kecilkan semua  

Teks -- Habakuk 1:1-17 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Judul
1:1 Ucapan ilahi dalam penglihatan nabi Habakuk.
Keluhan nabi karena ketidaksetiaan
1:2 Berapa lama lagi, TUHAN, aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: "Penindasan!" tetapi tidak Kautolong? 1:3 Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi. 1:4 Itulah sebabnya hukum kehilangan kekuatannya dan tidak pernah muncul keadilan, sebab orang fasik mengepung orang benar; itulah sebabnya keadilan muncul terbalik.
Penghukuman yang dijalankan oleh orang Kasdim
1:5 Lihatlah di antara bangsa-bangsa dan perhatikanlah, jadilah heran dan tercengang-cengang, sebab Aku melakukan suatu pekerjaan dalam zamanmu yang tidak akan kamu percayai, jika diceriterakan. 1:6 Sebab, sesungguhnya, Akulah yang membangkitkan orang Kasdim, bangsa yang garang dan tangkas itu, yang melintasi lintang bujur bumi untuk menduduki tempat kediaman, yang bukan kepunyaan mereka. 1:7 Bangsa itu dahsyat dan menakutkan; keadilannya dan keluhurannya berasal dari padanya sendiri. 1:8 Kudanya lebih cepat dari pada macan tutul, dan lebih ganas dari pada serigala pada waktu malam; pasukan berkudanya datang menderap, dari jauh mereka datang, terbang seperti rajawali yang menyambar mangsa. 1:9 Seluruh bangsa itu datang untuk melakukan kekerasan, serbuan pasukan depannya seperti angin timur, dan mereka mengumpulkan tawanan seperti banyaknya pasir. 1:10 Raja-raja dicemoohkannya dan penguasa-penguasa menjadi tertawaannya. Ditertawakannya tiap tempat berkubu, ditimbunkannya tanah dan direbutnya tempat itu. 1:11 Maka berlarilah mereka, seperti angin dan bergerak terus; demikianlah mereka bersalah dengan mendewakan kekuatannya.
Di manakah keadilan TUHAN?
1:12 Bukankah Engkau, ya TUHAN, dari dahulu Allahku, Yang Mahakudus? Tidak akan mati kami. Ya TUHAN, telah Kautetapkan dia untuk menghukumkan; ya Gunung Batu, telah Kautentukan dia untuk menyiksa. 1:13 Mata-Mu terlalu suci untuk melihat kejahatan dan Engkau tidak dapat memandang kelaliman. Mengapa Engkau memandangi orang-orang yang berbuat khianat itu dan Engkau berdiam diri, apabila orang fasik menelan orang yang lebih benar dari dia? 1:14 Engkau menjadikan manusia itu seperti ikan di laut, seperti binatang-binatang melata yang tidak ada pemerintahnya? 1:15 Semuanya mereka ditariknya ke atas dengan kail, ditangkap dengan pukatnya dan dikumpulkan dengan payangnya; itulah sebabnya ia bersukaria dan bersorak-sorai. 1:16 Itulah sebabnya dipersembahkannya korban untuk pukatnya dan dibakarnya korban untuk payangnya; sebab oleh karena alat-alat itu pendapatannya mewah dan rezekinya berlimpah-limpah. 1:17 Sebab itukah ia selalu menghunus pedangnya dan membunuh bangsa-bangsa dengan tidak kenal belas kasihan?
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Habakuk a prophet who wrote the eighth book of the minor prophets
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite


Topik/Tema Kamus: Kumran | Habakuk | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Babel | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Tentara | Tengkar, Pertengkaran | Tidak Adil, Ketidakadilan | Serigala | Macan Tutul | Doa Perorangan | Ikan | Kuda | Nabi | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Hab 1:1 - HABAKUK. Nas : Hab 1:1 Habakuk bernubuat kepada Yehuda di antara kekalahan pasukan Asyur di Niniwe dan penyerbuan Yerusalem oleh pasukan Babel (605-597 ...

Nas : Hab 1:1

Habakuk bernubuat kepada Yehuda di antara kekalahan pasukan Asyur di Niniwe dan penyerbuan Yerusalem oleh pasukan Babel (605-597 SM;

lih. Pendahuluan Habakuk).

  1. 1) Kitab ini unik karena bukan suatu nubuat yang diarahkan langsung kepada Israel, tetapi malah sebuah dialog di antara Allah dan sang nabi. Habakuk mengajukan pertanyaan, "Mengapa Allah tidak berbuat sesuatu tentang kejahatan yang begitu menonjol di Yehuda?" Allah menjawabnya dengan menyatakan bahwa Ia sedang mengutus orang Babel untuk menghukum Yehuda.
  2. 2) Jawaban ini bahkan lebih membingungkan Habakuk sehingga ia ingin mengetahui, "Mengapa Allah menghukum umat-Nya melalui bangsa yang lebih jahat daripada mereka?" Pada akhirnya, Habakuk belajar mengandalkan Allah dan hidup dengan iman dalam jalan Allah, tanpa menghiraukan keadaan.

Full Life: Hab 1:2-4 - BERAPA LAMA LAGI TUHAN, AKU BERTERIAK Nas : Hab 1:2-4 (versi Inggris NIV -- aku minta tolong). Habakuk sedang berdoa kepada Allah untuk menghentikan kesalahan yang dilihatnya antara uma...

Nas : Hab 1:2-4

(versi Inggris NIV -- aku minta tolong). Habakuk sedang berdoa kepada Allah untuk menghentikan kesalahan yang dilihatnya antara umat perjanjian; namun Allah tampaknya tidak melakukan apa-apa selain membiarkan saja kekerasan, ketidakadilan, dan penghancuran orang benar. Pertanyaan-pertanyaannya membahas tema dari dahulu kala, "Mengapa Allah menunggu demikian lama untuk menghukum kejahatan?" dan "Mengapa doa-doa kita pada umumnya tidak dijawab dengan cepat?" Tetapi, perhatikan, bahwa keluhan-keluhan ini muncul dari hati yang beriman kepada Allah yang benar.

