kecilkan semua  

Teks -- 2 Tawarikh 11:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
11:1 Ketika Rehabeam datang ke Yerusalem, ia mengumpulkan kaum Yehuda dan Benyamin, seratus delapan puluh ribu teruna yang sanggup berperang untuk memerangi orang Israel dengan maksud mengembalikan kerajaan itu kepadanya. 11:2 Tetapi datanglah firman TUHAN kepada Semaya, abdi Allah, demikian: 11:3 "Katakanlah kepada Rehabeam, anak Salomo, raja Yehuda, dan kepada segenap orang Israel di Yehuda dan di Benyamin, demikian: 11:4 Beginilah firman TUHAN: Janganlah kamu maju dan janganlah kamu berperang melawan saudara-saudaramu. Pulanglah masing-masing ke rumahnya, sebab Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi." Maka mereka mendengarkan firman TUHAN dan pulang dengan tidak pergi menyerang Yerobeam.
Raja Rehabeam -- Pengokohan kerajaan; keluarga raja
11:5 Rehabeam diam di Yerusalem dan memperkuat kota-kota kubu di Yehuda. 11:6 Ia memperkuat Betlehem, Etam, Tekoa, 11:7 Bet-Zur, Sokho, Adulam, 11:8 Gat, Mares, Zif, 11:9 Adoraim, Lakhis, Azeka, 11:10 Zora, Ayalon dan Hebron, yang terletak di Yehuda dan di Benyamin, sebagai kota-kota berkubu. 11:11 Ia memperkokoh kota-kota kubu itu dan menempatkan di situ kepala-kepala pasukan dengan persediaan makanan, minyak dan anggur; 11:12 perisai dan tombakpun disediakan di tiap-tiap kota. Ia membuat kota-kota itu amat kokoh. Demikianlah Yehuda dan Benyamin menjadi daerah kekuasaannya. 11:13 Para imam dan orang Lewi di seluruh Israel datang menggabungkan diri dengan dia dari daerah-daerah kediaman mereka. 11:14 Sebab orang Lewi meninggalkan tanah penggembalaan dan milik mereka, lalu pergi ke Yehuda dan Yerusalem, oleh karena Yerobeam dan anak-anaknya melarang mereka memegang jabatan imam TUHAN, 11:15 dan mengangkat bagi dirinya imam-imam untuk bukit-bukit pengorbanan untuk jin-jin dan untuk anak-anak lembu jantan yang dibuatnya. 11:16 Dari segenap suku Israel orang datang ke Yerusalem mengikuti orang-orang Lewi itu, yakni orang yang telah membulatkan hatinya untuk mencari TUHAN Allah Israel; dan mereka datang untuk mempersembahkan korban kepada TUHAN, Allah nenek moyang mereka. 11:17 Demikianlah mereka memperkokoh kerajaan Yehuda dan memperkuat pemerintahan Rehabeam bin Salomo selama tiga tahun, karena selama tiga tahun mereka hidup mengikuti jejak Daud dan Salomo. 11:18 Rehabeam mengambil Mahalat, anak Yerimot bin Daud dan Abihail binti Elhiab bin Isai, menjadi isterinya, 11:19 yang melahirkan baginya anak-anak lelaki ini: Yeush, Semarya dan Zaham. 11:20 Sesudah Mahalat ia mengambil Maakha, anak Absalom, menjadi isterinya, yang melahirkan baginya Abia, Atai, Ziza dan Selomit. 11:21 Rehabeam mencintai Maakha, anak Absalom itu, lebih dari pada semua isteri dan gundiknya -- ia mengambil delapan belas isteri dan enam puluh gundik dan memperanakkan dua puluh delapan anak laki-laki dan enam puluh anak perempuan. 11:22 Rehabeam mengangkat Abia, anak Maakha, sebagai pemuka, yakni sebagai pemimpin di antara saudara-saudaranya, karena ia bermaksud menjadikan dia raja. 11:23 Oleh sebab itu ia mengambil kebijaksanaan untuk menyebarkan semua anaknya yang lain ke seluruh daerah Yehuda dan Benyamin, ke segala kota kubu. Ia memberikan mereka makanan dengan limpahnya dan menyediakan bagi mereka banyak isteri.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abiam the son and successor of King Rehoboam
 · Abihail a Levite in Moses' time,wife of Abishur of the tribe of Judah;,the son of Huri of the tribe of Gad,a woman; King David's niece and Rehoboam's wife,the father of Queen Esther and Uncle of Mordecai, a Benjamite
 · Absalom the son of David and Maacah
 · Adoraim a town restored by Rehoboam 8 km west of Hebron
 · Adulam a town of Judah 16 km ESE of Gath and 17 km NW of Hebron,a cave near the town of Adullam
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · anak-anak Lewi members of the tribe of Levi
 · Aseka a town in the western foothills of Judah
 · Atai son of Jarha the Egyptian slave; grandson of Sheshan of Judah,a commander of Saul's from Gad who defected to David,son of Rehoboam and Maacah; grandson of Absalom and Solomon
 · Ayalon a town 19 km WNW of Jerusalem,a town in the land of Zebulun some 90 km north of Jerusalem
 · Azeka a town in the western foothills of Judah
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · bani Lewi members of the tribe of Levi
 · Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · Bet-Zur a town & district in the hill country of Judah,son of Maon of Judah
 · Betlehem a town located in either Moab or Judah
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Eliab son of Helon; Moses' officer over the tribe of Zebulun,son of Pallu of Reuben; father of Dathan and Abiram,son of Jesse; brother of David,a Levite worship leader in David's time,a Gadite officer of Saul's who defected to David,son of Nahath/Toah/Tohu of Levi; Samuel's great grandfather
 · Etam a place where the Israelites made an early encampment
 · Gat a town of the Anakim and Philistines in Judah 12 km south. of Ekron
 · Hebron a valley and town of Judah 25 km west of the dead sea,son of Kohath son of Levi,son of Mareshah of Judah
 · Isai a son of Obed; the father of David the king and ancestor of Jesus,son of Obed of Judah; father of David
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · kaum suku Benyamin the tribe of Benjamin of Israel
 · kaum-kaum Lewi members of the tribe of Levi
 · kaum-kaum suku Lewi members of the tribe of Levi
 · Lakhis a town of Judah 23 km west of Hebron & 40 km north of Beersheba (SMM)
 · Lewi relating to Levi and the priesthood given to him,a tribal name describing people and ceremonies as sacred


