kecilkan semua  

Teks -- 2 Raja-raja 2:1-25 (TB)

Tampilkan Strong
Konteks
Elia naik ke sorga
2:1 Menjelang saatnya TUHAN hendak menaikkan Elia ke sorga dalam angin badai, Elia dan Elisa sedang berjalan dari Gilgal. 2:2 Berkatalah Elia kepada Elisa: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Betel." Tetapi Elisa menjawab: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu pergilah mereka ke Betel. 2:3 Pada waktu itu keluarlah rombongan nabi yang ada di Betel mendapatkan Elisa, lalu berkatalah mereka kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!" 2:4 Berkatalah Elia kepadanya: "Hai Elisa, baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke Yerikho." Tetapi jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu sampailah mereka di Yerikho. 2:5 Pada waktu itu mendekatlah rombongan nabi yang ada di Yerikho kepada Elisa serta berkata kepadanya: "Sudahkah engkau tahu, bahwa pada hari ini tuanmu akan diambil dari padamu oleh TUHAN terangkat ke sorga?" Jawabnya: "Aku juga tahu, diamlah!" 2:6 Berkatalah Elia kepadanya: "Baiklah tinggal di sini, sebab TUHAN menyuruh aku ke sungai Yordan." Jawabnya: "Demi TUHAN yang hidup dan demi hidupmu sendiri, sesungguhnya aku tidak akan meninggalkan engkau." Lalu berjalanlah keduanya. 2:7 Lima puluh orang dari rombongan nabi itu ikut berjalan, tetapi mereka berdiri memandang dari jauh, ketika keduanya berdiri di tepi sungai Yordan. 2:8 Lalu Elia mengambil jubahnya, digulungnya, dipukulkannya ke atas air itu, maka terbagilah air itu ke sebelah sini dan ke sebelah sana, sehingga menyeberanglah keduanya dengan berjalan di tanah yang kering. 2:9 Dan sesudah mereka sampai di seberang, berkatalah Elia kepada Elisa: "Mintalah apa yang hendak kulakukan kepadamu, sebelum aku terangkat dari padamu." Jawab Elisa: "Biarlah kiranya aku mendapat dua bagian dari rohmu." 2:10 Berkatalah Elia: "Yang kauminta itu adalah sukar. Tetapi jika engkau dapat melihat aku terangkat dari padamu, akan terjadilah kepadamu seperti yang demikian, dan jika tidak, tidak akan terjadi." 2:11 Sedang mereka berjalan terus sambil berkata-kata, tiba-tiba datanglah kereta berapi dengan kuda berapi memisahkan keduanya, lalu naiklah Elia ke sorga dalam angin badai. 2:12 Ketika Elisa melihat itu, maka berteriaklah ia: "Bapaku, bapaku! Kereta Israel dan orang-orangnya yang berkuda!" Kemudian tidak dilihatnya lagi, lalu direnggutkannya pakaiannya dan dikoyakkannya menjadi dua koyakan. 2:13 Sesudah itu dipungutnya jubah Elia yang telah terjatuh, lalu ia berjalan hendak pulang dan berdiri di tepi sungai Yordan. 2:14 Ia mengambil jubah Elia yang telah terjatuh itu, dipukulkannya ke atas air itu sambil berseru: "Di manakah TUHAN, Allah Elia?" Ia memukul air itu, lalu terbagi ke sebelah sini dan ke sebelah sana, maka menyeberanglah Elisa. 2:15 Ketika rombongan nabi yang dari Yerikho itu melihat dia dari jauh, mereka berkata: "Roh Elia telah hinggap pada Elisa." Mereka datang menemui dia, lalu sujudlah mereka kepadanya sampai ke tanah. 2:16 Mereka berkata: "Coba lihat! Di antara hamba-hambamu ini ada lima puluh orang laki-laki, orang-orang tangkas. Biarlah mereka itu pergi mencari tuanmu, jangan-jangan ia diangkat oleh Roh TUHAN dan dilemparkan-Nya ke atas salah satu gunung atau ke dalam salah satu lembah." Elisa menjawab: "Janganlah suruh pergi!" 2:17 Tetapi ketika mereka mendesak-desak dia sampai memalukan, maka berkatalah ia: "Suruhlah pergi!" Mereka menyuruh lima puluh orang. Orang-orang ini mencari tiga hari lamanya, tetapi tidak bertemu dengan Elia. 2:18 Ketika mereka kembali kepada Elisa yang masih tinggal di kota Yerikho, berkatalah ia kepada mereka: "Bukankah telah kukatakan kepadamu: Jangan pergi?"
Elisa menyehatkan air di Yerikho
2:19 Berkatalah penduduk kota itu kepada Elisa: "Cobalah lihat! Letaknya kota ini baik, seperti tuanku lihat, tetapi airnya tidak baik dan di negeri ini sering ada keguguran bayi." 2:20 Jawabnya: "Ambillah sebuah pinggan baru bagiku dan taruhlah garam ke dalamnya." Maka mereka membawa pinggan itu kepadanya. 2:21 Kemudian pergilah ia ke mata air mereka dan melemparkan garam itu ke dalamnya serta berkata: "Beginilah firman TUHAN: Telah Kusehatkan air ini, maka tidak akan terjadi lagi olehnya kematian atau keguguran bayi." 2:22 Demikianlah air itu menjadi sehat sampai hari ini sesuai dengan firman yang telah disampaikan Elisa.
Anak-anak Betel mencemoohkan Elisa
2:23 Elisa pergi dari sana ke Betel. Dan sedang ia mendaki, maka keluarlah anak-anak dari kota itu, lalu mencemoohkan dia serta berseru kepadanya: "Naiklah botak, naiklah botak!" 2:24 Lalu berpalinglah ia ke belakang, dan ketika ia melihat mereka, dikutuknyalah mereka demi nama TUHAN. Maka keluarlah dua ekor beruang dari hutan, lalu mencabik-cabik dari mereka empat puluh dua orang anak. 2:25 Dari sana pergilah ia ke gunung Karmel dan dari sana pula kembalilah ia ke Samaria.
Paralel   Ref. Silang (TSK)   Ref. Silang (FULL)   ITL  

