kecilkan semua  

Teks -- Ester 3:1-15 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Muslihat Haman untuk memunahkan orang Yahudi
3:1 Sesudah peristiwa-peristiwa ini maka Haman bin Hamedata, orang Agag, dikaruniailah kebesaran oleh raja Ahasyweros, dan pangkatnya dinaikkan serta kedudukannya ditetapkan di atas semua pembesar yang ada di hadapan baginda. 3:2 Dan semua pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berlutut dan sujud kepada Haman, sebab demikianlah diperintahkan raja tentang dia, tetapi Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud. 3:3 Maka para pegawai raja yang di pintu gerbang istana raja berkata kepada Mordekhai: "Mengapa engkau melanggar perintah raja?" 3:4 Setelah mereka menegor dia berhari-hari dengan tidak didengarkannya juga, maka hal itu diberitahukan merekalah kepada Haman untuk melihat, apakah sikap Mordekhai itu dapat tetap, sebab ia telah menceritakan kepada mereka, bahwa ia orang Yahudi. 3:5 Ketika Haman melihat, bahwa Mordekhai tidak berlutut dan sujud kepadanya, maka sangat panaslah hati Haman, 3:6 tetapi ia menganggap dirinya terlalu hina untuk membunuh hanya Mordekhai saja, karena orang telah memberitahukan kepadanya kebangsaan Mordekhai itu. Jadi Haman mencari ikhtiar memunahkan semua orang Yahudi, yakni bangsa Mordekhai itu, di seluruh kerajaan Ahasyweros. 3:7 Dalam bulan pertama, yakni bulan Nisan, dalam tahun yang kedua belas zaman raja Ahasyweros, orang membuang pur -- yakni undi -- di depan Haman, hari demi hari dan bulan demi bulan sampai jatuh pada bulan yang kedua belas, yakni bulan Adar. 3:8 Maka sembah Haman kepada raja Ahasyweros: "Ada suatu bangsa yang hidup tercerai-berai dan terasing di antara bangsa-bangsa di dalam seluruh daerah kerajaan tuanku, dan hukum mereka berlainan dengan hukum segala bangsa, dan hukum raja tidak dilakukan mereka, sehingga tidak patut bagi raja membiarkan mereka leluasa. 3:9 Jikalau baik pada pemandangan raja, hendaklah dikeluarkan surat titah untuk membinasakan mereka; maka hamba akan menimbang perak sepuluh ribu talenta dan menyerahkannya kepada tangan para pejabat yang bersangkutan, supaya mereka memasukkannya ke dalam perbendaharaan raja." 3:10 Maka raja mencabut cincin meterainya dari jarinya, lalu diserahkannya kepada Haman bin Hamedata, orang Agag, seteru orang Yahudi itu, 3:11 kemudian titah raja kepada Haman: "Perak itu terserah kepadamu, juga bangsa itu untuk kauperlakukan seperti yang kaupandang baik." 3:12 Maka dalam bulan yang pertama pada hari yang ketiga belas dipanggillah para panitera raja, lalu, sesuai dengan segala yang diperintahkan Haman, ditulislah surat kepada wakil-wakil raja, kepada setiap bupati yang menguasai daerah dan kepada setiap pembesar bangsa, yakni kepada tiap-tiap daerah menurut tulisannya dan kepada tiap-tiap bangsa menurut bahasanya; surat itu ditulis atas nama raja Ahasyweros dan dimeterai dengan cincin meterai raja. 3:13 Surat-surat itu dikirimkan dengan perantaraan pesuruh-pesuruh cepat ke segala daerah kerajaan, supaya dipunahkan, dibunuh dan dibinasakan semua orang Yahudi dari pada yang muda sampai kepada yang tua, bahkan anak-anak dan perempuan-perempuan, pada satu hari juga, pada tanggal tiga belas bulan yang kedua belas -- yakni bulan Adar --, dan supaya dirampas harta milik mereka. 3:14 Salinan surat itu harus diundangkan di dalam tiap-tiap daerah, lalu diumumkan kepada segala bangsa, supaya mereka bersiap-siap untuk hari itu. 3:15 Maka dengan tergesa-gesa berangkatlah pesuruh-pesuruh cepat itu, atas titah raja, dan undang-undang itu dikeluarkan di dalam benteng Susan. Sementara itu raja serta Haman duduk minum-minum, tetapi kota Susan menjadi gempar.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Adar a place marking part of the southern border of Israel and Judah,son of Bela son of Benjamin
 · Ahasyweros king of Persia after Darius
 · bulan Nisan first month of the Jewish calendar
 · Haman son of Hammedatha; an Agagite; the Jews 'enemy during the exile
 · Hamedata father of Haman, the enemy of the Jews
 · Mordekhai a leader among those who returned from exile with Zerubbabel,son of Jair of Benjamin; cousin and guardian of Queen Esther
 · orang Agag a descendant of Agag
 · Pur a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · pur a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · Purim a small stone for casting lots, and a Jewish festival (IBD)
 · Susan capital city of Elam and winter home of the Persian kings (OS)
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs


