kecilkan semua  

Teks -- Daniel 7:1-28 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Keempat binatang dan anak manusia
7:1 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di tempat tidurnya. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya: 7:2 Berkatalah Daniel, demikian: "Pada malam hari aku mendapat penglihatan, tampak keempat angin dari langit mengguncangkan laut besar, 7:3 dan empat binatang besar naik dari dalam laut, yang satu berbeda dengan yang lain. 7:4 Yang pertama rupanya seperti seekor singa, dan mempunyai sayap burung rajawali; aku terus melihatnya sampai sayapnya tercabut dan ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada dua kaki seperti manusia, dan kepadanya diberikan hati manusia. 7:5 Dan tampak ada seekor binatang yang lain, yang kedua, rupanya seperti beruang; ia berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya di antara giginya. Dan demikianlah dikatakan kepadanya: Ayo, makanlah daging banyak-banyak. 7:6 Kemudian aku melihat, tampak seekor binatang yang lain, rupanya seperti macan tutul; ada empat sayap burung pada punggungnya, lagipula binatang itu berkepala empat, dan kepadanya diberikan kekuasaan. 7:7 Kemudian aku melihat dalam penglihatan malam itu, tampak seekor binatang yang keempat, yang menakutkan dan mendahsyatkan, dan ia sangat kuat. Ia bergigi besar dari besi; ia melahap dan meremukkan, dan sisanya diinjak-injaknya dengan kakinya; ia berbeda dengan segala binatang yang terdahulu; lagipula ia bertanduk sepuluh. 7:8 Sementara aku memperhatikan tanduk-tanduk itu, tampak tumbuh di antaranya suatu tanduk lain yang kecil, sehingga tiga dari tanduk-tanduk yang dahulu itu tercabut; dan pada tanduk itu tampak ada mata seperti mata manusia dan mulut yang menyombong. 7:9 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan, lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti salju dan rambut-Nya bersih seperti bulu domba; kursi-Nya dari nyala api dengan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar; 7:10 suatu sungai api timbul dan mengalir dari hadapan-Nya; seribu kali beribu-ribu melayani Dia, dan selaksa kali berlaksa-laksa berdiri di hadapan-Nya. Lalu duduklah Majelis Pengadilan dan dibukalah Kitab-kitab. 7:11 Aku terus melihatnya, karena perkataan sombong yang diucapkan tanduk itu; aku terus melihatnya, sampai binatang itu dibunuh, tubuhnya dibinasakan dan diserahkan ke dalam api yang membakar. 7:12 Juga kekuasaan binatang-binatang yang lain dicabut, dan jangka hidup mereka ditentukan sampai pada waktu dan saatnya. 7:13 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak manusia; datanglah ia kepada Yang Lanjut Usianya itu, dan ia dibawa ke hadapan-Nya. 7:14 Lalu diberikan kepadanya kekuasaan dan kemuliaan dan kekuasaan sebagai raja, maka orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa mengabdi kepadanya. Kekuasaannya ialah kekuasaan yang kekal, yang tidak akan lenyap, dan kerajaannya ialah kerajaan yang tidak akan musnah. 7:15 Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku. 7:16 Lalu kudekati salah seorang dari mereka yang berdiri di sana dan kuminta penjelasan tentang semuanya itu. Maka berkatalah ia kepadaku dan diberitahukannyalah kepadaku maknanya: 7:17 Binatang-binatang besar yang empat ekor itu ialah empat raja yang akan muncul dari dalam bumi; 7:18 sesudah itu orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi akan menerima pemerintahan, dan mereka akan memegang pemerintahan itu sampai selama-lamanya, bahkan kekal selama-lamanya. 7:19 Lalu aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang lain, yang sangat menakutkan, dengan gigi besinya dan kuku tembaganya, yang melahap dan meremukkan dan menginjak-injak sisanya dengan kakinya; 7:20 dan tentang kesepuluh tanduk yang ada pada kepalanya, dan tentang tanduk yang lain, yakni tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut yang menyombong, yang tumbuh sehingga patahlah tiga tanduk, dan yang lebih besar rupanya dari tanduk-tanduk yang lain. 7:21 Dan aku melihat tanduk itu berperang melawan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka, 7:22 sampai Yang Lanjut Usianya itu datang dan keadilan diberikan kepada orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi dan waktunya datang orang-orang kudus itu memegang pemerintahan. 7:23 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada di bumi, yang akan berbeda dengan segala kerajaan dan akan menelan seluruh bumi, menginjak-injaknya dan meremukkannya. 7:24 Kesepuluh tanduk itu ialah kesepuluh raja yang muncul dari kerajaan itu. Sesudah mereka, akan muncul seorang raja; dia berbeda dengan raja-raja yang dahulu dan akan merendahkan tiga raja. 7:25 Ia akan mengucapkan perkataan yang menentang Yang Mahatinggi, dan akan menganiaya orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi; ia berusaha untuk mengubah waktu dan hukum, dan mereka akan diserahkan ke dalam tangannya selama satu masa dan dua masa dan setengah masa. 7:26 Lalu Majelis Pengadilan akan duduk, dan kekuasaan akan dicabut dari padanya untuk dimusnahkan dan dihancurkan sampai lenyap. 7:27 Maka pemerintahan, kekuasaan dan kebesaran dari kerajaan-kerajaan di bawah semesta langit akan diberikan kepada orang-orang kudus, umat Yang Mahatinggi: pemerintahan mereka adalah pemerintahan yang kekal, dan segala kekuasaan akan mengabdi dan patuh kepada mereka. 7:28 Sekianlah berita itu. Adapun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, sehingga aku menjadi pucat; dan aku menyimpan hal itu dalam ingatanku."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Belsyazar the deputy king of Babylon after Nebuchadnezzar
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Laut Besar the Mediterranean Sea


Topik/Tema Kamus: Daniel /Beltazar | Lihat, Penglihatan | Mimpi | Daniel | Raja, Kerajaan Romawi | Tanduk | Datang, Kedatangan Kristus | Raja, Kerajaan Makedonia | Binatang | Kitab | Nabi | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Nubuat Tentang Kristus | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Taat, Ketaatan Kepada Allah | Rambut | Malam | Pahala Orang-Orang Kudus | Ilham Roh Kudus | Belsyazar | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 7:1 - BERMIMPILAH DANIEL DAN MENDAPAT PENGLIHATAN-PENGLIHATAN. Nas : Dan 7:1 Kata-kata "mimpi" dan "penglihatan" kadang-kadang dipakai secara bertukar-tukar dalam Alkitab. Daniel menafsirkan mimpi yang bersifat...

Nas : Dan 7:1

Kata-kata "mimpi" dan "penglihatan" kadang-kadang dipakai secara bertukar-tukar dalam Alkitab. Daniel menafsirkan mimpi yang bersifat nubuat dari orang lain; Allah juga memberi Daniel beberapa mimpi dan penglihatan yang luar biasa. Saat itu mungkin usianya hampir 70 tahun. Mimpi dan penglihatan bersifat nubuat termasuk berbagai manifestasi yang akan merupakan ciri umat Allah pada hari-hari terakhir apabila pelayanan dan kegiatan Roh Kudus akan terwujud secara penuh di dalam diri orang percaya (bd. Yoel 2:28;

lihat cat. --> Kis 2:16;

[atau ref. Kis 2:16]

lihat art. KARUNIA-KARUNIA ROHANI ORANG PERCAYA).

Full Life: Dan 7:3 - EMPAT BINATANG BESAR. Nas : Dan 7:3 Beberapa penulis modern beranggapan bahwa binatang-binatang ini melambangkan bangsa-bangsa yang ada pada akhir zaman. Sekalipun demik...

Nas : Dan 7:3

Beberapa penulis modern beranggapan bahwa binatang-binatang ini melambangkan bangsa-bangsa yang ada pada akhir zaman. Sekalipun demikian, sebagian besar penafsir Alkitab menganggap penglihatan ini sejajar dengan mimpi Nebukadnezar dalam pasal Dan 2:1-49

(lihat cat. --> Dan 2:37-38;

lihat cat. --> Dan 2:39;

lihat cat. --> Dan 2:40;

(lihat cat. --> Dan 2:41-43)

[atau ref. Dan 2:37-43]

tetapi untuk mengungkapkan sifat kebinatangan, yaitu sifat batin kerajaan-kerajaan ini.