Nama Orang, Nama Tempat, Topik/Tema Kamus

Nama Orang dan Nama Tempat:
 · anak Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · Anak perempuan Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · bangsa Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Betel a town of Benjamin bordering Ephraim 18 km north of Jerusalem
 · Elia a prophet from the 9th century B.C.,a prophet from Tishbe in Gilead to Israel in King Ahab's time,son of Jeroham of Benjamin,a priest of the Harim clan who put away his heathen wife,a layman of the Bani Elam clan who put away his heathen wife
 · Elisa son of Javan son of Japheth son of Noah,a nation of trading people somewhere around the Great Sea (ZD)
 · Galilea a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Gilgal a place where Israel encamped between Jericho and the Jordan,a town between Dor and Tirza in the territory of Ephraim (YC),a town just north of Joppa, originally a military base (YC),a place 12 miles south of Shechem now called Jiljiliah (YC)
 · Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · kaum Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · orang-orang Samaria inhabitant(s) of Samaria
 · perempuan Karmel a woman resident of the town of Carmel
 · Samaria residents of the district of Samaria
 · seorang Ismael a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · seorang Israel a citizen of Israel.,a member of the nation of Israel
 · suku Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · umat Israel the nation that descended from Jacob, whom God named Israel; the Jewish people,son of Isaac son of Abraham; founder of the nation of Israel,the nation of Israel under Moses, Joshua and the judges,the kingdom of Israel under King Saul,the northern tribes under Ish-Bosheth & Abner,the Kingdom of Israel as united under David and Solomon,the Northern Kingdom as divided from Judah, Simeon and Benjamin,the post exile Jewish community; the re-established Israel,the post exile lay community; Israelites other than Levites,Israel in general as in the Psalms and the prophets,the phrase "All Israel",the phrase "Assembly of (United) Israel",the phrase "Border(s) of Israel",the phrase "Children of Israel",the phrase "Congregation of Israel",the phrase "Descendants" or "Offspring of Israel",the phrase "Elders of Israel",the phrase "God of Israel",the phrase "Hill country of Israel",the phrase "Holy One of Israel",the phrase "House of Israel",the phrases "Judge(d) Israel; judge(s) of Israel",the phrase "King of Israel",the phrase "King over Israel",the phrase "Kings of Israel",the phrase "Land of Israel",the phrase "Leaders in/of Israel; take the lead in Israel",the phrase "Man of Israel",the phrase "Men of Israel",the phrase "Mountains of Israel",the phrase "O house of Israel",the phrase "O Israel",the phrase "His people Israel",the phrase "My people Israel",the phrase "Thy people Israel",the phrase "People of Israel",the phrase "Prince(s) in/of/over Israel",the phrase "Reign over Israel",the phrase "Shepherd(s) of Israel",the phrase "Sons of Israel",the phrase "Territory of Israel",the phrase "Throne in/over/of Israel",the phrase "Tribes of Israel",the phrase "Virgin of Israel"
 · Yakub the second so of a pair of twins born to Isaac and Rebeccaa; ancestor of the 12 tribes of Israel,the nation of Israel,a person, male,son of Isaac; Israel the man and nation
 · Yerikho a town five miles west of the Jordan and 15 miles northeast of Jerusalem,a town of Benjamin 11 km NW of the mouth of the Jordan River
 · Yordan the river that flows from Lake Galilee to the Dead Sea,a river that begins at Mt. Hermon, flows south through Lake Galilee and on to its end at the Dead Sea 175 km away (by air)


Topik/Tema Kamus: Elisa | Elia | Raja-raja, Kitab-kitab | Mukjizat Melalui Perantaraan | Magi /Sihir | Perbuatan Ajaib | Karmel | Beruang | Nabi | Angin Puting Beliung Dan Taufan | Anak Yang Jahat | Kusta | Kota | Mati, Kematian | Samaria Kuno | Sungai Yordan | Sorga | Garam | Air | Hutan | selebihnya
Daftar Isi

Catatan Kata/Frasa
Full Life , BIS , Jerusalem , Ende , Endetn , Ref. Silang FULL

Catatan Rentang Ayat
Matthew Henry , SH , Topik Teologia

kecilkan semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Kata/Frasa (per frasa)

Full Life: 2Raj 2:3 - ROMBONGAN NABI. Nas : 2Raj 2:3 Rombongan nabi (lihat cat. --> 1Raj 20:35) [atau ref. 1Raj 20:35] tampaknya berpusat di tiga tempat -- Gilg...

Nas : 2Raj 2:3

Rombongan nabi

(lihat cat. --> 1Raj 20:35)

[atau ref. 1Raj 20:35]

tampaknya berpusat di tiga tempat -- Gilgal, Betel, dan Yerikho (lih. 2Raj 2:3,5,15; 4:38). Allah rupanya mengutus Elia ke pusat-pusat itu supaya memberikan mereka dorongan untuk terakhir kalinya sambil memberi tahu bahwa Elisa akan menjadi pemimpin mereka yang baru (bd. ayat 2Raj 2:1,15).

Full Life: 2Raj 2:9 - DUA BAGIAN DARI ROHMU. Nas : 2Raj 2:9 Istilah "dua bagian" belum tentu berarti dua kali kuasa rohani Elia; sebaliknya istilah itu menunjuk kepada hubungan ayah-anak, di m...

Nas : 2Raj 2:9

Istilah "dua bagian" belum tentu berarti dua kali kuasa rohani Elia; sebaliknya istilah itu menunjuk kepada hubungan ayah-anak, di mana putra yang sulung menerima dua kali warisan putra-putri lainnya (Ul 21:17). Elisa memohon kepada ayah rohaninya untuk memberikan kadar roh nabi yang lebih besar kepadanya supaya ia dapat melanjutkan pelayanan Elia. Allah mengabulkan permohonan Elisa karena mengetahui bahwa nabi muda itu bersedia untuk tetap setia kepada-Nya di tengah-tengah kemurtadan rohani, moral, dan doktrin di sekitarnya.

Full Life: 2Raj 2:11-12 - KERETA BERAPI DENGAN KUDA BERAPI. Nas : 2Raj 2:11-12 Elia terangkat ke sorga, sebagaimana halnya Henokh (Kej 5:24) tanpa mengalami kematian. 1) Pengangkatan ajaib Elia ke sorga...

Nas : 2Raj 2:11-12

Elia terangkat ke sorga, sebagaimana halnya Henokh (Kej 5:24) tanpa mengalami kematian.

  1. 1) Pengangkatan ajaib Elia ke sorga menjadi meterai persetujuan tegas Allah atas karya, roh, dan pelayanan nabi itu. Elia sepenuhnya menyatukan diri dengan firman Allah sepanjang masa pelayanannya. Hingga saat terkhir dia tetap hidup demi kehormatan Allah, menentang dosa dan penyembahan berhala umat yang murtad, sambil memberikan semangat kepada kaum sisa yang setia di Israel. Secara dramatis dan dengan penuh kemenangan ia diantar ke sorga.
  2. 2) Pengangkatan Elia dan Henokh mirip dengan pengangkatan umat Allah yang setia pada kedatangan kembali Kristus (1Tes 4:16-17).

