kecilkan semua  

Teks -- Ayub 34:1-37 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Allah tidak berlaku curang
34:1 Maka berbicaralah Elihu: 34:2 "Dengarkanlah perkataanku, kamu orang-orang yang mempunyai hikmat, berilah telinga kepadaku, kamu orang-orang yang berakal budi. 34:3 Karena telinga itu menguji kata-kata, seperti langit-langit mencecap makanan. 34:4 Biarlah kita memutuskan bagi kita sendiri apa yang adil, menentukan bersama-sama apa yang baik. 34:5 Karena Ayub berkata: Aku benar, tetapi Allah mengambil hakku; 34:6 kendati aku mempunyai hak aku dianggap berdusta, sekalipun aku tidak melakukan pelanggaran, lukaku tidak dapat sembuh lagi. 34:7 Siapakah seperti Ayub, yang minum hujatan terhadap Allah seperti air, 34:8 yang mencari persekutuan dengan orang-orang yang melakukan kejahatan dan bergaul dengan orang-orang fasik? 34:9 Karena ia telah berkata: Tidak berguna bagi manusia, kalau ia dikenan Allah. 34:10 Oleh sebab itu, kamu orang-orang yang berakal budi, dengarkanlah aku: Jauhlah dari pada Allah untuk melakukan kefasikan, dan dari pada Yang Mahakuasa untuk berbuat curang. 34:11 Malah Ia mengganjar manusia sesuai perbuatannya, dan membuat setiap orang mengalami sesuai kelakuannya. 34:12 Sungguh, Allah tidak berlaku curang, Yang Mahakuasa tidak membengkokkan keadilan. 34:13 Siapa mempercayakan bumi kepada-Nya? Siapa membebankan alam semesta kepada-Nya? 34:14 Jikalau Ia menarik kembali Roh-Nya, dan mengembalikan nafas-Nya pada-Nya, 34:15 maka binasalah bersama-sama segala yang hidup, dan kembalilah manusia kepada debu. 34:16 Jikalau engkau berakal budi, dengarkanlah ini, pasanglah telinga kepada apa yang kuucapkan. 34:17 Dapatkah pembenci keadilan memegang kekuasaan, dan apakah engkau mau mempersalahkan Dia yang adil dan perkasa, 34:18 Dia yang berfirman kepada raja: Hai, orang dursila, kepada para bangsawan: Hai, orang fasik; 34:19 Dia yang tidak memihak kepada para pembesar, dan tidak mengutamakan orang yang terkemuka dari pada orang kecil, karena mereka sekalian adalah buatan tangan-Nya? 34:20 Dalam sekejap mata mereka mati, ya, pada tengah malam orang dikejutkan dan binasa; mereka yang perkasa dilenyapkan bukan oleh tangan orang. 34:21 Karena mata-Nya mengawasi jalan manusia, dan Ia melihat segala langkahnya; 34:22 tidak ada kegelapan ataupun kelam kabut, di mana orang-orang yang melakukan kejahatan dapat bersembunyi. 34:23 Karena bagi manusia Ia tidak menentukan waktu untuk datang menghadap Allah supaya diadili, 34:24 orang-orang yang perkasa diremukkan-Nya dengan tidak diperiksa, dan orang-orang lain diangkat-Nya ganti mereka. 34:25 Jadi, Ia mengetahui perbuatan mereka, dan menggulingkan mereka di waktu malam, sehingga mereka hancur lebur. 34:26 Mereka ditampar-Nya karena kefasikan mereka, dengan dilihat orang banyak, 34:27 karena mereka meninggalkan-Nya, dan tidak mengindahkan satupun dari pada jalan-Nya, 34:28 sehingga mereka menyebabkan jeritan orang miskin naik ke hadapan-Nya, dan Ia mendengar jeritan orang sengsara. 34:29 -- Kalau Dia berdiam diri, siapa akan menjatuhkan hukuman? Kalau Dia menyembunyikan wajah-Nya, siapa akan melihat Dia, baik itu sesuatu bangsa atau orang seorang? --, 34:30 supaya jangan menjadi raja orang fasik yang adalah jerat bagi orang banyak. 34:31 Tetapi kalau seseorang berkata kepada Allah: Aku telah menyombongkan diri, tetapi aku tidak akan lagi berbuat jahat; 34:32 apa yang tidak kumengerti, ajarkanlah kepadaku; jikalau aku telah berbuat curang, maka aku tidak akan berbuat lagi, 34:33 menurut hematmu apakah Allah harus melakukan pembalasan karena engkau yang menolak? Jadi, engkau jugalah yang harus memutuskan, bukan aku; katakanlah apa yang engkau tahu! 34:34 Maka orang-orang yang berakal budi dan orang yang mempunyai hikmat yang mendengarkan aku akan berkata kepadaku: 34:35 Ayub berbicara tanpa pengetahuan, dan perkataannya tidak mengandung pengertian. 34:36 Ah, kiranya Ayub diuji terus-menerus, karena ia menjawab seperti orang-orang jahat! 34:37 Karena ia menambahkan dosanya dengan pelanggaran, ia mengepalkan tangan di antara kami dan banyak bicara terhadap Allah."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ayub a man whose story is told in the book of Job,a man from the land of Uz in Edom
 · Elihu son of Tohu/Toah/Nahath; a Levite from Ephraim,a commander from Manasseh who defected to David,son of Shemaiah (Levi); a gatekeeper,brother of David and his chief officer over the tribe of Judah,son of Barachel the Buzite of the family of Ram; friend of Job


