kecilkan semua  

Teks -- Daniel 3:1-30 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Perapian yang menyala-nyala
3:1 Raja Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang tingginya enam puluh hasta dan lebarnya enam hasta yang didirikannya di dataran Dura di wilayah Babel. 3:2 Lalu raja Nebukadnezar menyuruh orang mengumpulkan para wakil raja, para penguasa, para bupati, para penasihat negara, para bendahara, para hakim, para ahli hukum dan semua kepala daerah, untuk menghadiri pentahbisan patung yang telah didirikannya itu. 3:3 Lalu berkumpullah para wakil raja, para penguasa, para bupati, para penasihat negara, para bendahara, para hakim, para ahli hukum dan semua kepala daerah, untuk menghadiri pentahbisan patung yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu. 3:4 Dan berserulah seorang bentara dengan suara nyaring: "Beginilah dititahkan kepadamu, hai orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa: 3:5 demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, maka haruslah kamu sujud menyembah patung yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu; 3:6 siapa yang tidak sujud menyembah, akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala!" 3:7 Sebab itu demi segala bangsa mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, maka sujudlah orang-orang dari segala bangsa, suku bangsa dan bahasa, dan menyembah patung emas yang telah didirikan raja Nebukadnezar itu. 3:8 Pada waktu itu juga tampillah beberapa orang Kasdim menuduh orang Yahudi. 3:9 Berkatalah mereka kepada raja Nebukadnezar: "Ya raja, kekallah hidup tuanku! 3:10 Tuanku raja telah mengeluarkan titah, bahwa setiap orang yang mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, harus sujud menyembah patung emas itu, 3:11 dan bahwa siapa yang tidak sujud menyembah, akan dicampakkan ke dalam perapian yang menyala-nyala. 3:12 Ada beberapa orang Yahudi, yang kepada mereka telah tuanku berikan pemerintahan atas wilayah Babel, yakni Sadrakh, Mesakh dan Abednego, orang-orang ini tidak mengindahkan titah tuanku, ya raja: mereka tidak memuja dewa tuanku dan tidak menyembah patung emas yang telah tuanku dirikan." 3:13 Sesudah itu Nebukadnezar memerintahkan dalam marahnya dan geramnya untuk membawa Sadrakh, Mesakh dan Abednego menghadap. Setelah orang-orang itu dibawa menghadap raja, 3:14 berkatalah Nebukadnezar kepada mereka: "Apakah benar, hai Sadrakh, Mesakh dan Abednego, bahwa kamu tidak memuja dewaku dan tidak menyembah patung emas yang kudirikan itu? 3:15 Sekarang, jika kamu bersedia, demi kamu mendengar bunyi sangkakala, seruling, kecapi, rebab, gambus, serdam dan berbagai-bagai jenis bunyi-bunyian, sujudlah menyembah patung yang kubuat itu! Tetapi jika kamu tidak menyembah, kamu akan dicampakkan seketika itu juga ke dalam perapian yang menyala-nyala. Dan dewa manakah yang dapat melepaskan kamu dari dalam tanganku?" 3:16 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku dalam hal ini. 3:17 Jika Allah kami yang kami puja sanggup melepaskan kami, maka Ia akan melepaskan kami dari perapian yang menyala-nyala itu, dan dari dalam tanganmu, ya raja; 3:18 tetapi seandainya tidak, hendaklah tuanku mengetahui, ya raja, bahwa kami tidak akan memuja dewa tuanku, dan tidak akan menyembah patung emas yang tuanku dirikan itu." 3:19 Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintahkannya supaya perapian itu dibuat tujuh kali lebih panas dari yang biasa. 3:20 Kepada beberapa orang yang sangat kuat dari tentaranya dititahkannya untuk mengikat Sadrakh, Mesakh dan Abednego dan mencampakkan mereka ke dalam perapian yang menyala-nyala itu. 3:21 Lalu diikatlah ketiga orang itu, dengan jubah, celana, topi dan pakaian-pakaian mereka yang lain, dan dicampakkan ke dalam perapian yang menyala-nyala. 3:22 Karena titah raja itu keras, dipanaskanlah perapian itu dengan luar biasa, sehingga nyala api itu membakar mati orang-orang yang mengangkat Sadrakh, Mesakh dan Abednego itu ke atas. 3:23 Tetapi ketiga orang itu, yakni Sadrakh, Mesakh dan Abednego, jatuh ke dalam perapian yang menyala-nyala itu dengan terikat. 3:24 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah tiga orang yang telah kita campakkan dengan terikat ke dalam api itu?" Jawab mereka kepada raja: "Benar, ya raja!" 3:25 Katanya: "Tetapi ada empat orang kulihat berjalan-jalan dengan bebas di tengah-tengah api itu; mereka tidak terluka, dan yang keempat itu rupanya seperti anak dewa!" 3:26 Lalu Nebukadnezar mendekati pintu perapian yang bernyala-nyala itu; berkatalah ia: "Sadrakh, Mesakh dan Abednego, hamba-hamba Allah yang maha tinggi, keluarlah dan datanglah ke mari!" Lalu keluarlah Sadrakh, Mesakh dan Abednego dari api itu. 3:27 Dan para wakil raja, para penguasa, para bupati dan para menteri raja datang berkumpul; mereka melihat, bahwa tubuh orang-orang ini tidak mempan oleh api itu, bahwa rambut di kepala mereka tidak hangus, jubah mereka tidak berubah apa-apa, bahkan bau kebakaranpun tidak ada pada mereka. 3:28 Berkatalah Nebukadnezar: "Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan melepaskan hamba-hamba-Nya, yang telah menaruh percaya kepada-Nya, dan melanggar titah raja, dan yang menyerahkan tubuh mereka, karena mereka tidak mau memuja dan menyembah allah manapun kecuali Allah mereka. 3:29 Sebab itu aku mengeluarkan perintah, bahwa setiap orang dari bangsa, suku bangsa atau bahasa manapun ia, yang mengucapkan penghinaan terhadap Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego, akan dipenggal-penggal dan rumahnya akan dirobohkan menjadi timbunan puing, karena tidak ada allah lain yang dapat melepaskan secara demikian itu." 3:30 Lalu raja memberikan kedudukan tinggi kepada Sadrakh, Mesakh dan Abednego di wilayah Babel.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Babel members of the nation of Babylon
 · Dura a place (on a plain)
 · Kasdim the inhabitants of Chaldea.
 · Mesakh a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon
 · Nebukadnezar the king of Babylon who took Judah into exile
 · Sadrakh a man of Judah who served Nebuchadnezzar with Daniel in Babylon
 · Ur-Kasdim a town of lower Mesopotamia about 230 km SE of old Babylon,father of Eliphal / Eliphelet, one of David's military elite
 · Yahudi the Jewish religion/beliefs


Topik/Tema Kamus: Nebukadnezar | Abednego | Abed-Nego | Daniel | Mesakh | Sadrakh | Azarya | Serdam | Sembah, Penyembahan Berhala | Babel | Utusan Injil | Orang Kafir (Tidak Bertuhan) | Aniaya, Penganiayaan | Benci, Kebencian | Tahbis, Pentahbisan | Berani, Keberanian Yang Suci | Api | Dapur Api | Rambut | Percaya Kepercayaan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Utley , Topik Teologia , TFTWMS

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Dan 3:1 - SEBUAH PATUNG EMAS. Nas : Dan 3:1 Nebukadnezar mungkin bertindak dengan sombong karena, sebagaimana dinyatakan melalui Daniel (Dan 2:37-38), dia menjadi kepala emas da...

