL: Hag 2:17 - dengan hama // dibuat tanganmu // hujan batu // tidak berbalik // firman Tuhan · dengan hama: Ul 28:22; Ul 28:22 · dibuat tanganmu: Hag 1:11 · hujan batu: Kel 9:18; Kel 9:18; Mazm 78:48 · tidak berbali...

· dengan hama: Ul 28:22; [Lihat FULL. Ul 28:22]

· dibuat tanganmu: Hag 1:11

· hujan batu: Kel 9:18; [Lihat FULL. Kel 9:18]; Mazm 78:48

· tidak berbalik: Yes 9:12; [Lihat FULL. Yes 9:12]; Yer 3:10; [Lihat FULL. Yer 3:10]

· firman Tuhan: Am 4:6; [Lihat FULL. Am 4:6]

Ref. Silang FULL: Hag 2:18 - Perhatikanlah // diletakkannya dasar · Perhatikanlah: Hag 1:5; Hag 1:5 · diletakkannya dasar: Ezr 3:11; Ezr 3:11

· Perhatikanlah: Hag 1:5; [Lihat FULL. Hag 1:5]

· diletakkannya dasar: Ezr 3:11; [Lihat FULL. Ezr 3:11]

Ref. Silang FULL: Hag 2:19 - pohon delima // belum berbuah // memberi berkat · pohon delima: Kel 28:33; Kel 28:33 · belum berbuah: Yoel 1:12; Yoel 1:12 · memberi berkat: Kej 12:2; Kej 12:2; Im 25:21; Im 25:...

· pohon delima: Kel 28:33; [Lihat FULL. Kel 28:33]

· belum berbuah: Yoel 1:12; [Lihat FULL. Yoel 1:12]

· memberi berkat: Kej 12:2; [Lihat FULL. Kej 12:2]; Im 25:21; [Lihat FULL. Im 25:21]; Mazm 128:1-6; Yoel 2:14; [Lihat FULL. Yoel 2:14]

Ref. Silang FULL: Hag 2:20 - kepada Hagai // empat bulan · kepada Hagai: Ezr 5:1; Ezr 5:1 · empat bulan: Hag 2:2; Hag 2:2; Hag 2:1; Hag 2:1

· kepada Hagai: Ezr 5:1; [Lihat FULL. Ezr 5:1]

· empat bulan: Hag 2:2; [Lihat FULL. Hag 2:2]; Hag 2:1; [Lihat FULL. Hag 2:1]

Ref. Silang FULL: Hag 2:21 - kepada Zerubabel // akan menggoncangkan · kepada Zerubabel: Ezr 5:2; Ezr 5:2 · akan menggoncangkan: Yes 14:16; Yes 14:16; Yeh 38:19-20

· kepada Zerubabel: Ezr 5:2; [Lihat FULL. Ezr 5:2]

· akan menggoncangkan: Yes 14:16; [Lihat FULL. Yes 14:16]; Yeh 38:19-20

Ref. Silang FULL: Hag 2:22 - akan menunggangbalikkan // kekuasaan kerajaan // menjungkirbalikkan kereta // dan pengendaranya // pedang temannya · akan menunggangbalikkan: Kej 19:25; Kej 19:25; Ayub 2:13; Ayub 2:13 · kekuasaan kerajaan: Dan 2:44; Dan 2:44 · menjungkirbalikk...

· akan menunggangbalikkan: Kej 19:25; [Lihat FULL. Kej 19:25]; Ayub 2:13; [Lihat FULL. Ayub 2:13]

· kekuasaan kerajaan: Dan 2:44; [Lihat FULL. Dan 2:44]

· menjungkirbalikkan kereta: Mi 5:9; [Lihat FULL. Mi 5:9]

· dan pengendaranya: Kel 15:21; [Lihat FULL. Kel 15:21]

· pedang temannya: Hak 7:22; [Lihat FULL. Hak 7:22]; Yeh 38:21; [Lihat FULL. Yeh 38:21]

Ref. Silang FULL: Hag 2:23 - Pada waktu // hai Zerubabel // Sealtiel, hamba-Ku // seperti cincin · Pada waktu: Yes 2:11; 10:20; Za 4:10 · hai Zerubabel: Mat 1:12 · Sealtiel, hamba-Ku: Yes 20:3; Yes 20:3; Dan 9:24-26; Dan 9:24 ...

· Pada waktu: Yes 2:11; 10:20; Za 4:10

· hai Zerubabel: Mat 1:12

· Sealtiel, hamba-Ku: Yes 20:3; [Lihat FULL. Yes 20:3]; Dan 9:24-26; [Lihat FULL. Dan 9:24] s/d 26

· seperti cincin: Kej 38:18; [Lihat FULL. Kej 38:18]; Kel 28:9; [Lihat FULL. Kel 28:9]; 2Kor 1:22

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Hag 2:1 - Dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu 2. Dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu. Pesan kedua dari sang nabi diberi tanggal hari ketujuh dari Perayaan Hari Pondok D...

2. Dalam bulan yang ketujuh, pada tanggal dua puluh satu bulan itu. Pesan kedua dari sang nabi diberi tanggal hari ketujuh dari Perayaan Hari Pondok Daun, yaitu perayaan panen terakhir dalam penanggalan Ibrani (bdg. Im. 23:39-44). Perayaan ini ditandai dengan kegembiraan besar (sebagaimana keadaannya sampai sekarang), dan persembahan kurban ucapan syukur jumlahnya lebih banyak pada hari akhir daripada hari-hari lain dalam setahun. Meskipun demikian, dengan panen yang kurang dan permulaan yang lambat dari pembangunan kembali Bait Allah, kontras dengan keadaan-keadaan sebelumnya pasti sangat menyakitkan. Oleh karena itulah dibutuhkan dorongan semangat (bdg. Ezr. 3:12, 13). Iblis sering kali melakukan serangan terhebatnya terhadap manusia tepat setelah mereka dengan tegas memutuskan untuk mengikuti pimpinan TUHAN. Bangsa ini sangat memerlukan dorongan kuat untuk melindungi mereka dari keadaan patah semangat. Dalam pasal pertama, yang dibutuhkan adalah pesan tentang hati nurani dan kemauan dari bangsa yang bersikap acuh tak acuh itu; di sini yang dibutuhkan adalah perkataan yang menghibur dan menggembirakan bagi hati bangsa yang sudah sadar ini.

Wycliffe: Hag 2:3 - Masih adakah di antara kamu ... ? // Seperti tidak ada artinya? 4. Masih adakah di antara kamu ... ? Kata-kata ini ditujukan kepada para pemimpin pemerintahan dan agama serta orang-orang tersisa yang kembali. Allah...