Topik/Tema Kamus: Elihu | Ayub | Orang Kudus Yang Menderita | Susah, Kesusahan Dijadikan Faedah | Orang Miskin | Sejahtera (Secara Rohani) | Orang Fasik | Raja | Dosa | Adil, Keadilan Allah | Kematian | Berontak, Pemberontakan Kepada Allah | Bumi | Doa Di Dalam Kesusahan | Hikmat Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 34:37 - IA MENAMBAHKAN DOSANYA DENGAN PELANGGARAN. Nas : Ayub 34:37 Elihu berpendapat bahwa pertanyaan dan keluhan Ayub terhadap Allah (Ayub 19:6; 27:2) menunjukkan pemberontakan langsung terhadap A...

Nas : Ayub 34:37

Elihu berpendapat bahwa pertanyaan dan keluhan Ayub terhadap Allah (Ayub 19:6; 27:2) menunjukkan pemberontakan langsung terhadap Allah. Walaupun mungkin benar bahwa Ayub bersalah besar dengan mengeluh kepada Allah, hatinya tetap berpaut kepada Allah sebagai Tuhannya (Ayub 19:25-27; Ayub 23:8-12; 27:1-6). Dalam semangatnya untuk membenarkan Allah, Elihu gagal untuk memahami sepenuhnya kebutuhan Ayub untuk mengungkapkan seluruh perasaannya yang paling dalam kepada Allah (bd. Mazm 42:10; 43:2).

BIS: Ayb 34:23 - saatnya Kemungkinan besar artinya saatnya; Ibrani: masih.

Kemungkinan besar artinya saatnya; Ibrani: masih.

Jerusalem: Ayb 34:5 - -- Bdk Ayu 27:2.

Bdk Ayu 27:2.

Jerusalem: Ayb 34:6 - -- Bdk Ayu 9:15,20.

Jerusalem: Ayb 34:7 - Siapakah seperti Ayub Elihu mencurigai sikap keagamaan Ayub dan menyamakan dia dengan "pencemooh" yang dikecam sastera kebijaksanaan, bdk Ams 21:24; Maz 1:1+.

Elihu mencurigai sikap keagamaan Ayub dan menyamakan dia dengan "pencemooh" yang dikecam sastera kebijaksanaan, bdk Ams 21:24; Maz 1:1+.

Jerusalem: Ayb 34:11 - -- Bdk Maz 62:12+.

Bdk Maz 62:12+.

Jerusalem: Ayb 34:13 - Siapakah mempercayakan... Jalan pikiran mungkin begini: Allah tidak memimpin alam semesta atas pesan seseorang yang lain: Ia tidak hanya melaksanakan hukum yang ditetapkan oran...

Jalan pikiran mungkin begini: Allah tidak memimpin alam semesta atas pesan seseorang yang lain: Ia tidak hanya melaksanakan hukum yang ditetapkan orang lain. Sebaliknya, Allah yang mahakuasa sendirilah yang melandaskan tata hukum serta mempertahankannya. Karena itu mustahil Allah melanggar keadilan, entah terdorong oleh kepentingan sendiri entah oleh karena dipaksa orang lain. Bdk Wis 11:20-26; 12:11-18.