Full Life: 2Raj 2:23 - MENCEMOOHKAN DIA. Nas : 2Raj 2:23 Ada yang beranggapan bahwa anak-anak yang mencemoohkan Elisa merupakan gerombolan yang terorganisasi untuk menentang pelayanannya. ...

Nas : 2Raj 2:23

Ada yang beranggapan bahwa anak-anak yang mencemoohkan Elisa merupakan gerombolan yang terorganisasi untuk menentang pelayanannya. Sekalipun kata Ibrani _na'ar_ dipakai sebagai kata umum untuk "anak laki-laki" dan sering kali juga mengacu kepada pemuda jika dipakai sendiri (bd. Kej 22:5; 41:12), istilah yang dipakai di sini adalah na'arim qatanim (anak laki-laki yang masih kecil). Para pemuda pastilah sedang sibuk di ladang. Tetapi sebagaimana masih terjadi hingga kini, orang asing yang memasuki sebuah desa menarik perhatian sekelompok anak-anak kecil. Mereka mungkin mendengar orang-tua mereka mencemoohkan berita bahwa Elia terangkat ke sorga. Mungkin mereka mengatakan, "Jikalau Elisa yang mengatakan hal itu, biarlah dia menunjuk bagaimana hal itu terjadi. Biarkanlah dia naik, si botak tua itu." Pencemoohan terhadap nabi itu menunjukkan sikap menghina Tuhan sendiri (bd. Yeh 16:8; Kis 5:4).

Full Life: 2Raj 2:24 - DIKUTUKNYALAH MEREKA DEMI NAMA TUHAN. Nas : 2Raj 2:24 Untuk membalas penghinaan terhadap kehormatan Tuhan, Elisa menjatuhkan hukuman ilahi atas mereka sebagaimana terungkap dalam hukum ...

Nas : 2Raj 2:24

Untuk membalas penghinaan terhadap kehormatan Tuhan, Elisa menjatuhkan hukuman ilahi atas mereka sebagaimana terungkap dalam hukum berkat dan kutuk dalam perjanjian (Im 26:21-22; Ul 30:19). Allah sendiri menghukum anak-anak yang rusak akhlaknya itu dengan mengirim dua ekor beruang (bd. Gal 6:7). Hukuman di Betel merupakan peringatan kepada Israel bahwa kutuk-kutuk dalam perjanjian Allah menanti mereka jikalau terus memberontak terhadap Allah (bd. Ul 30:15-20). Perhatikan bahwa beruang itu mencederai anak-anak itu, tetapi rupanya tidak membunuh mereka.

BIS: 2Raj 2:9 - Wariskanlah kuasa ... pengganti Wariskanlah kuasa ... pengganti: Dalam naskah Ibrani: Dua bagian roh. Elisa minta warisan yang biasanya diberikan secara hukum kepada putra sulung (li...

Wariskanlah kuasa ... pengganti: Dalam naskah Ibrani: Dua bagian roh. Elisa minta warisan yang biasanya diberikan secara hukum kepada putra sulung (lihat Ula 21:17).

Jerusalem: 2Raj 2:1-18 - -- Ditinjau dari segi kesusahan ceritera yang bagus ini termasuk ke dalam kumpulan ceritera-ceritera mengenai nabi Elisa.

Ditinjau dari segi kesusahan ceritera yang bagus ini termasuk ke dalam kumpulan ceritera-ceritera mengenai nabi Elisa.

Jerusalem: 2Raj 2:1 - Gilgal Kota Gilgal ini terletak di sebelah utara Betel dan berbeda dengan Gilgal yang disebutkan dalam Yos 4:19.

Kota Gilgal ini terletak di sebelah utara Betel dan berbeda dengan Gilgal yang disebutkan dalam Yos 4:19.

Jerusalem: 2Raj 2:3 - rombongan nabi Harafiah: anak-anak nabi. Artinya: anggota kelompok-kelompok nabi-nabi. Nabi-nabi itu berkelompok-kelompok hidup bersama-sama dan membentuk semacam ta...

Harafiah: anak-anak nabi. Artinya: anggota kelompok-kelompok nabi-nabi. Nabi-nabi itu berkelompok-kelompok hidup bersama-sama dan membentuk semacam tarekat. Nabi Elisa secara erat berhubungan dengan tarekat itu, padahal nabi Elia hidup seorang diri saja.

Jerusalem: 2Raj 2:9 - dua bagian dari rohmu Seorang anak sulung mendapat dua bagian dari warisan ayah, Ula 21:17. Maka Elisa meminta supaya menjadi waris utara karunia kenabian Elia. Permohonan ...

Seorang anak sulung mendapat dua bagian dari warisan ayah, Ula 21:17. Maka Elisa meminta supaya menjadi waris utara karunia kenabian Elia. Permohonan itu sukar dikabulkan, sebab roh kenabian tidak diwariskan. Ia datang dari Allah. Maka Allahlah yang kiranya akan memberi tanda apakah permohonan itu dikabulkan, yaitu jika Elisa nanti melihat apa yang tidak dapat dilihat mata manusia, bdk 2Ra 2:12 dan 2Ra 6:17. "Rombongan yang menyertai peristiwa rahasia.

Jerusalem: 2Raj 2:14 - Allah Elia Sesudah kata-kata ini naskah Ibrani menambah: Ia juga. Tetapi kata-kata ini adalah sebuah sisipan yang menerangkan bagian ayat yang berikut: Sama sepe...

Sesudah kata-kata ini naskah Ibrani menambah: Ia juga. Tetapi kata-kata ini adalah sebuah sisipan yang menerangkan bagian ayat yang berikut: Sama seperti Elia, 2Ra 2:8, demikian Elisa memukul air dengan jubah (kampuh) Elia.

Jerusalem: 2Raj 2:15 - yang dari Yerikho Kata-kata ini adalah sebuah sisipan.

Kata-kata ini adalah sebuah sisipan.

Jerusalem: 2Raj 2:16 - diangkat oleh Roh TUHAN Bdk 1Ra 18:12*.

Bdk 1Ra 18:12*.

Jerusalem: 2Raj 2:18 - "Jangan pergi?" Kenyataan bahwa mereka dengan percuma mencari nabi Elia hanya membuktikan bahwa beliau tidak ada lagi di bumi. Nabinya adalah sebuah rahasia dan Elisa...

Kenyataan bahwa mereka dengan percuma mencari nabi Elia hanya membuktikan bahwa beliau tidak ada lagi di bumi. Nabinya adalah sebuah rahasia dan Elisa tidak mau membukanya. Ayat-ayat ini tidak berkata bahwa Elia tidak mati. Tetapi mudah saja orang dapat mengambil kesimpulan itu. Mengenai nabi Elia yang nanti akan datang kembali bdk Mal 4:5*.

