kecilkan semua  

Teks -- Ester 9:1-32 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tindakan orang Yahudi terhadap musuhnya
9:1 Dalam bulan yang kedua belas -- yakni bulan Adar --, pada hari yang ketiga belas, ketika titah serta undang-undang raja akan dilaksanakan, pada hari musuh-musuh orang Yahudi berharap mengalahkan orang Yahudi, terjadilah yang sebaliknya: orang Yahudi mengalahkan pembenci-pembenci mereka. 9:2 Maka berkumpullah orang Yahudi di dalam kota-kotanya di seluruh daerah raja Ahasyweros, untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka, dan tiada seorangpun tahan menghadapi mereka, karena ketakutan kepada orang Yahudi telah menimpa segala bangsa itu. 9:3 Dan semua pembesar daerah dan wakil pemerintahan dan bupati serta pejabat kerajaan menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka. 9:4 Sebab Mordekhai besar kekuasaannya di dalam istana raja dan tersiarlah berita tentang dia ke segenap daerah, karena Mordekhai itu bertambah-tambah besar kekuasaannya. 9:5 Maka orang Yahudi mengalahkan semua musuhnya: mereka memukulnya dengan pedang, membunuh dan membinasakannya; mereka berbuat sekehendak hatinya terhadap pembenci-pembenci mereka. 9:6 Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi membunuh dan membinasakan lima ratus orang. 9:7 Juga Parsandata, Dalfon, Aspata, 9:8 Porata, Adalya, Aridata, 9:9 Parmasta, Arisai, Aridai dan Waizata, 9:10 kesepuluh anak laki-laki Haman bin Hamedata, seteru orang Yahudi, dibunuh oleh mereka, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:11 Pada hari itu juga jumlah orang-orang yang terbunuh di dalam benteng Susan disampaikan ke hadapan raja. 9:12 Lalu titah raja kepada Ester, sang ratu: "Di dalam benteng Susan saja orang Yahudi telah membunuh dan membinasakan lima ratus orang beserta kesepuluh anak Haman. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka. Dan apakah permintaanmu sekarang? Niscaya akan dikabulkan. Dan apakah keinginanmu lagi? Niscaya dipenuhi." 9:13 Lalu jawab Ester: "Jikalau baik pada pemandangan raja, diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besokpun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini, dan kesepuluh anak Haman itu hendaklah disulakan pada tiang." 9:14 Rajapun menitahkan berbuat demikian; maka undang-undang itu dikeluarkan di Susan dan kesepuluh anak Haman disulakan orang. 9:15 Jadi berkumpullah orang Yahudi yang di Susan pada hari yang keempat belas bulan Adar juga dan dibunuhnyalah di Susan tiga ratus orang, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:16 Orang Yahudi yang lain, yang ada di dalam daerah kerajaan, berkumpul dan mempertahankan nyawanya serta mendapat keamanan terhadap musuhnya; mereka membunuh tujuh puluh lima ribu orang di antara pembenci-pembenci mereka, tetapi kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan. 9:17 Hal itu terjadi pada hari yang ketiga belas dalam bulan Adar. Pada hari yang keempat belas berhentilah mereka dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan dan sukacita. 9:18 Akan tetapi orang Yahudi yang di Susan berkumpul, baik pada hari yang ketiga belas, baik pada hari yang keempat belas dalam bulan itu. Lalu berhentilah mereka pada hari yang kelima belas dan hari itu dijadikan mereka hari perjamuan dan sukacita. 9:19 Oleh sebab itu orang Yahudi yang di pedusunan, yakni yang diam di perkampungan merayakan hari yang keempat belas bulan Adar itu sebagai hari sukacita dan hari perjamuan, dan sebagai hari gembira untuk antar-mengantar makanan.
Penetapan hari raya Purim
9:20 Maka Mordekhai menuliskan peristiwa itu, lalu mengirimkan surat-surat kepada semua orang Yahudi di seluruh daerah raja Ahasyweros, baik yang dekat baik yang jauh, 9:21 untuk mewajibkan mereka, supaya tiap-tiap tahun merayakan hari yang keempat belas dan yang kelima belas bulan Adar, 9:22 karena pada hari-hari itulah orang Yahudi mendapat keamanan terhadap musuhnya dan dalam bulan itulah dukacita mereka berubah menjadi sukacita dan hari perkabungan menjadi hari gembira, dan supaya menjadikan hari-hari itu hari perjamuan dan sukacita dan hari untuk antar-mengantar makanan dan untuk bersedekah kepada orang-orang miskin. 9:23 Maka orang Yahudi menerima sebagai ketetapan apa yang sudah dimulai mereka melakukannya dan apa yang ditulis Mordekhai kepada mereka. 9:24 Sesungguhnya Haman bin Hamedata, orang Agag, seteru semua orang Yahudi itu, telah merancangkan hendak membinasakan orang Yahudi dan diapun telah membuang pur -- yakni undi -- untuk menghancurkan dan membinasakan mereka, 9:25 akan tetapi ketika hal itu disampaikan ke hadapan raja, maka dititahkannyalah dengan surat, supaya rancangan jahat yang dibuat Haman terhadap orang Yahudi itu dibalikkan ke atas kepalanya. Maka Haman beserta anak-anaknya disulakan pada tiang. 9:26 Oleh sebab itulah hari-hari itu disebut Purim, menurut kata pur. Oleh sebab itu jugalah, yakni karena seluruh isi surat itu dan karena apa yang dilihat mereka mengenai hal itu dan apa yang dialami mereka, 9:27 orang Yahudi menerima sebagai kewajiban dan sebagai ketetapan bagi dirinya sendiri dan keturunannya dan bagi sekalian orang yang akan bergabung dengan mereka, bahwa mereka tidak akan melampaui merayakan kedua hari itu tiap-tiap tahun, menurut yang dituliskan tentang itu dan pada waktu yang ditentukan, 9:28 dan bahwa hari-hari itu akan diperingati dan dirayakan di dalam tiap-tiap angkatan, di dalam tiap-tiap kaum, di tiap-tiap daerah, di tiap-tiap kota, sehingga hari-hari Purim itu tidak akan lenyap dari tengah-tengah orang Yahudi dan peringatannya tidak akan berakhir dari antara keturunan mereka. 9:29 Lalu Ester, sang ratu, anak Abihail, menulis surat, bersama-sama dengan Mordekhai, orang Yahudi itu; surat yang kedua tentang hari raya Purim ini dituliskannya dengan segala ketegasan untuk menguatkannya. 9:30 Lalu dikirimkanlah surat-surat kepada semua orang Yahudi di dalam keseratus dua puluh tujuh daerah kerajaan Ahasyweros, dengan kata-kata salam dan setia, 9:31 supaya hari-hari Purim itu dirayakan pada waktu yang ditentukan, seperti yang diwajibkan kepada mereka oleh Mordekhai, orang Yahudi itu, dan oleh Ester, sang ratu, dan seperti yang diwajibkan mereka kepada dirinya sendiri serta keturunan mereka, mengenai hal berpuasa dan meratap-ratap. 9:32 Demikianlah perintah Ester menetapkan perihal Purim itu, kemudian dituliskan di dalam kitab.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abihail a Levite in Moses' time,wife of Abishur of the tribe of Judah;,the son of Huri of the tribe of Gad,a woman; King David's niece and Rehoboam's wife,the father of Queen Esther and Uncle of Mordecai, a Benjamite
 · Adalya one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Adar a place marking part of the southern border of Israel and Judah,son of Bela son of Benjamin
 · Ahasyweros king of Persia after Darius
 · Aridai one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Aridata one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Arisai one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Aspata one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Dalfon one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Ester second queen of Ahasuerus
 · Haman son of Hammedatha; an Agagite; the Jews 'enemy during the exile
 · Hamedata father of Haman, the enemy of the Jews
 · Mordekhai a leader among those who returned from exile with Zerubbabel,son of Jair of Benjamin; cousin and guardian of Queen Esther
 · orang Agag a descendant of Agag
 · Parmasta one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Porata one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Pur a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · pur a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · Purim a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · Susan capital city of Elam and winter home of the Persian kings (OS)
 · Waizata one of the ten sons of Haman whom the Jews killed
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs


Topik/Tema Kamus: Mordekhai | Ahasyweros | Ester | Raya, Perayaan Purim Atau Undi | Hari Raya | Purim | Jamu, Perjamuan | Orang Bukan Yahudi | Benci, Kebencian | Hari | Tahun | Waizata | Arisai | Aridata | Aridai | Aspata | Permasta | Porata | Parsandata | Adalya | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Est 9:5 - MENGALAHKAN SEMUA MUSUHNYA. Nas : Est 9:5 Binasanya musuh orang Yahudi pada tanggal 13 bulan Adar adalah tindakan bela diri; orang Yahudi telah dijebak dalam situasi sehingga ...

Nas : Est 9:5

Binasanya musuh orang Yahudi pada tanggal 13 bulan Adar adalah tindakan bela diri; orang Yahudi telah dijebak dalam situasi sehingga mereka harus bertempur demi menyelamatkan nyawa mereka. Mereka menentang semua pihak yang ingin memusnahkan mereka, namun mereka menahan diri dengan tidak menjarah musuh-musuh mereka itu (ayat Est 9:10,15-16).

Full Life: Est 9:26 - PURIM. Nas : Est 9:26 Mordekhai menetapkan Hari Raya Purim (bd. ayat Est 9:20-23), perayaan selama dua hari yang merayakan perbuatan Allah membebaskan uma...

Nas : Est 9:26

Mordekhai menetapkan Hari Raya Purim (bd. ayat Est 9:20-23), perayaan selama dua hari yang merayakan perbuatan Allah membebaskan umat-Nya dari komplotan jahat Haman.

  1. 1) Pesta itu disebut "Purim" untuk mengingat bahwa Haman memakai "pur" atau undi untuk menentukan hari pembantaian orang Yahudi

    (lihat cat. --> Est 3:7).

    [atau ref. Est 3:7]

  2. 2) Purim mengingatkan kita bahwa Allah dapat mengesampingkan hukum peruntungan. Umat Allah tidak boleh memandang diri sebagai korban nasib atau peruntungan. Allah memiliki rencana indah bagi kehidupan kita, suatu rencana yang cocok dengan rencana penebusan-Nya yang besar. Tetapi kita harus mempunyai pendirian yang tetap, seperti Mordekhai dan Ester.

Jerusalem: Est 9:18 - hari perjamuan Dalam kitab Ester perjamuan-perjamuan berperan besar. Perjamuanpun ciri khas pesta Purim, yang terlebih sebuah pesta adat dan bukan hari raya keagamaa...

Dalam kitab Ester perjamuan-perjamuan berperan besar. Perjamuanpun ciri khas pesta Purim, yang terlebih sebuah pesta adat dan bukan hari raya keagamaan.

Jerusalem: Est 9:19 - antar-mengantar makanan Terjemahan Yunani menambah: sedangkan mereka yang diam di kota-kota merayakan hari sukacita itu dengan gembira dan antar-mengantar makanan pada tangga...

Terjemahan Yunani menambah: sedangkan mereka yang diam di kota-kota merayakan hari sukacita itu dengan gembira dan antar-mengantar makanan pada tanggal lima belas bulan Adar.

Jerusalem: Est 9:27 - sekalian orang yang akan bergabung dengan mereka Meskipun kitab Ester dijiwai semangat nasionalis yang menyala-nyala, namun ayat ini menyatakan suatu keterbukaan terhadap bangsa-bangsa lain yang juga...

Meskipun kitab Ester dijiwai semangat nasionalis yang menyala-nyala, namun ayat ini menyatakan suatu keterbukaan terhadap bangsa-bangsa lain yang juga dapat masuk umat Allah dengan menjadi "penganut agama Yahudi" (proselit). Bdk Kis 2:11+.

Jerusalem: Est 9:29 - bersama-sama dengan Mordekhai, orang Yahudi itu Ini kiranya sebuah sisipan, sebab kurang sesuai dengan Est 9:31 dan dalam Est 9:32 hanya Ester disebut.

Ini kiranya sebuah sisipan, sebab kurang sesuai dengan Est 9:31 dan dalam Est 9:32 hanya Ester disebut.