Jerusalem: Ayb 34:14 - Ia menarik kembali RohNya Roh itu ialah roh Allah yang memberi manusia dsb hidup. Terjemahan ini menurut terjemahan Siria dan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia meletakka...

Roh itu ialah roh Allah yang memberi manusia dsb hidup. Terjemahan ini menurut terjemahan Siria dan Yunani. Dalam naskah Ibrani tertulis: Ia meletakkan rohNya padanya.

Jerusalem: Ayb 34:15 - -- Bdk Kej 6:3; 3:19.

Jerusalem: Ayb 34:20 - orang dikejutkan... Naskah Ibrani rusak dan terjemahan dikira-kirakan saja.

Naskah Ibrani rusak dan terjemahan dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Ayb 34:21 - -- Bdk Maz 33:14-15.

Jerusalem: Ayb 34:26-33 - -- Bagian ini dalam naskah Ibrani rusak sekali. terjemahannya tidak pasti sama sekali Ayu 34:28-33 tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Bagian ini dalam naskah Ibrani rusak sekali. terjemahannya tidak pasti sama sekali Ayu 34:28-33 tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: Ayb 34:33 - menurut hematmu.... Pikiran Elihu agaknya l.k. sbb: Jika Ayub berani mencela kelakuan Allah, maka ternyata ia mempunyai pengertian yang terlalu sempit mengenai keadilan A...

Pikiran Elihu agaknya l.k. sbb: Jika Ayub berani mencela kelakuan Allah, maka ternyata ia mempunyai pengertian yang terlalu sempit mengenai keadilan Allah seolah-olah mesti membalas menurut hukum pembalasan dengan tidak ada kekecualian. Tetapi jika hukum pembalasan tidak mengizinkan kekecualian, mustahillah Allah mengampuni dosa. baiklah Ayub jangan mengetrapkan hukum pembalasan yang ketat pada dirinya sendiri: hendaknya ia mempertimbangkan kalau-kalau Allah mencobai dia atas dasar lain. Dengan sikap kerasnya Ayub menambah pada dosanya "pelanggaran", artinya kedurhakaan, Ayu 34:37.

Ende: Ayb 34:17 - -- Maknanja: Seorang hakim jang tak adil tidak menghukum si djahat, oleh sebab ia menerima uang suap. Ijob berpendapat, bahwa Allah tak adil. Tetapi ini ...

Maknanja: Seorang hakim jang tak adil tidak menghukum si djahat, oleh sebab ia menerima uang suap. Ijob berpendapat, bahwa Allah tak adil. Tetapi ini tak mungkin, sebab, kalau demikian halnja, maka Ijob djuga dapat melepaskan dirinja dengan melepaskan dirinja dengan memberi uang suap kepada hakimnja, Allah.

Ende: Ayb 34:26-33 - -- Naskah Hibrani disini sangat gelap dan rusak rupanja.

Naskah Hibrani disini sangat gelap dan rusak rupanja.

Ende: Ayb 34:27-29 - -- Itulah soal Ijob. Ia ingin, bahwa Allah segera menghukum. Elihu memberi keterangan, mengapa Allah me-nunda2 hukuman, jakni karena belaskasihanNja.

Itulah soal Ijob. Ia ingin, bahwa Allah segera menghukum. Elihu memberi keterangan, mengapa Allah me-nunda2 hukuman, jakni karena belaskasihanNja.

Ende: Ayb 34:33 - -- Ijob menolak penjelenggaraan Allah jang berbelas kasihan itu, oleh sebab ia mengenal keadilan jang sempit sadja. Dan oleh karena Ijob memilih anggapan...

Ijob menolak penjelenggaraan Allah jang berbelas kasihan itu, oleh sebab ia mengenal keadilan jang sempit sadja. Dan oleh karena Ijob memilih anggapan ini, maka ia sendiri harus memberi keterangan tentang kedjadian2. Elihu mengetahui djawaban atas soal itu, tetapi Ijob tidak, bila ia terus berpegang pada anggapannja tadi.

Ende: Ayb 34:37 - bertepuk tangan ialah: isjarat kemenangan. Ijob mengira ia dapat menolak anggapan umum tentang keadilan Allah.

ialah: isjarat kemenangan. Ijob mengira ia dapat menolak anggapan umum tentang keadilan Allah.