Jerusalem: 2Raj 2:19-25 - -- Nada ceritera ini sama dengan nada ceritera-ceritera yang termaktub dalam bab 4. Nabi Elisa mempunyai sebuah daya ajaib, baik untuk menyelamatkan maup...

Nada ceritera ini sama dengan nada ceritera-ceritera yang termaktub dalam bab 4. Nabi Elisa mempunyai sebuah daya ajaib, baik untuk menyelamatkan maupun untuk membinasakan. Ia berbuat baik kepada mereka yang mengakuinya sebagai utusan Allah, tetapi orang tidak dapat memperolok abdi Tuhan itu. Kalau demikian orang kena hukuman yang setimpal.

Ende: 2Raj 2:1--13:24 - -- Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan ...

Bagian ini memuat beberapa tjeritera mengenai nabi Elisja', jang berasal dari kalangan tjanterik2 nabi2, dan semula bersendiri, kemudian dihimpun dan dimasukkan kedalam kitab Radja2 oleh si Pengarang.

Tjorak tjeritera2 ini populer. Meskipun kisah Elisja' agak serupa dengan kisah Elija, malah peristiwa2 seringkali sedjadjar, namun tokoh ini sangat berbeda dengan Elija. Ia lebih adjaib dan sangat tjampur tangan dalam urusan negara dan ia sangat "patriotik". Tetapi Elisja'djauh dibelakang Elija sebagai tokoh agama. Elisja' mengepalai sematjam tarekat "nabi" atau "tjanterik nabi". Nabi2 itu ialah orang jang membaktikan dirinja sama sekali kepada agamanja, ibadat dan kebaktian Jahwe, hidup ber-kelompok2 dan rupa2nja menjendiri. Sebenarnja mereka kadang2 bertindak sebagai pesuruh Allah, tetapi bukanlah oleh sebab mereka "tjanterik2 nabi". Anugerah itu selalu suatu pilihan pribadi, jang tak dapat disampaikan kepada seorang selain oleh Jahwe sendiri.

Ende: 2Raj 2:9 - dua bagian roh jakni dari adjaib, jang ada pada Elija. Elisja' ingin bahwa daja itu djangan lenjap dari bumi bersama dengan Elisja, melainkan tinggal dan ia minta su...

jakni dari adjaib, jang ada pada Elija. Elisja' ingin bahwa daja itu djangan lenjap dari bumi bersama dengan Elisja, melainkan tinggal dan ia minta supaja ia boleh menerima dua kali lebih dari orang lain, sebagai pengganti Elija jang utama, serupa dengan anak sulung, jang menerima dua bagian dari warisan ajahnja.

Ende: 2Raj 2:10 - -- Djadi, bahwa Elija itu diangkat tidak nampak oleh sembarang orang. Peristiwa itu merupakan suatu rahasia jang dibukakan Allah sadja kepada siapa dipil...

Djadi, bahwa Elija itu diangkat tidak nampak oleh sembarang orang.

Peristiwa itu merupakan suatu rahasia jang dibukakan Allah sadja kepada siapa dipilihNja. Pelukis jang berikut mengenai nabi Elija (penglihatan Elisja'?) mau menjatakan sadja betapa Elija disajangi oleh Jahwe dan betapa tinggi martabatnja. Tidak ada gunanja untuk bertanja apa jang persis terdjadi dengan Elija. Tetapi disini letaknja sesuatu pangkalan untuk kejakinan, bahwa orang jang hilang dari bumi ini (mati), toh tidak terpisah dari Allah, seperti nasib orang mati dalam pratala sering dibajangkan, melainkan bagaimana djua berada pada Allah. Orang2 Israil dahulu tidak membedakan antara djiwa dan raga, hingga mereka sukar dapat memikirkan keadaan orang mati. Tetapi disini nampak bahwa orang toh melihat sesuatu kemungkinan, bahwa orang dan sungguh2 hidup. Dari pelukisan ini mengenai nasib Elija (meskipun tidak dikatakan, bahwa ia tidak mati) muntjullah kejakinan bahwa ia tidak mati dan pada achir djaman akan kembali (Mal 4:4-5; Sir 48:10; Mar 6:15; 8:28; 9:11).

Ende: 2Raj 2:12 - -- Utjapan ini menitikberatkan kepentingan Elisja untuk Israil: ia melindunginja sebagai tentara.

Utjapan ini menitikberatkan kepentingan Elisja untuk Israil: ia melindunginja sebagai tentara.

Ende: 2Raj 2:21 - -- Jahwelah jang menjerahkan air itu, bukan garam itu. Karena itu tindakan Elisja' tidak ada berhubungan dengan tachjul atau sihir.

Jahwelah jang menjerahkan air itu, bukan garam itu. Karena itu tindakan Elisja' tidak ada berhubungan dengan tachjul atau sihir.

Endetn: 2Raj 2:14 - -- Ditinggalkan "jang terdjatuh dari padanja" (diambil dari aj. 2Ra 13).

Ditinggalkan "jang terdjatuh dari padanja" (diambil dari aj. 2Ra 13).

Endetn: 2Raj 2:14 - -- Ditinggalkan "dan iapun", jang tidak berarti disini.

Ditinggalkan "dan iapun", jang tidak berarti disini.

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:1 - hendak menaikkan // angin badai // dan Elisa // dari Gilgal · hendak menaikkan: Kej 5:24; Kej 5:24 · angin badai: 2Raj 2:11; 1Raj 19:11; Yes 5:28; 66:15; Yer 4:13; Nah 1:3 · dan Elisa: 1Raj...

· hendak menaikkan: Kej 5:24; [Lihat FULL. Kej 5:24]

· angin badai: 2Raj 2:11; 1Raj 19:11; Yes 5:28; 66:15; Yer 4:13; Nah 1:3

· dan Elisa: 1Raj 19:16,21; [Lihat FULL. 1Raj 19:16]; [Lihat FULL. 1Raj 19:21]

· dari Gilgal: Ul 11:30; [Lihat FULL. Ul 11:30]; 2Raj 4:38

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:2 - di sini // meninggalkan engkau · di sini: 2Raj 2:6 · meninggalkan engkau: Rut 1:16

· di sini: 2Raj 2:6

· meninggalkan engkau: Rut 1:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:3 - keluarlah rombongan · keluarlah rombongan: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5

· keluarlah rombongan: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:4 - ke Yerikho · ke Yerikho: Yos 3:16

· ke Yerikho: Yos 3:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:5 - mendekatlah rombongan · mendekatlah rombongan: 2Raj 2:3

· mendekatlah rombongan: 2Raj 2:3

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:6 - di sini // sungai Yordan // meninggalkan engkau · di sini: 2Raj 2:2 · sungai Yordan: Yos 3:15 · meninggalkan engkau: Rut 1:16

· di sini: 2Raj 2:2

· sungai Yordan: Yos 3:15

· meninggalkan engkau: Rut 1:16

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:8 - mengambil jubahnya // digulungnya, dipukulkannya // maka terbagilah // yang kering · mengambil jubahnya: 1Raj 19:19; 1Raj 19:19 · digulungnya, dipukulkannya: 2Raj 2:14 · maka terbagilah: Kel 14:21; Kel 14:21 &mid...

