kecilkan semua  

Teks -- Ayub 30:1-31 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Sengsara yang dialami
30:1 "Tetapi sekarang aku ditertawakan mereka, yang umurnya lebih muda dari padaku, yang ayah-ayahnya kupandang terlalu hina untuk ditempatkan bersama-sama dengan anjing penjaga kambing dombaku. 30:2 Lagipula, apakah gunanya bagiku kekuatan tangan mereka? Mereka sudah kehabisan tenaga, 30:3 mereka merana karena kekurangan dan kelaparan, mengerumit tanah yang kering, belukar di gurun dan padang belantara; 30:4 mereka memetik gelang laut dari antara semak-semak, dan akar pohon arar menjadi makanan mereka. 30:5 Mereka diusir dari pergaulan hidup, dan orang berteriak-teriak terhadap mereka seperti terhadap pencuri. 30:6 Di lembah-lembah yang mengerikan mereka harus diam, di dalam celah-celah tanah dan sela-sela gunung; 30:7 di antara semak-semak mereka meraung-raung, mereka berkelompok di bawah jeruju; 30:8 mereka itulah orang-orang bebal yang tak dikenal, yang didepak dari negeri. 30:9 Tetapi sekarang aku menjadi sajak sindiran dan ejekan mereka. 30:10 Mereka mengejikan aku, menjauhkan diri dari padaku, mereka tidak menahan diri meludahi mukaku, 30:11 karena tali kemahku telah dilepaskan Allah dan aku direndahkan-Nya, dan mereka tidak mengekang diri terhadap aku. 30:12 Di sebelah kananku muncul gerombolan, dikaitnya kakiku, dan dirintisnya jalan kebinasaan terhadap aku; 30:13 mereka membongkar jalanku dan mengusahakan kejatuhanku; tidak ada yang menghalang-halangi mereka. 30:14 Seperti melalui tembok yang terbelah lebar mereka menyerbu, mereka datang bergelombang di tengah-tengah keruntuhan. 30:15 Kedahsyatan ditimpakan kepadaku; kemuliaanku diterbangkan seperti oleh angin, dan bahagiaku melayang hilang seperti awan. 30:16 Oleh sebab itu jiwaku hancur dalam diriku; hari-hari kesengsaraan mencekam aku. 30:17 Pada waktu malam tulang-tulangku seperti digerogoti, dan rasa nyeri yang menusuk tak kunjung berhenti. 30:18 Oleh kekerasan yang tak terlawan koyaklah pakaianku dan menggelambir sekelilingku seperti kemeja. 30:19 Ia telah menghempaskan aku ke dalam lumpur, dan aku sudah menyerupai debu dan abu. 30:20 Aku berseru minta tolong kepada-Mu, tetapi Engkau tidak menjawab; aku berdiri menanti, tetapi Engkau tidak menghiraukan aku. 30:21 Engkau menjadi kejam terhadap aku, Engkau memusuhi aku dengan kekuatan tangan-Mu. 30:22 Engkau mengangkat aku ke atas angin, melayangkan aku dan menghancurkan aku di dalam angin ribut. 30:23 Ya, aku tahu: Engkau membawa aku kepada maut, ke tempat segala yang hidup dihimpunkan. 30:24 Sesungguhnya, masakan orang tidak akan mengulurkan tangannya kepada yang rebah, jikalau ia dalam kecelakaannya tidak ada penolongnya? 30:25 Bukankah aku menangis karena orang yang mengalami hari kesukaran? Bukankah susah hatiku karena orang miskin? 30:26 Tetapi, ketika aku mengharapkan yang baik, maka kejahatanlah yang datang; ketika aku menantikan terang, maka kegelapanlah yang datang. 30:27 Batinku bergelora dan tak kunjung diam, hari-hari kesengsaraan telah melanda diriku. 30:28 Dengan sedih, dengan tidak terhibur, aku berkeliaran; aku berdiri di tengah-tengah jemaah sambil berteriak minta tolong. 30:29 Aku telah menjadi saudara bagi serigala, dan kawan bagi burung unta. 30:30 Kulitku menjadi hitam dan mengelupas dari tubuhku, tulang-tulangku mengering karena demam; 30:31 permainan kecapiku menjadi ratapan, dan tiupan serulingku menyerupai suara orang menangis."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Ayb 30:20 - AKU BERSERU ... ENGKAU TIDAK MENJAWAB. Nas : Ayub 30:20 Semua anak Tuhan pernah mengalami hal ini pada suatu saat tertentu dalam hubungan mereka dengan Allah, suatu saat ketika mereka be...

Nas : Ayub 30:20

Semua anak Tuhan pernah mengalami hal ini pada suatu saat tertentu dalam hubungan mereka dengan Allah, suatu saat ketika mereka berseru kepada Allah minta pertolongan dan Dia agaknya tidak menjawab mereka. Bahkan Tuhan Yesus pernah mengalami hal ini (Mat 27:46).

  1. 1) Melalui pengalaman ini iman kita diuji. Meskipun demikian, pada saat-saat semacam itu kita harus bertekun di dalam iman (lih. Mat 15:21-28; Luk 18:1-7; 1Pet 1:7).
  2. 2) Kita mengetahui dari hubungan Allah dengan Ayub dan dengan orang percaya yang setia sepanjang sejarah bahwa tidak pernah seorang pengikut sejati sungguh-sungguh ditinggalkan Tuhan (Ibr 13:5), dan tidak ada doa sungguh-sungguh yang tidak terdengar (bd. Ibr 10:32-39).

BIS: Ayb 30:13 - menghalangi Kemungkinan besar artinya: menghalangi, Ibrani: menolong.

Kemungkinan besar artinya: menghalangi, Ibrani: menolong.

Jerusalem: Ayb 30:1 - terlalu hina Ini menyinggung golongan orang miskin, sampai masyarakat, bdk Ayu 24:4 dst. Kini Ayub sendiri lebih hina, rendah dan terbuang dari pada mereka.

Ini menyinggung golongan orang miskin, sampai masyarakat, bdk Ayu 24:4 dst. Kini Ayub sendiri lebih hina, rendah dan terbuang dari pada mereka.

