kecilkan semua  

Teks -- 2 Samuel 6:1-23 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Tabut dipindahkan ke Yerusalem
6:1 Daud mengumpulkan pula semua orang pilihan di antara orang Israel, tiga puluh ribu orang banyaknya. 6:2 Kemudian bersiaplah Daud, lalu berjalan dari Baale-Yehuda dengan seluruh rakyat yang menyertainya, untuk mengangkut dari sana tabut Allah, yang disebut dengan nama TUHAN semesta alam yang bertakhta di atas kerubim. 6:3 Mereka menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru setelah mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit. Lalu Uza dan Ahyo, anak-anak Abinadab, mengantarkan kereta itu. 6:4 Uza berjalan di samping tabut Allah itu, sedang Ahyo berjalan di depan tabut itu. 6:5 Daud dan seluruh kaum Israel menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian, kecapi, gambus, rebana, kelentung dan ceracap. 6:6 Ketika mereka sampai ke tempat pengirikan Nakhon, maka Uza mengulurkan tangannya kepada tabut Allah itu, lalu memegangnya, karena lembu-lembu itu tergelincir. 6:7 Maka bangkitlah murka TUHAN terhadap Uza, lalu Allah membunuh dia di sana karena keteledorannya itu; ia mati di sana dekat tabut Allah itu. 6:8 Daud menjadi marah, karena TUHAN telah menyambar Uza demikian hebatnya; maka tempat itu disebut orang Peres-Uza sampai sekarang. 6:9 Pada waktu itu Daud menjadi takut kepada TUHAN, lalu katanya: "Bagaimana tabut TUHAN itu dapat sampai kepadaku?" 6:10 Sebab itu Daud tidak mau memindahkan tabut TUHAN itu ke tempatnya, ke kota Daud, tetapi Daud menyimpang dan membawanya ke rumah Obed-Edom, orang Gat itu. 6:11 Tiga bulan lamanya tabut Tuhan itu tinggal di rumah Obed-Edom, orang Gat itu, dan TUHAN memberkati Obed-Edom dan seisi rumahnya. 6:12 Diberitahukanlah kepada raja Daud, demikian: "TUHAN memberkati seisi rumah Obed-Edom dan segala yang ada padanya oleh karena tabut Allah itu." Lalu Daud pergi mengangkut tabut Allah itu dari rumah Obed-Edom ke kota Daud dengan sukacita. 6:13 Apabila pengangkat-pengangkat tabut TUHAN itu melangkah maju enam langkah, maka ia mengorbankan seekor lembu dan seekor anak lembu gemukan. 6:14 Dan Daud menari-nari di hadapan TUHAN dengan sekuat tenaga; ia berbaju efod dari kain lenan. 6:15 Daud dan seluruh orang Israel mengangkut tabut TUHAN itu dengan diiringi sorak dan bunyi sangkakala. 6:16 Ketika tabut TUHAN itu masuk ke kota Daud, maka Mikhal, anak perempuan Saul, menjenguk dari jendela, lalu melihat raja Daud meloncat-loncat serta menari-nari di hadapan TUHAN. Sebab itu ia memandang rendah Daud dalam hatinya. 6:17 Tabut TUHAN itu dibawa masuk, lalu diletakkan di tempatnya, di dalam kemah yang dibentangkan Daud untuk itu, kemudian Daud mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan di hadapan TUHAN. 6:18 Setelah Daud selesai mempersembahkan korban bakaran dan korban keselamatan, diberkatinyalah bangsa itu demi nama TUHAN semesta alam. 6:19 Lalu dibagikannya kepada seluruh bangsa itu, kepada seluruh khalayak ramai Israel, baik laki-laki maupun perempuan, kepada masing-masing seketul roti bundar, sekerat daging, dan sepotong kue kismis. Sesudah itu pergilah seluruh bangsa itu, masing-masing ke rumahnya. 6:20 Ketika Daud pulang untuk memberi salam kepada seisi rumahnya, maka keluarlah Mikhal binti Saul mendapatkan Daud, katanya: "Betapa raja orang Israel, yang menelanjangi dirinya pada hari ini di depan mata budak-budak perempuan para hambanya, merasa dirinya terhormat pada hari ini, seperti orang hina dengan tidak malu-malu menelanjangi dirinya!" 6:21 Tetapi berkatalah Daud kepada Mikhal: "Di hadapan TUHAN, yang telah memilih aku dengan menyisihkan ayahmu dan segenap keluarganya untuk menunjuk aku menjadi raja atas umat TUHAN, yakni atas Israel, -- di hadapan TUHAN aku menari-nari, 6:22 bahkan aku akan menghinakan diriku lebih dari pada itu; engkau akan memandang aku rendah, tetapi bersama-sama budak-budak perempuan yang kaukatakan itu, bersama-sama merekalah aku mau dihormati." 6:23 Mikhal binti Saul tidak mendapat anak sampai hari matinya.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Abinadab the Levite who received the ark back from the Philistines,the son of Jesse, David's brother,the son of Saul of Benjami
 · Ahyo son of the Levite Abinadab in David's time,son of Beriah of Benjamin,son of Jeiel of Benjamin
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Mikhal daughter of Saul; wife of David
 · Nakhon a man, town or place that had a threshing floor
 · Obed-Edom a man to whom King David gave charge of the ark,a Levite worship leader and porter for the ark in David's time,a man of Gath in whose care David left the ark,a man taken away with the treasures of the temple
 · Obed-edom a man to whom King David gave charge of the ark,a Levite worship leader and porter for the ark in David's time,a man of Gath in whose care David left the ark,a man taken away with the treasures of the temple
 · orang Gat resident(s) of the town of Gath
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Saul the sixth king of Edom,son of Simeon and a Canaanite woman,son of Uzziah of Kohath son of Levi
 · Saulus the man from Tarsus who became a great apostle to the gentiles,the first king of Isreal,son of Kish of Benjamin; king of Israel before David
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Uza son Abinadab, the Levite who kept the ark for David,son of Shimei, a Levite of the clan of Merari
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Daud | Tabut | Samuel | Abner | Peti Perjanjian | Tabut Perjanjian | Mikhal | Berita Ganda | Musik | Efod | Doa Keluarga | Kerub | Korban Keselamatan | Isteri | Keluarga | Nista Dan Celaan | Tumpang, Tumpangan | Roti | Hukum, Hukuman | Marah, Kemarahan Tuhan Allah | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Sam 6:7 - MURKA TUHAN. Nas : 2Sam 6:7 Allah membunuh Uza karena Daud dan imam besar tidak menugaskan orang-orang Lewi untuk mengangkat tabut perjanjian sesuai dengan peri...