Endetn: Ayb 34:14 - memulangkan diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan ditinggalkan: "hatinja", sedang "rohnja" dipindahkan. Tertulis: "mengenakan kepadanja hatinja, rohnja d...

diperbaiki menurut beberapa naskah Hibrani dan ditinggalkan: "hatinja", sedang "rohnja" dipindahkan. Tertulis: "mengenakan kepadanja hatinja, rohnja dan nafasnja".

Endetn: Ayb 34:16 - dapat kaumengerti diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "pengertian".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "pengertian".

Endetn: Ayb 34:18 - jang diperbaiki.

diperbaiki.

Endetn: Ayb 34:20 - kaum bangsawan djatuh binasa diperbaiki. Tertulis: "orang digelisahkan".

diperbaiki. Tertulis: "orang digelisahkan".

Endetn: Ayb 34:20 - pergi diperbaiki. Tertulis: "mereka (orang) mendjauhkan".

diperbaiki. Tertulis: "mereka (orang) mendjauhkan".

Endetn: Ayb 34:23 - djangka waktu diperbaiki. Tertulis: "lagi".

diperbaiki. Tertulis: "lagi".

Endetn: Ayb 34:27 - Bila orang berkata Naskah Hibrani tidak terang.

Naskah Hibrani tidak terang.

Endetn: Ayb 34:29 - peduli diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

Endetn: Ayb 34:30 - melepaskan diperbaiki. Tertulis: "meradjai". "kesesakan", diperbaiki. Tertulis: "rakjat".

diperbaiki. Tertulis: "meradjai". "kesesakan", diperbaiki. Tertulis: "rakjat".

Endetn: Ayb 34:31 - (lagi) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Ayb 34:32 - -- Satu kata ditinggalkan dan satu dipindahkan ke ajat Ayu 34:31b (lagi) serta diperbaiki. "djika aku berdosa". Menurut terdjemahan Latin.

Satu kata ditinggalkan dan satu dipindahkan ke ajat Ayu 34:31b (lagi) serta diperbaiki. "djika aku berdosa". Menurut terdjemahan Latin.

Endetn: Ayb 34:36 - -- Satu kata ditinggalkan.

Satu kata ditinggalkan.

Ref. Silang FULL: Ayb 34:2 - telinga kepadaku · telinga kepadaku: Ayub 32:10; Ayub 32:10

· telinga kepadaku: Ayub 32:10; [Lihat FULL. Ayub 32:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:3 - mencecap makanan · mencecap makanan: Ayub 12:11

· mencecap makanan: Ayub 12:11

Ref. Silang FULL: Ayb 34:4 - yang adil // yang baik · yang adil: Ayub 12:12; Ayub 12:12; Ibr 5:14 · yang baik: 1Tes 5:21

· yang adil: Ayub 12:12; [Lihat FULL. Ayub 12:12]; Ibr 5:14

· yang baik: 1Tes 5:21

Ref. Silang FULL: Ayb 34:5 - Aku benar // mengambil hakku · Aku benar: Ayub 10:7; Ayub 10:7 · mengambil hakku: Ayub 6:29; Ayub 6:29

· Aku benar: Ayub 10:7; [Lihat FULL. Ayub 10:7]

· mengambil hakku: Ayub 6:29; [Lihat FULL. Ayub 6:29]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:6 - dianggap berdusta // melakukan pelanggaran // lukaku · dianggap berdusta: Ayub 6:28; Ayub 6:28 · melakukan pelanggaran: Ayub 9:21; Ayub 9:21 · lukaku: Ayub 6:4; Ayub 6:4; Ayub 10:3;...

· dianggap berdusta: Ayub 6:28; [Lihat FULL. Ayub 6:28]

· melakukan pelanggaran: Ayub 9:21; [Lihat FULL. Ayub 9:21]

· lukaku: Ayub 6:4; [Lihat FULL. Ayub 6:4]; Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]; Yer 10:19; [Lihat FULL. Yer 10:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:7 - seperti air · seperti air: Ayub 9:21; Ayub 9:21; Ayub 15:16; Ayub 15:16

· seperti air: Ayub 9:21; [Lihat FULL. Ayub 9:21]; Ayub 15:16; [Lihat FULL. Ayub 15:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:8 - orang-orang fasik · orang-orang fasik: Ayub 22:15; Ayub 22:15

· orang-orang fasik: Ayub 22:15; [Lihat FULL. Ayub 22:15]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:9 - dikenan Allah · dikenan Allah: Ayub 9:29-31; Ayub 9:29 s/d 31; Ayub 21:15; Ayub 21:15

· dikenan Allah: Ayub 9:29-31; [Lihat FULL. Ayub 9:29] s/d 31; Ayub 21:15; [Lihat FULL. Ayub 21:15]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:10 - yang berakal // dengarkanlah aku // melakukan kefasikan // berbuat curang · yang berakal: Ayub 34:16; Ayub 12:12; Ayub 12:12 · dengarkanlah aku: Ayub 32:10 · melakukan kefasikan: Kej 18:25; Kej 18:25 &mi...