Full Life: Hab 1:5-11 - AKU MELAKUKAN SUATU PEKERJAAN. Nas : Hab 1:5-11 Allah menjawab Habakuk dengan mengatakan kepadanya bahwa Ia sudah mempunyai rencana untuk menghajar Yehuda karena dosa-dosanya. Ia...

Nas : Hab 1:5-11

Allah menjawab Habakuk dengan mengatakan kepadanya bahwa Ia sudah mempunyai rencana untuk menghajar Yehuda karena dosa-dosanya. Ia akan memakai bangsa Babel yang bengis dan kafir untuk menghukum Yehuda. Bahwa Allah akan memakai umat yang demikian jahat dan kafir untuk menghukum Yehuda sangat mengejutkan sang nabi dan sulit diterima umat Allah

(lihat cat. --> Hab 1:12 berikut).

[atau ref. Hab 1:12]

Full Life: Hab 1:12 - BUKANKAH ENGKAU ... DARI DAHULU? Nas : Hab 1:12 Habakuk terkejut sekali bahwa Allah akan memakai bangsa yang demikian jahat untuk menyerbu Yehuda, namun dia yakin bahwa Allah tidak...

Nas : Hab 1:12

Habakuk terkejut sekali bahwa Allah akan memakai bangsa yang demikian jahat untuk menyerbu Yehuda, namun dia yakin bahwa Allah tidak akan membiarkan mereka memusnahkan umat-Nya sendiri dan melalui kebinasaan itu membatalkan rencana penebusan-Nya bagi umat manusia.

Full Life: Hab 1:13 - MATA-MU TERLALU SUCI. Nas : Hab 1:13 Ayat ini tidak berarti bahwa Allah tidak melihat kejahatan, karena Ia melihat segala sesuatu; Ia Mahatahu (lihat art. SIFA...

Nas : Hab 1:13

Ayat ini tidak berarti bahwa Allah tidak melihat kejahatan, karena Ia melihat segala sesuatu; Ia Mahatahu

(lihat art. SIFAT-SIFAT KHAS ALLAH).

Akan tetapi, Allah tidak memandang kejahatan untuk memaafkan atau membiarkannya. Yang membingungkan Habakuk ialah: halnya Allah memakai orang Babel yang jahat memberi kesan bahwa Allah membiarkan dosa mereka sedangkan menghukum Yehuda, yang, kendatipun semua kejahatan mereka, masih merupakan bangsa yang lebih benar daripada orang Babel.

BIS: Hab 1:9 - -- Kemungkinan besar artinya: semua orang ... kedatangan mereka.

Kemungkinan besar artinya: semua orang ... kedatangan mereka.

BIS: Hab 1:12 - kekal kekal: Dalam teks Ibrani: kami tidak akan mati.

kekal: Dalam teks Ibrani: kami tidak akan mati.

Jerusalem: Hab 1:1 - Ucapan ilahi Bdk Yer 23:33+.

Bdk Yer 23:33+.

Jerusalem: Hab 1:2 - Berapa lama lagi Atas nama umat, bdk Yer 10:23-25; 14:2-9,19-22; Yes 59:9-14, nabi mengeluh pada Tuhan, Hab 1:2-4,12-17, oleh karena kemalangan yang melanda umat. Kelu...

Atas nama umat, bdk Yer 10:23-25; 14:2-9,19-22; Yes 59:9-14, nabi mengeluh pada Tuhan, Hab 1:2-4,12-17, oleh karena kemalangan yang melanda umat. Keluhuran itu agak serupa dengan mazmur-mazmur ratapan dan beberapa bagian kitab Yeremia. Kalau diambil dari konteksnya keluhan pertama dapat berhubungan dengan pergolakan dalam masyarakat Yahudi sendiri. Tetapi mengingat Hab 1:12-17 jelaslah nabi berpikir kepada penindasan umat Allah oleh orang Kasdim (Babel). Soal nabi ialah: Bagaimana Allah yang adil dan baik hati (serta kudus, Hab 1:13) dapat membiarkan orang fasik menjadi jaya/ Sebab seorang kafirlah yang berkuasa sedangkan bangsa Yehuda, kalaupun berdosa, tetap "benar' oleh karena mengenal Allah sejati. Masalah itu hendaklah dipecahkan oleh Tuhan sendiri, bdk Hab 2:1.

Jerusalem: Hab 1:5-11 - -- Bagian ini merupakan jawaban Tuhan yang pertama: Allah sendiri membangkitkan orang Kasdim yang mendatangkan kemalangan atas umat. Orang-orang kafir it...

Bagian ini merupakan jawaban Tuhan yang pertama: Allah sendiri membangkitkan orang Kasdim yang mendatangkan kemalangan atas umat. Orang-orang kafir itu menjadi suatu alat keadilan TUhan, tetapi hanya untuk sementara waktu saja. Ams 3:11; Yes 10:5-27; Yer 5:16-20; 25:1-13; 27:6-22; 51:20-23; Ula 28:47 dst; 2Ra 24:2-4. Bdk Nebukadnezar yang disebut "hamba Tuhan", Yer 25:9,27; 27:6; 43:10.

Jerusalem: Hab 1:5 - sebab Aku melakukan.... dalam zamanmu Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: suatu pekerjaan akan dikerjakannya di zaman ini.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: suatu pekerjaan akan dikerjakannya di zaman ini.

Jerusalem: Hab 1:6 - bangsa yang garang.... kiasan-kiasan yang dipakai dalam Hab 1:6-10 untuk menggambarkan serangan musuh, sering kali dipergunakan para nabi, bdk Yes 5:26-29; 13:17-18; Yer 4:5...

kiasan-kiasan yang dipakai dalam Hab 1:6-10 untuk menggambarkan serangan musuh, sering kali dipergunakan para nabi, bdk Yes 5:26-29; 13:17-18; Yer 4:5-7,13,16-17; 5:15-17; 6:22-24; Nah 3:2-3; Yeh 23:22-26; 28:7-20.

