kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 9:1-37 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yehu menjadi raja Israel
9:1 Kemudian nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi dan berkata kepadanya: "Ikatlah pinggangmu, bawalah buli-buli berisi minyak ini dan pergilah ke Ramot-Gilead. 9:2 Apabila engkau sampai ke sana, carilah Yehu bin Yosafat bin Nimsi; masuklah, ajak dia bangkit dari tengah-tengah temannya dan bawalah dia ke ruang dalam. 9:3 Kemudian ambillah buli-buli berisi minyak itu, lalu tuangkan isinya ke atas kepalanya dan katakan: Beginilah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel! Sesudah itu bukalah pintu, larilah dan jangan berlambat-lambat." 9:4 Lalu nabi muda itu pergi ke Ramot-Gilead. 9:5 Setelah ia sampai, maka tampaklah panglima-panglima tentara sedang duduk berkumpul. Lalu ia berkata: "Ada pesan kubawa untukmu, ya panglima!" Yehu bertanya: "Untuk siapa dari kami sekalian?" Jawabnya: "Untukmu, ya panglima!" 9:6 Lalu bangkitlah Yehu dan masuk ke dalam rumah. Nabi muda itu menuang minyak ke atas kepala Yehu serta berkata kepadanya: "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas umat TUHAN, yaitu orang Israel. 9:7 Maka engkau akan membunuh keluarga tuanmu Ahab dan dengan demikian Aku membalaskan kepada Izebel darah hamba-hamba-Ku, nabi-nabi itu, bahkan darah semua hamba TUHAN. 9:8 Dan segenap keluarga Ahab akan binasa; dan Aku akan melenyapkan dari pada Ahab setiap orang laki-laki, baik yang tinggi maupun yang rendah kedudukannya di Israel. 9:9 Dan Aku akan memperlakukan keluarga Ahab sama seperti keluarga Yerobeam bin Nebat dan sama seperti keluarga Baesa bin Ahia. 9:10 Izebel akan dimakan anjing di kebun di luar Yizreel dengan tidak ada orang yang menguburkannya." Kemudian nabi itu membuka pintu, lalu lari. 9:11 Apabila Yehu keluar mendapatkan pegawai-pegawai tuannya, berkatalah seorang kepadanya: "Apa kabar? Mengapa orang gila itu datang kepadamu?" Jawabnya kepada mereka: "Kamu sendiri mengenal orang itu dengan omongannya!" 9:12 Tetapi mereka berkata: "Dusta! Cobalah beritahukan kepada kami!" Lalu katanya: "Begini-beginilah dikatakannya kepadaku: Demikianlah firman TUHAN: Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel." 9:13 Segeralah mereka masing-masing mengambil pakaiannya dan membentangkannya di hadapan kakinya begitu saja di atas tangga, kemudian mereka meniup sangkakala serta berseru: "Yehu raja!" 9:14 Demikianlah Yehu bin Yosafat bin Nimsi mengadakan persepakatan melawan Yoram. -- Adapun Yoram sedang berjaga-jaga di Ramot-Gilead, bersama-sama dengan segenap orang Israel menghadapi Hazael, raja Aram. 9:15 Tetapi raja Yoram sendiri telah pulang ke Yizreel, supaya luka-lukanya diobati, yang ditimbulkan orang Aram pada waktu ia berperang melawan Hazael, raja Aram. -- Yehu berkata: "Jika kamu sudah setuju, janganlah biarkan siapapun meloloskan diri dari kota untuk memberitahukan hal itu ke Yizreel."
Yoram dan Ahazia dibunuh
9:16 Kemudian Yehu naik kereta dan pergi ke Yizreel, sebab Yoram berbaring sakit di sana. Juga Ahazia, raja Yehuda, datang menjenguk Yoram. 9:17 Ketika jaga yang sedang berdiri di atas menara di Yizreel, melihat pasukan Yehu datang, berserulah ia: "Ada kulihat suatu pasukan." Berkatalah Yoram: "Ambillah seorang penunggang kuda, suruhlah ia menemui mereka serta menanyakan: apakah ini kabar damai?" 9:18 Lalu pergilah penunggang kuda itu untuk menemuinya dan berkata: "Beginilah tanya raja: apakah ini kabar damai?" Jawab Yehu: "Damai? Bukan urusanmu! Baliklah, ikutlah aku!" Dan jaga itu memberitahukan: "Suruhan sudah sampai kepada mereka, tetapi ia tidak pulang." 9:19 Disuruhnyalah penunggang kuda yang kedua dan setelah sampai kepada mereka berkatalah ia: "Beginilah tanya raja: apakah ini kabar damai?" Jawab Yehu: "Damai? Bukan urusanmu! Baliklah, ikutlah aku!" 9:20 Dan jaga itu memberitahukan: "Sudah sampai ia kepada mereka, tetapi ia tidak pulang! Dan cara memacunya adalah seperti cara Yehu, cucu Nimsi, memacu, sebab ia memacu seperti orang gila." 9:21 Sesudah itu berkatalah Yoram: "Pasanglah kereta!", lalu orang memasang keretanya. Maka keluarlah Yoram, raja Israel, dan Ahazia, raja Yehuda, masing-masing naik keretanya; mereka keluar menemui Yehu, lalu menjumpai dia di kebun Nabot, orang Yizreel itu. 9:22 Tatkala Yoram melihat Yehu, bertanyalah ia: "Apakah ini kabar damai, hai Yehu?" Jawabnya: "Bagaimana ada damai, selama sundal dan orang sihir ibumu Izebel begitu banyak!" 9:23 Segera Yoram berputar dan mau melarikan diri sambil berseru kepada Ahazia: "Itu tipu, Ahazia!" 