Jerusalem: Est 9:31 - mengenai hal berpuasa dan meratap-ratap Penetapan-penetapan itu tentu saja di sini tidak tersangka-sangka. Penetapan-penetapan itu menyinggung Est 4:16; puasa itu memperoleh keselamatan. Mul...

Penetapan-penetapan itu tentu saja di sini tidak tersangka-sangka. Penetapan-penetapan itu menyinggung Est 4:16; puasa itu memperoleh keselamatan. Mulai Est 9:20 naskah Ibrani terasa agak majemuk dan tidak keruan. Tercampur dalam bagian ini berbagai dokumen yang bermacam-macam asal usulnya.

Ende: Est 9:1 - titah dan hukum radja, ialah penetapan jang dikeluarkan Haman untuk menumpas orang2 Jahudi.

radja, ialah penetapan jang dikeluarkan Haman untuk menumpas orang2 Jahudi.

Ende: Est 9:10 - -- Tjatatan ini ditambahkan untuk menjatakan, bahwa orang2 Jahudi bertindak dengan ganasnja, hanja untuk membela dirinja sendiri dan tidak untuk keuntung...

Tjatatan ini ditambahkan untuk menjatakan, bahwa orang2 Jahudi bertindak dengan ganasnja, hanja untuk membela dirinja sendiri dan tidak untuk keuntungan materiil sadja.

Ende: Est 9:16 - -- Dalam gambaran ini (dan dalam seluruh kitab Ester) mengenai pembunuhan musuh, chajal sastera memegang peranannja djuga. Maksud si pengarang bukanlah u...

Dalam gambaran ini (dan dalam seluruh kitab Ester) mengenai pembunuhan musuh, chajal sastera memegang peranannja djuga. Maksud si pengarang bukanlah untuk memudji keganasan, melainkan untuk menitikberatkan, bahwa jang djahat kembali kepada si pendjahat, berkat tjampur tangan Allah.

Ende: Est 9:22 - -- Hari raja Purim itu nampak sebagai suatu pesta profan dan nasional sadja, tanpa tjorak keigamaan jang terang. Inipun sebabnja, maka agak lama orang Ja...

Hari raja Purim itu nampak sebagai suatu pesta profan dan nasional sadja, tanpa tjorak keigamaan jang terang. Inipun sebabnja, maka agak lama orang Jahudi tidak mau menerima kitab ini sebagai sebagian dari Kitab Sutji. Pesta itu djuga memberi alasan untuk suatu keterlaluan, jang tidak sesuai lagi tata susila Jahudi.

Ende: Est 9:27 - mereka jang akan masuk pada mereka ialah orang kafir, jang sedikit banjak menganut agama Jahudi. Kemudian disebut "prosylit" atau "jang takut akan Allah". Meskipun kitab Ester pada umum...

ialah orang kafir, jang sedikit banjak menganut agama Jahudi. Kemudian disebut "prosylit" atau "jang takut akan Allah". Meskipun kitab Ester pada umumnja sangat nasional dan eksklusip, tetapi disini (dan djuga Est 8:12,16) pintu toh terbuka untuk orang2 kafir djuga.

Ende: Est 9:29-32 - -- Disini (mulai aj. 20)(Est 9:20) rupa2nja dua berita mengenai asalnja pesta Purim ditjampurbaurkan. Mengenai jang satu pesta itu berasal dari Ester, me...

Disini (mulai aj. 20)(Est 9:20) rupa2nja dua berita mengenai asalnja pesta Purim ditjampurbaurkan. Mengenai jang satu pesta itu berasal dari Ester, menurut jang lain dari Mordekai. Tjampuran dua tradisi lebih2 terasa dalam terdjemahan Junani.

Ref. Silang FULL: Est 9:1 - bulan Adar // yang sebaliknya // pembenci-pembenci mereka · bulan Adar: Est 8:12; Est 8:12 · yang sebaliknya: Yer 29:4-7 · pembenci-pembenci mereka: Est 3:12-14; Est 3:12 s/d 14; Ams 22:2...

· bulan Adar: Est 8:12; [Lihat FULL. Est 8:12]

· yang sebaliknya: Yer 29:4-7

· pembenci-pembenci mereka: Est 3:12-14; [Lihat FULL. Est 3:12] s/d 14; Ams 22:22-23

Ref. Silang FULL: Est 9:2 - dalam kota-kotanya // menghadapi mereka // orang Yahudi · dalam kota-kotanya: Kej 22:17; Kej 22:17 · menghadapi mereka: Mazm 35:26; 40:15; 70:3; 71:13,24 · orang Yahudi: Ezr 8:36; Ezr 8...

· dalam kota-kotanya: Kej 22:17; [Lihat FULL. Kej 22:17]

· menghadapi mereka: Mazm 35:26; 40:15; 70:3; 71:13,24

· orang Yahudi: Ezr 8:36; [Lihat FULL. Ezr 8:36]

Ref. Silang FULL: Est 9:3 - menimpa mereka · menimpa mereka: Est 8:17

· menimpa mereka: Est 8:17

Ref. Silang FULL: Est 9:4 - Sebab Mordekhai // besar kekuasaannya // besar kekuasaannya · Sebab Mordekhai: Est 8:15; Est 8:15 · besar kekuasaannya: Kel 11:3; Kel 11:3 · besar kekuasaannya: 2Sam 3:1; 2Sam 3:1; 1Taw 11:...

· Sebab Mordekhai: Est 8:15; [Lihat FULL. Est 8:15]

· besar kekuasaannya: Kel 11:3; [Lihat FULL. Kel 11:3]

· besar kekuasaannya: 2Sam 3:1; [Lihat FULL. 2Sam 3:1]; 1Taw 11:9

Ref. Silang FULL: Est 9:5 - dan membinasakannya · dan membinasakannya: Ul 25:17-19; 1Sam 15:3; 1Sam 15:3; Ezr 4:6; Ezr 4:6

· dan membinasakannya: Ul 25:17-19; 1Sam 15:3; [Lihat FULL. 1Sam 15:3]; Ezr 4:6; [Lihat FULL. Ezr 4:6]

Ref. Silang FULL: Est 9:10 - anak laki-laki // orang Yahudi // barang rampasan · anak laki-laki: Est 5:11; Est 5:11; Mazm 127:3-5 · orang Yahudi: 1Sam 15:33; 1Sam 15:33 · barang rampasan: Kej 14:23; Kej 14:23...