Topik/Tema Kamus: Rehabeam | Yerobeam | Raja | Kota | Minyak | Perisai | Tentara, Pasukan Israel | Cari, Mencari Allah | Tombak | Senjata Untuk Berperang | Anak Lembu Yerobeam | Zaham | Semarya | Anggur | Roh-Roh Jahat/Jin | Adoraim | Lewi | Benteng | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Taw 11:4 - AKULAH YANG MENYEBABKAN HAL INI TERJADI. Nas : 2Taw 11:4 Allahlah yang memecahkan Israel sebagai usaha mempertahankan kesetiaan Yehuda kepada-Nya dan memisahkan Yehuda dari bertambahnya pe...

Nas : 2Taw 11:4

Allahlah yang memecahkan Israel sebagai usaha mempertahankan kesetiaan Yehuda kepada-Nya dan memisahkan Yehuda dari bertambahnya pencemaran rohani yang terjadi di suku lainnya. Kadang-kadang Allah menyebabkan perpecahan supaya memelihara dan melindungi kebenaran-Nya yang dinyatakan, standar-standar-Nya yang benar dan umat beriman yang ingin tetap setia kepada-Nya

(lihat cat. --> 1Raj 12:24;

lihat cat. --> Mat 10:34;

lihat cat. --> Ef 4:3;

lihat cat. --> Ef 4:5;

lihat cat. --> Ef 4:13;

lihat cat. --> Ef 4:15;).

[atau ref. 1Raj 12:24; Mat 10:34; Ef 4:3,5,13,15]

Full Life: 2Taw 11:14-15 - YEROBEAM ... MENGANGKAT BAGI DIRINYA IMAM-IMAM. Nas : 2Taw 11:14-15 Lihat cat. --> 1Raj 12:28. [atau ref. 1Raj 12:28]

Nas : 2Taw 11:14-15

Lihat cat. --> 1Raj 12:28.

[atau ref. 1Raj 12:28]

Full Life: 2Taw 11:16 - MEMBULATKAN HATINYA UNTUK MENCARI TUHAN. Nas : 2Taw 11:16 Yerobeam dan kerajaan utara meninggalkan penyembahan kepada Tuhan sebagaimana dinyatakan dalam Firman dan perjanjian-Nya lalu meng...

Nas : 2Taw 11:16

Yerobeam dan kerajaan utara meninggalkan penyembahan kepada Tuhan sebagaimana dinyatakan dalam Firman dan perjanjian-Nya lalu menggantikannya dengan penyembahan berhala

(lihat cat. --> 1Raj 12:28).

[atau ref. 1Raj 12:28]

  1. 1) Karena alasan ini semua pihak yang ingin tetap setia kepada Allah meninggalkan rumah mereka, memisahkan diri dari kerajaan utara dan bergabung dengan kerajaan selatan (ayat 2Taw 11:14,17). Tantangan untuk tetap setia kepada Allah di tengah-tengah kemurtadan atau kemerosotan moral sering kali dihadapi umat Allah sepanjang sejarah penebusan

    (lihat cat. --> Wahy 2:7).

    [atau ref. Wahy 2:7]

  2. 2) Kesetiaan dan komitmen kepada Allah dan Firman-Nya adakalanya berarti harus memisahkan diri dari gereja dan bergabung atau membentuk gereja lainnya yang setia kepada penyataan Allah yang asli dan mendasar di dalam Kristus

    (lihat cat. --> Mat 21:43

    [atau ref. Mat 21:43]

    mengenai ajaran Yesus Kristus bahwa kerajaan Allah akan diambil dari orang yang tidak beriman dan diberikan kepada mereka yang menanggapi Injil;

    lihat cat. --> Ef 4:13;

    [atau ref. Ef 4:13]

    lihat art. PEMISAHAN ROHANI ORANG PERCAYA).

Jerusalem: 2Taw 11:6-10 - -- Daftar kota-kota yang terkubu ini tidak terdapat dalam 1Raja-raja. Tetapi daftar ini dipungut si Muwarikh dari sebuah sumber yang dapat dipercaya. bol...

