kecilkan semua  

Teks -- Amos 6:1-14 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Rasa tenteram yang palsu
6:1 "Celaka atas orang-orang yang merasa aman di Sion, atas orang-orang yang merasa tenteram di gunung Samaria, atas orang-orang terkemuka dari bangsa yang utama, orang-orang yang kepada mereka kaum Israel biasa datang! 6:2 Menyeberanglah ke Kalne, dan lihat-lihatlah; berjalanlah dari sana ke Hamat yang besar itu, dan pergilah ke Gat orang Filistin! Adakah mereka lebih baik dari kerajaan-kerajaan ini, atau lebih besarkah daerah mereka dari daerahmu? 6:3 Hai kamu, yang menganggap jauh hari malapetaka, tetapi mendekatkan pemerintahan kekerasan; 6:4 yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak domba dari kumpulan kambing domba dan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun; 6:5 yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya; 6:6 yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf! 6:7 Sebab itu sekarang, mereka akan pergi sebagai orang buangan di kepala barisan, dan berlalulah keriuhan pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu." 6:8 Tuhan ALLAH telah bersumpah demi diri-Nya, -- demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam --: "Aku ini keji kepada kecongkakan Yakub, dan benci kepada purinya; Aku akan menyerahkan kota serta isinya." 6:9 Dan jika masih tinggal sepuluh orang dalam satu rumah, mereka akan mati. 6:10 Dan jika pamannya, pembakar mayat itu, yang datang mengangkat dan mengeluarkan mayat itu dari rumah itu, bertanya kepada orang yang ada di bagian belakang rumah: "Adakah lagi orang bersama-sama engkau?" dan dijawab: "Tidak ada," ia akan berkata: "Diam!" Sebab tidaklah patut menyebut-nyebut nama TUHAN! 6:11 Sebab sesungguhnya, TUHAN memberi perintah, maka rumah besar dirobohkan menjadi reruntuhan dan rumah kecil menjadi rosokan. 6:12 Berlarikah kuda-kuda di atas bukit batu, atau dibajak orangkah laut dengan lembu? Sungguh, kamu telah mengubah keadilan menjadi racun dan hasil kebenaran menjadi ipuh! 6:13 Hai kamu, yang bersukacita karena Lodabar, dan yang berkata: "Bukankah kita dengan kekuatan kita merebut Karnaim bagi kita?" 6:14 "Sebab sesungguhnya, Aku akan membangkitkan suatu bangsa melawan kamu, hai kaum Israel," demikianlah firman TUHAN, Allah semesta alam, "dan mereka akan menindas kamu dari jalan yang menuju ke Hamat sampai ke sungai yang di Araba."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Araba a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · Araba-Yordan a region of desert, especially that south of the Dead Sea (IBD)
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bet-Araba a town of Judea west of Jerusalem on the border of Benjamin
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Filistea the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Hamat a town on the west shore of Lake Galilee
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Kalno a town of Syria about 25 km NE of Aleppo (OS)
 · Karnaim a town about 40 km east of Lake Galilee (OS)
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Lodabar a town of Gad, probably 15 km NE of Beth-Shan, just across the Jordan
 · Lodebar a town of Gad, probably 15 km NE of Beth-Shan, just across the Jordan
 · orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Filistin a sea people coming from Crete in 1200BC to the coast of Canaan
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Sion one of the hills on which Jerusalem was built; the temple area; the city of Jerusalem; God's people,a town and citidel; an ancient part of Jerusalem
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · tanah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · wilayah Filistin the country of the Philistines which was the coastal plain of southwestern Palestine


Topik/Tema Kamus: Amos | Senang, Kesenangan Dunia | Tempat Tidur | Orang Yahudi | Mabuk | Wabah Atau Sampar | Makan, Makanan Orang Yahudi | Orang Filistin | Musik | Samaria Kuno | Urap, Pengurapan | Senang, Kesenangan Orang Fasik | Rumah | Jamu, Perjamuan | Air Anggur | Daud | Jamuan Makan | Gading | Anak Domba | Anak Lembu | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: Am 6:1-7 - CELAKA ... ORANG-ORANG YANG MERASA AMAN. Nas : Am 6:1-7 Umat Allah baik di Israel (Samaria) maupun Yehuda (Sion) ditegur di sini. 1) Mereka mempunyai kuasa dan kemakmuran, tetapi suda...

Nas : Am 6:1-7

Umat Allah baik di Israel (Samaria) maupun Yehuda (Sion) ditegur di sini.

  1. 1) Mereka mempunyai kuasa dan kemakmuran, tetapi sudah menjadi puas dengan dosa mereka. Mereka percaya bahwa keberhasilan materiel mereka membuktikan bahwa mereka hidup di bawah berkat Allah; mereka merasa yakin bahwa hukuman Allah takkan pernah datang.
  2. 2) Demikian pula, kemakmuran dan gaya hidup yang menyenangkan dapat membuat kita hanyut dalam gaya hidup duniawi di mana kerinduan yang mendalam dan tetap akan Allah tidak ada lagi

    (lihat art. KEKAYAAN DAN KEMISKINAN).

Full Life: Am 6:6 - TIDAK BERDUKA. Nas : Am 6:6 Daripada hidup berbahagia dengan kemewahan materiel, bangsa Israel seharusnya meratapi dosa-dosa bangsa itu dan malapetaka yang akan s...