4. Masih adakah di antara kamu ... ? Kata-kata ini ditujukan kepada para pemimpin pemerintahan dan agama serta orang-orang tersisa yang kembali. Allah sedang membandingkan Bait Allah Salomo dengan Bait Allah yang waktu itu sedang dibangun. Melalui Hagai Allah bertanya kepada para pemimpin dan rakyat mengenai berapa banyak dari mereka yang mengingat keagungan bangunan yang pertama. Setelah selang waktu tujuh puluh tahun pembuangan, kemungkinan hanya tinggal sedikit orang yang pernah menyaksikan Bait Allah yang terdahulu. Seperti tidak ada artinya? Alasan munculnya pertanyaan TUHAN ini terdapat pada kisah dalam Ezra 3:8-13. Catatan itu menyatakan bahwa pada saat pendirian Bait Allah yang kedua, para imam mengiringi upacara dengan menyanyikan mazmur dan meniup nafiri. Generasi yang lebih muda, tanpa maksud membandingkan dalam hal ini, bersukaria atas prestasi tersebut. Namun orang yang lebih tua yang telah mengetahui kemegahan Bait Allah yang pertama, menangis secara terbuka karena perbedaan mencolok antara kedua tempat suci. Hagai mengarahkan pertanyaan tersebut kepada kelompok kedua. Dari sudut pandang Allah, hanya ada satu rumah TUHAN di Yerusalem, baik yang dibangun oleh Salomo, Zerubabel, atau yang kemudian dibangun oleh Herodes. Oleh karena itu, Allah menyebut 'bangunan Salomo sebagai "Rumah ini dalam kemegahannya semula." Pikiran-pikiran Allah bukanlah pikiran-pikiran manusia, dan penilaian-Nya dibuat berdasarkan hal-hal yang mutlak.

Wycliffe: Hag 2:4 - Kuatkanlah 5. Kuatkanlah. Dalam tiga kali ucapan sama yang ditujukan kepada raja, imam besar, dan seluruh rakyat itu TUHAN menyuruh semuanya untuk kuat. Allah, y...

5. Kuatkanlah. Dalam tiga kali ucapan sama yang ditujukan kepada raja, imam besar, dan seluruh rakyat itu TUHAN menyuruh semuanya untuk kuat. Allah, yang mula-mula telah menarik perbedaan yang jelas antara bangunan-bangunan itu, sekarang memberikan kepada bangsa itu dasar-dasar rohani bagi pelaksanaan tugas mereka. Tujuan-Nya dalam menyatakan perbedaan tersebut bukan untuk mengecilkan hati mereka, melainkan lebih untuk membawa mereka kepada kesadaran tentang pentingnya pekerjaan itu, tentang ketidakmampuan mereka untuk menyelesaikannya dengan kekuatan mereka sendiri, dan tentang perlunya bersandar pada Dia yang serba mencukupi. TUHAN adalah kekuatan mereka. Sekali lagi, perkataan yang meringankan diberikan bahwa kehadiran TUHAN akan merupakan bagian tetap mereka.

Wycliffe: Hag 2:5 - Janji yang telah Kuikat dengan kamu // Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu 6. Janji yang telah Kuikat dengan kamu. Bila ada negara di dunia ini yang bisa memiliki kepastian mengenai sifat Tuhan yang dapat dipercaya berkenaan ...

6. Janji yang telah Kuikat dengan kamu. Bila ada negara di dunia ini yang bisa memiliki kepastian mengenai sifat Tuhan yang dapat dipercaya berkenaan dengan janji-janji-Nya, itulah Israel. Dia telah mengikat janji (harf., memotong perjanjian, berbicara tentang korban-korban - yang dipotong dua untuk mengesahkan sebuah perjanjian; bdg. Kej. 15:10) untuk masuk dalam sebuah hubungan yang permanen dengan bani Israel ketika mereka meninggalkan Mesir. Pandangan tertuju kepada perjanjian di atas Gunung Sinai (bdg. Kel. 19:5; khususnya 33:12-14). Karena Allah sudah setia pada janji-Nya itu sepanjang abad-abad yang lampau dalam sejarah Israel, Dia pasti dapat diandalkan untuk tetap menjunjung tinggi janji-Nya kepada orang-orang yang hidup sezaman dengan Nabi Hagai. Roh-Ku tetap tinggal di tengah-tengahmu. Untuk menjamin kebenaran janji itu maka Roh Tuhan tinggal di tengah-tengah mereka. Tuhan tidak meninggalkan mereka, walaupun Dia sangat tidak senang pada sikap acuh tak acuh mereka terhadap kasih-Nya dan perintah-perintah-Nya. Mereka sama sekali tidak perlu takut.

Wycliffe: Hag 2:6 - Sedikit waktu lagi // Aku akan menggoncangkan langit 7. Sedikit waktu lagi. Ungkapan yang tidak jelas ini barangkali berarti bahwa hanya dalam waktu singkat peristiwa-peristiwa yang dinyatakan tersebut a...

7. Sedikit waktu lagi. Ungkapan yang tidak jelas ini barangkali berarti bahwa hanya dalam waktu singkat peristiwa-peristiwa yang dinyatakan tersebut akan terjadi. Aku akan menggoncangkan langit. Ayat ini dan tiga ayat setelahnya dengan jelas menyatakan pemikiran mengenai Mesias (lih. juga Yes. 61:1-3; Dan. 9:24-27; Za. 9:9, 10). Di sini pesan nabi memadukan rincian tentang kedatangan pertama dan kedatangan kedua Kristus, sebagaimana yang sering diberikan dalam nubuatan-nubuatan PL yang lain. Prediksi mengenai bergoncangnya langit, bumi, laut, dan daratan tentu bukan sekadar peragaan luar biasa tentang kemahakuasaan Allah atas alam semesta; keseluruhan suasana dari nubuatan ini membawa pembaca kepada zaman wahyu. Di sini Allah sekali lagi terlihat campur tangan secara bijaksana dan secara nyata dalam urusan manusia. Hubungan pemikiran apakah yang mungkin ada antara pernyataan dalam ayat ini dengan yang dalam ayat 5? Nabi mendorong bangsa Yahudi untuk melaksanakan pekerjaan membangun Bait Allah dengan segenap ketekunan, sebab, katanya meyakinkan mereka, Allah mereka, Tuhan atas segala bangsa, tidak lama lagi akan menyatakan kuasa-Nya yang dahsyat demi Israel. Dia akan menggoncangkan alam semesta dan merobohkan kerajaan-kerajaan di dunia yang bersifat terbatas, dengan maksud untuk mendirikan kerajaan terakhir dan final di muka bumi, yaitu kerajaan Putra terkasih Allah.

Wycliffe: Hag 2:7 - Aku akan menggoncangkan segala bangsa // Kepunyaan segala bangsa datang mengalir // Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan 8. Aku akan menggoncangkan segala bangsa. Prediksi ini menunjuk pada pemberontakan dan pergolakan di kerajaan Persia dan Yunani. Tidak seorang pun dap...