Nas : 2Sam 6:7

Allah membunuh Uza karena Daud dan imam besar tidak menugaskan orang-orang Lewi untuk mengangkat tabut perjanjian sesuai dengan perintah Allah (Bil 1:47-52).

  1. 1) Allah telah memerintahkan bahwa tak seorang pun boleh menyentuh tabut perjanjian, lambang kehadiran dan keagungan-Nya (Bil 4:15; bd. 1Taw 15:13-15). Tindakan Uza bersumber pada ketidaktahuannya akan firman Allah atau ketiadaan takut kepada Tuhan (bd. 1Taw 15:2).
  2. 2) Uza menjadi contoh dari aneka bahaya yang terkandung dalam hal mempunyai semangat untuk Allah tanpa pengetahuan mengenai firman dan cara-cara Allah. Rencana Daud untuk mengembalikan tabut itu ke Yerusalem, dan keinginan Uza untuk memegangnya ketika tabut itu bergoyang atas kereta, menunjukkan semangat untuk kerajaan Allah, namun pada saat yang sama menghasilkan sikap yang mengabaikan standar-standar firman Allah yang kudus. Kebodohan bukan merupakan alasan. Penyataan Allah yang terilhamkan mengungkapkan kehendak-Nya mengenai seluruh kehidupan dan harus ditaati oleh mereka yang mengakui Dia sebagai Tuhan (bd. Im 10:1-3; Yos 7:1-26; Kis 5:1-11).

Full Life: 2Sam 6:12 - TABUT ALLAH ITU ... KE KOTA DAUD. Nas : 2Sam 6:12 Daud mengangkut tabut perjanjian ke Yerusalem (bd. 2Sam 5:6-7) dan mengubah kota tersebut menjadi pusat penyembahan dan ibu kota Is...

Nas : 2Sam 6:12

Daud mengangkut tabut perjanjian ke Yerusalem (bd. 2Sam 5:6-7) dan mengubah kota tersebut menjadi pusat penyembahan dan ibu kota Israel. Kali ini ia mengikuti perintah Tuhan dan menyuruh suku Lewi memikul tabut tersebut (1Taw 15:12). Dua prestasi terbesar Daud sebagai raja berpusat sekitar "kota Daud":

  1. (1) pembentukan Israel menjadi suatu bangsa kuat yang bersatu dengan ibu kotanya Yerusalem yang dibentengi dengan baik, dan
  2. (2) penetapan ibadah kepada Tuhan di tempat yang utama itu sebagai prioritas tertinggi Israel (bd. 2Sam 7:1-29; 1Taw 15:1-17:27).

Full Life: 2Sam 6:20 - MENELANJANGI. Nas : 2Sam 6:20 Mikhal merasa bahwa Daud telah melakukan sesuatu yang tidak patut dilakukan oleh seorang raja Israel (bd. ayat 2Sam 6:16). "Menelan...

Nas : 2Sam 6:20

Mikhal merasa bahwa Daud telah melakukan sesuatu yang tidak patut dilakukan oleh seorang raja Israel (bd. ayat 2Sam 6:16). "Menelanjangi" berarti bahwa Daud telah menanggalkan jubah raja dan tampak dengan jubah biasa seperti yang dipakai seorang budak.

BIS: 2Sam 6:2 - kerub kerub: ialah golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang dari keagungan Allah dan kehadiran-Nya.

kerub: ialah golongan malaikat yang digambarkan sebagai makhluk bersayap, lambang dari keagungan Allah dan kehadiran-Nya.

BIS: 2Sam 6:5 - -- Sebuah terjemahan kuno: menari dengan sekuat tenaga; Ibrani: dengan semua pohon cemara.

Sebuah terjemahan kuno: menari dengan sekuat tenaga; Ibrani: dengan semua pohon cemara.

BIS: 2Sam 6:7 - penghinaan Kemungkinan besar artinya penghinaan.

Kemungkinan besar artinya penghinaan.

BIS: 2Sam 6:8 - Peres-Uza Peres-Uza: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "Kebinasaan Uza".

Peres-Uza: Nama ini dalam bahasa Ibrani berarti "Kebinasaan Uza".

BIS: 2Sam 6:19 - sepotong daging panggang sepotong daging panggang; atau kue kurma.

sepotong daging panggang; atau kue kurma.

BIS: 2Sam 6:22 - engkau Sebuah terjemahan kuno: engkau; Ibrani: aku.

Sebuah terjemahan kuno: engkau; Ibrani: aku.

Jerusalem: 2Sam 6:1-23 - -- Kisah ini melanjutkan kisah mengenai tabut perjanjian yang terputus dalam 1Sa 7:1. Namun kisah lanjutan ini ditulis oleh orang lain. Dengan masuknya t...

Kisah ini melanjutkan kisah mengenai tabut perjanjian yang terputus dalam 1Sa 7:1. Namun kisah lanjutan ini ditulis oleh orang lain. Dengan masuknya tabut itu ke Yerusalem, kota itu menjadi pusat agama Israel dan tidak hanya ibu kota negara. Tabut itu adalah tanda kehadiran Tuhan, Kel 25:8+; Ula 4:7+. Begitulah Yerusalem menjadi kota kudus.

Jerusalem: 2Sam 6:2 - Baale Begitulah sesuai dengan 1Ta 13:6 (Baal). Dalam naskah Ibrani tertulis: dari warga-warga (Yehuda). Baale atau Baala adalah nama lama Kiryat-Yearim, Yos...

Begitulah sesuai dengan 1Ta 13:6 (Baal). Dalam naskah Ibrani tertulis: dari warga-warga (Yehuda). Baale atau Baala adalah nama lama Kiryat-Yearim, Yos 15:9; bdk Yos 15:60; 18:14

Jerusalem: 2Sam 6:2 - yang bertakhta di atas kerubim Bdk 1Sa 4:4+; Kej 25:10+.

Bdk 1Sa 4:4+; Kej 25:10+.

Jerusalem: 2Sam 6:4 - Uza berjalan Ini ditambahkan. Naskah Ibrani salah tulis dan mengulang sebagian 2Sa 6:3; mereka mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit.

Ini ditambahkan. Naskah Ibrani salah tulis dan mengulang sebagian 2Sa 6:3; mereka mengangkatnya dari rumah Abinadab yang di atas bukit.