Jerusalem: Hab 1:7 - berasal dari padanya sendiri Bangsa itu tidak mengakui Allah penguasa manapun. keberhasilannya dianggap hasil usaha dan kemampuannya sendiri.

Bangsa itu tidak mengakui Allah penguasa manapun. keberhasilannya dianggap hasil usaha dan kemampuannya sendiri.

Jerusalem: Hab 1:9 - Serbuan pasukan depannya seperti angin timur Dalam naskah Ibrani tertulis:: panas terik wajah mereka ke timur. Angin timur (begitu terbaca dalam 1QpHab -- tafsiran atas kitab Habakuk yang diketem...

Dalam naskah Ibrani tertulis:: panas terik wajah mereka ke timur. Angin timur (begitu terbaca dalam 1QpHab -- tafsiran atas kitab Habakuk yang diketemukan di Qumran) ialah angin panas dari gurun pasir. Angin itu kadang-kadang melambangkan serbuan musuh dari sebelah timur, Hos 12:2; 13:15; Yer 18:17; Yeh 17:10 dst.

Jerusalem: Hab 1:10 - ditimbunkannya tanah Tanah ditimbun untuk mengurug sebuah kota yang dikepung.

Tanah ditimbun untuk mengurug sebuah kota yang dikepung.

Jerusalem: Hab 1:11 - seperti angin Seperti angin ribut cepat berlalu dan hanya meninggalkan reruntuhan, begitulah musuh berlalu. Ahli-ahli lain mengartikan bagian ayat ini sbb: maka roh...

Seperti angin ribut cepat berlalu dan hanya meninggalkan reruntuhan, begitulah musuh berlalu. Ahli-ahli lain mengartikan bagian ayat ini sbb: maka roh sudah berlalu dan pergi. Artinya: inspirasi kenabian untuk sementarawaktu berhenti. Lain ahli menterjemahkan: maka ia (penyerbu) merubah minat dan telah melanggar (tugas yang diberikan kepadanya).

Jerusalem: Hab 1:12-17 - -- Keluhan kedua ini melanjutkan yang pertama, Hab 1:2-4: Oleh karena kejayaan orang Kasdim akhirnya disebabkan Tuhan sendiri, Hab 1:5-6, maka Tuhanlah y...

Keluhan kedua ini melanjutkan yang pertama, Hab 1:2-4: Oleh karena kejayaan orang Kasdim akhirnya disebabkan Tuhan sendiri, Hab 1:5-6, maka Tuhanlah yang perlu diminta keteranganNya. Bagaimana mungkin Dia yang adil dan kudus, penegak tata hukum, memperlakukan bangsa-bangsa lain dan umat terpilih dengan cara demikian, Hab 1:14? Adakah Tuhan membiarkan orang fasik menindas orang benar, Hab 1:13; bdk Hab 1:14 dan Hab 11:15-17?

Jerusalem: Hab 1:12 - dari dahulu Yaitu dari masa keluaran umat dari negeri Mesir. Bab 3 mengenangkan masa itu. Masa itu menjadi dasar pengharapan Habakuk

Yaitu dari masa keluaran umat dari negeri Mesir. Bab 3 mengenangkan masa itu. Masa itu menjadi dasar pengharapan Habakuk

Jerusalem: Hab 1:12 - Tidak akan mati kami Begitu memang terbaca dalam naskah Ibrani. Tetapi aselinya kiranya tertulis:(.... Mahakudus) yang tidak mati. Seorang penyalin naskah menganggap keter...

Begitu memang terbaca dalam naskah Ibrani. Tetapi aselinya kiranya tertulis:(.... Mahakudus) yang tidak mati. Seorang penyalin naskah menganggap keterangan itu kurang pantas (seolah-olah Tuhan barangkali dapat mati), sehingga merubah naskah asli menjadi: tidak akan mati kami

Jerusalem: Hab 1:12 - Gunung Batu Bdk Ula 32:4; Maz 18:3+

Jerusalem: Hab 1:12 - dia yaitu bangsa Kasdim yang oleh Tuhan sendiri diberi tugas melaksanakan penghakiman. Ia tidak boleh melanggar batas tugasnya, bdk Hab 1:5+. Ada penafsir...

yaitu bangsa Kasdim yang oleh Tuhan sendiri diberi tugas melaksanakan penghakiman. Ia tidak boleh melanggar batas tugasnya, bdk Hab 1:5+. Ada penafsir yang berpendapat bahwa yang dimaksud ialah umat Israel yang mesti menjadi wasit para bangsa, ataupun yang dimaksud ialah raja Yehuda. Yoyakim, yang tidak setia pada tugasnya. Menurut tafsir terakhir ini Hab 1:2-4,12-17 dan Hab 2:6-19 melawan raja Yoyakim.

Jerusalem: Hab 1:15 - ditariknya Yang menarik ialah orang Kasdim yang menyerbu.

Yang menarik ialah orang Kasdim yang menyerbu.

Jerusalem: Hab 1:17 - menghunus pedangnya Terjemahan lain: mengosongkan pukatnya. Dalam naskah Ibrani kata "selalu" mendahului kata "membunuh".

Terjemahan lain: mengosongkan pukatnya. Dalam naskah Ibrani kata "selalu" mendahului kata "membunuh".

Ende: Hab 1:2--2:4 - -- Bagian pertama ini memuat suatu pertjakapan nabi dengan Allah. Habakuk mengeluh karena penindasan bangsanja oleh musuh (Hab 1:2-4). Jahwe mendjawab, b...

Bagian pertama ini memuat suatu pertjakapan nabi dengan Allah. Habakuk mengeluh karena penindasan bangsanja oleh musuh (Hab 1:2-4). Jahwe mendjawab, bahwa musuh itu (orang Chaldai = Babel dikirim oleh Jahwe sendiri untuk menghukum umatNja (Hab 1:5-11). Djawab ini tidak memuaskan nabi, sehingga kembali ia mengeluh, karena keadaan buruk (Hab 1:12-17). Keadaan itu rupa2nja tidak dapat disesuaikan dengan sifat2 Jahwe. Allah lalu mendjawab, bahwa si djudjur jang bertahan dengan sabar dan pertjaja, akan selamat djuga (Hab 2:1-4). Si musuh akan binasa dan si djudjur (Juda) akan diselamatkan. soal jang dibahas dalam bagian ini, jakni bagaimana Jahwe dapat membiarkan jang djahat: hal mana djuga diperdebat dalam kitab Ijob dan muntjul dalam beberapa mazmur dan terdapat pula pada nabi Jeremia.