8. Aku akan menggoncangkan segala bangsa. Prediksi ini menunjuk pada pemberontakan dan pergolakan di kerajaan Persia dan Yunani. Tidak seorang pun dapat secara masuk akal menyangkal bahwa pemerintahan-pemerintahan ini digoncangkan pada masa lampau. Akan tetapi, membaca secara teliti nubuat-nubuat dalam Alkitab akan meyakinkan siswa yang tak berprasangka bahwa peristiwa-peristiwa itu. hanya merupakan langkah persiapan dalam proses di mana Allah akan mengeluarkan kerajaan-kerajaan tersebut dari dunia, untuk menggantikan mereka dengan pemerintahan yang adil oleh Mesias Israel dan Penebus dunia (lih. Ibr. 12:26,27; Why. 11:15). Kepunyaan segala bangsa datang mengalir. Para penerjemah belum sependapat dalam menerjemahkan empat kata Ibrani dari bagian ayat ini. LXX menerjemahkannya, barang-barang pilihan dari segala bangsa akan datang. ASV lebih suka menerjemahkannya dengan barang-barang berharga dari segala bangsa, dengan bacaan di pinggir barang-barang yang diinginkan (Ibr. keinginan) segala bangsa akan datang. Yang lainnya berpendapat: Bangsa-bangsa lain akan datang dengan barang-barang sangat indah milik mereka, atau harta berharga milik bangsa kafir. Arti apa yang hendak diberikan pada bagian ini bila terjemahan-terjemahan ini diikuti? Kurang megahnya dekorasi luar Bait Allah Zerubabel akan lebih dari sekadar tertutupi oleh pemberian-pemberian berharga yang akan diserahkan oleh segala bangsa untuk menjadikan Bait Allah sesuatu yang indah dan mulia. Tentu saja, penghargaan-penghargaan seperti itu bagi Tuhan akan diberikan karena penghormatan yang benar kepada-Nya. Untuk mendukung penafsiran ini disebutkan bahwa itu merupakan penafsiran terbaik untuk pemakaian subyek tunggal feminin dan kata kerja jamak.

Meskipun demikian, harus diingat bahwa sejak masa-masa awal, sebagian besar penafsir Kristen mengikuti tradisi Yahudi waktu mengacu pada ayat mengenai kedatangan Mesias Israel. Tampaknya jelas bagi para penafsir ini bahwa kerinduan yang dimiliki oleh segala bangsa pada umumnya pasti adalah kerinduan mereka akan Sang Pelepas, entah mereka menyadari atau tidak tentang sifat keinginan mereka atau identitas penggenapannya yang sebenarnya dalam Tuhan Yesus Kristus. Lagi pula, dalam bahasa Ibrani, kata benda abstrak yang sering dipakai, bukan kata yang memiliki arti konkret; jadi penyebutan Mesias tidak secara otomatis dikesampingkan berdasarkan pertimbangan bahasa. Pemakaian kata kerja jamak tidak berlawanan dengan penafsiran mengenai Mesias, sebab terdapat contoh-contoh di mana kata kerjanya selaras dengan kata benda yang kedua dari dua kata benda.

Aku akan memenuhi Rumah ini dengan kemegahan. Adalah menarik bahwa semua tempat di dunia yang merupakan tempat kediaman Allah yang bersifat tak terbatas itu dipenuhi dengan kemuliaan (lih. Kel. 40:35 untuk Kemah Pertemuan Musa; I Raj. 8:10, 11; II Taw. 5:13, 14 untuk Bait Suci Salomo). Bait Allah Zerubabel masih akan dipenuhi kemuliaan dengan kehadiran Allah Anak yang menjelma (Yoh. 1:14), belum lagi kemuliaan dari Adven Kedua (Mal. 3:1). TUHAN memberitahukan sebelumnya bahwa bangsa-bangsa akan digoncangkan (bukan ditebus). Penggoncangan tersebut berawal pada persiapan kedatangan pertama dan akan disempurnakan pada penampakan kedua (Dan. 2:35,44; Mat. 21:44). Karena itu, Allah akan memenuhi rumah-Nya, Bait Allah yang akan datang, dengan kemuliaan yang tidak pernah ada sebelumnya.

Wycliffe: Hag 2:8 - Kepunyaan-Kulah perak 9. Kepunyaan-Kulah perak. Agar orang-orang yang tersisa tidak terus bertambah cemas tentang kekurangan logam berharga dalam perbaikan Bait Allah, TUHA...

9. Kepunyaan-Kulah perak. Agar orang-orang yang tersisa tidak terus bertambah cemas tentang kekurangan logam berharga dalam perbaikan Bait Allah, TUHAN menunjukkan persediaan-Nya yang tidak ada habis-habisnya. Telah diperkirakan bahwa dalam Bait Allah Salomo, emas seharga sekitar dua puluh juta dolar dipakai untuk melapisi ruang yang paling dalam dari tempat suci. Tetapi apakah yang dapat menandingi persediaan Oknum yang memiliki segalanya? (Mzm. 50:12). Ya, lebih dari itu, Allah akan membuatnya indah pada waktu kedatangan Anak-Nya. Orang-orang buangan yang miskin hanya memiliki sedikit yang mereka pakai untuk menghiasi Bait Suci, namun Allah meyakinkan mereka bahwa Dia akan menyediakan kekurangannya.

Wycliffe: Hag 2:9 - Kemegahannya yang kemudian // Di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera 10. Kemegahannya yang kemudian. Pengertiannya adalah bahwa kemegahan yang kemudian dari bait itu akan melampaui semua kemegahan sebelumnya. Sangatlah ...

10. Kemegahannya yang kemudian. Pengertiannya adalah bahwa kemegahan yang kemudian dari bait itu akan melampaui semua kemegahan sebelumnya. Sangatlah penting untuk mengetahui bahwa dalam Kitab Suci, Bait Allah di Yerusalem dipahami sebagai sebuah kesatuan yang hadir dengan bentuk-bentuk yang berbeda dalam periode-periode sejarah yang berbeda. Kehadiran Kristus akan memberikan kemuliaan pada Bait Allah yang kedua yang tidak pernah dialami oleh Bait Allah yang pertama. Pandangan yang diberikan selama ini adalah bahwa kemuliaan yang belakangan memiliki kaitan dengan kemuliaan masa Milenial Bait Allah itu yang terdapat dalam Yehezkiel, pasal 40 sampai 48. Karena terdapat kesinambungan dari berbagai Bait Allah dari zaman yang berbeda, pendapat ini tidak dapat diabaikan. Walaupun Bait Allah Zerubabel telah dilenyapkan sampai pada dasarnya oleh Herodes ketika dia merenovasinya, Bait Allah Zerubabel tetap dianggap sebagai Bait Allah kedua. Demikianlah Bait Allah itu disebut oleh seluruh penguasa Yahudi. Di tempat ini Aku akan memberi damai sejahtera. Kristus menyempurnakan dasar bagi damai sejahtera rohani (Kol. 1:20). Dia memberi damai sejahtera di hati dan pikiran kepada orang-orang percaya saat ini (Rm. 5:1; Flp. 4:7). Namun pada akhirnya, Dia akan membawa damai sejahtera kepada dunia sebagai Raja Damai (Yes. 9:6, 7). Jadi, lebih dari cukup jawaban Allah ini bagi penampilan yang kurang mengesankan dalam ayat 3. Tuhan selalu menyediakan yang terbaik pada akhirnya. Hanya mata iman yang mampu melihatnya.