Nas : Dan 3:1

Nebukadnezar mungkin bertindak dengan sombong karena, sebagaimana dinyatakan melalui Daniel (Dan 2:37-38), dia menjadi kepala emas dari patung di dalam mimpinya itu. Kerajaan Nebukadnezar baru berkuasa dan dia niscaya berusaha memakai agama untuk memperteguh persatuan banyak propinsi yang ditambahkan kepada kerajaannya; ia menuntut penyembahan patung dirinya sebagai sarana meningkatkan kesetiaan kepada dirinya. Ia bukan pemimpin dunia yang pertama atau untuk terakhir yang berusaha untuk memakai agama bagi tujuan-tujuan politik atau untuk meninggikan dirinya.

Full Life: Dan 3:2 - PENTAHBISAN PATUNG. Nas : Dan 3:2 Atas permintaan Daniel, ketiga kawannya diangkat oleh raja kepada kedudukan yang bertanggung jawab di dalam pemerintahan Babel, sedan...

Nas : Dan 3:2

Atas permintaan Daniel, ketiga kawannya diangkat oleh raja kepada kedudukan yang bertanggung jawab di dalam pemerintahan Babel, sedangkan Daniel melayani di istana raja (Dan 2:49). Daniel mungkin tidak hadir di antara para pejabat yang diperintahkan untuk sujud menyembah patung emas itu; ia mungkin mengadakan perjalanan keliling negeri untuk raja saat itu, atau tanggung jawabnya mungkin berbeda dengan mereka yang disebut dalam ayat ini.

Full Life: Dan 3:12 - TIDAK MEMUJA DEWA TUANKU. Nas : Dan 3:12 Sekalipun Alkitab mengajarkan kita untuk menaati, menghormati, dan mendoakan mereka yang memerintah di atas kita (Rom 13:1-7; 1Tim 2...

Nas : Dan 3:12

Sekalipun Alkitab mengajarkan kita untuk menaati, menghormati, dan mendoakan mereka yang memerintah di atas kita (Rom 13:1-7; 1Tim 2:1-2; 1Pet 2:13-17), kewajiban terutama kita adalah kepada Allah sendiri. Jikalau kita menaati hukum terbesar yang terutama -- mengasihi Allah esa dan benar sejati dengan segenap hati, jiwa, pikiran, dan kekuatan kita (Ul 6:5; Mat 22:37-38) -- kita tidak boleh menyembah atau memberi penghormatan ilahi kepada dewa palsu manapun atau patung apa pun yang melambangkan dewa.

Full Life: Dan 3:17-18 - ALLAH KAMI YANG KAMI PUJA SANGGUP MELEPASKAN KAMI. Nas : Dan 3:17-18 Sindiran iri hati para peramal dan ancaman-ancaman penuh kemarahan dari raja Nebukadnezar tidak menakuti ketiga pemuda ini untuk ...

Nas : Dan 3:17-18

Sindiran iri hati para peramal dan ancaman-ancaman penuh kemarahan dari raja Nebukadnezar tidak menakuti ketiga pemuda ini untuk memperlunak pendirian pribadi mereka. Mereka malah memberikan kesaksian yang berani dan sangat terus-terang tentang kesetiaan mereka kepada satu-satunya Allah yang benar. Mereka mempunyai pengharapan dan iman yang terpaut pada Dia yang adalah perlindungan dan kekuatan mereka (Mazm 46:2; 56:5). Mereka juga tahu bahwa murka Allah terhadap dosa dan ketidaktaatan jauh lebih hebat daripada kemarahan manusia (bd. pasal Im 26:1-46; Ul 28:1-68). Jadi, sebagai ungkapan iman yang kokoh, kepercayaan mutlak dan kesetiaan penuh kepada Allah, mereka mengatakan, "seandainya Ia tidak menolong." Mereka memiliki iman yang mengandalkan dan menaati Allah tanpa menghiraukan akibat-akibatnya. Ketaatan dan kepercayaan yang tabah kepada Allah, dan bukan terutama pengalaman kebebasan, memberikan bukti sejati iman alkitabiah. Sebagaimana banyak orang kudus dalam Alkitab, iman ketiga sahabat ini diuji amat sangat.

Full Life: Dan 3:24-25 - YANG KEEMPAT ITU RUPANYA SEPERTI ANAK DEWA. Nas : Dan 3:24-25 Orang keempat itu mungkin saja malaikat atau manisfestasi prapenjelmaan dari Kristus yang diutus untuk melindungi ketiga sahabat ...

Nas : Dan 3:24-25

Orang keempat itu mungkin saja malaikat atau manisfestasi prapenjelmaan dari Kristus yang diutus untuk melindungi ketiga sahabat Daniel dan mendampingi mereka pada saat cobaan yang hebat itu. Perhatikan bahwa makna nama Ibrani ketiga pemuda ini sesuai dengan kelepasan yang dikaruniakan Allah kepada mereka. "Tuhan menunjukkan kasih karunia" (Hananya) kepada mereka dan "Tuhan menolong" (Azarya) mereka. Rupa orang keempat di dalam perapian itu adalah seperti oknum "yang setara dengan Allah" (Misael;

lihat cat. --> Dan 1:7).

[atau ref. Dan 1:7]

Full Life: Dan 3:30 - SADRAKH, MESAKH DAN ABEDNEGO. Nas : Dan 3:30 Ketiga pemuda ini yang tetap setia kepada Allah bahkan ketika hidup mereka terancam kematian menjadi teladan yang menghukum kompromi...

Nas : Dan 3:30

Ketiga pemuda ini yang tetap setia kepada Allah bahkan ketika hidup mereka terancam kematian menjadi teladan yang menghukum kompromi rohani dan moral dari orang-orang yang mempergunakan berbagai pengaruh dan kebiasaan kontemporer sebagai alasan perbuatan duniawinya. Allah tidak menerima dalih bahwa kita boleh melakukan sesuatu hanya karena "semua orang melakukannya." Kita harus dengan tekun memohon agar Allah menanamkan suatu tekad yang teguh di dalam hati kita untuk tetap setia kepada Dia dan Firman-Nya, bagaimanapun juga akibatnya.

BIS: Dan 3:17 - Jika Allah ... melakukannya Jika Allah ... melakukannya, atau: Jika benar bahwa kita menolak menyembah ilah-ilah Tuanku atau tak mau sujud kepada patung emas yang Tuanku dirikan,...

Jika Allah ... melakukannya, atau: Jika benar bahwa kita menolak menyembah ilah-ilah Tuanku atau tak mau sujud kepada patung emas yang Tuanku dirikan, Allah yang kami sembah sanggup menyelamatkan kami dari perapian yang menyala-nyala itu dan dari kuasa Tuanku -- dan Ia pasti melakukannya.

Jerusalem: Dan 3:5 - rebab Kata Indonesia ini menterjemahkan sebuah kata Aram yang berarti suatu alat musik yang berbentuk segitiga dan memakai empat tali

Kata Indonesia ini menterjemahkan sebuah kata Aram yang berarti suatu alat musik yang berbentuk segitiga dan memakai empat tali

Jerusalem: Dan 3:5 - gembus Ialah semacam gitar.

Ialah semacam gitar.

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Sesudah Dan 3:23 ini terjemahan Yunani dan Siria menyisipkan (Aza 1:1-68) sebuah doa yang dipanjatkan Azarya (Abednego) dan (dengan catatan peralihan)...