Ende: Hab 1:4 - -- Taurat kehilangan kuatnja, oleh sebab tidak dihiraukan dan tidak ditepati.

Taurat kehilangan kuatnja, oleh sebab tidak dihiraukan dan tidak ditepati.

Ende: Hab 1:7 - -- Bangsa kafir, jang tidak mengenal Allah, menetapkan sendiri apa jang baik dan adil dan djuga mengira bahwa kebesarannja bersandarkan kekuatannja sendi...

Bangsa kafir, jang tidak mengenal Allah, menetapkan sendiri apa jang baik dan adil dan djuga mengira bahwa kebesarannja bersandarkan kekuatannja sendiri.

Ende: Hab 1:11 - angin berlalu ialah penjerbuan Babel, jang tidak menetap dinegeri, jang telah direbutnja.

ialah penjerbuan Babel, jang tidak menetap dinegeri, jang telah direbutnja.

Ende: Hab 1:11 - Bersalahlah...dst. Babel jang pertjaja pada kekuatannja sendiri berdosa, seperti dengan memudja berhala. Mungkin kalimat ini dikatakan nabi sendiri ataupun ditambahkan k...

Babel jang pertjaja pada kekuatannja sendiri berdosa, seperti dengan memudja berhala.

Mungkin kalimat ini dikatakan nabi sendiri ataupun ditambahkan kemudian.

Ende: Hab 1:12 - telah Kauuntukkan Jahwe, menurut djawaban pertama itu, memanggil orang2 Chaldai untuk melaksanakan hukuman dan siksaan atas Israil. Tapi nabi mengira, bahwa Babel melam...

Jahwe, menurut djawaban pertama itu, memanggil orang2 Chaldai untuk melaksanakan hukuman dan siksaan atas Israil. Tapi nabi mengira, bahwa Babel melampaui maksud Allah.

Ende: Hab 1:14 - -- Maknanja: Allah membiarkan manusia diperlakukan oleh orang2 Chaldai seperti binatang sadja.

Maknanja: Allah membiarkan manusia diperlakukan oleh orang2 Chaldai seperti binatang sadja.

Ende: Hab 1:15 - Ia jaitu orang2 Babel.

jaitu orang2 Babel.

Ende: Hab 1:16 - Pukat (pajang), ialah kekuatan militer. Itu dipudja se-akan2 dewa sadja.

(pajang), ialah kekuatan militer. Itu dipudja se-akan2 dewa sadja.

Endetn: Hab 1:3 - bersimaharadjalela diperbaiki. tertulis: "mengangkat".

diperbaiki. tertulis: "mengangkat".

Endetn: Hab 1:9 - dahsjatlah dihadapanNja diperbaiki. Tertulis: "panas(?) murka mereka".

diperbaiki. Tertulis: "panas(?) murka mereka".

Endetn: Hab 1:9 - (dikumpulkan)nja diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Naskah Hibrani pakai mufrad.

Endetn: Hab 1:12 - Engkau diperbaiki. Tertulis: "kami".

diperbaiki. Tertulis: "kami".

Endetn: Hab 1:16 - ber-limpah2 diperbaiki; akan ganti bentuk jang menundjuk laki2, bentuk jang menundjuk perempuan.

diperbaiki; akan ganti bentuk jang menundjuk laki2, bentuk jang menundjuk perempuan.

Ref. Silang FULL: Hab 1:1 - Ucapan ilahi · Ucapan ilahi: Nah 1:1; Nah 1:1

· Ucapan ilahi: Nah 1:1; [Lihat FULL. Nah 1:1]

Ref. Silang FULL: Hab 1:2 - Berapa lama // tidak Kaudengar // tidak Kautolong · Berapa lama: Mazm 6:4; Mazm 6:4 · tidak Kaudengar: Mazm 13:2-3; 22:2-3 · tidak Kautolong: Yer 14:9; Za 1:12

· Berapa lama: Mazm 6:4; [Lihat FULL. Mazm 6:4]

· tidak Kaudengar: Mazm 13:2-3; 22:2-3

· tidak Kautolong: Yer 14:9; Za 1:12

Ref. Silang FULL: Hab 1:3 - aku memandang // kelaliman // dan kekerasan // perbantahan · aku memandang: Hab 1:13 · kelaliman: Ayub 9:23; Ayub 9:23 · dan kekerasan: Yer 20:8 · perbantahan: Mazm 55:10; Mazm 55:1...

· aku memandang: Hab 1:13

· kelaliman: Ayub 9:23; [Lihat FULL. Ayub 9:23]

· dan kekerasan: Yer 20:8

· perbantahan: Mazm 55:10; [Lihat FULL. Mazm 55:10]

Ref. Silang FULL: Hab 1:4 - sebabnya hukum // sebabnya keadilan // muncul terbalik · sebabnya hukum: Mazm 119:126 · sebabnya keadilan: Yes 29:21; Yes 29:21 · muncul terbalik: Ayub 19:7; Ayub 19:7; Yes 1:23; Yes 1...

· sebabnya hukum: Mazm 119:126

· sebabnya keadilan: Yes 29:21; [Lihat FULL. Yes 29:21]

· muncul terbalik: Ayub 19:7; [Lihat FULL. Ayub 19:7]; Yes 1:23; [Lihat FULL. Yes 1:23]; Yes 5:20; Yeh 9:9; [Lihat FULL. Yeh 9:9]

Ref. Silang FULL: Hab 1:5 - dan tercengang-cengang // jika diceriterakan · dan tercengang-cengang: Yes 29:9; Yes 29:9 · jika diceriterakan: Kis 13:41%&

· dan tercengang-cengang: Yes 29:9; [Lihat FULL. Yes 29:9]

· jika diceriterakan: Kis 13:41%&

Ref. Silang FULL: Hab 1:6 - orang Kasdim // bujur bumi // bukan kepunyaan · orang Kasdim: Ul 28:49; Ul 28:49; 2Raj 24:2; 2Raj 24:2 · bujur bumi: Wahy 20:9 · bukan kepunyaan: Yer 13:20; Yer 13:20; Yer 21...