Jerusalem: Ayb 30:2 - kehabisan tenaga Naskah Ibrani kurang jelas dan diperbaiki.

Naskah Ibrani kurang jelas dan diperbaiki.

Jerusalem: Ayb 30:12 - -- Ayat ini dalam naskah Ibrani sukar dimengerti. Terjemahannya dikira-kirakan saja.

Ayat ini dalam naskah Ibrani sukar dimengerti. Terjemahannya dikira-kirakan saja.

Jerusalem: Ayb 30:13 - menghalang-halangi mereka Dalam naskah Ibrani tertulis: menolong mereka.

Dalam naskah Ibrani tertulis: menolong mereka.

Jerusalem: Ayb 30:15 - diterbangkan Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah tertulis: menerbangkan.

Ini menurut terjemahan Yunani. Dalam naskah tertulis: menerbangkan.

Jerusalem: Ayb 30:18 - koyaklah Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menyamar.

Dalam naskah Ibrani tertulis: ia menyamar.

Jerusalem: Ayb 30:20 - tidak menghiraukan Dalam naskah Ibrani kata "tidak" hilang.

Dalam naskah Ibrani kata "tidak" hilang.

Jerusalem: Ayb 30:28 - dengan tidak terhibur Dalam naskah Ibrani tertulis: tanpa (terik) matahari.

Dalam naskah Ibrani tertulis: tanpa (terik) matahari.

Ende: Ayb 30:2-8 - -- Lukisan kaum terhina ini dalam naskah Hibrani agak gelap.

Lukisan kaum terhina ini dalam naskah Hibrani agak gelap.

Ende: Ayb 30:11 - -- Bahasa kiasan jang berarti: mengambil kekuasaan dan kedudukan tinggi.

Bahasa kiasan jang berarti: mengambil kekuasaan dan kedudukan tinggi.

Ende: Ayb 30:12 - disebelah kanan jakni sebagai pendakwa dalam pengadilan.

jakni sebagai pendakwa dalam pengadilan.

Ende: Ayb 30:14 - -- Ijob dibandingkan dengan benteng jang direbut musuh.

Ijob dibandingkan dengan benteng jang direbut musuh.

Ende: Ayb 30:24 - -- Ijob sekarang serupa dengan orang jang tenggelam, jang teriaknja tidak didengar, hingga tidak djadi ia bertolong djuga.

Ijob sekarang serupa dengan orang jang tenggelam, jang teriaknja tidak didengar, hingga tidak djadi ia bertolong djuga.

Ende: Ayb 30:29 - -- Binatang2 ini tinggal dalam gurun, dalam kesunjian. Demikianpun Ijob, ia ditinggalkan sama sekali.

Binatang2 ini tinggal dalam gurun, dalam kesunjian. Demikianpun Ijob, ia ditinggalkan sama sekali.

Endetn: Ayb 30:3 - (kan) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: Ayb 30:4 - daun diperbaiki. Tertulis: "diatas".

diperbaiki. Tertulis: "diatas".

Endetn: Ayb 30:11 - (busur)ku ditambahkan. "(mulut)nja", diperbaiki. Tertulis: "(-)ku".

ditambahkan. "(mulut)nja", diperbaiki. Tertulis: "(-)ku".

Endetn: Ayb 30:13 - menghentikannja diperbaiki. Tertulis: "menopangnja".

diperbaiki. Tertulis: "menopangnja".

Endetn: Ayb 30:17 - kepajahan diperbaiki. Naskah Hibrani tiada djelas.

diperbaiki. Naskah Hibrani tiada djelas.

Endetn: Ayb 30:18 - menangkap diperbaiki. Naskah Hibrani tiada djelas.

diperbaiki. Naskah Hibrani tiada djelas.

Endetn: Ayb 30:22 - gemuruh diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

diperbaiki. Naskah Hibrani tidak terang.

Endetn: Ayb 30:24 - orang jang tenggelam diperbaiki. Tertulis: "puing2(?)".

diperbaiki. Tertulis: "puing2(?)".

Endetn: Ayb 30:28 - pelipur diperbaiki. Tertulis: "matahari".

diperbaiki. Tertulis: "matahari".

Ref. Silang FULL: Ayb 30:1 - aku ditertawakan // anjing penjaga · aku ditertawakan: Ayub 6:14; Ayub 6:14; Ayub 11:3; Ayub 11:3; Mazm 119:21; Mazm 119:21 · anjing penjaga: Yes 56:10

· aku ditertawakan: Ayub 6:14; [Lihat FULL. Ayub 6:14]; Ayub 11:3; [Lihat FULL. Ayub 11:3]; Mazm 119:21; [Lihat FULL. Mazm 119:21]

· anjing penjaga: Yes 56:10

Ref. Silang FULL: Ayb 30:3 - yang kering // padang belantara // padang belantara · yang kering: Yes 8:21 · padang belantara: Ayub 24:5 · padang belantara: Yer 17:6

· yang kering: Yes 8:21

· padang belantara: Ayub 24:5

· padang belantara: Yer 17:6

Ref. Silang FULL: Ayb 30:4 - gelang laut // pohon arar · gelang laut: Ayub 39:6 · pohon arar: 1Raj 19:4; 1Raj 19:4

· gelang laut: Ayub 39:6

· pohon arar: 1Raj 19:4; [Lihat FULL. 1Raj 19:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:6 - celah-celah tanah · celah-celah tanah: Yes 2:19; Hos 10:8

· celah-celah tanah: Yes 2:19; Hos 10:8

Ref. Silang FULL: Ayb 30:7 - antara semak-semak // mereka meraung-raung · antara semak-semak: Ayub 39:8-9 · mereka meraung-raung: Ayub 6:5

· antara semak-semak: Ayub 39:8-9

· mereka meraung-raung: Ayub 6:5

Ref. Silang FULL: Ayb 30:8 - orang-orang bebal // dari negeri · orang-orang bebal: Hak 9:4; Hak 9:4 · dari negeri: Ayub 18:18; Ayub 18:18