Daftar kota-kota yang terkubu ini tidak terdapat dalam 1Raja-raja. Tetapi daftar ini dipungut si Muwarikh dari sebuah sumber yang dapat dipercaya. boleh jadi tindakan Rehabeam itu dikarenakan penyerbuan oleh raja Sisak dari Mesir, 2Ta 12:9. Penyerbuan itu telah menyatakan betapa lemah negeri Yehuda. Kota-kota berkubu yang terdaftar di sini tidak terletak di perbatasan, namun merupakan tempat-tempat strategis yang baik. Pasukan pembela kota itu ialah pasukan tetap, 2Ta 11:11-12.

Jerusalem: 2Taw 11:13-17 - -- Menurut pandangan si Muwarikh terpecahkan kesatuan bangsa dan agama menyebabkan orang Lewi dan orang Israel yang setia mengungsi ke Yerusalem, satu-sa...

Menurut pandangan si Muwarikh terpecahkan kesatuan bangsa dan agama menyebabkan orang Lewi dan orang Israel yang setia mengungsi ke Yerusalem, satu-satunya tempat untuk beribadat secara halal. Pengungsian masal semacam itu memang terjadi setelah Samaria direbut tentara Asyur, dua abad sesudah masa pemerintahan Rehabeam.

Jerusalem: 2Taw 11:18-23 - -- Hanya 2Tawarikh menyajikan keterangan-keterangan ini mengenai keluarga Rehabeam. Si Muwarikh tidak berkata apa-apa mengenai banyaknya isteri Salomo, t...

Hanya 2Tawarikh menyajikan keterangan-keterangan ini mengenai keluarga Rehabeam. Si Muwarikh tidak berkata apa-apa mengenai banyaknya isteri Salomo, tetapi di sini ia menyebut jumlah isteri Rehabeam, raja yang tidak setia, 2Ta 11:21.

Jerusalem: 2Taw 11:18 - anak Yerimot Dalam terjemahan Yunani terbaca: binti Yerimot

Dalam terjemahan Yunani terbaca: binti Yerimot

Jerusalem: 2Taw 11:18 - Daud dan Abihail Dalam naskah Ibrani tertulis: Daud, Abihail.

Dalam naskah Ibrani tertulis: Daud, Abihail.

Jerusalem: 2Taw 11:22 - menjadikan dia raja Sebagai penggantinya raja Rehabeam memilih anak dari isteri yang paling disukainya, meskipun bukan anak sulung. Begitu juga Daud memilih Salomo.

Sebagai penggantinya raja Rehabeam memilih anak dari isteri yang paling disukainya, meskipun bukan anak sulung. Begitu juga Daud memilih Salomo.

Jerusalem: 2Taw 11:23 - menyediakan banyak isteri Dalam naskah Ibrani tertulis: ia minta nasehat banyak isteri.

Dalam naskah Ibrani tertulis: ia minta nasehat banyak isteri.

Ende: 2Taw 11:17 - -- Sesudah tiga tahun Juda diserbu oleh radja Mesir dan dalam anggapan si muwarich serbuan itu adalah hukuman untuk kedjahatan, sehingga pastilah Juda se...

Sesudah tiga tahun Juda diserbu oleh radja Mesir dan dalam anggapan si muwarich serbuan itu adalah hukuman untuk kedjahatan, sehingga pastilah Juda sementara itu sudah murtad daripada Allah dan tidak menuruti lagi tjontoh Dawud dan Sulaiman.

Ende: 2Taw 11:20 - sesudah disini tidak berarti setelah isteri pertama meninggal, melainkan hanjalah: mengambil isteri lain lagi.

disini tidak berarti setelah isteri pertama meninggal, melainkan hanjalah: mengambil isteri lain lagi.

Endetn: 2Taw 11:18 - binti diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Tertulis: "bin?."

diperbaiki menurut terdjemahan Junani dan Latin (Vlg.) Tertulis: "bin?."

Endetn: 2Taw 11:18 - (dan) ditambahkan menurut terdjemahan Junani (beberapa naskahnja) dan Latin (Vlg.).

ditambahkan menurut terdjemahan Junani (beberapa naskahnja) dan Latin (Vlg.).

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:1 - ke Yerusalem · ke Yerusalem: 1Raj 12:21; 1Raj 12:21

· ke Yerusalem: 1Raj 12:21; [Lihat FULL. 1Raj 12:21]

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:2 - kepada Semaya · kepada Semaya: 1Raj 12:22; 1Raj 12:22; 2Taw 12:5-7,15

· kepada Semaya: 1Raj 12:22; [Lihat FULL. 1Raj 12:22]; 2Taw 12:5-7,15

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:4 - melawan saudara-saudaramu · melawan saudara-saudaramu: 2Taw 28:8-11

· melawan saudara-saudaramu: 2Taw 28:8-11

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:10 - sebagai kota-kota · sebagai kota-kota: Yos 10:20; Yos 10:20; 2Taw 12:4; 17:2,19; 21:3

· sebagai kota-kota: Yos 10:20; [Lihat FULL. Yos 10:20]; 2Taw 12:4; 17:2,19; 21:3

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:13 - orang Lewi · orang Lewi: Bil 35:2-5; Bil 35:2 s/d 5

· orang Lewi: Bil 35:2-5; [Lihat FULL. Bil 35:2] s/d 5

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:14 - dan milik · dan milik: 1Taw 6:81

· dan milik: 1Taw 6:81

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:15 - dan mengangkat // dirinya imam-imam // untuk jin-jin // anak-anak lembu · dan mengangkat: 1Raj 13:33; 1Raj 13:33 · dirinya imam-imam: 1Raj 12:31; 1Raj 12:31 · untuk jin-jin: Im 17:7 · anak-anak ...