Topik/Tema Kamus: Ahasyweros | Mordekhai | Haman | Ester | Raya, Perayaan Purim Atau Undi | Balas, Membalas Dendam | Dendam | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Benci, Kebencian | Cincin | Meterai | Marah Kemarahan | Hamedata | Adar | Sombong, Kesombongan | Istana | Fitnah | Bulan | Abib | Bulan, Untuk Mengukur Waktu | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Est 3:2 - MORDEKHAI TIDAK BERLUTUT. Nas : Est 3:2 Mordekhai menolak untuk berlutut di hadapan Haman karena kesetiaannya kepada Allah (ayat Est 3:4). Rupanya kehormatan yang diberikan ...

Nas : Est 3:2

Mordekhai menolak untuk berlutut di hadapan Haman karena kesetiaannya kepada Allah (ayat Est 3:4). Rupanya kehormatan yang diberikan kepada Haman oleh para pegawai raja dan lainnya tidak pantas diterimanya atau seperti sikap yang oleh orang Yahudi diperuntukkan bagi menyembah Allah saja. Jadi, Mordekhai tidak bersedia berlutut di hadapan Haman. Ketiga sahabat Daniel menunjukkan keyakinan yang sama (Dan 3:1-12).

Full Life: Est 3:4 - IA ORANG YAHUDI. Nas : Est 3:4 Orang-orang di sekeliling Mordekhai ingin tahu mengapa ia tidak berlutut. Ia hanya memberi satu jawaban: ia orang Yahudi. 1) All...

Nas : Est 3:4

Orang-orang di sekeliling Mordekhai ingin tahu mengapa ia tidak berlutut. Ia hanya memberi satu jawaban: ia orang Yahudi.

  1. 1) Allah mengirim orang Yahudi ke dalam pembuangan untuk menyucikan mereka dari penyembahan berhala. Kita belajar dari kitab Ezra dan Nehemia bahwa orang Yahudi yang kembali ke Yerusalem telah memahami hal ini dan mendambakan ibadah yang bebas dari penyembahan berhala; kitab Ester menunjukkan bahwa orang Yahudi yang tidak kembali juga sudah paham. Ketika itu menjadi orang Yahudi mempunyai makna tersendiri, karena itu orang Yahudi menolak untuk berlutut kepada siapapun dan berhala mana pun.
  2. 2) Menjadi orang Kristen seharusnya membawa makna tersendiri bagi kita. Seperti Mordekhai, kita juga harus bersikap tegas secara terus terang memihak pada Kristus dan standar-standar yang benar dari Firman-Nya di tengah-tengah tekanan masyarakat duniawi.

Full Life: Est 3:6 - MENCARI IKHTIAR MEMUNAHKAN ... ORANG YAHUDI. Nas : Est 3:6 Haman, perdana menteri Persia, adalah tokoh politik pertama dalam Alkitab yang merancang sebuah rencana jahat untuk memusnahkan semua...

Nas : Est 3:6

Haman, perdana menteri Persia, adalah tokoh politik pertama dalam Alkitab yang merancang sebuah rencana jahat untuk memusnahkan semua orang Yahudi yang berada di bawah kuasa politiknya. Komplotan untuk memusnahkan bangsa Yahudi ini serupa dengan persekongkolan Anthiokhus Epifanes pada abad kedua SM

(lihat cat. --> Dan 11:28),

[atau ref. Dan 11:28]

rencana Adolf Hitler pada abad ke-20 di Eropa, dan antikristus pada akhir sejarah yang akan berusaha memusnahkan semua orang Yahudi dan orang Kristen (Wahy 13:15-18).

Full Life: Est 3:7 - ORANG MEMBUANG PUR. Nas : Est 3:7 "Pur" ini ada sesuatu sama dengan dadu. Haman memakainya untuk mencari "hari baik" untuk memusnahkan orang Yahudi. Hampir setahun ber...

Nas : Est 3:7

"Pur" ini ada sesuatu sama dengan dadu. Haman memakainya untuk mencari "hari baik" untuk memusnahkan orang Yahudi. Hampir setahun berselang di antara pembuangan undi dan pelaksanaan rencana itu; ini memberikan waktu kepada Ester dan Mordekhai, di bawah pemeliharaan Allah, untuk menentang komplotan jahat Haman.

Full Life: Est 3:8 - HUKUM MEREKA BERLAINAN Nas : Est 3:8 (versi Inggris NIV -- adat istiadat mereka berbeda). Salah satu maksud Allah dalam memberikan taurat kepada Israel ialah membuat mere...