Jerusalem: 2Sam 6:5 - dengan sekuat tenaga, diiringi nyanyian Begitulah menurut terjemahan Yunani dan 1Ta 13:8. Naskah Ibrani rusak.

Begitulah menurut terjemahan Yunani dan 1Ta 13:8. Naskah Ibrani rusak.

Jerusalem: 2Sam 6:6 - tangannya kepada Ini ditambahkan menurut 1Ta 13:9.

Ini ditambahkan menurut 1Ta 13:9.

Jerusalem: 2Sam 6:7 - karena keteledorannya itu Kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui artinya. Tabut perjanjian mendahsyatkan musuh-musuhnya, 1Sa 5, dan yang menghinakan dia, 1Sa 6:19. Tetapi apa...

Kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui artinya. Tabut perjanjian mendahsyatkan musuh-musuhnya, 1Sa 5, dan yang menghinakan dia, 1Sa 6:19. Tetapi apa yang di sini tampil adalah hal yang lain, yakni kekudusan tabut yang di atasnya bertakhtalah Tuhan. Karena itu tabut itu tidak boleh disentuh. Pengertian terhadap kekudusan itu, bdk Ima 17:1+, memang sederhana sekali, namun mengungkapkan suatu perasaan mendalam terhadap keluhuran Allah, bdk Kel 33:20+. Hukum Para Imam melembagakan perasaan itu dengan menetapkan bahwa bahkan orang Lewi berbahaya dengan mendekati tabut itu, kalau tidak terlebih dahulu ditutupi oleh para imam, Bil 4:5; 15,20. Orang Lewipun tidak boleh menyentuh tabut itu sendiri, tetapi mengusungnya dengan kayu pengusungnya dengan kayu pengusung, Kel 25:15.

Jerusalem: 2Sam 6:8 - Peres-Uza Bdk 2Sa 5:20+. Keterangan kerakyatan atas nama itu: Allah "menerobos Uza".

Bdk 2Sa 5:20+. Keterangan kerakyatan atas nama itu: Allah "menerobos Uza".

Jerusalem: 2Sam 6:14 - efod Bdk 1Sa 2:18+. Daud yang nanti akan mempersembahkan korban dan mengucapkan berkat, 2Sa 6:18, juga berpakaian imam.

Bdk 1Sa 2:18+. Daud yang nanti akan mempersembahkan korban dan mengucapkan berkat, 2Sa 6:18, juga berpakaian imam.

Jerusalem: 2Sam 6:17 - korban bakaran Bdk Ima 1:1+

Bdk Ima 1:1+

Jerusalem: 2Sam 6:17 - korban keselamatan Bdk Ima 3:1+.

Bdk Ima 3:1+.

Jerusalem: 2Sam 6:19 - sekerat daging Arti kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui. Terjemahan ini menurut terjemahan latin.

Arti kata Ibrani yang dipakai tidak diketahui. Terjemahan ini menurut terjemahan latin.

Jerusalem: 2Sam 6:20 - menelanjangi dirinya Yaitu dengan hanya memakai baju efod, Kel 20:26 dan Kel 28:42-43.

Yaitu dengan hanya memakai baju efod, Kel 20:26 dan Kel 28:42-43.

Jerusalem: 2Sam 6:21 - berkatalah Daud Seluruh ceritera ini memperhatikan betapa bersahaja dan mendalam rasa keagamaan Daud.

Seluruh ceritera ini memperhatikan betapa bersahaja dan mendalam rasa keagamaan Daud.

Ende: 2Sam 6:2 - bersemajam diatas Kerub2 jakni gambar atau patung machluk gaib diatas Peti Perdjandjian, dan jang dianggap sebagai singgasana Jahwe.

jakni gambar atau patung machluk gaib diatas Peti Perdjandjian, dan jang dianggap sebagai singgasana Jahwe.

Ende: 2Sam 6:8 - -- Ajat ini mau memberi keterangan mengenai tempat tertentu (peres = meretas).

Ajat ini mau memberi keterangan mengenai tempat tertentu (peres = meretas).

Ende: 2Sam 6:10 - Obed-Edom adalah orang Felesjet dan rupa2nja kafir djuga. Malah orang kafir diberkati Jahwe Israil. Anggapan keigamaan jang muntjul dalam tjatatan jang singkat ...

adalah orang Felesjet dan rupa2nja kafir djuga. Malah orang kafir diberkati Jahwe Israil. Anggapan keigamaan jang muntjul dalam tjatatan jang singkat sematjam ini sungguh mengagumkan sedikit di Israil. Pada asasnja kan agama Jahwe bukan keistimewaan Israil dan tidak terikat pada bangsa tertentu. Pada asasnja agama ini adalah umum dan universil. Pikiran ini lama-kelamaan berkembang dalam Perdjandjian Lama, tetapi sudah disini nampak sedikit.

Ende: 2Sam 6:13 - -- Bahwasanja orang dapat madju tanpa tjelaka, menjatakan Allah menjetudjui tjara ini untuk memikul Peti Perdjandjian (Waktu dimuat diatas pedati tjelaka...

Bahwasanja orang dapat madju tanpa tjelaka, menjatakan Allah menjetudjui tjara ini untuk memikul Peti Perdjandjian (Waktu dimuat diatas pedati tjelaka besar menjatakan Jahwe tidak berkenan). Karena itu kurban sjukur dipersembahkan.

Ende: 2Sam 6:14 - tjawat lenan adalah pakaian imam dalam ibadat. Dalam seluruh tjeritera ini Dawud bertindak sebagai imam.

adalah pakaian imam dalam ibadat. Dalam seluruh tjeritera ini Dawud bertindak sebagai imam.

Ende: 2Sam 6:17 - -- Kemah ini bukan kemah Sutji jang dipergunakan Israil digurun waktu pengungsian.

Kemah ini bukan kemah Sutji jang dipergunakan Israil digurun waktu pengungsian.

Ende: 2Sam 6:23 - -- Mikal tidak beranak, bukannja oleh sebab ia mandul, tetapi karena Dawud tidak bersetubuh dengannja akan hukuman atas kelakuannja Mikal waktu Peti Perd...

Mikal tidak beranak, bukannja oleh sebab ia mandul, tetapi karena Dawud tidak bersetubuh dengannja akan hukuman atas kelakuannja Mikal waktu Peti Perdjandjian dibawa ke Jerusalem.

Endetn: 2Sam 6:1 - menghimpun diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "lagi".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "lagi".