Nas : Am 6:6

Daripada hidup berbahagia dengan kemewahan materiel, bangsa Israel seharusnya meratapi dosa-dosa bangsa itu dan malapetaka yang akan segera datang. Mereka yang merasa sedih karena dosa-dosa umat itu akan lolos dari hukuman Allah (lih. Yeh 9:4) dan malahan mengalami berkat-Nya (Mat 5:4).

Full Life: Am 6:8 - AKU AKAN MENYERAHKAN KOTA. Nas : Am 6:8 Karena umat itu menolak untuk kembali kepada Tuhan, kota-kota mereka akan dimusnahkan. Kehancuran mereka sudah pasti, karena Allah yan...

Nas : Am 6:8

Karena umat itu menolak untuk kembali kepada Tuhan, kota-kota mereka akan dimusnahkan. Kehancuran mereka sudah pasti, karena Allah yang Mahakuasa telah menyatakannya dengan sumpah.

Full Life: Am 6:10 - DIAM! Nas : Am 6:10 Ketika hari Tuhan tiba, tempat bencana itu akan penuh dengan takut akan Allah. Orang bahkan tidak berani menyebut nama-Nya, jangan sa...

Nas : Am 6:10

Ketika hari Tuhan tiba, tempat bencana itu akan penuh dengan takut akan Allah. Orang bahkan tidak berani menyebut nama-Nya, jangan sampai itu akan mendatangkan lebih banyak kebinasaan dan kematian atas mereka.

BIS: Am 6:13 - Karnaim Karnaim: Nama kota yang kecil ini berarti "tanduk", suatu lambang kekuatan.

Karnaim: Nama kota yang kecil ini berarti "tanduk", suatu lambang kekuatan.

Jerusalem: Am 6:1 - di Sion Ini barangkali suatu saduran yang mengetrapkan nubuat Amos pada bangsa Yehuda, bdk Ams 3:1+; Hos 1:7+

Ini barangkali suatu saduran yang mengetrapkan nubuat Amos pada bangsa Yehuda, bdk Ams 3:1+; Hos 1:7+

Jerusalem: Am 6:1 - kepada mereka kaum Israel biasa datang Yaitu untuk mengangkat sembah, meminta nasehat dan mencari keadilan.

Yaitu untuk mengangkat sembah, meminta nasehat dan mencari keadilan.

Jerusalem: Am 6:2 - -- Rupanya ayat ini suatu perkataan yang ditujukan para pemuka Samaria kepada mereka yang datang menghadap. Artinya: Kamu lebih kuat dari pada kota-kota ...

Rupanya ayat ini suatu perkataan yang ditujukan para pemuka Samaria kepada mereka yang datang menghadap. Artinya: Kamu lebih kuat dari pada kota-kota yang disebut itu. Tidak perlu kamu takut-takuti. Tetapi maksud naskah Ibrani sebenarnya kurang jelas. Larik terakhir boleh diperbaiki lalu diterjemahkan sbb: Lebih baikkah kamu dari pada mereka, lebih besarkah daerahmu dari pada daerah mereka? Kalau demikian maksudnya maka kemerosotan kota-kota itu menjadi peringatan bagi bangsa Israel. Tetapi kota Kalne, bdk Yes 10:9, yang terletak di sebelah utara Alepo, dalam th 738 seb Mas barulah direbut oleh orang Asyur; kota Hamat yang terletak di tepi sungai Orontes baru direbut pada th 720 seb Mas dan Gad, kota orang Filistin, diduduki pada th 711 seb Mas.

Jerusalem: Am 6:3 - pemerintahan kekerasan Yaitu pemerintahan penjajah.

Yaitu pemerintahan penjajah.

Jerusalem: Am 6:5 - bernyanyi-nyanyi Artinya Ibrani yang diterjemahkan begitu sebenarnya tidak diketahui.

Artinya Ibrani yang diterjemahkan begitu sebenarnya tidak diketahui.

Jerusalem: Am 6:6 - hancurnya keturunan Yusuf Ialah runtuhnya kerajaan Israel yang dekat.

Ialah runtuhnya kerajaan Israel yang dekat.

Jerusalem: Am 6:8 - kota Yang dimaksud kiranya kota Samaria atau salah kota lain di wilayah kerajaan Israel.

Yang dimaksud kiranya kota Samaria atau salah kota lain di wilayah kerajaan Israel.

Jerusalem: Am 6:10 - -- Maksud ayat ini dalam naskah Ibrani agak tidak jelas, terutama bagian pertama. Dalam terjemahan Yunani bagian itu berbunyi sbb: Orang yang terlepas ha...

Maksud ayat ini dalam naskah Ibrani agak tidak jelas, terutama bagian pertama. Dalam terjemahan Yunani bagian itu berbunyi sbb: Orang yang terlepas hanya sedikit jumlahnya untuk mengangkat dan mengeluarkan mayat dari rumah; jika orang bertanya... Hanya cukup jelas bahwa Ams 6:10 ini menggambarkan bencana yang menimpa kota sehingga rumah-rumah penuh dengan mayat. Yang selamat hanya sedikit. Mereka mesti mengubur semua mayat itu dan amat sangat ketakutan

Jerusalem: Am 6:10 - Sebab tidaklah patut... Nama Tuhan jangan disebut, entah oleh karena rasa segan terhadapnya atau oleh karena takut-takut mengingat malapetaka yang ditimpakan Tuhan.

Nama Tuhan jangan disebut, entah oleh karena rasa segan terhadapnya atau oleh karena takut-takut mengingat malapetaka yang ditimpakan Tuhan.

