kecilkan semua  

Teks -- Daniel 5:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tulisan di dinding
5:1 Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar untuk para pembesarnya, seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu orang itu ia minum-minum anggur. 5:2 Dalam kemabukan anggur, Belsyazar menitahkan orang membawa perkakas dari emas dan perak yang telah diambil oleh Nebukadnezar, ayahnya, dari dalam Bait Suci di Yerusalem, supaya raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu. 5:3 Kemudian dibawalah perkakas dari emas dan perak itu, yang diambil dari dalam Bait Suci, Rumah Allah di Yerusalem, lalu raja dan para pembesarnya, para isteri dan para gundik mereka minum dari perkakas itu; 5:4 mereka minum anggur dan memuji-muji dewa-dewa dari emas dan perak, tembaga, besi, kayu dan batu. 5:5 Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, dan raja melihat punggung tangan yang sedang menulis itu. 5:6 Lalu raja menjadi pucat, dan pikiran-pikirannya menggelisahkan dia; sendi-sendi pangkal pahanya menjadi lemas dan lututnya berantukan. 5:7 Kemudian berserulah raja dengan keras, supaya para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum dibawa menghadap. Berkatalah raja kepada para orang bijaksana di Babel itu: "Setiap orang yang dapat membaca tulisan ini dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, kepadanya akan dikenakan pakaian dari kain ungu, dan lehernya akan dikalungkan rantai emas, dan di dalam kerajaanku ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga." 5:8 Tetapi semua orang bijaksana dari raja, yang telah datang menghadap, tidak sanggup membaca tulisan itu dan tidak sanggup memberitahukan maknanya kepada raja. 5:9 Sesudah itu sangatlah cemas hati raja Belsyazar dan ia menjadi pucat; juga para pembesarnya terperanjat. 5:10 Karena perkataan raja dan para pembesarnya itu masuklah permaisuri ke dalam ruang perjamuan; berkatalah ia: "Ya raja, kekallah hidup tuanku! Janganlah pikiran-pikiran tuanku menggelisahkan tuanku dan janganlah menjadi pucat; 5:11 sebab dalam kerajaan tuanku ada seorang yang penuh dengan roh para dewa yang kudus! Dalam zaman ayah tuanku ada terdapat pada orang itu kecerahan, akal budi dan hikmat yang seperti hikmat para dewa. Ia telah diangkat oleh raja Nebukadnezar, ayah tuanku menjadi kepala orang-orang berilmu, para ahli jampi, para Kasdim dan para ahli nujum, 5:12 karena pada orang itu terdapat roh yang luar biasa dan pengetahuan dan akal budi, sehingga dapat menerangkan mimpi, menyingkapkan hal-hal yang tersembunyi dan menguraikan kekusutan, yakni pada Daniel yang dinamai Beltsazar oleh raja. Baiklah sekarang Daniel dipanggil dan ia akan memberitahukan maknanya!" 5:13 Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Daniel itu, salah seorang buangan yang telah diangkut oleh raja, ayahku, dari tanah Yehuda? 5:14 Telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau penuh dengan roh para dewa, dan bahwa padamu terdapat kecerahan, akal budi dan hikmat yang luar biasa. 5:15 Kepadaku telah dibawa orang-orang bijaksana, para ahli jampi, supaya mereka membaca tulisan ini dan memberitahukan maknanya kepadaku, tetapi mereka tidak sanggup mengatakan makna perkataan itu. 5:16 Tetapi telah kudengar tentang engkau, bahwa engkau dapat memberikan makna dan dapat menguraikan kekusutan. Oleh sebab itu, jika engkau dapat membaca tulisan itu dan dapat memberitahukan maknanya kepadaku, maka kepadamu akan dikenakan pakaian dari kain ungu dan pada lehermu akan dikalungkan rantai emas, dan dalam kerajaan ini engkau akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga." 5:17 Kemudian Daniel menjawab raja: "Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang lain! Namun demikian, aku akan membaca tulisan itu bagi raja dan memberitahukan maknanya kepada tuanku. 5:18 Ya tuanku raja! Allah, Yang Mahatinggi, telah memberikan kekuasaan sebagai raja, kebesaran, kemuliaan dan keluhuran kepada Nebukadnezar, ayah tuanku. 5:19 Dan oleh karena kebesaran yang telah diberikan-Nya kepadanya itu, maka takut dan gentarlah terhadap dia orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa; dibunuhnya siapa yang dikehendakinya dan dibiarkannya hidup siapa yang dikehendakinya, ditinggikannya siapa yang dikehendakinya dan direndahkannya siapa yang dikehendakinya. 5:20 Tetapi ketika ia menjadi tinggi hati dan keras kepala, sehingga berlaku terlalu angkuh, maka ia dijatuhkan dari takhta kerajaannya dan kemuliaannya diambil dari padanya. 5:21 Ia dihalau dari antara manusia dan hatinya menjadi sama seperti hati binatang, dan tempat tinggalnya ada di antara keledai hutan; kepadanya diberikan makanan rumput seperti kepada lembu, dan tubuhnya basah oleh embun dari langit, sampai ia mengakui, bahwa Allah, Yang Mahatinggi, berkuasa atas kerajaan manusia dan mengangkat siapa yang dikehendaki-Nya untuk kedudukan itu. 5:22 Tetapi tuanku, Belsyazar, anaknya, tidak merendahkan diri, walaupun tuanku mengetahui semuanya ini. 5:23 Tuanku meninggikan diri terhadap Yang Berkuasa di sorga: perkakas dari Bait-Nya dibawa orang kepada tuanku, lalu tuanku serta para pembesar tuanku, para isteri dan para gundik tuanku telah minum anggur dari perkakas itu; tuanku telah memuji-muji dewa-dewa dari perak dan emas, dari tembaga, besi, kayu dan batu, yang tidak dapat melihat atau mendengar atau mengetahui, dan tidak tuanku muliakan Allah, yang menggenggam nafas tuanku dan menentukan segala jalan tuanku. 5:24 Sebab itu Ia menyuruh punggung tangan itu dan dituliskanlah tulisan ini. 5:25 Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mene, mene, tekel ufarsin. 5:26 Dan inilah makna perkataan itu: Mene: masa pemerintahan tuanku dihitung oleh Allah dan telah diakhiri; 5:27 Tekel: tuanku ditimbang dengan neraca dan didapati terlalu ringan; 5:28 Peres: kerajaan tuanku dipecah dan diberikan kepada orang Media dan Persia." 5:29 Lalu atas titah Belsyazar dikenakanlah kepada Daniel pakaian dari kain ungu dan pada lehernya dikalungkan rantai emas, dan dimaklumkanlah tentang dia, bahwa di dalam kerajaan ia akan mempunyai kekuasaan sebagai orang ketiga. 5:30 Pada malam itu juga terbunuhlah Belsyazar, raja orang Kasdim itu.
Gua singa
5:31 (#6-#1) Darius, orang Media, menerima pemerintahan ketika ia berumur enam puluh dua tahun.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Belsyazar the deputy king of Babylon after Nebuchadnezzar
 · Beltsazar the exiled prophet who wrote the book of Daniel
 · Daniel the prophet who wrote the book of Daniel,son of David and Abigail,head of clan (Ithamar Levi) who pledged to obey God's law,prophet who wrote the book of Daniel
 · Darius king of Persia after Cyrus and Artaxerxes Smerdis; Darius I,son of Ahasuerus; Darius II the Mede,king of Persia after Darius II; Darius III the Persian
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · Media a country on the SW coast of the Caspian Sea
 · Nebukadnezar the king of Babylon who took Judah into exile
 · orang Persia citizen(s) of Persia
 · Persia citizen(s) of Persia
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall
 · Yerusalem the capital city of Israel,a town; the capital of Israel near the southern border of Benjamin