Sesudah Dan 3:23 ini terjemahan Yunani dan Siria menyisipkan (Aza 1:1-68) sebuah doa yang dipanjatkan Azarya (Abednego) dan (dengan catatan peralihan) suatu lagu pujian yang dinyanyikan ketiga pemuda itu sementara dalam perapian. Bagian ini aselinya ditulis dalam bahasa Ibrani atau Aram. Lihat Tambahan pada Kitab Daniel, hal 752

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Dan 3:24-45

Dan 3:24-45

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Bdk Dan 9:4+; Ezr 9:6-15; Bar 1-2 Doa Azarya ini menyinggung banyak ayat dan nas Alkitab

Bdk Dan 9:4+; Ezr 9:6-15; Bar 1-2 Doa Azarya ini menyinggung banyak ayat dan nas Alkitab

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Dan 3:35

Dan 3:35

Jerusalem: Dan 3:23 - Abraham, kekasihMu Terjemahan lain: Abraham sahabatMu. Ini sebutan Abraham yang paling bagus dalam Alkitab. Dalam tradisi Arab dan kaum muslimin Abraham tetap disebut Sa...

Terjemahan lain: Abraham sahabatMu. Ini sebutan Abraham yang paling bagus dalam Alkitab. Dalam tradisi Arab dan kaum muslimin Abraham tetap disebut Sahabat Allah. Bdk 2Ta 20:7; Yes 41:8; Yak 2:23

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Dan 3:49

Dan 3:49

Jerusalem: Dan 3:23 - malaekat Tuhan Bdk Tob 5:4+

Bdk Tob 5:4+

Jerusalem: Dan 3:23 - -- Dan 3:55

Dan 3:55

Jerusalem: Dan 3:23 - bersemayam di atas kerub-kerub begitu orang menyebut TUHAN dalam ibadat sekitar tabut perjanjian, bdk 1Sa 4:4+. Mengenai kerub-kerub dalam bait Allah di Yerusalem bdk Kel 25:18+; 1R...

begitu orang menyebut TUHAN dalam ibadat sekitar tabut perjanjian, bdk 1Sa 4:4+. Mengenai kerub-kerub dalam bait Allah di Yerusalem bdk Kel 25:18+; 1Ra 6:23-29; 2Ta 3:10-13.

Jerusalem: Dan 3:25 - anak dewa Terjemahan lain: anak Allah Yang dimaksudkan ialah seorang malaikat pelindung, Dan 3:28.

Terjemahan lain: anak Allah Yang dimaksudkan ialah seorang malaikat pelindung, Dan 3:28.

Jerusalem: Dan 3:26 - Allah yang mahatinggi Ungkapan ini kadang-kadang dipakai oleh pemazmur-pemazmur, bdk Maz 7:17+, tetapi dalam ayat-ayat Alkitab yang lain selalu hanya dipakai oleh orang buk...

Ungkapan ini kadang-kadang dipakai oleh pemazmur-pemazmur, bdk Maz 7:17+, tetapi dalam ayat-ayat Alkitab yang lain selalu hanya dipakai oleh orang bukan Yahudi, Kej 14:18; Bil 24:16; Yes 14:14.

Ende: Dan 3:1 - -- Kisah ini, dalam mana Daniel tidak disebut namanja dan jang karenanja berasal dari kisah bersendiri, bermaksud menjatakan ketabahan hati dan kesetiaan...

Kisah ini, dalam mana Daniel tidak disebut namanja dan jang karenanja berasal dari kisah bersendiri, bermaksud menjatakan ketabahan hati dan kesetiaan pada agama sampai mati serta berkah jang diperoleh karenanja.

Ende: Dan 3:4 - -- Bangsa2 diwakili oleh pegawai2 tinggi jang disebut ajat 3(Dan 3:3).

Bangsa2 diwakili oleh pegawai2 tinggi jang disebut ajat 3(Dan 3:3).

Ende: Dan 3:8 - -- Kurang djelas apakah "Chaldai" adalah nama bangsa atau gelar golongan tertentu (ahlunnudjum).

Kurang djelas apakah "Chaldai" adalah nama bangsa atau gelar golongan tertentu (ahlunnudjum).

Ende: Dan 3:17-18 - -- Ketiga orang itu menolak sama sekali untuk memudja dewa, bagaimanapun djua tindakan Allah. Mereka tidak ragu2 mengenai kekuatan Allahnja dan mau setia...

Ketiga orang itu menolak sama sekali untuk memudja dewa, bagaimanapun djua tindakan Allah. Mereka tidak ragu2 mengenai kekuatan Allahnja dan mau setia sadja.

Ende: Dan 3:23 - -- [(25)-(45)] Lagu ini merupakan suatu pengakuan dosa jang diutjapkan oleh 'Azarja sadja. Seluruh bagian ini (Dan 3:24-30; Aza 1-68), jang terdapat hanj...

[(25)-(45)] Lagu ini merupakan suatu pengakuan dosa jang diutjapkan oleh 'Azarja sadja. Seluruh bagian ini (Dan 3:24-30; Aza 1-68), jang terdapat hanja dalam terdjemahan Junani, memutuskan djalan pikir kisah dalam naskah Hibrani (rumahnja sebagian dari naskah ini hilang djuga, oleh sebab kisah tidak langsung diteruskan ajat 24(Dan 3:24) dalam naskah Hibrani. Suatu peristiwa sebagaimana jang ditjeritakan naskah Junani diandaikan).

Bagian Junani itu kemudian diselipkan kedalam kisah. Aselinja pasti dikarang dalam bahasa Hibrani (Aram). Teks Junani jang diterdjemahkan disini adalah teks Theodotion. Si penjusun kitab melihat keadaan ketiga pemuda itu dalam dapur api sebagai suatu lambang keadaan malang bangsa Jahudi (th.168-165). Karena lagu itu tidak menjindir dapur api, melainkan keadaan bangsa pada masa Antiochos IV Epifanes.

Ende: Dan 3:23 - -- [(32)] Musuh durdjana dan radja lalim itu ialah si pengedjar agama Jahudi Antiochos IV.

[(32)] Musuh durdjana dan radja lalim itu ialah si pengedjar agama Jahudi Antiochos IV.

Ende: Dan 3:23 - -- [(38)] Pengarang menjindir penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochus IV jang memaksakan ibadah kafir pada bangsa Jahudi (th.165).

[(38)] Pengarang menjindir penghentian ibadah Jahudi oleh Antiochus IV jang memaksakan ibadah kafir pada bangsa Jahudi (th.165).

Ende: Dan 3:23 - -- [(39)-(40)] Suatu anggapan jang halus mengenai ibadah diutjap ajat2 ini. Bila ibadah lahir tak mungkin, maka ibadah batin menggantinja dan sama hargan...

[(39)-(40)] Suatu anggapan jang halus mengenai ibadah diutjap ajat2 ini. Bila ibadah lahir tak mungkin, maka ibadah batin menggantinja dan sama harganja djuga, karena kebatinan itu selalu merupakan unsur jang paling penting dalam ibadah.

Ende: Dan 3:23 - -- [(46)-(50)]Bagian ini sedjadjar dengan ajat 21-23(Dan 3:21-23) (dengan mengulang aj. 22(Dan 3:2) jang dirobah sedikit) meneruskan kisahnja.

[(46)-(50)]Bagian ini sedjadjar dengan ajat 21-23(Dan 3:21-23) (dengan mengulang aj. 22(Dan 3:2) jang dirobah sedikit) meneruskan kisahnja.

Ende: Dan 3:23 - -- [(49)] Malaekat Tuhan itu ialah bukan Allah sendiri (seperti seringkali arti ungkapan itu dalam perdjandjian lama), melainkan suatu machluk rohani jan...