Jerusalem: Am 6:12 - atau dibajak.... dengan lembu Naskah Ibrani diperbaiki sedikit. Secara harafiah berbunyi sbb: ataukah orang membajak dengan lembu-lembu?

Naskah Ibrani diperbaiki sedikit. Secara harafiah berbunyi sbb: ataukah orang membajak dengan lembu-lembu?

Jerusalem: Am 6:13 - Lodabar nama itu berarti: tidak ada (berarti) apa-apa. Di sini nama itu dipakai sebagai sindiran. Baik Lodabar, 2Sa 9:4, maupun Karnaim, 2Ma 5:26, terletak di...

nama itu berarti: tidak ada (berarti) apa-apa. Di sini nama itu dipakai sebagai sindiran. Baik Lodabar, 2Sa 9:4, maupun Karnaim, 2Ma 5:26, terletak di daerah seberang sungai Yordan. kedua kota itu agaknya turut direbut kembali oleh raja Yerobeam II dan ayahnya, Yoas, bdk 2Ra 13:25; 14:25

Jerusalem: Am 6:13 - Bukankah kita... Bdk Ula 8:17.

Bdk Ula 8:17.

Jerusalem: Am 6:14 - suatu bangsa Yaitu bangsa Asyur

Yaitu bangsa Asyur

Jerusalem: Am 6:14 - sungai yang di Araba Sungai itu bukanlah "sungai Mesir" yang menjadi batas selatan negeri, seperti Hamat menjadi batas utaranya, 1Ra 8:65. Yang dimaksud ialah salah satu w...

Sungai itu bukanlah "sungai Mesir" yang menjadi batas selatan negeri, seperti Hamat menjadi batas utaranya, 1Ra 8:65. Yang dimaksud ialah salah satu wadi di lembah sungai Yordan, bagian selatan (Araba) di dekat Laut Asin. Wilayah yang mempunyai kedua batas itu ialah wilayah kerajaan utara setelah raja Yerobeam II merebut daerah-daerah baru, bdk 2Ra 14:25.

Ende: Am 6:1 - -- Orang2 Israil (jang pertama diantara sekalian bangsa) menghadap pembesar2nja jang kaja raya dan mewah untuk mentjari hak dan pengadilan. tetapi pembes...

Orang2 Israil (jang pertama diantara sekalian bangsa) menghadap pembesar2nja jang kaja raya dan mewah untuk mentjari hak dan pengadilan. tetapi pembesar itu semua busuk belaka.

Ende: Am 6:2 - -- Kota2 ini sudah sangat mundur kekajaan dan kekuasaannja. Kemudian direbut dan dibasmi Asjur. Meskipun kota2 itu sungguh tidak lebih baik dari Israil d...

Kota2 ini sudah sangat mundur kekajaan dan kekuasaannja. Kemudian direbut dan dibasmi Asjur. Meskipun kota2 itu sungguh tidak lebih baik dari Israil dan Juda (keradjaan2 ini) dan wilajahnja kurang luas, tetapi Israilpun akan runtuh djuga seperti kota2 tersebut.

Ende: Am 6:3 - Mereka jaitu orang2 jang tidak susah di Sion dan jang pertjaja di Sjomron (Amo 6:1). Mereka mendekatkan keradjaan kelaliman, jaitu keradjaan musuh (Asjur) ja...

jaitu orang2 jang tidak susah di Sion dan jang pertjaja di Sjomron (Amo 6:1). Mereka mendekatkan keradjaan kelaliman, jaitu keradjaan musuh (Asjur) jang memusnahkan mereka. Ajat2 jang berikut (Amo 6:4-6) menggambarkan kemewahan pemuka2 di Israil, jang tidak terusik oleh keruntuhan jang mendekat.

Ende: Am 6:5 - melagu Makna kata Hibrani tidak pasti.

Makna kata Hibrani tidak pasti.

Ende: Am 6:7 - -- Pemuka2 itulah jang per-tama2 dibuang.

Pemuka2 itulah jang per-tama2 dibuang.

Ende: Am 6:8 - kesombongan Jakub ialah pemuka2 jang menjombong atas kekajaan dan kekuasaannja.

ialah pemuka2 jang menjombong atas kekajaan dan kekuasaannja.

Ende: Am 6:9-10 - -- Nabi melukiskan dengan bahasa penghebat keruntuhan kota: Jang lari kedalam rumah terachir masih djuga dibunuh. Jang masih tersisa hanja untuk mengubur...

Nabi melukiskan dengan bahasa penghebat keruntuhan kota: Jang lari kedalam rumah terachir masih djuga dibunuh. Jang masih tersisa hanja untuk menguburkan majat2. Merekapun terantjam. Menjebut nama Jahwe dapat menurunkan hukuman dari Hakim jang Adil itu atas orang jang menjebut namaNja, meski kebetulan sekalipun.

Ende: Am 6:12 - -- Apa jang mustahil rupanja, dibuat oleh pembesar2 Israil dengan memperkosa tatahukum.

Apa jang mustahil rupanja, dibuat oleh pembesar2 Israil dengan memperkosa tatahukum.

Ende: Am 6:13 - -- Kedua kota di Gile'ad (diseberang Jarden) ini direbut oleh Jerobe'am II atau Joasj.

Kedua kota di Gile'ad (diseberang Jarden) ini direbut oleh Jerobe'am II atau Joasj.

Ende: Am 6:14 - -- Seluruh daerah Israil (dari djalan masuk Hamat sampai sungai 'Araba) akan didjadjah musuh (Asjur).