· dan mengangkat: 1Raj 13:33; [Lihat FULL. 1Raj 13:33]

· dirinya imam-imam: 1Raj 12:31; [Lihat FULL. 1Raj 12:31]

· untuk jin-jin: Im 17:7

· anak-anak lembu: 1Raj 12:28; 2Taw 13:8

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:16 - suku Israel · suku Israel: 2Taw 15:9

· suku Israel: 2Taw 15:9

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:17 - mereka memperkokoh · mereka memperkokoh: 2Taw 12:1

· mereka memperkokoh: 2Taw 12:1

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:20 - mengambil Maakha // baginya Abia · mengambil Maakha: 1Raj 15:2; 1Raj 15:2 · baginya Abia: 2Taw 12:16; 13:2

· mengambil Maakha: 1Raj 15:2; [Lihat FULL. 1Raj 15:2]

· baginya Abia: 2Taw 12:16; 13:2

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:21 - belas isteri · belas isteri: Ul 17:17; Ul 17:17

· belas isteri: Ul 17:17; [Lihat FULL. Ul 17:17]

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:22 - mengangkat Abia · mengangkat Abia: Ul 21:15-17

· mengangkat Abia: Ul 21:15-17

Ref. Silang FULL: 2Taw 11:23 - mereka makanan · mereka makanan: 2Taw 21:3

· mereka makanan: 2Taw 21:3

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Taw 10:1--11:19 - -- A. Pembagian Kerajaan (10:1-11:19). "Allah kita maju terus." Secara manusiawi, tiga tahapan dari sejarah kerajaan Yehuda - pemisahannya dari sebagian...

A. Pembagian Kerajaan (10:1-11:19).

"Allah kita maju terus." Secara manusiawi, tiga tahapan dari sejarah kerajaan Yehuda - pemisahannya dari sebagian besar Israel, pergantian para pemimpinnya yang berpikiran berbeda-beda dan keruntuhan akhirnya dalam pembuangan - merupakan salah satu tragedi yang sangat nyata. Bahkan penulis I dan II Raja-Raja yang menulis sekitar akhir masa pembuangan hanya mampu menyebutkan bahwa peristiwa itu merupakan tindakan Allah yang adil terhadap umat-Nya yang berbuat tidak setia (II Raj. 17:7-23; 24:1-4). Namun penulis Tawarikh yang menulis sesudah bangsa Israel diizinkan kembali pada tahun 536 sM, diberi ilham untuk melihat tangan Allah sendirilah, di balik empat abad kemunduran Yehuda itu, yang secara berdaulat melaksanakan rencana-Nya dalam sejarah. Hal ini tampak jelas bahkan di saat awal perpecahan kerajaan tersebut pada tahun 930 sM. Penolakan Rehabeam untuk mengadakan pembaharuan dan kemudian pemberontakan terhadapnya (ps. 10) semua disebabkan oleh Allah (10:15) dan usahanya untuk menaklukkan kerajaan Israel utara dihalangi oleh firman Tuhan (11:1-5). Akan tetapi akibatnya adalah pemisahan antara orang-orang saleh dengan bagian utara yang murtad (11:6-22), "demikianlah mereka memperkokoh kerajaan Yehuda" (ay. 17). Perhatikan bahwa pasal 10 dan 11:4, 13-17 sesuai dengan I Raja-Raja 12 sekalipun II Tawarikh 11:5-12, 18-23 tidak disebutkan di bagian lain.

Wycliffe: 2Taw 11:1 - Kaum Yehuda dan Benyamin 11:1. Kaum Yehuda dan Benyamin. Sebagaimana telah dinubuatkan oleh Nabi Ahia (I Raj. 11:31, 32) dua suku ini tetap setia kepada Dinasti Daud (11:3, 12...

11:1. Kaum Yehuda dan Benyamin. Sebagaimana telah dinubuatkan oleh Nabi Ahia (I Raj. 11:31, 32) dua suku ini tetap setia kepada Dinasti Daud (11:3, 12; bdg. tafsiran I Taw. 4:24-43 ).

Wycliffe: 2Taw 11:2 - Semaya // abdi Allah 2. Semaya adalah abdi Allah yang telah menasihati Rehabeam sesudah kejatuhannya yang kemudian (12:5-7) dan yang telah menyusun salah satu sumber tertu...

2. Semaya adalah abdi Allah yang telah menasihati Rehabeam sesudah kejatuhannya yang kemudian (12:5-7) dan yang telah menyusun salah satu sumber tertulis tentang masa pemerintahannya (12:15).