· orang-orang bebal: Hak 9:4; [Lihat FULL. Hak 9:4]

· dari negeri: Ayub 18:18; [Lihat FULL. Ayub 18:18]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:9 - menjadi sajak // sindiran // dan ejekan · menjadi sajak: Ayub 12:4; Rat 3:14,63 · sindiran: Ayub 16:10; Ayub 16:10; Mazm 69:12 · dan ejekan: Ayub 17:6; Ayub 17:6

· menjadi sajak: Ayub 12:4; Rat 3:14,63

· sindiran: Ayub 16:10; [Lihat FULL. Ayub 16:10]; Mazm 69:12

· dan ejekan: Ayub 17:6; [Lihat FULL. Ayub 17:6]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:10 - mengejikan aku // meludahi mukaku · mengejikan aku: Ayub 19:19 · meludahi mukaku: Ul 25:9; Ul 25:9; Mat 26:67

· mengejikan aku: Ayub 19:19

· meludahi mukaku: Ul 25:9; [Lihat FULL. Ul 25:9]; Mat 26:67

Ref. Silang FULL: Ayb 30:11 - karena tali // aku direndahkan-Nya // tidak mengekang · karena tali: Ayub 29:20; Ayub 29:20 · aku direndahkan-Nya: Kej 12:17; Kej 12:17; Rut 1:21; Rut 1:21 · tidak mengekang: Ayub 41:...

· karena tali: Ayub 29:20; [Lihat FULL. Ayub 29:20]

· aku direndahkan-Nya: Kej 12:17; [Lihat FULL. Kej 12:17]; Rut 1:21; [Lihat FULL. Rut 1:21]

· tidak mengekang: Ayub 41:4; Mazm 32:9

Ref. Silang FULL: Ayb 30:12 - sebelah kananku // muncul gerombolan, dikaitnya // kakiku // terhadap aku · sebelah kananku: Mazm 109:6; Za 3:1 · muncul gerombolan, dikaitnya: Ayub 18:9; Ayub 18:9 · kakiku: Mazm 140:5-6 · terhad...

· sebelah kananku: Mazm 109:6; Za 3:1

· muncul gerombolan, dikaitnya: Ayub 18:9; [Lihat FULL. Ayub 18:9]

· kakiku: Mazm 140:5-6

· terhadap aku: Ayub 16:10; [Lihat FULL. Ayub 16:10]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:13 - membongkar jalanku // mengusahakan kejatuhanku · membongkar jalanku: Yes 3:12 · mengusahakan kejatuhanku: Ayub 10:3; Ayub 10:3

· membongkar jalanku: Yes 3:12

· mengusahakan kejatuhanku: Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:14 - yang terbelah · yang terbelah: 2Raj 25:4; 2Raj 25:4

· yang terbelah: 2Raj 25:4; [Lihat FULL. 2Raj 25:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:15 - Kedahsyatan // ditimpakan kepadaku // seperti awan · Kedahsyatan: Ayub 6:4; Ayub 6:4 · ditimpakan kepadaku: Kel 3:6; Kel 3:6; Ayub 10:8; 31:2-3,23; Mazm 55:5-6 · seperti awan: Ayub...

· Kedahsyatan: Ayub 6:4; [Lihat FULL. Ayub 6:4]

· ditimpakan kepadaku: Kel 3:6; [Lihat FULL. Kel 3:6]; Ayub 10:8; 31:2-3,23; Mazm 55:5-6

· seperti awan: Ayub 3:25; [Lihat FULL. Ayub 3:25]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:16 - jiwaku hancur // mencekam aku · jiwaku hancur: Ayub 3:24; Ayub 3:24 · mencekam aku: Ayub 30:27; Ayub 9:17; Ayub 9:17

· jiwaku hancur: Ayub 3:24; [Lihat FULL. Ayub 3:24]

· mencekam aku: Ayub 30:27; Ayub 9:17; [Lihat FULL. Ayub 9:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:17 - kunjung berhenti · kunjung berhenti: Ul 28:35; Ul 28:35; Ayub 16:16; Ayub 16:16

· kunjung berhenti: Ul 28:35; [Lihat FULL. Ul 28:35]; Ayub 16:16; [Lihat FULL. Ayub 16:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:18 - Oleh kekerasan · Oleh kekerasan: Ayub 9:4; Ayub 9:4

· Oleh kekerasan: Ayub 9:4; [Lihat FULL. Ayub 9:4]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:19 - dalam lumpur // dan abu · dalam lumpur: Mazm 40:3; 69:3,15; 130:1; Yer 38:6,22 · dan abu: Kej 3:19; Kej 3:19; Ayub 2:8; Ayub 2:8

· dalam lumpur: Mazm 40:3; 69:3,15; 130:1; Yer 38:6,22

· dan abu: Kej 3:19; [Lihat FULL. Kej 3:19]; Ayub 2:8; [Lihat FULL. Ayub 2:8]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:20 - tolong kepada-Mu // tidak menjawab · tolong kepada-Mu: 1Raj 8:52; 1Raj 8:52; Mazm 34:18; Ams 2:3; Mi 4:9 · tidak menjawab: Ayub 19:7; Ayub 19:7; Rat 3:8

· tolong kepada-Mu: 1Raj 8:52; [Lihat FULL. 1Raj 8:52]; Mazm 34:18; Ams 2:3; Mi 4:9

· tidak menjawab: Ayub 19:7; [Lihat FULL. Ayub 19:7]; Rat 3:8

Ref. Silang FULL: Ayb 30:21 - menjadi kejam // memusuhi aku // kekuatan tangan-Mu · menjadi kejam: Yer 6:23; 30:14; 50:42 · memusuhi aku: Ayub 4:5; Ayub 4:5; Ayub 6:4; Ayub 6:4; Ayub 10:3; Ayub 10:3 · kekuat...