Seluruh daerah Israil (dari djalan masuk Hamat sampai sungai 'Araba) akan didjadjah musuh (Asjur).

Endetn: Am 6:10 - Hanja... dst. diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "Ia akan diangkut pamannja dan pembakarnja?".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "Ia akan diangkut pamannja dan pembakarnja?".

Endetn: Am 6:12 - laut diperbaiki. Huruf Hibrani (sapi2) dipisahkan.

diperbaiki. Huruf Hibrani (sapi2) dipisahkan.

Endetn: Am 6:13 - Lodebar diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "jang bukan apa2".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "jang bukan apa2".

Ref. Silang FULL: Am 6:1 - atas orang-orang // merasa aman // merasa tenteram // gunung Samaria // biasa datang · atas orang-orang: Luk 6:24 · merasa aman: Zef 1:12 · merasa tenteram: Ayub 24:23; Ayub 24:23 · gunung Samaria: Am 3:9; A...

· atas orang-orang: Luk 6:24

· merasa aman: Zef 1:12

· merasa tenteram: Ayub 24:23; [Lihat FULL. Ayub 24:23]

· gunung Samaria: Am 3:9; [Lihat FULL. Am 3:9]

· biasa datang: Yes 32:9-11

Ref. Silang FULL: Am 6:2 - ke Kalne // ke Hamat // ke Gat // baik dari · ke Kalne: Kej 10:10; Kej 10:10 · ke Hamat: 2Raj 17:24; 2Raj 17:24; Yer 49:23; Yer 49:23 · ke Gat: Yos 11:22; Yos 11:22; 2Taw 26...

· ke Kalne: Kej 10:10; [Lihat FULL. Kej 10:10]

· ke Hamat: 2Raj 17:24; [Lihat FULL. 2Raj 17:24]; Yer 49:23; [Lihat FULL. Yer 49:23]

· ke Gat: Yos 11:22; [Lihat FULL. Yos 11:22]; 2Taw 26:6

· baik dari: Nah 3:8

Ref. Silang FULL: Am 6:3 - pemerintahan kekerasan · pemerintahan kekerasan: Yes 56:12; Yes 56:12; Yeh 12:22; Yeh 12:22; Am 9:10

· pemerintahan kekerasan: Yes 56:12; [Lihat FULL. Yes 56:12]; Yeh 12:22; [Lihat FULL. Yeh 12:22]; Am 9:10

Ref. Silang FULL: Am 6:4 - di ranjang // kawanan binatang · di ranjang: Est 1:6; Est 1:6; Ams 7:17; Ams 7:17 · kawanan binatang: Yes 1:11; Yes 1:11; Yeh 34:2-3; Yeh 34:2; Yeh 34:3; Am 3:12; Am 3...

· di ranjang: Est 1:6; [Lihat FULL. Est 1:6]; Ams 7:17; [Lihat FULL. Ams 7:17]

· kawanan binatang: Yes 1:11; [Lihat FULL. Yes 1:11]; Yeh 34:2-3; [Lihat FULL. Yeh 34:2]; [Lihat FULL. Yeh 34:3]; Am 3:12; [Lihat FULL. Am 3:12]

Ref. Silang FULL: Am 6:5 - bunyi gambus // menciptakan bunyi-bunyian · bunyi gambus: Mazm 137:2; Mazm 137:2; Yes 14:11; Yes 14:11; Am 5:23 · menciptakan bunyi-bunyian: 1Taw 15:16; 1Taw 15:16

· bunyi gambus: Mazm 137:2; [Lihat FULL. Mazm 137:2]; Yes 14:11; [Lihat FULL. Yes 14:11]; Am 5:23

· menciptakan bunyi-bunyian: 1Taw 15:16; [Lihat FULL. 1Taw 15:16]

Ref. Silang FULL: Am 6:6 - minum anggur // tidak berduka // keturunan Yusuf · minum anggur: Yes 28:1; Yes 28:1; Am 2:8; Am 2:8 · tidak berduka: Yeh 9:4; Yeh 9:4 · keturunan Yusuf: Yeh 16:49; Yeh 16:49

· minum anggur: Yes 28:1; [Lihat FULL. Yes 28:1]; Am 2:8; [Lihat FULL. Am 2:8]

· tidak berduka: Yeh 9:4; [Lihat FULL. Yeh 9:4]

· keturunan Yusuf: Yeh 16:49; [Lihat FULL. Yeh 16:49]

Ref. Silang FULL: Am 6:7 - orang buangan // dan berlalulah · orang buangan: Am 5:27; Am 5:27 · dan berlalulah: Yer 16:9; Yer 16:9; Rat 4:5; Rat 4:5

· orang buangan: Am 5:27; [Lihat FULL. Am 5:27]

· dan berlalulah: Yer 16:9; [Lihat FULL. Yer 16:9]; Rat 4:5; [Lihat FULL. Rat 4:5]

Ref. Silang FULL: Am 6:8 - demi diri-Nya // ini keji // kecongkakan Yakub // kepada purinya // akan menyerahkan // serta isinya · demi diri-Nya: Kej 22:16; Kej 22:16; Ibr 6:13 · ini keji: Im 26:30; Im 26:30 · kecongkakan Yakub: Mazm 47:5; Mazm 47:5 ·...