Nas : Est 3:8

(versi Inggris NIV -- adat istiadat mereka berbeda). Salah satu maksud Allah dalam memberikan taurat kepada Israel ialah membuat mereka berbeda dari bangsa lainnya. Haman melihat sesuatu yang berbeda di dalam orang Yahudi dan karena itu ia membenci mereka. Di bawah perjanjian yang baru, Allah masih ingin umat-Nya terpisah dan berbeda dari dunia, suatu umat kudus yang menjadi milik-Nya (bd. 1Pet 2:9). Demikian pula sekarang ini, dunia akan membenci umat Allah karena mereka berbeda, kudus, dan benar (bd. Yoh 15:18-25).

BIS: Est 3:1 - Agag Agag: Seorang raja Amalek; bangsanya adalah musuh bebuyutan dari bangsa Israel.

Agag: Seorang raja Amalek; bangsanya adalah musuh bebuyutan dari bangsa Israel.

Jerusalem: Est 3:1 - orang Agag Sebuah negeri yang bernama Agag tidak dikenal. Agag juga nama seorang raja orang Amalek yang dikalahkan raja Saul, 1Sa 15:7-9. Barangkali nama Agag di...

Sebuah negeri yang bernama Agag tidak dikenal. Agag juga nama seorang raja orang Amalek yang dikalahkan raja Saul, 1Sa 15:7-9. Barangkali nama Agag dipilih dengan maksud memperlawankan Haman dengan Mordekhai, seorang dari suku Benyamin dan keturunan Kisy, sama seperti raja Saul.

Jerusalem: Est 3:2 - Mordekhai tidak berlutut dan tidak sujud Sujud menyembah di hadapan raja dan orang terkemuka lainnya adalah adat biasa di istana-istana raja. Juga pada bangsa Israel adat itu terdapat, 1Ra 1:...

Sujud menyembah di hadapan raja dan orang terkemuka lainnya adalah adat biasa di istana-istana raja. Juga pada bangsa Israel adat itu terdapat, 1Ra 1:23; 2Ra 4:37, dll. Jadi pada dirinya seorang Yahudi dapat berlaku sesuai dengan adat itu. Maka rupanya Mordekhai enggan berlutut dan sujud bukannya karena kesetiaannya kepada Allah dan hukum Taurat (bdk Dan 1:8; 3:12; 6:14), tetapi terlebih terdorong oleh rasa kebangsaannya. Memang terjemahan Yunani dalam tambahan 2 mengartikan sikap Mordekhai itu sebagai sikap keagamaan.

Jerusalem: Est 3:7 - pur Ini sebuah kata Babel (yang oleh penulis dijelaskan: yakni undi). Memang Haman sudah mengambil keputusan membasmi orang Yahudi. Ia hanya membuang undi...

Ini sebuah kata Babel (yang oleh penulis dijelaskan: yakni undi). Memang Haman sudah mengambil keputusan membasmi orang Yahudi. Ia hanya membuang undi untuk mengetahui hari manakah yang baik guna melaksanakan niatnya. Est 3:7 ini mungkin sebuah sisipan ke dalam naskah aseli dan kiranya diselipkan bersama dengan catatan mengenai hari raya Purim, Est 9:24-26.

Jerusalem: Est 3:8 - -- Kecaman Haman atas orang Yahudi itu agak laku di zaman Yunani. Hal yang sama terdapat dalam tulisan yang berasal dari zaman itu, bdk tambahan tulisan ...

Kecaman Haman atas orang Yahudi itu agak laku di zaman Yunani. Hal yang sama terdapat dalam tulisan yang berasal dari zaman itu, bdk tambahan tulisan yang berasal dari zaman itu, bdk tambahan Yunani, Est 3:2; Dan 1:8; 3:8-12; Jdt 12:2; Est 4:12 dst Wis 2:14 dst dan dalam kitab (apokrip) 3Mak.

Jerusalem: Est 3:13 - -- TAMBAHAN YUNANI Est 2:1-7 disisipkan antara Est 3:13 dan Est 3:14 naskah Ibrani. Lih. hal. 755.

TAMBAHAN YUNANI Est 2:1-7 disisipkan antara Est 3:13 dan Est 3:14 naskah Ibrani. Lih. hal. 755.

Ende: Est 3:2 - -- Mordekai enggan bersudjud didepan Haman bukannja oleh sebab itu berlawanan dengan kejakinannja dibidang keigamaan, sebab tanda hormat itu djuga berlak...

Mordekai enggan bersudjud didepan Haman bukannja oleh sebab itu berlawanan dengan kejakinannja dibidang keigamaan, sebab tanda hormat itu djuga berlaku pada radja2 Israil, tetapi lebih2 karena kebanggaan nasional, jang tidak mau menghormati musuh bangsanja.

Terdjemahan Junani memberikan tafsiran keagamaan kepada kelakuan Mordekai itu (lih. Est 13:14g).