9:24 Tetapi Yehu menarik busurnya dengan sepenuh kekuatannya, lalu memanah Yoram di antara kedua bahunya, sehingga anak panah itu menembus jantungnya, maka rebahlah ia di dalam keretanya. 9:25 Kemudian berkatalah Yehu kepada Bidkar, perwiranya: "Angkat dan lemparkanlah mayatnya ke kebun Nabot, orang Yizreel itu, sebab ketahuilah, bahwa pada waktu aku dan engkau berdampingan menunggang kuda mengikuti Ahab, ayahnya, maka TUHAN telah mengucapkan terhadap dia hukuman ini: 9:26 Sesungguhnya, Aku telah melihat darah Nabot dan darah anak-anaknya tadi malam, demikianlah firman TUHAN, maka Aku akan membalaskannya kepadamu di kebun ini, demikianlah firman TUHAN. Oleh sebab itu angkat dan lemparkanlah mayatnya ke kebun ini, sesuai dengan firman TUHAN." 9:27 Ketika Ahazia, raja Yehuda, melihat itu, maka iapun melarikan diri ke arah Bet-Hagan, tetapi Yehu mengejarnya sambil berkata: "Panahlah dia juga!" Maka mereka memanah dia di atas keretanya di pendakian ke Gur dekat Yibleam. Ia lari ke Megido dan mati di sana. 9:28 Para pegawainya mengangkut mayatnya ke Yerusalem, lalu mereka menguburkan dia dalam kuburnya sendiri, di samping nenek moyangnya di kota Daud. 9:29 Adapun Ahazia menjadi raja atas Yehuda dalam tahun kesebelas zaman Yoram bin Ahab.
Izebel dibunuh
9:30 Sampailah Yehu ke Yizreel. Ketika Izebel mendengar itu, ia mencalak matanya, dihiasinyalah kepalanya, lalu ia menjenguk dari jendela. 9:31 Pada waktu Yehu masuk pintu gerbang, berserulah Izebel: "Bagaimana, selamatkah Zimri, pembunuh tuannya itu?" 9:32 Yehu mengangkat kepalanya melihat ke jendela itu dan berkata: "Siapa yang di pihakku? Siapa?" Dan ketika dua tiga orang pegawai istana menjenguk kepadanya, 9:33 ia berseru: "Jatuhkanlah dia!" Mereka menjatuhkan dia, sehingga darahnya memercik ke dinding dan ke kuda; mayatnyapun terinjak-injak. 9:34 Yehu masuk ke dalam, lalu makan dan minum. Kemudian ia berkata: "Baiklah urus mayat orang yang terkutuk itu dan kuburkanlah dia, sebab ia memang anak raja." 9:35 Mereka pergi untuk menguburkannya, tetapi mereka tidak menjumpai mayatnya, hanya kepala dan kedua kaki dan kedua telapak tangannya. 9:36 Mereka kembali memberitahukannya kepada Yehu, lalu ia berkata: "Memang begitulah firman TUHAN yang diucapkan-Nya dengan perantaraan hamba-Nya, Elia, orang Tisbe itu: Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel; 9:37 maka mayat Izebel akan terhampar di kebun di luar Yizreel seperti pupuk di ladang, sehingga tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel."
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahab son and successor of Omri, king of Israel,son of Kolaiah; a false prophet in the time of King Zedekiah
 · Ahazia son and successor of King Ahab of Israel,youngest son and successor of King Jehoram of Judah
 · Ahia great grandson of Eli; brother of Ahimelech,son of Shisha; secretary of King Solomon,prophet from Shiloh in Jeroboam's time,a man of Issachar; father of Baasha who killed Jeroboam,son of Jerahmeel of Judah,son of Ehud son of Gera of Benjamin,a man from Beth-Pelet; one of David's military elite,a Levite guard of the Temple treasure under David
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Aram the country to the north of Palestine,a country of north western Mesopotamia
 · Baesa the third king of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Bidkar a man who was King Jehu's assistant
 · Daud a son of Jesse of Judah; king of Israel,son of Jesse of Judah; king of Israel
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Elisa son of Javan son of Japheth son of Noah,a nation of trading people somewhere around the Great Sea (ZD)
 · Gur a hill or slope thought to be about 8 km NE of Samaria
 · Hazael a king of Syria
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · istana Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Izebel the wife of King Ahab of Israel,wife of Ahab and mother of Jehoram, kings of Israel; daughter of Ethbaal, the king of the Sidonians
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Kota Daud the capital of Israel, on the border of Benjamin and Judah
 · Megido a town and a plain of Manasseh
 · Nabot a man of Jezreel who had a vineyard near Ahab's palace
 · Nebat a man of Ephraim; father of king Jeroboam
 · negeri Megido a town and a plain of Manasseh
 · Nimsi father of Jehu, king of Israel
 · orang Aram members of the nation of Syria
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Tisbe a resident of the town of Tishbe
 · orang Yizreel a resident of the town or region of Jezreel
 · orang-orang Aram members of the nation of Syria
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · penduduk Megido a town and a plain of Manasseh


