kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 3:1-27 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Yoram berperang melawan Moab
3:1 Yoram, anak Ahab, menjadi raja di Samaria atas Israel dalam tahun kedelapan belas zaman Yosafat, raja Yehuda, dan ia memerintah dua belas tahun lamanya. 3:2 Ia melakukan apa yang jahat di mata TUHAN, tetapi bukan seperti ayahnya dan seperti ibunya: ia menjauhkan tugu berhala Baal yang didirikan ayahnya. 3:3 Namun demikian, ia masih berpaut kepada dosa Yerobeam bin Nebat yang mengakibatkan orang Israel berdosa pula; ia tidak menjauhinya. 3:4 Mesa, raja Moab, adalah seorang peternak domba; sebagai upeti ia membayar kepada raja Israel seratus ribu anak domba dan bulu dari seratus ribu domba jantan. 3:5 Tetapi segera sesudah Ahab mati, memberontaklah raja Moab terhadap raja Israel. 3:6 Keluarlah raja Yoram pada waktu itu dari Samaria, lalu ia memeriksa barisan seluruh orang Israel. 3:7 Selanjutnya ia menyuruh orang kepada Yosafat, raja Yehuda, dengan pesan: "Raja Moab telah memberontak terhadap aku! Maukah engkau bersama-sama aku berperang melawan Moab?" Jawabnya: "Aku akan maju. Kita sama-sama, aku dan engkau, rakyatku dan rakyatmu, kudaku dan kudamu." 3:8 Lagi ia bertanya: "Melalui jalan manakah kita akan maju?" Jawabnya: "Melalui padang gurun Edom!" 3:9 Maka berjalanlah raja Israel dan raja Yehuda dan raja Edom. Tetapi sesudah mereka berkeliling tujuh hari perjalanan jauhnya, maka tidak terdapat air untuk tentara dan untuk hewan yang mengikuti mereka. 3:10 Lalu berkatalah raja Israel: "Wahai, TUHAN telah memanggil ketiga raja ini untuk menyerahkan mereka ke dalam tangan Moab!" 3:11 Tetapi bertanyalah Yosafat: "Tidak adakah di sini seorang nabi TUHAN, supaya dengan perantaraannya kita meminta petunjuk TUHAN?" Lalu salah seorang pegawai raja Israel menjawab, katanya: "Di sini ada Elisa bin Safat, yang dahulu melayani Elia." 3:12 Berkatalah Yosafat: "Memang padanya ada firman TUHAN." Sesudah itu pergilah raja Israel dan Yosafat dan raja Edom kepada Elisa. 3:13 Tetapi berkatalah Elisa kepada raja Israel: "Apakah urusanku dengan engkau? Pergilah kepada para nabi ayahmu dan kepada para nabi ibumu." Jawab raja Israel kepadanya: "Jangan begitu, sebab TUHAN memanggil ketiga raja ini untuk menyerahkan mereka ke dalam tangan orang Moab!" 3:14 Berkatalah Elisa: "Demi TUHAN semesta alam yang hidup, yang di hadapan-Nya aku menjadi pelayan: jika tidak karena Yosafat, raja Yehuda, maka sesungguhnya aku ini tidak akan memandang dan melihat kepadamu. 3:15 Maka sekarang, jemputlah bagiku seorang pemetik kecapi." Pada waktu pemetik kecapi itu bermain kecapi, maka kekuasaan TUHAN meliputi dia. 3:16 Kemudian berkatalah ia: "Beginilah firman TUHAN: Biarlah di lembah ini dibuat parit-parit, 3:17 sebab beginilah firman TUHAN: Kamu tidak akan mendapat angin dan hujan, namun lembah ini akan penuh dengan air, sehingga kamu serta ternak sembelihan dan hewan pengangkut dapat minum. 3:18 Dan itupun adalah perkara ringan di mata TUHAN; juga orang Moab akan diserahkan-Nya ke dalam tanganmu. 3:19 Kamu akan memusnahkan segala kota yang berkubu dan segala kota pilihan; kamu akan menumbangkan segala pohon yang baik; kamu akan menutup segala mata air dan kamu akan merusakkan segala ladang yang baik dengan batu-batu." 3:20 Keesokan harinya ketika orang mempersembahkan korban, datanglah dengan tiba-tiba air dari arah Edom, lalu penuhlah negeri itu dengan air. 3:21 Ketika didengar seluruh orang Moab, bahwa ketiga raja itu telah maju memerangi mereka, maka dikerahkanlah semua orang yang masih sanggup menyandang pedang, bahkan orang-orang yang lebih tua juga, kemudian mereka ditempatkan di tepi perbatasan. 3:22 Keesokan harinya pagi-pagi, ketika matahari bersinar atas permukaan air itu, tampaklah kepada orang Moab itu, bahwa air di sebelah depannya merah seperti darah. 3:23 Lalu berserulah mereka: "Itu darah! Tentulah raja-raja itu telah berbunuh-bunuhan, yang seorang membunuh yang lain. Maka sekarang, marilah menjarah, hai orang-orang Moab!" 3:24 Tetapi ketika mereka sampai ke perkemahan orang Israel, maka bangkitlah orang Israel itu, lalu memukul orang-orang Moab, sehingga mereka lari dari situ. Dan makin jauhlah mereka menerobos ke dalam Moab sambil menewaskan orang-orang Moab itu. 3:25 Mereka meruntuhkan kota-kota dan menutupi setiap ladang yang baik dengan batu, karena setiap orang melemparkan batu ke atasnya. Mereka menutup segala mata air dan menumbangkan segala pohon yang baik, sampai hanya Kir-Hareset saja yang ditinggalkan, tetapi kota ini ditembaki oleh orang-orang pengumban dari segala penjuru. 3:26 Ketika raja Moab melihat, bahwa peperangan itu terlalu berat baginya, diambilnyalah tujuh ratus orang pemegang pedang bersama-sama dia untuk menerobos ke jurusan raja Edom, tetapi tidak berhasil. 3:27 Kemudian ia mengambil anaknya yang sulung yang akan menjadi raja menggantikan dia, lalu mempersembahkannya sebagai korban bakaran di atas pagar tembok. Tetapi kegusaran besar menimpa orang Israel, sehingga mereka berangkat meninggalkan dia dan pulang ke negeri mereka.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · Ahab son and successor of Omri, king of Israel,son of Kolaiah; a false prophet in the time of King Zedekiah
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Baal a pagan god,a title of a pagan god,a town in the Negeb on the border of Simeon and Judah,son of Reaiah son of Micah; a descendant of Reuben,the forth son of Jeiel, the Benjamite
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · bani Moab resident(s) of the country of Moab
 · Edom resident(s) of the region of Edom
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Elisa son of Javan son of Japheth son of Noah,a nation of trading people somewhere around the Great Sea (ZD)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Mesa the region occupied by the Arabian clan of Joktan,a man of Benjamin; son of Shaharaim and Hodesh,king of Moab in the time of Ahab
 · Moab resident(s) of the country of Moab
 · Nebat a man of Ephraim; father of king Jeroboam
 · orang dari Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Moab resident(s) of the country of Moab
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · perempuan Moab a female descendant of Moab
 · perempuan-perempuan Moab resident(s) of the country of Moab
 · Safat son of Hori of Simeon; the spy sent by Moses to explore the land of Canaan,father of the prophet Elisha,son of Shemaiah, a descendant of Hananiah, Zerubbabel and David,a chief of the tribe of Gad,son of Adlai; David's chief shepherd over the valley herds
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Moab resident(s) of the country of Moab
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yehuda the son of Jacob and Leah; founder of the tribe of Judah,a tribe, the land/country,a son of Joseph; the father of Simeon; an ancestor of Jesus,son of Jacob/Israel and Leah; founder of the tribe of Judah,the tribe of Judah,citizens of the southern kingdom of Judah,citizens of the Persian Province of Judah; the Jews who had returned from Babylonian exile,"house of Judah", a phrase which highlights the political leadership of the tribe of Judah,"king of Judah", a phrase which relates to the southern kingdom of Judah,"kings of Judah", a phrase relating to the southern kingdom of Judah,"princes of Judah", a phrase relating to the kingdom of Judah,the territory allocated to the tribe of Judah, and also the extended territory of the southern kingdom of Judah,the Province of Judah under Persian rule,"hill country of Judah", the relatively cool and green central highlands of the territory of Judah,"the cities of Judah",the language of the Jews; Hebrew,head of a family of Levites who returned from Exile,a Levite who put away his heathen wife,a man who was second in command of Jerusalem; son of Hassenuah of Benjamin,a Levite in charge of the songs of thanksgiving in Nehemiah's time,a leader who helped dedicate Nehemiah's wall,a Levite musician who helped Zechariah of Asaph dedicate Nehemiah's wall