Wycliffe: 2Taw 11:3 - Segenap orang Israel di Yehuda dan di Benyamin 3. Segenap orang Israel di Yehuda dan di Benyamin di I Raja-Raja 12:23 didefinisikan sebagai golongan atau kaum "selebihnya dari bangsa itu," yaitu or...

3. Segenap orang Israel di Yehuda dan di Benyamin di I Raja-Raja 12:23 didefinisikan sebagai golongan atau kaum "selebihnya dari bangsa itu," yaitu orang-orang yang masih tetap saleh di antara kelompok lebih besar yang sudah murtad (Im. 26:39, 44; Yes. 10:20-23).

Wycliffe: 2Taw 11:4 - Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi 4. Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi. Lihat tafsiran 10:15.

4. Akulah yang menyebabkan hal ini terjadi. Lihat tafsiran 10:15.

Wycliffe: 2Taw 11:5 - Rehabeam ... memperkuat kota-kota kubu di Yehuda 5. Rehabeam ... memperkuat kota-kota kubu di Yehuda. Setelah dilarang untuk berusaha menguasai Israel kembali, Rehabeam kemudian mempersiapkan pertaha...

5. Rehabeam ... memperkuat kota-kota kubu di Yehuda. Setelah dilarang untuk berusaha menguasai Israel kembali, Rehabeam kemudian mempersiapkan pertahanan untuk melindungi wilayah yang masih dipercayakan kepadanya, sebab tindakan ini sangat diperlukan mengingat bahaya-bahaya yang senantiasa mengancam sebagaimana tampak dari serangkaian pertempuran yang terjadi sesudah ini (12:15). Kota-kota yang disebutkan (ay. 6-10) terletak di sebelah selatan dan barat Yehuda, tampaknya karena bahaya yang mengancam dari Mesir (bdg. 12:2-4).

Wycliffe: 2Taw 11:14 - Yerobeam ... melarang mereka // memegang jabatan imam // Dan anak-anaknya 14. Yerobeam ... melarang mereka (orang Lewi) memegang jabatan imam (bdg. I Raj. 12:31), sebagai bagian dari strategi Yerobeam untuk memisahkan pendud...

14. Yerobeam ... melarang mereka (orang Lewi) memegang jabatan imam (bdg. I Raj. 12:31), sebagai bagian dari strategi Yerobeam untuk memisahkan penduduknya dari keterikatan mereka secara religius pada Yerusalem (I Raj. 12:26-28). Dan anak-anaknya (para pengganti Yerobeam). Perpindahan orang-orang yang setia ke Yehuda dengan demikian merupakan sebuah proses yang tetap berlanjut sepanjang tahun-tahun yang kemudian.

Wycliffe: 2Taw 11:15 - Mengangkat bagi dirinya imam-imam ... untuk jin-jin // anak-anak lembu jantan // yang dibuatnya 15. Mengangkat bagi dirinya imam-imam ... untuk jin-jin. Bahasa Ibrani seirim yang artinya "kambing jantan" (hewan yang diam di antara puing-puing; Ye...

15. Mengangkat bagi dirinya imam-imam ... untuk jin-jin. Bahasa Ibrani seirim yang artinya "kambing jantan" (hewan yang diam di antara puing-puing; Yes. 13:31; 34:14). Yang dimaksudkan ini bukanlah makhluk-makhluk manusia - kambing dalam dongeng-dongeng Yunani sebagaimana dikemukakan oleh para penganut aliran Liberal, seirim yang dimaksudkan di sini hanyalah sekadar berhala dalam bentuk kambing yang dipakai bersama dengan anak-anak lembu jantan (dari emas) yang dibuatnya (bdg. Im. 17:7).

Wycliffe: 2Taw 11:17 - memperkuat pemerintahan Rehabeam bin Salomo 17. Tetapi sekalipun penyembahan berhala yang disebarluaskan oleh Yerobeam itu berdosa, dengan pengaturan Allah, tindakan Yerobeam tersebut justru men...

17. Tetapi sekalipun penyembahan berhala yang disebarluaskan oleh Yerobeam itu berdosa, dengan pengaturan Allah, tindakan Yerobeam tersebut justru menyebabkan mereka yang saleh berpindah ke selatan (ay. 13, 16) sehingga memperkuat pemerintahan Rehabeam bin Salomo.

Wycliffe: 2Taw 11:18 - Abigail // Yerimot // Mahalat, 18. Abigail adalah istri Yerimot dan ibu Mahalat, bukan istri kedua Rehabeam.

18. Abigail adalah istri Yerimot dan ibu Mahalat, bukan istri kedua Rehabeam.

Wycliffe: 2Taw 11:21 - Maakha // anak perempuan) // Ia mengambil delapan belas istri // Ia mengambil kebijaksanaan 21. Maakha (Mikhaya dalam 13:2) pastilah cucu (bukan anak perempuan) Absalom, melalui putrinya Tamar istri Uriel (13:2; bdg. II Sam. 14:27; 18:18). Ia...