· menjadi kejam: Yer 6:23; 30:14; 50:42

· memusuhi aku: Ayub 4:5; [Lihat FULL. Ayub 4:5]; Ayub 6:4; [Lihat FULL. Ayub 6:4]; Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]

· kekuatan tangan-Mu: Yes 9:12; 14:26; 31:3; Yeh 6:14

Ref. Silang FULL: Ayb 30:22 - atas angin // angin ribut · atas angin: Ayub 27:21; Yud 1:12 · angin ribut: Ayub 9:17; Ayub 9:17

· atas angin: Ayub 27:21; Yud 1:12

· angin ribut: Ayub 9:17; [Lihat FULL. Ayub 9:17]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:23 - kepada maut // yang hidup · kepada maut: 2Sam 14:14; 2Sam 14:14; Ayub 3:13; Ayub 3:13; Ayub 10:3; Ayub 10:3 · yang hidup: Ayub 3:19; Ayub 3:19

· kepada maut: 2Sam 14:14; [Lihat FULL. 2Sam 14:14]; Ayub 3:13; [Lihat FULL. Ayub 3:13]; Ayub 10:3; [Lihat FULL. Ayub 10:3]

· yang hidup: Ayub 3:19; [Lihat FULL. Ayub 3:19]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:24 - yang rebah // dalam kecelakaannya · yang rebah: Mazm 145:14; Yes 42:3; 57:15 · dalam kecelakaannya: Ayub 19:7; Ayub 19:7

· yang rebah: Mazm 145:14; Yes 42:3; 57:15

· dalam kecelakaannya: Ayub 19:7; [Lihat FULL. Ayub 19:7]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:25 - hari kesukaran // orang miskin · hari kesukaran: Luk 19:41; Fili 3:18 · orang miskin: Ayub 24:4; Ayub 24:4; Mazm 35:13-14; Rom 12:15

· hari kesukaran: Luk 19:41; Fili 3:18

· orang miskin: Ayub 24:4; [Lihat FULL. Ayub 24:4]; Mazm 35:13-14; Rom 12:15

Ref. Silang FULL: Ayb 30:26 - maka kegelapanlah · maka kegelapanlah: Ayub 3:6,17; Ayub 3:6; Ayub 3:17; Ayub 19:8; Ayub 19:8; Mazm 82:5; Mazm 82:5; Yer 4:23; Yer 4:23

· maka kegelapanlah: Ayub 3:6,17; [Lihat FULL. Ayub 3:6]; [Lihat FULL. Ayub 3:17]; Ayub 19:8; [Lihat FULL. Ayub 19:8]; Mazm 82:5; [Lihat FULL. Mazm 82:5]; Yer 4:23; [Lihat FULL. Yer 4:23]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:27 - kunjung diam // melanda diriku · kunjung diam: Mazm 38:9; Rat 2:11 · melanda diriku: Ayub 30:16; Ayub 30:16

· kunjung diam: Mazm 38:9; Rat 2:11

· melanda diriku: Ayub 30:16; [Lihat FULL. Ayub 30:16]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:28 - Dengan sedih // minta tolong · Dengan sedih: Ayub 17:14; Ayub 17:14; Rat 4:8 · minta tolong: Ayub 19:7; Ayub 19:7; Ayub 24:12; Ayub 24:12

· Dengan sedih: Ayub 17:14; [Lihat FULL. Ayub 17:14]; Rat 4:8

· minta tolong: Ayub 19:7; [Lihat FULL. Ayub 19:7]; Ayub 24:12; [Lihat FULL. Ayub 24:12]

Ref. Silang FULL: Ayb 30:29 - bagi serigala // burung unta · bagi serigala: Mazm 44:20; Yes 34:13; Yer 9:11 · burung unta: Mazm 102:7; Mi 1:8

· bagi serigala: Mazm 44:20; Yes 34:13; Yer 9:11

· burung unta: Mazm 102:7; Mi 1:8

Ref. Silang FULL: Ayb 30:30 - menjadi hitam // dan mengelupas // karena demam · menjadi hitam: Ayub 17:14; Ayub 17:14 · dan mengelupas: Rat 3:4; 4:8 · karena demam: Ul 28:35; Ul 28:35; Ayub 16:16; Ayub 16:16...

· menjadi hitam: Ayub 17:14; [Lihat FULL. Ayub 17:14]

· dan mengelupas: Rat 3:4; 4:8

· karena demam: Ul 28:35; [Lihat FULL. Ul 28:35]; Ayub 16:16; [Lihat FULL. Ayub 16:16]; Mazm 102:4; Rat 1:13; 5:10

Ref. Silang FULL: Ayb 30:31 - menjadi ratapan // tiupan serulingku · menjadi ratapan: Kej 8:8; Kej 8:8; Mazm 137:2; Yes 16:11; 24:8; Yeh 26:13 · tiupan serulingku: Kej 4:21; Kej 4:21

· menjadi ratapan: Kej 8:8; [Lihat FULL. Kej 8:8]; Mazm 137:2; Yes 16:11; 24:8; Yeh 26:13

· tiupan serulingku: Kej 4:21; [Lihat FULL. Kej 4:21]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Ayb 30:1-31 - Bagaimana sekarang? Demikian kira-kira yang ditanyakan Ayub di dalam pembelaannya ini (Jumat, 9 Agustus 2002) Bagaimana sekarang? Demikian kira-kira yang ditanyakan Ayub di dalam pembelaannya ini Setelah melontarkan ujaran-ujaran yang berupa keluhan-keluhan k...

SH: Ayb 30:1-31 - Merenungkan penderitaan (Sabtu, 3 Desember 2005) Merenungkan penderitaan Bagaimana seseorang memandang penderitaannya? Seringkali ia membandingkannya dengan penderitaan orang lain. Melihat or...

SH: Ayb 30:1--31:40 - Hidup Murni di hadapan Tuhan (Rabu, 28 Oktober 2015) Hidup Murni di hadapan Tuhan Layaknya dalam persidangan, Ayub mengajukan pembelaannya yang terakhir. Pasal 31 memberikan gambaran yang tajam tentang ...

SH: Ayb 30:1--31:40 - Iman yang Utuh (Selasa, 6 Juni 2023) Iman yang Utuh Setelah sejenak menjadi lebih positif, nuansa ucapan Ayub kembali penuh dengan kemuraman. Ayub menyampaikan dengan jelas kondisinya sa...