Wycliffe: Hag 2:10 - Pada tanggal dua puluh empat bulan yang kesembilan 11. Pada tanggal dua puluh empat bulan yang kesembilan. Pesan keempat dari nubuatan Hagai diberikan dua bulan setelah pesan yang sebelumnya. Pada bula...

11. Pada tanggal dua puluh empat bulan yang kesembilan. Pesan keempat dari nubuatan Hagai diberikan dua bulan setelah pesan yang sebelumnya. Pada bulan yang kesembilan barulah hujan awal dapat diharapkan untuk mengairi tanaman yang baru. Setelah mengalami kekurangan dan kekecewaan pada periode sebelum ini, bangsa itu tentu secara khusus akan memperhatikan produksi dalam tahun yang berikut. Selama periode ketidaktaatan mereka sebelumnya, mereka telah dihukum atas hal-hal yang bersifat sementara. Akankah ada perubahan sekarang setelah mereka mematuhi perintah Allah melalui Hagai? Pertanyaan inilah yang sekarang dijawab oleh sang nabi.

Wycliffe: Hag 2:11 - Tanyakanlah pengajaran kepada para imam 12. Tanyakanlah pengajaran kepada para imam. Bangsa ini harus mencari bantuan hukum dari para imam zaman itu. Para imam di Israel adalah para pengajar...

12. Tanyakanlah pengajaran kepada para imam. Bangsa ini harus mencari bantuan hukum dari para imam zaman itu. Para imam di Israel adalah para pengajar yang berwenang untuk mengajarkan Taurat Musa (lih. Ul. 17:8, 9). Mereka ditugaskan Allah untuk menafsirkan Hukum Taurat; para nabi diutus untuk menerapkannya (mis., Hag. 2:14,15). Dalam ayat 12 sampai 14, bangsa Israel digambarkan secara tidak langsung sebagai ketika mereka berada dalam keadaan tidak patuh, sebuah keadaan yang tidak boleh diulang lagi.

Wycliffe: Hag 2:12 - Andaikata seseorang membawa daging kudus // Lalu para imam itu menjawab, katanya: "Tidak." 13. Andaikata seseorang membawa daging kudus. Dua pertanyaan yang berbeda diajukan. Yang pertama ialah: Andaikata seseorang membawa daging (kurban) ku...

13. Andaikata seseorang membawa daging kudus. Dua pertanyaan yang berbeda diajukan. Yang pertama ialah: Andaikata seseorang membawa daging (kurban) kudus lalu ia menyentuh suatu obyek lain, akan menjadi kudus atau dikhususkan bagi TUHANkah obyek yang kontak dengan daging kudus tersebut? Lalu para imam itu menjawab, katanya: "Tidak." Jawaban untuk hal pertama adalah dalam bentuk negatif (bdg. Im. 22:4-6; Bil. 19:11).

Wycliffe: Hag 2:13 - Menjadi najiskah yang disentuh itu? 14. Menjadi najiskah yang disentuh itu? Pertanyaan kedua ialah: Jika seseorang yang menurut agama najis karena kontak dengan mayat menyentuh suatu oby...

14. Menjadi najiskah yang disentuh itu? Pertanyaan kedua ialah: Jika seseorang yang menurut agama najis karena kontak dengan mayat menyentuh suatu obyek, akan menjadi najiskah obyek tersebut oleh karena kenajisan orang itu? Jawaban atas pertanyaan ke dua adalah mengiyakan. Prinsipnya adalah bahwa kekudusan moral tidak dapat ditularkan, berdasarkan peraturan Musa, namun kenajisan moral dapat. Kenajisan dalam hukum lebih dapat ditularkan daripada kesucian dalam hukum atau Imamat. Seseorang tidak dapat menularkan kesehatannya kepada seorang anak yang sakit, namun seorang anak yang sakit dapat menularkan penyakitnya kepada seseorang.

Wycliffe: Hag 2:14 - Begitu juga dengan umat ini // Yang dipersembahkan mereka di sana adalah najis 15. Begitu juga dengan umat ini. Walaupun bangsa itu telah mengabaikan pekerjaan pembangunan Bait Allah, mereka mempersembahkan kurban di atas mezbah ...

15. Begitu juga dengan umat ini. Walaupun bangsa itu telah mengabaikan pekerjaan pembangunan Bait Allah, mereka mempersembahkan kurban di atas mezbah seadanya di Yerusalem (Ezr. 3:3). Persembahan-persembahan ini tidak menyenangkan bagi TUHAN; oleh karena itu Allah menahan berkat-Nya dari bangsa ini, sebagaimana jelas terlihat dalam pasal 1. Yang dipersembahkan mereka di sana adalah najis. Sama seperti orang Israel yang najis menurut agama itu mencemari apa pun yang disentuhnya, demikian pula bangsa ini dalam ketidaktaatannya menularkan akibat-akibat ketidaktaatan tersebut pada pekerjaan mereka, sehingga pekerjaan mereka tidak bisa mendatangkan keuntungan. Sebagaimana daging kudus tidak dapat menularkan kekudusannya kepada obyek lain, demikian juga berbagai perbuatan baik lahiriah bangsa itu, bahkan persembahan-persembahan yang mereka naikkan dengan hati-hati di atas mezbah Allah, tidak mungkin cukup untuk memperoleh berkat Allah serta sukacita kekudusan. Seluruh pekerjaan lampau mereka ikut serta dalam kenajisan spiritual mereka. Kesimpulannya jelas: mereka tidak boleh kembali pada cara ketidaktaatan mereka dahulu, melainkan harus meninggalkannya. Di sini Hagai sedang menafsirkan sebab dan akibat dari sudut Taurat Musa, sama seperti yang dia jelaskan sebelumnya (1:6, 9-11) dari sudut pandang menabur dan menuai. Persamaannya jelas antara "umat ini", "bangsa ini" di sini dengan "Bangsa ini" dalam 1:2.

Wycliffe: Hag 2:15 - Sebelum ditaruh orang batu demi batu 16. Sebelum ditaruh orang batu demi batu. Umat Allah diminta untuk memikirkan keadaan-keadaan sulit mereka pada masa mereka mengganggu pekerjaan Bait ...

16. Sebelum ditaruh orang batu demi batu. Umat Allah diminta untuk memikirkan keadaan-keadaan sulit mereka pada masa mereka mengganggu pekerjaan Bait Allah.