Topik/Tema Kamus: Elisa | Yoram | Raja-raja, Kitab-kitab | Raja | Mesa | Orang Moab | Air | Samaria Kuno | Perbuatan Ajaib | Lembah | Sumur | Nabi | Musik | Tembok, Pagar Atau Dinding | Orang Yang Bepergian Atau Pelancong | Senjata Untuk Berperang | Tangan | Makan, Makanan Orang Yahudi | Domba | Anak Domba | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Kata/Frasa
Wycliffe

Catatan Rentang Ayat
SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 3:15 - PEMETIK KECAPI ITU BERMAIN. Nas : 2Raj 3:15 Musik sebuah kecapi menutupi gangguan dari luar dan ketidakpercayaan di sekelilingnya, sehingga keadaan mental dan roh Elisa siap u...

Nas : 2Raj 3:15

Musik sebuah kecapi menutupi gangguan dari luar dan ketidakpercayaan di sekelilingnya, sehingga keadaan mental dan roh Elisa siap untuk menerima wahyu Allah.

Full Life: 2Raj 3:27 - ANAKNYA YANG SULUNG ... MEMPERSEMBAHKANNYA SEBAGAI KORBAN. Nas : 2Raj 3:27 Raja Moab membunuh putra sulungnya sebagai persembahan kepada dewa Kamos (lih. 1Raj 11:7), dalam usahanya untuk membujuk apa yang d...