Topik/Tema Kamus: Babel | Belsyazer | Daniel | Daniel /Beltazar | Belsyazar | Tembok, Pagar Atau Dinding | Mabuk | Air Anggur | Tidak Berterima Kasih Kepada Allah | Raja, Kerajaan Media Dan Persia | Sombong, Kesombongan | Jamu, Perjamuan | Kasdim | Mulia, Memuliakan Allah | Emas | Tegur, Teguran | Besi | Sifat Hati Yang Tidak Dibarui | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Yudea, Pada Zaman Yesus | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 5:1 - BELSYAZAR MENGADAKAN PERJAMUAN YANG BESAR. Nas : Dan 5:1 Pemerintahan Nebukadnezar yang cemerlang berlangsung selama 44 tahun; setelah dia wafat, kemuliaan Babel mulai memudar. Sekalipun ker...

Nas : Dan 5:1

Pemerintahan Nebukadnezar yang cemerlang berlangsung selama 44 tahun; setelah dia wafat, kemuliaan Babel mulai memudar. Sekalipun kerajaan itu masih bertahan selama 22 tahun lagi, berbagai pemberontakan dan pembunuhan melemahkannya. Raja Babel terakhir ialah Nabonidus dan putra sulungnya Belsyazar. Mereka memerintah kerajaan itu bersama-sama.

Full Life: Dan 5:2 - NEBUKADNEZAR, AYAHNYA. Nas : Dan 5:2 "Ayah" dipakai di sini dalam pengertian yang umum yaitu leluhur atau pendahulu, bukan orang-tua.

Nas : Dan 5:2

"Ayah" dipakai di sini dalam pengertian yang umum yaitu leluhur atau pendahulu, bukan orang-tua.

Full Life: Dan 5:3 - PERKAKAS DARI EMAS ... YANG DIAMBIL DARI DALAM BAIT SUCI. Nas : Dan 5:3 Dengan minum dari cawan-cawan suci Tuhan untuk menghormati dewa-dewa kafir Babel, Belsyazar dan para bangsawannya menghina Allah yang...

Nas : Dan 5:3

Dengan minum dari cawan-cawan suci Tuhan untuk menghormati dewa-dewa kafir Babel, Belsyazar dan para bangsawannya menghina Allah yang esa dan benar sehingga mendatangkan hukuman terakhir atas diri mereka (ayat Dan 5:22-24).

Full Life: Dan 5:22 - TIDAK MERENDAHKAN DIRI WALAUPUN TUANKU MENGETAHUI SEMUANYA INI. Nas : Dan 5:22 Daniel mengingatkan Belsyazar bagaimana Allah merendahkan Nebukadnezar. Sekalipun Belsyazar pasti telah mendengar tentang peristiwa ...

Nas : Dan 5:22

Daniel mengingatkan Belsyazar bagaimana Allah merendahkan Nebukadnezar. Sekalipun Belsyazar pasti telah mendengar tentang peristiwa tragis ini, ia menolak untuk menarik pelajaran daripadanya. Pencemaran benda-benda kudus Tuhan merupakan tindakan yang sengaja menentang Allah yang hidup. Sedikit sekali orang yang menarik pelajaran dari sejarah. Kesetiaan kepada hal-hal dari dunia ini -- keinginan daging, keinginan mata, dan keangkuhan hidup serta kemandirian (bd. 1Yoh 2:15-17;

lihat art. HUBUNGAN ORANG KRISTEN DENGAN DUNIA)

-- menuntun mereka pada jalan lebar menuju kebinasaan yang telah ditempuh banyak orang sebelum mereka (bd. Mat 7:13-14).

Full Life: Dan 5:26 - MASA PEMERINTAHAN TUANKU DIHITUNG OLEH ALLAH. Nas : Dan 5:26 Istilah "Mene" dituliskan tangan itu dua kali di dinding karena mempunyai dua arti: "dihitung" dan "diuji." Penafsiran Daniel sangat...

Nas : Dan 5:26

Istilah "Mene" dituliskan tangan itu dua kali di dinding karena mempunyai dua arti: "dihitung" dan "diuji." Penafsiran Daniel sangat sederhana: Allah telah menguji kerajaan Babel dan mendapatinya kurang berat, dan karena itu menghitung hari-harinya.