Ende: Est 3:7 - pur bukan kata Hibrani melainkan Babel dan kata asing itu dikutip disini untuk menerangkan istilah "Hari Raja Purim". Undi dibuang untuk mengenal hari jan...

bukan kata Hibrani melainkan Babel dan kata asing itu dikutip disini untuk menerangkan istilah "Hari Raja Purim". Undi dibuang untuk mengenal hari jang baik guna pembunuhan orang2 Jahudi. Tachjul sebangsa ini di Babel sangat laku dan di-tempat2 lain djuga.

Ende: Est 3:8 - -- Tuduhan2 sematjam ini selalu, dahulu dan sekarang, dilemparkan kepada orang2 Jahudi oleh semua anti-semitisme.

Tuduhan2 sematjam ini selalu, dahulu dan sekarang, dilemparkan kepada orang2 Jahudi oleh semua anti-semitisme.

Ende: Est 3:10 - -- Isjarat itu berarti, bahwa kepada Haman diberikan kekuasaan radja dan kebebasan untuk bertindak se-wenang2 terhadap orang2 Jahudi.

Isjarat itu berarti, bahwa kepada Haman diberikan kekuasaan radja dan kebebasan untuk bertindak se-wenang2 terhadap orang2 Jahudi.

Ende: Est 3:13 - bentara adalah pegawai2 pos keradjaan, jang sudah ada dalam negara Parsi, meskipun hanja untuk pemerintah sadja. Est 3:13e Tuduhan "membentji umat manusia", k...

adalah pegawai2 pos keradjaan, jang sudah ada dalam negara Parsi, meskipun hanja untuk pemerintah sadja. Est 3:13e Tuduhan "membentji umat manusia", kemudian djuga dilemparkan kepada orang2 serani di Roma.

Endetn: Est 3:6 - ber-sama2 diperbaiki sedikit. Tertulis: "rakjat (bangsa)".

diperbaiki sedikit. Tertulis: "rakjat (bangsa)".

Ref. Silang FULL: Est 3:1 - orang Agag · orang Agag: Kel 17:8-16; Kel 17:8 s/d 16; Bil 24:7; Bil 24:7; Ul 25:17-19; 1Sam 14:48

· orang Agag: Kel 17:8-16; [Lihat FULL. Kel 17:8] s/d 16; Bil 24:7; [Lihat FULL. Bil 24:7]; Ul 25:17-19; 1Sam 14:48

Ref. Silang FULL: Est 3:3 - melanggar perintah · melanggar perintah: Est 5:9; Dan 3:12

· melanggar perintah: Est 5:9; Dan 3:12

Ref. Silang FULL: Est 3:4 - tidak didengarkannya · tidak didengarkannya: Kej 39:10

· tidak didengarkannya: Kej 39:10

Ref. Silang FULL: Est 3:5 - sangat panaslah · sangat panaslah: Est 2:21; Est 2:21

· sangat panaslah: Est 2:21; [Lihat FULL. Est 2:21]

Ref. Silang FULL: Est 3:6 - mencari ikhtiar // memunahkan // orang Yahudi · mencari ikhtiar: Ams 16:25 · memunahkan: Mazm 74:8; 83:5 · orang Yahudi: Est 9:24

· mencari ikhtiar: Ams 16:25

· memunahkan: Mazm 74:8; 83:5

· orang Yahudi: Est 9:24

Ref. Silang FULL: Est 3:7 - membuang pur // yakni undi // bulan Adar · membuang pur: Est 9:24,26 · yakni undi: Im 16:8; Im 16:8; 1Sam 10:21; 1Sam 10:21 · bulan Adar: Est 3:13; Est 9:19

· membuang pur: Est 9:24,26

· yakni undi: Im 16:8; [Lihat FULL. Im 16:8]; 1Sam 10:21; [Lihat FULL. 1Sam 10:21]

· bulan Adar: Est 3:13; Est 9:19

Ref. Silang FULL: Est 3:8 - dan hukum // tidak dilakukan // mereka leluasa · dan hukum: Kis 16:20-21 · tidak dilakukan: Yer 29:7; Dan 6:14 · mereka leluasa: Ezr 4:15

· dan hukum: Kis 16:20-21

· tidak dilakukan: Yer 29:7; Dan 6:14

· mereka leluasa: Ezr 4:15

Ref. Silang FULL: Est 3:9 - yang bersangkutan · yang bersangkutan: Est 7:4

· yang bersangkutan: Est 7:4

Ref. Silang FULL: Est 3:10 - mencabut cincin · mencabut cincin: Kej 41:42; Kej 41:42

· mencabut cincin: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]

Ref. Silang FULL: Est 3:12 - menurut bahasanya // dan dimeterai · menurut bahasanya: Neh 13:24; Neh 13:24 · dan dimeterai: Kej 38:18; Kej 38:18