  1. 1) Singa, lambang kekuasaan raja, melambangkan kerajaan Neo-Babilonia. Rajawali, raja burung, mungkin secara khusus melambangkan kuasa Raja Nebukadnezar, dan pencabutan sayap-sayap melambangkan apa yang terjadi dalam pasal Dan 4:1-37.
  2. 2) Beruang yang berdiri pada sisinya yang sebelah melambangkan Media-Persia, dengan Persia menguasai Media. Ketiga tulang rusuk di dalam mulutnya melambangkan penaklukan Babel, Lidia, dan Mesir.
  3. 3) Macan tutul, binatang yang kuat dan gesit, dengan empat sayap, melambangkan kerajaan Yunaninya Aleksander dan perluasan kerajaannya yang pesat. Keempat kepala merupakan empat kerajaan yang muncul dari kerajaannya ketika ia wafat karena dibagi di antara empat panglimanya: Lisimakhus (yang mengambil Trakhia dan Bitinia), Casandra (yang mengambil Yunani dan Makedonia), Seleukus (yang mengambil Babel dan Asyur), dan Ptolemeus (yang mengambil Palestina, Mesir, dan Arab).
  4. 4) Binatang keempat, yang menakutkan dan dahsyat, dengan gigi besi, melambangkan Roma, sebagaimana halnya sisa penglihatan tentang patung, termasuk sepuluh jari kaki.

Full Life: Dan 7:8 - TANDUK LAIN YANG KECIL. Nas : Dan 7:8 Tanduk kecil ini melambangkan pemimpin besar terakhir di dunia -- antikristus (1Yoh 2:18), manusia durhaka (2Tes 2:3,8), binatang yan...

Nas : Dan 7:8

Tanduk kecil ini melambangkan pemimpin besar terakhir di dunia -- antikristus (1Yoh 2:18), manusia durhaka (2Tes 2:3,8), binatang yang mengalahkan tiga dari sepuluh raja itu (ayat Dan 7:11,24; Wahy 13:7; Wahy 19:19-20). Dia akan berperang melawan orang-orang kudus Allah, mengalahkan mereka (ayat Dan 7:21-22,25), dan mengucapkan perkataan yang menentang Allah (ayat Dan 7:25). Ketika "Yang Lanjut Usia" (yaitu, Yesus Kristus) datang (ayat Dan 7:9), orang kudus akan memegang pemerintahan (ayat Dan 7:22,27; bd. Wahy 11:15-18; 20:4-6); antikristus akan dibinasakan (ayat Dan 7:11,26) dan dicampakkan ke dalam lautan api yang menyala-nyala (Wahy 19:20).

Full Life: Dan 7:9 - DUDUKLAH YANG LANJUT USIANYA. Nas : Dan 7:9 "Yang Lanjut Usia" adalah cara lain untuk mengakui Allah sebagai Yang Kekal, Yang oleh Abraham diakui sebagai "Hakim segenap bumi" (K...

Nas : Dan 7:9

"Yang Lanjut Usia" adalah cara lain untuk mengakui Allah sebagai Yang Kekal, Yang oleh Abraham diakui sebagai "Hakim segenap bumi" (Kej 18:25). Ia dilukiskan sebagai menghakimi semua orang dan semua kerajaan pada akhir zaman. Gambaran Allah di dalam ayat ini juga menyatakan kekudusan-Nya ("pakaiannya putih seperti salju"), keagungan-Nya ("rambutnya bersih seperti bulu domba"), dan keadilan yang menyala-nyala ("kursi-Nya dari nyala api dan roda-rodanya dari api yang berkobar-kobar").

Full Life: Dan 7:13 - SEORANG SEPERTI ANAK MANUSIA. Nas : Dan 7:13 Oknum agung ini dihadapkan kepada Allah Bapa sebagai oknum yang terpisah dan berbeda dari Dia untuk menerima kerajaan kekal yang tid...

Nas : Dan 7:13

Oknum agung ini dihadapkan kepada Allah Bapa sebagai oknum yang terpisah dan berbeda dari Dia untuk menerima kerajaan kekal yang tidak pernah akan diberikan kepada orang lain (seperti yang terjadi dengan kerajaan-kerajaan sebelumnya). Awan-awan dari langit itu mungkin awan kemuliaan (bd. Kel 40:34,38; Kis 1:9,11; 1Tes 4:17; Wahy 1:7), yang menunjukkan bahwa Dialah Putra ilahi itu (Mat 26:64), Tuhan kita Yesus Kristus (bd. Luk 21:27; Yoh 1:51).

Full Life: Dan 7:17 - EMPAT RAJA ... MUNCUL DARI DALAM BUMI. Nas : Dan 7:17 "Muncul dari dalam bumi" tidak bertentangan dengan "dari dalam laut" (ayat Dan 7:3) karena di dalam Alkitab, laut melambangkan umat ...

Nas : Dan 7:17

"Muncul dari dalam bumi" tidak bertentangan dengan "dari dalam laut" (ayat Dan 7:3) karena di dalam Alkitab, laut melambangkan umat atau bangsa-bangsa di bumi (bd. Wahy 13:1).

Full Life: Dan 7:18 - ORANG-ORANG KUDUS ... MENERIMA PEMERINTAHAN. Nas : Dan 7:18 (Versi Inggris NIV -- kerajaan) Kerajaan itu milik Anak Manusia (ayat Dan 7:13-14), tetapi orang kudus (yang di sini mungkin mencaku...

Nas : Dan 7:18

(Versi Inggris NIV -- kerajaan) Kerajaan itu milik Anak Manusia (ayat Dan 7:13-14), tetapi orang kudus (yang di sini mungkin mencakup orang kudus segala zaman) menerima kerajaan itu (bd. Mat 5:3,10) dan ikut memerintah bersama Kristus (bd. Wahy 3:21). Orang kudus adalah mereka yang suci

  1. (1) karena di dalam hubungan mereka dengan Allah yang kudus, mereka dikuduskan oleh kehadiran-Nya yang kudus, dan
  2. (2) karena mereka telah memisahkan diri dari dosa dan dunia yang cemar serta mengabdikan diri untuk melayani dan menyembah Allah.

Full Life: Dan 7:24-25 - AKAN MUNCUL SEORANG RAJA. Nas : Dan 7:24-25 Tanduk kecil itu (lihat cat. --> Dan 7:8) [atau ref. Dan 7:8] akan muncul setelah kesepuluh tanduk (sepu...

Nas : Dan 7:24-25

Tanduk kecil itu

(lihat cat. --> Dan 7:8)

[atau ref. Dan 7:8]

akan muncul setelah kesepuluh tanduk (sepuluh kerajaan atau bangsa), yaitu pada akhir zaman sekarang ini di daerah kekaisaran Roma yang dahulu. Tanduk kecil di sini berbeda dari tanduk yang semula kecil dalam Dan 8:9, yang keluar dari kerajaan Yunani dan melambangkan Antiokhus Epifanes, sebuah lambang antikristus. Tanduk kecil ini muncul dari binatang Roma dan menguasai tiga kerajaan dengan paksa; kerajaan lainnya agaknya mendelegasikan kekuasaan mereka kepadanya. Ia mengucapkan hujat terhadap Yang Mahatinggi, yaitu Yang Lanjut Usia, Allah Bapa (bd. 2Tes 2:4). Ia akan "menganiaya orang-orang kudus" Allah dan "berusaha untuk mengubah waktu" (saat-saat ibadah khusus) dan hukum-hukum Allah; ia akan terus menganiaya orang kudus selama tiga setengah tahun sampai ia dibinasakan (bd. Dan 9:27; Wahy 11:2-3; 12:11; 13:5). Semua ini berguna untuk menetapkan bahwa tanduk kecil ini sama dengan binatang pertama dari Wahyu (lih. pasal Wahy 13:1-18), yang biasanya disebut antikristus

(lihat art. KESENGSARAAN BESAR, dan

lihat art. ZAMAN ANTIKRISTUS).

BIS: Dan 7:15 - -- Bahasa Aram mempunyai dua tambahan kata yang tak jelas.

Bahasa Aram mempunyai dua tambahan kata yang tak jelas.

BIS: Dan 7:22 - memberi keputusan yang membenarkan memberi keputusan yang membenarkan atau: memberi hak untuk menghakimi kepada.

memberi keputusan yang membenarkan atau: memberi hak untuk menghakimi kepada.

Jerusalem: Dan 7:1 - bermimpilah Daniel Bdk Yeh 2:1+. Penglihatan berikut, Dan 6:1-28, adalah sejalan dengan mimpi Nebukadnezar, bab 2. Keempat kerajaan yang hilang lenyap di hadapan Anak Ma...

Bdk Yeh 2:1+. Penglihatan berikut, Dan 6:1-28, adalah sejalan dengan mimpi Nebukadnezar, bab 2. Keempat kerajaan yang hilang lenyap di hadapan Anak Manusia itu bersesuaian dengan keempat macam logam patung yang ditumbangkan oleh sebuah batu yang terungkit lepas Dan 2:28+. Ciri eskatologis penglihatan tentang sejarah ini diperuncing dalam Wah 13 yang memanfaatkan Dan 7 ini.

Jerusalem: Dan 7:4 - Yang pertama Ialah kerajaan Babel.

Ialah kerajaan Babel.