· mengambil jubahnya: 1Raj 19:19; [Lihat FULL. 1Raj 19:19]

· digulungnya, dipukulkannya: 2Raj 2:14

· maka terbagilah: Kel 14:21; [Lihat FULL. Kel 14:21]

· yang kering: Kel 14:22,29

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:9 - mendapat dua // dari rohmu · mendapat dua: Ul 21:17; Ul 21:17 · dari rohmu: Bil 11:17; Bil 11:17

· mendapat dua: Ul 21:17; [Lihat FULL. Ul 21:17]

· dari rohmu: Bil 11:17; [Lihat FULL. Bil 11:17]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:11 - kereta berapi // ke sorga // angin badai · kereta berapi: 2Raj 6:17; Mazm 68:18; 104:3,4; Yes 66:15; Hab 3:8; Za 6:1 · ke sorga: Kej 5:24; Kej 5:24 · angin badai: 2Raj 2:...

· kereta berapi: 2Raj 6:17; Mazm 68:18; 104:3,4; Yes 66:15; Hab 3:8; Za 6:1

· ke sorga: Kej 5:24; [Lihat FULL. Kej 5:24]

· angin badai: 2Raj 2:1; [Lihat FULL. 2Raj 2:1]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:12 - Kereta // dan dikoyakkannya · Kereta: 2Raj 6:17; 13:14 · dan dikoyakkannya: Kej 37:29; Kej 37:29

· Kereta: 2Raj 6:17; 13:14

· dan dikoyakkannya: Kej 37:29; [Lihat FULL. Kej 37:29]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:14 - mengambil jubah // itu, dipukulkannya · mengambil jubah: 1Raj 19:19; 1Raj 19:19 · itu, dipukulkannya: 2Raj 2:8

· mengambil jubah: 1Raj 19:19; [Lihat FULL. 1Raj 19:19]

· itu, dipukulkannya: 2Raj 2:8

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:15 - Ketika rombongan // Roh · Ketika rombongan: 1Sam 10:5; 1Sam 10:5 · Roh: Bil 11:17; Bil 11:17

· Ketika rombongan: 1Sam 10:5; [Lihat FULL. 1Sam 10:5]

· Roh: Bil 11:17; [Lihat FULL. Bil 11:17]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:16 - ia diangkat // oleh Roh · ia diangkat: Kis 8:39 · oleh Roh: 1Raj 18:12; 1Raj 18:12

· ia diangkat: Kis 8:39

· oleh Roh: 1Raj 18:12; [Lihat FULL. 1Raj 18:12]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:17 - sampai memalukan · sampai memalukan: Hak 3:25; Hak 3:25

· sampai memalukan: Hak 3:25; [Lihat FULL. Hak 3:25]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:21 - dan melemparkan · dan melemparkan: Kel 15:25; Kel 15:25; 2Raj 4:41; 6:6

· dan melemparkan: Kel 15:25; [Lihat FULL. Kel 15:25]; 2Raj 4:41; 6:6

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:22 - menjadi sehat · menjadi sehat: Kel 15:25

· menjadi sehat: Kel 15:25

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:23 - lalu mencemoohkan · lalu mencemoohkan: Kel 22:28; Kel 22:28; 2Taw 30:10; 36:16; Ayub 19:18; Mazm 31:19

· lalu mencemoohkan: Kel 22:28; [Lihat FULL. Kel 22:28]; 2Taw 30:10; 36:16; Ayub 19:18; Mazm 31:19

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:24 - mereka, dikutuknyalah // demi nama · mereka, dikutuknyalah: Kej 4:11; Kej 4:11 · demi nama: Ul 18:19; Ul 18:19

· mereka, dikutuknyalah: Kej 4:11; [Lihat FULL. Kej 4:11]

· demi nama: Ul 18:19; [Lihat FULL. Ul 18:19]

Ref. Silang FULL: 2Raj 2:25 - gunung Karmel · gunung Karmel: 1Raj 18:20; 1Raj 18:20

· gunung Karmel: 1Raj 18:20; [Lihat FULL. 1Raj 18:20]

buka semua
Tafsiran/Catatan -- Catatan Rentang Ayat

Matthew Henry: 2Raj 2:1-8 - Pengangkatan Elia Pada pasal ini, kita membaca tentang, I. Peristiwa luar biasa itu, yakni pengangkatan Elia. Pada bagian penutup pasal sebelumnya, kit...

Matthew Henry: 2Raj 2:9-12 - Pengangkatan Elia Pengangkatan Elia (2:9-12) Pada ayat-ayat di atas, I. Elia menyampaikan wasiatnya, dan meninggalkan Elisa sebagai penerusnya. Ia mengurapi E...

Matthew Henry: 2Raj 2:13-18 - Jubah Elia pada Elisa Jubah Elia pada Elisa (2:13-18) Pada bagian ini, kita membaca catatan mengenai apa yang terjadi segera setelah pengangkatan Elia. I. Bukti-b...

Matthew Henry: 2Raj 2:19-25 - Air di Yerikho Disehatkan; Kematian Anak-anak Pencemooh Air di Yerikho Disehatkan; Kematian Anak-anak Pencemooh (2:19-25) Elisa, pada kesempatan ini, telah memiliki dua bagian dari roh Elia, sehingga ia ...

SH: 2Raj 2:1-18 - Suksesi yang berhasil (Senin, 15 Mei 2000) Suksesi yang berhasil Masalah suksesi kepemimpinan baik di dalaminstitusi sekuler maupun rohani merupakan peristiwa yang sangat penting. Karena ...

SH: 2Raj 2:1-14 - Suksesi kepemimpinan dalam pelayanan (Senin, 2 Mei 2005) Suksesi kepemimpinan dalam pelayanan Pelayanan adalah hal yang serius dan mulia. Tidak sembarang orang boleh melayani Tuhan. Hanya Tuhan yang be...

SH: 2Raj 2:1-18 - Baca Gali Alkitab 6 (Jumat, 14 Agustus 2015) Baca Gali Alkitab 6 Proses transisi dari pemimpin lama kepada pemimpin berikutnya tidaklah selalu mudah. Perikop ini mengisahkan transisi dari Elia k...