Topik Teologia: Ayb 30:8 - -- Dosa Deskripsi tentang Dosa-dosa dan Pendosa Gelar-gelar Deskriptif untuk Para Pendosa Para Pendosa adalah Orang-orang Bebal yang ...

Topik Teologia: Ayb 30:23 - -- Eskatologi Kematian

Topik Teologia: Ayb 30:25 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Emosi Manusia Kej 42:21 1Sa 1:10 Ayu 3:20 Ayu 10:1 Ayu 30:25 Ayu 33:20 Maz 6:4 Maz 35:9 Maz 43:5 ...

Topik Teologia: Ayb 30:27 - -- Umat Manusia Pada Umumnya Unsur-unsur Pembentuk Keindividualitas Manusia Bagian dari Tubuh Manusia sebagai Aspek Moral Kemanusiaan ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Ayub (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak Dikenal Tema : Mengapa Orang Benar Menderita ? Tanggal Penulisan: Tidak Pasti Latar Belakang Kitab Ayub tergol...

Full Life: Ayub (Garis Besar) Garis Besar I. Prolog Prosa: Krisisnya (Ayub 1:1-2:13) A. Ayub, Orang Benar yang Takut Akan Allah (A...

Jerusalem: Ayub (Pendahuluan Kitab) KITAB AYUB PENGANTAR Karya sastera paling unggul yang dihasilkan gerakan kebijaksanaan di Israel ialah kitab Ayub. Kitab ini dimulai dengan sebuah cer...

Ende: Ayub (Pendahuluan Kitab) IJOB PENDAHULUAN Karya utama dari sesusasteraan kebijaksanaan Israil dan jang termasuk bilangan tjiptaan terbesar jang pernah dihasilkan pudjangga2 in...

BIS: Ayub (Pendahuluan Kitab) BUKU AYUB PENGANTAR Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta

BUKU AYUB

PENGANTAR

Buku Ayub adalah kisah tentang seorang yang baik budi, ia mengalami musibah hebat; ia kehilangan semua anaknya dan segala harta bendanya, lalu dihinggapi penyakit kulit yang menjijikkan. Dalam tiga rangkaian percakapan yang bersajak, si penulis menggambarkan bagaimana teman-teman Ayub, dan Ayub sendiri menanggapi malapetaka itu. Pokok yang penting dalam percakapan-percakapan itu ialah yang menyinggung caranya Allah memperlakukan manusia. Pada bagian terakhir, Allah sendiri menyatakan diri-Nya kepada Ayub.

Teman-teman Ayub menjelaskan penderitaan Ayub itu menurut ajaran agama yang tradisional. Pada sangka mereka, Allah selalu mengganjar orang yang baik dan menghukum orang yang jahat. Jadi, penderitaan Ayub hanya dapat berarti bahwa ia telah berbuat dosa. Tetapi bagi Ayub pendapat itu terlalu dangkal; tidak sepantasnya ia mendapat hukuman yang sekejam itu, sebab ia seorang yang sangat baik dan jujur. Ia tidak dapat mengerti mengapa Allah membiarkan orang seperti dirinya mengalami begitu banyak bencana, dan dengan berani ia menantang Allah. Ayub tidak kehilangan kepercayaannya kepada Allah, tetapi ia sungguh-sungguh ingin supaya dibenarkan oleh Allah dan supaya mendapat kembali kehormatannya sebagai orang yang baik.

Allah tidak memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan Ayub, tetapi Allah menanggapi kepercayaan Ayub dengan memberinya banyak contoh mengenai kuasa dan hikmat-Nya. Contoh-contoh itu dilukiskan dengan puisi. Kemudian dengan segala rendah hati, Ayub mengakui kebijaksanaan dan keagungan Allah, lalu menyesali kata-katanya yang keras dan penuh kemarahan itu.

Bagian terakhir dari kisah ini, yang ditulis dengan bahasa biasa, menuturkan bagaimana Ayub dikembalikan kepada keadaannya semula, dengan kekayaan yang jauh melebihi kekayaannya sebelum itu. Allah memarahi teman-teman Ayub karena mereka tidak dapat memahami arti kesengsaraan Ayub. Hanya Ayublah yang sungguh-sungguh menyadari bahwa Allah lebih besar daripada yang telah diajarkan oleh agama yang tradisional itu.

Isi

  1.  Pendahuluan
    Ayub 1:1-2:13
  2.  Ayub dan teman-temannya
    Ayub 3:1-31:40
    1. a. Keluhan Ayub
      Ayub 3:1-26
    2. b. Percakapan pertama
      Ayub 4:1-14:22
    3. c. Percakapan kedua
      Ayub 15:1-21:34
    4. d. Percakapan ketiga
      Ayub 22:1-27:23
    5. e. Pujian terhadap hikmat
      Ayub 28:1-28
    6. f. Pernyataan Ayub yang terakhir
      Ayub 29:1-31:40
  3.  Wejangan Elihu
    Ayub 32:1-37:24
  4.  TUHAN menjawab Ayub
    Ayub 38:1-42:6
  5.  Penutup
    Ayub 42:7-17

Ajaran: Ayub (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih d

Tujuan

Supaya dengan mengetahui isi Kitab Ayub, anggota jemaat mengerti bahwa suatu penderitaan dapat membawa kemenangan dan pengenalan yang lebih dalam akan Allah.

Pendahuluan

Penulis : Penulis Kitab Ayub tidak diketahui dengan jelas.

Isi Kitab: Kitab Ayub terdiri dari 42 pasal. Isi Kitab Ayub merupakan kisah nyata dari seorang bernama Ayub yaitu mengisahkan kehidupan Ayub yang berbahagia karena kesalehannya, tetapi kemudian hidup dalam penderitaan karena pencobaan iblis. Akhirnya dia kembali memperoleh kebahagiaan, karena ketekunannya dalam beribadah walaupun menderita.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Ayub

  1. Pasal 1 (Ayub 1:1-5).

    Keadaan Ayub sebelum pencobaan iblis Ayub adalah seorang yang hidup dalam kesalehan dan kelimpahan.