Endetn: 2Sam 6:2 - Ba'ala-(Juda) diperbaiki (1Ta 13:6). Tertulis: "dari warga2 Juda".

diperbaiki (1Ta 13:6). Tertulis: "dari warga2 Juda".

Endetn: 2Sam 6:2 - -- Ditinggalkan: "nama", jang dua kali tertulis.

Ditinggalkan: "nama", jang dua kali tertulis.

Endetn: 2Sam 6:4 - -- Beberapa kata naskah Hibrani ditinggalkan, menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka mengangkatnja dari rumah Abinadab, jang ada diatas bukit".

Beberapa kata naskah Hibrani ditinggalkan, menurut terdjemahan Junani. Tertulis: "mereka mengangkatnja dari rumah Abinadab, jang ada diatas bukit".

Endetn: 2Sam 6:4 - ('Uza berdjalan) ditambahkan.

ditambahkan.

Endetn: 2Sam 6:5 - se-kuat2nja, sedang bernjanji diperbaiki menurut 1Ta 13:6. Tertulis: "dengan segala kaju saru".

diperbaiki menurut 1Ta 13:6. Tertulis: "dengan segala kaju saru".

Endetn: 2Sam 6:6 - tangan ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno dan 1Ta 13:7. "-(nja)", ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno dan 1Ta 13:7. "-(nja)", ditambahkan menurut terdjemahan2 kuno.

Endetn: 2Sam 6:7 - -- Satu kata naskah Hibrani ditinggalkan, jang tidak dapat diartikan.

Satu kata naskah Hibrani ditinggalkan, jang tidak dapat diartikan.

Endetn: 2Sam 6:21 - (aku telah me-nari2. Demi Jahwe hidup) ditambahkan menurut satu terdjemahan Junani.

ditambahkan menurut satu terdjemahan Junani.

Endetn: 2Sam 6:22 - (-mu) diperbaiki menurut terdjemahan Junani: Tertulis: (-)ku".

diperbaiki menurut terdjemahan Junani: Tertulis: (-)ku".

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:2 - dari Baale // sana tabut // nama Tuhan // yang bertakhta // atas kerubim · dari Baale: Yos 15:9; Yos 15:9 · sana tabut: 1Sam 4:4; 7:1 · nama Tuhan: Im 24:16; Ul 28:10; Yes 63:14 · yang bertakhta:...

· dari Baale: Yos 15:9; [Lihat FULL. Yos 15:9]

· sana tabut: 1Sam 4:4; 7:1

· nama Tuhan: Im 24:16; Ul 28:10; Yes 63:14

· yang bertakhta: Mazm 99:1; 132:14

· atas kerubim: Kej 3:24; [Lihat FULL. Kej 3:24]; Kel 25:22; [Lihat FULL. Kel 25:22]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:3 - dalam kereta // atas bukit · dalam kereta: 2Sam 6:7; Bil 7:4-9; 1Sam 6:7; 1Sam 6:7 · atas bukit: 2Sam 7:1

· dalam kereta: 2Sam 6:7; Bil 7:4-9; 1Sam 6:7; [Lihat FULL. 1Sam 6:7]

· atas bukit: 2Sam 7:1

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:5 - Israel menari-nari // dan ceracap · Israel menari-nari: Kel 15:20; Kel 15:20 · dan ceracap: Ezr 3:10; Neh 12:27; Mazm 150:5

· Israel menari-nari: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

· dan ceracap: Ezr 3:10; Neh 12:27; Mazm 150:5

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:6 - lalu memegangnya · lalu memegangnya: Bil 4:15,19-20; Bil 4:15; Bil 4:19; Bil 4:20

· lalu memegangnya: Bil 4:15,19-20; [Lihat FULL. Bil 4:15]; [Lihat FULL. Bil 4:19]; [Lihat FULL. Bil 4:20]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:7 - Allah membunuh // karena keteledorannya · Allah membunuh: Kel 19:22; Kel 19:22; 1Sam 5:6; 1Sam 5:6; 1Sam 6:19; 1Sam 25:38; 1Sam 25:38 · karena keteledorannya: 1Taw 15:13-15

· Allah membunuh: Kel 19:22; [Lihat FULL. Kel 19:22]; 1Sam 5:6; [Lihat FULL. 1Sam 5:6]; 1Sam 6:19; 1Sam 25:38; [Lihat FULL. 1Sam 25:38]

· karena keteledorannya: 1Taw 15:13-15

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:8 - telah menyambar // orang Peres-Uza · telah menyambar: Mazm 7:12 · orang Peres-Uza: Kej 38:29; Kej 38:29

· telah menyambar: Mazm 7:12

· orang Peres-Uza: Kej 38:29; [Lihat FULL. Kej 38:29]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:9 - Bagaimana · Bagaimana: 1Sam 6:20; 1Sam 6:20

· Bagaimana: 1Sam 6:20; [Lihat FULL. 1Sam 6:20]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:10 - rumah Obed-Edom · rumah Obed-Edom: 1Taw 15:18; 26:4-5

· rumah Obed-Edom: 1Taw 15:18; 26:4-5

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:11 - seisi rumahnya · seisi rumahnya: Kej 30:27; Kej 30:27; Kej 39:5

· seisi rumahnya: Kej 30:27; [Lihat FULL. Kej 30:27]; Kej 39:5

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:12 - raja Daud · raja Daud: 1Raj 8:1

· raja Daud: 1Raj 8:1

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:13 - ia mengorbankan · ia mengorbankan: 1Raj 8:5,62; Ezr 6:17

· ia mengorbankan: 1Raj 8:5,62; Ezr 6:17

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:14 - Daud menari-nari // berbaju efod · Daud menari-nari: Kel 15:20; Kel 15:20 · berbaju efod: Kel 19:6; 1Sam 2:18; 1Sam 2:18

· Daud menari-nari: Kel 15:20; [Lihat FULL. Kel 15:20]

· berbaju efod: Kel 19:6; 1Sam 2:18; [Lihat FULL. 1Sam 2:18]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:15 - diiringi sorak // bunyi sangkakala · diiringi sorak: Yos 6:5; Yos 6:5 · bunyi sangkakala: Mazm 47:6; 98:6

· diiringi sorak: Yos 6:5; [Lihat FULL. Yos 6:5]

· bunyi sangkakala: Mazm 47:6; 98:6

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:16 - kota Daud // maka Mikhal · kota Daud: 2Sam 5:7; 2Sam 5:7 · maka Mikhal: 1Sam 18:27; 1Sam 18:27