Topik/Tema Kamus: Yehu | Raja | Raja-raja, Kitab-kitab | Izebel | Elisa | Nabot | Ahazia | Ramot | Yoram | Penjaga | Rumah | Kuda | Kepala | Bunuh Pembunuhan | Anjing | Menara | Minyak | Panah (Busur) | Nabi | Nafiri (Sangkakala) | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 9:7 - MEMBUNUH KELUARGA TUANMU AHAB. Nas : 2Raj 9:7 Bertahun-tahun sebelumnya Elia sudah menubuatkan bahwa Ahab dan keturunannya akan dimusnahkan secara menyeluruh (1Raj 21:19-24).

Nas : 2Raj 9:7

Bertahun-tahun sebelumnya Elia sudah menubuatkan bahwa Ahab dan keturunannya akan dimusnahkan secara menyeluruh (1Raj 21:19-24).

Full Life: 2Raj 9:8 - SEGENAP KELUARGA AHAB AKAN BINASA. Nas : 2Raj 9:8 Allah menyebabkan runtuhnya keluarga Ahab karena mereka tetap keras kepala dan tidak mau bertobat dari penyembahan berhala dan kemur...

Nas : 2Raj 9:8

Allah menyebabkan runtuhnya keluarga Ahab karena mereka tetap keras kepala dan tidak mau bertobat dari penyembahan berhala dan kemurtadannya sehingga merusak seluruh bangsa Israel (bd. Rom 2:5-6). Hukuman Allah yang adil atas rumah Ahab (pasal 2Raj 10:1-36), putranya Yoram (ayat 2Raj 9:22-26; lih. 1Raj 21:19) dan istri Ahab, Izebel (ayat 2Raj 9:30-37) menunjukkan bahwa Allah pasti akan menghukum semua orang yang menuntun umat-Nya kepada ketidakbenaran. Alkitab dengan jelas mengajarkan bahwa Allah akan memberikan setiap orang upah sesuai dengan perbuatannya (Rom 2:6; bd. 2Tim 4:14), dan bahwa akan ada "penderitaan dan kesesakan menimpa setiap orang yang berbuat jahat" (Rom 2:9).

Full Life: 2Raj 9:25 - LEMPARKANLAH MAYATNYA KE KEBUN NABOT. Nas : 2Raj 9:25 Ahab dan Izebel, orang-tua Raja Yoram, telah menipu Nabot dengan kejam supaya memperoleh kebunnya (1Raj 21:1-24). Kini jenazah putr...

Nas : 2Raj 9:25

Ahab dan Izebel, orang-tua Raja Yoram, telah menipu Nabot dengan kejam supaya memperoleh kebunnya (1Raj 21:1-24). Kini jenazah putra mereka dilempar ke kebun itu. Dosa orang-tua berbuah di dalam anak-anaknya bertahun-tahun setelah orang-tua itu meninggal.

BIS: 2Raj 9:31 - Zimri Zimri: Seorang perwira Israel yang membunuh raja Israel (lihat 1Ra 16:8-12).

Zimri: Seorang perwira Israel yang membunuh raja Israel (lihat 1Ra 16:8-12).

Jerusalem: 2Raj 9:4 - nabi muda itu Dalam naskah Ibrani tertulis: orang muda itu (yaitu) orang muda yang nabi itu. Kiranya aslinya hanya tertulis: orang muda itu.

Dalam naskah Ibrani tertulis: orang muda itu (yaitu) orang muda yang nabi itu. Kiranya aslinya hanya tertulis: orang muda itu.

Jerusalem: 2Raj 9:7-10 - -- Bagian ini ditambahkan oleh penyusun kitab Raja-raja pada kisah asli. Dalam kisah asli orang muda itu melarikan diri, segera setelah Yehu diurapi. Seb...

Bagian ini ditambahkan oleh penyusun kitab Raja-raja pada kisah asli. Dalam kisah asli orang muda itu melarikan diri, segera setelah Yehu diurapi. Sebab demikianlah diperintahkan Elisa, 2Ra 9:3.

Jerusalem: 2Raj 9:11 - orang gila Begitulah nabi dianggap oleh rakyat, Yer 29:26; Hos 9:7. Kata Ibrani yang dipakai pada dirinya tidak mempunyai nada menghina. Tetapi nada mengejek mem...

Begitulah nabi dianggap oleh rakyat, Yer 29:26; Hos 9:7. Kata Ibrani yang dipakai pada dirinya tidak mempunyai nada menghina. Tetapi nada mengejek memang ada padanya. Yehu menjawab dengan nada mengejek juga.

Jerusalem: 2Raj 9:13 - mengambil pakaiannya .... Begitulah rakyat menyambut Yesus waktu masuk ke Yerusalem, Mat 21:8.

Begitulah rakyat menyambut Yesus waktu masuk ke Yerusalem, Mat 21:8.

Jerusalem: 2Raj 9:14 - Ramot-Gilead Jelaslah kota itu direbut kembali oleh orang Israel. Tetapi orang Aram berusaha mendudukinya lagi.

Jelaslah kota itu direbut kembali oleh orang Israel. Tetapi orang Aram berusaha mendudukinya lagi.