· menurut bahasanya: Neh 13:24; [Lihat FULL. Neh 13:24]

· dan dimeterai: Kej 38:18; [Lihat FULL. Kej 38:18]

Ref. Silang FULL: Est 3:13 - orang Yahudi // bulan Adar // supaya dirampas · orang Yahudi: 1Sam 15:3; 1Sam 15:3; Ezr 4:6; Ezr 4:6 · bulan Adar: Est 3:7; Est 3:7 · supaya dirampas: Est 8:11; 9:10

· orang Yahudi: 1Sam 15:3; [Lihat FULL. 1Sam 15:3]; Ezr 4:6; [Lihat FULL. Ezr 4:6]

· bulan Adar: Est 3:7; [Lihat FULL. Est 3:7]

· supaya dirampas: Est 8:11; 9:10

Ref. Silang FULL: Est 3:14 - untuk hari · untuk hari: Est 8:8; 9:1

· untuk hari: Est 8:8; 9:1

Ref. Silang FULL: Est 3:15 - benteng Susan // duduk minum-minum // menjadi gempar · benteng Susan: Est 8:14 · duduk minum-minum: Est 1:10; Est 1:10 · menjadi gempar: Est 8:15

· benteng Susan: Est 8:14

· duduk minum-minum: Est 1:10; [Lihat FULL. Est 1:10]

· menjadi gempar: Est 8:15

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: Est 3:1-6 - Usulan Haman yang Jahat Pemandangan yang sangat kelam dan menyedihkan terbuka di sini, yang mengancam kehancuran seluruh umat Allah. Seandainya tidak ada kegelapan malam y...

Matthew Henry: Est 3:7-15 - Haman Mendapat Izin untuk Membantai Bangsa Yahudi Haman Mendapat Izin untuk Membantai Bangsa Yahudi (3:7-15) Haman menilai tinggi dirinya sendiri atas pemikiran yang berani itu, yang dikhayalkannya ...

SH: Est 3:1-15 - Tuhan di balik dampak-dampak negatif kesalahan manusia (Sabtu, 23 Juni 2001) Tuhan di balik dampak-dampak negatif kesalahan manusia Sebagai manusia, kita menginginkan adanya rasa aman dan tentram untuk hidup dan masa depan ki...

SH: Est 3:1-15 - Jangan sombong (Senin, 17 Desember 2007) Jangan sombong Meski bangga akan kedudukan yang telah diterima dari raja (ayat 1), Haman tetap merasa tidak puas bila masih ada orang yang tidak...

SH: Est 3:1-7 - Kuasa Tertinggi Hanya dari Tuhan (Senin, 2 Oktober 2017) Kuasa Tertinggi Hanya dari Tuhan Dalam ilmu sosial dan politik, kekuasaan dipahami sebagai kemampuan untuk memengaruhi dan mengendalikan perilaku man...

SH: Est 3:1-15 - Mengendalikan Kemarahan (Sabtu, 15 Juli 2023) Mengendalikan Kemarahan Marah adalah perasaan yang wajar dalam diri manusia. Namun, kemarahan yang tidak terkendali sangat berbahaya. Contohnya, Ham...

SH: Est 3:8-15 - Penjernihan Hati (Selasa, 3 Oktober 2017) Penjernihan Hati Kejahatan muncul karena manusia tidak mampu menjernihkan hati dan mematikan egonya. Ketidakmampuan itu yang membuat seseorang sulit ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ester (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Diketahui Tema : Kepedulian Allah yang Memelihara Tanggal Penulisan: 460-400 SM Latar Belakang Setelah kerajaa...

Full Life: Ester (Garis Besar) Garis Besar I. Pemeliharaan Allah Dalam Penempatan Seorang Ratu (Est 1:1-2:18) A. Wasti Dipecat Sebagai Ratu Persia ...

Matthew Henry: Ester (Pendahuluan Kitab) Dalam dua kitab sebelumnya, kita membaca tentang bagaimana penyelenggaraan Allah menjaga orang-orang Yahudi yang telah kembali dari pembuangan ke n...

Jerusalem: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TOBIT, YUDIT DAN ESTER PENGANTAR Dalam terjemahan Latin, Vulgata, tiga kitab, yakni Tobit (Latin:Tobit), Yudit dan Ester ditentukan sesuda...

Ende: Ester (Pendahuluan Kitab) KITAB -KITAB TOBIT JUDIT ESTER PENDAHULUAN Didalam Kitab Sutji Junani dan Latin terdapatlah sesudah kitab2 Tawarich, djadi kitab2 sedjarah, ketiga kit...