21. Maakha (Mikhaya dalam 13:2) pastilah cucu (bukan anak perempuan) Absalom, melalui putrinya Tamar istri Uriel (13:2; bdg. II Sam. 14:27; 18:18). Ia mengambil delapan belas istri. Rehabeam dengan demikian secara sengaja mengabaikan kehendak Allah (Ul. 17:17; Im. 18:18; bdg. John Murray, Principles of Conduct, Lampiran B) dan melanjutkan teladan ayahnya yang mendatangkan malapetaka. 23. Ia mengambil kebijaksanaan. Dengan menugaskan anak-anaknya menggalang pertahanan nasional dan dengan melengkapi kehidupan mereka dengan makanan dan istri; serta juga dengan menyebarkan mereka untuk memastikan lancarnya pergantian takhta oleh Abia, ahli waris yang telah ditetapkan (ay. 22).

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Taw 11:1-23 - Benar ketika mendengarkan firman Allah. (Minggu, 19 Mei 2002) Benar ketika mendengarkan firman Allah. Satu-satunya cara yang terpikir oleh Rehabeam untuk menyelesaikan pemberontakan Yerobeam adalah dengan cara ke...

Topik Teologia: 2Taw 11:16 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mencari Allah Carilah Allah Contoh-contoh Orang-orang yang Mencari Allah ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Penulis : Ezra (?) Tema : Ibadah, Kebangunan Rohani, dan Pembaharuan Sejati Tanggal Penulisan: 450-420 SM Latar Belakang Karen...

Full Life: 2 Tawarikh (Garis Besar) Garis Besar I. Salomo: Sumbangan-Sumbangan Penting Masa Pemerintahannya (2Taw 1:1-9:31) A. Penegakan Kepemimpinan Sal...

Jerusalem: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB-KITAB TAWARIKH, EZRA DAN NEHEMIA PENGANTAR Di samping karya sejarah dari tradisi Ulangan yang merangkum kitab Hakim-hakim, Samuel dan Raja-raja,...

Ende: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) KITAB TAWARICH PENDAHULUAN Sebagai pengutji daftar kitab2 sutji tradisi Jahudi di Palestina -- menjimpang dari tradisi Babel dan terdjemahan2 kuno, --...

Wycliffe: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 TAWARIKH LIHAT PENDAHULUAN I TAWARIKH

Wycliffe: 2 Tawarikh (Garis Besar) GARIS BESAR 2 TAWARIKH I. Masa Pemerintahan Salomo (1:1-9:31)> A. Penobatan Salomo (1:1-17) B. Bait Suci Salomo (2:1-7:22) ...

BIS: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) II TAWARIKH PENGANTAR Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Set

II TAWARIKH

PENGANTAR

Buku II Tawarikh merupakan lanjutan buku I Tawarikh. Buku ini mulai dengan kisah pemerintahan Raja Salomo sampai wafatnya. Setelah mengemukakan kisah pemberontakan suku-suku utara di bawah pimpinan Yerobeam melawan Raja Rehabeam, buku ini hanya mengemukakan sejarah Yehuda, yaitu kerajaan selatan, sampai jatuhnya Yerusalem pada tahun 586 Sebelum Masehi.

Isi

  1.  Pemerintahan Salomo
    2Taw 1:1-9:31
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Taw 1:1-17
    2. b. Pembangunan Rumah TUHAN
      2Taw 2:1-7:10
    3. c. Tahun-tahun kemudian
      2Taw 7:11-9:31
  2.  Pemberontakan suku-suku utara
    2Taw 10:1-19
  3.  Raja-raja Yehuda
    2Taw 11:1-36:12
  4.  Jatuhnya Yerusalem
    2Taw 36:13-23

Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) Pelajaran mengenai Kesetiaan ISI II TAWARIKH II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai

Pelajaran mengenai Kesetiaan

ISI II TAWARIKH
II Tawarikh menceritakan kisah umat Allah dengan pemeritahan Raja Salomo. Kitab itu menelusuri berbagai kejadian yang menimpa Yehuda selama hampir empat ratus tahun sampai akhirnya negeri itu hancur, rakyatnya dibuang dan ibukotanya dihancurkan (587 SM). Kisah kehancuran ini bukan merupakan kata akhir Tawarikh. Kalimat-kalimat terakhir dari kitab ini menunjuk kepada masa depan yang penuh harapan ketika bangsa ini dipulihkan melalui maklumat raja Kores (2Ta 36:23).

MENGAPA KITAB INI DITULIS
Si penyusun mempunyai tiga alasan untuk menyusun kitab ini:
1. Untuk menafsirkan jalannya sejarah. Ia menerangkan mengapa beberapa raja memerintah dengan damai dan sejahtera sedangkan yang lain memerintah dalam pergolakan. Rahasia keberhasilan itu terletak pada kesetiaan kepada Allah.
2. Untuk mengajar. Si penyusun tidak puas hanya dengan menguraikan masa lalu dalam tulisannya. Ia ingin menghimbau umat Allah untuk belajar dari kesalahan-kesalahan yang terjadi sepanjang sejarah, dan setia kepada-Nya sekarang.
3. Untuk menggugah iman. Banyak orang Yahudi merasa Allah telah meninggalkan mereka. Dengan menjelaskan sebab-sebab dari penderitaan mereka, si penyusun mendorong mereka untuk kembali percaya kepada Allah yang besar dan berkuasa. Untuk komentar terinci mengenai mengapa 2 Tawarikh ditulis bacalah komentar mengenai 1 Tawarikh.