· kota Daud: 2Sam 5:7; [Lihat FULL. 2Sam 5:7]

· maka Mikhal: 1Sam 18:27; [Lihat FULL. 1Sam 18:27]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:17 - untuk itu // korban bakaran · untuk itu: 1Raj 8:6; 1Taw 15:1; 2Taw 1:4 · korban bakaran: Im 1:1-17; 1Raj 8:62-64

· untuk itu: 1Raj 8:6; 1Taw 15:1; 2Taw 1:4

· korban bakaran: Im 1:1-17; 1Raj 8:62-64

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:18 - selesai mempersembahkan // keselamatan, diberkatinyalah · selesai mempersembahkan: 1Raj 8:22 · keselamatan, diberkatinyalah: Kel 39:43; Kel 39:43

· selesai mempersembahkan: 1Raj 8:22

· keselamatan, diberkatinyalah: Kel 39:43; [Lihat FULL. Kel 39:43]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:19 - maupun perempuan // kue kismis · maupun perempuan: Ul 26:13; Neh 8:10 · kue kismis: Hos 3:1

· maupun perempuan: Ul 26:13; Neh 8:10

· kue kismis: Hos 3:1

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:20 - yang menelanjangi · yang menelanjangi: 1Sam 19:24; 1Sam 19:24

· yang menelanjangi: 1Sam 19:24; [Lihat FULL. 1Sam 19:24]

Ref. Silang FULL: 2Sam 6:21 - untuk menunjuk // menjadi raja · untuk menunjuk: 1Sam 13:14; 1Sam 15:28; 1Sam 15:28 · menjadi raja: 2Sam 5:2; 7:8; 1Taw 5:2; 17:7; Mi 5:1

· untuk menunjuk: 1Sam 13:14; 1Sam 15:28; [Lihat FULL. 1Sam 15:28]

· menjadi raja: 2Sam 5:2; 7:8; 1Taw 5:2; 17:7; Mi 5:1

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Sam 6:2 - Baale-Yehuda 6:2. Baale-Yehuda. Bandingkan I Tawarikh 13:6. Idiom ini artinya Raja-raja Yehuda. Mereka adalah anggota kelompok yang memimpin Yehuda. Bandingkan Baa...

6:2. Baale-Yehuda. Bandingkan I Tawarikh 13:6. Idiom ini artinya Raja-raja Yehuda. Mereka adalah anggota kelompok yang memimpin Yehuda. Bandingkan Baal-Sikhem - Hakim-Hakim 9. Secara tradisional istilah ini dianggap sebagai nama tempat - Baale dari Yehuda.

Wycliffe: 2Sam 6:3 - Menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru 3. Menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru. Para penafsir Yahudi menunjukkan bahwa tabut dan alat-alat kudus itu seharusnya digotong hanya...

3. Menaikkan tabut Allah itu ke dalam kereta yang baru. Para penafsir Yahudi menunjukkan bahwa tabut dan alat-alat kudus itu seharusnya digotong hanya di atas pundak orang Lewi (Bil. 3:31; 7: 9).

Wycliffe: 2Sam 6:7 - Bangkitlah murka Tuhan 7. Bangkitlah murka Tuhan. Dosa Uza terjadi karena tabut itu tidak digotong oleh orang Lewi sebagaimana diperintahkan Allah (Bil. 4, khususnya ay. 15)...

7. Bangkitlah murka Tuhan. Dosa Uza terjadi karena tabut itu tidak digotong oleh orang Lewi sebagaimana diperintahkan Allah (Bil. 4, khususnya ay. 15).

Wycliffe: 2Sam 6:10 - Orang Gat 10. Orang Gat. Tradisi kemudian (I Taw. 15:18) menjadikannya orang Lewi. Jika hal ini benar, dia mungkin berasal dari Gat-Rimmon sebuah kota orang Lew...

10. Orang Gat. Tradisi kemudian (I Taw. 15:18) menjadikannya orang Lewi. Jika hal ini benar, dia mungkin berasal dari Gat-Rimmon sebuah kota orang Lewi (Yos. 21:25).

Wycliffe: 2Sam 6:13 - Enam langkah 13. Enam langkah. Sesudah mereka maju enam langkah dengan aman, mereka tahu bahwa perjalanan ke Yerusalem memiliki izin Allah.

13. Enam langkah. Sesudah mereka maju enam langkah dengan aman, mereka tahu bahwa perjalanan ke Yerusalem memiliki izin Allah.

Wycliffe: 2Sam 6:14 - Berbaju efod dari kain lenan 14. Berbaju efod dari kain lenan. Mungkin Daud hanya berbaju efod dari kain lenan itu. Karena itu Mikhal tidak senang karena melihat raja direndahkan ...

14. Berbaju efod dari kain lenan. Mungkin Daud hanya berbaju efod dari kain lenan itu. Karena itu Mikhal tidak senang karena melihat raja direndahkan oleh sebuah ritual religius. Ada yang beranggapan bahwa kejengkelan Mikhal ini merupakan rasa iri sebagai keluarga Saul, atau bahwa dia sebenarnya ingin memimpin barisan itu seperti Miryam, kakak Musa (Kel. 15).

Wycliffe: 2Sam 6:18 - -- 18. Kenyataan bahwa Daud memakai efod, mempersembahkan sejumlah kurban dan mengucapkan berkat, menunjukkan bahwa imamat tidak terbatas secara ketat pa...

18. Kenyataan bahwa Daud memakai efod, mempersembahkan sejumlah kurban dan mengucapkan berkat, menunjukkan bahwa imamat tidak terbatas secara ketat pada suku Lewi.

Wycliffe: 2Sam 6:23 - Tidak mendapat anak // seorang 23. Tidak mendapat anak. Daud dengan demikian menimpakan penghinaan terbesar yang dapat ditimpakan kepada seorang perempuan Timur kepada Mikhal ketika...

23. Tidak mendapat anak. Daud dengan demikian menimpakan penghinaan terbesar yang dapat ditimpakan kepada seorang perempuan Timur kepada Mikhal ketika Daud secara Permanen memisahkan diri darinya.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Sam 6:1-23 - Menyekat kehidupan. (Minggu, 10 Agustus 2003) Menyekat kehidupan. Daud, raja Israel yang baru naik takhta, ingin menegakkan sebuah orde baru yang penuh pengharapan. Ada beberapa hal ya...

SH: 2Sam 6:1-23 - Immanuel (Minggu, 22 Februari 1998) Immanuel Allah beserta kita. Allah hadir dan berkarya di tengah kehidupan ini. Ia dekat dan mengenal umat-Nya. Ia tahu dan memberikan apa yang diperlu...