· demi diri-Nya: Kej 22:16; [Lihat FULL. Kej 22:16]; Ibr 6:13

· ini keji: Im 26:30; [Lihat FULL. Im 26:30]

· kecongkakan Yakub: Mazm 47:5; [Lihat FULL. Mazm 47:5]

· kepada purinya: Yer 12:8; [Lihat FULL. Yer 12:8]

· akan menyerahkan: Am 4:2

· serta isinya: Im 26:19; [Lihat FULL. Im 26:19]; Ul 32:19

Ref. Silang FULL: Am 6:9 - tinggal sepuluh · tinggal sepuluh: Am 5:3; Am 5:3

· tinggal sepuluh: Am 5:3; [Lihat FULL. Am 5:3]

Ref. Silang FULL: Am 6:10 - pembakar mayat // Diam · pembakar mayat: 1Sam 31:12; 1Sam 31:12 · Diam: Am 8:3

· pembakar mayat: 1Sam 31:12; [Lihat FULL. 1Sam 31:12]

· Diam: Am 8:3

Ref. Silang FULL: Am 6:11 - rumah besar // dirobohkan // menjadi rosokan · rumah besar: Am 3:15; Am 3:15 · dirobohkan: Yes 34:5; Yes 34:5 · menjadi rosokan: Yes 55:11

· rumah besar: Am 3:15; [Lihat FULL. Am 3:15]

· dirobohkan: Yes 34:5; [Lihat FULL. Yes 34:5]

· menjadi rosokan: Yes 55:11

Ref. Silang FULL: Am 6:12 - menjadi racun // hasil kebenaran // menjadi ipuh · menjadi racun: Hos 10:4 · hasil kebenaran: Am 3:10; Am 3:10 · menjadi ipuh: Yes 1:21; Yes 1:21; Am 5:7; Am 5:7

· menjadi racun: Hos 10:4

· hasil kebenaran: Am 3:10; [Lihat FULL. Am 3:10]

· menjadi ipuh: Yes 1:21; [Lihat FULL. Yes 1:21]; Am 5:7; [Lihat FULL. Am 5:7]

Ref. Silang FULL: Am 6:13 - dengan kekuatan · dengan kekuatan: Ayub 8:15; Ayub 8:15; Yes 28:14-15

· dengan kekuatan: Ayub 8:15; [Lihat FULL. Ayub 8:15]; Yes 28:14-15

Ref. Silang FULL: Am 6:14 - suatu bangsa // ke Hamat // di Araba · suatu bangsa: Yer 5:15 · ke Hamat: Bil 13:21; Bil 13:21 · di Araba: Am 3:11; Am 3:11

· suatu bangsa: Yer 5:15

· ke Hamat: Bil 13:21; [Lihat FULL. Bil 13:21]

· di Araba: Am 3:11; [Lihat FULL. Am 3:11]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: Am 6:1-14 - Jaminan semu (Selasa, 22 Juli 2003) Jaminan semu Teguran Allah mengaum lebih keras dan kini ditujukan kepada para pemimpin umat. Mereka biasa dikenal sebagai yang terkemuka dan ...

SH: Am 6:1-14 - Sejahtera, tetapi celaka (Rabu, 28 November 2012) Sejahtera, tetapi celaka Ada saja orang Kristen yang terjebak mitos, "Orang yang diberkati Tuhan pasti kaya". Atau dibalik, orang yang mapan pasti di...

SH: Am 6:1-14 - Waspadalah! (Minggu, 3 Oktober 2021) Waspadalah! Kenyamanan hidup sering kali mengurangi kewaspadaan kita. Kondisi itu membuat kita terbuai, dan akhirnya dapat membangkitkan kesombongan....

Topik Teologia: Am 6:6 - -- Dosa Para Pendosa Menghanguskan Yer 6:15 Amo 6:1,4-6 Efe 4:19 1Ti 4:2 Tit 1:15 Kemabukan dan Penghamburan Ula 21:20-21 ...

Topik Teologia: Am 6:8 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Nama-nama Rangkap Allah Tuhan ALLAH / yang Berdaulat (Ibr.: Adonai Yahweh...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: Amos (Pendahuluan Kitab) Penulis : Amos Tema : Keadilan, Kebenaran dan Hukuman Ilahi Karena Dosa Tanggal Penulisan: + 760 - 755 SM Latar Belakang Amos ...

Full Life: Amos (Garis Besar) Garis Besar Pendahuluan (Am 1:1-2) I. Delapan Ucapan Ilahi Mengenai Hukuman atas Bangsa-Bangsa (Am 1:3-2:16) A. D...

Jerusalem: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS Amos bekerja sebagai peternak domba. Ia tinggal di Tekoa, di pinggir padang gurun Yehuda, Am 1:1. Amos tidak mempunyai hubungan dengan "tare...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) KITAB KEDUABELAS NABI PENDAHULUAN Dalam sastera kenabian dari kanon Hibrani dan Junani terdapat sedjumlah naskah ketjilan, jang besarnja toh agak berl...

Ende: Amos (Pendahuluan Kitab) PENGANTAR KITAB PARA NABI PENDAHULUAN Kitab para nabi, jang terdjemahan Indonesianja kami sadjikan bersama ini, memuat sedjumlah tulisan kenabian, jak...