Jerusalem: Dan 7:5 - seekor binatang yang lain Binatang ini melambangkan kerajaan Media, yang menurut pendekatan kitab Daniel segera menyusul kerajaan Babel. bdk Dan 6:1+.

Binatang ini melambangkan kerajaan Media, yang menurut pendekatan kitab Daniel segera menyusul kerajaan Babel. bdk Dan 6:1+.

Jerusalem: Dan 7:6 - seekor binatang yang lain Binatang ini melambangkan kerajaan Persia.

Binatang ini melambangkan kerajaan Persia.

Jerusalem: Dan 7:7 - binatang yang keempat Binatang ini melambangkan kerajaan Aleksander Agung (meninggal pada th 323 seb Mas) serta para penggantinya. Bdk Dan 2:40; 8:5; 11:3. Sepuluh tandukny...

Binatang ini melambangkan kerajaan Aleksander Agung (meninggal pada th 323 seb Mas) serta para penggantinya. Bdk Dan 2:40; 8:5; 11:3. Sepuluh tanduknya melambangkan kesepuluh raja dari wangsa kerajaan Seleukus. Tanduk merupakan lambang (yang sering dipakai) kekuasaan. Bdk Maz 18:3+; Maz 75:5; 89:18; 92:11; Ula 33:17; 1Ra 22:11, dll.

Jerusalem: Dan 7:8 - tanduk lain Tanduk kecil ini melambangkan raja Antiokhus IV Epifanes (th 175-163 seb Mas). Raja ini hanya dapat menjadi penting dengan menyingkirkan sejumlah sain...

Tanduk kecil ini melambangkan raja Antiokhus IV Epifanes (th 175-163 seb Mas). Raja ini hanya dapat menjadi penting dengan menyingkirkan sejumlah saingannya

Jerusalem: Dan 7:8 - mulut yang menyombong Harafiah: mulut yang mengatakan yang besar-besar. Adapun makna ungkapan itu ialah: kefasihan dalam bicara dan kesombongan penghujat, bdk Dan 7:25; 11:...

Harafiah: mulut yang mengatakan yang besar-besar. Adapun makna ungkapan itu ialah: kefasihan dalam bicara dan kesombongan penghujat, bdk Dan 7:25; 11:36; 1Ma 1:21,24,45 dan Wah 13:5.

Jerusalem: Dan 7:9 - takhta-takhta Ialah kursi para hakim. Orang-orang kudus oleh Allah diikutsertakan sebagai hakim dalam penghakiman. Gagasan itu terdapat dalam tradisi Yahudi (buku H...

Ialah kursi para hakim. Orang-orang kudus oleh Allah diikutsertakan sebagai hakim dalam penghakiman. Gagasan itu terdapat dalam tradisi Yahudi (buku Henokh) dan lebih jelas lagi dalam Perjanjian baru, Mat 19:28; Luk 22:30; Wah 3:21; 20:4

Jerusalem: Dan 7:9 - kursiNya Takhta Allah yang beroda dan berapi itu mengingatkan takhta Allah yang digambarkan Yeh 1.

Takhta Allah yang beroda dan berapi itu mengingatkan takhta Allah yang digambarkan Yeh 1.

Jerusalem: Dan 7:10 - dibukalah Kitab-kitab ialah kitab-kitab tempat tercatat perbuatan-perbuatan manusia, baik dan buruk. Bdk Yer 17:1; Mat 3:16; Maz 40:8; 56:9; Luk 10:20; Wah 20:12+. Mengenai...

ialah kitab-kitab tempat tercatat perbuatan-perbuatan manusia, baik dan buruk. Bdk Yer 17:1; Mat 3:16; Maz 40:8; 56:9; Luk 10:20; Wah 20:12+. Mengenai Kitab kehidupan, bdk Yeh 12:1+.

Jerusalem: Dan 7:12 - jangka hidup mereka Ialah jangka waktu tidak menentukan bagi sisa kerajaan-kerajaan lain yang tidak lagi membahayakan kepercayaan sejati sejak umat Allah tidak lagi menja...

Ialah jangka waktu tidak menentukan bagi sisa kerajaan-kerajaan lain yang tidak lagi membahayakan kepercayaan sejati sejak umat Allah tidak lagi menjadi taklukan.

Jerusalem: Dan 7:13 - anak manusia Aramnya: bar nasya. Ini searti dengan ungkapan: ben Adam. Aselinya berarti: manusia, bdk Maz 8:5. Dalam kitab Yehezkiel Allah menyebut nabi Yehezkiel ...

Aramnya: bar nasya. Ini searti dengan ungkapan: ben Adam. Aselinya berarti: manusia, bdk Maz 8:5. Dalam kitab Yehezkiel Allah menyebut nabi Yehezkiel dengan ungkapan itu. tetapi dalam Dan 7:13 ungkapan yang sama mendapat arti khusus. Yang dimaksud ialah seorang manusia yang secara gaib melebihi keadaan manusia biasa. Dan manusia gaib yang dimaksudkan bukannya pertama-tama sekelompok orang, tetapi seorang tokoh tertentu. begitu ungkapan itu dimengerti oleh tulisan-tulisan Yahudi dari zaman dahulu yang bergantung pada Dan 7:13, yaitu buku apokrip Henokh dan IV Ezra. begitu pula para rabi Yahudi selalu mengartikannya. Yesuspun mengerti ungkapan itu dengan cara demikian dan mengetrapkannya pada diriNya, bdk Mat 8:20+. Tetapi ungkapan itu juga diartikan begitu rupa sehingga yang dimaksud ialah sekelompok orang. Pengertian itu berdasarkan Dan 7:18 (dan 22). Di situ anak manusia dengan satu atau lain jalan disamakan dengan orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi. Tetapi pengertian ini hanya melanjutkan pengartian pertama (seorang tokoh tertentu) Anak manusia (tokoh itu) menjadi kepala, wali dan contoh umat yang kudus. Pujangga Gereja, Efrem, berpendapat bahwa nubuat ini pertama-tama mengenai orang Yahudi (di masa para Makabe), tetapi sepenuh-penuhnya digenapi dalam diri Yesus.

Jerusalem: Dan 7:14 - kerajaan yang tidak akan musnah Bdk Dan 2:28+,Dan 2:44; Mat 4:17+.

Jerusalem: Dan 7:15 - Daniel Terjemahan menghilangkan dua kata Aram yang tidak dapat dimengerti.

Terjemahan menghilangkan dua kata Aram yang tidak dapat dimengerti.

Jerusalem: Dan 7:18 - orang-orang kudus Ialah umat orang-orang kudus, bdk Dan 8:24; Maz 34:10; Yes 4:3; Bil 16:3; bdk Kel 19:3+.

Ialah umat orang-orang kudus, bdk Dan 8:24; Maz 34:10; Yes 4:3; Bil 16:3; bdk Kel 19:3+.

Jerusalem: Dan 7:22 - keadilan diberikan Terjemahan lain: pengadilan diserahkan.

Terjemahan lain: pengadilan diserahkan.

Jerusalem: Dan 7:25 - mengubah waktu dan hukum Ini menyinggung tindakan politik raja Antiokhus Epifanes yang a.l. melarang merayakan hari Sabat dan hari-hari besar (waktu), bdk 1Ma 1:41-52

Ini menyinggung tindakan politik raja Antiokhus Epifanes yang a.l. melarang merayakan hari Sabat dan hari-hari besar (waktu), bdk 1Ma 1:41-52

Jerusalem: Dan 7:25 - satu masa.... Menurut Dan 4:16 "masa" di sini berarti: tahun. jadi seluruhnya menjadi tiga setengah tahun, sesuai dengan setengah minggu (masing-masing tujuh masa, ...

Menurut Dan 4:16 "masa" di sini berarti: tahun. jadi seluruhnya menjadi tiga setengah tahun, sesuai dengan setengah minggu (masing-masing tujuh masa, ialah tujuh tahun), yang disebut dalam Dan 9:27. Dan jangka waktu ini sesuai dengan lamanya pengejaran agama Yahudi oleh raja Antiokhus. Tiga setengah tahun itu sama dengan empat puluh dua bulan (masing-masing 30 hari) atau 1.260 hari. begitu angka (yang merupakan lambang) dipakai kembali dalam Wah 11:2-3; 12:14; 13:5 (dan bdk Luk 4:25 dan Yak 5:17). Maka yang dimaksudkan dengan "satu masa dan dua masa dan setengah masa" ialah: suatu masa kemalangan yang diizinkan Allah tetapi yang lamanya terbatas guna menghibur mereka yang tertindas dan dianiaya.

Ende: Dan 7:1-28 - -- Penglihatan pasal 7(Dan 7) sedjadjar dengan mimpi Nebukadnezar dalam fasal 2(Dan 2). Disinipun keempat keradjaan (Babel, Media, Parsi, Junani) bergili...