Topik Teologia: 2Sam 6:18 - -- Allah yang Berpribadi Pribadi Allah Nama Allah Gagasan tentang Nama Ilahi Umat Meresponi Nama Ilahi itu Mere...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Pemerintahan Daud Tanggal Penulisan: Akhir abad ke-10 SM Latar Belakang Karena Kitab 1 dan 2 Sa...

Full Life: 2 Samuel (Garis Besar) Garis Besar I. Keberhasilan Daud yang Luar Biasa Sebagai Raja (2Sam 1:1-10:19) A. Keberhasilan Politik Daud ...

Ende: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) SJEMUEL PENDAHULUAN Kedua kitab Sjemuel mula2 hanjalah satu karja besar, jang malahan dilandjutkan dalan I Radja2. Kesatuan ini njatalah baik dari isi...

Wycliffe: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 SAMUEL LIHAT PENDAHULUAN I SAMUEL

Wycliffe: 2 Samuel (Garis Besar) GARIS BESAR 2 SAMUEL LIHAT GARIS BESAR I SAMUEL

BIS: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) II SAMUEL PENGANTAR Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di seb

II SAMUEL

PENGANTAR

Buku II Samuel adalah sambungan dari Buku I Samuel. Buku ini memuat sejarah pemerintahan Raja Daud, mula-mula atas Yehuda di sebelah selatan Palestina (pasal 1-4 2Sam 1:1-4:12), kemudian atas seluruh negeri, termasuk Israel di sebelah utara (pasal 5-24 2Sam 5:1-24:25). Dalam buku ini diceritakan dengan jelas dan menarik bagaimana Daud berusaha memperluas dan mengukuhkan kedudukannya. Ia harus berperang melawan musuh-musuhnya, baik di dalam maupun di luar negeri. Daud digambarkan sebagai orang yang sangat beriman, taat dan setia kepada Allah, juga sebagai orang yang mampu memperoleh kesetiaan rakyatnya. Tetapi ia digambarkan juga sebagai orang yang dapat bertindak kejam, dan yang tidak segera melakukan dosa-dosa besar semata-mata untuk memenuhi keinginannya dan cita-citanya. Tetapi ketika ia dihadapkan kepada dosa-dosanya oleh Natan, nabi Allah, Daud mengakui dosa-dosanya itu dan dengan rela menerima hukuman dari Allah.

Hidup dan prestasi Daud sangat dikagumi oleh rakyat Israel. Di zaman-zaman kemudian, bilamana ada musibah nasional, dan rakyat merindukan seorang raja, maka yang diinginkan ialah seorang "putra Daud". Artinya, seorang keturunan Daud yang akan bertindak seperti dia.

Isi

  1.  Pemerintahan Daud atas Yehuda
    2Sam 1:1-4:12
  2.  Pemerintahan Daud atas seluruh Israel
    2Sam 5:1-24:25
    1. a. Tahun-tahun pertama
      2Sam 5:1-10:19
    2. b. Daud dan Batsyeba
      2Sam 11:1-12:25
    3. c. Musibah dan kesulitan-kesulitan
      2Sam 12:26-20:26
    4. d. Tahun-tahun kemudian
      2Sam 21:1-24:25

Ajaran: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Tujuan Lihat I Samuel 07097. Pendahuluan Penulis : Samuel. Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan

Tujuan

Lihat I Samuel 07097.

Pendahuluan

Penulis : Samuel.

Isi Kitab: Kitab ini terbagi atas 24 pasal yang menjelaskan tentang Kerajaan Israel di bawah pemerintahan raja Daud.

I. Ajaran-ajaran utama dalam Kitab II Samuel

  1. Pasal 1-10 (2Sam 1:1-10:19).

    Kemenangan-kemenangan Raja Daud

    Ketika Daud mendengar berita kematian Saul, ia sangat sedih sekali. Kemudian bangsa Yehuda mengakui dia sebagai raja, sedang keluarga Saul mengangkat Isyboset sebagai raja sehingga terjadi perang antara keluarga Saul dan keluarga Daud, tetapi karena Tuhan berkenan akan Daud maka Daud menang dan menjadi raja atas seluruh Israel (pasal 2Sam 5:1-12). Kemudian, nabi Natan menyampaikan janji Tuhan kepada Daud bahwa Allah menjadikan kerajaannya sebagai kerajaan yang kekal dan anak Daud akan mendirikan Bait Allah.

    Pendalaman

    1. Bacalah pasal 2Sam 1:11-16. Apakah sebabnya Daud sedih? Dan apakah sebabnya Daud tidak mau melawan Saul?
    2. Bacalah pasal 2Sam 8:15. Bagaimanakah pemerintahannya Daud?
  2. Pasal 11-20 (2Sam 11:1-20:26).

    Kesusahan-kesusahan Raja Daud Daud berbuat dosa yaitu berzinah dengan Betsyeba dan membunuh Uria, suami Betsyeba itu, akibatnya nabi Natan menegur Daud dan mulai terjadi kekacauan dalam istana Daud.

    Pendalaman

    1. Apakah tanggapan Daud sebagai raja ketika ia ditegu karena perbuatan dosanya (2Sam 12:9-14)? Dan apakah akibat dosa itu?
    2. Apakah kesusahan demi kesusahan yang datang dalam keluarg Daud disebabkan dosanya membunuh Uria dan berzinah denga istri Uria?
  3. Pasal 21-24 (2Sam 21:1-24:25).

    Keterangan akhir Pasal 21-22; 2Sam 21:1-22:51mengenai nasib anak-anak Saul dan peperangan antara bangsa Filistin dan Israel serta Mazmur karangan Daud. Pasal 23; 2Sam 23:1-39kata-kata terakhir dari Daud dan akhirnya pasal 24; 2Sam 24:1-25tentang gambaran hukum Tuhan terhadap Daud.

II. Kesimpulan/penerapan

  1. Allah memilih Daud menjadi raja bukan karena ketampanan, ata kegagahannya, tetapi karena ketulusan hatinya kepada Allah.
  2. Melalui kejatuhan Daud ke dalam dosa, mengajarkan bahwa Allah mengampun dosa orang yang mau bertobat. Tetapi akibat dosa itu sendiri harus teta diterima seseorang yang hidup di dunia ini.