[(49)] Malaekat Tuhan itu ialah bukan Allah sendiri (seperti seringkali arti ungkapan itu dalam perdjandjian lama), melainkan suatu machluk rohani jang tidak sama dengan Allah, hanja utusanNja, seorang malaekat betul.

Ende: Dan 3:23 - -- [(51)-(90)] Lagu pudji dan sjukur ini djuga tidak menjindir keadaan ketiga orang dalam dapur api itu, selain 88a-b bersifat tambahan. lagu itu terdiri...

[(51)-(90)] Lagu pudji dan sjukur ini djuga tidak menjindir keadaan ketiga orang dalam dapur api itu, selain 88a-b bersifat tambahan. lagu itu terdiri atas dua bagian: Aza 3-7 langsung memudji Allah; Aza 8-68 mengundang semua machluk ikut memuliakan Tuhan. Lagu itu berbentuk "litani".

Ende: Dan 3:23 - bait kemuliaanMu jang sutji [(53)] Maksudnja kurang terang, entah surga entah baitullah di Jerusjalem.

[(53)] Maksudnja kurang terang, entah surga entah baitullah di Jerusjalem.

Ende: Dan 3:23 - -- [(60)] Langit dibajangkan sebagai sebangsa kubah dan diatasnja ada lautan (laut purba).

[(60)] Langit dibajangkan sebagai sebangsa kubah dan diatasnja ada lautan (laut purba).

Ende: Dan 3:23 - balatentara Tuhan [(61)] ialah perbintangan.

[(61)] ialah perbintangan.

Ende: Dan 3:23 - -- [(88)] Ajat ini (dengan ditjoretnja a-b) menjampaikan dasar untuk seluruh lagu sjukur itu: Allah menjelamatkan dari pratala, maut, api, jaitu dari dar...

[(88)] Ajat ini (dengan ditjoretnja a-b) menjampaikan dasar untuk seluruh lagu sjukur itu: Allah menjelamatkan dari pratala, maut, api, jaitu dari darurat jang besar.

Ende: Dan 3:26 - Allah jang mahatinggi dalam mulut Nebukadnezar berarti: dewa tertinggi, jang paling kuasa. Nebukadnezar tidak menganut paham monoteis.

dalam mulut Nebukadnezar berarti: dewa tertinggi, jang paling kuasa. Nebukadnezar tidak menganut paham monoteis.

Ende: Dan 3:29 - -- Penetapan Nebukadnezar ini memberikan kebebasan agama kepada bangsa Jahudi. (Lain sekali kelakuan radja pada djaman si pengarang,jakni radja Antiochos...

Penetapan Nebukadnezar ini memberikan kebebasan agama kepada bangsa Jahudi. (Lain sekali kelakuan radja pada djaman si pengarang,jakni radja Antiochos IV).

Endetn: Dan 3:8 - -- Tiga kata (maka dari itu) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani Theodotion.

Tiga kata (maka dari itu) ditinggalkan menurut terdjemahan Junani Theodotion.

Ref. Silang FULL: Dan 3:1 - sebuah patung · sebuah patung: Dan 3:14; Yes 46:6; Yes 46:6; Yer 16:20; Hab 2:19

· sebuah patung: Dan 3:14; Yes 46:6; [Lihat FULL. Yes 46:6]; Yer 16:20; Hab 2:19

Ref. Silang FULL: Dan 3:2 - wakil raja // kepala daerah · wakil raja: Est 1:1; Est 1:1 · kepala daerah: Dan 3:27; Dan 6:8

· wakil raja: Est 1:1; [Lihat FULL. Est 1:1]

· kepala daerah: Dan 3:27; Dan 6:8

Ref. Silang FULL: Dan 3:4 - dan bahasa · dan bahasa: Dan 4:1; 6:26; Wahy 10:11

· dan bahasa: Dan 4:1; 6:26; Wahy 10:11

Ref. Silang FULL: Dan 3:5 - seruling, kecapi // menyembah patung // telah didirikan · seruling, kecapi: Kej 4:21; Kej 4:21 · menyembah patung: Wahy 13:12 · telah didirikan: Dan 3:10,15

· seruling, kecapi: Kej 4:21; [Lihat FULL. Kej 4:21]

· menyembah patung: Wahy 13:12

· telah didirikan: Dan 3:10,15

Ref. Silang FULL: Dan 3:6 - dalam perapian · dalam perapian: Dan 3:11,15,21; Yer 29:22; Dan 5:19; 6:8; Mat 13:42,50; Wahy 13:15

Ref. Silang FULL: Dan 3:7 - telah didirikan · telah didirikan: Dan 3:5; Dan 3:5

· telah didirikan: Dan 3:5; [Lihat FULL. Dan 3:5]

Ref. Silang FULL: Dan 3:8 - orang Kasdim · orang Kasdim: Yes 19:3; Yes 19:3; Dan 2:10; Dan 2:10

· orang Kasdim: Yes 19:3; [Lihat FULL. Yes 19:3]; Dan 2:10; [Lihat FULL. Dan 2:10]

Ref. Silang FULL: Dan 3:9 - kekallah hidup · kekallah hidup: Neh 2:3; Neh 2:3; Dan 5:10; 6:7

· kekallah hidup: Neh 2:3; [Lihat FULL. Neh 2:3]; Dan 5:10; 6:7

Ref. Silang FULL: Dan 3:10 - mengeluarkan titah // patung emas · mengeluarkan titah: Dan 6:13 · patung emas: Dan 3:4-6

· mengeluarkan titah: Dan 6:13

· patung emas: Dan 3:4-6

Ref. Silang FULL: Dan 3:12 - dan Abednego // tidak mengindahkan // tuanku dirikan · dan Abednego: Dan 2:49; Dan 2:49 · tidak mengindahkan: Dan 6:14 · tuanku dirikan: Est 3:3; Est 3:3

· dan Abednego: Dan 2:49; [Lihat FULL. Dan 2:49]

· tidak mengindahkan: Dan 6:14

· tuanku dirikan: Est 3:3; [Lihat FULL. Est 3:3]

Ref. Silang FULL: Dan 3:13 - dalam marahnya · dalam marahnya: Dan 2:12; Dan 2:12

· dalam marahnya: Dan 2:12; [Lihat FULL. Dan 2:12]

Ref. Silang FULL: Dan 3:14 - memuja dewaku // menyembah patung · memuja dewaku: Yes 46:1; Yer 50:2 · menyembah patung: Dan 3:1; Dan 3:1

· memuja dewaku: Yes 46:1; Yer 50:2

· menyembah patung: Dan 3:1; [Lihat FULL. Dan 3:1]

Ref. Silang FULL: Dan 3:15 - Dan dewa // dapat melepaskan · Dan dewa: Yes 36:18-20; Yes 36:18 s/d 20 · dapat melepaskan: 2Taw 32:15; 2Taw 32:15

· Dan dewa: Yes 36:18-20; [Lihat FULL. Yes 36:18] s/d 20

· dapat melepaskan: 2Taw 32:15; [Lihat FULL. 2Taw 32:15]

Ref. Silang FULL: Dan 3:16 - dan Abednego · dan Abednego: Dan 1:7; Dan 1:7

· dan Abednego: Dan 1:7; [Lihat FULL. Dan 1:7]

Ref. Silang FULL: Dan 3:17 - sanggup melepaskan // akan melepaskan · sanggup melepaskan: Kej 48:16; Kej 48:16; Mazm 18:49; Mazm 18:49; Mazm 27:1-2 · akan melepaskan: Ayub 5:19; Ayub 5:19; Yer 1:8; Dan 6...