· yang berakal: Ayub 34:16; Ayub 12:12; [Lihat FULL. Ayub 12:12]

· dengarkanlah aku: Ayub 32:10

· melakukan kefasikan: Kej 18:25; [Lihat FULL. Kej 18:25]

· berbuat curang: Ayub 34:12; Ul 32:4; Ayub 8:3; 36:23; Mazm 92:16; Rom 3:5; 9:14

Ref. Silang FULL: Ayb 34:11 - sesuai perbuatannya // sesuai kelakuannya · sesuai perbuatannya: Ayub 21:31; Ayub 21:31; Mat 16:27; Mat 16:27 · sesuai kelakuannya: Yer 17:10; 32:19; Yeh 33:20

· sesuai perbuatannya: Ayub 21:31; [Lihat FULL. Ayub 21:31]; Mat 16:27; [Lihat FULL. Mat 16:27]

· sesuai kelakuannya: Yer 17:10; 32:19; Yeh 33:20

Ref. Silang FULL: Ayb 34:12 - berlaku curang // membengkokkan keadilan · berlaku curang: Ayub 34:10; Ayub 34:10; Tit 1:2; Ibr 6:18 · membengkokkan keadilan: Ayub 8:3; Ayub 8:3; Mazm 9:17; Kol 3:25; 2Tes 1:6

· berlaku curang: Ayub 34:10; [Lihat FULL. Ayub 34:10]; Tit 1:2; Ibr 6:18

· membengkokkan keadilan: Ayub 8:3; [Lihat FULL. Ayub 8:3]; Mazm 9:17; Kol 3:25; 2Tes 1:6

Ref. Silang FULL: Ayb 34:13 - Siapa mempercayakan // alam semesta · Siapa mempercayakan: Ibr 1:2 · alam semesta: Ayub 36:23; 38:4,6; Yes 40:14

· Siapa mempercayakan: Ibr 1:2

· alam semesta: Ayub 36:23; 38:4,6; Yes 40:14

Ref. Silang FULL: Ayb 34:14 - kembali Roh-Nya // mengembalikan nafas-Nya · kembali Roh-Nya: Kej 6:3; Kej 6:3 · mengembalikan nafas-Nya: Bil 16:22; Bil 16:22; Ayub 27:3; Ayub 27:3

· kembali Roh-Nya: Kej 6:3; [Lihat FULL. Kej 6:3]

· mengembalikan nafas-Nya: Bil 16:22; [Lihat FULL. Bil 16:22]; Ayub 27:3; [Lihat FULL. Ayub 27:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:15 - maka binasalah // kepada debu · maka binasalah: Kej 6:13; Kej 6:13; Rat 3:22; Mal 3:6; Yoh 3:16 · kepada debu: Kej 2:7; Kej 2:7; Ayub 7:21; Ayub 7:21; Ayub 9:22; Maz...

· maka binasalah: Kej 6:13; [Lihat FULL. Kej 6:13]; Rat 3:22; Mal 3:6; Yoh 3:16

· kepada debu: Kej 2:7; [Lihat FULL. Kej 2:7]; Ayub 7:21; [Lihat FULL. Ayub 7:21]; Ayub 9:22; Mazm 90:10

Ref. Silang FULL: Ayb 34:16 - berakal budi // yang kuucapkan · berakal budi: Ayub 34:10; Ayub 34:10 · yang kuucapkan: Ayub 32:10; Ayub 32:10

· berakal budi: Ayub 34:10; [Lihat FULL. Ayub 34:10]

· yang kuucapkan: Ayub 32:10; [Lihat FULL. Ayub 32:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:17 - memegang kekuasaan // dan perkasa · memegang kekuasaan: Ayub 34:30; 2Sam 23:3-4; Ams 20:8,26; 24:23-25; 28:28 · dan perkasa: Ayub 34:29; Ayub 10:7; Ayub 10:7; Ayub 40:8;...