· orang Kasdim: Ul 28:49; [Lihat FULL. Ul 28:49]; 2Raj 24:2; [Lihat FULL. 2Raj 24:2]

· bujur bumi: Wahy 20:9

· bukan kepunyaan: Yer 13:20; [Lihat FULL. Yer 13:20]; Yer 21:7; [Lihat FULL. Yer 21:7]

Ref. Silang FULL: Hab 1:7 - Bangsa · Bangsa: Yes 18:7; Yer 39:5-9

· Bangsa: Yes 18:7; Yer 39:5-9

Ref. Silang FULL: Hab 1:8 - lebih cepat // pada serigala · lebih cepat: Yer 4:13; Yer 4:13 · pada serigala: Kej 49:27; Kej 49:27

· lebih cepat: Yer 4:13; [Lihat FULL. Yer 4:13]

· pada serigala: Kej 49:27; [Lihat FULL. Kej 49:27]

Ref. Silang FULL: Hab 1:9 - mengumpulkan tawanan · mengumpulkan tawanan: Hab 2:5

· mengumpulkan tawanan: Hab 2:5

Ref. Silang FULL: Hab 1:10 - dan penguasa-penguasa // berkubu, ditimbunkannya · dan penguasa-penguasa: 2Taw 36:6; 2Taw 36:6 · berkubu, ditimbunkannya: Yer 33:4; Yer 33:4

· dan penguasa-penguasa: 2Taw 36:6; [Lihat FULL. 2Taw 36:6]

· berkubu, ditimbunkannya: Yer 33:4; [Lihat FULL. Yer 33:4]

Ref. Silang FULL: Hab 1:11 - seperti angin // dengan mendewakan · seperti angin: Yer 4:11-12 · dengan mendewakan: Dan 4:30; Dan 4:30

· seperti angin: Yer 4:11-12

· dengan mendewakan: Dan 4:30; [Lihat FULL. Dan 4:30]

Ref. Silang FULL: Hab 1:12 - dari dahulu // Yang Mahakudus // akan mati // telah Kautetapkan // Gunung Batu · dari dahulu: Kej 21:33; Kej 21:33 · Yang Mahakudus: Yes 31:1; 37:23 · akan mati: Mazm 118:17 · telah Kautetapkan: Yes 10...

· dari dahulu: Kej 21:33; [Lihat FULL. Kej 21:33]

· Yang Mahakudus: Yes 31:1; 37:23

· akan mati: Mazm 118:17

· telah Kautetapkan: Yes 10:6

· Gunung Batu: Kej 49:24; [Lihat FULL. Kej 49:24]; Kel 33:22; [Lihat FULL. Kel 33:22]

Ref. Silang FULL: Hab 1:13 - terlalu suci // memandang kelaliman // Engkau memandangi // berbuat khianat // dari dia · terlalu suci: Mazm 18:27 · memandang kelaliman: Rat 3:34-36; Rat 3:34 s/d 36 · Engkau memandangi: Hab 1:3 · berbuat khia...

· terlalu suci: Mazm 18:27

· memandang kelaliman: Rat 3:34-36; [Lihat FULL. Rat 3:34] s/d 36

· Engkau memandangi: Hab 1:3

· berbuat khianat: Mazm 25:3; [Lihat FULL. Mazm 25:3]

· dari dia: Ayub 21:7; [Lihat FULL. Ayub 21:7]

Ref. Silang FULL: Hab 1:15 - mereka ditariknya // dengan kail // dengan pukatnya · mereka ditariknya: Yer 5:26 · dengan kail: Yes 19:8; Yes 19:8 · dengan pukatnya: Ayub 18:8; Ayub 18:8; Yer 16:16

· mereka ditariknya: Yer 5:26

· dengan kail: Yes 19:8; [Lihat FULL. Yes 19:8]

· dengan pukatnya: Ayub 18:8; [Lihat FULL. Ayub 18:8]; Yer 16:16

Ref. Silang FULL: Hab 1:16 - dibakarnya korban · dibakarnya korban: Yer 44:8

· dibakarnya korban: Yer 44:8

Ref. Silang FULL: Hab 1:17 - belas kasihan · belas kasihan: Yes 14:6; Yes 14:6; Yes 19:8

· belas kasihan: Yes 14:6; [Lihat FULL. Yes 14:6]; Yes 19:8

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Hab 1:1--2:5 - Allah adil! (Selasa, 29 November 2005) Allah adil! Di mana keadilan Allah? Mengapa orang berdosa tidak dihukum? Pertanyaan itu menghantui Habakuk karena ia melihat penduduk Yeh...

SH: Hab 1:1-4 - Diam dan Berdoa (Selasa, 12 September 2017) Diam dan Berdoa Kitab Habakuk berisi ucapan Ilahi dalam penglihatan Nabi Habakuk. Pada saat itu nabi hidup di tengah bangsa Yehuda yang sedang berada...

SH: Hab 1:1-4 - Jawaban Doa yang Berpusat pada Allah (Sabtu, 23 Oktober 2021) Jawaban Doa yang Berpusat pada Allah Penderitaan adalah bagian realita kehidupan yang tak terhindarkan. Kita sering bertanya "Mengapa Tuhan izinkan h...

SH: Hab 1:5-11 - Tuhan Tidak Tinggal Diam (Rabu, 13 September 2017) Tuhan Tidak Tinggal Diam Perikop ini merupakan jawaban Tuhan atas keluh kesah dan seruan doa Habakuk. Tuhan menghukum orang-orang Yehuda melalui bang...