Penglihatan pasal 7(Dan 7) sedjadjar dengan mimpi Nebukadnezar dalam fasal 2(Dan 2). Disinipun keempat keradjaan (Babel, Media, Parsi, Junani) bergilir ganti sampai muntjullah keradjaan Allah (al-Masih). Lambang2 jang dipakai dalam penglihatan itu tidak selalu terang.

Ende: Dan 7:1 - -- Kisahnja kembali kedjaman radja Babel Belsjasar (Dan 5:1), meskipun sudah mentjeritakan djaman Darios, pengganti Belsjasar.

Kisahnja kembali kedjaman radja Babel Belsjasar (Dan 5:1), meskipun sudah mentjeritakan djaman Darios, pengganti Belsjasar.

Ende: Dan 7:2 - -- Lautan besar ialah laut Purba. Dari laut itu dahulu mentjullah bumi dan orang mengira, bahwa laut purba itu masih ada dibawah bumi. Disini laut purba ...

Lautan besar ialah laut Purba. Dari laut itu dahulu mentjullah bumi dan orang mengira, bahwa laut purba itu masih ada dibawah bumi.

Disini laut purba itu merupakan lambang bangsa2 tempat muntjulnja keradjaan2, jang diibaratkan binatang2 raksasa dan buas.

Ende: Dan 7:4 - -- Singa jang adjaib itu ialah keradjaan Babel.

Singa jang adjaib itu ialah keradjaan Babel.

Ende: Dan 7:5 - -- Beruang, binatang kurang kuat daripada singa, melambangkan keradjaan Media jang dalam pandangan si pengarang mengganti keradjaan Babel. Ketiga tulang ...

Beruang, binatang kurang kuat daripada singa, melambangkan keradjaan Media jang dalam pandangan si pengarang mengganti keradjaan Babel. Ketiga tulang rusuk dalam montjongnja mungkin mengibaratkan tiga radja Babel jang terachir: Nebukadnezar, Merodak-Baladan dan Belsjasar. Keradjaan Media membinasakan Babel.

Ende: Dan 7:6 - -- Harimau buluh (kurang kuat daripada beruang) ialah keradjaan Parsi (Cyrus). Sajap2 itu melambangkan ketjepatan dengan mana Cyrus merebut keradjaannja....

Harimau buluh (kurang kuat daripada beruang) ialah keradjaan Parsi (Cyrus). Sajap2 itu melambangkan ketjepatan dengan mana Cyrus merebut keradjaannja. Keempat kepala ialah empat radja Parsi. Kurang terang siapa jang dimaksud. Sesungguhnja ada sepuluh radja. Mungkin: Cyrus, Darios I, Xerxes, Artaxerxes. Ataupun: Cyrus, Kambuses, Darios I, Xerxes.

Ende: Dan 7:7 - -- Keradjaan jang keempat ialah keradjaan Junani, chususnja Iskandar Zulkarnain (=jang bertanduk!). Tanduk adalah lambang kekuatan dan djuga lambang dewa...

Keradjaan jang keempat ialah keradjaan Junani, chususnja Iskandar Zulkarnain (=jang bertanduk!). Tanduk adalah lambang kekuatan dan djuga lambang dewa. Sepuluh tanduk lalu berarti: kekuatannja luar biasa besarnja. Sekaligus sepuluh tanduk itu mungkin menundjuk pengganti2 Iskandar.

Ende: Dan 7:8 - -- Tanduk ketjil itu ialah Antiochos IV Epifanes. ketiga tanduk lain ialah beberapa orang jang djuga mau merebut tachta keradjaan dan jang dilenjapkan An...

Tanduk ketjil itu ialah Antiochos IV Epifanes. ketiga tanduk lain ialah beberapa orang jang djuga mau merebut tachta keradjaan dan jang dilenjapkan Antiochos. Mulut besar tanduk ketjil itu menundjukkan ketjongkakan Antiochos.

Ende: Dan 7:9-14 - -- Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Allah (Jang Landjut usia) dengan bahasa jang agak gelap dan kabur.

Ajat2 ini menggambarkan pengadilan Allah (Jang Landjut usia) dengan bahasa jang agak gelap dan kabur.

Ende: Dan 7:10 - -- Api itu mengibaratkan pengadilan Allah.

Api itu mengibaratkan pengadilan Allah.

Ende: Dan 7:10 - seribu kali...dst. ialah malaekat2, pelajan2 pengadilan Allah. Bahwasanja disurga ada suatu kitab, merupakan anggapan jang biasa (Kuran!). Kitab itu disini memuat perbua...

ialah malaekat2, pelajan2 pengadilan Allah.

Bahwasanja disurga ada suatu kitab, merupakan anggapan jang biasa (Kuran!). Kitab itu disini memuat perbuatan2 manusia jang akan diadili. Demikianlah kitab itu merupakan lambang keadilan Allah sadja.

Ende: Dan 7:11 - -- Pengadilan Allah itu chususnja mengenai keradjaan jang keempat. Jang lain2 djuga dihukum dan memang terlebih dahulu.

Pengadilan Allah itu chususnja mengenai keradjaan jang keempat. Jang lain2 djuga dihukum dan memang terlebih dahulu.

Ende: Dan 7:12 - djangka hidup...dst. Keradjaan2 lain jang telah diambil kekuasaannja itu, boleh berdiri terus sebagai daerah jang kurang penting, sehingga tidak ada lagi keradjaan jang su...

Keradjaan2 lain jang telah diambil kekuasaannja itu, boleh berdiri terus sebagai daerah jang kurang penting, sehingga tidak ada lagi keradjaan jang sungguh2 dan jang berarti. Keradjaan itu toh tidak membawa bahaja lagi untuk umat Allah.

Ende: Dan 7:13-14 - -- Tokoh jang lain muntjul jang serupa dengan manusia. Tokoh itu melambangkan keradjaan Allah (orang2 sutji)(Dan 7:18,22,27), seperti binatang2 tadi meng...

Tokoh jang lain muntjul jang serupa dengan manusia. Tokoh itu melambangkan keradjaan Allah (orang2 sutji)(Dan 7:18,22,27), seperti binatang2 tadi mengibaratkan suatu keradjaan pula. Djadi tokoh itu sebenarnja suatu kolektivita. Tetapi sekaligus ia adalah seorang individu djuga (seperti binatang2 itu kadang2 melambangkan seorang radja sadja). Djadi anak-manusia itu adalah radja keradjaan Allah dan tidak sama dengan Allah sendiri. Karena itu "anak-manusia" dari kitab Daniel dalam Perdjandjian Baru disamakan dengan diri al-Masih (Mar 14:62). Radja itu adalah wakil Allah sendiri dan disini nampak djuga bukannja sebagai manusia jang berasal dari bumi, melainkan sebagai suatu tokoh jang datang dari surga.

Ende: Dan 7:16 - salah seorang jang berdiri disana jaitu seorang dari ribuan jang disebut aj. 10(Dan 7:10).

jaitu seorang dari ribuan jang disebut aj. 10(Dan 7:10).

Ende: Dan 7:24 - sepuluh "tiga" dalam sastera Apocalyps merupakan angka sutji dan suatu lambang sadja. Agaknja si pengarang menjindir Iskandar dan pengganti2nja serta pembunuh...

"tiga" dalam sastera Apocalyps merupakan angka sutji dan suatu lambang sadja. Agaknja si pengarang menjindir Iskandar dan pengganti2nja serta pembunuhan atas diri Seleukos IV bersama dengan kedua puteranja.

Ende: Dan 7:25 - -- Si pengarang menjindir usaha Antiochos IV untuk memaksakan kebudajaan (dan agama) Junani pada orang2 Jahudi serta pengadjaran agama jang menjertai usa...

Si pengarang menjindir usaha Antiochos IV untuk memaksakan kebudajaan (dan agama) Junani pada orang2 Jahudi serta pengadjaran agama jang menjertai usaha itu. Ia menghapus penanggalan liturgis dan hari2 raya (waktu dan hukum).

Ende: Dan 7:25 - satu waktu dan dua waktu setengah waktu ialah waktu jang tak tentu boleh dikirakan si pembatja sendiri. Pada dirinja rumus itu berarti: tiga setengah tahun, tetapi itu tidak menundjuk waktu ...

ialah waktu jang tak tentu boleh dikirakan si pembatja sendiri. Pada dirinja rumus itu berarti: tiga setengah tahun, tetapi itu tidak menundjuk waktu tertentu, melainkan hanja: agak lekas.

Ende: Dan 7:26 - -- Kematian Antiochos IV ditelah.

Kematian Antiochos IV ditelah.

Endetn: Dan 7:15 - karenanja diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.).

Endetn: Dan 7:15 - -- Dua kata jang tertulis kurang terang.

Dua kata jang tertulis kurang terang.

Endetn: Dan 7:20 - -- Tanda batja dipindahkan.