· anak laki-laki: Est 5:11; [Lihat FULL. Est 5:11]; Mazm 127:3-5

· orang Yahudi: 1Sam 15:33; [Lihat FULL. 1Sam 15:33]

· barang rampasan: Kej 14:23; [Lihat FULL. Kej 14:23]; 1Sam 14:32; [Lihat FULL. 1Sam 14:32]; Est 3:13; [Lihat FULL. Est 3:13]

Ref. Silang FULL: Est 9:12 - Niscaya dipenuhi · Niscaya dipenuhi: Est 5:6; 7:2

· Niscaya dipenuhi: Est 5:6; 7:2

Ref. Silang FULL: Est 9:13 - kesepuluh anak // hendaklah disulakan · kesepuluh anak: Est 5:11; Est 5:11 · hendaklah disulakan: Ul 21:22-23; Ul 21:22; Ul 21:23

· kesepuluh anak: Est 5:11; [Lihat FULL. Est 5:11]

· hendaklah disulakan: Ul 21:22-23; [Lihat FULL. Ul 21:22]; [Lihat FULL. Ul 21:23]

Ref. Silang FULL: Est 9:14 - Haman disulakan · Haman disulakan: Ezr 6:11; Ezr 6:11

· Haman disulakan: Ezr 6:11; [Lihat FULL. Ezr 6:11]

Ref. Silang FULL: Est 9:15 - barang rampasan · barang rampasan: Kej 14:23; Kej 14:23; Est 8:11; Est 8:11

· barang rampasan: Kej 14:23; [Lihat FULL. Kej 14:23]; Est 8:11; [Lihat FULL. Est 8:11]

Ref. Silang FULL: Est 9:16 - mendapat keamanan // terhadap musuhnya // ribu orang // barang rampasan · mendapat keamanan: Est 4:14; Est 4:14 · terhadap musuhnya: Ul 25:19 · ribu orang: 1Taw 4:43; 1Taw 4:43 · barang rampasan...

· mendapat keamanan: Est 4:14; [Lihat FULL. Est 4:14]

· terhadap musuhnya: Ul 25:19

· ribu orang: 1Taw 4:43; [Lihat FULL. 1Taw 4:43]

· barang rampasan: Est 8:11; [Lihat FULL. Est 8:11]

Ref. Silang FULL: Est 9:17 - hari perjamuan · hari perjamuan: 1Raj 3:15; 1Raj 3:15

· hari perjamuan: 1Raj 3:15; [Lihat FULL. 1Raj 3:15]

Ref. Silang FULL: Est 9:19 - bulan Adar // untuk antar-mengantar · bulan Adar: Est 3:7; Est 3:7 · untuk antar-mengantar: Est 2:9; Est 2:9; Wahy 11:10

· bulan Adar: Est 3:7; [Lihat FULL. Est 3:7]

· untuk antar-mengantar: Est 2:9; [Lihat FULL. Est 2:9]; Wahy 11:10

Ref. Silang FULL: Est 9:22 - mendapat keamanan // hari gembira // antar-mengantar makanan // orang-orang miskin · mendapat keamanan: Est 4:14; Est 4:14 · hari gembira: Neh 8:13; Mazm 30:12-13 · antar-mengantar makanan: 2Raj 25:30; 2Raj 25:30...

· mendapat keamanan: Est 4:14; [Lihat FULL. Est 4:14]

· hari gembira: Neh 8:13; Mazm 30:12-13

· antar-mengantar makanan: 2Raj 25:30; [Lihat FULL. 2Raj 25:30]

· orang-orang miskin: Neh 8:11; [Lihat FULL. Neh 8:11]

Ref. Silang FULL: Est 9:24 - orang Agag // membuang pur // yakni undi // dan membinasakan · orang Agag: Kel 17:8-16; Kel 17:8 s/d 16 · membuang pur: Est 3:7; Est 3:7 · yakni undi: Im 16:8; Im 16:8 · dan membinasa...

· orang Agag: Kel 17:8-16; [Lihat FULL. Kel 17:8] s/d 16

· membuang pur: Est 3:7; [Lihat FULL. Est 3:7]

· yakni undi: Im 16:8; [Lihat FULL. Im 16:8]

· dan membinasakan: Est 3:6

Ref. Silang FULL: Est 9:25 - atas kepalanya // anak-anaknya disulakan // pada tiang · atas kepalanya: Mazm 7:17 · anak-anaknya disulakan: Ul 21:22-23; Ul 21:22; Ul 21:23 · pada tiang: Est 7:10

· atas kepalanya: Mazm 7:17

· anak-anaknya disulakan: Ul 21:22-23; [Lihat FULL. Ul 21:22]; [Lihat FULL. Ul 21:23]

· pada tiang: Est 7:10

Ref. Silang FULL: Est 9:26 - kata pur · kata pur: Est 3:7; Est 3:7

· kata pur: Est 3:7; [Lihat FULL. Est 3:7]

Ref. Silang FULL: Est 9:29 - anak Abihail · anak Abihail: Est 2:15

· anak Abihail: Est 2:15

Ref. Silang FULL: Est 9:30 - tujuh daerah · tujuh daerah: Est 1:1; Est 1:1

· tujuh daerah: Est 1:1; [Lihat FULL. Est 1:1]

Ref. Silang FULL: Est 9:31 - hal berpuasa // dan meratap-ratap · hal berpuasa: Est 4:16; Est 4:16 · dan meratap-ratap: Est 4:1-3

· hal berpuasa: Est 4:16; [Lihat FULL. Est 4:16]

· dan meratap-ratap: Est 4:1-3

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Est 9:1--10:3 - -- IX. Orang Yahudi Menang dan Purim Dilembagakan (9:1-10:3) Ketika hari yang seharusnya naas tersebut tiba, orang Yahudi berhasil mempertahankan diri d...