SH: Hab 1:5-11 - Menyelami Pekerjaan Allah (Minggu, 24 Oktober 2021) Menyelami Pekerjaan Allah Pernahkah Anda merasa ditinggalkan oleh Allah? Habakuk pernah merasakannya. Tentu, karena ini tentang "perasaan", sifatnya ...

SH: Hab 1:12-17 - Naikkan Eskalasi! (Kamis, 14 September 2017) Naikkan Eskalasi! Bacaan Santapan Harian hari ini berisi keluhan Nabi Habakuk atas kezaliman yang dilakukan oleh bangsa Kasdim. Memang betul bahwa ke...

SH: Hab 1:12-17 - Hidup yang Penuh dengan Pertanyaan (Senin, 25 Oktober 2021) Hidup yang Penuh dengan Pertanyaan Hidup yang kita jalani ini penuh dengan berbagai pertanyaan. Kadang kala kita dapat menemukan jawabannya, namun le...

Topik Teologia: Hab 1:3 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama

Topik Teologia: Hab 1:12 - -- Allah yang Berpribadi Yang Mahakudus Ayu 6:10 Ams 9:10 Yes 40:25 Yes 43:15 Hos 11:9 Hab 1:12 Allah itu Kekal ...

Topik Teologia: Hab 1:13 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Kudus Kel 15:11 Ima 11:44-45 Ula 32:4 Yos 24:19 1Sa 2:2 1Sa 6:20 1Ta 16:1...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Penulis : Habakuk Tema : Hidup Dengan Iman Tanggal Penulisan: + 606 SM Latar Belakang Penulis kitab ini memperkenalkan dirinya...

Full Life: Habakuk (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Hab 1:1) I. Pertanyaan-Pertanyaan Habakuk (Hab 1:2-2:20) A. Pertanyaan 1: ...

Jerusalem: Habakuk (Pendahuluan Kitab) HABAKUK Kitab kacil Habakuk disusun dengan rapih. Awal kitab ialah sebuah dialog antara nabi dengan Allah: dua keluhan nabi ditanggapi dua nubuat Ilah...

Ende: Habakuk (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Habakuk (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Habakuk (Pendahuluan Kitab) HABAKUK PENGANTAR Nabi Habakuk menyampaikan pesan-pesannya menjelang akhir abad ketujuh Sebelum Masehi, pada masa kekuasaan kerajaan Babel. Ia sanga

HABAKUK

PENGANTAR

Nabi Habakuk menyampaikan pesan-pesannya menjelang akhir abad ketujuh Sebelum Masehi, pada masa kekuasaan kerajaan Babel. Ia sangat prihatin melihat kekerasan yang dilakukan oleh bangsa yang kejam itu, maka ia bertanya kepada TUHAN, "Bagaimana Engkau dapat tahan melihat orang-orang jahat yang kejam itu? Bukankah Engkau terlalu suci untuk memandang kejahatan? Bukankah Engkau merasa muak melihat ketidakadilan? Jadi, mengapa Engkau diam saja ketika orang yang saleh dihancurkan oleh pendurhaka?" (Hab 1:13).

TUHAN menjawab bahwa Ia akan bertindak pada waktu yang ditentukan-Nya sendiri, dan sementara itu harus diingat bahwa, "Orang yang jahat tidak akan selamat, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah akan hidup karena kesetiaannya kepada Allah" (Hab 2:4).

Bagian yang terakhir dari buku ini berisi ramalan tentang kehancuran bagi mereka yang tidak taat kepada perintah TUHAN. Dan di dalam bagian yang terakhir itu diselipkan nyanyian pujian bagi kebesaran Allah. Di dalam pujian itu tergambar juga iman yang teguh dari sang nabi.

Isi

  1.  Keluhan Habakuk dan jawaban-jawaban TUHAN
    Hab 1:1-2:4
  2.  Kutuk atas orang-orang yang tidak taat kepada perintah TUHAN
    Hab 2:5-20
  3.  Doa Habakuk
    Hab 3:1-19

Ajaran: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang pertumbuhan iman, serta membawa mereka kepada kedewasaan iman yang benar. Pendahuluan Penulis

Tujuan

Supaya orang-orang Kristen mengerti tentang pertumbuhan iman, serta membawa mereka kepada kedewasaan iman yang benar.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Habakuk.

Isi Kitab: Kitab Habakuk dibagi atas 3 pasal, yang berisi keluhan-keluhan tentang kekejaman bangsa fasik dan ramalan akan kejatuhan bangsa seperti itu, sebagai jawaban terhadap keluhan nabi itu.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Nabi Habakuk

  1. Pasal 1 (Hab 1:1-17).

    Keluhan-keluhan Nabi Habakuk dan jawaban Allah

    Pendalaman

    1. Nabi Habakuk mengeluh melihat keadaan tanah Yehud (Hab 1:1-2). Tetapi Allah menjawab Nabi Habakuk bahwa Ialah yang membangkitka bangsa Kasdim yang menindas bangsa Yehuda (Hab 1:5-6).
    2. Nabi Habakuk memberikan keluhan lagi karena tidak puas dengan jawaba Allah (Hab 1:12-17). Namun kemudian Nabi Habakuk merasa dikuatkan setelah memperole jawaban Allah bahwa orang benar akan hidup oleh percayanya, tetap orang sombong dan khianat akan tetap berada dalam hukuman Alla (Hab 2:4).
  2. Pasal 2 (Hab 2:1-20).

    Penglihatan Nabi Habakuk

    Bagian ini merupakan penglihatan yang diberikan oleh Tuhan kepada Nabi Habakuk. Ini adalah jawaban secara rohani yang dapat dimengerti oleh orang beriman.

    Pendalaman

    1. Nabi Habakuk juga mendapat penglihatan akan peristiwa di mana "bumi akan penuh dengan pengetahuan tentang kemuliaan Tuhan, seperti air yang menutupi dasar laut" (Hab 2:14).
    2. Dalam pasal 2; Hab 2:1-20 ini terdapat lima kali kata "celakalah" Ini pun merupakan jawaban atas penglihatan itu, bahwa orang- orang fasik akan dihancurkan, tetapi orang-orang benar akan hidup karena imannya (Hab 2:4-5).
  3. Pasal 3 (Hab 3:1-19).