Jerusalem: 2Raj 9:17 - kabar damai? Raja jelas belum juga menduga bahwa ada pemberontakan dan pengkhianatan.

Raja jelas belum juga menduga bahwa ada pemberontakan dan pengkhianatan.

Jerusalem: 2Raj 9:22 - sundal Ini kiasan yang dipakai para nabi dan berarti: menyembah berhala. Mungkin tersinggung juga sundal bakti Ula 23:18+. Sundal itu khususnya dipraktekkan ...

Ini kiasan yang dipakai para nabi dan berarti: menyembah berhala. Mungkin tersinggung juga sundal bakti Ula 23:18+. Sundal itu khususnya dipraktekkan dalam agama Fenisia.

Jerusalem: 2Raj 9:28 - di samping nenek moyangnya Ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Ini tidak ada dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 2Raj 9:31 - Zimri Izebel menyindir raja Zimri yang setelah membunuh raja Israel, Ela, hanya memerintah selama delapan hari, 1Ra 16:9-18.

Izebel menyindir raja Zimri yang setelah membunuh raja Israel, Ela, hanya memerintah selama delapan hari, 1Ra 16:9-18.

Jerusalem: 2Raj 9:37 - di luar Yizreel Ini berupa sisipan yang tidak ada dalam beberapa naskah terjemahan Yunani.

Ini berupa sisipan yang tidak ada dalam beberapa naskah terjemahan Yunani.

Ende: 2Raj 2:1--13:24 - -- Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan ...

Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan dimasukkan kedalam kitab Radja2 oleh si Pengarang.

Tjorak tjeritera2 ini populer. Meskipun kisah Elisja' agak serupa dengan kisah Elija, malah peristiwa2 seringkali sedjadjar, namun tokoh ini sangat berbeda dengan Elija. Ia lebih adjaib dan sangat tjampur tangan dalam urusan negara dan ia sangat "patriotik". Tetapi Elisja'djauh dibelakang Elija sebagai tokoh agama. Elisja' mengepalai sematjam tarekat "nabi" atau "tjanterik nabi". Nabi2 itu ialah orang jang membaktikan dirinja sama sekali kepada agamanja, ibadat dan kebaktian Jahwe, hidup ber-kelompok2 dan rupa2nja menjendiri. Sebenarnja mereka kadang2 bertindak sebagai pesuruh Allah, tetapi bukanlah oleh sebab mereka "tjanterik2 nabi". Anugerah itu selalu suatu pilihan pribadi, jang tak dapat disampaikan kepada seorang selain oleh Jahwe sendiri.

Ende: 2Raj 9:14 - ber-djaga2 Terdjemahan ini tidak pasti.

Terdjemahan ini tidak pasti.

Ende: 2Raj 9:22 - perdjinahan itu ialah penjembahan dewa2, jang sering djuga disertai persundalan.

itu ialah penjembahan dewa2, jang sering djuga disertai persundalan.

Endetn: 2Raj 9:4 - -- Ditinggalkan: "si pemuda, nabi itu".

Ditinggalkan: "si pemuda, nabi itu".

Endetn: 2Raj 9:11 - Mereka diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ia".

diperbaiki menurut terdjemahan2 kuno. Tertulis: "ia".

Endetn: 2Raj 9:27 - (mereka melukai dia) ditambahkan menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.).

ditambahkan menurut terdjemahan Syriah dan Latin (Vlg.).

Endetn: 2Raj 9:27 - -- Ditinggalkan: "diatas keretanja".

Ditinggalkan: "diatas keretanja".

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:1 - dari rombongan // Ikatlah pinggangmu // berisi minyak // ke Ramot-Gilead · dari rombongan: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5 · Ikatlah pinggangmu: 1Raj 18:46; 1Raj 18:46 · berisi minyak: 1Sam 10:1; 1Sam 10:1 ·...

· dari rombongan: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

· Ikatlah pinggangmu: 1Raj 18:46; [Lihat FULL. 1Raj 18:46]

· berisi minyak: 1Sam 10:1; [Lihat FULL. 1Sam 10:1]

· ke Ramot-Gilead: 2Raj 8:28; [Lihat FULL. 2Raj 8:28]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:3 - tuangkan isinya · tuangkan isinya: 1Raj 19:16

· tuangkan isinya: 1Raj 19:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:6 - menuang minyak · menuang minyak: 1Raj 19:16

· menuang minyak: 1Raj 19:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:7 - Aku membalaskan // kepada Izebel // darah hamba-hamba-Ku · Aku membalaskan: Kej 4:24; Kej 4:24; Wahy 6:10; Wahy 6:10 · kepada Izebel: 1Raj 18:4; 1Raj 18:4 · darah hamba-hamba-Ku: Ul 32:4...