Full Life: Dan 5:27 - DITIMBANG DENGAN NERACA DAN DIDAPATI TERLALU RINGAN. Nas : Dan 5:27 Istilah "terlalu ringan" di sini berarti "rusak" atau "mutunya rendah." Belsyazar telah ditimbang di neraca sorga dan didapati sanga...

Nas : Dan 5:27

Istilah "terlalu ringan" di sini berarti "rusak" atau "mutunya rendah." Belsyazar telah ditimbang di neraca sorga dan didapati sangat rusak menurut standar ukuran Allah.

Full Life: Dan 5:28 - DIPECAH DAN DIBERIKAN KEPADA ORANG MEDIA DAN PERSIA. Nas : Dan 5:28 Perhatikan bahwa ayat Dan 5:25 ada istilah "_ufarsin_". "_U_" adalah bahasa Aram untuk "dan"; "_farsin_" adalah jamak bahasa Aram un...

Nas : Dan 5:28

Perhatikan bahwa ayat Dan 5:25 ada istilah "_ufarsin_". "_U_" adalah bahasa Aram untuk "dan"; "_farsin_" adalah jamak bahasa Aram untuk "_peres_" yang mempunyai dua arti: "pemecahan" dan "Persia." Istilah ini menandai pemecahan kerajaan Babel dan penaklukannya oleh orang Media dan orang Persia.

Full Life: Dan 5:30 - TERBUNUHLAH BELSYAZAR. Nas : Dan 5:30 Catatan Babel dan Persia keduanya menunjukkan bahwa ketika pasukan Media-Persia mendekati Babel, penduduknya membuka pintu-pintu ger...

Nas : Dan 5:30

Catatan Babel dan Persia keduanya menunjukkan bahwa ketika pasukan Media-Persia mendekati Babel, penduduknya membuka pintu-pintu gerbang sehingga pasukan itu masuk dengan leluasa. Belsyazar mungkin satu-satunya orang yang terbunuh. Beberapa saat kemudian Koresy memasuki kota itu dan disambut sebagai pembebas dari kelaliman Nabonidus dan Belsyazar.

Full Life: Dan 5:31 - DARIUS, ORANG MEDIA, MENERIMA PEMERINTAHAN. Nas : Dan 6:1 Mungkin sekali "Darius" merupakan gelar yang dipakai Koresy ketika mengalahkan Babel; nama ini bisa juga menjadi nama lain dari Gubar...

Nas : Dan 6:1

Mungkin sekali "Darius" merupakan gelar yang dipakai Koresy ketika mengalahkan Babel; nama ini bisa juga menjadi nama lain dari Gubaru yang ditunjuk Koresy sebagai bawahan dan yang memerintah di Babel beberapa lama sesudah Koresy wafat.

BIS: Dan 5:11 - dewa-dewa dewa-dewa atau: Allah.

dewa-dewa atau: Allah.

BIS: Dan 5:28 - Persia Persia: Dalam bahasa Aram kata "Persia" bunyinya seperti kata "dibagi".

Persia: Dalam bahasa Aram kata "Persia" bunyinya seperti kata "dibagi".

Jerusalem: Dan 5:1 - Belsyazar Dalam bahasa Babel nama raja itu berbunyi: Bel-syar-uzur. Artinya: semoga (dewa) Bel melindungi raja. Menurut ilmu sejarah raja yang bernama demikian ...

Dalam bahasa Babel nama raja itu berbunyi: Bel-syar-uzur. Artinya: semoga (dewa) Bel melindungi raja. Menurut ilmu sejarah raja yang bernama demikian bukannya putera Nebukadnezar, tetapi putera Nabonides. Iapun tidak pernah diberi gelar raja. Bdk Pengantar.

Jerusalem: Dan 5:4 - perak Ini ditambah menurut terjemahan yunani buatan Teodotion dan terjemahan Latin.

Ini ditambah menurut terjemahan yunani buatan Teodotion dan terjemahan Latin.

Jerusalem: Dan 5:7 - sebagai orang ketiga Diketahui bahwa di Babel memang dipakai gelar "Yang Kedua" dari raja, tetapi tidak pernah dipakai gelar "Yang Ketiga" dari raja. Ungkapan yang dalam b...

Diketahui bahwa di Babel memang dipakai gelar "Yang Kedua" dari raja, tetapi tidak pernah dipakai gelar "Yang Ketiga" dari raja. Ungkapan yang dalam bahasa Aram kurang jelas itu (begitu juga dalam Dan 5:29 dan Dan 6:3) kiranya berarti bahwa Daniel menjadi anggota sebuah dewan menteri yang terdiri atas tiga orang. Kalau demikian, gelar itu tidak berarti bahwa Daniel mendapat pangkat yang hanya dua tingkat di bawah jabatan raja.

Jerusalem: Dan 5:11 - -- Pada akhir ayat ini (sesudah: ahli nujum naskah Aram masih menambah: ayahmu, ya raja. Ini tidak terdapat dalam terjemahan-terjemahan kuno.

Pada akhir ayat ini (sesudah: ahli nujum naskah Aram masih menambah: ayahmu, ya raja. Ini tidak terdapat dalam terjemahan-terjemahan kuno.

Jerusalem: Dan 5:19-21 - -- Daniel meringkaskan apa yang diceriterakan dalam bab 4.

Daniel meringkaskan apa yang diceriterakan dalam bab 4.

Jerusalem: Dan 5:25 - Mene, mene Dalam terjemahan Yunani LXX, dalam terjemahan Yunani buatan Teodotion, dalam terjemahan Latin dan kutipan-kutipan pada Flavius Yosefus hanya sekali te...

Dalam terjemahan Yunani LXX, dalam terjemahan Yunani buatan Teodotion, dalam terjemahan Latin dan kutipan-kutipan pada Flavius Yosefus hanya sekali tertulis: mene, seperti juga Dan 4:26-28 rupanya hanya mengandaikan tiga kata

Jerusalem: Dan 5:25 - ufarsin Ini sebaik-baiknya dianggap dua kata; dan farsin. Dalam terjemahan-terjemahan tsb.terbaca: dan Peres (bdk Dan 4:28). ketiga kata (mene, tekel, peres) ...