    Doa dan syukur Nabi Habakuk

    Bagian ini menjelaskan doa dan ucapan syukur Nabi Habakuk atas keadilan Tuhan serta atas pengharapan keadaan yang akan datang.

    Pendalaman

    1. Sumber sukacita dan kekuatan bagi orang percaya adala Tuhan (Hab 3:17-19).
    2. Apakah sumber sukacita saudara?

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Pergumulan dalam hidup Nabi Habakuk membuktikan bahwa pergumulan hidu merupakan hal yang biasa dialami oleh setiap orang beriman.
  2. Keteguhan Nabi Habakuk merupakan teladan kepada orang percaya, untu memiliki keteguhan iman di dalam berbagai keadaan.
  3. Kemahakuasaan Allah dengan jelas dinyatakan dalam Kitab Habakuk.
  4. Sumber sukacita dan kebahagiaan tidak ada pada orang lain selain pad Allah.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah yang menjadi penulis Kitab Habakuk?
  2. Apakah isi Kitab Habakuk?
  3. Dengan apakah orang benar dapat hidup?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara terima setelah mempelajari Kita Habakuk?

Intisari: Habakuk (Pendahuluan Kitab) Bagaimana Allah dapat memakai orang jahat? NABI YANG TIDAK DIKENALSelain dari satu petunjuk yang singkat, kita samma sekali tidak tahu tentang Habaku

Bagaimana Allah dapat memakai orang jahat?

NABI YANG TIDAK DIKENAL
Selain dari satu petunjuk yang singkat, kita samma sekali tidak tahu tentang Habakuk atau kapan ia berkhotbah. Beberapa orang berpendapat bahwa karena pasal Hab 3 ditulis seperti Mazmur lainnya, yaitu untuk penyembahan umum -- lengkap dengan petunjuk-petunjuk untuk musiknya (Hab 3:1,3,9,13,19) -- ia boleh jadi seorang Lewi yang bekerja di dalam Rumah Tuhan di Yerusalemm dan juga seorang nabi. Petunjuk yang kita punyai mengacu kepada orang Kasdim atau orang babel. (Hab 1:6), dan ada yang memperdebatkan apakah Habakuk meramalkan kebangkitan kekuasaan mereka atau hanya menggambarkan apa yang terjadi pada masa hidupnya. Kedua asumsi menempatkan Habakuk pada akhir abad ketujuh S.M. Pada waktu itulah kerajaan Asyur menyerah kepada bangsa Babel (612 S.M). Pada waktu itulah kerajaan Asyur menyerah kepada bangsa Babel (612 S.M). Setelah mereka mengalahkan Mesir dalam perang Karkemis (605 S.M), mereka terus menggempur Palestina. Pada tahun 597 S.M mereka merebut Yerusalem, dan sepuluh tahun kemudian mereka menghancurkannya. Bangsa Babel menutup satu era dalam sejarah orang Yahudi.

APA YANG HARUS DIBERITAKANNYA?
Beberapa orang berpendapat bahwa kitab yang sekarang kita punyai ini terdiri bermacam-macam tulisan, tetapi rupanya hanya ada satu tema. Kembali tema itu mengenai masalah penderitaan, dilihat baik dalam masyarakat maupun pada skala yang lebih luas dalam politik internasional. Sementara nabi Habakuk yakin bahwa Allah itu berdaulat, dan bhwa segala sesuatu tidak akan terjadi tanpa kehendaknya, ia juga tahu bahwa Allah itu kudus dan benar. Bagaimana mungkin Allah memakai tangan-tangan orang jahat tanpa mengerti mengotori tanganNya sendiri? Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu percakapan yang didalamnya nabi itu mengeluh kepada Allah dan memaksa diberikannya suatu jawaban, walaupun jalan keluar yang sebenarnya terhadap masalah itu tidak diberikan. Menghadapi tidak adanya rasa perikemanusiaan manusia terhadap manusia lain, kita hanya boleh percaya bahwa Allah akan meluruskan yang salah menurut kehendak dan waktuNya.

Pesan

1. Dunia penuh penderitaan
Di mana-mana dalam masyarakat nabi melihat adanya penderitaan, dan yang lebih buruk lagi ialah bahwa hal itu sering sebagai akibat dari ketidakadilan. Oleh karena orang jahat rupanya bebas melakukan kejahatan, dan doa-doanya memohon keadilan tidak dijawab, Habakuk dihadapkan pada dilema yang tidak enak: 'Jika Tuhan itu adil, mengapa Ia membiarkan ketidakadilan berlangsung terus?' Hab 1:2-4 Bukannya membuat masalah menjadi lebih mudah untuk diterima, Tuhan malah memberikan kepadanya suatu visi yang jauh lebih buruk. Bangsa Babel yang hampir tidak mempedulikan hidup manusia atau hak-hak mereka, akan mengalahkan negeri itu. Hab 1:5-11 Lebih menyeramkan lagi ialah bahwa para penakluk itu tidak mempunyai waktu untuk Tuhan. Mereka mempunyai rasa percaya diri yang luar biasa. Hab 1:7,11,15,16

2. Allah berkuasa
Habakuk percaya bahwa Allahnya adalah Tuhan atas seluruh muka bumi, dan oleh karena itu, Dia rupanya telah membiarkan semua ini terjadi. Dia melihat bahwa Tuhan memakai kekuasaan jahat untuk mencapai maksudNya. Hab 1:5,6; 2:20; 3:19 Ia juga sadar bahwa Tuhan itu adil, dan bahwa Ia akan menghakimi ketidakadilan dan kejahatan. Musuh-musush yang bertubi-tubi merupakan takdir mereka. Hab 1:12; 2:6-20; 3:3-15. Masih ada masalah yang belum terjawab, yaitu bagaimana Allah sampai terlibat, mengingat bahwa Ia suci dan benar. Hab 1:13