BIS: Amos (Pendahuluan Kitab) AMOS PENGANTAR Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berk

AMOS

PENGANTAR

Amos adalah nabi pertama dalam Alkitab yang pesannya dicatat secara terperinci. Ia berasal dari sebuah kota di Yehuda, tetapi ia berkhotbah kepada orang-orang Israel di kerajaan utara sekitar pertengahan abad kedelapan Sebelum Masehi. Pada masa itu banyak orang hidup makmur, ibadah dipentingkan, dan negeri Israel nampaknya damai. Tapi Amos melihat bahwa yang mengecap kemakmuran hanyalah para hartawan yang memperkaya diri dengan hasil penindasan dan ketidakadilan terhadap orang miskin. Orang menjalankan ibadah dengan hati yang tidak tulus, dan keadaan damai hanya tampak dari luar. Dengan berani dan penuh semangat, Amos menyampaikan pesan bahwa Allah akan menghukum bangsa Israel. Amos menyerukan agar keadilan "mengalir seperti air". Ia berkata, "Mungkin TUHAN akan mengasihani orang-orang yang tersisa dari bangsa Israel" (Am 5:15).

Isi

  1.  Hukuman atas negara-negara tetangga Israel
    Am 1:1-2:5
  2.  Hukuman atas Israel
    Am 2:6-6:14
  3.  Lima penglihatan
    Am 7:1-9:15

Ajaran: Amos (Pendahuluan Kitab) Tujuan Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan ja

Tujuan

Supaya anggota jemaat mengerti isi Kitab Amos, dan dengan demikian dapat memahami keadilan Allah, serta kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

Pendahuluan

Penulis : Nabi Amos.

Isi Kitab: Kitab Amos dibagi atas 9 pasal yang berisi tentang keadilan dan kesabaran Allah terhadap perbuatan jahat manusia.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab Amos

  1. Pasal 1-2 (Am 1:1-2:16).

    Pemberitaan tentang hukuman dari Allah terhadap bangsa-bangsa

    Hukuman Allah atas bangsa Damsyik, Gaza, Tirus, Edom, Amon, Moab serta hukuman atas Yehuda dan atas bangsa Israel. Hukuman ini diberikan Allah karena perbuatan bangsa-bangsa yang durhaka itu telah melampaui batas kesabaran Allah. Hukuman itu dilambangkan sebagai api, tanda hukuman yang paling berat. Dari semua hukuman pada bagian pertama ini, dapat diketahui bahwa dosa yang mendatangkan hukuman itu adalah kekejaman terhadap bangsa lain.

    Pendalaman

    1. Apakah sebab bangsa-bangsa dihukum? (Am 1:3,6,9,11,13; 2:1,4).
    2. Apakah sebab umat Allah dihukum? (Am 2:4-5; 6-8).
  2. Pasal 3-6 (Am 3:1-6:14).

    Pemberitaan tentang tiga Firman Allah terhadap dosa bangsa Israel

    1. Pasal 3; Am 3:1-15. Firman Allah tentang kesalahan bangsa Israel, yait lalai melaksanakan tugasnya sebagai umat pilihan Allah.
    2. Pasal 4; Am 4:1-13. Firman Allah tentang kemunafikan dan kebobrokan mora bangsa Israel dalam hidup beragama.
    3. Pasal 5-6; Am 5:1-6:14. Firman Allah sebagai peringatan kepada bangsa Israe sebelum mengalami hukuman.

    Pendalaman

    1. Kelalaian umat Allah (Am 3:15).
    2. Kebobrokan moral dalam hidup beragama (Am 4:1,4-5,6-9).
    3. Ratapan tentang keadaan umat Allah (Am 5:1-2; 6:11-14).
  3. Pasal 7-9 (Am 7:1-9:15).

    Penglihatan tentang hukuman dari Allah dan pelepasan bagi umat-Nya

    1. Pasal Am 7:1-9:10. Penglihatan tentang belalang; Api sebagai alat penghakiman Tali Sipat; Bakul dan Buah-buahan; dan Tuhan di dekat Mezbah.
    2. Pasal Am 9:11-15. Pemberitaan akan janji Allah untuk memulihkan kembal keadaan umat Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal Am 7:1-9. Apakah penglihatan Amos?
    2. Siapakah Amos dan mengapa ia diusir? (Am 7:10-17).
    3. Bacalah pasal Am 8:1-3; 9:1-6. Apakah penglihatan Amos selanjutnya ini?
    4. Apakah janji Tuhan bagi umat-Nya? (Am 9:14-15).

II. Kesimpulan/penerapan

Dari uraian di atas dapatlah diambil beberapa kesimpulan/penerapan, seperti:

  1. Kitab Amos mengajarkan bahwa hukuman Allah akan jatuh ke atas segala bangsa yang tidak mau beribadah kepada-Nya.

  2. Allah lebih mengutamakan kebenaran dan keadilan, daripada korban-korban atau persembahan dalam ibadah.

  3. Amos sebagai seorang peternak di desa, dapat dipakai Allah dalam memberitakan Firman-Nya, mengajarkan bahwa Allah bisa memakai orang yang tidak berpendidikan.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Siapakah penulis Kitab Amos?
  2. Apakah isi Kitab Amos?
  3. Apakah pekerjaan Amos sebelum menjadi hamba Allah?
  4. Pelajaran rohani apakah yang saudara dapatkan setelah mempelajari Kita Amos?

Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) Nabi bagi masyarakat yang makmur SANG NABIAmos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba

Nabi bagi masyarakat yang makmur

SANG NABI
Amos bukan seorang nabi profesional. Ia seorang penggembala (Amo 1:1) dan boleh jadi seorang peternak domba yang senantiasa pergi ke pasar untuk menjual domba-dombanya. Mungkin dalam rangka perjalanan niaganya itulah ia mulai berkhotbah. Tempat tinggalnya di Tekoa, dua belas mil di sebelah selatan Yerusalem. Karena ia berkhotbah di kerajaan Israel bagian utara, maka tentu saja ia tidak diterima dengan baik -- orang selatan berkhotbah di utara (Amo 7:12)! Walaupun ia bukan seorang nabi profesional (Amo 7:14), ia telah mendengar suara Allah dan ia merasa tidak mempunyai pilihan lain selain berkhotbah (Amo 1:12).