Ini sebaik-baiknya dianggap dua kata; dan farsin. Dalam terjemahan-terjemahan tsb.terbaca: dan Peres (bdk Dan 4:28). ketiga kata (mene, tekel, peres) itu sebenarnya kata rahasia. Kata-kata itu mengizinkan tafsir yang diberikan dalam Dan 4:26-28. Kata mene menyinggung kata mana (mengukur), tekel serupa dengan kata syakal (menimbang), sedangkan kata peres serupa dengan kata paraz (membagi-bagi dan dengan nama Persia). Para ahli tidak sependapat mengenai arti urutan ketiga kata itu. Ada yang mengatakan bahwa dimaksudkan tiga kerajaan beruntun-runtun yang semakin lemah (kerajaan Babel, kerajaan Media dan kerajaan Persia). Ada juga yang mengatakan bahwa dimaksudkan tiga raja, yaitu Nebukadnezar, Evil-Merodak dan Belsyazar. Ada yang berpendapat bahwa tersinggunglah sebuah peribahasa yang maksudnya tidak jelas bagi kita.

Jerusalem: Dan 5:31 - Darius, orang Media Para ahli ilmu sejarah tidak mengenal seorang raja yang bernama Darius orang Media. Koresy orang Persia telah merebut negeri Media ketika merebut Babe...

Para ahli ilmu sejarah tidak mengenal seorang raja yang bernama Darius orang Media. Koresy orang Persia telah merebut negeri Media ketika merebut Babel. Lihat Pengantar.

Ende: Dan 5:1--6:1 - -- Dalam sedjarah Babel muntjullah seseorang jang bernama Balsjasar. Tetapi orang itu bukan putera dan bukan pengganti Nebukadnezar (Dan 5:2), melainkan ...

Dalam sedjarah Babel muntjullah seseorang jang bernama Balsjasar. Tetapi orang itu bukan putera dan bukan pengganti Nebukadnezar (Dan 5:2), melainkan putera radja Nabonid (555-538), radja terachir Babel.

Belsjasar mewakili ajahnja beberapa lamanja, jakni waktu Nabonid beroperasi militer di Duma dan Tema (Arabia), tetapi ia tidak pernah disebut radja dalam dokumen2 Babel (Dan 5:1). Maka itu kisah Dan 5:1-6:1 boleh disebut: "Kisah bebas", jang memuat sedikit sedjarah, tapi bukan kisah historis. Makna kisah itu ialah: Allah tidak dapat dipermainkan tanpa hukuman berat.

Ende: Dan 5:2 - -- Menggunakan bedjana2 sutji untuk anggur sadja (dan untuk kurban tuang dewata kafir) merupakan suatu kedjahatan besar dalam pandangan kaum Jahudi ( dan...

Menggunakan bedjana2 sutji untuk anggur sadja (dan untuk kurban tuang dewata kafir) merupakan suatu kedjahatan besar dalam pandangan kaum Jahudi ( dan djuga menurut anggapan kaum kafir), jang meski dihukum.

Ende: Dan 5:7 - -- Tulisan Babel amat sulit, sehingga hanja ahli2 sadja mampu membatja, apalagi aksara jang nampak setjara adjaib membutuhkan ahli2. "orang jang ketiga" ...

Tulisan Babel amat sulit, sehingga hanja ahli2 sadja mampu membatja, apalagi aksara jang nampak setjara adjaib membutuhkan ahli2.

"orang jang ketiga" merupakan gelar pegawai2 jang amat tinggi sekali, suatu dewan jang terdiri atas tiga orang sadja.

Ende: Dan 5:8 - -- Bahwasanja alim-ulama baru sekarang masuk tidak tjotjok dengan ajat 7(Dan 5:7). Mungkin Dan 5:8a harus ditaruh dibelakang Dan 5:7a.

Bahwasanja alim-ulama baru sekarang masuk tidak tjotjok dengan ajat 7(Dan 5:7). Mungkin Dan 5:8a harus ditaruh dibelakang Dan 5:7a.

Ende: Dan 5:11 - -- Djadi dalam kisah ini Belsjasar tidak mengenal Daniel jang sesudah Nebukadnezar dikeluarkan dari lingkungan istana sebagai pegawai tinggi. Baru sekara...

Djadi dalam kisah ini Belsjasar tidak mengenal Daniel jang sesudah Nebukadnezar dikeluarkan dari lingkungan istana sebagai pegawai tinggi. Baru sekarang ia dipanggil kembali berkenaan dengan soal jang tidak dapat dipetjahkan.

Ende: Dan 5:12 - -- Dalam ilmu sihir dahulu "simpul2" memegang peranan penting sekali. rupa2nja disini "simpul2" merupakan lambang kesulitan dan rahasia sadja.

Dalam ilmu sihir dahulu "simpul2" memegang peranan penting sekali. rupa2nja disini "simpul2" merupakan lambang kesulitan dan rahasia sadja.

Ende: Dan 5:23 - -- Dosa Belsjasar achirnja merupakan dosa ketjongkakan, jang lebih besar daripada keangkuhan hati Nebukadnezar. Makanja dihukum lebih keras pula.

Dosa Belsjasar achirnja merupakan dosa ketjongkakan, jang lebih besar daripada keangkuhan hati Nebukadnezar. Makanja dihukum lebih keras pula.

Ende: Dan 5:28 - -- Tulisan itu masih djuga suatu teka-teki untuk para ahli Kitab. Keterangan jang lebih laku: Huruf mati (mn',mn',tkl,uprsn) dapat dibubuhi dengan huruf ...