· Aku membalaskan: Kej 4:24; [Lihat FULL. Kej 4:24]; Wahy 6:10; [Lihat FULL. Wahy 6:10]

· kepada Izebel: 1Raj 18:4; [Lihat FULL. 1Raj 18:4]

· darah hamba-hamba-Ku: Ul 32:43; [Lihat FULL. Ul 32:43]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:8 - segenap keluarga // orang laki-laki · segenap keluarga: 2Raj 10:17 · orang laki-laki: 1Sam 25:22; 1Sam 25:22

· segenap keluarga: 2Raj 10:17

· orang laki-laki: 1Sam 25:22; [Lihat FULL. 1Sam 25:22]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:9 - keluarga Yerobeam // keluarga Baesa · keluarga Yerobeam: 1Raj 13:34; 1Raj 13:34; 1Raj 14:10; 1Raj 14:10 · keluarga Baesa: 1Raj 16:3

· keluarga Yerobeam: 1Raj 13:34; [Lihat FULL. 1Raj 13:34]; 1Raj 14:10; [Lihat FULL. 1Raj 14:10]

· keluarga Baesa: 1Raj 16:3

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:10 - dimakan anjing · dimakan anjing: 1Raj 21:23; 1Raj 21:23

· dimakan anjing: 1Raj 21:23; [Lihat FULL. 1Raj 21:23]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:11 - orang gila · orang gila: 1Sam 10:11; 1Sam 10:11; Yoh 10:20; Yoh 10:20

· orang gila: 1Sam 10:11; [Lihat FULL. 1Sam 10:11]; Yoh 10:20; [Lihat FULL. Yoh 10:20]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:13 - dan membentangkannya // meniup sangkakala · dan membentangkannya: Mat 21:8; Luk 19:36 · meniup sangkakala: 2Sam 15:10; 2Sam 15:10

· dan membentangkannya: Mat 21:8; Luk 19:36

· meniup sangkakala: 2Sam 15:10; [Lihat FULL. 2Sam 15:10]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:14 - di Ramot-Gilead · di Ramot-Gilead: Ul 4:43; Ul 4:43; 2Raj 8:28; 2Raj 8:28

· di Ramot-Gilead: Ul 4:43; [Lihat FULL. Ul 4:43]; 2Raj 8:28; [Lihat FULL. 2Raj 8:28]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:15 - luka-lukanya diobati · luka-lukanya diobati: 2Raj 8:29; 2Raj 8:29

· luka-lukanya diobati: 2Raj 8:29; [Lihat FULL. 2Raj 8:29]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:16 - Juga Ahazia · Juga Ahazia: 2Taw 22:7

· Juga Ahazia: 2Taw 22:7

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:17 - Ketika jaga // kabar damai · Ketika jaga: 1Sam 14:16; 1Sam 14:16; Yes 21:6 · kabar damai: 1Sam 16:4; 1Sam 16:4

· Ketika jaga: 1Sam 14:16; [Lihat FULL. 1Sam 14:16]; Yes 21:6

· kabar damai: 1Sam 16:4; [Lihat FULL. 1Sam 16:4]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:20 - adalah seperti · adalah seperti: 2Sam 18:27

· adalah seperti: 2Sam 18:27

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:21 - kebun Nabot · kebun Nabot: 1Raj 21:1-7,15-19

· kebun Nabot: 1Raj 21:1-7,15-19

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:22 - ibumu Izebel · ibumu Izebel: 1Raj 18:19; Wahy 2:20

· ibumu Izebel: 1Raj 18:19; Wahy 2:20

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:23 - Itu tipu · Itu tipu: 2Raj 11:14

· Itu tipu: 2Raj 11:14

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:24 - menarik busurnya · menarik busurnya: 1Raj 22:34; 1Raj 22:34

· menarik busurnya: 1Raj 22:34; [Lihat FULL. 1Raj 22:34]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:25 - telah mengucapkan · telah mengucapkan: 1Raj 21:19-22,24-29

· telah mengucapkan: 1Raj 21:19-22,24-29

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:26 - darah Nabot // firman Tuhan · darah Nabot: 1Raj 21:19; 1Raj 21:19 · firman Tuhan: 1Raj 21:29; 1Raj 21:29

· darah Nabot: 1Raj 21:19; [Lihat FULL. 1Raj 21:19]

· firman Tuhan: 1Raj 21:29; [Lihat FULL. 1Raj 21:29]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:27 - dekat Yibleam // ke Megido · dekat Yibleam: Hak 1:27; Hak 1:27 · ke Megido: 2Raj 23:29

· dekat Yibleam: Hak 1:27; [Lihat FULL. Hak 1:27]

· ke Megido: 2Raj 23:29

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:28 - pegawainya mengangkut · pegawainya mengangkut: 2Raj 14:20; 23:30

· pegawainya mengangkut: 2Raj 14:20; 23:30

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:29 - tahun kesebelas · tahun kesebelas: 2Raj 8:25

· tahun kesebelas: 2Raj 8:25

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:30 - ia mencalak · ia mencalak: Yer 4:30; Yeh 23:40

· ia mencalak: Yer 4:30; Yeh 23:40

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:31 - selamatkah Zimri · selamatkah Zimri: 1Raj 16:9-10

· selamatkah Zimri: 1Raj 16:9-10

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:33 - mayatnyapun terinjak-injak · mayatnyapun terinjak-injak: Mazm 7:6

· mayatnyapun terinjak-injak: Mazm 7:6

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:34 - memang anak · memang anak: 1Raj 16:31; 1Raj 16:31

· memang anak: 1Raj 16:31; [Lihat FULL. 1Raj 16:31]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:36 - dimakan anjing // daging · dimakan anjing: Mazm 68:24; Yer 15:3 · daging: 1Raj 21:23; 1Raj 21:23

· dimakan anjing: Mazm 68:24; Yer 15:3

· daging: 1Raj 21:23; [Lihat FULL. 1Raj 21:23]

Ref. Silang FULL: 2Raj 9:37 - seperti pupuk · seperti pupuk: Mazm 83:11; Yes 5:25; Yer 8:2; 9:22; 16:4; 25:33; Zef 1:17

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Raj 9:1 - Nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi // Ramot-Gilead 1. Nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi. Cawan kejahatan keluarga Ahab sudah penuh dan hukuman yang diutarakan di I Raja-Raja 21:21-...