· sanggup melepaskan: Kej 48:16; [Lihat FULL. Kej 48:16]; Mazm 18:49; [Lihat FULL. Mazm 18:49]; Mazm 27:1-2

· akan melepaskan: Ayub 5:19; [Lihat FULL. Ayub 5:19]; Yer 1:8; Dan 6:21

Ref. Silang FULL: Dan 3:18 - tuanku dirikan · tuanku dirikan: Dan 3:28; Kel 1:17; Kel 1:17; Yos 24:15; Yos 24:15

· tuanku dirikan: Dan 3:28; Kel 1:17; [Lihat FULL. Kel 1:17]; Yos 24:15; [Lihat FULL. Yos 24:15]

Ref. Silang FULL: Dan 3:19 - dibuat tujuh · dibuat tujuh: Im 26:18-28

· dibuat tujuh: Im 26:18-28

Ref. Silang FULL: Dan 3:20 - dan Abednego · dan Abednego: Dan 1:7; Dan 1:7

· dan Abednego: Dan 1:7; [Lihat FULL. Dan 1:7]

Ref. Silang FULL: Dan 3:22 - dan Abednego · dan Abednego: Dan 1:7; Dan 1:7

· dan Abednego: Dan 1:7; [Lihat FULL. Dan 1:7]

Ref. Silang FULL: Dan 3:26 - hamba-hamba Allah · hamba-hamba Allah: Dan 4:2,34

· hamba-hamba Allah: Dan 4:2,34

Ref. Silang FULL: Dan 3:27 - para menteri // datang berkumpul // oleh api · para menteri: Dan 3:2; Dan 6:8 · datang berkumpul: Mazm 91:3-11; Yes 43:2; Yes 43:2; Ibr 11:32-34 · oleh api: Dan 6:24

· para menteri: Dan 3:2; Dan 6:8

· datang berkumpul: Mazm 91:3-11; Yes 43:2; [Lihat FULL. Yes 43:2]; Ibr 11:32-34

· oleh api: Dan 6:24

Ref. Silang FULL: Dan 3:28 - mengutus malaikat-Nya // dan melepaskan // menaruh percaya // kecuali Allah · mengutus malaikat-Nya: Mazm 34:8; Mazm 34:8; Dan 6:23; Kis 5:19 · dan melepaskan: Mazm 97:10; Mazm 97:10; Kis 12:11 · menaruh p...

· mengutus malaikat-Nya: Mazm 34:8; [Lihat FULL. Mazm 34:8]; Dan 6:23; Kis 5:19

· dan melepaskan: Mazm 97:10; [Lihat FULL. Mazm 97:10]; Kis 12:11

· menaruh percaya: Ul 31:20; [Lihat FULL. Ul 31:20]; Ayub 13:15; [Lihat FULL. Ayub 13:15]; Mazm 26:1; [Lihat FULL. Mazm 26:1]; Mazm 84:13

· kecuali Allah: Dan 3:18; [Lihat FULL. Dan 3:18]

Ref. Silang FULL: Dan 3:29 - mengeluarkan perintah // timbunan puing // dapat melepaskan · mengeluarkan perintah: Dan 6:27 · timbunan puing: Ezr 6:11; Ezr 6:11 · dapat melepaskan: Dan 6:28

· mengeluarkan perintah: Dan 6:27

· timbunan puing: Ezr 6:11; [Lihat FULL. Ezr 6:11]

· dapat melepaskan: Dan 6:28

Ref. Silang FULL: Dan 3:30 - wilayah Babel · wilayah Babel: Dan 2:49; Dan 2:49

· wilayah Babel: Dan 2:49; [Lihat FULL. Dan 2:49]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Dan 3:1-12 - Pengakuan semu (Selasa, 20 April 1999) Pengakuan semu Pengakuan yang tercetus karena kekaguman bukanlah jaminan bahwa pengakuan itu akan terus diingat dan dilaksanakan. Kekaguman dan ...

SH: Dan 3:1-30 - Tetap beriman! Tanpa kompromi! (Minggu, 2 November 2008) Tetap beriman! Tanpa kompromi! Anda pilih yang mana: sembah patung atau mati? Sulitkah untuk memilih satu di antara dua pilihan tersebut? Bag...

SH: Dan 3:1-7 - Sembahlah Allah (Rabu, 22 November 2017) Sembahlah Allah Akibat melanggar komitmen, Nebukadnezar lupa pada pernyataan yang pernah diucapkannya bahwa Allah Daniel adalah Allah yang berkuasa m...

SH: Dan 3:1-30 - Rela Mati dalam Kesetiaan (Minggu, 5 November 2023) Rela Mati dalam Kesetiaan Umat yang setia tidak akan gentar sekalipun menghadapi banyak tantangan, bahkan jika hal itu berisiko pada kematian. Inilah...

SH: Dan 3:8-18 - Iman yang Sejati (Kamis, 23 November 2017) Iman yang Sejati Ingar-bingar penahbisan patung emas buatan Raja Nebukadnezar sudah selesai. Ritual untuk penyembahan patung ramai dilakukan oleh pen...

SH: Dan 3:13-30 - Pilihan yang penuh risiko (Rabu, 21 April 1999) Pilihan yang penuh risiko Sadrakh, Mesakh, dan Abednego diberi kesempatan untuk memilih. Menaati perintah raja Nebukadnezar yang berarti mendapa...

SH: Dan 3:19-30 - Jangan Membalas Kemarahan (Jumat, 24 November 2017) Jangan Membalas Kemarahan Ketika seseorang marah, ia melampiaskan kemarahannya dengan berbagai cara. Demikian juga dengan Nebukadnezar. Air mukanya b...

Utley: Dan 3:1-7 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:1-71 Raja Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang tingginya enam puluh hasta dan lebarnya enam hasta yang didirikann...

Utley: Dan 3:8-12 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:8-128 Pada waktu itu juga tampillah beberapa orang Kasdim menuduh orang Yahudi. 9 Berkatalah merek. kepada raja Nebukadne...

Utley: Dan 3:13-15 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:13-1513 Sesudah itu Nebukadnezar memerintahkan dalam marahnya dan geramnya untuk membawa Sadrakh, Mesakh dan Abednego men...

Utley: Dan 3:16-18 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:16-1816 Lalu Sadrakh, Mesakh dan Abednego menjawab raja Nebukadnezar: "Tidak ada gunanya kami memberi jawab kepada tuanku...

Utley: Dan 3:19-23 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:19-2319 Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu diperintah...

Utley: Dan 3:24-27 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:24-2724 Kemudian terkejutlah raja Nebukadnezar lalu bangun dengan segera; berkatalah ia kepada para menterinya: "Bukankah...

Utley: Dan 3:28-30 - --NASKAH NASB (UPDATED): Dan 3:28-3028 Berkatalah Nebukadnezar: "Terpujilah Allahnya Sadrakh, Mesakh dan Abednego! Ia telah mengutus malaikat-Nya dan me...

Topik Teologia: Dan 3:12 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Manusia Diciptakan sebagai Makhluk Moral Manusia Membuat Keputusan Moral Contoh-contoh Keputusan Moral ...

Topik Teologia: Dan 3:16 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Pencemaran Tempat Suci Penyembahan Berhala Penyembahan Berhala Dilarang ...

Topik Teologia: Dan 3:25 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat Allah...

Topik Teologia: Dan 3:26 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Allah yang Mahatinggi (Aramik: Elah Ilaai) ...

Topik Teologia: Dan 3:27 - -- Makhluk-makhluk Supranatural Para Malaikat Baik Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah ...

Topik Teologia: Dan 3:28 - -- Yesus Kristus Kristus dalam Perjanjian Lama Pra-eksistensi Kristus Pra-eksistensi Kristus dalam Theophani Malaikat Allah...