Tulisan itu masih djuga suatu teka-teki untuk para ahli Kitab. Keterangan jang lebih laku: Huruf mati (mn',mn',tkl,uprsn) dapat dibubuhi dengan huruf jang dikehendaki, sehingga kata2 jang muntjul berlainan artinja. Ahli Babel tidak tahu huruf hidup mana harus dibubuhi. Daniel membubuhi huruf2 hidup tertentu hingga kata2 itu menundjuk tiga matjam mata uang atau mata timbangan: mina, misjkal, persin, jang turun harga dan beratnja. Dalam urutan itu ia melihat keruntuhan Babel dan karenanja ia membatja kata itu djuga sebagai kata kerdja, jakni: membilang, menimbang, mentjeraikan. Itu lalu dikenakannja pada radja Belsjasar jang sudah dibilang waktu keradjaannja sampai achir, jang sudah ditimbang dan tidak tjotjok dengan mata timbangan, hingga dibuang, jang keradjaannja sudah ditjeraikan serta di-bagi2 antara orang Media dan Parsi (parsin -- Parsi!).

Ende: Dan 5:30 - -- Tentang pembunuhan atas diri Belsjasar waktu Babel direbut tidak ada berita apa sadja dalam dokumen2 Parsi, jang setjara terperintji mentjeritakan per...

Tentang pembunuhan atas diri Belsjasar waktu Babel direbut tidak ada berita apa sadja dalam dokumen2 Parsi, jang setjara terperintji mentjeritakan perebutan itu. Menurut dokumen2 itu Babel diduduki tanpa pertempuran. Radja Nabonid telah melarikan diri, lalu ditangkap dan dibunuh diluar Babel. Tentang Belsjasar tidak dikatakan apa2. Hanja ahli2 sedjarah Junani kemudian tahu akan pertempuran dan bahwa Babel direbut sementara penduduknja berpesta. Rupa2nja si pengarang kisah Daniel bergantung pada tradisi itu, jang djuga disadurnja lagi sesuai dengan kisahnja sendiri. Mengenai kesulitan jang ditimbulkan ajat ini lihat kata pendahuluan. Orang tidak tahu apa2 tentang seorang radja "Darios", orang Media (Dan 6:11; 9:1; 6:2,9; 9:2). Pengganti radja terachir Babel ialah Cyrus, orang Parsi. Orang2 Media pada djaman keruntuhan Babel sudah mendjadi sebagian dari keradjaan Parsi. Semua soal jang ada dalam ajat ini (dan dilain tempat) hilang sama sekali dengan menerima bahwa berita2 kitab Daniel tidak memuat sedjarah. Agaknja Darios orang Media itu ditjiptakan sadja oleh si pengarang, berdasarkan pengetahuannja mengenai Darios I, radja Parsi. Si pengarang membutuhkan empat keradjaan sebelum keradjaan Antiochos IV, dan karenanja keradjaan Media itu ditjiptakannja sadja.

Endetn: Dan 5:3 - (perak) ditambahkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) dan Dan 5:2.

ditambahkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) dan Dan 5:2.

Endetn: Dan 5:3 - -- Ditinggalkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) "bait Allah".

Ditinggalkan menurut terdjemahan Latin (Vlg.) "bait Allah".

Endetn: Dan 5:16 - mimpi diperbaiki menurut tjatatan naskah (Kere). Naskah salah tulis.

diperbaiki menurut tjatatan naskah (Kere). Naskah salah tulis.

Ref. Silang FULL: Dan 5:1 - Raja Belsyazar // mengadakan perjamuan // para pembesarnya · Raja Belsyazar: Dan 5:30; Dan 7:1; 8:1 · mengadakan perjamuan: 1Raj 3:15; 1Raj 3:15 · para pembesarnya: Yer 50:35

· Raja Belsyazar: Dan 5:30; Dan 7:1; 8:1

· mengadakan perjamuan: 1Raj 3:15; [Lihat FULL. 1Raj 3:15]

· para pembesarnya: Yer 50:35

Ref. Silang FULL: Dan 5:2 - Dalam kemabukan // membawa perkakas // para gundik // dari perkakas · Dalam kemabukan: Yes 21:5; Yes 21:5 · membawa perkakas: 2Raj 24:13; 2Raj 24:13; 2Taw 36:10; 2Taw 36:10; Yer 52:19; Yer 52:19 · ...

· Dalam kemabukan: Yes 21:5; [Lihat FULL. Yes 21:5]

· membawa perkakas: 2Raj 24:13; [Lihat FULL. 2Raj 24:13]; 2Taw 36:10; [Lihat FULL. 2Taw 36:10]; Yer 52:19; [Lihat FULL. Yer 52:19]

· para gundik: Est 2:14; [Lihat FULL. Est 2:14]

· dari perkakas: Est 1:7; [Lihat FULL. Est 1:7]; Dan 1:2

Ref. Silang FULL: Dan 5:4 - memuji-muji dewa-dewa // dan batu · memuji-muji dewa-dewa: Hak 16:24 · dan batu: Est 1:10; Est 1:10; Mazm 135:15-18; Hab 2:19; Wahy 9:20

· memuji-muji dewa-dewa: Hak 16:24

· dan batu: Est 1:10; [Lihat FULL. Est 1:10]; Mazm 135:15-18; Hab 2:19; Wahy 9:20

Ref. Silang FULL: Dan 5:6 - menjadi pucat // pikiran-pikirannya menggelisahkan // menjadi lemas // lututnya berantukan · menjadi pucat: Ayub 4:15; Ayub 4:15 · pikiran-pikirannya menggelisahkan: Dan 4:5; Dan 4:5 · menjadi lemas: Mazm 22:15; Mazm 22:...

· menjadi pucat: Ayub 4:15; [Lihat FULL. Ayub 4:15]

· pikiran-pikirannya menggelisahkan: Dan 4:5; [Lihat FULL. Dan 4:5]

· menjadi lemas: Mazm 22:15; [Lihat FULL. Mazm 22:15]; Yeh 7:17

· lututnya berantukan: Yes 7:2; [Lihat FULL. Yes 7:2]

Ref. Silang FULL: Dan 5:7 - ahli jampi // para Kasdim // ahli nujum // orang bijaksana // dan lehernya // dalam kerajaanku // orang ketiga · ahli jampi: Kej 41:8; Kej 41:8 · para Kasdim: Yes 19:3; Yes 19:3 · ahli nujum: Yes 44:25 · orang bijaksana: Yer 50:35; D...