1. Nabi Elisa memanggil salah seorang dari rombongan nabi. Cawan kejahatan keluarga Ahab sudah penuh dan hukuman yang diutarakan di I Raja-Raja 21:21-24 segera akan terwujud. Rangkaian peristiwa berikutnya terjadi sepanjang masa pemulihan Yoram. Ramot-Gilead. Yoram dan Ahazia sudah mengadakan kesepakatan untuk merampas tempat ini dari Aram. Usaha mereka adalah membangun kekuatan militer yang diperlukan dan menempatkan pasukan di tempat yang tepat untuk melaksanakan maksud Allah.

Wycliffe: 2Raj 9:3 - Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel // Tampaklah panglima-panglima tentara sedang duduk berkumpul // Yehu bertanya 3. Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel. Yehu adalah alat kedua - Nabi Elia dan Elisa merupakan alat pertama - melalui siapa Tuhan berusaha u...

3. Telah Kuurapi engkau menjadi raja atas Israel. Yehu adalah alat kedua - Nabi Elia dan Elisa merupakan alat pertama - melalui siapa Tuhan berusaha untuk membuat kehendak-Nya diketahui. Jika pelaksanaan pelayanan penghajaran yang pertama tidak digubris, maka pelayanan kedua, berupa hukuman, harus dilaksanakan. 5. Tampaklah panglima-panglima tentara sedang duduk berkumpul. Acuan tentang "rumah" (ay. 6) menunjukkan bahwa Ramot-Gilead sudah berhasil direbut. Yehu bertanya. Yehu bertindak selaku juru bicara dan berarti dia adalah pimpinan. Tampaknya Yehu sangat dihormati oleh yang lain, mungkin karena dia telah berjasa besar di dalam merampas Ramot-Gilead ketika Yoram harus mundur untuk mengobati luka-lukanya.

Wycliffe: 2Raj 9:6 - Menuang minyak ke atas kepala Yehu 6. Menuang minyak ke atas kepala Yehu. Pertanda pengangkatan oleh Tuhan baik untuk kedudukan saja maupun untuk menjadi hamba Tuhan secara khusus. Yehu...

6. Menuang minyak ke atas kepala Yehu. Pertanda pengangkatan oleh Tuhan baik untuk kedudukan saja maupun untuk menjadi hamba Tuhan secara khusus. Yehu ditugaskan baik untuk menjadi raja maupun hamba Allah, dengan satu tujuan (lih. ay. 6, 7).

Wycliffe: 2Raj 9:7 - Membunuh keluarga tuanmu Ahab 7. Membunuh keluarga tuanmu Ahab. Tugas yang diberikan mencakup seluruh keluarga (ay. 8).

7. Membunuh keluarga tuanmu Ahab. Tugas yang diberikan mencakup seluruh keluarga (ay. 8).

Wycliffe: 2Raj 9:9 - Seperti keluarga Yerobeam ... dan ... keluarga Baesa 9. Seperti keluarga Yerobeam ... dan ... keluarga Baesa. Lihat I Raja-Raja 15:29; 16:11.

9. Seperti keluarga Yerobeam ... dan ... keluarga Baesa. Lihat I Raja-Raja 15:29; 16:11.

Wycliffe: 2Raj 9:10 - Nabi itu ... lari 10. Nabi itu ... lari. Sebuah tindakan yang dapat diduga yang menunjukkan kecepatan dan kengerian dari kehancuran yang akan terjadi.

10. Nabi itu ... lari. Sebuah tindakan yang dapat diduga yang menunjukkan kecepatan dan kengerian dari kehancuran yang akan terjadi.

Wycliffe: 2Raj 9:11--17:4 - -- C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4). Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaru...

C. Dari Yehu Hingga Hancurnya Kerajaan Israel (9:11-17:4).

Karena penyembahan berhala di Israel itu sudah mengancam akan menghancurkan segala pengaruh baik di sana dan akan menyerbu Yehuda sehingga akan menghancurkan keseluruhan bangsa tersebut, maka keluarga Ahab harus dimusnahkan.

Wycliffe: 2Raj 9:11--10:36 - -- 1) Masa Pemerintahan Yehu (9:11-10:36). Sesuai dengan prinsip-prinsip ilahi tentang hukuman atas dosa sebagaimana dikemukakan di dalam Kitab Ulangan,...

1) Masa Pemerintahan Yehu (9:11-10:36).

Sesuai dengan prinsip-prinsip ilahi tentang hukuman atas dosa sebagaimana dikemukakan di dalam Kitab Ulangan, Yehu menjadi pelaksana dari murka Allah terhadap orang-orang berdosa yang utama di Israel - Ahab dan keturunannya yang jahat.

Wycliffe: 2Raj 9:11 - Apa kabar? // Orang gila // Kamu sendiri mengenal orang itu 11. Apa kabar? Apakah segala sesuatu beres? Pertanyaan ini berkenaan dengan keadaan di Israel. Orang gila. Sebutan ini berkenaan dengan kesan yang dit...