WAKTU PENULISAN
Amos menandai waktu khotbahnya dengan "dua tahun sebelum gempa bumi". Gempa bumi itu merupakan suatu peristiwa bersejarah yang penting (lihat Amo 8:8; 9:5; Zak 14:5), tetapi waktunya yang tepat tidak lagi dapat dilacak. Waktunya mungkin sekitar tahun 760 SM. Dua orang Raja disebutkan di sini, yaitu Uzia yang memerintah dari tahun 783-742 SM dan Yerobeam II dari tahun 786-746 SM.

KEADAAN SAAT ITU
Amos berkhotbah kepada suatu masyarakat yang belum pernah mengalami keadaan sebaik itu.
1. Masa damai. Kerajaan Asyur yang penuh kuasa dipimpin oleh penguasa-penguasa yang lemah, sehingga Israel dibiarkan begitu saja.
2. Masa kemakmuran. Perdagangan maju dan untuk beberapa waktu Israel cukup makmur.
3. Masa penuh masalah. Kekayaan tidak dibagi rata dalam masyarakat. Si kaya bertambah kaya, sedangkan si miskin bukan hanya bertambah miskin, tetapi dengan sengaja ditindas oleh si kaya. Pada waktu yang bersamaan mereka mulai melupakan Allah dalam kehidupan mereka. Mereka tetap menampilkan sikap beragama mereka, tetapi semua itu tidak berarti apa-apa bagi mereka.

GAYANYA
Amos tentunya seorang pemberani. Khotbahnya langsung pada sasaran. Ia tidak pernah berpura-pura dengan kata-katanya, bahkan waktu berdebat dengan seorang imam (Amo 7:17). Nubuatannya penuh dengan penghakiman dan kebinasaan. Ia menggambarkan Allah sebagai seekor singa yang mengaum-aum, dan kita dapat membayangkan bagaimana ia menyampaikan khotbahnya bak singa sedang mengaum kepada para pendengar yang enggan mendengar dan malu, yang ketenteramannya sudah diganggunya dengan kasar. Secara keseluruhan, ada saat-saat kelembutan di dalam nubuatnya dan kitab ini diakhiri dengan suatu pesan pengharapan.

Pesan

1. Allah menghakimi bangsa-bangsa yang berdosa
o Allah mempunyai hak untuk menghakimi seluruh bangsa di dunia, tidak hanya bangsa pilihan-Nya, oleh karena Ia adalah Sang Pencipta (Amo 1:3-2:3).
o Ia menghukum mereka, karena tindakan mereka dalam memperlakukan sesama manusia.
o Hukuman yang dijatuhkan kepada setiap bangsa berlangsung terus sepanjang sejarah.

2. Allah menginginkan keadilan sosial
o Dosa yang dikutuk-Nya:
- Uang adalah segalanya. Amo 3:10,15; 6:4-6
- Si miskin diperas. Amo 2:7; 4:1; 5:11
- Keadilan disalahgunakan. Amo 2:7; 5:7,10; 8:4-6
- Kelonggaran moral. Amo 2:7; 4:1
o Sikap yang diharapkan-Nya:
- Mengasihi kebaikan Amo 5:14,15
- Menjaga keadilan. Amo 5:15,24
- Hidup dalam kebenaran. Amo 5:24

3. Allah membenci kepura-puraan beragama
Sikap Israel:
o Tidak setia kepada janji mereka Amo 2:4,5; 3:1,2
o Tidak menghormati Bait Allah. Amo 2:8
o Tidak bersyukur pada masa lalu. Amo 2:9-12
o Berpura-pura dalam penyembahan mereka. Amo 4:4,5; 5:21-27; 8:5
o Tidak menghargai nabi. Amo 7:10-17

4. Allah mengasihi Israel yang tidak layak itu
Walaupun Amos pada pokoknya berkhotbah mengenai pesan penghakiman, ia juga berbicara mengenai Allah sebagai Allah yang penuh kasih.
o Allah dengan tanpa paksaan memilih untuk mengasihi. Amo 3:2
o Allah dengan sabar mencoba untuk mengajar. Amo 4:6-11
o Allah dengan penuh belas kasihan menawarkan pertolongan. Amo 5:6
o Allah dengan penuh kemurahan berjanji untuk memulihkan. Amo 9:11-15

Penerapan

1. Bagaimana seharusnya hidup di dunia ini
Ingatlah:
o Hak-hak asasi manusia harus dihargai
o Keadilan yang benar itu penting
o Orang miskin berharga di mata Allah
o Hidup bermewah-mewah adalah hidup yang berbahaya
o Penghakiman segera datang

2. Bagaimana harus hidup di hadapan Allah
Ingatlah:
o Taruhlah Allah di atas segalanya
o Pastikan bahwa ibadahmu nyata
o Pekalah terhadap suara Allah
o Bersiaplah untuk bertemu Allah
o Janganlah bergantung kepada agama -- bergantunglah kepada Allah

Tema-tema Kunci

1. Melanggar Hukum Allah
Amos mengutuk bangsa-bangsa karena dosa mereka (Amo 1:3,6,9,11,13; 2:1,4,6), yaitu untuk pemberontakan mereka terhadap hukum Allah. Melanggar hukum Allah merupakan dosa yang paling utama. Pelanggaran itu dapat pribadi maupun secara nasional. Buatlah daftar dosa-dosa manusia dalam kitab ini yang menyebabkan mereka dihukum. Dosa apa yang relevan pada masa kini?