Wycliffe: Hag 2:16 - Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang // Tempat pemerasan 17. Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang. Pada masa sukar dulu itu, ketika seorang mendatangi t...

17. Ketika orang pergi melihat suatu timbunan gandum yang seharusnya sebanyak dua puluh gantang. Pada masa sukar dulu itu, ketika seorang mendatangi timbunan gandum yang dia pikir dia akan mendapatkan sebanyak dua puluh gantang, ternyata setelah mengirik, hasilnya hanya setengahnya saja. Tempat pemerasan. Anggur yang akan diperas, yang diperkirakan menghasilkan lima puluh takar, ternyata hanya menghasilkan dua puluh takar. Harapan-harapan teras mengecewakan, sebab tangan Allah yang membuat makmur tidak ada bersama mereka.

Wycliffe: Hag 2:17 - Aku telah memukul kamu // Namun kamu tidak berbalik kepada-Ku 18. Aku telah memukul kamu. Seperti pada zaman Nabi Amos (bdg. Amos 4:9), TUHAN memukul ladang-ladang dan kebun-kebun anggur umat-Nya dengan hama, sua...

18. Aku telah memukul kamu. Seperti pada zaman Nabi Amos (bdg. Amos 4:9), TUHAN memukul ladang-ladang dan kebun-kebun anggur umat-Nya dengan hama, suatu akibat dari musim kemarau yang berkepanjangan, dan dengan lumut, sebagai akibat dari kelembaban yang berlebihan. Sisa dari pekerjaan tangan mereka dihancurkan oleh hujan batu. Seluruh alam diatur supaya melawan mereka. Namun kamu tidak berbalik kepada-Ku. Tanda-tanda ketidaksenangan Allah ini seharusnya sudah merupakan peringatan cukup jelas tentang hukuman-hukuman yang lebih lanjut, namun bangsa ini lamban mengerti dan tidak kembali kepada Allah dengan bertobat dan percaya.

Wycliffe: Hag 2:18 - Perhatikanlah mulai dari hari ini // Apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung? // Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat 19. Perhatikanlah mulai dari hari ini. Ayat ini memberikan nasihat ganda untuk memperhatikan. Betapa sedikitnya manusia menggunakan akal pikiran merek...

19. Perhatikanlah mulai dari hari ini. Ayat ini memberikan nasihat ganda untuk memperhatikan. Betapa sedikitnya manusia menggunakan akal pikiran mereka bagi hubungan yang mereka bina dengan TUHAN! Sebelum hari yang kedua puluh empat, bangsa ini belum memberikan diri secara nyata pada pekerjaan itu, sebagaimana yang seharusnya mereka lakukan. Mereka harus membandingkan keadaan sebelum dan sesudah mereka taat. 20. Apakah benih masih tinggal tersimpan dalam lumbung? Bangsa ini dengan mudah dapat menguji kebenaran atau kepalsuan dari kesimpulan-kesimpulan sang nabi. Dengan berbuat demikian, mereka akan menemukan dalam waktu singkat bahwa tidak ada benih dalam lumbung, dan pohon anggur serta pohon ara belum menghasilkan apa-apa. Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat. Tetapi sekarang, setelah bertindak taat, Israel akan melihat segalanya berbeda. Sang Nabi tidak berbicara sebagai seorang ahli pertanian yang pandai, yang menubuatkan panen yang bagus, melainkan sebagai nabi Allah yang menyatakan berkat karena iman, kemakmuran karena percaya. Allah yang mampu menahan berkat, mampu juga melimpahkannya atas umat-Nya yang setia.

Wycliffe: Hag 2:20 - Pada tanggal dua puluh empat bulan itu // Katakanlah kepada Zerubabel // Aku akan menggoncangkan langit dan bumi 21. Pada tanggal dua puluh empat bulan itu. Pada hari yang sama, ketika dia menyampaikan pesan yang berharga (ay. 10), Hagai menyampaikan ucapan terak...

21. Pada tanggal dua puluh empat bulan itu. Pada hari yang sama, ketika dia menyampaikan pesan yang berharga (ay. 10), Hagai menyampaikan ucapan terakhirnya, yakni suatu perkataan pendorong semangat secara pribadi kepada pemimpin pemerintahan, Zerubabel. 22. Katakanlah kepada Zerubabel. Adalah mungkin bahwa Zerubabel, sebagai bupati dan pemimpin pemerintahan, merasa heran mengenai nubuatan sebelumnya (ay. 6, 7) menyangkut pemberontakan di antara kekuasaan-kekuasaan dan kerajaan-kerajaan dunia. Kemungkinan dia selama itu telah memperhatikan mengenai bagaimana perlakuan-perlakuan Allah ini dapat mempengaruhi bangsa yang dipimpin-Nya. Aku akan menggoncangkan langit dan bumi. Akan dengan mudah dapat dilihat serta diakui bahwa pesan pribadi kepada Zerubabel menyatu dengan ucapan nubuatan mengenai hukuman-hukuman yang akan datang dari Allah terhadap bangsa-bangsa.

Wycliffe: Hag 2:22 - Aku akan memunahkan kekuasaan kerajaan bangsa-bangsa // Kereta // Oleh pedang temannya 23. Aku akan memunahkan kekuasaan kerajaan bangsa-bangsa. Oleh beberapa penafsir, ayat ini ditempatkan pada masa penggulingan dan pemberontakan bangsa...

23. Aku akan memunahkan kekuasaan kerajaan bangsa-bangsa. Oleh beberapa penafsir, ayat ini ditempatkan pada masa penggulingan dan pemberontakan bangsa-bangsa jajahan melawan Kerajaan Persia. Hal ini berlangsung ketika Darius Histaspis naik takhta pada tahun 521 SM. Namun nubuatan Hagai memandang ke masa depan; bukannya berbicara mengenai suatu peristiwa sejarah yang dikenal semua orang. Lagi pula, pemakaian kata "takhta" dalam bentuk tunggal memiliki arti tersendiri. Yang paling baik di sini adalah melihat, bersama dengan banyak pemapar yang cakap, sebuah acuan pada penggulingan terakhir atas sistem dunia ini, yang dikuasai oleh Iblis, ketika Raja yang berhak, yakni Tuhan Yesus Kristus, kembali untuk mengambil tampuk pimpinan pemerintahan (bdg. Why. 11:15). Kereta. Bangsa-bangsa, waktu itu seperti sekarang ini, akan tetap bergantung pada kekuatan jasmani dan senjata untuk mencapai tujuan-tujuan jasmani mereka, namun TUHAN akan menghancurkan sama sekali kekuatan serta pameran kekuatan mereka. Oleh pedang temannya. Penghancuran yang dimulai oleh TUHAN akan diakhiri dengan kegilaan dalam perselisihan penduduk (lih. juga Yeh. 38:21; Za. 14:13). Peristiwa-peristiwa ini harus ditempatkan pada masa Perang Armagedon. Dipandang dari segi apa pun, peristiwa-peristiwa dalam ayat ini tidak dapat diputarbalikkan sehingga sesuai dengan beberapa konflik masa lampau atau gerakan-gerakan politik dari kerajaan-kerajaan yang pernah jaya.