Topik Teologia: Dan 3:29 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Menaati Allah Taat kepada Allah Teladan-teladan Ketaatan Sadrakh, Mesakh,...

TFTWMS: Dan 3:1-18 - Berhala Baru BERHALA BARU (Daniel 3:1-18) Kisah itu dibuka dengan, Raja Nebukadnezar membuat sebuah patung emas yang tingginya enam puluh hasta dan lebarnya enam ...

TFTWMS: Dan 3:19-30 - Mereka Tidak Akan Terbakar MEREKA TIDAK AKAN TERBAKAR (Daniel 3:19-30) Maka meluaplah kegeraman Nebukadnezar, air mukanya berubah terhadap Sadrakh, Mesakh dan Abednego; lalu di...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Daniel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Daniel Tema : Kedaulatan Allah Dalam Sejarah Tanggal Penulisan: Sekitar 536-530 SM Latar Belakang Daniel, yang naman...

Full Life: Daniel (Garis Besar) Garis Besar I. Latar Belakang Sejarah Daniel (Dan 1:1-21) A. Daniel dan Teman-Teman Diangkut ke Babel ...

Jerusalem: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL Kalau ditinjau dari segi isinya, maka kitab Daniel dapat dibagi dua. Bagian pertama Daniel, yaitu Dan 1-6, berisikan kisah-kisah sbb: Daniel da...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENDAHULUAN Kitab Daniel memperkenalkan kita dengan tokoh jang bernama demikian. Kitab itu sedikitpun tidak menjatakan telah ditulis oleh Danie...

Ende: Daniel (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

TFTWMS: Daniel (Pendahuluan Kitab) Daniel 3:1-30 KEPUTUSAN & TANTANGAN KEPADA ALLAH Pasal 3, secara keseluruhan, adalah sebuah narasi. Di sini tidak ada penglihatan atau simbol yan...

TFTWMS: Daniel (Garis Besar) Catatan Akhir: 1 Ira D. Sankey, "Tuhanlah Pelindungmu," Nyanyian Kemenangan Iman, (Yayasan Kalam Hidup, Bandung 40112, 1999). Pengarang...

BIS: Daniel (Pendahuluan Kitab) DANIEL PENGANTAR Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis memb

DANIEL

PENGANTAR

Buku Daniel ditulis pada waktu bangsa Yahudi sangat menderita karena dianiaya dan ditindas oleh seorang raja asing. Si penulis membesarkan hati bangsanya dengan berbagai cerita dan laporan tentang penglihatan- penglihatan. Ia memberikan mereka harapan bahwa Allah akan menjatuhkan si penjajah dan memulihkan kerajaan bagi umat Allah.

Buku ini berisi dua bagian yang terpenting:

  1. 1. Kisah tentang Daniel dan beberapa temannya sepembuangan; mereka mengalahkan musuh-musuh mereka hanya karena mereka percaya dan taat kepada Allah. Kisah- kisah itu terjadi di zaman kerajaan Babel dan Persia.
  2. 2. Sejumlah penglihatan yang dilihat oleh Daniel. Dalam bentuk perlambang, penglihatan-penglihatan itu menggambarkan berkembangnya dan jatuhnya berbagai negara berturut-turut mulai dengan Babel. Selain itu, diramalkan juga jatuhnya si penjajah yang tidak mengenal Allah itu, serta kemenangan umat Allah.

Isi

  1.  Daniel dan teman-temannya
    Dan 1:1-6:28
  2.  Penglihatan-penglihatan yang dilihat Daniel
    Dan 7:1-11:45
    1. a. Empat binatang
      Dan 7:1-28
    2. b. Domba jantan dan kambing jantan
      Dan 8:1-9:27
  3.  Akhir zaman
    Dan 12:1-13

Ajaran: Daniel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada z

Tujuan

Supaya dengan mengenal isi Kitab Daniel, anggota jemaat mengerti bahwa kelahiran dan kedatangan Tuhan Yesus ke dunia telah dinubuatkan pada zaman dahulu. Dan juga tentang keadaan daripada zaman akhir. Selain itu, agar anggota jemaat juga dapat meneladani kehidupan Daniel dengan teman-temannya yang setia beribadah kepada Allah, walaupun berada di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Daniel.

Isi Kitab: Kitab Daniel terbagi atas 12 pasal, yang isinya berhubungan sejarah kekuasaan bangsa-bangsa di dunia, dan juga tentang keadaan pada masa yang akan datang, ketika Tuhan Yesus datang kembali ke dunia untuk yang kedua kali.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang isi Kitab Daniel, lihatlah uraian berikut:

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Daniel

  1. Pasal 1-66 (Dan 1:1-6:28).

    Pemberitaan tentang peristiwa-peristiwa kehidupan Nabi Daniel

    1. Sejarah Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego sebelum k Babel sampai mereka menjadi pejabat pemerintah Babe (Pasal 1; Dan 1:1-21).
    2. Cerita tentang mimpi raja Nebukadnezar dan arti yan dijelaskan oleh Daniel (Pasal 2; Dan 2:1-49).
    3. Cerita tentang ketaatan Sadrakh, Mesakh, dan Abedneg dalam menyembah Allah walaupun dimasukkan ke dala perapian yang menyala-nyala (Pasal 3; Dan 3:1-30).
    4. Pemberitahuan arti dari mimpi raja Nebukadnezar, da penggenapannya (Pasal 4; Dan 4:1-37).
    5. Cerita tentang tulisan di dinding dan arti sert penggenapannya (Pasal 5; Dan 5:1-31).
    6. Cerita ketaatan Daniel dalam beribadah kepada Alla walaupun dimasukkan ke dalam gua singa (Pasal 6; Dan 6:1-28).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Dan 1:8-15, 18-20. Apakah keputusan Daniel dan akibatnya?
    2. Bacalah pasal Dan 2:26-30, 47-49. Mengapa Daniel dapat menjelaskan mimpi raja? Dan apakah akibatnya?
    3. Bacalah pasal Dan 3:12-30. Mengapakah Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dihukum raja? Bagaimanakah sikap ketiga orang umat Allah itu? Dan apakah akibatnya?
    4. Bacalah pasal Dan 4:19-37. Apakah arti mimpi raja dan apakah akibatnya bagi raja?
    5. Bacalah pasal Dan 5:3-6, 17-30. Mengapakah ada tulisan di dinding? Dan apakah artinya serta akibatnya bagi raja?
    6. Bacalah pasal Dan 6:8-11,14-25. Apakah sebabnya Daniel dibuang ke gua singa? Dan apa saja yang terjadi? Apakah akibatnya atas orang-orang yan memfitnah/memusuhi umat Allah?
  2. Pasal 7-12 (Dan 7:1-12:13).

    Penglihatan Nabi Daniel tentang keadaan bangsa-bangsa di akhir zaman

    Pendalaman

    Bacalah pasal Dan 12:1-13. Apakah janji bagi orang-orang yang percaya? (pasal Dan 12:13).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Ketaatan Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego di dalam menyembah Allah walaupun berada dalam ancaman, merupakan pengajaran terhadap setiap orang Kristen untuk mempunyai kesetiaan dalam imannya ketika berada dalam bahaya.

  2. Pertolongan Allah terhadap Daniel dan teman-temannya, membuktikan bahwa Allah tidak pernah membiarkan anak-anak-Nya mengalami penderitaan seorang diri.