Pertanyaan-pertanyaan yang Dapat Digunakan untuk Tanya Jawab

  1. Mengapa Allah memilih Daud untuk menggantikan Saul?
  2. Apakah kesan yang saudara dapati dari mempelajari kehidupan Daud?
  3. Apakah akibat dosa yang Daud perbuat?

Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) Keluarga Daud GARIS KETURUNAN DAUDII Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagala

Keluarga Daud

GARIS KETURUNAN DAUD
II Samuel seringkali dianggap sebagai Sejarah Kehidupan Daud. Di dalamnya kita baca tentang keberhasilan, kegagalan dan dosa-dosa Daud, khususnya mengenai liku-liku dan perjuangan hidup yang harus dialaminya. Namun, terselip dalam kisah ini suatu janji yang kemudian digenapi di dalam Kristus. Daud bukan saja pilihan Allah pada waktu itu; dia menjadi awal garis keluarga yang akan membawa kepada Sang Penebus sendiri.

MUSUH-MUSUH DAUD
Daud mempunyai karunia besar untuk menjadi pemimpin pasukan militer. Dia menarik "orang-orang perkasa" yang kegagahannya menjadi legenda di zaman mereka. Pada saat ia sudah menguasai seluruh bangsa Israel, ia mengkonsolidasikan kerajaannya dengan mengalahkan negara-negara tetangga yang susah dikendalikan dengan melancarkan serangkaian serangan (2Sa 8:1-14; 10:1-9; 11:1; 12:26-31). Tindakan ini melindungi daerah kekuasaannya dari serangan musuh dan memberinya kekuasaan atas daerah yang lebih luas daripada yang pernah ada sebelumnya.

PEMERINTAHAN DAUD
Sekali-sekali kita membaca siapa yang berkuasa dalam pemerintahan Raja Daud (2Sa 8:15-18; 20:23-26). Kemampuan Absalom untuk menimbulkan ketidakpuasan rakyat (2Sa 15:1-6) menunjukkan bahwa Daud bukanlah orang yang dapat memerintah dengan baik. Walaupun Daud dapat mendorong timbulnya kesetiaan yang sungguh-sungguh, tetapi kenyataan bahwa Absalom dapat menimbulkan perang saudara berarti ada kemungkinan bahwa pada waktu raja mulai tua, ia kehilangan kontrol dalam banyak hal. Sensus yang diadakannya dianggap sebagai suatu kekeliruan sebab hal itu boleh jadi dihubungkan dengan rencana kerja paksa (2Sa 24:1-10), sesuatu yang kemudian dieksploitasi secara kejam oleh anaknya, Salomo.

MASALAH RUMAH TANGGA DAUD
Poligami tidak dilarang dalam Perjanjian Lama, tetapi kisah kehidupan rumah tangga Daud menunjukkan kejelekan-kejelekannya. Pada masa itu mempunyai banyak istri dan gundik serta keluarga besar merupakan simbol status. Namun, keluarga semacam itu dapat menimbulkan bahaya. Setiap anak merupakan calon pewaris takhta, dan jika anak itu keras kepala, ia menjadi ancaman bagi sang ayah. Di samping itu, Daud bukanlah orang-tua yang terbaik. Dia gagal mendisiplin anak-anaknya dan sebagai akibatnya ia harus menanggung derita.

Pesan

1. Kesetiaan Daud.
o Daud digambarkan sebagai orang yang dilindungi dan dipatuhi oleh pasukannya yang rela mengorbankan jiwa bilamana diperlukan. Dia betul-betul adil dalam mengambil keputusan dan selalu ingin melakukan yang terbaik dalam setiap keadaan. Ia akan menghukum orang bersalah dan memberi anugerah kepada yang berhak menerimanya. Di samping itu, ia dapat merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain dan mengerti kesedihan mereka. 2Sa 1:11-27; 3:36; 4:9-12; 15:21; 18:3; 23:13-17.
Apa yang dilakukannya terhadap Mefiboset, anak Saul, yang dapat menjadi musuhnya dan yang oleh rezim lain mungkin sudah dibinasakan, mencerminkan kemurahan Allah terhadap kita. 2Sa 9:1-13
o Daud semata-mata percaya kepada Allah dan bergantung kepada-Nya, dan ini merupakan kunci dari semua keberhasilan yang ia peroleh. Daud selalu berdoa dan memohon pimpinan Tuhan. Selain itu, kita juga melihat bahwa ia secara terbuka menaikkan puji-pujian dan menunjukkan sukacitanya di dalam Tuhan tanpa mempedulikan apa yang akan dikatakan orang lain mengenai dirinya. Daud adalah seorang yang penuh terima kasih, yang selalu menyatakan dan menyanyikan puji-pujian kepada Allah dengan bebas sambil bersaksi bahwa dia adalah dia oleh karena anugerah Allah. 2Sa 2:1; 5:19,23-25; 6:14-23; 15:31; 21:1; 22:1-51.
o Daud mau menerima kelemahan-kelemahannya sendiri dengan rendah hati. Bahkan, pada waktu ia bersalah ia segera menyesali kesalahannya dan meluruskan hubungannya dengan Allah, menerima hukuman Allah tanpa mengeluh. 2Sa 12:13, 15-23; 15:25,26; 16:10-12; 24:10,14,24.

2. Kesalahan-kesalahan Daud.
o Kendati ia adil, Daud sering menemukan kesukaran dalam mendisiplin orang lain. Ia membiarkan Yoab secara terang-terangan melakukan pembunuhan. Ia membiarkan perkosaan Amnon terhadap saudara perempuannya, dan ia berlaku lunak terhadap Absalom sampai tampak seperti orang kehilangan akal. 2Sa 3:28,29; 13:21, 23-39; 18:4,5,32,33; 19:1-4.
o Ia menyerah pada godaan, menyalahgunakan wewenangnya seperti apa yang mungkin dilakukan oleh raja kafir pada masa itu. Lebih dari itu, sebagai usaha untuk menutupi perzinahannya dengan Batyeba ia malah menambah dosanya dengan pembunuhan. 2Sa 11:1-27.
o Ia melalaikan kewajibannya dan membiarkan segala sesuatu mengalami kemerosotan, sehingga ia membuka dirinya terhadap kecaman pedas. 2Sa 15:1-4.

Penerapan

1. Allah memberi kemakmuran dan perlindungan
Mereka yang percaya kepada Allah dan mencari kehendak Allah dalam hidup mereka boleh menyerahkan segala masalah mereka kepada-Nya. Ia siap untuk memberi petunjuk dan menjadi tempat berlindung di kala susah dan memimpin umat-Nya "ke tempat yang lebih lapang". Rencana-Nya mungkin memakan waktu lama sebelum menjadi kenyataan, tetapi Ia telah berjanji akan menyertai kita sampai pada akhirnya.