Nas : 2Raj 3:27

Raja Moab membunuh putra sulungnya sebagai persembahan kepada dewa Kamos (lih. 1Raj 11:7), dalam usahanya untuk membujuk apa yang dianggap sebagai dewa itu membantu tentaranya dalam perang. Korban manusia ini sebenarnya menjadi persembahan kepada Iblis dan roh-roh jahat

(lihat art. SIFAT PENYEMBAHAN BERHALA);

"persembahan mereka adalah persembahan kepada roh-roh jahat" (1Kor 10:20). Para ahli purbakala telah menemukan sebuah batu piagam Moab yang menegaskan bahwa raja Moab memang melakukan perbuatan jahat itu.

Full Life: 2Raj 3:27 - KEGUSARAN BESAR MENIMPA ORANG ISRAEL. Nas : 2Raj 3:27 Tentara Israel mundur dengan tergesa-gesa. Murka tentara Moab yang melanda mereka rupanya adalah akibat dari korban manusia yang di...

Nas : 2Raj 3:27

Tentara Israel mundur dengan tergesa-gesa. Murka tentara Moab yang melanda mereka rupanya adalah akibat dari korban manusia yang dipersembahkan kepada kuasa kegelapan di balik dewa Kamos

(lihat cat. --> 2Raj 3:15 sebelumnya).

[atau ref. 2Raj 3:15]

Rupanya kuasa itu dilepaskan di dunia roh oleh karena persembahan korban darah -- baik untuk kebajikan yang tak terbandingkan, sebagaimana melalui darah Kristus, maupun untuk kejahatan tak terbandingkan, sebagaimana dalam persembahan ini; sangat mungkin bahwa korban darah yang dipersembahkan kepada kuasa roh-roh jahat membebaskan mereka untuk berperang dengan lebih efektif melawan kuasa-kuasa rohani dari Tuhan (Ef 6:12).

BIS: 2Raj 3:16 - wadi wadi: Sungai kering di padang pasir yang bila hujan baru berisi air.

wadi: Sungai kering di padang pasir yang bila hujan baru berisi air.

BIS: 2Raj 3:20 - wadi wadi: Lihat 2Ra 3:16.

wadi: Lihat 2Ra 3:16.

BIS: 2Raj 3:25 - pengumban pengumban: Orang yang melontarkan batu dengan tali.

pengumban: Orang yang melontarkan batu dengan tali.

BIS: 2Raj 3:27 - takutlah takutlah: Orang Israel merasa takut, karena kurban itu dapat menimbulkan kemarahan TUHAN, atau kemarahan Kemos, dewa bangsa Moab.

takutlah: Orang Israel merasa takut, karena kurban itu dapat menimbulkan kemarahan TUHAN, atau kemarahan Kemos, dewa bangsa Moab.

Jerusalem: 2Raj 3:4 - Mesa Sebuah tiang batu (yang disebut Tugu Mesa) yang digali di Dibon ditulisi a.l. dengan keterangan bahwa bangsa Moab takluk kepada Israel selama pemerint...

Sebuah tiang batu (yang disebut Tugu Mesa) yang digali di Dibon ditulisi a.l. dengan keterangan bahwa bangsa Moab takluk kepada Israel selama pemerintahan raja Omri dan Ahab. Tulisan itu memasyhurkan perang kemerdekaan yang dilancarkan raja Mesa, tetapi ia mendiamkan saja peristiwa yang kurang enak bagi Moab, sebagaimana yang diceritakan Alkitab di sini.

Jerusalem: 2Raj 3:7 - Yosafat raja Yehuda Nama Yosafat ini mungkin kemudian barulah disisipkan ke dalam 2Ra 3:7,11,12,14. Sebab ada bukti bahwa perang dengan Moab ini terjadi di masa pemerinta...

Nama Yosafat ini mungkin kemudian barulah disisipkan ke dalam 2Ra 3:7,11,12,14. Sebab ada bukti bahwa perang dengan Moab ini terjadi di masa pemerintahan Yoram, putera Yosafat. Rupanya nama Yosafat itu disisipkan untuk menghormati raja yang saleh itu dan oleh karena ia memegang peranan yang serupa dalam 1Ra 22. Di situpun raja Yehuda, berbeda dengan raja Israel, tampil sebagai seseorang yang takut akan TUHAN, 2Ra 3:11,13-14.

Jerusalem: 2Raj 3:9 - raja Edom Raja Israel memerlukan pertolongan raja Yehuda dan Edom untuk menyerang Moab dari sebelah selatan dengan mengitari Laut Asin dan melalui wilayah Edom.

Israel memerlukan pertolongan raja Yehuda dan Edom untuk menyerang Moab dari sebelah selatan dengan mengitari Laut Asin dan melalui wilayah Edom.

Jerusalem: 2Raj 3:15 - bermain kecapi Musik itu adalah sebuah sarana untuk menimbulkan ekstase kenabian, bdk 1Sa 10:5*.

Musik itu adalah sebuah sarana untuk menimbulkan ekstase kenabian, bdk 1Sa 10:5*.

Jerusalem: 2Raj 3:17 - serta ternak sembelihan Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani (Luc) terbaca: serta pasukanmu.

Dalam beberapa naskah terjemahan Yunani (Luc) terbaca: serta pasukanmu.

Jerusalem: 2Raj 3:19 - segala kota pilihan Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Ini tidak terdapat dalam terjemahan Yunani.