2. Menghadapi hukuman Allah
Apabila manusia berdosa maka:
o Hukuman tak dapat dielakkan sebab dosa membawa hukuman sebagai ekornya (Amo 1:3, 6,9,11,13; 2:1,4,6).
o Hukuman tidak dapat dihindari sebab Allah membiarkan hukuman itu berlaku (Amo 3:13-15).
o Hukuman menjadi lebih besar bagi mereka yang mendapat hak istimewa untuk membina hubungan yang khusus dengan Allah (Amo 3:2).
o Hukuman dilaksanakan oleh Allah dengan penuh keengganan (Amo 7:1-6).
o Bagaimana kita secara realistis berbicara mengenai hukuman Allah dalam dunia dewasa ini?

3. Mendengar suara Allah
Nasib yang paling buruk yang mungkin dialami umat manusia ialah bertahan dalam suatu periode yang di dalamnya Allah diam (Amo 8:11,12). Tetapi, dalam zaman Amos Allah telah berbicara melalui:
o Peristiwa-peristiwa (Amo 4:4-11)
o Nabi (Amo 7:14,15). Amos bukan seorang nabi yang sungguh-sungguh, tetapi seorang yang diambil dari kalangan orang biasa yang mempunyai keinginan bernyala-nyala untuk mengumandangkan firman Tuhan.
Apakah Allah masih berbicara seperti itu dewasa ini? Pikirkanlah contohnya. Apa yang diajarkan Amos kepada kita mengenai menjadi pelayan Allah?

4. Melakukan kehendak Allah
Amos memanggil bangsa Israel untuk bertobat. Pertobatan itu lebih dari hanya berkata "Maaf". Pertobatan merupakan suatu perubahan cara berpikir secara total, yang mengakibatkan orang berpaling dari cara hidup yang lama dan mulai hidup sesuai dengan apa yang Allah kehendaki. Apa yang Allah inginkan dari bangsa Israel adalah tindakan (Amo 5:14,15,24). Apa yang seharusnya menjadi buah pertobatan dalam kehidupan Anda?

Garis Besar Intisari: Amos (Pendahuluan Kitab) [1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2 [2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5 Amo 1:3-5Siria

[1] SANG NABI: WAKTU DAN PESANNYA Amo 1:1,2

[2] BANGSA-BANGSA DIPANGGIL UNTUK MEMPERTANGGUNGJAWABKAN PERBUATAN MEREKA Amo 1:3-2:5

Amo 1:3-5Siria: mengabaikan hak-hak manusia
Amo 1:6-8Orang Filistin: menjual manusia demi uang
Amo 1:9,10Funisia: melanggar janji
Amo 1:11-12Edom: membenci saudaranya
Amo 1:13-15Amon: kejam kepada orang yang tidak berdaya
Amo 2:1-3Moab: tidak menghormati jasad orang yang sudah mati
Amo 2:4,5Yehuda: tidak setia kepada Allah

[3] ISRAEL DI SIDANG PENGADILAN Amo 2:6-16

Amo 2:6-9Kejahatan mereka yang serius
Amo 2:10-12Ingatan mereka yang pendek
Amo 2:13-16Hukuman yang berat atas mereka

[4] KEPUTUSAN HAKIM Amo 3:1-4:3

Amo 3:1,2Tanggung jawab kasih
Amo 3:3-8Penghakiman yang tak terelakkan
Amo 3:9-4:3Penjabaran tentang penghakiman

[5] KAPANKAH MEREKA MAU BELAJAR? Amo 4:4-13

Amo 4:4,5Terus menerus mengabaikan Allah
Amo 4:6Allah telah berbicara melalui bencana kelapara...
Amo 4:7,8... dan kekeringan ...
Amo 4:9... dan panen yang gagal...
Amo 4:10... dan perang...
Amo 4:11... dan bencana
Amo 4:12,13Siap untuk bertemu Allah

[6] UPACARA PENGUBURAN TERHADAP AGAMA Amo 5:1-27

Amo 5:1-3Nyanyian penguburan
Amo 5:4-6Undangan untuk mencari Allah
Amo 5:7-13Sebab-sebab kematian
Amo 5:14,15Undangan untuk mencari kebaikan
Amo 5:16-27Pembedahan atas kepura-puraan beragama

[7] NASIB SI KAYA Amo 6:1-14

Amo 6:1-7Kesia-siaan kemewahan
Amo 6:8-10Dahsyatnya penghakiman
Amo 6:11-14Bodohnya ketidakadilan

[8] PENGLIHATAN NABI Amo 7:1-8:6

Amo 7:1-3Penglihatan tentang belalang
Amo 7:4-6Penglihatan tentang api
Amo 7:7-9Penglihatan tentang tali sipat
Amo 7:10-17Selingan: penyiksaan atas Amos
Amo 8:1-6Penglihatan tentang buah yang matang

[9] DIAMNYA ALLAH Amo 8:7-9:10

Amo 8:7,8Ingatan Allah
Amo 8:9-14Diamnya Allah
Amo 9:1-10Penghancuran dari Allah

[10] PENGHARAPAN MASA DEPAN Amo 9:11-15

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #07: Klik ikon untuk mendengarkan pasal yang sedang Anda tampilkan. [SEMUA]
dibuat dalam 0.86 detik
dipersembahkan oleh YLSA