Wycliffe: Hag 2:23 - Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mengambil engkau // Seperti cincin meterai // Engkaulah yang Kupilih 24. Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mengambil engkau. Nada pribadinya jelas. Zerubabel bukan diangkat untuk penghukuma...

24. Pada waktu itu, demikianlah firman TUHAN semesta alam, Aku akan mengambil engkau. Nada pribadinya jelas. Zerubabel bukan diangkat untuk penghukuman, melainkan untuk sebuah misi. khusus. Allah menyimpan suatu kehormatan khusus bagi Salah satu hamba-Nya ini. Janji itu sebenarnya bersangkutan dengan jabatan yang dipegang Zerubabel sebagai pemimpin di Yehuda; itu tidak mungkin mengacu pada seluruh umur hidup Zerubabel sendiri. Pada masa hidupnya, peristiwa-peristiwa yang dinubuatkan itu tidak terjadi. Artinya adalah bahwa turunnya Mesias akan terjadi melalui Zerubabel, dari garis keturunan Daud, sebagaimana terjadi melalui Daud sendiri. Takhta Daud yang kokoh di sini dibedakan dengan dinasti-dinasti yang terhuyung-huyung di dunia. Zerubabel terdapat dalam kedua silsilah Mesias (Mat. 1:12; Luk. 3:27). Para pemapar bangsa Yahudi mengaitkan ayat dalam Hagai ini dengan Mesias. Jadi, dalam diri Zerubabel, sebagai lambang, digambarkan sebelumnya Oknum yang akan merupakan antitipe, yaitu Mesias. Keduanya merupakan keturunan Daud; karena itu dipadukan dalam nubuatan ini. Seperti cincin meterai. Cincin meterai adalah sebuah benda berharga dan berguna bagi orang Timur. Cap atau meterai yang dibuat dengan cincin itu merupakan sebuah tanda kehormatan dan kekuasaan (lih. Kid. 8:6; Yer. 22:24). Pada zaman dahulu, ketika cincin meterai dipakai untuk menanda tangani surat dan dokumen, cincin itu mewakili pemiliknya, yang selalu memakainya (bdg. Kej. 38:18; Yer. 22:24). Ini merupakan miliknya yang berharga. Di sini cincin meterai menggambarkan sebelumnya Kristus yang berharga mahal. Engkaulah yang Kupilih. Sebagaimana orang-orang yang terkenal dalam PL berjajar dalam urutan garis keturunan menuju Mesias melalui pemilihan mahakuasa Allah, demikian juga Zerubabel diberi kehormatan untuk ditempatkan dalam himpunan ini untuk menunjuk kepada Orang yang Dipilih Allah, Kristus Tuhan.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Hag 2:10-19 - Berkat (Kamis 25 September 2008) Berkat Apakah Anda pernah merasakan teguran Tuhan? Bangsa Israel pernah. Nabi Hagai melanjutkan pesan Tuhan. Pesan pertama yang disampaikan Hag...

SH: Hag 2:10-14 - Pola pikir salah (Minggu, 19 Desember 1999) Pola pikir salah Umat Tuhan berkeyakinan bahwa dengan memiliki Bait Allah berarti memiliki jaminan tentang keterpilihan mereka. Hagai menyalah...

SH: Hag 2:15-23 - Zerubabel yang "tidak berarti". (Senin, 20 Desember 1999) Zerubabel yang "tidak berarti". Kitab Hagai ditutup dengan suatu berita/janji yang indah bagi Zerubabel. Janji ini diberikan pada hari yang sa...

SH: Hag 2:20-23 - Dipakai Allah (Jumat 26 September 2008) Dipakai Allah Allah dapat memakai masa sulit untuk menyatakan teguran-Nya kepada umat-Nya. Meski demikian, Ia memberi janji yang membangun kembal...

Topik Teologia: Hag 2:5 - -- Roh Kudus Roh-Ku Kej 6:3 Yes 30:1 Yes 42:1 Yes 44:3 Yes 59:21 Yeh 36:27 Yoe 2:28-29 Hag 2:6 Zak 4:6 Mat 12:18 Roh Kudus...

Topik Teologia: Hag 2:6 - -- Yesus Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus Nubuat-nubuat tentang Kristus dan Penggenapannya Keadaan dan Peristiwa yang Berkenaan ...

Topik Teologia: Hag 2:7 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Kemuliaan Allah sebagai Keberadaan-Nya Kel 15:11 Kel 24:17 Kel 40:34-35 Ima 9:23 Bil 14:21 ...

Topik Teologia: Hag 2:23 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Keputusan-keputusan Allah Pemilihan Allah Pemilihan Allah akan Individuindividu Pemilihan atas...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Hagai (Pendahuluan Kitab) Penulis : Hagai Tema : Membangun Kembali Bait Suci Tanggal Penulisan: 520 SM Latar Belakang Kitab Hagai adalah yang pertama da...

Full Life: Hagai (Garis Besar) Garis Besar I. Berita Pertama: Selesaikan Pembangunan Bait Suci (Hag 1:1-15) A. Tanggal: 1 Elul (29 Agustus), 520 SM ...

Jerusalem: Hagai (Pendahuluan Kitab) HAGAI Hagai termasuk kelompok nabi terakhir yang berkarya di zaman sesudah Israel kembali dari pembuangan di Babel. Sungguh berubahlah nada utama kita...

Ende: Hagai (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Hagai (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Hagai (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN HAGAI Tanggal dan Kepenulisan. Penulis kitab ini adalah satu-satunya orang dalam Perjanjian Lama yang bernama Hagai (berarti "pesta&...

Wycliffe: Hagai (Garis Besar) GARIS BESAR HAGAI PASAL I. I. Teguran terhadap sikap acuh tak acuh. 1:1-4. II. Panggilan untuk berpikir secara serius. 1:5,...

BIS: Hagai (Pendahuluan Kitab) HAGAI PENGANTAR Buku Hagai adalah kumpulan pesan-pesan Allah yang disampaikan oleh Nabi Hagai pada tahun 520 Sebelum Masehi. Pada waktu itu orang Is

HAGAI

PENGANTAR

Buku Hagai adalah kumpulan pesan-pesan Allah yang disampaikan oleh Nabi Hagai pada tahun 520 Sebelum Masehi. Pada waktu itu orang Israel telah kembali dari pembuangan di Babel. Tetapi meskipun mereka telah tinggal beberapa tahun di Yerusalem, Rumah TUHAN masih saja merupakan puing-puing. Dalam pesan-pesan itu Allah mendesak para pemimpin bangsa Israel untuk membangun kembali Rumah TUHAN. Allah juga berjanji akan memberikan kemakmuran dan kesejahteraan kepada umat Israel yang telah diperbaharui dan disucikan.