3. Pesan tentang kepercayaan
Walaupun Habakuk mengeluh kepada Allah dan menunggu suatu jawaban, Allah tidak benar-benar memberikannya. Hab 2:1 Sebaliknya, kebenaran yang diungkapkan-Nya -- dan perintah yang harus ditulis dengan sederhana sehingga semua orang dapat membacanya dengan mudah -- ialah bahwa orang benar akan dipelihara melalui semua itu, karena kesetiaannya kepada Allah. Hab 2:2-4 Habakuk diberi sekilas pemandangan mengenai masa depan, yaitu waktu semua orang akan mengakui Allah dan hukumNya. Dengan mempercayai siapa Allah dan apa yang akan dilakukanNya, ia mendapati bahwa mungkin saja tidak hanya dapat bertahan melalui masa-masa yang sulit, tetapi sebenarnya juga dapat bersukacita. Hab 2:14; 3:17-19

Penerapan

1. Dunia ini adalah tempat yang penuh dosa
Kita harus realistis tentang manusia, baik dalam masyarakat maupun dalam dunia internasional. Manusia, laki-laki dan perempuan tidak lagi mempedulikan Tuhan dan hukum-Nya. Jika diberi kesempatan mereka dapat menginjak-injak orang lain demi untuk mendapatkan harta, rasa aman, kuasa dan kenikmatan.

2. Tidak salah untuk meminta
Pertanyaan-pertanyaan Habakuk bukan merupakan dosa keragu-raguan, tetapi didorong oleh rasa bingung. Kita juga harus berpikir melalui iman kita, menghadapi pertanyaan-pertanyaan sukar yang dilemparkan kehidupan kepada kita, walaupun mungkin kita tidak mempunyai jalan keluarnya.

3. Kita dapat bergantung kepada Allah juga
Walaupun kita tidak dapat mengerti apa yang Tuhan kerjakan, kita boleh percaya bahwa Ia menyelesaikan segala sesuatu dengan cara dan waktuNya sendiri. Kita juga dapat belajar untuk bersukacita, bukan di dalam keadaan kita, tetapi di dalam Dia, di dalam kenyataan siapa Dia dan apa yang akan dilakukanNya.

4. Sejarah menuntut penghakiman
Sangat banyak kejahatan manusia yang tidak mendapatkan hukuman dalam hidup ini atau dalam dunia ini. Jika Allah itu adil, harus ada penghakiman di kemudian hari. Masalah penderitaan membawa kita keluar dari hidup ini menuju ke kehidupan berikutnya.

Tema-tema Kunci

1. Allah
Masalah Habakuk timbul karena ia mempunyai gambaran yang jelas tentang siapa Allah. Perhatikan cara ia menggambarkan-Nya sebagai Tuhan yang suci (Hab 1:12,13; 3:3), adil (Hab 1:12), berdaulat (Hab 2:20; 3:19), tidak berubah (Hab 1:12; 3:6, penuh belas kasihan (Hab 3:2), menyelamatkan (Hab 3:13,18), menghakimi (Hab 2:13,16; 3:3-15), dan mengungkapkan kebenaran (Hab 2:2).

2. Kesetiaan
Jawaban Allah atas pertanyaan nabi adalah 'orang yang benar akan hidup karena iman percayanya (atau kesetiaannya)' Hab 2:4, yaitu kesetiaannya kepada Allah di tengah-tengah orang lain yang tidak mengenal Allah. Para pembaca surat Ibrani diperintahkan untuk bertahan dengan cara yang sama (Hab 10:35-39), sementara itu Paulus memakai ayat ini untuk membuat ilustrasi mengenai pengertiannya tentang 'pembenaran karena iman' Roma 1:17; Galatia 3:11). Bagi Allah, kesetiaan berarti tindakan ketaatan. Oleh karenanya, sementara dalam Habakuk dikatakan bahwa orang yang benar adalah orang yang setia kepada Tuhan, dalam tulisan-tulisan Paulus pendapat ini bertolak belakang. Hanya orang yang sedah menyerahkan diri kepada Kristus saja yang benar.

Garis Besar Intisari: Habakuk (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA, TUHAN? Hab 1:1-4 Hab 1:1-3Terlalu banyak penderitaan Hab 1:4Terlalu banyak ketidakadilan [2] MASIH BANYAK LAGI YANG AKAN TERJADI!

[1] MENGAPA, TUHAN? Hab 1:1-4

Hab 1:1-3Terlalu banyak penderitaan
Hab 1:4Terlalu banyak ketidakadilan

[2] MASIH BANYAK LAGI YANG AKAN TERJADI! Hab 1:5-11

Hab 1:5Kejadian-kejadian yang tidak diduga-duga
Hab 1:6-11Bangsa Kasdim datang!

[3] BAGAIMANA ENGKAU MELAKUKANNYA, TUHAN? Hab 1:12-2:1

Hab 1:12Engkau berkuasa
Hab 1:13Tetapi Engkau kudus
Hab 1:14-17Bagaimana Engkau membiarkan itu terjadi?
Hab 2:1Saya menginginkan suatu jawaban

[4] ALLAH TAHU APA YANG DILAKUKANNYA Hab 2:2-5

Hab 2:2,3Firman-Nya benar
Hab 2:4,5Penghukuman-Nya akan menyusul

[5] ALLAH MEMBENCI KETIDAKADILAN Hab 2:2-5

Hab 2:6-8Mereka yang senang membunuh dan mencuri
Hab 2:9-11Mereka yang merasa aman dalam kejahatan mereka
Hab 2:12-14Mereka yang tidak mempunyai hati
Hab 2:15-17Mereka yang mempermalukan orang lain
Hab 2:18-20Mereka yang menyembah dewa-dewa palsu

[6] ALLAH KITA SEGERA DATANG Hab 3:1-19

Hab 3:1-15Tuhan datang untuk menghakimi
Hab 3:16-19Dengan gemetar, percaya dan kemenangan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #24: Gunakan Studi Kamus untuk mempelajari dan menyelidiki segala aspek dari 20,000+ istilah/kata. [SEMUA]
dibuat dalam 1.10 detik
dipersembahkan oleh YLSA