    Pendalaman Bacalah pasal Ayub 1:1-5, sebutkanlah keadaan Ayub waktu itu.

  2. Pasal 1-3 (Ayub 1:6-3:26).

    Keadaan Ayub dalam pencobaan iblis Dalam bagian ini dijelaskan bahwa iblis mengambil semua harta milik dan kesehatan Ayub. Hal ini membuat Ayub sangat menderita.

    Pendalaman

    1. Siapakah yang tidak mengingini kebahagiaan Ayub? (Ayub 1:6-12). Tetapi sebenarnya apakah maksud Iblis kepada Tuhan? (Ayub 1:9,11).
    2. Perhatikan pasal Ayub 1:13-22. Apakah yang terjadi dalam kehidupan Ayub? Dan bagaimanakah tanggapan Ayub terhadap hal itu? (Ayub 1:20-22).
    3. Perhatikan pasal Ayub 2:1-10. Penderitaan apa lagikah yang Ayub alami? Tetap bagaimanakah sikapnya terhadap Allah? (Ayub 2:9-10).
  3. Pasal 4-37 (Ayub 4:1-37:24).

    Percakapan Ayub dengan sahabat-sahabatnya

    Pada bagian ini dijelaskan tentang 3 orang sahabat Ayub yang bernama Elifas, Bildad, dan Zofar. Mereka datang dan mengatakan bahwa penderitaan Ayub adalah akibat dari dosa yang dibuat secara sembunyi-sembunyi. Mereka menyuruh Ayub supaya mengakui saja dosanya, tetapi Ayub tetap bertahan, bahwa ia hidup benar di hadapan Allah. Setelah tiga teman Ayub itu selesai berbicara, seorang muda bernama Elihu memperingatkan mereka semua termasuk Ayub bahwa Tuhan adalah Maha besar dan mempunyai maksud yang baik dalam penderitaan orang beriman. (dalam pasal Ayub 9:33).

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 4:1-9. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    2. Bacalah pasal Ayub 8:1-7. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    3. Bacalah pasal Ayub 11:1-6. Siapakah yang berbicara dalam bagian ini? Dan apakah tuduhannya terhadap Ayub?
    4. Bacalah pasal Ayub 31:1-6. Bagaimanakah Ayub memandang dirinya sendiri?
    5. Bagaimanakah pendapat Elihu mengenai hal ini? (Ayub 32:1-5).
  4. Pasal 38-42 (Ayub 38:1-42:17).

    Jawaban Tuhan kepada Ayub Dalam bagian ini Ayub di tegur oleh Allah. Kemudian Ayub merendahkan diri dihadapan Allah serta mencabut pembelaan dirinya. Setelah ini Ayub tidak lagi hidup menderita, karena diberkati Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Ayub 38:1,34-38. Apakah yang terjadi dalam bagian ini?
    2. Bacalah pasal Ayub 42:1-6. Apakah yang terjadi dengan Ayub?
    3. Bagaimanakah keadaan Ayub pada akhirnya? (pasal Ayub 42:7-17).

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Kitab Ayub mengajarkan kepada orang beriman bahwa Iblis tidak berkuasa untuk mencabut nyawa seseorang.

  2. Kitab Ayub mengajarkan bahwa Allah mengijinkan anak-anaknya mengalami penderitaan untuk menunjukkan kemahakuasaan-Nya.

  3. Kitab Ayub mengajarkan bahwa penderitaan dapat menjadi suatu alat untuk membawa seseorang pada pertumbuhan rohani yang dewasa.

  4. Kitab Ayub mengajarkan Ayub sebagai teladan orang yang menyembah Allah secara benar, yaitu penyembahan yang didasari ketulusan hati.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Apakah isi Kitab Ayub?
  2. Siapakah nama-nama sahabat Ayub?
  3. Penderitaan apa sajakah yang dihadapi oleh Ayub? Dan siapakah yang menginginkan hal ini?
  4. Apakah pelajaran rohani yang saudara dapatkan setela mempelajari Kitab Ayub?

Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) Mengapa orang tak berdosa harus menderita ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANASelain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok o

Mengapa orang tak berdosa harus menderita

ORANG-ORANG ISRAEL YANG BIJAKSANA
Selain oleh para nabi dan imam, umat Allah juga dilayani oleh sekelompok orang yang dinamakan "Orang-orang berhikmat". Mereka ini adalah para pembimbing dan penasihat yang menghabiskan waktu mereka untuk memutuskan cara-cara yang paling bijaksana dan paling benar untuk menjalani kehidupan dan menjalankan pemerintahan. Hasil penelitian mereka selalu diterapkan dalam kehidupan nyata. Kita mengetahui hal ini dari kitab-kitab mereka yang biasanya disebut "Kitab Hikmat" (Ayub, Amsal, Pengkhotbah, ditambah beberapa Mazmur). Kadangkala mereka memberikan nasihat mereka dalam bentuk pepatah yang singkat dan jelas atau "amsal". Selain itu mereka juga berbicara mengenai masalah-masalah besar dalam kehidupan, terutama masalah penderitaan.

SIAPAKAH AYUB?
Apa yang kita ketahui mengenai Ayub tidak lebih daripada apa yang digambarkan pada permulaan kitab itu. Rupanya ia orang yang terkenal (Yeh 14:14,20), namun oleh karena tidak ada acuan terhadap sejarah orang Israel, Ayub mungkin hidup jauh sebelum umat Allah bermukim di Kanaan. Beberapa orang berpendapat bahwa kisah mengenai penderitaannya dipakai oleh beberapa penulis yang tak dikenal sebagai latar belakang untuk membicarakan masalah penderitaan. Kita pun tidak tahu kapan kitab itu ditulis. Minat terhadap hikmat Allah sudah ada sejak zaman Salomo, dan kitab ini mungkin ditulis pada zaman pemerintahannya.