IX. Orang Yahudi Menang dan Purim Dilembagakan (9:1-10:3)

Ketika hari yang seharusnya naas tersebut tiba, orang Yahudi berhasil mempertahankan diri dengan bantuan pejabat pemerintah sehingga dapat membunuh lima ratus orang di Susan, termasuk sepuluh putra Haman. Ester memperoleh izin bagi orang Yahudi untuk mempertahankan diri pada hari yang kedua pula, dan tiga ratus orang musuh lagi berhasil dibunuh di Susan. Di daerah-daerah provinsi, tujuh puluh lima ribu orang berhasil dibunuh. Perayaan Purim sesudah itu diresmikan melalui sejumlah surat khusus untuk memperingati pembebasan luar biasa ini. Surat kedua kemudian menegaskan surat yang pertama dan juga mewajibkan diadakannya masa puasa. Kebesaran Mordekhai dan kasihnya kepada Israel tercatat di dalam catatan resmi kerajaan.

Wycliffe: Est 9:1-4 - Terjadilah yang sebaliknya // Untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka // mencelakakan // Semua pembesar daerah ... menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka 1-4. Akhirnya, pada tanggal 7 Maret tahun 473 sM, hari yang dinanti-nantikanpun tiba, dan orang-orang Yahudi berkumpul menjadi kelompok di berbagai ko...

1-4. Akhirnya, pada tanggal 7 Maret tahun 473 sM, hari yang dinanti-nantikanpun tiba, dan orang-orang Yahudi berkumpul menjadi kelompok di berbagai kota untuk menunggu para penyerang. Terjadilah yang sebaliknya (ay. 1). Sebuah acuan yang nyata tentang pemeliharaan Allah, sekalipun nama Allah tetap tidak disebutkan. Untuk membunuh orang-orang yang berikhtiar mencelakakan mereka (ay. 2). Di dalam konteks ini istilah mencelakakan berarti membunuh (bdg. 2:21; 3:6; 6:2). Semua pembesar daerah ... menyokong orang Yahudi, karena ketakutan kepada Mordekhai telah menimpa mereka (ay. 3). Gema dari ketetapan yang kedua telah menunjukkan dengan jelas kepada para pejabat Persia bahwa sang raja, apa lagi Mordekhai, sekarang berkenan kepada orang Yahudi. ikut bergabung untuk menyerang orang Yahudi pasti mendatangkan kecelakaan atas mereka. Mungkin mereka ingat akan nasib orang-orang yang telah menentang kehendak Darius raja Media di dalam situasi yang mirip (Dan. 6:24).

Wycliffe: Est 9:5-10 - Kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan 5-10. Sekalipun demikian, terdapat banyak penduduk Persia yang memanfaatkan ketetapan pertama untuk menyerang para tetangga Yahudi mereka yang dibenci...

5-10. Sekalipun demikian, terdapat banyak penduduk Persia yang memanfaatkan ketetapan pertama untuk menyerang para tetangga Yahudi mereka yang dibenci itu. Karena kehilangan dukungan penuh dari pemerintah dan berhadapan dengan bangsa yang memperoleh semangat baru, tentu saja mereka mutlak dikalahkan. Di Susan sendiri, ada lima ratus orang Persia, ditambah dengan sepuluh orang putra Haman yang mati terbunuh. Semua putra Haman ini, terkecuali Adalia, memiliki nama Persia (baca Lange's Commentary, in loco, untuk melihat arti dasar dari nama-nama itu). Kepada barang rampasan tidaklah mereka mengulurkan tangan (ay. 10). Bandingkan 3:13; 8:11; 9:15, 16. Orang-orang Yahudi menahan diri untuk tidak memanfaatkan hak sah yang mereka miliki agar kemurnian motivasi mereka menjadi jelas bagi semua orang.

Wycliffe: Est 9:11-16 - Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka? // Diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besok pun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini 11-16. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka? (ay. 12). Tampaknya raja bersukacita ketika mendengar bahwa orang-oran...

11-16. Di daerah-daerah kerajaan yang lain, entahlah apa yang diperbuat mereka? (ay. 12). Tampaknya raja bersukacita ketika mendengar bahwa orang-orang Yahudi telah memperoleh kemenangan yang demikian menakjubkan di Susan dan ia mengharapkan untuk mendengar berita tentang kemenangan yang lebih besar lagi dari daerah. Diizinkanlah kiranya kepada orang Yahudi yang di Susan untuk berbuat besok pun sesuai dengan undang-undang untuk hari ini (ay. 13). Ester rupanya mendengar adanya sebuah komplotan Persia untuk menyerang orang Yahudi pada keesokan harinya, karena itu ia meminta izin bagi orang Yahudi untuk kembali mempertahankan diri. Raja memenuhi permohonan tersebut dan mengeluarkan ketetapan baru yang mengizinkan orang Yahudi untuk membunuh musuh-musuh mereka di Susan pada tanggal 14 bulan Adar, sebab keputusan yang dikeluarkan oleh Mordekhai hanya menyebutkan bahwa orang Yahudi boleh mempertahankan diri pada hari itu juga (8:13). Ketetapan tambahan ini ditaati (ay. 15) sehingga tiga ratus orang Persia terbunuh di Susan. Jadi, keputusan di ayat 14 tidak khusus mengacu kepada penggantungan mayat-mayat para putra Haman (14b; bdg. Ul. 21:22, 23). Sementara itu, di daerah-daerah orang-orang Yahudi berhasil membunuh tujuh puluh lima ribu orang musuh pada tanggal 13 bulan Adar.

Wycliffe: Est 9:17-28 - Mordekhai menuliskan peristiwa itu, lalu mengirimkan surat-surat kepada semua orang Yahudi 17-28. Orang-orang Yahudi di daerah mulai menganggap tanggal 14 bulan Adar sebagai hari libur, sedangkan yang berada di Susan baru merayakannya pada t...

17-28. Orang-orang Yahudi di daerah mulai menganggap tanggal 14 bulan Adar sebagai hari libur, sedangkan yang berada di Susan baru merayakannya pada tanggal 15. Seperti halnya pada hari Natal, pada hari itu orang Yahudi saling tukar hadiah (bdg. Neh. 8:10, 12; Why. 11:10), dan orang-orang miskin mendapatkan perlakuan khusus (ay. 22). Mordekhai menuliskan peristiwa itu, lalu mengirimkan surat-surat kepada semua orang Yahudi (ay. 20). Rupanya sesudah berlalu beberapa tahun, Mordekhai meninjau kembali rangkaian peristiwa yang berpuncak pada kemenangan mereka lalu ia mengeluarkan keputusan bahwa tidak boleh ada lagi dua hari libur, tetapi kedua hari itu harus dirayakan sebagai Hari Raya Purim (ay. 26-28). Sebetulnya, banyak orang Yahudi yang sudah mulai merayakan kedua hari tersebut (ay. 23).