  3. Pada akhir zaman akan ada kesusahan-kesusahan besar, tetapi umat Allah akan mendapat bagian dalam kerajaan Allah yang kekal.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Daniel?
  2. Mengapakah Sadrakh dan teman-temannya dimasukkan ke dala perapian yang bernyala-nyala? Siapakah yang menolong?
  3. Mengapakah Daniel dimasukkan ke dalam gua singa? Dan siapakah penolongnya?
  4. Dari manakah pengetahuan Daniel untuk mengartikan mimp Raja Nebukadnezar?
  5. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Daniel?

Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) Orang yang diberi karunia penglihatan SIAPAKAH DANIELDaniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Ye

Orang yang diberi karunia penglihatan

SIAPAKAH DANIEL
Daniel adalah seorang tawanan perang yang ditangkap oleh Nebukadnezar, raja Babel, pada waktu Yerusalem jatuh. Bersama-sama dengan orang Yahudi dari golongan atas lainnya, Daniel diangkut ke Babel, dididik, dan dipekerjakan pada pemerintah. Dia bekerja di bawah Nebukadnezar, Belsyazar dan Darius dari tahun 605 SM sampai 536. Namanya berarti "Allah adalah hakimku", tetapi di Babel ia diberi nama baru. Seperti nama aslinya yang mengandung nama Allah Israel, yaitu El, maka nama barunya pun mengandung nama dewa Babel, Bel. Beltsazar mungkin berarti "Semoga dewa Bel melindungi raja". Perhatikan tiga hal mengenai Daniel, yaitu dia adalah seorang yang sangat bijaksana, sangat mudah bergaul dan rajin berdoa.

JAWABAN ATAS PERTANYAAN YANG MENGIBAKAN
Mazmur 137, sama seperti halnya nubuatan ini, ditulis di Babel: "Di tepi sungai-sungai Babel
di sanalah kita duduk sambil menangis,
apabila kita mengingat Sion."
Hidup dalam pengasingan sangat menghancurkan moral bangsa Yahudi. Mereka merasa bahwa Allah telah meninggalkan mereka. Oleh karena itu, mereka menggantungkan harpa mereka dan menolak untuk bernyanyi: "Bagaimanakah kita menyanyikan nyanyian Tuhan di negeri asing?"
Itulah pertanyaan mereka yang mengibakan. Daniel menjawab pertanyaan mereka. Ia menunjukkan bahwa Allah tetap Allah, walaupun mereka berada di Babel.

DANIEL DAN ANTIOKUS EFIFANUS
Bagian kedua kitab Daniel berisi gambaran yang mengandung nubuatan yang dapat kita lihat sudah digenapi secara detail dalam pemerintahan Antiokus Efifanus, yang memerintah sebagian besar Asia Kecil, Siria dan Palestina dari tahun 175 sampai 164 SM. Banyak penulis tentang Daniel menolak adanya nubuatan di kitab kedua ini dan berpendapat bahwa kitab ini, sebenarnya, ditulis sekitar tahun 165 SM, bukan oleh Daniel tetapi oleh seorang penulis tak dikenal. Keberatan mereka yang utama rupanya menyangkut konsep nubuatan sebagai ramalan mengenai apa yang akan terjadi di masa depan, khususnya nubuatan yang sangat rinci. Tetapi nubuatan-nubuatan ini mendapat perhatian sungguh-sungguh dari Tuhan Yesus (Matius 24:15) dan harus diakui bahwa paling tidak dua, mungkin tiga nubuatan digenapi: di zaman dan pada Akhir Zaman. Keempat binatang buas yang dilukiskan dalam Daniel 7 boleh jadi ditafsirkan dalam tiga cara, yaitu sebagai kerajaan-kerajaan besar dunia, masa lalui, sekarang dan masa yang akan datang.

Pesan

1. Minat fatalistis manusia terhadap agama Dan 3:1-30
o Obyek penyembahan manusia disediakan. Perhatikan konstruksinya -- lunak tetapi terbuat dari emas yang mewah dan ukurannya -- kaku tetapi kelihatannya hebat. Dan 3:1-3
o Perintah dikeluarkan. Suatu liturgi baru! "Katakan pada kami apa yang harus kami lakukan dan kami akan melakukannya!" Pendapat Nebukadnezar itu benar bahwa gabungan rasa kagum dan takut dapat meningkatkan penyembahan. Dan 3:4-6
o Ketaatan ditawarkan. Manusia seperti domba dan mereka akan mengikuti seorang "gembala". Ini merupakan peringatan bagi para pemimpin. Dan 3:7
o Tuduhan dilancarkan. Bersyukurlah kepada Allah bagi para "non-konformis", orang yang dapat membedakan yang benar dari yang jahat, walaupun yang salah itu bersumber pada raja. Dan 3:8-12
o Suatu pilihan ditawarkan. Bertobat atau mati! Sering kali pilihan yang ditawarkan begitu gamblang, tetapi kita sering menolak Kristus jika pilihan itu bukan kematian, melainkan semata-mata hanya menjadi bahan tertawaan atau dianggap aneh. Dan 3:13-15
o Jawaban diberikan. Dan jawaban itu luar biasa! Kami tidak mau! Kemenangan! Dan 3:16-18
o Hukuman dilaksanakan. Iman ketiga orang ini dicobai habis-habisan; kelihatannya tidak akan ada pembebasan. Dan 3:19-23
o Ada pelepasan. Ada orang keempat, suatu tubuh ilahi, yang berjalan bersama mereka bertiga di dalam api (suatu ilustrasi luar biasa dari Yesaya 43:2). Dan 3:24-27
o Suatu titah baru. Nebukadnezar sungguh bersedia untuk menambahkan Allah Israel ke dalam koleksi dewa-dewanya, bahkan mengakui kuasanya yang luar biasa untuk menyelamatkan. Tetapi Dia "Allah Sadrakh, Mesakh dan Abednego. Dan 3:28-29
o Kedudukan baru. Dari penjara kepada kekuasaan, dari penghinaan kepada kehormatan. Yusuf juga mempunyai pengalaman yang serupa (Kejadian 41). Dan 3:30

2. Pengetahuan Allah yang sempurna mengenai hari depan Dan 9:20-27
o Pengantar Wahyu. Kembali kita mendapatkan Daniel yang sedang berdoa; tidak meminta sesuatu, tetapi mengakui segala kesalahannya; meluruskan hubungannya dengan Allah. Dan 9:20-23
o Suatu ringkasan yang tepat. Tujuh kali tujuh puluh, tidak semata-mata 490 tahun, tetapi angka yang mewakili seluruh periode dalam rencana Allah. Dan 9:24
o Petunjuk untuk penafsiran. Rencana inti terbagi dalam tiga bagian: 49 tahun, 434 tahun dan masa akhir selama 7 tahun. Ayat Dan 9:27 boleh jadi menunjuk baik kepada Antiokus (yang meninggalkan altar dengan memberlakukan tata ibadah kafir), maupun masa pemerintahan Titus, yaitu ketika pada tanggal 17 juli tahun 70, semua korban sembelihan di bait Allah dihentikan, dan sampai akhir dari Kitab Wahyu. Kitab Daniel harus ditafsirkan di bawah terang Wahyu. Dan 9:25-27

Penerapan

1. Orang Kristen sebagai orang buangan
Seperti dikatakan oleh Paulus, "kewargaan kita adalah di dalam sorga" (Fil 3:20), dan Petruss menasihati kita, "hendaklah kamu hidup dalam ketakutan selama kamu menumpang di dunia ini" (1Pe 1:17).
Demikianlah yang terjadi dengan Daniel: seorang buangan, seorang pendatang, seorang asing. Bagian pertama dari kitab ini merupakan suatu tuntunan yang luar biasa mengenai bagaimana umat Allah harus bersikap dalam dunia yang jahat ini.
Pasal-pasal permulaan dari kitab ini mengajarkan kepada kita:
o Jangan terpengaruh oleh puji-pujian duniawi, atau oleh hadiah-hadiah (Dan 5:17).
o Jangan takut terhadap ancaman dunia; katakan apa yang harus dikatakan (Dan 3:16-18).
o Jangan terpengaruh dengan agama-agama dunia; bersamalah dengan Allah dan serahkanlah segala konsekuensinya kepada Dia (Dan 6:1-10).