BIS: Ester (Pendahuluan Kitab) ESTER PENGANTAR Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini

ESTER

PENGANTAR

Buku Ester mengisahkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di istana raja Persia, yang biasanya dipakai di musim dingin. Dalam buku ini yang memegang peran utama ialah Ester, seorang wanita Yahudi yang patut disebut pahlawan. Karena cintanya kepada bangsanya maka dengan gagah berani ia menggagalkan rencana musuh yang hendak membinasakan orang Yahudi. Buku ini menerangkan latar belakang dan arti suatu perayaan Yahudi yang disebut Purim.

Isi

  1.  Ester menjadi ratu
    Est 1:1-2:23
  2.  Haman membuat rencana jahat
    Est 3:1-5:14
  3.  Haman dihukum mati
    Est 6:1-7:10
  4.  Orang Yahudi mengalahkan musuh mereka
    Est 8:1-10:3

Ajaran: Ester (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaa

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ester, setiap anggota Jemaat yakin, bahwa Allah memelihara dan menolong umat-Nya ketika mengalami pencobaan dan penderitaan.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ester sangat sukar untuk dipastikan. Tetapi menurut para ahli Alkitab, ada kemungkinan ditulis oleh Mordekhai atau Ester bahkan mungkin juga Nehemia.

Isi Kitab: Isi Kitab Ester menceritakan keadaan Bangsa Israel di pembuangan. Untuk dapat mengerti isi Kitab Ester ini, kita akan mempelajari riwayat para pelaku dan peranannya.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ester

  1. Raja Ahasyweros

    Pasal Est 1:1, raja Ahasyweros adalah raja yang memerintah 127 daerah, dari India sampai Etiopia. Dia adalah salah satu raja yang terkenal pada zaman itu, namun dalam pemerintahannya dia suka bertindak sewenang-wenang.

    Pendalaman

    1. Mengapakah raja Ahasyweros mau membinasakan orang Yahudi? (Est 3:8-11).
    2. Tetapi bagaimanakah sebenarnya kepribadiannya? (Est 6:1-3,10-11).
  2. Ratu Wasti

    Ratu Wasti adalah orang yang dipecat oleh raja Ahasyweros, karena pada waktu raja Ahasyweros menyuruh Wasti memperlihatkan kecantikannya pada pesta yang diadakannya, ratu Wasti menolak. Hal ini bagi raja adalah satu penghinaan, maka raja memberikan keputusan, bahwa ratu Wasti dipecat sebagai ratu dan akan dicari penggantinya.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Est 1:9-22. Mengapakah ratu Wasti dipecat?
    2. Kekerasan hati ratu Wasti ini, justru merupaka kesempatan bagi orang Yahudi menjadi rat (Est 2:17-18).
  3. Haman

    Haman adalah seorang yang menerima kebesaran dari raja Ahasyweros dengan kenaikan pangkat dan kedudukan tertinggi di atas semua pembesar. Semua rakyat diperintahkan menyembah Haman. Haman sangat memusuhi orang Yahudi karena Mordekhai tidak mau menyembah dia. Haman diberi kuasa oleh raja untuk membunuh bangsa Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Haman? (Est 3:1,5-6). Dan bagaimanakah kepribadiannya? Serta mengapakah ia membenci orang Yahudi?
    2. Bagaimanakah nasib orang seperti Haman, yang berusah memusnahkan umat Allah? (Est 7:1-10).
  4. Mordekhai

    Mordekhai adalah orang Yahudi yang menjadi pegawai istana raja. Dia mempunyai tugas duduk di pintu gerbang istana raja (pasal Est 2:5,19,21). Dan ia adalah seorang yang tidak menyembah kepada Haman, karena menurut keyakinan Mordekhai hanya Tuhanlah yang patut disembah. Dalam pasal 4 (Est 4:1-17) dijelaskan Mordekhai berdukacita dan bersedih bersama orang Yahudi karena adanya keputusan raja memberi kuasa kepada Haman, untuk membunuh orang Yahudi.

    Pendalaman

    1. Siapakah Mordekhai? (Est 2:5; 3:1-5). Dan bagaimanakah kepribadiannya?
    2. Bacalah pasal Est 6:1-11. Apakah sebabnya Mordekhai dihormati raja?
    3. Bagaimanakah keadaan orang yang taat pada Tuhan, sepert Mordekhai ini? (Est 8:1-2; 9:4; 10:1-3).
  5. Ester

    Ester adalah seorang anak yatim bangsa Yahudi. Dia adalah saudara sepupu dari Mordekhai. Ketika ratu Wsti dipecat dari kedudukannya sebagai ratu, maka Ester diangkat menjadi ratu. Pada waktu orang Yahudi akan dibunuh, Ester menerima permohonan dari Mordekhai untuk menolong membebaskan orang Yahudi (pasal Est 4:14).