Wycliffe: Est 9:29-32 - Surat yang kedua tentang hari raya Purim ini // (mengenai hal berpuasa dan meratap-ratap, // Dituliskan di dalam kitab 29-32. Surat yang kedua tentang hari raya Purim ini. Surat ini bukan surat dari 9:20, tetapi sebuah surat baru yang diuraikan di 9:30-32 yang menyebut...

29-32. Surat yang kedua tentang hari raya Purim ini. Surat ini bukan surat dari 9:20, tetapi sebuah surat baru yang diuraikan di 9:30-32 yang menyebutkan adanya suatu kurun waktu untuk berpuasa dan berdoa (mengenai hal berpuasa dan meratap-ratap, ay. 31), di samping hari-hari sukacita, yang harus dilaksanakan untuk mengingat hari-hari doa penuh kekhawatiran yang telah mendahului kelepasan dari Allah. Mungkin, Ester dan Mordekhai telah melakukan masa puasa dan berdoa tersebut beberapa tahun (bdg. 4:15-17) dan waktu itu mereka menganggap bahwa kebiasaan tersebut layak dijadikan kebiasaan nasional. Dituliskan di dalam kitab (ay. 32). Bukan Kitab Ester sendiri, melainkan kitab yang dipakai oleh Mordekhai untuk menuliskan rangkaian peristiwa (ay. 20) dan merupakan salah I satu nara sumber bagi kitab ini.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Est 9:1-16 - Sesuai dengan hukum (Minggu, 23 Desember 2007) Sesuai dengan hukum Pertolongan Tuhan atas umat Yahudi sungguh nyata. Pada hari yang sedianya menjadi hari pembantaian mereka oleh para musuh mer...

SH: Est 9:1-19 - Tuhan di balik penghukuman. (Jumat, 29 Juni 2001) Tuhan di balik penghukuman. Kisah ini merupakan suatu kisah yang mengerikan, penuh dengan darah dan pembunuhan. Jumlah musuh orang Yahudi yang terbun...

SH: Est 9:17--10:3 - Kasih setia Tuhan (Senin, 24 Desember 2007) Kasih setia Tuhan Salah satu tujuan kitab Ester ditulis adalah untuk menjelaskan latar belakang perayaan Purim yang diadakan oleh umat Yahudi, ya...

SH: Est 9:20--10:3 - Tuhan di balik apa yang terlihat. (Sabtu, 30 Juni 2001) Tuhan di balik apa yang terlihat. Seberapa jauhkah kita menyadari kehadiran Tuhan di dalam hidup kita? Di tengah dunia yang semakin sekular seperti s...

Topik Teologia: Est 9:20 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab Terhadap Sesama dan Alam Tanggung Jawab Terhadap Sesama Tugas Terhadap Kelompok-kelompok Orang Khusus ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ester (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kepedulian Allah yang Memelihara Tanggal Penulisan: 460-400 SM Latar Belakang Setelah kerajaa...

Full Life: Ester (Garis Besar) Garis Besar I. Pemeliharaan Allah Dalam Penempatan Seorang Ratu (Est 1:1-2:18) A. Wasti Dipecat Sebagai Ratu Persia ...

Jerusalem: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TOBIT, YUDIT DAN ESTER PENGANTAR Dalam terjemahan Latin, Vulgata, tiga kitab, yakni Tobit (Latin:Tobit), Yudit dan Ester ditentukan sesuda...

Ende: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB -KITAB TOBIT JUDIT ESTER PENDAHULUAN Didalam Kitab Sutji Junani dan Latin terdapatlah sesudah kitab2 Tawarich, djadi kitab2 sedjarah, ketiga kit...

Wycliffe: Ester (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN ESTER Judul. Judul kitab ini disesuaikan dengan nama tokoh utamanya, Ester. Nama ini merupakan sebuah nama Persia yang artinya bintang. N...

Wycliffe: Ester (Garis Besar) GARIS BESAR ESTER I. Ratu Wasti Diceraikan (1:1-22). II. Ester Dijadikan Ratu (2:1-23). III. Muslihat Haman Memusnahkan Orang Yahudi (3:...

BIS: Ester (Pendahuluan Kitab) ESTER PENGANTAR Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini

ESTER

PENGANTAR

Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini yang memegang peran utama ialah Ester, seorang wanita Yahudi yang patut disebut pahlawan. Karena cintanya kepada bangsanya maka dengan gagah berani ia menggagalkan rencana musuh yang hendak membinasakan orang Yahudi. Buku ini menerangkan latar belakang dan arti suatu perayaan Yahudi yang disebut Purim.

Isi

  1.  Ester menjadi ratu
    Est 1:1-2:23
  2.  Haman membuat rencana jahat
    Est 3:1-5:14
  3.  Haman dihukum mati
    Est 6:1-7:10
  4.  Orang Yahudi mengalahkan musuh mereka
    Est 8:1-10:3

Ajaran: Ester (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaa

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaan dan penderitaan.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ester sangat sukar untuk dipastikan. Tetapi menurut para ahli Alkitab, ada kemungkinan ditulis oleh Mordekhai atau Ester bahkan mungkin juga Nehemia.

Isi Kitab: Isi Kitab Ester menceritakan keadaan Bangsa Israel di pembuangan. Untuk dapat mengerti isi Kitab Ester ini, kita akan mempelajari riwayat para pelaku dan peranannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ester

  1. Raja Ahasyweros

    Pasal Est 1:1, raja Ahasyweros adalah raja yang memerintah 127 daerah, dari India sampai Etiopia. Dia adalah salah satu raja yang terkenal pada zaman itu, namun dalam pemerintahannya dia suka bertindak sewenang-wenang.