2. Umat Allah sebagai kawan sekerja Allah
Dalam keseluruhan kitab Daniel kita merasakan adanya kehadiran Allah bersama umat-Nya, berbagi rencana dengan mereka dan berbagi pengalaman. Itu pula yang menjadi pelajaran yang harus diajarkan oleh Musa kepada orang buangan di Mesir. Mereka telah menderita dan telah pula berdoa, tetapi Allah tidak menyelamatkan mereka. Allah berkata kepada Musa: "Aku telah memperhatikan dengan sungguh kesengsaraan umat-Ku di tanah Mesir, dan Aku telah mendengar seruan mereka yang disebabkan olah pengerah-pengerah mereka, ya, Aku mengetahui penderitaan mereka. Sebab itu Aku telah turun untuk melepaskan mereka..." (Keluaran 3:7,8). Daniel mengingatkan kita bahwa meskipun Allah mungkin kadang-kadang membiarkan kita menderita, Dia selalu dekat dengan kita dan selalu dapat membebaskan kita. Dan sebagai kawan sekerja-Nya, Dia kadang-kadang mengizinkan kita untuk sejenak melihat kemuliaan yang akan datang.

Tema-tema Kunci

Akhir zaman
o Kitab Daniel merupakan kitab nubuatan, tetapi dalam bentuk yang lain daripada yang lain, berisi gambar-gambar dan lambang. Kitab itu terutama berkenaan dengan akhir zaman. Dalam hal ini serupa dengan Wahyu, tetapi harus juga dibandingkan dengan Markus 13, Matius 24 dan Lukas 21.
o Dari kata-kata Tuhan Yesus sendiri (Markus 13:32-4) timbul suatu prinsip yang penting, yaitu kita tidak diperkenankan untuk mengetahui dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba. Informasi yang kita dapat dari kitab Daniel tidaklah cukup bagi kita untuk menentukan dengan tepat kapan akhir zaman itu akan tiba.
o Namun demikian, kita bukan tidak diberi petunjuk. Ada orang yang menertawakan nubuatan dan menolak pendapat mengenai Wahyu, akhir zaman yang penuh bencana. Segala sesuatu berjalan seperti sedia kala (2Pe 3:1-13). Ada pula yang ingin tahu lebih banyak daripada yang diperbolehkan, dan mencoba untuk menentukan waktu yang tepat kapan akhir zaman itu akan terjadi.
o Banyak usaha penjelasan arti misteri "tujuh" telah diusulkan. Periode pertama dari tujuh kali tujuh masa bisa jadi menunjuk kepada periode pembuangan dari 587 SM ketika Yerusalem jatuh, sampai 538/7 SM ketika Xerxes memerintahkan pembangunan kembali Yerusalem. Ada kesepakatan meluas bahwa Yang Diurapi (arti dari istilah bahasa Ibrani: Mesias) pasti menunjuk kepada Kristus. Namun diusulkan pula bahwa antara 69 minggu dan minggu terakhir yaitu antara kedatangan Kristus pertama dan kedua, terjadi masa "diam" yang lama yang di dalamnya kabar baik diberitakan.
o Kejadian-kejadian yang terjadi dalam Dan 9:27 dan acuan kepada "pertengahan masa" sering dibandingkan dengan Wahyu 11:1-13, dan sudah jelas bahwa perkataan-perkataan Daniel tidak dapat ditafsirkan tanpa mengacu kepada ayat-ayat ini dan ayat-ayat lainnya dalam Wahyu. Pelajari dan bandingkan: Daniel 9:20-27; Matius 24:1-44; 2Pe 3; dan Wahyu 11. Perhatikan mengapa angka tujuh merupakan lambang penting dalam Alkitab. Telusuri berapa banyak angka tujuh yang ada dalam kitab Wahyu. Nubuatan-nubuatan itu akan lebih mudah dimengerti jika angka tujuh diartikan secara simbolis dan tidak secara harafiah, untuk melambangkan "kesempurnaan".
o Daftarkan apa saja yang kita ketahui mengenai akhir zaman. Apakah kita perlu mengetahui lebih banyak lagi? Dengan apa yang kita ketahui, harus menjadi manusia macam apakah kita ini (2Pe 3:11-15)?

Garis Besar Intisari: Daniel (Pendahuluan Kitab) [1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21 Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[1] DANIEL DI BABEL Dan 1:1-21

Dan 1:1-7Bagaimana Daniel datang ke Babel
Dan 1:8-16Daniel menjadi vegetaris
Dan 1:17-21Anugerah-anugerah Allah

[2] MIMPI NEBUKADNEZAR TENTANG SEBUAH PATUNG Dan 2:1-49

Dan 2:1-13Mimpi itu
Dan 2:14-23Daniel sebagai pendoa
Dan 2:24-25Penafsiran mimpi
Dan 2:46-49Daniel yang penuh kuasa

[3] PERAPIAN YANG BERNYALA-NYALA Dan 3:1-30

Dan 3:1-7Perintah raja
Dan 3:8-23Dituduh, dijatuhi hukuman
Dan 3:24-27Dilepaskan
Dan 3:28-30Diberi kedudukan

[4] MIMPI NEBUKADNEZAR MENGENAI POHON Dan 4:1-37

Dan 4:1-18Mimpi diceritakan
Dan 4:19-27Mimpi dijelaskan
Dan 4:28-37Mimpi menjadi kenyataan

[5] PESTA RAJA BELSYAZAR Dan 5:1-31

Dan 5:1-9Tulisan di atas tembok
Dan 5:10-12Daniel dipanggil
Dan 5:13-28Daniel menerangkan semuanya
Dan 5:29-31Anugerah dan kehancuran

[6] DANIEL DAN SINGA-SINGA Dan 6:1-28

Dan 6:1-4Pejabat dengan kuasa penuh
Dan 6:5-9Persekongkolan
Dan 6:10-18Kandang singa
Dan 6:19-23Allah kembali bertindak
Dan 6:24-28Titah kerajaan

[7] PENGLIHATAN MENGENAI EMPAT BINATANG BUAS Dan 7:1-28

[8] DOMBA JANTAN DAN KAMBING JANTAN Dan 8:1-17

[9] BERHENTI SEJENAK UNTUK BERDOA Dan 9:1-19

[10] TUJUH PULUH KALI TUJUH MASA Dan 9:20-27

[11] PENGANTAR NUBUATAN Dan 10:1-21

Dan 10:1-3Keadaan
Dan 10:4-17Daniel jatuh pingsan
Dan 10:18-21Jamahan yang menguatkan

[12] PENGLIHATAN TENTANG RAJA-RAJA Dan 11:1-12:4

Dan 11:36-45 Raja perebut kuasa
Dan 11:1-35Kedua raja
Dan 12:1-4 Raja penyelamat

[13] PENGLIHATAN DI TEPI SUNGAI Dan 12:5-13

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #20: Untuk penyelidikan lebih dalam, silakan baca artikel-artikel terkait melalui Tab Artikel. [SEMUA]
dibuat dalam 1.03 detik
dipersembahkan oleh YLSA