    Pendalaman

    1. Siapakah Ester? (Est 1:7; 2:17). Dan apakah kedudukan Ester dalam kerajaan?
    2. Apakah tugas Ester bagi umat Allah? (Est 4:8-16).
    3. Apakah usahanya itu berhasil? (Est 7:1-8 8:5-8).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ester membuktikan bahwa Allah tetap setia dalam memelihara dan menolong umat-Nya yang berada dalam kesusahan dan kesulitan.

  2. Pengalaman Haman membuktikan bahwa kesombongan ketamakan akan menghasilkan kerugian bagi diri sendiri.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah nama raja yang ada dalam Kitab Ester?
  2. Mengapakah Ester bisa menjadi ratu?
  3. Apakah sebabnya Haman sangat membenci umat Allah?
  4. Bagaimanakah nasib Haman?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan dar mempelajari Kitab Ester?

Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) Allah mengatur di belakang layar RINGKASAN CERITAEster, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal den

Allah mengatur di belakang layar

RINGKASAN CERITA
Ester, anak angkat pamannya, Mordekhai dijadikan ratu oleh Raja Persia Xerxes, yang juga dikenal dengan nama raja Ahasyweros. Perdana menterinya, Haman, membenci orang Yahudi dan bersekongkol untuk melenyapkan mereka. Sasaran utamanya ialah Mordekhai. Ester dengan kepintarannya membuat raja mengalihkan keputusannya terhadap bangsa Yahudi, dan Haman akhirnya digantung. Mordekhai kemudian diberi kekuasaan dan bangsa Yahudi memperingati peristiwa itu dengan perayaan.

TEMPAT KEJADIAN
Kisah ini terjadi di ibu kota Persia, Susan, pada masa pemerintahan Raja Ahasyweros yang memerintah pada tahun 486-465 S.M.

TUJUAN KITAB ESTER
Ada tiga alasan mengapa kitab ini ditulis:
1. Alasan yang paling utama ialah untuk menerangkan kepada bangsa Yahudi mengenai asal mula Perayaan Purim yang mereka rayakan antara tanggal 13 dan 15 bulan Adar (Februari-Maret). Lihat Ester 9:20-32 dan Est 3:7.
2. Alasan lain yang jelas mengapa kitab itu ditulis ialah untuk memperingatkan umat terhadap anti-Semitisme. Bangsa Yahudi adalah umat Allah yang istimewa, yang menduduki tempat yang unik dalam sejarah dan mempunyai kuasa untuk bertahan melawan segala yang jahat. Ester merupakan salah satu episoda sejarah yang menarik.
3. Kitab ini juga memperlihatkan kuasa Allah untuk mengendalikan peristiwa dan memelihara umat-Nya, bahkan pada saat segala sesuatu tampaknya tak bersahabat dengan mereka.

CIRI-CIRI ISTIMEWA
1. Kitab ini tidak pernah sekali pun menyebut-nyebut Allah, namun kehadiran-Nya terasa di mana-mana.
2. Kitab ini menggambarkan istana Persia dan adat-istiadatnya secara mendetail.
3. Kitab ini merupakan salah satu dari dua kitab dalam Alkitab yang judulnya diambil dari nama wanita.
4. Banyak orang meragukan nilai kitab ini, karena nasionalisme Yahudinya yang sangat kuat dan kurangnya acuan kepada Allah. Namun kisah dan pesan yang disampaikan tidak boleh diabaikan.

Pesan

Kitab Ester menyampaikan dua hal utama:

1. Pemeliharaan Allah
Pemeliharaan Allah berarti bahwa Ia berkuasa penuh atas dunia. Hal ini juga berhubungan dengan pemeliharaan-Nya yang penuh kasih atas umat-Nya (Roma 8:28). Perhatikan:
o Allah selalu ingat akan umat-Nya. Banyak orang Yahudi dalam pembuangan di Persia berpikir bahwa Allah telah melupakan mereka. Mereka bahkan merasa lebih ditinggalkan oleh Allah sewaktu Haman berencana untuk membinasakan mereka. Tetapi, Allah mengingat mereka.
o Allah mengatur segala peristiwa. Allah menempatkan Ester pada kedudukan penting pada waktu yang tepat. Pada waktu diperlukan, Dia bahkan membuat Raja Ahasyweros tidak dapat tidur (Est 6:1)!
o Allah merencanakan tindakan-Nya dengan sempurna. Hal ini jelas terlihat dalam seluruh kisah, tetapi perhatikan secara khusus Est 4:14.
o Allah sungguh-sungguh bekerja. Dia tidak memilih untuk mengadakan mukjizat di sini. Dia semata-mata bekerja melalui hubungan antar manusia yang biasa dan melalui diplomasi. Namun demikian, Dia sungguh-sungguh bekerja. Allah tidak pernah ditonjolkan dalam kisah ini, tetapi umat-Nya tahu bahwa Dia hadir di antara mereka dan melakukan segala sesuatu untuk kebaikan mereka.