    Pendalaman

    1. Mengapakah raja Ahasyweros mau membinasakan orang Yahudi? (Est 3:8-11).
    2. Tetapi bagaimanakah sebenarnya kepribadiannya? (Est 6:1-3,10-11).
  2. Ratu Wasti

    Ratu Wasti adalah orang yang dipecat oleh raja Ahasyweros, karena pada waktu raja Ahasyweros menyuruh Wasti memperlihatkan kecantikannya pada pesta yang diadakannya, ratu Wasti menolak. Hal ini bagi raja adalah satu penghinaan, maka raja memberikan keputusan, bahwa ratu Wasti dipecat sebagai ratu dan akan dicari penggantinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Est 1:9-22. Mengapakah ratu Wasti dipecat?
    2. Kekerasan hati ratu Wasti ini, justru merupaka kesempatan bagi orang Yahudi menjadi rat (Est 2:17-18).
  3. Haman

    Haman adalah seorang yang menerima kebesaran dari raja Ahasyweros dengan kenaikan pangkat dan kedudukan tertinggi di atas semua pembesar. Semua rakyat diperintahkan menyembah Haman. Haman sangat memusuhi orang Yahudi karena Mordekhai tidak mau menyembah dia. Haman diberi kuasa oleh raja untuk membunuh bangsa Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Haman? (Est 3:1,5-6). Dan bagaimanakah kepribadiannya? Serta mengapakah ia membenci orang Yahudi?
    2. Bagaimanakah nasib orang seperti Haman, yang berusah memusnahkan umat Allah? (Est 7:1-10).
  4. Mordekhai

    Mordekhai adalah orang Yahudi yang menjadi pegawai istana raja. Dia mempunyai tugas duduk di pintu gerbang istana raja (pasal Est 2:5,19,21). Dan ia adalah seorang yang tidak menyembah kepada Haman, karena menurut keyakinan Mordekhai hanya Tuhanlah yang patut disembah. Dalam pasal 4 (Est 4:1-17) dijelaskan Mordekhai berdukacita dan bersedih bersama orang Yahudi karena adanya keputusan raja memberi kuasa kepada Haman, untuk membunuh orang Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Mordekhai? (Est 2:5; 3:1-5). Dan bagaimanakah kepribadiannya?
    2. Bacalah pasal Est 6:1-11. Apakah sebabnya Mordekhai dihormati raja?
    3. Bagaimanakah keadaan orang yang taat pada Tuhan, sepert Mordekhai ini? (Est 8:1-2; 9:4; 10:1-3).
  5. Ester

    Ester adalah seorang anak yatim bangsa Yahudi. Dia adalah saudara sepupu dari Mordekhai. Ketika ratu Wsti dipecat dari kedudukannya sebagai ratu, maka Ester diangkat menjadi ratu. Pada waktu orang Yahudi akan dibunuh, Ester menerima permohonan dari Mordekhai untuk menolong membebaskan orang Yahudi (pasal Est 4:14).

    Pendalaman

    1. Siapakah Ester? (Est 1:7; 2:17). Dan apakah kedudukan Ester dalam kerajaan?
    2. Apakah tugas Ester bagi umat Allah? (Est 4:8-16).
    3. Apakah usahanya itu berhasil? (Est 7:1-8 8:5-8).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ester membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memelihara dan menolong umat-Nya yang berada dalam kesusahan dan kesulitan.

  2. Pengalaman Haman membuktikan bahwa kesombongan ketamakan akan menghasilkan kerugian bagi diri sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah nama raja yang ada dalam Kitab Ester?
  2. Mengapakah Ester bisa menjadi ratu?
  3. Apakah sebabnya Haman sangat membenci umat Allah?
  4. Bagaimanakah nasib Haman?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Ester?

Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) Allah mengatur di belakang layar RINGKASAN CERITAEster, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal den

Allah mengatur di belakang layar

RINGKASAN CERITA
Ester, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal dengan nama raja Ahasyweros. Perdana menterinya, Haman, membenci orang Yahudi dan bersekongkol untuk melenyapkan mereka. Sasaran utamanya ialah Mordekhai. Ester dengan kepintarannya membuat raja mengalihkan keputusannya terhadap bangsa Yahudi, dan Haman akhirnya digantung. Mordekhai kemudian diberi kekuasaan dan bangsa Yahudi memperingati peristiwa itu dengan perayaan.

TEMPAT KEJADIAN
Kisah ini terjadi di ibu kota Persia, Susan, pada masa pemerintahan Raja Ahasyweros yang memerintah pada tahun 486-465 S.M.

TUJUAN KITAB ESTER
Ada tiga alasan mengapa kitab ini ditulis:
1. Alasan yang paling utama ialah untuk menerangkan kepada bangsa Yahudi mengenai asal mula Perayaan Purim yang mereka rayakan antara tanggal 13 dan 15 bulan Adar (Februari-Maret). Lihat Ester 9:20-32 dan Est 3:7.
2. Alasan lain yang jelas mengapa kitab itu ditulis ialah untuk memperingatkan umat terhadap anti-Semitisme. Bangsa Yahudi adalah umat Allah yang istimewa, yang menduduki tempat yang unik dalam sejarah dan mempunyai kuasa untuk bertahan melawan segala yang jahat. Ester merupakan salah satu episoda sejarah yang menarik.
3. Kitab ini juga memperlihatkan kuasa Allah untuk mengendalikan peristiwa dan memelihara umat-Nya, bahkan pada saat segala sesuatu tampaknya tak bersahabat dengan mereka.

CIRI-CIRI ISTIMEWA
1. Kitab ini tidak pernah sekali pun menyebut-nyebut Allah, namun kehadiran-Nya terasa di mana-mana.
2. Kitab ini menggambarkan istana Persia dan adat-istiadatnya secara mendetail.
3. Kitab ini merupakan salah satu dari dua kitab dalam Alkitab yang judulnya diambil dari nama wanita.
4. Banyak orang meragukan nilai kitab ini, karena nasionalisme Yahudinya yang sangat kuat dan kurangnya acuan kepada Allah. Namun kisah dan pesan yang disampaikan tidak boleh diabaikan.