Jerusalem: 2Raj 3:22 - merah seperti darah Warna merah itu disebabkan warna pasir di Wadi el-Hesa. Kata "merah" (adam) menyinggung kata "darah" (dama).

Warna merah itu disebabkan warna pasir di Wadi el-Hesa. Kata "merah" (adam) menyinggung kata "darah" (dama).

Jerusalem: 2Raj 3:24 - dan makin jauhlah... menerobos Ini menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani rusak.

Ini menurut terjemahan Yunani. Naskah Ibrani rusak.

Jerusalem: 2Raj 3:25 - Kir-Hareset saja yang ditinggalkan Kalau secara harafiah diterjemahkan, maka naskah Ibrani berbunyi: sampai di Kir-Hareset hanya tersisa batu-batunya. Tetapi ini tidak bermakna. Adapun ...

Kalau secara harafiah diterjemahkan, maka naskah Ibrani berbunyi: sampai di Kir-Hareset hanya tersisa batu-batunya. Tetapi ini tidak bermakna. Adapun Kir-Hareset atau Kir-Heres adalah ibu kota bangsa Moab, Yer 16:7,11; Yer 48:31,36 Tempat letaknya Kir-Hareset (Kir-Heres) sekarang disebut Kerak.

Jerusalem: 2Raj 3:26 - Raja Edom Barangkali harus dibaca: raja Aram.

Barangkali harus dibaca: raja Aram.

Jerusalem: 2Raj 3:27 - kegusaran besar Maksudnya kurang jelas. Dengan mempersembahkan anaknya sendiri sebagai korban raja Moab menyatakan bahwa tidak melihat jalan lain lagi untuk mendamaik...

Maksudnya kurang jelas. Dengan mempersembahkan anaknya sendiri sebagai korban raja Moab menyatakan bahwa tidak melihat jalan lain lagi untuk mendamaikan dewanya, Kamos. Ia mengadakan korban itu di atas tembok kota dan itu menggemparkan para pengepung yang menganggap dirinya sasaran kemurkaan ilahi.

Ende: 2Raj 2:1--13:24 - -- Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan ...

Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan dimasukkan kedalam kitab Radja2 oleh si Pengarang.

Tjorak tjeritera2 ini populer. Meskipun kisah Elisja' agak serupa dengan kisah Elija, malah peristiwa2 seringkali sedjadjar, namun tokoh ini sangat berbeda dengan Elija. Ia lebih adjaib dan sangat tjampur tangan dalam urusan negara dan ia sangat "patriotik". Tetapi Elisja'djauh dibelakang Elija sebagai tokoh agama. Elisja' mengepalai sematjam tarekat "nabi" atau "tjanterik nabi". Nabi2 itu ialah orang jang membaktikan dirinja sama sekali kepada agamanja, ibadat dan kebaktian Jahwe, hidup ber-kelompok2 dan rupa2nja menjendiri. Sebenarnja mereka kadang2 bertindak sebagai pesuruh Allah, tetapi bukanlah oleh sebab mereka "tjanterik2 nabi". Anugerah itu selalu suatu pilihan pribadi, jang tak dapat disampaikan kepada seorang selain oleh Jahwe sendiri.

Ende: 2Raj 3:1-3 - -- Bagian ini tidak berasal dari kisah Elisja', tetapi dimasukkan disini oleh pengarang kitab radja2.

Bagian ini tidak berasal dari kisah Elisja', tetapi dimasukkan disini oleh pengarang kitab radja2.

Ende: 2Raj 3:7 - Josjafat (2Ra 3:11,12,14). Nama itu merupakan tambahan sadja. Sebenarnja perang itu terdjadi waktu pemerintahan Joram, putera Josjafat.

(2Ra 3:11,12,14). Nama itu merupakan tambahan sadja. Sebenarnja perang itu terdjadi waktu pemerintahan Joram, putera Josjafat.

Ende: 2Raj 3:11 - menuangkan air... dst Elisja' disini muntjul sebagai bekas pelajan Elija; tetapi murid2 seorang guru berbuat demikian pula.

Elisja' disini muntjul sebagai bekas pelajan Elija; tetapi murid2 seorang guru berbuat demikian pula.

Ende: 2Raj 3:27 - -- Murka besar itu ialah murka Jahwe, jang nampak dalam bentjana itu. Mengapa Jahwe murka tidak terang. Bentjana itu mungkin sekarang dari penduduk kota ...

Murka besar itu ialah murka Jahwe, jang nampak dalam bentjana itu. Mengapa Jahwe murka tidak terang. Bentjana itu mungkin sekarang dari penduduk kota itu.

Endetn: 2Raj 3:17 - balamu diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.) Tertulis: "kawanan2mu".

diperbaiki menurut satu naskah terdjemahan Junani (Luc.) Tertulis: "kawanan2mu".

Endetn: 2Raj 3:19 - -- Ditinggalkan "dan semua kota pilihan", menurut terdjemahan Junani.

Ditinggalkan "dan semua kota pilihan", menurut terdjemahan Junani.

Endetn: 2Raj 3:24 - semakin madju diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tak dapat diartikan.

diperbaiki menurut terdjemahan Junani. Naskah Hibrani tak dapat diartikan.