Tanda batja dipindahkan.

Ref. Silang FULL: Dan 7:1 - pemerintahan Belsyazar // mendapat penglihatan-penglihatan // mendapat penglihatan-penglihatan // tempat tidurnya // Lalu dituliskannya · pemerintahan Belsyazar: Dan 5:1; Dan 5:1 · mendapat penglihatan-penglihatan: Yeh 40:2; Yeh 40:2 · mendapat penglihatan-pengliha...

· pemerintahan Belsyazar: Dan 5:1; [Lihat FULL. Dan 5:1]

· mendapat penglihatan-penglihatan: Yeh 40:2; [Lihat FULL. Yeh 40:2]

· mendapat penglihatan-penglihatan: Dan 1:17; [Lihat FULL. Dan 1:17]

· tempat tidurnya: Mazm 4:5; Dan 4:13; [Lihat FULL. Dan 4:13]

· Lalu dituliskannya: Yer 36:4; [Lihat FULL. Yer 36:4]

Ref. Silang FULL: Dan 7:2 - dari langit · dari langit: Yeh 37:9; Yeh 37:9; Dan 8:8; 11:4; Wahy 7:1

· dari langit: Yeh 37:9; [Lihat FULL. Yeh 37:9]; Dan 8:8; 11:4; Wahy 7:1

Ref. Silang FULL: Dan 7:3 - empat binatang · empat binatang: Wahy 13:1

· empat binatang: Wahy 13:1

Ref. Silang FULL: Dan 7:4 - seekor singa // burung rajawali · seekor singa: 2Raj 24:1; 2Raj 24:1; Mazm 7:3; Yer 4:7; Wahy 13:2 · burung rajawali: Yeh 17:3; Yeh 17:3

· seekor singa: 2Raj 24:1; [Lihat FULL. 2Raj 24:1]; Mazm 7:3; Yer 4:7; Wahy 13:2

· burung rajawali: Yeh 17:3; [Lihat FULL. Yeh 17:3]

Ref. Silang FULL: Dan 7:5 - makanlah daging · makanlah daging: Dan 2:39

· makanlah daging: Dan 2:39

Ref. Silang FULL: Dan 7:6 - macan tutul · macan tutul: Wahy 13:2

· macan tutul: Wahy 13:2

Ref. Silang FULL: Dan 7:7 - dalam penglihatan // dari besi // dan sisanya // diinjak-injaknya // ia bertanduk · dalam penglihatan: Yeh 40:2; Yeh 40:2 · dari besi: Dan 2:40; Dan 2:40 · dan sisanya: Dan 8:7 · diinjak-injaknya: Dan 8:1...

· dalam penglihatan: Yeh 40:2; [Lihat FULL. Yeh 40:2]

· dari besi: Dan 2:40; [Lihat FULL. Dan 2:40]

· dan sisanya: Dan 8:7

· diinjak-injaknya: Dan 8:10

· ia bertanduk: Wahy 12:3; [Lihat FULL. Wahy 12:3]

Ref. Silang FULL: Dan 7:8 - yang kecil // mata manusia // yang menyombong · yang kecil: Dan 8:9 · mata manusia: Wahy 9:7 · yang menyombong: Mazm 12:4; Mazm 12:4; Wahy 13:5-6

· yang kecil: Dan 8:9

· mata manusia: Wahy 9:7

· yang menyombong: Mazm 12:4; [Lihat FULL. Mazm 12:4]; Wahy 13:5-6

Ref. Silang FULL: Dan 7:9 - lalu duduklah // Lanjut Usianya // seperti salju // bulu domba // dengan roda-rodanya · lalu duduklah: 1Raj 22:19; 1Raj 22:19; 2Taw 18:18; Mat 19:28; Wahy 4:2; 20:4 · Lanjut Usianya: Dan 7:22 · seperti salju: Mat 28...

· lalu duduklah: 1Raj 22:19; [Lihat FULL. 1Raj 22:19]; 2Taw 18:18; Mat 19:28; Wahy 4:2; 20:4

· Lanjut Usianya: Dan 7:22

· seperti salju: Mat 28:3; [Lihat FULL. Mat 28:3]

· bulu domba: Wahy 1:14

· dengan roda-rodanya: Yeh 1:15; [Lihat FULL. Yeh 1:15]; Yeh 10:6

Ref. Silang FULL: Dan 7:10 - sungai api // dari hadapan-Nya // dibukalah Kitab-kitab · sungai api: Mazm 50:3; 97:3; Yes 30:27 · dari hadapan-Nya: Ul 33:2; Ul 33:2; Mazm 68:18; Yud 1:14; Wahy 5:11 · dibukalah Kitab-...

· sungai api: Mazm 50:3; 97:3; Yes 30:27

· dari hadapan-Nya: Ul 33:2; [Lihat FULL. Ul 33:2]; Mazm 68:18; Yud 1:14; Wahy 5:11

· dibukalah Kitab-kitab: Kel 32:32; [Lihat FULL. Kel 32:32]; Mazm 56:9; [Lihat FULL. Mazm 56:9]; Wahy 20:11-15

Ref. Silang FULL: Dan 7:11 - yang diucapkan // dalam api · yang diucapkan: Wahy 13:5-6 · dalam api: Wahy 19:20

· yang diucapkan: Wahy 13:5-6

· dalam api: Wahy 19:20

Ref. Silang FULL: Dan 7:13 - tampak datang // dari langit // anak manusia · tampak datang: Yes 13:6; Zef 1:14; Mal 3:2; 4:1 · dari langit: Ul 33:26; Ul 33:26; Wahy 1:7; Wahy 1:7 · anak manusia: Yeh 1:5; ...

· tampak datang: Yes 13:6; Zef 1:14; Mal 3:2; 4:1

· dari langit: Ul 33:26; [Lihat FULL. Ul 33:26]; Wahy 1:7; [Lihat FULL. Wahy 1:7]

· anak manusia: Yeh 1:5; [Lihat FULL. Yeh 1:5]; Yeh 2:1; [Lihat FULL. Yeh 2:1]; Mat 8:20%&; Wahy 1:13%&; 14:14%&

Ref. Silang FULL: Dan 7:14 - kepadanya kekuasaan // mengabdi kepadanya // ialah kerajaan // akan musnah · kepadanya kekuasaan: Mat 28:18; Mat 28:18 · mengabdi kepadanya: Mazm 72:11; 102:23 · ialah kerajaan: Yes 16:5; Yes 16:5 ·...

· kepadanya kekuasaan: Mat 28:18; [Lihat FULL. Mat 28:18]

· mengabdi kepadanya: Mazm 72:11; 102:23

· ialah kerajaan: Yes 16:5; [Lihat FULL. Yes 16:5]

· akan musnah: Dan 2:44; [Lihat FULL. Dan 2:44]; Ibr 12:28; Wahy 11:15

Ref. Silang FULL: Dan 7:15 - menggelisahkan aku · menggelisahkan aku: Ayub 4:15; Ayub 4:15; Dan 4:19; Dan 4:19

· menggelisahkan aku: Ayub 4:15; [Lihat FULL. Ayub 4:15]; Dan 4:19; [Lihat FULL. Dan 4:19]

Ref. Silang FULL: Dan 7:16 - kuminta penjelasan · kuminta penjelasan: Dan 8:16; 9:22; Za 1:9

· kuminta penjelasan: Dan 8:16; 9:22; Za 1:9

Ref. Silang FULL: Dan 7:18 - orang-orang kudus // menerima pemerintahan // kekal selama-lamanya · orang-orang kudus: Mazm 16:3; Mazm 16:3 · menerima pemerintahan: Mazm 49:15; Mazm 49:15 · kekal selama-lamanya: Yes 60:12-14; L...

· orang-orang kudus: Mazm 16:3; [Lihat FULL. Mazm 16:3]

· menerima pemerintahan: Mazm 49:15; [Lihat FULL. Mazm 49:15]

· kekal selama-lamanya: Yes 60:12-14; Luk 12:32; Ibr 12:28; Wahy 2:26; 20:4

Ref. Silang FULL: Dan 7:20 - kesepuluh tanduk // yang menyombong · kesepuluh tanduk: Wahy 17:12 · yang menyombong: Wahy 13:5-6

· kesepuluh tanduk: Wahy 17:12

· yang menyombong: Wahy 13:5-6

Ref. Silang FULL: Dan 7:21 - mengalahkan mereka · mengalahkan mereka: Wahy 13:7

· mengalahkan mereka: Wahy 13:7

Ref. Silang FULL: Dan 7:22 - memegang pemerintahan · memegang pemerintahan: Mr 8:35

· memegang pemerintahan: Mr 8:35

Ref. Silang FULL: Dan 7:23 - dan meremukkannya · dan meremukkannya: Dan 2:40; Dan 2:40

· dan meremukkannya: Dan 2:40; [Lihat FULL. Dan 2:40]

Ref. Silang FULL: Dan 7:24 - Kesepuluh tanduk · Kesepuluh tanduk: Wahy 17:12

· Kesepuluh tanduk: Wahy 17:12

Ref. Silang FULL: Dan 7:25 - Yang Mahatinggi // orang-orang kudus // mengubah waktu // setengah masa · Yang Mahatinggi: Yes 37:23; Yes 37:23; Dan 11:36 · orang-orang kudus: Wahy 16:6 · mengubah waktu: Dan 2:21; Mr 1:15; Luk 21:8; ...