CIRI KHUSUS
1. Si penyusun setia kepada keluarga Daud dan memperlihatkan bagaimana Allah tetap setia memenuhi janji-Nya bahwa takta Daud akan tetap aman (2Ta 21:7) kendati Ia mempunyai alasan untuk tidak melakukannya.
2. Kerajaan Israel Utara dianggap melakukan kesalahan, karena memisahkan diri dari takta Daud (2Ta 13:1-12). Dalam seluruh kitab tindakan bangsa israel dianggap jahat (misalnya 2Ta 21:6,13). Sejarah bangsa Israel diabaikan kecuali kisah yang dapat dipakai sebagai peringatan untuk tidak melakukan kesalahan.
3. Peristiwa dalam sejarah dipakai sedemikian rupa sehingga arti kerohaniannya dapat ditonjolkan. Si penyusun tidak mengada-ada maupun memutarbalikkan sejarah; ia juga bukannya tidak teliti. 1 dan 2 Raja-raja memberikan gambaran sejarah yang lebih lengkap tentang kisah bangsa Israel dan Yehuda, tetapi kedua kitab itu tidak menunjukkan motivasi yang sama untuk menggunakan sejarah guna mengajar masalah rohani.

Pesan

1. Pentingnya perjanjian
Pesan utama II Tawarikh terletak dalam 2Ta 15:2: Tuhan beserta dengan kamu bilamana kamu berserta dengan Dia. Bilamana kamu mencari-Nya. Ia berkenan ditemui olehmu, tetapi bilamana kamu meninggalkannya, kamu akan ditinggalkan-Nya. Hubungan Allah dengan umat-Nya diatur oleh suatu perjanjian, yang didalamnya Allah akan memberkati mereka sepanjang mereka taat kepada-Nya. Kitab ini dengan jelas memberi gambaran mengenai penerapan dari prinsip ini dalam sejarah bangsa Yehuda. Taat pada perjanjian membawa kemakmuran; menyalahi perjanjian membawa kehancuran.

2. Allah perjanjian
o Allah itu besar. 2Ta 2:6; 6:18
o Allah itu baik. 2Ta 5:13
o Allah itu adil. 2Ta 12:6
o Allah itu berkuasa. 2Ta 13:12
o Allah memakmurkan mereka yang percaya kepada-Nya. 2Ta 13:18; 17:5,6; 20:20; 25:7-9; 27:6
o Allah menolong yang lemah. 2Ta 14:11; 20:12, 15-17
o Allah itu panjang sabar. 2Ta 21:7

3. Hukum Allah dalam perjanjian
o Hukum Allah mengemukkan apa yang harus dilakukan oleh manusia untuk dapat menerima kepenuhan berkat Allah. 2Ta 6:16; 33:8
o Mengabaikan hukum Allah akan membawa bencana. 2Ta 12:1,2
o Kebangunan rohani akan menyebarluaskan hukum Allah. 2Ta 17:9
o Hukum Allah menyangkut masalah manusia. 2Ta 19:10
o Hukum Allah menyangkut penyembahan yang benar. 2Ta 23:18; 29:15
o Ketaatan mambawa kemakmuran. 2Ta 31:12
o Oleh karena dosa, manusia sering perlu bertobat dan memperbarui penghayatannya terhadap hukum Allah. 2Ta 14:2-5; 17:6; 24:1-14; 29:1-31:21; 34:1-35:27

4. Manusia perjanjian
o Mereka harus tetap taat sampai pada akhirnya. 2Ta 16:1-14; 24:17-27; 26:16-23
o Mereka harus menyadari bahaya kesombongan. 2Ta 32:24-31
o Mereka harus peka terhadap suara Tuhan. 2Ta 19:2,3; 20:35-37; 35:20-26
o Mereka harus menanggung segala akibat dosa. 2Ta 35:20-25
o Mereka dapat cepat tanggap terhadap berita gembira pengampunan. 2Ta 33:10-20

Penerapan

1. Bagi pemerintahan dunia
o Allah mengatur urusan semua bangsa.
o Allah mengharapkan ketaatan dari semua bangsa.
o Allah memakai nasib setiap bangsa untuk melaksanakan kehendak-Nya.
o Allah lebih kaya dari kekayaan segala bangsa.

2. Bagi orang-orang Kristen yang percaya
o Sebagai pelaku ibadah:
- Ibadah harus berpusat pada kebesaran Allah
- Ibadah memerlukan ketaatan yang sungguh-sungguh
- Ibadah harus dijaga kekudusannya
- Ibadah berarti menaikkan pujian dengan penuh kegembiraan
- Ibadah menyangkut hal memberi dengan suka cita
o Sebagai pekerja:
- Pelayanan atas dasar kemauan
- Pelayanan harus tepat
- Pelayanan harus ditujukan bagi Allah
o Sebagai murid:
- Kita harus sering memperbarui janji kita.
- Kita harus selalu siap menghadapi pencobaan setiap hari.
- Kita harus mendengarkan suara Tuhan dengan hati-hati.
- Kita harus bertekad untuk menjadi murid yang teguh.

Tema-tema Kunci

1. Kebijaksanaan
Pelajarilah permohonan Salomo, dan perhatikan mengapa Allah berkenan atas permohonan itu dan apa yang kemudian terjadi (2Ta 1:7-17). Apakah kita memasukkan kebijaksanaan dalam doa kita?