· memegang kekuasaan: Ayub 34:30; 2Sam 23:3-4; Ams 20:8,26; 24:23-25; 28:28

· dan perkasa: Ayub 34:29; Ayub 10:7; [Lihat FULL. Ayub 10:7]; Ayub 40:8; Rom 3:5-6

Ref. Silang FULL: Ayb 34:18 - para bangsawan // orang fasik · para bangsawan: Ayub 12:18; Ayub 12:18 · orang fasik: Kel 22:28; Yes 40:24

· para bangsawan: Ayub 12:18; [Lihat FULL. Ayub 12:18]

· orang fasik: Kel 22:28; Yes 40:24

Ref. Silang FULL: Ayb 34:19 - tidak memihak // orang kecil // buatan tangan-Nya · tidak memihak: Ayub 13:10; Ayub 13:10; Kis 10:34; Kis 10:34 · orang kecil: Im 19:15; Im 19:15; Yak 2:5 · buatan tangan-Nya: Ayu...

· tidak memihak: Ayub 13:10; [Lihat FULL. Ayub 13:10]; Kis 10:34; [Lihat FULL. Kis 10:34]

· orang kecil: Im 19:15; [Lihat FULL. Im 19:15]; Yak 2:5

· buatan tangan-Nya: Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:20 - tengah malam // tangan orang · tengah malam: Ayub 34:25; Kel 11:4; Kel 11:4; Ayub 20:8; Ayub 20:8 · tangan orang: Ayub 12:19; Ayub 12:19

· tengah malam: Ayub 34:25; Kel 11:4; [Lihat FULL. Kel 11:4]; Ayub 20:8; [Lihat FULL. Ayub 20:8]

· tangan orang: Ayub 12:19; [Lihat FULL. Ayub 12:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:21 - jalan manusia // segala langkahnya · jalan manusia: Yer 32:19 · segala langkahnya: Ayub 14:16; Ayub 14:16; Ams 15:3; Ibr 4:13; Ibr 4:13

· jalan manusia: Yer 32:19

· segala langkahnya: Ayub 14:16; [Lihat FULL. Ayub 14:16]; Ams 15:3; Ibr 4:13; [Lihat FULL. Ibr 4:13]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:22 - ada kegelapan // kelam kabut // dapat bersembunyi · ada kegelapan: Mazm 74:20 · kelam kabut: Ayub 3:5; Ayub 3:5 · dapat bersembunyi: Kej 3:8; Kej 3:8; Ayub 11:20; Ayub 11:20

· ada kegelapan: Mazm 74:20

· kelam kabut: Ayub 3:5; [Lihat FULL. Ayub 3:5]

· dapat bersembunyi: Kej 3:8; [Lihat FULL. Kej 3:8]; Ayub 11:20; [Lihat FULL. Ayub 11:20]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:23 - menentukan waktu // supaya diadili · menentukan waktu: Mazm 11:4 · supaya diadili: Ayub 11:11

· menentukan waktu: Mazm 11:4

· supaya diadili: Ayub 11:11

Ref. Silang FULL: Ayb 34:24 - yang perkasa // diremukkan-Nya // diangkat-Nya ganti · yang perkasa: Ayub 12:19 · diremukkan-Nya: Yes 8:9; 9:4; Yer 51:20; Dan 2:34 · diangkat-Nya ganti: Dan 2:21

· yang perkasa: Ayub 12:19

· diremukkan-Nya: Yes 8:9; 9:4; Yer 51:20; Dan 2:34

· diangkat-Nya ganti: Dan 2:21

Ref. Silang FULL: Ayb 34:25 - mengetahui perbuatan // waktu malam // hancur lebur · mengetahui perbuatan: Ayub 11:11; Ayub 11:11 · waktu malam: Ayub 34:20; Ayub 34:20 · hancur lebur: Ams 5:21-23

· mengetahui perbuatan: Ayub 11:11; [Lihat FULL. Ayub 11:11]

· waktu malam: Ayub 34:20; [Lihat FULL. Ayub 34:20]

· hancur lebur: Ams 5:21-23

Ref. Silang FULL: Ayb 34:26 - karena kefasikan · karena kefasikan: Kej 6:5; Kej 6:5; Ayub 8:22; Ayub 8:22; Ayub 28:24; Ayub 28:24; Mazm 9:6; Yer 44:5