SH: 2Raj 2:1-18 - Kuasa Allah dan Pelayanan (Jumat, 14 Agustus 2015) Kuasa Allah dan Pelayanan Elia dikenal sebagai salah satu nabi besar dalam Perjanjian Lama. Banyak mukjizat yang dilakukannya mencengangkan bangsa Ya...

SH: 2Raj 2:1-18 - Sang Setiawan (Sabtu, 14 Januari 2023) Sang Setiawan Setiawan berarti sangat setia. Orang disebut sangat setia bila memiliki keteguhan hati dan tidak mudah tergoyahkan. Selain berhati tegu...

SH: 2Raj 2:15-25 - Peneguhan hamba Tuhan (Selasa, 3 Mei 2005) Peneguhan hamba Tuhan Dalam setiap alih kepemimpinan biasanya muncul pertanyaan siapakah orang yang paling tepat menggantikan pemimpin yang ...

SH: 2Raj 2:19-25 - Pelayanan Allah dalam pelayanan Elisa (Selasa, 16 Mei 2000) Pelayanan Allah dalam pelayanan Elisa Seringkali di kalangan aktivis gereja muncul pertanyaan-pertanyaan sebagai berikut. Apa hakikat pelayanan ...

SH: 2Raj 2:19-25 - Kendala dalam Pelayanan (Sabtu, 15 Agustus 2015) Kendala dalam Pelayanan Sejak mendapat jubah Elia, Elisa secara sah menjadi pengganti nabi Elia. Hal pertama yang ingin dilakukan adalah pergi ke gun...

SH: 2Raj 2:19-25 - Membuktikan Diri? (Minggu, 15 Januari 2023) Membuktikan Diri? Menjadi seorang pengganti atau penerus tidaklah mudah, sebab dirinya akan selalu dibandingkan dengan orang yang terdahulu. Seakan o...

Topik Teologia: 2Raj 2:13 - -- Roh Kudus Roh Kudus dalam Perjanjian Lama Roh Aktif di dalam Sejarah Israel Kehadiran Roh di tengah Israel Roh Menghasil...

Topik Teologia: 2Raj 2:16 - -- Roh Kudus Roh Yahweh Hak 3:10 Hak 6:34 Hak 11:29 Hak 13:25 Hak 14:6 Hak 14:19 Hak 15:14 1Sa 10:6 1Sa 16:13-14 2Sa 23:2 ...

buka semua
Pendahuluan / Garis Besar

Full Life: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Penulis : Tidak dikenal Tema : Para Raja Israel dan Yehuda Tanggal Penulisan: Sekitar 560-550 SM Latar Belakang Karena 1 dan 2...

Full Life: 2 Raja-raja (Garis Besar) Garis Besar I. Kerajaan yang Pecah: Israel dan Yehuda (2Raj 1:1-17:41) A. Kelanjutan Pemerintahan Ahazia (Israel) ...

Matthew Henry: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Kitab kedua dari Raja-raja ini (yang dalam Septuaginta, terhitung dari Kitab Samuel, disebut dengan kitab keempat) merupakan kelanjutan dari Kitab ...

Ende: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) KITAB RADJA2 PENDAHULUAN Kedua Kitab Radja2 (dalam terdjemahan Junani: III dan IV Keradjaan2; dalam terdjemahan Latin III dan IV Radja2) sesungguhnja ...

BIS: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) II RAJA-RAJA PENGANTAR Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku

II RAJA-RAJA

PENGANTAR

Buku II Raja-raja ini melanjutkan sejarah dari kedua kerajaan Israel yang kisahnya terputus pada akhir buku I Raja-raja. Buku ini terdiri dari dua bagian:

  1. (1) Kisah sejarah dari kedua kerajaan itu mulai pertengahan abad kesembilan Sebelum Masehi sampai jatuhnya Samaria dan berakhirnya kerajaan utara pada tahun 721 Sebelum Masehi.
  2. (2) Kisah sejarah kerajaan Yehuda mulai dari jatuhnya kerajaan Israel sampai pengepungan dan penghancuran Yerusalem oleh Nebukadnezar raja Babel pada tahun 586 Sebelum Masehi. Buku ini diakhiri dengan kisah tentang Gedalya, yang menjadi gubernur Yehuda di bawah kekuasaan bangsa Babel, dan tentang dibebaskannya Yoyakhin raja Yehuda dari penjara di Babel.

Bencana-bencana nasional itu terjadi karena raja-raja serta rakyat Israel dan Yehuda tidak setia kepada TUHAN. Hancurnya Yerusalem dan dibuangnya banyak orang Yehuda ke Babel merupakan salah satu titik balik yang besar dalam sejarah Israel.

Nabi yang menonjol dalam buku II Raja-raja ini ialah Elisa, pengganti Nabi Elia.

Isi

  1.  Kerajaan yang pecah
    2Raj 1:1-17:41
    1. a. Nabi Elisa
      2Raj 1:1-8:15
    2. b. Kerajaan Yehuda dan Israel
      2Raj 8:16-17:4
    3. c. Jatuhnya Samaria
      2Raj 17:5-41
  2.  Kerajaan Yehuda
    2Raj 18:1-24:20
    1. a. Dari Hizkia sampai Yosia
      2Raj 18:1-21:26
    2. b. Pemerintahan Yosia
      2Raj 22:1-23:30
    3. c. Raja-raja Yehuda yang terakhir
      2Raj 23:31-24:20
  3.  Jatuhnya Yerusalem
    2Raj 25:1-30

Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) Pembaruan dan pemberontakan MENGENAI KITAB ITUII Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia,

Pembaruan dan pemberontakan

MENGENAI KITAB ITU
II Raja-raja melanjutkan kisah tentang kerajaan Israel dan Yehuda beberapa saat sebelum kematian Elia, dan diteruskan sampai Israel dihancurkan dan Yehuda dibuang ke Babel. Diceritakannya kembali kisah Elia dalam II Raja-raja mengingatkan kita bahwa kitab ini merupakan bagian kedua dari satu kitab Raja-raja yang utuh. Tidak ada alasan yang jelas mengenai pembagian kitab menjadi I dan II Raja-raja, tetapi oleh karena panjang kedua kitab hampir sama, kemungkinannya ialah hal itu dilakukan untuk mempermudah penulisan dalam dua gulungan. Beberapa kisah yang kita temukan dalam Raja-raja juga terdapat dalam Tawarikh, walaupun penulis Tawarikh menulis dari sudut yang agak berbeda dan hanya menulis tentang kerajaan selatan, yaitu Yehuda.