Endetn: 2Raj 3:25 - tinggallah diperbaiki. Kata Hibrani sukar untuk diartikan.

diperbaiki. Kata Hibrani sukar untuk diartikan.

Endetn: 2Raj 3:26 - Aram diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "Edom".

diperbaiki menurut terdjemahan Latin. Tertulis: "Edom".

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:1 - Yoram · Yoram: 2Raj 1:17; 2Raj 1:17

· Yoram: 2Raj 1:17; [Lihat FULL. 2Raj 1:17]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:2 - yang jahat // seperti ayahnya // menjauhkan tugu · yang jahat: 1Raj 15:26 · seperti ayahnya: 1Raj 16:30-32 · menjauhkan tugu: Kel 23:24; Kel 23:24

· yang jahat: 1Raj 15:26

· seperti ayahnya: 1Raj 16:30-32

· menjauhkan tugu: Kel 23:24; [Lihat FULL. Kel 23:24]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:3 - kepada dosa · kepada dosa: 1Raj 12:28-32; 1Raj 12:28 s/d 32

· kepada dosa: 1Raj 12:28-32; [Lihat FULL. 1Raj 12:28] s/d 32

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:4 - raja Moab // anak domba · raja Moab: Kej 19:37; Kej 19:37; 2Raj 1:1 · anak domba: Ezr 7:17; Yes 16:1

· raja Moab: Kej 19:37; [Lihat FULL. Kej 19:37]; 2Raj 1:1

· anak domba: Ezr 7:17; Yes 16:1

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:5 - mati, memberontaklah · mati, memberontaklah: 2Raj 1:1; 2Raj 1:1

· mati, memberontaklah: 2Raj 1:1; [Lihat FULL. 2Raj 1:1]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:7 - aku berperang · aku berperang: 1Raj 22:4

· aku berperang: 1Raj 22:4

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:9 - raja Edom · raja Edom: 1Raj 22:47; 1Raj 22:47

· raja Edom: 1Raj 22:47; [Lihat FULL. 1Raj 22:47]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:11 - meminta petunjuk // ada Elisa // melayani Elia · meminta petunjuk: Kej 25:22; Kej 25:22; 1Raj 22:5; 1Raj 22:5 · ada Elisa: Kej 20:7; Kej 20:7 · melayani Elia: 1Raj 19:16; 1Raj ...

· meminta petunjuk: Kej 25:22; [Lihat FULL. Kej 25:22]; 1Raj 22:5; [Lihat FULL. 1Raj 22:5]

· ada Elisa: Kej 20:7; [Lihat FULL. Kej 20:7]

· melayani Elia: 1Raj 19:16; [Lihat FULL. 1Raj 19:16]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:12 - ada firman · ada firman: Bil 11:17; Bil 11:17

· ada firman: Bil 11:17; [Lihat FULL. Bil 11:17]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:15 - pemetik kecapi // maka kekuasaan · pemetik kecapi: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5 · maka kekuasaan: Yer 15:17; Yeh 1:3

· pemetik kecapi: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

· maka kekuasaan: Yer 15:17; Yeh 1:3

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:17 - dengan air · dengan air: Mazm 107:35; Yes 12:3; 32:2; 35:6; 41:18; 65:13

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:18 - perkara ringan · perkara ringan: Kej 18:14; Kej 18:14; 2Raj 20:10; Yes 49:6; Yer 32:17,27; Mr 10:27

· perkara ringan: Kej 18:14; [Lihat FULL. Kej 18:14]; 2Raj 20:10; Yes 49:6; Yer 32:17,27; Mr 10:27

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:20 - harinya ketika // dengan air · harinya ketika: Kel 29:41; Kel 29:41 · dengan air: Kel 17:6; Kel 17:6

· harinya ketika: Kel 29:41; [Lihat FULL. Kel 29:41]

· dengan air: Kel 17:6; [Lihat FULL. Kel 17:6]

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:25 - hanya Kir-Hareset · hanya Kir-Hareset: Yes 15:1; 16:7; Yer 48:31,36

· hanya Kir-Hareset: Yes 15:1; 16:7; Yer 48:31,36

Ref. Silang FULL: 2Raj 3:27 - yang sulung · yang sulung: Ul 12:31; Ul 12:31; 2Raj 16:3; 21:6; 2Taw 28:3; Mazm 106:38; Yer 19:4-5; Mi 6:7

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per Ayat)

Wycliffe: 2Raj 3:1-27 - -- 8) Yoram Menyerang Moab (3:1-27). Serangan Yoram terhadap Moab menunjukkan betapa kejinya penyembahan berhala itu di hadapan Allah. Hasilnya ialah se...

8) Yoram Menyerang Moab (3:1-27).

Serangan Yoram terhadap Moab menunjukkan betapa kejinya penyembahan berhala itu di hadapan Allah. Hasilnya ialah sebuah pelajaran bagi Israel yang menunjukkan mengapa Israel perlu meninggalkan penyembahan berhala yang dilakukan olehnya. Sekalipun demikian, Israel tetap menyembah berhala.