11. Apa kabar? Apakah segala sesuatu beres? Pertanyaan ini berkenaan dengan keadaan di Israel. Orang gila. Sebutan ini berkenaan dengan kesan yang ditimbulkan oleh perilaku orang itu. Kamu sendiri mengenal orang itu. Yehu secara tersirat mengatakan bahwa merekalah yang mengirim murid nabi tersebut "dengan tujuan untuk menghasut sebuah pemberontakan." Jawaban para nabi tersebut menunjukkan kejujuran mereka. Oleh karena itu Yehu akhirnya mengutarakan juga cerita itu.

Wycliffe: 2Raj 9:13 - -- 13. Mereka menaruh permadani secara mendadak untuk penobatan Yehu.

13. Mereka menaruh permadani secara mendadak untuk penobatan Yehu.

Wycliffe: 2Raj 9:14 - Yoram sedang berjaga-jaga // Berjaga-jaga di Ramot-Gilead 14. Yoram sedang berjaga-jaga. Sesudah Yoram berhasil merampas Ramot, orang Aram menyerangnya di situ serta melukainya di dalam pertempuran tersebut. ...

14. Yoram sedang berjaga-jaga. Sesudah Yoram berhasil merampas Ramot, orang Aram menyerangnya di situ serta melukainya di dalam pertempuran tersebut. Berjaga-jaga di Ramot-Gilead. Sebagai kubu pengawasan untuk mencegah mereka diserang mendadak oleh Hazael.

Wycliffe: 2Raj 9:15 - Janganlah biarkan siapa pun meloloskan diri - 15. Janganlah biarkan siapa pun meloloskan diri - untuk memberitakan hal itu kepada Yoram.

15. Janganlah biarkan siapa pun meloloskan diri - untuk memberitakan hal itu kepada Yoram.

Wycliffe: 2Raj 9:17 - Aku melihat suatu pasukan 17. Aku melihat suatu pasukan. Ketidaksiapan Yoram memungkinkan pelaksanaan hukuman dilaksanakan dengan cepat (bdg. ay. 10; lalu lari).

17. Aku melihat suatu pasukan. Ketidaksiapan Yoram memungkinkan pelaksanaan hukuman dilaksanakan dengan cepat (bdg. ay. 10; lalu lari).

Wycliffe: 2Raj 9:18 - Baliklah, ikutlah aku 18. Baliklah, ikutlah aku. Yehu tetap menahan kedua utusan tersebut untuk mencegah terjadinya kebocoran kepada Yoram. Tindakan tersebut dilaporkan kep...

18. Baliklah, ikutlah aku. Yehu tetap menahan kedua utusan tersebut untuk mencegah terjadinya kebocoran kepada Yoram. Tindakan tersebut dilaporkan kepada Yoram.

Wycliffe: 2Raj 9:20 - Cara memacunya adalah seperti cara Yehu ... memacu seperti orang gila 20. Cara memacunya adalah seperti cara Yehu ... memacu seperti orang gila. Cara memacu kereta dikatakan sama dengan yang biasa dilakukan oleh Yehu. Yo...

20. Cara memacunya adalah seperti cara Yehu ... memacu seperti orang gila. Cara memacu kereta dikatakan sama dengan yang biasa dilakukan oleh Yehu. Yoram kini khawatir akan situasi di Gilead.

Wycliffe: 2Raj 9:21 - Pasanglah kereta // Apakah ini kabar damai // Bagaimana ada damai? // damai, 21. Pasanglah kereta. Untuk mengantisipasi berita buruk. 22. Apakah ini kabar damai. Maksudnya, apakah serangan ke Gilead berhasil? Bagaimana ada dama...

21. Pasanglah kereta. Untuk mengantisipasi berita buruk. 22. Apakah ini kabar damai. Maksudnya, apakah serangan ke Gilead berhasil? Bagaimana ada damai? Yehu mempermainkan kata damai, dengan mengingatkan kepada Yoram bahwa tidak ada damai bagi mereka yang ikut terlibat dengan dosa penyembahan berhala dan sihir yang dilakukan oleh Izebel (bdg. Kel. 22:18; Ul. 18:10). Yehu mengutuk Izebel sebagai pendiri dan pimpinan dari penyembahan berhala di Israel.

Wycliffe: 2Raj 9:23 - Itu tipu 23. Itu tipu. Yoram tidak mengenali hukuman Allah itu.

23. Itu tipu. Yoram tidak mengenali hukuman Allah itu.

Wycliffe: 2Raj 9:24 - Di antara kedua bahunya. Yehu 24. Di antara kedua bahunya. Yehu merobohkan Yoram ketika ia berbalik dan melarikan diri.

24. Di antara kedua bahunya. Yehu merobohkan Yoram ketika ia berbalik dan melarikan diri.

Wycliffe: 2Raj 9:25 - Angkat dan lemparkanlah mayatnya ke kebun Nabot 25. Angkat dan lemparkanlah mayatnya ke kebun Nabot. Dia harus mati akibat hukuman. Penghukuman tersebut dilaksanakan sesuai dengan nubuat yaitu di de...