· Yang Mahatinggi: Yes 37:23; [Lihat FULL. Yes 37:23]; Dan 11:36

· orang-orang kudus: Wahy 16:6

· mengubah waktu: Dan 2:21; Mr 1:15; Luk 21:8; Kis 1:6-7

· setengah masa: Dan 8:24; 12:7; Wahy 11:2; [Lihat FULL. Wahy 11:2]

Ref. Silang FULL: Dan 7:26 - untuk dimusnahkan · untuk dimusnahkan: Wahy 19:20

· untuk dimusnahkan: Wahy 19:20

Ref. Silang FULL: Dan 7:27 - dari kerajaan-kerajaan // orang-orang kudus // Yang Mahatinggi // yang kekal // akan mengabdi · dari kerajaan-kerajaan: Yes 14:2; Yes 14:2 · orang-orang kudus: 1Kor 6:2 · Yang Mahatinggi: Kej 14:18 · yang kekal: 2Sam...

· dari kerajaan-kerajaan: Yes 14:2; [Lihat FULL. Yes 14:2]

· orang-orang kudus: 1Kor 6:2

· Yang Mahatinggi: Kej 14:18

· yang kekal: 2Sam 7:13; [Lihat FULL. 2Sam 7:13]; Mazm 145:13; Dan 2:44; [Lihat FULL. Dan 2:44]; Dan 4:34; [Lihat FULL. Dan 4:34]; Luk 1:33; [Lihat FULL. Luk 1:33]; Wahy 11:15; 22:5

· akan mengabdi: Mazm 22:28; [Lihat FULL. Mazm 22:28]; Mazm 72:11; 86:9

Ref. Silang FULL: Dan 7:28 - Daniel, pikiran-pikiranku // sangat menggelisahkan // menjadi pucat · Daniel, pikiran-pikiranku: Mazm 13:3; Mazm 13:3 · sangat menggelisahkan: Yes 21:3; Yes 21:3; Dan 4:19; Dan 4:19 · menjadi pucat...

· Daniel, pikiran-pikiranku: Mazm 13:3; [Lihat FULL. Mazm 13:3]

· sangat menggelisahkan: Yes 21:3; [Lihat FULL. Yes 21:3]; Dan 4:19; [Lihat FULL. Dan 4:19]

· menjadi pucat: Ayub 4:15; [Lihat FULL. Ayub 4:15]

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: Dan 7:1-28 - -- F. PENGLIHATAN TENTANG EMPAT BINATANG, YANG LANJUT USIANYA, DAN ANAK MANUSIA: KONFLIK ANTARA KRISTUS DAN ANTIKRISTUS. 7:1-28. Tiga perubahan penting ...

F. PENGLIHATAN TENTANG EMPAT BINATANG, YANG LANJUT USIANYA, DAN ANAK MANUSIA: KONFLIK ANTARA KRISTUS DAN ANTIKRISTUS. 7:1-28.

Tiga perubahan penting dimulai dalam pasal ini. Sampai dengan pasal 7, isinya terutama berkaitan dengan sejarah. Selanjutnya, isinya terutama berkaitan dengan nubuatan. Sebelumnya, Daniel menjadi alat Allah dalam pewahyuan, menafsirkan mimpi-mimpi orang lain. Berikutnya, seorang malaikat menafsirkan mimpi dan penglihatan Daniel sendiri (7:16; 8:15-17; 9:20-23; 10:10-14). Sebelumnya sang penulis menulis dalam bentuk orang ketiga; selanjutnya dia menulis dalam bentuk orang pertama, yang memberikan laporan yang jauh lebih akrab tentang pengalaman-pengalamannya.

Perubahan dari nubuatan yang berbicara tentang bangsa-bangsa bukan Yahudi kepada nubuatan yang berbicara tentang bangsa Yahudi terjadi dengan masuknya "bangsa yang kudus" diterjemahkan "orang-orang kudus" ay. 18, 22, 25). Orang-orang Yahudi menjadi pokok bahasan dalam bagian akhir kitab ini.

Mesias. Pandangan bahwa pasal 7 hanya menggambarkan peristiwa-peristiwa di wilayah Laut Tengah pada akhir zaman ini secara bagus disajikan oleh G. H. Lang (The Histories and Prophecies of Daniel) dalam perspektif pra-milenial. Pandangan bahwa keempat kerajaan itu adalah (1) Babel, (2) Media-Persia, (3) Yunani, serta (4) penerus-penerus Aleksander dari Yunani, dan kerajaan kelima adalah Kerajaan Mesias dipertahankan secara terhormat tetapi dari perspektif non-milenial oleh Moses Stuart (Commentary on Daniel) dan secara terhormat dari perspektif amilenial oleh karya Katolik Roma dari C. Lattey (The Book of Daniel). Setelah latar belakang historis yang umum (ay. 1), berikutnya ada rincian dari serangkaian penglihatan (ay. 2-14, 21, 22), metode baru dalam menafsirkan mimpi dan penglihatan (ay. 15, 16), penafsiran (ay. 17-20, 23-27), dan pernyataan pribadi sebagai penutup (ay. 28).

Wycliffe: Dan 7:1 - Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar // Mimpi dan penglihatan-penglihatan // Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya // garis besar 1. Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar. Sekitar 14 tahun sebelum peristiwa-peristiwa dalam pasal 5. Kemungkinan kelemahan Babel sudah mulai tamp...

1. Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar. Sekitar 14 tahun sebelum peristiwa-peristiwa dalam pasal 5. Kemungkinan kelemahan Babel sudah mulai tampak. Mimpi dan penglihatan-penglihatan. Tidak selalu dibedakan secara jelas. Mimpi adalah pengalaman dalam tidur; penglihatan mungkin terjadi dalam keadaan sadar, atau seperti di sini, mungkin merupakan "adegan-adegan" atau tahapan-tahapan yang muncul secara berturut-turut dalam suatu mimpi. Lalu dituliskannya mimpi itu, dan inilah garis besarnya. Dia segera mencatatnya (Lalu atau setelah itu, atau pada saat itu, seperti makna kata Aram 'edayin yang berimbuhan b). Mimpi itu ditulis, bertentangan dengan teori-teori sekarang tentang nubuatan yang diwariskan secara lisan (lih. Yes. 30:8; bdg. 8:1, 16; Hab. 2:2; Why. 1:19; 14:13; 21:5). Ini hanyalah ringkasan, karena garis besar (Aram bagian utama) atau inti dari bagian itu ditulis. Pemakaian yang serupa dari kata Ibrani rô'sh muncul dalam Mazmur 119:160 (garis besar, ASV) dan 137:6 (puncak). (Lih. Stuart, Comm., in loco.)

Wycliffe: Dan 7:2 - Keempat angin dari langit // Laut besar 2. Keempat angin dari langit. Pemakaian di bagian lainnya menunjukkan bahwa angin melambangkan kuasa pemeliharaan Allah yang dengannya Dia mengendalik...

2. Keempat angin dari langit. Pemakaian di bagian lainnya menunjukkan bahwa angin melambangkan kuasa pemeliharaan Allah yang dengannya Dia mengendalikan bangsa-bangsa, mengatur mereka dalam kekacauan atau mengatur mereka dalam kedamaian (Why. 7:1-3; Yer. 23:19; 49:36; 51:1; Za. 6:1-6; 7:14). Ruah bisa diterjemahkan "roh" atau "angin," dan di sini pemakaiannya bermakna ganda. (Perhatikan lebih lanjut Dan. 4:17; I Tim. 2:1, 2.) Jerome beranggapan bahwa angin itu melambangkan para malaikat. Laut besar. Bukan sekadar laut, tetapi sebagaimana ditunjukkan oleh Lang secara cermat (Histories and Prophecies of Daniel, hlm. 86), Laut Tengah (lih. khususnya Bil. 34:6, 7; Yos. 1:4; 9:1; 15:11, 12, 47; 23:4; Yeh. 47:10-15, 19, 20; 48:28).

Wycliffe: Dan 7:3 - Empat binatang besar naik dari dalam laut // yang satu berbeda dengan yang lain 3. Empat binatang besar naik dari dalam laut. Karenanya, binatang-binatang itu, yang diuraikan belakangan, dihubungkan dengan wilayah Laut Tengah. Dem...