Wycliffe: 2Raj 3:1 - Yoram ... menjadi raja ... tahun kedelapan belas zaman Yosafat 3:1. Yoram ... menjadi raja ... tahun kedelapan belas zaman Yosafat. Lihat 3:1; 1:17 untuk dua tanggal Yoram naik takhta. Ini menunjukkan pemerintahan...

3:1. Yoram ... menjadi raja ... tahun kedelapan belas zaman Yosafat. Lihat 3:1; 1:17 untuk dua tanggal Yoram naik takhta. Ini menunjukkan pemerintahan bersama Yosafat dan Yoram di Yehuda (lih. Thiele, op. cit., hlm. 61 dst.).

Wycliffe: 2Raj 3:2 - Ia melakukan apa yang jahat // ia masih berpaut pada dosa Yerobeam 2. Ia melakukan apa yang jahat. Yoram tidak berbuat dosa seperti Ahab; tetapi dia melanggar perjanjian, sebab ia masih berpaut pada dosa Yerobeam (ay....

2. Ia melakukan apa yang jahat. Yoram tidak berbuat dosa seperti Ahab; tetapi dia melanggar perjanjian, sebab ia masih berpaut pada dosa Yerobeam (ay. 3). Mengenai jalan hidup yang jahat Hari Yerobeam lihat I Raja-Raja 12:26-33; 13:33; II Raja-Raja 10:29.

Wycliffe: 2Raj 3:4 - Mesa Raja Moab // Peternak domba 4. Mesa Raja Moab. Prasasti Moab melukiskan tentang kurun waktu tunduknya Moab terhadap Israel (lih. ANET, Moabite Stone). Upeti. Menunjukkan bahwa Mo...

4. Mesa Raja Moab. Prasasti Moab melukiskan tentang kurun waktu tunduknya Moab terhadap Israel (lih. ANET, Moabite Stone). Upeti. Menunjukkan bahwa Moab tunduk kepada Israel. Peternak domba. Kerajaan Moab memiliki banyak peternakan domba. Jumlah domba yang dikemukakan menunjukkan jumlah upeti tahunan.

Wycliffe: 2Raj 3:5 - Memberontak 5. Memberontak. Mesa menganggap Israel menjadi lemah setelah kematian Ahab sehingga Moab berkesempatan untuk meraih kembali kemerdekaan mereka. Lihat ...

5. Memberontak. Mesa menganggap Israel menjadi lemah setelah kematian Ahab sehingga Moab berkesempatan untuk meraih kembali kemerdekaan mereka. Lihat II Tawarikh 20 yang mengisahkan tentang serangan Moab sebelumnya ke Yehuda ketika mana orang Moab dikalahkan dan Moab menjadi terlalu lemah untuk menolak tawaran bersekutu.

Wycliffe: 2Raj 3:6 - Keluarlah Raja Yoram ... memeriksa barisan seluruh orang Israel 6. Keluarlah Raja Yoram ... memeriksa barisan seluruh orang Israel. Pemberontakan Mesa terjadi karena ia menolak membayar upeti. Oleh karena itu Yoram...

6. Keluarlah Raja Yoram ... memeriksa barisan seluruh orang Israel. Pemberontakan Mesa terjadi karena ia menolak membayar upeti. Oleh karena itu Yoram mengumpulkan pasukan untuk menagih upeti tersebut.

Wycliffe: 2Raj 3:7 - Selanjutnya ia menyuruh orang kepada Yosafat 7. Selanjutnya ia menyuruh orang kepada Yosafat. Kenyataan bahwa Yoram meminta bantuan Yosafat menunjukkan bahwa dia harus melewati wilayah Yehuda unt...

7. Selanjutnya ia menyuruh orang kepada Yosafat. Kenyataan bahwa Yoram meminta bantuan Yosafat menunjukkan bahwa dia harus melewati wilayah Yehuda untuk mencapai Moab. Kenyataan ini juga menunjukkan bahwa Mesa telah memperkuat pertahanannya di perbatasan utara. Apabila Yoram berhasil memperoleh bantuan Yosafat, dia juga dapat meraih Edom yang kini ada di bawah kekuasaan Yehuda. Yosafat lupa bahwa bersekutu dengan orang-orang yang tidak menaati Tuhan dilarang bagi orang percaya.

Wycliffe: 2Raj 3:8 - -- 8. Rute yang dipilih Yosafat melewati sepanjang sisi barat Laut Mati dan mengitari ujung selatan laut tersebut.

8. Rute yang dipilih Yosafat melewati sepanjang sisi barat Laut Mati dan mengitari ujung selatan laut tersebut.

Wycliffe: 2Raj 3:9 - Tujuh hari perjalanan 9. Tujuh hari perjalanan. Setelah meninggalkan Yerusalem dan bergabung dengan Edom di tengah perjalanan, mereka berkeliling mencari Mesa sehingga akhi...

9. Tujuh hari perjalanan. Setelah meninggalkan Yerusalem dan bergabung dengan Edom di tengah perjalanan, mereka berkeliling mencari Mesa sehingga akhirnya kehabisan air.

Wycliffe: 2Raj 3:10 - -- 10. Ketidaksalehan Yoram membuat dia mempersalahkan Allah atas malapetaka yang mereka hadapi itu.