MENGAPA KITAB ITU DITULIS?
II Raja-raja meliputi kurun waktu kurang lebih 270 tahun, dua kali lebih panjang daripada periode yang meliputi I Raja-raja. Namun, sebagian besar kisah menceritakan kehidupan Elisa. Seperti juga dalam I Raja-raja, tokoh-tokoh yang memegang peranan penting dalam kerohanian bangsa, seperti Hizkia dan Yosia diceritakan dengan panjang lebar. Sedangkan yang lain, walaupun mereka memerintah dalam jangka waktu yang lama dan membawa kemakmuran, hanya diceritakan secara sepintas saja. Orang Yahudi mengakui bahwa semua kitab sejarah sungguh-sungguh mempunyai maksud rohani, dan mereka mengelompokkan kitab-kitab tersebut dalam "nabi-nabi terdahulu".

PARA NABI
Banyak dari nabi-nabi penulis (yang dikenal dalam Kitab Suci bangsa Ibrani sebagai "nabi-nabi yang belakangan") melayani dalam periode yang terangkum dalam II Raja-raja, dan kitab-kitab yang mereka tulis memberikan kepada kita banyak informasi mengenai seberapa jauh korupsi yang terjadi dalam kedua negeri itu. Namun demikian, hanya sedikit sekali yang kita pelajari mengenai karya Raja-raja dan pengaruh mereka. Diceritakan bahwa Hizkia pergi menemui Yesaya, tetapi Amos, Hosea, Mikha dan Yeremia tidak disebut-sebut sama sekali. Penulis kitab Raja-raja lebih menekankan mengenai bagaimana para raja dan rakyatnya menanggapi pesan-pesan Allah daripada menulis tentang bagaimana dan dari mana mereka menerima pesan itu.

RAJA-RAJA
Sukar untuk membuat suatu daftar tentang semua raja dan masa pemerintahan mereka, karena waktu kurang setahun selalu dihitung sebagai setahun. Yang sering terjadi ialah seorang putra menjabat sebagai pejabat sementara bersama-sama sang ayah, kemudian waktu pemerintahan itu dihitung sebagai masa pemerintahan mereka berdua. Hal yang sering membingungkan ialah mengenai nama-nama raja. Ada seorang Raja Yehoram dan Raja Yoahas, baik di Israel maupun di Yehuda, dan karena kedua nama ini sering disingkat sebagai Yoram dan Yoas, maka kita harus berhati-hati dalam membedakan mereka.

Pesan

1. Allah adalah Tuhan yang berkuasa sepanjang sejarah
o Allah bukan saja memperhatikan dan berkuasa atas bangsa Israel dan Yehuda, tetapi juga atas semua bangsa. Untuk alasan yang berbeda Naaman dan Hazael dari Siria mengakui kekuasaan Allah bangsa Israel. 2Ra 5:1-27; 8:7-15
o Kuasa Allah sangat nyata dan dirasakan oleh umat-Nya, walaupun tidak selalu kelihatan. 2Ra 6:15-17

2. Hanya bekerja untuk Allahlah yang berarti
o Yehu memulai karirnya dengan semangat yang sungguh-sungguh untuk melayani Tuhan dan memelihara kesucian ibadah Israel, tetapi perhatiannya untuk pelayanan kepada Tuhan tidak bertahan lama, karena ia juga menginginkan kekuasaan bagi dirinya. Tuhan mengetahui hal ini dan memberkati apa yang dilakukan Yehu, tetapi pemberian Tuhan tidak memuaskannya. 2Ra 9:1-10:36
o Pada dasarnya Uzia adalah seorang raja yang baik, tetapi pemerintahannya yang dimulai dengan benar kemudian dinodai dengan kesombongan (2Ta 26:16). Kesalahan ini menyebabkan tidak adanya kemajuan dalam bidang kerohanian pada masa pemerintahannya dan oleh karena itu Raja-raja hanya menceritakan secara sekilas. 2Ra 15:1-17

3. Allah dapat dipercaya
o Wanita kaya dari Sunem melayani Tuhan dengan cara yang praktis, yaitu melayani Elisa dengan penuh keramahan. Ia tidak mengharapkan imbalan (2Ra 4:13), tetapi dalam keadaan darurat ia tahu bahwa hanya Allah yang dapat menolong, dan ia percaya bahwa Allah mau menolong. 2Ra 4:18-37; 8:1-6
o Hizkia menghadapi banyak situasi yang gawat, baik bagi bangsanya maupun bagi dirinya sendiri, tetapi ia membawa semua masalahnya kepada Allah dengan penuh kepercayaan bahwa Allah dapat mengatasi semua situasi itu dan Tuhan membebaskannya dari segala masalah yang dihadapinya. 2Ra 19:1-37; 20:1-11

4. Allah tidak begitu saja membinasakan umat-Nya
Walaupun bangsa Israel selalu jatuh ke dalam dosa, Allah tetap bekerja untuk bangsa itu. Kesukaran tidak membawa mereka kembali kepada-Nya, oleh karena itu pada masa pemerintahan Yerobeam II Allah memberikan kemakmuran kepada mereka. Sayang, tanggapan mereka bukanlah pertobatan, melainkan malah melakukan lebih banyak pelanggaran moral maupun sosial. Mereka menolak anugerah Allah; oleh karena itu, pada akhirnya penghakiman datang atas mereka. 2Ra 14:23-29; 17:7-18

Penerapan

II Raja-raja mengajar kita tentang:

1. Hamba-hamba Allah
Allah tidak selalu memilih orang yang sama. Sifat Elisa sangat berbeda dengan sifat Elia, tetapi kita juga dapat belajar dari dia mengenai bagaimana menjadi seorang pemimpin bagi Allah.
o Ia tahu bagaimana menjadi seorang pengikut (2Ra 2:1-18).
o Ia tidak keberatan melakukan pekerjaan sebagai pembantu (2Ra 3:11).
o Ia mengasihi baik orang kaya maupun orang miskin (2Ra 4:1-37).
o Ia tahu kapan saat untuk berdiam di belakang layar (2Ra 5:1-27).
o Ia sungguh-sungguh mempercayai Allah (2Ra 6:15-17)
o Ia dapat membaca hati manusia (2Ra 8:11).
o Ia mengasihi bangsanya (2Ra 8:12).
o Ia tidak segan-segan mengutus orang lain (2Ra 9:1-4).