· karena kefasikan: Kej 6:5; [Lihat FULL. Kej 6:5]; Ayub 8:22; [Lihat FULL. Ayub 8:22]; Ayub 28:24; [Lihat FULL. Ayub 28:24]; Mazm 9:6; Yer 44:5

Ref. Silang FULL: Ayb 34:27 - mereka meninggalkan-Nya // pada jalan-Nya · mereka meninggalkan-Nya: Mazm 14:3 · pada jalan-Nya: 1Sam 15:11; 1Sam 15:11

· mereka meninggalkan-Nya: Mazm 14:3

· pada jalan-Nya: 1Sam 15:11; [Lihat FULL. 1Sam 15:11]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:28 - orang sengsara · orang sengsara: Kel 22:23; Kel 22:23; Ayub 5:15; Ayub 5:15; Ayub 12:19; Ayub 12:19

· orang sengsara: Kel 22:23; [Lihat FULL. Kel 22:23]; Ayub 5:15; [Lihat FULL. Ayub 5:15]; Ayub 12:19; [Lihat FULL. Ayub 12:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:29 - berdiam diri // menjatuhkan hukuman // menyembunyikan wajah-Nya // sesuatu bangsa · berdiam diri: Mazm 28:1; 83:2; 109:1 · menjatuhkan hukuman: Ayub 34:17; Ayub 34:17; Rom 8:34 · menyembunyikan wajah-Nya: Mazm 1...

· berdiam diri: Mazm 28:1; 83:2; 109:1

· menjatuhkan hukuman: Ayub 34:17; [Lihat FULL. Ayub 34:17]; Rom 8:34

· menyembunyikan wajah-Nya: Mazm 13:2

· sesuatu bangsa: Mazm 83:19; 97:9

Ref. Silang FULL: Ayb 34:30 - menjadi raja // orang fasik // orang banyak · menjadi raja: Ayub 34:17; Ayub 34:17 · orang fasik: Ayub 8:13; Ayub 8:13 · orang banyak: Mazm 25:15; 31:5; 91:3; 124:7; 140:6; ...

· menjadi raja: Ayub 34:17; [Lihat FULL. Ayub 34:17]

· orang fasik: Ayub 8:13; [Lihat FULL. Ayub 8:13]

· orang banyak: Mazm 25:15; 31:5; 91:3; 124:7; 140:6; Ams 29:2-12

Ref. Silang FULL: Ayb 34:31 - menyombongkan diri · menyombongkan diri: Mazm 51:7; Luk 15:21; Rom 7:24; 1Yoh 1:8,10

· menyombongkan diri: Mazm 51:7; Luk 15:21; Rom 7:24; 1Yoh 1:8,10

Ref. Silang FULL: Ayb 34:32 - tidak kumengerti // berbuat lagi · tidak kumengerti: Kel 33:13; Ayub 35:11; 38:36; Mazm 15:2; 25:4; 27:11; 51:8; 86:11; 139:23-24; 143:8 · berbuat lagi: Ayub 33:27; Luk ...

Ref. Silang FULL: Ayb 34:33 - yang menolak · yang menolak: 2Raj 17:13; 2Raj 17:13; Ayub 33:23; 36:10,15,18,21; 41:2; 42:6; Ams 17:23; Yun 3:8

Ref. Silang FULL: Ayb 34:35 - tanpa pengetahuan // mengandung pengertian · tanpa pengetahuan: Ayub 35:16; 38:2; 42:3 · mengandung pengertian: Ayub 26:3

· tanpa pengetahuan: Ayub 35:16; 38:2; 42:3

· mengandung pengertian: Ayub 26:3

Ref. Silang FULL: Ayb 34:36 - orang-orang jahat · orang-orang jahat: Ayub 6:29; Ayub 6:29; Ayub 22:15; Ayub 22:15

· orang-orang jahat: Ayub 6:29; [Lihat FULL. Ayub 6:29]; Ayub 22:15; [Lihat FULL. Ayub 22:15]

Ref. Silang FULL: Ayb 34:37 - mengepalkan tangan // banyak bicara // terhadap Allah · mengepalkan tangan: Ayub 27:23; Ayub 27:23 · banyak bicara: Ayub 35:16 · terhadap Allah: Ayub 23:2

· mengepalkan tangan: Ayub 27:23; [Lihat FULL. Ayub 27:23]

· banyak bicara: Ayub 35:16

· terhadap Allah: Ayub 23:2

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 34:1-37 - Orang pandai yang bodoh (Selasa, 13 Agustus 2002) Orang pandai yang bodoh Walau Elihu menjamin ingin membela Ayub (ayat 33:32), dalam pasal ini jelas bahwa ia memihak teman-teman Ayub. Masalahnya jel...