2. Kita semua rawan terhadap pencobaan
Sifat manusia masih sama sejak dulu hingga kini. Setan menggoda kita melalui apa yang kita lihat dan rasakan, tetapi ini tidak berarti bahwa kita harus menyerah. Kita harus ingat akan kewajiban kita terhadap Allah dan taat kepada-Nya, daripada menyerah pada keinginan diri sendiri.

3. Bagaimana halnya dengan keluarga kita
Tidak ada gunanya sukses dalam masyarakat jika kehidupan keluarga kita tidak berkenan kepada Allah. Tempat pertama kita membuktikan kasih-Nya adalah di dalam rumah sendiri dan dalam hubungan kekeluargaan. Kasih yang sejati berarti disiplin dan ketaatan. Dengan demikian orang tua adalah ayah dan ibu yang sejati bagi anak-anak mereka, dan anak-anak adalah putra dan putri yang sejati bagi orang tua.

4. Meluruskan hubungan dengan Allah
Pada waktu kita berdosa dan sadar akan kebodohan kita, tidak ada gunanya untuk menutupi jejak kita. Yang harus kita lakukan ialah mengakui kesalahan kita dan memohon pengampunan serta menerima hukuman apa pun yang akan dikirimkan Allah kepada kita. Dalam hal ini perlu juga kita ingat bahwa segala sukses dan kemenangan yang telah kita capai bukan merupakan jaminan untuk tidak dapat gagal di masa yang akan datang. Usia bukanlah jaminan terhadap segala cobaan. Kenyataannya, usia malah dapat membawa godaan-godaan baru.

Tema-tema Kunci

1. Anak Daud
Perjanjian Allah dengan Daud, yang kita sebut "perjanjian Daud", ialah bahwa semua raja Israel akan dilahirkan dari keturunannya (2Sa 7:11-16; 23:5). Berdasarkan hal ini, maka bangsa Yahudi pada masa Yesus mencari-cari seorang Penebus -- yaitu "yang diurapi" -- yang akan menggenapi semua gambaran yang ideal mengenai seorang raja sebagai keturunan Daud. Lihatlah bagaimana hal ini digenapi dalam Perjanjian Baru. Mat 1:1,17; Luk 1:32,33,69; Mar 10:47,48; Mat 9:27; 15:22; 21:9; Mar 11:10; Mat 22:41-45; Kis 13:22,23; Rom 1:3; Wah 3:7; 5:5; 22:16.

2. Allah Daud
Daud berhutang atas segala sesuatu yang dimilikinya kepada Allah, yang sifat-sifat-Nya menyinari seluruh pasal dalam kitab ini dalam berbagai cara. Perhatikan secara khusus mengenai ungkapan yang berbeda-beda tentang kesucian Allah (2Sa 6:6,7; 12:1-14; 24:1), dan bacalah semua pasal tersebut, yang sebagian besar isinya bercerita tentang Dia (2Sa 7:5-29; 22:1-23:7). Tulislah dengan cara bagaimana Allah digambarkan dan bagaimana seharusnya tanggapan kita terhadap-Nya.

3. Pengkhianatan
Terdapat banyak hal tentang sifat jahat manusia dalam buku ini. Perhatikan bagaimana pasukan, keluarga dan bawahan Daud ini, semuanya telah mengecewakan dia, menunjukkan sifat terburuk manusia. Mungkin dikarenakan banyak kali Daud tidak tahu siapa yang dapat dipercayainya, yang membuat ia memupuk iman sedemikian rupa kepada Allah yang sepenuhnya dapat dipercaya (2Sa 7:28; 22:1-3, 26, 31, 32, 47).

Garis Besar Intisari: 2 Samuel (Pendahuluan Kitab) [1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27 2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga 2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa! [2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS

[1] BERITA BURUK TENTANG SAUL 2Sa 1:1-27

2Sa 1:1-16Anugerah yang tidak diduga-duga
2Sa 1:17-27Kejatuhan si penguasa!

[2] PEMERINTAHAN DAUD ATAS YEHUDA 2Sa 2:1-4:12

2Sa 2:1-7Sambutan di Hebron
2Sa 2:8-32Pertempuran yang membawa kepahitan
2Sa 3:1-39Yoab membalas dendam
2Sa 4:1-12Kematian tragis seorang raja yang lemah

[3] KERAJAAN DIPERSATUKAN 2Sa 5:1-9:13

2Sa 5:1-5 Raja atas seluruh Israel
2Sa 5:6-16Daud merebut Yerusalem
2Sa 5:17-25Pembalasan terhadap orang Filistin
2Sa 6:1-23Peti Perjanjian dibawa ke Yerusalem
2Sa 7:1-29Kasih Allah kepada Daud
2Sa 8:1-14Kemenangan di mana-mana
2Sa 8:15-18Sistem pemerintahan Israel
2Sa 9:1-13Kemurahan hati Daud

[4] KEMENANGAN DAN KEKALAHAN YANG MEMALUKAN 2Sa 10:1-12:31

2Sa 10:1-19Pelajaran bagi orang Amon
2Sa 11:1-27Daud kalah atas dirinya sendiri
2Sa 12:1-31Kenyataan bagi seorang raja

[5] PERANG SAUDARA 2Sa 13:1-20:26

2Sa 13:1-39Kebodohan Amnon dan pembalasan Absalom
2Sa 14:1-15:12Permulaan bencana
2Sa 15:13-16:14Daud terpaksa mengungsi
2Sa 16:15-17:29Taktik menunda-nunda
2Sa 18:1-19:43Absalom terbunuh; kekuasaan Daud dipulihkan
2Sa 20:1-26Pemberontakan Seba

[6] ORANG GIBEON DAN FILISTIN 2Sa 21:1-22

[7] KESAKSIAN DAUD 2Sa 22:1-23:7

2Sa 22:1-51Tuhan adalah gunung batuku
2Sa 23:1-7Apa sebenarnya arti pemerintahan

[8 ]PAHLAWAN-PAHLAWAN DAUD YANG PERKASA 2Sa 23:8-39

[9] DAUD MENGADAKAN SENSUS 2Sa 24:1-25

Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #10: Klik ikon untuk merubah tampilan teks alkitab menjadi per baris atau paragraf. [SEMUA]
dibuat dalam 0.22 detik
dipersembahkan oleh YLSA