· ahli jampi: Kej 41:8; [Lihat FULL. Kej 41:8]

· para Kasdim: Yes 19:3; [Lihat FULL. Yes 19:3]

· ahli nujum: Yes 44:25

· orang bijaksana: Yer 50:35; Dan 4:6-7

· dan lehernya: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]

· dalam kerajaanku: Dan 2:5-6,48

· orang ketiga: Est 10:3

Ref. Silang FULL: Dan 5:8 - orang bijaksana // memberitahukan maknanya · orang bijaksana: Kel 8:18; Kel 8:18 · memberitahukan maknanya: Dan 2:10,27; Dan 2:10; Dan 2:27; Dan 4:18; Dan 4:18

· orang bijaksana: Kel 8:18; [Lihat FULL. Kel 8:18]

· memberitahukan maknanya: Dan 2:10,27; [Lihat FULL. Dan 2:10]; [Lihat FULL. Dan 2:27]; Dan 4:18; [Lihat FULL. Dan 4:18]

Ref. Silang FULL: Dan 5:9 - sangatlah cemas · sangatlah cemas: Mazm 48:6; Mazm 48:6; Yes 21:4; Yes 21:4

· sangatlah cemas: Mazm 48:6; [Lihat FULL. Mazm 48:6]; Yes 21:4; [Lihat FULL. Yes 21:4]

Ref. Silang FULL: Dan 5:10 - kekallah hidup · kekallah hidup: Neh 2:3; Neh 2:3; Dan 3:9; Dan 3:9

· kekallah hidup: Neh 2:3; [Lihat FULL. Neh 2:3]; Dan 3:9; [Lihat FULL. Dan 3:9]

Ref. Silang FULL: Dan 5:11 - para dewa // dan hikmat // para dewa // ahli nujum · para dewa: Kej 41:38; Kej 41:38 · dan hikmat: Dan 5:14; Dan 1:17; Dan 1:17 · para dewa: Dan 2:22; Dan 2:22 · ahli nujum:...

· para dewa: Kej 41:38; [Lihat FULL. Kej 41:38]

· dan hikmat: Dan 5:14; Dan 1:17; [Lihat FULL. Dan 1:17]

· para dewa: Dan 2:22; [Lihat FULL. Dan 2:22]

· ahli nujum: Dan 2:47-48

Ref. Silang FULL: Dan 5:12 - yang tersembunyi // menguraikan kekusutan // dinamai Beltsazar // memberitahukan maknanya · yang tersembunyi: Bil 12:8; Bil 12:8 · menguraikan kekusutan: Dan 5:14-16; Dan 6:4 · dinamai Beltsazar: Dan 1:7; Dan 1:7 &middo...

· yang tersembunyi: Bil 12:8; [Lihat FULL. Bil 12:8]

· menguraikan kekusutan: Dan 5:14-16; Dan 6:4

· dinamai Beltsazar: Dan 1:7; [Lihat FULL. Dan 1:7]

· memberitahukan maknanya: Yeh 28:3; [Lihat FULL. Yeh 28:3]

Ref. Silang FULL: Dan 5:13 - tanah Yehuda · tanah Yehuda: Est 2:5-6; Est 2:5; Est 2:6; Dan 6:14

· tanah Yehuda: Est 2:5-6; [Lihat FULL. Est 2:5]; [Lihat FULL. Est 2:6]; Dan 6:14

Ref. Silang FULL: Dan 5:14 - para dewa // dan hikmat · para dewa: Kej 41:38; Kej 41:38 · dan hikmat: Dan 2:22; Dan 2:22

· para dewa: Kej 41:38; [Lihat FULL. Kej 41:38]

· dan hikmat: Dan 2:22; [Lihat FULL. Dan 2:22]

Ref. Silang FULL: Dan 5:15 - mengatakan makna · mengatakan makna: Dan 4:18; Dan 4:18

· mengatakan makna: Dan 4:18; [Lihat FULL. Dan 4:18]

Ref. Silang FULL: Dan 5:16 - menguraikan kekusutan // pada lehermu // dalam kerajaan · menguraikan kekusutan: Kej 41:15; Kej 41:15 · pada lehermu: Kej 41:42; Kej 41:42 · dalam kerajaan: Est 5:3; Est 5:3; Dan 2:6; D...

· menguraikan kekusutan: Kej 41:15; [Lihat FULL. Kej 41:15]

· pada lehermu: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]

· dalam kerajaan: Est 5:3; [Lihat FULL. Est 5:3]; Dan 2:6; [Lihat FULL. Dan 2:6]

Ref. Silang FULL: Dan 5:17 - orang lain · orang lain: 2Raj 5:16; 2Raj 5:16

· orang lain: 2Raj 5:16; [Lihat FULL. 2Raj 5:16]

Ref. Silang FULL: Dan 5:18 - dan keluhuran // kepada Nebukadnezar · dan keluhuran: Yer 27:7; Yer 27:7; Dan 2:37-38; Dan 2:37; Dan 2:38; Dan 4:36; Dan 4:36 · kepada Nebukadnezar: Yer 28:14; Yer 28:14

· dan keluhuran: Yer 27:7; [Lihat FULL. Yer 27:7]; Dan 2:37-38; [Lihat FULL. Dan 2:37]; [Lihat FULL. Dan 2:38]; Dan 4:36; [Lihat FULL. Dan 4:36]

· kepada Nebukadnezar: Yer 28:14; [Lihat FULL. Yer 28:14]

Ref. Silang FULL: Dan 5:19 - dibunuhnya // dan direndahkannya · dibunuhnya: Dan 2:12-13; Dan 3:6; Dan 3:6 · dan direndahkannya: Dan 4:22; Dan 4:22

· dibunuhnya: Dan 2:12-13; Dan 3:6; [Lihat FULL. Dan 3:6]

· dan direndahkannya: Dan 4:22; [Lihat FULL. Dan 4:22]

Ref. Silang FULL: Dan 5:20 - terlalu angkuh // dari takhta // dan kemuliaannya // diambil · terlalu angkuh: Dan 4:30 · dari takhta: Yer 43:10 · dan kemuliaannya: Ayub 40:7; Ayub 40:7; Yes 14:13-15; Yeh 31:10-11; Dan 8:8...