Isi

  1.  Perintah supaya membangun kembali Rumah TUHAN
    Hag 1:1-15
  2.  Pesan-pesan yang memberi penghiburan dan pengharapan
    Hag 2:1-23

Ajaran: Hagai (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Hagai, orang-orang Kristen mengerti, bahwa pembangunan rumah ibadah (gereja) berkenan di hadirat Allah. Dan

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Hagai, orang-orang Kristen mengerti, bahwa pembangunan rumah ibadah (gereja) berkenan di hadirat Allah. Dan mengetahui bahwa Allah telah memberitahukan tentang berkat bagi umat-Nya yang taat dalam hal ini.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Hagai.

Isi Kitab: Kitab Hagai terdiri atas dua pasal. Di dalam Kitab ini, kita dapat melihat kelalaian bangsa Israel dalam membangun Bait Suci, serta janji-janji Allah tentang berkat bagi umat-Nya, yang mau membangun kembali Bait Suci.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Hagai

  1. Pasal 1 (Hag 1:1-15).

    Panggilan untuk membangun kembali Bait Suci

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hag 1:1-11. Allah menegur bangsa Israel yang hanya memikirkan pembangunan rumahnya, sedangkan Bait Suci mereka biarkan dalam keadaan rusak. Karena kelalaian bangsa Israel dalam membangun Bait Suci maka Allah menghukum mereka dengan menahan berkat-berkat-Nya, seperti panen yang tidak berhasil.
    2. Bacalah pasal Hag 1:13-2:1. Setelah mendengar teguran Allah, maka bangsa Israel bertobat dan mulai mengadakan pembangunan Bait Suci kembali.
  2. Pasal 2 (Hag 2:1-23). Penghiburan Allah dalam pembangunan kembali Bait Suci

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Hag 2:1-10. Allah menghiburkan bangsa Israel dalam pembangunan kembali Bait Suci, dengan mengatakan walaupun bangunan Bait Suci yang mereka bangun tidak seindah Bait Suci yang pertama, tetapi nanti di masa depan Allah menunjukkan/memberikan Bait Suci yang penuh kemegahan dan kemuliaan yang melebihi Bait Suci yang pertama.
    2. Bacalah pasal Hag 2:11-15. Teguran Allah terhadap orang-orang najis yang ikut dalam pembangunan kembali Bait Suci.
    3. Bacalah pasal Hag 2:15-20. Allah memberitahukan bahwa Ia akan mencurahkan berkat-Nya kembali terhadap bangsa Israel yang mau membangun kembali Bait Suci.
    4. Bacalah pasal Hag 2:20-23. Allah memberikan janji kepada Zerubabel yang menjadi gambaran Yesus Kristus, untuk menjadi hamba-Nya.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Hagai mengajarkan bahwa pembangunan rumah ibadah kepada Allah, adalah suatu perbuatan yang berkenan di hadirat-Nya, dan akan mendatangkan berkat.

  2. Melalaikan pembangunan rumah ibadah dapat berarti melalaikan pekerjaan Tuhan.

  3. Pada akhir zaman, Allah akan menghancurkan semua kerajaan bangsa-bangsa dan mewujudkan kerajaan-Nya yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Hagai?
  2. Mengapakah Allah menahan berkat-Nya terhadap bangsa Israel?
  3. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Hagai?

Intisari: Hagai (Pendahuluan Kitab) Pelajaran untuk para penganut atheis NABI ITUHagai hanya sedikit sekali muncul dalam Alkitab. Selain dari kitab yang mencatat pesan-pesannya, hanya E

Pelajaran untuk para penganut atheis

NABI ITU
Hagai hanya sedikit sekali muncul dalam Alkitab. Selain dari kitab yang mencatat pesan-pesannya, hanya Ezra yang menyebut namanya, yaitu dalam Ezr 5:1; 6:14, yang dengan sekilas menghargai pengaruh baik dari nubuat nabi itu. Namanya mengandung arti bahwa ia dilahirkan pada hari perayaan keagamaan. Wajar jika ada dugaan bahwa ia seorang imam, tetapi kita tidak dapat memastikannya. Yang jelas ialah bahwa hubungannya dengan Allah dekat sekali. Sukar untuk menentukan pada umur berapa ia mulai berkhotbah. Pesannya mengenai Rumah Tuhan yang sudah tua (Hag 2:3), yang dihancurkan pada tahun 587 SM, membuat sebagian orang percaya bahwa ia pada waktu itu sudah tua dan ia teringat tentang Rumah Tuhan itu. Berdasarkan ayat yang sama ada pula yang berpendapat bahwa mungkin pada waktu itu Hagai adalah seorang pemuda yang pergi ke Yerusalem untuk pertama kalinya bersama-sama dengan orang-orang lain yang baru kembali dari pembuangan dalam tahun 538 SM. Ia berkhotbah pada waktu yang hampir bersamaan dengan Zakharia.

SITUASI
Hagai mencatat tanggal khotbah-khotbah yang dibawakannya antara bulan Agustus dan November tahun 520 SM. Pada waktu itu Yerusalem merupakan suatu masyarakat kecil yang miskin dengan penduduk kurang lebih 20.000 jiwa. Mereka telah mengalami masa panen yang buruk dan sebagian hasil panen mengalami kegagalan. Oleh karena itu, sesungguhnya waktu dan tenaga mereka terpakai untuk mempertahankan hidup mereka. Keadaan di Yerusalem tidak banyak dibantu dengan adanya kekacauan di dunia internasional. Oleh karenanya, ketika Hagai mulai menyampaikan khotbahnya, rakyat sedang berada dalam keadaan tidak bersemangat.

GAYA
Hagai bukanlah tipe seorang nabi yang menggebu-gebu. Walaupun ia berbicara tentang hal-hal yang besar, ia melakukannya dengan argumentasi yang biasa dan bukan dengan tuduhan yang berapi-api. Ia lebih sering dianggap sebagai seorang guru daripada seorang nabi. Ia memimpin para pendengarnya selangkah demi selangkah ke arah yang diingininya, kemudian ia berhasil memotivasi mereka untuk memberikan tanggapan yang benar.