Pesan

Kitab Ester menyampaikan dua hal utama:

1. Pemeliharaan Allah
Pemeliharaan Allah berarti bahwa Ia berkuasa penuh atas dunia. Hal ini juga berhubungan dengan pemeliharaan-Nya yang penuh kasih atas umat-Nya (Roma 8:28). Perhatikan:
o Allah selalu ingat akan umat-Nya. Banyak orang Yahudi dalam pembuangan di Persia berpikir bahwa Allah telah melupakan mereka. Mereka bahkan merasa lebih ditinggalkan oleh Allah sewaktu Haman berencana untuk membinasakan mereka. Tetapi, Allah mengingat mereka.
o Allah mengatur segala peristiwa. Allah menempatkan Ester pada kedudukan penting pada waktu yang tepat. Pada waktu diperlukan, Dia bahkan membuat Raja Ahasyweros tidak dapat tidur (Est 6:1)!
o Allah merencanakan tindakan-Nya dengan sempurna. Hal ini jelas terlihat dalam seluruh kisah, tetapi perhatikan secara khusus Est 4:14.
o Allah sungguh-sungguh bekerja. Dia tidak memilih untuk mengadakan mukjizat di sini. Dia semata-mata bekerja melalui hubungan antar manusia yang biasa dan melalui diplomasi. Namun demikian, Dia sungguh-sungguh bekerja. Allah tidak pernah ditonjolkan dalam kisah ini, tetapi umat-Nya tahu bahwa Dia hadir di antara mereka dan melakukan segala sesuatu untuk kebaikan mereka.

2. Umat Allah
o Umat Allah yang istimewa. Kisah ini menunjukkan bahwa bangsa Yahudi merupakan umat pilihan Allah (lihat Ula 7:7,8). Ester merupakan salah satu kisah mengenai hal ini.
o Allah menyelamatkan umat-Nya. Mereka boleh bergantung pada Allah yang akan menyelamatkan mereka, walaupun mereka tahu bahwa mereka hanya akan selamat jika mereka taat pada perjanjian dengan Allah. Lihat Maz 81:13-16.
o Umat Allah yang jujur (Est 2:19-23). Kejujuran Mordekhai dan kejujuran yang berani dari Ester merupakan kunci utama pembebasan bangsa Yahudi. Umat Allah haruslah orang-orang yang penuh kejujuran. Est 7:1-10
o Umat Allah yang minoritas. walaupun merupakan kelompok minoritas, umat Allah dapat mencpai sukses besar jika Dia ada bersama-sama mereka.
o Umat Allah yang percaya. Dalam saat-saat kritis, orang Yahudi percaya penuh kepada Allah. Est 4:15,16

Penerapan

Ester mengajar kita:

o Untuk menaruh keyakinan pada Allah, karena Dia memelihara kita.
o Untuk percaya kepada Allah, sebab waktu Tuhan sangat sempurna.
o Untuk melakukan apa yang benar dan menyerahkan selebihnya kepada Allah.
o Untuk bertindak dengan berani, tak peduli apapun risikonya.
o Untuk berdoa dalam saat-saat kristis.
o Untuk mengasihi golongan minoritas rasial.
o Untuk mengingat kasih Allah yang istimewa terhadap bangsa Yahudi.

Tema-tema Kunci

Ester merupakan sebuah buku mengenai penelitian tentang karakter manusia. Pelajarilah tokoh-tokoh di bawah ini:

1. Ester
Ia lemah lembut dan menarik (Est 2:1-18); bergantung sepenuhnya kepada Allah (Est 4:15-17); berani (Est 4:6); diplomatis (Est 5:1-8; 7:1-6). Apa lagi yang dapat Anda katakan mengenai Dia?

2. Mordekhai
Anda dapat melihat karakternya dengan dua cara. Apakah ia seorang Yahudi yang rencananya dimotivasi oleh rasa patriotisme (lihat Est 2:10; 9:2-4), ataukah ia seorang yang dimotivasi oleh kasihnya kepada umat Allah (lihat Est 2:7; 19-23; 4:1-17; 10:3). Bagaimana pendapat Anda mengenai dia?

3. Haman
Kejatuhannya disebabkan oleh ambisi yang serakah (Est 5:10-12), didorong oleh istrinya (Est 5:14), dan oleh perubahan pendapat istrinya (Est 6:13). Kejatuhan Haman melalui suatu perjalanan panjang (Est 3:1,2). Pelajaran apa yang diajarkan Haman kepada Gereja dewasa ini mengenai ambisi?

Garis Besar Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) [1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22 Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raj

[1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22

Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta
Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raja
Est 1:13-22Raja menurunkan ratu

[2] ESTER MENJADI RATU Est 2:1-18

Est 2:1-4 Raja mencari seorang ratu baru
Est 2:5-18Seorang wanita Yahudi yatim piatu terpilih

[3] JIWA RAJA DISELAMATKAN Est 2:19-23

[4] HAMAN SI PEMBENCI YAHUDI Est 3:1-15

Est 3:1-6Haman membuat rencana jahat untuk membinasakan orang Yahudi
Est 3:7-15Haman melibatkan raja

[5] ESTER DATANG UNTUK MENYELAMATKAN Est 4:1-5:8

Est 4:1-17Ester mengetahui rencana itu
Est 5:1-8Ester mulai menggunakan cara-cara diplomatis

[6] HAMAN MENGUTARAKAN NIATNYA Est 5:9-14

[7] KEADAAN BERBALIK Est 6:1-14

Est 6:1-11Mordekhai diberi anugerah untuk kesetiaannya
Est 6:12-14Haman menggerutu

[8] KEBENARAN DINYATAKAN Est 7:1-8:17

Est 7:1-10Rencana Haman untuk membunuh Mordekhai terungkap dan Haman digantung
Est 8:1-17 Raja mengubah keputusannya

[9] ORANG YAHUDI BERSUKARIA Est 9:1-32

Est 9:1-17Orang Yahudi mengadakan pembalasan
Est 9:18-32Orang Yahudi mengadakan pesta

[10] KEBESARAN MODERKHAI YANG TERAKHIR Est 10:1-3

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #02: Coba gunakan wildcards "*" atau "?" untuk hasil pencarian yang leb?h bai*. [SEMUA]
dibuat dalam 0.35 detik
dipersembahkan oleh YLSA