· terlalu angkuh: Dan 4:30

· dari takhta: Yer 43:10

· dan kemuliaannya: Ayub 40:7; [Lihat FULL. Ayub 40:7]; Yes 14:13-15; Yeh 31:10-11; Dan 8:8

· diambil: Yer 13:18; Dan 4:31; [Lihat FULL. Dan 4:31]

Ref. Silang FULL: Dan 5:21 - Mahatinggi, berkuasa // yang dikehendaki-Nya · Mahatinggi, berkuasa: Yeh 17:24; Yeh 17:24 · yang dikehendaki-Nya: Dan 4:16-17,35

· Mahatinggi, berkuasa: Yeh 17:24; [Lihat FULL. Yeh 17:24]

· yang dikehendaki-Nya: Dan 4:16-17,35

Ref. Silang FULL: Dan 5:22 - merendahkan diri · merendahkan diri: Kel 10:3; Kel 10:3

· merendahkan diri: Kel 10:3; [Lihat FULL. Kel 10:3]

Ref. Silang FULL: Dan 5:23 - diri terhadap // para isteri // atau mengetahui // menggenggam nafas // segala jalan · diri terhadap: Yes 14:13; Yes 14:13; Yer 50:29; Yer 50:29 · para isteri: Yer 44:9 · atau mengetahui: Mazm 115:4-8; Hab 2:19; Wa...

· diri terhadap: Yes 14:13; [Lihat FULL. Yes 14:13]; Yer 50:29; [Lihat FULL. Yer 50:29]

· para isteri: Yer 44:9

· atau mengetahui: Mazm 115:4-8; Hab 2:19; Wahy 9:20

· menggenggam nafas: Ayub 12:10; Kis 17:28

· segala jalan: Ayub 31:4; [Lihat FULL. Ayub 31:4]; Yes 13:11; [Lihat FULL. Yes 13:11]; Yer 10:23; Yer 48:26; [Lihat FULL. Yer 48:26]

Ref. Silang FULL: Dan 5:26 - Mene: masa // telah diakhiri · Mene: masa: Yer 27:7 · telah diakhiri: Yes 13:6

· Mene: masa: Yer 27:7

· telah diakhiri: Yes 13:6

Ref. Silang FULL: Dan 5:27 - dengan neraca // terlalu ringan · dengan neraca: Ayub 6:2; Ayub 6:2 · terlalu ringan: Mazm 62:10

· dengan neraca: Ayub 6:2; [Lihat FULL. Ayub 6:2]

· terlalu ringan: Mazm 62:10

Ref. Silang FULL: Dan 5:28 - orang Media // dan Persia · orang Media: Yes 13:17 · dan Persia: Yer 27:7; Yer 27:7; Yer 50:41-43; Dan 6:29

· orang Media: Yes 13:17

· dan Persia: Yer 27:7; [Lihat FULL. Yer 27:7]; Yer 50:41-43; Dan 6:29

Ref. Silang FULL: Dan 5:29 - pada lehernya // dalam kerajaan · pada lehernya: Kej 41:42; Kej 41:42 · dalam kerajaan: Dan 2:6; Dan 2:6

· pada lehernya: Kej 41:42; [Lihat FULL. Kej 41:42]

· dalam kerajaan: Dan 2:6; [Lihat FULL. Dan 2:6]

Ref. Silang FULL: Dan 5:30 - juga terbunuhlah // Belsyazar // raja · juga terbunuhlah: Yes 21:9; Yes 21:9; Yer 51:31; Yer 51:31 · Belsyazar: Dan 5:1; Dan 5:1 · raja: Yer 50:35

· juga terbunuhlah: Yes 21:9; [Lihat FULL. Yes 21:9]; Yer 51:31; [Lihat FULL. Yer 51:31]

· Belsyazar: Dan 5:1; [Lihat FULL. Dan 5:1]

· raja: Yer 50:35

Ref. Silang FULL: Dan 5:31 - Darius // orang Media · Darius: Yer 50:41; Dan 6:2; 9:1; 11:1 · orang Media: Yes 13:3; Yes 13:3

· Darius: Yer 50:41; Dan 6:2; 9:1; 11:1

· orang Media: Yes 13:3; [Lihat FULL. Yes 13:3]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 5:1-16 - Mengulangi kesalahan (Sabtu, 24 April 1999) Mengulangi kesalahan Belsyazar mengulangi kesalahan dan dosa Nebukadnezar. Sebagai pewaris kerajaan Babel, Belsyazar tidak belajar dari sejarah ...

SH: Dan 5:1-30 - Belajar dari sejarah (Rabu, 5 November 2008) Belajar dari sejarah Raja Belsyazar rupanya tidak belajar dari sejarah. Ia lupa bahwa ayahnya pernah dihukum Tuhan hingga hidup seperti hewan. I...

SH: Dan 5:1-9 - Bahaya Kemabukan (Kamis, 30 November 2017) Bahaya Kemabukan Pada sebuah spanduk tertulis, "Menang Mabuk, Kalah Ngamuk". Tulisan itu mengingatkan kita akan bahaya kemabukan. Orang mabuk adalah ...

SH: Dan 5:1-31 - Teka-teki Tulisan (Jumat, 10 November 2023) Teka-teki Tulisan Pernahkah Anda berjuang mengisi teka-teki dan akhirnya menyelesaikannya sampai tuntas? Bagaimana perasaan Anda setelah selesai? Pas...

SH: Dan 5:10-16 - Kasih Ibu (Jumat, 1 Desember 2017) Kasih Ibu Pada saat anak melakukan kesalahan, seorang ibu hadir untuk memberikan nasihat dan keteduhan. Hal itu dilakukan oleh ibunda Belsyazar (10)....

SH: Dan 5:17-30 - Tegas terhadap dosa (Minggu, 25 April 1999) Tegas terhadap dosa Penawaran kuasa dan harta ternyata tak menyilaukan mata Daniel. Justru Daniel menganggap tawaran Belsyazar merupakan penghin...