10. Ketidaksalehan Yoram membuat dia mempersalahkan Allah atas malapetaka yang mereka hadapi itu.

Wycliffe: 2Raj 3:11-12 - Seorang nabi Tuhan // Di sini ada Elisa // Memang padanya ada Firman Tuhan 11, 12. Seorang nabi Tuhan. Yosafat menolak pandangan Yoram. Di sini ada Elisa. Tampaknya Yoram tidak mengetahui bahwa Elisa ada. Memang padanya ada F...

11, 12. Seorang nabi Tuhan. Yosafat menolak pandangan Yoram. Di sini ada Elisa. Tampaknya Yoram tidak mengetahui bahwa Elisa ada. Memang padanya ada Firman Tuhan. Elisa sudah terkenal reputasinya. Keadaan yang genting membuat mereka terpaksa meminta tolong kepadanya.

Wycliffe: 2Raj 3:13-14 - Pergilah kepada para nabi ayahmu // Jangan begitu 13, 14. Pergilah kepada para nabi ayahmu. Lihat ayat 2, 3. Elisa menolak semua pemanfaatan jabatannya yang membumbui kepercayaan orang kafir pada hal-...

13, 14. Pergilah kepada para nabi ayahmu. Lihat ayat 2, 3. Elisa menolak semua pemanfaatan jabatannya yang membumbui kepercayaan orang kafir pada hal-hal magis. Jangan begitu. Lihat ayat 10 di atas. Jika bukan karena kehadiran Raja Yosafat, Elisa tidak akan bersedia menanggapi ketidaksalehan semacam itu. Berjumpa dengan pemimpin penyembah berhala dari utara itu memang menjengkelkan.

Wycliffe: 2Raj 3:15 - Jemputlah bagiku seorang pemetik kecapi // Kekuasaan Tuhan 15. Jemputlah bagiku seorang pemetik kecapi. Maksudnya memainkan kidung-kidung yang mempersiapkan hatinya untuk mendengarkan Firman Tuhan. Kekuasaan T...

15. Jemputlah bagiku seorang pemetik kecapi. Maksudnya memainkan kidung-kidung yang mempersiapkan hatinya untuk mendengarkan Firman Tuhan. Kekuasaan Tuhan. Kekuasaan Tuhan. Allah menjawab dengan menubuatkan kemenangan dalam pertempuran itu. Allah akan memakai kemenangan tersebut untuk menunjukkan kepada umat-Nya segi buruk dari ibadah orang kafir.

Wycliffe: 2Raj 3:16 - Biarlah di lembah ini dibuat parit-parit 16. Biarlah di lembah ini dibuat parit-parit. Yang dimaksudkan adalah Lembah Zered, sekarang wadi el-Hesa, perbatasan selatan Moab.

16. Biarlah di lembah ini dibuat parit-parit. Yang dimaksudkan adalah Lembah Zered, sekarang wadi el-Hesa, perbatasan selatan Moab.

Wycliffe: 2Raj 3:17 - Tidak akan mendapat ... hujan, namun lembah ini akan penuh dengan air 17. Tidak akan mendapat ... hujan, namun lembah ini akan penuh dengan air. Air hujan dari bukit-bukit atas akan memenuhi parit-parit itu. Mukjizatnya ...

17. Tidak akan mendapat ... hujan, namun lembah ini akan penuh dengan air. Air hujan dari bukit-bukit atas akan memenuhi parit-parit itu. Mukjizatnya terletak pada pengaturan waktunya.

Wycliffe: 2Raj 3:18 - Orang Moab akan diserahkan-Nya 18. Orang Moab akan diserahkan-Nya. Penegasan bahwa hal ini dilakukan oleh Yehova.

18. Orang Moab akan diserahkan-Nya. Penegasan bahwa hal ini dilakukan oleh Yehova.

Wycliffe: 2Raj 3:19 - Memusnahkan segala kota yang berkubu 19. Memusnahkan segala kota yang berkubu. Pemusnahan itu akan bersifat menyeluruh.

19. Memusnahkan segala kota yang berkubu. Pemusnahan itu akan bersifat menyeluruh.

Wycliffe: 2Raj 3:20 - Ketika orang mempersembahkan kurban // Dari arah Edom 20. Ketika orang mempersembahkan kurban. Air yang datang pada saat kurban sedang dipersembahkan di Bait Allah itu merupakan ungkapan kasih Allah, dan ...

20. Ketika orang mempersembahkan kurban. Air yang datang pada saat kurban sedang dipersembahkan di Bait Allah itu merupakan ungkapan kasih Allah, dan karena itu menggambarkan lebih dulu akhir dari ekspedisi itu. Dari arah Edom. Lihat ayat 17.

Wycliffe: 2Raj 3:21 - Seluruh orang Moab ... ditempatkan di tepi perbatasan 21. Seluruh orang Moab ... ditempatkan di tepi perbatasan. Moab menyiagakan pasukan untuk menghadapi serangan itu.

21. Seluruh orang Moab ... ditempatkan di tepi perbatasan. Moab menyiagakan pasukan untuk menghadapi serangan itu.

Wycliffe: 2Raj 3:22-23 - Pagi-pagi // Merah seperti darah 22, 23. Pagi-pagi. Pada saat yang sama dengan air yang datang dari Edom itu. Merah seperti darah. Disebabkan oleh kandungan lumpur dan sinar matahari ...