25. Angkat dan lemparkanlah mayatnya ke kebun Nabot. Dia harus mati akibat hukuman. Penghukuman tersebut dilaksanakan sesuai dengan nubuat yaitu di dekat kebun Nabot (bdg. ayat 21, 23, 25). Peristiwa ini menunjukkan kuasa Allah untuk memakai tindakan-tindakan kita sehingga melaksanakan apa yang dikehendaki oleh-Nya. Oleh karena itu, tampak pula bahwa Allah bisa saja memusnahkan Israel kendati mereka beranggapan bahwa hal itu tidak mungkin.

Wycliffe: 2Raj 9:27 - Ketika Ahazia ... melihat // Panahlah dia juga ... di pendakian ke Gur 27. Ketika Ahazia ... melihat. Ahazia sudah melihat malapetaka yang menanti dirinya selaku keturunan Ahab (bdg. I Raj. 21:21). Panahlah dia juga ... d...

27. Ketika Ahazia ... melihat. Ahazia sudah melihat malapetaka yang menanti dirinya selaku keturunan Ahab (bdg. I Raj. 21:21). Panahlah dia juga ... di pendakian ke Gur. Yehu memerintahkan orang-orangnya untuk mengejar Ahazia, sedangkan dirinya sendiri bergerak ke Yizreel untuk mencari Izebel. Yehu memperhitungkan bahwa orang-orangnya akan berhasil mengejar Ahazia di bukit Gur dekat Yibleam.

Wycliffe: 2Raj 9:30 - Ketika Izebel mendengar itu, ... dihiasinyalah kepalanya 30. Ketika Izebel mendengar itu, ... dihiasinyalah kepalanya. Izebel mengetahui maksud kedatangan Yehu.

30. Ketika Izebel mendengar itu, ... dihiasinyalah kepalanya. Izebel mengetahui maksud kedatangan Yehu.

Wycliffe: 2Raj 9:31 - Selamatkah Zimri? 31. Selamatkah Zimri? "Hai Zimri, pembunuh raja!" Izebel berusaha untuk menghentikan Yehu dengan mengingatkan dia akan 'kekalahan dan kematian Zimri y...

31. Selamatkah Zimri? "Hai Zimri, pembunuh raja!" Izebel berusaha untuk menghentikan Yehu dengan mengingatkan dia akan 'kekalahan dan kematian Zimri yang terjadi dengan cepat.

Wycliffe: 2Raj 9:32 - Siapa yang di pihakku? // Pegawai istana 32. Siapa yang di pihakku? Yehu menantang orang-orang yang ada di situ untuk menentukan pilihan mereka. Pegawai istana. Orang-orang ini mungkin member...

32. Siapa yang di pihakku? Yehu menantang orang-orang yang ada di situ untuk menentukan pilihan mereka. Pegawai istana. Orang-orang ini mungkin memberi tanda ingin bergabung dengan Yehu.

Wycliffe: 2Raj 9:34 - Kuburkanlah dia 34. Kuburkanlah dia. Sesudah makan, Yehu akhirnya ingat bahwa Izebel adalah anak raja.

34. Kuburkanlah dia. Sesudah makan, Yehu akhirnya ingat bahwa Izebel adalah anak raja.

Wycliffe: 2Raj 9:36 - Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel // Tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel 36. Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel. Jadi secara jelas dan oleh kelalaian Yehu, nubuat tentang Izebel tergenapi. 37. Tidak ...

36. Di kebun di luar Yizreel akan dimakan anjing daging Izebel. Jadi secara jelas dan oleh kelalaian Yehu, nubuat tentang Izebel tergenapi. 37. Tidak ada orang yang dapat berkata: Inilah Izebel. Izebel tidak akan memiliki kuburan dan hanya menjadi seperti sampah.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Raj 9:1-15 - Penghukuman Allah dinyatakan! (Senin, 20 Juni 2005) Penghukuman Allah dinyatakan! Pada sistem kerajaan, ahli waris takhta adalah keturunan dari raja yang berkuasa. Namun, biasanya bukan cuma takhta...

SH: 2Raj 9:1-15 - Penghukuman keturunan Ahab tidak dapat ditunda lagi sebab (Minggu, 28 Mei 2000) Penghukuman keturunan Ahab tidak dapat ditunda lagi sebab keturunannya sudah mengkontaminasi, tidak saja seluruh Israel namun juga Yehuda mela...

SH: 2Raj 9:16-37 - Penggenapan hukuman Allah (Selasa, 21 Juni 2005) Penggenapan hukuman Allah Keadilan Allah pada manusia dinyatakan dengan dua cara, yaitu menghukum mereka yang berdosa dan mengampuni mereka yang ...

SH: 2Raj 9:16-37 - Kehendak Allah di dalam kehendak manusia. (Senin, 29 Mei 2000) Kehendak Allah di dalam kehendak manusia. Pilihan Allah atas Yehu untuk melaksanakan penghukuman-Nya atas keturunan Ahab memang tepat. Ia memi...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 RAJA-RAJA LIHAT PENDAHULUAN I_Raja-raja

Wycliffe: 2 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 2 RAJA-RAJA LIHAT GARIS BESAR I RAJA-RAJA

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #23: Gunakan Studi Kamus dengan menggunakan indeks kata atau kotak pencarian. [SEMUA]
dibuat dalam 0.30 detik
dipersembahkan oleh YLSA