SH: Dan 5:17-30 - Mengutamakan Kewajiban (Sabtu, 2 Desember 2017) Mengutamakan Kewajiban Ketika Daniel mendengar bahwa Raja Belsyazar akan memberikan banyak hadiah kepadanya, ia memohon agar raja mengurungkan niatny...

SH: Dan 5:31--6:11 - Roh yang luar biasa (Senin, 26 April 1999) Roh yang luar biasa Pada zaman pemerintahan raja Darius, Daniel sudah delapan puluh tahun lebih usianya. Berarti ia sudah melewati tiga periode ...

SH: Dan 5:31--6:27 - Tetap teguh di dalam iman (Kamis, 6 November 2008) Tetap teguh di dalam iman Orang Kristen akan selalu menghadapi perlawanan dunia. Begitulah yang dialami oleh Daniel. Kehidupan dan kemampuannya ...

SH: Dan 5:31--6:11 - Memakai Agama untuk Tujuan Lain (Senin, 4 Desember 2017) Memakai Agama untuk Tujuan Lain Setelah kematian Raja Belsyazar, kerajaan Media dibagi menjadi dua, yaitu Media dan Persia. Darius adalah orang Media...

SH: Dan 5:31--6:10 - Perangkap Tanpa Pikat (Sabtu, 11 November 2023) Perangkap Tanpa Pikat Bermain dengan cicak yang bertengger di dinding rumah jadi hiburan masa kecil dulu. Dengan menempelkan sebutir nasi pada lidi, ...

Utley: Dan 5:1-4 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:1-41 Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar untuk para pembesarnya, seribu orang jumlahnya; dan di hadapan seribu...

Utley: Dan 5:5-9 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:5-95 Pada waktu itu juga tampaklah jari-jari tangan manusia menulis pada kapur dinding istana raja, di depan kaki dian, d...

Utley: Dan 5:10-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:10-1210 Karena perkataan raja dan para pembesarnya itu masuklah permaisuri ke dalam ruang perjamuan; berkatalah ia: "Ya r...

Utley: Dan 5:13-16 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:13-1613 Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Daniel itu, salah seorang buanga...

Utley: Dan 5:17-24 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:17-2417 Kemudian Daniel menjawab raja: "Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang lain! Namun demi...

Utley: Dan 5:25-28 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:25-2825 Maka inilah tulisan yang tertulis itu: Mene, mene, tekel ufarsin. 26 Dan inilah makna perkataan itu: Mene: masa p...

Utley: Dan 5:29 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:2929 Lalu atas titah Belsyazar dikenakanlah kepada Daniel pakaian dari kain ungu dan pada lehernya dikalungkan rantai ema...

Utley: Dan 5:30-31 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 5:30-3130 Pada malam itu juga terbunuhlah Belsyazar, raja orang Kasdim itu. 31 Darius, orang Media, menerima pemerintahan k...

Topik Teologia: Dan 5:10 - -- Umat Manusia: Wanita Wanita sebagai Anggota Masyarakat Wanita Dalam Kepemimpinan Wanita sebagai Penguasa Ratu Babel Dan ...

Topik Teologia: Dan 5:11 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Perjanjian Lama Roh Aktif di dalam Sejarah Israel Kehadiran Roh di tengah Israel Roh Memberika...

Topik Teologia: Dan 5:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Aramik: Elah Ilaai) ...

Topik Teologia: Dan 5:20 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Dosa Mengeraskan Hati Dan 5:20 Efe 4:18 Ibr 3:13 Pemeliharaan Dalam Menunjuk dan Me...

Topik Teologia: Dan 5:21 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Aramik: Elah Ilaai) ...

Topik Teologia: Dan 5:22 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Dan 5:23 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Deskriptif Allah Tuhan yang Berkuasa di Surga Da...

TFTWMS: Dan 5:1-9 - Perjamuan Belsyazar Dan Penglihatan PERJAMUAN BELSYAZAR DAN PENGLIHATAN (Daniel 5:1-9) "Raja Belsyazar mengadakan perjamuan yang besar …" (ay. 1). Pelbagai peristiwa di seki...

TFTWMS: Dan 5:10-12 - Saran Ratu SARAN RATU (Daniel 5:10-12) Ratu yang disebut di dalam ayat 10 pastilah nenek Belsyazar, janda Nebukadnezar. (Ayat 2 menyatakan bahwa istri-istri raj...

TFTWMS: Dan 5:13-16 - Perintah Raja PERINTAH RAJA (Daniel 5:13-16) Belsyazar memanggil Daniel: Lalu dibawalah Daniel menghadap raja. Bertanyalah raja kepada Daniel: "Engkaukah Da...

TFTWMS: Dan 5:17-29 - Penafsiran Daniel PENAFSIRAN DANIEL (Daniel 5:17-29) Daniel berdiri di hadapan raja dan berkata, "Tahanlah hadiah tuanku, berikanlah pemberian tuanku kepada orang...

TFTWMS: Dan 5:30 - Babel Jatuh BABEL JATUH (Daniel 5:30) "Pada malam itu juga terbunuhlah Belsyazar, raja orang Kasdim itu" dan kerajaan itu ditaklukkan (ay. 30). Baik Ye...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Daniel (Pendahuluan Kitab) Daniel 5:1-31 TULISAN DI DINDING MEDIA DAN PERSIA Dalam perkataan "Media dan Persia" kita bukan punya dua, tetapi satu kerajaan berukuran ...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Orang luar menyebut Persia sebagai bangsa dari etnis Arya. Persia adalah provinsi Arya (Iran moderen). Persia menaklukkan Media d...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Lihat penjelasan "jamak kehormatan" pada catatan kaki 1 di halaman 58. 2 Catatan kaki pada Alkitab NIV mencakup inform...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #30: Klik ikon pada popup untuk memperkecil ukuran huruf, ikon pada popup untuk memperbesar ukuran huruf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.94 detik
dipersembahkan oleh YLSA