2. Pelayanan kepada Allah
o Pelayanan menuntut tanggung jawab: Pelayan-pelayan Allah bertanggung jawab untuk memperkenalkan siapa Allah. Menerima pembayaran untuk suatu pelayanan tidaklah salah, tetapi Gehazi memberi kesan bahwa anugerah Allah dapat dibeli, dan hal ini merupakan suatu pelanggaran yang sangat serius (2Ra 5:20-27).
o Allah sering bekerja sama dengan orang-orang yang tidak sempurna: Yoahas dan Yoas bukanlah raja-raja yang benar di mata Tuhan, tetapi mereka berdua mengakui besarnya kekuasaan Allah dan untuk itu Allah memberkati mereka (2Ra 13:1-25).
o Allah kadang-kadang memberkati orang-orang yang belum mengenal Dia demi kepentingan umat-Nya (2Ra 3:13-15; 8:16-19).
o Iman dan tindakan harus berjalan bersama-sama. Berpaling kepada Allah harus dibarengi dengan ketaatan kepada firman-Nya. Yosia tahu akan hal ini (2Ra 22:11-23:25).

Tema-tema Kunci

1. Tanggapan
Allah berdaulat, tetapi raja-raja tidak pernah menganggap bahwa itu berarti tindakan dan doa-doa manusia tidak penting. Allah benar-benar memberikan tanggapan kepada manusia dan apa yang dilakukan-Nya terhadap mereka tergantung kepada sambutan mereka kepada-Nya. Allah menjawab doa Raja Hizkia (2Ra 19:14-19). Dapatkah Anda menemukan dalam II Raja-raja di mana Allah memberikan jawaban langsung terhadap kebutuhan umat-Nya?

2. Pembaruan
Hizkia dan Yoas, keduanya mencoba untuk membawa bangsa mereka kembali kepada Allah (2Ra 18:1-20:21; 22:1-23:30). Bacalah seluruh pasal-pasal ini. Menurut Anda mengapa pembaruan mereka tidak berhasil?

3. Kebenaran
Allah memberkati kebenaran dan menghukum kejahatan. 2Ra 17:7-18 merupakan ringkasan pesan dari II Raja-raja, dan dianggap sebagai berita kematian bagi bangsa Israel. Yehuda kembali dari pengasingan, tetapi bangsa Israel tidak. Dapatkah Anda menemukan dalam kitab Raja-raja sebab-sebab mengapa hal ini terjadi?

4. Tanggung jawab
Hamba-hamba Allah yang disebutkan dalam Raja-raja bukanlah hanya Elia dan Elisa. Lihatlah 2Ra 11:1-12:21; 22:1-23:30. Apa yang dapat kita pelajari tentang kepemimpinan melalui kehidupan Yoyada, Yoas dan Yosia?

Garis Besar Intisari: 2 Raja-raja (Pendahuluan Kitab) [1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27 2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub 2Ra 2:1-12Elia diangka

[1] TUGAS ELIA BERAKHIR -- TUGAS ELISA DIMULAI 2Ra 1:1-3:27

2Ra 1:1-18 Raja Ahazia mengutus orang kepada Baal-Zebub
2Ra 2:1-12Elia diangkat ke surga
2Ra 2:13-18Para nabi mencari Elia
2Ra 2:19-22Elisa memurnikan air Yerikho
2Ra 2:23-25Sekelompok anak mengolok-olok Elisa
2Ra 3:1-27Moab memberontak

[2] ELISA -- SAHABAT ORANG BANYAK 2Ra 4:1-6:7

2Ra 4:1-7Janda seorang nabi yang miskin
2Ra 4:8-37Wanita kaya dan putranya
2Ra 4:38-44Nabi-nabi yang lapar
2Ra 5:1-27Naaman, panglima angkatan bersenjata Siria
2Ra 6:1-7Orang yang kehilangan mata kapak

[3] ELISA -- SANG NABI 2Ra 6:8-8:29

2Ra 6:8-23Elisa mengalahkan orang Siria
2Ra 6:24-7:2Pengepungan terhadap Samaria
2Ra 7:3-20Empat orang kusta membawa kabar gembira
2Ra 8:1-6Wanita kaya dari Sunem itu kembali mendapat pertolongan
2Ra 8:7-29Raja-raja Siria, Israel dan Yehuda

[4] YEHU -- PENUNGGANG KERETA YANG JITU 2Ra 9:1-10:36

2Ra 9:1-13Yehu diurapi sebagai raja
2Ra 9:14-10:17Keluarga Ahab dimusnahkan
2Ra 10:18-28Yehu menghancurkan penyembah-penyembah Baal
2Ra 10:29-36Semangat Yehu menurun

[5] PERSEKONGKOLAN DI YEHUDA 2Ra 11:1-12:21

2Ra 11:1-3Ratu Atalya yang kejam berkuasa
2Ra 11:4-21Imam Yoyada mengalahkan Atalya
2Ra 12:1-6Yoas memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 12:17-21Yoas terbunuh

[6] PERANG DAN DAMAI 2Ra 13:1-17:41

2Ra 13:1-13Israel dan Siria berperang
2Ra 13:14-21Kematian Elisa
2Ra 13:22-25Siria dikalahkan oleh Israel
2Ra 14:1-22Amazia raja Yehuda yang baik
2Ra 14:23-29Yerobeam II raja Israel
2Ra 15:1-7Uzia raja Yehuda -- memerintah dalam jangka waktu yang panjang
2Ra 15:8-31Lima raja Israel yang kejam
2Ra 15:32-16:20Yotam dan Ahas raja Yehuda
2Ra 17:1-41Israel ditaklukkan oleh bangsa Asyur

[7] KERAJAAN YEHUDA 2Ra 18:1-21:26

2Ra 18:1-12Mulainya pemerintahan Raja Hizkia
2Ra 18:13-37Yerusalem dikepung
2Ra 19:1-7Hizkia meminta nasihat Yesaya
2Ra 19:8-37Surat orang Asyur; Hizkia mempercayai Allah
2Ra 20:1-11 Raja Hizkia sakit, tetapi disembuhkan
2Ra 20:12-19Utusan dari Babel
2Ra 20:20,21Kematian Hizkia
2Ra 21:1-26Manasye dan Amon -- raja-raja yang jahat

[8] KESEMPATAN TERAKHIR 2Ra 22:1-25:30

2Ra 22:1-7Yosia memperbaiki Rumah Tuhan
2Ra 22:8-20Diketemukannya buku hukum-hukum Tuhan
2Ra 23:1-25Pembaruan dilaksanakan
2Ra 23:26-30Kematian Yosia
2Ra 23:31-37Yoahas dan Yoyakim
2Ra 24:1-7Nebukadnezar menaklukkan Yerusalem
2Ra 24:8-25:17 Raja Yehuda yang terakhir
2Ra 25:18-30Pembuangan ke Babel
Advanced Commentary (Kamus, Lagu-Lagu Himne, Gambar, Ilustrasi Khotbah, Pertanyaan-Pertanyaan, dll)


TIP #29: Klik ikon untuk merubah popup menjadi mode sticky, untuk merubah mode sticky menjadi mode popup kembali. [SEMUA]
dibuat dalam 0.66 detik
dipersembahkan oleh YLSA