POKOK PERMASALAHAN
Kitab ini menyangkut suatu pertanyaan abadi yaitu "Mengapa orang yang tak berdosa harus menderita?" Ayub adalah seorang yang baik yang tiba-tiba kehilangan segalanya. Seperti banyak dari penderitaan kita, rasanya hal ini tidak adil. Jawaban baku teman-temannya -- bahwa Allah menghakimi orang yang jahat, dan oleh karenanya pasti Ayub telah melakukan kejahatan -- sama sekali tidak cocok. Mereka mengatakannya dengan berbagai cara. Elifas sopan dan sedikit berbau mistik. Bildad, seorang tradisionalis, mengutarakannya berdasarkan pendapat yang sudah lama dikenal, sementara Zofar adalah pembantah Allah yang kurang ajar dan kasar. Ketiga mereka pada akhirnya kehilangan kesabaran terhadap Ayub. Sesungguhnya, pada percakapan ketiga, Bildad hanya berbicara sedikit sekali, sementara Zofar menolak untuk berbicara lagi. Ayub berdebat dengan kedua orang itu dan dengan Allah; dan dengan demikian ia mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang hanya dapat dijawab dalam Perjanjian Baru. Oleh karena Elihu masih muda, ia tidak dihargai oleh yang lain. Argumentasinya penuh dengan keyakinan orang muda, tetapi juga agak kacau dan tidak matang. Percakapan dengan Elihu mungkin baru belakangan ditambahkan pada kitab itu.

Pesan

1. Dilucuti sampai bergantung sepenuhnya pada iman
o Ayub adalah contoh seorang yang bergantung kepada Allah waktu segalanya berjalan dengan baik dan yang terus percaya kepada-Nya pada waktu mengalami kesusahan. Ayu 1:1,20-22; 2:10
o Ia mungkin menganggap kerugiannya sebagai hukuman Allah, namun demikian ia telah melakukan segalanya dengan tulus untuk melayani Allah. Allah seakan-akan telah meninggalkan dia. Ayu 12:4; 13:19; 16:15-17; 23:10-12; 27:2-6
o Tuduhan-tuduhan yang dilancarkan oleh kawan-kawannya dan tentangan dari istrinya membuat dia sungguh-sungguh seorang diri. Ayu 2:9; 19:13-20

2. Penghibur yang tidak berguna
o Kawan-kawan Ayub sama sekali tidak memberikan pertolongan. Lebih baik jika mereka tidak mengatakan apa-apa. Ayu 13:4,5; 16:2-3; 19:1-3
o Pendapat mereka yang utama, yaitu bahwa Allah memberkati orang saleh dan menghukum orang jahat, secara umum memang benar. Tetapi, tidaklah benar untuk menerapkan pendapat itu tanpa melihat kualitas kehidupan secara menyeluruh. Pendapat itu tidak memberikan jawaban mengapa orang yang tak berdosa kadangkala menderita, sedangkan orang yang tidak saleh terhindar dari malapetaka. Ayu 4:7; 5:19-26; 8:5-7,20:22; 11:13-20
o Mereka mengambil kesimpulan bahwa penderitaan yang diderita oleh Ayub tentunya merupakan penghakiman Allah atas dosa-dosanya. Sanggahan Ayub bahwa ia sungguh-sungguh tidak berdosa hanya membuat mereka bertambah marah. Ayu 22:1-30

3. Penderitaan sebagai didikan
Pendapat Elihu bahwa penderitaan dapat merupakan cara Allah mengajar kita, perlu diperbincangkan lebih lanjut. Tetapi oleh karena baik Ayub maupun Allah tidak memberi tanggapan pada Elihu, maka ini berarti bahwa hal itu tidak berlaku di sini. Ayu 5:17,18; 33:14-30; 36:5-16

4. Kecerobohan Ayub
o Ayub terdorong untuk mengatakan banyak hal secara gegabah, karena kekerasan kawan-kawannya yang kurang simpatik. Ia sungguh-sungguh tersesat ketika menantang Allah dan memperdebatkan masalahnya dengan Dia. Ia seakan-akan menyatakan bahwa ia lebih tahu daripada Allah. Ayu 7:11-21; 9:14-35; 13:3,15-28; 23:2-7; 31:35-37
o Seperti kawan-kawannya, Ayub hanya dapat berpikir dalam hubungannya dengan kehidupan ini saja. Namun demikian, permohonannya akan keadilan sebenarnya mulai menggapai masalah di balik kematian dan mengharapkan keadilan dalam kehidupan selanjutnya. Ayu 10:20-22; 14:7-22; 17:13-16; 19:23-27.

5. Jawaban Allah
Allah tidak secara terang-terangan menjelaskan kepada Ayub mengapa ia menderita seperti yang dialaminya. Sebaliknya Dia menunjukkan secara sekilas kebesaran-Nya dan kebijakan-Nya yang tanpa batas, yang terlihat terutama dalam keajaiban ciptaan-Nya. Jika Ayub tidak dapat mengerti rahasia yang paling sederhana, bagaimana mungkin ia mengerti akan rencana Allah dalam kehidupannya? Ayu 38:1-42:6

Penerapan

1. Penderitaan dialami oleh semua orang
Setiap orang yang hidup dalam dunia yang sudah jatuh ke dalam dosa ini tidak akan luput dari penderitaan. Kita tidak dapat berharap untuk menjalani kehidupan tanpa mengalami kesakitan atau kesusahan hanya karena kita umat Allah.

2. Jangan mengaburkan kebenaran
Biasanya Allah memberkati dan melimpahi mereka yang mengasihi Dia. Allah juga menghakimi orang yang jahat. Tetapi, tidak selalu terjadi demikian dalam kehidupan ini. Sama sekali tidak benar dan kejam, mengatakan bahwa jika seseorang menderita, maka hal itu pasti disebabkan oleh dosa-dosanya.

3. Apa yang terjadi di balik segala peristiwa
Kita tidak tahu apa yang sedang terjadi dalam dunia rohani yang mempengaruhi keadaan kita di dunia ini. Apa yang kita derita mungkin merupakan gambaran peperangan rohani yang sedang terjadi "di surga".