2. Umat Allah
o Umat Allah yang istimewa. Kisah ini menunjukkan bahwa bangsa Yahudi merupakan umat pilihan Allah (lihat Ula 7:7,8). Ester merupakan salah satu kisah mengenai hal ini.
o Allah menyelamatkan umat-Nya. Mereka boleh bergantung pada Allah yang akan menyelamatkan mereka, walaupun mereka tahu bahwa mereka hanya akan selamat jika mereka taat pada perjanjian dengan Allah. Lihat Maz 81:13-16.
o Umat Allah yang jujur (Est 2:19-23). Kejujuran Mordekhai dan kejujuran yang berani dari Ester merupakan kunci utama pembebasan bangsa Yahudi. Umat Allah haruslah orang-orang yang penuh kejujuran. Est 7:1-10
o Umat Allah yang minoritas. walaupun merupakan kelompok minoritas, umat Allah dapat mencpai sukses besar jika Dia ada bersama-sama mereka.
o Umat Allah yang percaya. Dalam saat-saat kritis, orang Yahudi percaya penuh kepada Allah. Est 4:15,16

Penerapan

Ester mengajar kita:

o Untuk menaruh keyakinan pada Allah, karena Dia memelihara kita.
o Untuk percaya kepada Allah, sebab waktu Tuhan sangat sempurna.
o Untuk melakukan apa yang benar dan menyerahkan selebihnya kepada Allah.
o Untuk bertindak dengan berani, tak peduli apapun risikonya.
o Untuk berdoa dalam saat-saat kristis.
o Untuk mengasihi golongan minoritas rasial.
o Untuk mengingat kasih Allah yang istimewa terhadap bangsa Yahudi.

Tema-tema Kunci

Ester merupakan sebuah buku mengenai penelitian tentang karakter manusia. Pelajarilah tokoh-tokoh di bawah ini:

1. Ester
Ia lemah lembut dan menarik (Est 2:1-18); bergantung sepenuhnya kepada Allah (Est 4:15-17); berani (Est 4:6); diplomatis (Est 5:1-8; 7:1-6). Apa lagi yang dapat Anda katakan mengenai Dia?

2. Mordekhai
Anda dapat melihat karakternya dengan dua cara. Apakah ia seorang Yahudi yang rencananya dimotivasi oleh rasa patriotisme (lihat Est 2:10; 9:2-4), ataukah ia seorang yang dimotivasi oleh kasihnya kepada umat Allah (lihat Est 2:7; 19-23; 4:1-17; 10:3). Bagaimana pendapat Anda mengenai dia?

3. Haman
Kejatuhannya disebabkan oleh ambisi yang serakah (Est 5:10-12), didorong oleh istrinya (Est 5:14), dan oleh perubahan pendapat istrinya (Est 6:13). Kejatuhan Haman melalui suatu perjalanan panjang (Est 3:1,2). Pelajaran apa yang diajarkan Haman kepada Gereja dewasa ini mengenai ambisi?

Garis Besar Intisari: Ester (Pendahuluan Kitab) [1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22 Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raj

[1] RATU WASTI DITURUNKAN DARI KEDUDUKANNYA SEBAGAI RATU Est 1:1-22

Est 1:1-9 Raja mengadakan pesta
Est 1:10-12Ratu menolak menghadap raja
Est 1:13-22Raja menurunkan ratu

[2] ESTER MENJADI RATU Est 2:1-18

Est 2:1-4 Raja mencari seorang ratu baru
Est 2:5-18Seorang wanita Yahudi yatim piatu terpilih

[3] JIWA RAJA DISELAMATKAN Est 2:19-23

[4] HAMAN SI PEMBENCI YAHUDI Est 3:1-15

Est 3:1-6Haman membuat rencana jahat untuk membinasakan orang Yahudi
Est 3:7-15Haman melibatkan raja

[5] ESTER DATANG UNTUK MENYELAMATKAN Est 4:1-5:8

Est 4:1-17Ester mengetahui rencana itu
Est 5:1-8Ester mulai menggunakan cara-cara diplomatis

[6] HAMAN MENGUTARAKAN NIATNYA Est 5:9-14

[7] KEADAAN BERBALIK Est 6:1-14

Est 6:1-11Mordekhai diberi anugerah untuk kesetiaannya
Est 6:12-14Haman menggerutu

[8] KEBENARAN DINYATAKAN Est 7:1-8:17

Est 7:1-10Rencana Haman untuk membunuh Mordekhai terungkap dan Haman digantung
Est 8:1-17 Raja mengubah keputusannya

[9] ORANG YAHUDI BERSUKARIA Est 9:1-32

Est 9:1-17Orang Yahudi mengadakan pembalasan
Est 9:18-32Orang Yahudi mengadakan pesta

[10] KEBESARAN MODERKHAI YANG TERAKHIR Est 10:1-3

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.26 detik
dipersembahkan oleh YLSA