Pesan

Hagai mengajar manusia tentang Allah:

1. Dia adalah Tuhan semesta alam
Ini adalah panggilan Hagai terhadap Allah yang paling disukainya. Nama itu merupakan nama yang menggambarkan kebesaran Allah. Dia adalah Allah yang lebih berkuasa daripada segala bangsa di dunia dan lebih kaya daripada dunia itu sendiri. Hag 1:2,7,9,14; 2:6-9,11,23

2. Dia adalah Allah yang banyak menuntut
Apa pun keadaan mereka, Allah ingin supaya Ia menjadi prioritas utama dalam kehidupan umat-Nya. Ia juga menuntut kesucian. Hag 1:2,3; 2:10-14

3. Dia mengendalikan keadaan ekonomi
Hagai mengatakan kepada bangsa itu bahwa panen mereka yang rusak bukanlah disebabkan oleh bencana alam atau nasib buruk, tetapi oleh Allah yang hidup, yang mencoba untuk berkomunikasi dengan umat-Nya melalui kejadian itu. Allah menggunakan keadaan ekonomi untuk mengajarkan pelajaran rohani kepada mereka. Hag 1:5-11

4. Dia menepati janji-janji-Nya
Hagai membesarkan hati umat dengan mengatakan bahwa Allah ada beserta mereka, sebab Ia adalah Allah yang dapat dipercaya, yang selalu menepati janji-janji-Nya. Hag 2:5

5. Dia adalah Allah yang hidup
Banyak orang mengasosiasikan Allah dengan Rumah Tuhan yang sudah dihancurkan. Mereka seolah-olah lupa bahwa Dia adalah Allah yang hidup, yang sedang aktif bekerja sekarang dan mempunyai rencana-rencana besar untuk masa yang akan datang. Dia sama sekali tidak terikat pada hal-hal rohani yang terjadi di masa lalu. Hag 2:3-9

6. Dia ingin memberkati umat-Nya
Apa yang menghalangi-Nya untuk melakukan hal itu di masa lalu ialah ketidaksucian mereka. Tetapi, sekarang mereka sudah meletakkan fondasi untuk Rumah-Nya kembali, dan Allah berkenan memberkati mereka. Hag 2:10-19

7. Dia memelihara setiap orang
Pesan Hagai yang terakhir pada dasarnya adalah pesan untuk seseorang yang bernama Zerubabel. Ia diberitahu bahwa walaupun bangsa-bangsa akan dijungkirbalikkan, ia akan selamat dan diangkat untuk menduduki jabatan dalam pemerintahan dan yang berdaya guna. Dalam kesibukan-Nya mengurusi perkara bangsa-bangsa, Ia tidak pernah melupakan perseorangan. Hag 2:20-23

Penerapan

Nubuatan ini merupakan pesan bagi orang-orang atheis, yaitu mereka yang mengatakan Allah itu ada, tetapi kemudian mereka hidup seakan-akan Allah tidak ada.

Jika Allah ada:
o Mengikut Dia tidak boleh setengah-setengah
o Anda harus menempatkan kepentingan-Nya di atas kepentingan pribadi. Mat 6:33
o Anda tidak boleh mencari-cari alasan untuk menunda melakukan pekerjaan Allah.
o Anda harus menilik kembali kehidupan Anda untuk melihat bagaimana Allah mungkin sudah berbicara kepada Anda
o Anda tidak boleh terikat pada masa lampau
o Anda harus membuktikan pertobatan Anda dengan perbuatan, bukan kata-kata
o Anda tidak perlu berkecil hati -- dalam keadaan sukar sekalipun Allah tetap berkuasa

Tema-tema Kunci

Nubuatan pendek ini berisi banyak ucapan yang berkesan. Pakailah ayat-ayat berikut ini, atau pilihan Anda lainnya, sebagai dasar renungan Anda...

1. Tentang uang:
"Apakah sudah tiba waktunya bagi kamu untuk mendiami rumah-rumahmu yang dipapani dengan baik, sedang Rumah ini tetap menjadi reruntuhan? Hag 1:4

2. Tentang prestasi dalam kehidupan:
"Perhatikanlah keadaanmu! Hag 1:5,7

3. Tentang sikap Anda terhadap Allah:
"Bangsa itu takut kepada Tuhan." Hag 1:12

4. Tentang pelayanan Kristiani:
"Kuatkanlah hatimu...dan bekerjalah." Hag 2:5

5. Tentang sumber-sumber Allah:
"Kepunyaan-Kulah perak dan kepunyaan-Kulah emas, demikianlah firman Tuhan semesta alam." Hag 2:9

6. Tentang hari depan pekerjaan Allah:
"Adapun Rumah ini, kemegahannya yang kemudian akan melebihi kemegahannya semula." Hag 2:10

7. Tentang ketegaran manusia:
"Namun kamu tidak berbalik kepada-Ku." Hag 2:17

8. Tentang janji-janji Allah:
"Mulai dari hari ini Aku akan memberi berkat!" Hag 2:20

9. Tentang kasih dan rencana Allah:
"Aku akan mengambil engkau...dan akan menjadikan engkau ... sebab engkaulah yang Ku-pilih." Hag 2:23

Garis Besar Intisari: Hagai (Pendahuluan Kitab) [1] PENGANTAR Hag 1:1 [2] PESAN PERTAMA: TARUH HAL-HAL UTAMA DI MUKA Hag 1:2-15 Hag 1:2-4Pertanyaan: Belum waktunya membangun? Hag 1:5-6Tantang

[1] PENGANTAR Hag 1:1

[2] PESAN PERTAMA: TARUH HAL-HAL UTAMA DI MUKA Hag 1:2-15

Hag 1:2-4Pertanyaan: Belum waktunya membangun?
Hag 1:5-6Tantangan: Tengok pengalamanmu
Hag 1:7-8Perintah: Mulai bekerja
Hag 1:9-11Penjelasan: Mengapa Allah membiarkan kemiskinan
Hag 1:12-15Tanggapan: Ketaatan

[3] PESAN KEDUA: LIHAT MASA DEPAN Hag 2:1-9

Hag 2:1-2Nabi diminta untuk berkhotbah
Hag 2:3Allah bertanya: Apa yang engkau lihat waktu menengok ke masa lampau?
Hag 2:4-5Allah berkata: Kuatlah di dalam Tuhan, sekarang
Hag 2:6-9Allah berjanji: Hal-hal yang lebih baik akan segera terjadi

[4] PESAN KETIGA: MULAI DARI SEKARANG Hag 2:10-19

Hag 2:10-13Teka-teki tentang kemurnian
Hag 2:14Sebuah pelajaran tentang kesucian
Hag 2:15-19Sebuah janji untuk masa depan

[5] PESAN KEEMPAT: KESELAMATAN DALAM BADAI Hag 2:20-23

Hag 2:20-22Allah mengendalikan semua kejadian di dunia
Hag 2:23Allah mengendalikan nasib setiap orang
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #32: Gunakan Pencarian Khusus untuk melakukan pencarian Teks Alkitab, Tafsiran/Catatan, Studi Kamus, Ilustrasi, Artikel, Ref. Silang, Leksikon, Pertanyaan-Pertanyaan, Gambar, Himne, Topikal. Anda juga dapat mencari bahan-bahan yang berkaitan dengan ayat-ayat yang anda inginkan melalui pencarian Referensi Ayat. [SEMUA]
dibuat dalam 1.27 detik
dipersembahkan oleh YLSA