4. Krisis dan pertumbuhan
Pada saat kita tidak tahu lagi apa yang dapat kita lakukan selain bergantung kepada Allah yang tahu apa yang dilakukan-Nya, maka iman kita menjadi sungguh-sungguh iman yang hidup. Allah kadang-kadang mengambil semua perkara yang kita andalkan, sehingga kita betul-betul bertumpu pada-Nya.

5. Terlalu besar bagi kita
Walaupun kita kadang-kadang dapat melihat rencana Allah dalam penderitaan kita, jalan-jalan-Nya selalu lebih tinggi daripada pengertian kita, sehingga rencana-Nya yang sempurna selalu berada di luar jangkauan pengertian kita. Banyak penjelasan kita hanya melulu kata-kata. Pada saat-saat seperti itu akan lebih baik bila kita diam saja dan menggantungkan diri sepenuhnya kepada Allah.

Tema-tema Kunci

1. Sifat-sifat Allah dan pekerjaan-Nya
Allah berdaulat. Bahkan iblis pun tidak dapat berbuat apa-apa tanpa izin-Nya. Baik Ayub maupun kawan-kawannya sadar akan hal ini dan akan kenyataan bahwa Allah menciptakan dunia ini serta memeliharanya. Kitab ini penuh berisi kebesaran dan kearifan Allah. Lihat Ayu 5:8-16; 9:2-13; 11:7-9; 12:10,13-25; 25:2-6; 26:5-14; 34:10-15; 35:10,11; 36:22-33; 37:1-24; 38:1-39:30; 40:8-41:34.

2. Kelemahan manusia
Kisah Ayub mengilustrasikan kelemahan kita, ketidaktahuan, dosa, dan singkatnya hidup kita. Permohonan Ayub akan keadilan sungguh-sungguh menuntut suatu kehidupan yang melampaui kehidupan saat ini, tempat Allah dapat menghukum yang jahat dan meluruskan yang salah dari dunia ini. Lihat Ayu 4:17-21; 5:7; 7:1-10; 9:2,25,26; 14:1,2,4,7-12; 15:14-16; 25:4-6.

3. Kebijaksanaan
Kebijaksanaan Allah, yaitu pikiran Allah, kepandaian dan rencana-Nya, digambarkan kepada kita sebagai hal yang benar-benar di luar jangkauan kita (Ayu 28:1-28). Jika kita diberi sedikit pengertian tentang rahasia-rahasia ini, hal ini bukan oleh karena kepandaian kita. Hanya pada saat kita berserah kepada-Nya kita dapat mengerti sedikit tentang jalan-jalan-Nya. Pikirkanlah pengertian yang terkandung dalam Yesaya 55:8 dan 1Ko 1:18-31.

4. Saling menghibur
Kawan-kawan Ayub memberi kita suatu contoh yang baik tentang apa yang tidak boleh kita lakukan! Banyak yang mereka katakan itu benar, tetapi tidak ada hubungannya dengan masalah Ayub dan menyakitkan. Perhatikan juga bagaimana Paulus mengajar kita mengenai saling menghormati. Pelajaran apa yang secara tak langsung ingin dikatakan tentang bagaimana kita harus memakai pengalaman hidup kita (2Ko 1:3-8)?

5. Ayub dan Perjanjian Baru
Walaupun Ayub hanya disebut sekali saja dalam Perjanjian Baru (Yak 5:11), pertanyaan-pertanyaan yang diajukannya dapat lebih jelas dimengerti jika dilihat dari sudut pandang seorang Kristen. Sebagai contoh lihat Ayub 9:33, 1Ti 2:5; Ayu 14:14, Yoh 11:25; Ayu 16:19;; Ibr 9:24; Ayu 19:25; Ibr 7:25; Ayu 23:3; Yoh 14:6.

Garis Besar Intisari: Ayub (Pendahuluan Kitab) [1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26 Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[1] MENGAPA SEMUA ITU TERJADI Ayu 1:1-3:26

Ayu 1:1-2:10Iblis mencobai Ayub
Ayu 2:11-13Kawan-kawannya datang
Ayu 3:1-26Ayub bertanya "Mengapa?"

[2] PERDEBATAN PERTAMA Ayu 4:1-14:22

Ayu 4:1-5:27Elifas menyatakan pendapatnya
Ayu 6:1-7:21Ayub menyesali nasibnya
Ayu 8:1-22Bildad membela tradisi
Ayu 9:1-10:22Ayub mengalami kegetiran
Ayu 11:1-20Zofar membela Allah
Ayu 12:1-14:22Ayub memprotes ketidakberdosaannya

[3] PERDEBATAN KEDUA Ayu 15:1-21:34

Ayu 15:1-35Elifas mengatakan ia lebih tahu
Ayu 16:1-17:16Ayub merasa putus asa
Ayu 18:1-21Bildad mengulangi pendapatnya
Ayu 19:1-29Ayub memohon pertolongan
Ayu 20:1-29Zofar setuju dengan pendapat kawan-kawannya
Ayu 21:1-34Ayub menentang mereka

[4] PERDEBATAN KETIGA Ayu 22:1-31:40

Ayu 22:1-30Elifas melontarkan tuduhan kepada Ayub
Ayu 23:1-24:25Ayub merindukan keadilan
Ayu 25:1-6Bildad kesal
Ayu 26:1-27:23Ayub setuju dan tidak setuju
Ayu 28:1-28Pujian kearifan
Ayu 29:1-31:40Ayub mengambil kesimpulan

[5] ELIHU BERBICARA Ayu 32:1-37:24

Ayu 32:1-22Elihu frustrasi
Ayu 33:1-33Penderitaan merupakan didikan
Ayu 34:1-35:16Allah tidak dapat berbuat salah
Ayu 36:1-37:24Allah tahu apa yang dilakukan-Nya

[6] ALLAH MEMBERI JAWABAN KEPADA AYUB Ayu 38:1-42:6

[7] BAGAIMANA SEMUA ITU BERAKHIR Ayu 42:7-17

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.46 detik
dipersembahkan oleh YLSA