22, 23. Pagi-pagi. Pada saat yang sama dengan air yang datang dari Edom itu. Merah seperti darah. Disebabkan oleh kandungan lumpur dan sinar matahari pagi. Pasukan Moab yang siap untuk menjarah beranggapan bahwa lawan telah saling membunuh.

Wycliffe: 2Raj 3:24 - Tetapi ketika mereka sampai ke perkemahan orang Israel, maka bangkitlah orang Israel itu // Makin jauhlah mereka menerobos ke dalam Moab // Mereka meruntuhkan kota-kota // Kir-Haruset 24. Tetapi ketika mereka sampai ke perkemahan orang Israel, maka bangkitlah orang Israel itu. Orang-orang Israel mengejutkan para penyerang tersebut d...

24. Tetapi ketika mereka sampai ke perkemahan orang Israel, maka bangkitlah orang Israel itu. Orang-orang Israel mengejutkan para penyerang tersebut di perkemahan yang kelihatan kosong itu. Makin jauhlah mereka menerobos ke dalam Moab. Nubuat tentang kemenangan mereka mulai digenapi. 25. Mereka meruntuhkan kota-kota. Penghancuran yang mereka lakukan menunjukkan strategi perang pada saat itu yang kini dinamakan strategi "bumi hangus." Kir-Haruset. Satu-satunya kota yang tidak dirampas, kini namanya el-Kerak. Terletak di atas sebuah bukit di Ujung sebuah jalan terusan yang sempit, kota itu menahan serangan para pengumban dari bukit-bukit di sekelilingnya.

Wycliffe: 2Raj 3:26 - Ke jurusan raja Edom 26. Dengan gagah berani Mesa memimpin sendiri sebuah serangan mendadak dengan pasukan yang terdiri atas tujuh ratus orang bersenjata pedang; namun usa...

26. Dengan gagah berani Mesa memimpin sendiri sebuah serangan mendadak dengan pasukan yang terdiri atas tujuh ratus orang bersenjata pedang; namun usaha ini gagal. Ke jurusan raja Edom. Mesa tampaknya menganggap sang raja sebagai mata rantai yang lemah atau setidak-tidaknya tidak segigih yang lain.

Wycliffe: 2Raj 3:27 - Mengambil anaknya yang sulung // Di atas pagar tembok // Kegusaran besar menimpa orang Israel // Mereka berangkat ... pulang 27. Mengambil anaknya yang sulung. Raja Moab secara mati-matian berusaha untuk mendesak dewa mereka agar bertindak. Bagi orang kafir, permusuhan merup...

27. Mengambil anaknya yang sulung. Raja Moab secara mati-matian berusaha untuk mendesak dewa mereka agar bertindak. Bagi orang kafir, permusuhan merupakan tanda bahwa dewa mereka sedang marah. Mengorbankan anak sulung bukan merupakan kurban yang terlalu besar untuk memadamkan amarah sang dewa. Di atas pagar tembok. Di `hadapan Israel dengan tujuan agar Israel takut pada Kamos, dewa orang Moab, sehingga dengan demikian mereka mundur. Kegusaran besar menimpa orang Israel. Kata depan bahasa Ibrani 'al di sini menunjukkan bahwa Yehuda dan Israel menjadi marah melihat tindakan keji itu (bdg. Im. 18:21; 20:3). Mereka berangkat ... pulang. Israel, Yehuda dan Moab mengakhiri pertempuran itu dan kembali ke negeri masing-masing dengan perasaan sangat terguncang. Penulis rupanya bertanya: Jika Israel demikian terguncang melihat kejadian ini, mengapa mereka tidak cukup terguncang untuk meninggalkan penyembahan berhala mereka? Di Israel dan Yehuda penyembahan berhala berlanjut terus.

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

SH: 2Raj 3:1-27 - Siapa yang Anda andalkan? (Rabu, 4 Mei 2005) Siapa yang Anda andalkan? Siapa atau apa pusat hidup seseorang akan nyata melalui tindakan-tindakan yang ia ambil. Kalau Tuhan yang menjadi pusat...

SH: 2Raj 3:1-27 - Kehidupan rohani akar kehidupan manusia. (Rabu, 17 Mei 2000) Kehidupan rohani akar kehidupan manusia. Kehidupan rohani seseorang merupakan akar dan titik awal bagi tercapainya kehidupan manusia yang seut...

Topik Teologia: 2Raj 3:7 - -- Kehidupan Kristen: Tanggung Jawab kepada Allah Mengetahui Allah dan Mengingat-Nya Mengenal Allah Kualitas dari Pengenalan terhadap...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

Wycliffe: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) PENDAHULUAN 2 RAJA-RAJA LIHAT PENDAHULUAN I_Raja-raja

Wycliffe: 2 Raja-raja (Garis Besar) GARIS BESAR 2 RAJA-RAJA LIHAT GARIS BESAR I RAJA-RAJA

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #14: Gunakan Boks Temuan untuk melakukan penyelidikan lebih jauh terhadap kata dan ayat yang Anda cari. [SEMUA]
dibuat dalam 0.26 detik
dipersembahkan oleh YLSA