SH: Ayb 34:1-15 - Penasihat yang tak berhikmat (Rabu, 7 Desember 2005) Penasihat yang tak berhikmat Pada pasal 32, Elihu mempersalahkan ketiga teman Ayub yang menyangka diri berhikmat, namun tidak dapat membuktika...

SH: Ayb 34:1-37 - Allah yang Berdaulat dan Bijaksana (Rabu, 14 Desember 2016) Allah yang Berdaulat dan Bijaksana Elihu menyatakan kebenaran yang lain, yaitu Allah berdaulat melakukan apa saja dan Ia tidak pernah melakukan kesal...

SH: Ayb 34:1-37 - Membela Tuhan? (Jumat, 9 Juni 2023) Membela Tuhan? Dalam perdebatan bertema agama atau teologi, kerap kali kita melihat adanya upaya-upaya untuk membela Tuhan. Ini jugalah yang dilakuka...

SH: Ayb 34:16-37 - Kebenaran separuh, menyesatkan (Kamis, 8 Desember 2005) Kebenaran separuh, menyesatkan Kebenaran sejati memerdekakan (Yoh. 8:32). Ajaran Tuhan Yesus itu bukan hanya berkaitan dengan keselamatan jiwa...

Topik Teologia: Ayb 34:7 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Sesama Dosa-dosa Kebencian Penghinaan 2Ta 36:16 Ayu 34:7 Maz 1:1 Maz 22:7 Maz 39:9 Maz 73:8 Maz 123:4 Ams ...

Topik Teologia: Ayb 34:9 - -- Dosa Dosa-dosa Terhadap Allah Dosa-dosa Ketidakpercayaan Menyangkal Allah dan Kuasa-Nya Kel 5:2 Ayu 21:14-15 Ayu 22:12-14,17 Ayu 3...

Topik Teologia: Ayb 34:10 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Dosa Natur Dosa Dosa Bertentangan dengan Allah Kej 39:9 Ima 19:2 Ula 32:4 Ayu 25:4-6 Ayu 34:10...

Topik Teologia: Ayb 34:12 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Tunggal Allah Mahakuasa (Ibr.: Shaddai) Kej 49:2...

Topik Teologia: Ayb 34:13 - -- Pekerjaan-Pekerjaan Allah Penjagaan Allah Allah Aktif atas Ciptaan Neh 9:6 Ayu 34:12-15 Maz 36:5-9 Maz 66:8-9 Maz 104:29-30 Maz 119:89-91 ...

Topik Teologia: Ayb 34:14 - -- Allah yang Berpribadi Natur Allah sebagai Pribadi Allah itu Imanen Kej 2:7 Kel 29:45-46 Ula 4:7 Ula 4:39 Ayu 33:4 Ayu 34:14-15 ...

Topik Teologia: Ayb 34:17 - -- Allah yang Berpribadi Allah yang Adil dan Perkasa Ayu 34:17 Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu ...

Topik Teologia: Ayb 34:18 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13-15 Maz 36:7 Maz ...

Topik Teologia: Ayb 34:19 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Pekerjaan-Pekerjaan Allah Urutan Penciptaan Allah Urutan Ciptaan Penciptaan Um...

Topik Teologia: Ayb 34:20 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13-15 Ma...

Topik Teologia: Ayb 34:24 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13-15 Ma...

Topik Teologia: Ayb 34:26 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13-15 Ma...

Topik Teologia: Ayb 34:27 - -- Allah yang Berpribadi Atribut-Atribut Allah Allah itu Adil Kel 34:6-7 Ula 32:4 2Ta 12:6 Neh 9:33 Ayu 34:17-30 Maz 33:5,13-15 Ma...

Topik Teologia: Ayb 34:28 - -- Allah yang Berpribadi Allah Meresponi Permohonan dari Umat Manusia Kel 3:7-8 Kel 6:5 Ayu 34:28 Maz 81:11 Maz 91:14-15 Maz 119:2...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.50 detik
dipersembahkan oleh YLSA