3. Empat binatang besar naik dari dalam laut. Karenanya, binatang-binatang itu, yang diuraikan belakangan, dihubungkan dengan wilayah Laut Tengah. Demikian juga, seperti yang ditunjukkan oleh pemakaian kata "laut" secara profetik dan simbolis, binatang-binatang itu muncul dengan kekacauan, kerusuhan, per cakapan ramai, dan lain-lain, hal-hal yang mengikuti apa yang disebut diplomasi (Yes. 57:20; Yer. 6:23; 50:42; 52:42; Why. 17:15; bdg. Luk. 21:25). Bangsa-bangsa, dan kebangkitan mereka, tidak dipandang secara positif dalam Alkitab (Yes. 34:2; 40:15-17; Yl. 3:2; bdg. "dunia," I Yoh. 2:15; 5:19; II Ptr. 3:10). yang satu berbeda dengan yang lain. Setiap bangsa memiliki karakteristik khusus tersendiri, meski semua lazimnya memiliki karakter brutal, tidak berakal, dan seperti binatang. Betapa berbedanya pandangan batin Nabi Daniel ini dengan martabat gemerlap dari patung dalam mimpi Nebukadnezar yang kafir!

Wycliffe: Dan 7:4 - Singa // Sayap burung rajawali 4. Singa di sini melambangkan Babel seperti juga dalam Yeremia 4:6, 7. Sayap burung rajawali berbicara tentang kecepatan, sebagaimana singa berbicara ...

4. Singa di sini melambangkan Babel seperti juga dalam Yeremia 4:6, 7. Sayap burung rajawali berbicara tentang kecepatan, sebagaimana singa berbicara tentang kekuatan. Ini adalah lambang-lambang alami yang hampir tidak membutuhkan penjelasan (bdg. II Sam. 1:23; Yer. 49:19-22; Yeh. 17:3-24).

Wycliffe: Dan 7:5 - Beruang // sisi yang sebelah 5. Beruang adalah sebuah lambang yang tepat untuk kerajaan Media-Persia. Kekuatan dan kekuasaan dilambangkan dengan beruang hampir di setiap pemakaian...

5. Beruang adalah sebuah lambang yang tepat untuk kerajaan Media-Persia. Kekuatan dan kekuasaan dilambangkan dengan beruang hampir di setiap pemakaian kata itu dalam Alkitab. Binatang yang besar itu cocok dengan tentara Persia yang besar jumlahnya. Xerxes dikatakan pernah menggerakkan dua setengah juta orang untuk menyerang Yunani. Keadaan dualistis mungkin ditunjukkan oleh acuan pada sisi yang sebelah dari binatang itu.

Wycliffe: Dan 7:6 - Macan tutul 6. Macan tutul yang sangat kuat dan bersayap empat, pasti berbicara tentang kerajaan Yunani (Makedonia) milik Aleksander. Pemerintahan beralih dari Ni...

6. Macan tutul yang sangat kuat dan bersayap empat, pasti berbicara tentang kerajaan Yunani (Makedonia) milik Aleksander. Pemerintahan beralih dari Niniwe (Asyur) ke Babel pada. tahun 612 SM; dari Babel ke Persia pada tahun 539 SM, dan dari Darius III kepada Aleksander pada tahun 331 SM.

Wycliffe: Dan 7:7-8 - (tanduk ... yang kecil) // tanduk ... yang kecil 7, 8. Sebagaimana dalam pasal 2, tahap keempat dari kerajaan itu ialah Romawi. Karena kerajaan itu pasti jaya sampai kehancuran Antikristus (tanduk .....

7, 8. Sebagaimana dalam pasal 2, tahap keempat dari kerajaan itu ialah Romawi. Karena kerajaan itu pasti jaya sampai kehancuran Antikristus (tanduk ... yang kecil) dan berdirinya kerajaan Kristus yang nyata, final, dan kekal (bdg. Why. 19:11-20:4), kerajaan itu harus dianggap masih berjaya saat ini. Bentuk yang berlapis sepuluh dari tahap terakhir, yang mungkin terkandung dalam makna sepuluh jari dalam pasal 2, secara jelas diajarkan di sini dan diperkuat dalam Wahyu 17:3 dan seterusnya. Kemudian dalam pasal ini tanduk ... yang kecil diidentifikasi sebagai Antikristus terakhir.

Wycliffe: Dan 7:9-14 - Yang Lanjut Usianya, // Anak Manusia, 9-14. Pemandangan takhta ini dijelaskan secara penuh dalam Wahyu pasal 4-20. Kelima ayat dalam Kitab Daniel ini secara jelas meliputi dasar yang sama ...

9-14. Pemandangan takhta ini dijelaskan secara penuh dalam Wahyu pasal 4-20. Kelima ayat dalam Kitab Daniel ini secara jelas meliputi dasar yang sama seperti ketujuh belas pasal dalam Kitab Wahyu. Ini adalah pemandangan tentang penghakiman di mana Yang Lanjut Usianya, yang tidak lain adalah "Yang Mahatinggi dan Yang Mahamulia, yang bersemayam untuk selamanya" (Yes. 57:15), mengambil alih kerajaan-kerajaan dunia melalui Anak Manusia, sebuah nama Tuhan kita yang jelas-jelas dinyatakan untuk Diri-Nya sendiri (Mat. 24:30). Tindakan dramatis di mana kerajaan binatang itu disingkirkan cocok dengan banyak nubuat Alkitab tentang tindakan Tuhan kita yang akan menghakimi bangsa-bangsa pada akhir zaman.

Wycliffe: Dan 7:15-16 - -- 3) Metode Penafsiran. 7:15, 16. Dengan sangat aneh, seorang malaikat yang merupakan bagian dari penglihatan itu sendiri tetapi juga merupakan makhluk...

3) Metode Penafsiran. 7:15, 16.

Dengan sangat aneh, seorang malaikat yang merupakan bagian dari penglihatan itu sendiri tetapi juga merupakan makhluk berpribadi yang nyata, yang kemudian dikenal sebagai Gabriel, menjadi penafsir di sini dan di sepanjang sisa kitab tersebut (bdg. 8:16; 9:21). Sekalipun dibicarakan secara singkat saja oleh Daniel, ini adalah sebuah karakteristik yang penting.

Wycliffe: Dan 7:17-20 - -- 4) Penafsiran atas Penglihatan tersebut. 7:17-20. 23-27. Terkecuali seperti yang ditulis dalam keterangan di bagian awal pasal ini, pada umumnya dise...

4) Penafsiran atas Penglihatan tersebut. 7:17-20. 23-27.

Terkecuali seperti yang ditulis dalam keterangan di bagian awal pasal ini, pada umumnya disepakati bahwa rangkaian empat kerajaan kafir yang akan diikuti oleh kerajaan Mesianis di sini sama dengan yang dimaksudkan dalam pasal 2. Namun, mulai ayat 19, nubuatnya berkembang jauh melebihi mimpi Nebukadnezar, dengan memberikan rincian ramalan mengenai Antikristus dan hubungan-hubungan yang akan dimiliki umat Allah dengannya pada zaman akhir.

Wycliffe: Dan 7:19 - Aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu 19. Aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu. Binatang ini mendapatkan perhatian khusus karena ia menghasilkan "tanduk kecil," ...

19. Aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu. Binatang ini mendapatkan perhatian khusus karena ia menghasilkan "tanduk kecil," Antikristus, dan merupakan bentuk terakhir dari kerajaan kafir (lih. ay. 23-25 dan bdg. tafsiran atas 2:40-43).

Wycliffe: Dan 7:20 - Dan tentang kesepuluh tanduk // Tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut 20. Dan tentang kesepuluh tanduk. Lihat ayat 24. Sepuluh raja akan muncul pada tahap terakhir dari kerajaan keempat (Romawi) dan akan memerintah dalam...

20. Dan tentang kesepuluh tanduk. Lihat ayat 24. Sepuluh raja akan muncul pada tahap terakhir dari kerajaan keempat (Romawi) dan akan memerintah dalam zaman yang sama (bukan secara berurutan; bdg. Why. 17:12 dst., sebagai penjelasan lebih lanjut). Tanduk yang mempunyai mata dan yang mempunyai mulut. Semua penafsir, Yahudi, Kristen, orang-orang yang belum percaya, sepakat bahwa ini adalah Antikristus. Para penganut rasionalisme yang mengatakan bahwa kitab ini ditulis pada zaman Makabe menekankan bahwa Antikristus itu adalah Antiokhus Epifanes (kira-kira 165 SM) dan bahwa penulis kita, meskipun keliru, mengira bahwa kerajaan Mesianis akan segera menggantikannya.

Wycliffe: Dan 7:21-22 - Orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi ... orang-orang kudus itu memegang pemerintahan 21, 22. Sekalipun terpisah oleh rincian penafsiran (ay. 15-20), dua ayat ini termasuk dalam penglihatan itu sendiri dan bukan penafsirannya. Orang-ora...