2. Rumah Tuhan
Tulislah pelajaran apa saja yang dapat dipelajari dari cara Salomo membangun Rumah Tuhan; hal-hal yang dikatakannya kepada Allah dan apa yang dikatakan Allah kepadanya (2Ta 2:1-7:22).

3. Dukungan rohani
Apa yang dapat kita pelajari dari pengalaman beberapa raja (2Ta 22:3; 24:17-19; 26:5) tentang berkat dan bahaya dari persekutuan dengan orang-orang Kristen yang lebih dewasa?

4. Penderitaan
Penderitaan dapat merupakan pembawa pesan dari Tuhan (2Ta 16:12; 32:24,25; 33:10-13); masalah yang penting ialah bagaimana reaksi kita terhadap penderitaan. Dengan cara apa lagi Allah berbicara pada kita dewasa ini?

5. Perubahan
Kitab ini berisi banyak contoh mengenai raja-raja yang berubah menjadi jahat dan seorang raja yang menjadi baik. Siapakah mereka? Bahaya apa yang diperlihatkan oleh mereka yang tidak setia? Apakah Injil kita mengizinkan adanya perubahan drastis (2Ta 33:1-20)?

6. Pujian
Pelajarilah ajaran yang beguna tentang memuji Allah (2Ta 5:11-14; 6:14-42; 20:15-30). Apa yang dapat dipelajari oleh Gereja dewasa ini mengenai dasar dan isi penyembahan kita?

7. Bimbingan
Kesalahan apa yang terdapat pada cara yang dipakai oleh Ahab dalam mencari bimbingan (2Ta 18:1-34)? Sampai dimana kita membuat kesalahan dalam hal ini?

8. Memberi
Pelajaran penting apa yang diajarkan dalam 2 Tawarikh mengenai memberi (2Ta 24:10; 31:2-21)? Carilah pengajaran serupa dalam Perjanjian Baru.

9. Iman
Tulislah segi apa dalam kehidupan Anda yang memerlukan latihan iman Anda, seperti yang dilakukan oleh Yosafat (2Ta 20:20).

Garis Besar Intisari: 2 Tawarikh (Pendahuluan Kitab) [1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31 2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya 2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan

[1] PEMERINTAHAN RAJA SALOMO 2Ta 1:1-9:31

2Ta 1:1-17 Raja Salomo: kebijaksanaan dan kekayaannya
2Ta 2:1-8Persiapan pembuatan Rumah Tuhan
2Ta 3:1-17Pembangunan Rumah Tuhan
2Ta 4:1-5:1Memperlengkapi Rumah Tuhan
2Ta 5:2-14Tabut Perjanjian dibawa ke Rumah Tuhan
2Ta 6:1-42Pidato dan doa Raja Salomo
2Ta 7:1-10 Raja Salomo meresmikan Rumah Tuhan
2Ta 7:1-22Tuhan berbicara kepada Salomo
2Ta 8:1-18Jasa-jasa Salomo yang lain
2Ta 9:1-12Kunjungan Ratu negeri Syeba
2Ta 9:13-28Kekayaan Raja Salomo
2Ta 9:29-31Kematian Raja Salomo

[2] MASA PEMERINTAHAN PARA PENGGANTI SALOMO 2Ta 10:1-36:23

2Ta 10:1-19Kerajaan terpecah
2Ta 11:1-12:16Rehobeam: kebaikan yang dilakukannya
2Ta 13:1-14:1Abia: bersandar kepada Tuhan
2Ta 14:2-16:14Asa: pada mulanya sangat taat kepada Tuhan
2Ta 17:1-21:3Yosafat: bangga melayani Tuhan
2Ta 21:4-20Yehoram: tidak seorang pun meratapi kematiannya
2Ta 22:1-9Ahazia: dibujuk untuk melakukan kejahatan
2Ta 22:10-24:16Yoas: raja muda yang menjadi pembaharu
2Ta 24:17-27Yoas: tidak patuh kepada Tuhan
2Ta 25:1-28Amazia: pengikut Tuhan yang setengah-setengah
2Ta 26:1-23Uzia: kesombongan menyebabkan kejatuhannya
2Ta 27:1-9Yotam: berjalan dengan teguh mengikuti Tuhan
2Ta 28:1-27Ahas: menyebarkan kejahatan
2Ta 29:1-32:33Hizkia: berhasil dalam setiap usahanya
2Ta 33:1-20Manasye: dalam kekalutan ia mencari Tuhan
2Ta 33:21-25Amon: bertambah-tambah dosanya
2Ta 34:1-35:27Yosia: bertindak sesuai dengan undang-undang
2Ta 36:1-14Yoahas: pemerintahan yang singkat
2Ta 36:5-8Yoyakim: melakukan hal-hal yang dibenci Tuhan
2Ta 36:9,10Yoyakim: melakukan kejahatan di mata Tuhan
2Ta 36:11-14Zedekia: tidak mau berpaling kepada Tuhan
2Ta 36:15-22Jatuhnya Yerusalem
2Ta 36:23Pengharapan untuk masa depan
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.32 detik
dipersembahkan oleh YLSA