21, 22. Sekalipun terpisah oleh rincian penafsiran (ay. 15-20), dua ayat ini termasuk dalam penglihatan itu sendiri dan bukan penafsirannya. Orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi ... orang-orang kudus itu memegang pemerintahan. Semua orang kudus dari segala zaman pasti akan mendapat bagian dalam kemenangan terakhir Kristus dalam kerajaan-Nya. Namun bagian ini hanyalah mempertegas sebagian kebenaran itu. Sudut pandang kitab, makna kata, dan konteksnya di sini membatasi penerapannya pada bangsa Daniel, yakni Israel, yang jelas-jelas disebutkan dalam 10:14 (ungkapan Ibrani yang sama yang dipakai). "Dengan ungkapan `orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi' yang kepada mereka kerajaan akan diberikan (Dan. 7:18-27), Daniel jelas hanya bisa memahami bahwa mereka adalah bangsa Israel, yang dibedakan dari bangsa-bangsa dan kerajaan-kerajaan kafir, yang akan memerintah untuk selama-lamanya (2:44); demikian kita juga, berdasarkan eksegese yang ketat, tidak memiliki hak untuk menggunakan ungkapan tersebut bagi bangsa-bangsa lain; sehingga kita tidak bisa menggunakannya begitu saja untuk Gereja ... Kata-kata sang Nabi menunjuk pada berdirinya kembali Kerajaan Israel" (C. A. Auberlen, The Prophecies of Daniel and the Revelation f St. John, hlm. 216, 217).

Wycliffe: Dan 7:24-26 - lain, // berbeda dengan raja-raja yang dahulu, // mengubah waktu) 24-26. Perhatikan di sini 12 fakta tentang Antikristus: (1) Dia tidak akan membuat suatu persekutuan yang beranggota sepuluh; dia akan menyerap satu (...

24-26. Perhatikan di sini 12 fakta tentang Antikristus: (1) Dia tidak akan membuat suatu persekutuan yang beranggota sepuluh; dia akan menyerap satu (ay. 24). (2) Dia hanya akan menjadi raja lain, "tanduk lain" (ay. 8), dan dia sangat berkuasa (Why. 13:2; II Tes. 2:9). Kuasa Iblis akan berada di belakangnya yang akan membuatnya diperhitungkan. (3) Dia mula-mula akan tampak "kecil" (Dan. 7:8). (4) Langkahnya menuju kekuasaan akan dimulai dengan menaklukkan tiga kerajaan (ay. 8; bdg. ay. 24). (5) Tetapi ada sesuatu yang istimewa mengenai dia (berbeda dengan raja-raja yang dahulu, ay. 24). Lihat Wahyu 13:15; II Tesalonika 2:4. Banyak peristiwa luar biasa yang akan dihubungkan dengannya (Why. 13:16, 17; II Tes. 2:9, 10). (6) Dia sangat cakap, "mata manusia" (Dan. 7:8). (7) Dia akan menjadi seorang pembicara yang fasih (ay. 8). (8) Penampilannya menarik (ay. 20; bdg. Yes. 53:2, 3). (9) Dia akan menjadi seorang penghujat (Dan. 7:25; bdg. Why. 13:5, 6). (10) Dia akan berusaha menjadikan kenaikannya ke takhta sebagai sebuah zaman baru (Dan. 7:25, mengubah waktu). (11) Dia akan berupaya untuk menghancurkan Israel (ay. 25a; bdg. 9:26, 27). (12) Waktunya akan singkat (ay. 25), satu masa dan dua masa dan setengah masa (bdg. Why. 11:2; 13:5; Dan. 9:25; 12:7-12).

Bukti tentang pandangan pra-milenial di sini adalah: (1) Kerajaan Mesias ada setelah kemunculan dan kehancuran Antikristus (di sini digambarkan dalam istilah yang pribadi dan bukan institusional). Orangnya belum muncul. Ini rupanya membuat skema pasca dan a-milenial yang mengidentifikasi Gereja dengan Kerajaan itu tidak masuk akal. (2) Kerajaan Mesias di sini ada setelah kerajaan-kerajaan kafir; kerajaan Mesias tidak muncul bersamaan dengan kerajaan-kerajaan kafir itu. Karena itu, kerajaan itu masih harus ada pada masa mendatang. (3) Kerajaan Kristus menggantikan bentuk terakhir dari kerajaan kafir yang belum muncul. (4) Kerajaan Mesianis di sini memiliki aspek lahiriah, bukan sebuah kerajaan dalam hati manusia, seperti yang disebutkan oleh teori-teori Gereja Kerajaan. (5) Kerajaan ini dalam beberapa hal bersifat Israel (bdg. ay. 7, 22, 25, 27 dengan 8:24). "Orang-orang kudus" atau bangsa kudus yang ditunjukkan di sini adalah Israel dan bukan yang lain. Gereja bukanlah sebuah kerajaan Yahudi.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 7:1-28 - Tegaklah dalam iman! (Jumat, 7 November 2008) Tegaklah dalam iman! Penglihatan-penglihatan yang didapat Nebukadnezar dan Belsyazar berisi pesan-pesan Allah tentang situasi masa itu. Namun ...

SH: Dan 7:1-14 - Empat kekuatan dahsyat. (Kamis, 24 Juni 1999) Empat kekuatan dahsyat. Pada tahun pertama pemerintahan raja Belsyazar, Daniel mendapat penglihatan di tempat tidurnya. Tampak empat binatang ...

SH: Dan 7:15-28 - Raja penentang Yang Mahatinggi. (Jumat, 25 Juni 1999) Raja penentang Yang Mahatinggi. Seorang raja yang berbeda dengan raja-raja sebelumnya akan muncul dan akan merendahkan tiga raja. Ia sombong d...

Utley: Dan 7:1-8 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:1-81 Pada tahun pertama pemerintahan Belsyazar, raja Babel, bermimpilah Daniel dan mendapat penglihatan-penglihatan di te...

Utley: Dan 7:9-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:9-129 Sementara aku terus melihat, takhta-takhta diletakkan. lalu duduklah Yang Lanjut Usianya; pakaian-Nya putih seperti...

Utley: Dan 7:13-14 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:13-1413 Aku terus melihat dalam penglihatan malam itu, tampak datang dengan awan-awan dari langit seorang seperti anak ma...

Utley: Dan 7:15-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:15-1815 Maka aku, Daniel, terharu karena hal itu, dan penglihatan-penglihatan yang kulihat itu menggelisahkan aku. 16 Lal...

Utley: Dan 7:19-22 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:19-2219 Lalu aku ingin mendapat penjelasan tentang binatang yang keempat itu, yang berbeda dengan segala binatang yang la...

Utley: Dan 7:23-27 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:23-2723 Maka demikianlah katanya: Binatang yang keempat itu ialah kerajaan yang keempat yang akan ada d. bumi, yang akan ...

Utley: Dan 7:28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 7:2828 Sekianlah berita itu. Adapun aku, Daniel, pikiran-pikiranku sangat menggelisahkan aku, sehingga aku menjadi pucat; d...

Topik Teologia: Dan 7:9 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Gereja Natur Gereja Gereja Menang Ula 33:2-3 Dan 7:9-10 Gal 4:26 Ibr 12:22-23 Yud 1:14-15 Wah ...

Topik Teologia: Dan 7:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Antropomorfisme untuk Allah Penampakan Jasmaniah Kej 18:1 Kej 35:9 Kej 48:3 Kel 2...

Topik Teologia: Dan 7:13 - -- Allah yang Berpribadi Yang Lanjut Usia Dan 7:9 Dan 7:13 Dan 7:22 Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datang)...

Topik Teologia: Dan 7:14 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Aktif Allah Aktif dalam Sejarah Dunia (yang Akan Datang) ...

Topik Teologia: Dan 7:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahatinggi (Ibr.: Elyon) Bil 24:16...

Topik Teologia: Dan 7:22 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

Topik Teologia: Dan 7:25 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah

Topik Teologia: Dan 7:27 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahatinggi (Ibr.: Elyon) Bil 24:16...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

Wycliffe: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN DANIEL Nama Kitab. Dalam Alkitab bahasa Inggris judul bagian Alkitab ini adalah "The Book of Daniel" ("Kitab Daniel")...

Wycliffe: Daniel (Garis Besar) GARIS BESAR DANIEL Judul: Nubuatan tentang Bangsa-bangsa di Dunia dan tentang Masa Depan Israel yang Berkaitan dengan Mereka dalam Rencana Allah. ...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #28: Arahkan mouse pada tautan catatan yang terdapat pada teks alkitab untuk melihat catatan ayat tersebut dalam popup. [SEMUA]
dibuat dalam 0.80 detik
dipersembahkan oleh YLSA